Page 1

KabarSumatera

Baca

HARIAN UMUM

INI BARU KORAN

SURAT KABAR

ONLINE www.kabarsumatera.com

WAKTU SHOLAT PALEMBANG: Shubuh 04:44 Dzuhur 12:03 Ashar 15:21 Maghrib 18:04 Isya19:14

Hanya 20 Pencaker Terserap

Jero Perkirakan Kuota BBM Jebol Lagi

Pencari kerja (pencaker) di Palembang, nampaknya tidak bisa berharap banyak untuk bisa bekerja di kota sendiri. Pasalnya, penyerapan tenaga kerja di kota empek-empek ini terbilang minim.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memastikan bahwa kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di tahun ini akan jebol lagi. Prediksinya, kuota BBM bersubsidi akan melonjak hingga 48,5 juta kilo liter (KL). Tahun ini, pemerintah hanya menargetkan kuota BBM bersubsidi sebesar 46 juta KL.

Baca halaman 2

Tarech Rasyid (Pengamat Politik)

Tidak Akan Terjadi Perubahan Dengan wajahwajah lama yang menghiasi DCS yang disetorkan Parpol ke KPU Sumsel, kita tidak berharap bakal terjadi perubahan dalam kinerja anggota DPRD Sumsel periode kedepan. “Jika melihat caleg yang diusung oleh parpol di Sumsel pada DCS yang diserahkan ke KPU Sumsel, tidak bisa berharap ada perubahan. Mereka adalah orang-orang lama, yang bisa dibilang gagal,” kata Joko. Masyarakat harus pintar-pintar memilih, jangan mudah terbujuk dengan janji. Kemungkinan terjadinya korupsi justru semakin besar, sebab biaya politik mereka lebih besar dibandingkan gaji yang akan diterima.

Joko Siswanto (Pengamat Politik)

Harusnya Sadar Diri

Hak setiap warga negara, untuk dipilih dan memilih. Siapapun berhak untuk dipilih menjadi calon anggota legislatif (caleg) di pemilihan umum (pemilu 2014 mendatang. “Namun wajah-wajah lama tersebut, harusnya intropeksi dan sadar diri kalau mereka sudah sadar. Masyarakat pun, harusnya bisa menilai mana yang sudah gagal,” kata Joko. Ini juga salah, dalam sistem rekrutmen di parpol. Di parpol, tidak ada seleksi ketat sehingga kader mereka yang duduk di DPRD nantinya adalah kader terpilih yang bisa berjuang untuk kepentingan masyarakat.

JAS MERAH

Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

Hari Angkutan Nasional 24 April diperingati sebagai hari angkutan nasional. Tetapi informasi Hari Angkutan Nasional sendiri sangat sulit didapatkan. Oleh sebab itu, tidak semua pengguna kendaraan umum mengetahui kalau hari ini (24/4) merupakan Hari Angkutan Nasional. Bila bicara tentang angkutan, yang ada di benak masyarakat hanyalah kecelakaan “angkutan umum” dimana angkutan tersebut sering dan banyak digunakan oleh masyarakat. Tetapi pada kenyataannya, memang perbaikan jalan yang selama ini dilakukan lebih banyak mempergunakan sistem tambal sulam. Ditambah lagi kondisi drainase yang buruk semakin memperparah kondisi jalan, sebab air tergenang dari limpahan drainase dapat mengikis aspal jalan.

Baca halaman 4

NO. 99 | TAHUN 1 RABU, 13 JUMADIL AKHIR 24 APRIL 2013 M

TERBIT 16 HALAMAN Rp 2.000/eksemplar (LUAR KOTA TAMBAH ONGKOS KIRIM)

kabar sumatera @kabarsumatera

Berebut Kue Kekuasaan

PALEMBANG|KS Wajah-wajah lama masih menghiasi calon anggota legislatif (caleg), yang bakal bertarung dalam pemilihan umum (pemilu) 2014 untuk memperebutkan 75 kursi di DPRD Sumatera Selatan (Sumsel).

Itu terungkap dalam daftar caleg sementara (DCS), yang diserahkan semua partai politik (parpol) peserta pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Senin (22/4) lalu. Dengan kondisi ini menurut sejumlah pengamat politik yang dihubungi Kabar Sumatera, Selasa (23/4), tampaknya masyarakat tidak bisa berharap banyak akan terjadi perubahan mendasar dalam kehidupan di Bumi Sriwijaya ini. Karena pemilihan umum (pemilu), hanyalah jadi ajang perebutan kue kekuasaan. “Kita tidak bisa berharap terjadi perubahan di Sumsel, jika melihat caleg yang diusung oleh parpol di Sumsel pada DCS yang diserahkan ke KPU Sumsel. Mereka adalah orang-orang lama, yang bisa dibilang gagal,”kata pengamat politik dari Universitas IBA, Tarech Rasyid ketika dihubungi, Selasa (23/4) malam. Apa yang disebut Tarech, berbanding lurus dengan banyaknya kritik oleh masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014. Beragam kritik, dalam lima tahun terakhir disampaikan terhadap kinerja wakil mereka yang duduk di DPRD Sumsel. Kritik ini disampaikan, sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja wakil mereka yang belum berbanding lurus dengan fasilitas yang diterima. Data yang dihimpun Kabar Sumatera, sejumlah fasilitas diterima oleh anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014 diantaranya kenaikan tunjangan perumahan 100 persen dari Rp 4,7 juta per bulan menjadi Rp 12 juta per bulan. Kemudian, uang perjalanan dinas naik dari Rp 500 ribu per orang perhari menjadi Rp 900Rp950 ribu per orang per hari. Selain itu, setiap anggota DPRD Sumsel juga mendapatkan pinjaman mobil dinas. Lalu ada juga dana aspirasi Rp5 miliar per anggota atau naik 100 persen jika dibandingkan tahun 2012 yang mencapai Rp2,5 miliar. “Dengan kondisi ini, masyarakat harus lebih pintar-pintar memilih wakilnya di pemilu 2014 mendatang. Kemungkinan

Editorial Oleh : SARONO P SASMITO Rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mekanisme dua harga harus dibarengi pengamanan dan pengawasan ekstra ketat. Sebab jika hal itu tidak dilakukan, maka kita khawatir hal itu tidak akan tepat sasaran. Kita mengharapkan bukan hanya pemerintah yang benar-benar memberlakukannya dengan serius. Tetapi proses pengawalan di lapangan juga harus dilakukan. Sebab hari-ini pun Kabar Sumatera menemukan baik di Palembang maupun kabupaten kota lain di Sumatera Selatan BMM langka SPBU dan tempat penjualan lainnya. Berkaitan dengan penaikan BBM bersubsidi tersebut kita mengharapkan agar PT Pertamina (Persero) meminta Polri ikut mengamankan stasiun pengisian

dewan. Namun harusnya ya, intropeksi dan sadar diri. Masyarakat pun, harusnya bisa menilai mana yang sudah gagal,” kata Joko. Munculnya wajah-wajah lama dalam DCS yang disetorkan parpol ke KPU sebut Joko, menunjukkan adanya sistem rekrutmen di parpol yang salah. Ia tidak melihat dalam sistem rekrutmen caleg, parpol melakukan seleksi ketat sehingga kader mereka yang duduk di DPRD nantinya adalah kader terpilih yang bisa berjuang untuk kepentingan masyarakat. Sementara pengamat politik Andreas Leonardo mempunyai pendapat sedikit berbeda. Menurutnya, kenapa wajah lama masih banyak menghiasi DCS dikarenakan parpol cenderung menganggap kader mereka yang duduk di legislatif saat ini adalah orang yang bisa mempertahankan suara. “Mereka dianggap punya basis suara, sehingga harus dipertahankan untuk meraih kemenangan di pemilu. Harusnya ya, mereka itu sadar. Namun sulit. Sebab orientasi mereka adalah kekuasaan bahkan menjadi anggota dewan itu dianggap sebagai pekerjaan. Sehingga jangan berharap banyak terjadi perubahan,” tukasnya. l Teks: dicky wahyudi Editor : imron supriyadi ilustrator: jerry/ks

terjadinya korupsi justru semakin besar, sebab biaya politik mereka lebih besar dibandingkan gaji yang akan diterima,” jelasnya. “Memang ada sebagian wajah lama itu, yang baik. Namun mereka tertutupi dengan kebobrokan kinerja rekannya, sehingga bisa dibilang gagal. Karenanya jangan berharap, anggota dewan yang duduk di DPRD di Sumsel kedepan bisa memperjuangkan kepentingan rakyat,”

sambungnya. Pendapat yang sama juga disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Sriwijaya, Joko Siswanto. Ia menyebut, memang menjadi hak setiap warga negara untuk memilih dan dipilih. Namun harusnya kata Joko, wajah-wajah lama itu sadar diri kalau mereka sudah gagal. “Itu memang hak mereka, untuk mencalonkan diri kembali sebagai anggota

Kita tidak bisa berharap terjadi perubahan di Sumsel, jika melihat caleg yang diusung oleh parpol di Sumsel pada DCS yang diserahkan ke KPU Sumsel. Mereka adalah orang-orang lama, yang bisa dibilang gagal,” Tarech Rasyid pengamat politik dari Universitas IBA,

Subsidi BBM Mesti Tepat Sasaran bahan bakar umum (SPBU), khususnya yang disiapkan untuk melayani penjualan BBM subsidi untuk mobil pribadi. Sebab adanya dua harga BBM subsidi melahirkan disparitas dan bisa menimbulkan penyimpangan. Karena itu, bantuan pengamanan oleh Polri sangat dibutuhkan. Terlebih karena Pertamina tidak bisa bertindak sendiri dalam melakukan pengamanan ini. Meski kita juga mendengar, Pertamina siap menerapkan sistem teknologi informasi (IT) terkait implementasi kebijakan dua harga BBM subsidi ini. Mulai 26 April semua sudah in place. Semua sistem sudah siap, termasuk pengamanan oleh polisi. Sistem IT sudah bisa diterapkan di seluruh SPBU, maka waktu penerapannya nanti disesuaikan dengan keputusan resmi pemerintah mengenai kenaikan harga BBM subsidi ini.

Kita juga mengharapkan skenario Pertamina yang menentukan lokasi SPBU yang menjual BBM subsidi penuh (Rp 4.500 per liter) dan BBM subsidi untuk mobil pribadi (Rp 6.500 per liter). Semua lokasi itu ditentukan oleh operasional Pertamina, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui konsultasi. Merujuk data yang ada, sekitar 45 persen premium subsidi dikonsumsi mobil pelat hitam. Artinya, 45 persen dari sekitar 5.000 SPBU di seluruh Indonesia akan menjual premium subsidi dengan harga Rp 6.500 per liter. Sedangkan 55 persen sisanya menjual premium seharga Rp 4.500 per liter. Kepastian ini mesti direalisasikan di lapangan. Sebab jika tidak maka ada kemungkinan yang potensial mengalami ricuh pascakenaikan harga BBM subsidi.

Selain itu Pertamina juga harus bekerja sama dengan badan lalu lintas untuk mendata kendaraaan serta memetakan daerah yang rawan terjadi tindak pelanggaran seperti penimbunan atau kebocoran BBM. Langkah-langkah ini perlu dilakukan mengingat sebelumnya, Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan, penyiapan administrasi dan teknis dijadwalkan selesai 26-27 April 2013 mendatang. Persiapan itu dilakukan pemerintah yang berencana menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar untuk mobil pribadi dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500-Rp 7.000 per liter mulai Mei 2013. Sementara, harga BBM subsidi untuk sepeda motor dan angkutan umum tetap Rp 4.500 per liter. Moga BBM bersubsidi ini benar-benar sehingga gejolak yang bisa saja terjadi dapat dihindarkan.


Kabar kota 2

RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Hanya 20 Pencaker Terserap

PALEMBANG | KS Pencari kerja (pencaker) di Palembang, nampaknya tidak bisa berharap banyak untuk bisa bekerja di kota sendiri. Pasalnya, penyerapan tenaga kerja di kota empek-empek ini terbilang minim. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, dalam satu hari hanya 15-20 tenaga kerja saja yang bisa diserap di sejumlah perusahaan di metropolis. “Data yang kami terima, dalam satu hari hanya 15-20 tenaga kerja saja yang terser-

ap,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja pada Disnaker Kota Palembang, Rafuan Yurist ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/4). Namun menurut Rafuan, penyerapan tenaga kerja tersebut perharinya bisa lebih tinggi. Sebab banyak

perusahaan sebutnya, yang tidak melaporkan proses rekutmen tenaga kerja ke Disnaker. Padahal proses rekutmen ini menurutnya, perlu dilaporkan ke Disnaker. Rafuan juga menerangkan, sampai akhir Maret 2013 ada 681 tenaga kerja pria dan 530 tenaga kerja perempuan yang terserap di sejumlah perusahaan. “Ini baru triwulan pertama, kami baru bisa rekap data hingga Maret,”ujarnya. Terkait penempatan tenaga kerja ke luar negeri,

Lintas

pihaknya hanya bisa memberikan rekomendasi kepada pencaker melalui PJTKI. Sebab, perlu ada perjanjian kerja sama penempatan yang disetujui KBRI. Tercatat, daftar pencarian kerja antar kerja antar negara (AKAN) pada 2012 lalu sebanyak 311 pencaker dengan negara tujuan terbanyak yakni Malaysia. “Kami berikan rekomendasi terkait surat pengantar serta penyuluhan melalui PJTKI,”jelasnya. Sementara penempatan antar kerja antara daerah

(AKAD) pada 2012 lalu tercatat sebanyak 56 pencaker dengan tujuan Batam. Saat ini, tambahnya, pihak perusahaan-perusahaan di Batam masih membuka kesempatan kerja paling lambat pada 13 April mendatang. “Bagi masyarakat yang berminat bisa datang ke kantor kami pada tanggal itu, mereka akan buka tes. Daerah ini memang cukup diminati karena UMK nya sudah hampir mencapai Rp2,2 juta,”tutupnya. l Teks : Alam Trie Putera | Editor : Dicky Wahyudi

Tanpa Jembatan – Beberapa warga dan kendaraannya sedang menyeberangi sungai Lematang dengan sebuah kapal yang dibuat khusus untuk menyebrangi sungai, di Desa Tanjung Dalam, Muara Enim, beberapa waktu lalu. Tidak adanya jembatan untuk menyeberang, membuat warga kreatif untuk membuat kapal seperti kapal Fery yang menyeberangkan warga dengan kendarannya. Foto : Raden KS

Dishub Siapkan Jalan Alternatif PALEMBANG | KS Tahun ini, fly over Simpang Jakabaring pembangunannya mulai dikerjakan. Kondisi ini, tentu akan menimbulkan kemacetan di kawasan tersebut. Karenanya, jalan alternatif pun akan disiapkan untuk mengurai kemacetan yang bakal terjadi. Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Pathi Riduan mengatakan, Dishub siap menggelar rapat koordinasi lanjutan bersama Forum Lalu Lintas. Meski demikian, sudah ada usulan jalur-jalur alternatif yang disiapkan. “Kami perkirakan akan ada penumpukan dari arah Plaju. Tapi secara teknis, lalu lintas bisa dialihkan ke jalan alternatif. Nanti akan dibahas di forum,” kata Pathi usai rapat sosialisasi dampak pembangunan fly over, kemarin. Adapun usulan jalan alternatif itu, yakni di Jalan Panca Usaha dan Jalan Silaberanti. Kedua jalan ini diarahkan ke Jakabaring. Seperti Jalan Silaberanti yang berlokasi di samping Universitas Bina Dharma akan tembus ke samping kantor DPRD Kota Palembang. Begitu juga jalan Kertapati akan diarahkan ke Jalan Panca Usaha yang mengarah ke RSUD Bari. “Sarana rambu siap kita turunkan. Tapi, sesuai UU No.2/2009 setiap kegiatan lalu lintas harus melalui kajian akademik dulu,” kata Pathi. Dia menyatakan, pihaknya juga siap mengaktif kan multimoda khususnya angkutan sungai. Saat ini Dishub sudah memiliki enam bus air dan pada tahap awal ini baru dijalankan dua unit. “Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas angkutan sungai ini. Kita siapkan titik-titik dermaga seperti di bawah Jembatan Ampera dan BKB. Jadi, masyarakat tidak perlu lewat darat,” ujar Pathi. Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Sumatera Selatan, Prof Erika Buchari, mengatakan, dampak pembangunan fly over memang berkaitan dengan transportasi dan lalu lintas. “Dishub memang sepatutnya memaksimalkan transportasi sungai. Jika penjadwalan Transmusi sebanyak 20 rate, maka dibutuhkan sedikitnya delapan unit bus air. Kalau kurang tentu jadi kendala. Tapi, di luar itu Dishub bisa manfaatkan kapal feri yang beroperasi di sana,” kata Erika. Sementara itu, PPTK Fly Over Balai Besar Pelaksaaan Jalan Nasional PUBM Sumsel, Djoko menjelaskan, pembangunan fly over ini menggunakan dana dua tahun anggaran. Untuk tahun ini disiapkan Rp 88 miliar untuk fisik di luar dana pembebasan lahan. Total panjang pembangunan jalan dan jembatan direncanakan 433 meter. Lebarnya 18 meter dengan dua lajur empat lajur. “Juni kita pastikan sudah bangun pondasi. Untuk dua bulan terdekat ini kita lakukan pelebaran jalan di mulut Jembatan Ampera terlebih dulu,” ujar Djoko. l Teks : buletinmetropolis.com

Pasar Tradisional Perlu Direvitalisasi PALEMBANG | KS Kehadiran pasar modern, yang tumbuh menjamur di Kota Palembang secara tidak langsung membuat pasar tradisional kian kalah bersaing. Masyarakat lebih banyak memilih berbelanja di pasar modern yang lebih bersih, dingin dan rapi dibandingkan pasar tradisional. Untuk menyelamatkan pasar tradisional di metropolis menurut Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang Yustinus, pasar tradisional perlu di revitalisasi. Dengan demikian, pasar tradisional kata Yustinus daya saingnya semakin kuat. “Di Palembang, ada 33 pasar tradisional yang sudah tidak layak lagi baik tata letak, kebersihan danlainnya,” kata Yustinus ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/4). Namun bukan berarti pasar

tradisional, sudah total kalah bersaing dengan pasar modern. Pasar tradisional, keberadaanya masih belum tergatikan oleh kehadiran pasar modern. Namun untuk penguatan daya saingnya, perlu direvitalisasi. Sayangnya pemerintah pusat sebut Yustinus, tidak lagi memberikan bantuan untuk merevitalisasi pasar tradisional di Palembang seperti tahun-tahun sebelumnya. Alasanya, pemerintah pusat akan memfokuskan untuk merivitalisasi pasar tradisional di kawasan Indonesia timur dan daerah rawan bencana. Namun pemerintah kota (pemkot), tetap akan melakukan revitalisasi pasar tradisional tersebut. Caranya, selain menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) juga dengan menggandeng pihak swasta. “Tahun ini, di APBD Kota Palembang sudah dianggarkan dana untuk merevitalisasi pasar

tradisional seperti di Mata Merah. Sedangkan revitalisasi Pasar Kuto, pemkot menggandeng pihak swasta,” jelasnya. Pengelolaan pasar tradisional sambungnya, juga tidak menutup kemungkinan sepenuhnya dikelola secara mandiri baik oleh swasta maupun pemerintah. Namun untuk itu, dibutuhkan kerjasama antar kedua pihak agar akan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam mempertahankan daya saing pasar. “Pada dasarnya, pengelolaan pasar tidak bisa diwajibkan oleh satu pihak apa pemerintah murni atau harus swasta murni. Semuanya harus berjalan secara sinergis, misalnya pasar yang dibuat oleh pihak swasta, pemerintah harus ikut ambil bagian dalam hal regulasi agar harga tenant itu ada standar. Sedangkan pihak swasta, bisa juga ambil bagian dalam dana investasinya,”tukasnya. l Teks : imam mahfudz ali | Editor : dicky wahyudi

Mei, Armada Trans Musi Bertambah PALEMBANG | KS PT Sarana Pembangunan palembang Jaya (SP2J), akan menambah armada bus Trans Musi yakni sebanyak 30 unit. Bus tersebut menurut Direktur Utama PT SP2J Bahder Johan, akan tiba akhir Mei mendatang. “Penambahan ini, bagian dari peningkatan pelayanan. Bus pesanan kita itu, akan dikirim dari Jakarta akhir Mei mendatang,” jelas Bahder ketika dibincangi, Selasa (23/4) di ruang kerjanya. Ia menyebut, 30 bus tambahan itu terdiri dari dua jenis bus yakni bus ukuran besar dan bus ukuran kecil. Menurutnya, PT SP2J sengaja tidak memilih semuanya bus ukuran besar karena ada sebagian jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan ukuran besar. “Ada beberapa kawasan yang tidak bisa dilintasi bus besar, seperti di kawasan Kenten, dan beberapa kawasan lainnya. Kar-

enanya, kita semua bus pesanan kita itu ukurannya besar,” jelas dia. Satu unit bus tersebut kata Bahder untuk ukuran besar dibeli dengan harga antara Rp 1,1 miliar-Rp 1,2 miliar. Sedangkan untuk ukuran kecil, harganya kisaran antara Rp 500 juta. “Semuanya merk Mersedes Bens, mengapa kita gunakan merk ini karena merk ini adalah salah satu produk andalan untuk jenis bus,” ungkapnya. Masih kata Bahder lagi, rencananya bus-bus tersebut akan dioperasikan di koridor satu, tujuh, dan delapan yang berada di Jalan Soekarno-Hatta. “Tahun ini, kami memang benar-benar ingin membenahi angkutan Trans Musi. Dana yang di gunakan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang tahun 2013,” ujarnya. Bahder juga menyebut, saat ini Trans Musi kian menjadi piCMYK

lihan utama bagi warga Palembang untuk transportasi umum. Fakta ini kata dia, ditunjukkan dengan jumlah penumpang perharinya yang mencapai 30 ribu penumpang. Sebelumnya Direktur Operasional PT SP2J Yusransyah Ishak menjelaskan, dari 30 unit tambahan armada Trans Musi tersebut 10 unitnya adalah bus ukuran sedang dan 20 unit ukuran besar. “Untuk bus ukuran besar, nantinya akan melayani koridor 1 Jakabaring-Simpang Tegal Binangun, sedangkan bus ukuran sedang akan melayani 7 dan 8,” jelasnya. Saat ini sambungnya, jumlah bus Trans Musi yang beroperasi sebanyak 120 unit dengan rincian 40 unit ukuran besar dan sisanya ukuran sedang. Dengan tambahan armada tersebut berarti, jumlah bus Trans Musi yang beroperasi setiap harinya mencapai 150 unit. l Teks : Alam Trie Putera | Editor : Dicky Wahyudi

Terapkan Absensi Elektronik PALEMBANG | KS Abensi elektronik yang sudah diterapkan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan pemerintah kota (pemkot) Pa l e m b a n g , juga akan diterapkan di semua kelurahan di Palembang. Pemkot menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Palembang, HM Hoyin, akan memHOYIN beli absensi elektronik untuk dipasang di kantor-kantor kelurahan. “Dananya sudah dianggarkan di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Palembang 2013, sebesar Rp535 juta. Dana itu, kita pakai untuk membeli absensi elektronik sebanyak 107 unit. Satu unit harganya Rp 5 juta,” jelas Hoyin ketika dibincangi, kemarin. Hoyin juga menjelaskan, selama ini absensi elektronik tersebut baru diterapkan di SKPD sedangkan di kelurahan masih menggunakan absensi manual. Kondisi itu sebutnya, menyulitkan pihak kecamatan untuk memantau disiplin dan kinerja pegawai kelurahan. Karenanya kata dia, absensi elektronik di kelurahan itu mendesak dilakukan. “Absensi elektronik ini penting, selain untuk memantau disiplin pegawai di kelurahan juga untuk menentukan besaran tunjangan perbaikan penghasilan (TPP),” jelasnya. TPP sambungnya, selain diukur dari beban kerja dan resiko kerja juga diukur dari tingkat disiplin. Menurut Hoyin, sejumlah kepala SKPD masih belum tepat menentukan grade atau level pegawai untuk mendapatkan TPP. Mayoritas kepala SKPD memberikan pegawainya level IV. Penentuan grade dilihat dari kategori kerja yang dibebankan pegawai. Seperti, pegawai administrasi akan diposisikan pada level III, sedangkan pegawai teknis level IV. “Khusus pegawai yang mempunyai pekerjaan risiko tinggi, levelnya bisa dinaikkan yakni pegawai administrasi level III-IV, pegawai teknis IV-V,” tukasnya. l Teks : Alam Trie Putera | Editor : Dicky Wahyudi

Upah TKS dan TR Dinaikkan PALEMBANG | KS Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), bakal menaikkan uang tunjangan bagi tenaga kerja sukarela (TKS) dan tenaga relawan (TR). Rencana itu disampaikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, saat silaturahmi dengan TKS dan TR jajaran Dinas Sosial dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) se- Sumsel di Gedung Serbaguna Asrama Haji, kemarin. “Saat ini upah yang diterima para TKS dan TR amat minim dan tidak sesuai. Dan untuk waktu-waktu mendatang kita naikkan menjadi Rp 500 ribu/bulannya. Namun itu, bukan upah tapi uang kehormatan atau uang tali asih karena TKS itu sifatnya tenaga relawan jadi berbeda dengan upah sebagaimana besaran UMP,’’ kata Alex. Menurut Alex, kenaikan uang sangat perlu karena pekerjaan TKS dan TS yang sangat luar biasa dan menyangkut kemanusiaan. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Apriadi, menuturkan, acara silaturahmi ini adalah salah satu program tahunan yang digelar dua kali setahun. Selain bersilaturahmi dan sharing bersama kelompok tenaga sosial lainnya, juga diberikan tali asih kepada setiap komponen-komponen pendamping tenaga sosial di bawah jajaran dinas sosial. Apriadi menyebutkan, untuk pemberian tali asih ini, untuk Tagana menerima Rp 150 ribu per orangnya, dan TKS Rp 250 ribu. Sedangkan untuk lembaga kesejahteraan keluarga (LK3) Rp 25 juta per tahun untuk tiap kabupaten. Sedangkan untuk Orang Dengan Kecacatan (ODK) mereka mendapat bantuan Rp 300 ribu. Adapun pendampingnya diberikan sebesar Rp 400 ribu per orang melalui anggaran pendapatan belanja daerah. Untuk program ke depannya, sekarang sedang dilaksanakan penerimaan untuk pendamping keluarga harapan (PKH) atau keluarga yang sangat miskin. “Program ini berbentuk bantuan tunai bersyarat kepada keluarga yang memang memenuhi kriteria. Nanti mereka dapat bantuan langsung dari pemerintah pusat,” kata Apriadi. l Teks : buletinmetropolis.com


Kabar kota 3

RABU 13 JUMAIDIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Pengembangan Wisata Terkendala Dana Tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang menargetkan, wisatawan yang datang mencapai 2,5 juta. Sayangnya pengembangan pariwisata di metropolis, terkendala dengan dana.

PALEMBANG | KS “Dana sangat minim, tapi banyak yang harus dikembangkan. Bagaimana mau mengembangkan lebih baik lagi, kalau dana saja kurang, “ keluh Kepala Bidang Objek dan Daya Tarik Wisata pada Disbudpar Kota Palembang Ahmad Zazuli ketika dibincangi, Selasa (23/4). Untuk pengembangan pariwisata di Palembang, Disbudpar mengaku butuh dana miliaran rupiah. Namun dengan keterbatasan anggaran, pemerintah kota (pemkot) lebih memprioritaskan sektor pendidikan dan infrastruktur. “Kalau anggaran pendidikan itu lebih besar, wajar. Karena untuk masa depan bangsa. Sedangkan untuk infrastruktur juga penting, karena infrastruktur sangat menunjang untuk mobilitas ekonomi sehingga mau tidak mau, kita harus meng alah,” kata Zazuli. Dengan keterbatasan anggaran itu, Disbudpar sebutnya tetap melakukan pengembanan dunia wisata di Palembang. Salah satunya sebut dia, pengembangan wisata di kawasan Sungai Musi. Kawasan itu dipilih, karena Sungai Musi menjadi ikon bagi Kota Palembang. “Kalau Sungai Musi bisa lebih dikembangkan, kami yakin pasti lebih menarik bagi wisatawan untuk datang ke

Palembang,”imbuhnya. Sementara Kepala Disbudpar Kota, M Tabrani menambahkan, Disbudpar tahun ini menggencarkan promosi pariwisata sampai ke Eropa. Tujuannya, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. “Kita menggencarkan promosi, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Palembang. Sejumlah promosi kita lakukan, seperti di Eropa. Promosi itu, kita lakukan dengan cara menyebar brosur ke hotel-hotel dan tempat wisata di luar Palembang,” ujarnya. Tabrani mengatakan, kebudayaan asli Palembang seperti tarian dan adat istiadat dipastikan mampu menarik minat wisatawan berkunjung. Begitu juga dengan obyek wisata Sungai Musi dan beragam kekayaan khas lainnya tentu memiliki daya tarik yang luar biasa. “Untuk promosi pariwisata kami akan menampilkan beragam kesenian, seperti tarian dan lagu daerah. Tidak ketinggalan, kami akan memperkenalkan beragam makanan khas Kota Palembang, seperti empek-empek,” tukasnya. l

TEKS : alam trie putera| FOTO : INT EDITOR: dicky wahyudi

Jumlah Wisatawan Terus Menurun PALEMBANG | KS Jumlah wisatawan yang datang ke Palembang, setiap tahunnya terus menurun. Di 2011 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 4 juta wisatawan nusantara dan 6.500 wisatawan mancanegara. Namun di 2012, jumlah wisatawan yang datang menurun. Tahun lalu, hanya 2.460.673 wisatawan nusantara dan 3.411 wisatawan mancanegara yang datang ke kota empek-empek ini. Turunnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota empek-empek ini dialaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang, M Thabrani, karena tidak adanya even besar yang

digelar di Palembang. “Tahun 2011 lalu, kita menjadi tuan rumah SEA Games ke XXVI. Even itu, punya efek besar mendatangkan wisatawan,” kata Thabrani beberapa waktu lalu. “Selain atlet dan officialnya, negara peserta SEA Games juga banyak bawa pendukung. Jadi kunjungan ke Palembang ramai,” sambungnya. Sementara di 2012, tidak ada satu pun even besar yang bisa menarik datangnya wisatawan. Kondisi itu juga ditambah, dengan minimnya penerbangan langsung dari luar negeri ke Palembang. Namun tahun ini, ia yakin jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke Palembang akan meningkat. Disbudpar sendiri menargetkan ta-

hun ini, wisatawan yang datang baik nusantara maupun mancanegara sebanyak 2,5 juta orang. “Kami optimis, jumlah wisatawan tahun ini yang berkunjung ke Palembang akan lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya. Karenanya kita menggencarkan promosi, untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Palembang,” sebutnya. Sasaran promosi mulai dari Bali hingga ke Eropa. Yang dipromosikan antara lain tari, lagu daerah, makanan khas, dan tentu saja objek-objek wisata di Palembang. Disbudpar juga menggandeng biro perjalanan, dalam mempromosikan objek wisata di metropolis kepada wisatawan. Selain itu, sejumlah objek wisata

pun direhab agar lebih cantik. “Sejumlah objek wisata misalnya Kawah Tengkurep dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), akan kita rehab agar lebih cantik,” ujarnya. Untuk menarik wisatawan ke Palembang sebutnya, Disbudpar masih mengandalkan wisata religi dan sejarah misalnya acara tahunan Cap Go Meh. “Biasanya saat Cap Go Meh, banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kemaro. Mereka umumnya berasal dari Cina, Singapura, Malaysia, Jepang,” imbuhnya. l

TEKS : dicky wahyudi | FOTO : INT EDITOR : iMRON SUPRIYADI

Tak Terawat dan Minim Fasilitas ebagai kota tertua di Indonesia, Palembang memiliki banyak objek wisata khususnya objek wisata sejarah. Namun sayang, banyak objek wisata tersebut kurang terawat dengan baik. Selain itu, banyak juga objek wisata di Palembang yang minim fasilitas, seperti WC umum, penerangan, air bersih dan jaringan hotspot, dan lainnya. Kondisi ini misalnya seperti di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Bukit Siguntang, Kawah Tengkurep dan beberapa objek wisata lainnya. Pantauan Kabar Sumatera, sejumlah objek wisata tersebut terkesan jorok. Di kawasan Bukit Sigutang misalnya, kawasan wisata sejarah dan religi itu minim penerangan, tak terawat dengan baik dan kotor. Begitu juga dengan TPKS dan kawah tengkurep, yang merupakan kompleks makam rajaraja Palembang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan Tony Panggarbesi, mengakui itu. Menurutnya sejumlah fasilitas wisata di Kota Palembang tidak terkelola dengan baik. “Fasilitas yang membuat wisatawan nyaman, masih minim. Ini yang mem-

S

buat wisatawan sepi datang ke Palembang, “sebut Tony beberapa waktu lalu. Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Palembang M Thabrani menyebut, sejumlah objek wisata di kota empek-empek ini akan diperbaiki dan dipercantik untuk menarik wisatawan berkunjung. Misalnya sebut Thabrani, tahun ini akan direhab Monumen Perjuangan Rakyat dan Kawah Tekurep. Kedua objek wisata ini dinilai sudah harus direhab, karena bernilai sejarah dan bisa menarik minat wisatawan. “Rehabnya tidak besar-besaran. Ada beberapa bagian di Kawah Tekurep yang mendesak untuk direhab. Misalnya, pagar, jalan setapak dan drainasenya. Kalau Monpera hanya rehab untuk perbaikan ringan. Misalnya pengecatan,” kata Thabrani. Dana perbaikan dua objek wisata itu diperkirakan Rp 300 juta, dengan dana perbaikan terbesar pada Kawah Terkurep. Terutama pagarnya yang rusak lumayan parah. Tahun depan juga, dinas ini akan membuat jembatan penghubung sepanjang sekitar 60 meter di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. l TEKS : dicky wahyudi | EDITOR : iMRON SUPRIYADI

Selamat & Sukses

Ida Fitriati B

Menjadi Wali Kota Pagaralam Periode 2013-2018 Alex Kosasih (Dir. PT Alexa Putra Pratama) Telepon Penting Rumah Sakit RSMH 0711-354088-118 RS. Charitas 0711-353375-333 RSI. Siti Khadijah 0711-356008 RS. AK Gani 0711-354691-116 RS. Benteng 0711-354691 RS. Pusri 0711-712222-3359 RS. Kusta 0711-312866 RS. Ananda 0711-511394 RS. Bunda 0711-312866 RSUD Bari 0711-514165 RS. Pertamina 0711-542117 RS. Boom Baru 0711-711843 RS. Tiara Fatrin 0711-313836

Apotik 24 Jam

Hotel Novotel 0711-369777 Aston 0711-383838 Horison 0711-355000 Sanjaya 0711-362222 Swarna Dwipa 0711-313322 Royal Asia 0711-372372 Princess 0711-313131 Classie 0711-359333

Pribumi 0711-356039 Rora 0711-350086 Jaya 0711-358918 Rosarium Cindo 0711-353784 YK. Madira 0711-356244 Gita 0711-512096

Gangguan PLN Seberang Ilir 0711-350353, 356911 PLN Seberang Ulu 0711-512344, 511916 PDAM Seberang Ilir 0711-355089 PDAM Seberang Ulu 0711-516380

UNIT Pemadam Kebakaran Dinas PMK 0711-312011 Pertamina 0711-598792 PT. Pusri 0711-712073 Pelabuhan 0711-712611 Bandara SMB 0711-410376

Keamanan

Klinik

Transport

Polda 0711-313769 Poltabes 0711-513334 - 510455 Polsekta. Ilir Barat 1 0711-353014 - Ilir Barat 2 0711-352973 - Ilir Timur 1 0711-351607 - Seberang Ulu 1 0711-510128 - Seberang Ulu 2 0711-510096 - Sungai Gerong 0711-596333 - Talang Kelapa 0711-411585 - Sako Kenten 0711-820062 Kodim Tabes 0418 0711-351637 Denpom 2/4 0711-351843 - 374836

Klinik Mitra 0711-352196 Klinik Diatari Medika 0711-810516 Klinik Azhar 0711-319841 Klinik Bersalin Dona 0711-411583 Klinik Gita 0711-512096 Klinik Bersalin Ananda 0711-511394 Klinik Bersalin Islam 0711-713443 Klinik Bersalin Aisyah 0711-511446 Klinik Bersalin Budi Indah 0711-357838 Klinik Isro Medika 0711-814342 Klinik YK Madira 0711-356173 Klinik Bina Husada 0711-353438

Bandara SMB 0711-413395-411778 Informasi SMB 0711-411840 VIP Room SMB 0711-410159 Garuda Indonesia 0711-315333 Merpati 0711-372366 Lion/Wing Air 0711-321210, 355011 Sriwijaya Air 0711-379888, 367015 Batavia Air 0711-378666 Adam Air 0711-367999 Riau Airlines 0711-317000, 378022 Silk Air 0711-356473 Stasiun KA Kertapati 0711-510201

Emergency Kantor SAR 0711-355111


4

KabarSumatera

RABU, 13 JUMAIDIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Penjualan Truk Sepi Peminat PALEMBANG | KS.Penjualan truk berjenis dum ekpedisi lesu darah, berdasarkan data per April 2013 PT. Persada Palembang Raya produsen mobil ekspedisi hanya mampu menjual 250 unit ,itu berbeda jauh dengan penjualan tahun kemarin, dimana perbulannya dapat menjual mencapai 120 unit.

M

anager Operation Hino Purnomo mengatakan, Lesuhnya penjualan ini di karenakan penghentian pengangkutan batu bara, dimana konsumen yang biasanya membeli dengan partai besar adalah pengusaha batu barat ,sekarang konsumen hanya membeli beberapa unit, dan mobil yang sudah dibeli itu pun di alih fungsikan untuk pengangkutan tanah dan pasir. Dia menambahkan, penjualan yang lesuh ini dapat di tutupi dengan penigkatan harga komoditi sawit yang mulai merangkak naik,” mudah-mudahan komoditi itu terus menaik sehingga perusaan kelapa sawit akan membeli mobil truk untuk anggutan sawitnya,” ungkapnya. Seraya berkata untuk perusahaan dengan pembelian partai besar untuk kegiatan batu bara banyak yang meminta penangguhan pembayaran.

mudah-mudahan komoditi itu terus menaik sehingga perusaan kelapa sawit akan membeli mobil truk untuk anggutan sawitnya Lesuhnya penjualan juga karena peraturan pemerintah setempat dimana ada ruas jalan yang tidak boleh di lewati truk maka orang akan berpikir dalam pembelian truk, dan aturan lain dari pemerintah setempat tentang kendaraan truk “Walaupun banyaknya hambatan dan tantangan sperti ini kami berusaha tetap eksis” ujarnya kepada kabar Sumatera. Arief, Suvervaisor PT Astra Internasional Tbk-Isuzu Palembang juga mengatakan, untuk penjualan

ungguan Kabupaten Lahat, selain itu acara ini juga dihadiri secara langsung oleh bupati maupun wali kota setiap daerah masing-masing . Dalam kata sambutannya ketua KTNA se-Sum-sel, H.M.Basri mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kabupaten Lahat yang telah menjadi tuan rumah pada kegiatan Peda KTNA ke-XI, dan dia juga mengatakan bahwa pihaknya Gubernur Bersalaman dengan Peserta KTNA juga bangga karena bupati Lahat berani melaksanakan kegiatan yang sangat besar ini di lahat. “Saya yakin yang hadir hari ini merasa sangat bangga terhadap KabuPemenang Undian Motor dan Satu Buah Rumah paten Lahat karena telah melaksanakan Sum-Sel, dan lima ribu peserta di kegiatan KTNA ini. berbagai kota, dimana kegiatan ini Dan tidak lupa pula kami sangat dilaksanakan untuk memupuk tali berterima kasih kepada bupati Lasilahturahmi antar petani yang ada hat maupun seluruh unsur Muspida di Sum-Sel, bertepatan acara ini dis- yang telah menyambut kedatangan elenggarakan di bumi Seganti Set- kami dari awal hingga acara ini se-

Alex Noerdin Resmikan Peda KTNA Kabupaten Lahat

Gubernur Sumsel beserta rombongan Lahat I KS Kegiatan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) se-Sumatera Selatan yang digelar di Kabupaten Lahat selama tiga hari (23-25 / 4 ) ini dibuka se-

cara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Alex Noerdin di halaman lapangan Seganti Setungguan kemarin (23/04). Kegiatan KTNA ini diikuti 13 Kabupaten dan 4 Kota yang ada di

truk atau mobil katogori tiga (Giga) mengalami penurunan dari beberapa tahun belakangan ini. Dia menambahkan, pihak Isuzu mengalami penurunan penjualan, semisal tahun lalu para konsumen bisa memesan mobil truk dari 30 unit sampai dengan 50 unit, tetapi untuk tahun ini sampai bulan ke empat ini konsumen hanya membeli secara ritel. “ Untuk tahun ini penjualan truk sendiri mengalami penurunan, untuk pertengahan semester ini konsumen hanya memesan 1 sampai 5 unit “ungkapnya” Pihak kami tetap optimis di tahun ini, kemugkinan menjelang bulan april harga komoditi mulai setabil, walaupun untuk konsumen dari batu bara beralih ke jasa angkut yang lain,”harapnya. l TEKS : JADID ULUL ALBAB FOTO : INT EDITOR: ROMI MARADONA

lesai nantinya. Harapan kami, sebagai ketua KTNA Provinsi agar acara ini bisa terselenggara dengan baik dan tidak terjadi hal yang negative. Selain itu juga setiap petani kami harapkan bisa belajar dengan petani kota lainnya atau bertukar ilmu dalam bidang pertanian,” kata Basri. Disamping itu, Bupati Lahat H.Saifudin Aswari Riva’i,SE mengatakan, melalui acara Peda KTNA ini pihaknya dapat terus menumbuhkan atau melahirkan potensi-potensi pertanian yang ada di Kabupaten Lahat, agar lahat dapat dikenal bukan hanya dengan kemajuan bidang batu baranya saja. Akan tetapi sektor pertaniannya tidak kalah dengan daerah laiinnya, sehingga setiap pengeksporan beras baik di dalam maupun di luar negeri beras Kabupaten Lahatlah yang diproduksi oleh pemerintah. Bahkan sebelumnya, masih kata Aswari, Gubernur telah merestui kegiatan Festival Sriwijaya yang dilaksanakan di Kabupaten Lahat dan hari ini KTNA juga dilaksanakan di Kabupaten Lahat. “Tentunya, semua ini menjadikan kebanggaan Kabupaten Lahat , dan alhamdulillah dengan dilaksanakanknya kegiatan ini kita bisa memperlihatkan potensi pertanian yang ada kepada seluruh kota maupun kabupaten yang ada di Sumatera Selatan ini. Dan Insya Allah kedepan

Jero Perkirakan Kuota BBM Jebol Lagi JAKARTA| KS. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memastikan bahwa kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di tahun ini akan jebol lagi. Prediksinya, kuota BBM bersubsidi akan melonjak hingga 48,5 juta kilo liter (KL). Tahun ini, pemerintah hanya menargetkan kuota BBM bersubsidi sebesar 46 juta KL. "Tahun lalu saja realisasi konsumsi BBM bersubsidi sudah mencapai 45,2 juta KL. Tahun ini dipastikan akan melebihi 46 juta KL. Kami sudah hitung kuota akan tembus menjadi 48,5 juta KL. Itu angka yang sudah kelihatan," ujarnya. l TEKS : KOMPAS.com

Info kami sebagai pemerintah Kabupaten dapat melanjutkan dan mamajukan potensi pertanian yang ada ini, sehingga potensi yang ada ini tidak terhapuskan,” tukas Wari. Selanjutnya Gubernur Sumsel, H.Alex Noerdin menjelaskan dalam kata sambutannya selama tahun 2012 Sumsel baru mengekspor beras terbesar di Asia yaitu berkisar 1,2 juta ton pertahun, dan insya Allah tahun ini ekspor beras kita akan menjadi 1,3 juta ton pertahun. “Tidak ada potensi yang besar selain sumsel, kita mempunyai potensi besar dan menjadi panutan disetiap provinsi yang ada di Indonesia. Dan kedepan untuk sektor perikanan kita akan membuat kolam ikan air tawar yang berada di Jakabaring, dan akan menjadi sektor terbesar dan menjadi panduan di Asia. Tentunya, semua ini dilakukan tidak lain untuk memajukan dunia pertanian maupun nelayan yang ada di Sumatera Selatan,” ungkap Alex. Di penutup acara Bupati Lahat H.Saifudin Aswari Riva’i,SE dan Gubernur Umsel H. Alex Noerdin memberikan bantuan berupa 13 motor bagi ketua KTNA dan membagikan hadiah Door Frize berupa lima buah motor dan 1 buah rumah yang berada di kawasan Griya Refari Kabupaten Lahat. l TEKS/FOTO : Jumra Zefri

Menjelang Pelantikan Dewan Awali Paripurna Istimewa PAGARALAM | KS Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Pagaralam dalam rangka pelantikan Walikota dan Wakil Walikota masa bhakti 20132018 berlangsung di Gedung SDBI Komplek Perkantoran Gunung Gare, Jalan Laskar Wanita Mintarjo Kota Pagaralam, Selasa (23/4). Agenda paripurna berjalan sukses dengan dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir Alex Noerdin, Walikota Pagaralam Drs Djazuli Kuris, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, Wakil Walikota dr Ida Fitriati MKes, Sekda Drs Safrudin MSi, Sekwan Patriot A Mundra SPd MM, Unsur Muspida Kota Pagaralam, Kepala Daerah se-Sumsel dan Kabupaten/Kota tetangga, anggota DPRD Provinsi Sumsel Suharindi SJ, Sultan Iskandar, Legium Vetran, Pimpinan Parpol, Tokoh Agama, Pemuda dan undangan lainnya. Menurut Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdul Gani SE, sidang paripurna dengan agenda pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam berlangsung di Gedung SDBI Komplek Perkantoran Gunung Gare,

Menjelang Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam terpilih, pihaknya telah menyebarkan undangan dengan total mencapai 3.000 orang. Sementara para undangan pun telah dibagi ke dalam beberapa tempat yaitu tipe A, B, C sekitar 1.000 undangan dan pelataran Gedung SDBI sekitar 2.000 undangan jalan Laskar Wanita Mintarjo Kota Pagaralam telah memenuhi unsur dengan dihadiri seluruh anggota dewan yang ada. Acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam terpilih, dr Ida fitriati M.Kes dan Novirzah Djazuli SE, oleh Gubernur Sumsel Ir Alex Noerdin, untuk memimpin Kota Pagaralam selama lima tahun ke depan 2013–2018, berlangsung lancar dan khidmat. “Menjelang Pelantikan Walikota

dan Wakil Walikota Pagaralam terpilih, pihaknya telah menyebarkan undangan dengan total mencapai 3.000 orang. Sementara para undangan pun telah dibagi ke dalam beberapa tempat yaitu tipe A, B, C sekitar 1.000 undangan dan pelataran Gedung SDBI sekitar 2.000 undangan,” jelasnya. Meskipun proses demokrasi telah usai, kata Ruslan, perkelompokan tiap-tiap calon yang terjadi hendaknya dapat mencair untuk bersatu kembali guna mendukung Walikota dan Wakil Walikota terpilih. Untuk itu, kepada semua lapisan mulailah menjalin persatuan dan kesatuan secara bersama-sama dalam memajukan pembangunan di Kota Pagaralam selama lima tahun kedepan. Melalui pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih masa bhakti 2013-2018 ini, diharapkan dapat semakin baik dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kota Pagaralam. Termasuk pula pembangunan dan pemberdayaan pun hendaknya dapat ditingkatkan sesuai dengan potensi yang ada" kata Ruslan. l TEKS/FOTO : Antoni Stefen

Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani membuka Sidang Paripurna dengan agenda pelantikan Wako dan Wawako Pagaralam periode 2013-2018

Sekretaris Dewan, Patriot A Mundra saat menyampaikan Surat Keputusan pemberhentian dan peresmian Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam

Ketua DPRD, Ruslan Abdul Gani SE saat memberikan keterangan usai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih


5

KabarSumatera

Hati-Hati Soal Royalti Batu Bara

Impor Menurun, Investasi Melambat

JAKARTA | KS. Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) Achmad Ardianto meminta pemerintah hatihati dalam menetapkan royalti batu bara. “Harga sedang turun jadi rencana ini harus dihitung benar,” katanya saat dihubungi Republika Online, Selasa (23/4). Ia juga menilai kualitas batu bara juga harus dilihat. Bila high coal mungkin saja royalti bisa dinaikkan karena harga yang mahal namun bila low rank pemerintah mungkin bisa berfikir ulang. Pengamat energi Maydin Sipayung menilai keputusan ini bisa membawa dampak negatif. Khususnya bagi para pemegang PKP2B. Pasalnya aturan royalti yang berlaku untuk kelompok ini sudah cukup baik. Di mana, royalti dipatok sebesar 13,5 persen ditambah pajak sebesar 45 persen. “Mungkin bisa diterapkan untuk pemegang kontrak karya,” katanya. Karena royalti untuk pemegang izin ini minim, di kisaran tiga hingga tujuh persen.l TEKS : REPUBLIKA.CO.ID

17 Nasabah Danamon Kunjungi Old Trafford JAKARTA | KS. Sebanyak 17 nasabah bank Danamon diajak langsung ke stadion Old Trafford Inggris untuk menyaksikan pertandingan Manchaster United (MU) melawan Villa Aston. Selain menjadi saksi sejarah diraihnya trophy kemenangan Liga Inggris ke-20 oleh MU, mereka juga berkesempatan untuk bertemu dan berfoto langsung dengan para pemainnya di pusat pelatihan MU di Carrington. "Saya tidak pernah bermimpi untuk menyaksikan langsung pemain favorit saya, Van Persie, mencetak hat trick di Old Trafford,” ujar Sandra Tuti Lestari Amalia, nasabah Bank Danamon. Kesempatan langka ini bisa didapat ke-17 nasabah, lantaran Danamon menjadi satusatunya pemegang lisensi penerbitan kartu Manchester United di Indonesia. Mereka yang mendapatkan kesempatan ini sebelumnya sudah mengikuti program Res Match persembahan Kartu Danamon Manchaster United. ”ini merupakan wujud komitmen kami untuk senantiasa menghadirkan pengalaman yang tidak bisa dinilai dengan uang bagi nasabah, khususnya fans Manchester United yang kami banggakan ini," ungkap Dessy Masri, Executive Vice President Card Business Head Danamon. l TEKS : REPUBLIKA.CO.ID

RABU, 13 JUMAIDIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

BNI Buka Akses ke Myanmar JAKARTA | KS. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menandatangani kerja sama program capacity building dengan bank swasta Myanmar, Bank Kanbawza.

P

enandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Direktur Tresuri dan Institusi Finansial BNI, Adi Setianto dengan Wakil Direktur Utama Kanbawza Bank, U Than Lwin di Nay Pyi Taw, Myanmar, Selasa (23/4). Melalui penandatanganan MoU, BNI membagi pengalaman dan kapasitasnya sebagai bank yang unggul dalam pelayanan International Banking and Treasury di Indonesia kepada Bank Kanbawza. Langkah ini sekaligus menjadi pintu masuk bagi BNI untuk berkiprah di perekonomian Myanmar. MoU mencakup dua hal pokok, yakni menekankan pada saling tukar pengetahuan terkait Asset and Liability Management yang menjadi satu kesatuan dalam strategi pengelolaan investasi, risiko,

dan pendanaan. Hal pokok kedua adalah mendukung terpenuhinya kebutuhan peningkatan kapasitas di bidang perbankan yang dapat mengarahkan pada pengembangan produk dan pelayanan. Bank Kanbawza, yang berlokasi di Yangon, diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam perekonomian Myanmar dan berkontribusi pada aktivitas perbankan antara Indonesia dan Myanmar. Direktur Tresury & Financial Institution BNI, Adi Setianto, mengatakan langkah BNI ini merupakan upaya untuk berperan aktif dalam pengembangan kerjasama ekonomi Indonesia dan Myanmar. “Ini penting karena Myanmar merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang saat ini sedang dalam proses refor-

masi politik dan ekonomi,” ujar Adi. Kerja sama Capacity Building tersebut juga akan dilakukan dengan beberapa bank di Myanmar. Kerjasama ini merupakan salah satu perwujudan visi BNI, yaitu “Bridging Indonesia and the World”. Selama ini peran Indonesia cukup penting dalam mendorong upaya pemerintah Myanmar menuju negara demokrasi. Ia mengatakan proses menuju era keterbukaan telah memberikan peluang bagi Indonesia untuk melakukan pengembangan kerja sama di segala bidang termasuk kerja sama pengembangan ekonomi. Pemerintah Indonesia saat ini mendorong BUMN untuk bersinergi dalam melakukan eksplorasi bisnis di luar negeri termasuk di Myanmar. Sebagai bank BUMN, BNI bersama beberapa perusahaan-perusahaan BUMN lainnya melaksanakan perannya membuka peluang bisnis di Myanmar. l

JAKARTA | KS. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memperkirakan penurunan impor barang modal diperkirakan berpengaruh pada perlambatan realisasi investasi pada tahun ini. Ekonom PT Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy mengatakan terdapat beberapa indikator untuk melihat pergerakan investasi ke depan, salah satunya adalah impor barang modal. “Selama ini impor barang modal menjadi leading indicator pergerakan laju investasi pada produk domestik bruto,” tutur Leo kepada ROL, Selasa (23/4). Artinya, peningkatan impor barang modal akan berkorelasi pada peningkatan realisasi investasi, begitupun sebaliknya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), realisasi impor barang modal terus menunjukkan tren penurunan. Sebagai gambaran, pada Oktober 2012 impor barang modal tercatat 3,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 32 triliun). Angka tersebut mengalami penurunan pada November 2012 menjadi 3,26 miliar dolar AS (Rp 31,67 triliun). Kemudian pada Desember 2012, impor barang modal tercatat 3,01 miliar dolar AS (Rp 29,2 triliun). Penurunan berlanjut pada Januari 2013 yang menyentuh 2,63 miliar dolar AS (Rp 25,55 triliun) dan pada Februari 2013 sebesar 2,63 miliar dolar AS (Rp 24,87 triliun). Realisasi impor barang modal diprediksi akan terus menurun. Penurunan tersebut, kata Leo, akan berdampak pada sektor manufaktur. Sebagai contoh, dalam pembangunan sebuah pabrik, dibutuhkan barang modal berupa bahan baku dan bahan mentah. Waktu dari impor sampai pabrik beroperasi sekitar tiga sampai sembilan bulan. Dengan demikian, Leo menyebut perlambatan investasi akan terjadi tiga sampai sembilan bulan ke depan. Sementara dari sisi eksternal, Leo mengakui adanya dampak yang ditimbulkan terhadap realisasi investasi akibat kondisi perekonomian global yang belum pulih. Namun, dari sisi pendanaan, Leo menilai pergeseran pendanaan dari AS dan Eropa menuju Asia membuat potensi investasi masih baik. Di samping likuiditas global yang masih terjaga.”Itu bisa menjadi katalis investasi,” ujar Leo.l

TEKS : REPUBLIKA.CO.ID

TEKS : REPUBLIKA.CO.ID

Harga Dinaikkan, Impor BBM Tetap Naik JAKARTA | KS. Pemerintah menegaskan impor bahan bakar minyak (BBM) akan terus tinggi selama 2013 ini. Meski pemerintah menerapkan kebijakan dua harga BBM bersubsidi, yakni harga BBM untuk mobil dinaikkan, impor tetap tak bisa ditekan. "Tidak bisa," ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo saat menjawab Republika, Selasa (23/4). "Impor BBM pasti naik terus,". Menurutnya, ini terjadi akibat peningkatan perekonomian yang menstimulus pertumbuhan masyarakat kelas menegah. Hal itu, terbukti meningkatkan jumlah pemilik kendaraan dari tahun ke tahun. Lagipula, kendaraan yang diproduksi kini sebagian besar masih menggunakan BBM. Kalaupun hendak menggunakan gas, pemerintah masih membutuhkan

waktu untuk melakukan konversi. Namun sayangnya ia enggan menuturkan berapa kenaikan impor tahun ini. Tapi, di bulan April ini saja, impor BBM itu per harinya mencapai 385 ribu barel per hari atau sebesar 77 juta dolar AS. "Per barel kita beli dengan harga 200 dolar AS," katanya. Bila ini kebutuhan per hari ini dikalikan dengan harga ini, maka dalam setahun, pemerintah akan mengeluarkan setidaknya 28 miliar dolar AS untuk pembelian BBM. Bila harga minyak dunia naik, tentu saja pemerintah harus mengeluarkan kocek lebih. Bisa saja dana yang dikeluarkan mencapai 29 miliar dolar AS. Hal senada juga dikatakan Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir. Opsi dua harga BBM bersubsidi tak akan berdampak pada penurunan impor. "Impor tetap, hanya ada sav-

ing saja secara rupiah," katanya. Sayangnya, ia enggan menuturkan berapa nilai penghematan karena pemerintah belum menentukan kapan dan berapa besaran harga kenaikan BBM bersubsidi untuk mobil secara pasti. Dalam sebulan, Pertamina menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk mengimpor BBM sebesar sembilan hingga 11 juta bph. Namun range ini tak pasti, tergantung besarnya ongkos produksi. Bila ongkos produksi kilang lebih rendah dari impor BBM, maka Pertamina akan memproduksi BBM sendiri. Namun jika sebaliknya terjadinya, impor dipastikan dilakukan. Pengamat migas dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengatakan kenaikan harga BBM pada mobil pribadi mungkin bisa menyelamatkan APBN. "Tapi bukan neraca perdagangan," ujarnya.

Pasalnya, meski harga naik volume BBM bersubsidi yang dibutuhkanrelatif sama. Kecuali bila kebijakan ini paralel dengan penambahan kilang BBM dan diversifikasi energi. Sebelumnya, impor BBM yang tinggi telah membuat neraca perdagangan RI negatif. Selama 2012 misalnya, impor minyak tercatat sebesar 42,56 miliar dolar AS, dengan komposisi minyak mentah sebesar 10,8 miliar dolar AS, BBM 28,68 miliar dolar AS, dan gas 3,08 miliar dolar AS. Di Januari hingga Februari ini neraca perdagangan juga tetap negatif. Dari Januari hingga Februari misalnya, impor migas mencatat 7,61 miliar dolar AS dengan komposisi minyak mentah 2,01 miliar dolar AS, BBM 5,07 miliar dolar AS, dan gas 526,2 juta dolar AS. l TEKS : REPUBLIKA.CO.ID


JERUJI 6

Lintas Polisi Temukan 37 Bilik Narkoba di Bangkalan BANGKALAN | KS. Petugas gabungan dari Polres Bangkalan dan Polda Jatim yang menggelar operasi di “kampung narkoba” di Desa Parseh menemukan 37 bilik tempat berpesta narkoba. “Ke-37 bilik tempat mengisap narkoba itu ada di enam rumah milik warga,” kata Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro, Selasa (23/4/2013). Ia menjelaskan, bilik-bilik tersebut dilengkapi dengan pintu rahasia dan bisa digunakan untuk melarikan diri saat ada petugas melakukan penggerebekan. Bilik narkoba yang ditemukan polisi itu berukuran kecil, yakni sekitar 2 x 3 meter dan bilik itu disediakan di masing-masing rumah bandar. “Saat ini kami telah memasang garis polisi di rumah-rumah yang diduga menjadi tempat penjualan narkoba itu,” katanya. Menurut Kapolres, Desa Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan itu selama ini memang dikenal sebagai “kampung narkoba”. Penjualan narkoba jenis sabu-sabu di desa itu seolah udah menjadi “rahasia umum”. Bahkan, kata dia, masyarakat di desa itu terkesan kompak. Setiap kali petugas melakukan penggerebekan, jumlah hasil tangkapannya sedikit. Sebab para bandar narkoba itu diduga memiliki mata-mata yang bertugas melakukan pengawasan di pintu masuk desa. Pada Senin (22/4), petugas gabungan dari jajaran Polres Bangkalan dan Polda Jatim menggelar operasi narkoba jenis sabu di Desa Parseh. Dalam operasi itu, petugas berhasil menangkap delapan tersangka, tiga di antaranya merupakan oknum PNS di lingkungan Pemkab Bangkalan. Ketiga okum PNS di lingkungan Pemkab Bangkalan adalah Rabi (32), Sarif Maulana (53) dan Arik (32). “Ketiga PNS ini tertangkap polisi saat mengonsumsi narkoba di salah satu rumah warga di Desa Parseh, Senin (22/3/2013) siang,” kata Kapolres. Tersangka lainnya yang juga ditangkap polisi dalam operasi itu ialah Moh Romli (40) dan Margelap (40). Keduanya warga Kampung Tempel, Desa Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan. Tiga tersangka lainnya masing-masing bernama Daus Prana (31), warga Perumahan Pangeranan Asri, Bangkalan, Mansur (25) dan Bunadi (52). Keduanya warga Desa Parseh, Bangkalan. Selain menangkap para tersangka, dalam operasi gabungan itu polisi juga mengamankan 0,32 gram narkoba jenis sabu-sabu, sejumlah alat hisap sabu, ganja, dan 11 telepon seluler milik para tersangka.l TEKS : KOMPAS.COM

MF Perkosa Remaja Putri di Lingkungan Masjid di Ciputat JAKARTA| KS. MF (25) tengah diburu polisi. Pria yang berprofesi sebagai penjaga masjid itu dilaporkan atas perbuatan pemerkosaan. Dia memperkosa seorang remaja putri berusia 13 tahun. MF melakukan tindakan keji itu di lingkungan masjid perumahan elite di Ciputat. “Korban saat itu sedang kerja bakti di masjid, lalu dipanggil pelaku MF dan diajak melakukan hubungan suami istri,” jelas Kasubag Humas Polres Jaksel Kompol Aswin saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (23/4/2013). Kasus pemerkosaan itu terungkap saat kakak remaja itu membaca buku harian korban. Di buku harian itu, korban mencurahkan tindakan biadab MF. Kakak korban yang membaca buku harian itu mengklarifikasi dan korban membenarkan. “Perbuatan itu di lakukan tiga kali di kamar di lingkungan masjid. Pelaku kan merbot masjid, jadi dapat kamar di sana,” tutur Aswin. Korban melaporkan kejadian itu ke Polres Jaksel pada 2 April lalu. Polisi sudah memeriksa 5 saksi dan juga korban. “Pelaku kabur, jadi masih kita kejar,” imbuh Aswin. Penyidik sudah melakukan visum pada korban dan ditemukan kekerasan seksual. “Tersangka kita nyatakan DPO, buron,” tutupnya. l TEKS : DETIK.COM

RABU, 13 JUMAIDIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Brimob Siap Tembak Mati Jurit CS Kepala Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Adeni Mohan mengatakan, tim eksekusi dari Satuan Brimob Polda Sumsel telah melaksanakan latihan menembak sejak dua minggu terakhir sebelum melakukan eksekusi terhadap tiga terpidana mati yakni Jurit CS.

PALEMBANG | KS Dijelaskan Mohan, ada 10 anggota Brimob yang telah dipersiapkan sebagai tim eksekusi terhadap terpidana mati Jurit CS nantinya. Dari 10 anggota tersebut, dilakukan latihan menembak yang dipusatkan di Kompi Talang kelapa selama empat jam. “Latihannya dari pukul 21.00

WIB sampai pukul 00.00 WIB, menggunakan senjata laras panjang. Mekanismenya, ketiga terpidana mati akan dieksekusi secara bersamaan dihadapan regu tembak,” katanya. Lanjutnya, Brimob Polda Sumsel hanya ditunjuk pimpinan untuk menjalankan eksekusi terhadap tiga terpidana mati

tersebut. Namun, ia juga belum mengetahui pasti lokasi tepatnya eksekusi tersebut. Meski belum mengetahui lokasi, Brimob akan terus latihan hingga hari eksekusi tiba. Sedangkan menurut Kepala Kejaksaan Negeri Palembang Nanang, meski surat permintaan eksekusi sudah dikirim sekitar satu bulan lalu dari Menkumham RI, namun pihaknya belum menerima surat pemberitahuan tersebut. Tanpa surat penetapan itu, ketiga terpidana mati belum bisa dilakukan eksekusi. “Boro-boro melakukan eksekusi, menjemput terpidana saja belum bisa kita lakukan. Jika penetapan Menkumham sudah kelar, pasti akan segera dijemput,” kata Nanang.

Padahal, segala sesuatu terkait pelaksanaan eksekusi terhadap Jurit, Suryadi, dan Ibrahim sudah siap. Kejati Sumsel sudah menyediakan tiga alternatif lokasi eksekusi, tim eksekusi sudah dibentuk, hingga tim medis. Dengan kata lain, Kejati Sumsel kini hanya perlu menunggu adanya penetapan dari Menkumham. “Kami harap bisa secepatnya selesai. Soalnya, deadline eksekusi yang diberikan kejaksaan Agung sudah kian dekat,” jelasnya. Khusus untuk tim tembak, Nanang meyakini Satuan Brimob Polda pasti sudah membentuk tim khusus untuk melakukan eksekusi mati. Sejak surat perintah menjalani eksekusi diberikan Kejari Palembang beberapa waktu

lalu, Satuan Brimob Polda Sumsel pasti sudah mempersiapkan diri dengan menggelar latihan menembak. “Seperti apa latihannya, kami tidak tahu. Yang pasti, kami yakin, Brimob sudah siap begitu waktu eksekusi nantinya ditetapkan,” pungkas Nanang. Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam waktu dekat akan ada tim yang akan menjemput ketiga terpidana mati di Lapas Nusa Kambangan. Selanjutnya, ketiganya akan ditahan dan diberi satu permohonan terakhir sebelum menjalani eksekusi yang hingga kini belum tahu tempatnya. l TEKS : OSCAR RYZAL EDITOR: JUNAEDI ABDILLAH

Polisi Ringkus Pembunuh Karyawan PT United Oil PALEMBANG | KS Seorang tersangka pembunuhan Toni (42), karyawan PT United Oil beberapa hari yang lalu, akhinya berhasil dibekuk Tim Reskrim Polsekta Ilir Timur II Palembang, Senin (22/4). Aswandhi (25) ditangkap polisi saat sedang berada dirumahnya, ia harus bertanggang jawab atas Karyawan PT United Oil, yang tewas dengan luka tusuk di pinggang beberapa hari yang lalu. Diceritakan, warga Jalan KH Azhaari, Lorong Asbih, Kelurahan 14 Ulu ini, ia mengaku tidak ikut serta menghabisi nyawa Toni. Ia memang ada di lokasi kejadian. Hanya saja, ia terlibat perkelahian dengan teman Toni bernama Fikri. “Saya sama sekali tidak ikut berkelahi dengan Toni. Yang berkelahi dengan Toni adalah ketiga teman saya yang masih buron,” kilah Wandi. Lanjutnya, ia mulanya datang bersama ketiga temannya ke lokasi kejadian dengan mengen-

darai ketek. Sesampai di lokasi, Wandi mengaku diserang secara tiba-tiba oleh Fikri. Setelah dipukul dengan tangan kosong, Fikri berulang kali mencoba menghujamkan pisaunya ke tubuh Aswandi. Beruntung, mata pisau tak mengenai tubuh Wandi sedikit pun. “Saya tidak tahu mengapa dia menyerang saya duluan. Sumpah, saya tidak pernah bermusuhan dengannya,” kata Wandi. Wandi dan ketiga temannya lalu berhasil melarikan diri. Tak lama, mereka kembali lagi ke lokasi untuk mencari keberadaan Fikri. Kali ini, beberapa teman Wandi ada yang bawa sajam. Mereka berhasil mendapati keberadaan Fikri. Wandi menyerang Fikri, sementara ketiga temannya menyerang teman Fikri yang diketahui bernama Toni. Toni tewas di tangan ketiga teman Wandi dengan menderita beberapa luka tusuk. Sementara Fikri berhasil melarikan diri dan selamat. Kapolsekta IT II Palem-

bang, Kompol Hans Rahmatullah, melalui Kanit Reskrim, Iptu Sabur, membenarkan penangkapan itu. Pihaknya masih menda-

Kawanan Pencuri Gasak Ruko PALEMBANG | KS Kawanan pencuri berhasil menggasak sebuah rumah toko (Ruko) dikawasan Jalan Perindustrian II, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami Palembang, Senin (22/04). Akibat kejadian itu pemilik toko menderita kerugian mencapai Rp 12 juta, tidak hanya uang tunai senilai Rp 1 juta, kawan pencuri ikut menggondol beberapa barang berharga yang berada di dalam Ruko. Mulai dari satu unit laptop Toshiba, satu unit kamera merk Canon, dan empat slop rokok tak bisa ia dapati lagi di rumahnya.

lami kasus ini dan mencari keberadaan tiga teman Wandi yang masih buron. “Ia diduga terlibat ikut menghabisi nyawa Toni.

Kami masih akan terus lakukan pemeriksaan untuk mencari kebenarannya,” kata Sabur.l

Total kerugian yang ia derita mencapai Rp 12 juta. "Barang-barang itu seluruhnya terletak di dua kamar yang ada di ruko saya. Waktu saya lihat, kedua kamar di lantai dua sudah dalam keadaan berantakan," kata Makmur Harapan (52) yang merupakan pemilik ruko. Diceritakan Makmur, ruko miliknya yang dibobol maling tidak hanya sebagai tempat usaha. Namun, ruko itu juga menjadi tempat tinggal dirinya bersama keluarga. Namun, saat kejadian, ruko dalam keadaan kosong karena Makmur bersama isterinya sedang menjemput anaknya yang latihan bulutangkis. "Cukup lama kami meninggalkan ruko dalam keadaan kosong. Soalnya,

usai dari menjemput anak, kami pergi ke pasar," paparnya. Dari pantauan di lapangan, pelaku diduga kuat masuk dari pintu depan ruko milik Makmur. Keduanya berhasil merusak kunci pengaman pintu dengan menggunakan benda tajam. Begitu berada di dalam, pelaku langsung menuju dua kamar yang ada di lantai dua. Di sana, pelaku berhasil menggondol uang tunai dan barang-barang berharga milik Makmur. Kapolsekta Sukarami Palembang, Komisaris Polisi (Kompol) Imam Tarmudi, membenarkan peristiwa ini. Pihaknya sudah olah TKP berkoordinasi bersama Polresta Palembang. "Secepatnnya kita akan ungkap kasus ini," kata Imam. l

TEKS/FOTO: OSCAR RYZAL EDITOR: JUNAEDI ABDILLAH

TEKS/FOTO: OSCAR RYZAL EDITOR: JUNAEDI ABDILLAH

Awas, Komplotan Penipuan SMS Jaring Korban Lewat Website Palsu JAKARTA| KS. Komplotan penipuan undian berhadiah lewat pesan singkat (SMS) telepon seluler kini semakin canggih. Mereka beraksi dengan modus baru yakni dengan menyertakan alamat website untuk lebih meyakinkan calon korbannya. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menjelaskan bahwa pelaku merancang website sedemikian rupa sehingga seolah-olah bonafid. “Korban dipersilakan membuka web untuk melihat sendiri, padahal web itu dirancang untuk menipu,” kata Rikwanto, Selasa 23 April 2013. Rikwanto melanjutkan, modus penipuan ini seringkali mencatut nama kepolisian, seolah-olah kepolisian ikut dalam mengundi, hingga penerima SMS merasa yakin kalau polisi menjadi saksi. “Jadi intinya jangan mudah percaya dan tergiur dengan SMS yang bersifat undian berhadiah, karena itu 99,9 persen bahkan 100 persen itu adalah penipuan. Kalau kurang yakin hubungi kepolisian terdekat untuk memastikan,” ucapnya. Berikut contoh SMS undian yang meresahkan itu. “Selamat Anda dapat hadiah Rp100 juta dari (SIDOMUNCUL) PIN undian 2a5g7i, untuk info kunjungi www.sidomuncul666.blogspot.com.” Pesan itu dikirim oleh nomor 08121974xxxxx. Atau ada juga “Selamat Anda dapat hadiah Toyota Avanza dari Telkomselpoin. Untuk info kebenarannya cek PIN Anda di www.hadiah-telkomselpoin.tk.” Pesan itu dikirim oleh 08219720xxxx. Saat dibuka, website itu benar ada. Desainnya hampir sama dengan website asli. Saat dikonfirmasi melalui akun Twitter resmi Telkomsel, modus penipuan ini akan menjadi perhatian, dan akan ditindaklanjuti. l TEKS : VIVANEWS.COM

Pencuri Gasak Rumah PNS KAYUAGUNG | KS Kawanan pencuri yang selama ini meresahkan warga Kayuagung berhasil membongkar Rumah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Nurul Huda (40). Selasa (23/4) kemarin. Rumah yang berada di area Komplek Perumahan Kabag, Kelurahan Paku Kecamatan kayuagung OKI, ini,

pencuri berhasil menggasak barangbarang berharga milik korban seperti televisi (TV) LCD, DVD dan tas. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke kantor polisi terdekat. Setelah menerima laporan korban, jajaran Polsek Kayuagung dipimpin Kanit Reskrim Aipda Edwar Alex langsung datang ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dari hasil olah TKP pelaku berhaCMYK

sil membongkar pintu bagian depan dengan linggis, karena posisi rumah dalam keadaan kosong. “Saya sedang pergi dinas, semenatara anak saya sekolah, memang rumah setiap hari dari pagi sampai sore selalu kosong,” ujar korban Nurul. Akibat kejadian tersebut korban kehilangan TV LCD, Tablet, DVD, tas dan celengan. Dia baru berhasil mengubrak abrik ruang tamu dan kamar anak saya saja. “Dia belum sempat

masuk ke kamar saya,” ujar korban. Kapolsek Kayuagung AKP Prianto melalui kanit reskrim Aipda Edwar Alex mengatakan, pihaknya sudah melakukan olah TKP di tempat kejadian. “Kita sudah melakukan oleh TKP dan meminta keterangan saksi-saksi. Akan kita lakukan penyelidikan untuk menangkap pelakunya,” ujarnya. l TEKS : EMIL HIDAYAT | ILSUTRASI : INT EDITOR : JUNAEDI ABDILLAH


Kabar ARENA

7 27 Negara Ikuti Waterski and Wakeboard World Cup 2013 RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

PALEMBANG | KS Sebanyak 27 Negara dari berbagai benua dipastikan bakal mengikuti kejuaraan Waterski and Wakeboard yang berlangsung di Danau Ski Air Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, 3-5 Mei mendatang. Hal ini diungkapkan Asisten III Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) selaku Ketua Pelaksana, Ahmad Najib pada rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Selasa (23/4) kemarin. “Hingga saat ini, kita memastikan sudah ada 27 negara yang akan mengikuti kejuaraan waterski and wakeboard. Jumlah ini masih mungkin bertambah,” kata Najib. Adapun ke-27 Negara tersebut beberapa di antaranya disebutkan Najib yakni, Jerman, Peran-

cis, Jepang, Belanda, Thailand, Brazil, Swedia, Amerika Serikat, Indonesia dan negara-negara lainnya yang mempunyai tradisi pada kejuaraan ini. “Walaupun negara-negara yang ikut partisipasi ini cukup kuat, namun tetap tidak mengurangi keyakinan kita Indonesia dapat bersaing,” ujarnya. Sebagai pembuka kejuaraan, Najib menuturkan jika pada even bertaraf nasional ini akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo serta Ketua KONI Pusat, Tono Suratman. Pembukaan sendiri rencananya akan berlangsung pada Jum’at (3/5) pukul 14.00 WIB di Lapangan Tembak, JSC. Dan dipastikan juga ketua PB Ski Air akan datang pada even nanti. Selain ada dua staf dari perwakilan dubes Amerika. “Tepatnya pada hari pertama

kejuaraan akan dilangsungkan pembukaan tepatnya di lapangan tembak JSC dengan menghadap ke arah danau ski air,” tuturnya. Untuk persiapan venue, saat ini diterangkannya sudah mulai dilakukan perbaikan sarana dan prasarana penunjang agar suksesnya gelaran serta pembersihan lumut dan ganggang yang melekat di pinggir danau. Sementara mengenai kedatangan atlet dari luar sudah mulai pada tanggal 1 Mei atau H-2 sebelum kejuaraan. “Untuk atlet Indonesia saat ini sudah datang dan mulai latihan di venue tempat berlangsungnya kejuaraan,” terangnya. “Lawan yang kita hadapi semuanya berat. Jadi sengaja kita datang sejak awal agar persiapan lebih matang dan atlet lebih siap,” tukasnya. l TEKS/FOTO : SADAM MAULANA EDITOR : RINALDI SYAHRIL

Minimal Tiga Pemain SFC U-21 Naik Kasta

Aliyudin Pertimbangkan Tawaran Persikabo

PALEMBANG | KS Usai mendepak lima pemain, Manajemen Sriwijaya FC (SFC) mengungkapkan jika hingga saat ini belum terfikir untuk mendatangkan pemain baru sebagai pengganti. Sebab dengan komposisi skuad saat ini ditambah kembalinya Erick Weeks Lewis serta diperkuat Diego Michiels pada putaran kedua dirasa sudah cukup bersaing dalam bersaing memperebutkan mahkota juara Indonesia Super League (ISL) 2012/2013. Terlebih hanya mengikuti satu kompetisi dengan skuad berlapis disetiap lini diyakini tidak akan mengurangi kekuatan tim dengan keluarnya lima pemain. “Saat ini kita memiliki 19 pemain di tim utama dan tujuh pemain magang. Komposisi yang cukup ideal karena kita hanya mengikuti satu kompetisi,” kata Direktur Keuangan SFC, Augie Bunyamin. Sebagai pemenuh kuota, dijelaskan Augie Laskar tidak akan lagi terlalu banyak menambah amunisi dari luar Kota. Karena akan lebih memaksimalkan keberadaan skuad lokal asal Sumatera Selatan (Sumsel). Dimana dalam hal ini skuad SFC U-21 akan jadi prioritas. “Setidaknya pada putaran kedua ISL

PALEMBANG | KS Pasca didepak Sriwijaya FC (SFC), Aliyudin sepertinya tidak akan lama menganggur. Pasalnya, kini sudah ada tawaran yang menghampiri pemain asal Bogor untuk melanjutkan karier sepak bolanya. Yakni klub peserta Divisi Utama Liga Indonesia, Persikabo Bogor yang datang memanfaatkan situasi sang pemain yang kini sudah berstatus tanpa klub. Hal ini diakui langsung Aliyudin yang secara terang-terang sudah dihubungi pihak klub tersebut. “Untuk saat ini baru ada satu tim yakni Persikabo yang sudah menghubungi saya. Meminta agar saya dapat bergabung,” kata Aliyudin. Meski demikian, Ali (demikian dia disapa) mengaku belum dapat memutuskan menerima atau menolak tawaran. Dia mengaku masih mempertimbangkan bagaimana kemungkinan tentang masa depannya. Masih memiliki banyak waktu sebelum jendela transfer ditutup pada 24 Mei mendatang, dia mengungkapkan cukup tergesah jika dia segera menerima. Terlebih mantan punggawa Persija Jakarta dan Persib Bandung masih bernafsu menunggu tawaran klub lain. Yang sejauh ini, berdasarkan informasi internal Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persepam Madura United (P-MU) juga tengah memonitor sang pemain. Walaupun rumor ini sendiri dibantah Ali. “menunda tawaran Persikabo ini murni karena jendela transfer masih panjang. Bukan karena ada tawaran klub lain atau Persikabo main di divisi utama yang satu kasta di bawah kompetisi Indonesia Super League (ISL),” ujar pemain kelahiran Bogor, 7 Mei 1980 tersebut. “Lagipula saya cukup berminat jika memang tim ini serius karena saya akan kembali dekat dengan keluarga,” sambungnya sembari menjelaskan jika keluarganya tinggal tak jauh dari markas Persikabo. Selain Ali yang secara terangterangan menyebut klub peminat dirinya, nama-nama lain yang juga didepan SFC seperti Immanuel Padwa, Taufiq Kasrun, Sultan Samma, M. Fakhrudin belum dapat mengungkapkan apakah sudah ada klub yang menaksir. Akan tetapi, santer dua di antara juga akan pulang kampung membela klub asal mereka dilahirkan. Yakni Taufiq kembali ke Persela Lamongan dan Sultan Samma kembali memperkuat Persiba Balikpapan. Klub dimana masing-masing pemain tersebut dibesarkan. l TEKS: SADAM MAULANA | EDITOR : RINALDI SYAHRIL

musim ini kita akan promosikan pemain SFC U-21 untuk naik level ke tim senior,” terangnya. Untuk itu, Augie yang juga merangkap sebagai Manajer tim U-21 mulai saat ini akan berkoordinasi kepada jajaran manajemen klub, bersama pelatih Kas Hartadi dan pelatih SFC U-21 Edi Iswantoro memonitor pemain potensial yang memang layak naik kasta. “Alasannya jelas, jika kita memaksimalkan potensi lokal Sumsel, kita akan lebih berhemat dan memiliki prospek jangka panjang terhadap mereka. Dan pastinya juga terhadap loyalitas klub akan lebih ada dibandingkan pemain luar Sumsel,” ujarnya. Sementara pelatih SFC, Kas Hartadi mengaku siap menampung pemain junior untuk segera menjadi bagian timnya. Dan mulai memonitor berlian muda SFC sebelum menutuskan siapa yang siap diambil pada 24 Mei mendatang. Dimana pada tanggal tersebut merupakan penutupan bursa tranfer putaran kedua. “Jadi waktunya cukup panjang dan kita yakin akan menemukan pemain yang memang layak bergabung di tim senior. Bukan hanya tiga, kita siap menarik berapa saja yang memang memiliki potensi besar,” terang pelatih kelahiran Solo, 6 Desember 1970 tersebut. l TEKS: SADAM MAULANA | EDITOR : RINALDI SYAHRIL

Ajang Reuni Mantan Atlet Basket PALEMBANG | KS Dalam rangka bertemu kerabat lama sesama mantan atlet Basket, Palembang siap menggelar Turnamen Intercity Evergreen Cup VI yang akan diikuti para pemain basket veteran amatir, pemain, senior dan eks pemain nasional. Penyelenggaraan turmamen tahunan ini rencananya berlangsung di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC) dan lapangan pendamping tim Punai di Lapangan Basket Sekolah Palembang Harapan (SPH) pada 25 – 28 April. Diikuti 37 tim terdiri atas 31 tim putra dan enam tim putri dari 11 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Pontianak, Makassar, Solo, Malang, Sidoarjo termasuk Palembang sebagai tuan rumah turnamen Intercity Evergreen Cup VI bersamaan dengan hari ulang tahun tim Basket Punai yang ke-13. Menurut ketua umum tim Basket Punai Chandra Sosro S. even ini sebagai ajang pertemuan antara eks pemain nasional senior dan pemain veteran amatir. Sekaligus ajang reuni para mantan pemain nasional. “Jadi kejuaraan ini tahun ini tidak hanya dalam rangka reunian mantan atlet. Karena selain itu juga dalam rangka memperingati HUT tim basket Punai,” kata Chandra. Turmamen ini diikuti para pemain yang berusia 34 tahun ke atas. Dibagai berdasarkan kelompok umur yang dipertandingkan. mulai dari 40, 50, 60 dan 65 tahun dikategori putra, sedangkan kelompok umur 35 dan 50 tahun untuk kategori putri. “Walaupun berbentuk turmamen, sebenarnya tujuan even ini mempertemukan para eks atlet-atlet nasional yang masih aktif dalam olahraga basCMYK

ket di Indonesia. Even ini juga didukui oleh Pempov, Perbasi Sumsel, dan KONI Sumsel,” terangnya. Chandra juga menambahkan dalam turnamen nanti tim Punai hanya akan bermain sesuai dengan apa yang diintruksikan pelatih dan belum memasang target untuk juara. Karena tim-tim dari kota besar lainnya tidak kalah bagusnya dari tim Punai. “Kita juga mewaspadai klub dari kota Jakarta yakni klub Putra A-Plus Ceng Hoo kategori 50 tahun dan, klub CLS dari Surabaya kategori 40 tahun. Dan untuk tim Putri klub Abadi kategori usia 50 tahun,” jelasnya. Tim Peserta Putra 40, 50, 60, dan 65 Tahun Samudra (Medan), Punai dan Klub NMB (Palembang), CSP, Abadi, MCB Cucky, dan A-Plus Ceng Hoo (Jakarta), Happy (Bandung), Friendship dan Putra Jaya (Semarang), Bhineka (Solo), Bima Sakti (Malang), Sahabat, dan CLS (Surabaya), Meteor (Pontianak), All Star (Makassar). Tim Peserta Putri 35 – 50 Tahun Punai (Palembang), Abadi dan Citra Satria (Jakarta), Happy (Bandung), Bima Sakti (Malang), All Star (Makassar). l TEKS: SADAM MAULANA | EDITOR : RINALDI SYAHRIL


KabarSumatera

INFO

RABU 13 JUMADIL AKHIRL 1434 H 24 APRIL 2013 M

8

Ir H Heri Amalindo MM

Jabat Bupati PALI Pertama Mendagri Memasang Tanda Jabatan

Ir H. Heri Amalindo MM

Mendagri Mengambil Sumpah Jabtan

Bersama Masyarakat PALI

Firdaus Hasbullah SH

masyarakat dengan berduyun-duyun datang ke Jakarta untuk menyaksikan pelantikan tersebut. Tidak kurang 60 warga yang terdiri dari tokoh masyarakat dari berbagai kecamatan di PALI dan tokoh di perantauan mendatangi Gedung Sasana Praja Kantor Kementrian Dalam Negeri Jl Merdeka Utara Jakarta. Antusiasme masyarakat, sampai rela menunggu hanya untuk sekedar berfoto bersama Bupati kebanggan mereka. Koordinator rombongan Firdaus Hasbullah SH mengatakan, antusiasme

masyarakat tersebut menunjukkan bahwa figur Heri Amalindo bisa diterima oleh masyarakat. Apalagi dalam kesempatan tersebut turut hadir berbagai elemen masyarakat seperti Presidium PALI H. Anwar Mahakil, Iskandar Anwar SE, mantan Bupati Muara Enim H Nang Ali Solihin SH, mantan Ketua DPRD Mauara Enim H Alizaman M Noor, mantan Ketua Pansus Pemekran PALI DPRD Muara Enim Soemaryono. (adv)

Bersama Nangali Solihjin SH dan Alizaman M Noor

Jakarta|KS Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi akhirnya resmi melantik Penjabat Bupati PALI di Jakarta, Senin 22 Januari 2013. Gubernur Sumatera Selatan Ir Alex Nurdin menunjuk Putra terbaik PALI untuk dipercaya menjabatnya. Heri Amalindo yang dahulunya adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga merupakan putra asli Desa Sukarami Kec. Penukal Utara. Dalam sambutannya Menteri Dalam negeri menyampaikan bahwa tugas utama dari Penjabat Bupati PALI adalah mempersiapkan struktur organisasi perangkat daerah beserta tugas pokok dan fungsinya, menyelenggarakan pemerintahan daerah di Kabupaten PALI, memfasilitasi pengisian keanggotaan DPRD PALI hasil Pemilu 2014 dan memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah pada tahun 2015. Penunjukan Ir H Heri Amalindo ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat PALI sendiri. Hal ini ditunjukkan

Biodata : Nama : Ir H Heri Amalindo MM Lahir : 24 September 1963 Jabatan : Kepala Dinas PU Bina Marga Propinsi Sumatera Selatan Istri : Ir. H. Sri Agustina

Ir H. Heri Amalindo MM Bersama Istri Ir Hj. Sri Agustina

Alex Noerdin Lantik Wako/Wawako Pagaralam

Suasana rapat waterski and wakeboard world cup 2013, Selasa 23 April di ruang rapat KONI Sumsel

Ketua DPRD, Ruslan Abdul Gani SE

PAGARALAM|KS Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes dan Novirzah Djazuli SE periode 20132018 berlangsung khidmat dan sukses. Hal itu terlihat jelas dalam beberapa detik-detik pengucapan sumpah jabatan yang disaksikan oleh ribuan tamu undangan di Gedung SD Model Komplek Perkantoran Gunung Gare. Sebelum dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H Alex Noerdin SH, agenda dimulai dengan

Suasana rapat waterski and wakeboard world cup 2013, Selasa 23 April di ruang rapat KONI Sumsel

Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam. Sementara Sidang Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdul Gani SE. Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (23/4) kemarin, walaupun hanya beberapa menit saja, proses pelantikan berlangsung sangat khidmat sekitar pukul 09.28 WIB. Dua pimpinan daerah itu dinyatakan sah menjadi walikota dan wakil walikota Pagaralam periode 20132018, dan keputusan tersebut langsung disambut tepuk tangan meriah dari ribuan tamu undangan yang hadir. Gubernur Alex Noerdin mengatakan, dengan dilantiknya Ida Fitriati dan Novirzah Djazuli menjadi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah masa bhakti 2013-2018, maka tanggal 23 April 2013 merupakan babak baru bagi Kota Pagaralam. Sementara dalam proses demokrasi seperti pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam mengalami dua putaran dengan diikuti oleh 9 Pasangan Calon dan putaran kedua tersisa dua pasangan calon dapat berjalan aman dan lancar. “Sebelumnya para pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota mempunyai kekuatan dan kelompok masingmasing, sehingga kondisi di masyarakat terbagi-bagi. Namun setelah selesai pemilihan sudah didapatkan siapa pemenangnya dan masyarakat pun harus bersatu kembali mendukung yang menang,” kata Alex. Dikatakan Alex, dalam proses

demokrasi ini merupakan hal yang wajar, mengingat semua kelompok tiap-tiap calon akan menjual program untuk meyakinkan masyarakat bahwa programnya yang bagus, ini boleh-boleh saja dilakukan. Namun yang terpenting pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota periode 2013-2018 telah usai dan sudah mendapatkan pemenangnya. “Diharapkan melalui proses demokrasi ini masyarakat Pagaralam dapat bersatu kembali. Semoga Walikota dan Wakil Walikota terpilih dapat membawa perubahan bagi Kota Pagaralam selama lima tahun ke depan akan lebih baik lagi,” katanya. Sedangkan menurut Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdul Gani SE, proses demokrasi telah usai, perkelompokan tiap-tiap calon yang terjadi hendaknya dapat mencair bersatu kembali mendukung calon yang menang. Semua lapisan mulailah menjalin persatuan dan kesatuan secara bersamasama guna memajukan pembangunan di Kota Pagaralam. “Melaui pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih masa bhakti 2013-2018 ini, diharapkan dapat semakin baik dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kota Pagaralam. Termasuk pula pembangunan dan pemberdayaan pun hendaknya dapat ditingkatkan sesuai dengan potensi yang ada,” ujar Ruslan. Usai prosesi pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam terpiCMYK

Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani membuka Sidang Paripurna dengan agenda pelantikan Wako dan Wawako Pagaralam periode 2013-2018

lih masa bhakti 2013-2018, mantan Walikota Drs H Djazuli Kuris, mengajak seluruh lapisan masyarakat Pagaralam untuk bersyukur pada Maha Kuasa atas anugerah kehidupan yang telah diterima selama ini. Mengingat karunia yang ada, semua yang terjadi saat ini pun merupakan rencana Sang Pencipta. Sebab itu, marilah menuntun seluruh rangkaian acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam ini dengan selalu menjaga dan memelihara suasana di Tanah Besemah ini aman dan damai dengan membuang rasa perbedaan antar satu dengan yang lainnya. “Diharapkan kepada seluruh masyarakat dan komponen kemasyarakatan dengan suksesnya pendidikan politik dan suksesnya partisipasi politik maupun teladan kedewasaan berpolitik dari sejumlah warga Pagaralam patut diacungi jempol,” kata pria yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI ini. (ADV) Teks : Antoni Stefen Editor: Sarono P Sasmito

Sekretaris Dewan, Patriot A Mundra


LintasDaerah KabarSumatera

Baca SURAT KABAR

ONLINE

www.kabarsumatera.com

Dewan Sumsel Banyak “Loncat Pagar”

Tender UN Sudah Sesuai Prosedur

Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2014, sejumlah politisi di Sumatera Selatan (Sumsel) memilih untuk “loncat pagar” atau pindah ke partai politik (parpol) lain.

Terkait dengan kisruh ujian nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menampik bahwa ada kongkalikong antara oknum kementerian dengan pihak percetakan saat proses tender.

NO. 99 | TAHUN 1 RABU, 13 JUMADIL AKHIR 24 APRIL 2013 M TERBIT 16 HALAMAN Rp 2.000/eksemplar (LUAR KOTA TAMBAH ONGKOS KIRIM) kabar sumatera

Baca halaman 10

Stok Kurang, Harga Buah Melejit INDERALAYA|KS Kurangnya persediaan buah impor di pasaran, khususnya di Kabupaten Ogan Ilir (OI), membuat harga buah melambung tinggi. Kenaikan tersebut terjadi sejak sebulan lalu, akibatnya omset pedagang pun terjun bebas Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (23/4), di Pasar Inderalaya dan Tanjungraja, harga buah-buahan mengalami lonjakan. Misalnya, buah anggur tembus dengan harga Rp 80 rb perkg, padahal sebelumnya hanya Rp 60 ribu perkg. Untuk jeruk mandarin saat ini menjadi Rp35ribu/ kg dari sebelumnya Rp24ribu/kg, pisang sunrise dijual Rp20ribu/kg dari sebelumnya Rp15ribu/kg, lengkeng Rp 40ribu dari harga Rp 25ribu, buah pear Rp40rb/kg dari sebelumnya Rp 28ribu/kg, buah naga Rp40ribu/ kg, Sementara harga buah lokal relaitf stabil seperti jeruk medan Rp20ribu/kg, mangga 35ribu, semangka Rp7ribu/kg, kates Rp7ribu/kg dan sebagainya Siti, pedagang buah Pasar Inderalaya mengatakan, kenaikan dipicu lantaran stok barang yang ada sedikit. “Ya, sekarang barang sudah jarang ada. Biasanya dalam sehari saya bisa jual 150kg buah, sekarang untuk jual 50kg juga sudah bagus,” katanya. Menurutnya, tingginya harga buah membuat banyak pembeli berkurang. Meskipun ada, pembeliannya dengan jumlah relatif kecil. “Kita jadi bingung, inginnya harga barang stabilah jadi banyak yang beli. Soalnya kalau mahal pasaran sepi buah banyak busuk, kita juga rugilah. Karena belinya kan putus, ada barang ada uang, kalau tidak laku atau busuk tidak bisa ditukar,” jelasnya. Terpisah, Eka salah satu pembeli buah mengatakan, dirinya sempat merasa kaget lantaran harga buah sangat mahal. “Wah, harga buah pada naik, tidak seperti biasanya. Lebih penting uangnya buat lauk,” katanya. l

Baca halaman 14 5

@kabarsumatera

Awas Pencuri Ternak....!

Teks : Junaedi Abdillah Editor : Sarono P Sasmito

APBD Banyuasin 46 % untuk Belanja Pegawai

PALEMBANG|KS Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed mengakui kalau Anggaran Pendapatn dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin sekitar 46 % diguanakn untuk belanja atau gaji pegawai. “Dari anggaran yang ada, APDB kita sekitar empat puluh enam persen, bahkan bisa lebih dari itu baru bisa untuk membayar pegawai. Diantaranya untuk gaji guru 600 orang, anggota DPRD Banyuasin dan lainnya. Selebihnya dari anggaran itu baru untuk pembangunan infrastruktur,” tegas Amirudin, saat lounching Bedah Rumah oleh Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumsel dan Pusat di Desa Pangkalan Benteng, Banyuasin, belum lama ini. Lebih lanjut, Amirudin mengatakan, dari jumlah anggaran yang tersisa setelah untuk membayar pegawai, digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya. Amiruddin juga mengakui, kalau di Banyuasin belum semua jalan bisa diaspal. “Ada sekitar dua ribu kilo meter lebih jalan yang belum diaspal. Kemudian sejumlah jembatan belum dibangun atau diperbaiki, kemudian irigasi, dan masih banyak lagi yang masih perlu dibenahi di masa mendatang,” tambahnya. Namun demikian, Amiruddin menyatakan syukur kepada Allah SWT, sebab di tahunh 2013 APBD Pemkab Banyuasin meningkat dari sebelumnya. “Peningkatan APBD kita sangat drastis dan baik. Di tahun 2003 saat kabupaten ini mekar dari Musi Banyuasin, APBD kita hanya 190 miliar rupiah, dan sekarang menjadi 1,5 triliun rupiah. Ini yang patut kita syukuri. Sebab semua kemajuan yang kita peroleh ini karena karunia Allah SWT yang tetap melindungi warga di Banyuasin,” tegasnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan itu, terkait dengan kemajuan dan peningatan APBD di Banyuasin, Amiruddin mengajak warganya tidak henti-hentinya bersyukur atas nikmat-Nya. Rasa syukur itu, menurut Amiruddin diwujudkan dengan kepedulian berbagi keda sesama melaluk membayar zakat. Padada kesempatan itu, Amiruddin juga menyinggung tentang Pemilihan Kepala Daerah di Sumsel dan di Banyuasin yang akan dilakukan pada 6 Juni mendatang. Menurut Amiruddin, warga dipersilakan memilih calon sesuai dengan hati nurani masingmasing. “Silakan pilih yang menurut bapak dan ibu sekalian sudah berbuat kepada rakyat. Pilihalah sesuai hati nurani. Bebas. Tetapi llihat yang dikenal, dan sudah berbiat bagi warga,” tegasnya.l TEKS / EDITOR : IMRON SUPRIYADI

Mang

Kasum Jangan S Salahkan Tuhan

MUARAENIM|KS Banyak cara pelaku pencurian ternak kambing dalam melancarkan aksinya. Hal itu seperti yang menimpa Antoni (41), dimana dua ekor ternaknya mati mendadak usai diberi makan pisang bercampur putas (racun) oleh spesialis pencuri ternak. Peristiwa tersebut terjadi Selasa (23/4), sekitar pukul 15.00. WIB, warga Desa Muara Lawai, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim. Pelaku pencurian yang disinyalir lebih dari dua orang tersebut lebih memilih kabur terlebih dahulu karena kergok oleh warga yang melintas. Informasi yang didapat, sore itu suasana desa tidak terlalu ramai lantaran warga masih memilih berada dirumah. Suasan yang sepi nampaknya diman-

iang menjelang Sore. Mang Kasum sedang gerah dengan rambutnya yang mulai memanjang. Tanjakknya yang biasa dipakai kemana saja, sudah mulai tidak muat karena rambut Mang Kasum sudah mulai menebal. Beberapa kali Bik Kasum, isterinya mengingatkan, tetapi Mang Kasum tak juga sempat-sempat mendatangi seorang tukang cukur. Tetapi dalam suatu kesempatan, saat Mang Kasum ada waktu, ia sempatkan datang ke seorang tukang cukur. Jaraknya tak begitu jauh, sehingga Mang Kasum cukup jalan kaki. Sepeda motor tahun 80-an yang biasa dipakai untuk roadshow ke sejumlah tempat tak juga dipakainya. Sampai di tempat tukang cukur, Mang Kasum menjumpai antrian yang agak banyak. Tak sampai dua jam, Mang

faatkan oleh pelaku pencurian ternak yang belum diketahui identitasnya. Merasa aman, pelaku spesialis ternak langsung beraksi memanfaafkan kesempatan tersebut dengan memberikan pakan ternak. Pelaku yang mahir dalam pencurian ternak langsung memberikan satu buah pisang kepada dua kambing milik Antoni Selang berapa lama, dua kambing tersebut tergolek lemah dan akhirnya mati. Rupanya, aksi nekat sang pencuri

Kasum dapat giliran. Mang Kasum duduk dan dililit kain putih layaknya orang yang biasa dicukur. Mang Kasum minta potong pendek saja, karena Bik Kasum tak suka kalau Mang Kasum cukur gundul. Makanya, saat ada sebuah Production House (PH) minta Mang Kasum sukur gundul, akhirnya ditolak karena harus se-izin isterinya. Bagi Mang Kasum, izin dari isteri adalah bagian dari doa. Makanya setiap kerja yang dilakukan, Mang Kasum sellau izin isteri, supaya mendapat doa yang berkah. Saat tukang cukur sudah mulai menggunting rambuat Mang Kasum, tiba-tiba tukang cukur menggerutu. Tukang cukur ini menggerutu tentang sejumlah kehajatan dan kemiskinan yang kian marak di kampungnya. Mang Kasum yang kebetulan sedang dicukur, seolah menjadi sasaran lawan bicara. Sebab kali itu sudah

dikatahui oleh warga sekitar yang melintas. Mengetahui ada pencuri ternak, warga langsung berteriak hingga mengundang ratusan warga lainnya. Dalam hitungan detik, ratusan massa sudah berkerumun dan menuju lokasi sumber suara. Warga juga berusaha mengejar pelaku hingga tumbus ke hutan. Sepeda motor milik pelaku sempat ditinggalkan begitu saja dipinggir jalan. Ratusan warga yang terlanjur kesal karena sudah banyak ternak warga yang mati atau hilang, melampiaskan amarahnya dengan menghanguskan sepeda motor Yamaha Vega R warna merah BG 2866 DG. Sekejap, api dengan cepat membesar dan menjalar ke motor pelaku hingga hangus terbakar. Kapolres Muaraenim melalui Kasatreskrim AKP Jhon Lois Letedara di-

tidak ada lagi yang antri. “Kalau melihat zaman sekarang, aku llihat Tuhan memang sangat tidak adil, Mang,” ujar Tukang Cukur mengajak bicara Mang Kasum. “Mengapa kamu bicara seperti itu?” Mang Kasum memancing argumen Tukang Cukur. “Buktinya, sampai sekarang masih ada saja orang miskin, koruptor yang merampok duit negara. Yang merampok kecil-kecilan di dusun juga masih banyak. Cuba kalau Tuhan adil, seharusnya tidak usahlah dibuat kejahatan. Supaya semua manusia di dunia ini enak hidup. Tenang juga orahg seperti aku ini, Mang,” ujar Tukang Cukur sembari menggunting rambut Mang Kasum. “Sebenernya, bukan Tuhan yang tidak adil. Sebab, Tuhan sudah sangat dekat dengan kita. Tuhan itu lebih dekat dengan urat leher kita. Artinya, Tuhan sudah memberi

dampingi Kasubag Humas Aiptu Yarmi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya telah ke lokasi kejadian dan mengamankan kerangka motor milik pelaku yang dibakar oleh massa. “Pembakaran motor milik pelaku mungkin adalah puncak kekesalan warga terhadap pelaku pencurian ternak kambing,” ungkapnya. Antoni, warga Muara Lungai mengaku pasrah atas kejadian tersebut. “Warga kesal, mengaku sering kehilangan hewan ternak,” ujarnya. Ia berharap, pihak polres setempat terus meningkatkan patroli untuk mencegah kempali warga yang kehilangan pakan ternak. l Teks : Junaedi Abdillah Editor : Sarono P Sasmnito ilustrator: jerry/ks

ruang dan tempat, waktu untuk siapa saja supaya mereka mau dekat dan mendekat. Sama saja seperti kamu, yang sejak pagi tadi membuka took tukang cukur. Karena banyak orang yang rambutnya tidak rapi tetapi mereka tidak mau datang dan mendekati Tukang Cukur atau salon seperi kamu, akhirnya rambut mereka masih saja tidak rapi. Cuba kalau yang rambutnya tidak rapi itu mau datang kesini seperti saya, dan mencukru rambutnya dengan kamu, pasti rambutnya jadi rapi. Apa dengan itu kamu mau dituduh tidak berbiat adil, semnetara kamu sudah membuka toko sejak pagi? Jadi bukan Tuhan yang tidak adil, tapi memang manusianya yang tidak mau mendekat pada Tuhan,” tukas Mang Kasum. “????,” Tukang Cukur bengong mendengar jawaban Mang Kasum.**


Kabar AnDALAS 10

RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Mobi Ngamuk Warga Siaga

MARTAPURA | KS Serangan hama monyet dan babi (mobi) di wilayah Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten OKU Timur dan sekitarnya beberapa pekan terakhir, menjadi ancaman yang serius bagi petani jagung. Bahkan, serangan mobi tersebut bukan hanya lahan jagung yang menjadi sasaran, tetapi sudah mulai merembet ke tanaman ubi racun. Berbagai cara dan upaya sudah dilakukan petani, sepanjang musim dan setiap tahun, guna menghindari ancaman ataupun serangan monyet dan babi (mobi). Namun sepertinya musuh bebuyutan para petani ini (mobi -red) tidak pernah jera, bahkan semakin membuat ulah dan tambah menggila. “Mobi datang menyerang tanpa kenal waktu membuat petani jagung rasanya sudah kehilangan akal. Setiap hari hampir 24

jam kami selalu berjaga secara bergantian dengan keluarga maupun petani lainnya di kebun jagung,” ujar Panggih (45), petani jagung warga Kecamatan Bunga Mayang, Selasa (23/4/2013). Terus terang saja sebelum usai panen, menurut Panggih, kita petani jagung belum merasa tenang. “Coba bayangkan dari mulai tanam pertama, jagung kita sudah nunggu. Untuk mengantisipasi serangan mobi berbagai, cara sudah digunakan petani

mulai dari pasang wareng, pasang plastik mulsa, bunyikan kentongan hingga letusan masih tak mempan,” terangnya. Terkadang walaupun sudah ditunggu, lanjut dia, lengah sedikit atau mungkin kita ketiduran di gubuk (rumah kecil atap alangalang atau daun kelapa di tengah kebun jagung -red) mobi telah masuk di dalam kebun. “Mereka (mobi -red) sepertinya tahu betul penjaganya sedang tidur. Biasanya kalau usia tanaman jagung belum genap umur satu bulan, babi akan merusak dengan cara makan batang jagung muda. Sedangkan monyet makan buah jagung disaat umur tanaman jagung memasuki satu setengah hingga dua bulan lebih,” ungkap Panggih. Malahan akhir-akhir ini bu-

kan hanya tanaman jagung yang menjadi sasaran, sambung Panggih, sejak petani mensiasati dengan menanam ubi racun, mobi tambah menggila. “Tanaman ubi racun warga lainnya baru genap umur 3 hingga 4 bulan sudah luluh lantak diobrak-abrik hama babi,” ucapnya. Saat ditanya berapa puluh hektar tanaman ubi racun petani yang dirusak hama mobi, menurutnya, kalau semuanya dijumlahkan mungkin bisa mencapai puluhan hektar. “Yang aku tahu saja kebun ubi racun kepunyaan tetangga ku, seluas 0,5 hektar ludes digasak babi, dan itu belum kebun ubi racun warga lainnya,” imbuhnya. Disinggung perhatian pemerintah terhadap keluh kesah yang sering dialami petani terhadap serangan hama tersebut, menu-

rut Panggih, sampai saat ini belum ada perhatian sama sekali. “Yang jelas serangan mobi merusak kebun petani bukan hanya kali ini. Namun hampir terjadi setiap tahun pada musim raja atau musim tanam gadu. Keinginan petani, coba sekali-kali pemerintah terkait turun melihat kondisi di lapangan agar mereka tahu apa yang menjadi keluhan petani, jangan kesannya cuek saja,” ungkapnya menambahkan. Sementara itu ditempat terpisah, Iwan (30) petani ubi racun warga yang sama, saat dikonfirmasi terkait serangan mobi di kebunnya menuturkan, serangan itu begitu tiba-tiba hingga membuat dirinya sampai sekarang masih trauma. “Modal dan tenaga kita curah-

kan demi merubah nasib kehidupan keluargaku dengan mencoba menanam ubi racun. Namun, apalah daya keinginan untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah harus pupus dalam sekejap. Karena melihat kebun ubiku sudah hancur digasak gerombolan babi,” ucapnya lesu. Lebih kurang sekitar 0,5 hektar kebun ubiku, sambung Iwan, rusak tidak tersisa. Sedangkan biaya yang sudah kukeluarkan mencapai puluhan juta rupiah. “Itupun, sebagian modal dapat dari minjam. Siapapun orangnya, apalagi seperti aku yang hanya seorang buruh tani tentunya ingat kejadian tersebut, jelas membuat hilang semangat dan tak doyan makan,” pungkasnya, sembari tatapan matanya jauh menerawang. l Teks : Muslim | Editor : Sarono P Sasmito

Bupati OKI Gelar Pertemuan Tertutup Dengan Para Kepala Dinas

Rusak Parah-Beginilah kondisi Jalan yang meng hubungkan antara Desa Betung dengan Desa Pengabuan Kec. Abab Kab. Pali beberapa waktu yang lalu. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati, karena medan yang dilewati sangat licin. Akibat kerusakan ini masyarakat pengguna jalan harus waspada karena kondisi seperti ini sering dimanfaatkan oleh kawanan perampok untuk melancarkan aksinya. Foto : Raden KS

Kandidat Siap Menang Siap Kalah EMPAT LAWANG | KS Rapat Pleno Terbuka penentuan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Empat Lawang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berhasil menetapkan pasangan H Budi Antoni Aljufri SE MM-H Syahril Hanafiah MM (Berhasil) dengan nomor urut 1, pasangan H Joncik Muhammad- Ali Halimi (JONLI) nomor urut 2 dan pasangan Syamsul Rizal-Fahruruzam (Besar) nomor urut 3. Sedangkan pasangan M Ali-Qobal Antoni (ABAL), dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan. Pengundian nomor tersebut dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Siap (Menang Siap Kalah), Selasa (23/4) kemarin. Ketua KPU Empat Lawang, Muroimin Zahri mengatakan meskipun sempat tertunda, pleno KPU akhirnya memutuskan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Empat Lawang periode 2013-2018 yang berhak maju pada Pilkada 6 Juni 2013 mendatang. Muroimin Zahri menambahkan penetapan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Empat Lawang tersebut sesuai dengan hasil pleno tertutup KPU Empat Lawang yang dilakukan pada pukul 10:00 WIB Kamis (18/4), hanya tiga pasangan yang memenuhi persyaratan, baik itu persyaratan administrasi, maupun persyaratan lainnya termasuk lulus uji kesehatan yang dilaksanakan di Palembang beberapa waktu lalu. “Hanya pasangan ABAL yang tidak memenuhi kriteria pencalonan. Dari 40 item syarat yang diajukan, 10 syarat diantaranya tidak dipenuhi, termasuk tidak mengikuti tes kesehatan,” ungkapnya. Muroimin Zahri menjelaskan pasangan “Berhasil” didukung oleh 10 partai politik, dengan 16 kursi di parlemen DPRD Empat Lawang. Sepuluh Parpol dimaksud, Golkar, PDIP, Demokrat, PPP, PKPB, PKS, Gerindra, PKB, PPD dan Hanura. Sementara pasangan Jonli hanya didukung oleh 3 Parpol, yakni PAN, PBR dan PKPI, dengan 7 kursi di parlemen. Sedangkan pasangan BESAR, didukung 9 Parpol yang mayoritas non parlemen. “Dukungan Parpol terhadap calon bupati dan wakil bupati ini, sudah sesuai dengan hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU beberapa waktu lalu. Jadi tidak ada satu Parpol yang mendukung dua kandidat sekaligus,” tegasnya. l Teks : AAlva Seriosa | Editor : Sarono P Sasmito

Realisasi Kredit UMK di Pegadaian Sumsel Rendah PALEMBANG | KS Realisasi penyaluran kredit usaha makro dan kecil di kantor pelayanan Pegadaian wilayah III Sumbagsel, meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selama 2013 masih rendah. "Masyarakat daerah ini tampaknya kurang tertarik memanfaatkan kredit yang dialokasikan khusus bagi usaha makro dan kecil (UMK). Padahal, pemanfaatannya sama gampangnya seperti kredit dengan cara menggadaikan barang," kata Kepala Humas Pegadaian Wilayah III Asmar di Palembang, Senin. Dijelaskannya bahwa setiap tahun pihaknya mengalokasikan dana kredit UMK cukup besar yakni mencapai lebih dari Rp100 miliar, namun pemanfaatan atau penyerapannya tidak lebih dari 10 persen. Sebagai gambaran hingga April 2013, realisasi penyaluran

kredit UMK di lima provinsi wilayah kerja PT Pegadaian Sumbagsel tidak lebih dari Rp 20 miliar, sementara realisasi penyaluran kredit dengan cara menggadaikan barang bisa mencapai Rp 400 miliar per bulan, katanya. Menurut dia, masyarakat di wilayah ini seperti masih lebih tertarik memanfaatkan kredit atau pinjaman dengan cara menggadaikan barang berharga seperti kendaraan bermotor, peralatan elektronik, perhiasan emas dan barang lainnya. Padahal, ada produk pelayanan lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi masalah keuangannya terutama dalam mengembangkan usahanya dengan syarat yang sama ringannya bahkan hanya cukup menggadaikan surat kendaraan atau BPKB-nya saja dan kendaraannya bisa tetap dipakai untuk operasional. Melihat masih minimnya

masyarakat yang memanfaatkan kredit UMK tersebut, pihaknya berupaya melakukan terobosan yang dapat meningkatkan penyaluran kredit tersebut, kata dia. Padahal untuk mendapatkan kredit UMK di Pegadaian syaratnya mudah, masyarakat cukup mengajukan permohonan kredit dengan didukung bukti memiliki usaha yang telah berjalan minimal dua tahun dan agunan BPKB kendaraan bermotor (sepeda motor atau mobil), katanya. Permohonan itu akan diproses dan dilakukan pengecekan ke lapangan oleh petugas khusus, setelah dinyatakan layak, pinjaman sesuai nilai yang diajukan pemohon atau nasabah langsung diberikan. Pinjaman dikucurkan kepada pemilik UMK bisa mencapai angka maksimal Rp 200 juta dengan bunga satu persen per bulan, kata Asmar. l Teks : junaedi abdillah | Editor : Sarono P Sasmito

Harga Gas Elpiji di Palembang Masih Tinggi PALEMBANG | KS Harga gas elpiji isi ulang tabung tiga kilogram yang dijual sejumlah pedagang pengecer masih tinggi mencapai Rp 18 ribu per tabung. "Gas elpiji isi ulang ukuran tiga kilogram masih tinggi, karena nilai tebus dari agen atau pangkalan belum turun," kata Ny Lina, pedagang pengecer di Kelurahan 7 Ulu Palembang, Senin. Menurut dia, harga gas elpiji isi ulang tabung 3 Kg dibeli dari agen sebesar Rp 17 ribu per tabung dan menjual kembali ke warga Rp 18 ribu. "Padahal, normalnya harga gas 3 Kg dijual ke warga pada kisaran Rp 13.500 hingga Rp 14 ribu per tabung," katanya.

Ia mengaku banyak warga mengeluhkan harga gas naik, terutama warga golongan menengah ke bawah, karena selisih harga jual normal dengan kondisi sekarang terlalu memberatkan. Sementara menanggapi masalah tingginya harga gas tersebut, Asisten Manajer Humas Pertamina UPMS II Sumsel Robert M.V.D. mengatakan pihaknya menemukan elpiji 3 kg digunakan sektor industri dan pelaku usaha lainnya. Karena bahan bakar gas bersubsidi itu khusus untuk kebutuhan rumah tangga, dia memandang perlu semua pihak melakukan pengawasan terhadap elpiji ukuran 3 kg agar meminimalkan tingkat penyalahgunaan di CMYK

wilayah kerja Pertamina UPMS II Sumsel. Memang, kata dia, jatah gas 3 kg bagi Sumsel pada tahun 2013 mengalami penurunan dibanding kuota tahun lalu. Pada tahun 2012, jatah Sumsel sebanyak 135.000 tabung ukuran 3 kg, sementara 2013 hanya 133.000 tabung. "Hal itu sering dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab dengan menaikkan harga," ujarnya. Untuk mengantisipasi agar harga kembali stabil, pihaknya menambah stok gas 560 tabung langsung kepada masyarakat, terutama di daerah yang banyak membutuhkan. l Teks : junaedi abdillah | Editor : Sarono P Sasmito

KAYUAGUNG | KS Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Ir H Ishak Mekki MM, Selasa (23/04) kemarin menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah kepala dinas dan instansi Pemerintah Kabupaten OKI di kediaman Rumah Dinas Bupati OKI. Pantauan Kabar Sumatera di lapangan kemarin, terlihat parkiran mobil dinas dan kendaraan roda dua terparkir di dalam pagar dan diluar pagar di kediaman rumah dinas Bupati OKI tersebut. Informasi yang dihimpun di lapangan yang hadir dalam pertemuan tertutup tersebut yaitu mulai dari para kepala dinas, kepala badan dan instansi yang ada di OKI, camat, Asisten Bupati OKI, Kabag dan sejumlah pejabat daerah yang bertugas di Pemkab OKI. Sayangnya pertemuan tersebut bersifat intern karena tak satupun wartawan diizinkan untuk meliput. Bahkan untuk masuk di dalam pagar saja tidak bisa, lantaran pintu pagar dikawal ketat oleh sejumlah anggota Sat Pol PP Kabupaten OKI. “Semua wartawan dilarang masuk Pak, ini perintah, kami hanya menjalankan tugas,” ujar salah satu anggota Sat Pol PP OKI yang bertugas di area Rumah Dinas Bupati OKI tersebut. Karena tidak diizinkan masuk untuk meliput pertemuan tertutup tersebut sejumlah wartawan terpaksa menunggu di luar pagar. Camat Lempuing, Hendri SH, yang pada saat itu sempat ke luar pagar, saat dikonfirmasi mengenai pertemuan tertutup tersebut enggan menjawab panjang lebar tentang inti pertemuan tertutup tersebut, Menurutnya acara tersebut biasa saja, bukan apa-apa. Sementara itu berdasarkan informasi yang didapat dari salah satu pejabat di Pemkab OKI, pertemuan tersebut merupakan pertemuan untuk mengimbau pejabat di instansi Kabupaten OKI untuk meningkatkan kedisiplinan menjelang pelaksanaan Pemilukada OKI dan gubernur 6 Juni 2013 mendatang, sekaligus minta doa restu untuk maju pada pemilukada gubernur mendatang. Sementara itu berdasarkan pengamatan di sejumlah instansi OKI, akibat adanya pertemuan tersebut kondisi dinas di OKI tampak sepi, terutama di kantor Pemkab OKI, akibat pertemuan tersebut sejumlah kantor atau instansi di OKI vakum sesaat. l Teks : Muhammad Memed | Editor : Sarono P Sasmito

100.354 KK Petani Musi Rawas Usaha Ternak MUSIRAWAS | KS Sebanyak 100.354 kepala keluarga petani di Kabupaten Musirawas (Mura), Sumatera Selatan selain bertani, juga menekuni usaha beternak seperti sapi perah, kerbau, kambing dan ayam ras. "Hingga saat ini jumlah peternak yang di data petugas sebanyak 100.354 kepala keluarga (KK), mereka ini terdiri atas peternak sapi perah satu KK, kemudian peternak sapi sebanyak 17.332 KK," kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Perikanan dan Peternakan Musi Rawas, Suwarno, di Lubuklinggau, Selasa (23/04) kemarin. Selain itu, terdapat peternak kerbau sebanyak 1.559, peternak kuda dua KK, peternak kambing 7.946 KK, domba 725 KK, babi 28 KK, peternak ayam ras pedaging 41 KK, ayam buras sebanyak 61.709 KK dan peternak itik atau entok sebanyak 11.011 KK dan satu KK tercatat sebagai peternak sapi perah. Para peternak di daerah tersebut kata dia, kebanyakan merupakan usaha sampingan dengan permodalan sendiri terutama untuk peternakan hewan jenis unggas, kerbau, babi, kuda maupun domba. Sementara, untuk usaha peternakan sapi selain mengandalkan permodalan sendiri juga mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan Pemkab Musirawas. Produksi daging Kabupaten Musirawas tambah dia, selain digunakan untuk pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat dalam 288 desa dan kelurahan di 21 kecamatan daerah itu, juga dipasok ke Kota Lubuklinggau, Empat Lawang, kemudian Kota Palembang, Jambi dan Bengkulu serta daerah lainnya. Untuk memastikan hewan ternak di daerah itu tidak terserang penyakit pihaknya mengaktif kan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan yang saat ini sudah didirikan pada delapan lokasi. Kemudian pemeriksaan rutin dengan mendatangi lokasi peternakan oleh mantri dan dokter hewan bersama dengan petugas PPL. Sejauh ini di daerah itu belum ada serangan penyakit yang membahayakan ternak seperti flu burung, flu babi, penyakit kaki dan mulut maupun antraks pada Teks : Emil Hidayat | Editor : Sarono P Sasmito sapi. l


Kabar ANDALAS RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Pemilih Pemula Dominasi DPT INDERALAYA | KS Daftar Pemilih Tetap (DPT), Kabupaten Ogan Ilir (OI), untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Gubernur dan Wakil Gubernur, Sumatera Selatan (Sumsel), mengalami kenaikan. Pemilih pemula mendominasi naiknya angka DPT pada pilgub nanti. Hal tersebut terungkap saat pembacaan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Ogan Ilir untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, di Kantor KPU OI, Selasa (23/4), kemarin Ketua KPU OI, Amrah Muslimin mengatakan, DPT OI untuk pilgub nanti mengalami kenaikan dari DPT tahun 2010 lalu untuk Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati OI. “Sekarang tercatat sebanyak 303.436 DPT, dengan rincian pemilih laki-laki 150.978 dan perempuan 152.458. Tahun 2010 lalu sekitar 279.653 DPT. Artinya, naik 23.783 mata pilih. Jumlah TPS sebanyak 891 unit dan PPS 241.” ungkap Amrah. Ia menambahkan, peningkatan jumlah DPT dilandasi beberapa faktor yakni meningkatnya jumlah penduduk di Ogan Ilir, banyaknya anggota TNI/Polri yang pensiun serta meningkatnya pemilih pemula. “Dari ketiga faktor itu, pemilih pemula yang lebih mendominasi,” tuturnya. Dari hasil rekapitulasi DPT OI, sambungnya, selanjutnya berkas tersebut

Ketua KPU OI, Amrah Muslimin (tengah), beserta anggota

dikirim ke KPU Provinsi Sumsel untuk kembali dilakukan rekapitulasi. “Ini untuk mencegah pemilih gandan dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya. Selain itu, lanjut Amrah, adanya hasil gugatan yang dimenangkan Mahkamah Konstitusi (MK), No. 85/ PUU-X/2012 tentang diperbolehkannya yang tidak terdaftar dalam DPT

namun bisa menggunakan hak suaranya hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Kartu Kepala Keluarga (KK).. “Keputusan itu untuk memberikan lkeleluasaan terhadap masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, serta meninimalisir golput. Tapi harus ada mekanismenya, misal jika A tinggal di Palembang dan KTP-nya di Desa Sakatiga, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir, maka si pemilih bisa gunakan

hak pilihnya di Desa Sakatiga, tapi lihat dulu sudah masuk DPT atau belum, kalau belum cukup tunjukan KTP saja,” pungkas Amrah. Rekapitulasi DPT tersebut berlangsung di Koantor KPU OI yang dihadiri Ketua KPU OI beserta anggota, Kapolres OI, Kesbangpol, perwakilan Tim Sukses (Timses), pasangan calon Pilgub nomor urut satu dan dua serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). l Teks : Junaidi Abdillah | Editor : Sarono P Sasmito

H Askolani Kunjungi Keluarga Korban Tenggelam BANYUASIN | KS Calon Bupati nomor urut 5 H Askolani di tengah-tengah kesibukannya sebagai calon Bupati Banyuasin periode 2013-2018 menyempatkan diri mengunjungi keluarga korban kecelakaan tenggelam dua bocah di Kelurahan Air Batu. “Kami ikut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga besar yang sedang tertimpa musibah, saya yakin ini takdir dari Allah SWT dan kami berharap keluarga tetap tabah dan sabar,” harapnya Selasa (23/4) kemarin.

Askolani pun memberikan saran agar keluarga korban mau menerima tawaran dari pihak perusahaan PTPN VII untuk berdamai secara kekeluargaan dan mau menerima santunan yang dijanjikan perusahaan. “Namun kendati telah damai secara kekeluargaan saran kami selaku anggota DPRD Banyuasin agar perusahaan segera menutup kembali galian gajah sepanjang kurang lebih 5 km itu yang mengelilingi Kelurahan Air Batu dan Desa Talang Bungin,” harap Akolani.

“Karena dari laporan warga mereka trauma dengan kejadian tersebut, juga mengganggu aktivitas warga mencari air saat kemarau karena terbatasi galian. Selain itu, juga kesulitan untuk beternak sapi akibatnya ternak banyak yang dijual,” kata Askolani. Dalam kesempatan itu pula H Akolani menyempatkan meninjau lokasi galian gajah di belakang rumah korban, lalu memberikan santunan kepada keluarga korban. Warga Kelurahan Air Batu Budiman, berharap agar PTPN meninjau kembali galian gajah tersebut,

sebab jangan sampai mengundang kemarahan warga lebih lama. “Kami warga sangat trauma melihat galian gajah yang dibuat PTPN VII sebab galian itu selain kedalamannya juga terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Pekarangan warga ikut tergerus akibat tanah galian longor,” jelas Budiman warga Air Batu. Untuk diketahui Parit Gajah PTPN 7 Musi Landas menelan nyawa. Dua bocah Zidan Arjuna (13) dan Devan Wahyu (13), keduanya warga kelurahan

Air Batu RT 9 RW 4 Kecamatan Talang Kelapa ditemukan tewas mengambang di genangan air Parit Gajah PTPN 7 Musi Landas, Senin (22/4) sekitar pukul 19.30 WIB. Keduanya ditemukan dalam posisi berpelukan di genangan air galian sedalam 3 meter, tepat di belakang sekolahnya. Berdasarkan informasi dari Surani (38) ibu dari salah satu korban, Devan mengatakan saat hari kejadian Devan pamit dengan hendak memancing, sekitar pukul 10.00 wib. l Teks : Diding Karnadi | Editor : Sarono P Sasmito

11

Satlantas OKUT Gelar Simulasi TKP MARTAPURA | KS Kecelakaan lalulintas antara dua pengendara sepeda motor yang terjadi di ruas jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) menyebabkan satu pengendara meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara (TKP) atas nama Ahmad, yang mengendarai sepeda motor jenis Revo. Sedangkan Andi yang mengendarai sepeda motor jenis Vega, mengalami luka yang cukup serius. Petugas kepolisian yang mendapat informasi terjadi kecelakaan tersebut, langsung melakukan penyelamatan terhadap korban serta mengamankan sejumlah barang bukti. Selain itu, sejumlah petugas lainnya juga terlihat langsung melakukan pengamanan arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan. Setelah melakukan penggambaran lokasi korban, polisi kemudian langsung membawa korban ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Sementara sepeda motor kedua korban dibawa ke Mapolres OKU Timur untuk diperiksa lebih lanjut guna mengetahui penyebab lakalantas tersebut. Demikianlah rangkaian simulasi TP (Tindakan Pertama) TKP yang melibatkan sejumlah anggota satlantas, Selasa (23/4) kemarin. Simulasi yang dipimpin langsung oleh KBO Lantas Iptu Fauzi Saleh berlangsung cepat. “Memang diupayakan secepatnya selesai, karena jika terlalu lama maka akan terjadi kemacetan yang merugikan masyarakat dan pengendara lain. Simulasi ini dilakukan agar anggota benar-benar memahami apa yang akan dilakukan saat terjadi kecelakaan lalulintas,” ungkap Kapolres OKU timur AKBP Kristiyono Sik melalui Kasat Lantas AKP M Yakin Rusdi didampingi KBO Lantas Iptu Fauzi Saleh. Dengan adanya simulasi tersebut, menurut Fauzi, dilaksanakan untuk melatih kesigapan anggota saat menangani kasus lakalantas. Anggota, kata dia, harus mengetahui apa yang harus me reka lakukan terhadap barang bukti, korban, serta pengamanan lalulintas. “Adegan dalam kasus ini, kecelakaan terjadi karena kedua pengendara melaju dengan kecepatan tinggi tanpa mematuhi peraturan lalu lintas. Korban meninggal karena tidak mengenakan helm, dan tidak menghidupkan lampu (light on), sementara korban yang mengalami luka berat meski mengenakan helm juga melanggar, karena tidak menghidupkan Teks : Muslim lampu,” pungkas Fauzi. lEditor : Sarono P Sasmito

Gagasan

Jejaring Sosial dan Partai Politik

T

ahun politik kali ini diwarnai dengan pelbagai kejadian menarik dan mengelitik. Sebuah guyonan dari Presiden kita Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan ikut nimbrung dijejaring sosial. Dengan mental baja SBY pun berani meluncurkan akun jejaring sosial Twitter: @SBYudhoyono. Diakui jejaring sosial memang menjadi sebuah trend baru dikalangan masyarakat kita saat ini, karna mampu masuk kesemua relung kehidupan masyarakat Indonesia pada khususnya. Keikutsertaan SBY memanfaatkan jejaring sosial twitter ditengah iklim demokrasi saat ini patut diapresiasi, ini artinya SBY mencoba lebih terbuka di tengahtengah menurunya kepercayaan rakyat terhadap kepemimpinannya. Banyak pihak menilai hal ini terlambat dilakukan oleh SBY walau hal ini pernah disangga oleh Jubir kepresidenan Julian Pasha bahwa akun Twitter nya sudah lama direncanakan akan tetapi baru saat ini sempat diluncurkan. Demam jejaring sosial sebenarnya bukan dialami SBY akan tetapi oleh beberapa politisi kita dengan harapan membuka kran informasi lebih luas pada rakyat. Bahkan Presiden Barack Obama pun bisa popular dan dibuat menjadi sosok publik figur berkat bantuan jejaing sosial Facebook. Demam jejaring sosial saat ini bukan hanya milik rakyat jelata baik yang berada dilapisan menengah keatas akan tetapi hampir semua politisi di tanah air memanfaatkan jejaring sosial baik untuk membuka kran informasi dan juga guna melakukan pemasaran politik. Bahkan hampir semua

Oleh : Bambang Arianto partai politik ditanah air memanfaatkan jejaring sosial guna mensosialisasikan program kerja dan kutipan-kutipan politik lainnya pada khalayak umum. Partai politik dan jejaring sosial Partai politik tidak dapat dipisahkan dari jejaring sosial karna hal ini sudah menjadi senjata baru bagi pemasaran partai politik kepada pemilih khususnya pemula. Akhir-akhir ini banyak partai politik yang mengambil tempat dijejaring sosial bagi pelbagai upaya pemasaran pjargon parpol maupun proses rekrutimen politik. Dengan memanfaatkan kekuatan kader biasanya partai politik menjadikan jejaring sosial sebagai energi baru atau tim marketing politik (political marketing). Hal ini telah terbukti dapat menarik simpati pemilih pemula untuk dapat terlibat dan tertarik dengan partai politik tertentu. Survei Bulaksumur Empat Research and Consulting (BERC) 5-10 Maret 2013 (tidak dipublikasikan) dengan metode wawancara via telpon kepada 410 responden penggunna jejaring sosial baik facebook maupun twitter. Responden berasal dari mahasiswa diempat kota besar, Yogyakarta, Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan. Nyaris hampir semua responden (89,2%) menyatakan dapat mengenal partai politik melalui jejaring sosial. Ini menunjukkan jejaring sosial mampu menaikkan elektablitas partai politik di mata masyarakat umum dari semua golongan. Hanya 5,1 persen yang menyatakan tidak mengenal, dan sisanya 5,9 persen tidak tahu. Responden yang rata-rata berasal dari pemilih pemula menilai jejaring sosial mampu

memperkenalkan partai yang akan menjadi kontestan 2014. Jejaring sosial juga mampu menjadi marketing partai politik yang dapat menawarkan pelbagai program kerja maupun biografi sebuah partai politik disemua sendi kehidupan masyarakat. Pemanfaatan Jejaring sosial akan mampu mengurangi biaya iklan politik yang sangat tinggi dan membuat parpol lebih fleksibel lagi dalam melakukan direct selling pada masyarakat mengenai beberapa program partai yang sedang dan akan digelar. Partai pun dinilai mampu lebih bersahabat dan terasa lebih mengetahui persoalan rakyatnya melalui jejaring sosial. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya responden mengetahui pelbagai agenda sebuah partai politik melalui informasi yang di berikan melalui jejaring sosial. Bahkan ada beberapa partai politik yang mampu menarik kader maupun pemilih pemula melalui jejaring sosial terlihat disini para pemilih pemula yang selama ini belum tertarik terjun ke dunia partai politik akhirnya tertarik ikut nimbrung dalam partai politik dan menjadi kader masa depan. Gejala korupsi politik yang berakibat menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik membuat semakin membesarnya gejala deparpolisasi. Hal ini membuat partai politik harus merevitalisasi pencitraan sebuah partai politik pada publik dengan cara-cara yang santun dan merakyat tentunya. Tingkat kedikenalan partai politik atau elektabilitas juga bisa diubah melalui jejaring sosial. Terbukti jejaring sosial dapat mengubah keadaan elektabilitas beberapa partai

politik peserta pemilu 2014. Partai kan jejaring sosial guna melakukan Nasdem menjadi partai yang paling direct selling atau pemasaran politik dikenal di masyarakat jejaring sosial dalam upaya menaikkan elektabilitas sebesar 17,3 persen, disusul Partai partai dan menaikkan electoral partai Keadilan Sejahtera (PKS) 16,1 persen, politik. Jejaring sosial pun mampu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dijadikan sebuah acuan dalam upaya (PDIP) 15,7 persen, Gerindra 13,2 persproses rekruitmen kader-kader peen, Hanura 12,1 persen, Demokrat 7,9 mula seperti yang dilakukan oleh PKS, persen, Partai Golkar 6,2 persen, Partai Nasdem dan Gerindra . Kedua, partai Amanat Nasional (PAN) 2,1 persen, yang berhasil merebut pemilih terPartai Persatuan Pembangunan (PPP) didik itulah partai yang akan mampu 1,7 persen, Partai Kebangkitan Bangsa menjaga proses rekruitmen politiknya (PKB) 1,5 persen, Partai Bulan Bintang dengan sistematis maupun dan baik (PBB) 1,4 persen, Partai Keadilan dan baik. Terbukti berhasilnya PKS dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,7 persen Nasdem yang mampu merebut pemidan yang tidak memberikan jawaban lih pemula dan kelas terdidik sebagai sebesar 4 persen. Hasil ini telah memkader masa depan partai ini. PKS bawa kita untuk mampu melakukan sendiri mampu menguasai jaringan pemetaan kekuatan kader partai politik pemilih pemula dengan basis kampus, dikalangan pemilih pemula. Hanya kaum terpelajar dan muslim modernis. partai Nasdem, PKS, PDIP dan GerinGerindra dengan pemilih terdidik dra, yang sampai saat ini mampu denberbasis nasionalis, PDIP dengan kader gan sangat rapi melakukan pemasaran muda yang terkenal sangat militan denpolitik dalam merebut pemilih pemula gan gaya kerakyatan dan Nasdem lebih melalui jejaring sosial. fokus menggarap kaum muda yang berbau sosial demokrat kerakyatan. Epilog Ini bisa dijadikan rujukan bagi partai Perlu digarisbawahi bahwa survey politik dalam membaca perilaku pemidiatas hanya merupakan hasil survei lih yang semakin lama semakin cerdas internal pada “rakyat jejaring sosial” membaca rekam jejak parpol. Lagi-lagi akan tetapi setidaknya dapat kita ini membuktikan bahwa peran jejaring jadikan rujukan kita untuk menyimsosial dalam dunia politik tidak dapat pulkan realitas politik sebenarnya. dipisahkan. Jejaring sosial bila dimanAda beberapa hal yang perlu dicatat, faatkan dengan baik dan sistematis Pertama, partai yang mampu menjaga akan mampu membalikkan keadaan proses regenerasi dan menjaga spasi walaupun itu dalam kancah politik pemilih pemula dengan institusi partai yang absurd. itulah yang akan menjadi partai masa depan. Terbukti partai Nasdem, PKS, Bambang Arianto, Penulis adalah Peneliti Politik di PDIP dan Gerindra mampu memfungBulaksumur Empat Research dan Consulting (BERC) sikan kader mudanya yang militan Yogyakarta. untuk bekerja semaksimal memanfaat-

Penerbit : PT Limbersa Anugrah Prima. Pemimpin Umum : AW Noviadi. Pemimpin Redaksi/Perusahaan : Imron Supriyadi. Wakil Pemimpin Umum/Redaksi : Sarono Putro Sasmito. Koordinator Liputan : Mustaqiem Eska. Sekretaris Redaksi : Jerry Erandi. Redaktur : Dicky Wahyudi, Rinaldi Syahril, Sarono P Samito, Mustaqiem Eska, Imron Supriyadi. Junaidi Abdillah. Romi Maradona Redaktur Bahasa : Darwin Effendi. Reporter : Iwan Cheristian, Wardoyo, Imam Mahfuz Ali, Oscar Rizal, Jemmy Saputra, Alam Tri Marsata, Sadam Maulana. Jadid Ulul Albab. Fotografer : Bagus Kurniawan, Raden Marsofyan. Staf Artistik : Rouin, Suparmanto, Erik, Ridiansyah. Manajer SDM & Keuangan : M. Abriza Hartawan. Staf Keuangan : Netty Rosalina. Manajer Iklan & Sirkulasi: H. Ahirman Rasyid. Staf Sirkulasi & Iklan : Ayu Kartika Sari. Sirkulasi : Tatang Juana, Slamet Iman Santosa. Iklan : Wiwik Ismaryati, M. Syahrian, Sonny Kushardian, Siti Hawa, Herry Kaset (Banyuasin). Litbang : Ahmad Maulana. IT Support : Herpin Musbaidillah. Biro : Emil Hidayat, (OI/OKI), Muslim (OKU), Irsan Matondang (Prabumulih), Indra Setia Haris (Muara Enim), Alva Agusti Sriosa (Empat Lawang), Antoni Steffen (Pagaralam), Diding Karnadi (Banyuasin). M. Bagus Santosa (Muba), Mohammad Imron : Lubuklinggau dan Musirawas (Memeth), Nurmantyas (Kepri), Jumra Zefri (Lahat). Alamat Redaksi/Iklan/Sirkulasi : Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Bypass Musi II Palembang Sumsel Indonesia. Telepon/Faksimi +62 711 442556, E-Mail : redaksi@kabarsumatera.com. iklan@kabarsumatera.com. Wabsite : www.kabarsumatera.com. Percetakan : PT. Limbersa Anugerah Prima. Harga Eceran: Rp2.000. Langganan : 45.000/Bln. Daerah+Ongkos Kirim. Redaksi Menerima Tulisan Dalam Bentuk Opini/Artikel. Kirimkan Tulisan Anda ke redaksi@kabarsumatera.com. Sertakan Biodata Diri Lengkap. Tulisan yang Layak akan Dimuat Pada Edisi Selanjutnya. Wartawan Kabar Sumatera Dilengkapi Kartu Pers Saat Peliputan dan Dilarang Meminta/Memeras Narasumber Dalam Hal Apa pun CMYK


RABU 13 JUMADIL AKHIRL 1434 H 24 APRIL 2013 M

KabarSumatera

12

All New Grand Vitara Jaga Eksistensi PALEMBANG|KS PT Nusa Sarana Citra Bakti Sumsel Main Diler Suzuki kedatangan produk terbarunya yaitu All New Grand Vitara, dengan hadirnya produk baru tersebut diharapkan bisa merebut pangsa pasar mobil sport di Kota Palembang. Demikian diungkapkan Andry Ardilla, Sales Manager PT Nusa Sarana Citra Bakti Sumsel Main Diler Suzuki Kota Palembang kemarin (23/4). Menurutnya, Sport Utiliti Vehicle (SUV) dari Suzuki ini sudah mengalami penyegaran. Terlebih pada pilihan mesinya 2,0-liter kini ditiadakan, dan hanya mengandalkan mesin 2,4-liter, penyegaran ini untuk menghadang para rival berat di kelasnya. Di tengah menanjaknya permintaan SUV di Indonesia, keha diran New Grand Vitara 2.4 merupakan langkah Suzuki untuk menjaga eksistensi Grand Vitara di Indonesia. Satu hal yang cukup salut dengan kebijakan Suzuki pada New Grand Vitara, yaitu stiker harga yang ditempel tetap sama dengan versi lawasnya. Andry menambahkan, perubahan mencolok terlihat pada rupa depan, desain headlamp tampil lebih stylish. Aplikasi lampu HID (High-Intensity Discharge) pada headlamp disebut membuat konsumsi listrik lebih irit, namun lebih terang.” Auto leveling berfungsi sebagai motor penggerak otomatis untuk mempertahankan sudut pencahayaan,” ungkapnya

Di samping itu, pada bagian depan perubahan nampak pada bagian grille dengan bentuk V dan bumper yang membuat penampilan kendaraan terlihat lebih elegan. “Salah satu nilai keunggulan New Grand Vitara, yakni posisi air intake yang cukup tinggi 90 cm, sehingga lebih handal dan aman saat melintasi banjir,” ungkapnya “New Grand Vitara mengusung desain jip sejati,” ujar Andry. Sementara di sisi samping, nilai kelebihan New Grand Vitara nampak pada spion yang dapat dilipat secara elektrik dan dilengkapi dengan lampu sein. Selain itu aplikasi velg alloy ukuran 18-inchi menjadi nilai pesona lain yang ditawarkan New Grand Vitara. “New Grand Vitara mengusung desain jip sejati, sehingga inilah salah satu nilai lebih yang bisa didapatkan konsumen,” tutupnya. l TEKS : JADID ULUL ALBAB EDITOR : ROMI MARADONA foto: int

Honda Kuasai Pasar Motor Isuzu Palembang Menyediakan Body Repair Injeksi di Indonesia

Pencapaian penjualan motor pada kuartal I ini merupakan hasil dari sebuah proses dan komitmen kami dalam memberikan produk injeksiyang terbukti semakin hemat, mudah, hebat dan layanan purna jual terbaik untuk konsumen.

Jakarta|KS Era motor injeksi sudah mulai di Indonesia dan dalam triwulan pertama 2013 ini, pasar motor injeksi ternyata masih dikuasai oleh Honda. Hal ini tercermin dari keberhasilan perusahaan dalam meraih 64% pangsa pasar motor injeksi selama kuartal I tahun ini. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), selama Januari-Maret 2013, AHM berhasil menjual 878.414 unit sepeda motor berteknologi injeksi. Angka ini mengantarkan perusahaan menguasai 64% dari total pasar sepeda motor injeksi yang pada periode ini mencapai 1.373.052 unit. Deputy General Manager AHM Thomas Wijaya menyatakan pencapaian ini merupakan hasil dari keseriusan perusahaan dalam mengembangkan produk motor berteknologi injeksi yang memberikan banyak manfaat kepada konsumen yang terbukti semakin hemat, mudah dan hebat. Komitmen AHM terhadap teknologi injeksi juga tercermin dari keseriusan perusahaan dalam memberikan layanan purna jual. Setidaknya saat ini terdapat sekitar 3.700 AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan dukungan sekitar 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman. Tidak hanya itu, sekitar 7.000 toko suku cadang termasuk HEPS (Honda Exclusive Part Shop) dan 11.000 bengkel umum yang sudah mendapat pelatihan teknologi injeksi khusus dari AHM, juga siap menemani pemilik Honda berkendara di era injeksi. “Kami juga memberikan garansi 5 tahun atau 50.000 KM untuk komponen injeksi, melengkapi garansi 3 tahun atau 30.000 KM untuk mesin. Ini nilai tambah yang kami berikan untuk pemakai motor injeksi Honda,” ujarnya dalam keterangan resmi yang detikOto dapat. Selama kuartal I/2013, dari 10 line up motor injeksi yang dipasarkan AHM, All New Honda BeAT-FI tercatat sebagai penyumbang terbesar terhadap penjualan

produk motor injeksi Honda dengan kontribusi 453.479 unit. Penyumbang terbesar berikutnya tercatat Honda Vario Techno 125 Series dengan angka penjualan 276.480 unit diikuti Honda New Scoopy FI 41.499 unit dan Honda CB150R StreetFire 38.031 unit. Sementara itu Honda Spacy Helm In FI menyumbang penjualan 27.660 unit, Honda Verza 150 25.067 unit, Honda Supra X 125 Helm in FI 21.033 unit, Selain itu juga terdapat kontribusi dari Honda CBR series 3.851 unit dan Honda PCX 970 unit. “Pencapaian penjualan motor pada kuartal I ini merupakan hasil dari sebuah proses dan komitmen kami dalam memberikan produk injeksi yang terbukti semakin hemat, mudah, hebat dan layanan purna jual terbaik untuk konsumen. Terima kasih untuk konsumen yang telah memilih motor injeksi Honda. Kami selalu berusaha menemani konsumen meraih mimpi mereka” tambahnya. Hari Injeksi untuk Konsumen Sementara itu, untuk mengapresiasi kesetiaan konsumen terhadap produk motor injeksi Honda, main dealer Honda wilayah Jawa Timur dan NTT, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) menggelar kegiatan “Injection Day.” Acara yang berlangsung pada 14 April 2013. dilaksanakan dengan menggelar city touring sejauh 30 km yang diikuti 3.000 peserta secara serentak di 11 kota, yaitu adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Kediri, Tuban, Madiun, Pasuruan, Jember, Banyuwangi dan Kupang. Acara Injection Day ini juga diramaikan dengan peluncuran model motor terbaru yaitu Honda Vario 125 CBS Idling Stop di setiap kota penyelenggaraan. MPM menyediakan beragam hiburan antara lain dengan menyediakan zona pengetesan motor baru, hingga area safety riding. Dalam kegiatan ini, disediakan hadiah Utama berupa 3 unit Honda Vario 125 CBS Idling Stop. l

PALEMBANG|KS PT Astra Internasional TbkIsuzu Palembang menyediakan body repair atau perawatan dan perbaikan bodi kendaraan. Keberadaan bengkel body repair ini dibuat secara terpisah, di luar dari bengkel resmi Isuzu. “Body repair dibuka awal tahun lalu. Dibukanya pelayanan body repair ini semata-mata ingin memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal perbaikan dan perawatan kendaraan,” ungkap Arief, Survervaisor PT Astra Internasional TbkIsuzu Palembang, kemarin(23/4). Dia mengaku, segmentasi yang diambil dari bisnis body repair ini selain mengarah pada sasaran kon-

sumen minibus Panther, juga ditujukan kepada segmen komersial seperti konsumen pemegang asuransi TLO atau kehilangan maupun all risk. Konsumen yang dilayani pun merupakan konsumen dari asuransi yang telah melakukan kerja sama dengan Isuzu Palembang semisal Garda otto. “Dalam sehari, kami baru melayani body repair hingga 4 unit kendaraan. Kapasitas terpasang pada bengkel body repair ini mencapai 12 unit kendaraan,” tuturnya. Dia berharap keberadaan bengkel khusus body repair ini dapat dimanfaatkan secara optimal bagi masyarakat Palembang, terutama bagi pelanggan Isuzu.

Honda Indonesia Recall Civic dan CR-V JAKARTA|KS PT Honda Prospect Motor mengumumkan program penggantian komponen airbag inflator yang terdapat pada airbag di sisi penumpang depan akibat proses produksi yang tidak sesuai prosedur untuk model Civic dan CR-V. Tomoki Uchida, President Director Honda Prospect Motor, menuturkan program ini sebagai bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor untuk memastikan standar yang paling ketat untuk seluruh produknya. “Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk kami berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas, bahkan ketika produk tersebut telah lama berada di tangan konsumen,” ungkapnya, Selasa (23/4). Dia mengungkapkan proses penggantian komponen airbag inflator pada semua mobil konsumen yang teriden-

tifikasi dilakukan tanpa dikenakan biaya. Pihaknya akan memberikan pemberitahuan secara langsung kepada para pemilik mobil yang teridentifikasi tersebut melalui surat yang dikirimkan oleh diler. Jumlah total unit yang teridentifikasi di dalam program ini adalah 7.982 unit, yang terdiri dari model Honda Civic masa pembuatan 20012003 (3.180 unit) dan Honda CR-V masa pembuatan 2002 (4.802 unit). Proses penggantian komponen ini memakan waktu sekitar 60 menit. Aktivitas penggantian komponen ini mulai berjalan pada 10 Mei di seluruh Indonesia dan akan berlangsung selama 6 bulan. Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1122-789 dari Senin – Jum’at, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB atau hubungi diler resmi Honda terdekat. l TEKS : Bisnis.com

Untuk keberadaan channel part Isuzu di Palembang, kata dia, saat ini baru ada sekitar 134 channel yang terdiri dari diler hingga part shop. Tahun ini pihaknya menargetkan dapat membuka hingga 150 channel part yang tersebar di area Sumsel. “Dengan semakin tumbuh jaringan spare part maupun fasilitas pendukungnya, kami optimistis tahun ini angka pertumbuhan penjualan Isuzu dapat lebih terdongkrak signifikan dibandingkan tahun lalu,” tutupnya. l

Body repair dibuka awal tahun lalu. Dibukanya pelayanan body repair ini semata-mata ingin memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal perbaikan dan perawatan kendaraan,” Arief, Survervaisor, PT Astra Internasional Tbk-Isuzu Palembang

TEKS: JADID ULUL ALBAB EDITOR : ROMI MARADONA

Infiniti Q50 Datang, Pasar Mobil Mewah RI Bakal Makin Ramai SHANGHAI I KS Mobil mewah yang mengusung sistem hybrid, Infiniti Q50 awal tahun depan akan masuk Indonesia. Pasar mobil mewah pun dipastikan akan makin ramai. Infiniti Q50 adalah sebuah mobil mewah yang pengembangannya dibantu juara dunia F1, Sebastian Vettel ini juga sudah siap masuk Indonesia. Saat ini mobil tersebut tengah dipamerkan di Shanghai Auto Show. Mengusung teknologi hybrid ‘Infiniti Direct Response Hybrid’ yang menggabungkan mesin bakar dengan motor listrik, mobil yang akan menjadi lawan Lexus IS ini pun jadi hemat bahan bakar tanpa mengurangi tenaga yang dimilikinya. Sistem ini menggabungkan mesin bensin V6

berkapasitas 3.5 liter dengan two clutch “Dual Clutch Control” motor listrik. Selain itu Infiniti kabarnya akan mempertahankan mesin 3.7 liter yang memiliki tenaga 328 ps dan torsi 37.2kg/m. Selain lewat sistem hybrid tersebut, mobil ini pun diklaim juga lebih ringan karena Nissan sudah mulai mengaplikasi teknologi baja bertekanan tinggi terbaru. Bahan ini adalah 1.2 gigapascal (GPa) ultra high tensile yang baru memulai debut di Infiniti Q50. Nissan mengklaim kalau baru merekalah yang menerapkan teknologi ini secara massal. Dan meskipun pembuatannya lebih kompleks, baja jenis ini malah diklaim lebih efisien dalam produksinya. l

Komitmen kami untuk menjadi perusahaan Catering profesional yang mampu menjadi mitra perusahaan Minyak dan Gas pada Remote Control (On Shore) pada area eksplorasi migas yang sarat tantangan. Kemampuan, kecakapan, fariasi menu dan equipment kitchen yang modern menjadi daya dukung utama dalam mendorong keberhasilan anda dalam mengeksplorasi migas di Indonesia. Warto Raharjo Presiden Director Pusparia Director

www.afzarkiindoboga.co.id

Teks : Detik.com FOTO: INT

CMYK

TEKS : Detik.com


13

KabarSumatera

RABU 13 JUMADIL AKHIRL 1434 H 24 APRIL 2013 M

Pasar Motor Roda Tiga Kaisar Tumbuh 30 % Motor Roda Tiga Triseda Terkuat di Kelasnya JAKARTA|KS Motor roda tiga Kaisar tipe Triseda XP Long 150 cc berhasil memecahkan rekor Muri sebagai yang terkuat dikelasnya setelan menarik truk kontainer berbobot 20 ton sejauh 100 meter. Pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia oleh motor niaga buatan PT Kaisar Motorindo Industri (KMI) tersebut berlangsung di area parkir Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta pada Selasa (23/4). “Pemecahan rekor Muri ini membuktikan kemampuan Kaisar Triseda XP sebagai motor niaga yang dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan dunia usaha,” kata Project Manager KMI, Santoso Yudi. Dia menjelaskan motor niaga Kaisar Triseda XP Long 150 cc didesain untuk mendukung aktifitas usaha yang cukup ekonomis karena memiliki panjang 2 meter

mampu mengankut beban seberat 800 kg hingga 1 ton. Selain itu, lanjutnya, motor niaga Kaisar dirancang sebagai kendaraan yang efisien bahan bakar ninyak, cukup satu liter untuk jarak sekitar 30-35 km. Sementara itu Joko Rismanto, General Manager Marketing KMI, mengatakan motor Kaisar memiliki kandungan lokal komponen mencapai 80% dan sisanya yang 20% diimpor dari China. “Kandungan lokal yang tingggi didukung jaringan diler utama sales, services dan sparepart sebanyak 60 unit dengan 150 cabangnya merupakan keunggulan layanan purna jual Kaisar yang menguntungkan konsumen,” ujarnya. Dia mengatakan Kaisar tipe Triseda XP Long 150 cc dipasarkan on the road Jakarta dan sekitar seharga Rp22 juta. l TEKS : BISNIS.COM foto: int

Mobil Listrik Mitra Toyota dan Guangzhou

SHANGHA|KS Pemerintah China cukup unik dalam melindungi industri otomotifnya. Ketika di dalam negeri tumbuh lebih dari 15 produsen mobil, melalui peraturan diciutkan menjadi tinggal sekitar 12-an, tujuannya untuk melindungi dari serbuan prinsipal luar negeri. Salah satu regulasinya, bagi merek asing yang mau masuk harus mengalihkan teknologi dan pakai nama baru. Dan ini yang paling unik, mereka boleh menggandeng lebih dari satu perusahaan lokal, seperti dijalani Toyota. Produsen mobil nomor satu di Jepang itu menggandeng FAW meluncurkan mobil listrik murah dengan merek baru Ranz. Selain

itu, Toyota juga bermitra dengan Guangzhou melahirkan kendaraan listrik jenis SUV menengah yang sporty. Namun belum dikasih nama dan pemberiannya bersamaan pameran Guangzhou Auto Show, November mendatang. Karenanya, ketika mejeng di Shanghai Auto Show tidak dijelaskan, baik dimensi maupun spesifikasi mesin. Hanya, disebutkan kalau SUV ini sasarannya pembeli muda. Soal logo yang menyerupai perahu layar, Toyota juga bungkam. Tapi, diinformasikan kalau mobil listrik ini untuk menyaingi Nissan Juke. Tak heran, tampilan belakangnya mendekati dengan crossover Nissan itu. l TEKS : Kompas.com

JAKARTA|KS PT Kaisar Motorindo Industri, agen tunggal pemegang merek motor roda tiga, Kaisar, mentargetkan petumbuhan penjualan sekitar 30% menjadi 24.000 unit pada tahun ini, menyusul tingginya permintaan untuk mendukung kegiatan dunia usaha. Joko Rismanto, General Manager Marketing Kaisar Motorindo Industri (KMI), menyatakan optimistis dengan target pertumbuhan tersebut mengingkat penjualan selama kuartal I/2013 mencapai 5.832 unit, atau meningkat 49% dari realisasi periode yang sama tahun lalu 3.889 unit. “Kami optimistis penjualan motor niaga Kaisar akan terus tumbuh,” katanya seusai pemecahan rekor Muri oleh motor Kaisar Triseda XP Long 150 cc yang berhasil menarik truk kontainer berbobot 20 ton sejauh 100 meter di Jakarta, Selasa (23/4). Menurutnya, dari semua varian motor roda tiga merek Kaisar,

AVP THN 2005AC,TEPE,TV,TYPE XHARGA 80JT NEGO/CASH & KREDIT

tipe Triseda XP Long 150 cc yang dibandrol on the road Jabodetabek seharga Rp22 juta tersebut paling mendominasi pasar dengan angka penjualan mencapai 60%. Tingginya permintaan Triseda XP Long 150 cc telah mendongkrak penjualan seluruh motor roda tiga merek Kaisar mencapai sekitar 30% per tahun dengan daerah pemasaran tertinggi di Jawa Timur sekitar 27% dan sisanya tersebar untuk seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, lanjutnya, KMI berusaha untuk memperluas jaringan pemasaran dan pelayanan melalui 60 diler utama layanan sales, services dan spare part, yang didukung dengan cabang dan mitra

AVANZA THN 2010 AC, TAPE, TV, TYPE 1,5 S 37.000 RPM BG PALEMBANG HARGA 140 JT NEGO/CASH & KREDIT

TAFF FEROZA THN 1995 MULUS SIAP PAKAI BG PALEMBANG BODI KALENG HARGA 52 JT NEGO/CASH & KREDIT

diler sehingga total berjumlah 150 unit di Tanah Air. “Kami optimistis pasar Kaisar sangat prospektif, karena sekarang industri skala kecil dan menengah tumbuh cukup pesat, yang tentu membutuhkan sarana pengangkutan, termasuk motor niaga yang lebih fleksibel dan lincah di jalan,” tegasnya. Sementara itu Santoso Yudi, Project Manger KMI, mengatakan keberhasilan Kaisar Triseda XP Long 150 cc menarik truk kontainer berbobot 20 ton sejauh 100 meter telah memecahkan rekor Musium Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai yang terkuat di kelasnya. “Pemecahan rekor Muri ini membuktikan kemampuan Kaisar Triseda XP 150 cc sebagai motor niaga yang dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan dunia usaha, terutama usaha skala kecil dan menengah,” katanya. Dia menjelaskan motor niaga Kaisar Triseda XP Long 150 cc didesain untuk mendukung akti-

MITSUBISI KUDA THN 2000 TYPE GLX LICIN BENSIN 1.5 CC HARGA 65 JT NEGO/CASH & KREDIT

fitas usaha yang cukup ekonomis karena memiliki panjang 2 meter mampu mengankut beban seberat 800 kg hingga 1 ton. Selain itu, lanjutnya, motor niaga Kaisar dirancang sebagai kendaraan yang efisien bahan bakar ninyak, cukup satu liter untuk jarak sekitar 30-35 km. Menurutnya, motor niaga Kaisar memiliki kandungan lokal komponen mencapai 80% dan sisanya yang 20% masih diimpor dari China, sehingga menguntungkan bagi konsumen karena layanan purna jualnya menjadi lebih menguntungkan. Apalagi, lanjutnya, selain kandungan komponen lokal tersebut, konsumen juga mendapatkan banyak kemudahan dari jaringan diler utama layana terpadu sebanyak 60 unit didukung dengan cabang dan mira bisnis sehingga total jumlahnya 150 unit tersebar di seluruh Indonesia. l TEKS : BISNIS.COM foto: int

KIJANG LGX, THN 1999 BENSIN HARGA 95 JT NEGO BG PALEMBANG WARNA CREAM

HUB/TLP. 081-2788-3465 0711-7875-756 TANPA PERANTARA

IKLAN BARIS H. SYARKOWI ALI TOYOTA KIJANG SUPER TH.86 WARNA HIJAU HARGA NEGO HUBUNGI: 07117915804

Jual Beli Mobil Sejahtera Motor- Honda Jazz A/T 2004 Coklat Muda Harga Nego Hub. (0711) 356643 Sejahtera Motor-Honda CRV MT 2007 Hitam Harga Nego, Proses Gampang Hub. (0711) 356643

BOGA MOBIL - Jual Beli Mobil Baru/ Bekas HUB. (0711) 319719 AVANZA THN 2004 TYPE G, KIJANG KRISTA SOLAR THN 2000, KIJANG SPG THN 1995. TPL 0711. 5494 237 / 0812 7460 0147

Jasa Design Arsitek RH-ART Arsitek Desain Rumah, Kantor Ruko, Exterior & Interior, Dll Hub : 0711-7877019 HP. 081377970100

tanah di Jual TNH di jual 1 Kav. LKS Jln. sukarno hatta ds sukasari uk. 15x20m harga nego. skt. hub. 0853 84740919 (berry)

Tarif Iklan : l Halaman 1 FC Rp. 60.000/mm/kolom

BENGKEL LAS MEGA MENGERJAKAN

LOWONGAN KERJA

Canopy, Pintu Pagar, Tralis, Kusen Almunium, Papan Nama, dll. Hub: Sugeng, 0711- 5480763 Jl. Sumatera Raya, Bj II, Perum OPI

BTH CPT, PRT & BABY SISTER PELM, RAJIN, TANGGUNG JAWAB GAJI, 800 RB-1JT 0821 8159 9955

MURAKOM Menerima Service Penjualan, Perbaikan, Tukar tambah, Monitor, LTCL, Laptop,Printer dll Jl. Mayor Salim Batubara No. 1130 Sekip Pangkal, 357863 Tlp: 0812 78220 060

l Halaman Dalam FC Rp. 30.000/mm/kolom l Iklan BW (Umum/ Bisnis) Rp. 21.000/mm/kolom l Iklan Baris Rp. 9000/baris/ (min 8 baris) l Iklan Keluarga/ Sosial Rp. 15.000/mm/kolom lAdvetorial ( 10 mmx7 kolom ) Rp. 3.975.000

KAN WAT G I N I LE N N A JA N G KO S O AYO I K L SA N S BARI

AYO... Manfaatkan Iklan Baris ini

l Bursa Otomotif (50 mm x 1 kolom ) - (Paket 1 bulan Rp. 350.000) lBursa Kerja ( 50 mm x 1 kolom ) - ( Paket 1 bulan Rp. 350.000) lBursa Property/ rumah dijual ( 50 x 1 kolom ) (Paket 1 bulan Rp. 350.000 )

CMYK

untuk promosi Usaha dan Bisnis anda

Bagian Iklan (0711) 442 556 e-mail : iklan@kabarsumatera.com www.kabarsumatera.com


KabarSumatera

PENDIDIKAN & KESEHATAN

14

PENDIDIKAN & KESEHATAN

RABU, 13 JUMAIDIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Pulau Seribu, Wilayah Pertama yang Bebas Malaria se-Indonesia

Tender UN Sudah Sesuai Prosedur JAKARTA | KS. Terkait dengan kisruh ujian nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menampik bahwa ada kongkalikong antara oknum kementerian dengan pihak percetakan saat proses tender. Semua proses yang dijalankan pada proses tender sudah sesuai dengan prosedur yang ada.

K

epala Badan Penelitian dan Pe n g e m b a n g a n Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa proses tender yang dilakukan oleh pihak Kemdikbud sudah sesuai dengan Perpres 70 Tahun 2012. Namun, jika muncul dugaan permainan oknum, pihaknya bersedia untuk diperiksa. “Kami siap saja. Tapi, sekali lagi, semua yang kami lakukan sesuai prosedur. Pemenangan tender ini juga melalui banyak tahap,” kata Khairil di Kemdikbud, Jakarta, Selasa (23/4). Ia menjelaskan bahwa prosedur pertama yang dilakukannya

adalah seleksi administrasi terhadap para pelamar tender. Selanjutnya dilakukan seleksi fisik yang berkaitan dengan peralatan percetakan dan tenaga kerjanya. Terakhir, tim visitasi akan mendatanginya dan memeriksa apakah yang dilaporkan sesuai dengan fakta di lapangan. “Memang banyak yang menawar lebih rendah daripada Ghalia untuk paket 3. Tapi, mereka semua sudah gagal di seleksi administrasi,” ujar Khairil. “Kami tidak mungkin meloloskan yang penawarannya lebih mahal jika memang ada yang lebih murah dan memenuhi kualifikasi,” tandasnya. l TEKS : KOMPAS.COM

JK: Jangan Salahkan UN JAKARTA | KS Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla, yang kini Ketua PMI Pusat, mengatakan, kekacauan ujian nasional (UN) di banyak provinsi pada tahun ini tidak lantas menyalahkan UN, dan lalu ingin dihapuskan. Sebab, UN masih berguna untuk mengukur kemampuan di era kompetisi global sekarang ini. “UN-nya tidak salah, yang salah dan kurang tepat adalah aparat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak swasta dalam perencanaan dan pelaksanaan UN yang sebenarnya sudah rutin setiap tahun dilakukan,” tandas Kalla, yang akan berbicara sebagai salah satu peserta dan nara sumber di acara Indonesia Lawyers Club yang akan ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa

(23/4) malam ini pukul 19.30. Menurut Kalla, jika ada kekisruhan seperti itu dalam pelaksanaan UN, yang harus diperbaiki dan disempurnakan adalah perencanaan hingga pelaksanaannya dengan baik, seperti penyusunan tim panitian, penyiapan bahan, percetakan, distribusi, hingga pengawasannya serta sistem UN itu sendiri yang dipakai untuk mengukur kemampuan siswa didik. “Kalau UN yang disalahkan, dan ingin dihapuskan, apa ukuran kelulusan anak didik kita di tengah bangsa-bangsa yang kini kompetitif mengejar kemajuan dan persaingan global?” tanyanya. Kalla menambahkan, kalau tidak ada UN, anak-anak tidak dipaksa untuk belajar dan mengejar kelulusan yang standarnya diten-

tukan setiap tahunnya. “Dengan demikian, mau tak mau pemerintah akan meningkatkan kualitas pendidikan di semua sekolah di daerah, mulai dari fasilitas, kelengkapan pendidikan hingga kemampuan guru dan siswa didik,” lanjutnya. UN, yang termasuk dipelopori Kalla saat ia menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri itu mulai diterapk an beberapa tahun lalu,

dan terus menerus diperbaiki dan disempurnakan agar tujuan mulia dari UN itu tercapai. l TEKS : KOMPAS.COM

Mengurangi Reaksi Alergi, Lakukanlah Yoga JAKARTA | KS Hampir 40 juta orang Amerika menderita alergi musiman. Saat alerginya kambuh akan muncul bermacammacam reaksi, seperti bersin, gatal, nyeri, dan kelelahan. Untuk mengatasinya, penderita alergi biasanya akan mengonsumsi obat. Adakah cara lain mengatasi alergi selain minum obat? Salah satu gerakan yoga yang dapat dilakukan untuk membantu tubuh rileks dalam mengatasi stres akibat alergi adalah gerakan ‘Warrior I Pose’. Gerakan ini memungkinkan dada dan paru-paru untuk membuka dan mengalirkan semua lendir yang menyebabkan sesak. Berikut adalah tahapan gerakan yoga ‘Warrior I Pose’ yang dapat dilakukan:

1. Berdiri tegak dengan kaki dan lengan bersama-sama di samping. 2. Tarik napas dan lebarkan kaki kanan ke depan, kaki kiri ke bela-

kang. 3. Tarik napas dan angkat tangan di atas Anda, selebar bahu, telapak tangan saling berhadapan. 4. Buang napas dan putar kaki

kanan keluar 90 derajat ke kanan dan kaki kiri Anda di 45 derajat ke kanan. 5. Buang napas, putar pinggul dan tubuh menghadap arah yang sama dengan kaki kanan Anda. Ambil napas dalam-dalam. 6. Saat Anda mengeluarkan napas, tekuk lutut kanan, membentuk sudut yang tepat dengan paha dan tulang kering. Tahan posisi ini selama 3 sampai 10 lambat, napas dalam-dalam. Ulangi di sisi kiri. “Santai dan rileks dapat meredakan reaksi alergi. Yoga juga biasanya dilakukan di dalam ruangan, sehingga akan menghindari penderita dari iritasi apapun di udara luar,” ujar Setzen. l TEKS : DETIK.COM

Jakarta | KS Kepulauan Seribu akan dianugerahi sertifikat bebas malaria pada hari malaria 25 April 2013 dari Kementrian Kesehatan karena menjadi satu-satunya wilayah seIndonesia yang bebas malaria. Sempat mendapat status untuk Kejadian Luar Biasa (KLB) malaria di tahun 2010 sepertinya tidak menjadikan warga kepulauan seribu terpuruk. Sulitnya akses kesehatan dan minimnya sarana untuk menjangkau puskesmas, ternyata malah membuat masyarakat kepulauan seribu menjadi semangat untuk memberantas malaria. Kepala puskesmas Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Susilowati mengatakan bahwa tingginya angka pasien malaria di tahun 2001 itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang pertama, petugas kesehatan belum bisa mendapat ilmu pelatihan mengenai malaria, kemudian sulitnya transportasi antarpulau. “Bukan hanya itu, kebanyakan masyarakat juga belum sadar mengenai pencegahan malaria. Obat juga masih terbatas,”katanya. Menurut Susilowati, setelah diketahui KLB, saat ini kondisi kepulauan seribu jauh lebih baik. Menurutnya ini adalah kerjasama antar pihak termasuk suku dinas kesehatan kepulauan seribu dan masyarakat. “Dalam pemberantasan malaria kami melakukan pengendalian faktor risiko, pengendalian manajemen, pemetaan utk menemukan sumber nyamuk,baik di lagoon (danau yg terbentuk usai air surut) hingga mengalirkan air yang tergenang supaya tidak tertampung di air tersebut,”jelas Susilowati yang ditemui dalam jumpa pers yang diadakan di Kementrian Kesehatan, Jakarta, Selasa (23/4). Sementara Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kep. Seribu mengatakan kalau total kasus malaria tahun 2001 ada 427 kasus dan yang meninggal mencapai 10 persen dari total kasus. “Sedangkan tahun 2013 hanya ada 5 kasus, itu pun bukan akibat nyamuk lokal, tapi impor atau gigitan nyamuk yang berasal dari luar pulau,”tambahnya. Lakukan Hal-hal Ini Agar Terhindar dari Penyakit Malaria Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia. Banyaknya orang yang terkena malaria masih belum bisa meningkatkan kesadaran sebagian besar masyarakat

untuk mau menjaga lingkungannya. Masih banyak yang menganggap dengan membersihkan lingkungan saja sudah cukup. Padahal ada beberapa cara lain yang paling aman untuk terhindar dari malaria. “Kalau mau terhindar dari malaria tentu banyak yang harus dilakukan. Tidak hanya oleh keluarga yang anggotanya terkena malaria, tetapi juga oleh masyarakat sekitar rumahnya,” ujar Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kementerian Kesehatan RI, dr. H. Andi Muhadir, MPH, dalam acara temu media di Ruang Prof. DR. Dr. Mahar Mardjono, Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (23/4). Andi melanjutkan, berikut adalah beberapa cara lain yang paling aman untuk terhindar dari malaria: 1. Menghindari atau mengurangi gigitan nyamuk malaria: -Memasang kelambu di tempat tidur -Hindari berada di luar rumah saat malam hari -Sebelum tidur atau beraktivitas, gunakan losion anti gigitan nyamuk -Jangan ragu untuk menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot, namun perhatikan kandungannya -Memasang kawat nyamuk pada jendela atau ventilasi -Jika memiliki kandang ternak, jauhkan dari rumah tempat Anda tinggal 2. Membersihkan tempat hinggap nyamuk dan memberantas sarang nyamuk malaria: - Membersihkan rumput dan semak-semak di tepi saluran air - Hindari menggantung terlalu banyak pakaian di dalam rumah - Usahakan tidak ada ruangan dalam keadaan gelap atau lembab di dalam rumah - Periksa apakah di sekitar rumah ada genangan air. Jika ya, segera perbaiki agar mengalir - Menimbun dengan tanah atau pasir semua genangan air di sekitar rumah 3. Membunuh nyamuk: - Menyemprot dalam rumah dengan obat nyamuk - Membunuh jentik nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik - Jika jentik berada di genangan air, gunakan obat anti larva/ jentik.l Sumber : (Liputan6.com /Detik.com)


HUKUM RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Lintas Parpol Gagal Kaderisasi Perempuan YOGYAKARTA | KS Partai politik selama ini tidak berhasil melaksanakan proses kaderisasi, dan belum mampu memberikan pendidikan politik yang bagus bagi perempuan, kata sosiolog Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Partini. "Kondisi itu menyebabkan minimnya calon anggota legislatif (caleg) perempuan berkualitas yang dimiliki partai, dan sulit untuk bisa terpilih menjadi anggota legislatif," katanya di Yogyakarta, kemarin. Menurut dia, beberapa anggota legislatif perempuan di DPR RI yang terpilih pada 2009 mayoritas dari kalangan publik figur. Mereka yang dicalonkan tidak jarang karena dipinang oleh partai, bukan melalui proses penggemblengan partai sejak lama. "Jika dipinang, tentu mereka tidak banyak tahu seluk beluk politik. Saat terpilih mereka merasa baru belajar politik, meskipun mereka nanti juga bisa menyesuaikan, tetap saja kualitas mereka diragukan," katanya. Menurut dia, kuota 30 persen caleg perempuan seperti yang diamanatkan UU Pemilu diharapkan memberikan kesempatan bagi perempuan agar bisa berperan dalam menjadi perumus dan pengambil kebijakan. Namun demikian, kenyataannya setelah melewati tiga kali pemilu, jumlah perempuan yang duduk di kursi di legislatif belum mencapai angka 30 persen. "Rata-rata hanya berkisar 12 persen perempuan yang berhasil duduk di legislatif. Artinya, tidak ada satu pun parpol yang bisa memenuhi kuota tersebut," katanya. l Teks : republika.co.id

Dewan Sumsel Banyak "Loncat Pagar" PALEMBANG, KS Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2014, sejumlah politisi di Sumatera Selatan (Sumsel) memilih untuk “loncat pagar” atau pindah ke partai politik (parpol) lain. Itu terungkap dari daftar calon legislatif (caleg) sementara (DCS) yang diserahkan oleh parpol ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Senin (22/4) lalu. Pantauan Kabar Sumatera, terdapat beberapa nama anggota DPRD Sumsel yang memilih memutar haluan pindah ke parpol lain. Diantaranya Syaiful Islam, anggota DPRD Sumsel asal Fraksi Partai Demokrat ini memilih pindah ke Partai Hanura. Selain Syaiful ada juga nama anggota DPRD Sumsel dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ali Imron Bayin yang meloncat

ke Partai Hanura. Kemudian Sulgani Pakuali (Golkar ke PKB), M Erwin (PKPB ke PDI Perjuangan). Kesemua anggota DPRD Sumsel tersebut, walau sudah memutuskan pindah “perahu” namun masih tercatat sebagai anggota DPRD Sumsel dari parpol lama. Padahal menurut Komisioner KPU Sumsel Herlambang yang dibincangi kemarin mengatakan, anggota dewan yang mencalonkan diri kembali sebagai caleg dari parpol lain harus melampirkan surat pengunduran diri dari partai sebelumnya. Selain itu juga harus

melampirkan, surat pengunduran sebagai DPRD yang ditandatangani oleh sekretaris dewan (Setwan) ataupun pimpinan dewan. "Jadi kalau ada anggota dewan dari partai A atau partai yang tidak lolos verifikasi, tetapi masih ingin maju. Maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari partai sebelumnya dan dari jabatannya di DPRD. Ini sesuai Peraturan KPU No 7 Tahun 2013," jelas Herlambang. Meskipun demikian, Herlambang mengaku belum mengetahui apakah semua calon yang pindah telah melampirkan surat pengunduran diri atau belum, karena berkas yang masuk sangat banyak, dan KPU belum melakukan pengecekan berkas dari masing-masing calon.

Sementara itu, Sekwan Sumsel, Ramadhan S Basyeban ketika dikonfirmasi, Selasa (23/4) mengaku, sampai saat ini sekretariat dewan (setwan) belum menerima satu pun surat dari parpol terkait pemberhentian anggota dewan yang pindah ke parpol lain. “Kita belum menerima, satu pun surat dari parpol terkait pemberhentian anggota dewan. Kita sifatnya menunggu, jika sudah ada akan kita sampaikan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti,” jelasnya. Ramadhan menyebut, anggota yang di lakukan pergantian antar waktu (PAW) akan mendapat uang purna bhakti yang dihitung berdasarkan jumlah tahun pengabdian. “Nilainya untuk pimpinan, 100 persen dari gaji pokok gubernur. Sedangkan untuk

Djoko Terancam 20 Tahun JAKARTA | KS Mantan Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Djoko Susilo didakwa merugikan negara sebesar Rp144 miliar dalam korupsi proyek pengadaan Simulator SIM tahun 2010-2011. Dalam surat dakwaan Primer yang dibacakan Jaksa KPK, Kemas Abdul Roni, Selasa (23/4) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, mantan Gubernur Akpol Semarang itu dijerat dengan pasal 2 ayat 1 juncto pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto pasal 65 ayat 1 KUHPidana. Mengacu pasal yang disangkakan itu, Djoko terancam hukuman maksimal 20 tahun. Tak hanya hukuman maksimal itu, Djoko Susilo juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara akibat ulahnya melakukan korupsi dalam proyek pengadaan Simulator SIM. "Sesuai pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor," ujar Jaksa Roni. Djoko Susilo disangkakan pasal tersebut lantaran dari proyek pengadaan simulator itu telah memperkaya diri sendiri sebesar Rp32 miliar. Sementara pengadaan simulator uji klinik roda dua dan empat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010-2011. l Teks : detik.com

anggota 75 persen dari gaji pokok gubernur. Gaji pokok gubernur sendiri Rp3 juta. Namun untuk anggota yang diberhentikan tidak hormat, tidak mendapatkan uang purna bhakti tersebut,” jelasnya. Sementara Sekretaris DPD PD Sumsel RHM Adi Rasyidi mengaku telah mendengar informasi pengunduran diri Syaiful Islam dari Partai Demokrat, dan memutuskan maju melalui Partai Hanura. "Sebagai sahabat kami menyesalkan keputusan tersebut. Tapi itu hak perseorangan," kata Adi. Menurutnya, semua proses pencalegan di Demokrat sudah sesuai AD/ART Partai. "Bagi yang keluar harus siap di PAW dan kita telah menyiapkan penggantinya di DPRD Sumsel," tukasnya. l Teks : dicky wahyudi | Editor : imron supriyadi

Mencari Simpati - Dedeh Rosidah Syaifudin, atau akrab disapa Mamah Dede,memberikan siraman rohani kepada warga Kota Prabumulih, dalam acara yang diselenggarakan oleh salah satu Calon Gubernur sumsel, beberapa waktu lalu. Menjelang PILKADA Sumatera Selatan bulan juni mendatang, seluruh pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur, berlomba-lomba menyelenggarakan acara-acara yang sarat akan politiknya, salah satunya mngadakan acara-acara rohani yang mendatangkan Dai dan daiyah nasional, demi simpati masyarakat sumsel. Foto : Raden KS

HAM Bikin Politik Dinasti Menguat JAKARTA | KS Partai Golkar menilai, hak asasi manusia (HAM) menjadi alasan kenapa politik dinasti semakin menguat di Tanah Air. Ini yang membuat aturan mengenai politik dinasti dalam RUU Pilkada menjadi sulit untuk terealisasi. "Dalam RUU Pilkada mau diatur pun hampir semua partai tidak setuju. Demokrasi ternyata juga melahirkan politik dinasti ini," kata Wasekjen Partai Golkar, Nurul Arifin, Selasa (23/4). RUU Pilkada awalnya berencana untuk menghambat politik dinasti di Indonesia. Yaitu dengan membuat larangan bagi keluarga petahana untuk maju menjadi kepala daerah di tempat lain. Namun, usulan ini banyak ditentang karena dianggap melanggar HAM setiap warga negara. Menurutnya, sulit untuk melarang dan membuat politisi menahan hasrat politik mereka. Begitu pula dalam penentuan daftar caleg sementara (DCS). Yaitu untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan. Banyak caleg perempuan yang maju ternyata merupakan istri atau anak perempuan politisi. "Sesungguhnya kondisi tersebut telah keluar dari spirit dan roh yang kami impikan," ujar politisi yang membidani UU Pemilu tersebut. Harapannya, ujar Nurul, pemilu ke depan partai dapat sungguh-sungguh menjalankan fungsi rekrutmen dan pendidikan politik. Terutama untuk perempuan. Termasuk tidak lagi menjadikan perempuan hanya sebagai komoditas politik. l Teks : republika.co.id

15

Caleg Keluarga Ramaikan DCS JAKARTA | KS Bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang memiliki hubungan dengan petinggi partai masih meramaikan daftar calon sementara (DCS) yang disetorkan ke KPU sejak 9-22 April 2013 kemarin. Beberapa parpol islam juga memasukkan nama-nama yang memiliki kekerabatan dalam daftar bacaleg. Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya. Partai yang didirikan tokoh reformasi Amien Rais itu menempatkan putera sulung Amien, Hanafi Rais dalam daftar bacaleg dari Dapil Yogyakarta. "Iya, Hanafi maju dari Dapil Yogyakarta. Dia kan dosen ilmu politik UGM dan memang aktif dalam dun-

ia politik," kata Ketua Bapilu PAN, Viva Yoga Mauladi, Selasa (23/4). Sementara anak Amien lainnya, Mumtaz Rais yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR memutuskan tidak maju kembali menjadi caleg. Tetapi, ayah mertuanya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan diusung PAN menjadi bacaleg DPR. Dari Partai Bulan Bintang (PBB), beberapa nama yang memiliki hubungan kekerabatan juga masuk dalam DCS. Seperti adik kandung dari Ketua Majelis Syuro PBB, Yusril Ihza Mahendra. Adiknya, Yustiman Ihza maju dari Dapil Jawa Barat daerah Cirebon," ujar Sekretaris Jenderal PBB, Bm Wibowo. Menantu mantan Menteri Sekre-

taris Negara itu juga tak mau ketinggalan. Tri Natalie, istri dari putera sulung Yusril, dicalonkan sebagai bacaleg PBB dari Dapil Jakarta. Partai berlambang Kabah, Partai Persatuan Pembangunan (PBB) juga memunculkan nama-nama yang memiliki pertalian darah. Istri Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali (SDA), Wardatul Asriah kembali maju sebagai caleg dari Dapil Jatim III. Sementara menantunya diusung menjadi caleg DPRD DKI. "Istri Pak SDA itu sudah aktif sebagai ketua DPP Pemberdayaan Wanita, dan sudah aktif sebelum suaminya jadi ketum," kata Ketua Bapilu PPP, Fernita Darwis. l Teks : republika.co.id

DPT Palembang Bertambah n Untuk Pemilukada Sumsel PALEMBANG | KS Jumlah mata pemilih di Palembang bertambah sebanyak 3.050 orang pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel), mendatang jika diban dingkan dengan jumlah mata pilih pada pemilukada Palembang, 7 April lalu. Hal itu diungkatkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Divisi Teknis, Data dan Humas, Abdul Karim Nasution ketika dibincangi, Selasa (23/4). Ia menyebut, hasil rapat pleno KPU Kota Palembang memutuskan DPT Palembang untuk pemilukada Sumsel mencapai 1.136.536 orang atau bertambah 3.050 orang dari pemilukada Palembang lalu. “Hampir semua kecamatan, terjadi penambahan mata pilih. Itu karena, ada penduduk pada pemilukada Palembang lalu belum berhak memilih namun di pemilukada Sumsel, sudah mempunyai hak pilih atau lainnya,” jelas Karim. Ia menjelaskan, penambahan mata pilih terbanyak terjadi di Lemba-

ga Pemasyarakatan (Lapas) Merah Mata, Lapas Pakjo, kemudian Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, SU I, Sukarame, Sako, dan Ilir Timur (IT) I. Kalau di Lapas mengalami penambahan jumlah mata pilih, maka tidak demikian dengan Kecamatan Kertapati yang justru mengalami pengurangan jumlah mata pilih. “Penurunan ini terjadi, akibat banyaknya warga yang tinggal di asrama Zikon yang pindah. Serta adanya warga yang juga terpaksa pindah, lantaran digusur karena terkena proyek PT BA,” ujar Karim. Dengan berkurangnya jumlah DPT di Kertapati, maka 5 TPS di wilayah itu dipindahkan ke lokasi lain yang jumlah penduduknya bertambah. “5 TPS dari Kertapati itu disebar ke beberapa kawasan yang jumlah mata pilihnya bertambah yakni satu TPS ke LP Merah Mata, satu ke LP Pakjo, satu di Seberang Ulu (SU) I, satu ke Sukarami, dan satu TPS lainnya ke Sako,” jelas Karim. DPT tersebut sambung Karim, sore ini juga (Selasa) akan disampaikan CMYK

ke KPU Sumsel untuk menjadi DPT pada pemilukada Sumsel mendatang. Untuk diketahui, jumlah mata pilih yang terdaftar dalam DPT pada pemilukada Palembang 7 April lalu mencapai 1.133.486 pemilih. Sebagai informasi, pemilukada Sumsel akan digelar pada 6 Juni mendatang. Pemilukada Sumsel ini akan berbarengan dengan pemilukada di empat kabupaten lainnya di Sumsel yakni di Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Banyuasin dan OKU. Ketua KPU Sumsel Hj Anisatul Mardiah, menyebut pemilukada serentak ini sesuai dengan UndangUndang nomor 15 tahun 2011. “Pada pasal 235 ayat 2 UU No 12/2008 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan penggabungan pelaksanaan pilkada gubernur dengan pilkada bupati/wali kota hanya dimungkinkan dalam kurun waktu 90 hari,” jelasnya beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, pemilukada serentak ini akan banyak menimbulkan dampak positif. Misalnya menghemat waktu, pikiran, tenaga, termasuk anggaran. l Teks : dicky wahyudi | Editor : imron supriyadi

Febuar Gugat Surya Paloh JAKARTA | KS Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh digugat dua pimpinan partainya di daerah Sumatera Selatan, Febuar Rahman dan Muhammad Syahrian, ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Febuar dan Muhammad, tak terima dicopot dari jabatan politik tersebut. "Kami mengajukan gugatan perselisihan partai politik kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap Surya Paloh," kata kuasa hukum Febuar dan Muhammad, Ahmad Zulkarnaen Musa, usai mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (23/4). Zulkarnaen menjelaskan Febuar dan Syahrian menjabat Ketua dan Wakil Ketua DPW NasDem Sumatera Selatan berdasarkan surat keputusan No: 09-SK/DPP-Nasdedm/II/2011 tanggal 14 Februari 2011 yang disempurnakan dengan SK No:638-SK/DPP-NasDem/ XII/2011 tertanggal 26 Desember 2011 tentang pengesahan perubahan pengurus DPW partai NasDem Sumatera Selatan. Tanggal 10 Februari 2013, keduanya diberhentikan secara sepihak oleh Surya Paloh melalui surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Nasdem No: ISTIMEWA-2/PK/DPP-NasDem/ II/2013 yang menyebutkan terhitung sejak 1 Februari 2013 keduanya dinonaktif kan dari jabatannya. Posisi mereka digantikan oleh Irma Chaniago sebagai PLT Ketua DPW Nasdem Sumatra Selatan. Zulkarnaen mengatakan SK tersebut tidak memiliki alasan yang jelas serta cacat hukum karena bertentangan dengan AD/ART partai. Disebutkan dalam Pasal 29 ayat (1) DPP dapat membekukan pimpinan partai pada tingkat DPW dan daerah dengan ketentuan bahwa pengambilan keputusannya ditetapkan sekurang-kurangya melalui rapat pleno. "Dengan tidak dilakukannya rapat pleno dalam keputusan penonaktifan Ketua dan Wakil Ketua DPW NasDem haruslah dinyatakan tidak sah," ujarnya. l Teks : inilah.com


INFO

PRABUMULIH

RABU, 13 JUMADIL AKHIR 1434 H 24 APRIL 2013 M

Sekda Berikan Penghargaan Kepada Koperasi Terbaik

16

Aggota Koperasi yang Hadir

Ketua Penyelenggara Herlius

Photo Bersam a pra pemenang koperasi terbaik

Sekda Memberikan penghargaan kepaea penemang lomba

Diskopin Zunaida, SE

PRABUMULIH | KS Dalam meningkatkan taraf hidup suatu kelompok masyarakat seperti amanat Undang-undang Dasar 1945 adalah dengan membentuk koperasi karena hal itu memiliki peran strategis dalam tata ekonomi nasional. Untuk itu, sesuai dengan bidangnya Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Penanaman Modal Kota Prabumulih baru-baru ini mengadakan lomba untuk memilih koperasi yang terbaik serta berprestasi di bidangnya masingmasing. Hal itu dimaksudkan agar koperasi dapat semakin meningkatkan kinerja dalam membentuk masyarakat yang mapan dan mampu berdiri sendiri.

Bertempat di Aula Auditorium Rumah Sakit Umum Kota Prabumulih, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, H. A. Sobri, SH bersama kepala dinas, kepala bagian, camat serta undangan lainnya termasuk pengurus koperasi yang mendapat kucuran dana serta yang mendapat predikat terbaik, Diskopin PM telah menyerahkan hadiah dan piala serta pemberian uang pembinaan untuk koperasi terbaik tahun 2013 dalam rangka pembinaan agar dapat berdiri di kaki sendiri. Kepala Diskopin PM Zunaida, SE dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan lomba koperasi terbaik ini diikuti 40 koperasi yang tersebar di enam ke-

Sekda dan Kadiskopin PM Zunaida, SE

camatan dalam Kota Prabumulih dan sasaran penilaiannya ada 5 kategori koperasi yaitu : jenis koperasi produsen, jenis koperasi konsumen, jenis koperasi jasa, jenis koperasi simpan pinjam dan jenis koperasi pemasaran. Dengan adanya jenis penilaian terhadap koperasi sejenis dapat diketahui sampai di mana koperasi tersebut dapat menjalankan manajemen koperasi dengan baik. Sedangkan Sobri mengatakan pelaksanaan lomba koperasi dan pemberian penghargaan kepada koperasi terbaik merupakan salah satu wujud pembinaan Pemkot Prabumulih kepada Gerakan Koperasi dan sekaligus sebagai motivasi terhadap pengurus koperasi untuk dapat

berlomba memacu diri mengembangkan organisasi dan usaha koperasi serta berlomba meningkatkan kemampuan koperasi agar menjadi sehat, kuat, tangguh dan mandiri. Sehingga koperasi dapat melaksanakan pelayanan usaha untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya dan dapat meningkatkan nilai tambah dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para anggota serta masyarakat di sekitarnya. Sobri menambahkan kepada koperasi yang mendapatkan penghargaan koperasi terbaik diharapkan terus mengembangkan usaha koperasinya dan meningkatkan pelayanan kepada anggotanya serta melaksanakan kegiatan koperasi

Sekda Prabumulih H. A. Sobri, SH sesuai dengan aturan perkoperasian karena penghargaan yang diperoleh hari ini akan dinilai kembali pada tahun yang akan dating. Apakah koperasinya terus meningkat atau bahkan menurun. Adapun koperasi yang mendapat penghargaan pada 5 jenis kategori koperasi tersebut yakni Juara 1, Koperasi Manunggal Jaya (jenis Koperasi Produsen), Koperasi Kartika Samara Grawira (jenis Koperasi Konsumen ), koperasi Patra Medika (jenis koperasi Jasa ), Koperasi Karyawan Pendidik (jenis koperasi Simpam pinjam) dan koperasi Sehati (jenis koperasi pemasaran ). ( ADV ) Teks : Irsan Matondang | Editor : Sarono P Sasmito

Wawako Buka Bimtek Penyusunan Penilaian PNS

Kepala BKD, Wawako, Kepala BKN Reg VII Sumsel

Pengalungan Tanda kepada peserta

Peserta Bimtek

Asisten III, Kepala Dinas dan Undangan Lainnya

PRABUMULIH | KS Untuk meningkatkan profesionalisme di lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dapat berprestasi dan bersinergi, dibutuhkan suatu pemahaman yang benarbenar mumpuni oleh mereka. Untuk itu, bertempat di Ruang Aula Husada Bhakti Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Prabumulih, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan Bimbingan Teknik tentang sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih. Hadir pada pembukaan tersebut Wakil Wali Kota Prabumulih, Ir. Ridho Yahya, MM, Asissten III Kota Prabumulih, Kepala Inspektorat, Kepala Bagian, Kasubag di lingkngan Pemerintah Kota Prabumulih. Kegiatan ini diikuti 100 peserta PNS dari masing-masing instansi selama dua hari.

Foto Bersama

Kepala BKD Prabumulih, Drs. H. Sobban Asmuni, MM dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Bimtek ini dimaksudkan untuk penilaian prestasi kerja di lingkungan Pemkot Prabumulih , untuk menyatukan persepsi tentang pelaksanaan sistem penilaian kerja yang baru, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan efektif di lingkungan instansi masingmasing. Lebih lanjut Sobban mengatakan dipahaminya konsep yang baru tentang penilaian prestasi kerja dan mampu menerapkannya, serta sebagai pedoman bagi setiap PNS sipil, pejabat penilai dan pejabat lainnya yang berkepentingan dalam melaksanakan ketentuan PP nomor 46 tahun 2011. Usai memberikan sambutan, Kepala BKD bersama Wakil Wali Kota Prabumulih Ir. Ridho Yahya, MM dan kepala BKN Regional VII Sumatera Selatan, Pramono Widyo Utomo, SH memberikan tanda keikutsertaan secara simbolis kepada dua PNS sebagai sebagai tanCMYK

da dimulianya bimbingan teknis. Ridho Yahya dalam sambutannya mengatakan, setiap PNS harus dapat secara profesional menjalankan tugasnya karena prestasi kerja setiap PNS menjadi tolak ukur perkembangan sebuah pemerintahan, semakin tinggi prestasi kerja pegawai, maka diindikasikan semakin baik pula prestasi kerja sebuah pemerintahan, dengan demikian meningkatkan prestasi kerja PNS akan memberikan dampak positif bagi penyelenggara tugas pemerintahan dan pembangunan itu sendiri. Lebih lanjut Wawako mengatakan sekarang yang diharapkan adalah apabila seorang pegawai sudah pintar, rajin dan loyal terhadap pimpinan maka itulah yang menjadi pertimbangan bagi atasan sebagai pengambil keputusan. Untuk apa memakai pegawai yang pintar, malas dan tidak loyal karena seorang pegawai yang malas akan berdampak terhadap tugasnya, tegas Ridho. (ADV) Teks : Irsan Matondang | Editor : Sarono P Sasmito

Wawako Ir. Ridho Yahya, MM

kabar sumatera  

kabar sumatera

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you