Page 1

CMYK

CMYK

8

KEBUMEN EKSPRES

Senin Kliwon 28 Oktober 2013

BENI/EKSPRES

SERIUS : SIswa tampak serius menyimak materi tata tertib lalu-lintas.

BENI/EKSPRES

SAFETY RIDING CERIA : Keceriaan terpancar jelas di wajah siswa-siswi SMA N 1 Kebumen saat melaksanakan kegiatan safety riding. Mereka sangat mendukung pelaksanaan tata tertib berlalu-lintas di jalan raya.

Safety Riding SMA Negeri 1 Kebumen

Tertib Berlalu Lintas, Ciri-ciri Pelajar Beriman KEGIATAN Safety Riding tertib di sekolah dan sopan di jalan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kebumen ternyata mendapat sambutan baik dan antusias para siswanya, Sabtu (26/10). Pada kegiatan safety riding tersebut tidak hanya dihadiri oleh tim Harian Pagi Kebumen Ekspres dan Satlantas Polres Kebumen saja. Akan tetapi turut hadir pula memberikan pembinaan lalulintas dari kantor kementrian agama (Kemenag) Kebumen. Meski kegiatan safety riding kali ini tidak disertai dengan praktek halang rintang uji SIM seperti kegiatan safety riding sebelumnya, namun siswa-siswi SMA Negeri 1 Kebumen nampak ceria saat mengikuti berbagai materi yang disampaikan dari Satlantas Kebumen yang disampaikan oleh kak Jono Kirjo selaku Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kebumen dan pemateri

dari kemenag Kebumen yang disampaikan oleh kak Fahrudin SPdI dan kak Ismail SAg. Pasalnya dalam penyampaiannya dikemas dengan nuansa humor sehingga membuat susasana tidak tegang. Kak Jono menekankan agar siswa lebih berhati-hati sebelum berkendara. Selain itu, sebelum berkendara siswa juga dianjurkan untuk mengecek terlebih dahulu segala kelengkapan berkendara beserta kendaraanya. Siswa juga diberi contoh tata cara menggunakan helm, mengecek kondisi kendaraan dan berbagai cara saat berkendara dijalan raya yang benar.. Hal itu dilakukan sematamata untuk menjaga keselamatan. Sedangkan kak Fahrudin dan kak Ismail menjelaskan tentang tertib berlalu-lintas yang juga merupakan sebuah ibadah yang ditekankan oleh

agama. Bagi siswa yang tertib berlalulintas juga bisa dikatakan sebagai ciri siswa beriman. Karena didalam syariat Islam , manusia juga diminta untuk menjaga agama, jiwa,akal,harta dan kesopanan yang merupakan makna keseluruhan dari menjaga keselamatan. Salah satu tindakan menjaga keselamatan juga bisa dilakukan dengan tertib berlalu-lintas. Selama aktivitas berkendara dari mulai awal sampai akhir juga bisa digunakan sebagai ibadah. Dimana sebelum memulai berkendara diharapkan berdo’a terlebih dahulu, dan selama berkendara juga bisa dimanfaatkan untuk bertasbih atau berdzikir. Dengan begitu waktu yang dijalani selama berkendara termanfaatkan dengan maksimal untuk ibadah. Acara safety riding kemarin diakhiri dengan pemberian beasiswa kepada

kukan PKS adalah membantu mengatur lalu-lintas pada saat siswa SMA Negeri 1 Kebumen berangkat dan pulang sekolah.Tak hanya itu saja, kepada para anggota PKS juga selalu ditekankan untuk siap memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Tak hanya itu saja, untuk mengkondisikan banyaknya siswa yang ke sekolah dengan menggunakan kendaraan tapi belum mempunyai kelengkapan berkendara. PKS juga membuatkan aturan bahwa siswa yang boleh membawa kendaraan kesekolah adalah siswa yang sudah mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM) beserta surat kelengkapan kendaraan. “Aturan tersebut diterapkan agar meminimalisir tingkat kecelakaan lalu-lintas siswa-siswi SMA Negeri 1 Kebumen,” pungkasnya. (ben)

Bina Kesadaran Siswa KEGIATAN Safety Riding sangat membantu pihak sekolah dalam melakukan pembinaan kesadaran berlalu-lintas siswanya. Demikian dikatakan Drs H waldiyono M MPd, kepala sekolah SMA Negeri 1 Kebumen. Apalagi pembinaan tersebut berasal dari Satlantas dan Kementrian Agama.”Kalau anjuran berlalu-lintas dikaitkan dengan agama, kami yakin pembinaan lalu-lintas akan lebih maksimal,” ujarnya.(ben)

BENI/EKSPRES

BENI/EKSPRES

FOTO BERSAMA : Siswa SMAN 1 Kebumen berpose bersama menunjukan koran Kebumen Ekspres.

BENI/EKSPRES

siswa SMA Negeri 1 Kebumen yang berprestasi. Kemudian dilanjutkan dengan membubuhkan tanda tangan sejumlah siswa dan guru sebagai sebuah komitmen dalam melaksanakan program tertib disekolah dan sopan di jalan.(ben)

Canangkan Program Tertib Lalu Lintas SEBAGAI wujud kepedulian atas keselamatan anak didiknya, SMA Negeri 1 Kebumen ternyata sudah sejak lama menerapkan program tertib berlalu-lintas terhadap siswanya. Diantara program-program yang dilaksanakan yaitu mendorong keaktifan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang merupakan salah satu organisasi yang tugasnya mirip seperti Polisi namun bertugasnya diruang lingkup sekolah. Drs H waldiyono M MPd, Kepala SMA Negeri 1 Kebumen mengatakan, salah satu program yang dlakukan oleh PKS yaitu untuk mengamankan lalu-lintas, menertibkan peserta didik dalam hal yang berkaitan dengan lalu-lintas dan membuat aturan yang bersangkutan dengan lalu-lintas demi terciptanya ketertiban dan terciptanya keselamatan siswa di sekolah.. Dikatakan Waldiyono, salah satu kegiatan yang wajib dila-

BENI/EKSPRES

BERI MATERI : Kak Jono dari Satlantas Polres Kebumen tengah memberikan materi.

BENI/EKSPRES

SEMANGAT : Siswa berjanji akan mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

BENI/EKSPRES

DIBUKA : Pembukaan acara safety riding di SMAN 1 Kebumen.

BENI/EKSPRES

BANJIR PENONTON : Lapangan basket SMAN 1 Kebumen banjir penonton kegiatan safety riding.

Usia Remaja Masih Labil USIA remaja memang butuh sekali pembinaan berlalu-lintas. Menurut Bangkit Amirudin, siswa SMAN 1 Kebumen sekaligus Pemimpin Utama Putra (Pintama) Patroli Keamanan Sekolah (PKS), usia remaja tergolong masih labil dan gampang terpengaruh oleh lingkungan.”Kalau sering dibina, remaja diharapkan bisa konsisten mematuhi aturan lalu-lintas,” katanya.(ben)

Bisa Jadi Teladan SETELAH mengikuti kegiatan safety riding, Wahyu Putri Utami selaku Pemimpin Utama Putri PKS SMA N1 Kebumen mengaku semakin bersemangat untuk mempraktekkan semboyan organisasi PKS, yaitu Nagara Yanottama. “Dimana dalam semboyan tersebut artinya warga negara yang bisa menjadi teladan negaranya, salah satunya dalam berlalu-lintas yang baik,” tandasnya. (ben)

BENI/EKSPRES

ANTUSIAS : Peserta safety riding antusias mengikuti kegiatan hingga selesai.

BENI/EKSPRES

TANDA TANGAN : Siswa SMAN 1 Kebumen membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap tata tertib berlalu-lintas.

CMYK

Pdf safety riding oktober 2013 edisi 10  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you