Page 1

G

IKLAN PROPERTI

RA TI

S!

Rp.10.000 (P. Jawa) Edisi September 2012

T E R L E N G K A P S E - J A B O D E TA B E K

TB SIMATUPANG

Pusat Perkantoran Masa Depan

Situs Properti No 1 di Indonesia

W W W. R U M A H 1 2 3 . C O M


IKLAN HARAPAN MULYA


SURAT REDAKSI Pembaca yang budiman, Sebuah kredo dalam dunia properti adalah: Lokasi! Lokasi itu pula yang menjadi ulasan dalam edisi kali ini. Ini menyangkut proyeksi yang dirilis sejumlah periset properti beberapa waktu belakangan yang menyebut bahwa kawasan TB Simatupang akan menjadi alternatif perkantoran baru di luar Central Business District (CBD). Sebagai sebuah kawasan perkantoran, maka jelas kawasan ini akan banyak menyuplai calon pembeli properti, para pencari hunian yang mencari lokasi perumahan atau apartemen di sekitarnya. Dan gejala ini sedang terjadi dan diakui oleh sejumlah pengembang perumahan di kawasan sekitar seperti Cinere dan Depok. Tentu saja ini menjadi faktor yang semakin mempertajam potensi market perumahan. Ulasan tentang hal ini dapat Anda simak dalam Headlines kali ini. Dari TB Simatupang pula, Rumah123.com pada 15 September lalu mengumumkan pemenang Kontes Rebutan Rumah Gratis Semudah 1-2-3 yang telah diluncurkan oleh kami pada 1 Mei 2012 lalu. Seorang dari Anda yang beruntung, akan mendapatkan hadiah rumah seharga Rp500 juta yang terletak di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Ini merupakan sebuah wujud apresiasi Rumah123.com atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada kami, ketika hendak mencari informasi seputar properti di Rumah123.com. Kami yakin, dengan kesadaran untuk terus menerus meningkatkan kualitas layanan kami, Anda pun selalu menggunakan Rumah123.com sebagai media informasi dan referensi utama Anda dalam ber-properti. Selamat membaca!

Ferdinand Lamak Chief Editor

Contents

04 From Editor

05 Seputar Rumah123.com

Dengan masuknya Rumah123.com ke Makassar dan Balikpapan, maka saat ini website properti No.1 di Indonesia ini telah memiliki perwakilan di 8 kota utama di Indonesia. Tak hanya itu, Rumah123.com dalam bulan kemarin juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak diantaranya Harcourts Indonesia. Kunjungan Rumah123.com ke Makassar dan Balikpapan serta berbagai informasi seputar Rumah123.com selama sebulan kemarin, tersaji untuk Anda dalam edisi ini.

08 Headlines

TB SIMATUPANG DAN CIJAGO MENDONGKRAK PROSPEK HUNIAN DI SEKITARNYA Maraknya pertumbuhan perkantoran di wilayah non central business district (CBD) seperti di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, menjadi pemicu optimisme pengembang di kawasan yang punya kemudahan akses ke sana.

12 Kilas Pasar

KENYAMANAN VISUAL LEWAT IPS LG IKLAN PROPERTI

Saat ini, pasar monitor diramaikan dengan hadirnya sebuah teknologi canggih. Seperti teknologi In-Plane Switching yang tidak membuat mata lelah.

Gedung Buncit 36, Jl. Warung Jati Barat No.36 Ragunan, Jakarta Selatan - 12550 Tel. +62-21-7819222 Fax. +62-21-78845337, 78845354 Email: redaksi@iproperty.com CHIEF EDITOR Ferdinand Lamak / EDITOR Haryanto, Dedy Mulyadi Hartono / GRAPHIC DESIGNER Koko Wijayatmoko / PROGRAMMER Sena Yoga Samudra, Teja Sukmana / CIRCULATION Laksmi Hariputri / ADVERTISING Susana Njo, Sari Hidayat, Amri Syawfial, Wenda Claudia Dompas, Rieftana Julianda, Qari Fitraini Muliatin / LISTING Tao Putri / FINANCE, HR & ADMINISTRATION Kristiawan Arianto, Dini Indriani

Member of

COUNTRY MANAGER Andy Roberts / MANAGEMENT Meddy H. Papinka, Julia Sri Ulina, Alexander Louiciano, Kemas Antonius

4

13 IKLAN PROPERTI

Dapatkan 13 halaman sisipan iklan rumah se Jabodetabek. Lebih menarik dan lengkap karena disertai gambar.

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Seputar Rumah123.com RUMAH123.COM RAMBAH BUMI ANGING MAMIRI Naskah: Haryanto

P

RUMAH123.COM LEBARKAN SAYAP DI KALIMANTAN TIMUR Naskah: Haryanto

erkembangan bisnis properti yang cukup menggairahkan di kawasan timur khususnya di Tanah Anging Mamiri alias Makassar. Hal itu bisa terlihat dari makin maraknya spanduk yang bertebaran menawarkan properti yang ingin dijual, baik properti primer maupun seken. Apakah itu proyek perumahan, apartemen, mal atau trade centre. Dalam hal ini selalu ada agen properti yang menjadi agen penjualannya.

Dengan mengambil tempat di Jalan Keamanan No.5A, Kelurahan Karawisi, Kota Makassar, Rumah123.com akan meramaikan pasar properti yang ada di seputar kota Makassar. Dengan dibukanya kantor Rumah123.com yang baru ini, upaya ekspansi bisnis Rumah123.com sebagai salah satu portal properti terkemuka di Indonesia akan semakin mendapat tempat di hati masyarakat.

Di tengah bergairahnya bisnis properti tersebut, jaringan bisnis portal properti no.1 di Indonesia pun ikut melebarkan kepak bisnisnya. Pada 2 Juli 2012 yang lalu, cabang Rumah123.com yang baru hadir di kawasan Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut penuturan Ketua DPD REI Makassar Raymond Arfandi menyebutkan saat ini yang tergabung dalam wadah REI telah mencapai 150 pengembang. Diharapkan dengan pembukaan cabang baru Rumah123.com di Kota Makassar dan sekitarnya dapat mengambil ceruk pasar media promosi yang ada di wilayah ini.

Rumah123.com diwakili Meddy Hartoyo Papinka sedang berbicara di depan property agent di Ray White - Balikpapan.

Rumah123.com posisinya semakin kukuh dalam kancah portal properti no.1 di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya salah satu kantor cabang baru di Jalan Soekarno Hatta No.38, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 28 Agustus 2012 lalu. Cakupan wilayah yang digarap Rumah123.com di Kalimantan Timur seperti Kutai, Bontang, Samarinda dan Balikpapan. Berdasarkan perkataan Ketua DPD REI Kalimantan Timur Susiyanto terdapat 140 pengembang yang tumbuh di wilayah Samarinda dan Balikpapan. Dan, semua francise agen properti telah masuk pula ke Balikpapan dan Samarinda. Pembukaan kantor cabang Rumah123.com di Balikpapan itu membuktikan komitmen Rumah123.com untuk dapat lebih jauh memantapkan sebagai sumber yang dapat dipercaya menyajikan informasi properti dan memberikan kepada konsumen dan pelanggannya informasi terbaru dan terlengkap tentang tren pasar properti di pulau Kalimantan.

Meddy Hartoyo Papinka berfoto bersama pengurus DPD REI Kalimantan Timur.

MOU RUMAH123.COM DAN HARCOURTS Naskah: Haryanto

P

enandatangan kerjasama antara Rumah123.com dan Harcourts Indonesia. Rumah123.com diwakili langsung oleh Andy Roberts, Country Manager Rumah123.com dengan Nandar Gunawan, Director Harcourts Indonesia. Disaksikan juga Meddy H. Papinka, Sales Manager Rumah123.com dan manajemen Harcourts Indonesia di Jakarta (11/9).

Andy Roberts, Country Manager Rumah123.com dan Nandar Gunawan, Director Harcourts Indonesia usai penandatanganan kerjasama.

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

Kerjasama itu sebagai bentuk dukungan Rumah123.com kepada Harcourts dalam mengembangkan dan memperluas pangsa pasar. Diharapkan dapat memperkuat kerjasama sehingga tercipta sinergi yang positif bagi kedua belah pihak.

Nanda Gunawan, Director Harcourts Indonesia mengatakan dengan dukungan portal properti yang terbesar dan mapan seperti Rumah123.com tercipta networking yang amat luas. “Wajar jika Harcourts Indonesia mencanangkan diri untuk menjadi agen properti yang terbaik dalam artian menyediakan SDM untuk segala kebutuhan pasar, bukan hanya dalam bidang agen properti melainkan juga dalam pengembangan properti,� ungkapnya.

5


Kilas Pasar

Perluas Jaringan, Meraih Kesuksesan

Dengan berbagai gebrakan yang telah dilakukan Harcourts Indonesia semakin diperhitungkan dalam percaturan bisnis properti nasional. Dari hari ke hari, agen properti yang satu ini sangat berbeda sosoknya jika dibanding agen properti lainnya yang sudah lebih dulu eksis. Naskah: Haryanto / Foto : Dedy Mulyadi

Luar biasa, begitulah ungkapan yang pas untuk mengomentari langkah ekspansi yang dilakukan secara agresif oleh Harcourts Indonesia. Betapa tidak? Dari hari ke hari agen properti ini semakin memantapkan eksistensinya. Dukungan kelompok usaha terkemuka di Indonesia, Panin Group terhadap Harcourts membuat agen properti ini sangat berbeda sosoknya dibandingkan dengan agen properti lain. Harcourts Indonesia bukan hanya bertindak sebagai perantara jual beli atau sewa rumah, tanah, apartemen dan bangunan lainnya, sebagaimana agen properti yang sudah dikenal selama ini. Nilai plus Harcourts Indonesia adalah lingkup bisnis yang dijelajahi jauh lebih luas dari sekedar perantara jual beli properti, Sebab Harcourts Indonesia juga bisa bertindak sebagai pengembang properti, bahkan menyediakan layanan pembiayaannya-tentu saja ini berkat dukungan Panin Group. Menurut Nandar Gunawan, Director Harcourts Indonesia, perkembangan Harcourts dalam 5 tahun merupakan yang tercepat. “Karena sejak 3 tahun yang lalu, kami telah mengakusisi Roy Weston sehingga jaringan Harcourts bertambah besar,” jelasnya kepada Rumah123 di sela-selasela acara Harcourts Indonesia Mid Year 2012: One Team Great by Choise di Jakarta (11/9). Hingga saat ini, Harcourts di Indonesia telah mencapai 200an member dengan 23 kantor cabang. Tentunya, jaringan Harcourts di seluruh dunia telah mencapai 800 kantor cabang.

6

“Untuk 2012, Harcourt akan membuka hingga 30 kantor cabang. Dan potensial market masih sekitar Jabodetabek terutama di Serpong. Lalu di Subaraya akan dibuka 2 kantor cabang sekaligus. Dan di Bali sudah ada satu kantor cabang. Kedepan akan dibuka lagi satu kantor cabang,” sambung Nandar.

produk atau jasa yang dijual baik dari sisi feature, advantage dan benefit. Handoko Wignjowargo adalah pembicara bisnis yang terkenal dengan sistem Dongeng bisnis-nya.

Lebih lanjut Nandar memaparkan di dalam bisnis agen properti, keunggulan sistem dan networking yang lumayan luas saja tidaklah cukup jika tanpa didukung dengan proyekproyek yang sedang ditangani. “Hal inilah yang menjadikan kelebihan Harcourts Indonesia. Dalam aplikasinya setiap proyek-proyek yang sedang ditangani oleh Roy Weston Indonesia, nantinya akan ditangani langsung oleh kantor franchise terdekat. Dengan demikian “kue proyek”nya telah tersedia, tinggal bagaimana cara mengolahnya saja,” ucapnya. Dan guna mendukung dasar-dasar pemasaran serta peningkatan skill secara scientist, pada acara Harcourts Indonesia Mid Year 2012: One Team Great by Choise menggandeng Handoko Wignjowargo dari Managing Partner Maestro.

Perhelatan Harcourts Indonesia Mid Year 2012 tersebut didukung atas kerjasama portal no.1 di Indonesia Rumah123.com. Dalam acara tersebut tampak hadir perwakilan dari Rumah123.com Andy Roberts, General Manager Rumah123 dan Meddy H. Papinka, Sales Manager Rumah123.

Kepada 180 peserta dari 23 cabang Harcourts di seluruh Indonesia, Handoko memaparkan bagaimana menguasai

Nandar Gunawan, Director Harcourts Indonesia

Harcourts Hadir di Surabaya dan Bali Naskah: Dedy Mulyadi / Foto : Dedy Mulyadi

Terus memperluas jaringan bisnisnya, brokered franchise asal Australia, Harcourts Indonesia umumkan empat kantor terbaru. Dua diantaranya segera hadir di Bali. 23 kantor agent properti tersebar di seluruh Indonesia, dengan 200 Member broker telah tergabung. Dalam wawancara singkatnya, Nandar Gunawan selaku Director Harcourts Indonesia mengatakan, meski konsentrasi terbesar bisnis broker masih terfokus di wilayah Jabodetabek. Pihaknya menargetkan 30 kantor agent properti dapat beroperasi hingga desember tahun ini. “Kami telah juga melirik ke wilayah Timur Pulau Jawa. Kota Surabaya segera kami buka kantor kedua, begitu pun di Kota Bali,” ungkap Nandar Gunawan di sela-sela acara Mid Year Award 2012 Walau masih terbilang pemain baru di industri bisnis properti, dari segi perkembangan dan penyebaran kantornya, Harcourts Indonesia dapat dikatakan tercepat. Kurun waktu yang relatif singkat, kantor broker sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Iklan Properti rumah123.com | September 2012

7


Headlines

Perkantoran di TB Simatupang, Genjot Pasar Perumahan di Selatan Jakarta

Maraknya pertumbuhan perkantoran di wilayah non central business district (CBD) seperti di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, menjadi pemicu optimisme pengembang di kawasan yang punya kemudahan akses ke sana. Naskah: Ferdinand Lamak & Haryanto / Foto: Dedy Mulyadi & Haryanto Perkantoran di Kawasan TB Simatupang

P

ada 2012 ini, hampir semua lembaga riset properti memprediksi, kawasan TB. Simatupang akan menjadi kawasan konsentrasi perkantoran baru. Paling tidak, hal itu yang terungkap dari laporan resmi mereka setelah melihat perkembangan teranyar di kawasan ini. Associate DirectorResearch Colliers International Ferry Salanto mengatakan, pasar perkantoran di TB. Simatupang kedepannya, akan bersaing ketat. "Kami perkirakan pada 2014 nanti, perkantoran akan menumpuk di TB. Simatupang. Banyak proyek yang akan rampung. Akan ada suplai ruang perkantoran baru sekira 451.390 meter persegi (m2) di sekitaran TB. Simatupang pada 2013-2014, dan semuanya akan bersaing ketat," kata Ferry saat memaparkan hasil riset dan laporan Jakarta Real Estate kuartal-II 2012, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, saat ini permintaan untuk perkantoran baik sewa maupun jual (strata tittle) di kawasan seputar Jalan TB. Simatupang tergolong masih tinggi. "Banyak perusahaan dari sektor minyak (oil company), pertambangan dan consumer gross yang tidak terlalu mementingkan bonafit, atau yang harus kelihatan kantornya, lebih memilih kawasan TB. Simatupang ini," ujarnya. Berdasarkan data hasil riset Colliers International, yang merupakan lembaga konsultan properti global, menunjukkan, ada beberapa gedung atau menara perkantoran yang rencananya akan rampung pada 2014 nanti, di antaranya The Manhattan Square, South Quarter 1,2,3, Graha Elnusa 2, dan 18 Office Park.

“Kawasan TB Simatupang akan mendapat dampak yang bagus, karena kawasan ini bisa memiliki akses langsung ke bandara� - ANTON SITORUS

Ferry mengatakan, selain di kawasan CBD, daya tarik untuk perkantoran memang masih tinggi di wilayah Jakarta Selatan (non CBD), karena image wilayahnya yang cukup bagus dan banyak kaum ekspatriat yang tinggal di sana. Ini juga dilihat dari tingkat okupansi yang tinggi setiap tahunnya. Baik di dalam CBD maupun di luar CBD okupansi perkantoran rata-rata mencapai 90 persen lebih. "Di TB. Simatupang sendiri banyak gedung tua yang mengalami perlambatan okupansi, saat ini mulai berbenah, memperbaiki gedungnya untuk lebih bisa menarik konsumen," tambahnya. "Permintaan yang tinggi juga diikuti kenaikan harga area perkantoran, baik sewa maupun strata. Hingga kuartal-II 2012, harga sewa perkantoran di Jakarta rata-rata Rp120 ribu/m2 per bulannya, sementara untuk strata, bisa lebih dari Rp25 juta/m2," terang Ferry. Menurutnya, dibandingkan kuartal IV-2011, pada kuartal II-2012 terjadi peningkatan 13 per share. "Sejak 2008, setiap tahunnya harga area perkantoran naik 30 persen. Kami juga melihat opsi untuk memilih perkantoran strata tittle akan meningkat pada 2013 nanti. Karena konsumen cenderung mempertimbangkan biaya akumulatif dalam jangka waktu yang panjang," imbuhnya. Sementara itu, Anton Sitorus, Kepala Riset Jones Lang LaSalle Indonesia mengatakan, kini di kawasan TB. Simatupang mulai hadir perkantoran strata-title. Tercatat beberapa kompleks perkantoran strata-title mulai ditawarkan, antara lain Menara GKM, South Quarter, 18 Office Park, dan Manhattan. PT Intiland Development Tbk (DILD) pada Juni silam telah meluncurkan proyek perkantoran mereka di Jalan TB. Simatupang, Lebak Bulus. Perkantoran ini diberi nama South Quarter. Perkantoran ini siap disewakan pada harga US$ 15 per m 2. Menurut Direktur Executive Business Development PT Intiland Development Tbk (DILD) Utama Gondokusumo, South Quarter menjadi alternatif ruang bagi para perusahaan yang berminat menyewa ruang perkantoran (tenant) di Selatan Jakarta. Bangunan ini masuk klasifikasi grade A yang terdiri dari tiga menara.

8

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Intiland siap memperkenalkan South Quarter pada triwulan III-2012 dan masuk tahap kontruksi di akhir tahun ini. South Quarter memiliki luas lahan 7 hektar. Pada tahap awal akan tersedia 120 ribu m2 ruang perkantoran siap sewa dan 9.000 m2 area ritel. "Ruang perkantoran dikerjakan selama 30 bulan dan siap beroperasi akhir 2014," katanya. Profil tenant South Quarter adalah perusahaan oil and gas dengan dukungan fasilitas bagi ekspatriat, seperti sekolah dan hospitality. Dalam jangka panjang, South Quarter juga akan mengembangkan perkantoran strata title dan residensial siap jual. Selain Grup Intiland yang membangun South Quarter, Anton menyebut pengembang lain yang masuk kawasan ini adalah pemain baru di dunia properti. Awalnya mereka masuk ke Simatupang dahulu, karena daerah ini sangat menarik. Lantaran kawasan Simatupang dikenal sebagai lokasi perkantoran perusahaan asing, terutama yang bergerak di bidang oil & gas dan non-finansial, maka Anton memprediksi peminat kantor strata-title di kawasan ini terutama adalah vendor dan suplier yang merupakan partner perusahaan multinasional tersebut. Anton juga bilang, perkantoran strata-title akan semakin tumbuh di Simatupang, tetapi jumlahnya masih lebih kecil dibanding perkantoran sewa. Pengembang lain yang juga berencana membangun gedung perkantoran di kawasan ini adalah Adat Bima Prawira. Pria asal Malang ini memang tahu betul manisnya pasar di kawasan ini. Pasalnya, ia telah sukses mengembangkan perumahan elit Green Andara Residence di kawasan Cilandak, tak jauh dari TB. Simatupang. Kini, dengan bendera barunya PT Abbeyterra Property, ia sedang merencanakan untuk mengembangkan gedung perkantoran di seberang kantor Departemen Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Bima mengamini prediksi sejumlah pengamat akan gairah pasar perkantoran di kawasan itu sebagai impact dari sudah menumpuknya permintaan di kawasan CBD, juga tingkat kemacetan di tengah kota yang sudah semakin parah. Akses ke TB. Simatupang Salah satu pemicu melonjaknya kawasan ini sebagai pusat perkantoran baru di masa depan adalah kemudahan akses tol dan posisinya yang dekat dengan perumahan menengah ke atas

serta permukiman ekspatriat. “Apalagi jika jalan tol JORR W2 yang menghubungkan Kebon Jeruk dengan Ulujami rampung, tentu kawasan TB Simatupang akan mendapat dampak yang bagus, karena kawasan ini bisa memiliki akses langsung ke bandara,” jelas Anton lagi. Sebagaimana diketahui, akses ke TB. Simatupang kini relatif lebih mudah bagi mereka yang tinggal di sepanjang ruas JORR yang menghubungkan Serpong dan Tanjung Priok, juga dari kawasan sepanjang ruas tol Jagorawi dan Cikampek. Mulai dari mereka yang tinggal di perumahan seperti Jakarta Garden City di Cakung, Lippo Cikarang atau Grand Wisata di Bekasi, Metland Cibubur di Cileungsi dan Sentul City di Bogor, hingga penghuni kawasan Bintaro dan Serpong, semuanya memiliki akses yang relatif lebih mudah ke TB. Simatupang, ketimbang ke CBD. Itu sebabnya, menurut Anton, demand di sini masih kuat dan tren perpindahan kantor dari CBD ke Simatupang akan terus berlanjut. Alasannya, di kawasan CBD sudah terlalu macet, dan harga sewa lebih mahal,” tutur Anton. Perusahaan yang tidak terlalu butuh prestise menurut dia, biasanya akan memilih berkantor di TB. Simatupang, karena itu adalah pilihan terbaik. Sementara, untuk perusahaanperusahaan lokal yang lebih yang lebih mementingkan gengsi, akan tetap memilih kawasan CBD.

Lokasi South Quarter

Simatupang, Dorong Pasar Hunian di Sekitarnya Bagi sebagian pengembang perumahan terutama mereka yang memiliki lahan di kawasan yang punya kemudahan akses ke TB Simatupang, tren kehadiran pusat perkantoran baru ini menjadi kabar baik. Target pasar pun diarahkan kepada para profesional dan ekspatriat yang bekerja di kawasan ini. Seperti Darwinson Munthe, Marketing Director Cinere Agung Residence. Pengembang perumahan di kawasan Cinere ini mengatakan, pihaknya memang menjadikan karyawan perkantoran di kawasan TB. Simatupang sebagai target pasarnya. “Semua sekarang mulai melirik ke kawasan Cinere, apalagi dengan rencana tol baru Cijago II itu akan mengangkat perumahan di sekitar Cinere. Yang paling penting adalah, kalau perkantoran di TB. Simatupang naik, maka kawasan Cinere pun akan ikut terdongkrak naik. Jadi faktor TB. Simatupang dan tol menjadi pendongkrak utama naiknya perumahan di kawasan ini,” tuturnya.

Perumahan di Depok – Cinere Terdongkrak TB. Simatupang dan Tol Cijago Naskah: Haryanto / Foto : Dedy Mulyadi

Menurut Darwinson Muthe, Marketing Director PT Sarlindo Utama, pengembang Cinere Agung Residence, selain Jakarta, pihaknya melirik konsumen di kawasan Cinere, apalagi adanya rencana tol Cijago. “Kehadiran tol seperti akan mampu mendongkrak nilai jual properti di sini. Pintu tol tersebut nantinya hanya 500 meter dari perumahan kami,” ucapnya. Rencana pembangunan Tol Cijago Seksi II memang membawa pengaruh terhadap penjualan Cinere Agung Residence. “Belum ada setahun, rumah yang terjual sekitar 45 unit dari 131 unit. Kami berharap hingga akhir tahun 50 persen unitnya sudah dapat terjual,” harap Darwinson. Kebanyakan pembeli Cinere Agung Residence berasal dari kawasan TB. Simatupang dan Fatmawati. Harga yang dijual per unitnya mulai Rp239 juta untuk tipe 36 meter persegi. Lalu harga Rp430 untuk tipe 45 meter persegi. “Saat ini, perumahan kami sudah naik 10%, dari Rp228 juta harga awal. Dalam waktu 4 bulan, pembeli perumahan ini mendapatkan capital gain sebesar 10%,” ungkap Darwinson. Sementara Imam Sulistio, Manager Cinere Residence mengungkapkan rencana pembukaan Tol Cijago Seksi II akan mendongkrak harga tanah di kawasan Cinere naik. “Harganya sempat naik dua kali lipat. “Saat ini NJOP tanah di kawasan Cinere telah Rp1,5 juta per meter. Kalau kami jual ke konsumen, harga tanah mulai Rp2 juta per meternya,” jelasnya.

D

epok adalah sebuah kawasan hunian yang sangat unik. Lokasinya benar-benar nempel dengan Jakarta Selatan. Aksesbilitasnya juga relatif bagus. Bisa dijangkau dengan kereta api (KA) – karena dilalui jalur ganda KA Jakarta – Bogor, dengan frekuensi perjalanan setiap 15 menit sekali. Cuma jalur tol yang tidak bisa langsung masuk ke Depok. Berjalannya waktu, sekitar awal tahun 2012 telah dioperasikan Tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi I. Karena eksebilitasnya makin mudah dijangkau oleh jalur Tol, tak heran jika banyak perumahan yang tumbuh. Disana mulai bertebataran mulai dari kelas sederhana hingga atas dan lokasinya rata-rata melekat di jalur tol itu.

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

Wajar jika Depok mulai dilirik para pengembang untuk membangun perumahan bagi kelas menengah atas. Dengan rencana pembukaan jalur-jalur jalan baru itu, maka dipastikan aksesbilitas Depok ke Jakarta makin mudah. Di jalur ini, paling tidak ada lima perumahan yang masih memasarkan rumah-rumahnya, antara lain, Cinere Agung Residence, Cinere Residence, Grand Cinere, Griya Utami dan Mutiara Sentosa. Tak sekadar harga, perumahan-perumahan itu menawarkan lokasi yang tak jauh dari Jakarta, walaupun areanya masuk wilayah Depok. Banyaknya perkantoran di kawasan Jalan TB. Simatupang jadi target marketnya.

Dengan rencana pembukaan jalur-jalur jalan baru itu, maka di masa mendatang aksesbilitas Depok ke Jakarta makin mudah. Dan Depok pun akan muncul sebagai pusat pertumbuhan baru di selatan Jakarta. Karena itu, prospek bisnis properti di Depok akan sangat menjanjikan di masa mendatang. Apalagi dengan posisi TB Simatupang sebagai pusat perkantoran baru di selatan Jakarta. Kemanakah para karyawan di perkatoran itu akan mencari hunian yang mudah mengakses tempat kerja mereka, jika bukan di Depok-Cinere? Karena itulah, membeli rumah di kawasan Depok menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.

9


Kilas Pasar

KENYAMANAN VISUAL LEWAT

IPS LG

Saat ini, pasar monitor komputer diramaikan dengan hadirnya sebuah teknologi canggih. Seperti teknologi In-Plane Switching yang tidak membuat mata lelah. Naskah: Haryanto / Foto: Dedy Mulyadi

L

etih. Mata terasa perih. Itulah yang sering terjadi saat Anda berjam-jam menatap monitor komputer saat bekerja. Boleh jadi, Anda lalu menganggap bahwa beban kerja Anda terlalu banyak. Wah, jangan lantas menuduh. Sebab, penyebab keletihan bisa dari hal ini layar monitor LCD Anda. Ya, monitor memang melelahkan mata. Cahaya langsung dipantulkan ke depan dan samping: mengarah langsung ke pemakai. Alhasil, saraf mata pemakai kelelahan menerima cahaya tersebut. Kisahnya lain bila Anda menggunakan teknologi In-Plane Switching (IPS) yang dibenamkan monitor komputer saat ini. Teknologi IPS dapat mendukung perpindahan warna sangat lembut sehingga dapat menunjang kegiatan santai penggunanya. Misalnya, saat Anda bermain game dengan adegan laga semacam Battlefield, gambar akan semakin nikmat ditangkap mata secara halus tanpa adanya distorsi seperti gambar tampak kabur. Hal ini dikarenakan sederet monitor berlayar IPS ini memiliki kecepatan waktu respon (response time) istimewa yaitu 5ms (mili second). Tak sekadar itu, teknologi IPS juga menawarkan sudut pandang yang luas mencapai 178 derajat. Dus, si pengguna dapat leluasa bermain atau menikmati konten lain pada kesemua monitor dalam segala posisi. Sehingga kualitas warna yang mumpuni pada layar dapat dinikmati saat duduk, berdiri ataupun posisi berbaring. Hal ini sangat berlawanan dengan monitor teknologi lain yang mempunyai sapuan sudut pandang lebih sempit. Nah dengan berbekal itulah monitor dengan teknologi IPS, pengguna tak akan temukan lagi rasa lelah pada mata dan kepala pusing saat berlama-lama bekerja atau bermain menggunakan monitor.

B

erawal dari menciptakan kepala ikat pinggang pertama oleh Tokuji Hayakawa pada 1912. Lalu, penciptaan inovasi pensil mekanik ‘Ever-Sharp’ di 1915 mulailah perusahaan Sharp popular di belahan dunia. Itulah segelintir kisah bagaimana Sharp melakukan penciptaan produk inovatif. Kini memasuki memasuki usianya yang ke-100, Sharp Corporation berkomitmen memberikan kontribusi positif kepada seluruh konsumennya di seluruh dunia. Di Tanah Air, peringatan 100 tahun tersebut bertajuk ‘Apresiasi Seratus’ mengajak masyarakat untuk mengetahui perjalanan panjang sejarah perusahaan melalui evolusi teknologi dan desain produk Sharp hingga saat ini. Pihak Sharp juga mengadakan pameran selama 4 hari dimulai dari 13-16 September 2012 di Atrium Senayan City, Jakarta.

Fumihiro Irie selaku President Director PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) mengatakan peringatan HUT dijadikan momentum bagi Sharp untuk mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. “Saya berharap Sharp menjadi pilihan utama di Indonesia. Dan terus meningkatkan produk yang dihasilkan,” jelasnya saat acara Sharp Apresiasi Seratus di Jakarta (13/9). Sementara itu, Senior General Manager Brand Strategy Group PT Sharp Eelectronics Indonesia, Yukihiro Nono mengungkapkan hasil penjualan produk-produk Sharp seperti LCD TV, AC dan air purifier akan didonasikan. “Donasi ini guna membantu memperbaiki kondisi kesehatan anak-anak kekurangan gizi di Indonesia agar dapat tumbuh sehat dan menjadi penerus bangsa yang hebat,” paparnya.

Monitor berteknologi IPS itulah yang dikeluarkan oleh produsen elektronik LG. Menurut Susanto, Product Manager IT Product PT. LG Electronics Indonesia, berdasarkan riset yang dilakukan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) membuktikan bahwa penggunaan monitor komputer dengan berpanel IPS membuat kenyamanan visual mata. “Monitor berpanel IPS memiliki near point convergence (indikator mata lelah) yang lebih kecil, dan macular recovery time (waktu pemulihan retina) yang lebih singkat dibandingkan monitor Non-IPS,” tandas Susanto saat peluncuran monitor Super LED IPS LG di Jakarta (13/9). Jajaran monitor Super LED IPS milik LG ini hadir dalam empat varian. Diantaranya seri monitor berpanel IPS hadir dengan teknologi 3D (tiga dimensi) pada LG TM2792D dan LG D2343P. Keduanya pun masih mengusung teknologi film patterned retarder (FPR) di dalamnya. Lalu, selain dua monitor 3D ekstra nyaman, LG juga menghadirkan dua monitor seri IPS seperti LG IPS237L dan LG IPS224V. Keduanya pun hadir dengan ukuran layar yang berbeda yaitu 23 inci untuk LG IPS237L dan pada IPS224V LG menawarkan dimensi layar sebesar 22 inci. Dan yang jelas, lazimnya berpanel canggih LG tersebut tak meletihkan mata. Ingin tahu harganya? Ternyata, Anda butuh merogoh kantong lebih dalam. Dipasaran seri LG TM2792D berkisar Rp7,500,000. Lalu untuk LG D2343P dibandrol dengan Rp3,400,000 per unitnya. Dua unit kacamata 3D pun dapat dikantongi secara cuma-cuma pada tiap pembelian. Sementara dengan tampil elok warna hitam yang eksotis seri IPS237L seharga Rp2.600.000. Dan dengan Rp2.200.000 untuk LG IPS224V.

SEMARAK

100 TAHUN SHARP

Kehadirannya selama seratus tahun dalam mengeluarkan produk berteknologi memberikan kemudahan bagi umat manusia. Dialah Sharp produsen elektronik asal Negeri Matahari Terbit. Naskah: Haryanto / Foto: Dedy Mulyadi

Jajaran manajemen PT. Sharp Electronics Indonesia.

12

Dalam rangka 100 Tahun Sharp menggelar pameran yang menampilkan beberapa produknya.

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Tanah

Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

ID Listing: hos679303

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 7,400,000,000 -0 -3 -4

-2

Mike Trisia, 0811892929 ID Listing: hos664340

Pondok Labu, Jakarta Selatan IDR 2,650,000,000 -1 -3 -4

-1

Widowati, 081281964954

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 2,400,000,000 -0 -3 -4

-0

Lily, 081298027790

Cipete, Jakarta Selatan IDR 8,250,000,000 -0 -4 -5

-0

Chairumi, 081381051963

Kebayoran Baru, Jakarta Seltan IDR 19,000,000,000 -1 -6 -2 -6 Tita, 08128043015

Pondok Labu, Jakarta Selatan IDR 1,600,000 /m² -0 -0 -0

-0

Ratih Rachmayanti, 08568693123

BSD, Tangerang IDR 1,600,000,000 -2 -3

J R

Cilandak, Jakarta Selatan IDR 10,500,000,000 -1 -3 -5

-2

ID Listing: hos719354

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 2,600,000,000 -0 -3 -4

ID Listing: hos761364

-1

Jagakarsa, Jakarta Selatan IDR 8,500,000,000 -0 -5 -5

-0

J R

-1

Achsyim Alex, 08129420802

-0

ID Listing: hos751437

-3

ID Listing: hos746609

J R

Kemang, Jakarta Selatan IDR 13,500,000,000 -2 -5 -6

-6

ID Listing: hos670844

J R

Cipete, Jakarta Selatan IDR 7,500,000,000 -0 -5 -5

ID Listing: hos751384

-0

-1

ID Listing: hos752898

-2

-2

Popo, 087788127662

J R

ID Listing: hos741796

J R

Tanjung Barat, Jakarta Selatan IDR 2,800,000,000 -0 -5 -0 -5

Anna Susanti, 081310747410

Anna Susanti, 081310747410

BSD, Tangerang IDR 2,000,000,000 -3 -4

J R

-1

-2

Erwin Adimulya, 08563004279

ID Listing: hos560626

BSD, Tangerang IDR 4,300,000,000 -4 -5

J R

-1

Mayke, 087778526908

-0

Lisnataty Amriausal, 08128052334 ID Listing: hos717082

J R

Cipete, Jakarta Selatan IDR 7,500,000,000 -0 -2 -4

-0

ID Listing: hos687518

J R

Cilandak, Jakarta Selatan IDR 10,000,000,000 -1 -6 -5

ID Listing: hos759958

-2

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 4,100,000,000 -1 -3 -6

-1

Cipete, Jakarta Selatan IDR 3,600,000,000 -1 -5 -5

-2

BSD, Tangerang IDR 1,050,000,000 -2 -3

-4

-0

Parjoe Ardyanto, 0887771177373 ID Listing: hos735783

BSD, Tangerang IDR 4,250,000,000 -5 -5

J R

-1

Irma, 0818783459

-0

Yupi Harun, 081219198929 ID Listing: hos758526

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 12,000,000,000 -1 -4 -4

ID Listing: hos744835

-4

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 3,500,000,000 -1 -3 -3

ID Listing: hos741029

-1

J R

Cilandak, Jakarta Selatan IDR 2,850,000,000 -0 -3 -4

ID Listing: hos741843

-2

-1

ID Listing: hos762653

BSD, Tangerang IDR 1,900,000,000 -2 -3

-2

-0

Dewi Xue, 082173212121 ID Listing: hos701241

BSD, Tangerang IDR 1,600,000,000 -2 -3

-0

ID Listing: hos754790

Cinere, Depok IDR 900,000,000 -3 -3

J R

-1

-1

Tatang Muttaqien, 08161955573 ID Listing: hos759971

J R

Cipete, Jakarta Selatan IDR 5,000,000,000 -0 -3 -4

-0

Muhamad Yusli, 08158061174 ID Listing: hos741054

J R

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan IDR 36,000,000,000 -1 -4 -2 -5

ID Listing: hos742973

Bintaro, Jakarta Selatan IDR 1,300,000,000 -0 -3 -4

J R

-0

ID Listing: hos757802

Cengkareng, Jakarta Barat IDR 3,600,000,000 -1 -3 -3

J R

-0

Suharti, 081282623952

J R

-1

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 39,000,000,000 -0 -4 -5

Ratih Rachmayanti, 08568693123

J R

-1

J R

Faisal Avico, 01807075232

J R

Ampera, Jakarta Selatan IDR 4,600,000,000 -1 -4 -4

ID Listing: hos757707

Yupi Harun, 081219198929

Joni Efendi, 081282696470

J R

-0

Cipete, Jakarta Selatan IDR 5,500,000,000 -0 -5 -5

Faisal Avico, 01807075232

J R

ID Listing: hos765108

J R

Muhamad Yusli, 08158061174

J R

ID Listing: hos748044

ID Listing: hos743449

Tatang Muttaqien, 08161955573

Joni Efendi, 081282696470

Tanjung Barat, Jakarta Selatan IDR 1,600,000,000 -0 -4 -0 -6

ID Listing: hos643740

Cipete, Jakarta Selatan IDR 3,100,000,000 -0 -4 -4

Dedi, 081282224062

J R

Pondok Labu, Jakarta Selatan IDR 2,600,000,000 -1 -3 -4

J R

Nur Lela, 08179907993

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 5,000,000,000 -1 -2 -4

ID Listing: hos744383

Tri Damayanti, 08128211065

Dedi, 081282224062

J R

Lebak Bulus, Jakarta Selatan IDR 2,250,000,000 -1 -3 -3

Kemang, Jakarta Selatan IDR 11,500,000,000 -0 -4 -5

Nur Lela, 08179907993

J R

ID Listing: hos741351

J R

Tri Damayanti, 08128211065

Tita, 08128043015

J TM2

ID Listing: hos702555

ID Listing: hos717876

ID Listing: hos746599

Lisnataty Amriausal, 08128052334

Chairumi, 081381051963

J R

ID Listing: las80339

-0

Lily, 081298027790

J R

ID Listing: hos741078

Lebak Bulus, Jakarta selatan IDR 3,000,000 /m² -0 -0 -0

Widowati, 081281964954

J R

ID Listing: hos761286

J TM2

Mike Trisia, 0811892929

J R

ID Listing: hos719739

ID Listing: las82129

-1

Sari Indriaswati, 081385512650

ID Listing: hos760525

Gading Serpong, Tangerang IDR 2,500,000,000 -1 -3 -3

J R

-3

Asmawati Mihardja, 081517488706


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

ID Listing: hos763464

Karawaci, Tangerang IDR 750,000,000 -3 -3

J R

-0

Rose, 08129407894

-0

ID Listing: hos736549

Karawaci, Tangerang IDR 650,000,000 -2 -2

J R

-0

-0

Zakaria Putra Siregar, 085793466638

ID Listing: hos758048

Cibubur, Jakarta Timur IDR 3,500,000,000 -1 -4 -4

J R

-2

021-7207979

Hanna, 08568926161

ID Listing: shs90891

J RK

Serpong, Tangerang IDR 1,300,000,000 Total -0 -0 -0

-0

Hanna, 08568926161

PROPERTY 1 ne MEDAN KOTA

14

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Informasi

Properti Agen Telp: 581 1991

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

15


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

PROPERTY 1 ne MEDAN KOTA

16

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Informasi

Properti Agen Telp: 581 1991

021-7207979

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

17


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

021-7207979

18

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Informasi

Properti Agen Telp: 581 1991

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

19


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

021-7207979

20

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Informasi

Properti Agen Telp: 581 1991

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

21


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

22

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

23


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

RE&NEW Telp. 0361 - 8956448 Denpasar - Bali

24

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Heavenly

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

25


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Harcourts BALI

26

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

Iklan Properti rumah123.com | September 2012

27


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

28

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Bisa diperoleh di: PICK-UP POINT and Distribution Area Kinara & Fez Lounge: Jl. Kemang Raya no 78B Jakarta Selatan Coffee Club: Pasific Place 3rd Floor Jakarta Vin+: Jl. Kemang Rayano 45B, Jakarta Selatan CafĂŠ O La La Cikini, Hotel Formula, Jakarta Pusat Sari Pan Pasific: Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat Fish & CO: Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat Bengawan Solo Coffee: Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat Coffee and Friends: MH Thamrin no 5 Plaza BII, Jakarta Pusat Mr Pancake: Mall Puri Indah, Jakarta Barat Jittlada: Grand Indonesia GD I East Mall, Jakarta Pusat Jakarta Selatan Perumahan Kalibata Indah, Siaga Residence, Area Perumahan di kawasan: Tanjung Barat, Pejaten, Pancoran, Pasar Minggu dan Jagakarsa. Jakarta Barat Green Garden, Citra Garden I, Citra Graden II, Green Ville, Puri Gardenia, Puri Indah

Jakarta Utara Puri Marina Ancol, Pantai Indah Kapuk, Perumahan Kelapa Gading, Perumahan Sunter Bekasi Jatibening Estate, Kemang Pratama, Perumahan Galaksi, Cikunir, Jakasampurna Cibubur Raffles Hills, Kota Wisata, Cibubur Residence, Citra Grand, Legenda Wisata, Cibubur Indah Tangerang Area Lippo Karawaci, Graha Bintaro, Cluster Grande, Griya City, Perumahan Alam Sutera, Graha Raya

Atau hubungi: (021) 7819222 (bagian sirkulasi)


Legend:

J Jual S Sewa R Rumah A Apartemen RK Ruko TM2 Tanah

30

Iklan Properti rumah123.com | September 2012


Tabloid Rumah123.com  

Tabloid bulanan yang menyajikan berita mengenai perkembangan properti di Indonesia ditambah sajian listing rumah yang dijual di sekitar Deja...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you