Page 1

Sabtu, 26 September 2009

KORAN JAKARTA Edisi 463/Tahun II

www.koran-jakarta.com

Terbit 16 Halaman

Harga E Eceran Ec ce erra an nR Rp p 2.500 ((luar Jawa+ongkos kirim)

2 I Terima Suap

6 I Usir Pendatang

7 I Empaskan Senior

Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri menuding Chandra Hamzah menerima suap.

Pemprov DKI akan mengusir pendatang baru jika tidak memiliki administrasi lengkap.

Simon Santoso mengempaskan seniornya, Sony Dwi Kuncoro, untuk merebut satu tiket semifinal.

KJ/YUDHISTIRA

Harga Promosi

Rp1.500

Paket Berlangganan Bulanan

Rp 33.000

12 BULAN

Rp 350.000

AFP/KAZUHIRO P/KAZUHIRO NOGI

EKONOMI

Kasus Perbankan I BPK Ungkapkan Indikasi Korupsi

9 I Kesepakatan G20

Menkeu Tak Profesional Tangani Century

KTT Kelompok Ekonomi G20 menyepakati pengawasan bank sentral yang buruk sebagai pemicu krisis finansial yang bisa menjalar secara global.

10 I Insentif Pajak Kalangan pengusaha mendesak pemerintah mengevaluasi kebijakan insentif pajak karena dinilai tidak efektif mendorong industri dalam negeri.

14 I Lebaran 2009 Sepanjang lintasan balik banyak tempat peristirahatan yang bisa dimanfaatkan para pengendara. Di tempat itu tersedia berbagai fasilitas, mulai dari kedai makanan dan minuman, tempat wisata, hiburan, jasa pijat gratis, hingga hot spot.

AFP/JEWEL SAMAD

MENGAJAK BERFOTO I Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama mengajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono berfoto bersama sebelum jamuan makan malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok Ekonomi G20 di Phipps Conservatory, Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, Kamis (24/9) waktu setempat. Para kepala negara G20 menyatakan akan menerapkan aturan baru untuk memperbaiki sistem perbankan global pada 2012.

Audit BPK mengungkapkan indikasi korupsi dan pelanggaran hukum dalam kasus bailout Bank Century. Kredibilitas Menkeu juga dipertanyakan.

Pertemuan G20 (Bagian 2 - habis)

Peluang Emas Menjadi Adidaya ANTARA/ UJANG ZAELANI

Oleh: ACD Darma MINGGU I 27 September 2009

KORAN JAKARTA

Pengamat Ekonomi Indonesia sebenarnya layak masuk kelompok negara dengan catatan ekonomi mengesankan, BRIC, yang beranggotakan Brasil, Rusia, India, dan China. Namun, kapasitas RI diragukan karena masih ada faktor struktural yang belum terselesaikan, yaitu kolusi dan korupsi yang kronis.

K

KORAN JAKARTA/WACHYU AP

Perempuan. Dua pekan lagi, Yenny Wahid, putri mantan presiden Gus Dur ini akan melepas masa lajang. Dia menolak pernikahannya disebut sebagai perkawinan politik. Siapa lelaki, calon suaminya? Wawancara. Tommy Soeharto, putra mantan presiden, Soeharto ini bercerita soal niatnya yang belum berminat menjadi presiden, reformasi, dan kebebasan pers. Seni. Jejak perjalanan dinas Prabu Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang terkenal itu, direkam oleh Nigel Bullough lewat fotografi.

FILE

emelut yang terjadi antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk saling memeriksa dan menuding pihak lain korupsi adalah salah satu contoh pergulatan yang tengah berlangsung dalam proses penegakan hukum di Indonesia. Pengadilan, baik pengadilan kriminal, pajak, maupun tindak pidana korupsi (tipikor), adalah benteng terakhir dari keadilan di negara ini. Keadilan adalah fondasi dari kemakmuran masyarakat yang merupakan tujuan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apabila keadilan tidak tercapai, masyarakat menderita. Tapi bila keadilan sudah diinjak-injak dan diabaikan, suatu krisis akan terjadi. Sebagai contoh, apabila pengadilan dan penegak hukum mulai memvonis yang tidak bersalah menjadi bersalah, keadilan diinjak-injak dan cita-cita kemakmuran Indonesia ada dalam bahaya. Contoh lain adalah kasus dana talangan (bailout) dari Bank Century yang sudah tergolong skema korupsi kolusi permainan Ponzi ala koruptor kakap Bernard Madoff di AS. Aset dari bank ini sudah

dan berani untuk membersihkan kabinet barunya dari orang-orang yang terlibat kasus ini seperti ia mau menyapu bersih terorisme dari Bumi Indonesia. Komitmen kuat seperti ini diterapkan Pemerintah Singapura dan Malaysia. Adalah benar sekali bila dikatakan bahwa Indonesia sungguh-sungguh memunyai peluang emas untuk menjadi negara adidaya dan menjadi salah satu pemimpin global. Tapi, bersamaan dengan itu, Indonesia juga sedang mengalami ujian atas keyakinan dan objektifnya. Dalam skala besar seperti ini, konotasi BRIC atau BRIIC (Brasil, Rusia, India, Indonesia, China) menjadi tidak penting. Yang penting adalah pemerintahan Yudhoyono yang baru harus fokus terhadap masalah kolusi dan korupsi, terutama pada bidang yudikatif. 

rusak parah, tergolong toxic asset (aset bermasalah), sudah diketahui bertahun-tahun di kalangan perbankan. Namun, kebobrokan ini telah ditutupi dan dibiarkan. Dengan toxic asset seperti ini, mustahil jika Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berharap dapat menjual kembali Bank Century dengan untung. Malah, mungkin rugi besar karena investor akan minta potongan harga yang masif. Sulit diketahui sampai berapa jauh pemerintah menyadari pentingnya penyelesaian kasus ini dengan baik agar tidak menjadi bola liar yang membebani modal politik dari pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang baru. Alangkah baiknya juga bila Presiden mengubah krisis ini menjadi suatu kesempatan emas untuk memperkuat modal politiknya melalui usaha tegas

Indonesia Sejajar BRIC Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi sumber daya manusia dan ekonomi cukup besar, layak disandingkan dengan negaranegara BRIC (Brasil, Rusia, India, China). Beberapa indikator ekonomi menunjukan Indonesia lebih baik dari India. CHINA 1.339 3.622 4,30%

RUSIA 140 8.230 8,30%

• • • • 53,8

INDIA 1.166 982 7,32%

• • • • 33,6

BRASIL • 199 • 6.526 • 8,00% • 20,0

• •

Penduduk (Juta Jiwa) Tingkat pengangguran 2009

• •

KORAN JAKARTA/YUDHISTIRA

“Mungkin besok (22 September) diteken.” Jakarta, Senin, 21 September 2009.

“Sebenarnya belum. Kita lagi tunggu instruksi Presiden.” Jakarta, Selasa, 22 September 2009.

H O T L I N E Untuk Langganan & Pengaduan:

Telp. +62-21- 319 355 33 Fax. +62-21- 315 4601 sirkulasi@koran-jakarta.com

INDONESIA 240 2.030 8,10%

• • • • 9,7

PDB per Kapita 2009 (US$)

Surplus (defisit) Perdagangan 2009 (US$ miliar)

Ket: - Data pengangguran merupakan data publikasi terbaru, yakni China (April 2009), Rusia (Juli 2009), Indonesia (Februari 2009), Brasil (Juli 2009) kecuali India (data estimasi 2009) - Data perdagangan per Januari-Juli 2009 kecuali China dan Brasil per Januari-Agustus 2009 - Data penduduk merupakan perkiraan CIA per Juli 2009 Sumber: Biro statistik masing-masing negara/CIA Fact Book 2009

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalata mengenai penandatanganan Perppu Plt pemimpin KPK oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

• • • • 123,7

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani dinilai tidak profesional dan tidak kredibel. Keputusannya memberikan dana talangan (bailout) kepada Bank Century pada November 2008 menuai penilaian itu. Pasalnya, ketika diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kebijakan itu, Menkeu mengakui data dari Bank Indonesia (BI) yang dijadikan dasar keputusan bailout tidak valid. Ekonom Center for Information and Development Studies (CIDES), Umar Juoro, ketika dihubungi, Jumat (25/9), menegaskan Menkeu tampak tidak profesional sehingga akuntabilitasnya saat ini dipertanyakan dalam mengambil keputusan bailout Century. Menurut dia, saat mendapatkan data yang kurang valid dari BI, Sri Mulyani seharusnya memverifikasi ulang terlebih dahulu. “Pakai logika dasar saja sudah cukup. Data tidak valid, maka keputusan tidak optimal. Apalagi kalau mau analisis lebih dalam. Century hanya bank kecil, apa dampak sistemiknya akan sedemikian besar? Padahal bank-bank besar di dalam negeri pada posisi yang stabil,” ujar Umar. Umar mengemukakan hal itu menanggapi pernyataan Ketua BPK Anwar Nasution bahwa Menkeu mengaku meragukan kualitas data dari BI saat dipanggil BPK untuk meminta konfirmasi terkait kepentingan audit investigasi Century. “Ibu Sri Mulyani mengatakan bahwa dia meragukan kualitas data BI itu. Hal itu disampaikan ke BPK saat pemeriksaan. Satu karena kualitasnya dan jangka waktu datanya,” kata Anwar di Jakarta, Jumat. Menurut dia, Menkeu mengungkapkan hal tersebut saat BPK mewawancarainya beberapa waktu lalu terkait audit investigasi atas bailout Century. Kasus Century mengemuka setelah dalam rapat kerja Menkeu dengan Komisi XI DPR, 21 Novem-

ber 2008. Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) yang antara lain beranggotakan Menkeu menetapkan Bank Century gagal. Rasio kecukupan modal (CAR) bank itu anjlok dari 14 persen menjadi minus 2,3 persen. Dua hari kemudian, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengucurkan dana yang disetujui sebesar 1,3 triliun rupiah. Namun, setelah itu, pengucuran dana berlangsung hingga tiga kali dan jumlahnya membengkak hingga total 6,7 triliun rupiah. Pengamat hukum dari UI, Hikmawanto Juwana, menilai seorang pejabat publik yang menggunakan basis data yang salah sebagai rujukan pengambilan keputusan bisa dikategorikan dalam dua hal. Pertama, apakah ada unsur kesengajaan sehingga basis data yang salah tetap digunakan. Jika itu yang terjadi, hal tersebut masuk ranah pidana. “Bahkan kalau ada motif uang, maka itu bisa dipidana,” jelas Hikmawanto. Kedua, jika pengambil keputusan tidak mengetahui datanya salah, sifatnya pelanggaran administratif. Melanggar Aturan Hasil audit investigasi BPK mengungkapkan adanya indikasi tindak pidana korupsi dalam penyelamatan Century. BPK juga mengatakan ada indikasi bahwa keputusan yang dihasilkan oleh BI melanggar aturan. “Itulah makanya kita cek soal keputusan RDG (Rapat Dewan Gubernur) terkait Century. Kita berharap jangan sampai tidak tercatat atau bahkan dihilangkan. Mudahmudahan saja datanya juga belum dihancurkan,” kata Anwar. Selain itu, lanjut dia, hasil audit sementara Century oleh BPK menyebutkan adanya dugaan tindak pidana korupsi. “Itu urusan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) nantinya. Kita hanya menduga ada tindak pidana,” kata dia. Modus tindak pidana terlihat pada transfer dana yang dilakukan oleh Dewi Tantular sebesar 18 juta dollar AS yang terjadi di Bank Century. “Kenapa BI tidak dapatkan informasi itu. Lalu apa yang dikerjakan, apalagi Century masuk dalam pengawasan special surveilence unit,” papar dia.  ito/aji/xav/vie/SM/E-4/RP Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 315 5106 SMS: 0813 8181 7227

KORAN JAKARTA/ONES

Pemberantasan Korupsi

Tim Lima KPK Akan Libatkan Masyarakat JAKARTA – Tim rekomendasi (tim lima) untuk memilih pelaksana tugas (Plt) sementara pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melibatkan masyarakat dalam pemilihan calon. Langkah itu ditempuh untuk mengetahui akseptabilitas masyarakat terhadap calon. “Tim sedang mengaji agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam penyaringan Plt pemimpin KPK,” ujar Anggota tim rekomendasi Adnan Buyung Nasution di Jakarta, Jumat (25/9). Pada hari kedua setelah pembentukannya, tim yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengadakan pertemuan

dengan pemimpin KPK yang tersisa, yaitu Wakil Ketua KPK M Jasin dan Haryono Umar. Selain itu, tim juga bertemu kalangan wartawan. Jasin mengatakan pihaknya berharap Plt pemimpin KPK bisa diambil dari internal KPK dan mantan pemimpin KPK, misalnya sekjen, deputi, direktur, dan penasihat. “Mereka sudah terbukti punya integritas dan profesional dalam bekerja.” Menanggapi hal itu, anggota tim Widodo AS mengatakan tim menghargai usulan KPK, tapi pada saat pertemuan itu, tim tidak menyebutkan nama-nama calon. Bambang Widjojanto, kuasa hukum pemimpin KPK yang sudah

ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, mengkhawatirkan adanya rekayasa terhadap penetapan status pemimpin KPK. Rekayasa itu berujung pada pelemahan KPK. Umumkan Secepatnya Sementara itu, sejumlah kalangan menyarankan agar tim secepatnya mengumumkan nama-nama calon. Langkah ini sangat penting agar masyarakat bisa memberi masukan tentang rekam jejak, integritas, dan kredibilitas mereka. Pakar hukum, Margareto Kamis mengatakan tim rekomendasi harus memunculkan nama-nama yang sedang mereka godok ke pub-

lik paling lambat hari keempat sejak dibentuk. Dengan demikian, publik punya kesempatan untuk menilai akseptabilitas, terutama dari sisi moral dan integritas. Apalagi, kata pendiri lembaga swadaya masyarakat Ideal ini, pembentukan tim rekomendasi itu sejak awal dimaksudkan agar pemilihan calon-calon Plt pemimpin KPK dapat berlangsung secara akuntabel dan demokratis. Satu hal yang sangat penting, tandas Margarito, siapa pun calon yang akan dipilih nantinya, haruslah orang yang berani mengatakan “tidak” kepada Presiden. Penegasan senada dikemukakan Koordinator Inisiatif Institute Her-

mawanto. Menurut dia, dengan segera mengumumkan nama-nama calon Plt pemimpin KPK, masyarakat menjadi tahu siapa saja yang layak. ”Dan di tengah mepet-nya waktu, langkah terbaik tim adalah menyebutkan nama dan meminta masukan masyarakat.” Mantan Kepala Bidang Advokasi LBH Jakarta ini juga memahami permintaan dua pemimpin KPK dalam pertemuan dengan tim rekomendasi agar Plt pemimpin KPK yang akan dipilih berasal dari kalangan internal KPK sendiri. Dengan memilih unsur internal KPK, kekhawatiran masyarakat akan pupus.  cit/eko/don/AR-2


2

NASIONAL

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

KOMENTAR Rapat pertama tim rekomendasi bentukan Presiden berlangsung di Kantor Menko Polhukam. Tim baru menetapkan kriteria dan belum mengumumkan kandidat pengganti tiga pemimpin KPK (Koran Jakarta, 25/9). Bisa jadi Tim Rekomendasi sudah kantongi nama. Rapat-rapat yang diselenggarakan diduga hanya formalitas saja. 0888-9808xxx

PEMERINTAH diharapkan mampu mengembalikan aset Bank Century yang dilarikan ke luar negeri. Selain itu, pengembalian dana nasabah harus dilakukan secara adil, tidak ada diskriminatif (Koran Jakarta, 25/9). Kejaksaan Agung diharapkan tidak hanya teori, sekedar memuaskan publik, tapi mesti dibuktikan dengan tindakan nyata. 0852-1279xxx

VARIA Kejagung Sidik Korupsi DPRD DKI JAKARTA – Setelah gencar membidik kasus-kasus korupsi di departemen dan Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri, Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai mengarahkan bidikannya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Saat ini, Kejagung mulai melakukan penyidikan terhadap kasus korupsi sebesar 27,5 miliar rupiah di DPRD DKI Jakarta. Menurut Direktur Penyidikan (Dirdik) Bagian Tindak Pidana Khusus Kejagung Arminsyah, dari hasil penyidikan, ditemukan adanya penyimpangan terhadap sejumlah proyek yang digarap DPRD DKI tahun anggaran 2008. ”Proyeknya banyak dan sedang kita sidik, namun modusnya sama, yaitu melakukan proyek tertentu dengan meminjam bendera perusahaan pemenang tender,” ujar Arminsyah. Dijelaskannya, dalam setiap proyek yang diduga menyimpang itu, oknum Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta meminjam nama perusahaan yang telah memenangi tender pengerjaan proyek tersebut. ”Ada perusahaan lain yang mengerjakan proyek tersebut. Hal tersebut kami ketahui setelah memeriksa perusahaanperusahaan yang memenangkan tender tersebut. Mereka mengatakan tidak pernah mengerjakan proyek tersebut, jadi hanya dipinjam benderanya saja,” kata Arminsyah. Selanjutnya, uang proyek tersebut mengucur. Perusahaan yang dipinjam namanya itu hanya diberi jatah uang tertentu dari perusahaan yang “dibentuk” dan bekerja sama dengan Sekwan tersebut. Dijelaskannya, untuk saat ini, belum ada oknum Sekwan yang ditetapkan sebagai tersangka. ”Sedang kita sidik siapa saja yang terlibat,” tambahnya. Salah satu proyek yang digarap oknum Sekwan dan perusahaan bikinannya tersebut adalah proyek pembuatan buku dan modul kerja. ”Proyeknya ada, bukunya ada, tetapi pihak yang mengerjakan tidak sesuai. Di situlah unsur penyimpangannya yang kita bidik,” pungkasnya.  eko/N-2

KORAN JAKARTA

Kasus Masaro I Polisi Diminta Periksa Anggoro dan Anggodo

Chandra Dituding Terima Suap Mabes Polri membantah penyelidikan terhadap pemimpin KPK untuk menggembosi lembaga tersebut. Sementara itu, pengacara KPK menilai ada rekayasa yang dilakukan kepolisian. JAKARTA – Kasus suap yang dituduhkan kepada pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif, Chandra Hamzah, mulai dibuka Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri. Menurutnya, Chandra menerima uang suap dalam kasus pencekalan Direktur PT Masaro Radiokom Anggoro Widjaja sebesar 1 miliar rupiah. ”Setelah ada penyerahan dana-dana terakhir tadi, tidak ada kegiatan penyidikan lagi dalam kasus Masaro, dan mulai mencuat kembali setelah ditemukan bukti rekaman tentang penyerahan uang Anggoro ke KPK tersebut,” ujar Hendarso di Mabes Polri, Jumat (25/9). Menurutnya, uang tersebut diserahkan Ari Muladi dalam bentuk dollar Singapura dengan

jumlah 124.920 kepada Chandra di tempat parkir Plaza Festival Kuningan, Jakarta Selatan. Uang tersebut diberikan untuk mencabut surat cekal Anggoro. Sebelumnya, pihak Anggoro melalui Anggodo (adiknya) menyerahkan uang 5,15 miliar rupiah kepada Ari Muladi. ”Ini didukung dengan bukti tertulis dan pengakuan Ari Muladi bahwa uang itu untuk anggota KPK, agar mencabut cekal Anggoro dkk dan kasus Masaro dianggap selesai,” ujar Hendarso. Uang dari Anggoro tersebut diserahkan ke pejabat KPK di Hotel Bellagio Residence. Tetapi setelah uang diserahkan, surat pencekalan terhadap Anggoro, Anggono, David Angka, Putera Nevo, yang ditandatangani oleh Chandra Hamzah tetap keluar. ”(Keluarnya surat

cekal itu) disebabkan ada pemimpin KPK yang belum menerima dana sehingga disarankan oleh pelapor, yaitu AA (Antasari Azhar), agar (Chandra Hamzah) juga diberi uang 1 miliar rupiah,” ujar Hendarso. Hendarso juga mengatakan penyelidikan kasus tersebut bermula dari laporan Antasari, dan kasus Masaro tersebut merupakan pengembangan dari kasus Yusuf Faizal Cs. ”Ini merupakan pengembangan dari kasus di Tanjung Siapiapi. Dari pengembangan dan pemeriksaan saksi seperti Antasari Azhar, Ari Muladi, Putra Nevo, Anggoro, Anggodo, dan Eddy Sumarsono, (diperoleh informasi bahwa) Anggodo menyerahkan uang 5,15 miliar rupiah kepada Ari Muladi,” ujar Hendarso. Penyerahan dilakukan secara bertahap, sebanyak tiga kali, di Hotel Peninssula, yaitu tanggal 11 Agustus 2008 sebanyak 3,75 miliar rupiah, tanggal 13 November 2008 sebanyak 400 juta rupiah, dan tanggal 13 Februari 2009 sebanyak 1 miliar rupiah. Menurut Hendarso, Antasari

juga bisa menjadi tersangka karena dalam Pasal 36 UU KPK, pemimpin KPK dilarang menemui tersangka dan dalam Pasal 65 UU KPK, ada sanksi terhadap pelanggaran pasal tersebut, yaitu lima tahun penjara. Pasalnya, Antasari menemui Anggoro di Singapura. Terkait dengan Chandra dan Bibit Samad Rianto, menurut Hendarso, keduanya telah memenuhi Pasal 12 (e) dan (b) UU No 31 Tahun 1999. Selain menjelaskan tentang kronologi kasus tersebut, Hendarso menjelaskan adanya penyelidikan baru terkait kasus Masaro. ”(Kasus) yang keempat masih dalam proses, belum bisa kita umumkan, tidak ada yang kebal hukum di negara ini,” ujar Hendarso. Dugaan Rekayasa Pengacara KPK Bambang Widjojanto mengatakan Bibit dan Chandra tidak pernah diperiksa dalam kasus penyuapan. “Keduanya hanya diperiksa karena diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dalam menetapkan cekal terhadap Anggoro Widjojo dan Djoko

Chandra,” jelas Bambang. Bambang mengkhawatirkan ada proses rekayasa terhadap kasus tersebut untuk menjerat Bibit dan Chandra dalam kasus pemerasan atau penyuapan. “Tidak pernah ada pertanyaan soal penyuapan. Yang saya khawatir ada proses rekayasa,” tegas Bambang. Menurut dia, rekayasa tersebut terlihat karena hingga saat ini polisi belum memeriksa Anggoro dan Anggodo. Padahal kedua orang tersebut adalah korban yang berkepentingan terhadap kasus tersebut. Selain itu, dia mempertanyakan apakah Kapolri sudah memiliki informasi yang cukup bahwa uang tersebut memang diterima oleh pemimpin KPK. Pertanyaan tersebut, menurut dia, berdasar karena hingga saat ini kepolisian juga belum memeriksa Antasari yang membuat testimoni bahwa pemimpin KPK menerima suap.  eko/don/har/N-1 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

» Rapat Konsultasi

»

Menkopolhukam yang juga Ketua Tim Lima, Widodo AS (tengah) didampingi Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, Haryono Umar (kiri) dan M Jasin (kanan) usai saling bertemu di Jakarta, Jumat (25/9). Tim Lima berkonsultasi dengan KPK guna mendapatkan masukan, sebelum tim tersebut memilih tiga orang pelaksana tugas pemimpin KPK.

Dua Bocah Terinjak Gajah di Candi Borobudur MAGELANG – Dua bocah kakak beradik, Rahmalila Utami, 11 tahun dan Ari Setyorini, 10 tahun, terinjak gajah yang mengamuk di Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (25/9). Karena kejadian tersebut, Ari mengalami luka serius dan harus dilarikan ke RS Panti Rapih, Yogyakarta, sementara Rahma mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan, Kabupaten Magelang. Kejadian itu bermula saat kedua bocah tersebut bersama orang tua mereka, Sudibyo, warga Ketawang, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, mengunjungi tempat penangkaran dan wisata gajah, yang berlokasi di sisi kiri Candi Borobudur. Rahma dan Ari kemudian menunggang salah satu gajah sewaan tersebut. “Saat itu ada lima ekor gajah milik Taman Wisata Candi Borobudur. Salah satu pawang memberikan minum. Gajahgajah itu pun berebut minuman. Salah satu dari gajah yang ditunggangi Rahma dan Ari itu mengamuk hingga akhirnya Rahma dan Ari terjatuh dari punggung gajah. Ari diduga terinjak,” kata Fajar Prasetyo Aji, kakak Rahma dan Ari. Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Pujo Suwarno, yang dihubungi Koran Jakarta melalui telepon seluler, di Magelang, Jumat, membenarkan peristiwa tersebut. “Yang pasti itu kecelakaan. Jatuh dari gajah, murni kecelakaan, tidak ada faktor kesengajaan,” katanya. Pujo menjelaskan pihak Taman Wisata sudah melengkapi dengan peralatan yang cukup memadai bagi pengunjung yang hendak menunggang gajah. “Jadi, itu karena faktor nonteknis. Gajah berebut minuman dan ada yang merasa tidak kebagian sehingga mengamuk dan menyebabkan terjadi kecelakaan tersebut,” ungkapnya. Mereka, lanjut Pujo, akan mendapat santunan dari asuransi sesuai ketentuan yang berlaku. “Santunan asuransi sebesar 10 juta rupiah akan kami berikan kepada pihak keluarga korban. Besarnya santunan asuransi tersebut merupakan ketentuan yang berlaku di Taman Wisata Candi Borobudur ini,” katanya.  YK/N-2

» Pastikan Jenazah

KORAN JAKARTA/YUDHISTIRA SATRIA

»

Supriyanto (tengah), kakak kandung Susilo, tiba di Rumah Sakit Polri Jakarta, Jumat (25/9). Dia bersama keluarga datang untuk memastikan keberadaan jenazah adiknya, Susilo, teroris yang tewas dalam penggerebekan beberapa waktu lalu di Solo, Jawa Tengah.

®

KORAN JAKARTA/M FACHRI

Penanganan Teroris

Korupsi Bukopin

Polisi Ungkap Rencana Noordin

Kejaksaan Akan Lakukan Audit Sendiri

JAKARTA – Mabes Polri akan membeberkan sepak terjang dan rencana gerakan kelompok teroris Noordin M Top berdasarkan penyelidikan yang diperoleh dari laptop yang disita saat penggerebekan di Kampung Kepohsari, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/9) . Hal itu diungkapkan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri, Jumat (25/9). Menurutnya, semua akan dibuka ke publik Senin (28/9) . “Hari Senin akan diberi sesuatu yang khusus, perjalanan terorisme, rangkaian kegiatan Noordin dan kawan-kawan,” katanya, kemarin. Hendarso mengatakan dari hasil penyelidikan tersebut, dapat dilihat tempat-tempat yang menjadi sasaran kelompok Noordin M Top tersebut. “Dia berbicara dengan gamblangnya sambil menunjuk sasaran, dapat dilihat secara gamblang,” ujar Hendarso. Selain itu, polisi menetapkan dua orang yang ditangkap Satuan Detasemen Khusus (Densus) 88 di Solo Jawa Tengah, Kedu dan Bejo, sebagai tersangka berdasarkan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Nanan Soekarna, tersangka Supono alias Kedu, dikenakan Pasal 6,7,9 , 13, dan 15 UU No 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. ”Kedu sendiri ditahan sejak 23 September 2009. Kedu terlibat permufakatan terorisme bersama dengan Air Setiawan atas perintah Urwah,” ujar Nanan. Untuk tersangka Bejo, me-

langgar Pasal 6,9, 13, dan 15. Bejo sendiri sudah ditahan Mabes Polri, sejak Kamis (24/9).”Tugas Bejo hampir sama dengan Kedu, tetapi dia diminta oleh Urwah untuk mencarikan tempat menginap untuk Noordin M

KORAN JAKARTA/YUDHISTIRA SATRIA

« Hari Senin akan diberi sesuatu yang khusus, perjalanan terorisme, rangkaian kegiatan Noordin dan kawan-kawan.

»

Bambang Hendarso Danuri KAPOLRI

Top,” ujar Nanan. Bejo menginapkan Noordin selama satu minggu di rumah Susilo. ”Bejo berada di rumah Susilo bersama Noordin, dan sekitar delapan hari sebelum bom Mega Kuningan, mengantar Urwah dan Noordin ke Jakarta,” ujar Nanan. Sedangkan untuk istri Susilo, Puteri Munawaroh, dikenakan Pasal 6,9, 13 dan 15. ”Dia terlibat menyembunyikan Noordin dan Urwah serta tahu

ada senpi, amunisi, dan bahan peledak ilegal di rumahnya,” ujar Nanan. Munawaroh ditahan sejak Kamis, dan langsung diinapkan di RS Polri Kramat Jati karena masih sakit. Pengambilan Jenazah Jenazah para teroris, dikatakan Nanan, dapat diambil pihak keluarga bila proses pemeriksaan terkait sidik jari, DNA, sudah selesai dilakukan pihak rumah sakit. Sementara itu, menurut Kapusdokkes Mabes Polri Brigjend Eddy Saparwoko, untuk jenazah yang terkait dengan tindak pidana, pihak rumah sakit berkoordinasi dengan penyidik, dalam hal ini Densus 88. ”Karena jenazah termasuk bagian dari barang bukti,” ujar Eddy. Sebelumnya, keluarga para teroris gagal memulangkan jenazah teroris Susilo dan Husamudin alias Ario Sudarso alias Aji dari RS Polri Dr Soekanto, Kramat Jati. Pemulangan masih terhambat proses identifikasi pada post mortem, ante mortem, dan deoxyribonucleic acid (DNA) yang belum selesai. Begitu juga jenazah Noordin M Top, belum bisa diambil keluarga. “Tadinya kami mau ke Jakarta Sabtu (26/9), tapi siang tadi (Jumat) Polri memberi tahu bahwa jenazah hanya akan diserahkan Kamis (1/10) pekan depan,” kata Datuk Badarrudin melalui pesan singkat. Dua hari lalu (24/9) dua orang perwakilan polisi Diraja Malaysia datang ke RS Polri untuk memastikan jenazah Noordin M Top. “Hanya dua orang yang datang melihat dan mengecek jenazah Noordin,” kata Brigjen Polisi Aidi Rawas,

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) berencana melakukan audit sendiri terkait kasus dugaan korupsi pembangunan alat pengering gabah (drying center) Bank Bukopin yang merugikan keuangan negara 76,3 miliar rupiah. Pasalnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang diharapkan dapat mengaudit besaran kerugian negara dari kasus tersebut tidak dapat melakukan audit karena saham yang dimiliki pemerintah tidak mayoritas. Penegasan tersebut diungkapkan Direktur Penyidikan (Dirdik) Bagian Tindak Pidana Khusus Kejagung Arminsyah di Gedung Kejagung, Jumat (25/9). Menurutnya, saham yang dimiliki pemerintah hanya 18 persen dari total jumlah saham yang ada di Bank Bukopin. Berdasarkan fakta tersebut, BPK tidak dapat melakukan audit terhadap kasus tersebut karena tidak termasuk kerugian negara. ”Padahal dengan adanya saham pemerintah di sana dan Bank Bukopin merugi, berarti merugikan negara. Seharusnya fakta itu yang dilihat dan harus juga melihat pengertian korupsi dalam UndangUndang Korupsi,” ujarnya. Menurutnya, bila melihat UU Korupsi, kasus Bank Bukopin itu termasuk kasus yang merugikan keuangan negara. “Uang Bank Bukopin digunakan, Bank Bukopin merugi karena pemerintah memunyai saham di bank tersebut. Berarti pemerintah ikut rugi, itu yang harus dilihat,” ujarnya

mengulang. Ditambahkan Arminsyah, bila memang BPK tidak dapat melakukan audit, pihaknya akan menghitung sendiri kerugian negara dalam kasus tersebut. Sebelas Tersangka Seperti diketahui, Kejagung melakukan penyidikan terhadap kasus yang merugikan keuangan negara 76,3 miliar rupiah. Dari hasil penyidikan, ditetapkan 11 tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi atas pemberian fasilitas kredit oleh Bank Bukopin kepada PT Agung Pratama Lestari (APL). Ke-11 tersangka tersebut berasal dari Bank Bukopin sebanyak 10 orang, yakni ZK dkk, dan satu orang Kuasa Direktur PT APL, GN. Kasus itu bermula pada 2004, ketika Direksi PT Bank Bukopin telah memberikan fasilitas kredit kepada PT APL sebesar 62,8 miliar rupiah. Kredit itu diberikan untuk membiayai pembangunan alat pengering gabah (drying center) pada Divre Bulog Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, NTB, dan Sulsel sebanyak 45 unit, tetapi ternyata fasilitas kredit tersebut dipergunakan tidak sesuai dengan peruntukannya. Contohnya, mesin yang seharusnya dibeli adalah merek Global Gea (buatan Taiwan), namun dalam kenyataannya mesin yang dibeli merek Sincui, kemudian ditempeli merek Global Gea. Akibatnya, kredit tersebut menjadi macet sebesar 76,3 miliar rupiah.  eko/N-2


KORAN JAKARTA

POLITIK

®

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

Evaluasi Legislasi I 100 RUU dalam Prolegnas DPR Tidak Terselesaikan

Kinerja Buruk Bakal Terulang Badan Legislatif, hingga kini, belum memiliki catatan resmi terkait evaluasi produk legislasi anggota DPR periode 2004–2009. Persoalannya, masih sering terjadi miskoordinasi antara pemimpin Dewan dan komisi yang membidangi legislasi. JAKARTA – Penjadwalan evaluasi terhadap fungsi legislasi yang hingga kini belum ditetapkan Badan Legislatif (Baleg) dinilai sebagai kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Demikian diungkapkan Wakil Direktur Program Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Indonesia Ronald Rofiandri di Jakarta, Jumat (25/9). Menurutnya, bagi anggota DPR baru nantinya, kelambatan melakukan evaluasi tersebut berpotensi mengulang terciptanya kinerja buruk DPR dalam bidang legislasi. “Dikhawatirkan harapan tinggal harapan. Perbaikan

fungsi legislasi yang kita inginkan ke depannya tidak akan terwujud jika usaha itu belum dimulai dari sekarang,” ujarnya. Ungkapan Ronald tersebut menyikapi keterangan Wakil Ketua Baleg Nursyahbani Katjasungkana yang mengatakan bahwa Baleg belum melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan anggota Dewan selama lima tahun terakhir dalam bidang legislasi. “Belum mengerti, tetapi seharusnya dalam waktu dekat ini,” ujar Nursyahbani ketika itu. Ronald mengatakan ekspektasi publik terhadap anggota

DPR baru cukup besar. Pasalnya, publik mengharapkan adanya perbaikan terhadap kinerja anggota Dewan dalam bidang legislasi. “Namun, kemalasan anggota Dewan dan rendahnya kualitas produk legislasi yang dihasilkan menjadi poin yang terus jadi sorotan publik. Itu yang terjadi sekarang ini,” ucapnya. Dari segi kuantitas, UU yang dihasilkan DPR periode ini mencapai 180-an. Namun, hal itu menimbulkan efek negatif akibat banyaknya UU yang diajukan uji materinya ke MK. “Persoalan baru lain yang mengadang, RUU yang tidak tuntas dibahas pada periode ini tidak dapat dilanjutkan pada periode berikutnya,” katanya. Empat Persoalan Persoalan evaluasi, Ronald menjelaskan, memang belum pernah dilakukan pada masa sebelumnya. Namun, setelah adanya ketentuan dalam Pasal 42 Ayat (1) Huruf k Tata Tertib

DPR, Baleg memunyai kewajiban untuk melaksanakan hal tersebut. “Apa yang dievaluasi dapat menjadi pedoman bekerja bagi anggota DPR baru,” ujarnya. Ronald menilai mestinya Baleg bisa mempergunakan catatan kinerja Dewan selama lima tahun terakhir ini untuk menggambarkan persoalan yang menghambat proses evaluasi. “Apakah perdebatan di substansi ataukah ada hal lain yang mengganjal,” katanya. Menanggapi hal tersebut, Nursyahbani mengakui, hingga kini, Baleg belum memiliki catatan resmi terkait evaluasi kinerja legislasi DPR periode ini. Namun, lanjutnya, terdapat empat persoalan pokok yang harus diperbaiki. Pertama, persoalan lemahnya koordinasi. Nursyahbani mengatakan sering terjadi ketidakjelasan leadership. Dia mencontohkan bagaimana Ketua DPR baru mengundang para ketua pansus atau

Baleg pada satu bulan terakhir guna mempercepat pembahasan dengan target mengesahkan 22 UU. Kedua, persoalan muncul dari sisi politik dan sarat kepentingan dalam membahas UU. Ketiga, adanya pengulangan proses persiapan sebuah RUU, yakni ketika masih di Baleg dan ketika berada di pansus. Keempat, mengenai supporting system. Dia mengatakan Baleg sampai saat ini hanya memiliki 19 staf ahli. Untuk DPR periode ini, lanjutnya, utang sekitar 100 RUU dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tidak dapat diselesaikan. Meskipun semua RUU tersebut telah mengalami pembahasan, tetap saja tidak dapat diteruskan pembahasannya oleh anggota DPR periode mendatang.  har/N-2 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

Partai Politik

Langkah Paloh dan Ical Makin Mulus JAKARTA – Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Surya Paloh dan Anggota Dewan Penasihat Golkar Aburizal Bakrie hampir pasti akan melangkah dengan mulus ke pencalonan ketua umum partai tersebut. Rapat Pleno DPP Partai Golkar kemarin memutuskan penasihat DPP dianggap sebagai pengurus sehingga dapat maju sebagai calon ketua umum. Pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Golkar, disebutkan yang dapat maju sebagai calon ketua umum adalah yang pernah menjadi pengurus partai tersebut. Para penasihat DPP tidak dianggap sebagai pengurus meski para penasihat organisasi pendiri Golkar seperti SOKSI, Kosgoro, dan MKGR merupakan pengurus. Steering Committee Ketua Bidang Politik Golkar Hajriyanto J Thohari mengatakan para pengurus menilai hal tersebut tidak logis karena ketika penasihat organisasi sayap dapat mencalonkan diri sebagai ketua umum, penasihat DPP justru tidak dapat maju. “Dalam Rapat Pleno disimpulkan, baik penasihat ormas maupun DPP dianggap sebagai pengurus dan cukup memenuhi syarat untuk diajukan sebagai calon ketua umum,” ujar dia seusai Rapat Pleno di DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (25/9). Hajriyanto mengatakan hal tersebut dimasukkan ke draf rancangan materi yang akan ditetapkan pada Munas di Pekanbaru, Riau, 4-7 Oktober mendatang sebagai forum tertinggi partai dalam mengambil keputusan.

KORAN JAKARTA/WACHYU AP

RAPAT PLENO I Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (kanan) bersama Sekjen DPP Partai Golkar Sumarsono (kiri) menjawab pertanyaan wartawan seusai mengikuti rapat tertutup di DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (25/9). Rapat tersebut antara lain membahas tata tertib dan materi yang akan dibawa pada munas mendatang. Lima Syarat Dukungan terhadap Paloh dan Ical juga muncul dari Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong 1957 (Kosgoro) yang membahas calon Ketua Umum Partai Golkar. Hal itu diungkapkan Ketua Kosgoro Agung Laksono dalam

Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) organisasi tersebut pada pembukaan Mukernas Kosgoro di Jakarta, Jumat. “Memunyai kesanggupan untuk membangkitkan Golkar, memiliki kapabilitas politik yang kuat, memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menghidupkan potensi kader

Golkar, berpengalaman dalam perjuangan Partai Golkar, dan punya kesanggupan penuh untuk meluangkan waktu demi Partai Golkar,” ungkap Agung. Dia pun menyebutkan hanya ada dua nama yang memenuhi syarat, yakni Aburizal Bakrie dan Surya Paloh. Keduanya dinilai memenuhi semua syarat

yang diajukan. Agung menegaskan bahwa pengalaman di Golkar dan di dunia politik secara luas sudah jelas menjadi syarat utama. Calon yang pernah menghasilkan prestasi ketika menduduki posisi tertentu akan lebih baik dibanding yang tidak.  kml/yst/E-2

Memang Berat Melawan Konglomerat Namun, persaingan menjadi ketua umum itu sebagai kompetisi adu ide, gagasan, dan konsep.

Yuddy Crisnandi Politisi muda Partai Golkar

S

KOMENTAR SELAMA ini, ketika habis masa jabatannya, anggota DPR pergi tanpa meninggalkan catatan khusus untuk DPR periode berikutnya. Akibatnya, sering terjadi ketidaksinambungan dalam menghasilkan sebuah produk legislasi (Koran Jakarta, 25/9). Anggota DPR periode ini bisa dikatakan terburuk sepanjang sejarah parlemen Indonesia. Selain masih menumpuknya produk legislasi, banyak anggota Dewan yang terjerat korupsi. 0815-1368xxx

JEDA ICW Desak Capres Kembalikan Sumbangan Tak Jelas JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak tim kampanye capres-cawapres untuk mengembalikan sumbangan yang tak jelas identitasnya. Menurut Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Ibrahim Fahmi Badoh, di Jakarta, Jumat (25/9), sumbangan yang tak jelas identitasnya termasuk dilarang dalam UU No 42 Tahun 2008 tentang Pilpres. “Karena DOK KJ itu, harus dikembalikan ke kas negara,” katanya. Ibrahim Fahmi Sumbangan yang tak jelas identitas- Badoh nya, lanjut Fahmi, terlihat dari hasil audit kantor akuntan publik atas laporan dana kampanye yang disampaikan para capres-cawapres. Kantor akuntan publik Usman dan Rekan yang mengaudit sumbangan kampanye Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)Boediono, misalnya, melaporkan terdapat 10 perusahaan tak menyertakan akta dan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Kantor akuntan itu mencatat 22 penyumbang tak menyertakan KTP ataupun NPWP. Paling tidak, sumbangan tanpa kelengkapan identitas yang disebutkan kantor akuntan itu dalam sumbangan SBY-Boediono sebesar 23,501 miliar rupiah. Anggota Bawaslu, Agustiani Tio, membenarkan sumbangan yang tak jelas identitasnya harus segera dikembalikan ke kas negara. Bawaslu telah meminta KPU mendesak para calon supaya segera mengembalikan sumbangan yang tak jelas identitasnya. Sementara itu, Koordinator Hukum dan Advokasi Tim Kampanye SBY-Boediono, Amir Syamsuddin, mengakui data penyumbang yang diserahkan ke KPU kurang lengkap. Pasalnya, waktu yang tersedia untuk membuat laporan cukup singkat. Padahal, lembaran yang harus diisi cukup banyak. “Mungkin kami terburu-buru saat menyusunnya,” kata dia. Tim kampanye, kata Amir, akan memperbaiki berbagai kekurangan dalam laporan dana kampanye. Dalam waktu dekat, identitas yang tak lengkap akan dilengkapi. “Kami akan klarifikasi hasil audit,” ucapnya.  har/N-2

PAN Diminta Segera Isi Kursi Pemimpin DPRD Jateng

WAWANCARA KHUSUS

osoknya terlihat gagah. Selalu berpakaian rapi. Masih muda, dan bergelar doktor pula. Itulah Yuddy Crisnandi, politisi muda Partai Golkar. Keberanian mencalonkan diri sebagai capres alternatif menjelang pilpres digelar semakin menjadikan Yuddy sosok yang mulai diperhatikan. Adalah hajatan Munas Partai Golkar yang membuat nama Yuddy kembali dibicarakan. Ajang Munas yang dipercepat seakan jadi wadah bagi Yuddy kembali menyeruak ke permukaan konstelasi politik nasional. Tapi, bukan perkara mudah bagi Yuddy untuk dapat menjadi orang nomor satu di Golkar menggantikan Jusuf Kalla. Sebab, pesaingnya tidak tanggung-tanggung. Ada Aburizal Bakrie, konglomerat papan atas sekaligus Menko Kesra, dan ada Surya Paloh, Ketua Dewan Penasihat Partai

3

Golkar. Di luar itu, muncul di detik terakhir Pangeran Cendana, Tommy Soeharto. Kepada Koran Jakarta, Yuddy menuturkan persiapan dan apa yang akan dikerjakan seandainya menjadi pucuk pimpinan Partai Golkar. Berikut petikannya.

Lawan terberat? Semuanya berat. Tapi terus terang, Bang Ical paling kuat. Itu dibuktikan dengan beragam hasil survei. Tapi, dinamika menuju munas masih berkembang. KJ/M FACHRI

Apa yang melatari Anda maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar? Saya ingin membuat Golkar sebagai partai berkarakter. Bukan gagah-gagahan menantang senior. Tapi saya ingin melakukan pembaharuan. Prinsipnya, agar ada regenerasi kepengurusan, perbaikan mekanisme, dan sistem partai. Program konkretnya? Ada empat agenda. Catur sukses Golkar, yakni pola regenerasi, sistem pencalonan kepala daerah, sistem perekrutan calon legislatif, serta penyiapan kader terbaik

dalam rangka pencapresan pada 2014. Kenapa harus lebih awal? Kita berkaca pada Pilpres 2009. Persiapan serba mendadak hasilnya tidak maksimal. Maka, pencapresan mesti dipersiapkan lebih awal. Terbukti, persiapan yang terlalu singkat hasilnya tak maksimal. Soal peluang? Kalau bicara berat, harus diakui memang berat. Semuanya konglomerat. Harus diakui juga, idealisme saja tidak cukup. Modal juga berperan.

Perbedaan Anda dengan Ical? Sebenarnya tidak ada perbedaan. Tujuan saya dengan Bang Ical sama, yakni ingin membesarkan Golkar dan mengembalikan kejayaan politik Golkar. Caranya berbeda. Bang Ical membuka peluang mendekatkan Golkar ke pemerintah. Saya perlu reposisi bagi Golkar. Tentang dukungan pada Tommy? Saya tetap akan maju. Saya dengan Mas Tommy ada kesamaan sikap, yaitu ingin menjadikan Golkar mandiri. Hanya itu.

Kalau Ical terpilih, Anda bersedia jika ditawari menjadi bagian dari kepengurusan Golkar? Saya ini bagian dari Golkar. Karier politik saya lewat Golkar. Kalau ada yang memerlukan kontribusi dan pikiran saya, pasti saya terima.

SEMARANG – Satu dari lima jatah kursi pemimpin di DPRD Jawa Tengah hingga saat ini belum terisi. Kursi kosong tersebut merupakan jatah Partai Amanat Nasional (PAN). Wakil Ketua Sementara DPRD Jawa Tengah Bambang Priyoko mengatakan lima partai yang berhak menduduki kursi pemimpin DPRD Jateng adalah PDI-P, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, dan PAN. Namun hingga kini, PAN belum menyerahkan nama. Akibatnya, program dan jadwal agenda DPRD Jawa Tengah dikhawatirkan terganggu. PAN telah diminta segera menyerahkan nama untuk menempati kursi pemimpin Dewan yang menjadi jatahnya dan diberi waktu hingga Senin (28/9) mendatang. “Kami telah kembali melayangkan surat ke DPW PAN Jawa Tengah agar segera menetapkan dan menyerahkan nama untuk menduduki kursi pemimpin Dewan,” ujar Bambang di Semarang, Jumat (25/9). Bambang yang juga anggota DPRD Jateng dari Partai Demokrat menambahkan, keempat partai yang telah menetapkan dan menyerahkan nama ialah PDI-P yang mengajukan Murdoko, Partai Golkar yang mengajukan Bambang Sadono, PKS yang mengajukan Fikri Fakih, dan Partai Demokrat yang mengajukan dirinya. “Sangat diharapkan PAN pada Senin besok telah menyerahkan nama,” kata dia. Dengan telah terisinya kursi pemimpin, DPRD Jateng akan segera menyusun alat kelengkapan Dewan, seperti komisi-komisi dan badan-badan Dewan. Sementara itu, Ketua Fraksi PAN DPRD Jateng Asroerudin Hadi mengatakan sejauh ini PAN memang belum memutuskan nama untuk menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah. Menurut dia, agenda rapat untuk memutuskan nama tersebut baru akan dilakukan Rabu mendatang oleh DPP PAN. “Untuk pemimpin Dewan, DPP yang menentukan karena rapat DPW mengalami kebuntuan. Sesuai kesepakatan rapat akan dilakukan Rabu mendatang,” tandas Asroerudin.  SM/E-2

» Pelantikan Anggota DPR

Ical berjanji menyatukan faksi-faksi di Golkar, menurut Anda? Menurut saya, itu sulit. faksifaksi di Golkar dari zaman dulu sudah ada. Ada faksi Soksi, Kosgoro, MKGR, dan faksi ormas. Jadi, faksi itu tidak bisa dihapuskan. Yang perlu dilakukan adalah kemampuan menghimpun semua kepentingan. Hubungan Anda dengan Ical? Bang Ical itu senior saya. Banyak hal yang diajarkan pada saya. Secara personal hubungan saya dengan Bang Ical sangat erat. Dengan lainnya begitu. Dengan Bang Surya Paloh atau dengan Mas Tommy, silaturahmi selalu jalan.  ags/N-2

ANTARA/NILA FU’ADI

»

Sebanyak 74 anggota DPRD Sumatra Selatan periode 2009-2014 disumpah pada pelantikan anggota DPRD baru tersebut di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (24/9). Ketua DPRD Sumatra Selatan, Zamzami Ahmad berharap anggota DPRD baru ini mampu mengemban dan merealisasikan amanat rakyat.


4

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

PERSPEKTIF

Bertahan dengan Subsidi

S

ebanyak 19 kepala negara dan pemerintahan dunia serta perwakilan Uni Eropa kembali berkumpul. Kali ini pertemuan kelompok 20 (G20) itu digelar di Pittsburgh, kota terbesar kedua di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Seperti biasa, pertemuan itu membahas isu-isu ekonomi dunia dan mencari pemecahan masalahnya. Salah satu isu penting yang mengemuka dalam pertemuan itu adalah persoalan energi. Masalah energi dipandang penting karena belakangan ini dampak penggunaan energi terhadap emisi karbon dan perubahan iklim semakin besar. Penggunaan energi yang berlebihan akan merusak lingkungan. Karena itulah dicari upaya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. Salah satu upayanya ialah mengurangi subsidi bahan bakar minyak. Saat ini, penggunaan bahan bakar dianggap sudah tidak terkendali. Penyebabnya adalah harga bahan bakar yang murah karena disubsidi oleh pemerintah. Skenarionya, penghapusan subsidi menyebabkan harga bahan bakar minyak naik atau jauh lebih mahal ketimbang harga sekarang. Dalam kondisi demikian, penggunaan bahan bakar akan berkurang. Studi International Energy Agency (IEA) menunjukkan pengBagi Indonehapusan subsidi BBM akan mesia, penghapusan ngurangi emisi karbon lebih dari subsidi berarti 12 persen pada 2050. Amerika Serikat (AS) dan negara-negara kenaikan hargaharga barang, se- maju lainnya menuding negara berkembang paling banyak memmakin mahalnya berikan subsidi. biaya pendidikan, Selain persoalan lingkungan, subsidi energi itu, menurut nedan semakin sulitnya akses ke gara maju, bisa menghancurkan perekonomian. Sebab, subsidi layanan kesehatmengakibatkan perekonomian an. Singkat kata, tidak dijalankan oleh pasar. Dapenghapusan lam pandangan mereka, subsidi sebaiknya disalurkan ke pos-pos subsidi akan ekonomi lain yang menyangkut semakin memkepentingan publik. Saat ini, 20 bebani rakyat, negara terbesar di dunia menghamenjadikan orang biskan 300 miliar dollar AS untuk subsidi energi. miskin semakin Bagaimana dengan Indonesia? miskin. Di sinilah letak persoalannya. Kita tentu sependapat bahwa persoalan lingkungan harus mendapat perhatian lebih serius. Indonesia harus menjadi salah satu negara yang turut melestarikan lingkungan, bukan merusak lingkungan. Namun, subsidi adalah persoalan lain. Bagi Indonesia, menghapus subsidi energi sama saja dengan menambah berat beban hidup. Indonesia bukanlah negara maju yang benar-benar siap menyerahkan perekonomiannya kepada pasar. Bagi Indonesia, penghapusan subsidi berarti kenaikan harga-harga barang, semakin mahalnya biaya pendidikan, dan semakin sulitnya akses ke layanan kesehatan. Singkat kata, penghapusan subsidi akan semakin membebani rakyat, menjadikan orang miskin semakin miskin. Itulah mengapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus bisa bersikap tegas. Dalam hal ini, Yudhoyono tidak boleh begitu saja menerima usulan negara-negara maju tanpa mengaitkannya dengan persoalan di dalam negeri. Kita tentu sependapat bahwa penyaluran subsidi bahan bakar di Indonesia tidak tepat sasaran. Lebih banyak orang kaya yang menikmatinya daripada masyarakat miskin yang membutuhkannya. Namun, kita juga tentu tidak ingin masyarakat Indonesia terus-menerus hidup dalam kemiskinan. Itulah yang perlu diyakinkan kepada negara-negara maju. 

«

»

RUANG PEMBACA Saran untuk Tim 5 MENURUT berita yang kami dengar, telah dibuat dan ditandatangani Perppu Pelaksana Tugas (plt) Pemimpin KPK sebelum Presiden berangkat ke Amerika Serikat menghadiri kongres G20. Ini membuat kami sangat kecewa. Yang lebih membuat kami bingung kemudian keluar keppres (keputusan presiden) yang mengangkat lima orang untuk mencari tiga orang yang tepat untuk melaksanakan tugas sementara dari tiga pemimpin KPK yang sudah dinonaktifkan tersebut. Kelima orang yang diangkat ini memang orang-orang yang berbobot, yaitu Widodo AS, Andi Mattalata, Adnan Buyung Nasution, Taufiqurahman Ruki, dan Todung Mulya Lubis. Oleh karena penunjukan lima orang telah dilakukan Presiden melalui keppres dan kelima orang ini sudah melakukan rapat untuk menyiapkan nama-nama calon pelaksana tugas pemimpin KPK, kami berharap tim 5 ini tidak memilih siapa pun sebagai pelaksana tugas pemimpin KPK ini. Menurut kami, dua pemimpin KPK pun masih bisa bekerja. Bukan dua pemimpin ini saja yang bekerja di KPK, seluruh pejabat dan staf yang ada di KPK pun mendukung. Jadi, walaupun tinggal satu pemimpin, tetap masih bisa bekerja secara benar. Cuma mungkin porsi kerjanya bertambah. Jika tim 5 ini tetap ingin melakukan penunjukan pejabat pelaksana tugas pemimpin KPK, kami mohon yang ditunjuk pejabat-pejabat internal dari KPK sendiri, bukan pihak-pihak di luar lingkungan KPK. Tujuannya agar proses penyidikan dan penuntutan berjalan lebih cepat. Jika masuk pelaksana tugas pemimpin KPK yang baru, tentu mereka mesti menyesuaikan diri dan belajar lagi apa-apa yang mesti dilakukan yang tentu membutuhkan waktu. Khoe Seng Seng ITC Mangga Dua lt 2 blok B 42, Jakarta 14430

Setiap tulisan Gagasan/Perada yang dikirim ke Koran Jakarta merupakan karya sendiri dan ditandatangani. Panjang tulisan maksimal enam ribu karakter dengan spasi ganda dilampiri foto, nomor telepon, fotokopi identitas, dan nomor rekening bank. Penulis berhak mengirim tulisan ke media lain jika dua minggu tidak dimuat. Untuk tulisan Ruang Pembaca maksimal seribu karakter, ditandatangani, dan dikirim melalui email atau faksimile redaksi. Semua naskah yang masuk menjadi milik Koran Jakarta dan tidak dikembalikan. Redaksi tidak bertanggung jawab terhadap semua isi tulisan.

GAGASAN

KORAN JAKARTA

®

Merajut Solidaritas Syawalan Oleh: Muhammadun AS*

T

radisi halalbihalal (atau Syawalan) menjadi rutinitas untuk merakit kembali persaudaraan yang sedang terkoyak. Berjabat tangan dan saling memaafkan yang terus digelar dalam bulan Syawal menjadi tradisi solutif di tengah bangsa yang terus dikejar berbagai krisis berkepanjangan. Pelan tapi pasti, gerak masa depan Indonesia tanpa basis persaudaraan yang kuat hanya akan melahirkan pesona anarkistis yang tidak menghargai saudara sebangsa sendiri. Jalan nilai kemanusiaan diadang oleh kemungkaran sosial yang terus diproduksi. Persaudaraan yang dipajang dalam imajinasi kesadaran akhirnya runtuh. Saling mencaci, menjebak, dan mengelabui menjadi tradisi yang menggantikan kebersamaan dan kekeluargaan. Lihat saja ulah politisi yang tak hentihenti membohongi rakyat miskin. Spanduk yang dipajang di berbagai jalan raya dengan janji kesejahteraan dan kemakmuran hanya sebatas “kamuflase politik” yang “rutin” dijalankan untuk mendulang suara setiap menjelang pemilu. Politik tanpa mengenal saudara, konstituen, dan janji. Politik menjadi pincang karena digunakan untuk merebut kuasa identitas personal politisi. Konstituen hanya menjadi pendulang suara merebut kuasa yang akan dilanggengkan setiap periode kuasa. Inilah parade politik yang getir di Indonesia: sebuah parade politik yang mendustakan persaudaraan. Tragis! Solidaritas Tanpa “Fitrah” Saat ini, bangunan persaudaraan yang sedang dirakit di Indonesia bisa dikatakan tanpa ruh kefitrian (ruh kesucian). Yang lahir adalah persaudaraan palsu yang mencederai saudara sendiri. Yang lahir adalah dusta dan ketidakpercayaan antarsesama. Masyarakat Indonesia sudah menanggalkan kefitrian sebagai basis persaudaraan karena melihat persaudaraan hanya sebatas hubungan relasional yang berhubungan dengan gerak kerohanian. Membaca gerak relasional juga secara profan sehingga implikasi sosial yang terbaca sering kali terjebak dalam “untung-rugi” yang materialistis. Apa yang terjadi? Gerak relasional persaudaraan

Halalbihalal ternyata hanya digunakan untuk memobilisasi massa, mengibarkan bendera partai, dan mendustakan substansi persaudaraan yang diajarkan dalam tata nilai agama. Kita lihat saja, gerak relasi persaudaraan yang tidak dibangun atas dasar fitrah kesucian yang tulus hanya akan melahirkan tata persaudaraan yang saling sikut dan menjatuhkan. Tragedi dan kehancuran akan terus datang silih berganti.

terkooptasi dalam “politik kepentingan”. Lihat saja dalam jargon politik kita: tidak ada yang langgeng dalam politik kecuali kepentingan. Di situ ada kepentingan, di situlah relasi persaudaraan dicipta. Lahirlah kemudian politik tebang pilih (kasih), politik dagang sapi, money politics, dan keculasan politik lainnya. Pasca-Pemilu 2009, gerak relasional persekawanan masih bergerak sangat cepat. Sayang, gerak persekawanan hanya dilandasi pragmatisme kepentingan. Tidak sedikit politisi yang bersikap seperti “kutu loncat”, hanya memburu hasrat kuasa. Kaum intelektual pun terjerat dalam kongkalikong kuasa. Idealisme perjuangan pemikiran yang jernih, tidak memihak, dan terus menyuara-

«

Egoisme sektarian harus segera diputus karena akan menimbulkan gejolak sosial yang memperpuruk skenario kemaslahatan.

»

kan kebenaran sudah tidak berlaku lagi dalam ”marketing politik” di Indonesia. “Pasar politik” menghendaki mereka suka menanggalkan ideologi, suka menjual ayat agama, dan tidak segan “memutus persaudaraan”. Halalbihalal memang digelar di berbagai tempat. Kaum elite politik tidak kalah bergengsi dalam halalbihalal di gedung yang mewah dengan seremonial acara yang megah. Karena fitrah kesucian telah ditanggalkan, halalbihalal hanya digunakan untuk merajut kepentingan golongan, merebut kuasa partai.

KORAN JAKARTA/ONES

Gerak Kesejatian Merajut kembali solidaritas kemanusiaan adalah gerak menemukan kembali kesejatian. Perjalanan awal yang diraih manusia meniscayakan kesejatian yang hakiki. Kesejatian tersebut telah melandasi gerak ruh kehidupan manusia sejak awal manusia menapaki jejak

PERADA

hidupnya. Tatkala Tuhan menitahkan awal ciptaan-Nya berupa makhluk (manusia), Tuhan menuntut manusia untuk selalu sesuai dengan peribadatan kepada-Nya. Manusia pun menjawab dengan penuh khidmat, “Kami tunduk kepada-Mu Ya Allah”. Kepasrahan total manusia ini merupakan kesejatian hakiki yang harus diletakkan kembali sebagai dasar dan pijakan menggerakkan kebudayaan dan peradaban. Tali persaudaraan yang dilandasi ruh kesejatian yang hakiki akan melesatkan tata kelola persaudaraan yang mampu mengoptimalkan seluruh potensi yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Manusia akan saling membantu, mengasihi, menyayangi, sehingga kerja sama sosial dalam rangka mencipta rekayasa kehidupan bisa diciptakan secara sistematis dan berkelanjutan. Nilai kesejatian inilah yang harus dihidupkan dalam kehidupan sosial-politik bangsa Indonesia. Gerak kesejatian akan mengembalikan orientasi politik pada kesejahteraan rakyat, juga bisa memutus tali kepentingan kelompok yang sektarian. Jargon politik bahwa yang sejati adalah kepentingan harus segera diputus, dibabat habis. Relasi sosial yang terus dicipta dalam dunia politik haruslah digunakan sepenuhnya untuk kepentingan publik. Egoisme sektarian harus segera diputus karena akan menimbulkan gejolak sosial yang memperpuruk skenario kemaslahatan. Mari kita meniru pola relasi sosial yang dikembangkan oleh founding fathers bangsa. Mereka –para founding fathers – bahu-membahu dalam mendirikan kaki keindonesiaan. Kaki Indonesia dibangun dengan falsafah kesejatian dan jati diri yang teguh, bukan dengan pragmatisme dan keangkuhan. Terbentuklah Indonesia yang mendasarkan diri pada ketuhanan dan kemanusiaan secara sinergis. Sayang, pelan tapi pasti, kaki keindonesiaan yang dirajut para founding fathers tercederai oleh perilaku naif yang menggerogoti prinsip dan nilai kebangsaan dan kenegaraan.  Peneliti Center for Pesantren and Democracy Studies (Cepdes) Jakarta.

INFO BUKU

Catatan Sosial Sapardi

P

himpun di dalam Buku ersahabatan Satu menggunakan antara Jeihan, pekalimat-kalimat panlukis, dan Sapardi jang yang tak tertulis Djoko Damono, penyair dalam larik sehingga terkemuka Indonesia, pembaca memerlukan menghasilkan sebuah napas panjang dan kumpulan puisi dengan mengatur jeda sesuai sampul hitam putih bedengan intuisi puitis rupa cukilan kayu yang yang kita miliki. berjudul Kolam. Buku Dua memuat Kolam terdiri dari 15 soneta yang diberi tiga buah buku yang judul “Sonet 1” sampai diberi nama Buku Satu “Sonet 15”. Hal ini sampai Buku Tiga, mengingatkan kita terdiri dari 51 buah pada soneta-soneta puisi tanpa penanda karya William ShakeJudul: halaman. Di tangan speare yang ditulis tanKolam (Kumpulan Puisi) Sapardi, materi di sekipa judul, hanya dengan Pengarang: tar kita yang dianggap nomor urut. Namun, Sapardi Djoko Damono biasa-biasa saja bisa pembaca soneta karya Penerbit: Editum menjadi puisi yang inShakespeare mengTahun: I, April 2009 dah. Dia menulis tengunakan larik pertama Tebal: 120 halaman tang pohon belimbing, sonetanya sebagai Harga: Rp50.000 kolam di pekarangan, judul sehingga soneta laki-laki yang pekerkarya Shakespeare lejaannya mengorek bih dikenal larik pertamanya dibantempat sampah, batu, bangkai curut, ding nomor urutnya. Pembaca lebih selokan, awan putih, hari ulang tahun tahu soneta berjudul “Shall I Compare perkawinan, urat daun, asap pabrik, Thee to a Summer’s Day” dibanding dan tempias. Dia tidak menggunakan nomor urutnya. istilah pemulung, tetapi langsung Di dalam Buku Tiga, kita berhadamenulis mengenai apa pekerjaan pan dengan puisi konvensional yang seorang pemulung dan menggunaditulis dalam larik-larik dan kadang kannya sebagai judul puisi: “Laki-laki dalam bait yang teratur walaupun yang Pekerjaannya Mengorek Tempat judul puisi pertama di dalam Buku Sampah”. Tiga ini cukup mengejutkan karena Bukan hanya materi, tetapi juga panjangnya: “Sebilah Pisau Dapur bentuk. Sapardi dengan leluasa memilih bentuk yang dirasanya paling yang Kaubeli dari Penjaja yang Setidaknya Seminggu Sekali Muncul sesuai untuk mengekspresikan rasa di Kompleks, yang Selalu Berjalan estetisnya. Terbukti di dalam kumMenunduk dan Hanya Sesekali Menapulan ini dia menggunakan rentetan kata yang tak disusun dalam larik-larik warkan Dagangannya dengan Suara sebagaimana konvensi bentuk sebuah yang Kadang Terdengar Kadang Tidak, yang Kalau Ditanya Berapa Harganya puisi. Dua puluh satu puisi yang ter-

Dikatakannya, “Terserah Situ Saja….” Ini jelas judul puisi dilihat dari cara penulisannya dengan huruf kapital pada awal kata yang bukan kata sambung atau kata sandang. Yang perlu dicatat dari kumpulan puisi ini adalah tipografinya yang indah. Nomor puisi ditulis di tengah

«

Di tangan Sapardi, materi di sekitar kita yang dianggap biasa-biasa saja bisa menjadi puisi yang indah. Dia menulis tentang pohon belimbing, kolam di pekarangan, laki-laki yang pekerjaannya mengorek tempat sampah, batu, bangkai curut, selokan, awan putih, hari ulang tahun perkawinan, urat daun, asap pabrik, dan tempias.

»

halaman kosong dan di bawahnya tertulis judul puisi, sedangkan puisinya sendiri ditulis pada halaman berikutnya. Memang boros halaman, namun kesan bahwa puisi tak boleh murahan timbul di situ. Dalam sebuah halaman koran, puisi bisa dicetak berjejal-jejal lantaran koran hendak menghemat halaman, namun di sini “penghormatan” terhadap penyair jelas tampak. Bukankah penyair memang berhak mendapat penghargaan finansial yang wajar? Dan puisi tak harus dijual murah.  Peresensi adalah Sunaryono Basuki Ks, sastrawan, pencinta buku, tinggal di Singaraja.

Judul: Keep Smiling for Mom: Menjadi Ibu yang Bahagia dan Luar Biasa Penulis: Azti Arlina Penerbit: Mizania Tahun: I, 2009 Tebal: 224 halaman Harga: Rp39.000 BUKU berjudul Keep Smiling for Mom: Menjadi Ibu yang Bahagia dan Luar Biasa hadir di tengah pembaca sebagai salah satu solusi yang dihadapi para ibu rumah tangga maupun wanita karier dalam mengatasi berbagai masalah yang menyelimutinya. Secara jelas dan terperinci, penulis memberikan solusi menyikapi peran sebagai ibu rumah tangga, bagaimana agar seorang ibu bisa survive dengan segudang masalah keluarga. Di antaranya tip agar para ibu selalu happy menjalani perannya, tip agar tidak bingung memilih antara karier dan diam di rumah. Buku ini pantas menjadi referensi bagi para ibu rumah tangga karena juga dilengkapi penuturan pengalaman beberapa narasumber tentang indahnya menjadi seorang ibu. Buku ini semakin menghadirkan pesonanya. Layak dimiliki dan dibaca. 

Pemimpin Redaksi: M Selamet Susanto Wakil Pemimpin Redaksi: Tri Juli Sukaryana Redaktur Pelaksana: Adi Murtoyo Asisten Redaktur Pelaksana: Nurcholish MA Basyari, Rusdi Mathari, Suradi SS. Redaktur: Adiyanto, Alfian, Alfred Ginting, Antonius Supriyanto, Arief Suharto, Bernard Chaniago, Dhany R Bagja, Diapari Sibatang Kayu, Hasbunal M Arief, Khairil Huda, Lili Hermawan, M Husen Hamidy, Sriyono Faqoth, Suli H Murwani, Yoyok B Pracahyo. Asisten Redaktur: Ade Rachmawati Devi, Ahmad Puriyono, Dudi Sabil Iskandar, Mas Edwin Fajar, Nala Dipa Alamsyah, Nessy Febrinastri, Ricky Dastu Anderson, Sidik Sukandar, Susiyanti, Syarif Fadilah, Tri Subhki R. Reporter: Agung Wredho, Agus Salim, Agus Supriyatna, Agus Triyono, Amailia Putri Hasniwati, Anzar Rasyid, Benedictus Irdiya Setiawan, Bram Selo, Citra Larasati,

Dini Daniswari, Didik Kristanto, Doni Ismanto, Eko Nugroho, Ezra Natalyn, Hansen HT Sinaga, Haryo Brono, Haryo Sudrajat, Hendra Jamal, Henry Agrahadi, Hidayat Setiaji, Houtmand P Saragih, Hyacintha Bonafacia, Im Suryani, Irianto Indah Susilo, Kristian Ginting, Marlisa Endah Nur Habsari, Merta Anduri, Muhammad Fachri, M Kamaludin, Muhammad Rinaldi, Nanik Ismawati, Novia T. Tijaja, Rahman Indra, Rangga Prakoso, Rizky Amelia, Rudy Kurniawan, Teguh Nugroho, Tya Atiyah Marenka, Vicky Rachman, Vivi Firantini, Wachyu AP, Xaveria Yunita Melindasari, Yusti Nurul Agustin Kepala Sekretariat Redaksi: Debora Awuy Bahasa: Yanuarita Puji Hastuti Kepala Produksi: Agus Sudrajat Desain Grafis: Yadi Dahlan. Penerbit: PT Berita Nusantara Direktur Utama: M Selamet Susanto Direktur: Tri Juli Sukaryana, Adi Murtoyo. CEO: T. Marx Tobing Managing Director: Fiter Bagus Cahyono Associate Director: Woeryadi Kentoyo Manajer SDM/Umum: Agung Kurniawan Manajer Akuntansi & Keuangan: Djono Manajer Iklan: Diapari Sibatangkayu Asisten Manajer Sirkulasi: Turino Sakti Asisten Manajer Distribusi: Firman Istiadi Alamat Redaksi/Iklan/Sirkulasi: Jalan Wahid Hasyim 125 Jakarta Pusat 10240 Telepon: (021) 3152550 (hunting)

Faksimile: (021) 3155106. Website: www.koran-jakarta.com E-mail: redaksi@koran-jakarta.com Tarif Iklan: Display BW Rp 28.000/mmk FC Rp 38.000/mmk, Advertorial BW Rp 32.000/mmk FC Rp 40.000/mmk, Laporan Keuangan BW Rp 17.000/mmk FC Rp 32.000/mmk, Pengumuman/Lelang BW Rp

7.500/mmk, Eksposure BW Rp 2.000.000/kavling FC Rp 3.000.000/kavling, Banner Halaman 1 FC Rp 52.000/mmk, Center Spread BW Rp 35.000/mmk FC Rp 40.000/mmk, Kuping (Cover Ekonomi & Cover Rona) FC Rp 9.000.000/Kav/Ins Island Ad BW Rp 34.000/mmk FC Rp 52.000 Obituari BW Rp 10.000/mmk FC Rp 15.000/mmk, Baris BW Rp 21.000/baris, Kolom BW Rp 25.000/mmk, Baris Foto (Khusus Properti & Otomotif) BW Rp 100.000/kavling

Wartawan Koran Jakarta tidak menerima uang atau imbalan apa pun dari narasumber dalam menjalankan tugas jurnalistik


MONDIAL

®

KTT G20 I Bentrokan Mewarnai Pelaksanaan Pertemuan di Pittsburgh

RESOLUSI DK PBB mengenai pelucutan senjata nuklir disepakati dalam KTT DK PBB. Resolusi ini bertujuan memperkuat dan menetapkan target realistis demi mencegah terjadinya perlombaan senjata nuklir (Koran Jakarta, 25/9).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menyoroti soal program nuklir Iran. Barat khawatir terhadap pembangunan pabrik pengayaan uranium Iran yang baru sehingga wacana sanksi menguat.

Negara-negara maju yang harus memberi contoh mengurangi produksi senjata nuklir. Jangan hanya menyuruh, tapi tidak dipraktikkan sendiri. 08139280xxx

LINTAS NEGARA Cinta pada Pengemudi Becak

AFP/JEFF SWENSEN/GETTY IMAGES

ANTI-KAPITALISME l Seorang demonstran menulis pesan protes di jalan sementara polisi berjaga-jaga di Pittsburgh, Pennsylvania, Kamis (24/9). Para pemimpin dunia membahas isu ekonomi serta menyoroti program nuklir Iran dalam pertemuan dua hari KTT G20 yang diwarnai bentrokan antara demonstran dengan aparat keamanan. kan uraniun di sebuah pabrik baru, seperti di kompleks Natanz. Pengamat nuklir dari International Institute for Strategic Studies, Mark Fitzpatrick, menduga Iran mengumumkan pabrik baru ini karena sadar AS akan segera membeberkannya. Rusia dan China, dua negara yang selama ini enggan mendukung penjatuhan sanksi tegas bagi Iran, tengah mempertimbangkan sikap mereka terkait perkembangan terbaru dari Iran. Lima negara anggota tetap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) plus Jerman dan Iran akan mengadakan pertemuan membahas program nuklir Teheran pada 1 Oktober. AS, Prancis, dan Inggris menginginkan penjatuhan sanksi lebih tegas jika Iran tidak memberi respons positif dalam dialog pada pertemuan 1 Oktober nanti. Sementara Rusia dan China sebelumnya cenderung mengedepankan pendekatan dialog, bukan sanksi. Aksi Protes Di luar pertemuan para pemimpin dan kepala negara G20, demonstran antikapitalisme memecahkan kaca jendela toko

dan melempari polisi dengan batu pada Kamis (24/9). Polisi membalas menggunakan gas air mata dan tongkat pemukul untuk membubarkan massa. Demonstran mengenakan bandana dan masker sambil mengusung spanduk bertuliskan “Tidak ada harapan dengan kapitalisme” dan “Tendang kapitalisme ketika masih lemah”. Aksi protes menentang kapitalisme sering mewarnai KTT sejak perundingan perdagangan di Seattle pada 1999. Bentrokan antara polisi dan demonstran pada Kamis terjadi selama 12 jam. Bentrokan pertama terjadi ketika polisi membubarkan sekitar 2.000 orang yang berunjuk rasa pada tengah hari. Pengunjuk rasa melempar botol dan batu, sementara polisi membalas dengan melepaskan lima hingga sepuluh tembakan gas air mata. “Kami di sini untuk mendesak G20 menghapuskan kapitalisme global,” kata pria berusia 24 tahun asal Delaware yang menolak mengungkap namanya.  AFP/Rtr/tsu/I-3 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

Pittsburgh, dulu dikenal sebagai “Kota Besi”, namun kini dianggap kota ramah lingkungan, menjadi lokasi pertemuan pemimpin negara G20. Bentrokan terjadi antara demonstran antikapitalisme dan polisi di kota ini. Area resmi protes Pittsburgh

Aksi yang diizinkan

PITTSBURGH Allegheny Commons Taman Timur

Lapangan Kennedy

Museum Carnegie

Jalan Kelima/ Craft 0.5 km

Taman Schenley

Jalan Liberty dan Jalan Grant

Taman Riverfront

Jalan Granview

KTT PITTSBURGH LOKASI

Sungai Shore

TEMPAT KTT G20 David L Lawrence Convention Centre

Tempat parkir

100m

Sungai Allegheny

Gedung PNC Financial Services Group

Stasiun Amtrak Gedung Federal William S Moorhead

Akses Terbatas Pejalan kaki

kendaraan

Pos pemeriksaan

PNC Plaza

Arena Mellon

akses pejalan kaki Sumber : pittsburghsummit.gov. City of Pittsburgh, US Dept of Homeland

Olmert Mengaku Tidak Bersalah katanya. “Ini tidak mudah bagi saya. Selama tiga tahun terakhir, saya menjadi sasaran kampanye pencemaran nama baik,” imbuh Olmert. Pengadilan memutuskan akan memulai sidang mendengarkan kesaksian pada 22 Februari tahun depan dan akan digelar tiga sesi sepekan. Jika terbukti bersalah, Olmert akan dijebloskan ke penjara. Juru Bicara Departemen Kehakiman Moshe Cohen tidak menjelaskan berapa hukuman maksimal yang mungkin dijatuhkan bagi Olmert jika terbukti bersalah. Olmert, yang akan merayakan ulang tahun ke-64 pada Rabu (30/9), dituduh dengan tiga dugaan korupsi pada Agustus. Berkas kasus setebal 61 halaman terdiri dari dugaan

« Saya tidak bersalah, dan saya yakin persidangan ini akan membersihkan nama saya dari prasangka.

»

Ehud Olmert MANTAN PM ISRAEL

penggelapan, melanggar kepercayaan, memberi dokumen perusahaan palsu, dan menutupi penghasilan. Semua tuduhan yang dialamatkan kepada Olmert terjadi sebelum Mei 2006, atau sebelum dia menjabat PM. Tuduhan-tuduhan itu dilakukan Olmert ketika masih menjabat Wali Kota Jerusalem dan menteri perdagangan dan perindustrian.

Olmert dituduh secara tidak sah menerima pemberian amplop uang tunai dari pengusaha Yahudi-Amerika, Morris Talansky, dan tagihan ganda untuk perjalanan ke luar negeri. Di samping itu, dia dituduh mempraktikkan kroniisme dalam hubungan dengan lembaga investasi binaannya ketika menjabat menteri perdagangan dan perindustrian antara 2003 dan 2006. Masalah Serius Korupsi merupakan masalah serius di Israel yang melibatkan pejabat publik dalam beberapa tahun belakangan. Tiga mantan menteri sudah dijatuhi hukuman penjara, dan dua mantan presiden mundur tidak hormat karena korupsi.

Namun, Olmert adalah mantan PM pertama yang menghadapi tuduhan kriminal korupsi. Pada Agustus, polisi merekomendasikan Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman dituntut ke pengadilan atas dugaan penyuapan, pencucian uang, dan melanggar hukum. Mantan Presiden Moshe Katsav tengah menjalani proses persidangan terkait beberapa kasus pemerkosaan, pelecehan seksual, dan tindakan asusila lain. Pada 1 September, mantan anggota kabinet, Avraham Hirshon dan Shlomo Benizri, dijebloskan ke penjara. Hirshon terbukti bersalah menggelapkan dana sebesar 1 juta dollar AS dan Benizri terbukti menyuap dan menggelapkan dana.  Rtr/tsu/I-3

Pemilu Jerman

Pemilih Dibayangi Ancaman Al-Qaeda BERLIN – Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) Jerman pada Minggu (27/9) dibayangi ancaman teror Al-Qaeda. Kepolisian, Jumat (25/9), menangkap seorang pria Turki berusia 25 tahun sebagai tersangka yang mengirim video ancaman Al-Qaeda di Internet. Dalam pernyataannya, kepolisian di Stuttgart mengatakan tersangka itu tidak terlibat dalam pembuatan video. Video yang dikirim pada Kamis merupakan ancaman terbaru dari anggota Al-Qaeda, Abu Talha al-Almani, atau “Si Jerman”. Beberapa hari sebelumnya, Abu Talha mengancam akan melakukan penyerangan di Jer-

ancaman serius. man karena keterli“Ancaman ini serius, batan militer Jerman terlebih menjelang di perang Afghanispemilu 27 Septemtan. “Saya bisa menber, dan pasca pecapai tujuan menyemilu,” bunyi pernyarang Jerman, tetapi taan IntelCenter. bisa juga berakhir di Juru Bicara DeparGuantanamo. Saya temen Dalam Negeri harus bersedia meJerman menyatakan nanggung apa pun REUTERS/HANNIBAL video terbaru ini tiakibatnya,” kata Abu dak berisi ancaman Talha menggunakan Angela Merkel langsung terhadap bahasa Jerman. Jerman. Meskipun Kelompok pemantau AS yang merilis video ancamannya belum nyata, piini, IntelCenter, mengatakan hak berwenang masih memeancaman serangan Al-Qaeda riksa isi video. “Kami mengerahkan aparat maupun afiliasinya di Jerman atau kepentingan Jerman di keamanan untuk bersiaga seseluruh dunia merupakan jak pekan lalu, ketika video

NEW DELHI – Tidak ada yang bisa memprediksi kapan dan di mana datangnya cinta. Seorang wisatawan asal Amerika Serikat (AS) berkunjung ke India dan menemukan cinta sejatinya, seorang pengemudi becak. Whitney, 26 tahun, menyewa jasa becak pekan lalu ketika berkunjung ke Jaipur selama tiga hari. “Di hari ketiga, dia mengejutkan saya dengan pertanyaan mendadak. Dia ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan saya,” ujar perempuan asal Chicago itu. Pertama kali bertemu pada Sabtu, pasangan ini menikah pada Rabu dengan upacara sederhana. Dalam foto yang diterbitkan di harian Mail Today, Whitney berdiri di samping suaminya, Harish Hotala, mengenakan sari, pakaian tradisional India. Menurut Mail Today, Hotala bukan pengemudi becak sembarangan. “Meskipun putus sekolah, dia mahir berbahasa Inggris dan memiliki tiga becak,” tulis harian itu. Whitney, nama belakangnya tidak ingin disebutkan, akan kembali ke AS pada 30 September untuk menemui orang tuanya. “Ayah saya kaget, tetapi ibu saya bisa menerima,” ujarnya.  AFP/tsu/I-3

PROTES KTT G20

Korupsi di Israel

JERUSALEM – Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, Jumat (25/9), menghadiri persidangan perdananya atas dugaan tindak korupsi. Olmert berjanji akan membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Olmert menjadi mantan PM pertama yang menghadapi persidangan dengan tuduhan kriminal korupsi. Olmert mengundurkan diri di bawah tekanan pada September 2008 setelah polisi merekomendasikan penuntutan Olmert atas tuduhan korupsi. Tetapi Olmert berkeras bahwa dirinya tidak bersalah dan yakin persidangan akan memihak padanya. “Saya tidak bersalah, dan saya yakin persidangan ini akan membersihkan nama saya dari prasangka,”

5

KOMENTAR

Nuklir Iran Disorot Tajam

PITTSBURGH – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan pemimpin negara Barat lain menuduh Iran membangun pabrik bahan bakar nuklir rahasia dan menuntut Teheran segera menghentikan aktivitasnya. “Kini saatnya bagi Iran segera bertindak untuk memulihkan kepercayaan komunitas internasional dengan memenuhi kewajiban internasionalnya,” kata Obama, Jumat (25/9). Dia menambahkan Iran diam-diam membangun fasilitas pengayaan uranium selama bertahuntahun. Badan Energi Atom Internasional (IAEA), sebelumnya, menyatakan Iran baru saja mengungkap mengenai pabrik pengayaan uranium kedua yang masih dalam tahap konstruksi. Pengumuman ini langsung mengundang kekhawatiran dari Barat yang menuduh Iran akan membuat senjata nuklir. Tuduhan itu disangkal Teheran. Kepala badan nuklir Iran Ali Akbar Salehi mengatakan keberadaan pabrik baru ini tidak dirahasiakan seperti yang dituduhkan pemimpin negara-negara Barat. “Pembangunan pabrik ini bukan rahasia. Karena itu, kami mengumumkan keberadaannya kepada IAEA,” ujarnya. IAEA menyatakan Iran sudah mengungkap eksistensi pabrik tersebut kepada Direktur Jenderal IAEA Mohamed ElBaradei pada Senin. Badan pengawas nuklir PBB ini meminta Iran menyediakan akses untuk memperoleh informasi mengenai pabrik yang dibangun di pegunungan, sekitara 160 kilometer sebelah barat daya Teheran. Juru Bicara IAEA Marc Vidricaire mengaku Iran pernah menyatakan niatnya mengaya-

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

pertama muncul. Aparat keamanan waspada penuh,” kata juru bicara itu. Polisi bersenjata lengkap berpatroli di bandar udara dan stasiun kereta di seluruh penjuru negeri pekan ini. Abu Talha mengingatkan Jerman harus mengubah pemerintahannya lewat pemilu dan menarik mundur 4.200 pasukan dari Afghanistan. Jika tidak, konsekuensinya akan diserang di dalam negeri. Aparat keamanan yakin Abu Talha adalah pria berusia 32 tahun asal Boon dan bernama asli Bekkay Harrach. Pekan lalu, Abu Talha mengatakan jika Angela Merkel terpilih kembali sebagai kanselir, Jerman akan

menghadapi masa-masa sulit. Berdasarkan jajak pendapat terbaru, Merkel diprediksi akan menang dan terpilih untuk periode kedua. Proyeksi perolehan suara koalisi Partai Kristen Demokrat (CDU), partai Merkel, dengan Partai Kebebasan Demokrat sudah cukup untuk memenangi pemilu. Namun, pertarungan akan berlangsung ketat dengan kian menguatnya dukungan bagi Frank-Walter Steinmeier, kandidat dari SPD, pesaing terkuat Merkel. Dengan seperempat dari 62 juta pemilih belum memutuskan pilihan, partai-partai membutuhkan dukungan sekecil apa pun.  AFP/tsu/I-3

Miss Nepal Tidak Terhormat KATHMANDU – Sejumlah aktivis dari kelompok Maois, Nepal, tidak bangga dengan kontes kecantikan bertajuk Miss Nepal karena menganggap ajang ini adalah bentuk penghinaan bagi kaum perempuan. Kelompok bekas pemberontak dalam perang sipil Nepal ini duduk di jalan di luar sebuah klub yang dijaga ketat di jantung Kota Kathmandu. Mereka meneriakkan, “Kalian tidak boleh mengekspose perempuan.” Banyak demonstran yang mengibarkan bendera berwarna hitam dalam aksi, sementara di dalam klub, 15 kontestan berlenggak-lenggok di atas catwalk. “Kontes ini adalah forum di mana perempuan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memopulerkan produk jualan mereka,” kata Manu Humagain, ketua panel antikontes kecantikan Maois. Ajang Miss Nepal sudah berlangsung selama 15 tahun, namun sempat dibatalkan tahun lalu karena protes dari kelompok Maois. Pemenang kontes tahun ini akan mewakili negara di kawasan Himalaya ini ke Miss World di Johannesburg pada Desember nanti.  Rtr/tsu/I-3

Rapat Kabinet di Bawah Laut PARIS – Bagi Maladewa, pemanasan global merupakan masalah yang sangat serius. Untuk menarik perhatian dunia, Presiden Mohamed Nasheed merencanakan rapat kabinet di bawah laut pada 24 Oktober mendatang. Dengan memakai perlengkapan selam dan berkomunikasi dengan papan tulis atau gerakan tangan, 14 anggota kabinet akan mengesahkan pernyataan dari warga negara Maladewa. Pernyataan itu akan disampaikan di konferensi iklim di Copenhagen pada 7-18 Desember mendatang. “Tujuan rapat kabinet ini untuk menunjukkan tingginya komitmen politik kami dalam menanggulangi perubahan iklim,” pernyataan dari kantor kepresidenan. Pemanasan global menaikkan permukaan laut sehingga mengancam menenggelamkan negara kepulauan di Samudra Hindia ini. Maladewa bahkan sudah memikirkan membeli “tanah air” di Australia atau India atau Sri Lanka untuk menampung 330.000 warga negaranya jika Maladewa benar-benar tenggelam.  AFP/tsu/I-3

LOWONGAN Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan usaha, harian nasional KORAN JAKARTA K membutuhkan tenaga untuk posisi berikut: 1. Social Media (SM) Pendidikan min DIII, menguasai internet, portal-portal yang terkenal dan fitur-fitur di dalamnya. Jenis kelamin wanita, usia maksimal 28 tahun. Menguasai MS Office, Excel, dan Word. Terbiasa bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. 2. Sales Manager (S-Mgr) Pengalaman sebagai Sales Manager Iklan di industri media cetak, atau pengalaman min 5 tahun sebagai Account Executuve di media cetak. Memunyai jaringan kerja yang luas serta leadership yang kuat. Usia minimal 28 tahun, jenis kelamin wanita. Target oriented. Pendidikan min S1, menguasai MS Office, Word, Excel. Memunyai track record dan achievement dalam karier sebagai Account Executive Iklan. 3. Account Executive (AE) Pendidikan minimal SI. Pengalaman min 1 tahun di media. Usia maksimal 27 tahun. 4. Admin Iklan (AI) Pendidikan minimal DIII Jurusan Komputer/Sekretaris Administrasi. Pengalaman di bidang administrasi iklan minimal 1 tahun. Menguasai program komputer MS Office (Word, Excel, Power Point) dan korespondensi. Mampu mengetik dengan kecepatan yang tinggi. Usia maksimal 25 tahun. 5. Staf Sales Officer (S-SO) Pendidikan minimal SMA dan berpengalaman minimal 3 tahun, diutamakan pengalaman di media. Siap bekerja keras termasuk apabila kerja di lapangan. Menguasai komputer. 6. Staf Telemarketing (S-Tel) Wanita, umur maksimal 27 tahun. Pendidikan minimal D3 dari berbagai jurusan. Berpengalaman minimal 2 tahun di bidangnya serta menguasai program komputer (Microsoft Office). 7. Staf Kurir (S-K) Pria, umur maksimal 35 tahun. Pendidikan minimal SMA, mau bekerja keras termasuk kerja di lapangan. Kirimkan lamaran disertai foto, kualifikasi, riwayat pekerjaaan, gaji yang pernah diterima dan yang diharapkan ke HRD PT. BERITA NUSANTARA Jalan Wahid Hasyim No. 125 Jakarta Pusat 10240 Paling lambat 2 minggu setelah penerbitan iklan ini. Cantumkan kode posisi yang diminati di pojok kiri atas amplop. Panggilan hanya kepada pelamar yang memenuhi syarat.


6

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

MEGAPOLITAN

KORAN JAKARTA

®

KOMENTAR RIBUAN pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak masuk kerja pada hari pertama setelah cuti bersama Lebaran 18-23 September dengan berbagai alasan. Sebanyak 137 orang di antaranya mangkir atau tanpa alasan. (Koran Jakarta, 25/9).

SPANDUK IMBAUAN l Sejumlah penumpang kereta api melintas di depan spanduk “Jakarta Sudah Padat” di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (25/9). Pemprov DKI berencana menggelar Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) dua minggu pasca Lebaran.

Saya setuju dengan tindakan pemerintah provinsi dan kota yang menindakn tegas para pegawai negeri sipil yang mangkir di hari pertama setelah cuti Lebaran. Sebab masih banyak orang yang mau bekerja apalagi menjadi PNS. 08151664xxx

Saya minta pemerintah provinsi dan kota mengumumkan pegawai negeri sipil yang dikenakan sanksi. Dengan cara ini mereka akan malu dan tidak akan mengulangi di kemudian hari. Kalau perlu melalui media massa sehingga masyarakat mengetahui PNS yang mangkir. 02173641xxx

LINTAS WILAYAH Bayar Pajak Kendaraan Bisa Melalui ATM JAKARTA – Pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Jakarta bisa dilakukan melalui anjungan tunai mandiri (ATM) Bank DKI mulai Jumat (25/9). Menurut Direktur Utama Bank DKI Winny Erwindia, di Jakarta, Jumat (25/9), pembayaran pajak kendaraan tersebut dapat dilakukan melalui Bank DKI. Sebab jaringan Bank DKI sudah terhubung host to host dengan jaringan database Polri sehingga pembayaran dapat dilakukan secara online. Pembayaran pajak kendaraan online tersebut berbarengan dengan peresmiaan Samsat Drive Thru oleh Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri bersamaan dengan peresmian Pos Polisi berbasis Teknologi Informasi yang terletak di Bundaran Hotel Indonesia Jalan MH Thamrin. Sementara itu, sebanyak 21,2 persen pengguna kendaraan pribadi beralih ke bus Transjakarta. Jumlah ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan BLU Transjakarta pada 2008. Jumlah itu berasal dari 5,8 persen pengguna mobil dan 15,4 persen pengguna sepeda motor. Sedangkan dari pengguna angkutan umum berjumlah 70,2 persen dan sisanya 8,6 persen penumpang biasa. “Jumlah penumpang bus Transjakarta selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2008, jumlah penumpang meningkat sebesar 21,45 persen dari tahun sebelumnya,” kata Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini. Sejak diluncurkan pada 2004, jumlah pengguna angkutan yang akrab disebut busway itu semakin meningkat. Pada 2004 tercatat sebanyak 14.924.423 penumpang, 2005 terdapat 20.798.196 penumpang, 2006 sebanyak 38.828.039 penumpang, 2007 sebanyak 61.439.961 penumpang, 2008 sebanyak 74.619.995 penumpang, dan pada 2009, sampai Agustus, total penumpang mencapai 54.213.836 penumpang. Dengan demikian, total penumpang yang telah dilayani selama lima tahun mencapai 265.842.450 orang.  wan/M-3

Pegawai Bolos Dikenai Sanksi Turun Pangkat JAKARTA – Sebanyak 11 orang pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat sanksi penurunan pangkat. Hukuman ini dijatuhkan karena mereka dua kali beruntun tidak masuk pada hari pertama setelah cuti Lebaran. Sebanyak 190 pegawai lain dikenakan sanksi penundaan kenaikan gaji berkala selama setahun. Hukuman berat yang diterima oleh 201 PNS DKI tersebut diketahui setelah Gubernur Fauzi Bowo melakukan inspeksi mendadak pada hari pertama kerja setelah cuti Lebaran, Kamis (24/9). Sidak itu dilakukan di 59 satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) dan enam pemerintah kota/kabupaten. Surat keputusan pemberian sanksi itu ditandatangani Gubernur dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Disiplin PNS. Gubernur mengatakan jumlah pegawai yang bolos tahun ini tidak terlalu parah karena jumlahnya hanya sekitar 0,89 persen dari total pegawai. Namun, jumlah itu tidak mengurangi keinginan untuk menegakkan disiplin dan mengenakan sanksi yang berat bagi yang melanggar. Seperti diberitakan Koran Jakarta (25/9), Gubernur Fauzi melakukan sidak di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPKD) di Blok G Balai Kota, Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) dan Dinas Pekerjaan Umum di kompleks Dinas Teknis Jatibaru Jakarta Pusat, serta Dinas Pariwisata di Kuningan, Jakarta Selatan. Dari inspeksi yang dilakukan di BKD, tiga PNS dari total 164 pegawai terlambat masuk karena mengalami kecelakaan. Di Bappeda dan Dinas P2B, 13 orang dan 19 orang tak hadir karena berbagai alasan. Dinas Pariwisata menjadi tempat yang paling banyak tidak hadir, yakni 802 karyawan. Sebanyak 58 orang tidak hadir karena cuti, sakit, dan absen tanpa alasan.  rud/M-3

KORAN JAKARTA/BRAM SELO AGUNG

Catatan Kependudukan l Apartemen dan Perumahan Mewah Akan Disisir

Operasi Yustisi Digelar Oktober Operasi Yustisi Kependudukan tahun ini akan disesuaikan dengan karakter wilayah masing-masing. Sasaran operasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berbeda dengan di Jakarta Utara dan Timur. JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan akan mengusir pendatang baru pasca-Lebaran jika tidak memiliki kelengkapan administrasi sebagaimana yang disyaratkan. Pengusiran akan dilakukan jika pendatang baru ditangkap pada Operasi Yustisi Kependudukan (OYK). “Jakarta memang bukan kota yang tertutup, namun mereka yang mau datang ke sini harus memenuhi persyaratan agar tidak menjadi beban,” kata Gubernur Fauzi Bowo di Jakarta, Jumat (25/9). “Kita akan berlakukan peraturan kependudukan. OYK mulai 14 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.” Menurutnya, masih banyak orang yang nekat datang ke Ibu Kota padahal mereka tidak memiliki kemampuan apa pun. Di sisi lain, pemprov tidak mung-

kin menutup Jakarta untuk pendatang dari luar daerah. Karena itulah, untuk menyeleksi pendatang, penerapan peraturan kependudukan menjadi jalan keluarnya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dalam lima tahun terakhir, jumlah pendatang baru yang tiba di Jakarta pasca liburan Idul Fitri mengalami penurunan. Pada 2004, terdapat 190.356 jiwa pendatang baru, pada 2005 terdapat 180.767 jiwa, 2006 ada 124.427 jiwa, 2007 ada 109.617, dan pada 2008 ada 88.473 jiwa. Kepala Dinas Disdukcapil Franky Mangatas menambahkan OYK terhadap pendatang baru akan digelar paling cepat dua pekan atau paling lambat satu bulan setelah Lebaran.

Hal ini dimaksudkan agar pendatang baru arus balik itu sudah menetap tinggal di suatu tempat. Menurutnya, OYK dilakukan untuk menertibkan pendatang baru yang tidak memenuhi persyaratan administrasi kependudukan. Misalnya, tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI, tidak punya tempat tinggal tetap, tidak punya pekerjaan, tidak punya surat jaminan dari tempat kerja bagi yang sudah mendapat pekerjaan, dan tidak punya kartu identitas sementara (KIS) yang dulu dikenal KTP musiman bagi pembantu. “Kita lebih riskan menghadapi pendatang baru yang tidak punya keterampilan sama sekali. Mereka benar-benar menjadi beban sosial karena kehadirannya pasti menjadi pekerja informal seperti gelandangan, pengemis, pengamen, dan tinggal di tanah negara dan permukiman ilegal,” jelasnya. Kalau para pendatang baru tanpa keterampilan dan tidak punya pekerjaan maupun identitas tersebut dibiarkan, kata Franky, Jakarta akan over load.

Disesuaikan Karakter Franky memaparkan OYK tahun ini akan dilakukan sesuai karakter wilayah di DKI. Contohnya, di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, penyebaran penduduk, khususnya pendatang baru, cenderung terdapat di apartemen yang selama ini sulit dideteksi. Sebab pengelolanya agak tertutup begitu melihat petugas. Karena itu, untuk tahun ini, OYK akan dilakukan di apartemen. Begitu juga di rumah susun, realestate, perumahan mewah dan elite, permukiman di kawasan industri, dan rumah tangga yang tidak melaporkan keberadaan pembantunya. Di Jakarta Timur, lebih banyak pendatang baru yang dicurigai tidak memenuhi administrasi kependudukan di daerah pinggiran. Sama halnya di Jakarta Barat dan Jakarta Utara, umumnya pendatang baru arus balik terdapat di daerah pinggiran. Mereka tinggal di rumah kontrakan, rumah kos, dan permukiman. “Jadi, kita tidak akan melakukan OYK di terminal kedatangan arus balik karena termi-

nal itu adalah tempat umum. Nanti malah mengganggu orang yang lalu lalang di sana,” tambahnya. Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan Valentino Simanungkalit menilai OYK masih merupakan cara paling efektif menekan arus urbanisasi. Sebab, ia akan melakukan operasi lainnya sebagai pendukung, yakni operasi pembinaan penduduk (Biduk) sebulan sekali. Perbedaan kedua operasi itu adalah operasi Biduk tidak menyertakan hakim dan jaksa untuk penegakan hukumnya, sedangkan untuk OYK, hakim dan jaksa dilibatkan. Menurut Valentino, para lurah, ketua RT, dan ketua RW akan mendata warga mereka. Pada pendatang diminta melapor. Mereka yang terbukti bukan warga Jakarta akan diberikan dua pilihan: membuat kartu izin tinggal sementara atau segera pindah.  rud/M-3 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 315 5106 SMS: 0813 8181 7227

Transportasi Publik

139 Bus Transjakarta untuk Koridor IX, X JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan 139 bus Transjakarta untuk kebutuhan awal pengoperasian koridor IX (Pinangranti-Pluit) dan koridor X (Tanjung PriokCililitan) pada tahun depan. Ke139 bus itu terdiri dari 125 bus tunggal dan 14 bus gandeng. ”Yang jelas, kita akan mengoperasikan koridor IX dan X pada pertengahan 2010,” tegas Gubernur Fauzi Bowo setelah salat Jumat di Balai Kota, Jumat (25/9). Saat ini, pengadaan bus memasuki fase tender. Namun, ia belum memastikan siapa yang memenangi tender. Yang pasti, bus harus dirakit sesuai standar Indonesia serta memakai bahan bakar gas. Kebutuhan armada untuk

koridor IX dan X mencapai 161 unit. Koridor IX sebanyak 97 unit berasal dari konsorsium, 56 unit dan hasil lelang 41 unit. Sedangkan untuk koridor X sebanyak sebanyak 64 unit yang berasal dari konsorsium, 37 unit dan lelang 27 unit. Seluruh armada koridor XI dan X rencananya dipenuhi oleh pabrikan dalam negeri. Koridor IX Pinang Ranti menuju Pluit akan melewati Jalan Pondok Gede, Jalan Raya Bogor, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan S Parman, Jalan Latumenten, Jembatan Dua, Jembatan Tiga, dan Pluit. Sedangkan Koridor X akan beroperasi dari Cililitan menuju Tanjung Priok yang melewati Jalan DI Panjaitan, Jalan Ah-

« Harus dipahami dipagari bukan ditanam pagar, tetapi dengan meninggikan separator sudah disebut pemagaran.

»

Riza Hasyim WAKIL KEPALA DINAS PERHUBUNGAN DKI

mad Yani, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Enggano. Seperti diberitakan Koran Jakarta (16/9), dalam APBD Perubahan tahun 2009, pemprov telah menganggarkan 75 miliar rupiah untuk uang muka pembelian bus tersebut. Sementara total dana yang dibutuhkan untuk pembelian bus senilai 300 miliar rupiah.

Sisa kebutuhan anggaran senilai 227 miliar rupiah akan dianggarkan dalam APBD 2010. Sebelum dioperasikan, Dinas Perhubungan akan memperbaiki seluruh sarana infrastruktur koridor IX dan X. Perbaikan seputar halte, separator, serta ruas jalan yang berlubang sehingga saat dioperasikan nanti sudah bisa berjalan dengan optimal. Kerusakan infrastruktur tersebut disebabkan lamanya kedua koridor tersebut tidak dioperasikan. Padahal pembangunan ruas jalan, halte, dan jembatan penyeberangan orang selesai pada Mei 2008. Namun, hingga kini, tak kunjung dioperasikan. Akibatnya, jalur yang tidak terpakai itu digunakan kendaraan pribadi.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Riza Hasyim mengatakan tahun depan, tidak hanya dilakukan pengoperasian dua koridor, tetapi juga optimalisasi koridor yang selama ini beroperasi. Salah satunya pemagaran jalan terhadap koridor yang beroperasi. Konsep pemagaran yang dimaksud adalah dengan meninggikan separator sehingga tidak diterobos oleh kendaraan lain. Dengan adanya pembatasan jalur tersebut, apabila terjadi pelanggaran, akan dikenakan sanksi di mulut keluar koridor. “Jadi harus dipahami dipagari bukan ditanam pagar, tetapi dengan meninggikan separator sudah disebut pemagaran,” tuturnya. rud/M-3

Pendatang Baru

“Pokoknya Kerja di Jakarta, Apa Saja...”

S

eorang perempuan muda turun dari bus Nusantara di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur. Begitu menginjakkan kaki, Siti Mustika, 19 tahun, nama perempuan itu, melihat ke sekeliling terminal. Perempuan berambut panjang dan berkulit sawo matang ini tampak mencari seseorang. Tangan kirinya memegang kardus mi instan dan tangan kanannya menenteng tas plastik putih. Tidak lama, di dekat sebuah warung makanan di peron terminal itu, seorang perempuan tua melambaikan tangannya. Siti menghampiri perempuan itu. Keduanya berpelukan. Perempuan itu adalah Sri Rubiatun, nenek Siti.

Siti mengaku kedatangannya di Jakarta adalah yang pertama kali. Ia diajak kakaknya, Wati, yang telah lebih dahulu kerja di pabrik makanan ringan di Pulo Gadung. “Di kampung tidak ada kerjaan. Hanya nyawah,” ujar lulusan SMA Negeri 2 Purworejo, Jawa Tengah, itu pendek. Berbekal ijazah SMA, ia berharap mendapat kerja di Ibu Kota. Untuk sementara, ia berencana tinggal di rumah neneknya, Rubiatun atau yang biasa dipanggil Atun. Tekad Siti ke Jakarta adalah meringankan beban orang tuanya, Ngadimin dan Sutinah, yang pensiunan guru. Siti tahu lowongan peker-

jaan di pabrik tidak selalu ada. “Kalau belum ada pekerjaan di pabrik, saya mau bantu Paklek Darmo dulu,” jelasnya. Darmo merupakan paman Siti dan memunyai usaha keripik singkong di Bekasi. Lain lagi cerita Desi Fitiriani. Perempuan berusia 19 tahun asal Desa Gunung Tanjung, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, ini diajak Ijem, teman satu kampungnya, ke Jakarta. Ia dijanjikan pekerjaan sebagai terapis pijat di sebuah spa di Pondok Indah. Desi menuturkan awalnya Ijem ditawari Dakon, yang menjadi perantara ke tempat spa ini. Setelah Ijem setuju, ia mengajak Desi. Menurutnya,

dari kampungnya banyak terapis pijat yang bekerja di spa di Jakarta. Desi yang lulus SMA negeri di kotanya tertarik dengan iming-iming uang besar yang akan didapat dari pekerjaan sebagai terapis pijat. Selain uang banyak, ia merasa nyaman berada di Jakarta karena di mess penampungan pekerja di spa ini terdapat saudaranya bernama Laila yang sudah lebih dahulu bekerja di tempat tersebut. Di kampung, Laila suka memamerkan jam tangan mewahnya seharga 800 ribu rupiah. Ia pun kerap mengirim uang kepada orang tuanya. Padahal Laila baru bekerja empat bulan.

Desi mengatakan ayahnya mengetahui tempat kerjanya di Jakarta. “Saya tadi diantar di depan tempat kerja ini oleh ayah. Tetapi ayah saya tidak tahu pekerjaan seperti apa spa itu,” jelasnya. Ia mengaku sudah diberi tahu Laila pekerjaannya seperti apa. Apalagi sebelum berangkat ia sudah diberi pelatihan di Sukabumi. Ridwan, ayahnya, adalah tukang ojek di kampung dengan penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan rumah tangga. Desi berharap kedatangannya ke Jakarta bisa membuat kehidupan keluarganya lebih baik. “Pokoknya kerja di Jakarta. Apa saja,” ucapnya.  wan/M-3


KORAN JAKARTA

SPORT

®

KOMENTAR AC Milan kembali menelan kekalahan kedua di giornata kelima musim ini setelah takluk 0-1 atas tuan rumah Udinese di Stadion Communale Friuli, Kamis (24/9). Kekalahan sebelumnya dialami “Rossoneri” saat dibantai Inter Milan 4-0 dalam derby Milan di pekan kedua (Koran Jakarta, 25/9). Jika ingin tetap bersaing di liga domestik dan Champions, Milan mesti mengganti pelatih dengan orang sekelas Ancelotti. Selain itu, mereka mesti menambah amunisi dengan pemain yang lebih muda. 0816-5453xxx

SIMON Santoso dan Adriyanti Firdasari membuat kejutan besar dengan menggulung peringkat satu dunia di Japan Super Series. Ini merupakan tanda positif meski konsistensi pengumpulan jumlah gelar tetap paling penting demi menandai kebangkitan perbulutangkisan Indonesia (Koran Jakarta, 25/9). Semoga pencapaian Simon bisa sampai di final dan merengkuh gelar Japan Super Series. Semoga ini merupakan tanda-tanda kebangkitan perbulutangkisan Indonesia. 0812-8202xxx

Sean O’Hair REUTERS/STEVE SCHAEFER

Nasihat Woods ATLANTA – Persahabatan Sean O’Hair dan Tiger Woods berdampak positif di lapangan. Beberapa petunjuk yang diberikan Woods turut berperan dalam gebrakan O’Hair pada putaran pertama The Tour Championship. Dua sahabat itu berlatih bersama sebelum turnamen dimulai. O’Hair melontarkan beberapa pertanyaan tentang memukul bola golf dengan baik. Woods memberikan beberapa nasihat dan tip. Mungkin hanya kebetulan, tetapi O’Hair berhasil mempraktikkannya di lapangan. Sementara ini, dia memimpin di puncak klasemen putaran pertama The Tour Championship yang digelar Jumat (25/9) WIB di East Lake, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. O’Hair unggul satu pukulan atas tiga pegolf lain di bawahnya, termasuk Woods. Skor empat di bawah par (70) menempatkan O’Hair di peringkat teratas. Diikuti Stewart Cink, Padraig Harrington, dan Woods. Enam birdie dan dua eagle dibukukan O’Hair dalam penampilan hari pertama. Di atas rumput kering dan panasnya matahari, pegolf Amerika itu menyisihkan lawan-lawannya. Berbekal arahan dari Woods. “Saya percaya dengan perkataannya. Dan itu menjadi kunci dari kemajuan pukulan saya. Mendapatkan nasihat dari pegolf seperti dia tentu sangat mengagumkan. Kami berkompetisi, tetapi apa yang dilakukannya dengan membantu saya menjadikan Woods lebih berkelas,” puji O’Hair. Sang penasihat sendiri mencetak skor tiga di bawah par berkat lima birdie dan dua eagle. Kendati untuk sementara kalah dari O’Hair, Woods tidak menyesalinya. “Sederhana, kamu akan selalu menolong teman-temanmu. Sean (O’Hair) adalah teman saya, dan seperti yang lain, kamu ingin membuat kehidupan mereka lebih baik. Sean berjuang keras di lapangan tahun ini sehingga saya memberikan bantuan supaya ada perubahan,” tutur Woods. Pegolf nomor satu dunia itu mengawali permainan kurang baik dengan bogey di lubang keenam dan kesembilan. Dia sempat tertinggal enam poin dari tiga pesaingnya. Beruntung cepat didekatinya. “Harus bersabar menghadapi lapangan ini karena keras. Sulit untuk menempatkan bola lebih dekat,” ucap Woods. Sulit dipercaya, lapangan golf East Lake begitu keras. Menjadikannya yang terkeras sepanjang tur tahun ini. Padahal beberapa pekan sebelum turnamen digelar, hujan turun. Kondisi ini juga dikeluhkan pegolf lain. Jika Woods harus menghadapinya dengan hasil awal start permainan kurang baik, lain halnya dengan Cink dan Harrington. Cink mencetak empat birdie di awal putaran, yakni di lubang dua dan tiga. Setelah itu dia mengulangnya di lubang tujuh dan sembilan. Kesalahan baru dilakukannya menjelang akhir pertandingan. Dua bogey dibuatnya di lubang 13 dan 16. Di antara itu masih sempat satu birdie dicetaknya di lubang 15.  Rtr/sin/S-2

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

7

Peluang Terbuka Lebar Sensasi Simon Santoso di Japan Super Series berlanjut. Di perempat final, dia menghempaskan rekan seniornya, Sony Dwi Kuncoro, untuk merebut satu tiket semifinal. JAK ARTA– Tim Bulu Tangkis Indonesia menempatkan perwakilannya di semifinal pada empat sektor Japan Super Series. Harapan membawa pulang gelar kian membubung dengan peluang dua All Indonesian Final di ganda putra dan ganda campuran. Hanya di tunggal putri pemain Indonesia tidak bersisa. Itu setelah Maria Kristin Yulianti langsung tumbang di babak pertama. Diikuti Adriyanti Firdasari di babak kedua meski sempat membuat kejutan dengan menyingkirkan peringkat satu dunia, Zhou Mi (Hong Kong). Perjalanan pendek Firda dan Maria Kristin berbeda dengan konsistensi rekan-rekannya di empat sektor lain. Seusai menggulingkan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei (Malaysia), kiprah Simon berlanjut dengan menyingkirkan rekan sesama Pelatnas, Sony Dwi Kuncoro, 21-17, 21-17, Jumat (25/9). Ini menjadi kemenangan pertama Simon atas rekannya itu di turnamen internasional. Terakhir Simon takluk di final Indonesia Super Series 2008. Namun, kali ini Sony yang lebih diunggulkan harus mengakui kelebihan lawan yang tengah di puncak performa itu. Meski di awal set pertama kerap tertinggal, Simon terus menempel sampai skor 8-8. Setelah itu dia berbalik memimpin 12-9, lalu 15-12. Namun, Sony selalu membuntuti hingga kedudukan sama, 15-15, sebelum disudahi melalui enam angka terakhir Simon. Di set kedua, kondisi tetap sama. Sony lebih dahulu mengendalikan permainan. Walau begitu, kesabaran Simon membantunya terus mengejar. Dia baru bisa melepaskan diri saat skor berubah 14-11. Namun, hingga kedudukan sama, 17-17, baru Simon leluasa menambah empat angka terakhir untuk memastikan tiket semifinal. “Saya sangat gembira untuk pertama kali mengalahkan dia. Sebab dia pemain sangat berpengalaman di Indonesia. Saya bisa mengontrol diri agar tampil tenang, sementara Sony mem-

buat banyak kesalahan. Itu yang menjadi kunci kemenangan saya,” papar Simon. Sony menilai pukulan tak terduga juniornya itu menamatkan ambisinya untuk mempertahankan gelar. “Dia mampu melakukan smes dari sudut yang tidak diduga. Dia bisa melakukan jenis pukulan apa pun. Itu yang menjadi senjatanya,” sebut Sony. Simon yang tahun lalu tertahan di babak kedua Japan Super Series, selanjutnya akan meladeni senior lainnya, Taufik Hidayat. Taufik melaju setelah membekuk Park Sung-hwan (Korsel), 12-21, 28-26, dan 21-15. “Saya ingin mengalahkannya karena kalah di semifinal dua tahun lalu. Ini merupakan salah satu turnamen paling penting Super Series. Jadi, saya berharap bisa m e langkah lebih j a u h ,” harap Simon. Kariernya yang dianggap sudah mentok diharapkan berubah seusai penampilan luar biasa di Jepang. Gelar terakhir Simon adalah Taiwan Grand Prix Gold 2008.

Cristobal Arreola (kiri), Vitali Klitschko

Di perempat final, Kido/ Hendra menghentikan perlawanan Hwang Ji-man/Shin Baek-cheol (Korsel), 21-13, 21-19. Yonathan/Rian melenggang dengan menekuk unggulan ketujuh dari Malaysia, Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari, 25-23, 16-21, 21-10. Sedangkan Alvent/ Hendra AG melumpuhkan Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark/4), 21-14, 22-20. Di ganda campuran, Indonesia menempatkan dua wakil, yakni Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Hendra AG/Vita Marissa. Nova/Liliyana melangkah dengan membekuk Ko Sung-hyun/Ha Jungeun (Korsel), 17-21, 21-7, 21-14. Lawan berikutnya menunggu Joachim Fischer Nielsen/Chr istinna Pedersen. Pasangan Denmark yang mereka kalahkan pada semifinal Kejuaraan Dunia lalu itu menyingkirkan ganda muda Indonesia, Devin Lahardi/Lita

Amankan Final Pertemuan Simon dan Taufik membuat satu tempat di final mutlak menjadi milik Indonesia. Sama halnya di ganda putra yang bahkan berpeluang menghadirkan All Indonesian Final. Tiga tempat semifinal menjadi milik Indonesia. Markis Kido/ Hendra Setiawan menghadapi ganda non-Pelatnas Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan. Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan diuji Howard B a c h / To n y Gunaw a n (Amerika).

Nurlita, 19-21, 21-9, 21-9. Jalan lebih ringan terbuka bagi Nova/Liliyana untuk mencapai hattrick final Japan Super Series. Harapan itu terbantu Hendra AG/Vita yang menyingkirkan juara dunia 2009, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl (Denmark/5), 21-18, 21-17. Hendra AG/ Vita diperkirakan melangkah ke final ketimbang lawannya di semifinal, Songphon Anugritaywon/ Kunchala Voravichitchaikul (Thailand). Sementara ganda putri Nitya Krishinda Maheswari/ Greysia Polii melangkah dengan menundukkan Kanako Konishi/Sayaka Takahashi (Jepang), 21-10, 21-17. Sedangkan Shendy Puspita Irawati/Meiliana Jauhari disingkirkan ganda Jepang lainnya Miyuki Ma e d a / Sat o k o Suetsuna, 21-19, 21-10.  AFP/Ant/ sin/S-2 Komentar/saran/ kritik berita ini via e-mail: redaksi @koranjakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

Simon Santoso

Mendung “Crash-Gate” Selimuti Singapura

S

Fernando Alonso AFP/ROSLAN RAHMAN

“crash-gate” Renault. Setahun berlalu, Alonso bersama timnya kembali ke tanah Asia Tenggara itu. Datang lagi dikepung suasana berbeda. Pangkalnya kemenangan dia. Dulu disambut gembira, sedangkan saat ini berganti luka. Di hadapan para jurnalis, Alonso mengungkapkan kondisi tim sudah normal. Mereka sudah melupakan skandal memalukan itu dan memilih untuk menatap ke depan. “Saya senang karena semua sudah jelas. Dan saya tidak terlibat di dalamnya. Tim telah menjalani waktu sulit, tetapi itu masa lalu. Kami melupakannya dan melangkah ke depan. Konsentrasi pada balapan pekan ini, termasuk berikutnya di Jepang. Kehidupan terus berjalan, jadi sekarang waktunya meraih hasil lagi,” ungkap Alonso seperti dilansir Autosport, Jumat (25/9). Kendati juara dunia dua kali itu mengakui semuanya kembali normal, bukan berarti efek negatif konspirasi Flavio Briatore, Pat Symonds, dan Nelson Piquet Jr berhenti. Dua sponsor Renault, ING dan Mutua Madrilena, mengumumkan pemutusan kontrak. ING, perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Be-

Butuh Dukungan LOS ANGELES – Kendati bertanding di negeri sendiri, Cristobal Arreola tidak terlalu yakin bakal mendapatkan dukungan penuh dari penonton kala menghadapi petinju kelas berat asal Ukraina, Vitali Klitschko. Rencananya, pertarungan kelas berat versi badan tinju dunia WBC itu digelar di kampung halaman Arreola, Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (26/9) waktu setempat. “Satu hal yang saya rasakan saat ini, saya dipandang sebelah mata,” ungkap Arreola yang dikenal memiliki pukulan keras saat konferensi pers di Los Angeles, Jumat (25/9). “Saya merasa banyak kalangan menilai ini hanya pertandingan enteng. (Tetapi) saya akan memenangi laga ini. Saatnya terjadi perubahan pemenang, dan kali ini akan menjadi milik saya,” tambah petinju berusia 28 tahun itu. Arreola sendiri bukanlah petinju kacangan. Sepanjang kariernya, dia sudah bertanding 27 kali dengan hasil positif. Bahkan 24 di antaranya diakhiri dengan kemenangan knockouts (KO). Dan jika Arreola memenangi laga ini, dia akan menjadi petinju keturunan Meksiko pertama yang menjuarai kelas berat. Karena itu, petinju yang dijuluki “Nightmare” (mimpi buruk) tersebut tidak gentar dengan nama besar Klitschko. Dengan sederet pencapaiannya, Arreola pun optimistis bisa mengalahkan Klitschko. Selain itu, dia termotivasi untuk membuat sejarah. “Menjadi orang Meksiko pertama yang menjuarai kelas berat merupakan kebanggaan. Itu sangat berarti bagi saya,” tutur dia. “Saya akan membawa emosi semua orang sebagai alat guna menekan dia serta meraih gelar dirayakan rakyat Meksiko dan warga Meksiko di Amerika. Itu tujuan utama saya.” Sementara itu, bagi Klitschko, Los Angeles tak ubahnya seperti kampung halamannya kala menikmati momen menarik di Staples Center pada 21 Juni 2003 menghadapi petinju Inggris, Lennox Lewis. Kendati mendominasi pertandingan, luka di matanya membuat petinju berusia 38 tahun itu mengundurkan diri. Itu merupakan kekalahan kedua Klitschko setelah sebelumnya mundur saat melawan Chris Byrd di Berlin, 1 April 2000. “Kali ini setiap orang boleh saja mengatakan saya tidak percaya lagi kepada kamu. Tetapi akan saya tunjukkan bagaimana kekuatan dan kecepatan gerakan saya,” kata kakak Wladimir Klitschko itu. Pada pertandingan sebelumnya, Maret lalu, Klitschko sukses mempertahankan gelar WBC ketika mengalahkan petinju Kuba, Juan Carlos Gomez, dengan TKO pada ronde kesembilan.  Rtr/mef/S-1

Batal Hadir di Tokyo

AFP/KAZUHIRO NOGI

ejumlah media mengerubuti Fernando Alonso di Singapura pada hari latihan kemarin. Benar saja, pebalap Spanyol itu masih diburu terkait skandal

REUTERS/DANNY MOLOSHOK

landa, sejatinya memang akan meninggalkan Renault akhir musim ini. Pada 16 Februari lalu, mereka mengonfirmasi tak akan memperpanjang kontrak yang diikat tiga tahun sejak 2007. Namun tahun ini dipercepat dengan menanggalkan logonya di mobil R29. Sedangkan aktivitas beriklan untuk Renault tetap berjalan hingga akhir tahun. Langkah ING diikuti Mutua Madrilena. Namun perusahaan asuransi asal Spanyol itu tetap mensponsori Alonso. Segera setelah pemutusan kontrak yang diumumkan Kamis (24/9), logo dua perusahaan itu langsung hilang dari Renault, termasuk pada bodi mobil dalam sesi latihan. Masih terkait kasus Renault, Briatore mengundang segelintir jurnalis Italia untuk menyebarluaskan seruan ancaman pembalasan. Belum jelas apa bentuknya, namun Briatore bakal menyerang balik para pengkhianatnya. “Saya telah dikhianati dunia saya sendiri. Namun pada akhirnya saya akan menang. Lihat saja, akan ada pesta dengan mengundang mereka yang tetap bersama saya melewati masa sulit ini,” seru Briatore. Kasus menggemparkan Renault ditengarai juga

berpengaruh pada masa depan Alonso. Meski belum mau membocorkan tim mana yang dituju, dia mengaku sudah menandatangani kontrak untuk 2010. “Saya sudah memutuskan. Semoga saya segera mengetahuinya,” ucap Alonso. Desas-desus selama ini menyebutkan dia akan berlabuh di Ferrari menggusur Kimi Raikkonen. Jika begitu, pebalap Finlandia tersebut kemungkinan besar kembali ke McLaren Mercedes. Atau malah diperebutkan Renault, Williams, serta Brawn GP. Sementara itu, cerita Renault terulang pada sesi latihan pertama kemarin. Kebetulan sekali, pebalap kedua Renault, Romain Grosjean, mengalami kecelakaan di tikungan 17. Tikungan sama yang menjadi tempat terjadinya insiden tabrakan sengaja Piquet di balapan Singapura tahun lalu. Grosjean tidak mampu mengendalikan mobilnya setelah bagian belakang mobil menabrak tembok pembatas, lalu melintir di lintasan. Pada latihan pertama kemarin, Sebastian Vettel (Red Bull) menjadi yang tercepat disusul Alonso dan Heikki Kovalainen (McLaren Mercedes).  hyacintha bonafacia/S-2

LONDON – Untuk mendapatkan waktu istirahat lebih panjang, petenis nomor satu dunia, Roger Federer, memutuskan menarik diri dari sejumlah turnamen yang digelar di beberapa negara Asia. Sebelumnya, Federer memang bakal mengikuti Jepang Terbuka yang dimulai 5 Oktober, dilanjutkan dengan Shanghai Masters (12/10). “Saya sangat kecewa karena terpaksa menarik diri dari Tokyo dan Shanghai, padahal dua tempat itu merupakan kota-kota favorit saya, dan penggemar di sana juga selalu menyambut saya,” ucap Federer dalam website pribadinya seperti dilansir Reuters, Jumat (25/9). “Setelah berkonsultasi dengan dokter dan tim, saya harus mengambil keputusan berat untuk membatalkan keikutsertaan saya dari dua turnamen tersebut. Dengan begitu, saya bisa memberikan kesempatan kepada tubuh saya untuk beristirahat sehingga bisa melakukan perbaikan fisik secara penuh.” Rencananya, setelah dua turnamen tersebut, petenis kelahiran 8 Agustus 1981 itu bakal mengikuti tiga turnamen lagi sepanjang November, yakni Davidoff Swiss Indoors (2/11) yang digelar di tanah kelahirannya, Basel, BNP Paribas Masters (9/11) di Paris, dan Barclays ATP World Tour Finals (23/11) di London. Pada tahun ini, petenis yang dijuluki Swiss Maestro itu sempat terkendala cedera bahu yang menderanya sejak akhir 2008. Setelah dikalahkan Rafael Nadal di final Australia Terbuka awal 2009, Federer batal mengikuti beberapa turnamen, termasuk rencana memperkuat tim Piala Davis Swiss menghadapi Amerika (3/6). Saat itu, dia menyatakan membutuhkan istirahat untuk memulihkan cederanya sehingga bisa tampil lebih maksimal di sisa musim ini. Persoalan cedera juga mengantui Nadal, yang selama ini menjadi pesaing terberat Federer sehingga petenis nomor dua dunia asal Spanyol itu kehilangan beberapa turnamen penting, seperti Wimbledon. Cedera di kedua lututnyaa itu didapat Nadal setelah dikalahkan Robin Soderling (Swedia) di putaran keempat Prancis Terbuka.  mef/S-1

Roger Federer REUTERSALESSANDRO BIANCHI


KORAN JAKARTA

8

SPORT

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

Atletico dalam Bahaya Besar VALENCIA – Atletico Madrid dalam bahaya saat bertandang ke Stadion Mestala, Sabtu (26/9). Bila kalah, kemungkinan besar pelatih Abel Resino bakal tergusur. Bahkan, berkembang isu bahwa mantan pelatih AS Roma, Luciano Spalletti, bakal menggantikannya. Hingga pekan keempat La Liga, Atletico belum mampu beranjak dari posisi kedua dasar klasemen karena belum pernah menang dan hanya meraih dua kali seri. Kemenangan atas AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Valencia bakal menye- David Villa lamatkan kursi pelatih Abel Resino di Atletico. Meskipun demikian, Resino menepis kekhawatiran bakal tergusur dari kursi pelatih. “Saya santai dan tidak merasa ditekan. Saya tetap akan terus bekerja bersama tim dan mencari solusi agar tim ini keluar dari zona degradasi. Kemenangan atas Valencia dapat mengubah segalanya,” kata Resino. Di kubu Valencia, kekalahan 1-3 atas Getafe pada Rabu (23/9) merupakan kekalahan pertama di awal musim ini. Akibatnya, mereka kini terpaut lima poin dari pemuncak klasemen, Barcelona, yang mengantongi poin 12. Valencia kini bercokol di posisi keenam dengan poin 7. Striker Valencia, David Villa, yang telah menciptakan lima gol dan mencatatkan namanya sebagai top scorer sementara bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, sebelumnya, mengkritik permainan timnya ke media. Hal ini membuat kubu Valencia memanas sehingga mengharuskan pelatih Unai Emery turun tangan. “Saya sudah berbicara dengan Villa, dan sudah tak ada masalah dan kita sudah berdiskusi secara internal menyangkut semua hal,” ujar Emery. Emery yakin di pertandingan melawan Atletico nanti anak-anak asuhnya mampu meraih hasil sempurna dan bersaing di papan atas La Liga. Terlebih, calon lawannya itu mengalami masa terburuknya karena belum pernah meraih kemenangan. Sementara itu, Real Madrid dan Barcelona bakal bersaing ketat untuk mempertahankan puncak klasemen. Setelah mengalahkan Malaga 4-1, “Barca” bertandang ke markas Racing Santander, dan Madrid akan menjamu Tenerife di Santiago Bernabeu, Sabtu.  Rtr/anz/S-1

HASIL

Beban Berat Inter

Steven Gerrard AFP/ANDREW YATES

Inter Milan bertandang ke kadang Sampdoria dengan beban berat. Selain membawa misi harus menang untuk mengamankan posisi puncak, “Il Samp” bukanlah lawan sembarangan. GENOA – Laga tandang ke Stadion Comunale Luigi Ferraris, Genova, Sabtu (26/9), bakal menjadi ujian serius kesolidan juara bertahan Inter Milan di pekan ini. Sampdoria yang sempat membuat kejutan dengan bertengger di puncak klasemen hingga pertengahan pekan, sebelum kalah 0-2 melawan Fiorentina, diyakini bakal menjadi lawan sepadan Inter yang kini berada di puncak klasemen setelah menekuk Napoli 3-1. Inter kini kembali menunjukkan kualitasnya sebagai juara bertahan setelah di laga pembuka tampil mengecewakan karena hanya bermain imbang dengan tim yang baru promosi, Bari, dengan skor 0-0. Di laga melawan “Il Samp” nanti, skuad Inter sudah akan ditemani sang allenatore, Jose Mourinho, di pinggir lapangan. Di laga melawan Napoli, Mourinho dilarang berada di pinggir lapangan karena melakukan protes keras saat laga melawan Cagliari pekan lalu. Kembalinya Mourinho tentu akan memompa motivasi Samuel Eto’o dan kawankawan di laga penting di giornota keenam ini. Setelah meraih kemenangan 3-1 atas Napoli di Giuseppe Meazza dua hari lalu, Inter kini merasakan manisnya takhta puncak klasemen dengan torehan poin 13. Sudah barang tentu apa yang mereka dapat di pekan kelima kemarin tetap akan dipertahankan mati-

matian. Direktur Teknik Inter Marco Branca mengungkapkan menghadapi Sampdoria, anak-anak “Nerazzurri” bakal menerapkan permainan dari kaki ke kaki seperti saat melawan Napoli kemarin. “Kami harus menguasai permainan untuk memenangi laga nanti. Kami harus langsung mengontrol pertandingan,” ujarnya kepada eurosport. Untuk duet lini depan, Inter tetap akan mengandalkan ketajaman Diego Milito dan Samuel Eto’o yang mulai menunjukkan tajinya sebagai pengganti dominasi Zlatan Ibrahimovic. Dalam enam kali pertemuan dengan “Il Samp” di Seri A sejak 2007, Inter menang tiga kali dan seri tiga kali. Sementara di Copa Italia, Inter dua kali menang dan satu kali menelan kekalahan. Di kubu Sampdoria, kekalahan dari Fiorentina 2-0 di Stadio Artemio Franchi

telah memukul mental Antonio Cassano dan kawankawan karena mereka harus rela tergusur dari puncak klasemen ke urutan ketiga. Padahal, di empat laga sebelumnya, mereka selalu sukses meraih poin penuh. Hal ini kemudian menimbulkan kekecewaan bagi striker Sampdoria, Giampaolo Pazzini. Pazzini berharap rekan-rekannya kembali menampilkan permainan terbaiknya di laga melawan Inter nanti malam. “Kami bermain bagus awalnya, menampilkan permainan luar biasa, tapi jelas kemarin (Kamis) kami memainkan itu tidak seperti empat pertandingan sebelumnya,” kata Pazzini. Pelatih “Il Samp” Luigi Del Neri berjanji anak-anak asuhnya akan memberikan pelajaran bagi pasukan Mourinho saat berlaga di Luigi Ferraris. Kemenangan menjadi harga mati untuk mengamankan posisi mereka di papan atas. Untuk mewujudkan ambisi itu, Del Neri meminta Cassano dan kawan-kawan tetap konsentrasi penuh selama pertandingan, menunjukkan permainan terbaiknya, dan tidak mengulangi kesalahan seperti saat melawan Fiorentina. ”Ini

akan menjadi pertandingan yang berat karena kita membutuhkan konsentrasi penuh selama pertandingan,” kata Del Neri. Meskipun demikian, dia yakin anak-anak asuhnya bakal memperoleh hasil maksimal di pertandingan nanti. “Hasil buruk melawan ‘La Viola’ harus segera dilupakan untuk kembali ke jalur awal dan meraih hasil sempurna seperti di empat laga di awal musim,” ujarnya. Menurut dia, Inter sendiri bukan tanpa beban setelah memuncaki klasemen. Walaupun pelatih mereka, Mourinho, telah kembali ke pinggir lapangan, keharusan menang justru membebani mereka. Terlebih, saat ini Juventus terus menguntit di posisi kedua dalam perburuan gelar Liga Seri A Italia karena hanya unggul dalam selisih gol. Bermain Imbang “Nyonya Tua” gagal menggusur Inter Milan sebagai penguasa puncak klasemen setelah hanya bermain imbang 2-2 saat bertandang ke Markas Genoa Stadion Comunale Luigi Ferraris, Genova. Hasil imbang ini disesalkan sejumlah pemain Juventus karena mereka harus tercecer dari juara bertahan Inter. Tambahan satu angka itu tak cukup untuk menggusur Inter yang bercokol di puncak klasemen. Bagi Genoa, tambahan satu angka dari laga lawan Juve membuat mereka merangsek ke posisi empat besar dengan poin 10, unggul atas Fiorentina dan Parma yang berada di posisi kelima dan keenam.  anz/S-1 Komentar/saran/ kritik berita ini via e-mail: redaksi @koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

LIGA SPANYOL Jumat (25/9) Sporting Gijon

1

vs

1

Real Zaragoza

KLASEMEN LIGA SPANYOL No Klub

M

M

S

K

SG

N

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4

4 4 3 3 2 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0

0 0 0 0 1 1 0 0 0 0 2 2 1 1 1 1 0 2 2 0

0 0 1 1 1 1 2 2 2 2 1 1 2 2 2 2 3 2 2 4

14-3 13-2 8-3 9 5-3 7-3 9-7 8-6 7-5 5-7 3-6 3-3 4-6 5-7 4-6 4-7 5-10 5-5 4-7 5-11 0-11

12 12 9 9 7 7 6 6 6 6 5 5 4 4 4 4 3 2 2 0

Barcelona Real Madrid Sevilla Athletic Bilbao Real Mallorca Valencia Deportivo Getafe Espanyol Tenerife Almeria Sporting Gijon Real Valladolid Osasuna Real Zaragoza Racing San Malaga Villarreal Atl Madrid Xerez

LIGA ITALIA Jumat (25/9) Genoa

2

vs

2

AMANKAN POSISI PUNCAK I Pemain Inter Milan asal Argentina, Diego Milito merayakan golnya ke gawang Napoli di Giuseppe Meazza, kemarin. Kemenangan 3-1 atas Napoli membuat Inter memuncaki klasemen. Namun, posisi mereka bakal digoyang saat bertandang ke Sampdoria malam ini.

Juventus AFP/GIUSEPPE CACACE

KLASEMEN LIGA ITALIA No Klub

M

M

S

K

SG

N

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5

4 4 4 3 3 3 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 1 0 0 0

1 1 0 1 1 1 2 1 1 1 1 3 2 2 1 1 1 2 2 1

0 0 1 1 1 1 1 2 2 2 2 1 2 2 3 3 3 3 3 4

12-3 10-3 10-5 11-8 6-4 7-6 8-7 5-6 6-4 11-11 3-6 6-4 3-4 6-7 6-9 3-6 6-10 5-9 1-7 1-7

13 13 12 10 10 10 8 7 7 7 7 6 5 5 4 4 4 2 2 1

Inter Milan Juventus Sampdoria Genoa Fiorentina Parma Udinese Lazio Chievo AS Roma AC Milan Bari Bologna Palermo Siena Cagliari Napoli Catania Livorno Atalanta

LIGA ITALIA SABTU (26/9) Sampdoria Livorno

vs vs

Inter Milan Fiorentina

LIGA INGGRIS SABTU (26/9) Portsmouth Birmingham C Blackburn R Liverpool Stoke C Tottenham H Wigan Athletic Fulham

vs vs vs vs vs vs vs vs

Everton Bolton W Aston Villa Hull C Manchester U Burnley Chelsea Arsenal

LIGA SPANYOL SABTU (26/9) Athletic Bilbao Real Madrid Malaga Valencia

8-SPORT.indd 1

vs vs vs vs

Sevilla Tenerife Barcelona Atletico Madrid

Waspadai “The Tigers” LIVERPOOL – Berbekal enam kemenangan beruntun di berbagai ajang, baik di Liga Primer, Piala Liga, maupun Liga Champions UEFA, Liverpool optimistis mampu melanjutkan kemenangan di pekan ketujuh Liga Primer Inggris. Terlebih, Sabtu (26/9) ini, “The Reds” yang berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 12 hanya akan menjamu peringkat bawah Hull City di Anfield. Penyerang Liverpool, Dirk Kuyt, tetap meminta rekan-rekannya waspada dan tak menganggap remeh ”The Tigers”. “Saya yakin Hull adalah tim yang bagus, tetapi kita juga harus melihat kekuatan kita sendiri dan kita harus percaya bahwa kami dapat mengalahkan mereka. Kita harus fokus pada diri kita sendiri dan menghormati lawan,” ujar Kuyt seperti dilansir eurosport, Jumat (25/9). Menurut pemain asal Belanda ini, dua kali kekalahan “The Reds” di awal musim saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur 2-1 di pekan pertama serta menyerah atas Aston Villa 1-3 di pekan ketiga harus menjadi pelajaran berharga bagi timnya. “Kami tidak memulai liga dengan baik dan telah kehilangan dua kali. Tapi kita sekarang mulai untuk memenangi beberapa pertandingan secara berturut-turut, dan kami ingin terus, dimulai dengan Hull pada Sabtu ini,” tambahnya. Hal sama diungkapkan jangkar Liverpool, Steven Gerrard. Dia meminta rekanrekannya tetap fokus dan tidak menganggap remeh calon lawannya. Hal iu penting demi melanjutkan kemenangan di pekan ketujuh. Bagi skuad asuhan Phil Brown, menghadapi salah satu raksasa Inggris justru akan memotivasi “The Tigers”. Anak-anak asuh Phil Brown jelas tak ingin menderita kekalahan keempat secara beruntun setelah di tiga pertandingan sebelumnya takluk atas Everton 0-4 di Piala Liga, menyerah 0-1 atas Birmingham, serta dipermalukan 4-1 oleh Sunderland. Dari catatan sejarah pertemuan kedua tim musim lalu, Hull takluk 1-3 saat main di kandang oleh gol Xabi Alonso dan dua gol Dirk Kuyt. Namun, saat bertandang di Anfield, mereka mampu bermain imbang 2-2. Diperkuat Drogba Sementara itu, Manchester United (MU) yang akan bertandang ke Stoke City berharap meraih poin penuh untuk mempersempit jarak dengan pemimpin klasemen sementara Chelsea yang telah mengoleksi 18 poin. Saat ini MU berada di posisi kedua dengan mengoleksi 15 poin. Pemuncak klasemen, “The Blues” Chelsea, bakal bertandang ke rumah Wigan Athletic di Stadion DW. Pelatih Carlo Ancelotti bisa bernapas lega di laga ini karena beberapa pemain pilarnya telah pulih dari cedera. Didier Drogba dan Joe Cole dipastikan dalam kondisi fit untuk menambah daya gedor lini depan Chelsea. Anggota “Big Four” lainnya, Arsenal, juga akan bertandang ke Craven Cottage, kandang Fulham. Anak asuh Arsene Wenger ini tentu tidak ingin mengulang dua kekalahan sebelumnya dari MU dan Manchester City di Liga Primer pekan keempat dan kelima lalu. ”The Gunners” sebenarnya telah bangkit dan melupakan kenangan pahit setelah ditekuk dua tim sekota itu dengan melumat Standard Liege (Belgia) 3-2. Selain itu, menghentikan langkah Wigan Athletic 4-0 saat bertandang ke Stadion Emirates dan menekuk West Bromwich Albion 2-0 di Piala Liga.  anz/S-1

Talenta Muda yang Segera Bersinar

P

usat perhatian pencari bakat dan pencinta sepak bola kini tertuju ke belahan Afrika, tepatnya Mesir. Di negara yang mayoritas penduduknya umat Islam ini, gegap gempita ajang sepak bola terakbar di dunia untuk usia di bawah 20 tahun digelar. Sebanyak 24 negara ambil bagian di ajang yang secara resmi telah dibuka pada Kamis (24/9) kemarin. Pergelaran ini sedianya akan berlangsung hingga 16 Oktober 2009 mendatang. Di Grup A, tuan rumah mesir memuncaki klasemen sementara setelah menang melawan Trinidad dan Tobago dengan skor 4-1. Di grup ini, selain Mesir dan Trinidad, diisi Paraguay dan Italia. Di Grup B, Spanyol dan Nigeria diunggulkan bakal melenggang ke fase berikutnya karena dua negara lainnya, Tahiti dan Venezuela, kelasnya dianggap masih berada di bawah kedua negara tersebut. Grup C dihuni Amerika, Kamerun, Republik Korea, dan Jerman. Di Grup D ada Ghana, Uzbekistan, Inggris, dan Uruguay.

Grup E diisi Brasil, Australia, Kosta Rika, dan Republik Ceko. Grup F dihuni Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Honduras, dan Hungaria. Pesta empat tahunan ini, selain menjadi ajang prestisius untuk mengangkat nama besar negara, menjadi ajang pembuktian talenta-talenta muda yang segera bersinar di berbagai kompetisi sepak bola di penjuru dunia. Sejarah telah mencatat beberapa nama pemain bintang yang kini bermain di berbagai kompetisi Eropa pernah berlaga di turnamen yang lebih dikenal dengan sebutan FIFA World Youth Championship ini. Sebut saja nama-nama Sergio Kun Aguero (2005-2007) yang kini memperkuat Athletico Madrid, Javier Saviola (2001) yang saat ini membela Benfica, dan Lionel Messi (2205) yang kini memperkuat Barcelona dan baru saja menyandang gelar sebagai pemain klub serta pemain depan terbaik Eropa 2009. Nama-nama lainnya yang lebih dulu tenar melalui turnamen yang diikuiti perwakilan Asia (AFC), Afrika (CAF), Amerika Utara, Karibia (CONCACAF), Amerika

Selatan (CONMEBOL), Oseania (OFC) dan Eropa (UEFA) ini ialah pemain Brasil sekelas Bebeto, Dunga, Claudio Taffarel, Roberto Carlos, Denilson, Ronaldinho, Kaka, Adriano, Julio Baptista, Daniel Alves, dan Alexandre Pato yang kini bermain di AC Milan. Kini, semuanya diserahkan ke tangan-tangan muda seperti penyerang tim nasional Inggris, Febian Earlston Brandy. Pesepak bola kelahiran 4 Februari 1989, di Manchester, itu merupakan salah satu pemain MU yang dipinjamkan ke klub Hereford United, New Hampton, Inggris, dan telah menciptakan empat gol dalam 15 pertandingan. Brandy memulai kiprahnya bersama MU saat berhadapan dengan Liverpool di ajang FA Youth Cup 2007. Selanjutnya dia membawa klubnya itu menjuarai ajang tersebut setelah di babak final mengalahkan Juventus. Dia menjalani debut internasionalnya saat membela timnas Inggris ketika menghadapi Montenegro, 11 Agustus 2009, dan mencetak dua gol untuk ke-

menangan Inggris 5-0. “Ajang ini sangat penting bagi masa depan karierku,” ujarnya kepada situs resmi FIFA, kemarin. Selain Brandy, nama yang diperkirakan bakal menjadi bintang ialah pemain berbakat Spanyol, Daniel ”Dani”Parejo Muno. Pesepak bola kelahiran 16 April 1989 di Coslada, Madrid, itu kini juga membela Getafe sebagai penyerang tengah. Di skuad Brasil, pemain yang diperkirakan akan bersinar ialah Leonardo Rodriguez Pereira. Pemain kelahiran Vila Velha pada 1987 itu kini memperkuat Aek Athens. Dia menyandang nomor punggung 9 ketika memulai kariernya di Desportiva (2003-2005), Thrasyvoulos (2205-2007), Levadiakos (2207-2009), dan Aek Athens (2009). Sementara itu, di skuad Italia, pemain yang diperkirakan akan bersinar ialah Fabio Sciacca yang kini membela Catania. Pemuda kelahiran Catania, Italia, 16 Mei 1989, itu bahkan dipercaya menjadi kapten timnas Italia U-19.  anzar rasyid/S-1

Febian Earlston Brandy WWW.SCFC.CO.UK WWW.

9/25/09 10:29:15 PM


KORAN JAKARTA

IHSG

DOW JONES

EKONOMI HANGSENG

DOLLAR AS

®

EURO

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

25 September 2009

MINYAK

EMAS

-0,99%

-0,42%

-0,13%

-0,67%

-0,09%

0,47%

-0,26%

2.444,58

9.707,44

21.024,40

Rp9.709 per Dollar AS

Rp14.222 per Euro

66,20 dollar AS per barel

996,30 dollar AS per Toz

*Hingga 24/9

9

*Hingga pukul 19.00 WIB

*Hingga pukul 19.00 WIB

» Likuiditas Naik

10 SAHAM MARGIN TERAKTIF 25 SEPTEMBER

Kode

Volume

BUMI

190.077.000

Frek 5.544

Penutupan 3.300

INCO

25.384.500

2.436

4.175

BNBR

288.676.500

1.639

132

LPKR

73.489.500

1.506

690

BMRI

16.575.000

1.439

4.525

BBCA

11.543.000

1.005

4.575

TLKM

10.364.000

999

8.650

PGAS

11.911.500

967

3.625

UNSP

28.285.000

935

880

INDF

15.191.000

898

2.925

Seorang na» sabah melewati deretan mesin ATM di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Rabu (23/9). Bank Indonesia mengumumkan likuiditas yang tersedia di pasar uang domestik naik 144,86 persen menjadi 59,961 triliun rupiah dibanding posisi likuiditas 18 September 2009 sebesar 24,487 triliun rupiah.

SUMBER: BEI

Indo Tambang Tertekan Harga Batu Bara 25.500

Saham ITMG

24.500

23.500

Rp23.800 25

1

8

15

25

AGT

SEP KORAN JAKARTA/BRAM SELO AGUNG

JAKARTA – Kinerja saham sektor pertambangan mengalami koreksi pada perdagangan akhir pekan. Investor terpengaruh oleh penurunan permintaan batu bara dunia yang menyebabkan harga batu bara dunia turun. Salah satu saham yang mengalami tekanan pada perdagangan kemarin adalah milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Investor sudah mulai merasa harga saham emiten ini mahal atau premium. “Kalau dilihat tren ke depan, volume perdagangan akan mengecil selain momentum perdagangan juga melemah. Ada kemungkinan harga saham Indo Tambangraya masih akan terkoreksi,” ujar analis Asia Securities, Widhi Indratmo, di Jakarta, Jumat (25/9). Analis menjelaskan secara teknikal pergerakan harga saham ini masih berpotensi terkoreksi hingga level support 23.050 rupiah. Untuk itu, rekomendasi bagi transaksi harian investor disarankan untuk menjual saham ini. Meski demikian, untuk jangka panjang, investor harus tetap memperhatikan perkembangan ekonomi dunia. Perbaikan ekonomi global 2010 diperkirakan akan mendorong peningkatan permintaan batu bara dunia. Dengan demikian harga saham Indo Tambangraya diprediksi bisa menyentuh level harga 30.500 rupiah. Indo Tambangraya adalah anak perusahaan Banpu Plc, produsen batu bara terbesar di Thailand. Indo Tambangraya juga disebut-sebut salah satu yang berniat mengakuisisi mayoritas saham PT Berau Coal, produsen batu bara terbesar kelima di Indonesia. Namun, belum ada informasi resmi dari perseroan mengenai kabar tersebut. Indo Tambang menargetkan volume penjualan batu bara hingga akhir tahun ini naik 13,2 persen menjadi 20,5 juta metrik ton (MT) dibandingkan penjualan 2008 sebanyak 18,1 juta ton. Selama enam bulan pertama 2009, kinerja perseroan masih positif. Laba bersih perseroan meningkat 129 persen menjadi 159 juta dollar dibanding periode yang sama 2008. Hingga akhir tahun, laba bersih perseroan diperkirakan akan meningkat 52 persen menjadi 308 juta dollar AS. Pada perdagangan kemarin, harga saham berkode ITMG tersebut terkoreksi 1,65 persen menjadi 23.800 rupiah. Frekuensi perdagangan mencapai 706 kali, sementara volume perdagangan tercatat mencapai 1,49 juta lembar senilai 35,61 miliar rupiah.  hps/E-8

STATISTIK Kurs Transaksi BI (Rp) Mata Uang

Kurs Jual

Kurs Beli

8.436,77

8.348,17

88,60

Euro

14.295,47

14.148,04

147,43

Pound Inggris

15.550,35

15.390,31

160,04

Dollar Hong Kong

1.259,03

1.246,31

12,72

Yen Jepang (100)

10.760,92

10.649,32

111,60

Ringgit Malaysia

2.808,46

2.777,86

30,60

205,95

203,84

2,11

6.883,95

6.807,61

76,34

290,16

286,82

3,34

9.758,00

9.660,00

98,00

Dollar Australia

Peso Filipina Dollar Singapura Baht Thailand Dollar AS SUMBER: BANK INDONESIA

^ Spread

25 September 2009

Bursa Global Indeks IHSG Jakarta Frankfurt Dax Index* Hang Seng Index Singapore Strait Times KL Composite Index Tokyo Nikkei 225

24-Sep

25-Sep

^%

2.468,90

2.444,58

-0,99

5.605,21

5.604,85

-0,01

21.050,73 21.024,40

-0,13

2.667,43

2.662,82

-0,17

1.218,06

1.217,39

-0,06

10.544,22 10.265,98

-2,64

Shanghai SE A Index

2.994,48

2.978,98

Philipine SE Index

2.837,34

2.821,34

-0,56

Stock Exchange of Thai

728,54

721,57

-0,96

Dow Jones Ind Average**

9.748,55

9.707,44

-0,42

SUMBER: BLOOMBERG

*Hingga jam 19.00

-0,52

**Hingga 24/9 dan 23/9

KTT G20 I Agenda China Mempertanyakan Dollar AS Sulit Diterima

Pengawasan Buruk Pemicu Krisis Lemahnya pengawasan bank sentral menciptakan kerentanan finansial yang menyumbang krisis. PITTSBURGH – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok Ekonomi G20 menyatakan pengawasan bank sentral yang buruk sebagai pemicu krisis finansial yang bisa menjalar secara global. Amerika Serikat menyatakan agenda utama dalam KTT adalah merumuskan perubahan regulasi sistem keuangan. Para kepala negara G20 menyatakan akan menerapkan aturan baru untuk memperbaiki sistem perbankan pada 2012. “Buruknya regulasi dan pengawasan bank sentral, ditambah sikap tak bertanggung jawab bank, menciptakan kerentanan finansial yang menyumbang pada krisis,” sebut draf pernyataan G20 yang dikeluarkan Jumat (25/9) waktu Jakarta. Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan saat ini, risiko di sektor keuangan sa-

ngat nyata. “Di sisi lain, regulasi tidak mampu mengikuti perkembangan sektor finansial. Konsekuensi dari kegagalan regulasi akan dirasakan secara global,” tegas dia. Jerman dan Perancis sepakat dengan agenda yang dilontarkan AS. Namun, Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan perlu ada kebijakan spesifik untuk mengontrol perilaku pelaku sektor keuangan. Jerman dan Prancis menginginkan adanya pembatasan yang tegas mengenai gaji dan bonus para bankir. “Bonus yang besar akan membuat bankir selalu ingin mengambil risiko, yang pada gilirannya akan menciptakan krisis di masa mendatang,” tegas Merkel. Jepang juga sepakat dengan agenda pengetatan regulasi di sektor keuangan. “Kami

ingin berperan dalan menyusun perangkat global untuk meredam pengambilan risiko yang terlalu eksesif,” kata Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama. Inggris, yang awalnya kurang memprioritaskan perubahan regulasi sektor keuangan, mulai melunak. “Kami yakin, G20 mampu meredam prakrtik pemberian bonus yang berlebihan. Masa-masa pesta para bankir sudah berakhir,” ujar Menteri Keuangan Inggris Alstair Darling.

Ketergantungan Dollar China membawa isu yang mempertanyakan status dollas AS sebagai mata uang global. “Ketergantungan terhadap satu mata uang sangat rentan. Nilai tukar dollar AS yang dalam tren melemah akan membuat investasi dalam mata uang tersebut semakin tidak menguntungkan,” papar Gubernur Bank Sentral China (Xie Duo) Zhou Xiaochuan di saat sidang membahas keseimbangan baru ekonomi global. Alasan China mengedepankan agenda itu terkait dengan ca-

dangan devisa mereka. Dari dua triliun dollar AS cadangan devisa China, 800 miliar dollar AS dalam bentuk obligasi dan surat berharga terbitan AS. Pemerintah AS, kata dia, harus mempertimbangkan peran dollar AS sebagai cadangan devisa global ketika menyusun kebijakan fiskalnya. “Kami terusmenerus menekankan kepada pemerintah AS mereka tidak hanya merangkul kebijakan kurs domestik, tapi juga peran (dollar AS) sebagai patokan cadangan devisa internasional. Seharusnya menjaga dua dimensi kebijakan itu,” kata Xie. Namun sepertinya agenda China tersebut akan sulit diterima. “Nilai tukar dollar AS yang kuat sangat penting bagi kami. Akan ada langkah untuk menjaganya,” tegas Geithner. Agenda lain yang juga dikedepankan adalah kelanjutan stimulus fiskal. Beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan China sepertinya akan mulai mengurangi dana stimulus fiskal untuk 2010. Namun beberapa negara,

berkembang, menyatakan langkah mengurangi stimulus fiskal secara signifikan masih terlalu prematur. Indonesia akan membawa isu perubahan iklim dalam forum G20. “Poin yang akan ditekankan Presiden Yudhoyono adalah krisis keuangan global jangan sampai melupakan isu perubahan iklim,” kata Juru Bicara Kepresiden Dino Patti Djalal. Oleh karena itu, lanjut Dino, Indonesia tidak akan membiarkan isu perubahan iklim ditinggalkan. “Jangan sampai para pemimpin dunia berkumpul, tetapi tidak ada pernyataan mengenai perubahan iklim,” tegas dia. KTT G20 di Pittsburgh tidak lepas dari aksi demonstrasi. Kelompok anti globalisasi mengabaikan peringatan aparat untuk tidak masuk ke area pertemuan. Polisi kemudian menahan 15 orang demonstran. “G20 merupakan forum yang tidak demokratis, dan hanya menjadi ajang promosi globalisasi dan pasar bebas,” kata salah seorang demonstran.  AFP/Rtr/aji/E-5

Anggaran Negara

Pemerintah Berpeluang Naikkan Defisit JAKARTA – Pemerintahan baru memiliki waktu hingga Maret 2010 jika ingin mengubah alokasi anggaran untuk menyesuaikan program pembangunan. Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam kurun waktu tiga bulan pertama di 2010 itu dimaksudkan untuk menampung program prioritas pemerintahan baru. Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono punya kesempatan untuk menambah defisit jika programprogram dalam APBN 2010 dinilai kurang memadai. Mekanisme perubahan itu juga bisa menaikkan defisit anggaran dari 1,6 persen menjadi 2,0 persen untuk 2010. “Kalau nanti pemerintah baru akan me-

lakukan penambahan karena kegiatan prioritas yang belum tertampung oleh pemerintah baru, dibatasi defisit maksimal 2,0 persen,” kata Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo, di Jakarta, Jumat (25/9). Jika opsi itu ditempuh oleh pemerintahan baru, kata dia, pemerintah masih membutuhkan tambahan dana sekitar 20 triliun rupiah untuk menaikkan defisit menjadi 2,0 persen. Pembahasan mengenai perubahan APBN itu nanti dilakukan antara pemerintahan yang baru dan Anggota DPR yang juga baru. Dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang APBN 2010, DPR menyepakati defisit APBN 2010 sebesar 1,6 persen PDB atau 98 triliun rupiah.

« Nanti kita lihat di

pemerintahan baru, apakah itu akan dimanfaatkan atau cukup dengan 1,6 persen.

»

Lukita Dinarsyah Tuwo DEPUTI BIDANG PENDANAAN PEMBANGUNAN BAPPENAS

Walaupun DPR memberikan kesempatan untuk menaikkan defisit sebesar 0,4 persen, pemerintah belum memutuskan sumber tambahan pembiayaan defisit itu. Namun jika peningkatan defisit tersebut dipilih, pemerintah akan mencari pembiayaannya melalui tambahan utang luar ne-

10

geri atau menambah penerbitan obligasi. “Kami masih berpegang pada kesepakatan awal 1,6 persen sehingga belum mempersiapkan untuk pembiayaan umpama menjadi 2 persen. Nanti kita lihat di pemerintahan baru, apakah itu akan dimanfaatkan atau cukup dengan 1,6 persen,” kata Lukita. Dia mengatakan pemerintah masih punya sisa waktu sampai Maret 2010 untuk menentukan dari mana pembiayaan itu. Lukita mengatakan ada dua opsi penambahan pembiayaan, yaitu dengan menambah utang luar negeri, dalam hal ini utang program, dan menambah target penerbitan obligasi. Untuk penerbitan obligasi, pemerintah harus melihat kon-

disi pasar agar tidak terjadi pendesakan pada investasi swasta atau crowding out. Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR Harry Azhar Azis meminta pemerintah mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan menambah angka defisit. Menurut dia, penambahan defisit hanya akan memberatkan karena akan memperbesar utang. “Kalau sudah membebani, tinggal kita harus pintar penggunaan dananya untuk apa,” kata dia. Menurutnya, penambahan defisit tidak akan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi jika dipakai untuk menutup tambahan belanja negara yang berbentuk subsidi. Oleh karena itu, ia meminta agar tambahan itu lebih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur.  ito/E-4

11 Layanan Angkutan » Para pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan tertarik ikut tender operator Dermaga V di lintasan MerakBakauheni jika jadi dibuka dalam waktu dekat ini.

Sosok » Ardhiman TA: Tak mengenal kata putus asa ketika menerima cobaan hidup membawa keberuntungan dalam karier Ardhiman TA. Kini, dia siap mengantarkan PT Latinusa go public pada November ini.


10

EKONOMI

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

KORAN JAKARTA

» Bursa Melemah

KOMENTAR

Layanan Angkutan

Pengusaha Kapal Minati Dermaga V

PARA pengusaha yang tergabung dalam Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) berencana membebankan kenaikan tol yang bakal berlaku mulai 28 September nanti kepada penumpang (Koran Jakarta, 25/9). Naiknya tarif tol dalam dan luar kota akan semakin menghimpit beban hidup masyarakat kecil. Namun, pengusaha juga jangan memanfaatkan situasi dengan mengambil keuntungan dari kenaikan tersebut dengan mengutip biaya tambahan yang tinggi dari penumpang. 08121056xxx

VARIA Pembayaran Bakrie Life Tunggu Negosiasi JAKARTA – Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) siap membayar dana nasabahnya seiring adanya suntikan dana investasi dari Bakrie & Brothers Tbk. Namun, pembayaran dana nasabah tersebut masih perlu menunggu hasil negosiasi antara perseroan dan nasabah. Apalagi, Bakrie Life mengakui kesulitan mengatur likuiditasnya meskipun ada dana segar tersebut. Investasi senilai 500 miliar rupiah dari Bakrie & Brothers Tbk itu akan jatuh tempo dalam jangka waktu tiga tahun. Hal ini membuat Bakrie Life berusaha mengatur arus kas agar dana nasabah bisa ditutup tanpa mengabaikan kinerja perusahaan. “Secara finansial aset dan kewajiban kita sudah matched, tapi problemnya mengatur likuiditas karena MSN (medium secured notes) jatuh tempo 2012,” ujar Direktur Utama Asuransi Jiwa Bakrie Timoer Soetanto, di Jakarta, Jumat (25/9). Bakrie Life akan melakukan negosiasi ulang dengan nasabah asuransi Diamond Investa terkait dengan penjadwalan dan metode penyelesaian utang. Perusahaan tersebut harus mengganti dana 600 peserta asuransi Diamond Investa yang jatuh tempo senilai 350 miliar rupiah. Perusahaan tersebut diberi tenggang waktu hingga 30 hari sejak Rabu (23/9) agar bisa menemukan solusi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, solusi yang diajukan dalam pertemuan sebelumnya gugur. Tawaran penyelesaian yang diusulkan nasabah adalah peserta asuransi yang memiliki dana di bawah 200 juta rupiah akan mendapat penggantian pada November mendatang. Mereka tidak memperoleh bunga sejak Juli 2009. Solusi kedua adalah untuk nasabah dengan investasi lebih dari 200 juta rupiah, pengembalian uang mereka akan dicicil satu persen setiap bulan hingga lunas, ditambah bunga yang dibayarkan setelah utang pokok diselesaikan. Perundingan ulang antara perusahaan dan nasabah tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan Bapepam LK. “Kita berikan waktu sebulan untuk bertemu dengan nasabah,” ujar Ketua Bapepam LK Fuad Rahmany beberapa waktu lalu. Perusahaan asuransi yang mayoritas sahamnya dipegang Bakrie Capital tersebut disinyalir mengalami gagal bayar dana nasabah yang memegang produk investasi. Ketidakmampuan Bakrie Life membayar kewajibannya terkait dengan kejatuhan bursa saham tahun lalu. Sebab, sekitar 80 persen dana nasabah diputar di portofolio saham dan sisanya ditempatkan di deposito, kredit perumahan, dan pinjaman polis.  xav/E-1

» Produksi Sawit

ANTARA/SAHRUL MANDA

»

Dua pekerja menaikkan kelapa sawit ke atas truk di perkebunan kelapa sawit PTPN XIV, Desa Buarau, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (25/9). Luas perkebunan kelapa sawit Sulsel 15.408 hektare menghasilkan produksi tandan buah segar (TBS) 112.374 ton atau sekitar 22.507 ton minyak kelapa sawit (CPO).

Batam Bakal Banjir Mobil Murah BATAM – Badan Pengusahaan Kawasan FTZ Batam atau Otorita Batam mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat untuk mengimpor mobil dengan tarif nol persen. Kebijakan ini menyusul ditetapkannya Batam sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas pada April 2009. “Izin impor mobil dari pemerintah pusat sudah diberikan satu minggu lalu. Namun, sampai saat ini belum ada pengusaha yang mendaftar menjadi importir mobil tersebut,” ujar Kepala Biro Humas dan Pemasaran Otorita Batam Rustam Hutapea di Batam, Jumat (25/9). Pemberian izin itu diperkirakan bakal membuat Batam banjir mobil murah. Berbeda dengan daerah lain, mobil impor di Batam akan terbebas dari berbagai biaya. “Impor mobil ke Batam sama dengan produk impor lainnya yang masuk ke Batam tidak akan dikenakan bea masuk, PPN dan PPnBM, serta pungutan lainnya,” kata dia. Rustam menambahkan, untuk menjadi importir mobil, pengusaha harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain memiliki jaminan bank dari bank devisa minimal 3,5 miliar rupiah. Perusahaan tersebut juga harus memiliki showroom dengan luas minimal 300 m2 yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dan penjualan mobil. Pengusaha atau importir juga harus memiliki rencana impor. Jenis kendaraan yang diimpor harus baru, dan impor hanya bisa dilakukan oleh importir terdaftar kendaraan bermotor (ITKB) yang dikeluarkan oleh BP FTZ Batam. Rustam mengingatkan, untuk kegiatan impor tersebut, barang hanya diperbolehkan masuk melalui pelabuhan resmi yang telah ditunjuk pemerintah, yakni Pelabuhan Batu Ampar, Sekupang, dan Kabil. Bila barang masuk ke Batam melalui pelabuhan lain di luar pelabuhan resmi yang telah ditetapkan pemerintah, barang tersebut dianggap ilegal atau selundupan. Pengusaha yang belum terdaftar menjadi ITKB diwajibkan mendaftar ke BP FTZ Batam dengan melampirkan persyaratan administrasi dan identitas pribadi. “Importir mobil di Batam tidak hanya terbatas pada pengusaha lokal. Pengusaha di luar Batam seperti dari Jakarta juga boleh menjadi importir, asalkan syarat-syaratnya terpenuhi,” tandas dia.  gus/E-2

AFP/ PHILIPPE LOPEZ

»

Pembicara menyampaikan paparan kepada investor China di depan monitor yang menunjukkan indeks harga saham di salah satu perusahaan sekuritas di Shanghai, Jumat (25/9). Pada perdagangan kemarin, indeks Shanghai di bursa China turun 0,52 persen, mengikuti pelemahan bursa global dan regional setelah investor mempertanyakan kelanjutan pemulihan ekonomi menyusul rencana bank sentral di dunia yang akan menarik stimulus ke sistem perbankan.

Kebijakan Fiskal I Pelaku Usaha Butuh Stimulus Langsung

Insentif Pajak Tak Efektif Dorong Industri Kalangan pengusaha mendesak pemerintah mengevaluasi kebijakan insentif pajak karena dinilai tidak efektif mendorong industri dalam negeri. Karena itu, perlu ada stimulus langsung yang bisa dirasakan dunia usaha. JAKARTA – Stimulus perpajakan dinilai tidak efektif untuk mendorong industri dalam negeri. Ke depan, pelaku usaha membutuhkan stimulus yang dapat langsung dimanfaatkan, seperti tarif listrik atau peremajaan mesin. ”Menurut kami, insentif PPh DTP (Pajak Penghasilan Ditanggung Pemerintah) atau BM DTP (Bea Masuk Ditanggung Pemerintah) tidak memenuhi sasaran. Jadi boleh dikatakan gagal,” kata Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik, Kebijakan, dan Fiskal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Hariyadi B Sukamdani di Jakarta, Jumat (25/9). Pada tahun ini, pemerintah memberikan insentif BM DTP sebesar 2,5 triliun rupiah dan PPh DTP sebesar 6,5 triliun rupiah. Hingga akhir Agustus, penyerapan insentif BM DTP baru mencapai sekitar 15 persen, sementara penyerapan PPh DTP masih sekitar 10 persen. ”Bulan Oktober sudah dekat sehingga sulit untuk menyerap insentif ini secara optimal. Oleh karena itu, harus ada evaluasi,” kata Hariyadi. Menurutnya, insentif perpajakan sudah terbukti tidak efektif karena minim dimanfaatkan dunia usaha. Ada pro-

®

pat mendorong dunia usaha. “Namun ternyata penyerapan stimulus infrastruktur juga masih minim. Oleh karena itu, belanja infrastruktur ke depan harus berdasarkan evaluasi pelaksanaan pada tahun ini,” kata dia. Sebelumnya, pemerintah mengalokasikan dana stimulus fiskal sebesar 71,3 triliun ruses birokrasi untuk memper- piah atau sekitar 1,4 persen dari oleh insentif tersebut sehingga produk domestik bruto (PDB). menghambat penyerapan oleh Stimulus diberikan untuk mendunia usaha. jaga tingkat konsumsi masyaraKarena itu, dibutuhkan in- kat, mendorong daya saing dan sentif yang bisa daya tahan sektor langsung dirasausaha, serta antiAda proses kan dunia usaha sipasi pemutusan tanpa proses bihubungan kerja birokrasi untuk rokrasi. ”Salah (PHK). memperoleh satunya adalah Total dana stiinsentif tersebut mulus fiskal termemberikan sehingga subsidi kepada sebut itu diaPLN agar tarif lokasikan untuk menghambat listrik tidak perlu penyerapan oleh p e n g h e m a t a n dinaikkan,” ujar pembayaran pajak kalangan dunia dia. (tax saving) sebesar Selama ini, 43 triliun rupiah, usaha. kalangan pelaku subsidi pajak, dan usaha dikenakan bea masuk ditangberbagai lapisan tarif listrik. gung pemerintah pada dunia ”Kami dikenai tarif multiguna, usaha dan rumah tangga sasardaya maksimal, dan beban an sebesar 13,3 triliun rupiah, puncak. Jika ada tambahan serta subsidi-belanja negara subsidi ke PLN, maka kemung- pada dunia usaha/lapangan kinan kenaikan tarif-tarif ter- kerja sebesar 15 triliun rupiah. sebut bisa direduksi,” kata dia. Ketua Umum Himpunan Selain itu, insentif yang bisa Pengusaha Muda Indonesia bermanfaat bagi dunia usaha (Hipmi) Erwin Aksa mengataadalah peremajaan mesin. kan insentif pajak masih di“Departemen Perindustrian butuhkan oleh dunia usaha. sudah pernah melakukan hal “Namun untuk memberi damtersebut beberapa tahun lalu. pak stimulus, harus ada anggarProgram ini terbukti cukup an untuk program yang dapat efektif sehingga perlu diper- menciptakan lapangan kerja luas,” kata dia. secara masif dan mendorong Diakui bahwa pembangun- daya beli masyarakat,” kata dia. an infrastruktur memang daOleh karena itu, pem-

«

»

bangunan infrastruktur sangat dibutuhkan dunia usaha. “Beberapa infrastruktur yang mendesak adalah jalan dan kelistrikan,” ujar dia. Bakal Dilanjutkan Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady mengatakan pemberian insentif perpajakan masih akan dilanjutkan pada tahun depan. Anggaran untuk insentif pajak 2010 adalah sebesar 10,5 triliun rupiah. ”Untuk bidang-bidang usaha penerima insentif, masih menunggu perincian dari Departemen Perindustrian. Yang jelas, ada enam sektor usaha dan satu sektor kompetensi daerah,” papar Edy. Untuk memperbaiki penyerapan insentif perpajakan, pemerintah akan menerapkan sistem jemput bola. ”Kalau memang penyerapannya lambat seperti tahun ini, maka kami akan jemput bola dengan langsung mendatangi industri. Kami ingin mengetahui dengan pasti apa penyebab kelambanan penyerapan,” kata dia. Meskipun penyerapan lambat, pelaksanaan insentif perpajakan pada tahun ini sudah membawa dampak positif. ”Ada industri yang menyatakan puas dengan insentif, seperti elektronika. Saat ini, penyerapan BM DTP di sektor elektronika adalah yang tertinggi, yaitu 28 persen,” jelas dia.  aji/E-1 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

JAKARTA – Para pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) tertarik untuk ikut tender operator Dermaga V di lintasan MerakBakauheni jika jadi dibuka dalam waktu dekat ini. “Jika informasi dibukanya tender tersebut itu benar, tentunya para anggota tertarik untuk ikut,” ungkap Sekjen Gapasdap Luthfi Syarief kepada Koran Jakarta, Jumat (25/9). Menurutnya, pihaknya akan memfasilitasi keikutsertaan para anggota dan ikut memberi masukan tentang syarat tender tersebut. “Bisa jadi per perusahaan yang ikut tender atau konsorsium. Kita lihat dulu syaratnya,” katanya. Luthfi mengharapkan, jika Dermaga V dibuka, regulator harus memperhatikan masalah penarifan, terutama yang bersinggungan dengan operator di dermaga lainnya. “Jangan sampai terjadi saling membunuh dengan pemain di dermaga lainnya. Apalagi ini dermaga baru. Jika diberikan tarif yang lebih murah, bisa mematikan pemain di dermaga lainnya,” katanya. Kelas Eksekutif Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Dephub Suroyo Alimoeso mengungkapkan akan mengkhususkan Dermaga V di Merak dan Bakauheni untuk kelas eksekutif. Rencananya, Departemen Perhubungan menenderkan operator kapal angkutan penyeberangan yang beroperasi pada Dermaga V di lintasan MerakBakauheni pada akhir tahun ini. Regulator segera menetapkan kualifikasi kapal yang diizinkan beroperasi dari Dermaga V Merak, Banten, dan Dermaga V Bakauheni, Lampung. Pelayanan di kedua dermaga itu akan dibuat dengan standar kelas menengah ke atas. Standar yang dimaksud adalah tingkat kecepatan kapal yang diharapkan dapat melebihi kemampuan armada penyeberangan yang saat ini beroperasi di lintasan terbesar di Indonesia itu atau lebih dari 12 knot. Pihak Dephub sendiri belum memutuskan operator Dermaga V nantinya apakah dibuka untuk umum atau hanya bagi penyelenggara penyeberangan yang sudah ada di Merak-Bakauheni. Namun, peluang bagi operator di luar yang sudah beroperasi di lintasan MerakBakauheni tetap ada. Dermaga V di Merak mulai dibangun sejak Mei 2009 dengan total investasi 80 miliar rupiah, sedangkan pembangunan Dermaga V di Bakauheni baru dimulai pada awal bulan ini. Adapun jumlah armada yang melayani lintasan MerakBakauheni sebanyak 33 unit yang dioperasikan oleh 15 perusahaan, antara lain PT Dharma Lautan Utama, PT Jemla Ferry, PT Jembatan Madura, PT Indonesia Ferry ASDP, dan PT Bukit Samudera Perkasa.  dni/E-1

Utang BUMN

Pemerintah Jamin Garuda Lunasi Utang JAKARTA – Pemerintah memastikan PT Garuda Indonesia tidak akan mengemplang utang senilai 2,36 triliun rupiah kepada PT Bank Mandiri Tbk. Dana pelunasan ini akan diperoleh dari hasil penawaran umum saham perdana kepada publik (IPO) ataupun dimungkinkan melalui anggaran pemerintah (APBN). ”Garuda tetap berkomitmen membayar utang kepada Mandiri, namun pelunasannya masih dibicarakan,” kata Menneg BUMN Sofyan Djalil, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (25/9). Utang sekitar 2,36 triliun rupiah merupakan bagian dari total utang pokok dan bunga yang mencapai 3,36 triliun rupiah setelah mengonversi utang menjadi saham (MCB) sekitar satu triliun rupiah. Sofyan menegaskan penye-

lesaian masalah utang Garuda saat ini fokus pada konversi utang MCB menjadi saham yang setara dengan 11 persen saham di Garuda. “Sedangkan sisanya (2,36 triliun rupiah) tetap akan dilunasi, yang polanya masih akan ditetapkan kemudian,” ujar Sofyan. Menurutnya, Garuda juga merupakan BUMN yang harus diselamatkan kinerja keuangannya. Garuda butuh modal untuk pengadaan pesawat hingga sebanyak 30 armada pada 2014. ”Garuda juga perlu pengembangan, dan tidak mungkin pemerintah melepaskan kepemilikan saham kepada Mandiri dengan porsi lebih dari 49 persen. Karena kalau seluruh utang Garuda dikonversi menjadi saham, itu kemungkinan Garuda bukan menjadi milik pemerintah lagi. Jadi, tenang

realisasikan penyesaja, pemerintah lesaian kewajiban tidak akan lari,” Garuda Indonesia tegas Sofyan. sesuai dengan keSelain wacana sepakatan kedua melalui APBN, pihak yang telah opsi yang paling disetujui pemegang memungkinkan saham masing-madilakukan adalah sing. lewat IPO makSesuai dengan simal 49 persen proses restrukturiyang hasilnya sesasi utang Garuda bagian besar langIndonesia yang disung dibayar ke KJ/BRAM SELO AGUNG mulai pada 2001, Mandiri. Sejalan total kewajiban Gadengan konversi Sofyan Djalil ruda Indonesia keutang, rencana pada Bank Mandiri IPO ini diharapmencapai 3,3 triliun rupiah, kan bisa terlaksana pada 2010. ”Kalau misalnya dana hasil termasuk pokok utang dan IPO sekitar 1,6 triliun rupiah, tingkat pengembalian tahunan bisa langsung dibayarkan ke- yang disepakati. “Sudah ada sejumlah kesepada Mandiri,” kata Sofyan. pakatan dalam beberapa pertemuan yang kita lakukan,” Tahap Finalisasi Saat ini, Bank Mandiri se- kata Direktur Special Asset Madang dalam tahap akhir me- nagement Bank Mandiri Ab-

dul Rachman di Jakarta, Rabu (23/9). Kesepakatan mengenai besaran dan skema penyelesaian kewajiban Garuda Indonesia kepada Bank Mandiri sebenarnya telah disetujui pemegang saham. Pemerintah sebagai pemegang saham kedua belah pihak sebelumnya telah menyetujui skema restrukturisasi tersebut. Saat ini, kedua belah pihak tinggal menunggu komitmen masing-masing pihak untuk merealisasikan kesepakatan yang telah disetujui tersebut. Namun, dia belum mau memerinci bentuk penyelesaian utang tersebut. “Kami dari Bank Mandiri masih menunggu konfirmasi tertulis dari Bank Indonesia dan Kantor Menteri Negara BUMN sebagai pemegang saham,” jelasnya.  Ant/nse/E-1


KORAN JAKARTA

SOSOK BISNIS

®

Ardhiman TA

11

KOMENTAR

Berkah dari Musibah

MESKIPUN bank sentral AS mempertahankan kebijakan suku bunga rendah, langkah The Fed ini tidak mampu mengangkat kepercayaan pasar. Investor justru meragukan kondisi ekonomi global (Koran Jakarta, 25/9).

Tak mengenal putus asa ketika menerima cobaan telah membawa keberuntungan dalam karier Ardhiman TA. Kini, dia siap mengantarkan PT Latinusa go public November ini.

BIODATA Nama : Ardhiman TA Tempat, tanggal lahir : Bandung, 19 November 1950 Pendidikan : ◗ Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung, Lulus tahun 1983 ◗ Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung, Lulus tahun 2002 Karier : ◗ Direktur Utama PT Latinusa, 27 Juni 2006-Sekarang ◗ Direktur Komersial PT Latinusa, 2002-2006 ◗ Kadiv. Penjualan PT Latinusa, 2001-2002 ◗ Staf Ahli Direksi PT Latinusa, 1999-2001 ◗ Kadiv. Pemasaran PT Latinusa, 1993-1998 ◗ Kasub. Divisi Pemasaran PT Latinusa, 1991-1993 ◗ Pjs. Kasub Divisi Pemasaran PT Latinusa, 1990-1991

D

i balik musibah pasti ada hikmah yang tersembunyi. Pernyataan ini bukan omong kosong, setidaknya bagi Ardhiman Trikaryawan Akanda atau Ardhiman TA yang kini menjabat Direktur Utama PT Latinusa. Latinusa adalah anak usaha PT Krakatau Steel yang memproduksi pelat timah (tinplate) satu-satunya di Indonesia. Cobaan berat itu pernah dialami Latinusa saat krisis ekonomi pada 1997-1998. Ardhiman menyaksikan perusahaan tempatnya bekerja itu sempat limbung ketika pemerintah membuka keran impor pelat timah dan memangkas bea masuk impor. Tentu saja Latinusa yang selama puluhan tahun diproteksi tidak siap menghadapi persaingan. Akibatnya, perusahaan ini kesulitan menjual produknya di dalam negeri sehingga persediaan membengkak empat kali lipat dari kondisi normal. Sebagai Kepala Divisi Pemasaran, Ardhiman bertanggung jawab untuk segera melepas persediaan. Bukan tugas yang mudah menjual pelat timah dalam jumlah besar ketika produk impor tiba-tiba membanjiri pasar domestik. Belum lagi rata-rata industri dalam negeri juga terpuruk akibat krisis. Keputusan melepas produk ke luar negeri atau ekspor menjadi satu-satunya cara agar perusahaan tetap bertahan hidup. Ketika itu, kondisi arus kas perseroan sudah sangat parah akibat banyaknya dana yang tertahan di persediaan. Terpaksa produk dijual dengan harga yang benar-benar sangat murah. Namun, keberuntungan berpihak pada Ardhiman ketika nilai tukar rupiah tiba-tiba anjok setelah pemerintah menetapkan kebijakan nilai tukar mengambang. Nilai uang hasil penjualan ekspor menjadi melambung. “Dollar yang tadinya di bawah 10 ribu tiba-tiba melambung jadi 16 ribu ketika kita menerima pembayaran ekspor. Ketika itu, keuntungan dari penjualan ekspor bahkan bisa sampai dua kali lipat dibandingkan penjualan domestik,” tuturnya. Pilihan penjualan ekspor itu akhirnya terbukti bisa menyelamatkan kondisi Latinusa dari

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

FOTO-FOTO: KORAN JAKARTA/WACHYU AP

kondisi krisis. Sindiran yang ramai diperoleh Ardhiman perlahan berbalik menjadi pujian. “Jadi sebenarnya saya ini management by luck, saya tidak pernah merasa hebat,” katanya saat berbincang dengan Koran Jakarta, baru-baru ini. Peristiwa itu membuat dirinya meyakini bahwa di balik musibah pasti ada berkah tersembunyi. Berbagai musibah dan tantangan dalam perjalanan hidup dan karier justru membuat pria kelahiran Bandung, 50 tahun lalu, ini sukses menapak karier. Alasan Praktis Awalnya, memilih berkarier di Latinusa, bagi Ardhiman, hanya karena alasan praktis. Seusai mendapat beasiswa di Filipina dari almamaternya,

Universitas Padjajaran, Bandung, Ardhiman justru meninggalkan kariernya sebagai dosen untuk mencoba dunia baru di Latinusa. Dia bergabung dengan Latinusa di tahun 1985, ketika perusahaan yang didirikan tahun 1982 itu belum berproduksi. Saat itu, Latinusa baru dalam tahap pembangunan pabriknya di Cilegon, Banten. Meski Latinusa perusahaan baru, Ardhiman memilih bergabung karena tergiur fasilitas rumah yang ditawarkan Latinusa ketika itu. Keberadaan fasilitas rumah itu dianggap bisa memudahkan rencananya untuk membina hidup baru dengan pujaan hati. Namun, perjalanan hidup ternyata tidak selalu berjalan mulus. Tiga bulan setelah diterima di Latinusa dan bekerja di Cilegon, Ardhiman justru ditarik ke kantor pusat di Jakarta. Dengan berat hati,

rencana menikah akhirnya ditunda sementara karena perusahaan tidak menyediakan fasilitas rumah di Jakarta. Di kantor pusat, dia ditugaskan sebagai asisten manajer proyek dengan atasan langsung orang asing. Pengalaman Ardhiman yang sempat kuliah di luar negeri dibutuhkan untuk menjembatani perbedaan budaya yang dibawa ekspatriat dengan pihak direksi. Bekerja bersama dengan orang asing ini menjadi pengalaman penting bagi perjalanan kariernya. Ardhiman akhirnya bisa mengikuti ritme kerja para ekspatriat yang tidak kenal hari libur. Dia juga mengaku bisa memahami seluk-beluk dunia teknik dari para pekerja asing tersebut. Tidak berapa lama bekerja di Jakarta, cobaan kembali mengadang hidup Ardhiman ketika calon istrinya meninggal dunia. Terpukul dengan kepergian sang kekasih, dia

« Keberuntungan saja tidak cukup untuk membuat orang menjadi berhasil, tetapi juga harus melalui kerja keras.

»

justru melampiaskan kesedihannya dengan bekerja. “Hari Sabtu dan Minggu saya masuk kerja, seminggu tujuh hari, sehari bisa 18 jam saya kerja,” katanya. Singkat cerita, karier Ardhiman semakin bersinar ketika kontrak para ekspatriat yang menjadi atasannya berakhir seiring dengan mulai berproduksinya Latinusa pada 1986. Berbekal pengetahuan yang didapat dari bekas atasannya, dia yang belum punya jabatan apa-apa justru sering dilibatkan dalam rapat direksi. “Jadi, kalau ada rapat direksi, mereka selalu bilang nanti saya tanya Ardhiman dulu. Jadi dirutnya mungkin pusing juga. Daripada tanyatanya terus, panggil saja dia ikut rapat. Jadi, ada beberapa kali saya dipanggil ikut rapat yang semestinya itu jauh dari level saya,” katanya. Selanjutnya, perjalanan kariernya di Latinusa banyak dihabiskan di bagian pemasaran dan penjualan. Mulai dari pejabat Kepala Sub Divisi Pemasaran pada 1990, Ardhiman menanjak jadi Kepala Divisi Pemasaran pada 1993 dan Kepala Divisi Penjualan pada 2001 hingga menjadi Direktur Komersial pada 2002. Keberuntungan seolah menjadi milik Ardhiman ketika terjadi pergantian antarwaktu Direksi Latinusa tahun 2006. Pria murah senyum ini akhirnya terpilih menjadi direktur utama. Posisinya terus bertahan ketika diangkat kembali menjadi direktur utama periode 2007-2012. Meski mengakui nasib baik sering berpihak padanya, Ardhiman mengaku bahwa keberuntungan saja tidak cukup untuk membuat orang menjadi berhasil, tetapi juga harus melalui kerja keras. “Lakukanlah yang terbaik sehingga orang tahu Anda itu siapa,” pesannya.  nse/ani/E-7 Komentar/saran/kritik berita ini via e-mail: redaksi@koran-jakarta.com, faks: 021 3155 106 SMS: 0813 8181 7227

Investor butuh waktu untuk memercayai sinyal positif dari penurunan suku bunga The Fed. Langkah hati-hati investor ini dinilai positif karena krisis ekonomi belum benar-benar berakhir. Bagaimanapun, sentimen positif ini diperkirakan bakal berlanjut tahun depan. 081811156xxxx

LAKON BERITA DARMIN NASUTION

Lolos dari BPK AUDIT investigasi yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Bank Indonesia (BI) terkait keputusan penyelamatan PT Bank Century Tbk tak menyentuh Deputi Senior Gubernur BI Darmin Nasution. Darmin lolos dari pemeriksaan BPK. Pasalnya, saat BI memutuskan untuk menyelamatkan Bank Century di akhir tahun lalu, dia masih menjabat sebagai Dirjen Pajak dan KORAN JAKARTA/WACHYU AP baru dilantik sebagai pejabat BI pada Agustus 2009. Namun, lolos dari pemeriksaan BPK, bukan berarti Darmin tidak peduli pada kasus Bank Century. Terbukti, meski mengaku jarang bertemu dengan tim pemeriksa BPK saat menyambangi BI, dia mengetahui materi pemeriksaan BPK. Menurut dia, pemeriksaan BPK lebih banyak dilakukan pada bagian pengawasan terkait kebijakan prudential perbankan. Tetapi, Darmin menolak berbicara lebih detail, mungkin karena khawatir bisa memperkeruh suasana. Hanya saja, sebagai pejabat BI, dia berharap audit investigasi BPK yang ditargetkan rampung pada 30 September ini bisa selesai dengan baik. Selain itu, pria yang dikenal memiliki reputasi cukup baik di industri keuangan ini meminta semua pihak sabar menunggu hasil pemeriksaan BPK keluar. Kalau sebelum hasil pemeriksaan BPK keluar sudah banyak komentar, peraih gelar doktor dari Universitas Sorbone, Paris, Prancis ini khawatir muncul berbagai spekulasi yang bakal memperburuk perekonomian. Harapan Darmin ini bisa dipahami karena obyek audit BPK adalah bank sentral. Namun transparansi harus dijalankan agar tuduhan “BI sarang maling” yang pernah dilontarkan Ketua BPK Anwar Nasution tak terbukti.  ani/E-7

AHMAD FUAD RAHMANY

Tak Ingin Diprotes Nasabah KETUA Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany siap memfasilitasi pertemuan antara nasabah PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) dan Manajemen Bakrie Life yang saat ini sedang berseteru untuk menyelesaikan masalahnya. Bakrie Life diduga gagal membayar dana nasabah sebesar 400 miliar rupiah yang telah jatuh tempo. Sebagai otoritas, Fuad mengaku sudah KORAN JAKARTA/WACHYU AP memanggil pihak Bakrie Life untuk menyelesaikan masalahnya dengan nasabah. Bahkan, pihaknya telah mengultimatum perusahaan asuransi di bawah kelompok usaha Bakrie ini untuk menuntaskan masalahnya dalam waktu satu bulan. Sebagai fasilitator, Fuad merasa sudah berupaya maksimal. Karena itu, dia tidak ingin kalau nasabah masih demo ke Bapepam-LK. “Nasabah kalau mau demo ke perusahaannya. Kita sendiri sudah bantu, kita panggil mereka dan mereka minta waktu sebulan,” kata Fuad, baru-baru ini. Namun, penyelesaian kasus ini tampaknya masih buram. Tawaran Bakrie Life untuk mengembalikan dana nasabah dengan cara mencicil sebesar satu persen per bulan itu ditolak mentah-mentah oleh nasabah. Tawaran Bakrie Life itu juga dinilai tidak masuk akal oleh Fuad. Karena itu, lagi-lagi dia menyarankan nasabah untuk bertemu lagi dengan pihak Bakrie Life sampai mencapai kesepakatan. Apakah sikap Fuad tersebut merupakan bukti keseriusannya dalam menegakkan hukum di industri keuangan yang selama ini banyak diragukan masyarakat? Tentu masyarakat yang akan menilainya.  ani/E-7


12

IKLAN BARIS - KOLOM

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

KORAN JAKARTA

KETENTUAN PEMASANGAN

mengedit.  Minimum 3 baris, maksimal 10 baris. 1 baris = 35 karakter.  Simbol yang dapat digunakan: titik, koma, tanda tanya, & tidak boleh

 Isi iklan tidak boleh mengandung unsur SARA, Pornografi, Klenik dan KORAN JAKARTA berhak untuk

menggunakan double spasi.  Pengajuan pending tayang iklan paket ditentukan oleh KORAN JAKARTA.  Pengajuan komplain tidak lebih dari 3 hari kerja setelah tanggal iklan dimuat.

BOEING 737 - 300/400

CALL CENTRE 24 HOURS

021 - 640.5566

Periode Terbang September 2009

w w w. s r i w i j a y a a i r. c o . i d

MOBIL DISEWAKAN

MOBIL DISEWAKAN

MOBIL DICARI

APRILIA RENT CAR, Mobil Panther, Kijang, APV, Inova + Sopir. Dalam Kota Rp 350rb/24 Jam, Luar Kota 450rb. 70039926, 71417794, 085716079220. Termurah Di Jakarta.

BITRAC, Apv, Avanza, Innova, Xenia, Sedan, Dengan / Tanpa Supir. Call 021-933388771, 021-3266990, 08111-881230.

KEMENANGAN MOTOR Berani Beli Mobil Second Hand, Anda Dgn Harga Pantas Sejabodetabek (Khss Mobil Jepang). Hub: 68336806, 0816932247 Karawaci Tangerang.

000625/IKL/IX/09 (26/9)

000642/IKL/IX/09 (25/9)

000600/IKL/IX/09 (01/10)

OTOMOTIF MOBIL DISEWAKAN

DISEWAKAN KIJANG KAPSUL, Inova, Avanza, Untuk Kantor, Keluarga, Harian / Bulanan. Lepas Kunci Pakai Supir. Hub: 021-7431656 / 08158821682.

ANJAB RC: Slmt idul fitri 1430 H u/ pelanggan masih tersedia APV, AVANZA, XENIA dll. Telp/Fax : 87741841. HP: 0812 8749 866.

Pemasangan iklan baris/kolom

000641/IKL/IX/09 (14/10)

di MOTOR DICARI

000609/IKL/IX/09 (4/10)

DISEWAKAN APV Arena, Avanza, Innova, Facelift ’09 + Supir 8 Jam 225rb, 12 Jam 275rb. Hub: Mobil Muvel Rent: 081213999595, 02127999595.

VMM Menyewakan New Kijang Inova Th 09, Avanza 09, Kijang Kapsul Th 00-04, Pick Up, Berminat.Hub: 021-5383191, 70111137, 081210111137.

DICARI / BELI MOTOR Anda Dengan Harga Tertinggi “Raihan Motor” Klender. Hp: 08194112606 – 68332606. Hp: 4617263 (Bisa Dijemput)

000582/IKL/VIII/09 (27/9)

000610/IKL/IX/09 (5/10)

000642/IKL/IX/09 (25/9)

KORAN JAKARTA

021-- 93339831 ✆ 021

TERIMA JAM MEWAH - Patek Philippe - Audemars Piguet - Piaget - Rolex - Vacheron Constantin - Cartier - Bvlgari -Dll

R

Laundry & Dry Cleaning

hubungi:

68337825 untuk

Mulai Bisnis laundry & dryclean

Beli Jam Mewah, Berlian & Emas dengan harga tinggi, Patek Philippe, Rolex, P. Chopart, Piaget, Cartier, Bvlgari, dll Jl. Panglima Polim Raya No. 1B, disamping Pasar Blok A

021 72797129 - 72797137 David 0812 9039 771

Blok M Square, Lt UG Blok C No. 09

021 7396142

CENTER LUCKY Watches

Ady

Blok M Plaza, Lt. 2 No. 2.10 Telp. 021 - 7209148 Fax. 021 - 7209149

CENTRE arloji ITC Fatmawati Lt Dasar No 112 Telp. 021 - 7395105 Jakarta Selatan

KORAN JAKARTA Kebenaran Itu Tidak Pernah Memihak!

ma a t r e p n a r o n a K k i s a lik p a g n e m g n is t ya a m o ot n i s e m n a r o k lan a u j n pe

PAKET MURAH NEW DAIHATSU

!!! Siap Mudik 2009 !!! dengan TOYOTA

RATE 1,85%

XENIA atau TERIOS LUXIO Atau G.MAX Atau SIRION Atau PICK UP

Dp 10 Jt-an Angs 2,4 Jt-an Angs 3.3 Jt-an Dp 10 Jt-an Angs 3 Jt-an Dp 10 Jt-an Angs 2,2 Jt-an Dp 15 Jt-an Angs 3 Jt-an Angs 7 - 2,2 Jt-an

AHLI BIKIN GIGI PALSU Avanza Rush Inova Yaris Altis

TDP TDP TDP TDP TDP

Mulai Mulai Mulai Mulai Mulai

17Jt-an 24 Jt-an 26 Jt-an 28 Jt-an 60Jt-an

SOLEH 021.7040-7501 ANDI 0813-1409-6789

“Tidak Buka Cabang”

www.andreasdental.com

TECHNOLOGY & HAMMER

Hanya

Rp 150.000/bulan di BEKASI terdiri dari :Rumah Tinggal seluas _+ 200 m2,Tempat Usaha sudah ada, Klinik Kecantikan,salon,SPA seluas _+ 200 m2,Terdapat Kolam ikan ukuran 18 m X 6 m,Terdapat Kebun Mangga.Di atas Tanah seluas _+ 2.000 m2 di PINGGIR JALAN RAYA PERJUANGAN KELURAHAN HARAPAN BARU,BEKASI UTARA.SERIUS:Hubungi Langsung Pemilik Tanpa Perantara diNomor 021-88875137 atau HP 081514357378 Harga Nego.

ANDREAS LIOE

READY,TT,DATA DIBANTU,D.RESMI

PRIVAT GITAR ELECTRIC

-DIJUAL RUMAHTEMPAT STRATEGIS

ANDREAS DENTAL LABORATORY

4 x Pertemuan dijamin bisa

Pengajar datang ke rumah

021 32555587 Hub: ANGGA 08588 1579816

Keunggulan : * Bergaransi * Berkualitas * Harga kompetitif * Ready Stock Alat penghancur batu dan demolition. Tersedia untuk semua Class 20 s/d 70 ton

SURABAYA Telp. 031 - 5340669 (hunting) JAKARTA TELP. 021 - 5222330 SMS : 0856 123 1949 KETIK: Info KJ/Nama Anda/Kota

Dengan metode tanpa harus datang, ENGLISH TALK menjamin siswa tetap lebih nyaman, tidak terikat waktu juga tidak membosankan, bahkan dengan didukung pengajar yang handal ENGLISH TALK akan lebih cepat mewujudkan impian anda bisa berbahasa inggris dengan cepat & lancar.

“JANGAN TUNDA KEBERHASILAN ANDA”

Website : www.englishtalk-id.com E-mail : info@englishtalk-id.com

Marketing : 08121340588

SURABAYA : Gedung Bumi Mandiri Lt. 8/801, Jl. Jend. Basuki Rachmat 129 - 137 Surabaya JAKARTA : Wisma Kodel 8th Floor, I. HR Rasuna Said Kav. B-4 Kuningan Jakarta 12920 Fax. 021 5222330

®


KORAN JAKARTA

IKLAN BARIS - KOLOM

®

BAGIAN IKLAN: Jl. RS Fatmawati No. 37 H, Jakarta Tel. (021) 759 11757 ext. 103 Fax. (021) 75910289

INFO IKLAN

Pembayaran Via Transfer (Tidak menerima uang tunai) Rek. Mandiri 103.0004881575 Cab. Sarinah Rek. PERMATA 400.11.88831 Cab. Menara Thamrin a/n PT BERITA NUSANTARA

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

13

DEADLINE IKLAN: Senin-Jumat pukul 08.30 - 15.00 WIB Sabtu pukul 08.30 - 12.00 WIB

390 7788 - 392 0750

Kebenaran Itu Tidak Pernah Memihak!

Tours & Travel Services

KORAN JAKARTA

BURSA TIKET PROMO

CIRCULATION DEPT Phone: (021) 319 355 33 Fax: (021) 315 8567 e-mail: sirkulasi@koran-jakarta.com

Phone: (021) 315 2550 Fax: (021) 315 4601

Tapi tolong simpan dulu pengalaman buruk anda...

AMBON BANDA ACEH BANJARMASIN BATAM BENGKULU DENPASAR GORONTALO JAYAPURA KENDARI KUPANG LAMPUNG MANADO

e-mail: iklan@koran-jakarta.com

Jika anda masih doyan uang dan memiliki keinginan

PAKET WISATA HEMAT

EDITORIAL DIVISION

untuk merubah hidup...

Phone: (021) 315 2550 Fax: (021) 315 5106

Buka MATA... HATI... dan PIKIRAN!!

4D/3N KUL-GEN TOUR 5D/4N HKG DISNEY-SHEN ZHEN TOUR 4D/3N BKK-PATTAYA TOUR

Fr. USD 282 Fr. USD 780 Fr. USD 520

3D/2N SIN FREE & EASY 3D/2N KUL FREE & EASY 3D/2N JOGJA TOUR 3D/2N BALI FREE & EASY

Fr. USD 180 Fr. USD 190 Fr. Rp 999.000,Fr. Rp 1.200.000,-

4D/3N BALI TOUR 3D/2N MINANGKABAU TOUR 4D/3N MEDAN LAKE TOBA TOUR 4D/3N MANADO BUNAKEN TOUR

Fr. Rp 1.800.000,Fr. Rp 1.600.000,Fr. Rp 2.000.000,Fr. Rp 700.000,-

PROMOTION DEPT Phone: (021) 315 2550 Fax: (021) 315 4601 e-mail: promosi@koran-jakarta.com

ADVERTISING DEPT

Sebuah harapan baru telah hadir bagi anda yang ingin

e-mail: redaksi@koran-jakarta.com

memperbaiki taraf hidup menjadi lebih baik...

atau hubungi 0817 100 611

Fr Rp 302.000 Fr Rp 222.000 Fr Rp 82.000 Fr Rp 92.000 Fr Rp 62.000 Fr Rp 102.000 Fr Rp 372.000 Fr Rp 929.000 Fr Rp 332.000 Fr Rp 192.000 Fr Rp 54.000 Fr Rp 393.000

MEDAN PADANG PALEMBANG PEKANBARU PONTIANAK SEMARANG SURABAYA TANJUNG PINANG TARAKAN UJUNG PANDANG YOGYAKARTA Harga belum termasuk FS

Fr Rp 128.000 Fr Rp 92.000 Fr Rp 62.000 Fr Rp 102.000 Fr Rp 114.000 Fr Rp 53.000 Fr Rp 68.000 Fr Rp 172.000 Fr Rp 312.000 Fr Rp 118.000 Fr Rp 113.000

TIKET PROMO INT SINGAPORE FR USD 60 KUALA LUMPUR FR USD 65 HONGKONG FR USD 305 BANGKOK FR USD 185 BEIJING FR USD 430 USA (LA/SFO/HNL/YVR/LAS) FR USD 800 Belum termasuk TAX, FS

* MELAYANI PEMESANAN HOTEL & TOUR GROUP DOMESTIK & INTERNATIONAL

KARTU KREDIT

HOTEL

VILLA DISEWA/ DIJUAL

PAKAIAN

KARTU KREDIT ANDA BERMASALAH !! Ingin Bayar Sesuai Dgn Kemampuan / Tidak Sama Sekali. Hub: Irvan 91655878, Cindy 94614616 (Legal)

HOTEL PINANGSIA: TV/AC/REST/ BREAKFEAST/95 RB, JL PINANGSIA 1/55 JAKBAR TLP (021) - 6246478, www.pinangsiahotel.blogspot.com, Email : hotelpinangsia@yahoo.com

VILLA DIJUAL / SEWA 2 unit villa Blok CC7/31-36 Hook.Kota Bunga – Cipanas Puncak,Sertifikat.Lt 274m,Lb 97m, 2Lt, 2Kt, 2km.L 2200Va.Air Panas + Full furniture.Hub : 0812 - 812 8999

TOKO NUMBER ONE Menjual Produk Import: Baju, Celana Formal, Jaket Semi Jas, Harga Grosir. Buktikan Saja Langsung Di Blok A Tanah Abang Lt 3A Los D No. 70 A Dengan Eva 081385061763.

000640/IKL/IX/09 (14/10)

000594/IKL/VIII/09 (4/10)

000619/IKL/IX/09 (7/10)

000586/IKL/VIII/09 (28/9)

HEWAN AQIQAH

APARTEMENT DISEWAKAN

RAGAM KESEHATAN MINYAK LINTAH Untuk Keharmonisan Keluarga, Terbukti Pd Diri Saya, Terbts 150rb. Tlp: 92658130 / 08881079192. www.lintah-oil.com (no sms) 000614/IKL/IX/09 (3/10)

KARTU KREDIT

AL ISLAH AQIQAH Menyediakan Kambing Aqiqah, Anak, Siap Msk & Antar, Mulai 550rb / Masak 200rb, Gratis Bk Aqiqah, Fax: 021-7828680 / Hp: 081511398283 Ps. Minggu. www.alishlahaqiqah.com

GLORIA APARTEMEN, 249rb/Hari, 2,8jt/Bln, 23jt/Th, Tv Kabel, Full Furnish, Free Parking, Free Charge, Fas Hotel Berbintang. Hub: Santy 021-93188138 / 08567846497 / 08170910750.

000650/IKL/IX/09 (25/10)

000631/IKL/IX/09 (13/10)

Gunting iklan ini sebagai bukti potongan Rp 100.000,- (tidak dapat diuangkan & digabungkan) Training 8 jam Punya Kemampuan EXTRA Metode Psychotronika Solusi

Melalui Metode PSYCHOTRONICA ING

SM IN Alam S-kan TAHU? Gra at, Ko Nama HP. tis C de P , 081 D D os 2 82 emo 79 3 51

KARTU KREDIT Anda Bermasalah !! Ingin Bayar Sesuai Dgn Kemampuan/ Tidak Sama Sekali. Hub : Mutia 95651504, Bela 99768443 ( LEGAL). 000616/IKL/VIII/09 (4/10)

KARTU KREDIT Anda Bermasalah !! Ingin Bayar Sesuai Dgn Kemampuan/ Tidak Sama Sekali. Hub : Citra 95648744, Maria 93993035 (LEGAL). 000617/IKL/VIII/09 (4/10)

Tubagus Arief Hendrawan 9Guru Besar/Penyusun

mengatasi tindak kejahatan, kekerasan, penipuan & kebohongan serta menunjang bisnis (laku barang & utang piutang) juga akan memiliki kemampuan beladiri, pengobatan diri & orang lain, bisnis dengan energi. Metode ini telah 15 th teruji dan terbukti. Lebih dari 16.000 alumninya. Metode ini ModernRasional-Ilmiah & Sistematik serta langsung dibuktikan

www.clubmetafisika.com

KELAHIRAN Suatu kebanggaan yang dinantikan semua pasangan Jakarta, 20 Juni 2009

Informasikan kelahiran anak Anda di 021 - 9333 9831

Linda Almi berat: 2,7kg, panjang 28

&

Lingga Alfred 2.5kg panjang : 26cm

Info & Pendaftaran : 021-8801102, 0812 8279 351

Anjungan Koran Mandiri

AKM

KORAN JAKARTA Kebenaran Itu Tidak Pernah Memihak!

DESKRIPSI AKM (ANJUNGAN KORAN MANDIRI) : Merupakan inovasi baru dalam sistem distribusi koran yang dilakukan oleh PT Berita Nusantara, dimana Koran Jakarta dijual dengan menggunakan mesin otomatis

LOKASI VENDING MECHINE : 1. Jakarta Theatre, 2. Sarinah Thamrin, 3. Plaza Bapindo 4. Bandara Soekarna Hatta 5. Sampoerna Strategic Square 6. FX Mall Sudirman, 7. RS Harapan Kita 8. Universitas Trisakti 9. Universitas Atma Jaya 10. Setiabudi Building 11. MPR/DPR 12. Pasific Place 13. RS Bunda, 14. Puluhan Lokasi lain di Jakarta


KORAN JAKARTA

14

Lebaran L ebaran 2009

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

Memanfaatkan “Rest Area” di Sepanjang Jalur Balik L

ibur Lebaran sebentar lagi usai. Bahkan bagi sebagian orang, seperti para pegawai negeri sipil, liburan sudah berlalu sejak Kamis (24/9). Arus balik dari kota-kota kecil ke kota-kota besar di Tanah Air mulai ramai dan diperkirakan mencapai puncaknya pada hari ini dan besok. Berdasarkan pantauan Koran Jakarta, di Jembatan Suramadu, Jawa Timur, hingga kemarin, kendaraan yang melintas dari arah Madura menuju Surabaya terus bertambah. Pada Jumat (25/9), tercatat ada 15 ribu kendaraan roda empat dan 30 ribu kendaraan roda dua yang memadati jalan tol yang baru diresmikan pada 10 Juni 2009 itu. “Kendaraan memang mengalami peningkatan dari harihari sebelumnya,” ujar Haryono, Kepala Gerbang Tol Jasa Marga Suramadu. Kendaraan juga terlihat mulai memadati jalan-jalan lintas Sumatra dengan jalur Palembang-Inderalaya-Kayuagung-Mesuji-Bandarlampung dan Palembang-Betung-Banyulincir-Jambi. Selain bus, truk serta kendaraan pribadi dan sepeda motor pun memadati jalur-jalur tersebut. Tidak berbeda dengan arus mudik, arus balik senantiasa menimbulkan kemacetan di jalurjalur perlintasan arus balik. Alhasil, perjalanan pun menjadi jauh lebih lama dan berjalan lambat. Keterlambatan hingga berjamjam itu tidak jarang menimbulkan kepenatan dan kejenuhan bagi mereka yang melakukan perjalanan balik. Untuk menghilangkan kejenuhan itu, para pengendara mesti pintar-pintar menyiasatinya. Salah satunya dengan memanfaatkan sebaik-baiknya tempat-tempat peristirahatan (rest area) yang banyak tersebar di sepanjang jalur balik. Banyak fasilitas yang bisa dinikmati di tempat-tempat itu. Mulai dari kedai makanan dan minuman, sarana permainan anak, hiburan, jasa pijat gratis, hingga hot spot untuk berselancar di dunia maya. Seorang pengendara sepeda motor, Agus Rizki, 24 tahun, yang menempuh perjalanan dari Jambi menuju Palembang, mengatakan selama perjalanan dia telah berhenti sebanyak delapan kali untuk beristirahat. Dia pun memanfaatkan rest area yang ada di sepanjang jalan lintas Sumatra untuk mengistirahatkan badan sejenak serta untuk makan dan minum. Setelah 20 menit beristirahat, Rizki melanjutkan perjalanan. Namun, tidak sembarang rest area yang dipilihnya. “Saya beristirahat di rest area yang berdekatan dengan pos polisi karena lebih aman. Maklumlah, di jalan lintas Sumatra sering terjadi perampokan dan penodongan,” kata Rizki. Rawannya lintas Sumatra men-

Sepanjang lintasan balik banyak tempat peristirahatan yang bisa dimanfaatkan para pengendara. Di tempat itu tersedia berbagai fasilitas, mulai dari kedai makanan dan minuman, tempat wisata, hiburan, jasa pijat gratis, hingga hot spot.

juga tersedia tempat parkir, kamar kecil, dan kamar mandi.

ANTARA/ UJANG ZAELANI

DISUGUHI HIBURAN I Beberapa rest area menyediakan berbagai fasilitas hiburan yang bisa dinikmati para pengendara yang sedang dalam perjalanan balik dari kampung halaman. Fasilitas-fasilitas itu diharapkan bisa mengusir kelelahan sehingga para pengendara bisa melanjutkan perjalanan dalam kondisi fisik yang lebih segar. dorong pihak kepolisian melakukan pengamanan yang cukup ketat. Di jalan lintas Sumatra arah Sumatra Barat (Sumbar) saja, sedikitnya 3.000 personel disiagakan untuk mengamankan jalur itu. Kepala Humas Polda Sumbar AKBP Kawedar mengatakan para personel itu disebar di jalur-jalur rawan kecelakaan dan perampokan. “Kami menggelar operasi ketupat demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan dengan membangun posko di sejumlah lokasi black spot (lokasi rawan kecelakaan),” katanya. Menurut Kawedar, jalur lintas Sumatra dari Dharmasraya hingga memasuki Padang serta Pekanbaru-Padang merupakan lokasilokasi yang rawan kecelakaan. Selain di lintas Sumatra, di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) pun banyak terdapat tempat-tempat istirahat. Salah satu rest area yang kerap difavoritkan para pengendara adalah kawasan Hutan Jati Adinuso, Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Antoni Fandi, 35 tahun, se-

orang karyawan swasta asal Pati, Jawa Tengah, yang akan kembali ke Jakarta, menuturkan kawasan Hutan Jati Adinuso sangat cocok dijadikan tempat beristirahat sejenak. Tempatnya yang teduh dengan kawasannya yang luas membuat suasana istirahat se-

makin nyaman. “Sudah dua kali Lebaran kami sekeluarga mampir melepas lelah dan menikmati air kelapa muda yang segar di sini,” katanya. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ujar Antoni, penataan kawasan serta kebersi-

POLISI 9119

POLISI 9119

Cilego Cilegon l Tangerang

JAKARTA

han di tempat peristirahatan itu terlihat lebih baik. Dia memperkirakan perbaikan itu disebabkan makin banyak orang yang mampir ke tempat itu. Di kawasan seluas dua hektare itu berdiri puluhan kios yang menjual aneka makanan dan minuman. Di tempat itu

POLISI 9119

POLISI 9119

Jembatan Timbang Tidak hanya kawasan Adinuso, masih ada beberapa rest area lainnya di Jawa Tengah yang difasilitasi Pemprov Jawa Tengah, juga pihak swasta. Untuk memanjakan para pengendara yang ingin beristirahat sejenak, pemprov “menyulap” 17 jembatan timbang menjadi rest area yang lengkap dengan fasilitas kamar mandi, tempat parkir, serta kedai makanan dan minuman. Beberapa jembatan timbang itu antara lain Tanjung, Brebes, Ajibarang di Banyumas, Subah di Batang, Wanareja di Cilacap, Butuh di Purworejo, dan Tugu di Semarang. Berbeda halnya dengan di lintas Sumatra dan Pantura, di jalur penghubung antarkabupaten di Sulawesi Selatan ke arah Makassar tidak ditemui rest area, baik yang disediakan oleh instansi pemerintah maupun swasta. “Selama perjalanan, kalau kebetulan hujan atau mau istirahat sejenak, pengendara mampir ke rumah penduduk atau warung-warung di pinggir jalan saja,” kata Anugerah, seorang pengendara motor yang akan kembali ke Makassar. Seperti Anugerah, Harianto yang menempuh perjalanan dari Bulukumba (sekitar 150 km dari Makassar) menuju Makassar memilih menghilangkan jenuh dan letih selama perjalanan di warung-warung makan pinggir jalan di Kabupaten Je’neponto, sekitar 95 km dari Makassar. Warung-warung itu biasanya menyediakan gogos, menu khas Je’neponto. Gogos merupakan makanan yang diolah dari beras ketan yang dibungkus daun pisang kemudian dipanggang. Selain menikmati hidangan, para pengendara yang beristirahat bisa menikmati pemandangan sekitar. “Saya bahkan sempat memotret objekobjek yang menarik di Je’neponto,” tutur Harianto.  gus/SM/SB/PL/MK/L-2

POLISI 9119

POLISI 9119

POLISI 9119

Indramayu

Bekasi

Kudus

Karawang

SERANG

Demak Cirebon Purwakarta

Pekalongan

Kendal

Brebes Tegal

Bogor

Pemalang

BANDUNG

Batang

SEMARANG

Sumedang

Cianjur Bumiayu

Sukabumi

Salatiga

Purbalingga Magelang

Tasikmalaya

Purwokerto Ciamis

Banyumas Kebumen

Solo Sleman

YOGYAKARTA

Rest Area Polisi

POLISI 9119

POLISI 9119

POLISI 9119

POLISI 9119

Mengusir Penat Sembari Berwisata

K

elelahan karena terlalu lama berkendaraan? Beristirahatlah sejenak untuk mengembalikan energi dan mengusir rasa kantuk. Bagi mereka yang tengah menempuh perjalanan balik sehabis merayakan lebaran, tidak perlu bingung mencari tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat rehat di sepanjang lintasan mudik dan balik. Mereka yang berkendara dari Jawa Tengah menuju Jakarta yang memilih jalur Pantura (SemarangPekalongan-Brebes-Cirebon) bisa beristirahat di kota-kota sepanjang jalur itu. Sembari mengusir penat, para pengendara bisa mampir ke warung-warung makan atau tokotoko yang menjual makanan khas daerah tersebut. Di tempat peristirahatan Klampok dan sepanjang Jalan Diponegoro, Brebes, misalnya, banyak ditemukan toko yang menjual telur asin. Toko-toko itu buka selama 24

jam. Tempat lain yang juga menarik untuk disinggahi adalah Pantai Randusanga Indah. Lokasinya sekitar tujuh kilometer dari jalan raya Pantura. Di pantai itu terdapat beragam permainan anak-anak, seperti balap motor dan mandi laut. Selain di Brebes, pengendara bisa mampir di Pemalang untuk menikmati nasi grombyang. Menu khas Pemalang itu merupakan paduan dari nasi, daging kerbau, dan kuah. Disebut nasi grombyang karena pada penyajiannya, kuah lebih banyak daripada isinya sehingga makanan terlihat grombyang atau bergoyang. Tidak hanya di Jawa, pemudik yang berasal dari Sumatra dan melintasi jalan lintas timur Sumatra bisa beristirahat di beberapa tempat, seperti rumah makan, hotel, tempat wisata, dan SPBU. Di jalur antara Lampung dan Palembang, tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (150 km dari Palembang), terdapat tempat wisata yang

FLICKR.COM

Danau Teluk Gelam cukup nyaman untuk dikunjungi, yakni Danau Teluk Gelam. Danau tersebut pernah dijadikan tempat penyelenggaraan lomba dayung

pada PON 2004. Daya tarik Danau Teluk Gelam bukan hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga fasilitasfasilitas wisatanya, seperti permainan anak-anak dan orang dewasa, kolam renang, perahu dayung, dan jet ski. Kaum muslim yang ingin menunaikan ibadah salat tidak perlu khawatir. Pasalnya, di kompleks Danau Teluk Gelam tersedia sebuah masjid yang cukup megah. Untuk memasuki tempat wisata itu, pengunjung cukup mengeluarkan uang 1.500 rupiah. Di sekitar Danau Teluk Gelam juga terdapat sentra penjualan oleh-oleh, mulai dari kerupuk, pempek, buahbuahan, hingga mainan anak-anak. Angga, seorang pengunjung yang baru pulang dari Pekanbaru, Riau, yang mampir di tempat wisata itu, menuturkan suasana kawasan Teluk Gelam yang masih asri membuat dirinya merasa nyaman beristirahat di situ. Selain di Sumatra, kawasan peri-

stirahatan juga banyak dijumpai di sepanjang lintasan mudik dan balik di Sulawesi Selatan. Beberapa tempat yang menarik untuk disinggahi antara lain toko roti Maros di Kabupaten Maros, warung kopi dan rumah makan di Camba, warung coto kuda, kedai dange di Barru, warung jagung bakar, dan sara’ba di Takalar. Para pengendara yang berasal dari arah utara, seperti Kabupaten Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Provinsi Sulawesi Barat, bisa mampir sebentar di toko roti Maros yang letaknya sekitar 30 km dari Makassar. Roti Maros yang bentuknya kecil-kecil seperti roti unyil di Bogor itu telah menjadi ikon kuliner Kota Maros. Selai dari durian yang diisikan di tengah-tengah roti menjadi ciri khas roti Maros. Apabila roti digigit, terasa sekali selai yang manis dan lembut di mulut. Karena kekhasan rasanya itu, roti maros kerap dijadikan buah tangan oleh mereka yang baru pulang kampung. Tidak hanya di Ma-

ros, di Pangkep pun tersedia kuliner khas yang layak untuk dicicipi, yaitu ikan bolu atau ikan bandeng. Di sana banyak terdapat warung makan yang menyediakan menu itu. Selain wisata kuliner, dalam perjalanan kembali dari kampung halaman, pengendara bisa berhenti sejenak untuk menikmati wisata alam. Saat melewati jalur Camba, terlihat pemandangan alam yang cukup memesona. Bagi mereka yang ingin agak lama menikmati suguhan pemandangan alam itu, sejumlah warung kopi dan rumah makan yang ada di sepanjang jalur dari Kabupaten Bone itu dapat disinggahi. Sembari menikmati embusan angin perbukitan, pengendara dapat menyantap berbagai hidangan khas daerah. Ditemani secangkir kopi atau teh hangat, suasana istirahat menjadi semakin mengasyikkan. Pengendara pun siap melanjutkan perjalanan.  SM/PL/MK/L-2


KORAN JAKARTA

AGENDA

®

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

15

SINEMA

Terjebak Insiden Penculikan Teroris Penggemar CSI pasti sudah tak asing dengan wajah Gary Dourdan. Kali ini, aktor kulit hitam itu membintangi Fire! film aksi yang berkisah tentang pria yang terjebak di antara konspirasi terorisme politikus kotor.

Judul : Fire! Sutradara : Raoul W Heimrich Pemain : Gary Dourdan Cosma Hagen Genre : Action Produksi : Arenico Rating :

Bagi Anda yang merindukan jenis film-film aksi kelas B yang marak pada akhir ‘80-an atau memang penggemar berat Gary Dourdan, Fire! boleh dijadikan pilihan tontonan.  ryb/L-3

S

eorang dosen pengajar seni musik dan pemain band di Berlin, Jerman, bernama Phil May (Gary Dourdan) dan istrinya, Eve, sedang membuat aplikasi kredit rumah di sebuah bank. Saat Phil keluar gedung sebentar untuk mengirim rekaman demo grup musiknya, seorang pria menabraknya dan menukar telepon seluler miliknya. Sang pria lalu masuk ke bank, dan ia dikejar oleh dua

orang bersenjata yang kemudian membunuhnya. Dua pria itu lalu menyandera seluruh gedung, termasuk Eve. Mereka menyangka Phil adalah teman pria yang baru saja mereka bunuh. Polisi lalu mengepung bank itu. Phil dipaksa mengeluarkan mereka bila ingin Eve selamat. Lolos dari kepungan polisi, dua pria itu tak langsung melepaskan pasangan itu dan memaksa Phil mengakui rencana sang pria yang menukar ponsel tadi. Phil mengakui bahwa sebelum tewas, pria itu menyuruhnya bertemu dengan Nicole Hart (Cosma Shiva Hagen), seorang wartawati televisi. Mereka memerintahkan Phil menculik

wanita itu. Meski berhasil lolos bersama Nicole, sayangnya Eve tetap mereka sandera. Nicole menjelaskan bahwa pria yang tewas itu adalah Eric, narasumbernya. Lewat ponsel tadi, Nicole menemukan sebuah chip berisi rekaman pembicaraan rencana pengeboman acara pemilu Kanselir Jerman yang baru keesokan harinya. Mereka menduga bahwa penculik itu adalah teroris bayaran dan berencana meledakkan bom enam jam lagi. Setelah investigasi lebih lanjut, Phil dan Nicole menemukan fakta bahwa dalang di balik rencana ini adalah Kellerman, salah satu kandidat kuat yang justru programnya sangat menentang keras aksi

terorisme. Mengetahui bahwa teroris itu tak akan melakukan tindakan bom bunuh diri, Phil menyadari bahwa istrinya, Eve, akan dikorbankan. Pria itu harus berpacu dengan waktu menemukan istrinya. Kurang Penghayatan Gary Dourdan selama ini terkenal lewat perannya sebagai Warrick Brown, petugas polisi penyelidik TKP dalam serial televisi CSI. Dua dari lima kali nominasi Image Awards ia raih lewat perannya itu. Sebelumnya, ia hadir sebagai pemeran pembantu dalam film-film box office seperti Alien: Resurrection (1997). Ia adalah satu-satunya aktor Hollywood yang didapuk da-

lam film produksi Jerman tahun 2008 ini. Meski adegan-adegan aksi yang ditampilkan cukup menegangkan dan cepat, disayangkan untuk standar film aksi modern, film ini terkesan ketinggalan zaman. Plot mengalir dengan sederhana tanpa menawarkan penonton kejutan dan terobosan baru dalam film aksi. Para pemainnya pun terlihat kurang menghayati karakter mereka. Akting Dourdan sendiri terlihat sangat tidak maksimal. FOTO-FOTO: ARENICO FILMS

SUDOKU

SINOPSIS

Apollo 13

Four Brothers

Pemain Stasiun Tayang

Pemain : Mark Wahlberg Stasiun : RCTI Tayang : Sabtu, (26/9) 22.15 WIB

: Tom Hanks : Trans TV : Sabtu, (26/9) 23.30 WIB

KEBERHASILAN NASA mendaratkan Neil Armstrong di bulan, dilanjutkan dengan misi penjelajahan ruang angkasa lain. Kali ini pesawat ulang-alik Apollo 13 dengan kru astronot Jim Lovell, Frad Haise, dan Jack Swigert, berhasil mengangkasa. Namun karena kesalahan sepele yang berakibat fatal menyebabkan nyawa mereka di ujung tanduk. Sementara para astronot itu berusaha bertahan, di bumi pada ruang kendali NASA, para Ken Mattingly, astronot senior dan direktur penerbangan Gene Kranz serta kru lainnya berusaha keras mencari cara agar awak Apollo 13 itu dapat kembali dengan selamat.

SENI & HIBURAN

Isilah kotak kosong hingga setiap kolom, lajur, serta area kotak 3x3 terisi angka 1-9 tanpa ada pengulangan.

4

EVELYN Mercer, wanita tua warga di sebuah pemukiman kumuh di Detroit, tertembak oleh kawanan perampok di satu toko swalayan. Empat anak tirinya, Bobby, Angel dan Jack yang dikenal sebagai pemuda bersaudara paling disegani di daerah itu segera turun tangan mengincar pembunuhnya. Investigasi itu justru menyeret mereka berurusan dengan saudara mereka yang lain, Jeremiah yang berbisnis dengan jaringan mafia lokal. Keadaan semakin ruwet karena reputasi latar belakang kriminal dan aksi mereka yang brutal mulai diawasi polisi. Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg.

1

9

6

2 4

9 2

5

1

5

6

1

1 3

1

8 2

5 6

3

5

Seni Visual September Ceria

19 September - 11 Oktober 2009 Hall Rama Shinta, Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol

9

2

5

1

4

8

3

9

2

6

9

3

2

1

6

7

5

8

2

6

8

9

5

7

3

1

4

8

1

7

6

2

9

5

4

3

9

3

4

1

7

5

6

8

2

5

2

6

8

3

4

1

9

7

3

8

9

5

6

2

4

7

1

1

7

5

3

4

8

2

6

9

6

4

2

7

9

1

8

3

5

7-11 Oktober 2009 www. ubudwritersfestival.com 0361-7808932

8 Oktober 2009 Goethe Haus Jl Sam Ratulangi No 9 -15, Menteng, Jakarta Pusat

Konser Gitar “Benny M Tanto” Rabu, 14 Oktober 2009, 20.00 WIB Graha Bakti Budaya TIM: Jl Cikini Raya 73, Jakarta

Edisi Jumat, 25 September 2009

4

Ubud Writers & Readers Festival

9 Oktober 2009 GoetheHaus Jl Sam Ratulangi 9-15, Menteng, Jakarta Pusat

JAWABAN SUDOKU 7

Kamis, 1 Oktober 2009, 19:00 WIB Serambi Salihara : Jl Salihara No 16 Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Serambi Jazz “Henning Sieverts Quartett Concert”

5 8

Pembacaan Karya dan Diskusi, ”Multi identitas dan Radikalisme”

Pertunjukan Tari “Xavier le Roy Product of Circumstances”

X-Men Exhibition “HIdupkan Imajinasi di Hari Fitri”

7

7

4

Gambar-gambar satwa yang terancam 12 Agustus – 3 Oktober 2009 Erasmus Huis: Jl HR Rasuna Said Kaveling S-3, Kuningan, Jakarta

8 September – 18 Oktober 2009 Jogja Gallery, Yogyakarta

6 9

Pameran “Pohon Kehidupan”

» FAKTA DI BALIK SUDOKU: Jika jam terbang Anda cukup tinggi, dengan mudah dapat membedakan sudoku bagus dengan yang `kurang` bagus. Sudoku bagus tidak memberi petunjuk sulit bagi pemainnya. Awalan permainan mudah sekali diisi, lama-lama baru terasa sulit. Sudoku `kurang` bagus, mereka langsung sulit diisi dan tidak memberi petunjuk dalam format sel tegak lurus.

Bagi Anda yang memiliki info tentang kegiatan seni, budaya dan entertainment, silakan menginformasikan ke redaksi Koran Jakarta dengan alamat email redaksi@koran-jakarta.com

»

ACARA TELEVISI AN TEVE 06.00 Conch Bay 06.30 Pororo The Little Penguin 07.00 Star Kids Ya Iyalahh 07.30 All New Popeye 08.00 Magic & Trick 08.30 Jellycious by Nutrijell 09.00 Pondok Kecilku Pondok Pintarku 09.30 Masak Yuuu 10.00 Espresso Weekend 11.00 DRTV 11.30 Topik Siang 12.00 Predator Life 13.00 Info Agribisnis: Kisah Sukses Petani 14.00 Kampiun Sepakbola Nasional 14.30 Demian Sang Ilusionis 15.00 Topik Petang 15.30 Tawa Sutra Bisaa Ajaa Spesial Lebaran 17.00 Santai Bareng Yuk 18.30 Kena Deh 19.00 Kungfu Komeng 20.00 Rusun Banyak Tawa 21.00 Untung Ada Budi 22.30 Sedap Malam 00.00 Late Night Movies: The Human Shield

RCTI 06.30 Go Spot

07.00 08.30 11.00 12.00 12.30 13.00 15.30 16.00 17.00 17.30 19.00 21.15 22.15 00.30 01.30

Mulan 2 Dashyatnya Lebaran Silet Seputar Indonesia Siang Sergap Film Keluarga: 102 Dalmatians Seputar Indonesia Hits Baim Anak Sholeh Manohara Cinta dan Anugerah Kemilau Mandiri Fiesta Box Office Movie: Four Brothers Prison Break Season 2 Super Babies: Baby Geniuses 2

GLOBAL TV 06.00 Spongebob Squarepants 07.00 Avatar 08.00 Yo Gabba Gabba 08.30 Magic Roundabout 09.00 Wonder Pets 09.30 Kid vs Kat 10.00 Randoom Cartoon 10.30 Genie 11.00 Bolu 11.30 Resto Sedap 12.00 Abdel vs Temon: Masih Bukan Superstar

13.00 13.30 14.00 15.00 15.30 16.00 16.30 17.00 17.30 18.00 19.00 20.00 22.00 00.00 00.30 01.30

Global Siang Benang Merah You and Me Honda DBL Bindi The Jungle Girl Mata Angin Berita Global Petualangan Panji Ill Feel Naruto Are You Smarter Than The 5th Grader Finding Nemo Big Movies Jelang Qualifying Qualifying F1 Singapore MTV Insomnia Ngajak Sahur

TPI 06.00 Lintas Pagi Akhir Pekan 07.00 Karena Cinta 08.00 Diantara Kita 08.30 Santapan Nusantara 09.00 Ninja Warrior 10.00 Cerita Pagi 11.00 Sidik Kasus 11.30 Jendela 12.00 Komedi Spesial Lebaran Pulang Kampung 14.30 Go Show Sabtu 15.00 Twist & Shout 16.30 Lintas 5

17.00 Ninja Warrior 18.00 Upin & Ipin dan Kawan-kawan 19.00 Big Show 20.00 Big Show: Tok Tok Out 21.00 Sinema Layar Lebar: Twin Effect II 23.00 Warkop DKI: Bagi-Bagi Dong 00.30 Obat Malam 01.00 Layar Tengah Malam

TRANS TV 06.00 06.30 07.30 08.00 08.30 09.00 10.00 10.30 11.00 12.00 12.30 13.00 14.30 15.00 16.00 16.30 17.00 17.30 18.15 19.00

Halal ? Insert Pagi Kuliner Pilihan Gula-Gula Koper dan Ransel Ceriwis Ala Chef Benu Buloe Insert Hidup Ini Indah Ngulik Derings Makin Gaya Penting Banget Fans Insert Sore Reportase Sore Jika Aku Menjadi Termehek-mehek Happy Family Me vs Mom

20.00 Extravaganza Malam Mingguan 21.30 Bioskop Trans TV “Waterworld" 23.30 Bioskop Trans TV “Apollo 13" 01.30 Sinema Dini Hari "Psycho"

20.00 Maximum Race 21.00 Musik Spesial Sound Fair Fest 2009 22.30 V.I.P 00.30 Theater 7 Malam: Rag and Bone

TRANS 7

06.30 07.30 09.33 10.00

06.00 06.30 07.30 08.00 08.30 09.00 09.30 10.00 11.00 11.30 12.00 12.30 13.00 13.30 14.00 14.30 15.00 15.30 16.00 16.30 17.00 17.30 18.30

Sport 7 Akhir Pekan Redaksi Pagi Sehat Ala Gus Muh Two Worlds Infomercial Teiwe She Can! Tupperware Foody With Rudy Bizarre Food Potret Jalanan Redaksi Siang Akhir Pekan I Gosip Siang Si Bolang Jalan-jalan Buku Harian Si Unyil Galeri Sepakbola Indonesia One Stop Football Highlights Otomotif Automaxx Jejak Si Gundul Mancing Mania Redaksi Sore I Gossip News Mr. Bean On The Spot

SCTV

12.00 12.30 15.00 17.00 17.30 18.00

Was- Was Inbox Hot Shot Gala Keluarga: Ketika Cinta Harus Jujur Liputan 6 Siang Sinema Siang Spesial: Heart Musik Spesial Lebaranan Di Ancol Liputan 6 Petang Cinta Juga Kuya Gala Sinema Spesial : "Lost in Love"

INDOSIAR 06.00 07.00 08.00 08.30 09.00 09.30 10.00 12.00 12.30 15.30

Fokus Pagi Horison Kid's N Song Bike To Nature Bango Cita Rasa Nusantara Kiss Plus Happy Song Fokus Siang Take Me Out Indonesia The Dating

17.00 18.00 19.00 21.00 22.00 00.00

Amira Tangisan Isabela Inayah Gebyar BCA Miss USA 2009 Sinema Malam: Afghan Knights 02.00 Sinema Fajar: Return On The Living Dead 3

TV ONE 06.30 Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan 08.30 Property & Bank Solution 09.00 Documentary One 10.00 Trend And Style 10.30 Documentary One 11.00 Cerita Dari Seberang 11.30 Riwajatmoe Doeloe 12.00 Kabar Siang 13.00 Tinju Legendaris 14.00 Soccer One 14.30 Documentary One 15.00 Preview Barclays Premier League 16.00 Documentary One 17.00 Backpackers 17.30 Kabar Petang 19.30 Malam Minggu One 20.30 Liga Inggris: Liverpool vs Hull City 23.00 Liga Inggris: Fulham vs Arsenal 01.30 Kabar Malam

JAK TV 06.00 Belagu 07.00 Maha Karya Agung Sedayu 07.30 Medika Natura 09.30 Jellycious 10.00 Teras 10.30 Komunitas Kita 11.00 Lejel Home Shopping 14.00 Dimarco 14.30 This Your Time 15.02 Bedah Buku 15.30 Music Chart 16.30 Silaturrahim 17.02 Klip 17.12 Zakat Memang Ajiib 17.43 Kultum Ajiib 17.59 Kultum Frodo 18.06 Jurnal Ramadhan 18.30 Jakarta Petang 19.02 Pop Notes 20.00 Movies "The Song Sisters" 22.02 Belagu 23.02 Jakarta Malam 23.30 Margo Friday Jazz 00.00 Hollywood Highlights 00.30 Lejel Home Shopping 01.30 Jak 24

METRO TV 06.05 Editorial Media Indonesia

07.05 07.30 08.05 08.30 09.05 09.30 10.05 10.30 11.05 12.05 13.05 13.30 14.05 15.05 15.30 16.05 17.05

Indonesia Now Metro Xin Wen One Stop Inspiration Virgie's Travel Guide Ceritarasa William Wongso Launching Kav. Grand Orchard Agung Sedayu Showbiz Cinema Oprah Winfrey Show Metro Siang Spirit Football Metro Golf Supernanny Expedition Inside Expedition Ensiklopedia Islam

17.30 Metro Hari Ini 18.05 Metro Highlights 18.30 Last Days of An Icon 20.05 Legendary Album 21.05 Top Nine News 21.30 World Cinema 23.30 Metro Sports 00.05 Metro Malam 23.05 Secret Operation 23.30 Metro Sports 00.05 Metro Malam 01.05 Editorial Media Indonesia 23.05 Inside 23.30 Metro Sports 00.05 Metro Malam

TVRI 06.32 07.00 07.30 07.45 08.00 08.30 09.00 10.00 10.35 11.00 12.00 12.30 13.00 13.30 14.00 15.00 16.00 17.00 17.30

Pigura Sinetron Anak Cerdas Ria Mukjizat Dari Pesantren ke Pesantren Pelangi Desa Pesona Budaya Nusantara Warta Dunia Daerah Membangun Tangga Nada Warta Siang Daerah Membangun PGI Buka Mata Siaran Pedidikan Suara Perempuan Panggung Gaul Budi dan Kerti Sinetron Ayahku Guruku

18.00 English News Service 18.30 Jendela Dunia 19.00 Warta Malam 19.30 Binar 20.00 Sinema Kita 21.00 Dunia Dalam Berita 21.30 Sinema 22.00 Gebyar Keroncong 01.00 Warta Terakhir

Acara sewaktu-waktu dapat diubah oleh stasiun televisi.


16

INSPIRASI

Sabtu 26 SEPTEMBER 2009

KORAN JAKARTA

Elizabeth Hurley

Matt Damon

Giat Menolong

Upayakan Air Bersih untuk Haiti

Penderita Kanker

M

odel dan aktris Elizabeth Hurley menyumbangkan koleksi busana favoritnya untuk lelang amal. Hasil pengumpulan dana akan disumbangkan ke rumah sakit anak Alder Hey di Inggris. Adapun koleksi favorit yang disumbangkan adalah beach collection yang banyak diincar para penikmat busana. “Saya senang bisa turut serta menyumbangkan sesuatu dalam acara amal ini, khususnya untuk mendukung pendanaan program Alder Hey Imagine Appeal untuk para pasien,” ujarnya dikutip dari Look to the Stars, Selasa (22/9). Liz Hurley, demikian ia biasa disapa, menerangkan ajang yang diberi nama The Clothes Throw tersebut juga memiliki nilai positif bagi dirinya. The Clothes Throw tidak hanya menampilkan acara pengumpulan dana, namun baju yang disumbangkan akan

didaur ulang untuk kemudian digunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Alder Hey merupakan rumah sakit anak tersibuk di daratan Eropa. Di sana tersedia layanan untuk keluarga dengan pasien muda sebanyak 250 ribu setiap tahunnya, dan termasuk rumah sakit yang paling laris di Inggris. Pada 2005, Alder Hey Imagine Appeal, sebagai sebuah program aksi amal diluncurkan dengan dukungan Yoko Ono. Tujuannya menunjang pendanaan bagi penelitian di rumah sakit dan peningkatkan layanan bagi keluarga dan pasien serta peralatan medis. Untuk gelaran lelang ini, Alder Hey bekerja sama dengan Racquet Club di Liverpool, yang akan menjadi tempat diselenggarakannya aksi tersebut. Sejumlah desainer ternama Liverpool dipastikan juga turut serta mendukung kegiatan filantropi tersebut.

A

Adapun konsep gelaran yang diikuti Liz Hurley datang dari pemilik Rackquet bernama Helen. Ia mengundang publik yang memiliki pakaian layak pakai, yang tidak lagi menjadi favorit atau sudah ketinggalan zaman untuk disumbang. Lelang akan digelar 28 Oktober dengan menghadirkan sejumlah figur publik. Liz Hurley memang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan filantropi. Aktris yang bermain dalam film Austin Powers itu menaruh perhatian besar pada kesadaran akan penyakit kanker. Ia termasuk yang paling aktif bergiat dalam kampanye Estée Lauder’s Breast Cancer Awareness. Kampanye yang menjadi bagian dari perusahan kosmetik itu, menciptakan lipstik khusus Elizabeth Pink yang hasil penjualannya akan disumbangkan untuk The Breast Cancer Research Foundation.  rai/L-3

ktor Matt Damon yang juga salah seorang pendiri water.org, baru-baru ini, menyumbang dana cukup besar untuk penyediaan air bersih di Haiti. Dalam pembukaan acara Clinton Global Initiative Annual Meeting di AS, bersama Gary White yang juga pendiri organisasi yang sama, Matt mengumumkan akan menyumbangkan uang senilai dua juta dollar AS sebagai komitmen penyediaan air bersih dan sanitasi bagi 50 ribu warga Haiti. Program itu dijadwalkan berlangsung hingga tiga tahun mendatang. Dalam kesempatan yang sama, organisasi Water.org juga mengumumkan kampanye media sosial yang menjadi tempat bagi setiap orang untuk bisa berpartisipasi dalam hal perubahan menuju air bersih di Haiti. Pilihan terhadap Haiti berdasarkan alasan tersendiri bagi Matt Damon dan Gary. “Situasi di Haiti sangatlah ekstrem, termasuk sebagai negara miskin di

AFP/MARTIN BUREAU

Christina Applegate

Mendesain Kaus Melawan Penyakit

S

elalu saja ada jalan menuju Roma. Begitu juga untuk kegiatan filantopi bagi aktris pemeran film The Sweetest Things, Christina Applegate. Sebagai duta produk jeans, Lee National Denim, ia mengajak teman selebritas lain dalam acara amal yang ditujukan untuk organisasi peduli perempuan, Right Action For Women (RAFW). Selama satu pekan, dalam aksi Lee National Denim Day, Christina bersama sejumlah

artis, di antaranya personel The Black Eyed Peas, Ashley Tisdale, Randy Jackson, dan Jennifer Morrison, akan terlibat dalam aksi lelang amal. “Saya sangat senang banyak figur publik yang sudah tak asing lagi wajahnya bagi masyarakat turut mendesain kaus dalam aksi amal untuk membantu Right Action for Women ini,” ujar Christina, dikutip dari Look to the Stars, Rabu (23/9). Aktris yang juga turut berperan dalam film Alvin and the

Chipmunks itu menerangkan uang yang terkumpul dalam lelang akan ditujukan untuk program peduli pengidap kanker payudara di RAFW. Dalam aksi itu, baik Christina maupun artis lain yang terdiri dari aktor, musisi, dan atlet, akan mendesain masing-masing satu kaus, lalu menandatanganinya. Kaus kreasi tersebut akan dilelang pada 2 Oktober mendatang, yang disebut sebagai gerakan amal terbesar untuk pengidap

AFP/JEWEL SAMAD

kanker payudara di Amerika Serikat. Uang sebesar lima dollar AS dari harga kaus akan disumbang untuk Right Action for Women. Christina telah ditunjuk sebagai juru bicara Lee National Denim Day sejak enam tahun yang lalu. Dalam setiap aksi amalnya, gelaran itu berhasil mengumpulkan dana hingga jutaan dollar AS, yang diperuntukkan bagi pendidikan dan penelitian kanker payudara. rai/L-3

®

dunia, yang hampir separo warganya tidak memiliki akses terhadap air bersih,” ujar Gary, dikutip dari laman looktothestars, Rabu (23/9). Tidak hanya itu, Matt dan Gary menilai ketiadaan air bersih juga berakibat pada rentannya warga terkena penyakit dan kemiskinan. Oleh karenanya, ke depan, bersama organisasi tersebut, ia juga akan mengembangkan kegiatannya membantu menemukan jalan keluar untuk mengurai permasalahan kesehatan bagi warga Haiti. Komitmen terhadap penyediaan air bersih di Haiti merupakan salah satu dari sekian program yang dimiliki Water.org untuk negara tersebut. Di samping itu, ada program pemberian bantuan kredit lunak di bawah program WaterCredit Initiative. Bantuan finansial untuk membantu warga Haiti ini ditujukan khusus untuk warga yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi. Dalam berkegiatan sosial, Matt dan organisasi peduli air bersih itu telah mendorong banyak pengunjung di situsnya untuk menjadi relawan dan penyumbang dana. Ada juga alternatif pendukung, dengan cara mengundang teman untuk turut serta dengan tujuan agar makin banyak orang yang mengetahui adanya isu krisis air. Beranjak dari makin cepatnya informasi menyebar lewat Internet, Water.org juga membuat media yang khusus untuk mengundang pengunjung situs ikut mendukung program yang dijalankan.  rai/L-3

AFP/GETTY IMAGES/MATT CARR

JENAK

KPK: Semakin Sakit atau Sakti?

K

bagai argumentasi ketat eperkasaan dan kuat akan apa yang Komisi Pembeterjadi. Presiden mengerantasan Korupsi luarkan keputusan, kep(KPK), sebagai sosok pres, mengenai tim yang lembaga negara yang memberi rekomendasi mencolok dalam aksisiapa yang menjadi peaksinya, telah menjadi laksana tugas pimpinan momok bagi institusi di KPK. Tim ini yang resmi lainnya. Proakan mengajukan nama kontra supremasi KPK terjadi. Digugat, diper- Arswendo Atmowiloto untuk dipilih dan disetujui presiden. tanyakan, tapi sekaliSampai di sini sudah gus juga didukung oleh tersuarakan debat hangat apakah itu kelompok yang berbeda. Sedikitnya, inilah gambaran yang perlu, apakah itu bukan intervensi. Sampai dengan kemudian penolakmencuat ke permukaan setelah dua pemimpin KPK ditersangkakan oleh an terhadap salah satu anggota tim, Todung Mulya Lubis, oleh organisasi kepolisian dalam kasus penyalahgunaan wewenang. Berbeda dengan pengacara. Dan suara-suara keras lainnya, yang bukan tim, yang merupenahanan Ketua KPK yang terdamuskan kriteria utama siapa yang hulu, yang meskipun heboh, terasa pantas diajukan beserta analisis hanya suam-suam kuku dari segi panjang tentang akibat-akibat yang eksistensi institusi, kali ini cukup ditimbulkan. menyengat perhatian. Berbagai Pokoknya menjadi ramai, kadang dugaan makin dikuatkan bahwa pemembingungkan, penuh ketelemahan atau bahkan pelumpuhan gangan, adu kepentingan kelompok tengah berlangsung. atau secara nasional, yang selama Lihatlah keruwetan dengan ber-

[D] THAI / HORROR

KORAN JAKARTA/ONES

seminggu ini akan mencapai puncaknya. Segala peraturan hukum, dari pasal sampai ayat, segala nama tokoh—dari yang dekat dengan pemerintah sampai track record, serta integritasnya, dipersoalkan dari awal. Rasanya tak ada peristiwa hukum atau kelembagaan yang begitu

[SU] ENGLISH / FAMILY

[D] ENGLISH / DRAMA

berlimpah perhatian dan dicermati seperti KPK. Bisa dimengerti kalau melihat sejarah pemberantasan korupsi di negeri ini selalu kandas di tengah jalan, selalu terhenti—sementara atau selamanya. KPK menjadi harapan, dan jika menjadi sedikit

[D] ENGLISH / ACTION

berlebihan, itulah gambaran yang menampung kegeraman masyarakat selama ini. Harus diakui, media massa–boleh dikatakan semua bentuk media massa—memanjakan dan menempatkan pada halaman utama. Sedemikian konsisten dukungan ini sehingga KPK sebagai lembaga penegakan hukum yang “baru” dianggap lebih dinamis dari yang sudah ada—kepolisian atau kejaksaan, misalnya. Gesekan yang terjadi pun meluas dan mendalam, bukan lagi menyangkut pribadi-pribadi, melainkan menyeret kelembagaan. Persaingan yang terjadi menjadi nilai siapa kalah siapa menang, meniadakan satu atas dengan yang lainnya. Kalau ini yang terus terjadi, KPK akan semakin terpuruk, akan semakin sakit, akan terus dirawat, diawasi, dan tak bisa melakukan aksi-aksi yang dinamis lagi. Ia akan menjadi catatan sejarah, seperti lembaga sejenis pendahulunya. Berhenti pada niat baik, stagnan pada kemauan, dan menjadi

[D] ENGLISH / COMEDY

[D] HINDI / ACTION

[R] REMAJA

WANTED: DEAD AND ALIVE GI: 12:00 15:00 18:00 21:00 00:00 [R] HINDI / COMEDY

DIL BOLE HADIPAA GI: 12:30 15:30 18:30 21:30 00:30

[D] ENGLISH / HORROR

THE REBOUND GI: 23:30 PP: 23:00 PP VELVET: 23:45 MOI: 00:00 MOI DINING CINEMA: 21:15 TK: 00:00 [D] ENGLISH / DRAMA

SURROGATES GI: 23:15 PP / PP VELVET MOI: 22:00

[D] NORWEGIAN / ACTION

MR. BONES GI: 23:45 MOI: 00:15 TK: 00:00

[D] JAPANESE / FANTASY

THE FINAL DESTINATION GI: 12:00 14:00 16:00 20:00 22:00 00:00 GI 3D: 22:00 00:00 PP: 11:45 13:45 15:45 17:45 19:45 00:00 PP VELVET: 13:45 15:45 17:45 19:45 MOI: 14:00 18:00 20:00 MOI 3D: 21:45 23:45 TK: 14:45 16:45 18:45 20:45 22:45

[D] ENGLISH / THRILLER

MAX MANUS GI: 12:15 16:45 19:00 21:15 MOI: 12:15 14:15 18:15 22:15 TK: 12:15 14:30 19:00 00:30

[SU] INDONESIAN / ANIMATION

MERAIH MIMPI GI: 12:00 14:00 16:00 18:00 PP: 13:00 15:00 19:00 MOI: 12:00 16:00 20:00 TK: 11:45 13:45 17:45 19:45 PHOBIA 2 GI: 12:00 14:30 17:00 19:30 22:00 23:15 00:30 PP / MOI / TK: 12:00 14:30 17:00 19:30 22:00 00:30 PP VELVET: 13:30 16:00 18:30 21:00 MOI VELVET: 13:30 16:00 18:30 21:00 23:30

G-FORCE GI: 13:00 15:00 17:00 19:00 21:15 GI 3D: 12:00 14:00 16:00 18:00 20:00 PP: 12:00 13:50 15:40 17:30 19:20 PP 3D: 12:00 14:00 16:00 18:00 20:00 22:00 00:00 MOI: 12:45 14:45 16:45 18:45 20:45 22:45 00:45 MOI 3D: 11:45 15:45 17:45 19:45 TK: 12:45 14:45 16:45 18:45 20:45 22:45 TK 3D: 12:00 14:00 16:00 18:00 20:00 22:00 00:00

[D] ENGLISH / THRILLER

HE’S JUST NOT THAT INTO YOU GI / PP: 22:00 PP VELVET: 23:30 MOI: 22:00

FIRE GI: 11:45 15:45 19:45 21:45 MOI: 11:45 15:45 17:45 19:45 00:30 TK: 12:00 14:00 18:00 20:00

K-20: LEGEND OF THE MASK GI / MOI: 14:45 17:30 20:15 23:00 PP: 12:00 17:00 21:10 00:00 MOI DINING CINEMA: 12:30 TK: 12:30 15:15 18:00 20:45

hiasan tanpa aktualitas yang berarti. KPK menjadi proyek gagal dalam menyatukan kekuatan memberantas korupsi. Sebaliknya, kalau KPK bisa melalui semua gugatan keberadaan dan wewenangnya, ia akan menjadi lebih sakti dari sebelumnya. Karena kini, pertanyaan, gugatan atas dasar hukum, atas tata krama, menjadi legitimate. Legitimasinya menjadi kokoh, dan tak ada alasan mempertanyakan tata krama yang dilakukan. Termasuk yang menjadi masalah saat ini, bagaimana menemukan irama dengan langkah lain dari lembaga lain dalam tujuan yang sama. KPK yang semakin sakit, atau KPK yang semakin sakti, sedang ditentukan nasibnya dalam seminggu ini. Semua kekhawatiran, kecemasan, juga harapan, impian akan menemukan wujudnya. Kita yang optimistis bisa mempertahankan harapan dalam kecemasan walau sikap pesimistis juga punya kesempatan yang sama. 

CARRIERS GI: 14:15 21:00 MOI: 15:00

[SU] SEMUA UMUR

MOVIE SCHEDULE

Buy 1 get 1 free ticket : * BRI Debit Card (Gold, Platinum & Prioritas) every Friday - Sunday for Regular & Satin ticket * BRI Credit Card (Gold & Platinum) every Friday - Sunday for Regular & Satin ticket * UOB Buana Credit Card every Saturday - Sunday for Satin ticket

Free ticket : * BRI Prioritas Debit Card every Friday - Sunday for Velvet ticket at blitzmegaplex Pacific Place & Mall of Indonesia

50% Diskon : * UOB Platinum (Basic & Supplement) Credit Card for Velvet ticket at blitzmegaplex Pacific Place every Friday - Sunday [D] ENGLISH / ACTION

KEEPER GI: 14:30 20:00 00:30 PP: 17:00 21:00 MOI: 12:30 16:15 20:15 MOI DINING CINEMA: 15:15 19:00 TK: 12:15 19:45

[D] ENGLISH / HORROR

GRACE GI: 13:45 17:45 MOI: 13:45 TK: 16:00 22:00

[D] ENGLISH / THRILLER

[D] ENGLISH / COMEDY

HANGOVER GI: 14:45 21:30 TK: 23:30

[D] DEWASA

BEYOND A REASONABLE DOUBT GI: 12:30 19:15 23:45 PP: 14:45 19:45 TK: 21:45

[SU] MALAY / ANIMATION

GENG UPIN & IPIN GI: 12:45 TK: 15:45 KAMINEY TK: 12:00 21:45

[R] HINDI / ACTION

[R] HINDI / COMEDY

LIFE PARTNER MOI: 12:15 17:00 21:45

[D] ENGLISH / THRILLER

ANGELS & DEMONS TK: 14:15 17:00 [D] ENGLISH / COMEDY

THE PROPOSAL GI: 17:00 MOI: 19:45

BLITZMEGAPLEX TERAS KOTA NOW OPEN. INFO & SCHEDULE : WWW.BLITZMEGAPLEX.COM. OR CALL CENTER : 021-235 80 200


EDISI 463 - 26 SEPTEMBER 2009  

Edisi 463, 26 september 2009

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you