Issuu on Google+

PROPOSAL MEMBANGUN WEBSITE E-COMMERCE PADA PELANGI ADVERTISING PALEMBANG

Oleh : DEDI PARTIJO 12.08.151.1

PROGRAM STUDI D3 JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) SIGMA PALEMBANG 2010

1


PROPOSAL MEMBANGUN WEBSITE E-COMMERCE PADA PELANGI ADVERTISING PALEMBANG

OLEH : DEDI PARTIJO 12.08.151.1

Telah disetujui dan disahkan sebagai proposal di Palembang, pada tanggal ……………………..

Pembimbing

(Taufiq Rahman, S.Kom)

2


1. Latar Belakang Masalah Negara Indonesia merupakan salah satu Negara-negara di dunia yang mempunyai jumlah penduduk yang besar. Dengan kata lain, Negara Indonesia termasuk salah satu Negara terpadat di dunia. Dan tentunya, tidak selalu merupakan hal yang buruk jika mempunyai jumlah penduduk yang besar. Keadaan ini justru memberikan satu keuntungan yang besar, dimana negara Indonesia dapat menjadi sebuah pasar yang sangata potensial bagi dunia bisnis atau perdagangan. Kenyataan ini semakin jelas terlihat, ketika banyak Perusahaan komersial mulai bermunculan hampir di seluruh daerah Indonesia. Perusahaan yang ada mulai bersaing untuk mendominasi pasar yang sangat potensial ini. Dalam memasarkan produk maupun jasa yang dimiliki, setiap Perusahaan tentu mempunyai strategi dan sistem pemasaran dengan ciri khas tersendiri. Untuk memenangkan pasar, terutama dalam era persaingan bebas ini, sebuah Perusahaan harus mempunyai strategi dan sistem pemasaran yang efektif dan efisien. Namun, tidak banyak dari Perusahaan yang ada saat ini yang telah mempunyai sistem pemasaran yang efektif untuk mendukung aktifitas intsansi ataupun toko terkait. Bahkan ada beberapa Perusahaan yang bahkan tergolong Perusahaan yang belum mempunyai sistem pemasaran yang mendukung. Sebagai konsekuensinya, dalam sebuah kompetensi yang ketat, Perusahaan-Perusahaan yang tidak atau belum siap akan banyak menemui kesulitan-kesulitan dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki. Dalam persaingan yang ketat, sebuah perusahaan harus dapat mengambil langkah yang cepat dan tepat dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. Sebuah perusahaan juga harus memikirkan bagaimana caranya agar produk yang dipasarkan dapat dikenal luas dan dapat diperoleh dengan mudah. Seringkali jarak yang jauh menjadi kendala dalam berbisnis, khususnya dalam mendapatkan pertimbangan yang tidak kalah pentingnya. Dengan kata lain, Perusahaan harus bisa mengatasi kendala ruang dan waktu dalam melakukan pemasaran. Pelangi Advertising merupakan salah satu perusahaan percetakan dan advertising terkemuka yang berkedudukan di Jl. Dr. M. Isa Palembang. Berdiri sejak tahun 2008 sebagai perusahaan milik keluarga Robertus Salim, kini berusaha mengembangkan

3


sayap perusahaan sehingga diharapkan menjadi perusahaan yang dikenal di nasional bahkan manca negara. Ditengah lokasi yang sedikit terpencil dan persaingan yang semakin ketat, persaingan harga dianggap kurang efektif memanfaatkan peluang, dikarenakan orang lebih memilih perusahaan yang lebih dekat, meskipun terkadang harganya jauh lebih mahal. Dari keadaan seperti telah disimpulkan diatas, maka dianggap perlu menciptakan website E-Commerce sebagai wahana penjualan serta pengenalan Pelangi Advertising di kancah Nasional bahkan Internasional. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, untuk menghadapi kendala di atas, bukanlah tidak mungkin. Sebab saat ini sudah ada teknologi yang dapat mengatasi kendala ruang dan waktu tersebut, yaitu teknologi internet, yang juga sudah memasyarakat. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa teknologi ini dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan memanfaatkan teknologi ini, maka kami mengajukan untuk membuat sistem pemasaran secara online dengan menggunakan teknologi jaringan yang ada, sehingga Perusahaan dapat berbisnis secara online.

2. Rumusan Masalah Masalah-masalah yang dihadapi oleh Pelangi Advertising Palembang dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Informasi terbaru produk yang ada. 2. Bagaimana memberikan informasi-informasi tentang Pelangi Advertising Palembang kepada pelanggan agar diketahui dengan mudah.

3. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang ada adalah : “Bagaimana membuat website E-Commerce Pada Pelangi Advertising Palembang�

4


4. Maksud dan Tujuan Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk Membangun Website E-Commerce pada Pelangi Advertising Palembang Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tugas akhir ini adalah : 1.

Dapat mempercepat dan mempermudah dalam memberikan informasi mengenai produk terbaru.

2.

Menyediakan layanan pesanan atas produk-produk yang ditawarkan secara online.

3.

Meningkatkan popularitas dan kinerja dari Perusahaan tersebut.

4.

Mempermudah dalam mengakses produk.

5.

Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan.

5. Batasan Masalah Agar pembahasan permasalahan tidak menyimpang dari pokok bahasan, maka perlu adanya batasan permasalahan. Dalam penelitian ini, penulis membatasi masalah sebagai berikut : 1.

Transaksi dalam pembayaran belum menggunakan sistem SMS-Banking.

2.

Memberikan hak akses yang berbeda untuk beberapa user, diantaranya : -

Admin, biasa mengolah data yang di input data barang dan mengolah stok barang yang tersedia.

-

Pengunjung, hanya dapat mengakses situs melakukan pemesanan barang dan melakukan registrasi untuk menjadi member dari Perusahaan.

3.

Perangkat lunak yang digunakan adalah Bahasa pemrograman PHP, Macromedia Dreamweaver sebagai software pembangun, dan XAMPP sebagai Web Server, dan sistem operasi yang digunakan Windows XP.

4.

Pemodelan sistem yang dilakukan adalah pemodelan aliran data dengan diagram konteks, dan Data Flow Diagram(DFD)

5


6. Manfaat Penelitian 1. Bagi Perusahaan  Memperluas jaringan perusahaan agar lebih dikenal oleh masyarakat umum  Mempermudah

akses

dan

pelayanan

bagi

konsumen

yang

akan

menggunakan produk dari Pelangi Advertising 2. Bagi Penulis Memahami prosedur kerja dan keadaan yang ada di Pelangi Advertising Palembang Dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh di AMIK SIGMA, khususnya tentang pengembangan web berbasis E-Commerce 7. Metodologi Penelitian Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut : 1. Tahap pengumpulan data Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a. Observasi. Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung terhadap permasalahan yang diambil. b. Interview. Teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung yang ada kaitannya dengan topik yang diambil. 2. Tahap pembuatan perangkat lunak. Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan paradigma perangkat lunak secara waterfall, yang meliputi beberapa proses diantaranya: a. Rekayasa sistem Merupakan bagian terbesar dalam pengerjaan suatu proyek, dimulai dengan mencari dan menetapkan berbagai kebutuhan dari semua elemen yang diperlukan oleh suatu system. b. Analisis

6


Merupakan tahap menganalisis hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan perangkat lunak. c. Design Tahap penerjemahan dari data yang dianalisis kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh user. d. Coding Tahap penerjemahan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang kedalam bahasa pemrograman tertentu. e. Testing Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. Rekayasa Sistem Analisis

Design

Coding

Testing

Gambar 1. Metodologi Pendekatan Waterfall (Roger S. Pressman)

8. Sistematika Penulisan Adapun sistem penulisan sistematika penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab ini menguraikan tentang latar belakang permasalahan, indentifikasi masalah, maksud dan tujuan dibuatnya aplikasi e-commerce untuk memasarkan sepatu milano bucheri di Bandung, batasan masalah, metodologi penelitian, sistematika penulisan.

7


BAB II. TINJAUAN PUSTAKA Membahas berbagai konsep dan dasar-dasar teori yang menunjang dalam kaitan dengan topik membangun aplikasi e-commerce.

BAB III. ANALISIS DAN PERANCANGAN Menganalisis masalah yang dihadapi dan merancang antar muka untuk membangun aplikasi e-commerce.

BAB IV. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Berisi tentang tahapan-tahapan yang dilakukan untuk menerapkan sistem yang telah dirancang serta melakukan pengujian apakah aplikasi yang dibuat berjalan, sesuai yang diinginkan.

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN Berisi rangkuman atau kesimpulan dari penelitian tugas akhir dan saran yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi yang telah dibangun.

9. Daftar Pustaka [1]

Nugroho, Bunafit. Aplikasi Pemograman Web dinamis dengan PHP dan MySQL, GAVA MEDIA, Jogjakarta, 2004

[2]

Jhonsen, Web Designer untuk Pemula, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004

[3]

Y.B. Mulyana, S.Kom. Trik Membangun situs menggunakan PHP dan MySQL, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003

[4]

http://id.wikipedia.org/wiki/Transport_Layer_Security

[5]

http://manusiabiasa830.blogspot.com/2009/11/apa-itu-ssl.html

8


9


PROPOSAL TA