Page 1

Monitoring Media Agustus – September 2016


Pembahasan Pemberitaan peristiwa politik di media massa yang ada di Aceh semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari sudah dimulainya proses pelaksanaan tahapan pilkada. Wacana tentang Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017-2022 juga menjadi salah satu topik yang menjadi perbincangan publik di Aceh.


Pembahasan Kecendrungan memanfaatkan media massa dalam kepentingan Pilkada tidak saja dilakukan oleh calon atau tim sukses pasangan calon, tetapi juga oleh penyelenggara Pilkada. Bagi penyelenggara Pilkada, media massa seolah menjadi mitra dalam menyukseskan tugasnya. Sifat media yang mampu menarik perhatian khalayak bahkan mampu menyajikan rangkaian dan pilihan berita tertentu menjadi pertimbangan oleh aktor politik yang bertarung untuk terus menjaga popularitas dan pencitraannya lewat media. Oleh karena itu tidak mengherankan jika pemberitaan mengenai tokoh atau aktor politik lebih dominan dibandingkan dengan berita politik yang sifatnya sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat.


Tujuan

Presentasi ini bertujuan untuk merangkum berbagai isu yang mengemuka di media cetak dan online di Aceh selama periode Agustus-September 2016. Isu-isu yang dirangkum dibatasi hanya pada 4 media utama dan diangap mewakili pemberitaan secara umum yang ada di Aceh.


Acuan Berita


Hasil Rangkuman • Dari hasil monitoring media yang dilakukan oleh Jaringan Survey Inisiatif, beberapa nama tokoh yang sering muncul dalam pemberitaan berkaitan dengan isu politik adalah merupakan aktor politik yang akan bertarung pada Pilkada Aceh 2017 mendatang. • Tokoh yang paling banyak diberitakan adalah Zaini Abdullah. Kemudian Muzakir Manaf, Irwandi Yusuf, Tarmizi Karim, Zakaria Saman. dan Abdullah Puteh.


Pemberitaan Tokoh Menurut Media 119

SI AJNN KlikKabar PortalSatu

123 115

114

104 83 74

67

71

65 49

43

15 13

16 16

Abdullah Puteh

Irwandi Yusuf

18

47

41 15

22

16 6

Muzakir Manaf

Tarmizi Karim

Zaini Abdullah

13

Zakaria Saman


Narasumber yang sering muncul

1. MUZAKIR MANAF Nama Muzakir Manaf muncur terkait responnya terhadap dukungan yang diberikan oleh partai politik terhadap dirinya sebagai calon gubernur yang bertarung pada Pilkada Aceh 2017 mendatang. Berita lainnya adalah pasca deklarasi akbar kandidat gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, serta wali kota/wakil wali kota yang diusung Partai Aceh (PA). Nama Muzakir Manaf juga muncur dari beberapa tokoh daerah yang bertarung dalam memperebutkan kursi bupati maupun walikota didaerah tingkat II. Bahkan Setelah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Aceh, Muzakir Manaf juga sering muncul dimedia dikarenakan adanya beberapa pernyataan dukungan dan kesiapan tim untuk memenangkan dirinya sebagai gubernur. Muzakir Manaf Muncul di Serambi Indonesia 119 Kali, AJNN 18 Kali, Klik Kabar 49, dan Portal Satu 114


2. ZAINI ABDULLAH

Dr Zaini Abdullah sering muncul dimedia dikarenakan aktifitasnya sebagai Gubernur Aceh, terutama dalam pengawasan dan pelaksanaan beberapa program pembangunan yang sedang dilaksanakan di Aceh. Bahkan salah satu terobosan yang cukup hangat diperbincangkan dimedia adalah dikeluarkannya Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 49 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif. Selain itu berita lainnya adalah berkaitan dengan majunya Zaini Abdullah yang berpasangan dengan Nasaruddin melalui jalur perseorangan atau independen dalam Pilkada Aceh 2017 mendatang. Jumlah pemberitaan belia di Serambi Indonesia 115 kali, AJNN 123 kali, Klik Kabar 16 kali, dan Portalsatu 104 kali.


3. IRWANDI YUSUF Mantan Gubernur Irwandi Yusuf akhirnya resmi maju di Pilkada Aceh 2017 lewat jalur partai politik. Eks juru propaganda Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu sah diusung Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA) dan beberapa partai lokal maupun nasional lainnya. Sedangkan calon wakil gubernur, Partai Demokrat menunjuk Nova Iriansyah sebagai pendamping Irwandi Yusuf. Nova adalah Ketua DPD Partai Demokrat Aceh. Partai Demokrat resmi mengumumkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Aceh 2017. Kepastian Demokrat mengusung duet Irwandi-Nova ditunjukkan melalui penyerahan surat dukungan dari DPP Partai Demokrat. Bahkan Irwandi bersama Nova sudah mendaftarkan diri ke Komisi Independen Pemilihan. Irwandi diberitakan Serambi Indonesia 83 kali, AJNN 16 kali, Klik Kabar 16 kali, Portalsatu 65 kali.


4. TARMIZI KARIM

Berita duet Tarmizi Karim dan Zaini Djalil dipastikan bubar di tengah jalan. Menjadi sorotan media yang ada di Provinsi Aceh. Tarmizi Karim disebut-sebut akan didampingi oleh Teuku Machsalmina Ali, kader Partai Golkar, dalam kontestasi pemilihan kepala daerah Aceh 2017. Baik Tarmizi maupun Nasdem sama-sama mengakui terjadinya perubahan formasi bakal calon wakil gubernur. Meski tak lagi berpasangan dengan Zaini Djalil, Partai Nasdem tetap mengusung Tarmizi sebagai kandidat di pilkada Aceh 2017 ini. Tarmizi karim diberitakan Serambi 74 kali, AJNN 15 kali, Klik Kabar 22 kali, Portalsatu 41 kali


5. ZAKARIA SAMAN Zakaria Saman beserta wakilnya dan puluhan pendukung pasangan calon ini mendatangi kantor KIP untuk menyerahkan bukti dukungan. Dokumen tersebut dibungkus dalam 94 kardus. Pihaknya menyerahkan 154.736 lembar fotokopi KTP. Mantan menteri Pertahanan (Menhan) Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menyampaikan bahwa untuk memberikan rasa aman kepada rakyat Aceh yang akan menentukan pilihan politiknya pada Pilkada Aceh 2017, Pemerintah Pusat harus menambah personil keamanan ke Aceh. Tujuannya agar rakyat terbebas dari intimidasi menjelang pemilihan umum. Pemberitaan Zakaria Saman di Serambi Indonesia Muncul 71 kali, AJNN 6 kali , Klik Kabar 13 kali, Portalsatu 47 kali.


6. ABDULLAH PUTEH Abdullah Puteh boleh bernafas lega setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan mengabulkan gugatannya. Keputusan ini menyebabkan Abdullah Puteh bisa mendaftarkan diri sebagai calon gubernur di Aceh. Mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh pun telah menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat Tanah Rencong terkait kasus korupsi yang pernah menjeratnya. Pernyataan maaf tersebut disampaikan Abdullah Puteh di Media Center KIP Aceh. Abdullah Puteh berada di tempat itu usai menyerahkan syarat dukungan pencalonan sebagai calon Gubernur Aceh. Abdullah Puteh adalah Gubernur Aceh periode 20002005, sedangkan Sayed Mustafa Usab merupakan mantan anggota DPR-RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Aceh. Abdullah Puteh kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Aceh dalam Pilkada Aceh 2017. Abdullah Puteh diberitakan Serambi Indonesia 67 kali, AJNN 15 kali, Klik Kabar 13 kali, Portalsatu 43 kali.


Persentase Pemberitaan Calon Gubernur Aceh dalam Pilkada Aceh 2017 Periode Juni – Juli Zakaria Saman 3%

Tarmizi Karim 7% Zaini Abdullah 17%

Irwandi Yusuf 20%

Abdullah Puteh 2%

Muzakir Manaf 51%


Persentase Pemberitaan Calon Gubernur Aceh dalam Pilkada Aceh 2017 Periode Agustus-September Zakaria Saman 11%

Abdullah Puteh 11% Irwandi Yusuf 14%

Zaini Abdullah 28% Tarmizi Karim 12%

Muzakir Manaf 24%


Perbandingan Pemberitaan Tokoh Juni-Juli Agustus-September 358 300

180 152

138

137

102 40

13

4 Abdullah Puteh

Irwandi Yusuf

Muzakir Manaf

Tarmizi Karim

35 6 Zaini Abdullah

Zakaria Saman


Perbandingan Berita Politik dan Hukum 2082

Politik Hukum 638

534 159 SI

234

AJNN

251 108 KlikKabar

39 PortalSatu


Berita Hukum • Pemberitaan tentang Narkoba masih menjadi kasus yang banyak diberitakan di media yang ada di Aceh. Dari hasil monitoring media terdapat 145 pemberitaan terkait narkoba, baik untuk jenis shabu maupun ganja. • Berita lainnya terkait isu hukum adalah kasus pemukulan yang terjadi di sejumlah wilayah yang diberitakan sebanyak 46 kali dan kasus perampokan yang diberitakan sebanyak 32 kali.


Rincian Kasus Hukum 145

46 32

Narkoba

Perampokan

Pemukulan


Terima kasih

Sekretariat • Alamat : Jln. T. Di Haji, Lr. Ujong Blang, Np. 36, Gp. Lamdingin, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh • Telepon : (0651) 6303 146 • Email : js.inisiatif@gmail.com • Website : www.jsthopi.org

Monitoring media agustus september 2016  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you