Page 1

Kwitangologi #5


K W I TA N G O L O G I # 5


KATA pengantar ­ ­

­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­ ­

­ ­ ­ ­ ­

­ ­

­

Fatia Maulidiyanti Koordinator

02


KWITANGOLOGI #5

2021

DAFT isi 01 02 04 Kata Pengantar

Daftar isi

10 not so fun fact: papua

16 18 qna: Penyiksaan

Polisi vitrual

13 Tentang diriku

#Bicara soal Ham Pemerintah


TAR 06 Reading list

08 rkuhp

revisi uu ite terus sampe lurus!

14 15 tarot eh, kok bener?

20

Game: ular tangga

23 SUrat versi satu: myanmar


Polisi virtual

04

KWITANGOLOGI #5

2021


Kebebasan warga +62 untuk menyampaikan pendapat lewat media sosial pribadinya masih jauh dari kata paripurna.

­ ­ ­ ­ ­

­ ­

­ ­ ­

­ ­ ­

­ ­ ­ ­

05


THe 2021 challenge

Read more human rights-themed books! ­

­ ¡

¡

The End of Policing

1984

­

­ ­

­

­ ­

06

“Police often think of themselves as soldiers in a battle with the public rather than guardians of public safety.”

“War is peace. Freedom is slavery. Ignorance is strength.”


So You Want to Talk About Race Membicarakan

hak

asasi

manusia

berarti

membicarakan ras, dan buku ini tepat untuk menemukan koneksi di antara kedua entitas tersebut.

Ijeoma

Oluo

banyak

membahas

mengenai pengalamannya terkait privilese kulit putih, brutalitas aparat, polisi di sekolah, dan hal lainnya yang menunjukkan bagaimana ras yang

Laut Bercerita

melekat pada manusia berpengaruh dengan

Siapa yang tidak tahu buku ini? Karya Leila S. Chudori ini mengisahkan perjuangan aktivis demokrasi di

“Being privileged doesn’t mean

bawah rezim otoriter Soeharto. Dari mulai gerakan kampus yang diganggu, sampai kehidupan yang

that you are always wrong and

tidak tenang karena terus dikejar aparat. Pokoknya, buku ini seru sekaligus bikin bergidik. Harus baca!

“Kita tak ingin selama-lamanya berada di bawah pemerintahan satu orang selama puluhan tahun, Laut. Hanya di negara diktatorial satu orang bisa memerintah begitu lama...seluruh Indonesia dianggap milik keluarga dan kroninya. Mungkin kita hanya nyamuk-nyamuk

hal-hal yang akan terjadi di hidupnya.

people without privilege are always right. It means that there is a good chance you are missing a few very important pieces of the puzzle.”

pengganggu bagi mereka. Kerikil dalam sepatu mereka. Tapi aku tahu satu hal: kita harus mengguncang mereka. Kita harus mengguncang masyarakat yang pasif, malas, dan putus asa agar mereka mau ikut memperbaiki negeri yang sungguh korup dan berantakan ini, yang sangat tidak menghargai kemanusiaan ini, Laut.”

07


08

Api dalam Sekam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

­

Keadilan Retributif vs restoratif ­ ­ ­ ­


rkuhp

­ ­

­

­

­

­

­

Kalau Jelek Tinggal Revisi ???

­

­

­

­

­

­

­

Kriminalisasi Ranah Privasi dan Pertentangannya dengan Nilai-Nilai HAM

Simpulan

­ ­

­

­

¢

­

­

­


Ternyata Pemerintah engga boleh asal melambatkan/ memblokir jaringan internet kamu loh

¢

­

­

¤

­ ¢

¢ ­ ­ ­ £

¢ ­ ­ ­ ­

10

­ ­ ­


TTS

1 2

3 5 4

9 8

6

10

Mendatar

Menurun

¥

­ ­

¢

­

7


Bulan Ini usiaku genap 1 tahun, aku ingat sekali tahun lalu masih banyak orang yang mengabaikan keberadaanku dan banyak pula yang menjadikanku guyonan, Dari masyarakat biasa hingga para pemegang kekuasaan.


­

­

­

­

­ ­

Aku ini berbahaya lho jika kalian acuhkan, aku bisa berbuat apa saja. ­

-anoroc

13


H, kok bener

2021 KWITANGOLOGI #5

The Devil CARD ­ ­ ­ ­

Eight of Sword CARD

­

­ ­

­

­

14

R U T S L


REVISI UU ITE TERUS SAMPE LURUS!

Kebebasan berekspresi atau freedom of expression merupakan bagian dari hak asasi manusia.

¦

¦

­ § ­ ­ ¥ ¨ ¢ ¨

¢ ¨ ­ ¥

­ ­

­

­ ­ ­

­

15


QUESTION AND ANSW QUESTION AND ANSWER JADI.. PENYIKSAAN MAKSUDNYA QUES ITU APA? N KASUS PENYIKSAAN DA EXTRAJUDICIAL KILIING

MARET 2021 SEPANJANG NOVEMBER 2020 –

TUK BINTARA KASUS PENYIKSAAN SISWA DIK : Rian Assidiq Name : November 2020 Date : SPN Polda Maluku Utara Location

Apasih Arti Penyiksaan?

Penyiksaan merupakan tindakan yang menyebabkan

KEMATIAN KASUS PENYIKSAAN BERUJUNG : Sahbudin Name : Desember 2020 Date : Bengkulu Location

rasa sakit kepada orang lain dengan tujuan untuk

mendapatkan sesuatu atau sebagai penghukuman

yang dilakukan oleh pejabat publik.

Siapa yang menjadi korban penyiksaan?

G KASUS EXTRA JUDICAL KILLIN PENEMBAKAN 6 ORANG : Anggota Laskar FPI Name : Desember 2020 Date : Location G KASUS EXTRA JUDICAL KILLIN RAT APA A GOT PENEMBAKAN OLEH ANG SELATAN KEPOPOLISIAN RESOR SOLOK : Deki Susanto Name : Januari 2021 Date : Belakang Rumah Location Solok Selatan

Pelaku penyiksaan merupakan aparat negara,

selama ini lebih sering dilakukan oleh TNI, sipir,

maupun polri.

Seberapa sering terjadi penyiksaan?

Berdasarkan temuan KontraS pada Periode juni

2019 sampai mei 2020 terdapat 62 kasus

penyiksaan yang terjadi di Indonesia.

Kenapa penyiksaan sering terjadi?

Karena masih ada gap antara hukum domestik dan

hukum internasional, kultur kekerasan dalam

lingkungan aparat yang masih tetap berlanjut, dan

impunitas yang terus terjadi.

Siapa sih pelaku penyiksaan?

Karena masih ada gap antara hukum domestik dan

hukum internasional, kultur kekerasan dalam

lingkungan aparat yang masih tetap berlanjut, dan

impunitas yang terus terjadi.

16

DM AJA BRo!


N QUESTIO WER AND ANS Pola penyiksaan yang sering terjadi

kayak gimana?

penyiksaan Kontras menemukan bahwa pola yang paling sering terjadi ialah: 1) mengendalikan massa;

2) memperoleh informasi pada proses penyidikan tindak kriminal;

di Lapas; 3) menertibkan para narapidana 4) sebagai bagian integral dari konflik bersenjata dan strategi

kontra-pemberontakan; dan

5) sebagai bentuk diskriminasi bagi

para

kelompok minoritas

an Penyiksaan seperti apa yang dilakuk

oleh polisi?

jukan berdasarkan laporan kontras menun

Bagaimana penyiksaan yang dilak

ukan oleh TNI?

bahwa aparat kepolisian e dalam masih kerap menggunakan metod nya untu utama , hukum proses kan melaku alih-alih memaksa pengakuan tersangka, hukum akan peneg e metod n unaka mengg dan sebagaimana diatur dalam KUHAP

Kontras menemukan peris tiwa penganiyaan dan penembak an menjadi langganan TNI. Pada lapor an KontraS Terdapat 76 peristiwa keke rasan yang

berbagai peraturan e perundang-undangan lainnya. Metod ai sebag n gorika dikate dapat tersebut

dilakukan oleh TNI. Keseluruh an peristiwa kekerasan oleh TNI selama satu tahun terakhir meng akibatkan 43 orang tewas, 100 luka-luka, 3 ditangkap, dan 8 lainnya (tidak terda pat bekas fisik,

penyiksaan.

R STION

misalnya diintimidasi).

oleh polisi? Seberapa banyak penyik saan

Bagaimana penyiksaan yang dilaku

kan oleh sipir?

pat 33 Pada periode 2019-2020 terda

kepolisian peristiwa penyiksaan oleh s & 9 luka-l tewa 22 kan yang menyebab Dari temuan kontras pada period e yang sama terdapat 5 peristiwa penyik saan dan tindakan tidak manusiawi yang dilakukan oleh sipir menyababka n7 orang luka-luka yang diantaranya 6 orang narapidana dan 1 tahana n kejaksaan, penyiksaan oleh sipir biasanya tidak diketahui sampa i adanya anggota keluarga yang menjengguk .

Apakah ada regulasi yang

mengatur penyiksaan?

Sampai saat ini belum ada aturan yang mengatur mengenai penyiksaan, apab ila terjadi pelanggaran kebanyakan penegak huku m menggunkan pasal penganiyaan dalam KUHP yang hukuman sama dengan yang dilakukan orang umum. padahal seharusnya pengaturan harus berbeda berbeda menjadi lebih berat meng iningat perat apparat

negara yang seharusnya

melindungi masyakarat.


18

Kang Nanang Jemaah Ahmadiyah (JAI) Tasikmalaya

­

­

­

­

­

ª

¢

­

­

©

­

­

­

­

­


#Bicarasoalham PEMERINTAH

­ ­ ©

pemeirntah lebih proaktif menerapkan kebijakan publik yang diskriminatif.

­ ­ ¥ ­ ­

­

­ ­ ¥ ­ ­ ­ ­

19


20

100

99

98

97

96

95

94

81

82

83

84

85

86

87

80

79

78

77

76

75

74

61

62

63

64

65

66

67

60

59

58

57

56

55

54

41

42

43

44

45

46

47

40

39

38

37

36

35

34

21

22

23

24

25

26

27

20

19

18

17

16

15

14

1

2

3

4

5

6

7


ULAR X TANGGA

93

92

91

88

89

90

¥ «

73 68 53 48 33

72 69 52 49 32

71 70 51 50 31

«

28

29

30

13

12

11

¢ ¢

8

9

10

21


Surat versi satu: Myanmar


r

23

Kepada Pemerintah Indonesia yang kami hormati, ­

­

¬ ­ ­ ­

­ ­

¬ ­ ­

­

­

­ ­ ­ ­ ­

­

salam hormat,

DARI kami warga indonesia


24

KWITANGOLOGI #5

IWD

2021



Millions discover their favorite reads on issuu every month.

Give your content the digital home it deserves. Get it to any device in seconds.