Page 1

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

1


fly r e t t u B f o The Kinegctdaocumlar tower karst The Sp

r Paradise

re The Adventu

Paket Wisata Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Š 2013 Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Jln. Poros Maros-Bone Km.12, Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia, Telp.: 62-411-3880252, Fax.: 62-411-3880139, Kotak Pos 4747, Web site: www.tn-babul.org, Email: tn.babul@gmail.com

2

Penanggung Jawab : Ir. Sri Winenang, MM Pengarah : Dedy Asriady, S.Si Abdul Rajab, STP, MP Penyusun : Suci Achmad Handayani, S.Hut Tahari, S.Hut Fatmiah N., S.Hut Muh. Nurhidayat, S.Hut Kadriansyah Desain & Layout : Kama Jaya Shagir, S.Hut Peta : Chaeril, S.Hut Sumber Dana : DIPA 2013

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

STOP KORUPSI


T

aman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung memiliki luas Âą 43.750 ha berupa ekosistem hutan pegunungan bawah, Hutan hujan non dipterocarpaceae pamah dan hutan di atas batuan karst (forest over limestone) atau lebih dikenal dengan nama ekosistem karst dengan keanekaragaman hayati yang tinggi serta keunikan dan kekhasan gejala alam dengan fenomena alam yang indah. Keistimewaan lainnya, adalah Bantimurung dijuluki “The Kingdom of Butterflyâ€? oleh Alfred Russel Wallace karena kekayaan jenis kupu-kupunya. Terletak di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep menjadikan kawasan ini sebagai kawasan konservasi yang memiliki aksessibilitas yang cukup mudah dengan sarana angkutan umum yang tersedia setiap saat. Beragam jenis kegiatan wisata dapat dilakukan di dalam kawasan ini. Aktifitas wisata yang telah lama berkembang dan menjadi primadona adalah wisata tirta di Bantimurung. Saat ini kawasan TN. Bantimurung Bulusaraung mengembangkan 7 (tujuh) site sebagai objek wisata unggulan.

Š Kama Jaya Shagir

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

3


Sedikitnya 200 jenis kupu-kupu (Papilionoidea) teridentifikasi sampai tingkat species di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Š Saiful Bachri

4

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Asri

Kawasan Wisata Bantimurung

Lokasi: Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros

B

antimurung adalah primadona wisata alam Sulawesi Selatan. Sebagai objek wisata andalan, Bantimurung menyodorkan beragam atraksi wisata menarik. Air terjun yang mengalir deras, aliran sungai dengan tepian berbatu yang diapit kokohnya tebing terjal, serta sejuknya hawa menjadi suguhan yang mengundang banyak pengunjung. Bantimurung pun dikenal hingga ke mancanegara sebagai “The Kingdom of Butterfly�. Sebuah julukan yang diberikan oleh Alfred Russel Wallace (1857) karena keanekaragaman dan kelimpahan kupu-kupunya. Ini pulalah yang mendasari TN. Bantimurung Bulusaraung mengembangkan penangkaran kupukupu yang diusung dalam konsep Taman Kupu-kupu. Selain untuk kepentingan konservasi jenis, Taman Kupu-kupu ini berfungsi sebagai wahana pendidikan konservasi bagi masyarakat umum.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

5


Š Kama Jaya Shagir

Š Chuck Babbitt

Beragam aktivitas dapat dilakukan di kawasan wisata Bantimurung. Kesegaran air terjun mengundang para pengunjung untuk berwisata tirta. Atraksi kupu-kupu beterbangan beraneka warna menambah semaraknya suasana. Keindahan panorama ini pun dapat dinikmati dari atas ketika kita melayang menggunakan flying fox. Pengunjung pun dapat penyusuri keindahan aliran sungai hingga ke hulunya, di danau Kassi Kebo. Danau ini dikelilingi oleh tebing terjal dan dihiasi hamparan pasir putih di tepiannya. Danau ini lah yang menjadi habitat utama kupu-kupu Bantimurung. Di dekat danau terdapat Gua Batu yang menyajikan juntaian stalagtit dan tonjolan stalagmit serta keindahan ornamen gua lainnya. Di sisi sungai lainnya terdapat pula Gua Mimpi dengan ornamen yang tak kalah indahnya.

6

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


© Anung

© Rifa Riza

© Kama Jaya Shagir

Pemerintah daerah Kabupaten Maros dan Balai TN. Bantimurung Bulusaraung mengembangkan berbagai sarana dan prasarana wisata. Di sekitar air terjun terdapat beberapa Gazebo sebagai tempat wisatawan beristirahat. Tak hanya itu, mushola, toko souvenir, kolam renang anak, baruga pertemuan, toilet, area parkir, dan penginapan pun telah tersedia untuk mendukung kenyamanan berwisata. Lokasi Kawasan Wisata Bantimurung sangat strategis bisa dijangkau dari berbagai jurusan dan dilintasi oleh jalan lintas Kabupaten MarosBone menjadikan lokasi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini tak jauh dari Ibu Kota Provinsi. Dari Makassar hanya berjarak ± 42 km dan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pun hanya berjarak ± 24 km dan dapat ditempuh dalam waktu ± 1 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

7


Lukisan ini telah ada sejak 5.000 tahun yang lalu, dan situs ini telah didiami oleh manusia prasejarah selama 8.000 hingga 3.000 tahun sebelum masehi.

Š Saiful Bachri Š Muh Ridwan Wira

8

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Kamajaya Shagir

Kawasan Prasejarah Leang-leang

Lokasi: Desa Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros

T

aman Prasejarah Leang-leang menawarkan wisata sejarah budaya peradaban manusia purba. Tapak kehidupan manusia jaman prasejarah dapat ditelusuri di lokasi wisata ini. Lukisan telapak tangan manusia dan babi rusa yang terpampang di dinding-dinding gua serta beragam artefak menjadi bukti kehadiran manusia prasejarah di daerah ini. Panorama alam objek wisata ini pun sungguh menawan. Gugusan tebing batu dengan bentuk yang khas dan unik serta gunung-gunung batu yang kokoh menjulang menampilkan panorama khas landscape karst.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung

9


Š Chaeril

Selain menambah pengetahuan tentang peradaban manusia purba, berbagai aktivitas pun dapat di lakukan di sini. Di atas hamparan rumput yang hijau atau di tepian sungai yang mengalir jernih di pinggiran tebing, pengunjung pun bisa bersantai menikmati asrinya suasana. Lokasi ini pun cocok untuk kegiatan out bound. Demi menambah kenyamanan pengunjung, di area ini telah dilengkapi dengan rumah adat, baruga, shelter, toilet, jalur tracking, papan interpretasi, serta loket penjagaan. Lokasi ini berada tak jauh dari Kawasan Wisata Bantimurung, hanya berjarak Âą 9 km. Jika ditempuh dari Maros, maka Âą 3 km sebelum Kompleks Wisata Bantimurung, perjalanan berbelok ke arah utara sejauh Âą 6 km dari jalan poros Maros-Bone.

10 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Pemandangan batuan dan tebing karst di Taman Prasejarah Leang-Leang berdiri tegak mempesona dan karya seni rupa purbakala yang menakjubkan di gua-gua prasejarah.

Š Taufik Ismail

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 11


Surga bagi para petualang, lokasi panjat tebing terbaik bagi para Climbers, yaitu tebing Ta’deang, 45 Bislab, dan tebing Layar.

Š Muh Ridwan Wira

12 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Iccang Ninol

Kawasan Wisata Pattunuang Asue

Lokasi: Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros

I

nilah Surga Para Petualang. Beragam aktivitas petualangan yang menantang dapat dilakukan di sini. Pengunjung disuguhi banyak pilihan kegiatan alam bebas: panjat tebing di dinding karst yang menjulang terjal, susur gua di gua-gua vertikal maupun horizontal, susur sungai yang berbatu dan berair jernih, camping menikmati kehidupan alam bebas, tracking sepanjang jalur di dalam hutan, hiking di perbukitan batuan karst, atau hanya sekedar menikmati indahnya panorama alam.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 13


© BTN. Babul

Beraneka jenis tumbuhan dan satwa liar yang berkeliaran di habitat aslinya menambah serunya petualangan di alam bebas. Pattunuang adalah habitat bagi hewan unik dan langka, Tarsius fuscus. Pattunuang juga merupakan rumah bagi puluhan jenis burung. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat atraksi Soa-soa (Hydrosaurus amboinensis) yang berjemur di bebatuan tepian sungai. Adanya legenda “Biseang Labboro” atau perahu terbalik yang membantu di tepian sungai Pattunuang, menambah daya tarik objek wisata ini. Fasilitas pengunjung yang telah tersedia berupa shelter, toilet, jalur tracking, papan interpretasi, dan loket penjagaan. Aksesibilitas menuju objek wisata ini cukup mudah. Letaknya tak jauh dari Bantimurung. Hanya tinggal melanjutkan perjalananan ke arah Bone sejauh ± 3 km, lalu dari jalan poros Maros-Bone dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh ± 500 m menuju gerbang masuk Pattunuang.

14 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Tarsius fuscus terbatas penyebarannya di Semenanjung Barat Daya Sulawesi. Di antara lokasi habitatnya yaitu di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang juga dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama “Balau Cangke� Š Iqbal Abadi Rasjid

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 15


Melihat dari dekat Macaca maura saling bercengkrama di habitat alaminya dan keanekaragaman jenis flora dan fauna ekosistem karst. Š Kama Jaya Shagir

16 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Saiful Bachri

Kawasan Pengamatan Satwa Karaenta Lokasi: Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros

K

araenta adalah Laboratorium alam yang menawarkan beragam ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang menarik. Kekayaan jenis flora dan fauna serta keunikan landscape karst-nya sangat menarik untuk dieksplorasi. Bagi para pecinta lingkungan atau peneliti yang ‘haus’ akan ilmu alam, Karaenta merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di sini terdapat sekelompok Macaca maura. Dengan keahlian khusus petugas, kelompok kera hitam tersebut dapat berkumpul dan menjadi atraksi satwa di habitat alaminya.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 17


Š Saiful Bachri

Gugusan Eboni (Diospyros celebica) atau kayu hitam yang merupakan jenis kayu langka dan bernilai tinggi masih banyak dijumpai. Lokasi ini dapat dicapai dari Makassar dengan kendaraan roda empat sejauh Âą 56 km atau hanya sekitar 2 jam perjalanan. Lokasinya yang melewati Bantimurung dan Pattunuang menjadikan lokasi ini cukup strategi untuk dikunjungi.

18 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Gugusan Eboni (Diospyros celebica) atau kayu hitam yang merupakan jenis kayu langka dan bernilai tinggi masih banyak dijumpai. Š Tahari

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 19


Tegangnya bergelantungan di Gua Leang Puteh sebagai gua single pitch terdalam di Indonesia. Š www.btravindonesia.com

20 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Lawalata IPB

Kawasan Gua Vertikal Leang Puteh

Lokasi: Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros

B

agi para pecinta tantangan ekstrim, Leang Puteh menawarkan petualangan paling menantang di TN. Bantimurung Bulusaraung. Gua vertikal yang menganga lebar dan dalam memacu adrenalin para petualang. Dengan lebar 50 – 80 m dan kedalaman ¹ 273 m, Leang Puteh sebagai gua single pitch terdalam di Indonesia. Uniknya lagi, pada bagian dasar, gua ini menyambung dengan Gua Dinosaurus yang terletak tak jauh dari mulut Gua Leang Puteh.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 21


Š Lawalata IPB

Namun, untuk saat ini petualangan menyusuri kedua gua ini hanya diperuntukan bagi para petualang yang memiliki stamina, keberanian, keahlian, dan peralatan khusus. Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan stamina yang baik. Dusun Pattiro berjarak Âą 80 km dari Makassar, sedangkan dari Dusun Pattiro, pengunjung masih harus menyusuri jalan setapak sejauh Âą 2 km menuju mulut gua.

22 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Lawalata IPB

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 23


Menikmati harmoni alam desa wisata Tompobulu di kaki gunung Bulusaraung, sekaligus dapat menikmati kehidupan tradisional dan keramah tamahan penduduknya. Š PKLP IPB 2011

24 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Uno

Kawasan Wisata Pegunungan Bulusaraung Lokasi: Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep

D

esa Wisata ini menawarkan suasana pedesaan yang asri, berhawa sejuk, lingkungan yang terawat, dan budaya masyarakat yang ramah. Adat budaya masyarakat Bugis-Makassar masih kuat melekat pada kehidupan masyarakatnya. Bahasa keseharian yang digunakannya pun cukup unik, yaitu Bahasa Dentong, yang merupakan perpaduan antara Bahasa Bugis dan Makassar.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 25


© Kompas TV

© Warisanbudaya.info

© Jokokoil

Beragam upacara dan kebiasaan masih sering dilaksanakan, seperti Tudang Sipulung (musyawarah desa), Mappadendang (syukuran pasca panen), Tari Mappepe-pepe (tarian sakral para pemuda desa), Ma’ragaraga (ketangkasan Bola Raga), Tari Kalabbirang (tari persembahan pada raja), Tari Makkampiri (tari wujud syukur pasca panen kemiri), Upacara Appalili (upacara pra masa tanam padi), serta Upacara Kotto Boko (ritual pasca panen padi). Suasana budaya Bugis dapat semakin terasa, jika pengunjung meluangkan waktu untuk menginap di rumahrumah warga yang juga difungsikan sebagai homestay. Masyarakat pun telah berinisiatif membentuk Kelompok Ekowisata Dentong yang senantiasa siap mendampingi pengunjung.

26 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


© Tahari

© Chaeril

© Klaus Rudloff

© Iskandar

Desa ini terletak tepat di kaki Gunung Bulusaraung. Pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke puncak Bulusaraung yang tidak terlalu tinggi, hanya ± 1.353 mdpl dengan jalur pendakian ± 2 km. Di sepanjang jalur tersebut terdapat 9 pos pendakian yang telah dilengkapi dengan shelter. Menara pengawas di Pos 8 dan Camping ground di Pos 9. Berbagai jenis satwa dapat dijumpai di daerah ini. Jika beruntung, maka disepanjang jalur tracking tersebut, dapat dijumpai musang, tarsius, serta berbagai jenis burung dan kupu-kupu. Untuk menuju desa ini tidaklah terlalu jauh. Desa ini hanya berjarak ± 70 km dari Makassar atau ± 20 km dari Pangkep.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 27


Menikmati aliran air sungai yang mengalir dari gua Leang Lonrong dan kekayaan flora dan fauna di sekitarnya. Š Iskandar

28 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Kama Jaya Shagir

Kawasan Permandian Alam Leang Lonrong Lokasi: Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep

D

aya tarik utama objek wisata ini adalah aliran air sungai yang mengalir dari gua Leang Lonrong (2.300 m). Gua ini berada di bawah tebing karst yang menjulang terjal mengelilingi aliran sungai. Sungai yang mengalir sepanjang tahun ini sangat cocok untuk berwisata tirta. Kekayaan flora dan fauna di sekitarnya pun cukup menarik untuk dinikmati. Pada dini hari atau menjelang senja, beberapa ekor tarsius biasa berkeliaran di celah bebatuan.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 29


© Kama Jaya Shagir

© Saiful Bachri

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung, di lokasi ini telah tersedia shelter, jembatan dan jalur tracking. Lokasi ini dapat dijangkau dari Makkasar dengan kendaraan roda empat setelah menempuh perjalanan sejauh ±53 km atau hanya ±1 jam.

30 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Sedikitnya 643 jenis fauna, di antaranya 128 jenis burung, 33 jenis mamalia, 29 jenis reptil, 14 jenis amphibia, 23 jenis ikan, 41 jenis Gastropoda, 6 jenis Oligochaeta dan 95 jenis Arthropoda dan 274 Serangga terdapat di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Š Kama Jaya Shagir

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 31


Tidak kurang 683 jenis flora, di antaranya 43 jenis Ficus dan 90 jenis Anggrek alam terdapat di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Š Kama Jaya Shagir

32 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


ata

s Paket Wi

tunuang

ng−Pat antimuru

B

mpobulu

o nrong−T o l g n a e L

raenta

ng−Ka Pattunua

ng

Pattunua

teh

Leang pu

Informasi lebih lanjut hubungi: 62-411-3880252

62-411-3880139

@

tn.babul@gmail.com

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 33


34 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Ekowisata Bantimurung−Pattunuang (Tour 1 Hari) Harga Paket Rp. 740.000,-/orang dan Harga Rombongan Rp. 1.865.000,-/max 6 org Rencana Perjalanan Paket Tour No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Dijemput dari meeting point sesuai kesepakatan

Bandara/Terminal/Pelabuhan/Restoran

2.

Perjalanan menuju Bantimurung

Lama Perjalanan Makassar ke Bantimurung: 1 Jam Maros ke Bantimurung: 30 Menit

3.

Mengunjungi Bantimurung Objek Wisata yang dikunjungi 1. Air terjun 2. Danau Toakala 3. Atraksi Kupu-Kupu 4. Gua Mimpi dan Gua Batu 5. Taman Kupu-Kupu

Pengunjung dapat menikmati segarnya air terjun, melihat atraksi kupu-kupu, flying fox, menikmati indanya stalagtit dan stalagmit, serta dapat mengetahui metaphorposis dan jenis kupu-kupu.

4.

Istirahat Makan Siang

Menikmati kuliner khas sulawesi

5.

Perjalanan menuju Pattunuang

Lama Perjalanan Bantimurung– Pattunuang: 15 menit

6.

Mengunjungi Pattunuang Objek wisata yang dikunjungi 1. Sungai Pattunuang 2. Habitat Tarsius fuscus 3. Legenda Biseang Labboro 4. Gua Sulaeman

Pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata tirta, wisata sejarah/ budaya, menikmati panorama alam dan selusur gua.

* Alternatif wisata yang bisa dikunjungi Maros Water Park (tiket masuk dan makan dibayar diluar paket).

* Maros Water Park berlokasi dekat dengan Pattunuang dan dikelola oleh swasta.

7.

Lama Kunjungan: 3 jam

Lama Kunjungan: 3 jam

Acara Tour Selesai

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Makan dan Minum, Snack, Tiket masuk, Sewa senter, T-Shirt/Souvenir/Sertifikat, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 35


36 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Ekowisata Leang Lonrong−Tompobulu (Tour 2 Hari 1 Malam) Harga Paket Rp. 1.530.000-/orang dan Harga Rombongan Rp. 3.580.000,-/max 6 org

Rencana Perjalanan Paket Tour Hari Pertama No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Dijemput dari meeting point sesuai kesepakatan

Bandara/Terminal/Pelabuhan/Restoran

2.

Perjalanan menuju Kab. Pangkep

Lama Perjalanan Makassar ke Kab. Pangkep: 1,5 Jam Maros ke Pangkep: 30 Menit

3.

Mengunjungi Leang lonrong Objek Wisata yang dikunjungi Leang Lonrong

Pengunjung dapat menikmati pemandangan karst, melakukan selusur gua, dan kegiatan wisata tirta.

* Alternatif wisata lain ke Kawasan Gua Prasejarah Belae Kec. Minasate’ne

Lama Kunjungan : 1,5 jam * Di Kawasan gua prasejarah kita dapat melihat situs-situs Prasejarah dan di luar harga paket.

4.

Istirahat Makan Siang

Menikmati kuliner khas sulawesi

5.

Perjalanan menuju Tompobulu

Lama Perjalanan Pangkep- Tompobulu 30 menit

6.

Mengunjungi Tompobulu Objek wisata yang dikunjungi 1. Desa Wisata 2. Tombolo 3. Air terjun kampoang

Desa tompobulu adalah daerah pegununungan dengan suasana alam yang sejuk. Pengunjung dapat menikmati panorama alam dengan suasana budaya masyarakat yang islami dan sejuknya udara pengununungan, serta dapat melakukan pengamatan satwa Tarsius fuscus. 7. Menginap di Desa Tompobulu/Makan malam ...

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 37


Paket Ekowisata Leang Lonrong−Tompobulu (Tour 2 Hari 1 Malam) Harga Paket Rp. 1.530.000-/orang dan Harga Rombongan Rp. 3.580.000,-/max 6 org

Lanjutan ... No. 7.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

Menginap di Desa Tompobulu/Makan malam

Di desa ini telah disiapkan rumah penduduk (home stay), sekaligus dapat menikmati suasana pedesaan di malam hari. Bagi yang berjiwa petualang dapat melakukan kegiatan camping di Pos 9 di Bulusaraung. Dengan membawa perlengkapan camping.

Rencana Perjalanan Paket Tour Hari Kedua No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Pendakian ke Gunung Bulusaraung

Bagi yang menginap di home stay kegiatan tracking ke Bulusaraung dapat dilakukan pada pagi hari. Dan yang melakukan kegiatan camping dapat menuju puncak dan melihat sunrise di puncak Bulusaraung.

2.

Sarapan pagi

Sarapan pagi bisa dilakukan di Gunung Bulusaraung bagi yang camping dan di home stay bagi yang nginap di home stay.

3.

Menikmati suasana Pegunungan

Pengunjung dapat menikmati Panorama alam dan pemandangan karst serta suasana pedesaaan dari atas puncak Bulusaraung. 4. Perjalanan turun dari Gunung Bulusaraung ...

38 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Ekowisata Leang Lonrong−Tompobulu (Tour 2 Hari 1 Malam) Harga Paket Rp. 1.530.000-/orang dan Harga Rombongan Rp. 3.580.000,-/max 6 org

Lanjutan ... No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

4.

Perjalanan turun dari Gunung Bulusaraung

Setelah merasakan sensasi di puncak Bulusaraung, pengunjung bersiap malakukan kegiatan tracking menuju Desa Tompobulu.

5.

Istirahat di Home stay

Setelah melakukan kegiatan tracking, pengunjung beristirahat di home stay yang telah disediakan. Di Desa ini tersedia lokasi bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan bird watching.

6.

Makan Siang

Desa tompobulu adalah daerah pegununungan dengan suasana alam yang sejuk. Pengunjung dapat menikmati panorama alam dengan suasana budaya masyarakat yang islami dan sejuknya udara pengunungan, serta dapat melakukan pengamatan satwa Tarsius fuscus.

7.

Perjalanan pulang ke Makassar

Lama Perjalanan Makassar ke Kab. Pangkep: 1,5 Jam Maros ke Kab. Pangkep: 30 Menit

8.

Acara tour selesai

Kembali ke penginapan

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Makan dan Minum, Snack, Tiket masuk, Home stay, T-Shirt/Souvenir/Sertifikat, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 39


40 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata Pendidikan Taman Kupu-kupu−Pattunuang−Leang-leang (Tour 1 Hari) Harga Paket Rp 710.000-/orang dan Harga Rombongan Rp.1.760.000,-/max 6 org

Rencana Perjalanan Paket Tour No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Dijemput dari meeting point sesuai kesepakatan

Bandara/Terminal/Pelabuhan/Restoran

2.

Perjalanan menuju Bantimurung

Lama Perjalanan Makassar ke Bantimurung: 1 Jam Maros ke Bantimurung: 30 Menit

3.

Mengunjungi Taman kupu-kupu (sebagai sarana wisata edukasi bagi anak-anak)

Pengunjung dapat mengetahui proses metaphorposis kupu-kupu dan mengenal jenis kupu-kupu yang ada di Taman Nasional. Disini pengunjung dapat melihat penangkaran kupu-kupu dan berinteraksi secara langsung dengan kupu-kupu.

4.

Istirahat Makan Siang

5.

Perjalanan menuju Pattunuang

Lama Perjalanan BantimurungPattunuang: 30 menit

6.

Mengunjungi Pattunuang Objek wisata yang dikunjungi 1. Sungai Pattunuang 2. Habitat Tarsius fuscus 3. Legenda Biseang Labboro 4. Gua Sulaeman

Pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata tirta, wisata sejarah/budaya (Legenda Biseang Labboro), menikmati panorama alam, melihat Soa-soa yang sedang berjemur disepanjang aliran sungai, dan mengunjungi gua alam.

* Alternatif wisata yang bisa dikunjungi Maros Water Park (tiket masuk dan makan dibayar diluar paket )

Lama Kunjungan: 2 jam

Lama Kunjungan: 2 jam

* Maros Water Park berlokasi dekat dengan Pattunuang dan dikelola oleh swasta. 7. Perjalanan Menuju Leang-leang ...

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 41


Paket Wisata Pendidikan Taman Kupu-kupu−Pattunuang−Leang-leang (Tour 1 Hari) Harga Paket Rp 710.000-/orang dan Harga Rombongan Rp.1.760.000,-/max 6 org

Lanjutan ... No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

7.

Perjalanan menuju Leang-Leang

Lama Perjalanan Pattunuang-LeangLeang: 1 jam

8.

Mengunjungi Taman Prasejarah LeangLeang (sebagai sarana edukasi dalam mengetahui kehidupan prasejarah di masa lampau)

Pengunjung dapat melihat secara langsung peninggalan prasejarah seperti lukisan berupa gambar babi rusa dan telapak tangan pada dinding gua. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai peralatan yang terbuat dari batu, sisa-sisa makanan berupa tulang binatang dan bendabenda laut berupa kulit kerang yang berjumlah banyak. Di salah satu batu di mulut gua terlihat jelas kulit kerang terdapat menempel bersatu dengan batu gua itu.

9.

Acara Tour Selesai

Lama Kunjungan: 2 jam

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Makan dan Minum, Snack, Tiket masuk, T-Shirt/ Souvenir/Sertifikat, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir.

42 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata Minat Khusus Atraksi Satwa Pattunuang−Karaenta (Tour 2 Hari 1 Malam) Harga Paket Rp 1.530.000,-/orang dan Harga Rombongan Rp.3.380.000,-/max 6 org

Rencana Perjalanan Paket Tour Hari Pertama No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Dijemput dari meeting point sesuai kesepakatan

Bandara/Terminal/Pelabuhan/Restoran

2.

Perjalanan menuju Pattunuang

Lama Perjalanan BantimurungPattunuang: 30 menit

3.

Menuju Pattunuang

Pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata tirta, pengamatan Soa-Soa dan merasakan sensasi menangkap-lepas kupu-kupu langsung dari alam.

4.

Istirahat Makan Siang

Dilakukan di lokasi pengamatan

5.

Melakukan kegiatan camping di Pattunuang

Pada Siang hari pengunjung menuju lokasi pengamatan Tarsius fuscus di daerah Pute dan mendirikan tenda dan menjelang magrib mulai melakukan pengamatan. Pengunjung dapat melakukan kegiatan camping di sekitar lokasi pengamatan.

Rencana Perjalanan Paket Tour Hari Kedua No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Melakukan kegiatan Bird watching dan pengamatan Tarsius fuscus

2.

Sarapan Pagi

Sarapan pagi di Camp. 3. Perjalanan menuju Karaenta ...

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 43


Paket Wisata Minat Khusus Atraksi Satwa Pattunuang−Karaenta (Tour 2 Hari 1 Malam) Harga Paket Rp 1.530.000,-/orang dan Harga Rombongan Rp.3.380.000,-/max 6 org

Lanjutan ... Acara/Kegiatan

Deskripsi

3.

Perjalanan menuju Karaenta

Lama Perjalanan Pattunuang ke Karaenta: 30 Menit

4.

Karaenta

Kawasan ini memiliki daya tarik utama berupa kehadiran “Macaca maura�. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kelompok kera. Tersedia pawang yang dapat memanggil kelompok kera dengan siulannya.

No.

Lama Kunjungan: 1 Jam 5.

Makan Siang

6.

Perjalanan pulang ke Makassar/Makan siang di dalam perjalanan.

Lama Perjalanan Karaenta - Makassar: 1,5 jam

* Alternatif wisata yang bisa dikunjungi adalah Maros Waterpark.

* Maros Waterpark di luar paket wisata.

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Makan dan Minum, Snack, Tiket masuk, T-Shirt/ Souvenir/Sertifikat, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir.

44 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Š Usman

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 45


Tidak kurang 257 gua yang telah teridentifikasi di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung terdiri dari 218 gua alam dan 39 gua prasejarah. Š Smith Garry K

46 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata Minat Khusus Selusur Gua Pattunuang (Tour 1 Hari)

Harga Paket Rp 870.000,-/orang dan Harga Rombongan Rp 1.720.000,-/max 6 org Rencana Perjalanan Paket Tour No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Dijemput dari meeting point sesuai kesepakatan

Bandara/Terminal/Pelabuhan/Restoran

2.

Perjalanan menuju Pattunuang

Lama Perjalanan Bantimurung – Pattunuang: 30 menit

3.

Selusur Gua Pattunuang Objek Wisata yang dikunjungi 1. Gua Hamid 2. Gua Sulaeman

Pengunjung dapat melakukan selusur gua. Gua Pattunuang harus di tempuh dengan perjalanan menelusuri jalan setapak. Di sepanjang jalur menuju Gua Pattunuang banyak terdapat berbagai macam flora dan fauna.

4.

Istirahat Makan Siang

5.

Melakukan kegiatan camping di Pattunuang

Pengunjung dapat melakukan kegiatan camping di area terbuka di sepanjang aliran sungai pattunuang. Pada malam hari, pengunjung dapat mengamati Tarsius fuscus di habitat aslinya.

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Makan dan Minum, Snack, Tiket masuk, T-Shirt/ Souvenir/Sertifikat, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 47


Š Smith Garry K

48 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata Minat Khusus Selusur Gua Leang Puteh

Rencana Perjalanan Paket Tour No.

Acara/Kegiatan

Deskripsi

1.

Perjalanan ke Leang Puteh

Lama Perjalanan Makassar ke Dusun Pattiro: 2 Jam Dusun Pattiro ke Leang Puteh: 2 jam dengan berjalan kaki.

2.

Kegiatan Caving di Leang Puteh *

Pengunjung yang memiliki keahlian dan peralatan caving dapat melakukan kegiatan caving di Leang puteh. Mengingat tantangan petualangan yang ekstrim maka lama kegiatan di tentukan oleh keterampilan dan keahlian pengunjung.

3.

Makan

Disarankan membawa alat caving karena kegiatan merupakan kegiatan di alam bebas.

4.

Perjalanan pulang ke Makassar

Lama Perjalanan Leang puteh Makassar: 2 jam

Layanan dan fasilitas: Transportasi, Interpreter/Jasa porter, dan Sopir. * Membutuhkan stamina, keberanian, keahlian, dan peralatan khusus.

Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 49


Informasi Hotel No.

Hotel/Alamat

Tarif Kamar *

1.

Hotel Darma Nusantara, Jl. Perintis Kemerdekaan km. 20, No. 228 (Poros Makassar – Maros), Telp. (0411) 553108-5078018, dan Jl. Airport Makassar

Family Room : Rp. 500.000,Suite Room : Rp. 330.000,VIP Room : Rp. 260.000,Superrior Room : Rp. 330.000,Deluxe Room : Rp. 260.000,Standard Room : Rp. 180.000,-

2.

Hotel Hasanuddin Transit I, Jl. Poros Makassar – Maros km. 21, Tlp. (0411) 553963 – 540218, Hotel Hasanuddin Transit II, tlp (0411) 556573 - 5402184

VIP Room : Rp. 250.000,Deluxe Room : Rp. 230.000,Standard Room : Rp. 180.000,-

3.

Wisma Afiat, Jl. Bandara Hasanuddin No. 1, Tlp. (0411) 553024, 550483, 553106, Mandai, Maros

4.

Kanaka Giana Hotel, Jl. Bandara Hasanuddin lama No. 34, Mandai (6,5 km dari Maros)

Rp. 200.000,-

5.

Hotel Paramount Jl. Perintis Kemerdekaan km. 18, Biringkanaya (10,4 km) dari Maros

Deluxe Room : Rp. 350.000,Superrior Room : Rp. 300.000,Standard Room : Rp. 250.000,-

6.

- Wisma Pemda (Bantimurung) - Bunga wana - Penginapan Kolam renang

Rp. 70.000 - Rp. 100.000,Rp. 150.000,Rp. 100.000 - Rp. 250.000,-

7.

Penginapan Minasate’ne, Kab. Pangkep, Tlp. (0410) 324028

Deluxe Room VIP Room

: Rp. 175.000, : Rp. 100.000,-

8.

Penginapan Resky, Jl. H. A. Ali Amier (Sebelah Timur Mesjid Agung), Kab. Pangkep

AC Non AC Biasa

: Rp. 200.000,: Rp. 130.000,: Rp. 90.000,-

9.

Wisma BM, Jl. Terminal Baru Bungoro, Kab. Pangkep

AC Non AC

: Rp. 200.000,: Rp. 75.000,-

* Harga per tanggal 01 Januari 2013

50 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung 51


52 Paket Wisata TN. Bantimurung Bulusaraung


Paket Wisata TN Bantimurung Bulusaraung  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you