Issuu on Google+

[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

1


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

2


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

BBKM Kopma Unand 2013 pembukaan itu sendiri, sampai 2 jam sebelum acara pembukaan dimulai , semua yang direncanakan untuk pembukaan belum bisa di laksanakan , karena terkendala dengan proses pemakaian ruangan , yang bentrok dengan kegiatan UKM lain , dan kami cuman bisa memakai ruangan hanya sekitar 1 jam dan sekitar 2 jam berikutnya kami memakai ruang tengah PKM lantai 1, dan disitu kami cukup kewalahan dalam menghandle peserta yang melebihi kapasitas ruangan beserta kesulitan dalam persiapan nya karena tidak sesuai dengan apa yang direncakan, ini terkait dengan pemasangan infokus agar presentasi pengenalan kopma dapat ditampilkan . ini adalah terkait dengan pembukaan BBMK Terkait dengan hari ke 2 yaitu tentang pengenalan bidang bidang Kopma , dimana peserta dikumpulkan pagi pagi di parkiran gedung E , dan terkendala dalam pelaksanaan senam pagi dan pengambilan minat bakat peserta karena sudah di guyur hujan ,dan pengenalan bidang yang terdiri dari bidang Umum , Adm, Akt, Usaha, Psda dan Litbang, dimana dalam acara tersebut pengenalan bidang dilaksanakan di ruangan gedung F , dan panitia menyusun jadwal dan rundown acara persentasi perbidang di bagi perlokal, disini yang berpindah dari local satu ke local lainnya adalah pengurus nya sendiri. Kesulitan di hari kedua adalah panitia kesulitan dalam mengatur jadwal persentasi , dimana khususnya bidang acara mengatur agar jadwal persentasi bidang nya tidak bentrok antar satu dengan lainnya .Mungkin itu saja untuk acara pembukaan dan pengenalan bidang di acara BBMK 2012.

Nama saya Handi Octasaputra, biasa temen temen manggil saya ganteng, sekaligus saya diamanatkan sebagai ketua BBMK 2012 , motivasi saya jadi ketua BBMK di periode 2012 ini adalah supaya bisa membubuhkan tanda tangan saya di 750 sertifikat dan ingin menjadi orang yang bertanggung jawab dengan mengetuai sebuah kepanitiaan . Kekurangan saya dalam kepanitiaan ini saya cukup kesulitan menghandle panitia panitia yang jumlahnya hampir mencapai seratus, dan dari kegiatan ini saya telah mencoba mengeluarkan seluruh kemampuan saya dari hasil pengalaman saya selama berorganisasi di koperasi mahasiswa universitas andalas. Disini saya akan melaporkan rangkaian acara pembukaan BBMK yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam di ruangan seminar lantai 1 PKM universitas andalas. saya mengalami berbagai kendala yang cukup rumit dalam mempersiapkan acara pembukaan ini , dan salah satu kendala terbesar adalah dalam mempersiakan ruangan untuk

Terimakasih untuk rekan rekan panitia yang telah memaksimalkan waktu dan tenaga mereka dalam menyukseskan kegiatan BBMK dan juga saya sangat berterima kasih kepada Kopma karena dengan bergabung dengan Kopma saya berkesempatan menjadi Ketua BBMK .

3


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Bazar Koperasi Mahasiswa Unand

Acara Bazar Kopma Unand ini alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar. Itu semua berkat adanya kerjasama panitia dan anggota KOPMA Family lainnya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb Puji syukur kita ucapakan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan ramat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kegiatan Bazar Koperasi Mahasiswa Unand dapat berjalan dengan lancar. Serta salawat beriring salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W. semoga kita mendapat syafaa’tnya di yaumil mahsyar nanti… amiin yarabbal a’lamin.

Ribuan terima kasih kami ucapkan kepada panitia yang telah memberikan kontribusi yang sangat antusias dan loyalitas yang telah diberikan dalam mengangkat acara Bazar Koperasi Mahasiswa Unand , dan terima kasih juga kepada abang dan kakak senior ,alumni yang juga ikut mengsupport acara ini dan tak lupa juga terima kasih serta salam kompak selalu untuk keluarga besar KOPMA UNAND.

Bazar ini diadakan tanggal 22 Oktober sampai 2 November 2012 yang bertempat di Aula Lepas PKM Lat.1 dan lapangan parkir Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas. Acara ini bertujuan untuk membangun jiwa wirausaha anggota Kopma khususnya dan dan seluruh mahasiswa umumnya. Dengan bertemakan “Membangun Sikap Perkoperasian dan Wirausaha Untuk Masa Depan Perekonomian” semoga kelak mampu menjadikan wirausaha – wirausaha dimasa yang akan datang.

Harapan-harapan kedepannya, yaitu agar semua anggota KOPMA UNAND dapat menghadiri setiap kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh KOPMA UNAND. Semoga acara buka bersama ini kedepannya dapat lebih baik lagi dari tahun ke tahunnya. Semoga KOPMA UNAND kompak selalu, dan menjadi sebuah organisasi yang berkompeten, professional, dan menjadi contoh yang lebih baik.

Acara ini diisi oleh 30 peserta bazar yang berasal dari mahasiswa maupun non mahasiswa. Sejak dimulainya acara ini Gedung PKM terasa sesak karena banyaknya mahasiswa yang datang melihat dan ikut memeriahkan acara ini.

KOPMA UNAND The Way To Success

4


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Foto – Foto Bazar Kopma Unand

5


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Olimpiade Koperasi Nasional 2013 Olimpiade Koperasi Nasional ini adalah sebuah ajang kompetisi atau ajang perlombaan di bidang perkoperasian,dimana ajang ini merupakan formulasi baru untuk meningkatkan pemahaman kepada kader-kader koperasi tentang perkoperasian serta membangkitkan semangat anggota koperasi untuk lebih berpartisipasi secara aktif yang mungkin selama ini tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah. Di tahun 2012 ini yang merupakan tahun koperasi internasional (international year of cooperatives) yang telah dideklarasikan oleh majelis umum PBB sebagai peringatan atau apresiasi terhadap kontribusi koperasi pada pembangunan sosial ekonomi,Oleh karena itu,semua gerakan organisasi perkoperasian mahasiswa ingin mewarnai tahun koperasi internasional ini dengan membuat sebuah gerakan yang bertujuan untuk mensosialisasikan gerakan koperasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia terutama di kalangan mahasiswa melalui,gerakan tersebut diwujudkan dengan sebuah ajang Olimpiade Koperasi Nasional yang terdiri dari serangkaian acara. Tujuannya antara lain: 1.

Sebagai wadah silaturahmi antar kader KOPMA seluruh Indonesia.

2.

Meningkatkan kualitas pemahaman dan penghayatan kader-kader koperasi tentang ideologi koperasi melalui berbagai perlombaan.

3.

Sebagai ladang untuk mensosialisasikan gerakan koperasi kepada khalayak umum.

BENTUK KEGIATAN OLIMPIADE KOPERASI NASIONAL (OKN 2012) YOGYAKARTA, 16-18 NOVEMBER 2012 1.

Kompetisi Marketing Produk Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang bagaimana strategi penjualan yang baik dan sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman kader koperasi tentang kewirakoperasian. Kompetisi Marketing Produk ini diikuti oleh semua peserta Olimpiade Koperasi Nasional yang terdiri atas 29 Koperasi Mahasis (KOPMA ) diseluruh Indonesia. Setiap tim akan menempati sebuah pos yang telah disediakan dan mendapatkan sebuah produk yang akan dijelaskan ketika Technical Meeting (TM) serta mendapat modal berupa uang tunai sebesar Rp 20.000,00 sebagai modal tambahan bagi setiap tim. Kompetisi Marketing Produk terbagi dalam dua sesi yaitu sebagai berikut :

a) Sesi1 Selama 30 menit setiap tim berdiskusi dengan tim masing-masing untuk menentukan konsep penjualan dan teknik penjualan dari produk dasar dan modal tambahan berupa uang tunai sebesar Rp 20.000,00 dalam bentuk power point yang kemudian akan dipresentasikan di depan juri selama 4 menit.

6


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

b) Sesi2 Pada sesi kedua ini setiap tim mengaplikasikan apa yang telah dipresentasikan sebelumnya. Dalam sesi ini peserta dari masing-masing tim akan menjual produk tersebut secara langsung ke konsumen sesuai waktu dan tempat yang ditentukan. ďƒ˜ Kriteria penilaian sebagai berikut: a) Inovasi (mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu produk menjadi satu kombinasi baru) = 30 % b) Laba (omzet penjualan–total biaya produksi) = 10 % c) Kecepatan penjualan (waktu yang diperlukan untuk menjual produk)= 10 % d) Kreativitas penjualan (strategi dalam penjualan) = 40% e) Kekompakkan (pembagian jobdesk setiap tim) = 10% Dalam sesi ini semua tim masuk dalam babak kedua atau lomba yang kedua yaitu Cerdas Cermat Koperasi,dimana untuk sementara nilai diakumulasikan.

2.

Cerdas Cermat Koperasi (CCK)

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan peserta Olimpiade Koperasi Nasional (OKN2012) dalam bidang perkoperasian secara teoritis. Selain itu,peserta mampu memperluas pengetahuannya tentang isu-isu terkini perkoperasian. Dalam kompetisi ini peserta akan mengerjakan 60 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit,kriteria soal sebagai berikut: a) Memilih benar atau salah b) Isian/ essay c) Hitungan Dimana makin sulit tingkat soal makin besar poin penilaiannya. Prosentase soal meliputi : 67%

:

Pengetahuan

umum

koperasi

(keanggotaan,

keuangan,

gerakan

dan

bisnis)

23% : Isu – isu terkini seputar koperasi. Dari hasil kompetisi ini akan diambil 8 tim dengan perolehan nilai terbaik untuk mengikuti Kompetisi Debat Koperasi dan langkah tim Kopma Unand sendiri berhenti sampai babak ini.Delapan tim yang masuk adalah Kokesma Universitas Sultan ageng Titayasa Banten,Kopma Universitas Sebelas Maret,Kopma Universitas Negeri Malang,Kopma IAIN Walisongo Semarang,Kopma Universitas Negeri Yogyakarta,Kopma Bumi Siliwangi UPI Bandung,Kopma UIN Syarif Hidayatullah,Kopma FITB Universitas Teknologi Yogyakarta.

7


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

3.

Debat Koperasi Debat ini adalah kompetisi per tim yang bertujuan untuk menguji pengetahuan dan kemampuan dalam memberi pendapat untuk membangun dan memperkuat argumen masing-masing peserta secara ilmiah. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menstimulasi cara berpikir kritis dan untuk membangun semangat berkompetisi setiap tim yang lolos ke babak 3 ini menyampaikan dan memepertahankan argumentasinya secara logis. Dalam babak ini, 8 tim yang telah lolos dari babak Kompetisi Marketing Produk akan dibagi menjadi 2 pool (Pool A dan B). Setiap pool terdapat 4 tim dan masing- masing pool akan diambil satu tim pemenang untuk masuk dibabak final. Berikut merupakan aspek yang dinilai dalam debat: a) Argumentasi (ketersesuaian argumentasi antara satu pembicara dengan pembicara yang lain, tidak menyimpang dari tema, penggunaan data dan fakta) = 50 % b) Body Language = 25% c) Metode atau struktur (struktur penyampaian argumentasi&penggunaan bahasa baku = 25% Dari hasil Debat Koperasi ini terpilihlah Kopma Universitas Negeri Yogyakarta dari Pool A dan Kopma Bumi Siliwangi UPI Bandung dari Pool B masuk ke dalam babak final,kemudian kedua pool diadu dan keluarlah Kopma Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Pemenang OLIMPIADE KOPERASI NASIONAL TAHUN 2012.

8


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

UU Perkoperasian, Perjuangan Ekstra Regulasi, Mungkinkah?

Kekeliruan ini menjadi problematik, karena sejatinya regulasi, sebagai pijakan dasar, harusnya tidak bermakna ambigu. Mendebatkan kembali tafsiran undang-undang adalah membuang waktu. Ada patokan yang kiranya bisa menjadi rujukan.

Oleh: Pebridoni S.P Kamis (18 Oktober 2012) lalu, DPR mengetuk palu disahkannya RUU Koperasi baru yang menggantikan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Sebelum UU ini disahkan, banyak kalangan aktivis koperasi yang gusar dan menyampaikan masukan-masukan, kalau tidak ingin disebut sebagai kritik terhadap rancangan tersebut. Draft RUU ini disinyalir justru be-ruh kapitalisme. Wacana penolakan RUU cukup gencar di media sosial dan sampai hari ini pun beberapa kalangan tetap melakukan mengadvokasi, dan memperjuangkan UU yang sudah diparipurnakan ini untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi.

Definisi umum yang ditawarkan oleh gerakan koperasi internasional yang mendefinisikan koperasi secara umum sebagai sekelompok orangorang yang otonom. Dalam hal ini titik tekan ada subjek/orang yang menjadi pelaku utama. Monopoli Dekopin sebagai wadah tunggal koperasi yang tidak sesuai dengan semangat demokrasi, posisi pengawas yang cukup superior dan mengalahkan kekuatan rapat anggota, untuk meningkatkan SDM koperasi diperbolehkannya pengurus berasal dari non-Anggota, banyak membahas bagian simpan pinjam namun sektor lain tidak terbahas secara apik yang saya kira tidak tepat dalam porsi lex-generalis adalah ragam kekeliruan yang tercatat dalam UU Perkoperasian terbaru.

Kelirumonologi Undang-Undang Dalam risalah kecil ini, saya tidak akan mengambil porsi banyak dalam kajian kritik pasalpasal yang (dianggap) keliru, baik sistematika, redaksi, dan substansi karena sudah hadir rilis kritik di berbagai portal berita dan media sosial dari aktivis koperasi, yang saya anggap cukup memadai menjadi alasan mengajukan banding terhadap regulasi tersebut.

Extra-Regulasi Ini bukan sekedar tentang persoalan ajakan moral layaknya mengajak untuk perang suci. Namun jika kehadiran negara, dalam kasus ini produk undang-undang baru ini menjadi permasalahan, mengapa harus menjebakan diri kubangan regulasi yang kontra-produktif?

Hal fundamental yang dikritik adalah tentang definisi koperasi. Bukan sekedar ihwal keseleo lidah redaksional, tapi ada interupsi substansi dari koperasi itu sendiri. Dalam Pasal 1 mendefinisikan koperasi sebagai “…badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum Koperasi…”

Kembali ke khitah, koperasi sejatinya kumpulan orang yang otonom. Koperasi sejati adalah koperasi yang berdiri mandiri tanpa intervensi apalagi belas kasih pihak luar. Konsep “Do It Your Self” saya kira bisa mewakili bentuk kerja koperasi yang otonom itu.

Mendefinisikan koperasi semata badan hukum itu keliru, apalagi redaksi “didirikan oleh orang perseorangan” akan bermakna bias. Sialnya dalam sub penjelasan undang-undang, pasal 1 dijelaskan dengan kata singkat, “cukup jelas”. Penantian selama 12 tahun dikatung dalam rapat paripurna, terasa hambar ketika produk undangundang yang dihasilkan justru menjadi “permasalahan tambahan”.

Hierarki kebijakan dalam koperasi senyatanyatanya adalah rapat anggota. Saya jadi ingat hasil riset salah seorang senior saya. Di salah satu koperasi yang menjadi objek penelitiannya, ia

9


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU menemukan implementasi UU tentang perkoperasian tidak berjalan di koperasi tersebut. Namun anehnya koperasi tetap berjalan dengan baik. Ternyata yang menjadi ruh dalam berjalannya koperasi tersebut tiada lain dari hasil rapat anggota. Memang sifatnya masih kasuistik dan belum bisa digeneralisasi, tapi sekurangnya ini memperlihatkan tentang adannya kemampuan dalam diri koperasi untuk hidup tanpa kerangkeng regulasi birokrasi.

“kebenaran”.“Pengetahuan” bagi Badiou sebatas informasi yang tersusun rapi—bagaikan ensikopledia, bagaikan monumen. Sedangkan “kebenaran” mengandung hal baru dan militansi. “Kebenaran” berawal dari proses subjektivisasi, yaitu keinginan subjek dalam situasi partikular yang kemudian menempatkan Kebenaran di cakrawala. Partikular-partikular di sini adalah perjuangan subjek-subjek koperasi yang berjuang secara baru, karena menunggu peran negara tak kunjung menciptakan hal yang baru, yakni untuk menjaga momen perjuangan di luar undang-undang yang kita ciptakan. Bagi Badiou momen politik adalah momen yang menyoroti surplus representasi kekuasaan dengan cara menghadirkan “yang lain” yang belum muncul dalam state of situtation.

Bukti empiris yang lebih besar ada. Di Norwegia dan Denmark contohnya, kedua negera tersebut tidak memiliki UU koperasi. Koperasi di dua negara tersebut berkembang pesat, bahkan menjadi substantive power ekonomi di sana. Jika negara memang punya komitmen yang tinggi dalam pengembangan koperasi, sebenarnya kehadiran UU Koperasi tidak bisa berdiri sendiri yang justru hanya malah “mengatur-atur” koperasi yang harusnya berdiri otonom.

Membaca beberapa sejarah perjuangan koperasi, khususnya situasi kontemporer, dalam pembacaan saya masih dalam lingkaran “pengetahuan”, yakni dalam kondisi pengandaian yang sudah tersusun dalam draft ensikopledia yang terbakukan, dan masalahnya kita tak jarang jadi naïf, perjuangan itu, dalam konteks ini adalah selalu, selalu dan selalu menggedor undang-undang. Hemat saya subjek koperasi justru bisa melampauinya, seperti yang dilakukan oleh para insan koperasi di Norwegia-Denmark, atau insan koperasi tempat penelitian senior yang saya ceritakan di muka. Kiranya kesempatan momentum ini saatnya memulai dengan “yang lain”: extra regulasi. Mungkin kah? []

Problem ini saya tinjau menggunakan kacamata Badiou, seorang filusuf kontemporer ternama asal Prancis. Bagi para punggawa koperasi, permasalahan ini bisa menjadi awal untuk menciptakan momentum untuk berjuang dalam imajinasi extra-regulasi. Imajinasi inilah tentang “something else” yang menjadi unsur generik yang membawa kita pada kesetiaan (fidelity) atas “kebenaran”. “Kebenaran” di sini, dalam bahasa Badiou, selalu mengandung kebaruan dan menjauhkan manusia dari relativitas sehari-hari. Dalam titik tertentu kebenaran melampaui dan menjebol dari “pengetahuan. “Pengetahuan” secara konsepsi dibedakan oleh Badiou dengan

10


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Bagi dunia koperasi ada perubahan UU nomor 25 Tahun 1995 menjadi UU nomor 17 Tahun 2012 tentu sudah diketahui. Namun apa saja yang berubah dari UU tersebut, akan kami coba bagi berdasarkan ringkasan bahan sosialisasi UU nomor 17 Tahun 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2012 dijakarta yang diselenggarakan oleh LPDB (Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir). 1. 2.

3. 4. 5. 6. 7.

Judul RUU tentang koperasi disepakati berubah menjadi RUU tentang perkoperasian. Diakomodasikanya nilai dan prinsip koperasi sesuai dengan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan hasil kongres International Cooperative Alliance (ICA); (pasal 5-6). Pendirian koperasi harus melalui akta autentik; (pasal 9) yang dibuat oleh notaris pejabat pembuat akta koperasi (NPAK). Penggunaan nama koperasi diatur. Kemudahan rakyat dalam membentuk koperasi, dimana secara tegas diatur, setiap permohonan pendirian koperasi harus mendapat persetujuan selambat-lambatnya 30(tiga puluh} hari. Dalam penglolaan menganut sistem two layer (pengawas – pengurus) Jenis koperasi: a) b) c) d)

Koperasi Produksi Koperasi Konsumen Koperasi Jasa Koperasi Simpan Pinjam

8. Pengurus bisa dari non anggota 9. RAT selambat-lambatnya 5 (lima) bulan, dngan undangan sudah iedarkan 14 (empat belas) hari. 10. Bahan RAT secara lngkap terperinci. Dari Point No 7.c) diatas dijelaskan bahwa Koperasi kini tidak dibenarkan lagi memiliki Unit Simpan Pinjam (USP) setelah diberlakukannya UU Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian. “Sesuai UU Perkoperasian yang baru di pasal 122 disebutkan koperasi yang mempunyai unit simpan pinjam (USP) wajib mengubah USP menjadi koperasi simpan pinjam (KSP) dalam waktu paling lambat tiga tahun sejak UU ini disahkan,” kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Setyo Heriyanto, di Jakarta, Kamis (6/12/2012). Hal itu berarti USP tidak boleh lagi beroperasi dan harus berdiri sendiri sebagai koperasi simpan pinjam. Setyo menambahkan, sesuai ketentuan UU itu ketika dalam proses perubahan menjadi KSP, USP dilarang menerima simpanan atau memberikan pinjaman baru kepada non-anggota. “Koperasi yang tidak mengubah USP menjadi KSP dilarang melakukan kegiatan simpan pinjam,” katanya. Ia menambahkan, ke depan terkait tata cara perubahan USP menjadi KSP akan diatur tersendiri dan kini sedang disiapkan sebuah Peraturan Menteri sebagai aturan pelaksana UU. “UU ini secara tegas menyebutkan USP dalam jangka waktu tiga tahun wajib memisahkan diri menjadi KSP yang merupakan badan hukum koperasi tersendiri,” katanya.KSP juga ditetapkan hanya dapat menghimpun simpanan dan menyalurkan pinjaman kepada anggota dan untuk non-anggota diberikan waktu tiga bulan harus sudah menjadi anggota.

Sumber : http://www.arifyulianto.com/ringkasan-uu-no-17-tahun-2012-tentang-perkoperasianbagian-1/ http://kopsimpanpinjam.blogspot.com/2012/11/tentang-uu-no17-tahun-2012.html

11


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

HOMESTAY KOPMA UNAND Bertempat di payakumbuh di rumah salah seorang anggota KOPMA (TANTI’s Home),dilaksanakan homestay ke dua kopma unand dalam rangka perayaan wisuda anggota kopma,Oleh-oleh ilmu dari peserta OKN(Olimpiade Koperasi Nasional) dan Dikmenkop,Keakraban dan Jalan-jalan wisata. Acara yang di ikuti oleh lebih dari 50 orang anggota kopma tersebut diadakan pada Sabtu dan minggu,22-23 Desember 2012. Dengan di Koordinir oleh Bidang PSDA khususnya divisi Kesra,acara Homestay berjalan dengan lancar dan mngesankan.Pada sabtu pagi jam 10.00 semua anggota kopma berangkat ke payakumbuh menggunakan bus kampus Unand. Sabtu pukul 19.30 semua anggota kopma sampai di rumah TANTI dan di sambut hangat oleh keluarga Tanti,setelah selesai makan malam bersama dan sholat isya semua anggota Kopma berkumpul,dengan di Pandu oleh Sultani Hasan sebagai MC,acara diawali dengan penyampaian sepatah dua patah kata dari Ketua Umum Kopma Unand,kemudian dari orang tua Tanti,selanjutnya perkenalan seluruh anggota Kopma untuk lebih meningkatkan tali silaturrahmi baik sesama anggota kopma maupun dengan keluarga tanti Lalu acara kedua adalah Perayaan wisuda,disini ada 1 orang anggota kopma yang baru menyelesaikan S1nya, sharing tentang pengalaman organisasinya dan untuk menambah wawasan anggota Kopma yang lainnya. Acara berikutnya adalah oleh-oleh ilmu dari peserta OKN dan Dikmenkop, disini ada beberapa orang yang menjadi utusan Koperasi mahasiswa universitas andalas untuk mengikuti kedua kegiatan tersebut. Mereka juga berbagi pengalaman dari apa yang mereka dapat dari olimpiade tersebut dan juga untuk lebih mematangkan persiapan anggota kopma untuk kegiatan olimpiade kedepannya. Selanjutnya acara terakhr adalah Game jujur dan berani.peraturannya cukup menarik,setiap kelipatan 3 adalah door,semua anggota kopma di tuntut untuk berkonsentrasi penuh, waktu dilaksanakannya game ini adalah pukul 00.00 sampai 01.30 WIB, setiap anggota kopma yang salah Karena tidak berkonsentrasi akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik tergantung pada pilihan jawaban yang didapatnya JUJUR atau BERANI, games ini dipandu oleh Pebridoni yang telah resmi menjadi Alumni Kopma unand. Setelah games ini selesai seluruh anggota kopma beristirahat,namun ada juga beberapa orang yang tidak tidur sambil menikmati jagung bakarnya. Keesokan harinya pukul 05.00 semua anggota Kopma bangun dan melaksanakan sholat subuh,setelah itu semuanya bersiap2 untuk melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu jalan-jalan Wisata ke NGALAU di payakumbuh dan NGARAI sianok di Bukittinggi. Dalam sharingnya sebagian dari anggota kopma sangat senang mengikuti acara Homstay ini karena membuka wawasan kita bahwa persaudaraan itu indah.semoga bekal yang telah diperoleh ini menjadikan kita duta-duta persaudaraan yang indah di masyarakat dan di dunia kerja nantinya.

12


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Dikjut Kopma Unand 2013 Kata sambutan ketua dikjut (Afrizon)

silahkan ikuti DIKJUT selanjutnya.

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat dan karunianya hingga kita dapat mengangkatkan acara ini. Syalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membuka pintu ilmu dan cahaya hidup kepada kita sehingga kita dapat secara leluasa menikmati atau menuntut ilmu tersebut.

Dikjut memang memberi kenangan yang indah, kalau ingat pasti punya semangat tuk nyeritain episode-episode yang dilalui.. Kebersamaan itu dimulai dari meja makan.. :D Sssttt... Jangan cerita pada anggota yang belum ikutan DIKJUT ya...

Ucapan terimakasi teramat dalam kita berikan kepada seluruh kalangan anggota kopma yang terlibat dalam penyuksessan dikjut ini. Terutama kepada panitia yang telah meluangkan waktunya untuk mempersiapkan dikjut ini.

Biar mereka penasaran.... Kesan peserta dikjut kopma unand Zai (Queen Dikjut):

Dikjut adalah jenjang terakhir dalam pengkaderan di kopma sebelum anggota maju nanti atau masuk dalam kepengurusan. Diharapkan nantinya yang akan bergabung nanti di kepengurusan memang kader kopma yang berjiwa propesiaonal, yang mana sesuai dengan tujuan dikjut ini.

Asik, menyenangkan, banyak dapet ilmu dan pengalaman, lebih akrab satu sama lain, rasa kekeluargaan lebih terasa, tau dengan sifat masingmasing teman. Jadi queen rasanya senang, gag nyangka juga, wakttu ortasi juga zai, Trus semenjak jadi queen zai lebih terkenal, memang sih sebelumnya zai udah terkenal juga.. hahaha

DIKJUT KOPMA UNAND

Belly (King Dikjut): Kesan :

Dikjut atau Pendidikan lanjut merupakan rangkaian pendidikan terkahir untuk mempersiapkan kader-kader calon pengurus kedepannya.. acara ini berlangsung selama 5 hari.. yang pastinya acaranya seru dan penuh tantangan. Para peserta akan tinggal 5 hari di ruang terbuka atau kemah namanya. Nah... disini kader-kader kopma ini di didik hingga dia mampu memimpin dan mengurus kopma ke depannya...

  

Hidup serasa di pengungsian, serasa jadi korban bencana Banyak dapat pelajaran jadi lebih mandiri dan disiplin Jadi lebih akrab dengan anggota kopma terutama or 2 dan senior

Kesan menjadi king dikjut :

Banyak agenda yang dilakukan dalam acara dikjut ini salah satu yang menarik adalah outbond.. Acara ini bikin senang karena game2 nya selain memberikan pelajaran tetapi juga nguji mental, bikin kocak. Pasti penasaran gamenya seperti apa...

Sebagai laki-laki tersombong di kopma, beli sudah menduga menjadi king karena selain beli tidak ada orang lain yang pantas jadi king. Hahaahaahh :D

13


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Foto-foto Dikjut Kopma Unand 2013

14


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

CITA-CITA Kala hati bimbang Kau datang menghadang Bertanya penuh kelembutan Hidup mana yang kau bayangkan? Aku haus akan pendidikan Rindu pada pengetahuan Meski alam jauh dari kemewahan Takkan mampu menjadikan kelumpuhan Niat suci ku tegakkan Dengan doa dan keyakinan Ku awali langkah tujuan Menerjang badai kehidupan Saat hanya ditemani harapan Semangat hati melengkapi perjuangan Di sudut kalbu terukir indah Cita-cita adalah anugerah Oleh Watty Libra (www.zodiaklopedia.com/2012/.../puisi-motivasi-cita-cita.html -)

15


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

KISAH HIDUP MAHASISWA FK meninggalkan kelas. Selama ini kami mengenal dr. Faris sebagai sosok dosen yang sabar dan cenderung tidak peduli dengan mahasiswanya. Pemandangan mahasiswa mengejar mimpi (tidur) di kelas dan bermain FIFA 13 sering aku lihat ketika beliau mengajar.

Sosok di Balik Jas Putih "Kuliah saya tidak menarik ya?" suara dr. Faris yang nyaring tiba-tiba mengubah keadaan kelas yang awalnya ramai seperti di pasar menjadi sepi. "Saya tanya sekali lagi, kuliah saya tidak menarik ya?" kali ini suara dr. Faris semakin keras hingga membangunkan Arif teman sejawatku yang sedang tertidur pulas di pojok belakang barisan. Sedangkan teman sejawatku yang sedang asyik lesehan di belakang kelas bermain poker langsung panik membubarkan diri seperti digrebek oleh satpol PP dan merangkak diam-diam menuju kursi kosong di daerah belakang.

"Aneh ya dokternya, gak kaya biasanya. Sensi banget." celetuk Nia yang duduk disebelahku. "Eh, kuliahnya udah selesai ya? HOREEEEE PULANG CEPATT!!!" teriak Arif yang masih setengah sadar. Kami hanya bisa gelenggeleng kepala dan berniat menenggelamkannya di kolam formalin. ***

Kami hanya terdiam saja, tidak ada yang berani menjawab pertanyaan dari dr. Faris. Karena dalam keadaan seperti ini tentu jawaban apapun yang akan kami keluarkan hanya akan memperburuk keadaan. Well, terkadang diam itu lebih baik dibandingkan berbicara yang tidak bertujuan.

Minggu pagi, tidak seperti biasanya aku sudah terbangun di pagi hari. Aku ditugaskan untuk menghadiri acara sunatan massal yang diadakan oleh salah satu organisasi di kampusku. Acara tersebut digelar di kantor lurah daerah yang cukup jauh dari kota aku tinggal.

"Iya, saya tau materi yang saya beri ini membosankan. Tapi ini penting bagi kalian, jadi tolong hargai saya menjelaskan ke kalian." lanjut dr. Faris. Sesaat kemudian dr. Faris menarik nafas panjang yang terdengar jelas olehku dibelakang kelas karena suasana kelas yang sangat sunyi.

Anak-anak terlihat berlari riang gembira di sekitar halaman kantor lurah, sepertinya mereka belum tau bahwa titit-nya akan "dieksekusi" sebentar lagi. Mendadak aku teringat saat aku kelas 5 SD, aku dijanjikan akan dibelikan CD PS 1 Crash Bandicoot oleh ayahku jika menurut untuk disunat.

"Ya sudah begini saja, slide kuliahnya saya copy-kan. Kalian pelajari sendiri ya di rumah. Kuliah hari ini saya akhiri. Terima kasih."

"Gak sakit ko. Serius!" kata ayah berusaha meyakinkanku. Aku hanya terdiam dan ragu-ragu. "Nanti ayah belikan kaset PS 1 deh. Gimana? Mau ya!"

Kami semua hanya dapat melongo dan bingung hendak berbuat apa ketika melihat dr. Faris mengemasi barangnya dan 16


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

"OKE DEAL!!!" jawabku dengan penuh semangat. Dan sekarang aku menyesal, harga sebongkah preputium-ku hanya seharga 1 buah kaset PS 1. Seharusnya aku menaruhnya seharga 5 kaset PS 1. Ah, masa lalu.

"Gini, aku baru pertama nyunat ke manusia langsung. Takutnya salah-salah atau ada komplikasi, jadi bawa buku deh." Tidak terbayang olehku bagaimana ekspresi anak yang akan disunat oleh Arif. Bayangkan saja jika kalian akan disunat oleh dokter, dan dokter tersebut melakukan tekhnik sunat sambil membaca buku "Sunat for Dummies", terlebih jika tiba-tiba dokternya berteriak "Astaga! Checklist yang sebelumnya ketinggalan! AKU REMEDIALLL!!!".

Kembali ke acara sunatan massal, para anak-anak sudah semakin terkumpul sehingga keadaan kantor lurah tersebut terlihat seperti acara ulang tahun dibanding acara sunat-menyunat. Dan dari kejauhan aku melihat ada dr. Faris turun dari motornya. Seperti biasa, beliau tetap terlihat sederhana walaupun beliau seorang dokter spesialis yang hebat, bahkan beliau tetap aktif di kegiatan-kegiatan bakti sosial. Sungguh sebuah cerminan sifat dokter yang baik.

"Tenang Rif, gak apa ko. Kan kita jadi asisten dokternya juga. Jadi nanti dibimbing sama dokternya." jawabku berusaha menenangkan. "Oh, jadi asisten aja ya? Aku pikir kita sendiri yang berperang dengan tititnya langsung! Bagus deh." ucap Arif terlihat cengengesan.

Tak lama setelah sambutan-sambutan dan rentetan acara pembukaan, akhirnya saat yang dinanti tiba. Aku cukup bersemangat karena ini pertama kalinya aku akan melakukan sirkumsisi secara langsung ke manusia. Aku dan teman-temanku akan bertindak sebagai asisten dari dokter yang akan mensirkumsisi. Kami semua langsung bersiap-siap memasuki ruangan kerja yang disulap menjadi tempat sunat untuk menyiapkan perlengakapan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Rombongan dokter-dokter memasuki ruangan kami dan menempati tempatnya masing-masing. Dan tidak disangka aku akan mengasisteni dr. Faris, seorang dokter yang memang aku kagumi sifatnya.Beliau terlihat begitu bersahaja dengan jas putih kebanggaannya yang sering ia pakai walaupun agak lecek, bahkan ketika mengajar kami di kelas, beliau tetap memakai jas putihnya.

BRAK!!!! Tiba-tiba terdengar suara keras berasal dari ranjang disebelahku. Rupanya suara tersebut dari temanku Arif yang menaruh setumpuk bukunya diatas meja.

"Kamu sudah belajar tekhnik sirkumsisi kan di kuliah?" tanya dr. Faris kepadaku. "I....iya dok sudah." jawabku gugup.

"Rif, buat apa kamu bawa buku pelajaran banyak-banyak gitu? Mau nyunat apa mau mendongeng?" tanyaku meledek.

"Bagus deh, nanti coba kamu lakukan langsung ya ke pasiennya. Saya mau melihat hasil pembelajaran kamu." 17


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

*DEG!* seketika jantungku terasa berhenti berdetak. Ingatanku yang sebelumnya sudah hapal dengan checklist tindakan sirkumsisi tiba-tiba saja menguap.

"HEH AMIN! DIEM TUH DIAJAKIN OM DOKTER NGOBROL!" bentak bapak itu ke anaknya.

"Pertama anamnesis...... Lalu...." entah mengapa otakku tidak dapat diajak kompromi ketika berhadapan langsung dengan situasi seperti ini. Yang terlintas di kepalaku saat itu adalah brewok Rhoma Irama.

"GAKKKK!!!! GAK PENGEN DISUNATT!!!!!!!" teriak anak itu semakin keras berteriak. "Adek, coba dengerin om dulu ya." ucap dr. Faris dengan tenang sambil mengusap kepala anak tersebut. "Adek nanti om kasih obat supaya gak sakit waktu disunat. Sakitnya cuman waktu diawal-awal aja ko. Itu juga cuman kaya dicubit."

"Kenapa? Kamu lupa ya sama langkahlangkahnya?" tanya dr. Faris melihat ekspresiku yang bengong. "Eh... iya dok maaf."

Anak tersebut mulai tenang "Tapi om janji ya jangan sakit?"

"Ya sudah, nanti biar saya contohkan dulu supaya kamu paham. Setelah itu baru kamu yang melakukan tindakan."

"Iya dek beneran, sini kelingkingnya kita bikin janji."

"Iya dok siap!" jawabku lega.

Aku terkejut menyaksikan pemandangan itu. Seorang dr. Faris yang dimataku tipe orang cuek ternyata bisa berubah menjadi sosok teman bagi anak tersebut. Pendekatannya yang aneh tapi terbukti sangat ampuh untuk membujuk anak itu mau disirkumsisi.

Setelah briefing sikat dengan dr. Faris, pasien pertama kami datang. Seorang anak laki-laki yang cukup gemuk dan pipinya terlihat seperti bakpau ditemani oleh ayahnya. Ia menangis sangat keras hingga memekakkan telinga semua orang yang ada di dalam ruangan. "GAK MAUUUUUU!!! POKONYA GAK MAUUU!!! AAAAA$@$^&^%&#!!!" teriak anak itu seperti kesetanan. Aku hanya dapat mengelus dada dan berdzikir, karena ketika belajar skill sirkumsisi sebelumnya tidak ada dijelaskan cara menenangkan anak yang kesetanan arwah penyanyi metal.

Setelah proses anamnesis singkat dengan orang tua anak dan persiapan, dr. Faris menyuntikkan obat anastesi ke anak tersebut. "ADAOOWWWWWW!!!! SAKITTT!!!!! INI SIH DICUBIT RATU LEBAH NAMANYA!!!" teriak anak itu kesakitan. Aku dan orang tua anak itu sibuk memegangi tubuhnya yang besar seperti Hulk agar tetap tenang.

"Halo adek." dr. Faris duduk sehingga posisinya sekarang sejajar dengan kepala anak itu. "Namanya siapa? Kenalin, nama om Faris."

"Sabar ya dek, habis ini gak sakit ko. Serius." jawab dr.Faris. 18


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Anak tersebut yang awalnya sangat rewel akhirnya berhasil ditaklukkan agar tenang setelah obat tersebut bekerja, sehingga memudahkan proses sirkumsisi yang kami lakukan. Sepanjang prosedur sirkumsisi dr. Faris banyak memberikanku kesempatan untuk melakukan yang telah ia contohkan sambil tetap mengawasiku. Alhasil sunatan pertama yang aku kerjakan hasilnya cukup rapi untuk level seorang pemula. Ingin rasanya preputium anak tersebut aku simpan dan bingkai di kamar sebagai kenang-kenangan sirkumsisi pertamaku.

Aku terdiam mendengar ucapan dr. Faris. Tidak pernah terpikirkan olehku sebelumnya bahwa dokter juga manusia yang tidak luput dari masalah. Banyak orang yang menilai seorang dokter hanya dari jas putihnya saja, tanpa mengetahui keadaan "tubuh" dari dokter tsb dibalik jasnya. Terkadang kita sering menuntut kesempurnaan dari seorang dokter, tapi kita sering terlupa bahwa dokter juga manusia biasa.

Tiba-tiba terbesit pertanyaan di kepalaku, apa yang membuat seorang dokter seperti dr. Faris bisa tetap bertahan dengan keadaan seperti ini.

Setelah pasien demi pasien kami sunat, akhirnya daftar pasien yang disunat habis juga. Waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang. Agenda selanjutnya adalah makan siang, kebetulan para mahasiswa dan dokter yang bertugas makan bersama dalam 1 ruangan.

Setelah makan bersama, kami semua bergegas pulang, dan tanpa diduga di tempat parkir si Amin, anak pertama yang aku dan dr. Faris sirkumsisi menunggu dengan ayahnya.

"Kamu mahasiswa angkatan yang kemarin saya ajar ya?" tanya dr. Faris memulai pembicaraan.

"Min, tuh om dokter yang nyunat kamu tadi, bilang apa sama om?" ucap sang ayah dengan logatnya yang khas.

"Iya dok." jawabku

"Ini om dokter, ada hadiah." anak itu mengulurkan tangannya yang membawa kotak berukuran sedang berwarna merah.

"Maaf ya, kemarin saya sempat marah." *hening*

"Makasih ya om dokter. Doain Amin klo besar juga bisa jadi dokter juga!"

"Iya enggak apa dok. Lagipula kemarin kami juga salah dok, suasana kelasnya memang agak lebih ribut dari biasanya." jawabku seadanya.

Dr. Faris tersenyum, ia menerima hadiah dari anak itu dan bergegas pergi. Dan sepertinya pertanyaanku terjawab sudah,

"Padahal sebelumnya saya jarang marah, tapi kemarin banyak masalah yang menumpuk. Mulai dari anak saya yang sedang di opname, ditambah ada pasien saya yang keluarganya sangat rewel."

kebahagiaan seorang pasien yang ditangani adalah suntikkan semangat bagi seorang dokter. (mahasiswafk.blogspot.com/ -)

19


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Kisah Mahasiswa Kampung Hey engkau kawan seperjuangan, Inilah aku, budak ketertindasan. Antek-antek ketidakmerataan pembangunan. Utusan kaum kampungan. Aku bawa penderitaan, Kehadiratmu wahai para cendekiawan. Supaya kalian tak hanya bercengkrama, Dengan siluet wanita cantik menawan. Tapi engkau bergelut bersama kami di lumpur kenelangsaan. Hey kaum terdidik yang terhormat, Aku izin menyuarakan sengsara, Kami pengemis subsidi, Kami peminta-minta gratisan. Hey kawan pujangga eksakta, Kepiawaianmu tiada tara. Pencipta karya, disebut teknologi, Manusia dari zaman depan seratus tahun. Hei insan cerdas mahasiswa, Tidakkah kalian melihat, Badan kami yang usang, Bukan karena umur tapi pembudakan terhadap kami. Hey kawan dari masa depan, Kabarkan pada kami, Bagaimana cara membunuh penindasan, Dimana titik lemah kapitalisme, Biar kami tak sungkan mendirikan pemerataan! Hey kawan, Izinkanlah kami merasakan, Apa itu kesejahteraan, Apa itu lawan dari kemiskinan. Angkatlah kami, angkatlah kami! Angkatlah kami dari lubang ironi, Sisi lain dari korupsi, Yang kian menggerogoti bangsa ini. (penulisjalanan.wordpress.com/kisah-mahasiswa-kampung/ - )

20


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Pengusaha Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Pengusaha - Ada begitu banyak rumor yang beredar mengenai seorang mahasiswa yang bahkan belum lulus kuliah namun sudah membuat kekayaannya sendiri sejak di bangku kuliah, namun rumor seperti itu kini bukan mustahil bagi kita untuk memilikinya. Bagi seorang mahasiswa, sekarang kuliah bukan hanya bagaimana kita mendengarkan dosen dan mengerjakan tugas, namun seiring berjalannya waktu, seorang mahasiswa bisa tetap menimba ilmu sambil menanam pundi-pundi kekayaan. Begitu banyaknya hal yang bisa di lakukan oleh seorang mahasiswa untuk mendapatkan kesuksesannya, dalam hal ini adalah menjadi seorang enterpreneur. Dan berikut beberapa tipstips yang bisa anda ikuti :

Ide Ke-3 : Usaha Fasilitas tambahan Selain menduplikasi, Anda juga bisa membuka usaha dengan memberikan usaha fasilitas tambahan, tapi ini harus dengan sedikit sentuhan kreatifitas. Misalnya, tetangga membuka warnet, maka anda masih bisa menyainginya dengan tambahan fasilitas atau memperluas penawaran yang ada. Anda bisa mendirikan warnet di lokasi sama. Hampir setiap waktu ada saja jenis usaha yang trend, seperti sekarang ini zamannya penyewaan komputer untuk bermain game(game zone). Dengan sedikit fasilitas tambahan, anda pun bisa memiliki usaha dan siap untuk berhasil. Misalnya, Anda bisa menyewa tempat di sekitar tempat penyewaan game zone tersebut dengan menjual minuman yang lagi trend sekarang ini, Bubble Tea.

Ide ke-1 : Jual keunikan Jika anda tergolong mahasiswa kreatif dan inovatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat Anda jadikan peluang usaha. Tidak sedikit usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Jika berhasil menciptakan sebuah keunikan, segera anda ambil hak paten dan menjualnya. Penemuan baru biasanya sangat berpeluang untuk menembus pasar, apalagi khas, unik, dan dibutuhkan orang banyak. Contoh nyata, teman-teman saya membuat kaos-kaos unik dengan kata-kata yang penuh motivasi. Kaos tersebut memang biasa saja kalau dilihat sepintas, tapi karena ada keunikannya dengan kata-kata yang penuh inovasinya, bisa menambah nilai jual.

Ide Ke-4 : Jual Keterampilan Anda sendiri pun dapat menjual keterampilan yang dimiliki. Jika bisa menggunting rambut, Anda bisa membuka salon. Dengan sedikit sentuhan yang berbeda dengan salon-salon lainnya, pasti salon Anda akan ramai di kunjungi konsumen. Bagi Anda yang mahir mengetik 10 jari, tidak ada salahnya membuka usaha jasa pengetikan, seperti skripsi, naskah, makalah, dan lain-lain yang kemudian bisa Anda kembangkan dengan menerima jasa penerjemahan (translate). Ada banyak usaha yang bisa anda buka berdasarkan keterampilan anda, yakinlah anda punya potensi, punya keterampilan dan punya harapan besar untuk sukses menjadi seorang entrepreneur, meskipun sebagai entrepreneur pemula..mulailah belajar menghasilkan income melalui keterampilan sendiri semisal memberikan privat bahasa inggris, komputer, matematika, musik, menyanyi atau jasa pengetikan seperti yang disampaikan diatas.

Ide Ke- 2 : Duplikasi Usaha Lain Bagi Anda yang merasa kurang kreatif dan inovatif, jangan putus asa. Percayalah, ide usaha tersebar dimana-mana, bahkan di depan mata. Anda harus selalu perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko. Misalnya, di sekitar Anda ada rumah makan bakmi yang cukup laris. Apa salahnya Anda bersaing secara sehat di tenpat yang sama dengan produk yang sama. Anda cukup menduplkikasi usaha tersebut, tapi harus memberikan nilai tambah kepada konsumen, seperti pelayanan, harga, kecepatan, keramahan. Contoh pelayanan yang lebih memuaskan kepada konsumen adalah memberikan air teh gratis kepada konsumen atau memberikan porsi daging yang lebih banyak di banding pesaing anda.

Ide Ke-5 : Menjadi Agen Anda bisa membuka kantor keagenan, baik suatu produk maupun jasa. Banyak sekali produk dan jasa yang sangat memerlukan agen. Selain menjadi agen suatu produk, Anda juga bisa menjadi agen yang menyediakan jasa, seperti agen isi ulang air, isi ulang pulsa, penyalur pembantu rumah tangga, agen modeling/foto model, agen iklan, dan lain-lain.

21


[EDISI KE-IV 2013]

Buletin-KU

Ide Ke-10 : Jalankan Direct Selling/Multi Level Marketing Usaha ini menurut saya cukup prospektif. Modalnya murah meriah. Selain itu didukung pula oleh produk yang bagus, sistem pemasaran, pelatihan, dan jenjang karir. Memang kita tidak menutup mata banyak sekali orang yang alergi atau anti terhadap Multi Level Marketing (MLM). Biasanya trauma oleh kegagalan, seperti uangnya habis di MLM. Itu biasanya di sebabkan bisnis MLM dengan skema piramid atau money game yang berkedok MLM. Waspadalah dan hindari bisnis dengan skema piramid atau money game yang mengaku-aku MLM. Menurut saya, MLM (sering juga di sebut dengan people franchise) yang murni sangat menarik. Bahkan sebagai perusahaan MLM memberikan kesempatan kepada kita untuk mendirikan perusahaan sendiri (authorized distributor atau stockist).

Ide Ke-6 : Jual Barang Bekas (second) Masih sedikit orang yang peka dengan usaha ini. Barang second, terutama dengan nilai historis yang sangat tinggi, biasanya punya harga yang sangat tinggi pula. Namun, menjual barang bekas (second) ini harus di lakukan dengan teratur dan terencana. Anda bisa membeli suatu barang disuatu tempat dengan harga murah dan menjualnya ditempat lain dengan harga yang lebih tinggi. Ide Ke-7 : Buka Kantor Bagi anda yang memiliki keterampilan / keahlian segera buka kantor sendiri. Jangan takut masalah modal dan SDM. Anda bisa mengajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal dan membuka kantor tersebut. Juallah skill dan pengalaman anda. Jika reputasi bagus dan relasi banyak (network), jangan kuatir kekurangan klien. Anda bisa memulai mendirikan kantor dari rumah atau lebih dikenal dengan sebutan home office. Cukup dengan menyediakan satu komputer, satu telepon, faxs, meja, dan kursi tamu.

Ide Ke-11 : Menjalankan Bisnis Online Usaha dalam bidang ini sedang sangat populer di zaman ini karena terkenal mudah, efektif dan efisien. Apalagi di dukung dengan sarana-sarana GRATIS seperti website, blog, twitter maupun facebook, usaha dalam bidang ini sangat pantas untuk seorang mahasiswa. Belajar Bisnis Online tidak sesulit yang dibayangkan, cukup anda googling, maka anda sudah bisa menjalankan usaha yang ingin anda jalankan. Dalam bukunya, Robert T. Kiyosaki menjawab pertanyaan berikut, ”Kenapa Anda tetap menganjurkan orang untuk menjadi usahawan, padahal catatan statistik yang berhasil hanya sekitar 10% ?” Lalu ia menjawab, ”Saya percaya dengan statistik di bawah 10%, maka untuk sukses usaha, Anda harus siap untuk setidaknya berpeluang 9 kali gagal sebelum mungkin mendapatkan 1 keberhasilan”. Itu bukan ’gagal’, melainkan ’belum berhasil’ dan menurut Abraham Lincoln ”Itu Cuma terpeleset dan aku bukan jatuh”. Jangan pernah menyerah dalam menggapai impian, sejak masih muda ini tanamkan rasa percaya diri dan ketekunan untuk mendapatkan kesuksesan di masa yang akan datang. Selamat Mencoba

Ide Ke-8 : Beli Usaha Pola Waralaba Bagi anda yang memiliki modal besar, tapi tidak mau repot untuk memikirikan sesuatu usaha yang baru, alternatif waralaba (franchise) dapat dipilih. Waralaba adala jenis usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memang butuh kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus dan cocok untuk Anda. Saran saya, carilah usaha waralaba yang memiliki track record yang baik dan sudah teruji di lapangan. Kini semakin banyak bermunculan waralaba, dari yang membutuhkan modal besar hingga yang membutuhkan modal kecil. Ide Ke-9 :Usaha Bersama Kadang usaha akan lebih bagus jika didirikan dan di kelola bersama-sama. Misalnya Anda pintar pemrograman komputer, tapi anda memiliki sedikit teman, sementara teman anda memiliki banyak teman dan punya relasi yang luas dan membutuhkan jasa pemrograman, anda bisa saja membuka usaha jasa pemrograman (software house). Anda yang mengerjakan pekerjaannya, sedangkan teman anda yang mencari order. Dari kelebihan masing-masing inilah bisa memperkuat suatu usaha baru sekaligus membesarkannya.

(fadhlyashary.blogspot.com/.../tips-sukses-menjadimahasiswa-pengusaha.html)

22


BULETIN-KU EDISI 4