Issuu on Google+

KONFIGURASI JARINGAN INTERNET Nama : Kurnia Eka Saputra Kelas : XII.TKJ1


HUBUNGAN CLIENT SERVER Server merupakan host yang menyediakan informasi atau layanan ke host lain yang terhubung pada suatu jaringan. Sementara Client merupakan host yang menerima informasi atau layanan dari Server. Untuk melihat halaman web pada Web Server, Client menggunakan Web Browser.


BEBE RAPA J SERV ENIS ER

 DNS S erve  Telnet r  Mail S Server erve  DHCP r  Web S Server e  FTP Se rver rver


l o c o t o r P n o i t a l c o i l c p o t o n Ap r a P k l t u o r k c o a o p l t s e o r m P l k Tran o r a c t o o a t w t d o r e n P n e r s n e s m a t e e g j c In n a c ri n A a a j k m r g o u n t i u w t a b e y u N i h s g g n n e fu p i a s u i d m s n a r t n a d . k i DA s i A f P L O K O RVER

   

T E O S R T P N N E I A L R C I PE S A IK N U KOM


PROTOKOL TRANSPORTASI ď‚—

TCP

Memecah pesan menjadi potongan-potongan kecil yang dikenal sebagai segmen. Segmen diberi nomor secara berurutan dan diteruskan ke proses IP untuk dirakit menjadi paket. TCP melacak jumlah segmen yang telah dikirim ke host tertentu dari aplikasi tertentu. Jika pengirim tidak menerima pengakuan dalam jangka waktu tertentu, dia menganggap ada segmen yang hilang dan segera meminta lagi ke mereka . Hanya sebagian dari pesan yang hilang yang keluar, bukan seluruh pesan . ď‚—

UDP

Tidak perlu pengakuan dari pengirim ketika paket telah sampai atau belum. Namun UDP memastikan bahwa paket yang dikirim akan sampai dengan baik.


NOMOR PORT TCP/IP ď‚— Destination Port

Merupakan port yang dituju. Biasanya port ini berada pada server. Dan telah ditentukan secara mutlak. Contohnya untuk mengakses Web Server menggunakan port 80 pada server sedangkan untuk mengakses FTP Server menggunakan port 21. ď‚— Source Port

Merupakan port pada client. Port ini dihasilkan secara acak oleh perangkat untuk mengidentifikasi percakapan antara dua perangkat.


DOMAIN NAME SERVER Banyak server di dunia ini. Server - server tersebut pastinya membutuhkan IP. Namun bagaimana mungkin kita hafal ribuan IP pada server - server tersebut. Oleh karena itu DNS mengganti alamat IP menjadi Nama Server agar mudah diingat dan terorganisir. Permintaan yang dikirim Client ke Server untuk mengkases Web Server melalui port 80 menggunakan HTTP. Isi informasi suatu Web Page dikodekan menjadi bahasa khusus, yaitu HTML, XML, dan XHTML. Protokol HTTP bukanlah protokol yang aman, informasi mudah diserap oleh pengguna lain. Untuk memberikan keamanan data HTTP dikirim ke port 443 dan pada browser ditulis "https:" bukan "http:" .


FTP CLIENTS & SERVER FTP berfungsi sebagai transfer file antara server dan client. Memungkinkan Client mendownload, upload, menghapus, maupun mengubah nama file pada sisi Server. Untuk mencapai hal tersebut, layanan FTP mengggunakandua port yang berbeda untuk berkomunikasi antara client dan server. Permintaan untuk memulai sesi FTP dikirim ke server menggunakan port tujuan 21. Setelah sesi dibuka, server akan berubah ke port 20 untuk mentransfer file data .


EMAIL CLIENTS & SERVER Mail Server menerima dan menyimpan email pengguna yang memiliki kotak pesan terkonfigurasi pada Server. Kemudian pengguna tersebut harus menggunakan Mail Client untuk mengakses Mail Server dan membaca pesan tersebut. Mail server juga digunakan untuk mengirim email yang ditujukan ke kotak pesan lokal maupun yang terletak di Server lainnya. Kotak surat diidentifikasikan dengan format user@company.domain Application Protocol yang mengelola email diantaranya SMTP, POP3, IMAP4.


PROTOCOL MAIL CLIENT & SERVER Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) Digunakan oleh Client untuk mengirim pesan ke Server lokal. Server lokal memutuskan apakah pesan tersebut ke kotak pesan lokal atau ke pada server lain. Jika Server mengirim pesan ke server lain, kedua server tersebut harus menggunakan SMTP. Permintaan SMTP dikirim ke port 25. Post Office Protocol (POP3) Server yang mendukung POP Client, menerima dan menyimpan pesan yang ditujukan ke user. Ketika Client terhubung ke Server, Pesan tersebut didownload dan secara otomatis terhapus pada server. Client menghubungi POP3 Server pada port 110. Internet Message Access Protocol (IMAP4) Server yang mendukung IMAP Client juga menerima dan menyimpan pesan yang ditujukan ke user. Pesan yang terdapat pada server tersebut tidak akan terhapus hingga user mengahapusnya sendiri. IMAP mndengarkan permintaan Client pada port 143.


HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM KONFIGURASI MAIL CLIENT

 Nama Server POP3 atau IMAP4  Nama Server SMTP  Nama Pengguna  Kata Sandi Pengguna  SPAM dan penyaringan virus


IM CLIENTS & SERVER IM software dijalankan secara lokal pada setiap komputer dan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi atau chatting melalui internet secara realtime. Banyak aplikasi IM yang berbeda yang tersedia dari berbagai perusahaan. Setiap layanan pesan instan dapat menggunakan protokol yang berbeda dan port tujuan, sehingga dua host harus memiliki Software IM kompatibel yang terpasang bagi mereka yang berkomunikasi. Client harus mempunyai Username dan Password untuk mengaksesnya. Setelah login, Client dapat mengirimkan pesan, gambar, suara, video, bahkan videocall secara real-time.


VOICE CLIENTS & SERVER Saat ini, setiap orang bisa menelpon melalui internet. IP Telephone memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) yang menggunakan paket IP untuk membawa suara digital sebagai data. Panggilan yang tertuju ke User lain pada layanan yang sama di internet dengan memilih username dari daftar. Panggilan ke telepon biasa memerlukan gateway untuk mengakses Public Switched Telephone Network (PSTN).


NOMOR PORT Port dikatagorikan menjadi tiga dari nomor 1 s.d. 65.535 yang dikelola oleh sebuah organisai terkenal yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ďƒ˜

Well-Known Ports digunakan untuk aplikasi jaringan yang umum. Port ini berkisar antara 1 hingga 1023.

ďƒ˜

Registered Ports sebagai Source Port atau Destination Port pada port 1024 hingga 49.1551 digunakan oleh Perusahaan untuk mendaftarkan aplikasi tertentu seperti IM.

ďƒ˜

Private Ports digunakan sebagai Source Port pada aplikasi apapun. Range Port ini antara 49.152 hingga 65.535 .


INTERAKSI PROTOKOL Komunikasi yang sukses antara host memerlukan interaksi antara jumlah protokol. Protokol ini diimplementasikan pada perangkat lunak dan perangkat keras yang terdapat pada setiap host dan perangkat jaringan. Interaksi antara protokol disebut juga protocol stack. Protokol juga memiliki lapisan, dari yang terendah hingga sampai yang tertinggi.


PROTOCOL STACK pada WEB SERVER     

Dari terendah hingga tertinggi Ethernet Protocol Internet Protocol (IP) Transmission Control Protocol (TCP) Hypertext Transfer Protocol (HTTP)


MANFAAT MODEL LAPISAN PROTOKOL 

Mengetahui fungsi masing - masing setiap lapisan protokol Meskipun Vendor berbeda namun kemampuan kerja tetap sama Mencegah perubahan teknologi yang mempengaruhi setiap lapisan Menyediakan bahasa yang umum dalam menjelaskan fungsi dan kemampuan jaringan


OPERASI PROTOCOL DALAM MENGIRIM DAN MENERIMA PESAN

 

Operasi dari Web Server ke Client Data dipecah menjadi segmen TCP yang diberi header port sumber & tujuan TCP dikemas dalam sebuah paket IP yang diberi header IP sumber & tujuan IP dikirim melalui Ethernet yang mengandung tujuan dan alamat MAC


MODEL OSI (Open System Interconnect)

Dikembangkan oleh International Standarization Organization (ISO) pada tahun 1984. Model OSI mempunyai tujuh lapisan. Setiap lapisan mempunyai fungsi dan tugasnya masing - masing.


LAPISAN MODEL OSI 

Physical Layer Data Link Layer

Network Layer

Transport Layer

 

Session Layer

Presentation Layer

Application Layer


LAPISAN MODEL OSI

 Layer 1 (Physical) : Fast Ethernet port  Layer 2 (Data Link) : Ethernet Mac Address  Layer 3 (Network) : IP Address  Layer 4 (Transport) : TCP port numbers


THANKS


Konfigurasi internet