Issuu on Google+

BATAM

promo fabolous beauty week

Website www.sindonews.com

20

tamiya tak lekang waktu

28

No 0931 tahun ke 2 terbit 28 halaman harga langganan rp50.000/bulan hotline 085352259966 | 085352259988

Facebook Koran Sindo Batam

Instagram @koransindobatam

Email redaksi@koransindobatam.com

Twitter @koransindobatam

Talk-Center 0778-4100200

1 desember 2016

kamis

BI Cemaskan Ekonomi Batam Investasi Merosot, Dipicu Perubahan Aturan BP Batam BATAM – Pertumbuhan ekonomi di Kepri yang terus merosot membuat Bank Indonesia (BI) khawatir. Kemarin, BI Perwakilan Kepri menggelar Focus Group Discusion (FGD) tentang strategi menjaga daya saing Batam untuk mencari jalan keluar.

FGD yang digelar di Kantor Perwakilan BI Kepri itu diikuti seluruh stakeholder di Batam, terutama dari kalangan dunia usaha dan BP Batam. FGD itu berhasil menyingkap sejumlah hambatan yang dihadapi pelaku usaha serta penyebab utama pelemahan investasi yang ma-

suk ke Kepri, khususnya Batam. "Jangan sampai pertumbuhan ekonomi semakin melambat. Kami ingin menangkap kendala yang dihadapi dunia usaha sehingga rekomendasi yang dilahirkan melalui FGD ini bisa menggairahkan ekonomi Kepri," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indo-

nesia (BI) Kepri Gusti Raizal Eka Putra, kemarin. Ia mengungkapkan, pertumbuhan investasi Kepri pada kuartal ketiga 2016 turun drastis. Jika pada kuartal kedua pertumbuhan investasi mencapai 8,3 persen, pada kuartal ketiga hanya tumbuh 0,3 persen. Ke hal 4))

INVESTASI MEROSOT Investasi di Kepri merosot dari 8,63 persen pada triwulan II menjadi 0,11 persen triwulan III 2016. Turunnya investasi dan melambatnya ekspor serta menurunnya konsumsi rumah tangga jadi faktor utama melambatnya ekonomi Kepri. TREN PERTUMBUHAN EKONOMI KEPRI TRIWULAN I 2016: 4,58 % TRIWULAN II 2016: 5,5 % TRIWULAN III 2016: 4,64 %

INVESTASI DI KEPRI PMDN Nomor 25 dari 34 Provinsi PMA Nomor 21 dari 34 Provinsi

BATAM – Ribuan masyarakat dari beragam agama dan suku memadati Dataran Engku Putri, Batam Centre, Rabu (30/11). Mereka menyuarakan kebersamaan dan tidak terpecah belah, terutama oleh provokasi informasi di media sosial (medsos). Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, akhir-akhir ini makin banyak isu berkembang dan menyebar di media sosial. Ia mengajak warga Batam dewasa menyikapi isu-isu yang rawan memicu konflik tersebut. "Hati-hati membaca medsos, karena ini menjadi bomerang. Kita hidup di Batam, kita sepakat menjaga Batam, jangan mudah terprovokasi," ujarnya dalam kegiatan Nusantara Bersatu bertemakan "Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama". Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Andreas Nanang Dwi P mengatakan, kegiatan Nusantara Bersatu yang digelar serentak se-Indonesia ini merupakan perintah langsung Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Kegiatan yang melibatkan berbagai instansi seperti Pemko Batam, DPRD Batam, Polresta Barelang, dan TNI ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ideologi Pancasila. Sehingga tidak mudah terprovokasi dan persatuan bangsa tetap terjaga. "Gejolak di Indonesia perlu diantisipasi. Penekanan untuk menjaga kedaulatan Indonesia harus diserukan ke semua lini, bahwa NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati," tegasnya. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batam, Rustam Effendy Bangun mengatakan, akhir-akhir ini rasa kebangsaan dan nasionalisme antar anak bangsa mulai terusik. Ke hal 4))

KORAN SINDO b at am/arrazy adity a

Jaga Kerukunan dari Provokasi Medsos

Polisi dan tentara bergoyang bersama pedangdut Duo Srigala dalam acara Nusantara Bersatu yang digelar di Dataran Engku Putri, kemarin.

KOLOM

:: REVISI ATURAN LAHAN BATAM

Pencabutan Lahan Harus Disetujui DK

Ke hal 4))

QUOTE

P

BP Batam memasang pengumuman di lahan yang dibatalkan alokasinya di kawasan Batam Centre. Ke depan, penarikan lahan harus atas persetujuan DK Batam.

Aktris Kanada

Rhenald Kasali

Pendiri Rumah Perubahan

gian orang menganggap sharing economy dan collaborative economy sekadar cara baru dalam jual-beli. Salah besar! Konsep itu bukan sekadar cara baru, tapi justru sebuah perubahan besar. Ke hal 4))

Manajer yang Lulus S1 dan S2 dengan IPK 4

I Jenn Proske

ara pengelola korporasi “era lama”, termasuk dari kalangan BUMN, perlu belajar dari cara “orang-orang muda” mengelola bisnis. Bagi mereka, di era akses dan peradaban open platform ini, “memiliki” sama sekali tidak penting. Sebaliknya mereka malah lebih memilih berbisnis dengan konsep berbagi resources , atau kita menyebutnya sharing economy. Mereka juga menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan para pemilik aset dan menjadikannya sebagai mitra. Ini disebut juga dengan istilah collaborative economy. Seba-

Lebih Dekat dengan Ivone, Wisudawan Terbaik UIB

Ivone, satu dari sedikit orang yang sukses dalam pendidikan dan pekerjaan. Saat lulus S1 di Universitas Internasional Batam (UIB), ia mendapatkan nilai sempurna. Begitu juga saat melanjutkan S2 di kampus yang sama, ia kembali meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4 dan menjadi wisudawan terbaik.

Cintailah diri Anda. Hal ini penting untuk tetap menjadi positif karena keindahan berasal dari dalam tubuh ke luar.

Memanfaatkan, Bukan Memiliki

rij at na

cara teknis, mekanisme pencabutan lahan akan diatur melalui Perka BP Batam. “Diberikan kewenangan kepada DK Batam dengan melihat kepada Perka yang ada, apakah sudah memenuhi unsur atau tidak. Kalau sudah parah, baru dicabut,” tuturnya. Namun untuk sementara, jelas Taba, proses pencabutan lahan tidur yang dilakukan BP Batam akan dibiarkan berlangsung, hingga keluarnya aturan dari DK Batam. Setelah aturan keluar, BP Batam akan menurunkan dalam bentuk Perka BP Batam. “Proses yang sekarang tetap berjalan. Yang jelas, nanti keputusan DK Batam akan mengakomodir aspirasi yang ada,” imbuhnya.

KORAN SINDO b at am/teguh p

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam tak akan bisa langsung mencabut izin lahan-lahan tidur di Batam. Pencabutan harus atas persetujuan Dewan Kawasan (DK) Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam. Hal itu termuat dalam rekomendasi Tim Teknis DK Batam untuk pembenahan masalah lahan di Batam. Rekomendasi itu akan dimuat dalam revisi Peraturan Kepala (Perka) BP Batam. "DK Batam akan mengatur mekanisme pencabutan lahan tidur di Batam. Akan ada sejumlah tahapan yang harus dilalui sebelum BP Batam membatalkan pengalokasian lahan," ungkap anggota Tim Teknis DK Batam, Taba Iskandar, Rabu (30/11). Menurut Taba, nantinya se-

vone tampak sumringah. Matanya berkaca-kaca saat diumumkan sebagai wisudawan terbaik dari 494 wisudawan Universitas Internasional Batam (UIB) angkatan XII. Ia mendapatkan IPK 4,00. Ia tak menyangka kembali mendapatkan nilai sempurna. "Waktu S-1 saya juga mendapatkan IPK 4,00. Tapi tak menyangka nilai itu bisa saya raih lagi di S-2 saya, karena tantangannya kan lebih berat,"

katanya saat ditemui KORAN SINDO BATAM usai wisuda, kemarin. Gadis kelahiran Tanjungpinang, 19 Februari 1994 ini mengaku keberhasilan tersebut dicapai dengan semangat dan kegigihan. Bahkan ia pernah harus mengulang mata kuliah hingga mendapatkan nilai sempurna. Tak ingin hanya sebatas nilai, baginya yang terpenting selanjutnya adalah bagaimana bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah

Ahmad Rohmadi Batam

didapat dalam kehidupan seharihari. Sebab tidak semua teori bisa dengan mudah diterapkan, dibutuhkan juga pengalaman agar benar-benar meraih kesuksesan seperti yang diharapkan. Keberhasilan ini menjadi kado istimewa bagi Ivone untuk dipersembahkan kepada kedua orangtuanya. "Mereka adalah orang di balik kesuksesan yang saya dapatkan saat ini. Tanpa mereka, tentu saya tidak akan bisa seperti ini," ujarnya. Ia mengaku tak memiliki tips khusus untuk bisa meraih IPK 4,00.

Selain kegigihan, yang terpenting adalah semangat untuk terus belajar dan mencoba, tanpa kenal putus asa. Sebab itu, motivasi kerap ia sampaikan kepada mahasiswamahasiswa lainnya yang sering merasa putus asa dan menyerah begitu mendapatkan nilai yang tak sesuai harapan. Motivasi dari rekan sesama mahasiswa penting untuk mengembalikan semangat seseorang untuk kembali berjuang meraih keberhasilan yang dicita-citakan. "Kalau bagi saya, semangat itu sangat penting. Karena ketika kita semangat, akan selalu ada jalan," jelasnya.

Ke hal 4)) KORAN SINDO b at am/agu ng de di l azu ardi


Hal06-07(4131)opini:template koran si -#1 12/1/16 11:34 PM Page 6

2

OPINI

KAMIS 1 DESEMBER 2016

TAJUK

Berzikirlah agar Dunia Tenteram BUMDes, Motor Ekonomi Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Zikir adalah ibadah yang bertujuan untuk menggapai hidup yang damai. Karena itu, damai harus mewujud di bumi Indonesia setelah Zikir 212.

D

FAUZAN

Pemimpin Umum: Yohannes, SH., MHum Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab: Pung Purwanto Redaktur Pelaksana: Deden Rosanda Dewan Redaksi: Yohannes, SH., MHum (Ketua), Pung Purwanto, Djaka Susila, Nevy AN Hetharia, Deden Rosanda Wakil Redaktur Pelaksana I: Amri Wakil Redaktur Pelaksana II: Abdul Hamid Redaktur Eksekutif: Nevy AN Hetharia, Djaka Susila, Abdul Hakim, Nuriwan Tri Hendrawan, Hendri Irawan Redaktur: Yuri Bahasa Trisna, Slamet Widodo Asisten Redaktur: Didik Yulianto, Zaki Setiawan, Lili Lestari, Apriady, Hendra Zaimi, Chandra Gunawan, Muh. Zainal Abidin Redaktur Bahasa: Jaelani Ali Muhammad Reporter: Aini Lestari, Tommy Purniawan, Fadhil, Dicky Sigit Rakasiwi, Romi Kurniawan, Muhammad Bunga Ashab, Nitasari Kule, Tengku Bayu, Iwan Sahputra, Muhamad Ilham, Asrul Rahmawati, Reni Santika, Sarma H. Siregar, Alfian Sidik (Huashepan/Komunitas), Muhammad Arief Rachman, Ahmad Romadi, Sekred: Tika Ulanda Biro Tanjungpinang: Rinto Situmorang (Kepala), Sutana, Sony Chaniago, Sinta Devi Puspita S, Hasoloan Sinaga, Novel Martinus Sinaga, Johan Ismail, Joko Sulistiyo (Photographer), Biro Bintan: M Rofiq, Biro Karimun: Ernis Hutabarat (Kepala), Sepri Mafeli, Ricky Robiansyah, Abdul Gani Biro Lingga: Jamariken Tambunan, Biro Anambas: John Munthe, Biro Natuna: Sholeh Ariyanto, Biro Meranti: Ali Mahmud Fotografer: Arrazy Aditya, Agung Dedi Lazuardi, Teguh Prihatna, Manajer Artistik: Wisnu Handoko, Imamul Masyhudi Layouter: Tonny Richardo, Abdul Fatah, Edi Kusnady, Toto Suharto, Hendri Agustian, Mardius, Indra Munhanif, Muhammad Fahrullazi, Alde Baran Lidandi Putra HRD & GA: Lusilia Detri, IT Support: Syafarudin Fani Direktur Keuangan: Antony Staf Keuangan: Edy Wijaya, Ike Hapriani, Eka Afri Yanti, Lina Muliana, Ramhot J. Malau, Rudi Pardamean Siregar, Chatalina Wanadjaja Manajer Iklan: Ginda Alamsyah Lubis Staf Sales dan Marketing: Irwanta, Charli Malinton, Herman Desain Iklan: Gilang Pamungkas, Kurniawan Hidayat, Septian L. Prabowo Traffic Iklan: Veranita Harianja Marcomm: Nonie Marshella Telemarketing: Febby Emani

Rate Iklan Koran Sindo Batam Display Halaman 1: Rp71.000/mmk Halaman Dalam Display FC: Rp45.000/mmk, BW: Rp33.000/mmk IslandAd FC: Rp40.000/mmk, BW: Rp20.000/mmk Center Spread FC: Rp48.000/mmk, BW: Rp35.000/mmk Laporan Keuangan FC: Rp22.000/mmk, BW: Rp15.000/mmk Ucapan Selamat FC: Rp22.000/mmk, BW: Rp15.000/mmk Ucapan Berita Duka Cita FC: Rp15.000/mmk, BW: Rp6.500/mmk Advetorial FC: Rp15.000, BW: Rp7000/mmk Iklan Baris FC: Rp35.000/mmk, BW: Rp25.000/mmk Talk Centre/SMS : 0853 5225 9988 Hunting : (0778) 4100200, Fax: (0778) 4100205 Layanan Langganan: (0778) 429200, (0778) 424168, Fax: (0778) 422990 Distribusi: Koran Sindo Batam, Jalan Tenggiri Sengkuang Batu Ampar, Batam Email: redaksi@koransindobatam.com, iklan@koransindobatam.com, hrd@koransindobatam.com Penerbit: PT. Suara Media Indonesia Percetakan: PT. Media Cetak Batam Bank: BCA - 061 3000 388 / MANDIRI - 109 00 5868 5868 Alamat: Jalan Tenggiri Sengkuang Batu Ampar, Batam - 29452

Wartawan Koran SINDO selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang meminta / menerima apapun dari narasumber

Zikir Progresif

Di dunia Islam pemahaman dan praktik zikir terus mengalami perkembangan. Zikir lebih dimaknai sebagai usaha untuk manusia ber-taqarrub kepada Allah dengan tetap aktif dalam berbagai bidang kehidupan. Seseorang bisa terus melafazkan zikir sambil mengendarai mobil. Zikir adalah aktivitas di mana seseorang memberikan respons spiritualkonstruktif terhadap masalah-masalah sosial. Misalnya, melihat kesenjangan ekonomi dan kemiskinan seseorang langsung memberikan uluran tangan dan mengembangkan program pemberdayaan atau advokasi. Menyadari pentingnya hidup sehat, seseorang berusaha membangun budaya hidup sehat dan menyediakan sarana pelayanan kesehatan. Di tengah dunia kapitalistik yang korup dan materialistik, seseorang dengan penuh percaya diri bekerja di sektor profesional dengan tetap memegang teguh prinsip kejujuran, ketekunan, dan kesabaran. Demikianlah kurang le-

bih gambaran kaum sufi modern atau, dalam istilah Buya Hamka, disebut Tasawuf Modern. Untuk berzikir seseorang tidak harus bersila di masjid. Banyak kalangan kelas menengah muslim menggelar zikir di hotel berbintang. Mereka kalangan profesional yang tidak canggung dengan pernak-pernik dunia modern, tetapi tetap saleh menunaikan salat dan gemar bersedekah. Inilah yang oleh Julia Howel disebut urban sufism. Sampai pada batas ini zikir masih bernuansa ibadah dan tidak menimbulkan masalah.

Zikir Politik

Yang menjadi kontroversi adalah zikir yang akan digelar oleh Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) MUI 2 Desember (212). Zikir yang merupakan kelanjutan aksi 4 November dimaksudkan sebagai bagian dari perjuangan membela Is-

lam atas penistaan yang dilakukan oleh Ahok. Massa pengunjuk rasa menuntut Ahok dijadikan tersangka. Sekarang Ahok sudah berstatus tersangka. Tuntutan selanjutnya adalah Ahok ditahan. Zikir yang dikatakan sebagai Aksi Superdamai itu dilakukan sebagai perjuangan spiritual untuk memastikan proses hukum berjalan. Peserta aksi menengarai polisi dan aparatur kejaksaan main mata, tidak bersungguh-sungguh. Zikir ini oleh sebagian kalangan dinilai sarat muatan politis. Karena niat yang politis itulah, banyak pihak yang khawatir zikir 212 berpotensi anarkistis. Memang agak ironis. Bagaimana masyarakat khawatir dengan kegiatan zikir. Mungkin karena niatnyabernuansapolitisdanpengalaman aksi sebelumnya yang sempat diwarnai kekerasan. Kalau zikir diselenggarakan di Monas, juga tidak masalah. Itu hanya soal tempat. Di mana pun manusia harus senantiasa berzikir, mengingat, dan beribadah kepada Allah. Zikir adalah ibadah yang bertujuan untuk menggapai hidup yang damai. Karena itu, damai harus mewujud di bumi Indonesia setelah Zikir 212. Jika setelah zikir Indonesia justru semakin tidak menentu, kesejahteraan semakin jauh, dan masyarakat terpecah belah, zikir semua pihak harus kembali meluruskan niat. Waktunya bangsa Indonesia berzikir. Zikir bisa dilaksanakan di rumah, musala, masjid, hotel, kantor, Monas, dan tempat-tempat suci lainnya. Di mana pun dan dari mana pun Allah mendengar doa yang dipanjatkan oleh hamba-hambaNya yang ikhlas meminta kepada-Nya. Banyak sekali masalah di negeri ini. Jika bangsa ini berzikir dengan tulus, damailah bumi pertiwi. Berzikirlah agar dunia tenang dan tenteram. 

Menafsirkan Aksi 212

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang

Kepala Sirkulasi dan Distribusi: Aliasar Staf Sirkulasi: Muhammad Andika Putra TR, Agus Wahyu Wijanarko, Suryadet, Tarjo Sumanjaya, Andriyadi, Aprilia Rachmanita A, Fransiska Xaveria Putri Patriot, Dimpos Pangihutan Simanjuntak, Mirza Antoni Biro Hukum: Bistok Nadeak, SH

Z

pakaian kumal, kusut, dan kumuh. Kaum rasionalis mengkritik keras praktik zikir sebagai sikap negatif yang membuat umat kalah, miskin, bodoh, dan terbelakang. Padahal, dalam Alquran zikir berkaitan erat dengan ilmu, kearifan, dan kesalehan. Alquran memerintahkan kepada manusia untuk berguru kepada kaum cendekiawan (ahl al-dzikr) untuk menimba ilmu. Zikir seperti ini merupakan spiritualitas yang sangat damai dan menenteramkan.

sindo/w aw an bastian

ABDUL MU’TI

”(Orang-orang yang bertaubat) adalah mereka yang beriman kepada Allah dan hati mereka tenteram dengan mengingat-Nya (zikir). Ingatlah hanya dengan berzikir kepada Allah hati menjadi terbenam.” (Qs al-Ra’d, 13:28). ikir adalah salah satu ibadah di dalam Islam yang bertujuan untuk memohon ampunan (taubat), ketenangan, dan kedamaian hidup. Manusia senantiasa berzikir kepada Allah agar terjaga dari segala perbuatan dosa, nista, dan kejahatan. Zikir memberikan keyakinan, kekuatan, dan harapan bagi manusia dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah kehidupan yang kompleks. Dalam syariat Islam, zikir diamalkan dengan membaca takbir, tahmid, taqdis, dan kalimat thayyibah lainnya. Membaca Alquran juga merupakan bagian dari zikir. Dalam pelaksanaannya zikir merupakan rangkaian ibadah yang melekat dengan ibadah mahdlah seperti salat, puasa, dan haji. Karena bertujuan untuk menempatkan ketenangan, banyak orang berzikir di tempat, waktu, dan bacaan yang khusus. Sebagian bahkan mengasingkan diri (uzlah)dari hiruk-pikuk duniawi. Mereka berkontemplasi (tahannus), menyendiri, beritikaf, dan bermuhasabah agar bisa sedekat mungkin berhubungan langsung, bermesraan,mengadu,danmengaduhkepada Allah dengan doa-doa khusus. Zikir dilakukan di tempat sunyi, tersembunyi, dan– terkadang–terisolasi dari keramaian. Zikir seperti ini sering dikaitkan denganamaliahparasufi,ahlitasawuf,atau ahli tarekat. Dalam diskursus teologi, zikir terkadang dinisbatkan pada amalan rohani yang cenderung fatalistik, altruistik, dan pesimistik. Zikir dianggap sebagai perbuatan yang antirasionalitas (fikr). Ahli zikir dianggap figur mistis dan klenik yang ber-

koran

P

redikat Indonesia sebagai salah satu negara yang tercatat dalam 20 besar ekonomi dunia dan bertengger di level 16, belum bisa menutupi kesenjangan yang ada di masyarakat. Faktanya, angka kemiskinan masih tergolong tinggi dan masih banyak desa dan daerah dengan kategori sangat tertinggal. Karena itu, pemerintah beralasan bahwa anggaran desa senantiasa harus dimaksimalkan. Kalau tahun ini anggaran desa dipatok Rp47 triliun maka tahun depan digenjot menjadi Rp60 triliun. Dana besar itu bukan sekadar dimaksudkan mengamankan program desa, melainkan yang lebih utama bagaimana dana tersebut dapat dijadikan motor pertumbuhan ekonomi dari desa. Meminjam istilah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, dana desa tersebut sebagai pengungkit melalui badan usaha milik desa (BUMDes) yang akan menghasilkan uang. Karena itu, pihak Kemendes PDTT terus mendorong percepatan pembentukan BUMDes yang kini jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu menuju desa mandiri. UntukmembentukdanmenggerakkanBUMDes,relatiftidakadamasalah karena dana desa yang dibagikan rata-rata sebesar Rp670 juta dapat dialokasikan. Persoalannya, bagaimana menetapkan arah dan fokus badan usaha yang akan dikembangkan badan usaha tersebut. Terkait dengan arah dan fokus BUMDes, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojomewanti-wantiagarlembagapemerintahandidesaharusmemilih dengan tepat dan mengawal betul bidang ekonomi apa yang menjadi fokus sasaran bisnis BUMDes. Setelah berjalan, unit usaha tersebut akan mendapat pendampingan manajemen dan cara pengelolaan yang benar sebagai lembaga bisnis. Gayung bersambut, BUMDes kini dilirik Bank BNI yang siap menjadi pendamping. Manajemen bank pelat merah itu, sebagaimana disampaikan Wakil Direktur Utama Bank BNI Suprajarto, siap membantu BUMDes, di antaranya menghubungkan dengan nasabah bank papan atas itu yang memiliki usaha besar. Gerakanmembangkitkanperekonomiandesasemakinlengkap.Selain membentuk BUMDes, pemerintah akan meluncurkan program ” Satu Desa Satu Unggulan”. Program yang dicanangkan tahun depan itu bertujuan mendongkrak potensi desa agar lebih fokus. Pemerintah meyakiniprogramtersebutbakalmembuatperekonomiandidesasemakin bergeliat yang ujungnya bisa mendongkrak pendapatan masyarakat. Sekilas sejarah perkembangan BUMDes sebagai salah satu pilar ekonomi desa tidak bisa dipisahkan dengan kontribusi dana desa yang bergulir sejak tahun lalu. Melalui Peraturan Mendes PDTT No 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2015, ditetapkan salah satu prioritas dalam pemanfaatan dana desa adalah pendirian dan pengembangan BUMDes. Meski program usaha pedesaan baru digenjot, bisnis BUMDes sudah menunjukkan potensi besar, misalnya BUMDes Tirta Mandiri di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah sudah mengantongi laba bersih Rp2 miliar per tahun, yang bergerak pada sejumlah aktivitas bisnis mulai kolam renang, penyediaan air bersih, perikanan, hingga pembinaan pedagang kaki lima. BUMDes tersebut merekrut karyawan yang jumlahnya mencapai 100 orang dari masyarakat setempat dengan gaji rata-rata sekitar Rp2 juta per bulan. Mengentaskan desa dan daerah tertinggal memang bukan persoalan gampang. Data Kemendes PDTT menunjukkan angka penduduk miskinyanghampirmenyentuh30jutajiwatersebutlebihdariseparuh bermukimdipedesaan.Selainitu,Indonesiayangmemiliki122daerah tertinggal sekitar 73% memiliki pertumbuhan ekonomi di bawah ratarata nasional. Karena itu, perhatian terhadap pembangunan desa dan daerah tertinggal tidak boleh sebelah mata, pemerintah pusat diminta menjadikan peta desa sebagai dasar kebijakan nasional. Sebagai abdi bangsa terdepan dalam urusan desa dan daerah tertinggal, tak heran kalau Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo selalu ”berteriak” bahwa pembangunan desa harus didukung semua pihak. Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Eko sangat tegas, percepat pembangunan desa dan daerah tertinggal melalui pemberdayaan ekonomi desa selama menjadi menteri. BUMDes adalah salah satu instrumen merealisasikan instruksi Presiden tersebut. BUMDes yang kini berjumlah lebih dari 12.000 unit yang tersebar di seluruh penjuru negeri ini tentu butuh perhatian dan pengawasan dalam pengelolaannya, mengingat sumber dana pembentukannya berasal dari dana desa yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. 

Aksi bela Islam perlu menjadi refleksi bagi pemerintah, bukan saja soal isi tuntutan yang disampaikan, tapi lebih-lebih soal sejauh mana kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya.

ari pikiran yang jernih, menafsirkan aksi 2 Desember (212) sebagai politikmakarpadapemerintahadalah tafsir yang berlebihan. Namun, dengan pikiran jernih pula, memaknai 212 sebagai demonstrasi biasa, yang sepenuhnya tak berkorelasi dengan kekecewaan massa pada penguasa, juga akan menjadi tafsir yang naif. Setiap tindakan selalu melahirkan makna tersurat dan tersirat. Makna tersuratnya jelas, banyak umat Islam kecewa dengan Ahok yang tak bisa menjaga lisannya. Ia dinilai menista agama dan karenanya harus diberi pelajaran. Hati umat Islam yang telanjur tersakiti tak mudah terobati. Di balik makna tersurat itu, tanda tanya soal apakah aksi itu memiliki muatan lain yang sengaja disembunyikan pada publik menjadi tak terelakkan. Terlebih, aksi 212 terjadi setelah pihak kepolisian bergerak cepat menggelar kasus Ahok hingga berujung pada pemidanaan. Logikanya, jika tuntutan utama aksi 411 agar Ahok dipidanakan sudah terpenuhi, tidakkah aksi lanjutan akan melahirkan kebingungan persepsi. Ini bukan soal keabsahan aksi 212 karena demonstrasi adalah hak warga negara yang harus dipenuhi. Tapi, ini soal efek bola salju yang sudah dan akan ditimbulkannya. Pernyataan Presiden Jokowi soal ada aktor politik di balik aksi 411 dan dugaan Kapolri Tito Karnavian soal kemungkinan terjadi makar pada aksi 212 menunjukkan bahwa pemerintah dan massa aksi berada pada arus yang berbeda haluan. Silaturahmi Jokowi dengan tokoh-tokoh organisasi Islam terutama Muhammadiyah dan NU pasca-411 dan mediasi Polda Metro Jaya dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menunjukkan bahwa soal menjaga perdamaian, pemerintah dan massa aksi memiliki visi seirama. Namun, itu tak berarti bahwa secara politik mereka berada di haluan yang sama. Mediasi dilakukan untuk

mengurangi ketegangan, bukan untuk menyamakan kepentingan politik. Mediasi adalah kulit muka yang tersurat, sementara kepentingan merupakan sisi tersirat yang hanya akan diketahui maknanya seiring ber jalannya waktu. Kita tentu berharap, apa pun kepentingan itu, dilakukan demi kemaslahatan bangsa.

Anomali Aksi 212

Aksi 212 adalah anomali. Bukan karena aksi itu sendiri, melainkan rentetan fenomena yang mengiringinya. Ini merupakan aksi lanjutan dari demonstrasi 14 Oktober dan 4 November. Jika diperhatikan, rentang masing-masing demonstrasi berjarak tak sampai satu bulan, dengan jumlah massa yang demikian besar. Terlebih, jika membandingkan rentetan aksi ini dengan berbagai demonstrasi berskala besar yang pernah terjadi di Indonesia, di antaranya Reformasi 1998, Malari (Malapetaka 15 Januari) 1974, dan Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) 1966. Tiga demonstrasi bersejarah tersebut turut dipicu faktor ekonomi, sesuatu yang tidak terjadi pada aksi 411 dan 212. Reformasi 1998 menguat karena momentum krisis moneter yang memuncak setahun sebelumnya, demonstrasi Malari 1974 dipicu kunjungan Perdana Menteri Jepang Tanaka Kukei ke Indonesia. Kala itu Jepang dinilai telah memeras ekonomi Indonesia dengan menguasai 53% ekspor dan memasok 29% impor ke Indonesia. Demikian pula Tritura 1966 yang turut didukung inflasi tak terkontrol akibat kebijakan pemotongan nilai mata uang yang membebani rakyat. Anomali lain adalah aktor gerakan yang saat ini tidak melibatkan mahasiswa. Sekalipun sejumlah eksponen gerakan mahasiswa ikut aksi 411 dan 212, mereka bukanlah aktor, melainkan partisipan dan simpatisan. Pada Reformasi 1998, mahasiswa memiliki peran terbesar, di antaranya dibuktikan dengan ada tragedi Trisakti dan

Semanggi. Sementara itu Malari dipelopori Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia, dan Tritura di bawah koordinasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Tuntutan aksi 411 dan 212 juga sangat khas. Tak ada tendensi politik yang terbuka, melainkan dicitrakan sebagai aksi bela Islam melawan penista agama. Tak perlu banyak tafsir untuk memaknai Reformasi 1998, Malari 1974, dan Tritura 1966 karena mereka secara terbuka melakukan perlawanan politik. Pertanda-pertanda inilah yang melahirkan banyak makna. Aksi 411 sudah tuntas, dan sebagianbesarkitasepakatbahwagerakan damai itu adalah misi muliamenjagamartabatumatIslam Indonesia. Namun, bagaimana dengan aksi 212, apakah kasus penista agama merupakan bungkus sekaligus isi di balik misi 212 itu. Ataukah, kasus itu hanyalah pembungkus, sementara isinya, mungkin saja, ada ihwal tersirat yang belum kita temukan makna sejatinya. Dalam konteks ini, dengan mengambil dua pemaknaan ekstrem,jikasatupihakmenganggap aksi 212 sebagai jihad, sementara pihak lain meyakini itu sebagai makar, dapatlah kita asumsikan dua hal itu sebagai bentuk penafsiran yang sama-sama kemungkinan benar maknanya. Sebagai salah satu pembaca makna, saya justru hendak menafsirkanrentetanaksimassaitu sebagai bukti terjadi krisis kepemimpinan bangsa. Rakyat tampaknya lebih mudah diarahkan oleh para pemimpin opini (opinion leaders) ketimbang pemimpin formal, yaitu penguasa. Aksi bela Islam perlu menjadi refleksi bagi pemerintah, bukan saja soal isi tuntutan yang disampaikan, tapi lebih-le-

bih soal sejauh mana kepercayaan rakyat kepada pemimpinnya. Bagi umat Islam, pemimpin itu tak hanya dilihat dari sisi kemampuan manajerial dan pengambilan kebijakannya, tapi juga perilaku dan tutur katanya sebagai teladan masyarakat. Minusnya keteladanan tak hanya berdampak bagi umat Islam, tapi juga menimbulkan keresahan bagi semua kalangan. Ketiadaan pemimpin idaman membuat masyarakat gundah. Kegundahan yang dapat menghadirkan kegaduhan. Ada rasa kecewa tak tertahankan, yang tidak semuanya dapat tersampaikan secara tersurat. Tugas pemerintah adalah mengelola kekecewaan itu, dan mengubahnya menjadi harapan. Kekecewaan itu tak boleh diabaikan jika tak ingin menjadi amunisi yang akan melahirkan kekecewaan lebih besar. Keengganan Jokowi untuk menemui massa aksi 411 perlu menjadi introspeksi. Tidakkah disadarinya, akumulasi rasa kecewa bisa semakin membesar jika dibarengi sikap tak acuh. Api tak bisa dipadamkan dengan bara, tapi harus disiram air agar api itu tak menyebar ke mana-mana. Aksi 212 adalah ujian berikutnya. Bukan lagi ujian bagi Ahok karena Ahok pun tampaknya tak begitu ambil pusing. Ini adalah ujian bagi bangsa, ujian merawat kebinekaan. Ujian bagi pemerintah, ujian memadamkan rasa kecewa untuk menghidupkan asa berbangsa. Kita tentu berharap Jokowi beserta jajarannya dapat menghidupkan asa berbangsa itu dalam mewujudkan Indonesia berdaulat dan berkeadilan. Jika tak berharap pada pemimpin bangsa, pada siapa lagi harapan ini kita sandarkan? 

Redaksi KORAN SINDO menerima artikel dari pembaca untuk mengisi rubrik Opini. Panjang artikel 800–1.000 kata (5.000–6.500 karakter) dan bisa dikirimkan ke email opini.sindo@mncgroup.com Harap mencantumkan curriculum vitae, foto terbaru, serta nomor rekening. Jika setelah seminggu sejak tanggal pengiriman artikel belum ada konfirmasi langsung dari Redaksi, artikel yang dikirim dianggap dikembalikan ke penulis.


kamis 1 desember 2016

3


4

BeRIta utama

kamis 1 desember 2016

:: Dubes Jepang Berkunjung ke Batam

BATAM – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki berkunjung ke Batam, kemarin. Ia ingin melihat secara langsung Batam sekaligus memastikan kondisi keamanan di sini, sekaligus bertatap muka dengan para pengusaha asal Jepang yang berivestasi di Batam. Yasuaki disambut Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Kantor Pelabuhan VIP Punggur. Nurdin berharap hubungan investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia khususnya Kepri, makin baik lagi. Kepri, kata Nurdin, diuntungkan dengan letak geografis yang berada di jalur perdagangan internasional Selat Malaka. Kepri juga memiliki potensi yang sangat mendukung untuk

dikembangkan bagi investasi. Seperti sektor kelautan. Nurdin juga menawarkan potensi perikanan laut Kepri. Termasuk potensi untuk mengembangkan industri maritim. "Terlebih kita masih memiliki wilayah kabupaten kota yang masih sangat berpotensi guna mendukung berinvestasi. Seperti di Karimun Bintan dan Tanjungpinang. Dan itu lokasinya masih ada berdekatan dengan Kota Batam," jelasnya. Yasuaki Tanazaki mengatakan selama ini sudah banyak investor Jepang di Batam. Bahkan selama lima tahun terakhir investor Jepang terus berdatangan. "Saat ini lebih dari 40 perusahaan asal Jepang ada di Batam," katanya. l sutana

humas pemprov kepri

Gubernur Tawarkan Investasi di Sektor Maritim

Dubes Jepang Yasuaki Tanizaki bertemu dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, kemarin. Keduanya membicarakan soal investasi Jepang di Batam.

Memanfaatkan, Bukan ... ((Dari hal 1

Dulu, melalui media sosial, kita hanya bisa saling berbagi konten. Kini media sosial sudah menjadi medium bagi kita untuk saling berbagi barang, jasa, transportasi, ruang, dan bahkan uang. Semuanya terjadi dalam skala masif dan dengan kecepatan yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Bayangkan, kini kita tak lagi hanya menjadi konsumen, tetapi sekaligus juga produsen, penjual atau distributor. Inilah lanskap bisnis baru yang membuat “memiliki” menjadi tidak relevan lagi dan malah bisa berubah menjadi beban. Anak-anak muda tadi mengajarkan bahwa jauh lebih penting saling berbagi, saling memanfaatkan dan berkolaborasi, ketimbang memiliki. Era Baru

Di lingkungan BUMN, pernah pada masanya kita menyaksikan betapa hasrat memiliki yang begitu besar pada akhirnya membuat banyak aset menjadi mangkrak alias idle . Lahan puluhan hektar hanya menjadi semak belukar. Bangunan rusak dan tidak terawat. Alat-alat produksi yang dibeli dengan harga mahal kini berkarat karena tidak pernah dipakai. Manusia yang berada di dalamnya tidak menjadi

sumber daya, karena tak pernah diberdayakan. Dan, masih banyak lagi potret buram sekadar karena ingin memiliki lainnya. Tapi ini bukan hanya BUMN, kebanyakan orang yang berlebih juga sama saja. Kata kawan saya, fi osofi mereka nice to have . Mau diapakan asetaset tersebut? Banyak pengelola aset negara yang tak tahu mesti berbuat apa. Birokrasi didesain begitu rumit sehingga membuat para eksekutifnya takut melangkah dan tidak berani mengambil keputusan. Sementara jajaran di atasnya juga sudah terlalu lama hidup dalam tradisi “menunggu petunjuk”. Akhirnya seiring berjalannya waktu, aset-aset pun tadi berubah menjadi liabilities . Kini kita hidup di era baru. Era MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN, era global. Persaingan mengalir deras. Setiap tetesan keringat harus membuahkan hasil. Setiap aset harus diberdayakan. Maka tak sepantasnya lagi ada aset-aset negara yang mangkrak , apalagi berubah menjadi beban. Itu sebabnya saya berharap bahwa apa yang dilakukan oleh anak-anak muda tadi—yang lebih mementingkan berbagi dan berkolaborasi, dan berbisnis tentu saja, ketimbang memiliki atau menguasai—bisa memberi banyak inspirasi untuk me-

ngelola korporasi dengan caracara baru. Baiklah apa yang dilakukan oleh anak-anak muda? Saya cuplik saja beberapa kisahnya. Anda tahu Airbnb? Sebagian besar anak muda paham benar bisnis ini, Brian Joseph Chesky mendirikan perusahaan aplikasi pemesanan kamar/rumah/vila secara online ketika usianya baru 28 tahun. Ia mendirikan Airbnb pada Agustus 2008. Lewat konsep kolaborasi, dalam waktu hanya delapan tahun, Airbnb sudah mengelola 1,2 juta unit kamar/rumah/vila. Jauh melebihi Hilton, Grup InterContinental atau Marriott yang masing-masing “hanya” mengelola kurang dari 700.000 kamar hotel. Padahal, InterContinental atau Marriott sudah mengelola bisnisnya lebih dari 50 tahun. Bahkan, kini usia Hilton sudah mendekati satu abad. Iya , Airbnb kini menjadi perusahaan hospitality terbesar di dunia. Ini berkat konsepnya memberdayakan aset-aset idle . Chesky mempertemukan para pemilik kamar/rumah/vila yang ruangnya tidak terpakai dengan mereka yang membutuhkan penginapan dengan harga terjangkau. Kini, bisnis Airbnb hadir di lebih dari 34.000 kota di 190 negara. Kata Chesky, “Kalau

Hanya, yang merepotkan, bisnis mereka memang mendisrupsi bisnis-bisnis sejenis yang lebih dahulu hadir dan mapan. Maka tak

heran kalau kehadiran mereka memicu penolakan—meski tidak dari para penggunanya. Di Bali, Airbnb membuat pasar bisnis perhotelan turun hingga 35%. Hadirnya Uber Taxi dan Grab Car membuat bisnis taksi terpangkas 20%. Beberapa pengamat yang sinis menyebut bisnis ala Airbnb atau Uber sebagai kapitalisme gaya baru atau neo-capitalism . Sebutan yang menggambarkan betapa kita sudah terlalu lama hidup dalam suasana saling curiga, atau kita tahunya hanya ekonomi klasikal saja. Padahal dunia sudah berubah, dikotomi juga berubah. Sebagian lain menyebut persaingannya tidak fair , karena platform bisnisnya tidak sama. Dan, sebagainya. Kita lupakan saja debat tersebut. Bagi saya, itulah risiko sebagai pembaharu, dalam bidang apa pun. Namun, konsep berbisnis mereka membuat saya merenung, “Seandainya saja BUMN kita dan lembaga-lembaga lainnya bisa meniru konsep bisnisnya, memanfaatkan aset-aset idle , saling berbagi dan berkolaborasi. Mungkin banyak perusahaan kita dalam waktu singkat bisa menjadi raksasa-raksasa baru dan masuk dalam daftar Fortune Global 500. Seandainya saja.....” Tapi punyakah mereka porsi kaum muda yang cukup? l

kembalikan. Fair kan,” ujarnya. Sementara penerima alokasi lahan yang berkomitmen mengembangkan lahan tersebut diberi waktu tiga bulan oleh BP Batam. Dalam waktu tersebut, mereka harus kembali dengan bussiness plan dan site plan yang matang. BP Batam akan membentuk tim khusus untuk menilai proposal yang mereka ajukan. Namun sayangnya, setelah hampir tiga bulan ini, baru lima perusahaan yang datang dengan membawa proposal bisnis kepada BP Batam. Rencana bisnis yang diajukan bervariasi, mulai dari pembangunan perumahan hingga pembangunan kawasan industri. “Sisanya belum tahu kapan mau datang,” jelasnya. Jika dalam kurun waktu yang ditentukan perusahaan yang berjanji berkomitmen

mengembangkan lahan tidur tak kunjung datang, maka BP Batam akan mengevaluasi kembali komitmen mereka. Lahanlahan tersebut akan ditarik dan dialokasikan kepada investor yang lebih serius. Menanggapi sejumlah lahan yang dijadikan agunan untuk mendapatkan kredit perbankan, menurut Imam hal itu sudah menyalahi aturan. Imam menegaskan bahwa lahan yang belum dibangun tak bisa dijadikan jaminan kredit. Jika ada bank yang menerima, maka risiko besar ditanggung sendiri oleh pihak bank. “Kalau jaminannya cuma tanah, risikonya di bank. Harusnya yang dijaminkan itu usahanya, bangunaan, dan lain-lain. Kalau cuma tanah kosong saja, itu salah. Itu menyalahi. Risikonya ditanggung bank,” jelasnya. l sarma haratua siregar

Marriott dalam waktu setahun ke depan mau menambah 30.000 kamar, Airbnb sanggup melakukannya hanya dalam waktu dua minggu.” Pongah, tetapi itu sangat mungkin. Kisah Travis Kalanick dengan Uber Taxi pun serupa. Kalanick mendirikan Uber pada Maret 2009, saat usianya baru 33 tahun. Hanya dalam waktu tujuh tahun, Uber menjelma menjadi perusahaan dengan pendapatan USD1,5 miliar atau lebih dari Rp20 triliun. Uber kini beroperasi di 507 kota di 66 negara dan mempekerjakan 6.700 karyawan. Melalui Uber Taxi, Kalanick mempertemukan para pemilik mobil yang kursi di sebelah atau belakangnya kosong dengan mereka yang membutuhkan tumpangan. Memang tidak gratis, tapi tarifnya terjangkau. Kalanick pun memungut komisi dari jasanya itu. Kisah serupa kita temukan pada Grab Taxi, Grab Bike atau GoJek, yang semuanya sudah beroperasi di Indonesia, dan dalam waktu singkat tumbuh besar, mendominasi pasar, dan melibatkan ribuan pekerja. Seandainya Saja

Pencabutan Lahan ... ((Dari hal 1

Hingga hari ini, BP Batam telah mengundang 254 penerima alokasi lahan tidur di Batam dengan total lahan diperkirakan 7.000 hektar. Selama ini lahan-lahan tersebut dibiarkan menganggur dan tidak produktif oleh penerima. Dari data yang pernah diungkapkan BP Batam awal September silam diketahui bahwa 16 penerima alokasi lahan tidur telah menyatakan tak sanggup membangun lahan tersebut. Mereka bersedia menyerahkan kembali lahannya kepada BP Batam. BP Batam kemudian mengeluarkan SK untuk mencabut 8 persil lahan milik tujuh perusahaan yang dibiarkan tak produktif. “Kita cabut karena tak dibangun sesuai komitmen,” ujar Kepala Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam Imam Bachroni.

Salah satu yang dicabut adalah lahan seluas 1.600 meter persegi milik Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel). Lahan tersebut terletak persis di sisi jalan Raja H Fisabillilah Batam Centre. Lahan tersebut tampak dipagari beton setinggi dua meter. Mayoritas lahan dihiasi rumput. Sementar sebuah bangunan sederhana dari triplek berdiri berdekatan dengan pagar beton. Dari luar, tidak dampak ada aktivitas apapun di dalam rumah tersebut. Sementara di sisi luar pagar beton yang menghadap sebelah Barat terpasang plang kecil. Plang itu menyatakan bahwa lahan milik Perumtel itu sudah dibatalkan dengan keluarnya SK Kepala BP Batam Nomor 231 Tahun 2016. Selain milik Perumtel, BP Batam juga membatalkan alokasi

lahan untuk enam perusahaan lainnya. Antara lain lahan milik PT Tri Daya Alam Semesta, PT Rosari Jaya, PT Gunung Puntang Mas, PT Rarantira Batam, PT Mandiri Putra Sejahtera, dan PT Nam Seng Indonesia. Lokasinya tersebar di Batam Centre, Panti Timur Kabil dan Tanjunguncang. Sementara total luas lahan yang dicabut oleh BP Batam dari tujuh perusahaan tersebut adalah 150.873,59 meter persegi atau lebih kurang 15 hektar. BP Batam juga mengembalikan UWTO dari sisa tahun yang belum terpakai. Menurut Imam, pengembalian dilakukan secaa fair, sehingga penerima alokasi lahan tidak dirugikan. “Saat mengajukan, mereka menerima alokasi untuk 30 tahun. Kalau masa pengalokasiannya sudah 30 tahun, maka sewa lahan untuk 10 tahun kita

Saat kecil, Ivone tidak termasuk sebagai siswa berprestasi. Ia mengenyam pendidikan awal di SD Katolik Tanjungpinang. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di SMP Katolik Tanjungpinang, lalu SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Lulus SMA, Ivone sebenarnya ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Jakarta, namun terbentur izin orangtua. Awalnya ia kecewa, lantaran keinginannya sejak kecil untuk kuliah di ibukota tak dapat izin. Tapi ia percaya, pilihan orangtua agar dia melanjutkan kuliah ke UIB adalah pilihan terbaik baginya. Masuk UIB, Ivone memilih jurusan S-1 Akuntasi. Banyak pengalaman baru ia rasakan dan belum tentu

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan bahwa berkas perkara kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah lengkap atau P-21. Dengan demikian, kasus tersebut bisa segera di bawa ke persidangan. Keputusan ini diambil setelah Kejagung meneliti berkas perkara yang diserahkan Bareskrim Polri. Ahok menegaskan akan banding jika dirinya ditahan. Namun, dia optimistis akan lolos dari jeratan kasus penistaan agama. Police Watch mendesak Ahok segera ditahan seperti halnya mereka yang pernah tersangkut kasus penistaan agama, apalagi berkas perkara sudah dinyatakan lengkap P-21. Keputusan berkas perkara Ahok telah lengkap disampaikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rachmad. Penilaian berkas perkara dilakukan 13 jaksa yang terdiri atas 10

orang dari Kejagung, 2 orang dari Kejati DKI, dan 1 orang dari Kejari Jakarta Utara. “Artinya apa, P-21 itu merupakan administrasi penanganan perkara oleh jajaran Pidum yang menyatakan bahwa berkas perkara hasil penyidikan teman-teman dari Bareskrim secara formal dan material telah memenuhi syarat untuk dibawa ke pengadilan,” ungkap ujar Noor Rachmad di Kejaksaan Agung, Jakarta, kemarin. Dia menjelaskan, dengan dinyatakan bahwa berkas perkara kasus Ahok sudah lengkap, status tersangka dan berkas barang buktinya dapat segera dilimpahkan ke tahap selanjutnya, yakni ke pengadilan untuk disidangkan. “Dengan demikian, dalam waktu kurang lebih dua minggu ke depan, JPU akan menyusun dakwaan kasus tersebut. Setelah itu selesai maka sidang pun akan segera dimulai.” l binti mufarida

BI Cemaskan ... ((Dari hal 1

"Regulasi dan kebijakan yang baru-baru ini dikeluarkan terkait investasi di Batam punya pengaruh kuat terhadap rendahnya pertumbuhan investasi. Regulasi tersebut tak berhasil disosialisasikan dengan tepat kepada pemangku kepentingan, sehingga melahirkan ketidakpastian,” terangnya, Rabu (30/11). Gusti menjelaskan, jika ditelisik, pelambatan pertumbuhan ekonomi Kepri terjadi pada industri pengolahan dan konstruksi. Selain itu, investasi dan konsumsi rumah tangga yang biasa menjadi penopang ekonomi Kepri juga melemah. “Ini harus dicarikan jalan keluar, agar ke depan investasi kembali naik,” tuturnya. Kebijakan dan aturan terkait perizinan mendapat perhatian serius dalam FGD tersebut. Gusti menyebut beberapa pelaku usaha masih merasakan kendala serius, terutama dalam kemudahan dan percepatan perizinan berinvestasi di Batam. “Ada perusahaan yang masih mengeluhkan kawasan industri mereka belum dilengkapi infrastruktur memadai, misalnya jalan. Juga mengenai kemudahan dan percepatan perizinan. Kami berharap hal demikian bisa semakin hari semakin baik,” tuturnya. Menurut Gusti, rendahnya investasi di Kepri ditandai dengan minimnya investasi yang masuk atau melakukan ekspansi. Sementara kondisi ekspor dan impor Kepri, khususnya Batam belum pulih. Hal ini semakin memperkuat bahwa aktivitas industri di kota industri ini belum secara utuh membaik. Pasalnya, bahan baku industri di Batam kebanyakan impor. Dengan melemahnya impor, menunjukkan bahwa masih banyak industri mengurangi produksinya. “Ada pembenahan-pembenahan yang dilakukan BP Batam. Tapi mudah-mudahan ke depan niat BP Batam itu diselaraskan dengan koordinasi harmonis dengan Pemko Batam dan semua pihak,” ujarnya. Ketua Dewan Pakar Kadin Batam, Ampuan Situmeang

menyebut bahwa Batam tak lagi menjadi tujuan investasi favorit. Saat ini Batam hanya menduduki peringkat ke-21 sebagai daerah tujuan investasi. “Masih lebih menarik berinvestasi di Gunung Kidul dibanding Batam,” ujar Ampuan Situmeang. Masalah dualisme yang menimbulkan ketidakpastian hukum di Batam menjadi salah satu pemicunya. Investor tak akan berani mengembangkan sayapnya ke Batam bila kerap terjadi perubahan regulasi terkait investasi di Batam. Sementara BP Batam masih ngotot bahwa pertumbuhan investasi di Batam masih terbilang baik. Dalam setahun belakangan, telah ada enam perusahaan yang berinvestasi di kawasan industri tersebut. “Dalam enam bulan kepemimpinan yang baru, ada enam perusahaan asing yang masuk. Dan mudah-mudahan akan ada lagi yag masuk,” ujar Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono. BP Batam juga gencar promosi investasi di luar negeri. Pada Selasa (29/11) silam, BP Batam turut dalam Bussines Gathering di Singapura. Dalam gathering tersebut, hadir 274 perusahaan Singapura dan perusahaan asing lainnya. “Kegiatan itu adalah tindak lanjut kerja sama Joint Working Group antara Indonesia dan Singapura,” tuturnya. Kegiatan tersebut dihelat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Tujuannya untuk menarik lebih banyak investasi asing, terutama Singapura di Batam dan kawasan FTZ lain di sekitarnya. Andi juga optimistis kebijakan yang dikeluarkan BP Batam, terutama terkait pelayanan perizinan di Batam mampu menarik investasi lebih besar ke Batam. Salah satu yang paling diunggulkan adalah sistem Investasi Izin 3 Jam (I23J) dan Kemudahan Izin Langsung Konstruksi (KILK). “Kami masih optimistis banyak pengusaha mancanegara yang akan berinvestasi di Batam,” tuturnya. l sarma haratua siregar

Jaga Kerukunan ...

Manajer yang ... ((Dari hal 1

Berkas Lengkap, Ahok Bisa Segera Disidang

bisa didapatkan kalau kuliah di Jakarta. "Batam kan kecil, saya kira pasti pengalaman banyak didapat di Jakarta. Tapi siapa sangka UIB sangat luar biasa, dari sini saya juga bisa belajar ke Korea dan beberapa negara lainya," kata anak pasangan Sandi Atan dan Linda tersebut. Berangkat dari situlah tumbuh semangat untuk terus belajar hingga akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S-2 dengan program Magister Manajemen. Kecintaannya dalam berbisnis menjadi alasan mengambil manajemen untuk melengkapi ilmu akuntasi pada sarjananya. Dengan harapan ke depan bisa membuka usaha sendiri. Meski kedua orangtuanya berprofesi sebagai Pegawai

Negeri Sipil (PNS), Ivone tidak pernah bergantung untuk membiayai kuliahnya. Baik saat menempuh sarjana ataupun magister, ia berhasil mendapatkan Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BUBPKLN) Kemendikbud. "Tidak lupa saya juga ucapkan banyak terima kasih kepada BPKLN yang telah mendukung kuliah saya di UIB," ujarnya. Saat ini, ia mengaku belum terpikir untuk melanjutkan kuliah S-3. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depan akan melanjutkan kuliahnya. Sekarang ini Ivone ingin meniti karier di sebuah perusahaan swasta di Batam. Meskipun usianya belum genap 23 tahun, ia sudah dipercaya sebagai manajer. Menurut dia, masih banyak

yang harus dipelajarinya dalam memimpin sebuah perusahaan. Karena mengatur manusia tidaklah semudah mengatur barang. Seorang manajer harus bisa mengetahui dan menempatkan bawahannya sesuai dengan kemampuan di bidangnya masing-masing. "Kalau saat ini belum ada rencana, tapi tidak tahu nanti. Karena tanggung jawab yang saya emban saat ini kan cukup berat. Jadi mau fokus dulu," katanya. Ia berharap keberhasilannya ini bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa muda yang saat ini masih kuliah. Ia berpesan agar jangan pernah berpelit ilmu kepada orang lain. Setiap orang harus saling menolong dan membantu dalam segala

bidang apapun, karena ilmu akan makin bertambah ketika seseorang itu membaginya. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya selama kuliah di antaranya pernah menjadi pembicara seminar internasional di Korea Selatan, peringkat empat di Accounting Fair Universitas Bakrie (AFUB) 2015 di Jakarta. Ia berhasil menyelesaikan tesisnya dengan judul "Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sukarela". "Penelitian saya lakukan dengan membandingkan perusahan keluarga dan non-keluarga di Indonesia. Mudah-mudahan apa yang saya dapatkan ini bisa memacu semangat mahasiswa yang saat ini masih kuliah," pungkasnya. l

((Dari hal 1

"Karena itu, jargon Indonesia Milik Kita Bersama yang digaungkan kembali oleh Panglima TNI seakan kembali menemukan momentumnya di tengah menipisnya semangat kebangsaan dan nasionalisme anak bangsa," katanya. Dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, lanjut Rustam, haruslah dimulai dengan menjaga kerukunan nasional. Untuk menjaga itu, mau tidak mau harus dipelihara kerukunan umat beragama dengan cara saling menghormati, saling mengargai, dan saling pengertian. "Tak boleh antar umat beragama mengeluarkan pernyataan yang menyinggung umat beragama lainnya, apalagi sampai menistakan agama

tertentu," katanya. Menurut Rustam, jika antar umat tak saling menghormati, maka dapat mengganggu dan merusak kerukunan umat beragama. Dampaknya juga akan mengganggu dan merusak kerukunan nasional serta terganggunya persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, FKUB meminta masyarakat menjaga teguh persatuan demi masa depan bangsa. Jika terus bersatu, maka bangsa ini tak dapat dirusak dari sisi manapun. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan hadirnya Tukul Arwana, pedangdut Duo Serigala, dan Meggie Diaz. Mereka menghibur masyarakat yang hadir dengan lagu dan musik, sambil menyisipkan pesan-pesan persatuan. l fadhil


Pendidikan

kamis 1 desember 2016

5

Melakukan tarian massal ini menjadi salah satu cara sekolah tersebut mengenalkan budaya Melayu ke siswanya. Tari persembahan dilakukan rutin setiap sekali seminggu setelah senam bersama selesai mereka lakukan. Di sekolah ini juga, seluruh siswa diajarkan berbagai macam jenis kebudayaan daerah, Arab Melayu, Teknik Informasi Komunikasi (TIK), dan Bahasa Inggris. "Untuk kebudayaan daerah, di ajarkan kebudayaan Melayu di seluruh Kepri yang diajarkan," ujar guru kelas VI SDN 002 Batuampar Herman,

Rabu (30/11). Ia menambahkan, di sekolahnya ada pelajaran mengenal tari tradisional, sistem pernikahan, adat istiadat, silat dan sejarah kebudayaan Melayu. Setiap semester ada ujian tertulis juga praktek. Sementara untuk Arab Melayu berisi tempat bersejarah di Kepri dan Riau. Ada sejarah tentang Penyengat, Lingga, Pekanbaru, Tanjungpinang, Bengkalis, Siak, dan lain-lain. Seperti namanya, pelajaran ini menggunakan bahasa Arab Melayu. "Jadi anak-anak tak hanya belajar sejarah. Tapi juga belajar menulis dan

membaca huruf Arab melayu," ujarnya. Herman mengatakan, untuk materi kebudayan daerah dan Arab Melayu pihaknya memiliki buku panduan dan tak pernah diganti. Sedangkan untuk TIK, lebih kepada pengenalan dasar-dasar komputer hingga software seperti microsoft word, excel, power point, dan photoshop. Bahasa Inggris juga mulai diajarkan di SD. Karena mata pelajaran tersebut maka masuk ke dalam kurikulum mulok. Meski menurutnya penting, namun mulok hanya diajarkan untuk siswa kelas III-VI. Kendati begitu, kurikulum mulok tak wajib di semua sekolah baik negeri atau swasta. Di sekolah Bodhi Dharma misalnya, memang memiliki kurikulum muatan lokal tapi tak berkaitan dengan unsur Melayu. "Di SD ada Bahasa Mandarin,

Inggris dan sempoa. Sedangkan SMP dan SMA hanya Bahasa Mandarin saja," kata guru sekolah Bodhi Dharma Yenni Lies. Di sekolah swasta tersebut tak mempelajari sejarah Melayu. Meski begitu sekolah Bodhi Dharma mempelajari tari nusantara termasuk tari persembahan dan tari Melayu kreasi. "Untuk tarian lebih ke kegiatan ekstrakurikuler," tambahnya. Terkait silabus penerapan mulok, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim Bidin mengatakan silabus mulok ada dari Disdik. "Ada dua penerbit lokal yang menerbitkan silabusnya. Penerbit itu sudah direkomendasikan Gubernur dan Kadisdik Provinsi," katanya. Lebih jauh, Muslim tak ingat nama-nama penerbit tersebut. Setahu dia silabus itu berisi tentang materi adat istiadat dan budaya Melayu seperti cara memakai baju Melayu. Ada

Kepa l a Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim Bidin mengatakan, saat ini hampir semua sekolah di Batam memiliki silabus pelajaran muatan lokal (mulok) yang dikeluarkan pihaknya. Menurut dia, silabus ini fokus membahas adat istiadat Melayu agar siswa mengenal dan memahami dengan baik budaya yang dimiliki Kepri. Ia juga menyebutkan jika silabus yang dikeluarkan pihaknya itu menjadi panduan sekolah yang menerapkan pelajaran mulok. "Memang saat ini masih tidak semua sekolah di Batam yang menerapkan pelajaran mulok jadi penggunaan silabus tergantung sekolah," ujarnya, Rabu (30/11). Menurut Muslim, mulok saat ini memang diajarkan di tingkat SD dan SMP saja. Tak hanya untuk sekolah negeri, buku panduan itu juga diberikan kepada sekolah swasta. Selain tentang adat dan budaya,mulok juga ada

dok sindo

Disdik Batam Klaim Miliki Silabus

muslim bidin

Kadisdik Batam

yang sifatnya akademik. Misalnya untuk SD, ada Bahasa Inggris yang masuk ke mulok, demikian juga pelajaran elektronika. Kenapa begitu? sebab di SD kedua mata pelajaran itu tak masuk ke kurikulum wajib. Silabus ini kata Muslim, sudah beberapa tahun terakhir diterapkan di sekolah-sekolah. Ia juga menyayangkan larangan beli buku di sekolah padahal buku silabus untuk mulok tidak disubsidi pusat melainkan dibuat di daerah.

Ia menambahkan, lewat mulok pemerintah berharap anakanak bisa mengenal budaya Melayu lebih dini. Hal itu penting meski tak semua yang tinggal di Batam adalah orang asli Melayu. "Dari mana pun asalnya tapi kalau sudah di Batam kita tetap berpayung budaya Melayu," katanya. Pemerhati pendidikan Chablulah Wibisono mengatakan, mulok itu terkait kompetensi yang dihasilkan suatu daerah. Sehingga menjadi pelajaran tambahan yang tak memberatkan siswa. Meski begitu mulok bukan berarti tak penting. Justru sejak dini mulok harusnya sudah diajarkan. "Anak-anak Batam sejak dini harusnya bisa membuat pantun sebab itu ciri khas Kepri. Demikian juga Arab Melayu, banyak tanda penunjuk jalan menggunakan huruf Arab Melayu," katanya. Ia menambahkan, Batam sudah tentu berbeda dengan di kota lain. Etika formal di Batam

misalnya sesuai visi Kepri “Terwujudnya Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim". Di daerah lain tentu saja beda, tak semuanya punya keunggulan maritim seperti Batam, Kepri. "Batam ini potensi lautnya tinggi. Itu jadi sebuah budaya dimana orang berorientasi kelautan. Baik sisi ekonomi, pariwisata, dan teknologi," ujarnya. Sedang etika non formal, bisa dipelajari dalam hal sopan santun, cara berjalan serta berkomunikasi dengan orangtua dan ini tak terpisahkan. Batam sebagai daerah perbatasan memiliki godaan besar untuk jadi kebarat-baratan. "Dari sisi Iptek tak apa kita mengacu pada Barat. Tapi dari sisi adat istiadat dan budaya jangan sampai hilang. Itu perlunya mulok tentang kebudayaan itu ada," ucapnya. l asrul rahmawati

Tarian Melayu Hantaran Wansandari dalam salah satu acara di Batam, belum lama ini.

jenis-jenis pakaian yang harus diketahui siswa seperti baju teluk belanga, baju cekak musang, kain selempang, songkok, dan

lain-lain. "Seperti pasang songkok untuk acara tertentu harus miring ke kanan atau ke kiri, itu ada aturannya di adat Melayu.

Demikian juga tari persembahan, makan sirih dan lain-lain" tuturnya. l asrul rahmawati

SERBASERBI Jadi Juara, Winarti Ingin Terus Menulis BATA M – Siswi kelas XII IPA SMAN 4 Sekupang Winarti, akhir Oktober lalu meraih juara II lomba karya tulis yang diselenggarakan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam dengan tema Keluargaku Bisa Berzakat. Winarti menulis karya berjudul Peran Orangtua dalam Berzakat. Lomba tersebut diselenggarakan gunameningkatkan budaya tulis menulis di lingkungan remaja. "Lombanya diikuti peserta dari SD, SMP dan SMA. Saya ikut yang kategori SMA. Untuk SMA saja pesertanya ada 40 lebih siswa," ujar WInarti, Rabu (30/11). Perlombaan itu merupakan kegiatan yang kedua kali diikuti Winarti dalam hal tulis menulis. Sebelumnya ia pernah ikut lomba jugam, sayangnya tak menang. Untuk lomba kali ini

ist.

BATAM – Mengenalkan nusantara lewat pelajaran muatan lokal (mulok) sudah lama diterapkan banyak sekolah. Di SDN 002 Batuampar misalnya, seluruh siswanya setiap Sabtu sebelum belajar harus membawakan tarian persembahan secara massal.

KORANSINDOBATAM/teguh prihatna

Mengenal Nusantara Lewat Mulok

Winarti menerima piala dari LAZ Masjid Raya selaku penyelenggara lomba karya tulis bertema zakat.

ia jauh-jauh hari sudah mempersiapkannya. "Persiapannya seminggu, nyari judul yang bagus dan bahan-bahan. Tapi setelah semua terkumpul ngerjainnya hanya sehari," katanya. Lewat lomba seperti itu,

Winarti berharap bisa mengasah kemampuan menulisnya. Ia mengakui tak pernah bergabung ke ekstrakurikuler karya tulis ataupun komunitas menulis di luar sekolah. l asrul rahmawati


6

frame

kamis 1 desember 2016

Jajaran Senat UIB.

UIB Wisuda Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah.

Ketua Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) Soehendro Gautama, SH,MHum.

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Hanafi.

494 Mahasiswa Angkatan XII

U

niversitas Internasional Batam (UIB) mewisuda 494 mahasiswa. Rangkaian wisuda dihelat pada Rabu (30/11) di ballroom Swiss Belhotel, Harbour Bay, Batuampar, Batam. Wisuda lulusan Diploma, Sarjana dan Magister UIB angkatan XII ini, bentuk penghormatan dan pelantikan bagi mahasiswa UIB yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan. Wisuda dihadiri mitra UIB dari universitas rekanan di luar negeri, tamu pemerintahan, mitra industri, kepala sekolah dan tamu undangan lain. UIB meluluskan 66 mahasiswa Magister Manajemen, 40 Magister Hukum, 79 Sarjana Sistem Informasi, 125 Sarjana Manajemen dan 71 Sarjana Akuntansi. Lalu 53 Sarjana Ilmu Hukum, 24 Sarjana Teknik Sipil, 15 Sarjana Teknik Elektro dan 21 Diploma Manajemen Perhotelan. Penghargaan lulusan terbaik Program Pascasarjana (S2) Magister Hukum disematkan untuk Ivone SE MM yang meraih IPK 4,00. Lalu lu-

lusan Sarjana Teknik Elektro Thu sy Rienda Aulia Satriani ST meraih wisudawan terbaik jenjang Sarjana dengan IPK 3,92. Kemudian Sherly SE wisudawati terbaik bidang noneksakta Jurusan Akuntansi dengan IPK 3,90. UIB juga memberikan penghargaan bagi wisudawati berprestasi, Lina ST, atas prestasinya di ajang nasional dan internasional selama kuliah di UIB. Lina mengharumkan nama UIB di beberapa ajang antara lain Juara III Kimia OSN Pertamina Tingkat Provinsi (2013). Juara I Kimia Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi Tingkat Kopertis Wilayah X (2013 dan 2015), Juara I Mawapres Kopertis Wilayah X (2015). Student exchange ke King Mongkut’s University of Technology Thonburi-Thailand (2014). Lalu perwakilan KMUTT pada 9th EUTH English Debate oleh European Union di Thailand (2014) dan summer camp di Sun Moon University Korea Selatan atas beasiswa dari pemerintah Korsel (2015).

f o t o d a n na r a si: Huma s UIB Penerima Beasiswa Unggulan Mahasiswa S1.

Penyerahan SK Pembukaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) oleh Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP).

Tamu VIP.

Penyerahan SK izin pendirian jurusan baru oleh Dikti dan Kopertis Wilayah X.

Wisudawan berprestasi dari Program Studi Teknik Elektro.

Wisudawan Terbaik Program Magister Manajemen.

Wisudawan Terbaik Program Magister Hukum.


Frame

kamis 1 desember 2016

Pimpinan DPRD Kabupaten Karimun menghadiri peringatan HUT ke-17 Kabupaten Karimun.

Ragam Kegiatan DPRD Karimun

Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi membubuhkan tanda tangan pada spanduk deklarasi damai dalam agenda Nusantara Bersatu.

Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi (kanan) dan Wakil Ketua II DPRD Karimun (tengah) Bakti Lubis, menghadiri upacara peringatan HUT ke 71 Kemerdekaan RI.

Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi (kanan) menghadiri peresmian pergantian nama RSUD Karimun.

Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi (kanan) menandatangani MOU pada peringatan HUT ke-17 Kabupaten Karimun.

Wakil Ketua II DPRD Karimun Bakti Lubis memimpin rapat Banleg bersama Plt Sekda Karimun M Firmansyah.

Ketua Komisi I DPRD Karimun Taufiq (kiri) memimpin rapat kerja dengan PT Agro dan Disnaker Karimun.

Wakil Ketua II DPRD Karimun Bakti Lubis memimpin rapat Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi memimpin rapat paripurna pengesahan Perda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Ketua Komisi II DPRD Karimun Yusuf Sirat (kiri) menghadiri rapat Pansus Ranperda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Ketua Komisi I DPRD Karimun Taufiq memimpin rapat kerja Komisi dengan PT Agro dan Disnaker.

7


8

INSPIRASI DUNIA

KAMIS 1 DESEMBER 2016

­c m y k

­c m y k

hal08(4131)batam:template Koran si -#1 12/1/16 8:44 Pm Page 1

Otak gajah memiliki berat kurang lebih 6 kilogram.

Althea Gibson

Melawan Rasisme Melalui Tenis Althea Gibson adalah wanita kulit hitam pertama yang menjadi juara dalam olahraga tenis. Ia berhasil menjadi yang terdepan dalam olahraga tersebut di saat rasisme sedang tinggi-tingginya merendahkan masyarakat kulit hitam. Selain Wimbledon dan Prancis terbuka, Althea Gibson pernah melambungkan namanya di berbagai kompetisi lain.

A

ustralia terbuka dan Amerika terbuka juga pernah ia rengkuh, baik nomor singlemaupun doublesdan mixed doubles. Pada 1964, saat tengah menginjak usia 34 tahun, Althea Gibson kembali mencatat sejarah dengan menjadi wanita Afrika-Amerika berkulit hitam pertama yang masuk dalam Asosiasi Wanita Profesional Golf (LPGA) sekaligus sebagai pemain. Meski hanya anak seorang petani kecil, Althea Gibson sangat gemar berolahraga, terutama tenis. Saking senangnya, Gibson sering membolos dari sekolah dan memilih bermain tenis. Ketika beranjak remaja, Gibson juga mulai menyukai olahraga golf. Gibson sendiri lahir pada 25 Agustus 1927 di pinggiran kota Silver, kawasan Clarendon Country, bagian Carolina Selatan. Kedua orangtuanya Daniel dan Annie Bell bekerja di sebuah pertanian kapas. Pada masa itu, sedang terjadi krisis moneter secara global yang dikenal dengan nama The Great Depression. Krisis yang melanda memaksa keluarga sederhana itu harus pindah ke sebuah daerah terpencil di Harlem, saat Gibson berumur 3 tahun. Hal itu rupanya menjadi berkah tersediri bagi Gibson. Sebab, di rumah barunya ia memiliki arena berolahraga. Ia pun memanfaatkannya dengan baik. Pada saat itu, di daerah Gibson tengah marak olahraga tenis dayung (sejenis olahrga tenis tapi raketnya terbuat dari kayu berbentuk dayung). Gibson pun tak ketinggalan, ia sering bermain bersama anak-anak sebayanya. Tenis memang menjadi pilihan utama Gibson. Bahkan, di kejuaraan tenis dayung perempuan yang diikutinya pada 1939, di New York, ia berhasil meraih gelar juara. Ketika itu usianya baru 12 tahun. Berhasil meraih juara tak membuat Gibson puas. Ia justru terpacu untuk mengikut kompetisi yang lebih tinggi di bawah naungan Asosiasi Tenis Amerika (ATA). Sebelumnya, ia pernah bergabung dengan sebuah tim bernama Cosmopolitan Tennis Club di Sugar Hill, Harlem, pada 1940. Setahun bergabung dengan ATA, ia berhasil meraih gelar juara ATA New York State Championship. Memasuki 1950, nama Althea Gibson mulai melambung di perhelatan dunia tenis. Ia pun mendapat tantangan dari majalah America Lawn Tennis untuk dapat tampil di Amerika Srikat Terbuka, yang digelar di Forest Hill. Gibson pun menjadi satu-satunya pemain berkulit hitam pertama yang terpilih menjalani debutnya di

kejuaraan tersebut. Kala itu, usianya sudah menginjak 23 tahun. Sayangnya, ia gagal mendapat gelar, karena kalah tipis dari Louise Brough Clapp. Meski kalah, nama Gibson tetap melambung. Ia pun banyak mendapat tawaran dari berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Semangat Gibson yang tinggi kala itu bersamaan dengan tingginya rasialisme yang ada. Setiap kompetisi olahraga didominasi oleh orang kulit putih. Hal itu membuat Gibson frustasi dan ingin meninggalkan dunia olahraga. Pada 1953, Gibson baru lulus dari kuliahnya. Ia sempat berpikir untuk meninggalkan tenis dan bergabung dengan dunia militer di Angkatan Darat Amerika Serikat. Tiga tahun sebelum Gibson memutuskan bergabung di Angkatan Darat, Marmer legenda sekaligus petenis nomor satu dunia kala itu, pernah menulis sebuah artikel di majalah America Lawn Tennis. Tulisan itu mengatakan, pemain seperti Gibson tak akan dapat bermain di kompetisi sebesar Wimbledon. Setelah melewati waktu yang cukup lama hingga setahun lebih, Gibson akhirnya sepakat untuk kembali memegang raket tenis. Hingga pada 1955, Gibson mendapat sponsor dari Amerika Serikat, Lawn Tennis Association, untuk dapat mengikuti kompetisi di luar negeri. Hasilnya mengagumkan. Setelah kembali latihan dan mengembalikan performanya di dunia tenis, pada 1956, Gibson mengikuti Prancis Terbuka. Ia pun berhasil keluar sebagai juara dan mencatatkan sejarah sebagai atlet kulit hitam pertama yang menjuarai kompetisi tersebut. Tahun berikutnya, Gibson kembali merengkuh gelar Wimbledon 1957. Ia kembali mencatat sebagai atlet kulit hitam pertama yang meraih gelar paling bergengsi di dunia tenis itu. Di tahun yang sama, Gibson juga berhasil menjuarai Amerika Serikat Terbuka. Berikutnya, dua gelar yang sama, yakni Wimbledon dan Prancis Terbuka juga kembali ia raih. Sejak itulah karir Gibson di dunia tenis terus meningkat. Ia juga mulai disegani di dunia olahraga karena karirnya itu. Sejak 1980-an, Gibson sebenarnya telah menderita dua pendarahan otak, sehingga harus beberapa kali menjalani pengobatan untuk proses kesembuhannya selama bertahun-tahun. Namun, Gibson justru meninggal bukan karena pendarahan otak, melainkan serangan jantung. Ia meninggal di usia 76 tahun, pada 28 September 2003. Jasadnya dimakamkan di pemakaman Rosedale, Orange New Jersey.  asrul rahmawati

Diabadikan Jadi Nama Kompetisi SEMANGAT pantang menyerah Gibson rupanya berdampak pada petenis-petenis lain yang dianggap minoritas. Di antaranya Williams bersaudara, Serena-Venus yang kini jadi petenis unggulan dan disegani dalam setiap kompetisi, termasuk Wimbledon. Bahkan, untuk mengenang dan memperingati Althea Gibson, dunia tenis internasional (ITF) membuat kompetisi yang menggunakan namanya, Althea Gibson Cup. Iven ini digelar setiap tahun di Kroasia, sejak 2009 lalu. Selain itu, di kota kelahirannya California, juga dibentuk fasilitas lapangan tenis yang diberi nama Althea Gibson Tennis Complex, tepatnya di Empie Park. Pada 2012, New Jersey juga membuat patung Althea Gibson, untuk mengenang masa muda Gibson yang penuh perjuangan meraih kesuksesan di kondisi yang sulit. Selanjutnya, pada 2014, produser film Sam Feuer bekerja sama dengan Big Boy Movie menciptakan film dokumenter tentang kehidupan Althea Gibson. Film ini terinspirasi dari buku biografi Gibson yang ditulis oleh Francis Clayton Gray. asrul rahmawati is t ime w a

$.5('Ζ 7$6 $ 3* 7. ^ $ 6' ^ $ 603 ^ $ 60$ 60. ^ $

«

 

­c m y k

­c m y k

.


KEPRI SPORT

KAMIS 1 DESEMBER 2016

9

Ratusan Pelajar Ikuti Lari Sprint Citramas BATAM – Ratusan siswa/siswi SMP sederajat antusias mengikuti lomba sprint 100 meter akan digelar di Gelora Citramas pada 11 Desember 2016. Sebanyak 110 siswa dari 30 sekolah telah mendaftarkan diri dalam event digelar Citramas Sport Club ini. “Target kami peserta yang ikut sebanyak 200-300 peserta,” kata Ketua Panitia Pelaksana

Reggy, Rabu (30/11). Dia mengatakan, Pengcab PASI Batam, Pengprov PASI

Kepri, Disdik Batam, serta PGRI Batam mendukung pelaksanaan perdana ini. Pihaknya meminta satu sekolah mengirimkan empat atlet, dua putra dan dua putri. “Kalau animo sekolah tinggi, lomba ini akan dijadikan agenda tahunan,” ujarnya. Dia berharap, dari 56 SMPN dan 150 SMP swasta bisa ambil andil dalam lomba atletik pertama kali diadakan

di Batam. “Kita harus bina cabang olahraga ini di Kepri. Pasalnya, kita bisa meraih emas banyak di cabang ini, karena atletik menyediakan banyak medali,” ungkapnya. ”Dalam cabang atletik banyak nomor diperlombakan. Kita pasti bisa raih banyak medali emas di cabang ini,” jelas Reggy. Dia menjelaskan, banyak nomor dalam cabang atletik.

Di antaranya lari marathon, sprint, lari estafet dan juga jalan cepat serta masih banyak jenis lainnya. Selain kekuatan dan kebugaran fisi , untuk bisa memenangkan perlombaan diperlukan strategi untuk menjaga ritme kecepatan berlari. Reggy mengatakan, lomba ini untuk membangun dan menggali minat pelajar menyukai cabang olahraga

atletik. “Atletik ini tidak bergengsi, tapi kita mencoba bagaimana cabang ini disukai para atlet. Inilah kita buat lomba atletik sprint untuk para pelajar,” ujarnya. Ajang ini juga bertujuan menjaring atlet untuk dibina. Citramas, kata dia, komitmen menggelorakan olahraga atletik di Kepri, khususnya Batam. “Untuk persiapan

perlombaan sudah 100 persen, tinggal menunggu kepastian peserta,” kata Reggy. Lomba dijadwalkan dibuka Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan turut mengundang Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Batam Syaiful Bahri, Kepala Dinas Pendidikan Batam Muslim Bidin, serta jajaran pengurus KONI Batam. l romi kurniawan

:: JELANG PEMILIHAN KETUM IMI PERIODE 2016-2020

Usep Janji Bikin Sirkuit “Dengan kemampuan yang ada, saya siap untuk menjabat sebagai ketua IMI Kepri selama empat tahun ke depan,” USEP

Calon Ketua Umum IMI Kepri

tahun mendatang,” katanya. Usep juga berharap adanya kerja sama dengan Polda Kepri untuk meminimalisir balapan liar. “Kita berencana membuat sirkuit balapan dan ini misi saya jika terpilih sebagai Ketum IMI Kepri Periode 2016-2020 nanti,” ujar Usep. Dewan Penasehat Klub Motor Ertiga Batam Rudi mengatakan, pihaknya mendukung dan akan memenangkan Usep dalam pemilihan di Musprov. Menurut dia, Musprov akan berjalan ketat. “Pak Yasin Kosasih merupakan kandidat kuat, karena ia saat ini masih menjabat sebagai Ketum. Tapi, Pak Usep sudah pantas jadi Ketum IMI Periode 2016-2020,” kata Rudi. Selain itu, kapasitas dan kepemimpinan Usep dalam bidang otomotif sangat besar. Pecinta otomotif berharap Ketum terpilih mampu memajukan otomotif Kepri, baik di ajang nasional maupun internasional. “Kami berharap di bawah kepemimpinan Usep nantinya, otomotif Kepri bisa bersaing di ajang internasional,” ujarnya. l romi kurniawan

KORAN SINDO BATAM/ ROMI KURNIAWAN

BATAM – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri akan menggelar Musyawarah Provinsi untuk memilih Ketua Umum (Ketum) Periode 2016-2020 di Hotel Aston, Tanjungpinang pada 3 Desember. Ada dua calon yang maju dalam pemilihan Ketum IMI Kepri, yakni Yasin Kosasih dan Usep RS. Usep mengatakan bahwa dirinya turut mencalonkan dengan motivasi ingin memberikan sesuatu lebih berarti di kancah olahraga otomotif melalui organisasi otomotif tertua di tanah air itu. “Saya ingin melakukan sesuatu yang lebih baik,” kata Usep, Rabu (30/11). Menurut Usep, dirinya mendapat dukungan dari berbagai klub motor. Di antaranya Klub Ertiga, Mambo Racing, Ninja Owner Batam, Tenggara Motor Sport, dan sejumlah klub motor lainnya. “Saya maju karena dukungan dari klub motor dan ini merupakan salah satu alasan saya ikut dalam pemilihan Ketum IMI Kepri,” ujarnya. Usep memang bukan orang baru di motorsport. Usep merupakan Ketua Harian IMI Kepri yang selalu mendukung setiap kegiatan IMI, baik di Kepri maupun di Batam dan kota/ kabupaten lainnya. “Dengan kemampuan yang ada, saya siap memimpin IMI Kepri empat tahun ke depan,” ungkap Usep. Usep mengatakan, programprogram IMI perlu adanya dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama membenahi fasilitas otomotif. “Kami butuh dukungan pemerintah. Seperti pengelolaan sirkuit dan fasilitas pendukung lainnya, yang nantinya dapat mencari bibit-bibit berbakat sebagai persiapan PON empat

Pemain Timnas Basket latihan fisik angkat beban di arena HI_Test, Batam, Rabu (30/11).

Timnas Basket Latihan Otot dan Kelincahan BATAM – Tim Nasional (Timnas) Basket Putra Indonesia mengintensifkan pola latihan dalam Training Center (TC) di arena HI_ Test, Batam, Rabu (30/11). Tak hanya berlatih di lapangan, pemain timnas juga menjalani latihan di pusat kebugaran sebagai persiapan jelang Sea Games 2017 Malaysia. Pelatih Timnas Basket Putra Wahyu Widayat Jati mengatakan, dalam olahraga basket ada dua metode latihan fisi . Pertama latihan daya tahan otot di pusat kebugaran atau fitness, kedua latihan kelincahan dan kecepatan di lapangan.

“Kedua latihan ini merupakan fundamental penting yang harus dimiliki pebasket,” kata Wahyu. Latihan daya tahan otot di tempat fitness untuk menguatkan otot pemain timnas. Latihan di tempat fitness ini sekali dalam tiga hari. “Supaya pemain juga tidak jenuh latihan di lapangan,” ujarnya. Sementara itu, Pelatih Fisik Timnas Prasetyo Tri Utomo mengatakan, untuk latihan daya tahan otot ada beberapa menu porsi latihan beban. “Latihan fisik angat diperlukan oleh atlet kita, karena fisi atlet saat ini harus dimaksimalkan lagi,” kata Prasetyo.

Seperti latihan angkat beban bertujuan menstabilkan bahu dan menguatkan tulang belakang dalam kontak fisi . Squat jump untuk memperkuat kaki melakukan lompatan pada jump shot, slamdunk dan defensive/offensive rebound. “Selain itu, kami juga berikan latihan seperti push up dan sit up untuk memperkuat otot lengan dan perut,” ujarnya. Dia menjelaskan, setiap latihan harus dilakukan dengan benar dan diawali dengan proses peregangan serta pemanasan untuk menghindari cedera. Peregangan, fleksibiltas, daya tahan, dan kekuatan otot merupakan

bagian penting dalam semua jenis olahraga aerobik seperti bola basket. “Ketika kita kelelahan, shooting akan sering gagal, free-throw meleset, defense dan rebound juga melemah,” katanya. Menurut dia, aspek-aspek dalam latihan tersebut merupakan syarat untuk memenangkan pertandingan. “Jika kita ingin mempunyai tim yang cepat dalam melakukan full-court press dan fast-break, kondisi fisi harus prima. Kita bisa memenangkan pertandingan meski lawan tim bertalenta dengan cara membuat mereka kelelahan,” ujarnya. l romi kurniawan


hal22Hattrick(tak Lidah)nas

11/30/16

10

6:12 PM

Page 1

WORLD FOOTBALL

AFP/IAN KINGTON

KAMIS 1 DESEMBER 2016

Marquinhos saat beraksi membela Paris Saint-Germain (PSG) menghadapi Arsenal pada Liga Champions di Emirates Stadium beberapa waktu lalu. Unai Emery menyatakan pemain asal Brasil itu mendapatkan tawaran pindah ke Barcelona.

DILIRIK EL BARCA

LIGUE 1 (PRANCIS)

PARIS – Rumor ketertarikan Barcelona kepada Marquinhos terjawab. Unai Emery mengatakan, Paris Saint-Germain (PSG) telah menerima proposal dari El Barca untuk fullback asal Brasil tersebut.

Hasil Pertandingan Pekan 15, Selasa (29/11) ● Dijon FCO 1 (Frederic Sammaritano 87) vs AS Monaco 1 (Guido Carrillo 17) ● Lille OSC 4 (Eder 13, Naim Sliti 24, Nicolas De Preville 64, Rony Lopes 65) vs SM Caen 2 (Julien Feret 31, Sylvio Ronny Rodelin 84) ● FC Lorient 2 (Michael Ciani 28, Abdul Majeed Waris 46) vs Stade Rennes 1 (Giovanni Sio 33) KLASEMEN 1. AS Monaco 15 10 2. OGC Nice 14 10 3. PSG 14 10 4. Stade Rennes 15 7 5. En Avant de Guingamp14 6 6. Girondins Bordeaux 14 6 7. Olympique Lyon 14 7 8. Saint Etienne 14 5 9. Toulouse 14 5 10. Angers SCO 14 5 11. FC Metz 14 5 12. Olympique Marseille14 4 13. Montpellier HSC 14 3 14. Dijon FCO 15 3 15. Lille OSC 15 4 16. SM Caen 15 4 17. Bastia 14 3 18. FC Nantes 14 3 19. AS Nancy-Lorraine 14 3 20. FC Lorient 15 3

3 2 3 1 2 2 3 5 5 3 5 3 1 6 6 3 4 5 3 6 3 6 5 5 7 4 6 6 2 9 2 9 4 7 4 7 4 7 2 10

”Barcelona meminta Marquinhos bergabung. Namun, dia berterima kasih kepada kami yang memberinya kesempatan bermain di klub besar. Dia memang menyukai Barcelona, tapi dia menghargai apa yang sudah diberikan PSG. Dia bilang ingin menyelesaikan tugas bersama kami terlebih dulu,” ujar Emery kepada El Pais. Meski tidak keberatan jika transfer benarbenar terjadi, Emery berharap Marquinhos bertahan. Dia menyebut pemilik nama lengkap Marcos Aoas Correa tersebut sebagai pesepak bola berkarakter. Selain tangguh saat bermain sebagai bek tengah sekaligus fullback , mantan pelatih Sevilla itu mengatakan

44-16 33 26-10 33 28-8 32 16-19 24 19-14 23 19-16 23 22-18 22 16-12 21 17-13 19 13-14 18 16-25 18 13-17 17 20-27 16 19-22 15 14-21 14 13-27 14 11-14 13 9-18 13 8-19 13 14-27 11

Marquinhos memiliki mentalitas bagus serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. ”Intinya, dia pesepak bola top. Secara kualitas, dia sangat bagus. Dia juga selalu mendengarkan instruksi pelatihnya. Untuk urusan konsentrasi, saya berani menjaminnya. Saat saya katakan sesuatu kepadanya, dia akan langsung mencernanya. Dia akan menjadi pemain hebat di masa depan,” ungkap Emery. Berita tentang Marquinhos akhir-akhir ini sangat banyak dibicarakan media-media Spanyol, khususnya yang berbasis di Katalan. Hal itu tidak bisa lepas dari kinerja lini

belakang El Barca pada sejumlah pertandingan terbaru pada Primera Liga. Para pemain belakang Barcelona tampil kurang maksimal melawan Malaga dan Real Sociedad. Selain itu, cedera juga menghiasi sektor pertahanan sang juara bertahan Primera Liga itu. Marquinhos menjadi salah satu opsi karena sanggup menampilkan permainan yang bagus bersama PSG. Pada usia 22 tahun mantan punggawa Corinthians dan AS Roma itu sudah menjadi andalan Emery untuk menjaga sektor belakang PSG. Hanya cedera atau akumulasi kartu yang membuat Marquinhos duduk manis di depan layar kaca. Bukti kehebatan Marquinhos terlihat dari sejumlah trofi yang dikumpulkan di Parc des Princes. Tercatat, dia ikut membantu Les Parisiens menjadi juara Ligue 1 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016; Coupe de France 2014/2015, 2015/2016; Coupe de la Ligue 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016; serta

Trophee des Champions 2014, 2015. Hanya Liga Champions yang belum bisa dia persembahkan. Tidak hanya bersama PSG. Di level tim nasional, Marquinhos juga sudah memberikan gelar membanggakan untuk Brasil. Pada musim panas lalu Marquinhos dan Neymar da Silva Santos Junior bahu-membahu membawa tim Samba di Olimpiade Rio de Janeiro. Hasilnya, medali emas berhasil didapat setelah mengalahkan Jerman pada final. Karena pertemanan dengan Neymar itulah, sejak lama Marquinhos dihubungkan dengan Barcelona. Namun, setiap rumor tersebut muncul, bantahan dari manajemen El Barca maupun PSG langsung mengiringi. Alasannya, tidak ingin mengganggu konsentrasi sang pemain maupun pemain lainnya.  andri ananto

:: REAL MADRID

Tidak Percaya Teori Konspirasi MADRID - Munculnya berita teori konspirasi pada el clasico di Camp Nou akhir pekan nanti mendapatkan respons Zinedine Zidane. Zizou membantah dan mengaku tidak percaya dengan rumor tidak bertanggung jawab tentang adanya upaya mengatur hasil pertandingan agar dimenangkan Barcelona. ”Saya tidak percaya klaim mengenai wasit yang memihak satu klub atau klub lain. Saya tidak

Top Skor 13 Edinson Cavani (PSG) PIALA LIGA INGGRIS

tertarik teori konspirasi. Saya tidak cemas. Saya hanya berpikir pertandingan. Saya hanya membayangkan pertandingan besar. Wasit pasti melakukan yang terbaik karena orang ingin melihat sepak bola yang sebenarnya,” ujar Zizou, dilansirSoccerway. Kabar tentang keberpihakan wasit muncul dari berita yang dirilis sejumlah media asal ibu kota terkait penunjukan Carlos Clos Gomez sebagai pengadil el clasico .

Hasil Perempat Final, Selasa (29/11) Liverpool 2 vs Leeds United 0 ● Hull City 1 vs Newcastle United 1

Mereka menyebut Gomez memiliki kecenderungan membela El Barca . Bukti yang ditunjukkan berupa hasil laga Barcelona yang tidak pernah kalah saat wasit berusia 44 tahun itu bertugas. Sebaliknya, media-media asal Madrid menyebut Gomez sangat membenci Los Blancos . Salah satu laga yang ditunjukkan terjadi pada musim 2010/2011 ketika Jose Mourinho masih menjadi nakhoda di Estadio Santiago Bernabeu. Pada

laga versus Sevilla pengadil asal Aragon itu mengeluarkan sembilan kartu kuning plus satu kartu merah untuk pemain-pemain Madrid. ”Orang bebas membuat analisisnya sendiri. Biarkan mereka bicara sesuka hati mereka. Namun, bagi saya, apa yang ada di lapangan akan ditentukan oleh 11 pemain. Saya percaya ini akan menjadi pertandingan yang sangat berkualitas,” pungkas Zizou.  andri ananto

ZINEDINE ZIDANE

Jan Oblak COPA DEL REY

Kiper Incaran Arsenal yang Dibanderol 100 Juta Euro ANDRI ANANTO

Jadwal Leg I Babak 32 Besar, Kamis (1/12) ● Real Valladolid vs Real Sociedad ● Gimnastic de Tarragona vs Deportivo Alaves ● SD Huesca vs Las Palmas ● Racing Santander vs Athletic Bilbao

Jakarta

Hasil Leg I Babak 32 Besar, Selasa (29/11) ● Real Betis 1 vs Deportivo La Coruna 0 ● Alcorcon 1 vs Espanyol 1 ● Sporting Gijon 1 vs Eibar 2 ● Leganes 1 vs Valencia 3

JAN OBLAK

COPPA ITALIA

“Diakiperspesialispenalti.

LihatlahsaatmelawanOsasuna (akhirpekanlalu).Jikadiatidak menyelamatkantendanganpenaltimereka,sayatidaktahuapa yangakanterjadi.”

Jadwal Putaran IV, Kamis (1/12) ● Genoa vs Perugia ● Bologna vs Hellas Verona

Ket: • Belum termasuk hasil pertandingan tadi malam dan dini hari. • Jadwal dan hasil pertandingan disesuaikan dengan waktu setempat.

AFP/JOE KLAMAR

Hasil Putaran IV, Selasa (29/11) ● Empoli 1 vs AC Cesena 2 ● Chievo Verona 3 vs Novara 0 ● Torino 4 vs Pisa 0

DIEGO SIMEONE

Pelatih AtleticoMadrid

T

erkait rumor ketertarikan Arsenal, harga jual Jan Oblak akhirnya dirilis manajemen Atletico Madrid. Kiper tim nasional Slovenia itu diberi label 100 juta euro oleh para petinggi Los Colchoneros. Mereka menyebut harga tersebut pantas dan layak untuk palang pintu yang baru berusia 23 tahun itu. Harga yang tidak masuk akal sengaja dipasang Atletico karena manajemen mendapatkan saran dari Diego Simeone. Sang nakhoda menyebut Oblak adalah satu dari sejumlah pemain yang harus dipertahankan. Arsitek asal Argentina itu mengaku sulit membayangkan jala Los Colchoneros tanpa kiper yang sempat merumput di Portugal bersama Benfica itu. ”Dia kiper

spesialis penalti. Lihatlah saat melawan Osasuna (akhir pekan lalu). Jika dia tidak menyelamatkan tendangan penalti mereka, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Ingat, itu bukan satu-satunya penalti yang dia gagalkan. Saya sangat puas dengan kemampuan dan kepribadiannya,” kata Simeone, dikutipgoal.com. Statistik menunjukkan, sepanjang tahun ini (paruh kedua musim lalu dan paruh pertama musim ini), Oblak sudah menggagalkan empat eksekusi penalti lawan. Selain Osasuna, pemuda kelahiran Skofja Loka itu juga sukses saat Atletico menghadapi PSV Eindhoven pada Liga Champions (13 September). Musim lalu dia sukses menepis penalti saat Los Colchoneros bertemu Bayern Muenchen dan PSV (di Liga Champions). Karena kehebatan dalam menghalau sepakan penalti lawan, Arsene Wenger jatuh cinta. Nakhoda asal Prancis itu menyatakan telah meminta manajemen Arsenal untuk melakukan transfer. Wenger merasa kiper The Gunners saat ini tidak terlalu memuaskan. Dia yakin jika Oblak bergabung, sektor belakang klub London Utara tersebut akan tangguh. Selain Oblak, Atletico ternyata juga dipusingkan rumor Antoine Griezmann. Sama seperti Oblak, manajemen tidak ingin membiarkan sang pemain hengkang. Mereka menyebut akan berusaha sekuat tenaga agar pemain asal Prancis itu bertahan. ”Transfer antara Atletico dan Real Madrid bukan opsi. Barcelona bisa saja. Tapi, mereka sudah memiliki tiga penyerang hebat. Paris Saint-Germain (PSG)?Opsi masuk akal. Namun, saya tidak ingin kembali ke Ligue 1. Pilihannya kini Primera Liga atau Liga Primer. Saya dengan kompetisi di Inggris bagus. Hanya, saya tidak ingin meninggalkan Atletico,” ungkap Griezmann kepada Telefoot. 


hal22Hattrick(tak Lidah)nas

11/30/16

6:19 PM

Page 2

11

SPORTS

KAMIS 1 DESEMBER 2016

:: COPA DEL REY

LEGANES - Usaha Valencia mengembalikan peruntungan mereka berbuah manis. Sinyal kebangkitan Los Che, julukan Valencia, terlihat jelas ketika menaklukkan SA Leganes 3-1 pada leg pertama 32 besar Copa del Rey dini hari kemarin. Tampil di kandang lawan, Estadio Municipal de Butarque, Valencia sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan tiga menit lewat gol Munir elHaddadi. Dua gol lain disumbangkan Alvaro Medran (25) dan Zakaria Bakkali (90+1), sedangkan Leganes hanya memperkecil ketertinggalan berkat gol Darwin Machis (59). Hasil positif tersebut mengakhiri rentetan buruk Valencia yang sebelumnya gagal menang di lima pertandingan Primera Liga. Kemenangan atas

Leganes pun membuat Pelatih Cesare Prandelli tersenyum lebar. Menurut Prandelli, hal itu mengembalikankepercayaandiriparapemainnyayangsempatmenurun.”Kemenangan ini sangat penting untuk mengangkat moral semua orang di dalam tim. Segala sesuatunya datang pada saat yang tepat,” kata Prandelli, dilansir AS . Akan tetapi, Prandelli menganggap timnya masih memiliki kekurangan dalam hal konsistensi. Juru taktik asal Italia tersebut menilai performa Valencia hanya bagus satu babak saja. ”Pada babak pertama kami bermain cerdas, taktik sempurna, dan mengkreasikan banyak peluang. Tapi, pada babak kedua kami malah menurun. Tujuan utama saya adalah Valencia bermain seperti pada babak

pertama kontra Leganes sepanjang 90 menit,” paparnya. Prandelli optimistis Los Che akan terus mengalami perkembangan jika melakukan hal tersebut. Dia menilai, kualitas skuadnya sangat mendukung untuk terus berada di jalur kemenangan. Prandelli pun berharap Valencia dapat mempertahankan momentum bagus, terutama jelang menghadapi Malaga pada lanjutan Primera Liga, Minggu (4/12). Enzo Perez dkk membutuhkan kemenangan demi kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara. Saat ini Valencia masih tertahan di peringkat 16 dengan mengemas 11 poin. Los Che tetap bertekad menyelesaikan musim ini dengan sebaik mungkin. Mereka ingin membayar dukungan

fans yang kerap gigit jari atas pencapaian mengecewakan Valencia akhir-akhir ini. ”Kami harus meningkatkan intensitas dan kami yakin dapat melakukannya dengan lebih baik lagi. Saat ini sistem yang saya terapkan mulai berdampak terhadap tim. Tetapi, semua itu tidak ada artinya tanpa mentalitas yang kuat dan kami harus selalu memilikinya,” ujarnya. Sementara penjaga gawang Valencia Jaume Domenech menegaskan, timnya tidak boleh mengulangi kesalahan serupa dan terus menatap ke depan. Dia meminta Valencia berkonsentrasi penuh dan bekerja keras untuk meraih tiga poin atas Malaga. ”Kami telah berada di jalur yang tepat. Kami sudah tidak sabar menantikan laga melawan Malaga. Meski

REUTERS/HEINO KALIS

Los Che Tinggalkan Periode Buruk

Pemain Valencia merayakan keberhasilan mereka mengalahkan Leganes 3-1 pada leg pertama 32 besar Copa del Rey di Municipal de Butarque, dini hari kemarin.

sulit, kami bertekad untuk menang. Lini pertahanan kami sangat solid dan itu menjadi modal bagus. Kami terus menganalisa beberapa kelemahan yang ada dan saya yakin Valencia akan terus membaik,” tuturnya Di kubu lawan, Leganes mengalami dua kekalahan beruntun seusai

dipermalukan Valencia. Hasil buruk itu sekaligus membuat kans mereka melaju ke babak 16 besar Copa del Rey kian menipis. Terlebih, skuad besutan Asier Garitano harus bertandang ke Estadio de Mestalla, markas Valencia, pada leg kedua, Rabu (21/12). alimansyah

:: AS MONACO

KALAH SEMANGAT

Leonardo Jardim Belum Puas DIJON - Pelatih AS Monaco Leonardo Jardim kecewa timnya gagal meraih tiga angka saat dijamu Dijon FCO di Stade Gaston-Gerard, Prancis, dini hari kemarin. Namun, Jardim masih bisa bersyukur lantaran timnya tetap berpeluang meraih gelar juara Ligue 1 musim ini setelah bermain imbang 1-1. Tambahan satu angka tersebut membuat Monaco berhak naik ke puncak klasemen dengan torehan 33 poin. Meski begitu, posisi mereka bisa digeser Nice dan Paris Saint-Germain (PSG), tergantung hasil mereka dini hari tadi.

REUTERS/JEFF HANISCH

LEONARDO JARDIM

Point guard Cleveland Cavaliers Kyrie Irving (kanan) melakukan tembakan tiga angka saat dikawal forward Milwaukee Bucks John Henson. Cavaliers kurang bersemangat saat menghadapi Bucks yang berimbas kekalahan 101-118 di BMO Harris Bradley Center, Amerika Serikat, kemarin.

MILWAUKEE – Rentetan empat kemenangan beruntun Cleveland Cavaliers harus terhenti. Mereka harus mengakui ketangguhan tuan rumah Milwaukee Bucks 101-118 di BMO Harris Bradley Center, Amerika Serikat, kemarin. Kekalahan itu memang tak memengaruhi posisi Cavaliers di puncak klasemen Wilayah Timur dengan rekor pertandingan 13-3. Cavaliers bahkan masih tercatat sebagai satu-satunya tim yang menuai kekalahan paling sedikit di Kompetisi NBA musim ini. Akan tetapi, hasil minor itu jelas menyakitkan bagi LeBron James dkk yang berambisi mengejar rekor kemenangan. Pelatih Cavaliers Tyronn Lue membenarkan timnya begitu terpukul seusai pertandingan. Dia

menilai timnya tak layak mengalami kekalahan karena Cavaliers langsung menggebrak sejak memulai kuarter pertama. Sayang, permainan James dkk mengalami penurunan pada tiga kuarter terakhir. Di samping itu, para pemain andalannya kurang produktif dalam mencetak poin pada pertandingan kali ini. James bahkan hanya menyumbang 22 poin, 4 rebound, 4 assist. Sementara Kyrie Irving menghasilkan 20 poin, 2 rebound, 3 assist. Ditambah 18 poin dari Kevin Love, 13 rebound, dan 2 assist. Tiga

pentolan Cavaliers ini yang sukses mencetak double digit, sedangkan pemain lain belum maksimal memberikan kontribusi di Harris Bradley Center. ”Kami sepertinya masih memiliki ketergantungan yang sangat besar kepada pemain tertentu. Kondisi itu membuat saya memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, terutama saya ingin semua pemain memberikan kontribusi,” ujar Lue, dilansir Yahoosport. Keinginan Lue wajib dilakukan karena tak menutup kemungkinan Cavaliers akan mengalami stagnasi bila selalu bergantung kepada pemain bintang. Mereka bahkan bisa mencontoh Bucks, di mana semua pemain hingga pemain cadangan turut serta mengumpulkan banyak poin. Forward Giannis Anteto-

kounmpo bahkan meraih poin tertingginya sepanjang karier di NBA. Dia meraih 34 poin, 12 rebound, 5 assist. Paling energik melihat pemain cadangan Bucks yang berlomba-lomba memberikan performa terbaik. Michael Beasley bahkan meraih 17 poin saat masuk sebagai pemain pengganti, disusul Greg Monroe (14), serta Malcolm Brogdon (10). Semua itu tak lepas dari kebijakan serta kejelian strategi yang diterapkan Pelatih Bucks Jason Kidd. Dia selalu memberikan kesempatan penuh kepada pemain yang dinilainya siap memberikan kontribusi besar kepada tim. ”Pemain bintang dalam sebuah tim itu perlu karena mereka bisa menjadi pembeda. Tapi, tak selamanya keberadaan mereka selalu diprioritaskan. Terkadang pemain

cadangan yang begitu bersemangat meraih kemenangan lebih hebat dari pemain bintang,” ujar Kidd. Karena itu, Kidd memuji keberanian serta semangat yang ditunjukkan para pemainnya. Dia menilai, sikap itu membuat permainan timnya lebih hidup, meski sempat tertinggal pada kuarter pertama. Namun, berkat kerja keras untuk meraih kemenangan, Bucks akhirnya bisa merasakan manisnya kemenangan atas Cavaliers. ”Saya pikir tak ada hal mustahil dalam sebuah pertandingan. Kami bisa meraih kemenangan berkat kerja keras kami, meski kami juga mengapresiasi permainan Cavaliers yang tampil bagus pada pertandingan tersebut,” pungkas Kidd.  edi yuli

Jardim tetap geram menyikapi permainan timnya di kandang Dijon. Sempat unggul lebih dahulu melalui Guido Carillo pada menit ke-17, permainan Monaco malah menurun di babak kedua sehingga Frederic Sammaritano bisa menyamakan kedudukan tiga menit jelang pertandingan usai. ”Kami sepertinya terkesan puas setelah mencetak gol. Saya pikir sikap itu sangat merugikan karena kami akhirnya tak bisa mengembangkan permainan terbaik,” ujar Jardim, dilansir Sky Sport. ”Sebaliknya, mereka (Dijon) justru bermain lebih tertata rapi sejak awal babak kedua,” Sementara striker Monaco Radamel Falcao tak menepis kritik dari pelatihnya. Namun, penyerang dari Kolombia itu menilai timnya sudah memberikan permainan terbaik. Falcao mengaku Monaco hanya kurang beruntung. ”Anda bisa melihat bagaimana dominasi kami dalam permainan itu. Kami bahkan mencatat lebih banyak sepakan ke gawang Dijon. Kami hanya ingin menjadikan pertandingan ini sebagai pembelajaran kami untuk lebih baik lagi,” papar Falcao, mantan penyerang Chelsea dan Manchester United.  edi yuli

AFP/MARCO BERTORELLO

I Rossoneri Mengulur Waktu Peralihan Status Kepemilikan

Pemain AC Milan berlari ke tribune penonton setelah mengempaskan Empoli pada ajang Seri A pekan lalu. Milan masih menunda peralihan status kepemilikan hingga Januari 2017.

MILAN - Perpindahan status kepemilikan AC Milan sedikit mengalami penundaan. Tim berjuluk I Rossoneri tersebut memilih mengundurnya hingga 15 Januari 2017. Milan yang saat ini dipegang Fininvest, perusahaan milik Silvio Berlusconi, sebenarnya telah sepakat menjual. Tapi, mereka meminta deposit tambahan di atas 100 juta euro yang telah disetorkan konsorsium asal China Sino Europa Sports. Negosiasi kedua belah pihak pun menemui titik terang, Selasa (29/11). Sino kemungkinan besar menuruti permintaan Milan dengan memberikan deposit antara 50 juta euro hingga mencapai 100 juta euro. Milan dan Sino dijadwalkan akan melakukan beberapa pertemuan lanjutan untuk menyelesaikan proses negosiasi. Jika terwujud, I Rossoneri bakal mendapatkan kucuran dana segar untuk belanja pemain pada bursa transfer Januari mendatang. Saat ini laju Milan memang cukup menjanjikan. Skuad besutan Vincenzo Montella tersebut menjadi salah satu kandidat peraih scudetto musim ini. Mereka

bertengger di peringkat 3 klasemen sementara Seri A dengan 29 poin. Namun, Milan menyadari persaingan perebutan gelar juara sangat sengit. Karena itu, Montella berencana mendatangkan pemain-pemain baru untuk memperkuat skuad. Salah satu incarannya adalah penyerang Napoli Manolo Gabbiadini. Pemain berusia 25 tahun itu cukup kesulitan menembus starting line-up I Partenopei yang ditangani Maurizio Sarri. Gabbiadini baru mengemas dua gol dari sembilan penampilannya di semua kompetisi musim ini. Milan harus bisa meyakinkannya untuk berlabuh ke San Siro. Pasalnya, dua klub Liga Primer, yakni Everton dan West Ham United turut memantau situasi Gabbiadini. Selain Gabbiadini, Milan juga dikaitkan dengan bomber AS Roma Edin Dzeko. Montella begitu kepincut karena mantan pemain Manchester City (Man City) tersebut sedang produktif. Bersama kapten Inter Milan Mauro Icardi, Dzeko kini

memuncaki daftar klasemen sementara top skor Seri A dengan 12 gol. Fokus Montella terhadap lini depan bukan tanpa alasan. Pasalnya, andalan utama mereka, Carlos Bacca, tengah mempertimbangkan masa depannya. Sinyal tersebut semakin jelas ketika dia terbang ke Spanyol, pekan lalu. Padahal, Bacca tengah cedera. Mediamedia Italia mengabarkan penyerang asal Kolombia itu diincar klub lamanya, Sevilla, serta raksasa Ligue 1 Paris Saint- Germain (PSG). Montella mencoba bersikap realistis menanggapi isu bakal hengkangnya Bacca. Meski berharap dapat terus bekerja sama, mantan pelatih Fiorentina tersebut menyerahkan semuanya kepada manajemen klub. ”Apakah Bacca akan pergi Januari nanti? Maafkan saya jika mengecewakan Anda, tapi ini masih terlalu dini. Belum saatnya untuk membicarakan transfer dan saat ini Bacca adalah pemain Milan,” ungkap Montella, dilansir Football Italia.  alimansyah


KAMIS 1 DESEMBER 2016

10 Rumor ketertarikan Barcelona kepada Marquinhos terjawab. Unai Emery mengatakan, Paris SaintGermain (PSG) telah menerima proposal dari El Barca untuk fullback asal Brasil tersebut.

12

SEMAKIN

DEKAT LIVERPOOL – Juergen Klopp selangkah lebih dekat mempersembahkan gelar pertama bagi Liverpool menyusul kemenangan 2-0 atas Leeds United 2-0 pada perempat final Piala Liga di Anfield, dini hari kemarin. Hull City merupakan salah satu calon lawan yang berpotensi dihadapi di putaran selanjutnya, tergantung hasil undian. Pasukan Mike Phelan melangkah ke 4 besar seusai menumbangkan Newcastle United melalui adu penalti.

”Woodburn baru berusia 17 tahun. Saya akan berusaha keras melindunginya dari sorotan media. Dia tidak butuh itu di usia sedini ini.” JUERGEN KLOPP

REUTERS/PHIL NOBLE - INFO GRAFIS: KORAN SINDO/BUDHI CHRISTIANTO

Pelatih Liverpool

Dengan ini, Klopp punya peluang memperbaiki catatan personal. Pasalnya, dia lebih sering sakit hati pada kompetisi yang menggunakan sistem gugur. Sosok berusia 49 tahun ini cuma sekali merebut gelar. Prestasi itu ditorehkan ketika membantu Borussia Dortmund menjuarai DFB Pokal 2011/2012. Di luar itu, Klopp mesti menerima pasukannya ditumbangkan Bayern Muenchen (2013/2014) dan VfL Wolsburg (2014/ 2015) di final DFB Pokal. Klopp juga harus mengakui keunggulan Bayern di laga pamungkas Liga Champions 2012/2013. Pada kampanye debut bersama Liverpool, musim lalu, Klopp sebenarnya berkesempatan memperbaiki rekor. Sayang, dia gagal meski membawa tim

NESTAPA SETELAH SUKSES DI FINAL DEBUT

Catatan mencolok terlihat pada rapor Juergen Klopp di kompetisi gugur. Setelah merebut gelar pada penampilan pertama, dia selalu kalah pada lima final berikutnya.

JUERGEN

KLOPP

melaju ke final dua ajang. Liverpool ditaklukkan Manchester City di partai puncak Piala Liga. Pada Liga Europa, giliran Sevilla yang mengecundangi mereka. Kesuksesan Liverpool menumbangkan Leeds tidak lepas dari kontribusi pemain muda. Sosok Ben Woodburn paling menarik perhatian karena menyumbang angka kedua. Pencapaian ini membawanya masuk buku rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah The Reds. “Woodburn baru berusia 17 tahun. Saya akan berusaha keras melindunginya dari sorotan media. Dia tidak butuh itu di usia sedini ini. Terlepas dari itu, saya tahu berapa besar potensinya” kata Klopp, dilansir situs resmi klub. Bergabung di akademi Liverpool pada usia 8 tahun, Woodburn menarik perhatian Klopp pada pramusim. Dia mencetak satu gol dan satu assist pada uji coba kontra Fleetwood Town. Pada 26 November, Woodburn melakoni debut bersama Liverpool seusai menggantikan Georginio Wijnaldum pada partai Liga Primer kontra Sunderland. “Woodburn brilian dan mengambil kesempatan. Gol ini akan menambah kepercayaan dirinya untuk terus belajar,” tutur gelandang Liverpool Lucas Leiva. Dengan Philippe Coutinho dan Danny Ings cedera serius dan jadwal padat menanti, Woodburn punya peluang untuk terus dilibatkan di tim utama. “Penyerang hebat didikan Liverpool sebelumnya, seperti Michael Owen dan Robbie Fowler, bersinar sejak awal. Woodburn dapat mengikuti jejak mereka,” pungkas mantan bek Liverpool Jamie Carragher. ● harley ikhsan

Borussia Dortmund Piala Domestik 2008/2009 2009/2010 2010/2011 2011/2012 2012/2013 2013/2014 2014/2015

Piala Domestik II

Babak III Babak III Babak II Juara 8 Besar Final Final

-

Eropa Babak I Grup Grup Final 8 Besar 16 Besar

Liverpool 2015/2016

Piala Domestik

Piala Domestik II

Eropa

Babak IV

Final

Final

LEWATI

OWEN Pada penampilan kedua di tim senior, Ben Woodburn mencatat sejarah sebagai pencetak gol termuda sepanjang masa Liverpool. Dia menggenapi kemenangan 2-0 atas Leeds United pada perempat final Piala Liga, dini hari kemarin. Dengan begitu, Woodburn melewati pemegang rekor sebelumnya, Michael Owen.

Ben Woodburn Woodbur oodburn n 17 tahun 1 bulan 14 hari vs

Michael Owen 17 tahun 4 bulan 22 hari

29

Nov Leeds 2016 United

vs

Wimbledon

Jordan Jor dan Rossiter 17 tahun 4 bulan 30 hari

6

Mei 1997

vs

Middlesbrough

Raheem Sterling 17 tahun 10 bulan 12 hari

23

Sep 2014

vs

Reading

Jimmy Melia 18 tahun 1 bulan 16 hari

20

Okt 2012

vs

17

Des Nottingham 1955 Forest Forest


kamis 1 desember 2016

17

DKP Sebar 80 Bin Kontainer CUACA HARI INI

1436 H / 2015 M Subuh

Zuhur

Asar

Maghrib

Suhu : 24 - 29° Kelembaban : 70 - 95%

Isya

04:28 11:50 15:10 17:52 18:59

PAGI

SIANG

13

MALAM

:: Wisuda Mahasiswa UIB Angkatan ke-XII

BATUAMPAR – Universitas Internasional Batam (UIB) mewisuda sebanyak 494 mahasiswa di ballroom Swiss Belhotel Harbour Bay, Batuampar, Rabu (30/11). Wisuda angkatan keXII tersebut sebagai salah satu bentuk penghormatan dan pelantikan bagi mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi, mulai dari jenjang pendidikan Diploma (D3), Sarjana (S1) dan juga Magister (S2). Predikat terbaik program Magister Manajemen diberikan oleh Ivone dengan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4,00, Magister Hukum diberikan kepada Mashudi Kurniawan dengan IPK 4,00. Kemudian untuk

wisudawan terbaik bidang eksakta diberikan oleh Thu sy Reinda Aulia jurusan Teknik Elektro dengan IPK 3,92 dan non-eksakta diberikan kepada Sherly dengan IPK 3,90. Ketua Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) Suhendro Gautama mengatakan, sangat berbangga diri dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa UIB selama ini. Ia berharap ilmu yang sudah didapatkan di kampus nantinya bisa digunakan untuk membantu masyarakat. Selain itu, seluruh wisudawan agar tidak pernah berhenti untuk belajar. Ke hal 16))

dok. uib

Bisa Bersaing dengan Universitas Luar Negeri

Mahasiwa UIB melempar toga saat foto bersama usai diwisuda di ballroom Swiss Belhotel, Harbour Bay, Batuampar, Rabu (30/11).

Panti Pijat Jadi Tempat Prostitusi Terselubung BATUAMPAR – Petugas BPM-PTSP Kota Batam dan Satpol PP merazia enam panti pijat (massage) di kawasan Batuampar. Tiga lokasi terpaksa disegel karena tak mengantongi izin serta dijadikan tempat prostitusi terselubung.

Pantauan KORAN SINDO BATAM, razia dimulai dari kawasan Seraya dengan mendatangi Yummy Massage. Di lokasi tersebut, tim gabungan tidak hanya memeriksa kelengkapan perizianan saja, tetapi juga memeriksa identitas para pekerja (terapis). Petugas juga memeriksa satu per

satu kamar yang dijadikan untuk tempat pijat. Di salah satu kamar petugas menemukan kondom (alat kontrasepsi) bekas pakai. Disinyalir panti pijat tersebut menawarkan paket plus-plus, dimana terapisnya bisa memberikan pelayanan sex kepada pelanggan dengan menjalankan praktik prostitusi

Harus Hidup Mandiri

M

terselubung. Dari Yummy Massage, tim menuju Cantik Massage. Petugas juga memeriksa sejumlah kamar-kamar dan juga memeriksa identitas para terapis. Setelah dari kawasan Seraya, tim gabungan menuju ke Cempaka Massage di Jodoh. Ke hal 16))

enjadi mandiri penting bagi orang yang ingin lebih mengontrol kehidupan dan tidak perlu menjadi orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, orang yang lebih mandiri adalah orang yang bahagia. Karena seseorang akan merasa rasa lega dan sukacita ketika dapat mengambil hidup kita dibawah tangan kita sendiri.  ahmad rohmadi Amelia Karyawan Swasta KO RAN SINDO b at am/ahm ad rohm adi

:: DPRD Nilai Anggaran Kebudayaan Minim

Ke hal 16))

health for a better life

KO RAN SINDO b at am/ teguh p

BATAM KOTA – DPRD Batam menyoroti anggaran Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Batam yang diajukan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) sebesar Rp10,8 miliar. Anggaran tersebut dinilai sangat kecil untuk menunjang pengembangan dan pelestarian serta pertunjukkan budaya untuk menggaet wisatawan mancanegara dan lokal. “Anggarannya sangat minim. Bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif masuk ke kami. Kalau pariwisata ke Komisi II,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Uba Ingan Sigalingging, Rabu (30/11). Dia menjelaskan, anggaran di dinas tersebut terbagi menjadi dua. Pertama anggaran kebudayaan dan ekonomi kreatif sebesar Rp3,6 miliar dan pariwisata Rp6,4 miliar. Menurut Uba, nilai tersebut tergolong minim untuk mendukung pariwisata dan kebudayaan di Batam.

rih at na

Harus Ada Terobosan Gaet Wisatawan

Salah satu tarian ditampilkan dalam KSM 2016, belum lama ini. DPRD meminta Pemko membuat terobosan untuk menarik wisman ke Batam.

I KEPULAUAN INS RI A OV U PR

KANTOR PELAYANAN PAJAK DAERAH (KPPD) BATAM DINAS PENDAPATAN DAERAH KEP. RIAU JADWAL SAMSAT KELILING

No.

Tanggal

Tempat

1. 31 Oktober s/d 05 November 2016 NAGOYA HILL KEPRI MALL 2. 07 November s/d 12 November 2016 HOTEL UTAMA 3. 14 November s/d 19 November 2016 MC DONALD NAGOYA 4. 21 November s/d 26 November 2016 TOP 100 BENGKONG 5. 28 November s/d 03 Desember 2016 * Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah, Hub. 0813-7246-7810 ** Tanggal Merah & Hari Minggu Libur Jam Operasional: Senin - Kamis : 10.00 s/d 17.00 WIB Jumat : 09.00 s/d 12.00 WIB : 13.30 s/d 17.00 WIB Sabtu : 11.00 s/d 15.30 WIB MAKLUMAT PELAYANAN: KAMI PERSONIL SIE STNK BERKOMITMEN DAN BERUPAYA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH MEMBERIKAN PELAYANAN SECARA AKUNTABEL,TRANSPARAN,TEPAT WAKTU DAN TELITI SERTA BEBAS PUNGLI,DEMI TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA POLANTAS


14

BATAM 24 JAM

KAMIS 1 DESEMBER 2016

Kirim Berkas Tambahan ke Jaksa Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepri (Ditreskrimum) Kombes Pol

Eko Puji Nugroho mengatakan pihaknya sudah mengirimkan berkas tambahan ke Kejaksaan

:: LIMA HARI SEMBUNYIKAN PACAR

Remaja Putus Sekolah Ditangkap Polisi BATUAJI – Remaja putus sekolah berinisial AS (17) ditangkap polisi karena nekat menyembunyikan pacarnya, CN (16) selama lima hari. Penangkapan dilakukan berdasar laporan orangtua CN ke Polsek Batuaji, Selasa (29/11). Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko mengatakan, kejadiannya bermula saat orangtua korban datang melaporkan anaknya (CN) hilang pada Selasa pagi. “Setelah diselidiki, diketahui lokasi persembunyian kedua sejoli tersebut di Kampung Blongkeng, Galang,” kata Sujoko, Rabu (30/11). Ia menyampaikan korban dinyatakan hilang oleh keluarganya sejak Jumat (25/11) lalu. Korban tak kunjung pulang ke rumah dari salah satu SMK di Batuaji. Tak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, orangtua CN memutuskan untuk melapor ke Polsek Batuaji. “Terakhir CN izin pamit berangkat ke sekolah diantar sama kakaknya. Setelah hendak dijemput pulang ternyata tidak ada di sekolah. Saat dihubungi melalui HP, CN mengaku akan pulang sore,” katanya. Sementara AS sudah ditahan

“Setelah diselidiki, diketahui lokasi persembunyian kedua sejoli tersebut di Kampung Blongkeng, Galang,” KOMPOL SUJOKO

Kapolsek Batuaji

di Mapolsek Batuaji untuk dimintai keterangan dan CN dipulangkan ke rumah orangtuanya. Sujoko mengimbau kepada orangtua agar meningkatkan pengawasan terhadap anaknya mengingat, khusus wilayah Batuaji kerap terjadi remaja pergi meninggalkan rumah dengan pacarnya. “Di sini (Batuaji) banyak laporan terkait anak-anak yang pacaran kabur meninggalkan rumah. Kami harap para orangtua lebih intens lagi untuk mengawasi anaknya,” tutupnya. l m bunga ashab

Tinggi (Kejati) Kepri. “Jaksa meminta berkas yang kurang dan pada Senin (28/11) penyidik sudah mengirimkan berkas tambahannya,” kata Eko, Rabu (30/11). Eko menjelaskan penyidikan masih berkutat pada peran Jamaris dan Irwanto. Dua tersangka ini mengakui uang hasil pungli tersebut dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Namun Eko menambahkan pihaknya menyelidiki apakah

jara menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari. Rita menjerat Sanotona dengan pasal 82 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan terhadap UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. “Perbuatan terdakwa sangat tidak wajar dan juga mengakibatkan korban yang masih anak-anak mengalami trauma yang sangat mendalam. Terdakwa juga melakukan hal tersebut kepada anak angkat terdakwa yang seharusnya terdakwa jaga dan lindungi,” kata Tiwik membacakan amar putusan. Tiwik mengatakan terdakwa tega mencabuli korban I saat sang istri tidak ada di rumah

BATAM KOTA – Erikzon Fernandes dan Devi Arisandi Syafril terpaksa menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Batam, Rabu (30/11) siang. Keduanya didudukkan di kursi pesakitan setelah terlibat sebagai wasit dan pengawas di lokasi perjudian gelper Amor Game. Dalam sidang Perdana, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Arie Prasetyo mendakwa keduanya dengan pasal 303 Ayat (1) ke -1 KUHP juncto pasal 2 ayat (1) UU RI No 7 Tahun 1974 tentang Penertiban Perjudian juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pasal ini dikenakan setelah keduanya berhasil diamankan oleh jajaran Satreskrim Polresta Barelang pada Rabu (10/8) lalu. Di hadapan majelis hakim Syahrial, Taufik Nainggolan dan Yona Lamerosa, JPU Arie membacakan dakwaan dan menyatakan penangkapan terhadap keduanya bermula ketika adanya informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya tindak pidana perjudian di gelper Amor Game yang berlokasi di kawasan Pujasera Losari, Batuaji. Sebelum diamankan, dua anggota polisi mengintai gerak gerik kedua terdakwa. Bahkan, anggota polisi juga sempat menyamar sebagai pemain. Saat berada di lokasi, anggota polisi melihat terdakwa Devi tengah me-

pada Agustus lalu. Saat itu, terdakwa yang usai mengantarkan istrinya langsung mencabuli korban di rumah. Kejadian tersebut berulang pada sore harinya saat terdakwa memandikan korban. Akibat perbuatannya, korban mengalami luka pada kemaluannya sesuai dengan Visum Et Repertum Nomor : RM/140/227/IF/RSUD-EF A tanggal 31 Agustus 2016 yang dibuat dan ditandatangani oleh dr. Agung Hadi Pramono,MH, dokter pada RSUD Embung Fatimah. Korban juga mengalami trauma berat dan gangguan psikis. l aini lestari

Maling Ponsel Dijebloskan ke Sel BATUAJI – Febriansyah (23) spesialis pencuri ponsel diringkus polisi yang berpatroli di Perumahan Genta 2, Kelurahan Buliang, Batuaji. Menurut polisi, pria ini sering beraksi di kawasan perumahan. Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko mengatakan Febriansyah ditangkap pada Senin (28/11) lalu. Dia juga menye-

but selama ini pihaknya telah sering mendapat laporan dari warga yang kehilangan ponsel. “Pelaku pencurian berhasil kami amankan dari lokasi saat hendak beraksi,” ujar Sujoko belum lama ini. Ia menuturkan, dari hasil pemeriksaan sementara sudah ada tiga orang korban yang melapor kehilangan ponsel di Ma-

Dir. Reskrimum Polda Kepri

ngatakan berkas dua tersangka pegawai Disdukcapil sudah P19 di kejaksaan. “Kami optimis, mudah-mudahan sekitar dua minggu sudah P21 (dinyatakan lengkap),” jelasnya. Kabid Catatan Sipil Jamaris dan staf Bidang Catatan Sipil Irwanto dibekuk Tim Satgas Merah Putih Polda Kepri yang dipimpin AKBP Yos Guntur pada Senin (17/10) lalu dengan barang bukti uang hasil pungli sebanyak Rp5.284.000. Kasi

Perpindahan Penduduk, Nasibah juga ikut diamankan namun tak dijadikan tersangka dalam kasus ini. Keduanya dijerat pasal 368 KUHP dan Pasal 95 huruf B UU RI Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara atau denda paling banyak Rp75 juta. l muhammad arief

Wasit dan Pengawas Gelper Diseret ke Meja Hijau

Pencabul Anak Angkat Dibui 7 Tahun BATAM KOTA – Sanotona Dachi, pelaku pencabulan terhadap anak angkat divonis 7 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Batam, Rabu (30/11). Dia dinyatakan bersalah setelah mencabuli I, yang masih berusia empat tahun. Selain menjatuhkan hukuman penjara, majelis hakim Tiwik, Endi Nurindra dan Egi Novita juga mendenda Sanotona sebesar Rp60 juta dan jika tak dibayarkan maka diganti dengan hukuman kurungan selama enam bulan. Vonis ini diterima oleh terdakwa namun jaksa Ritawati Sembiring yang menuntutnya dengan hukuman 9 tahun pen-

KOMBES POL EKO PUJI N.

uang hasil pungli dalam pengurusan KTP, akte kelahiran, akte kematian, dan catatan pernikahan juga mengalir ke atasan dua tersangka. “Kami sudah panggil sejumlah saksi ahli dan kepala Disdukcapil kota Batam terkait kasus pungli yang melibatkan pegawainya. Jika ada (aliran uang) yang mengarah ke atasan akan kita akan tindak” tegasnya. Sementara Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Kepri AKBP Arif Budiman me-

polsek Batuaji. Selain berhasil meringkus pelaku, barang bukti satu unit ponsel merek Lenovo turut diamankan. “Kami masih kembangkan kasusnya, apakah ada korban lainnya,” ujarnya. Febriansyah dijerat pasal 363 tentang pencurian KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. l m bunga ashab

KORAN SINDO BATAM/ AINI LESTARI

NONGSA – Proses hukum perkara pungutan liar (pungli) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam dengan tersangka Jamaris dan Irwanto terus bergulir. Sejauh ini, penyidik kepolisian menyatakan belum ada tersangka tambahan.

DOK.KORANSINDOBATAM

Kasus Pungli di Disdukcapil Batam

Erikzon dan Devi, dua pekerja gelper Amor Game tertunduk saat menjalani persidangan di PN Batam, Rabu (30/11).

nukarkan poin tiga orang pemain dengan uang tunai senilai Rp50 ribu, Rp100 ribu dan Rp150 ribu. Usai menukarkan poin dengan uang tunai tersebut, polisi lang-

sung mengamankan Devi. Tidak hanya mengamankan Devi, polisi juga mengamankan Erikzon yang diketahui sebagai pengawas di lokasi gelper. Bah-

kan, dua orang pemain juga turut diamankan dan dituntut secara terpisah. Selama menjalankan aksinya, Devi yang bekerja sebagai wasit menda-

patkan upah sebesar Rp150 ribu perhari. Sedangkan Erikzon mendapat upah sebesar Rp1 juta setiap minggu. l aini lestari


15

kamis 1 desember 2016

Referensi Baris Dan Kolom

AGENCY IKLAN

hubungi Untuk PEMASANGAN IKLAN Lebih Mudah

BATAM CENTRE

INFORMASIA DANA KREDIT

KOPERASI MITRA UTAMA - Pros-

es cepat mudah Anda butuhkan dana jaminkan BPKB motor/mobil. Hub. 081276669480-08127713443081990908999. Ruko Permata Bandara Blok Topa 2 1 No 9 Bt Besar. _________________________________

SINAR MAS - Multi finance suku bunga paling rendah di antara semua leasing yang ada di batam jaminkan segera bpkb motor/mobil anda sekarang juga hub ian 082174126527 pin D2B9D495. _________________________________

JASA DEPOT AIR MINUM - Happy water menerima pesanan air minum isi ulang galon & RO (air murni) di ruko windsor blok 2 lt 1 no 22 , layanan antar hub 08127022-3836, 0856-6736-683 _________________________________ LAS TRALIS ALLRIDHO - Mengerjakan

tralis, pintu , pagar, canopy , balcon, tangga putar, tenda, ranjang, bal mobil, dll hub m sagita harahap 0821-7002-0216 _________________________________

MENYEDIAKAN - PRT Baby Sister, Suster Jompo Hubungi PT. Leon Putra Mandiri. Alamat Perum Taman Marshelia Blok B No.95 Hub 081263450415 / 0819 9099 3535. _________________________________ ANUGRAH MUSIC -

jual-Beli Servis rental alat music & sound system. Komplek Ruko sinar Bulan Blok A no 1&2 Bengkong aljabar. Telp 0778 433554/08127053634. _________________________________

FOTOGRAFI

KULINER BAKSO - Bakso urat, bakso telur, bakso biasa, mie ayam bakso mie ayam ceker, mie ayam biasa , bisa menerima pesanan hub zuki (0812-6824-9104) alamat : shooping centre blok c no 8 (bakso tergoda). _________________________________ RUJAK CINTA - MMenerima pesanan rujak petis, rujak buah, rujak serut dengan berbagai macam buah dengan harga terjangkau enak dan berkwalitas hub 081272327970. _________________________________ RENATA NUSANTARA - menyediakan berbagai macam makanan dan minumanan , dan menerima pesanan dengan harga terjangkau hub 0812-2379-1226. _________________________________

LAUNDRY LAUNDRY - Menerima jasa layanan laundry cuci+strika+lipat. Dengan harga terjangkau dan berkwalitas harum, rapi dan bersih hub 0812-7574-2949. _________________________________

LOWONGAN

MASSAGE AISYAH MASSAGE - Bnar2 urt. Penyakit pria & wnta. Obt kuat, mnyk lntah, blus, ztn, onta, ssuk, plet, pnglris, mndl, ejklasi dini, lmh syhwat, prwan kmbl, dnyut2, ksleo, krs, gmk, dbts, d tnggi, dll. Tempat/panggil (Ruli pntai stres.109) Hub : 082112766550 _________________________________

KONFEKSI RIKA’S TAILOR AND FASHION Menerima dan menyediakan baju melayu, baju dinas, seragam sekolah, bordir, safari, pakaian pengantin, kebaya dll kios puja sera aviari no 2 hub 0812-7018-9268 _________________________________

TIKITAKATSHIRT-BATAM - Tempat

untuk pembuatan kaos, jaket, sweater, jumper, seragam, dan lain-lain buat komunitas, perusahaan maupun perorangan. Dengan budget harga yang bisa diobrolin. Segera hubungi hp/Wa 0852-6400-3330 _________________________________

Dessi 0822 833 95 915 Nia 0812 7777 1234 Misien 0812 6186 1616

BATU AJI

PUNGGUR

Herawati 0811 773 779

TIBAN Lalu Arya W 0821 6973 1975 BELAKANG PADANG

Endang Ibnu Akil Nurhida 0852 6441 1683 0852 6553 2062 0812 778 7633 Dede Rusdiana 0812 7609 0190 Istiqomah 0856 6860 7991

Berdasarkan akta Berita Acara RUPS, No. 11, tertanggal 25 Nopember 2016, telah diputuskan untuk membubarkan PT. SAKINAH MARINE INDONESIA, berkedudukan di Batam (Perseroan) efektif tanggal 31 Desember 2016, sehingga status Perseroan sejak tanggal 31 Desember 2016 adalah dalam likuidasi. Kami memanggil segenap kreditor/debitor untuk menyelesaikan utang piutang Perseroan (dalam likuidasi), selambatnya 60 hari sejak tanggal koran ini, di Bintang Industri II Blok F No. 761, Tanjung Uncang, Batu Aji, Batam, HP. 0857 6500 4895, dengan Tuan Androni Susanto. Bilamana waktu 60 hari telah lewat, maka segala tuntutan tidak akan dilayani. Batam, 1 Desember 2016 Likuidator (ANDRONI SUSANTO) qq.-PT. SAKINAH MARINE INDONESIA

PANGKAS RAMBUT - membutuhkan

tenaga kerja tukang pangkas (pria) yang berpengalaman, jujur,rajin,rapi, dan berpenampilan menarik. Alamat tiban btn simpang pdi. _________________________________

ANEKA RAGAM

MASSAGE - Telah di buka body massage

dan refelexology, alamat hang kesturiruko cnn blok E3 no 2 hub 0812-67803731 _________________________________

Dwi Hantoro 0812 7704 5800 Dasril 0821 691 771 92 Herik 0813 6434 3188

PENGUMUMAN

JASA FOTO UDARA - (Quad Drone

Cam) skalatif dan non skalatif, pengukuran luas tanah (GPS Map Method) dan Bathimetry (kedalaman laut) Hub : 0813 7568 0635 (Dika). _________________________________

Asdi 0853 7609 1379 Indra Nana Persada 0812 6606 2283 Yatna 0852 7227 0009 Batam Adv 0812 7771 1349 Anwar 0813 7202 2799 Yayan 0813 6557 7738

NAGOYA - JODOH

SKP Scaffolding

BISNIS - Bergabunglah bersama kami

U Head

dengan modal Rp 255rb sekali seumur hidup, mendapatkan bonus ratusan juta setiap bulannya gratis asuransi 1th & hak usaha HBP dari MNC Life, hubungi Pak Nur 082170131105, asmari 085271208999 _________________________________

PERCETAKAN WAHYU KARYA GROUP - Percetakan dan alumunium , melayani cetak buku tulis, undanganm, kop surat amplop, buku tahunan, dll , serta melayani pembuatan partisi dan alumunium griya prima blok K no 1 batu aji hp 0813-7251-8203 _________________________________

Jack Base

JUAL SEWA Cat Walk

SERVICE/ELEKTRONIK

RENTAL RENTAL - “rental carry-pick up”menerima jasa angkat barang atau pindahan rumah dll. hub.081270543880/081268007474. _________________________________

RENTAMOBIL CNP RENTAL - Menyewakan avanza , xenia, inova, harian, mingguan, bulanan , tahunan . Mobil bisa di antar harga bersaing pelayanan memuaskan hub 0813-6461-0899 _________________________________

TOKO

ZIE ELECTRONICS SERVICE - Melayani service Tv, lcd, dvd, vcd dan jual second alamat perum pendawa asri blok h1 no 3 081229129995 _________________________________ SERVICE ELEKTRONIK - DOKTER AC “ TERIMA PERBAIKAN AC, BONGKAR-PASANG, CUCI AC, MESIN CUCI, KULKAS, FREZER, SHOWCARE, INSTALASI LISTRIK DLL. HUB 081268007474 atau 082284879275 _________________________________

ZUL SERVICE - Terima service elektronik

TOKO SUMBER PROSPERINDO PERKASA - Menjual material bangunan, alatalat listrik, supplier di ruko prima garden blok A1 no 11 & 12 hub dickson septunus, SE 0823-7787-8888. _________________________________

KEHILANGAN

TV/LED, mesin cuci, kulkas, instalasi listrik dan elektrik, dll hub 0812-7725-4077, 0812-7574-0601 service di tempat. _________________________________

PRATAMA SERVICE - Dengan tenaga

yang profesional kami siap melayani perbaikan kulkas, mesin cuci dan elektrik bergaransi hub0812-7012-2242 _________________________________

TELAH HILANG - BPKB BP 1234 ZH A/N

RUMAH SEWA

ELLY RUMENGAN HUB: 0812 7530 6481 _________________________________

TELAH HILANG - STNK BP 116 BY

an.budi hub pak ahmadi 081372184617 _________________________________ TELAH HILANG - STNK BP 3678MM an Ang bun hwa no rangkaMH1JBP112EK185950 no mesin JBP 1E1186053 no BPKB 06114437 hubungi 08117779193 _________________________________

RODA

DISEWAKAN - 1(satu) unit condomoni-

um Batam City Condomonium(BCC), yang terletak diwilayah pertokoan BCS Nagoya, Full Furnish, dengan 2 (dua) kamar dan 2 (dua) kamar mandi. Berminat hubungi bpk. chandra 08113574499 _________________________________

PROMO

AKHIR TAHUN Iklan Baris

100sebulan .000

GI Pipe

Jl Riau No 6, Bengkong PLTD (belakang Masjid Darut Taqwa)



081275742266, 081275742233, (0778) 411334, 085375511137 posunskp@gmail.com

kami memberikan

Kursus Mengemudi

benefit

Pras Teknindo

PRAS TEKNINDO

terbaik bagiinvestasi perusahaan Anda • KDA • CIKITSU • TAMAN RAYA www.lpkfernanindojaya.batamniaga.com

Alamat : Komp. Ruko Pasar Buana Blok D No 15, Tembesi, Batu Aji

Komp. Taman Kota Mas Blok A� No. �� B Lubuk Baja - Batam

HP. ���� ���� ���� ����� ��� ����

Di Telp Langsung Berangkat

Sedot WC 0812 2365 511 jam


16

Metropolitan

kamis 1 desember 2016

:: Titik Banjir Terus Bertambah

Pemko Minta Pengembang Reboisasi SEKUPANG – Pemko Batam terus berupaya mengatasi beberapa wilayah yang kerap terendam banjir jika hujan deras melanda. Saat ini, Dinas Pekerjaan (PU) Batam masih mendata dan mencari solusi agar banjir bisa berkurang. “Ada 58 titik banjir terparah setelah kami data. Padahal sebelumnya hanya ada 30 titik saja,” kata Kepala Dinas PU Kota Batam Yumasnur, Selasa (29/11). Ia mengatakan, puluhan titik yang kerap dilanda banjir telah ditangani dan diselesaikan. Tim penanggulangan banjir dari Dinas PU telah diturunkan untuk menyurvei beberapa wilayah yang menjadi langganan banjir. “Sudah ada sekitar 47 titik banjir yang

telah kami tangani,” ujarnya. Yumasnur mengaku banjir yang melanda Batam memang tidak bisa dihindari, mengingat banyaknya pengembang yang sedang melakukan berbagai pembangunan di daerahdaerah yang menjadi resapan air. Ia mengimbau pengembang harus memperhatikan dampak lingkungan jika mengerjakan suatu proyek. Perencanaan sistem drainase dan penghijauan sangat penting dalam perencanaan pembangunan, terutama proyekproyek perumahan. Sebab, yang menjadi persoalan sampai saat ini karena beberapa wilayah resapan air telah tersentuh pembangunan proyek. Sebelum dilakukan pemba-

ngunan, pengembang seharusnya merencanakan dulu sistem drainase serta perhatikan dampak lingkungan yang terjadi nanti. “Pengembang juga jangan lupa melakukan reboisasi,” tegasnya. Ia mengambil contoh di kecamatan Batuaji kerap dilanda banjir, karena daerah itu resapan airnya cukup tinggi dan banyak aktifi as pembangunan di sana yang tidak mempedulikan dampak lingkungan yang akan terjadi nanti. “Proyek rampung tidak memperhatikan lagi pohon-pohon yang sudah ditebang, minimal lakukan penghijauan,” katanya. Yumasnur berharap untuk pengembang agar melakukan penghijauan kembali lokasi yang digunakan untuk proyek

pembangunan tersebut, agar ada resapan air di wilayah tersebut. Sebab jika tidak diindahkan bisa menghambat aliran air. Wali Kota Batam Muhammad Rudi menambahkan, pada 2017 mendatang Pemko akan membenahi semua drainase yang ada untuk mengatasi banjir. Pasalnya, banjir di Batam akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat karena setiap kali hujan turun terjadi banjir di mana-mana. Masalah banjir dipicu oleh drainase yang tidak berjalan dengan baik. “Perbaikan atau penambahan dilakukan semuanya tahun depan,” katanya. Masalah banjir ini sudah menjadi perhatian pemerintah dan telah mengkaji persoalan tersebut. Menurutnya, pem-

benahan sistem drainase dan penambahan merupakan langkah yang tepat untuk mengatasinya. “Ada sekitar 50 titik lokasi banjir, semua akan dibenahi secara bertahap,” katanya. Kabag Humas Pemko Batam Ardiwinata menambahkan, selain membenahi persoalan banjir, Pemko Batam juga akan mengalokasikan anggaran pengadaan alat berat yang mana nantinya akan digunakan sebagai penunjang proyek pembenahan ataupun perawatan drainase tersebut. “Pemko telah mempelajari dan mengikuti studi apresial bantuan dari Korea sebagai panduan nantinya,” ujar Ardi.  mohammad ilham/ muhammad bunga ashab

Sedangkan untuk Upah Minimum Kota (UMK), sudah sampai ke Gubernur berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 78/2015 tentang pengupahan sebesar Rp 3.241.125 berdasarkan rumusan yang ada. “Tinggal penetapannya saja,” kata Rudy. Diberitakan sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengembalikan usulan Upah Minimum Kota (UMK) Batam, Senin (21/11). Pemko Batam diminta mengirim satu usulan beserta Upah Minimum

Sektoral (UMS) sesuai kesepakatan di Dewan Pengupahan Kota (DPK) yang terdiri dari pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja. Pemko Batam saat itu mengusulkan dua angka kepada Gubernur yaitu usulan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan sebesar Rp3,241,125 dan berdasarkan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL) usulan pekerja Rp3,498,118.  fadhil

:: Disnaker Tunggu Sektor Elektronik

Pengajuan UMS Terhambat BATAM KOTA – Pemko Batam belum merekomendasikan Upah Minimum Sektoral (UMS) ke Gubernur Kepri. Terhambatnya pengiriman lantaran belum seluruhnya selesai dibahas. Untuk UMS ini perlu pengajuan dari masing-masing sektor, mulai dari pertambangan, kimia, perbankan, alat-alat berat, perternakan, galangan kapal, pariwisata, elektronik dan garmen. “Sektor yang sudah selesai galangan, pariwisata dan peternakan,” kata Kepala Dinas

Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Rudy Sakyakirti, Rabu (30/11). Untuk angka yang akan diajukan, Rudy tak mengaku tidak hafal, namun untuk sektor tertinggi yakni galangan kapal dengan angka kurang lebih Rp 3.468.003 lebih tinggi tujuh persen dibandingkan UMK yang diajukan untuk tahun depan. Beberapa sektor lain hingga saat ini masih dibahas antara serikat pekerja dan asosiasi pengusaha, salah satunya sek-

tor elektronik. Lantaran belum ada asosiasi pengusaha khusus elektronik, pembahasan kini dilakukan bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). “Kami tunggu satu, dua hari ini. Kalau selesai langsung kami kirim,” ujarnya. Jika ada satu sektor yang belum selesai dibahas, maka untuk UMS tak akan dikirim ke Gubernur lantaran keinginan serikat buruh agar UMS diajukan dalam satu kesatuan. “Ya begitu mereka minta,” katanya.

Riau mengatakan, razia dilaksanakan untuk mengetahui apakah panti pijat di kawasan Batuampar telah mengantongi izin dari BPM-PTSP serta memeriksa identitas seluruh pekerja. “Pemeriksaan identitas sangat perlu, mana tahu ada anak di bawah umur,” kata Gustian. Tak hanya mengantongi izin, lokasi panti pijat sesuai aturan yang ada, selaiknya sekat ruangan diperbolehkan hanya menggunakan tirai, tempatnya nyaman full AC. Selain itu, para tenaga terapis juga sudah mendapatkan sertifi asi atau setidaknya telah dilatih. “Ini dindingnya disekat dengan triplek, itu saja sudah menyalahi aturan,” ujarnya. Dari enam lokasi, tiga di antaranya terpaksa disegel dengan garis PPNS. Pemilik lokasi nantinya akan diperiksa mengapa berani membuka praktik tanpa mengantongi izin dari pemerintah. Sedangkan terapis yang tak memiliki KTP Batam juga akan diperiksa. “Kalau mereka mau membuka garis PPNS, harus kami periksa dulu (BAP),” katanya. Terkait masa berlaku, Gustian menambahkan, izin usaha

Petugas menggeledah kamar Yummy Massage di Seraya, Rabu (30/11). Hasil pemeriksaan, panti pijat tersebut disinyalir menjadi tempat prostitusi terselubung.

KORAN SINDO b at am/ Arrazy Adity a

BPM-PTSP lalu menyegel lokasi dengan garis PPNS karena tidak memiliki izin usaha dan tempat tersebut tidak laik dijadikan usaha panti pijat. Tim gabungan merazia Rahayu massage dan Sport Massage di Jodoh, namun kedua lokasi tersebut tak ditemukan pelanggaran dan mengantongi izin. Setelah itu petugas menuju Frisca massage yang berada di belakang hotel Allium. Dari penggeledahan di beberapa kamar petugas juga menemukan barang bukti beberapa bungkus tissue magic (obat kuat) yang telah dipakai. Karena tak mengantongi izin, lokasi juga disegel dengan garis PPNS. Setelah itu, tim gabungan menuju ke lokasi panti pijat di kompleks Jodoh square. Tempat massage tersebut tidak dilengkapi dengan papan nama, namun biasa disebut warga dengan “Morena 3”. Setelah diperiksa, lokasi juga diberikan garis PPNS karena tidak dilengkapi dengan izin dan diduga tempat prostitusi. Kepala BPM-PTSP Gustian

panti pijat yang diberikan Pemko Batam berlaku sampai kapanpun. Namum, pemilik harus bisa memberikan tempat yang sesuai atau yang diatur dalam undangundang. “Untuk pemeriksaan selanjutnya, kami bisa melakukan razia sewaktu-waktu,” ujarnya. Sebelumnya, Komisi I DPRD Kota Batam melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa tempat hiburan malam seperti pub dan tempat panti pijat di daerah Nagoya, Lubukbaja, Minggu (15/8).

Tempat hiburan malam seperti pub dan panti pijat dengan leluasa memperkerjakan anak di bawah umur. Bisnis prostitusi ini berjalan lancar sebab tak sedikit oknum dewan menerima setoran uang esekesek. Sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Nyanyang Haris Pratamura beserta Anggota Harmidi Husein dan Lik Khai tersebut atas informasi dari masyarakat terdapat pekerja anak di bawah umur dan pemi-

lik usaha yang diduga memberikan uang kepada oknum DPRD Batam. Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Nyanyang Haris Pratamura mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh ketika reses dengan masyarakat bahwa Pub Morena mempekerjakan anak di bawah umur dan pengelola memberikan uang setoran kepada oknum dewan.  tengkubayu/ iwan sahputra

“Teruslah membangun jaringan yang luas, dan teruslah memberikan sumbangsih untuk membangun Indonesia,” ujarnya. Menurut Suhendro, UIB didirikan oleh YMTI dengan tujuan ikut berpartisipasi dalam upaya pembangunan nasional untuk mencerdasakan kehidupan bangsa. Sebagai salah satu universitas swasta di Batam, UIB ingin selalu mencapai standar kualitas bertaraf internasional dan bisa bersaing dengan universitas luar negeri. Suhendro mengaku akan terus berusaha menerapkan pendidikan yang menyeluruh, penelitian yang analitis dan

lu mengambil akta cetaknya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, pihaknya terus mendorong agar rencana penerapan egoverment dapat diterapkan. Kini website sudah siap hanya menunggu waktu peluncurannya saja. “Semalam sudah ada laporan secara keseluruhan sudah siap,” kata Amsakar. Hal ini menjadi salah satu upaya menjadikan Batam sebagai Smart City dalam website itu akan diterapkan perencanaan oniline, keuangan, pelayanan, laporan kependudukan, pendidikan, perekrutan termasuk informasi umum. Dengan kesiapan ini, diperkirakan dalam rentang waktu 1-2 minggu mendatang, secara keseluruhan akan diluncukan dan disosialisasikan ke masyarakat secara umum. Ia berharap dengan semua pelayanan secara onilie, perizinan secara online, maka semua kebutuhan masyarakat terhadap pemerintah akan lebih mudah dan masyarakat tak perlu bingung lagi. Pembentukan website ini merupakan upaya Pemko Batam untuk transparan baik dalam pelayanan, perizinan, perencanaan hingga keuangan.  fadhil

Harus Ada... “Seharusnya ketika industri dan sejenisnya lesu, sektor ini justru harus diperkuat dan ditonjolkan dengan menonjolkan kebudayaan yang kita miliki,” katanya. DPRD telah mengusulkan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam Yusfa Hendri dan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk merubah kembali nilai pagu dan memasukkan program yang mendukung pengembangan budaya lokal. Ia menambahkan, tidak hanya belanja pegawai saja yang dimasukkan. Diperkirakan Disparbud butuh Rp20-30 miliar. “Apalagi Pak Amsakar sudah baca puisi saat kenduri seni melayu (KSM) kemarin,” jelasnya. Selama ini, sambungnya, pemerintah daerah tidak memiliki konsep atau konten yang dijual ketika melakukan promosi ke negara lain. Uba berharap, pemerintah dapat membuat sebuah terobosan agar wisatawan dapat berlama-lama di Batam karena mengagumi kebudayaan yang disajikan oleh masyarakat. “Orang tahunnya kalau ke Batam ini cuma Jembatan Barelang. Setelah sampai di situ tak tahu apa yang dilihat lagi,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri menyambut baik usulan tersebut. Namun perubahan pagu anggaran dilakukan oleh TAPD Kota Batam. Sejumlah kegiatan berskala internasional memang dihilangkan tahun ini. Kalaupun ada event internasional, hanya bergantung kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dia mengatakan, pemerintah daerah menjadi sponsor dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh swasta. “Jadi kita hanya mendukung saja, yang buat eventnya adalah swasta. Ini juga dikarenakan anggaran yang sangat terbatas,” katanya. Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan pemerintah menyokong industri pariwisata melalui penyiapan infrastuktur yang layak. Dukungan untuk pariwisata tidak melulu pada penyelenggaraan kegiatan hiburan atau sebagainya untuk menarik wisman, melainkan juga menyiapkan sarana dan prasarana yang membuat wisman nyaman berlama-lama di Batam. “Kalau infrastruktur bagus, wisman akan betah untuk tinggal,” kata Rudi.  iwan sahputra

RUMAH & RUKO PT. BATAM RIAU BERTUAH

Bisa Bersaing ... ((Dari hal 13

BATAM KOTA – Pemko Batam melalui Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengembangkan aplikasi layanan berbasis web. Nantinya pelayanan kepada masyarakat dilaksanakan secara online, mulai dari keuangan, pelayanan, laporan kependudukan, pendidikan, kesehatan, perekrutan termasuk informasi umum. Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Salim mengatakan, pihaknya masih menguji coba beberapa konten yang sudah disiapkan. “Sedang kami uji coba di kecamatan,” ujarnya, kemarin. Ia mencontohkan, salah satunya untuk pelayanan kesehatan. Nantinya pendaftaran pasien dan rujukan di RSUD Embung Fatimah akan menggunakan sistem online. “Jadi sebelum ke rumah sakit, daftar online dulu. Setelah pilih dokter, dapat jadwal jamnya. Setelah itu tinggal datang, tak perlu antre,” kata Salim. Selain itu, ada juga aplikasi yang akan memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan di kecamatan seperti pembuatan kartu pencari kerja, domisili usaha, domisili sekretariat, dan SKCK. Pada bidang kependudukan, pengurusan akta kelahiran dan kematian pun semakin mudah. Cukup daftar online, la-

((Dari hal 13

Panti Pijat... ((Dari hal 13

Uji Coba Pelayanan Online di Kecamatan

RUMAH READY STOCK

pengabdian kepada masyarakat, dengan standar internasional sejak mahasiswa bergabung UIB. Sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan perubahan global yang dinamis seperti saat ini. “UIB memiliki 25 doktor dan 25 lagi masih menempuh S3. Mudah-mudahan peningkatan mutu ini bisa terus kami lakukan,” katanya. Program studi yang ada di UIB saat ini adalah Magister Manajemen, Magister Hukum, S-1 Sistem Informasi, S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Elektro, S-1 Teknik Sipil. Kemudian mulai tahun ajaran 2014/2015 Diploma III

Manajemen Perhotelan telah berubah menjadi S-1 Pariwisata. Munurut dia, semua jurusan sudah memiliki akreditasi yang memuaskan. Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Hanafi memberikan apresiasi yang tinggi dengan keberhasilan UIB yang sudah mewisuda sekitar 3.508 orang sejak pertama kali dibuka. Pihaknya menilai UIB merupakan salah satu universitas terbaik yang sudah berhasil melahirkan sumber daya manusia berkompeten. “UIB merupakan salah satu universitas terbaik, soal prestrasi saya kira UIB juga sudah membuktikan selama ini,” katanya. Hanafi berharap kedepan

UIB bisa memperbanyak jurnal-jurnal yang tentunya sangat berfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pihaknya juga yakin kedepan UIB akan mampu melahirkan profesor-profesor ahli. Sehingga nantinya mahasiswa asing tidak ragu lagi kuliah di UIB. Sebab itulah, perlunya selalu peningkatan mutu. “Alumni UIB juga harus berani keluar untuk mencari pekerjaan seperti di Korea, Amrika dan negaranegara Eropa sana,” katanya. Sekda Prov Kepri Arif Fadillah mengatakan, pemerintah juga sangat bangga dengan keberhasilan dan prestasi mahasiswa UIB yang selalu membawa nama baik Kepri di kancah na-

G G AN IN

R

6x

N RA SU G AN

HANYA

3

Bayar

jt

LANGSUNG MEMILIKI

RUMAH

CICILAN HANYA 2 Jutaan TERSEDIA TYPE : • 36/72 • 38/78 • 48/84.5 • 50/90 Hubungi : Rumah yang Tersedia PT. BATAM RIAU BERTUAH Tiban Riau Bertuah 2

Komp Ruko Anggrek Sari Comercial Centre Blok A No. 8-9 Batam Centre

MEYDI 0813 6420 9182 YOPI 0812 6772 4337 EKA 0812 7002 4965 WANDI 0853 6320 1514

S TI RIS RASO EN GASEKER

N A R N SU A

sional. Meskipun sudah selesai kuliah, ia berharap para wisudawan UIB bisa terus meningkatkan kopetensinya. “Intinya jangan pernah berhenti untuk belajar, jangan pernah merasa puas dalam hal menuntut ilmu,” pesannya. Pada kesempatan itu, Arif meminta kepada UIB untuk ikut serta memperhatikan anak-anak yang ada tinggal di pulau-pulau terluar. Seperti halnya memberikan bantuan ataupun beasiswa supaya bisa menempuh pendidikan lebih tinggi. Karena tidak sedikit, anak-anak tersebut memiliki prestasi jika dibina dengan baik.  ahmad rohmadi

0778 - 472383. 4802832. 0778 - 472381 www.brbgroup.co.id

NIKO 0812 7788 1838 BUDI 0812 7000 0926 ISKANDAR 0822 8437 5252 PUTRA 0812 7575 1004

Lokasi Tiban

FREE : - SHGB - AJB - BPHTB Tersedia Kavling siap bangun 10x15 m2


17 Sampaikan keluhan seputar pelayanan publik di sekitar Anda ke Facebook kami: koransindobatam, Twitter: @koransindobatam atau email redaksi@koransindobatam.com. Bisa juga SMS ke 085263572344/081220742832

kamis 1 desember 2016

Antisipasi Tumpukan Sampah

dan 18 bak yang melekat di armada yang bergiliran mengangkut," kata Kabid Kebersihan DKP

Fairus Batubara, Rabu (30/11). Ia menerangkan, pelayanan dilaksanakan oleh pihak kecamatan dan perangkat dibawahnya untuk mengontrol pengangkutan sampah dari rumah tangga ke bin kontainer di TPS. "Jadi becak sampah mengambil dari rumah ke rumah, kemudian dikumpulkan ke dalam bin kontainer setelah itu baru armada truk meng-

angkut ke TPA Telagapunggur," terangnya. Diantara sembilan kecamatan, Batam Kota menjadi kecamatan yang penempatan bin kontainernya terbanyak. Setidaknya, ada 19 bak sampah yang disebar di kecamatan tersebut. Menurut Faris, semakin banyak sampah dihasilkan tiap kecamatan berbanding lurus dengan jumlah bin yang diletak-

kan di kecamatan itu. "Selebihnya di Sekupang ada 10 bin, Batuaji 10, Sagulung 11, Seibeduk 10, Nongsa 11, dan yang dikelola oleh mitra kami taruh 10 bin kontainer," katanya. Fairus mengatakan, penempatan bak-bak sampah tersebut diprioritaskan pada kecamatan yang jumlah penduduknya banyak. l mohammad ilham

BATUAJI – Krisis air di Batam Hal serupa juga dirasakan berlanjut. Dalam tiga hari ter- warga Tanjunguncang lainnya, akhir, warga kelabakan setelah Doris yang mengaku terpaksa aliran air bersih yang dikelola menampung air di Mapolsek BaPT Adhya Tirta Batam (ATB) tuaji. Untuk mendapatkan satersendat di sejumlah wilayah. tu ember cat, Doris menunggu Situasi ini dirasakan warga waktu dua jam saking airnya keBatam yang menjadi pelanggan cil. "Satu ember saja butuh waktu ATB. Seperti halnya anggota dua jam. Matinya air ini sangat Polsek Batuaji, Brigadir Hare- menganggu sekali," ujar Doris. fa. Dia terpaksa membawa dua Sebelumnya, menyampaigalon kosong untuk mennam- kan tak mengalirnya air di pung air. Pasalnya, di rumah- wilayah Sagulung dan Batuaji nya Perumahan Central Raya, disebabkan karena ada perbaKelurahan Tanjunguncang, Ba- ikan pipa yang bocor di dam tuaji, air mati total dalam tiga Duriangkang. Dia mengatakan hari terakhir. pihaknya tengah mengupayaDi sela kesibukannya ber- kan normalisasi aliran air. tugas, Harefa menyempatkan l m bunga ashab menampung air yang mengalir kecil di keran halaman Mapolsek Batuaji. "Tidak ada lagi air yang mau digunakan. Sudah tiga hari ini airnya mati terus. Terpaksa bawa galon cari air yang mengalir," kata Harefa, Rabu (30/11). Menurutnya, tidak mengalirnya air saat ini sangat menyusahkan masyarakat mengingat air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan. "Lumayan, walau air tidak mengalir normal, setidaknya dua galon air ini membantulah nanti di Brigadir Harefa menampung air ke galon. rumah," katanya.

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL CEPAT (BU)

DIJUAL CEPAT

DIJUAL CEPAT

KORAN SINDO batam/m bunga ashab

Seorang warga memasukkan sampah ke bin kontainer di kawasan Sagulung. DKP Batam menyebar 80 bin kontainer di seluruh kecamatan.

SEKUPANG – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam menyebar 80 bin kontainer di sembilan kecamatan, untuk menampung timbunan sampah rumah tangga di kompleks perumahan, sarana komersial dan fasilitas lainnya. "80 bin kontainer sebagian melekat di armada angkutan sampah. 72 bak sampah kami sebar

BURSA PR PERTY

010159 KAV, SEI, DAUN BARU - BLOK E 10 _11 (DUA KAV) HUB: 0813 6441 6350

010297

010456

010325

010111

010555

RUKO ALAMAT SERAYA MAS CENTER - Blok B/5

PERUMAHAN LEGENDA BALI - Blok A.9 No.12

RUMAH KOST (HOOK) - Investasi langsung

2 UNIT RUKO 3 LANTAI - Lokasi Strategis dekat hotel aston kampung pelita (Komp. Regency Park). Harga nego sampai jadi. Hub. 08126549801 dan 08117001225.

RUKO 2 LANTAI - Harga nya 625 jt nett, ruko 2 lantai keramik, gibsum, alamat komplek taman sari blok b no 3, depan masjid alkautsar, ka wasan ramai komplek taman sari saman sari hijau. hubungi 082169731239.

Harga Nego. Hubungi 085265085211 A/N Bapak Steven.

disamping kelebihan tanah pasung. Luas 235 dan 2.5 lantai. Hubungi Lina (0811 7003 795)

menghasilkan. Perum. Pendawa Asri Bt Aji. L.Tnh 9x10m, full bangunan, Full krAmik, 6 K.Tdr & L.Mndi, R. Tamu, parkir, Strategis. 5mnt ke SP Plaza, RSUD. Hub. 081270689678/ 08117008623 (NEGO).

DIJUAL CEPAT

MOTIF

DIJUAL CEPAT

010704 CLUSTER CACTUS GARDEN BLOK F1 NO.1 -

DIJUAL

(Hook) Samping Sekolah Harapan Utama Dekat Pasar Mitra Raya Type 81/117 Harga 600Jt (Nego) Hub 081285236758

DIJUAL

10554 CASH / KREDIT - Toyota Yaris 1.5 Type S Limited Automatic Th 2011, Wrna Silver Metalik,Tangan Prtama Dri Baru, Pemilik Wanita, Kndisi Mobil Mlus, Mesin Irit Vvt-I,Smart Key Keyless Entry Remote,Pajak Mei 2017. Berminat Hub : 08117746999

DIJUAL

DIJUAL

07162.2 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS -

T.Avanza VELOZ Thn 2014 Rp 154 Jt, T.Avanza Thn 2012 Rp 123 Jt, T.Avanza 2011 Rp 105 Jt, T.Avanza Thn 2010 Rp 102 Jt HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

07162.8 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - Nissan Grand LIVINA Thn 2012 Rp 128 Jt, Nissan Grand LIVINA Thn 2010 Rp 116 Jt, Nissan LIVINA Thn 2008 Rp 97 Jt, Nissan LIVINA X- GEAR Thn 2008 Rp 103 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

TARA Thn 2009 Rp 142 Jt, PICK UP GRAND MAX THN 2015 Rp 73 Jt, MITSUBISHI STRUM THN 2002 Rp 58 Jt, FORD RANGER THN 2011 Rp 155 Jt Bisa Keluar Btm HP : 081372271888 - 081364757757

07162.15

DIJUAL

07162.16 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - 10 UNIT PICK UP GRAND MAX Thn 2015 Rp 73 Jt, 4 UNIT PICK UPGRAND MAX AC-POWER STERING Rp 76 Jt, 1 UNIT M.COLT PICK - UP Thn 2014 Rp 69 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.22 2010 Rp 165 Jt, suzuki CARRY THN 2001 Rp 40 Jt T.Prado Thn 1998 Rp 90 Jt, T.aLTIS Thn 2001 Rp 72 Jt, T.Corolla Thn 1995 Rp 28 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

07162.29 TIVE X 1,3 CC Rp 120 Jt Bisa Keluar Btm, T.Avanza veloz Thn 2014 Rp 117 Jt, D.XENIA THN 2012 AUTO Rp 127Jt, T.Avanza Thn 2010 auto Rp 110 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

07162.35 2011 Rp 105 Jt, .Xenia Thn 2010 Rp 90 Jt, T.Avanza Thn 2012 Rp 123 Jt, D.Xenia Thn 2015 Rp 120 Jt, T.Avanza Thn 2009 Rp 92 Jt, HP : 081372271888 081364757757

07162.36

07162.18 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.FORTUNER TIVE G THN 2010 SOLAR Rp 215 Jt, T.FORTUNER TIVE V 4X4 THN 2006 Rp 185 Jt, T.Alphard Thn 2003 Rp 195 Jt, T.FORTUNER IVE G LUXURY THN 2011 Rp 250 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.24 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.fORTUNER Thn 2006 Tive V 4 x 4 Rp 185 Jt, T.INNOVA THN 2012, Rp 163 Jt, T.INNOVA THN 2005 Rp 87 Jt, T.INNOVA THN 2012 TIVE V Rp 173 Jt, HP : 081372271888 081364757757

07162.31

Rp 125 Jt, T.WISH THN 2014 Rp 240 Jt, T.FORTUNER THN 2011 Rp 250 Jt, FORD EVEREST THN 2007 Rp 135 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.37

07162.38

07162.27

07162.39

07162.28 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - 2 UNIT ETIOS VALCO

THN 2015 Rp 132 Jt Tive G, 2 UNIT Daihatsu AYLA TIVE X Rp 98 Jt Thn 2015, 2 UNIT NISSAN LIVINA X - R THN 2008 Rp 98 Jt, N.LIVINA XV THN 2008 Rp 98 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

07162.34 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - Ford Ranger 4x4 Thn 2011 Rp 155 Jt, M.Pick Grand MAx AC P.STRERING Rp 76 Jt Thn 2015, Pick up Grand MAx Thn 2015 Rp 73 Jt, T.AVANZA Thn 2011 Rp 105 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

Rp 210 Jt, BMW 520 i AN E 39 M 54 Rp 177 Thn 2003, H.CRV THN 2001 Rp 72 Jt, H.CRV THN 2003 Rp 95 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 081364757757

07162.21 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.YARIS TIVE S AUTO THN 2006 RP 115 JT, T.AVANZA THN 2012 AUTO RP 132 JT,, N.X-TRAIL THN 2010 RP 165 JT, SUZUKI GRAND VITARA THN 2009 RP 142 JT, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - TD.XENIA THN 2015 Rp 120 Jt,D.XENIA THN 2012 Rp 117 Jt, D.XENIA THN 2011 Rp 102 Jt, D.XENIA THN 2010 Rp 97 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.33

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - H.CRV Thn 2011

2015 Rp 120, T. Avanza Thn 2011 Rp 105 Jt D.Xenia Thn 2010 Rp 97 Jt, T. Avanza Thn 2012 Rp 123 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.20 2013 RP 110 JT, ETIOS VALCO THN 2015 PUTIH RO 132 JT, T.AVANZA THN 2012 RP 123 JT, T.AVANZA THN 2010 AUTO RP 110 JT, HP : 081372271888 081364757757

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - FORD EVEREST THN 2007 Rp 135 Jt, M.SPACEWAGON THN 2001 Rp 40 Jt, FORD RANGER 4X4 THN 2011 Rp 155 Jt, M.STRUM THN 2001 Rp 55 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.14 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - D.Xenia Sporty Thn

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - N.MARCH THN

07162.26 AUTO Rp 127 Jt, D.XENIA THN 2012 TIVE X Rp 117 Jt, D.XENIA THN 2015 Rp 120 Jt, D.XENIA THN 2011 Rp 100 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - Isuzu Elf Microbus Thn 2011 Rp 175 Bisa Keluar Btm, T.HINO 2005 Rp 110 Jt , LORI NISSAN CAPSTAR 2 TON THN 98 Rp 57 Jt, H.CRV THN 2011 Rp 210 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

TIVE S AUTO Rp 93 Jt, N.X-TRAIL Thn 2010 Rp 165 Jt N.X-TRAIL Thn 2003 Rp 107 Jt, T.FORTUNER Thn 2010 SOLAR Rp 215 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.Avanza Thn 2012

07162.32 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.WISH THN 2006

07162.13 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T. Avanza Thn 2006

07162.19

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.ALPHARD THN 2003 RP 195 JT. FORD EVEREST THN 2007 RP 135 JT BISA KELUAR BTM, H.CRV THN 2004 RP 109 JT, N.MARCH THN 2013 RP 110 JT, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.7 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.ALTIS Thn 2011 Rp 175 Jt Bisa keluar btm, T.ALTIS Thn 2001 Rp 72 Jt , T Avanza Thn 2010 Auto Rp 110 Jt, T Vios Thn 2011 Auto Rp 152 Jt Bisa Keluar Btm HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - 1 UNIT BMW 520 A/T E 39 M54 warna Hitam Thn 2003 Rp 177 Jt 1 Unit T.ALPHARD THN 2003 Rp 195 Jt, 1 Unit T.innova Thn 2012 Rp 163 Jt, HP : 081372271888 081364757757

ROAD THN 2003 ROAD Rp 105 Jt Bisa keluar Btm D.Xenia Thn 2015 Rp 120 JT, D.Xenia Thn 2010 Rp 90 JT, D.Xenia Thn 2012 Rp 105 JT, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.25

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - N.GRAND LIVINA XV EXTRONIC CUT AUTO THN 2014 Rp 150 Jt, N.LIVINA XV THN 2012 Rp 128 Jt, N.GRAND LIVINA XV THN 2010 Rp 117 Jt, N.X-TRAIL THN 2010 Rp 165 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.12 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - N.TERANNO KING

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.INNOVA THN 2005 Rp 87 Jt, T. aLTIS Thn 2011 Rp 175 Jt, T.Avanza Thn 2011 Rp 105 Jt, D-Xenia Sporty Thn 2014 Rp 145 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.6

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.Avanza Thn 2011 Rp 105 Jt, T.Avanza Thn 2011 TIVE S Rp 115 Jt, T. FORTUNER 2011 LUXURI Rp 250 Jt, T.Avanza Thn 2009 Rp 92 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - 10 UNIT PICK UP GRAND MAX THN 2015 Rp 73 Jt, THN 2016 Rp 80 Jt PICK UP M CLOT Thn 2014 Rp 69 Jt, PICK UP PANTER Thn 2009 Rp 93 Jt, HP : 081372271888 081364757757

90 Jt, N.TERANNO KING ROAD THN 2003 Rp 105 Jt, H.Audissey Thn 2002 Rp 65 Jt, M.SPACEWAGON Thn 2001 Rp 40 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.17

2003 Rp 95 Jt, H.CRV THN 2004 Rp 109 Jt, H.CRV THN 2001 Rp 69 Jt,H.CRV THN 2011 Rp 210 Jt, H.AUDISSEY THN 2002 Rp 65 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.5 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.Avanza Thn 2012 TIVE G Rp 123 Jt, T.CORONA Thn 99 Rp 40 Jt, T.COROLLA Thn 2000 Rp 43 Jt. TWish Thn 2006 Rp 125 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 081364757757

07162.11 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.PRADO Thn 98 Rp

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - H.CRV THN

07162.30

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.AVANZA Thn

THN 2015 Rp 132 Jt Tive G 2 UNIT Daihatsu AYLA TIVE X Rp 98 Jt Thn 2015, 1 UNIT T.YARIS TIVE S Rp 115 Jt, 1 UNIT NISSAN MARCH THN 2013 Rp 110 Jt, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - D.XENIA SPORTY THN 2014 Rp 145 Jt, D.XENIA DULUXE THN 2014 Rp 130 Jt, D.XENIA DULUXE THN 2012 Rp 117 Jt, D.XENIA THN 2011 Rp 105 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.4 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T Innova TIVE G Thn 2012 Rp 163 Jt, T Innova Thn 2005 Rp 87 Jt T.ETIOS VALCO THN 2015 Rp 132 Jt, T Kijang UNSER Thn 2001 Rp 47 Jt HP : 081372271888 - 081364757757

07162.10 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - 2 UNIT ETIOS VALCO

07162.23 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - T.VIOS THN 2011 rP 153 Jt, N.X-TRAIL Thn 2003 Rp 107 Jt, N.Teranno KING RUAD THN 2003 Rp 105 Jt, T.fORTUNER Thn 2006 Tive V 4 x 4 Rp 185 Jt Bisa Keluar Btm, HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - D.Xenia Thn 2012

MODEL 2016 Rp 133 Jt, D Xenia Thn 2012 Rp 105 Jt, D-Xenia Thn 2010 Rp 90 Jt, D-Xenia TIVE X Thn 2011 Rp 100 Jt Bisa Keluar Btm HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - N.X-TRAIL Thn

07162.3 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - D-Xenia Thn 2015

07162.9 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - SUZUKI GRAND VI-

Anda

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - M.STRUM THN 2002 RP 58 JT, T.KIJANG UNSER THN 2001 RP 47 JT T.AVANZA THN 2005 TIVE S RP 88 JT, T.AVANZA THN 2009 RP 92 JT, HP : 081372271888 081364757757

perusahaan

AUT

010556

benefit terbaik bagi investasi

BURSA

kami memberikan

DUA RUKO DI CIPTA MANDIRI - Blok A5 & A6 Dekat KDA Bandara. Lantai 2 1/2 , Harga Bisa Nego Minat Hub : 081372185786 atau 081256349799.

DIJUAL CEPAT

07162.1 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS -

Satu Unit T Fortuner TIVE G LUXURY Thn 2011 SOLAR Rp 250 Jt, T. fortuner Thn 2006 TIVE V 4 X 4 Rp 185 Jt, 1 unit T Alphard Thn 2003 Rp 195 Jt HP : 081372271888 - 081364757757

DIJUAL CEPAT

07162.40 DP MULAI 15 JUTA KE ATAS - LORY NISSAN CAPSTAR 2 TON THN 1998 RP 57 JT, AVANZA VELOZ THN 2014 RP 154 JT, T.AVANZA THN 2011 RP 115 JT TIVE S, D.XENIA THN 2012 RP 105 JT, HP : 081372271888 - 081364757757

07162.41 COROLLA EX SALOON TAHUN 97 - Manual & Mulus Harga Nego Hub 0813 6441 6350

KORAN SINDO batam/m bunga ashab

DKP Sebar 80 Bin Kontainer

Polisi Tampung Air Pakai Galon


18

kamis 1 desember 2016

DI SEWAKAN

DI JUAL RUMAH

DISEWAKAN MURAH

07698. 72.A RUKO PENUIN

4 LANTAI, LUAS TANAH 75 M2 LOKASI DEKAT BCS MALL, DAN PASAR PENUIN

DI JUAL RUMAH

07698. 62.A

07698. 72.A ARIRA GARDEN - BATAM CENTER

RUKO DI BOTANIA 2 - BATAM CENTER

LUAS TANAH 79 M2 LUAS BANGUNAN 30 M2 HARGA 230 JT NEGO

LUAS TANAH 50 M2, LUAS BANGUNAN 90 M2, HARGA 3 JUTA PER BULAN,

DISEWAKAN

DI JUAL

WhatsApp 07698. 21.A PERMATA HIJAU - BATU AJI

07698. 5.A 3 RUKO DI KOMP NIAGA UTAMA, BATU AJI SERETAN SPBU , 2 LANTAI. LUAS TANAH 5X18 M2 FULL RENOF, CCTV,VENTILATION DUCK  HARGA 65 JUTA/TAHUN/1 RUKO.

DI JUAL RUMAH

DI JUAL

07698. 31.A POLLUX - BATAM CENTRE

LUAS TANAH 78 M2, LUAS BANGUNAN 60 M2 , HARGA 370 JUTA/NEGO.

SPESIFIKASI NEW LOUCHING TOWER A3, APERTEMENT POLLUX HABIBIE - BATAM, BAYAR 5 JUTA DAPAT NUP, HUBUNGI : I-TRUST

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

LUAS TANAH 66 M2 LUAS BANGUNAN 27 M2 DAPUR SUDAH RENOV, LOKASI ARAH KE BARELANG

DIJUAL

DIJUAL CEPAT

DI JUAL TANAH KOSONG

07698. 058.A

07698. 44.A

DIJUAL

LUAS TANAH 126 M2, LUAS BANGUNAN 190 M, 2 SETENGAH LANTAI 12 KAMAR TIDUR

LUAS TANAH 122 M2 LUAS BANGUNAN 50 M2 GRATIS AC DAN BEBERAPA FURNISH

07698. 27.A RUMAH DI PERUMAHAN GABANA - B. CENTER

APARTMENT MITRA RAYA

07664.11

07664.2 THE CENTRE POINT BUSINESS PARK

AVARA RESORT - BINTAN CONDOTEL - VILLA - SPA BEST INVESTMENT 2017 HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 - 4806678

PASAR, PLAZA, RUKO DAN APARTMENT SEGERA DAPATKAN NUP ANDA!!! HANYA DENGAN RP 5 JUTA ( REFUNDABLE 100% ) HUB. TEAM YOKA PROPERTY - 0778 480 6678

ROYAL BAY

DI SEWAKAN GUDANG

07664.5 ROYAL BAY - BATAM CENTRE

07698. 51.A TROPICANA - BATAM CENTRE

07664.6

(iklan)

DAPATKAN HARGA PERDANA BELI DULUAN PASTI UNTUNG!!! HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 480 6678

DEPAN SEKOLAH MONDIAL

CLUSTER ORIENTAL ( PT. ADS )

07664.9 TYPE STUDIO, FULLY FURNISHED. DEKAT NAGOYA HILL. HUB : 081364646678 081927136678

DIJUAL CEPAT

TYPE 46/90 2KT 1KM, READY STOCK, SIAP HUNI HARGA DIBAWAH DEVELOPER HUB : 0812 70 700 189 0857 90 900 189

DIJUAL / DISEWAKAN

07664.24

07664.18

0812 7015 1110 0813 6056 0578

DIJUAL

07664.35

07664.36 TYPE 66M 1KM, FULL RENOVASI COCOK UTK BUKA USAHA LINGKUNGAN RAMAI HUB. 0813 6533 3526 - 0856 6820 5993

DIJUAL HOOK

TYPE 36/72M 2KT 1KM HARGA DIBAWAH RP 200 JUTA HUB: 0812 70 700 189 0857 90 900 189

DIJUAL / DISEWAKAN

TYPE 150/96M 3KT 2KM DEKAT KE SEKOLAH DJUWITA LINGKUNGAN AMAN DAN NYAMAN HUB. 0813 6464 6678 - 0819 2713 6678

DOTAMANA - BATAM CENTRE TYPE 130/150M HOOK 5KT 3KM HADAP JALAN RAYA HUB. 0812 70 700 189 0857 90 900 189

SUKAJADI - BATAM CENTRE

07664.37

07664.19

07664.20 RUKO NASA - BATAM CENTRE ADA 2 UNIT DEPAN BELAKANG SANGAT MURAH HUB. 0812 70 700 189 0857 90 900 189

DIJUAL GUDANG + LAHAN

DIJUAL DEKAT PASAR

07664.10

07664.23

07664.33 TYPE 50/66M 2KT 1KM FULL RENOVASI, LINGKUNGAN AMAN HUB. 0812 7778 7258 0852 6465 8742

DIJUAL MURAH

3 1/2 LANTAI, FULL KERAMIK HADAP JALAN BESAR HUB. 0813 6464 6678 0819 2713 6678

DIJUAL CEPAT

TAMAN SARI HIJAU - TIBAN

RUMAH 2 KT DAN RUMAH 3KT FULL RENOVASI DAN TRALIS DEKAT KE SEKOLAH KALLISTA HUB. 0812 7015 1110 - 0819 3278 5801

RUKO INTI SAKTI - NAGOYA

TYPE 130/136M 3KT 4KM FULLY FURNISHED RAPI, CANTIK DAN BERSIH HUB. 0812 7000 722 - 0811 7700 722

07664.16 COASTARICA - BATAM CENTRE

TYPE 400/253M 3+1KT 5KM MEWAH, LUAS DAN RAPI. SANGAT NYAMAN, HADAP TIMUR. HUB. 0812 7000 722 0811 7700 722

DIJUAL

ROYAL GRANDE - BATAM CENTRE

07664.29

07664.22 ANGGREK MAS 3 - BATAM CENTRE

0812 678 655 99 0813 6464 6678

DIJUAL CANTIK

TAMAN RAYA - BATAM CENTRE

TYPE 140/165M HOOK 6KT 7KM LOKASI STRATEGIS HUB. 0852 6465 8742 0823 910 53 082

DIJUAL

MARBELLA RESIDENCE - BATAM CENTRE TYPE 36/72M 2KT 1KM LINGKUNGAN ASRI DAN NYAMAN DEKAT KE PASAR BOTANIA HUB. 0812 7015 1110

0812 7000 722 0852 6465 8742

BTN REGENCY - TIBAN

07664.32

07664.21

PERMATA BANDARA - BATAM CENTRE

07664.15

DIJUAL

DI JUAL

07664.12

07664.1

0812 70 700 189 0813 6533 3526

LUAS TANAH 18 X 48 ADA OVERHEAD CRANE RUANG MEETING & OFFICE HUB. 0813 6464 6678 0819 2713 6678

TYPE 137/120M 3KT 3KM LOKASI STRATEGIS, KEMANA-MANA DEKAT HUB. 0813 6533 3526 0856 6820 5993

DIJUAL CEPAT

DIJUAL CEPAT

SARANA INDUSTRIAL - BATAM CENTRE

DIJUAL

TYPE 55/72M 2KT 1KM RAPI & BERSIH, LOKASI STRATEGIS DEKAT KEMANA-MANA HUB. 0813 6533 3526 - 0856 6820 5993

TYPE 180/96M 3+1KT 4KM HADAP TIMUR, DEKAT SEKOLAH DJUWITA HUB. 0812 70 700 189 0857 90 900 189

07664.14

07664.17 TYPE 78/298M HOOK 3KT 2KM TANAH SISA SANGAT LUAS LOKASI DEKAT KE MEGA MALL HUB. 0813 6464 6678 0819 2713 6678

07664.8 KEMBANG SARI - BATAM CENTRE

ANGGREK MAS 3 - BATAM CENTRE

FULL RENOVASI, FULL KERAMIK DEKAT KE NAGOYA HILL HUB. 0813 6464 6678 0819 2713 6678

RUMAH & RUKO HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 - 4806678

07664.7 TYPE 60/126M 3KT 1KM HADAP TAMAN, DEKAT MEGA MALL SECURITY 24 JAM, SYSTEM CLUSTER HUB. 0813 6464 6678 - 0819 2713 6678

SAMPING TOP 100 PENUIN HADAP JALAN BESAR HUB. 0813 6464 6678 0819 2713 6678

RUKO 3 LANTAI DEKAT NAGOYA

07664.4 BELIAN RESIDENCE - BATAM CENTRE

DIJUAL CANTIK

DIJUAL CEPAT

DIJUAL

PURIMAS 2 - BATAM CENTRE

07664.3

PURIMAS 2 - BATAM CENTRE

RUKO 3 LANTAI HOOK - PENUIN

07664.13

5 JUTA LANGSUNG KPR

07664.34 APARTMENT DI LOKASI PUSAT NAGOYA CASH BERTAHAP BERTAHAP 60X HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 4806678

DIJUAL MURAH

PURI SELEBRITI - BATAM CENTRE

0853 5225 9966

DIJUAL HADAP TAMAN

FORMOSA RESIDENCE - NAGOYA

RUMAH 2 LANTAI & RUKO DP BISA DICICIL HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 4806678

(langganan)

RUMAH 2 LANTAI, SISA 2 UNIT TERAKHIR DEKAT KE MEGA MALL DAN FERRY TERMINAL HUB : YOKA PROPERTY 0778 480 6678

CASH BERTAHAP 60X

07664.30

07664.31 INTERNASIONAL BUSINESS HUB DIKAWASAN INDUSTRIAL KABIL HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 4806678

0853 5225 9988

NEW VILLA BUKIT INDAH - BATAM CENTRE

DISEWAKAN

APARTMENT NAGOYA MANSION - NAGOYA

ORCHID PARK - BATAM CENTRE

POLLUX HABIBIE INTERNATIONAL SEGERA PILIH UNIT YG ANDA SUKA HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 480 6678

CITRA AEROLINK CIPUTRA

TYPE 260/ 375 2KM , PARKIRAN LUAS DEKAT SIMPANG KUDA HUB : 0813 6464 6678 0819 2713 6678

DIJUAL - DISEWAKAN

HANYA DENGAN RP 5 JUTA ( REFUNDABLE 100% ) HUB. TEAM YOKA PROPERTY 0778 4806678

LUAS TANAH 157 M2, LUAS BANGUNAN 157 M2, HARGA 650 JUTA.

READY STOCK

CLUSTER STARFISH

07698. 26.B RUMAH DI ANGGREK DALAM, BALOI PERSERO -PENUIN.

LUAS TANAH 260 M2, LUAS BANGUNAN 196 M2

07664.28

07664.27 MEISTERSTADT BATAM

LUAS TANAH 50 M2, LUAS BANGUNAN 90 M2, HARGA 3 JUTA PER BULAN,

DI JUAL MURAH

07698. 55.A

HARGA PERDANA

CASH BERTAHAP 48X

07664.26 SEGERA DAPATKAN NUP ANDA!!!

PRE LAUNCHING

GUDANG HOOK - SEI PANAS

YOUR STAY - CATION HOME HUNIAN MEWAH DI PUSAT KOTA HUB. TEAM YOKA PROPERTY

OXLEY CONVENTION CITY

07698. 63.A RUKO DI BOTANIA 2 - BATAM CENTER

LUAS TANAH 90 M2, LUAS BANGUNAN 90 M2, LOKASI DI JANTUNG KOTA, DEKAT WIHARA TEMPAT IBADAH HARGA 350 JUTA NEGO

untuk pemasangan iklan & berlangganan segera hubungi :

AVARA RESORT

LUAS TANAH PER SATU RUKO 76,5 M LUAS BANGUNAN 150 M2 HARGA 130 JUTA/TAHUN/2 RUKO HUB : 0812 7450 9142

07698. 39.B BANDAR SRIMAS - SEI PANAS

DI JUAL

DEKAT MEGA MALL LUAS TANAH 120 M2 LUAS BANGUNAN 100 M2

07698. 38.A 2 RUKO KBC - BATAM CENTER 2

DISEWAKAN MURAH

07698. 80.A LUAS TANAH LANTAI 1 : 5×15 M2 LUAS TANAH LANTAI 2 : 5×18 M2 LOKASI DI PINGGIR JALAN, COCOK BUKA USAHA KULINER, DLL

VILLA BUKIT INDAH - BATAM CENTER

LUAS TANAH 100 M2 LUAS BANGUNAN 100 M2 HARGA 255 JUTA , NEGO

DISEWAKAN

DI JUAL

ruko botania - Batam center

07698. 11.B RUMAH BARCELONA RESIDENCE - BATAM CENTER

LUAS TANAH 72 M2, LUAS BANGUNAN 45 M2 HARGA 300 JUTA.

LUAS TANAH 133 M2 LUAS BANGUNAN 98 M2/ HARGA 500 JUTA

07698. 42.B MASYEBA PERMAI - TIBAN

LUAS TANAH 90 M2 LUAS BANGUNAN 65 M2 ,FULL RENOFF HARGA 370 JUTA/NEGO

07698. 44.A RUMAH CANTIK - KDA BATAM CENTER

DI JUAL

07698. 44.B RUMAH KOS-KOSAN DI KDA - BTM CENTRE

LUAS TANAH 144 M2, LUAS BANGUNAN 100 M2 HARGA 600 JT NEGO HUB. 0812 7450 9142

07698. 74.A JL.TELAGA RIAU(kolong), TJ. BALAI KARIMUN

07698. 72.A SIMPANG RAYA INDAH - BATAM CENTER

DI JUAL MURAH

DISEWAKAN

LLEBAR, 40 M2 PANJANG, 80 M2 2,5 JUTA/METER/NEGO. LOKASI DEKAT KAPOLRES,IMINGRASI, PERTOKOAN, PASAR, SEKOLAH, DAN DI DAERAH SITU AKAN DI BANGUN MALL

DI JUAL

KDA - BATAM CENTER

LUAS TANAH : 10X15 HARGA 600 JT NEGO

DI JUAL TANAH

TYPE 36/72 LOKASI RUMAH TIDAK JAUH DARI BANDARA HARGA NEGO LANGSUNG DENGAN PEMILIK

DIJUAL

07698. 54.A LEGENDA MALAKA - BATAM CENTER

LUAS TANAH 60 M2 LUAS BANGUNAN 120 M2 HUB. 0812 7450 9142

LUAS TANAH 180 M2, LUAS BANGUNAN 160 M2, HARGA 1.950 MILYAR NEGO

DI JUAL MURAH

07698. 25.B 25 JUTA STANDART/30 JUTA HOOK/UNIT/TAHUN. LEBAR 4,5 M2, PANJANG 10 M2

07698. 73.A THE SUMMER - B. CENTRE

DI JUAL

3 RUKO TUNAS REGENCY - BATU AJI

07698. 45.B BOTANIA GARDEN - BATAM CENTER

LUAS TANAH 8×24 M2, DAN 10X24 M2 DEKAT TOP 100 KDA, DEKAT BEBERAPA CAFE COCOK BUKA USAHA KULINER DLL

/dƌƵƐƚͲƉƌŽƉĞƌƚLJͲĂƚĂŵ

DIJUAL

07698. 3.B 2 GUDANG DI TUNAS BIZPARK - BATAM CENTER

CIPTA MANDIRI - BATAM CENTER

TYPE 37/78 GRATIS 1 AC HARGA 240 JT NEGO

LUAS TANAH 4X15 M2 2 LANTAI, FULL RENOVASI HARGA 910 JUTA / 1 RUKO

LUAS TANAH 66 M2 LUAS BANGUNAN 27 M2 LOKASI TIDAK JAUH DARI TOP 100 BATU AJI HARGA 235 JUTA

07698. 52.A LUAS TANAH 180 M2 LUAS BANGUNAN 200 M2

07698. 38.A 4 RUKO BUANA VISTA - BATAM CENTRE

07698. 81.A BUMI SAKINAH - BATU AJI

DI JUAL MURAH

DUTA MAS - BATAM CENTRE

DISEWAKAN MURAH

DIJUAL MURAH

DIJUAL

BUANA VIEW - BATU AJI

LUAS TANAH 90 M2 LUAS BANGUNAN 90 M2, FULL RENOF HARGA 140 JUTA

LUAS TANAH 156 M2 LUAS BANGUNAN 312 M2 2 LANTAI, 15 KAMAR TIDUR, 17 KAMAR MANDI HARGA 1.1 MILIYAR

07698. 67.A

07698. 49.A RUMAH SUPER MURAH DI MARINA - BATU AJI

07698. 71.A RUMAH KOST-KOSAN BATAM CENTRE

07698.78.A BUKIT SENTOSA - BATAM CENTER

LUAS TANAH 127 M2 , LUAS BANGUNAN 70 M2 LOKASI DEKAT DENGAN SEKOLAH MONDIAL, COSTARINA

ŝƚƌƵƐƚƉƌŽƉĞƌƟŶĚŽΛŐŵĂŝů͘ Žŵ

DI JUAL

DISEWAKAN

07698.77.A ORIANA - BATAM CENTER

/ƚƌƵƐƚƉƌŽƉĞƌƚLJĂƚĂŵ

DI JUAL

07698. 60.A KDA - BATAM CENTER

0812 667 9688 0812 667 9689

Telp Telp

3 RUKO DI KOMP NIAGA UTAMA, BATU AJI

PERMATA HIJAU - BATU AJI LUAS TANAH 72 M2, LUAS BANGUNAN 38 M2 DAPUR SUDAH RENOV, ARAH SEKUPANG HARGA 260 JUTA

DIJUAL

GUDANG + LAHAN

LOKASI STRATEGIS, BATAM CENTRE SERTIFIKAT DAN DOKUMEN LENGKAP HUB. 0852 5211 2988

MITRA RAYA - BATAM CENTRE

TYPE 150/90M 2 1/2 LANTAI 4KT 3KM, DEKAT PASAR MITRA RAYA HUB : 0813 6464 6678 0819 2713 6678


19

OTOPROPER

KAMIS 1 DESEMBER 2016

P

KORAN SINDO BATAM/NITASARI

DEALER PT Prima Kawasaki menawarkan promo menarik selama pameran otomotif Batam Trade Show di Nagoya Hill, 29 November hingga 6 Desember 2016.

Stand PT Prima Kawasaki di Batam Trade Show, Nagoya Hill, kemarin.

romo tersebut berupa diskon angsuran hingga empat bulan dan cashback hingga Rp7 juta. "Untuk cashback, konsumen bisa pilih, mau potongan harga atau hadiah TV LED 32 inci," kata Teguh, Marketing PT Prima Kawasaki di Nagoya Hill, Rabu (30/11). Sepeda motor yang dipromosikan adalah Kawasaki DTracker BF New 150 cc, Ninja RR 150 cc, Ninja Z250 SL, dan Ninja Z250. Masing-masing diskon angsuran hingga empat bulan ditambah pilihan potongan harga hingga Rp7 jutaan atau TV LED 32 inci. "Kawasaki D-Tracker BF New 150 cc ditawarkan dengan harga mulai Rp35,5 juta," ujarnya. Kawasaki D-Tracker BF New 150 cc tampil dengan wajah baru yang lebih segar. Lebih gahar dengan head cover baru.

Jika dulu D-Tracker memiliki headlamp berbentuk V, kini berbentuk segitiga terbalik ala Transformers. "Mesin berkapasitas 144 cc SOHC 2 katup mampu menghasilkan tenaga sebesar 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Meski torsi yang dihasilkan DTracker versi baru ini lebih kecil, namun tenaganya sedikit lebih besar dari versi lama,"ujarnya. Perubahan spesifi asi DTracker paling mencolok pada sektor kaki-kaki. Penggunaan sepasang velg berukuran 17 inci menggantikan velg 14 inci pada versi lama. Penggunaan velg berdiameter lebih lebar ini diimbangi ban berukuran lebih besar sehingga memperkuat tampilan supermoto D-Tracker ini. l nitasari

娀䔀䘀刀䤀 䴀䄀刀䄀䨀伀

 㠀㄀㌀ 㘀㌀㄀㘀 㘀㠀 ㄀ 䄀䜀唀一䜀 䄀唀吀伀䴀䄀䰀䰀 䠀瀀⼀圀愀

䈀䈀 䐀㄀㔀㄀㠀䘀㜀㜀 匀䤀䔀一吀䄀

䌀䄀䰀夀䄀

:: BELIAN RESIDENCE

Bayar Rp5 Juta Bisa Ajukan KPR Rumah siap huni di Belian Residence, Batam Centre.

夀䄀刀䤀匀

刀唀匀䠀 IST.

PT Karya Asia Agung menawarkan promo menarik untuk hunian di Belian Residence, Batam Centre. Konsumen cukup membayar Rp5 juta bisa langsung KPR. "Kami tawarkan promo khusus yaitu cukup bayar UTJ Rp5 juta, konsumen bisa langsung ajukan KPR," kata Ivory, Marketing Belian Residence, di BCS MAll, Batam, Rabu (30/11). Selain biaya pengurusan surat-surat AJB, SHGB, dan BPHTB juga digratiskan. Pengembang membangun 400 unit rumah seharga mulai Rp406 jutaan di Belian Residence. Kini hunian tersisa 25 unit rumah, di antaranya sembilan unit tipe 38/72, tiga unit tipe 38/78, dan 13 unit tipe 45/90 menghadap timur. "Hunian ini terdiri dari satu lantai

䄀嘀䄀一娀䄀

saja," ucapnya. Kelebihan lain Belian Residence, akses terbilang strategis karena dekat dengan kantor camat, pasar, Mega Mall, Pelabuhan Feri Batam Centre, dan pusat pemerintahan.

Setiap bangunan memiliki spesifi asi struktur beton bertulang, dinding bata merah plester, lantai keramik 30x30 cm, jendela rangka aluminium, atap spandek, pintu panel, plafon gipsum, dan kloset jong-

kok. "Jalan sudah aspal, air ATB, dan listrik PLN," katanya. Peminat dapat mengunjungi kantor pemasaran di Kompleks Valley Park, Blok B Nomor 9, Batam Centre. l nitasari

䐀䄀倀䄀吀䬀䄀一 䬀䔀匀䔀䴀倀䄀吀䄀一 吀䔀匀吀 䐀刀䤀嘀䔀 匀䤀䔀一吀䄀 䈀䔀刀䠀䄀䐀䤀䄀䠀 匀䤀䔀一吀䄀

䜀刀䄀吀䤀匀℀℀

䈀 䄀 吀 䄀 䴀

EGA SEBASTIAN 0822 44444 015 0857 6584 4447

SIGRA

Dp20jutaan

WILLY

7776 991 È 0811 0812 6822 8800

SIGRA

Dp20jutaan

䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀 䈀䄀一䨀䤀刀 䈀伀一唀匀 䐀䤀匀䬀伀一 䈀䔀匀䄀刀 刀䤀一䜀䄀一 䌀䤀䌀䤀䰀䄀一 䐀倀 匀甀瀀攀爀 䴀椀渀椀洀 ☀ 䄀渀最猀甀爀愀渀 ㄀  爀戀 ⼀ 栀愀爀椀 䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

䌀伀䰀吀 䐀䤀䔀匀䔀䰀

䐀倀嬀㌀  䨀唀吀䄀 䴀唀䰀䄀䤀 䐀䄀刀䤀

䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

琀㄀㈀ 

Dp8

jutaan

Dp8

jutaan

䐀倀嬀㜀 䨀唀吀䄀愀渀 䴀唀䰀䄀䤀 䐀䄀刀䤀

䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

䌀伀䰀吀 䰀㌀  

Dp8jutaan

一䔀圀

䔀嘀䔀刀䔀匀吀

Dp9jutaan 䐀倀嬀㄀㌀ 䨀唀吀䄀愀渀 䴀唀䰀䄀䤀 䐀䄀刀䤀

䘀爀攀攀℀ 䬀愀挀愀 䘀椀氀洀 嘀欀漀漀氀Ⰰ 䜀爀愀琀椀猀 匀攀爀瘀椀猀 搀愀渀 伀氀椀 䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

䴀䤀刀䄀䜀䔀 渀攀眀 PICKUP

Dp6juta

Dp12jutaan 䐀䤀匀䬀伀一 䈀䔀匀䄀刀

䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

伀唀吀 䰀䄀一䐀䔀刀

READY STOCK

PICKUP

Dp6juta

䐀倀 䴀䤀一䤀䴀

䴀䤀吀匀唀䈀䤀匀䠀䤀

䄀䰀䰀 一䔀圀 倀䄀䨀䔀刀伀

䈀伀一唀匀 䘀唀䰀䰀 䄀䬀匀䔀匀伀刀䤀䔀匀

Andi Lingga 081316192007 082283666987

PELAYANAN TERBAIK ADA DISINI

攀昀攀渀搀椀

 㠀㔀㈀ 㐀㔀㐀㠀 㠀㠀㄀㄀ 伀瀀攀渀 䤀渀搀攀渀琀 䄀氀氀 一攀眀 倀愀樀攀爀漀 䰀椀洀椀琀攀搀 䔀搀椀琀椀漀渀

ᰠ 吀䔀刀䤀䴀䄀 䈀䄀一吀唀 䨀唀䄀䰀 䴀伀䈀䤀䰀 䰀䄀䴀䄀 䄀一䐀䄀 ᴠ


20

belanja

kamis 1 desember 2016

Miracle Aesthetic Clinic Batam

:: Anniversary Eska Hotel Batam

Promo Fabulous Beauty Week

Esk a Hotel dan Spa di Kepri Mall, Batam meningkatkan pelayanan guna memberikan kenyamanan bagi tamu selama menginap di hotel tersebut. Pelayanan maksimal juga dalam rangka perayaan ulang tahun pertama. “Kita ingin memberikan yang terbaik bagi tamu, dibanding tahun sebelumnya,” ujar Bonny, Direktur Eska Hotel saat perayaan ulang tahun, kemarin. Eska Hotel memiliki 79 kamar, terdiri dari tipe wellness, superior, deluxe,

Miracle Aesthetic Clinic di Kompleks Mahkota Raya, Batam Centre menawarkan promo akhir tahun bagi pelanggan dengan menggelar Fabulous Beauty Week, 1-7 Desember mendatang.

di sekitarnya. Meregenerasi sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen, mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit. Juga meningkatkan stem cell kulit, memberikan efek pengencangan (volumetric lifting) dan memperbaiki parut bekas luka. Miracle Skinbooster Cell Therapy dapat bertahan hingga dua tahun, tergantung respon kulit tiap individu. “Perawatan ini diakui US FDA-approved. Menggunakan prosedur steril, efektif dan aman,” katanya. l reni santika

Pr o d u sen gadget asal Prancis Wiko mengenalkan smartphone Wiko Ridge 4G dengan harga Rp1,8 juta. Menggunakan bahan alumunium dengan bobot hanya 125 gram. Wiko Ridge 4G bertenaga prosesor 1.4 Ghz Octa Core, didukung jaringan 4G LTE. Dibekali kamera utama 13 MP dengan fitur LED flash, Geo-tagging, face detection, dan HDR. Kamera depan beresolusi 5 MP. “Kecepatan Octa Core membuat ponsel ini lebih stabil dan respon lebih cepat,” kata Edi, Sales Promotion Wiko Nagoya Hill

䈀䄀吀䄀 刀䤀一䜀䄀一 倀刀䤀䌀伀一 挀氀挀 䄀氀愀洀愀琀 㨀 刀甀欀漀 䴀攀最愀 䰀攀最攀渀搀愀 䈀氀漀欀 䔀㄀ 一漀 ㈀㜀 䈀愀琀愀洀 䌀攀渀琀爀攀 一漀 琀攀氀瀀 㨀  㜀㜀㠀 ⴀ 㜀㐀㤀㔀㄀㄀㐀

吀䄀䠀䄀一 䄀倀䤀

䬀攀琀愀栀愀渀愀渀 搀愀渀 琀椀琀椀欀 洀愀洀瀀甀 洀愀洀瀀甀 洀攀洀瀀爀漀琀攀欀猀椀 琀攀爀栀愀搀愀瀀 愀瀀椀 猀攀挀愀爀愀 洀愀欀猀椀洀愀氀

䬀唀䄀吀 ☀ 刀䤀一䜀䄀一

䴀攀洀椀氀椀欀椀 欀甀愀琀 琀攀欀愀渀愀渀 礀愀渀最 琀椀渀最最椀 搀愀渀 搀攀渀猀椀琀礀 礀愀渀最 爀攀渀搀愀栀 猀攀栀椀渀最最愀 戀攀戀愀渀 欀漀渀猀琀爀甀欀猀椀 爀椀渀最愀渀⸀

䤀一匀唀䰀䄀匀䤀 吀䔀刀䠀䄀䐀䄀倀 倀䄀一䄀匀

䴀愀洀瀀甀 洀攀渀礀攀爀愀瀀 搀愀渀 洀攀渀愀栀愀渀 瀀愀渀愀猀 搀攀渀最愀渀 戀愀椀欀Ⰰ 猀攀栀椀渀最最愀 搀愀瀀愀琀 洀攀渀最栀攀洀愀琀 攀渀攀爀最椀

䠀甀戀 㨀 吀漀洀洀礀 簀 䌀漀渀琀愀挀琀 瀀攀爀猀漀渀 㨀  㠀㄀㌀㜀㈀㈀㠀㈀㠀㈀㠀 ☀  㠀㔀㘀㘀㠀㠀㠀㠀   

䴀䔀䴀倀䔀刀䴀唀䐀䄀䠀 䬀伀一匀吀刀唀䬀匀䤀

䐀椀洀攀渀猀椀 礀愀渀最 愀欀甀爀愀琀Ⰰ 猀甀搀甀琀 礀愀渀最 猀椀欀甀 搀愀渀 搀愀瀀愀琀 搀椀 最攀爀最愀樀椀 愀欀愀渀 洀攀洀瀀攀爀洀甀搀愀栀 瀀攀洀愀猀愀渀最愀渀 搀愀渀 栀攀洀愀琀 眀愀欀琀甀

grand deluxe, dan family room. Berada di lokasi strategis dalam kawasan pusat perbelanjaan. Juga dekat pusat hiburan.

Dilengkapi ruang meeting dengan kapasitas 50 orang, restoran dan spa, serta fasilitas lainnya. l reni santika

Ponsel Wiko Ridge Rp1,8 Juta

Dokter ahli kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Batam.

disuntikkan kembali ke area kulit,” ujar Irene. Hyaluronic acid merupakan bahan alami pada kulit sebagai penopang kulit, mengikat air, guna memberikan rehidrasi. Memperpanjang masa kerja growth factor jaringan kulit, meningkatkan kerja stem cell dan regenerasi sel kulit. Sehingga, wajah lebih segar, lembab, dan muda. Juga dapat meremajakan kulit leher, dada dan punggung tangan. Plasma tersebut mengandung nutrisi, vitamin, protein, hormone, dan tujuh fundamental growth factors menstimulasi matrix jaringan

Area terbuka restoran Eska Hotel Batam.

䤀一匀唀䰀䄀匀䤀 吀䔀刀䠀䄀䐀䄀倀 匀唀䄀刀䄀

䴀攀洀椀氀椀欀椀 䬀攀洀愀洀瀀甀愀渀 䴀攀渀最甀爀愀渀最椀 搀愀礀愀 瘀椀戀爀愀猀椀 䴀攀欀愀渀椀欀愀氀 猀攀栀椀渀最最愀 搀愀瀀愀琀 攀洀渀最甀爀愀渀最椀 猀甀愀爀愀 搀愀渀 戀愀椀欀 甀渀琀甀欀 愀欀甀猀琀椀欀 爀甀愀渀最愀渀

Mall, Batam. Layar ukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1290x720 berteknologi IPS full lamination kepadatan 269 ppi. Ditambah perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3 anti gores dan benturan. “Agar tampilan layar memukau, ditambahkan GPU berjenis Adreno 306,” katanya. Wiko Ridge 4G bertenaga RAM 2 GB dan memori internal 16 GB, bisa ditambah dengan slot eksternal MicroSD hingga 64 GB. Ponsel ini berbentuk kotak dilengkapi fitur multitouch

ist.

Miracle Triple Power Acne Facial untuk penyembuhan jerawat meradang dan mengeringkan jerawat dengan cepat. Meminimalkan risiko terjadinya noda bekas jerawat dan mengurangi kadar minyak pada wajah. “Juga mengeluarkan komedo dengan serum dan acne gel khusus, peeling mengandung Vitamin C murni 30% dan masker dari bahan sulfur,” ujar Irene Chandra, Dokter Estetik Miracle Batam Miracle Skinbooster Cell Therapy adalah kombinasi dua perawatan untuk hasil natural dan optimal. Menggunakan bahan alami, yaitu Platelet Rich Plasma (PRP) diambil dari darah individu itu sendiri, ditambah hyaluronic acid sebagai skinbooster. ”Darah diproses dengan alat khusus untuk memisahkan sel darah dengan plasmanya. Plasma dalam bentuk PRP ini,

ist.

K

egiatan ini merupakan perhatian Miracle bagi pelanggan dengan menawarkan diskon istimewa hingga cashback 100% untuk perawatan facial, peeling, laser, botox, fil er, threadlift, dan perawatan lainnya. Juga promo produk unggulan dan konsultasi gratis dengan dokter profesional, serta promo perawatan dengan harga hanya Rp1. “Pelanggan juga berkesempatan memenangkan grand prize berupa satu unit iPhone 7,” ujar Putut Indah, Marketing Manager Miracle Aesthetic Clinic Batam. Di samping itu, Miracle juga meluncurkan perawatan baru, yakni Miracle Triple Power Acne Facial, Miracle Skinbooster Cell Therapy, Miracle Stem Regro Concentrate, serta produk terbaru berupa Fillerina (inovasi fil er tanpa injeksi).

ist.

Tingkatkan Pelayanan untuk Kenyamanan Tamu

Ponsel Wiko Ridge 4G.

untuk mendeteksi hingga 10 jari sekaligus. l reni santika

䈀攀爀愀琀 䈀攀戀愀渀 刀椀渀最愀渀 㨀 㠀㔀 ⴀ㄀⸀    䬀䜀⼀䴀㌀ 䈀攀爀愀琀 䈀愀琀愀 䴀攀爀愀栀 㨀 ㄀⸀㠀   䬀䜀⼀䴀㌀ 䴀攀渀最甀爀愀渀最椀 䈀攀戀愀渀 匀琀爀甀欀琀甀爀 䈀愀渀最甀渀愀渀 䈀愀琀愀洀 䌀䰀䌀 䴀攀洀愀欀愀椀 匀攀洀攀渀 䈀椀愀猀愀 吀椀搀愀欀 䠀愀爀甀猀 倀愀欀攀 匀攀洀攀渀 䤀渀猀琀愀渀 唀渀琀甀欀 倀攀洀愀猀愀渀最愀渀 䈀愀琀愀 搀愀渀 倀氀攀猀琀攀爀愀渀 ㄀ 䈀愀琀愀 刀椀渀最愀渀 㴀 ㄀㈀ 䈀愀琀愀洀 䴀攀爀愀栀 倀攀洀愀猀愀渀最愀渀 䈀愀琀愀 䴀攀爀愀栀 䰀攀戀椀栀 䌀攀瀀愀琀 匀攀洀攀渀 倀愀猀愀渀最 㔀洀洀 ⠀ 䈀愀琀愀 䴀攀爀愀栀 ⤀ 㴀 ㌀挀洀 䈀愀渀最甀渀愀渀 䰀攀戀椀栀 刀愀瀀椀栀 搀愀渀 䐀椀栀愀爀最愀椀 䰀攀戀椀栀 伀氀攀栀 䈀愀渀欀  䐀椀戀愀渀搀椀渀最欀愀渀 䐀攀渀最愀渀 䈀愀琀愀 䴀攀爀愀栀⸀ 吀愀栀愀渀 吀攀爀栀愀搀愀瀀 倀愀渀愀猀 吀椀搀愀欀 䴀攀渀礀攀爀愀瀀 䄀椀爀 ⠀ 䴀攀氀椀渀搀甀渀最椀 䬀攀氀甀愀爀最愀 䄀渀搀愀 ⤀

㘀  砀 ㈀  砀 ㄀ 挀洀 ⠀ ㄀ 䴀㌀ 㴀 㠀㌀ 䈀䠀 㴀 ㄀  䴀㈀ 䐀椀渀搀椀渀最 ⤀

㄀ 䈀䠀 䈀䄀吀䄀 刀䤀一䜀䄀一 倀刀䤀䌀伀一 挀氀挀 㘀  砀 ㈀  砀 㜀⸀㔀挀洀 ⠀ ㄀ 䴀㌀ 㴀 ㄀㄀㄀ 䈀䠀 㴀 ㄀㌀䴀㈀ 䐀椀渀搀椀渀最 ⤀


KAMIS 1 DESEMBER 2016

KURS HARI INI

26

Per 30 November 2016, Pukul 22.00.

JUAL

Rp13,631.00

Rp9,575.02

Rp3,054.91

BELI

Rp13,495.00

Rp9,476.16

Rp3,021.04

Serapan APBD Bintan 2016 Capai 81 Persen

21

Sumber: Bank Indonesia

HIV/AIDS Renggut 12 Nyawa di Pinang PINANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mencatat, tahun ini ada 87 kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan 35 Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Dari 122 kasus tersebut, 12 penderita meninggal dunia.

"Dilihat dari data 2019 sampai sekarang, jumlah penderita yang meninggal sebanyak 180 orang. Khusus tahun ini ada 12 orang," kata Kepala Dinkes Tanjungpinang Rustam, Rabu (30/11). Rustam mengatakan, penderita

HIV sejak 2009 hingga 2016 tercatat sebanyak 750 orang, dan AIDS 353 orang, dengan jumlah penderita meninggal sebanyak 180 orang. Dilihat dari jenis kelamin, penderita HIV laki-laki 418 orang sedangkan perempuan 332 orang. "HIV-AIDS ini sebenarnya menyerang tanpa memandang usia, mulai dari balita, anak-anak,

remaja hingga dewasa," katanya. Berdasar usia, lanjut Rustam, sebanyak 578 penderita HIV ditemukan pada usia produktif. Usia ada 49 orang, 87 orang usia 15-24 tahun, 5 orang usia 5-14 tahun, dan 23 penderita usia balita. Rustam mengatakan, sebanyak 391 pengidap HIV memiliki riwayat pelanggan pekerja seks

komersial, 200 orang ibu rumah tangga dan balita, 100 wanita pekerja seks komersial, 13 lelaki pecinta sesama jenis, 21 waria dan 25 warga binaan di lembaga pemasyarakatan. "Tingginya kasus HIV di lingkungan ibu rumah tangga dan balita ini sangat memprihatinkan. Mereka tertular," katanya. Ke hal 24))

PENDERITA HIV/AIDS DI TANJUNGPINANG Tahun HIV AIDS Meninggal 2016 87 35 2015 133 67 2014 128 66 2013 104 54 2012 68 36 2011 81 33 2010 94 30 2009 55 33

12 (sampai Oktober) 32 23 31 36 12 19 15

Sumber: Dinas Kesehatan Tanjungpinang

540 Turis China Akan Kunjungi Kepri BATAM – Sebanyak 540 wisatawan mancanegara (wisman) dari China akan mengunjungi Kepri pada 17 Desember nanti. Mereka dibawa dalam pe­nerbangan

perdana Citilink dari Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang ke China dan sebaliknya. "Tiket penerbangan hari perdana China-Tanjungpi-

nang sudah habis terjual semua," kata Area Manager Citilink Sumatera-Kalimantan Raden Hendra Jayasubakti di Batam, Rabu (30/11). Ke hal 24))

Atraksi budaya dibalut nasionalisme turut menyemarakkan acara Nusantara Bersatu di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Rabu (30/11).

Waspadai Para Penggangu Pancasila PINANG – Ratusan warga Tanjungpinang dari berbagai suku bangsa, usia dan profesi memadati acara Nusantara Bersatu di Lapangan Pamedan, Jalan Ah-

mad Yani, Tanjungpinang, Rabu (30/11). Semua sepakat, bersatu-padu akan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari para penggangu.

Pada acara yang mengusung tema Indonesia Milikku, Milikmu, Milik Kita Bersama Bhineka Tunggal Ika tersebut, Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama

Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian serta para pejabat lain memberi motivasi pada ratusan pelajar dan mahasiswa yang hadir.

Ke hal 24))

PINANG – Pemerintah Provinsi Kepri tahun ini lebih memprioritaskan kegiatan pemeliharaan dan penambahan lapisan aspal jalan (overlay). Sedangkan jalan baru yang dibuat Pemprov Kepri hanya dilakukan di Kabupaten Natuna, sepanjang 3,5 kilometer (km). "Penambahan jalan baru provinsi di Kabupaten Natuna itu dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 sebesar Rp21 miliar," kata Kabid Binamarga Dinas PU Kepri Tri Musa Yudha di Tanjungpinang, Rabu (30/11). Ke hal 24))

KORAN SINDO BATAM/ JOKO SULISTYO

KORAN SINDO BATAM/ JOKO SULISTYO

Pemprov Fokus Pemeliharaan Jalan

Pekerja mengerjakan penambahan lapisan aspal di Jalan Dompak, Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.


26

Natuna-Anambas-Lingga

kamis 1 desember 2016

NATUNA – Polisi memeriksa Khaerul (36) untuk mengungkap kasus pembunuhan yang menimpa ibu satu anak, Wiwin (31). Khaerul yang juga suami korban diamankan di Hutan Gunung Ranai satu hari setelah kejadian. Pria yang berprofesi sebagai nelayan itu diamankan petugas Jatanras Polres Natuna di kawasan hutan Gunung Ranai, Rabu (30/11) sekira pukul 08.30. Khaerul masih diperiksa sebagai saksi atas tewasnya Wiwin (33) di daerah Batu Kapal, Ranai, Senin (28/11) malam kemarin. Kasat Reskrim Polres Natu-

na AKP Komarudin menuturkan penangkapan suami korban itu bermula dari keterangan saksi di lokasi kejadian lantaran dirinya langsung meninggalkan istrinya dalam kondisi terluka. “Dia langsung lari ke semaksemak belakang rumahnya yang menuju arah Masjid Agung hingga dia sampai ke kaki gu-

nung Ranai,” kata AKP Komar di RSUD Natuna, Rabu (30/11). Saat ditemukan dipersembunyiannya, Khaerul panik dan mencoba melarikan diri. Namun petugas langsung sigap dengan mengeluarkan tembakan ke arah kaki sebelah kirinya. “Kami dapat info persembunyiannya juga dari masyarakat. Tadi dia coba lari dan kami tak mau kecolongan, akhirnya kami lumpuhkan dengan tembakan,” paparnya. Proses penangkapan itu sambung AKP Komar, terbilang cepat. Sebab sebelumnya, petugas langsung menyebar mencari keberadaan suami korban yang

merupakan saksi kunci atas tewasnya Wiwin yang tidak lain adalah istrinya sendiri. Sejak peristiwa itu, AKP Komar mengaku pihaknya langsung melakukan langkah pencarian tanpa henti selama kurang lebih 36 jam. Dalam proses pencarian pun pihaknya melibatkan personel dari Polsek Bunguran Timur. “Kita berpencar-pencar melakukan pencarian terhadap suami korban dengan ciri-ciri yang disebutkan saksi dilokasi. Bahkan dari petugas kami ada yang masuk hutan, ada yang standby di pelabuhan-pelabu-

han dan lain sebagainnya. Upaya itu kita lakukan tanpa berhenti sedikitpun. Dengan bantuan masyarakat akhirnya dia berhasil diamankan,” ungkapnya. Dengan diamankannya suami korban, maka polisi bisa segera mengungkap kematian tragis yang terjadi pada Wiwin. Sebab pada kejadian ini, KH merupakan saksi kunci di balik tewasnya ibu anak satu itu. “Beruntung suami korban bisa kami amankan secepatnya. Dengan demikian paling tidak ada titik terang sedikit mengenai kasus ini,” ungkap Komar. l sholeh ariyanto

KORANSINDOBATAM/JHON MUNTHE

Anggota TNI, Polri dan warga Anambas mengibarkan bendera Merah Putih usai apel Nusantara Bersatu di Tarempa, Rabu (30/11).

Serukan Bangsa untuk Bersatu Gatot Nurmantyo menggagas aksi Nusantara Bersatu di seluruh wilayah Indonesia. “Saat ini banyak masalah yang melanda Indonesia, terutama yang menyangkut persatuan dan kesatuan. Kita tidak ingin ada perpecahan. Kita ini Bhineka Tunggal Ika, jadi tidak ada sara, tidak ada perbedaan,” papar Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Johan Wahyudi, Rabu (30/11). Apalagi, lanjut mantan Komandan Paspampres ini, Anam-

bas merupakan daerah perbatasan dengan negara tetangga sehingga harus menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. “Di daerah kita ini banyak kekayaan alam, hutan, gas alam, emas dan sumber daya alam yang kaya. Dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, ini harus ditanamkan di hati masyarakat,” ujarnya.

ga mempercayai bahwa dengan ritual mandi bersih-bersih sekaligus menggunakan niat, dapat terhindar dari marabahaya maupun bala. Salah satu ibu rumah tangga, Fitri Wati mengaku sengaja datang ke pantai PPKB bersama suami dan anak-anaknya untuk menikmati keindahan pantai tersebut. “Kami datang sekeluarga untuk mandi-mandi di laut. Apalagi anak saya,”

ujarnya Rabu (30/11) Bagi Fitri, mandi di bulan Safar dapat dimaknai sebagai ikhtiar kita sebagai manusia untuk selalu memohon perlindungan kepada yang Maha Pencipta. “Semoga terhindar dari mara bahaya,” ujar dia. Kades Mepar Kamran, mengakui momen mandi Safar tahun ini desa cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Lingga.

ANAMBAS – Kecamatan Jemaja Timur kesulitan mengoptimalkan lahan pertanian produktif yang diperkirakan mencapai ratusan hektare akibat keterbatasan peralatan dan teknologi. Camat Jemaja Timur Abdul Gafar menuturkan potensi lahan produktif itu selama bertahun-tahun tidak berkembang karena warga tidak memiliki kemampuan untuk mengelola lahan menjadi produksi pertanian. Saat ini warga setempat baru mampu menggarap lahan seluas 50 hektare. “Itu pun produksinya belum maksimal karena tidak semua warga mampu mengelola. Kalau berhasil kami bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Abdul Gafar kemarin. Menurut dia bila penggarapan lahan itu mampu berproduk-

“Itu pun produksinya belum maksimal karena tidak semua warga mampu mengelola. Kalau berhasil kami bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,” Abdul Gafar

Camat Jemaja Timur

si maka pemerintah bisa memberikan bantuan sarana peralatan tani seperti traktor tangan, pupuk, kapur, herbisisa, insektisida sampai benih padi. Setelah dapat bantuan, maka kelompok tani bisa mengelola sawah. Adapun potensi lahan

produktif di Jemaja dan Jemaja Timur diestimasi mencapai 800 hektare dengan total produksi 5 ton per hektare. Artinya lahan itu bisa berproduksi sampai 4.000 ton setiap satu kali panen. Total produksi itu mampu memenuhi kebutuhan pangan Anambas. “Untuk sawah ini panen dua kali dalam setahun. Saya rasa cukuplah untuk memenuhi kebutuhan lokal,” kata dia. Gafar menambahkan beberapa kendala yang dialami oleh petani yang ada di Anambas karena masih kurangnya pemahaman tentang pertanian karena selama ini kebanyakan warga Anambas adalah nelayan sehingga perlu dilakukan penyuluhan pertanian dan pelatihan. l jhon munthe

:: pasca PEJABAT MUNDUR Sementara di Natuna Nusantara Bersatu digelar Kodim 0318 Natuna di Pantai Kencana. “Jangan membeda-bedakan suku, agama atau lain sebagainya yang bisa memecah persatuan dan kesatuan kita. untuk itu kita harus bersatu agar keberadaan kita yang saat ini berada di pulau terdepan tetap utuh dalam kesatuan NKRI,” tutur Wabup Natuna Ngesti Yuni. l sholeh ariyanto/ jhon munthe

Ribuan Warga Hadiri Tradisi Mandi Safar LINGGA – Ribuan warga mulai dari anak-anak sampai orang dewasa berbondong-bondong menghadiri Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam Desa Mepar, lokasi tradisi tahunan gelaran mandi Safar, Rabu (30/11). Mandi Safar merupakan suatu tradisi bagi masyarakat Melayu khususnya di Lingga. Setiap hari Rabu pekan terakhir bulan Safar, hampir setiap war-

Satuan Jatanras Polres Natuna menggiring Khaerul (36) setelah diamankan di Hutan Gunung Ranai, kemarin.

Jemaja Kesulitan Optimalkan Lahan Pertanian

:: NUSANTARA BERSATU

NATUNA – Perhelatan Nusantara Bersatu menjadi momentum untuk menyerukan semua elemen di Natuna dan Anambas untuk bersatu. Warga di daerah perbatasan juga diajak bersatu memerangi upaya perpecahan. Di Anambas, Nusantara Bersatu digelar berupa apel bersama di simpang empat Tarempa, Rabu (30/11). Apel dihadiri masyarakat, PNS, TNI, Polri dan organisasi kemasyarakatan. Apel ini sesuai seruan Panglima TNI Jenderal TNI

ist

Suami Wiwin Sembunyi di Hutan

“Alhamdulillah desa kami dikunjungi. Melihat antusias warga, desa kami juga akan berbenah,”ujarnya. Tampak hadir Wakil Bupati Lingga M Nizar serta ketua LAM Kabupaten Lingga Raja Ruslan serta sejumlah kepala SKPD melakukan ritual mandi Safar di pandian Lubuk Papan. “Kita harus pertahankan tradisi Melayu ini,” ujar Nizar. l jamariken tambunan

Marzuki Kembali Jabat Sekwan Natuna NATUNA – Pemkab Natuna kembali menunjuk Marzuki untuk menjabat Sekretaris DPRD setelah posisi itu ditinggalkan Nazarufi yang mengundurkan diri beberapa pekan setelah dilantik. Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Natuna Sofiandi menjelaskan Marzuki untuk sementara waktu ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekwan. Sebelum ditunjuk, Marzuki dilantik sebagai staf ahli Pemkab Natuna awal November lalu bersama 84 pejabat lain. Dengan demikian Marzuki memegang dua posisi sekaligus. Posisi sekwan sendiri bukan jabatan baru bagi Marzuki. Ia pernah menjabat sekwan sebelum dilantik jadi staf ahli. Posisi untuk Marzuki ini buntut dari pengunduran diri Nazarufi dari jabatan barunya sebagai sekwan. Padahal dia baru saja dilantik 7 November 2016. Sementara untuk jabatan Kabag

Keuangan DPRD Natuna kosong setelah Kadarisman juga mundur. “Untuk pak Nazarufi mantan Sekwan sementara ini non job dan belum ada posisi jabatan baru. Kemudian untuk pak Kadarisman mantan Kabag Keuangan DPRD saat ini sebagai staf atau dalam istilah baru jabatan fungsional umum di Badan Lingkungan Hidup,” kata Sofiandi di kantornya, Rabu (30/11). Dia mengatakan pengunduran diri kedua pejabat eslon itu karena tidak mampu menjalankan tugas jabatan baru. Alasan mereka dilampirkan dalam surat pengunduran diri yang disodorkan ke BKD. “Mereka menyatakan tidak mampu melaksanakan tugas pada posisi mereka saat itu. Dengan pengunduran diri tersebut, keduanya tidak lagi mendapat tunjangan jabatan,” tandasnya. Sementara Ketua DPRD Na-

tuna Yusripandi menegaskan bahwa pengunduran diri Nazarufi sebagai Sekwan murni atas kemauan pribadi dan tidak ada tekanan dari pihak mana pun. Anggota DPRD Natuna, sebut dia, bahkan sempat kaget dengan pengunduran diri Nazarufi ebagai sekwan. “Tidak ada kami menekan beliau, justru kami kaget, soalnya belum lagi satu bulan dilantik kok mundur,” ucap Yusripandi. Meskipun demikian sambung Yusripandi, pemerintah sudah mengambil langkah cepat dengan menunjuk pelaksana tugas yaitu Marzuki yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Sekwan DPRD Natuna. “Supaya administrasi kantor berjalan maka sudah ditunjuk pak Marzuki sebagai Plt Sekwan. Sementara untuk posisi Kabag Keuangan kosong,” ujar dia. l sholeh ariyanto


kamis 1 desember 2016

23

Belasan Anggota DPRD Bolos TEBING – Tingkat kehadiran anggota DPRD Karimun menghadiri sidang paripurna sangat rendah. Dari total 30 anggota Dewan, 14 di antaranya bolos. Akibatnya, Perda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) batal disahkan karena tak penuhi kuorum. "Sesuai dengan tatib di DPRD, untuk pembahasan atau pengesahan perda adalah dua pertiga dari jumlah anggota. Sementara sekarang yang ada cuma 16 orang, masih kurang empat. Saya minta sidang diskor (tunda) dulu," kata anggota DPRD dari Fraksi Hanura, Ady Hermawan menginterupsi sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua I DRPD Azmi, Rabu (30/11). Setelah sepakat, Azmi pun menskor sidang selama 15 menit sambil menunggu beberapa anggota lainnya hadir. Azmi pun menegaskan kepada masing-masing ketua Fraksi untuk segera menghubungi anggotanya agar segera hadir. Dari masing-masing fraksi yang tengah sibuk dengan ponselnya untuk

menghubungi rekan satu partai di DPRD, didapati Fraksi Partai Gerindra tak satupun hadir. Ketua Fraksi Partai Golkar, Rosmeri pun langsung interupsi dan mengatakan empat orang anggota dari Fraksi Partai Golkar bersiap-siap hadir. Namun sampai masa skor habis atau 15 menit tak kunjung hadir, sehingga membuat situasi sedikit tegang. Azmi pun terpaksa menskor kembali selama 15 menit untuk keduakalinya dengan harapan keempat anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar segera tiba di ruang paripurna. Namun sampai waktu yang ditentukan dalam skor keduakalinya, empat orang yang dijanjikan Rosmeri tak kunjung hadir. Sehingga membuat suasana sedikit gaduh

dan dihujani interupsi dari hampir semua anggota yang hadir. Bahkan ketika Azmi berencana menskor sampai Jumat mendatang berdasarkan tata tertib yang ada, Ketua Pansus TJSP, Sulfanow Putra langsung interupsi dan menegaskan untuk tetap memaksa agar sidang paripurana segera dibuka dan Perda TJSP disahkan. "Kita sudah mengagendakan hari ini untuk disahkan, saya pikir ini bisa dipertanggungjawabkan meskipun disahkan dengan tidak kuorum," tegas Putra. Namun permintaannya tak dipenuhi, Azmi kembali melemparkan opsi untuk diskor sampai pukul 14.00. Namun dikhawatirkan para undangan tidak hadir jika kembali molor. Sehingga ia memutuskan untuk diagendakan kembali pembahasan pada Jumat (2/12). Anggota Pansus TJSP, M Yusuf Sirat menanggapi ada indikasi pihak-pihak yang ingin menggagalkan rencana pengesahan Perda TJSP. Namun saat dikonfrimasi soal adanya upaya penjegalan, ia menampik dan mengaku

KORAN SINDO b at am/ab dul g ani

Perda TJSP Batal Disahkan

Kursi anggota DPRD Karimun banyak kosong saat sidang paripurna Perda TJSP, Rabu (30/11).

tidak memenuhi kuorum adalah salah satu proses politik di DPRD. "Perda TJSP ini menyentuh masyarakat dan untuk

Wabup Bantah Redam Aksi Bela Islam Indonesiaku, Indonesiamu Indonesia kita bersama. Intinya bagaimana merekatkan masyarakat sekaligus kesepakatan damai dengan harapan semua unsur disatukan untuk men-

jaga NKRI, khususnya menjaga Karimun dari situasi kondusif damai dan kekeluargaan. "Meski berbeda warna namun akan semakin indah dipandang. Filosofi ini tentunya

tepat kita pakai khususnya di Kabupaten Karimun, karena sebagai miniatur dari Indonesia. Tugas kita adalah mengisi kemerdekaan," katanya. l abdul gani

KORAN SINDO b at am/ab dul g ani

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim (kanan) dan Wakil Ketua DPRD Karimun Azmi (dua kanan) ikut berdoa dalam agenda Nusantara Bersatu di Gedung Nasional, kemarin.

Pemkab Lelang 10 Jabatan Eselon II KARIMUN – Pemkab akan menggelar lelang 10 jabatan eselon II yang kosong karena sebagian pejabat pensiun dan pindah ke pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kepri. Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, kekosongan jabatan eselon II segera diisi bertepatan dengan penerapan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru. Menurut dia, lebih dari lima pejabat yang pensiun. Di antaranya Asisten I, Kepala Dinas Per-

tanian dan Kehutanan, Asisten II dan lainnya. Sedangkan yang pindah jabatan ke Pemprov Kepri diantaranya Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag M Hasbi, Sekda Karimun TS Arif Fadillah, Asisten III Syamsuardi, Kepal Badan Lingkungan Hidup Amjon dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abu Bakar. Terkait posisi Kepala Dinas Pendidikan yang saat ini dijabat Sudarmadi ikut dilelang, Rafiq mengaku itu menandakan ja-

batan Kadisdik berpindah dan dijabat orang lain. "Karena dia pindah ke SKPD yang lain nantinya, maka dipastikan akan terjadi kekosongan, sehingga dibukalah open bidding (lelang jabatan)," kata Rafiq di Hotel Aston Karimun, Selasa (29/11). Dari lelang jabatan itu, kata Rafiq, akan kelihatan mana pejabat dirotasi atau dimutasi dan pejabat mana yang tetap. "Karena begitu lelang dibuka maka akan kelihatan. Tapi kalau pindah an-

lebih baik kita mengikuti tatib daripada kita paksakan," katanya. Akhirnya semua hadirin membubarkan diri yang diawali

ketukan palu dari pimpinan sidang, Azmi untuk diagendakan kembali pada Jumat besok. l abdul gani

Wanita Pengedar Sabu Ditangkap

:: Nusantara Bersatu untuk Pelihara NKRI

KARIMUN – Pemkab Karimun menggelar orasi Nusantara Bersatu di Gedung Nasional, Rabu (30/11). Kegiatan dihadiri ratusan orang dari para tokoh agama, organsiasi kepemudaan (OKP) serta masyarakat. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq membantah,kegiatan ini untuk meredam masyarakat berangkat ke Jakarta dalam aksi bela Islam jilid III pada pada Jumat (2/12). Dia mengatakan, wailayah Kabupaten Karimun sangat kondusif dan damai. "Kalau ada gejolak di daerah lain, kita anggap itu sebagai pengalaman yang kita pedomani, jangan terjadi di sini (Karimun). Tidak ada kaitan untuk meredam aksi itu. Karena yang terjadi di daerah lain, kita sudah mengantisipasi," kata Anwar Hasyim. Dia menjelaskan, dalam Nusantara Bersatu tercantum

memenuhi kebutuhan orang banyak. Mengenai tidak atau memenuhi kuorum adalah bagian politik. Tapi kan terbaca, dan

tara eselon yang sama itu tidak perlu di open bidding," terangnya. Rafiq membantah jika dikatakan meski masih dipimpin pejabat defenitif pada salah satu SKPD namun tetap menggelar lelang jabatan karena kurang kompeten."Bukan karena kurang kompeten, melainkan akan ada rotasi karena ada yang pensiun dan ada yang pindah," katanya. Sedangkan penerapan SOTK yang baru diterapkan Desember. l abdul gani

KARIMUN – Jajaran Satresnarkoba Polres Karimun membekuk seorang wanita membawa narkoba jenis sabu di kawasan Jalan Baru, Kelurahan Bukit Tiung, Selasa (29/11) sekira pukul 20.00. Namun, kepolisian enggan menjelaskan jati diri tersangka karena kasus masih dalam pengembangan. "Saya melihat ada tujuh anggota polisi dalam proses penangkapan itu. Katanya dia

membawa narkoba. Kejadiannya sekira jam delapan malam, pelaku langsung dibawa anggota polisi dengan sebuah mobil," kata seorang warga Bukit Tiung, Kelurahan Lubuk Semut yang enggan disebutkan namanya. Kasat Narkoba AKP Sandityo Mahardika membenarkan adanya penangkapan itu. Menurut dia, wanita tersebut membawa dua paket sabu beru-

kuran sedang dan kecil. "Penangkapan bekerjasama dengan anggota BNNK," katanya. Namun, ketika didesak terkait identitas dan asal barang, Sandityo meminta wartawan menunggu rilis. Dia berdalih kasus masih dalam penyidikan dan pengembangan. "Nanti kita kabari dan kita rilis, ditunggu saja infonya," ujarnya. l ricky

Permainan Ketangkasan di Pasar Malam Kundur Barat KUNDUR BARAT – Pasar malam musiman di Kecamatan Kundur Barat diduga ada praktik perjudian yang dibungkus dalam permainan ketangkasan. Anggota DPRD Kabupaten Karimun dapil Kundur, M Taufiq mengatakan, ada dua titik yang dijadikan lokasi pasar malam. Pertama di Pantai Sawang, Kelurahan Sawang dan satu lagi di Kampung Baru Prayun. "Kalau di kampung kami namanya vampe. Di situ ada unsur judinya karena permainan ketangkasan mengadu nasib. Sementara kelurahan dan kecamatan tidak mengeluarkan izin. Kok berani mereka beraktivitas,"

“Kalau di kampung kami namanya vampe. Di situ ada unsur judinya karena permainan ketangkasan mengadu nasib...” m taufiq

Anggota DPRD Karimun

tanya Taufiq, Rabu (30/11). Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, masyarakat setempat resah dan mengancam akan melakukan

aksi massa jika kepolisian tidak segera bertindak. Sementara, Kapolsek Kundur Utara-Barat AKP Emsas mengatakan, pasar malam yang dimaksud belum beroperasi. Menurut dia, pengelola baru memasang tenda dan belum ada aktivitas. "Kalau tak dapat izin pastinya itu ilegal. Kita minta tenda diturunkan. Kalau membandel kita tindak. Tidak hanya untuk di Sawang, tapi juga di Kampung Baru Prayun juga sama, kalau tidak ada izin dan langsung beroperasi ya kita amankan," kata Emsas. l abdul gani

:: Ikuti Festival Muafakat Johor

KARIMUN – Sebanyak 25 penari dari Sanggar Pelangi Budaya Studio tampil dalam Festival Muafakat Johor di Malaysia, Sabtu (26/11) lalu. Para penari asli Kabupaten Karimun tersebut menampilkan tarian New Zapin di hadapan ratusan penonton yang hadir dalam event internasional. Manajer Sanggar Seni Pelan-

gi Budaya Studio, Fenny Rahayu mengatakan, tarian yang disajikan dalam festival itu merupakan hasil kreasi tari tradisional. "Gerakan tarian yang kita tampikan lebih dikembangkan dari tari tradisional. Tapi tentunya, tanpa meninggalkan marwah melayunya," kata Fenny, kemarin. Menurut dia, para penonton

yang hadir sangat antusias menikmati atraksi anak asuhnya. "Bukan hanya dari etnis Melayu saja, tapi entis Tionghoa dan India juga antusias melihat penampilan mereka," ujarnya. Dia menjelaskan, dari 25 penari, 10 di antaranya masih berusia di bawah 10 tahun. Mereka sudah dua kali ikut event internasional di Malaysia. Se-

lain tarian New Zapin, anakanak juga menampilkan tari Kompang dan Joget Karimun. Festival Muafakat Johor 2016 diikuti ratusan peserta dari berbagai negara. Berbagai macam kesenian seperti tari Melayu, China, India, Ghazal dan seni lainnya dilombakan pada event tahunan tersebut. l ricky

06:30 08:00 09:00 13:00 14:30 17:30

07:30 10:30 11:30 14:30 16:30 18:15

0778 408 5508 0778 801 2281

25 Penari Karimun Tampil di Malaysia

Harbour Bay Stulang Laut (Batam) (Johor Bahru)

PROMOSI TIKET PP (2 WAY) Rp. 230.000* Harbour Bay Batu Ampar

-

Stulang Laut Johor Bahru

*Harga tiket belum termasuk Sea Port Tax

Silahkan Hubungi : HP & Whatsapp : 0823 8443 0711 Email : pbgb.sales@gmail.com Komplek Harbour Bay Downtown CW No. 06 Jalan Duyung, Batu Ampar - Batam


24

SPIRIT KEPRI

KAMIS 1 DESEMBER 2016

APBD Meranti 2017 Diproyeksi Rp1,1 Triliun

:: JADI BIOMASSA PENGHASIL LISTRIK

MER ANT I – Ang garan Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2017 diproyeksikan Rp1,1 triliun. Angka ini turun Rp300 miliar dari APBD 2016 sebesar Rp1,4 triliun dan Rp100 miliar dari APBD Perubahan 2016. “Meski dalam kondisi anggaran terbatas, kita harus bisa mengusahakan agar ekonomi tetap tumbuh, dan stabilitas harga terjaga," ujar Bupati Merant Irwan usai menyampaikan laporan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Semenntara (KUA-PPAS) pada sidang paripurna di Gedung DPRD Meranti, Rabu (30/11). Irwan memenargetkan pendapatan dalam APBD 2017 diasumsikan berasal dari Pendapatan Asli Derah (PAD) Rp63 miliar, Dana Perimbangan Rp808,6 miliar, Dan Lain-Lain Pendapatan yang Sah Rp245,5 miliar. Adapun komponen Belanja Tak Langsung sebesar Rp588,6 miliar dan Belanja Langsung Rp590,7 miliar. "Pada komponen pembia­ yaan dianggarkan Rp100 miliar, berupa penerimaan pembiayaan daerah yang merupakan perhitungan sisa lebih perhitungan anggaran sebel-

MERANTI – Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim mengatakan, sejumlah investor dalam negeri menyatakan tertarik menanamkan modalnya di bidang pengelolaan limbah sagu. Saat ini di Meranti terdapat 60 pabrik sagu dengan produksi limbah sebanyak 9 juta ton setiap tahun. Pemkab Meranti menyambut baik ketertarikan para calon investor tersebut. Selama ini, belum ada yang mengelola limbah sagu. Pabrik-pabrik sagu masih membuang limbah seadanya, yang berpotensi merusak lingkungan. "Calon investornya sudah melakukan kajian. Mereka akan mengembangkan limbah sagu menjadi biomassa sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm)," kata Sadi, Rabu (30/11). Said mengatakan, dari limbah sagu sebanyak 9 juta ton per ta-

KORAN SINDO BATAM/ ALI MAHMUD

Investor Lirik Limbah Sagu Meranti

Bupati Meranti Irwan menyerahkan nota KUA-PPAS kepada pimpinan DPRD Meranti usai rapat paripurna, Rabu (30/11).

umnya (silpa)," katanya. Irwan berharap pembahasan Rancangan APBD 2017 diselesai-

kan tepat waktu. Masing-masing SKPD diminta aktif dan responsif dalam pembahasan anggaran.

“Kita perlu pahami, membangun bukanlah proses yang mudah. Kita harus berupaya dengan

bersungguh-sungguh dan penuh ketulusan,” katanya. l ali mahmud

:: KEHIDUPAN BERAGAMA BERJALAN HARMONIS

Kami Bangga Jadi Masyarakat Kepri PINANG – Kehidupan dan kerukunan umat beragama di Provinsi Kepri berjalan harmonis. Semua umat saling menghargai dan menjaga, sehingga tidak terjadi gesekan yang dilandasi suku, agama, ras dan golongan. Jonatan, warga Tanjungpinang mengaku bangga dengan ketoleransian masyarakat Kepri. Meski di sejumlah daerah terutama di Pulau Jawa saat ini tengah memanas karena isu-isu politik dan agama, namun masyarakat Kepri tetap bisa menjaga kehidupan bermasyarakat kondusif. "Saya sebagai kaum minoritas di Kepri ini, tidak merasa terkucilkan. Dalam menjalankan ibadah keagamaan, kami juga lancar dan aman-aman saja," katanya, Rabu (30/11)..

Ia mengaku sering melakukan perjalanan ke sejumlah daerah di Kepri. Selama itu pula, ia belum pernah mendengar dan melihat ada keributan yang dipicu perselisihan agama dan suku. Tanjungpinang lainnya, Siti Hajar mengatakan, kesadaran menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus ditanamkan sejak usia dini. Indonesia yang multietnis dan kebudayaan selayaknya menjadi dasar bahwa semua pihak harus saling menjaga dan menghormati. "Saya bangga hidup di Tanjungpinang dna Kepri ini. Kebersamaan dan kerukunan beragama sangat terjaga. Walau di Jakarta sana sedang panas, di sini tetap aman dan damai. Kuncinya satu aja, saling menghormati," kata dia.

Yoli, umat Budha di Tanjungpinang juga mengaku bangga dengan masyarakat daerah ini. Selama bermasyarakat, ia merasa nyaman dan aman, baik dalam pergaulan maupun ketika menjalankan ibadah. "Toleransi antarumat beragama di sini sangat tinggi. Semua saling membantu. Sebelum di Tanjungpinang, saya tinggal di Lingga. Di sana pun aman dan damai. Yang penting, kita harus pandai-pandai menempatkan diri dalam pergaulan. Jangan menggangu atau membuat masalah," katanya. Hargai dan Hormati Perbedaan

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri Marwin Jamal melalui Humas dan Protokol Fatkhul Muin menga-

takan, pihaknya terus mengajak seluruh elemen masyarakat tetap menjaga kerukunan tersebut. Perbedaan yang ada baik itu agama, suku dan kebudayaan serta lainnya sudah dipahami masyarakat Kepri sebagai kebhinekaan yang indah. "Saya rasa umat beragama di Kepri ini sangat paham tentang kebhinekaan. Ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. Meski ada riak-riak kecil, lanjut Muin, namun hal itu bisa diredam dengan kesadaran persatuan yang tinggi sehingga kerukunan antarumat tetap harmonis. Kemenag Kepri akan menggulirkan program baru mulai 2017, yakni pertemuan dengan semua umat beragama dan golongan dalam acara berkonsep kopi pagi. "Kita akan mengundang or-

mas keagamaan, para tokoh lintas agama dan pihak terkait lain. Minimal setahun dua kali atau empat kali pertemuan. Selain bersilaturahmi, juga untuk saling berbagi informasi terkait keagamaan," katanya. Muin mengatakan, Kemenag Kepri selalu berharap masyarakat di daerah ini kian dewasa dalam menyikapi berbagai isu dan fenomena yang berkembang. "Kita harus bisa menarik benang merah, keberagaman dan kebhinekaan itu adalah sebuah keniscayaan. Kita jangan sampai mudah terpancing apalagi terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang bertujuan memecah belah bangsa," katanya. l sutana/indah/uji/ una/feni/sumi/dini

:: PROYEK REVITALISASI WADUK BATI RAMPUNG

keterbatasan pasokan air bersih yang selama bertahun-tahun dialami para pelanggan PDAM," katanya, Selasa (29/11). Penghubungan Waduk Bati dengan Waduk Pongkar melalui proyek pipanisasi diharapkan mampu meningkatkan volume air yang dialirkan kepada para pelanggan di empat kecamatan Pulau Karimun Besar, yaitu Kecamatan Karimun, Meral, Tebing dan Meral Barat. Indra mengatakan, untuk pipanisasi dari Waduk Bati ke Waduk Pongkar, dibiayai dengan APBD Karimun 2016 dengan anggaran sekitar Rp900

juta. "Dengan selesainya rehabilitasi Waduk Bati, dan telah rampungnya proyek pipanisasi itu. Maka pada 2017, kita harapkan sudah tidak ada lagi krisis air bersih, terutama pada musim kemarau," katanya. Saat ini, lanjut Indra, pasokan air bersih kepada para pelanggan relatif lancar karena didukung tingginya curah hujan dalam beberapa bulan terakhir. PDAM Tirta Karimun telah memiliki empat sumber air baku yang melimpah yang akan dihubungkan secara bertahap, yaitu Waduk Bati, Waduk Pongkar, Waduk Sentani dan Waduk Dang Merdu.

Meski demikian, Indra belum menargetkan akan menambah jumlah pelanggan pada 2017 karena masih fokus pada upaya mengatasi krisis air bersih yang setiap tahun dialami para pelanggan di Pulau Karimun. "Untuk penyambungan baru belum kita bicarakan, yang jelas target kita untuk optimalisasi pelayanan," ucapnya. Menurut Indra, peningkatan pelayanan air bersih, sudah tidak bisa ditawar lagi karena termasuk salah satu kebutuhan paling mendasar masyarakat. Selain itu, pengentasan krisis air bersih juga menjadi salah

satu program prioritas dari Bupati Karimun Aunur Rafiq. "Dan sudah tugas kami sebagai pengelola air bersih untuk mewujudkan program prioritas bupati itu. Tidak hanya di Pulau Karimun, tetapi juga di pulaupulau lain," ujarnya. Khusus di Pulau Karimun Besar, jumlah pelanggan PDAM Tirta Karimun, dan ditambah dengan pelanggan di Pulau Moro dan Kundur sekitar 5.878 sambungan. Khusus untuk Pulau Karimun, jumlah pelanggan saat ini sekitar 4.312 sambungan. l antara

tetentu yang dipenuhi. Proses-proses ini dapat mencegah penularan HIV pada bayi atau balita," katanya. Rustam mengimbau para pasien yang dinyatakan positif terinfeksi HIV segera melakukan konsultasi lebih lanjut dengan manajer kasus atau kon-

suling. Nantinya penderita akan mendapatkan obat yang sesuai dengan keadaannya, serta standar terapi. "Obat untuk orang-orang dengan HIV-AIDS (ODHA) diberikan pemerintah secara gratis," tegasnya. Rustam mengajak seluruh elemen masyarakat memprak-

tikkan kehidupan seks yang aman, dengan tetap setia kepada pasangan. Ia juga mengimbau para ibu hamil selalu memeriksakan kehamilannya sesuai standar, dan melakukan tes HIV serta penyakit-penyakit lainnya. l amry sinaga

JALAN PROVINSI DI KEPRI

lan yang belum ada terutama di daerah terluar. "Bila tidak diantisipasi, ke depan bisa jadi bumerang. Di Tanjungpinang contohnya, akan dibangun jalan lingkar oleh tiga pemerintahan yakni Pemprov Kepri, Pemkab Bintan dan Pemko Tanjungpinang. Kita juga memeinta bantuan pemrintah pusat," ujarnya. Anggota Komisi III DPRD Kepri Surya Makmur Nasution meminta Pemprov Kepri lebih aktif melakukan pendekatan ke pusat untuk mendapatkan anggaran pembangun infrastruktur. "Anggaran DAK begitu be-

sar di pusat. Itu harus dijemput. Kalau kita hanya menunggu, wajar kalau DAK yang kita dapat kecil," katanya. Surya menegaskan, DPRD Kepri siap bersinergi dengan Pemprov Kepri dalam upaya peningkatan penambahan jalan baru, termasuk pemerliharaannya. "Kita ketahui keuangan defis t sejak dua tahun lalu, sehingga ada beberapa kegiatan pembangunan yang dirasionalisasi. Untuk menyiasati masalah ini, kita harus aktif melobi pusat untuk mendapatkan kucuran anggaran," ujarnya. l sutana

HIV/AIDS Renggut ... ((Dari hal 21

Menurut Rustam, penyebaran HIV/AIDS pada ibu rumah tangga dan balita bisa dicegah dengan menerapkan perilaku seks aman oleh pasangan suami-istri dan para ibu rumah tangga itu sendiri. HIV pada balita tidak per-

lu terjadi, jika para ibu hamil memeriksakan kehamilannya pada fasilitas kesehatan sejak dini. "Jika ditemukan positif (HIV), akan diberikan obat minum ARV sebagai pencegahan. Proses bersalin atau melahirkan dengan bedah sesar dan menyusui bayi dengan persyaratan

Pemprov Fokus ... ((Dari hal 21

Tri mengatakan, untuk kegiatan pemeliharaan dan overlay tahun ini digelar di Kota Batam, Tanjungpinang dan Kabupaten Natuna. Anggarannya Rp43 miliar dari APBD Kepri 2016. Di Kota Batam ada dua paket pemeliharaan dan overlay yakni Jalan S Parman, Kecamatan Seibeduk dan pembangunan jalan jalur kedua Mukakuning-Tanjungpiayu yang masuk dalam proyek lanjutan. Di Tanjungpinang dilakukan pemeliharaan jalan provinsi ada dua proyek. "Kalau di Natuna, kita ada

peningakatan jalan trans Batubi-Kelarik dan peningakatan jalan trans Batubi-Tanjung Kudu, Sedanau, Natuna," ujarnya. Tri mengatakan, pemprov Kepri setiap tahunnya memperoleh bantuan pemerintah pusat melalui DAK untuk biaya perawatan jalan secara berkala, jalan baru dan lainnya. Tahun 2014, Kepri mendapat DAK sebesar Rp16,9 miliar, 2015 sebesar Rp23,6 miliar dan tahun ini mendapat Rp21 miliar. "Pemprov Kepri tentu juga menganggarkan dalam APBD 2017 untuk kegiatan pemeliharaan dan pembangunan jalan," kata dia.

Daerah Lingga Batam Bintan Karimun Natuna Tanjungpinang Anambas Total

Panjang Jalan 236,72 KM 112,35 KM 139,10 KM 143,72 KM 143,33 KM 70,23 KM 51 KM 896,45 KM Sumber: Dinas PU Kepri

Menurut Tri, penambahan jalan baru di Kepri sudah seharusnya direncanakan, mengingat pesatnya pembangunan, dan jumlah penduduk yang berimbas pada peningkatan jumlah kendaraan. Selain itu juga untuk membuka akses ja-

:: KORBAN POMPONG TENGGELAM

Ahli Waris Dapat Santunan Rp15 Juta PINANG – Ahli waris korban kecelakaan pompong tenggelam di perairan Pulau Penyengat beberapa waktu lalu, menerima santunan dari Kementerian Sosial masing-masing Rp15 juta. Dari 15 korban tewas, baru 12 ahli waris yang menerima santunan. Sisanya masih belum ditemukan. Di antara ahli waris ada yang menerima Rp60 juga, karena anggota keluarga yang menjadi korban sebanyak empat orang. Ada juga satu ahli waris yang menerima dana santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. "Kita juga menggunakan datadata dari Tagana Tanjungpinang. Kita melakukan kerja sama dalam pelacakan ahli waris ini. Namun, hingga saat ini ada tiga korban meninggal belum kita temukan, dimana ahli warisnya,” kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disnaker) Tanjungpinang

Surjadi, Rabu (30/11). Ketua Tagana Tanjungpinang Hamdan Syahril mengatakan, sebelum menyerahkan santunan, pihak Kemensos telah turun ke Tanjungpinang melakukan verifi asi ahli waris korban. "Uang santunan akan dikirim langsung ke rekening masing-masing ahli waris," katanya. Ke-15 korban peristiwa pompong tenggelam tersebut adalah, 7 warga Tanjungpinang, 5 warga Bintan, 1 dari Jakarta, 1 asal Palembang dan 1 dari Bangka Belitung. Hamdan mengatakan, tiga korban lain yang belum menerima santunan, ahli warisnya berada di Palembang, Bangka Belitung dan Jakarta. ”Nanti kalau tiga ahli waris ini sudah ditemukan, pasti akan diserahkan santunannya," kata dia. l sutana

540 Turis ...

PDAM Karimun Optimis Krisis Air Teratasi KARIMUN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun optimis proyek revitalitasi Waduk Bati di Kecamatan Tebing akan rampung Desember ini. Proyek ini meliputi pendalaman, perbaikan jeti dan pemasangan pipa yang terhubung dengan Waduk Pongkar. Dirut PDAM Tirta Karimun Indra Santo mengatakan, Waduk Bati adalah sumber utama pasokan air bersih untuk pelanggan di Pulau Karimun Besar. Proyek revitalisasi waduk ini dibiayai APBD dan didukung APBN 2016. "Proyek ini untuk mengatasi

hun, diperkirakan akan mampu menghasilkan energi listrik 4 Mega Watt setelah diubah menjadi biomassa. Saat ini, Meranti sangat membutuhkan tambahan pasokan listrik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di bidang penanaman modal. "Elektrifi asi di Meranti baru 77 persen," katanya. Menurut Said, salah satu kendala investor berinvestasi di Meranti adalah belum tercukupinya ketersediaan listrik. Ia berharap, ke depan ada investor yang mengembangkan pembangkit listrik ramah lingkungan. "Investor sektor manufaktur dan hotel butuh jaminan listrik untuk mengembangkan usahanya di Meranti, begitu juga dengan pelaku usaha kecil dan menengah," ujarnya. Said berjanji akan memberi kemudahan bagi investor terkait perizinan. l ali mahmud

((Dari hal 21

Hendra mengatakan, setiap harinya Citilink melayani tiga kali penerbangan TanjungpinangChina menggunakan armada Airbus A 320-200 dengan kapasitas 180 penumpang. "Mulai 17 Desember 2016 kami melayani tiga kali penerbangan internasional dalam sehari. Antusiasme turis asal China datang ke Kepri tinggi, bisa dilihat dari penjualan tiket perdana yang langsung habis," katanya. Hendra memastikan segala perizinan terkait penerbangan sudah disetujui. Bersama Pemprov Kepri, Citilink menggandeng asosiasi agen perjalanan di China dan Korea Selatan (Korsel) untuk mendatangkan wisman ke Kepri melalui Kota Tanjungpinang dan Batam.

"Wisman asal China dan Korsel tak perlu mengurus visa, karena termasuk negara-negara yang bebas visa datang ke Indonesia. Kami sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah di Kepri untuk mendukung penerbangan internasional ini," ujarnya. Menurut Hendra, dalam penerbangan TanjungpinangChina, pihaknya akan memanfaatkan Bandara Hang Nadim Batam sebagai landing technical atau tempat pengisian bahan bakar pesawat. Waktu yang akan ditempuh dari Tanjungpinang ke China sekitar 4 sampai 5 jam. "Penerbangan tetap melalui Bandara Tanjungpinang, di Batam hanya tempat singgah pesawat mengisi bahan bakar," kata dia. l muhammad arief

Waspadai Para ... ((Dari hal 21

“Kita adalah generasi penerus yang harus terus menjaga negara ini dari upaya-upaya para penggangu. Dari para pemecah belah bangsa. Sesuai cita-cita Proklamator Bung Karno, serahkan jiwa raga kita untuk negara ini,” kata Nurdin berapi-api. Nurdin mengajak seluruh elemen masyarakat di Kepri selalu mengedepankan silaturahmi, musyawarah untuk mufakat dan menjaga kesatuan berdasar Bhineka Tunggal Eka. Indonesia dibangun dan didirikan oleh berbagai macam suku bangsa. Indonesia terdiri dari ribuan pulau. Perbedaan agama, suku, bahasa dan budaya harus dipandang sebagai kekayaan negeri ini. “Berbacam-macam kekayaan kita, beraneka ragam pula upaya orang-orang yang tak bertanggung jawab ingin mengganggu Pancasila kita. Mari kita jaga kesatuan dan persatuan

negara ini,” serunya. Nurdin mengaku tidak akan merelakan negara Indonesia tercerai-berai. Provinsi Kepri sebagai daerah kepulauan juga memiliki kekayaan budaya dari berbagai macam suku masyarakatnya. “Saya berharap kita semua terus melanjutkan pembangunan Kepri. Untuk itu, kita harus menjaga keamanan, ketentraman, dan kebersamaan. Agar kesejahteraan yang kita impikan terwujud,” katanya. Ketua panitia Husnizar Hood mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, menjaga dan mencegah ancamanancaman yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. “Karena persatuan itu sangat besar dan mahal harganya. Tak ada pilihan lain, kita harus menjaga dan merawatnya,” kata dia. l amry sinaga/vino/ randi/samsimin/tiara/eva


2016年12月

1

HSB No.0732 编辑部:徐绍彬 Email : alfiansidikbtm@yahoo.com

星期四 农历 丙申年 十一月 初三

中国舰载机基地已装两部电磁弹射器

关键技术获突破(二)

全世界能研制蒸汽弹射 器的以前只有两个国家, 英国是首先发明蒸汽弹射 的,后来英国让美国从全 球大国挤兑成二流强国, 只能在北约担任区域防御 的角色,加上国家财政支 持不了建造大航母,技术 转让给了美国,最早叫C9 弹射器,美国拿来研发了 C11,最后投入巨额资金 发展到了现在尼米兹的 C13,蒸汽弹射技术就到 头了,应该说是美国将蒸 汽弹射器发展到了真正成 熟的程度,这个要肯定。 美国从50年代的核动力航 母企业号开始用C13打天 下,横行各大洋50多年, 从某种意义上说,现代意 义上的航母,标志就是蒸 汽弹射器,法国的戴高乐 也装的是美国买来的C13 蒸汽弹射器。原苏联最后 也选择了蒸汽弹射器,就 是又有滑跃甲板又有弹射 器的核动力乌里扬诺夫斯 克号航母,但是只建成了 45%苏联就没了,美国急 急忙忙出钱帮助乌克兰解 体了乌里扬诺夫斯克号, 可见美国是真怕有人超过 它,美国这个小心眼表现 的有点下作,惹来国际间 的嘲弄,不过也反映了美 国对弹射器这个技术垄断 的格外在意,美国的确是 将蒸汽弹射器当做看家的 宝贝,包打天下的神器。 因为有没有蒸汽弹射

器,航母的作战效率是大 不一样的。这就是说,你 即便发展了航母,没有发 展出蒸汽弹射器,你的舰 载机的出动率就远低于有 蒸汽弹射器的美国航母, 一般认为有蒸汽弹射器的 航母弹射4架,没有蒸汽 弹射器的滑跃式航母只能 滑跃1架,这个说法有点 绝对,但是一般认为蒸弹 航母起飞3架,滑跃式航 母只能起飞1架。 更重要的是,滑跃起 飞不能起飞舰载固定翼预 警机,舰载固定翼预警机 是航母战斗力的倍增器, 它携带的雷达等于伸出航 母几百公里的眼睛,它上 面的几个指挥员等于跟随 战斗机的空中指挥所,所 以,有没有舰载固定翼预 警机又是现代航母的一个 分水岭,这样算来算去, 美国航母的优势就是叠加 效果了,也怨不得美国得 意洋洋了几十年,横行各 大洋。 我们要说的是, 中国一下子跨过了蒸汽 弹射器和电磁弹射器2个 门槛,按照现代网络语言 就是有点丧心病狂了。本 来蒸汽弹射器就被认为是 不可逾越的技术,电磁弹 射器更是在蒸汽弹射器的 技术巅峰上更上一层楼, 几乎到了全世界无人企及 的程度,没想到中国一下 子站在巅峰之上。环顾四 周,英国的8万吨的女王

号和亲王号是滑跃,印 度的航母也是滑跃,其他 如法国和俄罗斯的新航母 还停留在纸面上,中国的 这一成就可以说是傲视群 雄。看着这些列强还在技 术难关前徘徊,一种油然 而生的民族自豪感升腾在 每一个爱国者的心头。 蒸汽弹射器难吗?难, 我们跨越了,电磁弹射器 更难吗?更难,我们也跨 越了。事实证明没有什么 人能挡住我们中华民族前 进的步伐! 当然这个巨大的进步和 成就很大程度上要归功于 中国工程院院士、海军工 程大学教授马伟明将军, 马伟明院士因此荣获当年 何梁何利基金最高级别奖 项——“科学与技术成就 奖”。 至于网上流传的中 国在航母训练基地安装的 两条弹射器中一条是蒸汽 弹射器,另外一条是电磁 弹射器,中国海军正在评 估那种弹射器更好,以确 定使用哪种弹射器。笔者 认为这是缺乏细致观察的 结果,从图上我们可以清 晰的看到,这两条弹射器 是同一型号的装置,而蒸 汽弹射器和电磁弹射器在 滑轨宽度和尺寸上一眼就 能看出是两种装置。 还有一个简单的道理, 即便蒸弹和电弹都成功 了,为什么不用效率更 高、成本更低、维修更方

便、作战能力更强的的那 种呢?有网友担心原来的 航母设计一半,原打算装 蒸汽弹射器,后来电磁弹 射器成功了,但是改航母 的设计成了一件难事,因 为蒸汽弹射的重量很大, 在设计上再改成电磁弹射 器会影响配重和结构应力 等。其实这也都是外行说 话,辽宁号在改装瓦良格 号时去掉了舰首庞大的 P100反舰导弹巢,这个 导弹巢至少也有上千吨, 占用空间也有近1000平方 米。 辽宁号改装后就全部拆 除了,这会不会影响配重 和结构应力呢?所以,改 设计并不是难事。航母出 航时要装近万吨发动机和 战斗机用燃料,还有近万 吨淡水,这些物质也是流 动的,如何保持合理的配 重其实也是动态的,影响 设计就是想多了。 所以,这个信息我们 应该看做2016年国防科 研战线上最大的喜事,最 大的军事新闻,中国军工 最大的成绩。比如,包括 核武器、战斗机、坦克等 等,二战后都发展了至少 四代,战斗机几十型上百 种五花八门数不胜数,但 是,航母的弹射器目前只 发展了两代,第二代的福 特航母还没有正式服役, 其实成熟的只有一代,而 这一代也只有美国有,别 人都是零代,现在中国一 下去蹦到第二代,而且没 有依靠任何人,这个成绩 怎么评价都不算高。它在 军事上的意义不可限量, 政治上的意义也是不可限 量的。 不过,大洋彼岸也传来 不少酸溜溜的消息。 美国海军战争学院教授 詹姆斯·霍尔姆斯认为, 与美国航空母舰相比,中 国航母在5个方面还存在 比较严重的“短板”,中 国舍去蒸汽弹射器技术, 直接使用电磁弹射器具有 一定的冒险性质,至少说 明他们(中国)在蒸汽弹 射器的研制上是失败了。 这样的说辞,很有喜感。 (新浪军事,作者署 名:刀口谈兵)

25

“妈妈,我去天堂了,这里太累了!”

震惊了全中国父母(二)

望女成凤、望子成龙是 做家长的共同心愿,但你 为孩子选择的路能使孩子 幸福吗?抱着已经冰冷的 女儿,素素的妈妈刘毓精 神彻底崩溃。 梁军试图说服刘毓尊 重孩子的选择,可是刘毓 的反应相当强烈:“比咱 素素差一万倍的孩子都能 上大学,她怎么就不能? 我告诉你梁军,除非我明 天就死了,否则,我一定 要素素上大学,而且是名 校!” 苍天不负有心人,2003 年,素素考入中国政法大 学民商经济法学院。拿到 录取通知书那天,刘毓大 哭一场。梁军更是对刘毓 感激不尽:“如果不是 你,女儿就废了。” 拔苗助长,注定苗毁人 亡 大学的生活为素素开启 了另外一扇窗,她希望没 有妈妈的安排,尽情享受 大学生活。可是,现实很 快扑灭了素素的希望。第 一个学期结束,素素是全 班唯一一个高数没及格的 人。 于是,素素的大学生活 过得依然如高中般,除了 学习还是学习。她在日记 里用“可怜”来形容自己 和妈妈:聪明的妈妈生了 个不聪明的孩子,不肯接 受现实,可怜。不聪明的 孩子有个聪明的妈妈,被 拔苗助长,可怜。 大四吃散伙饭的时候, 素素喝了很多酒,轮到她 发表毕业感言时,她的 发言让很多同学红了眼 圈。“毕业了,大家最 高兴的是终于可以走向社 会,自力更生了。而我最 高兴的是,终于可以不用 学习了。这16年的读书生 涯太累了,累得我很多次 都不想活了……” 刘毓托了各种关系,将 素素弄进大连一家专事海 事官司的律师事务所。素 素的师父是业界十分有名 的律师,对下属的要求非 常严格。 上班第一天,师父交 给素素一个任务,给加拿 大一个客户发邮件告知官 司进展,并让对方提供一 份新资料。这任务对于其 他人来说,或许是小事一

桩,可是对素素来说,实 在有些为难。因为她外语 水平一般,《海事法》又 非她大学时的专业,邮件 中的很多用语她都没有把 握。见师父很忙,素素就 向别的同事求助,可是得 到的回复是:“我很忙, 你应该知道自己的事要自 己做。” 晚上,师父回来了,素 素只好实情相告,师父当 时就有些生气:“你做不 了,为什么不求助别人? 你知道耽误一天,得损失 多少佣金?”当素素告诉 师父同事不肯帮忙时,师 父更火了:“你平时不注 意交往,人家凭什么帮助 你?是不是还要我教你如 何向别人求助?” 素素的眼泪再也止不 住了,她能感觉到很多同 事都在外面向屋里观望, 一个念头在素素脑子里产 生:单位里再也不会有人 看得起她了。 回到家里,素素对妈 妈说:“妈,我不想在 这个单位做了,我根本胜 任不了。”刘毓一听就火 了:“你堂堂一个中国政 法大学毕业生,才工作一 天,就说这样的话,不觉 得丢脸吗?” 像以往一样,素素就是 有一万个不愿意,也不得 不服从妈妈的安排。 2007年12月25日,事 务所举行圣诞Party,许 多人都将其视为展示才 华、增强人脉的机会, 都拿出各种看家本领。 可是,当主持人点到素素 时,她尴尬地站在台上, 实在想不出自己有什么特 长可以展示,最后,她给 大家背了一首唐诗才解了 围。素素明显感觉到,打 那天开始,她彻底沦为公

司里可有可无的人。“可 有可无”地活着还有什么 意义?她再次想到辞职, 想去乡村小学做一名教 师。 但妈妈再次断了她的念 头:“留在一个好单位, 你才可以找一个条件好一 些的对象。你放心,只要 你不辞职,碍于你爸的情 面,这个公司永远不可能 把你扫地出门。” 终于,在一个下午,素 素从单位21楼飞身而下, 当场身亡。几天后,刘毓 才在自己的邮箱发现素素 自杀前发来的一封邮件, 内容很简短:爸爸妈妈, 我一直希望可以成为你们 希望我成为的那种人,可 是,我始终成不了那种 人。我很累,我一直活在 不属于自己的圈子里,别 人的优秀都是用来突出我 的愚笨。太累了,就想休 息,或许在天堂可以找到 我的同类,不聪明,但活 得很快乐。 这些文字,让刘毓久久 无法平静。接受笔者采访 时,这位母亲含泪说:“ 我把家丑外扬,只是想用 女儿的生命换来其他家长 的警醒。 土耳其有句谚语:上帝 为每只笨鸟都准备了一根 矮树枝。这是从素素日记 里看到的一句话。可是, 我偏偏让她去够那根本不 属于她的高枝儿,结果, 她最终从不属于她的高处 摔了下来。回头想想,我 不就是希望她幸福吗?用 这个标准去衡量,什么成 绩、名校,一点都不重 要。吃糠咽菜的生活,只 要她喜欢,又有什么不好 呢? (来源:北京晨报, 图为网络配图)

《世界未解之谜大全》

唐朝高僧真身至今不腐,神奇肉身保存至今

马伟明院士能够获此殊荣的原因就在于在电磁弹射、综合电力推进、新能源接入 技术等领域取得了一批具有完全自主知识产权的原创性成果,共获国家科技进步 一等奖2项,国家技术发明三等奖2项,这都是了不起的成就。

  本来在航母上美国就甩了其他国家几条街,美国还不甘心,又发展了电磁弹 射器。电磁弹射器与蒸汽弹射器的效率比是5.1比1。弹射周期是45秒一架,包括 3秒的弹射起飞时间,远远超过蒸汽弹射器。

一路发旅行社 Welcome To Batam With Us

唐朝的慧能大师,是我 国历史上出现的第一尊肉 身菩萨(肉身不坏之得道高 僧),目前仍供奉于广东韶 关的南化寺。 于文革时期,偏激的 红卫兵为了破除迷信,打 倒所谓的牛鬼蛇神,为验 证慧能大师是否为人工伪 造的,曾经用钉锤在大师 的胸口处,硬是挖一个小 洞,结果赫然发现大师体 内器官皆完好无缺,当场 吓得纷纷跪地叩拜。 “菩提本无树,明镜亦 非台;本来无一物,何处 惹尘埃”这是中国佛教禅 宗唐代六祖惠能大师的开 悟偈。 大师开创顿悟法门,大 兴禅学,使禅宗从此风行 全国,速播海外。说法三 十七年,度人无数。

IN BO UN D & O utbonds Tours, MICE, Golf Package Spa Package, Domestic & International Hotel Voucher

Team Building Tr a n spo r tatio n SER VICES, all line TICKETIN G

Tel. +62 778 457 168 Fax. +62 778 451513

东气候炎热,环境潮湿; 至今已历1200余年,不 腐变,不枯槁;依然神态 安详。 (作者:世界未解之迷网)

敦煌大漠迎冬雪风景别样美 11月25日凌晨,地处甘肃 河西走廊最西端的戈壁城市敦 煌,迎来今年入冬以来第一场 降雪。图为鸣沙山下游客骑骆 驼欣赏大漠雪景。王斌银摄 11月25日凌晨,地处甘肃

We Specialize in:

于唐先天二年,在曹溪 人定二十余天,和四众告 别,说偈坐脱。留下金刚 不坏的肉身,既未注射防 腐剂;又非真空密闭;广

河西走廊最西端的戈壁城市敦 煌,迎来今年入冬以来第一场 降雪,素有“中国旱极”之称 的这里顿时成了一片银白色的 世界。雪后的敦煌鸣沙山月牙 泉景区冬景如画,黄色���细沙

交织着洁白的积雪,加之月牙 泉畔金色的芦苇荡,交相映衬 出一幅别样的大漠雪景图,吸 引了大批游客前来观赏体验。 (来源:中国新闻网,作者: 王斌银)


kamis 1 desember 2016

22

Ratusan Honorer Pemkab Diseleksi Cari Tenaga Kompeten Sesuai Bidang

trasi, dan 12 Desember dilaksanakan tes seleksi,” kata Irma, Rabu (30/11). Dia mengatakan, untuk materi tes wawancara, diberikan materi seputar pekerjaan teknis para honorer, lingkup pekerjaan saat ini, dan pengoptimalan waktu kerja. “Mereka ini pekerja teknis, bukan untuk manajerial. Tidak perlu tes karya tulis, ataupun pembuatan makalah,” ujar Irma Menurut dia, tes selek-

BINTAN – Sebanyak 700 tenaga honorer Pemkab Bintan akan mengikuti tes seleksi minggu depan. Penyeleksian ini untuk memilih honorer berkompeten, guna ditempatkan pada bidang kerja yang tersedia sesuai kemampuan. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan Irma Annisa mengatakan, tes seleksi akan dilaksanakan dengan

materi bidang akademik dan wawancara. “Kita menargetkan 5 Desember mendatang untuk pelengkapan berkas adminis-

si tersebut merupakan penilaian assesment bagi pegawai honorer lama. Tahun ini tidak membuka pendaftaran untuk honorer baru. “Penilaian ini untuk honorer lama. Bagi honorer yang dinilai masih layak akan dipertahankan. Tetapi, untuk honorer yang jarang masuk kerja, sering absen akan diberhentikan,” kata Irma. Dia mengatakan, honorer lama yang dipertahankan di-

prioritaskan untuk honorer ber-KTP Bintan, tetapi bukan berarti yang ber-KTP Tanjungpinang lantas dipecat. “Walaupun ber-KTP Tanjungpinang, tetapi kinerjanya bagus, sudah mengabdi lama tetap dipertahankan,” ujar Irma. Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, honorer yang akan dipertahankan, di antaranya yang ber KTP Bintan. Hal ini memberikan kesempatan kepada putra-putri Bintan

ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Sekaligus menggali potensi sumber daya manusia, dengan memberdayakan putraputri Bintan bekerja di lingkungan Pemkab Bintan. “Saya menginginkan prioritas honorer di Lingkungan Pemkab Bintan memiliki KTP Bintan,” kata Apri. Sekretaris Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) Bintan Sabastian mengatakan, selayaknya putra-putri Bintan di-

:: Ditarget Akhir Desember 100 Persen

berikan kepercayaan berpartisipasi dalam pembangunan di Bintan. “Sewajarnya anak kampung Bintan ikut membangun,” ujar Bastian. Menurut dia, dengan mengutamakan putra-putri Bintan menjadi honorer, mereka akan leih merasakan kehadiran pemerintah dalam membangun daerahnya. Sehingga, warga tempatan ikut berpartisipasi dalam pembangunan. l m rofik

KORAN SINDO b at am/ m rof ik

Kompol Dandung Jabat Wakapolres Bintan BINTAN – Kompol Dandung Putut Wibowo yang sebelumnya Kapolsek Bintan Timur, menjabat Waka Polres Bintan menggantikan Kompol Heryana. Serah terima jabatan (sertijab) dipimpin Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto di Mako Polres Bintan, Rabu (30/11). Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto mengatakan, sertijab dalam rangka memenuhi kebutuhan dan penyegaran, sesuai kebutuhan masyarakat saat ini. “Mutasi untuk meningkatkan produktivitas. Adanya penyegaran, diharapkan pelayanan masyakarat semakin lebih baik,” kata Guntur, kemarin. Kompol Heryana menduduki jabatan baru sebagai Penyidik Madya 1 Ditkrimum Polda Kepri. Kasat Lantas Polres Bintan dari AKP Muclis Nadjar digantikan AKP Krisna Ramadhani

yang sebelumnya menjabat Kapolsek Kawasan Pelabuhan Polres Tanjungbalai Karimun. AKP Muchlis Nadjar menduduki jabatan baru sebagai Kanit I Silaka Ditlantas Polda Kepri. Perwira lain yang melaksanakan sertijab, Kabagsumda dari Kompol Alfis Madam digantikan Kompol Suhaili dari Polda Kepri. Kapolsek Bintan Timur dijabat oleh AKP Arya Tesa Brahmana dari KBO Polres Tanjungpinang. Kasat Binmas AKP Rizani digantikan AKP Rusli. Kasat Intelkam dijabat AKP Monang Parlagutan S yang sebelumnya Kasat Intelkam Polres Natuna. Kapolsek Gunungkijang AKP Sudirman digantikan AKP Hedrizal, sebelumnya Wakapolsek Sekupang. AKP Sudirman menjabat sebagai Kapolsek kawasan pelabuhan Tanjungbalai Karimun. l m rofik

Pekerja meningkatkan aspal Jalan Permaisuri, Tanjunguban, Bintan, Rabu (30/11).

BINTAN – Serapan APBD Bintan 2016 hingga akhir November ini mencapai 81 persen dan diperkirakan penyerapan anggaran mendekati 100 persen pada Desember mendatang. Saat ini beberapa proyek fisi sedang dikerjakan dan diperkirakan akhir tahun rampung. “Saat ini beberapa kegiatan fisik masih berjalan. Diperkirakan akhir tahun selesai. Kita optimis penyerapan APBD 2016 mendekati 100 persen akhir Desember mendatang,” kata Kepala Badan Perenca-

naan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bintan Sutioso di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (29/11). Dia mengatakan, penyerapan APBD2016b berjalan sesuai perencanaan, walaupun terdapat penudaan proyek. Pproyek Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) senilai Rp400 juta ditunda tahun depan, karena pelelangan RDTR di Bappeda senilai Rp400 juta gagal dilaksanakan, disebabkan pemetaan citra satelit terganggu kondisi cuaca yang sedang buruk saat

ini. “Proyeknya ditunda awal tahun depan,” ujar Sutioso. Menurut dia, serapan anggaran 81 persen tersebut tergolong normal. Apabila ada yang tidak terserap, atau anggaran kegiatan tidak dilaksanakan, akan dimasukkan dalam sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Untuk serapan keuangan mencapai 71 persen, seiring dengan pekerjan fisik yang dilaksanakan pembayaran dan dipastikan proyek sudah selesai. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bintan Juni Rianto

mengatakan, serapan anggaran untuk pembangunan fisik pada Dinas PU mencapai 77 persen. “Bagian Bina Marga dengan anggaran Rp70 miliar, serapan anggarannya mencapai 90 persen,” kata Juni. Menurut dia, untuk Bagian Cipta Karya penyerapan mencapai 90 persen, sedangkan Bagian Sumber Daya Alam sekitar 60 persen. “Untuk proyek penunjukan langsung hampir semuanya selesai,” ujar Juni. Kepala DPPKD Bintan Adi Prihantara mengatakan, se-

cara umum sekitar 80 persen dari keseluruhan SKPD sudah mencairkan anggarannya. Baik penggunaan untuk kegiatan non fisik, maupun kegiatan fisik. “Hampir seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sudah mencairkan uang kegiatan berkisar 80 persen,” kata Adi. Dia mengatakan, batas akhir pencairan anggaran kepada KPA, 30 Desember 2016. Setelah tanggal tersebut, tidak ada lagi pembayaran untuk pemegang KPA. l m rofik

Supir Bus AKDP Keluhkan Angkutan Plat Hitam kan perusahaan swasta, Pemko Tanjungpinang juga mengiperasikan tiga bus Damri jurusan Seicarang-Tanjungberakit dan Seicarang-Tanjuguban dengan jadwal keberangkatan dua kali sehari. “Dulu ada juga buis AKDP ke Batam, tapi sekarang distop,” kata Iwan, petugas berseragam Dinas Perhubungan Pemko Tanjungpinang di Seicarang. Bus AKDP yang rute Seicarang-Tanjungubang beroperasi lima kali setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 dengan kapasitas peumpang 14 tempat duduk. Syahdan, Penumpang bus AKDP berharap pemerintah menata transportasi darat di Tanjungpinang. Terminal Seicarang sering sepi, sehingga penumpang menunggu bus AKDP di SPBU Batu 10 atau ke Kijang mencari bus tujuan Tanjunguban. “Angkot dan bus ju-

Bus AKDP menunggu penumpang di SPBU Batu 10 Tanjungpinang, Rabu (30/11).

KORAN SINDO b at am/ j oko sul isty o

PINANG – Sejumlah pengemudi bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) mengeluhkan beroperasinya angkutan plat hitam hingga ke komplek perumahan di Kota Tanjungpinang. Kondisi ini menyebabkan penumpang ke terminal sepi dan pendapatan pengemudi bus AKDP berkurang. Ucok, pengemudi bus AKDP mengatakan, mereka merugi karena hanya membawa satu hingga dua penumpang. Karena, bus AKDP harus tetap berangkat pada jam yang ditentukan, meskipun penumpang sepi dan setoran tidak cukup untuk operasional. “Kalau waktunya berangkat, satu penumpangpun harus kita bawa,” kata Ucok, Rabu (30/11). Para sopir bus AKDP berharap pemerintah menertibkan angkutan plat hitam, karena menyalahi aturan. Selain bus AKDP yang diopersi-

rusan luar kota tidak berada di satu tempat,” katanya. Adi, pengguna angkutan umum mengatakan, penumpang memilih angkutan plat hitam disebakan angkutan tersebut menjemput penumpang hingga ke kompleks perumahan. Tarif yang dikenakan hanya

Rp20 ribu tujuan Tanjunguban, sedangkan tarif bus AKDP Rp30 ribu dan anak-anak Rp20 ribu. Angkutan langsung ke tujuan dan tidak masuk ke Terminal Seicarang. “Semua angkutan resmi masuk terminal, sedangkan angkutan plat hitam tidak,” kata Adi.

Dia mengatakan, akibatnya penumpang jarang ke terminal, dan angkutan resmi tidak mendapatkan penumpang. “Semua penumpang dari kota diambil, sehingga tidak ada lagi yang ke terminal,” katanya. l joko sulistyo/amir/ retno/azizah

KORAN SINDO b at am/ m rof ik

Serapan APBD Bintan 2016 Capai 81 Persen

Kasat Lantas Polres Bintan AKP Krisna Ramadhani saat sertijab di Mapolres Bintan, Rabu (30/11).

:: Sidang Direktur CV Tiga Sahabat Jaya Group

Terdakwa Terancam Empat Tahun Penjara PINANG – Mona binti Zoelkarnaen (30), Direktur CV Tiga Sahabat Jaya Group menjalani sidang pertama dengan dakwaan penipuan terhadap korban Tanramini di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Rabu (30/11). Jaksa Penuntut Umum (JPU) Zaldi Akri mengatakan, kasus bermula saat terdakwa melaukan take over CV Tiga Sahabat Jaya Group dari Dirut CV Tiga Sahabat Jaya Grup Surya Efendi (saksi), 4 September lalu dan Riodi sebagai komisaris. “Surya Efendi menyerahkan CV Tiga Sahabat Jaya Group kepada terdakwa dengan aset 96 unit rumah dan 16 unit ruko di Jalan Cendrawasih, Batu 8, Kota Tanjungpinang dengan konpensasi sebesar Rp2,6 miliar,” kata Zaldi. Setelah take over, terdakwa menjual satu unit ruko kepada korban Tanramini melalui Notaris Asadori Azhari di Jalan DI Panjaitan dengan harga Rp350 juta. Transaksi dihadiri oleh

Riodi dan Irawan (DPO). “Korban menyerahkan angsuran pertama sebesar Rp100 juta,” ujar Zaldi. Korban membayar cicilan Rp15 juta kepada Irawan dengan kwitansi berstempel CV Tiga Sahabat Jaya Group. Cicilan ketiga sebesar Rp45 juta dibayar kepada Irawan. Cicilan ke lima ditranfer ke rekening bank milik Riodi sebesar Rp15 juta. “Keberadaan Irawan dan Riodi kemudian tidak diketahui, korban lalu melaporkan terdakwa atas dugaan penipuan,” ujar Zaldi. JPU menilai, perbuatan terdakwa melanggar Pasal 378 KUHP dengan akal dan tipu muslihat dengan ancaman penjara maksimal empat tahun. Usai pembacaan dakwaan, Ketua Majelis Hakim Acep Sopian Sauir usai menunda sidang selama sepekan dan memerintahkan JPU menghadirkan para saksi pada sidang berikutnya. l novel m sinaga


kamis 1 desember 2016

27


28

HOBI

KAMIS 1 DESEMBER 2016

TAMIYA

Tak Lekang Waktu TAMIYA, mainan mobil rakitan yang booming di awal 1980-an ternyata masih banyak peminatnya. Mereka tumbuh dari komunitas-komunitas kecil. Bahkan ada kejuaraannya, dari tingkat daerah hingga internasional.

S

muncul lagi. Teman-teman saya di Batam mulai banyak yang main lagi,” kata pria kelahiran 1987 ini. Mainan ini membuat Darwin bernostalgia. Masih segar dalam ingatannya, dulu saat SD, dia asal memilih merek mobil mainan rakitan. Tak mesti Tamiya, yang penting modelnya mirip. “Kalau yang mereknya bukan Tamiya, harganya dulu hanya Rp20 ribuan. Kalau Tamiya dari dulu memang sudah

Rp3 jutaan. Tamiya untuk koleksi biasanya edisi terbatas. Harganya pun jadi mahal. Darwin punya beberapa jenis ini. “Saya punya beberapa tipe limited edition. Ada Manta Ray Orange Version harganya sudah sampai Rp500 ribuan. Liberary Emperor Rp400 ribuan,” kata Darwin. Kedua jenis tipe itu tak ia jual. Hanya dipajang di tokonya. Bagi

kolektor, Tamiya edisi terbatas bukan untuk dirakit, tapi dipajang bersama kotaknya. Jika sudah dirakit, harganya akan jatuh. “Tamiya untuk koleksi tak dimainkan apalagi dilombakan. Karena tipe-tipe tersebut tak memenuhi regulasi perlombaan. Chassis atau rangkanya, tiap beberapa tahun sekali selalu berubah. Jadi yang jadul-jadul sudah tak standar lagi kalau untuk ikut lomba,” katanya. Pemesan Tamiya modifi asi banyak dari luar Batam. Darwin mengaku kadang bertransaksi lewat online. Pelanggannya kebanyakan dari Jawa.”Tamiya modifi asi yang lagi saya kerjain ini pesanan orang Solo,” katanya. l asrul rahmawati Darwin dengan koleksi mobil Tamiya di tokonya.

FOTO-FOTO: KORAN SINDO BATAM/AGUNG DEDI LAZUARDI

ekilas mobil rakitan ini seperti mainan anak-anak. Padahal bukan. Di bagian luar kotak kemasannya malah ada tanda menyebutkan mobilmobilan itu untuk usia 15 tahun ke atas. Bagian-bagiannya yang kecil justru bisa membahayakan jika dimainkan anak-anak. Bisa tertelan atau melukai. Pekan lalu, KORAN SINDO BATAM berkunjung ke toko mobil rakitan yang baru buka di kawasan Harbourbay Mall. Pemiliknya, Darwin, seorang pengusaha jasa papan bunga yang melebarkan sayap bisnisnya ke mobil-mobilan rakitan. “Usaha toko Tamiya ini berawal dari hobi. Sejak SD saya suka Tamiya. Ketika saya dewasa, pelan-pelan Tamiya berangsur hilang. Dua tahun belakangan

mahal. Saat saya SMP saja sudah Rp80 ribuan,” katanya. Saat kecil, di televisi ada serial kartun Dash Yonkuro. Di film tu ada jenis mobil yang kemudian diluncurkan produsen mainan asal Jepang untuk mainan. Anakanak kecil kala itu ikut tergilagila pada mobil rakitan itu. Entah mereknya Tamiya atau bukan, yang pasti mobil rakitan itu membutuhkan kreativitas untuk menyusun rangka demi rangka. Memasang ban hingga aksesori berukuran mini. Di tokonya, Darwin menjual spare parts-nya. Mulai dari ban, velg, carbon park, dan lain-lain. Meski ukurannya kecil, tapi harganya bisa sampai ratusan ribu. Carbon park, misalnya, mencapai Rp120 ribuan. Sedangkan velg

original dan berbahan alumunium Rp100 ribuan. Ban harganya Rp50 ribuan. Sedangkan bagian-bagian pendukung lainnya Rp20 ribuan. “Nih, kalau baru keluar dari kotak seperti ini,” ujar Darwin sambil membuka kotak Tamiya yang masih utuh. Ketika baru beli, Tamiya harus disusun sendiri. Bagi pemula mungkin perlu waktu lama untuk menyelesaikan rakitan menjadi mobil utuh. Tapi Darwin hanya butuh 15 menit. Tak hanya barang yang baru keluar dari kotak, penyuka Tamiya biasanya juga suka memodifi asi. Artinya, setiap spare parts-nya dibeli terpisah dan dirakit sesuai kreativitas. “Harganya juga jadi beda. Antara beli dari kotak sama hasil modifi asi. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu mobil juga lama yang modifi asi. Saya biasa selesai 2-3 hari, “ kata Darwin. Jika Tamiya yang baru buka kotak harganya mulai Rp120 ribuan hingga Rp1 juta, Tamiya modifi asi bisa melonjak sampai

Main di Lintasan Gratis TAK hanya mencari keuntungan dari hobi yang dikembangkannya, Darwin juga memberi ruang kepada sesama penyuka Tamiya. Tepat di depan toko, ia menggelar trek atau lintasan untuk bermain Tamiya. Siapapun boleh main di sana secara gratis. Trek berbahan PVC tersebut harganya lumayan mahal. Untuk trek lurus, per potong harganya Rp64 ribu. Sedangkan yang melengkung atau membentuk jembatan di atas Rp100 ribu. Darwin mendesain trek menggunakan software khusus di komputer. Total biaya untuk membuat trek mencapai Rp13 jutaan. Selain untuk bermain, pada hari Sabtu kadangkadang diadakan lomba. Ada dua kategori lomba, yaitu standard box (STB) dan standard Tamiya original (STO). STB dilombakan antarsesama Tamiya non-modifi asi, rakitan dari kotak. Sedangkan STO adalah lomba untuk Tamiya modifi asi. “Untuk standar lomba kami mengacu pada regulasi nasional,” kata

Tamiya modifikasi koleksi Darwin.

Darwin. Setiap beberapa bulan sekali di Indonesia ada pertandingan Tamiya. Biasanya diadakan di daerah Jawa. Pemenangnya mendapat kesempatan untuk ikut gand prix dan dikirim ke negara asal Tamiya, Jepang, untuk ikut lomba. Menurut Darwin, lomba tingkat Batam biasanya berhadiah Rp2,5 juta. Tapi kalau sudah ikut kejuaraan nasional bisa mencapai Rp10 juta-Rp100 juta. Apalagi bisa tembus internasional. Selain

Mobil Tamiya harus dirakit lebih dulu sebelum dimainkan.

menghasilkan uang dari lomba, penghobi Tamiya juga bisa berinvestasi. Caranya dengan melihat model dan jenis Tamiya. Jika sekiranya tipe tertentu akan jadi terbatas, harus cepat-cepat dibeli, karena beberapa tahun kemudian harganya mahal. “Saya sampai saat ini punya 10 Tamiya untuk koleksi. Tak diperjualbelikan. Itu dulu saat saya beli masih murah. Sekarang orang nawar sudah mahal,” katanya. l asrul rahmawati


Koran Sindo Batam Edisi (01/12/2016)