Jatim Pos Edisi 466

Page 1

Ketua KPK : Budaya Anti Korupsi Meningkat

Wika Salim Mengaku Anak Kuli Serabutan

Wika Salim selama ini lekat dengan imej cantik dan sensual. Ia tak melulu mengandal kan itu, sebab ia juga dikaruniai suara emas serta kemampuan memandu acara.

Pemilik nama lengkap Wika Febrina Putri, kelahiran Bogor, 26 Februari 1992 ini ternyata harus meniti jalan panjang hingga mencapai karier sukses saat ini. Wika mengaku per nah juga melalui masa masa pahit bersama keluarga. Kini, Wika tak hanya dikenal sebagai penyanyi dangdut

ke Halaman 15

Surabaya, Jatim Pos

etua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) KPK RI

Tak Kunjung Bayar Hutang

»

Teman Akrab pun Dihabisi

Mojokerto, Jatim Pos Tiga Pelaku pembunuhan terhadap korban karyawan Bintang Jaya Gordyn Mojosari bernama Ahmad Hasan Muntolib, yang mayatnya ditemu kan di jurang Sendi, Desa/ Kecamatan Pacet, Selasa (22/1/2022) lalu, berhasil dibekuk oleh jajaran Satreskrim Polres Mojokerto.

Ketiga pelaku yang ber hasil diamankan petugas kepolisian itu, yakni Dayat (25), Udin (27) dan Anjar (23) warga Desa/Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.

Ternyata antara pelaku dan korban merupakan teman akrab. Motif pelaku tega menghabisi korban, lantaran korban memiliki hutang yang tak kunjung dibayar. Berkali kali ditagih hanya janji yang tak pasti.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar mengatakan, jaja ran Satreskrim Polres Mojokerto berhasil membekuk tiga pelaku

pembunuhan karyawan Bintang

Gordyn Mojosari bernama Ahmad Hasan Muntolib, (26) warga Jurangsari, Desa Bela hatengah Mojosari yang mayat nya ditemukan di jurang Sendi, Desa/Kecamatan Pacet, Selasa (22/11/ 2022) pukul 08.00 WIB.

“Selang sehari setelah ditemukan korban dalam keadaan tak bernyawa di Pacet

dengan kondisi dibalut gorden dan perlak, petugas bergerak dan berhasil membekuk ke tiga pelaku,” jelas Kapolres Apip Ginanjar saat pres rilis, di halaman Polres Mojokerto, Selasa (28/11/2022) siang.

Penangkapan pelaku, lanjut Apip Ginanjar, bermula

Pemkot Surabaya Merealisasikan Belanja UMKM Terbesar se-Indonesia

»

Surabaya, Jatim Pos

Belanja APBD Kota Surabaya untuk sektor usaha mikro dan kecil (UMK) dan produk dalam negeri (PDN) tercatat sebagai yang terbesar se Indone sia dibandingkan semua kota se Indonesia.

Tercatat, belanja APBD Surabaya untuk UMK per 25 November 2022 telah men capai Rp1,2 triliun. Adapun belanja untuk PDN tembus di angka Rp1,7 triliun.

Data tersebut diungkap

Firli Bahuri menyampaikan bahwa saat ini Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) dari tahun 2019­2022 mengalami peningkatan signifikan. Di tahun 2019 IPAK mencapai 3,70, Di tahun 2020 meningkat menjadi 3,84, kemudian di tahun 2021 meningkat menjadi 3,88 dan ditahun 2022 IPAK ke Halaman 15 ke Halaman 15 ke Halaman 15

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata

B

ERLANGSUNG di Astana Joglo Deswita Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupat en Jember pada hari Se lasa, 29 November 2022 diselenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata. Kegiatan ini diikuti oleh 25 (dua puluh lima) orang peserta, yang terdiri dari unsur pengelola desa wisa ta dan masyarakat sekitar

Desa Wisata Sidomulyo, Kabupaten Jember.

Sedangkan narasum ber terdiri: Bagus Djoko (Legalitas Pengelolaan Untuk Kelestarian Destina si Wisata Dalam Kawasan Hutan Produksi), Nurhi dayat – Ketua Iata Jember (Strategi Kepemanduan Desa Wisata), Sumarsonoe – Dlh Jatim (Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Sanitasi Di Desa

Wisata) dan Kamiluddin Kepala Desa Sidomulyo (Kebijakan & Potensi Desa Wisata Sidomulyo).

Ketua Penyelenggara pada kegiatan ini Dra. Su siati, MM yang juga Kabid Destinasi Pariwisata, Di nas Kebudayaan dan Pari wisata (Disbudpar) Jatim dalam laporannya disam paikan Lien Nuri Mudriati, SE, MM Sub Koordinator Perencanaan dan Pengka

jian Destinasi Pariwisata.

Dikatakan: Kegiatan ini dimaksudkan untuk mening katkan kemampuan para pengelola desa wisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal.

Juga percepatan pem berdayaan masyarakat pengelola desa wisata dengan mengembangkan kekuatan potensi SDM agar mampu

Terverifikasi Administrasi & Faktual Dewan Pers (www.dewanpers.co.id) ISSN : 1412 ~ 7490
» Gubernur Khofifah Selamatkan Korupsi Aset Daerah
Dari kanan : Gubernur Khofifah, Firli Bahuri dan Ganjar Pranowo pada Hari Anti Korupsi Se dunia (Hakordia) Tahun 2022, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.
K
Jaya RakorMonitoringdanEvaluasiPelaksanaanInstruksiPresiden
No 2 Tahun 2022.
Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 Desember 2022
ke Halaman 5
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata di Astana Joglo Deswita Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember Tiga pelaku pembunuhan terhadap karyawan Bintang Jaya Gordyn MojosariberhasildibekukolehjajaranSatreskrimPolresMojokerto.

Rally Fondo Kenalkan Heritage Surabaya

Surabaya, Jatim Pos

Pemerintah Kota (Pem kot) bersama Kniel dan RTC menggelar Rally Fon do, Minggu (27/11/2022). Event balap sepeda itu start dari Balai Kota Sura baya dan mengelilingi se jumlah bangunan heritage hingga finish kembali di Balai Kota Surabaya.

Dalam event ini, panitia juga melibatkan sejumlah UMKM Surabaya, baik dari kuliner, fashion dan handy craf. Sejak pagi, mereka terlihat menata barang ba rangnya sembari melayani para pembeli.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Wali Kota Suraba ya, Afghani Wardana, yang

mewakili Wali Kota Eri Cahyadi mengaku event ini san gat luar biasa. Pasalnya, se lain pesertanya sekitar 300 dari luar Surabaya dan luar Jawa Timur, event ini juga melibatkan UMKM Surabaya.

“Jadi, ini menjadi ajang untuk menumbuhkan kembali semangat berolahraga sekaligus mendorong UMKM Surabaya untuk terus bergerak, sehingga perekonomian Surabaya ikut bergerak,” kata Afghani dalam sambutannya mewakili Wali Kota Eri.

Ia juga menegaskan bah wa Wali Kota Surabaya bersa ma jajaran Pemkot Surabaya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan, ia juga ber harap kegiatan serupa dapat

terus digelar di Kota Pahla wan. “Tapi jangan sampai lupa, teman teman UMKM ini juga difasilitasi dalam setiap acara tersebut, sehingga perekono mian Surabaya bisa terus merangkak naik,” tegasnya.

Selain itu, ia juga berharap para peserta yang berasal dari luar Surabaya dan luar Jawa Timur bisa mengetahui tempat tempat heri tage di Kota Pahlawan, bisa mengingat Surabaya sebagai kota yang maju dan bisa menyejahterakan warganya.

“Dan yang paling penting juga bagaimana kita bersa ma sama bergotong royong untuk membangun Surabaya lebih baik lagi ke depannya agar warga lebih sejahtera

Manajemen Risiko Anggaran 2023

Rp3 triliun digunakan untuk pemberdayaan UMKM, maka Cak Eri meminta agar manaje men risikonya harus jelas dan pasti. Oleh sebabnya, melalui kegiatan sosialisasi ini, ia me minta Kepala PD, Camat dan Lurah agar mempelajari ma najemen risiko dengan jelas.

melalui event event olahra ga semacam ini,” ujarnya. Sementara itu, Founder RTC Andre Julius Lamahayu yang memotori event tersebut meminta kepada seluruh pe serta untuk tetap berhati hati di jalan dan harus mematuhi rambu rambu lalu lintas. Bah kan, ia juga meminta untuk saling menjaga temannya se lama berada di perjalanan.

“Mari kita jadikan acara ini untuk bersenang sen ang, bukan untuk berlom ba semata,” tegasnya. Ia juga menjelaskan bahwa

dalam event ini ada tiga kelas, ada kelas 100 KM, kelas 50 KM, dan kelas VIP 27 KM. “Selama rute, ada sejumlah cek point yang harus dilakukan oleh para

peserta. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan event ini sukses. Teri makasih Pak Wali Kota dan jajaran Pemkot Surabaya,” pungkasnya. (bur/fred)

Surabaya Raih 12 Juara Proklim

Surabaya, Jatim Pos

Surabaya, Jatim Pos

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta seluruh jajarannya agar menyiapkan rencana manajemen risiko. Perencanaan ma najemen risiko ini dihara pkan dapat disiapkan se belum mulai menjalankan program dan kegiatan kerja pada tahun angga ran 2023 mendatang.

Demikian disampaikan Wali Kota Eri Cahyadi saat membu ka acara ‘Sosialisasi Pelaksa naan Manajemen Risiko’ bersa ma Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur, Alexander Rubi Setyoadi.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti seluruh Kepala Perang kat Daerah (PD), Camat dan Lurah tersebut, yang ber langsung di Graha Sawunggal

ing Lantai 6

Pemerin tah Kota (Pemkot) Surabaya, Senin (28/11/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi mene gaskan, bahwa seorang pemimpin atau leader harus tahu terhadap manajemen risiko dari sebuah kegiatan yang akan dijalankan. Menurutnya, manajemen risiko ini harus dilakukan dan dipetakan sejak awal perencanaan sebelum anggaran dijalankan.

“Contohnya seperti akan memasang U ditch saluran di kampung, itu juga harus di hitung manajemen risikonya. Misal ketika sudah digali ti ba tiba U ditch habis, tiba tiba U ditch tidak terkirim, terus bagaimana? Inilah yang ha rus dihitung betul manajemen risikonya seperti apa,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Apalagi, pada tahun 2023, anggaran pemkot sebesar

“Sehingga teman teman gunakan sebesar besarnya peluang ini, pelajari mana jemen risiko untuk bertanya langsung kepada ahlinya,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Di lain hal, Cak Eri juga berharap kepada jajarannya agar pada saat menjalankan program dan kegiatan tahun 2023, tidak segan untuk me minta pendampingan Inspektorat Surabaya. Termasuk juga meminta pendampingan BPKP bagi Perangkat Daerah (PD) yang memiliki risiko berat.

“Sehingga sebelum ada kejadian, kita sudah melaku kan antisipasi. Dengan de mikian maka ketika ada per masalahan permasalahan dapat kita lewati dan menjadikan pemkot lebih baik dalam menjalankan program untuk umat di seluruh Kota Suraba ya,” jelasnya. (bur/fred)

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan se cara langsung sertifikat penghargaan Juara Umum Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2022 kepa da RW 09 Kelurahan Rungkut Kidul dan RW 05 Kelurahan Kedung Baruk Kota Sura baya, Senin (28/11/2022). Para Juara Umum tersebut dinilai sebagai kampung ino vasi dalam upaya pengen dalian iklim oleh Kemente rian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Dalam upaya tersebut, RW 09 Kelurahan Rungkut Kidul menciptakan berbagai inovasi. Diantaranya, Kedai UMKM, RO Air Siap Minum, Embung Taman Prestasi, Ke bun Buah Naga, dan Crab House atau Rumah Pengge mukan Kepiting. Sedangkan RW 05 Kelurahan Kedung Ba ruk berinovasi dalam bidang Kelompok Wanita Tani (KWT),

Rumah Kompos, Namira Eco print, Bank Sampah, dan Ru mah Pompa Polder.

“Kita mendapatkan (Juara) Proklim dari Kementerian LHK, ada beberapa RW yang mendapatkan. Biasanya, kita memanggil RW itu menyer ahkan sertifikat yang diberi kan Kementerian LHK karena tidak semuanya diberikan Kementerian LHK. Maka, hari ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya datang secara ber gantian ke RW, menyerahkan secara langsung sambil men gucapkan terima kasih,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

“Alhamdulillah apa yang saya sampaikan melalui lisan saya, ditangkap oleh beberapa warga, salah satunya di RW 09 ini dan menginspirasi pak RW untuk menjalankan kegiatan UMKM. Seperti yang saya katakan, mem bangun Surabaya bukan dengan bangunan yang monumental, tetapi saya ingin membangun SDM, untuk mengembalikan bu daya Arek Surabaya,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Di nas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan bah wa Kota Pahlawan berhasil meraih 12 Juara dalam Proklim Tahun 2022. Yakni, Kelurahan Kebonsari mendapat Trophy Lestari, RW 07 Kel. Gunung Anyar Tambak mendapat Tro phy Utama, RW 09 Kel.Rung kut Kidul mendapat Sertifikat Utama, RW 09 Kel.Manukan Kulon Sertifikat Utama, dan RW 02 Kel. Medokan Semam pir mendapat Sertifikat Utama. Selanjutnya, RW 06 Kel. Kandangan meraih Sertifikat Utama, RW 02 Kel. Bu lak Sertifikat Utama, RW 09 Kel. Gunung Anyar Tambak mendapat Sertifikat Utama, RW 09 Kel. Tanah Kali Kedinding Sertifikat Utama, RW 05 Kelurahan Kedung Baruk Sertifikat Utama, RW 05 Kel. Ketintang mendapat Piagam Madya, RW 12 Kel. Medokan Ayu mendapat Piagam Madya. “Tujuannya mengupayakan pengendalian iklim, juga penunjang lingkungan. Untuk kelanjutannya, kam pung harus diperhatikan karena sarana dan prasa rana yang dibutuhkan juga harus dipenuhi. Seperti ara han Wali Kota bahwa meng utamakan Zero Waste. Serta, RW juga harus men dampingi RW lainnya untuk saling menularkan semangat,” kata Hebi. (bur/fred)

Puthut Purbantara; Blitar: Slamet Karno, Sandi Trantana; Alamat Redaksi: Gedung Graha Wartawan PWI Jatim Jl. Taman Apsari 15 17 Surabaya; Alamat Perusahaan: Jl. Gununganyar Tengah VIII/34, Jl. Amir Mahmud IX/21 Surabaya, Telp. (031) 72316006, 0811349194; Email: mediautamajatim@yahoo.com; Penerbit: PT. Media Utama Jatim, Jl. Gununganyar Tengah VIII/34 Surabaya; SIUP No. 503/5612.A/436.6.11/2014; No Rek 0011265286 Bank Jatim a.n PT Media Utama Jatim, 0096.01.044662.50.2 BRI Kaliasin Surabaya a.n Drs H Syaiful Anam; Berdasarkan UU Pers No. 40 Tahun
METROPOLIS 2
Pemimpin Umum/Redaksi/Penanggung jawab: H Syaiful Anam; Ombudsman: Gatot Soedjono, Zis Muzahid Hasan; Penasehat Hukum: Ahmad Budianto SH.MHum; Direktur/Pemimpin Perusahaan: H Syaiful Anam; Redaksi Pelaksana: Jufri Yus; Koordinator Liputan: Siswo Oetomo; Dewan Redaksi: H Syaiful Anam, Siswo Oetomo, Gatot Soedjono, Jufri Yus; Surabaya: Kurniadi Noveyanto, Freddy SL, Burhanuddin, Dani Tri Hadiyatno; Sidoarjo: Rizal Zulkarnaen; Malang: Ziz Muzahid Hasan; Batu: Wahyono, Swandy Tambunan; Jombang: Musyanik Kurniasari; Jombang/Nganjuk: Heru Cahyo Utomo; Kediri: Andri Ashariyanto, Prisma Dwi Yudiansyah; Tuban: Nur Aminin; Lamongan: Achmad Bisri; Madiun: Jumali; Ponorogo: Nuryadi; Ngawi: Rendy Rian Cahya, Sembodo Arif Pambudi (sirkulasi); Pamekasan: Achmad Jadid; Sampang: Abdul Kodir, Ali W; Sumenep: Sadam Husen; Mojokerto: Mokh Zainudin; Probolinggo: Moh Sifak, Moh Hasin; Pasuruan: Hamzah Pujiono; Situbondo: As’ad; Bondowoso: Eko Prayitno; Banyuwangi: Abdul Karim, Reny Kusuma, Mohamad Saiful Rizal; Lumajang: Firman; Tulungagung: Sandi Trantana; Trenggalek: Ahmad Yulis Satriaji,
1999; Percetakan: PT Media Nusantara Press, Kawasan Industri SIER, Jl Rungkut Industri III No. 49 Surabaya 60401; Isi di luar tanggungjawab percetakan.
Gedung

Ratusan

Pendaftar PPK di Pamekasan Capai 808 Orang

seiring dengan dibukanya taha pan verifikasi oleh KPU RI.

“Karena ada bebera pa yang memang di status akunnya sedang melengkapi berkasnya dan itu masih me mungkinkan untuk menjadi calon PPK kalau di tanggal 1 Desember ini kita diberi we wenang oleh KPU RI, karena memang statusnya sekarang terkunci hal ini sesuai dengan tahapan,” ungkapnya.

Waspada! Bencana Hidrometeorologi di Sidoarjo

2023 mendatang.

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana hidro meteorologi di Kabupaten Sidoarjo tersebut diwujud kan dengan melaksanakan Apel Siaga Bencana ta hun 2022 di Alun alun Ka bupaten Sidoarjo, Rabu (30/11/2022). Apel Siaga tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor

Gus Muhdlor meminta kepada seluruh stakeholder yang tergabung dalam per sonil siaga bencana hidrometeorologi ini, agar mem persiapkan diri baik SDM (Sumber Daya Manusia), sarana prasarana, serta peralatan yang nantinya digu nakan untuk penanggulangan bencana di Kabupaten Sido arjo benar benar disiapkan secara matang. Sehingga ke depannya tidak ada kerugian

yang akan berdampak pada diri sendiri, pemerintah, mau pun masyarakat.

“Selain stakeholder, masyarakat juga perlu ikut serta berpartisipasi da lam menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara tidak membuang sampah di sungai dan saluran air, ser ta bekerja bakti dan mem bersihkan saluran pembuangan air secara periodik dan melakukan pencega han pencegahan lainnya,” ujar Gus Muhdlor.

Bupati Sidoarjo berharap selain apel siap siaga ini, dibutuhkan pula kolaborasi dan singergitas sehing ga penanganan bencana akan lebih terintegrasi dan lebih cepat terselesaikan.

“Saya harap dalam penanganan bencana ini pertama, masing masing kecamatan mengaktifkan posko siaga

bencana, kedua pemangku kepentingan senantiasa meningkatkan kolaborasi, koor dinasi dan komunikasi antar stakeholder yang selama ini telah terbangun dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepa la BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan pada bulan Oktober 2022 ter jadi sebanyak 5 kali angin ken cang dan satu kali angin puting beliung yang berdampak pada kerusakan rumah di be berapa desa dan kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Ratusan bangunan yang terdampak angin kencang terletak di Desa Sidokepung, Desa En talsewu Kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, dan Desa Jati, Keca matan Sidoarjo. Sedangkan dampak dari angin puting be liung ada di Dusun Mlaten, Si dokepung, dan Buduran. (zal)

Petani Dilarang Gunakan Jebakan Tikus Listrik

Pemilihan Kecamatan (PPK)

Pemilu serentak tahun 2024 secara resmi ditutup pada hari Selasa (29/11/2022)

kemarin. Pendaftaran calon anggota PPK tersebut ber langsung selama 10 hari, mulai tanggal 20 sampai 29 November 2022.

Sejak dibukanya tahapan pendaftara jumlah calon ang gota PPK mencapai 808 (dela pan ratus delapan) pelamar.

Dari ratusan pelamar tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan telah berhasil melakukan verifikasi administrasi terhadap 452 pelamar.

Komisioner KPU Pame kasan Divisi Sosdiklih, Par mas, dan SDM, Fathorrah man mengatakan, bahwa tahapan penutupan pendaftaran calon PPK yaitu pada tanggal 29 November 2022 sekira pukul 16.00 WIB. Namun, bagi calon PPK

yang telah berhasil mem buat akun di aplikasi SIAK BA pada detik detik penu tupan dan belum sempat meng­upload berkas­berkas persyaratan, maka masih diberi kesempatan untuk melengkapi hingga pukul 23.59 WIB di hari terakhir.

“Statusnya masih merah artinya sedang melengkapi berkas. Karena waktu verifi kasi kami juga sama tanggal 29 November hingga pukul 23.59 WIB, jadi yang tidak terverifikasi masih diberi kesempatan oleh KPU RI kepada admin KPU Pame kasan hingga 1 Desember. Tanggal verifikasi dimulai sejak tanggal 30 November hingga 2 Desember seka ligus pengumuman,” ujarnya kepada jatimpos saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, jumlah ratu san pelamar yang telah berhasil diverifikasi tersebut kemungkinan besar akan bertambah,

Lebih lanjut, dia menutur kan, bahwa 452 pelamar yang terverifikasi tersebut meliputi dari 13 kecamatan yang ada di wilayah Pamekasan. Mulai kecamatan Pegantenan 38 pelamar, Kecamatan Palengaan 40 pelamar.

“Kecamatan Pasean 33 pelamar, Kecamatan Kadur 36 pelamar, Batumarmar 33, Galis 39, Larangan 35, Pademawu 37, Tlanakan 27, Proppo 32, Pakong 26, Waru 34 dan Kecamatan Kota 42 pelamar,” jelasnya. Sementara, tambah dia, bagi pelamar yang telah ber hasil diverifikasi diwajibkan untuk menyetor hard copy berkas persyaratan ke kantor KPU Pamekasan. “Penyeto ran berkasnya bisa sekarang sampai sebelum ujian tes tulis dilaksanakan,” pungkasnya.

Diketahui; Kuota PPK yang dibutuhkan pada Pemilu serentak tahun 2024 yaitu sebanyak 65 orang. Masing masing kecamatan sebanyak 5 orang. (did)

Lamongan, Jatim Pos

Agar tidak lagi ada korban tewas akibat tersengat listrik jebakan tikus, Polsek Kembang bahu kembali rutin mem berikan sosialisasi imbauan kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Su kosongo Bripka Hartono melaksanakan patroli dialo gis di desa binaannya men yampaikan imbauan kepa da masyarakat untuk tidak menggunakan jebakan tikus dengan setrum listrik.

Bripka Hartono menga takan dalam musim tanam seperti saat ini biasanya

serangan hama tikus mulai merajarela sehingga banyak lahan sawah yang sudah di tanami padi mulai diserang tikus. Himbauan larangan pemasangan jebakan tikus untuk mengantisipasi adanya korban nyawa.

“Selain imbauan secara langsung kepada para petani, sesuai aturan perundang un dangan yang berlaku apabila aliran listrik yang digunakan untuk jebakan tikus tersebut sampai mengenai orang dan mengakibatkan korban nya wa maka bagi pemilik sawah atau yang memasang dapat dipidanakan atau dipenjara kan sesuai dengan hukum

yang berlaku,” ungkap Brip ka Hartono.

Kapolsek Kembangbahu Iptu Irwan Nasution menyampaikan sudah memerintahkan jajaran nya melalui Bhabinkamtibmas untuk terus mengingatkan laran gan pemasangan jebakan tikus beraliran listrik karena sudah memakan korban.

“Imbauan akan terus kita laksanakan. Edukasi terkait cara pemberantasan hama tikus juga diberikan dengan cara pengendalian hama secara gotong roy ong yaitu gropyokan yang lebih aman demi kesela matan masyarakat,” terang Iptu Irwan. (bis)

JATIM I 3
Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor saat sambangi para personil dan relawan bencana. Sidoarjo, Jatim Pos personil dari Forkopimda bersama komunitas relawan yang ada di Kabupaten Sidoarjo terpanggil, untuk melaku kan antisipasi bencana hidrometeorologi yang diprediksi BKMG Juanda Sidoarjo, yang akan ter jadi pada bulan Desember 2022 hingga bulan Januari Ali. KomisionerKPUPamekasanDivisiSosdiklih,Parmas,danSDM, Fathorrahman saat ditemui di ruang kerjanya. Pamekasan, Jatim Pos Pendaftaran calon Panitia Bhabinkamtibmas Desa Sukosongo Bripka Hartono memberikan sosialisasi himbauan kepada petani akan larangan jebakan tikus menggunakan listrik.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penye bab gagal ginjal. Kerusakan organ ini berisiko tinggi terjadi pada orang yang memiliki penyakit tertentu atau kebiasaan yang kurang sehat. Sebelum terlambat, ketahui apa saja penyebab gagal gin jal dan faktor risikonya, serta langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup ditakuti. Kondisi ini terjadi ketika ginjal mengala mi kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Gagal ginjal biasanya merupakan tahap akhir dari penyakit ginjal, di mana kerusakan pada ginjal sudah cukup be rat atau berlangsung lama.

Faktor Risiko Penyebab Gagal Ginjal

Secara umum, gagal gin jal disebabkan oleh 3 hal, yai

tu kerusakan langsung pada ginjal, kurangnya pasokan darah ke ginjal, dan penyum batan pada ginjal atau salu ran kemih. Berdasarkan kla sifikasi penyakitnya, gagal ginjal bisa dibedakan menja di 2 jenis utama, yakni gagal ginjal akut dan kronis. Beri kut adalah penjelasannya: Penyebab gagal ginjal akut Gagal ginjal akut adalah kerusakan ginjal berat yang baru terjadi selama bebera pa jam atau beberapa hari. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut, di antaranya: ▶ Berkurangnya aliran darah pada ginjal, misalnya karena perdarahan dan dehidrasi be rat atau syok.

▶ Cedera parah pada ginjal. ▶ Luka bakar yang parah ▶ Penyakit tertentu, seperti glomerulonefritis, infeksi ginjal, penyakit jantung,

serangan jantung, gagal hati, batu ginjal, hingga kanker ginjal.

▶ Komplikasi hipertensi aki bat hipertensi berat yang tidak diobati.

▶ Infeksi parah, seperti sepsis.

▶ Alergi parah atau anafilaksis.

▶ Baru menjalani operasi besar. Selain beberapa hal di atas, gagal ginjal akut juga bisa dise babkan oleh interaksi obat, over dosis obat obatan, atau efek samping obat obatan tertentu, seperti kemoterapi, obat antira dang (OAINS), antibiotik, litium, obat atau suplemen herbal, dan zat kontras yang digunakan pada pemeriksaan radiologis, seperti CT scan dan MRI.

Terkadang, penumpukan zat tertentu di dalam tubuh, misalnya asam oksalat, juga bisa me nimbulkan gagal ginjal akut.

Penyebab gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis terjadi ketika ginjal mengalami keru

Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya

sakan dalam jangka panjang, sehingga lama kelamaan ginjal mengalami kerusakan yang be rat dan permanen. Seseorang dikatakan mengalami gagal ginjal kronis apabila kerusakan pada ginjal yang dialaminya sudah lebih dari 3 bulan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan gagal ginjal kronis:

» Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

» Memiliki penyakit autoimun, seperti penyakit lupus.

» Menderita penyakit ginjal, seperti penyakit ginjal po likistik, sindrom nefritis, glo merulonefritis, batu ginjal, atau infeksi ginjal berulang.

» Memiliki gangguan pada prostat.

» Memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

» Mengalami obesitas.

» Memiliki kebiasaan merokok.

Beragam Gejala Gagal Ginjal Saat mengalami gagal ginjal akut maupun kronis, seseorang dapat mengalami beberapa keluhan berikut: ♦ Bengkak bengkak di wa jah dan tubuh. ♦ Frekuensi berkemih menjadi lebih jarang atau justru ti dak berkemih sama sekali.

Sesak napas.

Letih dan kurang bertenaga.

Mual dan muntah.

Berkurangnya nafsu makan.

Hindari Tiga Makanan Ini Untuk Cegah Penyakit Ginjal dan Jantung

Penyakit ginjal kronis (PGK) bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Dengan menekan risiko terjadinya PGK, risiko penyakit jan tung juga bisa ikut berkurang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) me ngungkapkan, organ jantung akan menerima lebih banyak tekanan ketika ginjal tak beker ja dengan baik. Jantung pen derita PGK harus memompa lebih keras agar bisa menyam paikan darah ke ginjal.

“Ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung,” ujar CDC, seperti dilansir Ex press, Sabtu (1/10/2022).

Tak hanya itu, PGK juga bisa menyebabkan terjadinya

tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang juga bisa mendorong ter jadinya penyakit jantung.

PGK adalah kondisi ketika ginjal tak lagi bekerja dengan baik dan optimal. Kondisi ini bisa mengenai siapa saja, namun umumnya lebih banyak ditemukan pada kelom pok usia yang lebih tua dan orang orang dengan ras Asia selatan serta kulit hitam.

Memang tak semua kasus PGK bisa selalu dicegah. Akan tetapi, perubahan gaya hidup bisa membantu menurunkan risiko PGK. Salah satunya adalah melakukan perubahan pada pola makan.

Terkait perubahan pola makan, ada tiga jenis makanan

yang sebaiknya dihindari atau dibatasi untuk mencegah risiko PGK. Berikut ini adalah ketiga makanan tersebut: 1. Makanan tinggi sodium dan garam

Asupan sodium dan garam yang berlebih bisa meng ganggu fungsi ginjal. Seperti diketahui, ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring air dari darah. Proses ini memerlukan keseimbangan sodium dan kalium agar bisa berjalan dengan lancar.

Garam dan sodium ber lebih bisa mengganggu ke seimbangan tersebut. Bila keseimbangan sodium dan kalium terganggu, proses pemisahan air dari darah juga akan ikut terganggu.

Konsumsi garam dan sodium berlebih juga bisa memicu terjadinya hipertensi. Hiperten si bisa membuat ginjal meneri ma beban yang lebih besar dan memicu terjadinya PGK.

“Anda bisa menggunakan bumbu, rempah, dan penam bah rasa bebas sodium untuk menggantikan garam,” ujar National Institute of Health.

2. Makanan tinggi protein Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, konsumsi protein berlebih bisa membuat ginjal bekerja lebih keras.

“Ketika tubuh Anda menggunakan protein, tubuh akan menghasilkan produk limbah, yang akan dibuang

♦ Sulit berkonsentrasi. ♦ Sering mengantuk. ♦ Kulit pucat. ♦ Kejang. ♦ Penurunan kesadaran atau koma

Jika mendapati adanya be berapa keluhan di atas, terlebih jika memiliki penyakit penyerta atau faktor yang dapat menja di penyebab gagal ginjal, Anda perlu segera melakukan pe meriksaan ke dokter.

Semakin cepat pemeriksaan dilakukan, diharapkan kerusakan ginjal bisa ditangani secepatnya. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut agar tidak berkembang menjadi gagal gin jal stadium akhir.

Pada fase ini, ginjal sudah sama sekali tidak dapat ber fungsi dan penderita kondisi ini akan membutuhkan cuci darah rutin atau operasi transplanta si ginjal untuk mengembalikan fungsi ginjal. Upaya Pencegahan Penya kit Gagal Ginjal

Karena berpeluang tinggi untuk mengalami kerusakan permanen, maka kesehatan ginjal perlu dijaga agar tidak rusak dan terkena penya kit­penyakit yang dapat beru jung pada gagal ginjal.

Untuk mencegah gagal ginjal, Anda dapat melakukan beberapa upaya berikut ini: ˮ

Menerapkan gaya hidup sehat, misaln

ya banyak minum air putih, tidak merokok dan menghindari asap rokok, tidak minum mi numan beralkohol, ser ta rajin berolahraga. ˮ

Mengonsumsi makanan sehat bagi ginjal, seperti buah, sayuran, kacang ka cangan, dan lemak sehat, serta menjauhi makanan penyebab gagal ginjal. ˮ

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap ta hun untuk memantau kondisi ginjal, terutama bagi penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipertensi. ˮ Menghindari konsumsi obat obatan, suplemen keseha tan, atau obat herbal secara berlebihan atau tanpa re komendasi dokter. ˮ

Bagi penderita diabetes, hipertensi, dan jenis penya kit ginjal lainnya, pastikan menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Dengan mengetahui faktor penyebab gagal ginjal, Anda diharapkan dapat lebih waspa da dan sadar untuk menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan ginjal.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter apabi la Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko gagal gin jal. Telebih lagi, jika sudah mengalami beberapa gejala yang menandakan kemungkinan gagal ginjal. (*)

oleh ginjal,” ujar National Health Service (NHS).

Oleh karena itu, konsumsi protein sebaiknya dilakukan secukupnya dan tidak berlebi han. Mayo Clinic mengungkap kan bahwa konsumsi protein sebaiknya berkisar antara 10 35 persen dari total kalori yang diperlukan tubuh atau sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan.

3. Makanan tinggi lemak

Konsumsi lemak jenuh yang tinggi bisa mening katkan kadar kolesterol LDL atau “jahat” di dalam darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya penumpukan plak di pembuluh darah, terma suk pembuluh darah di gin jal. Ketika penumpukan plak terjadi di pembuluh darah ginjal, aliran darah ke gin jal akan berkurang. Bila hal ini terjadi, fungsi ginjal bisa ikut berkurang. (*)

JATIM II 4

Raih Juara Pertama Desa Gotong Royong » Wakili Jember di Tingkat Jatim

Diketahui, Desa Sidomulyo sedang membangun destinasi wisata Cafe Sawah dengan modal cukup fantastis. Yakni Rp 100 juta. Uniknya, modal tersebut berasal adalah iuran seluruh masyarakat desa. Ter kumpulnya iuran hingga ratu san juta tersebut, menunjuk kan bukti bahwa masyarakat desanya sadar membangun desa dengan gotong royong.

Potensi Desa Sidomulyo Kabupaten Jember

ruh Harian Lepas 1.188, Wiraswasta/Pedagang 442 Orang, Profesi Karyawan Swasta 138 Orang; Buruh Tani 111 Orang; Guru 16 Orang; Peternak 5 Orang; Tukang 4 Orang, ASN 3 Orang; dan BUMN 2 Orang. Potensi desa sidomulyo, Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember memi liki 6 (enam) dusun yaitu Dusun Curah Manis, Dusun Curah Damar; Dusun Krajan; Dusun Tanah Manis; Dusun Garahan Kidul; Dusun Gumitir, masing masing dusun memi liki potensi Perah Kambing Etawa; Produksi dan indus try Kopi Robusta; Sidomulyo Tourism Village; Pengrajin Akar Alam & Fosil Kayu; Clus ter Durian; Budidaya Alpukat Mentega Sidomulyo; Bumdes

Sidomulyo Tourism Village. Peternakan, penggemukan Domba Sidomulyo sebagai berikut: a. Potensi Pertanian: Dusun Curah Manis dan Dusun Curah Damar; b. Potensi Perkebunan: 6 (enam) Dusun; c. Potensi Perikanan: Dusun Curah Manis dan Dusun Curah Damar; d. Potensi Peternakan: 6 (enam) Dusun; e. Potensi Kepariwisata an: 6 (enam) Dusun; Desa Sidomulyo Kec. Silo Kabupaten Jember merupa kan salah satu desa yang memiliki potensi dari Agro tourism yang cukup mema dai, diantaranya terdapat tiga varian kopi antara lain: Varian Kopi, Eco­tourism,

Variasi Kopi: Kopi Robusta, Kopi Arabika, Kopi Liberalika.

Terdapat peternakan Domba dikenal “Raja Dom ba”, terdapat beberapa varian domba yang dibudi dayakan oleh masyarakat, dan milik TNI yang membu didayakan domba domba di desa ini, BUMDES memeli haraan sekitar 1500 domba untuk ketahanan pangan dari masyarakat Sidomulyo.

Jenis domba yang terdapat di Desa Sidomulyo antara lain: Domba Sulfok, Domba dormas, Domba Ekor besar, Domba Mu rino, Domba Suppass, Domba Crossing dan Domba Texel.

Produk Ekraf Fosil Akar, Ru mah Batik, Raja Domba, Sendang Tiro, Industri Kopi, Homestay D.sid, Jajan Tradisional. (iz)

Himbauan untuk Pengelola Daya Tarik Wisata

protokol kesehatan di seluruh usaha pariwisata serta me nentukan langkah langkah an tisipasi menghadapi ancaman berbagai jenis bencana yang terjadi dan sekaligus menjadi komando tanggap darurat.

Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember berha sil menjadi juara pertama lomba Desa Gotong Ro tong yang digelar Pemkab banyuwangi. Karena itulah, desa yang dipimpin Ka miludin itu akan mewakili Jemebr dalam event seru pa di tingkat Jawa Timur. Penghargaan yang diraih Desa Sidomulyo ditetapkan dengan Keputusan Bupati Jember Nomor 188.45/178/1.12/2022. Tercatat ada 31 desa di masing masing keca matan, yang menjadi peserta lomba tersebut. Prestasi tersebut membuk tikan bahwa jajaran pemerintahan

desa dan warganya kompak.

Kades Sidomulyo Kamiludin mengatakan, penghargaan tersebut merupakan jerih payah bersama warga desanya. Menurutnya, gotong royong merupakan konsep kebersamaan.

Terkait indikator penilaian, Kamiludin mengungkapkan bahwa proses penilaian meli puti kelengkapan administrasi, inovasi desa, hingga program kolaborasi pemerintah desa dengan masyarakat. “Pada dasarnya, program program yang dikerjakan desa bersa ma masyarakat. Bukan pro gram yang dibuat buat karena mengikuti lomba,” tegasnya.

Terkait perlombaan di ting kat provinsi, Kamiludin akan meningkatkan inovasi yang telah ada. Yakni pada konsep desa berbasis digital. “Desa Sidomulyo kan sudah menjadi desa digital. Maka nantinya kita tingkatkan inovasi yang telah ada. Terlebih pada gotong royong berbasis digital. Hal terse but sesuai dengan tagline Desa Sidomulyo,” jelasnya.

Perlu diketahui, Tak ha nya memperoleh juara per tama Desa Gotong Royong, Desa Sidomulyo juga mem peroleh Juara Kedua Lom ba 10 Program Pokok PKK se Kabupaten Jember. (*)

PLT Kepala Dinas Kebu dayaan dan Pariwisata (Kadis budpar) Jatim, Sinarto, S.Kar, MM pada kegiatan Pening katan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata menyampaikan amanat tertulis, berikut ini :

Salah satu model pembangu nan pariwisata yang mengkolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku ada lah pengembangan desa wisata.

mengembangkan pengelo laannya menjadi desa wisa ta yang maju dan mandiri. Selain itu memberikan gambaran dampak positif dari sektor kepariwisataan terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat utamanya di desa wisata.

Sementara itu Plt Kadis budpar Jatim Sinarto, S.Kar, MM dalam amanat tertulisnya mengemukakan: Se bagaimana kita ketahui Amanat Uu No 10 Tahun 2009 bahwa tujuan dan prinsip penyelenggaraan kepariwisataan yang banyak diarahkan pada pelestarian

lingkungan, menjunjung keragaman budaya, memberdayakan masyarakat dengan tujuan akhir pada kesejahteraan masyarakat.

Desa wisata tidaklah ha rus memiliki kekayaan alam atau objek wisata alam yang indah. Lebih utama adalah creating value dengan cara creating uniqueness. Dengan kata lain desa harus men ciptakan nilai lebih dengan keunikan yg dimilikinya.

Dasar pelaksanaan: Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor : 6 Tahun 2017 Tentang Rencana In duk Pembangunan Kepariwi­

sataan Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 2032.

Peraturan Daerah Provin si Jawa Timur Nomor : 5 Tahun 2021 Tentang Angga ran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor : 116 Tahun 2021 Tentang Penjabaran Anggaran Pendapa tan Dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022.

Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (Dppa) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022 Nomor : Dpa /A.1/2.22.3.26.0.00.03.0000/001/2022. (iz)

Pengembangan desa wisata mendorong berbagai upaya un tuk melestarikan dan member dayakan potensi keunikan berupa budaya lokal dan nilai nilai keari fan lokal yang ada di masyarakat.

Masyarakat sebagai salah satu pemangku kepentingan, per lu difasilitasi dan didorong agar dapat berpartisipasi dan berperan aktif sebagai subjek atau pelaku maupun sebagai penerima man faat dalam pengembangan kepari wisataan secara berkelanjutan.

Dalam rangka menghadapi perubahan iklim ekstrim saat ini, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam khususnya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, maka bersama ini disampaikan sedikit himbauan ke pada pengelola daya tarik wisata sebagai berikut : a. Senantiasa mewaspadai

perkembangan perubahan cuaca dan mengamati sin yal BMKG terkait bencana alam lalu menginformasikan situasi kondisi terkini kepada petugas, pengunjung, dan masyarakat sekitar destinasi. b. Melakukan pemantauan dan pengawasan yang ketat ter hadap destinasi pariwisata untuk memastikan keamanan pengunjung dalam menggu nakan fasilitas­fasilitas atau wahana wahana, serta me mastikan keberadaan him bauan atau petunjuk rawan bahaya di lokasi yang rawan bencana dan rawan timbulnya kecelakaan

c. Peningkatan sinergitas dan koordinasi yang baik pada seluruh sektor pariwisata baik pemerintah maupun swasta dengan instansi ter kait termasuk tni/polri dalam pengamanan dan penerapan

Diharapkan dengan patuhnya seluruh stakeholder pari wisata terhadap protokol kesehatan dan kewaspadaan bencana, kita dapat bersa ma sama mewujudkan wisata yang sehat dan aman, sehing ga membangkitkan pariwisata dan memulihkan perekonomian jawa timur.

Pembangunan kepariwisataan tidak akan berjalan dan berhasil dengan baik tanpa adanya kerjasa ma sinergis antara pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, dan media agar memiliki kesatu an pandang dan dapat memahami paradigma pembangunan kepari wisataan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Maka menjadi tugas kita bersama untuk mampu mem bangkitkan semangat mem bangun kepariwisataan yang berbasis masyarakat, salah satunya melalui desa wisata. Pengembangan desa wisata memang tepat untuk mengger akkan ekonomi pedesaan. Banyak hal yang semula dianggap tidak berarti ternyata dapat menarik minat wisatawan un tuk datang ke desa dan pada akhirnya menambah penghasi lan penduduk desa.(iz)

JATIM III 5
PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN.................. dari Halaman 1 PADA acara Peningka tan Kapasitas Penge lolaan Desa Wisata. yang berlangsung di Astana Joglo Deswita Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Ka bupaten Jember pada hari Se lasa, 29 November 2022 Kades Sidomulyo Kamiludin memapar kan Kebijakan Dan Potensi Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Ka bupaten Jember. Disebutkan, Jumlah luas lahan hutan social pertanian desa Sidomulyo : Luas Hutan Sosial 2.250 Ha dan Luas La han Pertanian 6.216 Ha. Profesi petani 1.264, Bu Narasumber memaparkan materi pada kegiatan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata.
Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 Desember 2022

» Peringatan HUT Korpri ke­51 di Lamongan Lakukan Aksi Penguatan Moral

Lamongan, Jatim Pos

Menginjak usia setengah abad Korpri, Lamongan ge lorakan pelayanan dan berkontribusi serta berinovasi. Perayaan ke 51 Korpri tidak hanya dirayakan secara sim bolis, melainkan diajak turun aksi sebagai bentuk motivasi penguatan moral.

“Pada perayaan HUT Kor pri ke 51 tidak kita habiskan satu waktu. Kita banyak sekali rentetan acara mulai dari aca ra formal hingga kegiatan bakti sosial. Hal tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan tema Korpri tahun ini yakni Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri,” tutur

Sekretaris Daerah Kabupaten

Lamongan Moch. Nalikan saat ditemui usai memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Lamongan dalam rang ka peringatan HUT Korpri ke 51, Selasa (29/11/2022).

Nalikan menerangkan terkait aksi selanjutnya yang akan dilakukan oleh

Wabup Sumrambah Perkuat Kolaborasi dan Serius Tangani Persoalan Stunting

SekretarisDaerahKabupatenLamonganMoch.NalikansaatziarahkeTamanMakamPahlawan(TMP) LamongandalamrangkaperingatanHUTKorprike 51.

Korpri Lamongan ialah bakti sosial dengan mere novasi 20 makam pahla wan di TMP Lamongan.

“Bakti sosial kita akan merenovasi makam, ada 20 makam yang akan kita renovasi,” terangnya.

Lebih lanjut Nalikan mengatakan bahwa apresiasi juga akan diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang sudah purna menjalankan tugas. Apresiasi tersebut dikhususkan untuk purnawirawan PNS yang mengabdi di pelosok Lamongan selama ini.

Mada Pemkab, dimana nanti kita akan memberi kan apresiasi kepada para purnawirawan yang su dah berhasil mengemban tugasnya,” kata Nalikan.

Sesuai dengan tema yang ditetapkan, Korpri Lamongan juga berkontribusi dalam memajukan UMKM yang ada di Lamongan. Hal itu ditandai dengan pemberian pembinaan serta pelatihan serta Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP PIRT) kepada 40 warga di wilayah Pucuk.

mongan, maka dari itu kita akan menggelar pembinaan dan pelatihan untuk 40 pelaku UMKM di wilayah Pucuk. Setelah mengikuti pembinaan, 40 pelaku usa ha tersebut akan kita fasilitasi PIRT agar memper mudah pemasaran produk mereka,” terang Nalikan.

Jombang, Jatim Pos

Pemerintah Kabupaten Jombang terus berkomit men mendukung pelak sanaan program Nasional yakni membebaskan generasi muda Indonesia, khususnya di Kabupaten Jombang dari stunting.

Sebagaimana ditarget kan prevalensi stunting di Kabupaten Jombang dapat ditekan dari 21, 2 persen pada tahun 2021 menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Guna mencapai target besar tersebut, Wakil Bu pati Jombang Sumrambah meminta para pemangku kepentingan melakukan berbagai upaya dengan fokus pada lima pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (Stranas Stunting). Sebagaimana di mandatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Penguatan pelaksanaan 5 pilar stranas dalam per cepatan penurunan stunting di Kabupaten Jombang yang

telah terlaksana diantaranya Peningkatan Komitmen dan visi kepemimpinan pemerin tah kabupaten dan pemerin tah desa dengan adanya tagging Anggaran Daerah dalam percepatan penurunan stunt ing baik dari APBD, APBN maupun APBDes.

Peningkatan komunikasi dan perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan inter vensi sensitif di Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa; Peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat; penguatan dan pengembangan sistem, data, riset, informasi dan inovasi. Kolaborasi semua elemen masyarakat tetap menjadi kunci dari upaya penanganan stunting demi mewujudkan Indonesia Sehat.

“Pencegahan dan Penanggulangan Stunting itu penting. Butuh Kolaborasi seluruh OPD juga keseriusan dan kemauan semua pihak. Karena ini men yangkut Sumber Daya Manu

sia Indonesia kedepan,’’ tan das Sumrambah Wakil Bupati Jombang saat membuka Rakor Penyusunan Laporan Tim Per cepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur tahun 2022 di ruang Shafa Marwah Green Red Hotel Jombang, Selasa (29/11/2022).

Dikatakan Sumrambah munculnya Stunting adalah adanya persoalan Gaya Hid up. Saat ini para calon Ibu ta kut gemuk, sehingga muncul budaya diet. Sehingga saat hamil dan pasca melahirkan tidak berupaya bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi si Ibu dan calon bayi dengan baik, tapi malah diet. Selain itu Persoalan ilmu pen getahuan dan kemiskinan.

“Ini semua yang ha rus dibedah dan dianalisa, sehingga masing masing OPD dapat mengambil peran dan melakukan lang kah langkah strategis un tuk dapat menyelesaikan persoalan Stunting men jadi zero,’’ tutur Wabup Sumrambah. (her)

“Nanti malam kita ada resepsi di aula Gadjah

“Kita mendukung per tumbuhan ekonomi di La­

Wabup Sumrambah

Pada pungkasannya, Nalikan menyampaikan bahwa ragam bentuk perayaan HUT KORPRI ke 51 di Lamongan ma sih terus dilakukan dan akan berakhir pada bu lan Januari dengan ke giatan jalan sehat. (bis)

Janji Segera Perbaiki Jembatan Desa Sukodadi

Kabuh

na banjir sehingga terjadi proses pergeseran,’’ tutur Sumrambah.

Melihat kondisi jem batan tersebut, Wabup Sumrambah bersama Sek dakab Jombang dan Kepa la OPD terkait akan segera melakukan penanganan.

WakilBupatiJombang,Sumrambahbersamastafsaatmeninjaujembatan penghubung Desa Sukodadi dan Desa Manduro Kecamatan Kabuh yang rusakakibatbanjir,Senin(28/11/2022).

Jombang, Jatim Pos Wakil Bupati Jombang, Sumrambah didampingi Sekdakab Jombang Agus Purnomo beserta Asisten Perekonomian dan Pemba ngunan Wignyo Handoko, Kepala OPD terkait, yakni Kepala Bappeda, Danang Praptoko, Dinas PUPR Bayu Pancoroadi, Kepala Badan Pengelola Keua­

ngan dan Aset Daerah, M. Nasrullah, meninjau jem batan penghubung Desa Sukodadi dan Desa Man duro Kecamatan Kabuh yang rusak akibat banjir, Senin (28/11/2022).

“Hari ini kita lagi sidak, melihat ke lokasi jembatan di Desa Sukodadi di Dusun Kwacang Kecamatan Ka buh, yang kemarin terke

“Insya Allah tahun 2023 kita akan masukkan pada perencanaan, dan 2024 kita akan laksanakan untuk pem bangunannya, sebab jem batan ini adalah akses uta ma masyarakat setempat, ini juga jalur ke Manduro,” tandas Wabup Sumrambah.

“Alhamdulillah mulai dari Kepala Desa, Pak Sek da dan Kepala OPD terkait, juga Pak Camat sudah clear semua, InsyaAllah kita bisa selesaikan tahun 2024,” pungkasnya. (her)

JATIM IV 6
Wakil Bupati Jombang Sumrambah membuka Rakor Penyusunan Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur tahun 2022 di ruang Shafa Marwah Green RedHotelJombang,Selasa(29/11/2022).

Bupati

Lamongan, Jatim Pos Sebagai upaya memben tuk payung hukum di suatu daerah, Pemerintah Kabupat en Lamongan selaku ekseku tif bersama DPRD Kabupaten Lamongan selaku legislatif, membahas Rancangan Pera turan Daerah (Raperda) Ka bupaten Lamongan dalam sidang paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi Atas Raperda Usu lan Pemerintah Daerah dan Pendapat Bupati Atas Rap erda Intensif Tahap II Ta hun 2022, di Ruang Rapat

Paripurna DPRD Lamongan, Senin (28/11/2022).

Terdapat 5 raperda, dua diantaranya usulan dari Pemk ab Lamongan yakni penyeleng garaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat; ser ta perlindungan masyarakat, dan penyelenggaraan parkir.

Fraksi PKB melalui nota yang diserahkan oleh Kasdo no, menyatakan Fraksi PKB mendorong adanya keterbu kaan akses publik terhadap informasi, perwujudan pemerintah yang terbuka sebagai upaya strategis pencegahan

praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta terciptanya pemerintah yang baik.

Agar dapat terealisasi dengan baik, Satpol PP se bagai garda terdepan petugas yang berwenang, Fraksi Demokrat, PAN, Ger indra berharap Satpol PP dapat melakukan tindakan persuasif untuk mencegah terjadinya gejolak baru di tengah tengah masyarakat.

“Diperlukan pembinaan pelatihan yang komprehensif pendidikan berbasis perfor ma komunikasi serta duku­

Sarirejo Kunjungi Perguruan Silat

wilayah Kecamatan Sarirejo.

“Kita sepakat semua per guruan pencak silat punya tanggung jawab bersama untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya potensi konflik ditingkat akar rumput,” kata AKP Ipung kepada Jatim Pos, Selasa (29/11/2022).

Legislatif dan Eksekutif Saling Dukung

» Bahas Lima Raperda di Paripurna

ngan multi sisi terhadap peningkatan ketrampilan saat ke Satpol PP dalam hal pen anganan konflik dan informasi dalam penegakan peraturan daerah yang substansial be rat dan sistematik,” menurut Fraksi Demokrat.

Selain itu, pada Raperda penyelenggaraan parkir frak si fraksi berpendapat, dalam pengimplementasian Raperda tersebut perlu dilakukan berbagai maintenance diberbagai hal, mulai dari penggunaan

teknologi sebagai penyediaan informasi yang real time, melakukan inventarisir di bebera pa titik lokasi parkir, mencari inovasi baru dalam pemungutan retribusi parkir, dsb.

Sementara itu, Pak Yes mendukung dan mengapresia si 3 Raperda inisiatif DPRD ten tang penyelenggaraan pemba ngunan ketahanan keluarga, toleransi kehidupan bermasyarakat, dan pemberian nama jalan dan sarana umum.

Ditambahkan Pak Yes, da

lam implementasi pembangu nan ketahanan keluarga pada tataran keluarga yang dinilai privat, perlu adanya Raperda yang memberikan jaminan pe lindung keluarga, serta dalam peningkatan Lamongan layak keluarga harus tetap berpijak pada nilai nilai budaya.

“Berdasarkan berbagai per timbangan, Pemerintah Daerah berpendapat bahwa ketiga Rap erda inisiatif DPRD dapat diterima untuk dibahas di tingkat Pansus,” terang Pak Yes. (bis)

DPRD Kota Blitar Bahas Ranperda Tentang Perbedayaan

Usaha Mikro

Lamongan, Jatim Pos

Polsek Sarirejo Polres Lamongan menggelar silaturahmi dan komunikasi bersama dengan sejumlah perguruan silat yang ada di Kecamatan Sarirejo.

Dalam kesempatan terse but, Kapolsek Sarirejo AKP Ipung Abdul Muis bersama se jumlah anggota mengunjungi perguruan silat PSHT ranting

Sarirejo. AKP Ipung menyam paikan bahwasanya semua lapisan masyarakat turut andil dalam menjaga kamtibmas wilayah masing masing ter masuk anggota perguruan si lat itu sendiri.

AKP Ipung mengajak seluruh anggota perguruan silat mempu nyai tanggung jawab untuk ikut menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Lamongan khususnya

AKP Ipung menyampaikan bahwa silaturahmi yang dilaksanakan bertujuan sangat penting untuk membangun sistem komunikasi yang baik ditingkat Polsek, kecamatan hingga desa. Agar masing masing perguruan pencak silat bisa menjaga kamtibmas dengan baik.

“Jangan sampai kejadian kejadian kemarin ter ulang kembali, mari kita wujudkan Lamongan yang aman, nyaman dan kondu sif,” tegas Kapolsek Sarirejo AKP Ipung. (bis)

Kota Blitar, Jatim Pos Salah satu bentuk pe layanan publik adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi dan usaha mikro, termasuk usaha rumah tangga kecil dan menengah.

Demikian dikemukakan Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto di hadapan para pelaku usaha mikro kecil me nengah (UMKM) saat melakukan audensi di gedung DPRD Kota Blitar, Kamis (1/12/2022).

Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar yang membidan gi pembangunan infrastruk tur ini, lalu memberikan beberapa contoh pendamp ingan yang dapat diberikan kepada para pelaku UMKM.

Totok juga menekankan

pentingnya pendampingan dalam mengakses perizinan usaha. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pemberdayaan pengemban gan perlindungan UMKM se bagai bukti telah memiliki payung hukum.

“Ranperda tersebut bertujuan untuk melindungi dan member dayaan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Blitar,” ucap Totok Sugiarto.

Menurut Totok, pihaknya melihat pentingnya Ran perda ini dikarenakan juga masih banyaknya persoalan yang dihadapi pelaku UMKM.

“Jadi kami sifatnya mem berikan support, kami membu ka peluang seluas luasnya ke pada pelaku usaha UMKM untuk memanfaatkan produk usaha

agar banyak membantu nilai ekonominya,” ungkap Totok.

Seperti tertuang dalam Rencana Strategis Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Bitar, disebutkan bah wa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi dan usaha mikro merupakan implementasi dari sistem ekonomi kerakyatan yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kota Blitar.

Dalam Perda tersebut dinyatakan bahwa Dinas Koperasi dan Usaha Mikro merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kota Blitar yang membantu Walikota dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan di bidang kegiatan Koperasi dan Usaha Mikro. (met/Adv)

JATIM V 7
Lamongan Pak Yes menyerahkan Raperda hasil pembahasan bersama dalam sidang paripurna DPRD Lamongan. Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto serta anggota dewan lainnya, antara lain DrsSlamet,Nurali,ArisDediArman,EkoWahyudidannarasumber,saataudensidigedung DPRD Kota Blitar, Kamis (1/12/2022).
▶ Cegah Gesekan di Lamongan Polsek
AnggotaPolsekSarirejomelaksanakansilaturahmidankomunikasi bersamaanggotaperguruansilatPSHTrantingSarirejo.

PROGRAM Business

Grathering and Mini Expo yang digelar Gubernur Jawa Timur Khofi fah Indar Parawansa di Jed dah menghasilkan kontrak bisnis yang menggembirakan.

Kegiatan temu bisnis yang digelar di Kantor Kon sulat Jenderal Republik In donesia (KJRI) di Jeddah pada Selasa (29/11/2022) tersebut menghasilkan kontrak ekspor bernilai fantastis yaitu 1.043.750 USD atau senilai Rp 16,4 miliar.

Gubernur Khofifah mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan di Jeddah ini merupakan upaya membuka market dan memberikan fasilitas bagi pelaku usaha Jatim adalah upaya Pemprov Jatim dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya untuk UKM.

“Kita memang membidik market Jeddah yang sangat strategis agar produk pro duk UKM kita khususnya di bidang makanan dan minu man bisa dapat akses mar ket di Arab Saudi,” tegasnya.

Dengan turut melibatkan Kadin, kemudian dibantu oleh fasilitasi dari KJRI di Jeddah, para pelaku usaha UKM Jatim dipertemukan dengan sekitar 40 pelaku usaha dari Jeddah agar bisa saling menggali potensi perdagangan antar kedua belah pihak.

Membuktikan bahwa Grathering and Mini Expo di Jed dah ini sukses, program ini menghasilkan kontrak bisnis mencapai Rp 16,4 miliar.

Dimana angka tersebut dihasilkan dari tujuh kesepaka

Jatim Juara Umum Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

Dua Tahun Berturut­Turut

KEJAR prestasi, begitulah yang menggam barkan semangat siswa siswa di Jawa Timur dalam mengukir prestasi di tingkat nasion al. Kali ini, melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022 yang digelar Pu sat Prestasi Nasional (Puspres nas) Kemendikbud Ristek pada 14 20 November 2022 Jatim menjadi Juara Umum dengan perolehan 8 Medali.

Rinciannya, 3 Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu. Posisi kedua Jawa Barat dengan 3 Medali diantaranya 2 Emas dan 1 Perak, dan peringkat ke 3 Provinsi Bali dengan perolehan 5 Medali yakni 1 Emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu. Prestasi Juara Umum OPSI ini juga diraih Ja tim pada tahun 2021 dengan perolehan 7 Emas, 2 Perak, dan 2 Penghargaan Khusus.

Atas raihan ini, Guber nur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak henti hentinya

mengucapkan terimakasih atas semangat yang diberikan siswa untuk berkompetisi dalam mengasah kreatifitas dan inovasinya.

Dikatakan Khofifah, ajang bergengsi OPSI ini berfokus pada karakter ilmiah yang ditumbuh kan melalui kegiatan kompetisi dalam mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk terus meneliti.

“Dari kompetisi ini kepedulian siswa terhadap lingkun gan sekitar, termasuk meng gali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global yang akan terus ditum buhkan,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi Kamis (1/12).

Lebih lanjut, Khofifah menyebut OPSI menjadi wa dah bagi siswa SMA/MA un tuk mengaktualisasi bakat, minat dan kemampuan da lam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa.

“Dari yang saya ketahui,

kegiatan ini jadi seleksi karya penelitian unggul untuk dii kutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum il miah, serta publikasi nasional dan internasional,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyu di menambahkan sebanyak tiga bidang lomba yang diikuti siswa, yaitu Lomba Matemati ka, Sains dan Teknologi (MST); Fisika Terapan dan Rekayasa; Ilmu Sosial dan Humaniora.

Kompetisi ini, kata Wahid diharapkan menjadi motivasi bagi siswa untuk menjalin ko munikasi antar siswa peneliti dari berbagai daerah melalui temu karya penelitian. Di samping itu, menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa.

“Aktif mengikuti berbagai bidang kompetisi di bidang penelitian akan membangun integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan

Hasilkan

Kontrak Ekspor Senilai Rp 16,4 Miliar

tan perdagangan dalam bidang makanan dan minuman. Perta ma yaitu kontrak pembelian bolu ketan mendut dari UKM Jatim pada distributor di Jed dah sebanyak 200 karton atau senilai 18.750 USD.

Kedua, transaksi pembe lian food and baverage asal Jatim untuk dikirim ke Jeddah dengan nilai 200.000 USD. Ke tiga yaitu transaksi pembelian food and baverage, kelapa, kacang, dan teh hijau dengan nilai kontrak 220.000 USD.

Keempat yaitu transaksi pembelian makanan dari UKM Jatim Aira Food dengan pelaku usaha Jeddah dengan nilai 85.000 USD. Kelima, transak si bisnis antara CV Prosperous Bersama dari Jatim untuk pelaku usaha Jeddah untuk ko moditas saos kecap dan saos tomat senilai 250.000 USD.

Keenam yaitu kontrak bisnis antara UKM Namirah Eco print dengan pelaku usaha Jeddah untuk batik ecoprint di tahun 2023 hingga 2024 dengan nilai 100.000 USD.

Dan terakhir yaitu kontrak

bisnis untuk kripik pisang dari UKM Jatim Aira Food ke pelaku usaha Jedda Abdullah Mau la Danilah untuk tahun 2023 dengan nilai 170.000 USD.

“Ada pernyataan dari Managing Director IMF bah wa di tahun 2023 ekonomi dunia akan gelap menuju suram. Kita optimis dan ti dak ingin hal itu terjadi. Maka upaya membuka market, mendorong ekonomi tumbuh, adalah prioritas yang kami lakukan agar hal itu tidak sampai terjadi,” tegasnya.

“Dan yang kita sasar un tuk bisa tumbuh adalah UKM agar mereka tetap survive memperluas market. Dan yang terpenting karena UKM Jatim berkontribusi 57,81 persen un tuk PDRB Jatim,” tandasnya.

Lebih lanjut dalam kesem patan itu Gubernur Khofifah memastikan bahwa pelaku usaha yang berinvestasi, ker jasama maupun berdagang dengan Jatim tidak akan merasa kecewa dan dijamin akan menguntungkan. Terutama karena kondisi ekonomi Jatim sangat

progresif dan impresif.

Di sisi lain, Konsulat Jen deral RI untuk Jeddah Ekk Hartono menyambut baik ke datangan rombongan Pemprov Jatim yang melakukan penja jakan bisnis dengan Jeddah. Menurutnya tren perdagangan Indonesia ke Jeddah sejauh ini sangat tinggi. Sehingga ia op timis bahwa kegiatan ini akan mendongkrak ekspor produk Jatim ke Jeddah.

“Dalam kesempatan ini kami mengundang 40 pengusaha lo kal setempat untuk melakukan penjajakan peluang kerjasama dengan pelaku usaha Jatim. Insya allah kegiatan ini akan meningkatkan produk UKM Ja tim masuk ke pasar Jeddah dan Arab Saudi,” tegasnya.

Pihaknya pun berkomit men untuk mendukung dan memberikan support demi kelancaran dengan perda gangan antara Jatim dengan Jeddah Arab Saudi. Sebab dengan peningkatan perda gangan tersebut tentu akan meningkatkan ekspor Indo nesia ke Arab Saudi. (rls)

berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandi

rian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan ga gasan ilmiah baik secara lisan

melalui presentasi maupun tu lis melalui karya ilmiah dalam diri siswa,” tegasnya.(rls)

8 JATIM VI Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 DESEMBER 2022
Temu Bisnis Gubernur Khofifah dengan Pengusaha Arab Saudi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Jeddah

WAKIL Gubernur

Jawa Timur Emil

Elestianto Dardak

mengapresiasi penuh penye lenggaraan Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KI Award Jatim 2022 yang dil angsungkan di Ballroom Hotel Novotel Samator Surabaya pada

Rabu (30/11) malam. Menurutnya, dengan adanya ajang penghargaan tahunan yang fokus pada apreasiasi terhadap kesadaran akan pentingnya pemberian informasi menjadi salah satu upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya.

“Semua ini akan memacu semangat dari semua instansi untuk lebih menjadi mudah diakses oleh publik dalam hal in formasi,” ungkap Emil Dardak.

Kemudahan mengakses informasi bagi publik, dise butnya sebagai sebuah modal kepercayaan dan transparan

Wagub Emil Apresiasi Gelaran KI Award 2022

si yang akan membuat semua pihak bersama sama mengawal pemerintahan yang amanah dan akuntabel.

Oleh karena itu, Wagub Emil berharap ajang ini juga dapat memberikan motivasi Badan Publik mulai dari lev el provinsi hingga Kab/Kota untuk terus berbenag dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yang sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbu kaan Informasi Publik (KIP).

Pasalnya, Keterbukaan Informasi menjadi penting untuk mewujudkan Good Gover nance dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan Jatim CETTAR (Cepat, Efektif, Efisien, Tang gap, Transparansi, Akuntabel dan Responsif).

Arumi Bachsin Ajak Masifkan Gerakan Makan Ikan

KETUA Tim Pengge­

rak PKK Prov Jawa

Timur sekaligus Ketua Fori kan Jatim Arumi Bachsin

Emil Dardak menyampaikan pentingnya upaya untuk memicu peningkatan kon sumsi ikan di Kabupaten/ Kota se Jatim. Hal tersebut penting dimasifkan untuk menekan angka stunting di Jawa Timur.

“Kita ini kekayaan ikan nya melimpah, produksinya tinggi. Tapi pemanfaatannya belum maksimal. Padahal ikan ini memiliki tipe protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh baik pada bayi hingga lansia,” ungkap Aru mi usai menghadiri Sarase han Peningkatan Konsumsi Ikan dalam rangka Hari Ikan Nasional ke 9 Provinsi Jawa Timur di Dyandra Conven tion Hall, Rabu (30/11).

Menurut Arumi, masih be lum tingginya angka konsum si ikan di Jawa Timur salah satunya disebabkan oleh fak tor budaya. Dicontohkannya di Trenggalek. Trenggalek memiliki panjang garis pan tai lebih dari 100 km, namun pemanfaatan ikan belum bisa merambah hingga kota, me lainkan hanya di pesisir saja.

“Lucunya, saat ini anak anak nelayan justru tidak mengkonsumsi ikan. Karena nelayan fokus pada sisi pe­

ningkatan ekonominya saja. Mending dijual daripada di makan,” katanya.

“Hal inilah yang menjadi faktor tingginya angka stunt ing di Jawa Timur. Karena anak nelayan tidak makan ikan, anak petani tidak makan beras dan anak peternak sapi tidak mengkonsumsi susu sapi,” tambahnya.

Mindset dan budaya yang demikian menurut Arumi su lit untuk dibenahi. Namun, dengan posisi sebagai Ketua Forikan di Kabupaten/Kota, Ia meyakini bahwa bisa mela hirkan diversifikasi makanan yang berbahan dasar ikan.

“Jadi mumpung masih dijabatan sekarang, mari kita dorong untuk memunculkan makanan khas daerah yang berbasis ikan. Karena selalu saya sampaikan bahwa bu daya dan pola pikir itu harus kita hargai,” ujarnya.

Dirinya kemudian menuturkan bahwa saat angka konsumsi ikan di Provinsi Jawa Timur telah mencapai 44kilogram per kapita per tahun. Bahkan Kabupaten Banyuwangi telah mencapai 62kilogram perkapita per tahunnya. “Banyuwangi ini fantastis. Angka konsumsi ikannya sudah setara dengan Jepang. Sehingga saya rasa pemberian penghargaan ke pada Banyuwangi tadi sudah

tepat,” sebutnya.

“Bahan hasil produksi ikan di Jawa Timur tidak ha nya melengkapi kebutuhan pasar domestik saja melain kan sampai ekspor ke pasar internasional. Misalnya Tuna, udang faname, ikan layur dan yang lainnya,” tambah Arumi.

Dengan peringatan Hari Ikan Nasional ini, Arumi ber harap akan muncul diversi fikasi cara pengolahan ikan di Jawa Timur. “Kalau diper hatikan setiap acara Forikan pasti ada demo masak. Inilah yang menjadi pemicu mun culnya diversifikasi. Karena beda ikan, beda cara mengo lahnya. Tidak susah, malah lebih mudah daripada mengola daging,” kata Arumi.

Sementara itu, Kepala Di nas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Dyah Wahyu Ermawati menyam paikan bahwa peran Ketua Forikan di Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan di Kab/Kota sangat penting. “Utamanya untuk mengkampanyekan gemar makan ikan dan menyadari tingginya gizi pada ikan,” ucapnya.

Dirinya kemudian menyetujui slogan Mari Kembali ke Meja Ibu dalam konsep penyajian makanan bergizi. “Sangat bagus slogan dari Ketua Forikan Pusat tadi.

Karena dengan memasak ikan, semua akan menjadi gemar makan ikan,” katanya.

“Sedangkan lomba lom ba yang sengaja dibuat ini adalah cara jitu untuk meli hat sejauh mana spontanitas dan kreativitas pada pengo lahan ikan,” imbuhnya.

Erma sapaan lekatnya menambahkan bahwa masyarakat kurang meminati konsumsi ikan karena dikare nakan bau amis yang susah hilang juga duri yang sangat dikhawatirkan tertelan.

“Mereka kurang memahami investasi bagi masa depan. Sehingga mereka ha nya melihat sisi ekonominya saja. Pesan saya, konsumsi lah ikan. Harga ikan variatif, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan. Yang penting gizi terpenuhi dengan makan ikan,” pungkasnya Dalam kesempatan ini juga diserahkan pula peng hargaan Dinas Perikanan Terbaik dalam mendukung Peningkatan Konsumsi Ikan diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi. Diserahkan pula penghargaan Unit Pengolahan Ikan (UPI) terbaik da lam mendukung peningka tan konsumsi ikan diberikan kepada PT. Kelola Mina Laut yang keduanya diserahkan langsung oleh Kepala Di nas Kelautan dan Perikanan

“Tujuannya adalah men dorong keterbukaan informa si selain membangun sebuah sistem tetapi juga semangat. Semua harus satu visi akan pentingnya penyebaran infor masi. Supaya kita bisa men jadi pemerintah yang bisa dipercaya atau open gover ment,” jelas Wagub Emil.

“Kata kuncinya kita bu kanlah hanya menyediakan informasinya tetapi juga kemudahan akses bagi mer eka (masyarakat) untuk men jangkaunya,” imbuhnya.

Di akhir, dirinya menyampaikan selamat sekaligus terima kasih atas seluruh ker ja keras badan publik yang mendapatkan penghargaan pada KI Award Jatim 2022. Dirinya berharap agar ta hun tahun ke depan bisa se

makin maju dan sukses dalam mewujudkan keterbukaan layanan informasi bagi seluruh masyarakat Jawa Timur.

“Kami sangat mengapresi asi Komisi Informasi Jawa Timur menyelenggarakan Malam Penganugerahan keterbukaan Informasi untuk badan badan publik dari pemerintah Kab/ Kota, dinas dinas pemerintah provinsi, KPU dan Bawaslu, bahkan Rumah Sakit. Diharap kan ini memicu semangat kita untuk berlomba lomba dalam kebaikan,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi Komisi Informasi Pusat Rospita Vici Paulyn, Ketua Komisi Infor masi Jatim Imadoeddin, Ketua Bawaslu Jatim Warits, jajaran Kepala Daerah dan Kepala OPD Pemprov Jatim. (rls)

Provinsi Jawa Timur selaku Ketua Harian Forikan Jawa Timur Dyah Wahyu Ermawati.

Juga diserahkan pula peng hargaan Forikan Awards dengan beberapa kategori peng hargaan yang diserahkan oleh Arumi Bachsin. Kategori peng hargaan tersebut diantaranya kategori Forikan Pembina UKM Perikanan Terbaik diberikan kepada Kabupaten Tulunga gung, kategori Forikan Gemari kan Teraktif diberikan kepada Kabupaten Pasuruan, kategori Forikan Program Kerja Teraktif diberikan kepada Kabupaten Mojokerto, kategori Forikan Promosi Teraktif diberikan ke pada Kabupaten Magetan.

Selanjutnya untuk kategori Forikan Upaya Penurunan Stunting Teraktif diberikan kepada Kabupaten Bangka lan, kategori Forikan Pening

katan Omset Usaha Terbaik diberikan kepada Kabupaten Pamekasan, kategori Forikan Penyelenggaraan Gemarikan Terinovatif diberikan kepada Kabupaten Malang, kategori Forikan Menu Ikan Gemarikan Terkreatif diberikan kepada Kabupaten Gresik, dan yang terakhir yakni kategori Fori kan Ter responsif diberikan kepada Kota Pasuruan.

Turut diserahkan pula Peng hargaan Juara Umum Lomba Ma sak Ikan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yang dimenang kan oleh Kabupaten Nganjuk.

Hadir dalam acara ini Ketua Forikan Pusat Dr. Djoko Maryono, Ketua Forikan Kabupaten/Kota Se Jawa Timur, Para Nara sumber dari BKKBN RI dan RS. Dr. Soetomo Surabaya (secara virtual).(rls)

9 JATIM VII Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 DESEMBER 2022
Wagub Emil (kiri) pada KI Award Jatim 2022 ArumiBachsimpadaSarasehanPeningkatanKonsumsiIkandiDyandraConventionHall.

Madiun, Jatim Pos

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Ka bupaten Madiun terus ber komitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi nasional, khususnya di wilayah Kabupaten Madiun.

Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) melalui Sub Kegiatan Pemantauan Stok, Pasokan dan Harga Pangan sebagai salah satu bentuk intervensi dalam pengendalian inflasi volatile food (inflasi yang did ominasi atau dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan pangan/komoditas pangan).

“Dalam rangka menjaga ketahanan pangan, Pemer intah dan Pemerintah Kab/ Kota berkewajiban untuk menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Pokok Strategis, termasuk mewu judkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat,” je­

las Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, DKPP Kabupaten Madiun, Tjahyo Sukmono Djati, S.E., M.M.

Menurutnya, kondisi faktu al belakangan ini memperlihat kan adanya hambatan ham batan terkait ketersediaan dan distribusi pangan. Antara lain rantai distribusi yang tidak efisien, ketidakcukupan pasokan atau ketersediaan pangan suatu wilayah (daerah surplus dan daerah defisit), waktu panen bervariasi dan prasara na serta sarana transportasi yang kurang mendukung.

Kondisi tersebut, menurutnya seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pa sokan dan harga pangan yang berakibat pada ketidakpastian harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen, dimana dalam ekskalasi lebih luas akan ber dampak terhadap gejolak pa sokan dan harga pangan, ter lebih dalam keadaan Inflasi

pada saat ini harga komoditas pangan mengalami kenaikan.

Pada saat terjadi gejolak harga pangan, baik harga jatuh di tingkat produsen maupun ke naikan harga di tingkat konsumen akan mempengaruhi pendapatan petani maupun peternak serta daya beli masyarakat.

“Hal ini akan mengurangi keterjangkauan pangan masyarakat terhadap pangan pokok strategis yang tetap ha rus dipenuhi agar dapat hidup sehat dan produktif,” jelasnya.

Lebih lanjut dia katakan, dalam kegiatan SPHP untuk melaksanakan pengendalian inflasi secara terpadu, khu susnya di pengendalian Infla si Volatile Food, dibawah naungan Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), DKPP Kabupaten Madiun se laku koordinator di Kab/Kota melakukan koordinasi dengan Rajawali Nusindo Cabang Ma diun (Group RNI) dan Perum Bulog Cabang Madiun selaku

Antisipasi Inflasi, DKPP Kabupaten Madiun

» Berkomitmen dalam Pengendalian Inflasi Volatile Food

operator/Off Taker.

“Kegiatan SPHP ini dimak sudkan untuk melindungi pro dusen, di antaranya petani, peternak, poktan, gapoktan, distributor, pemasok, pelaku usaha pangan lainnya, serta menjaga keterjangkauan kon sumen terhadap pangan, khu susnya sebagai salah satu ben tuk kegiatan intervensi Pemkab Madiun dalam menstabilkan kenaikan harga komoditas pangan pada saat terjadi inflasi seperti saat ini,” terangnya.

Sementara itu, melalui ke giatan penyusunan Prognosa Neraca Pangan, Panel Harga dari 8 pasar tradisional dan 3 penggilingan padi, acuan ind

DKPP Kabupaten Madiun de ngan Rajawali Nusindo Cabang Madiun dan Perum Bu log Cabang Madiun tentang pengendalian Inflasi Volatile Food di Kabupaten Madiun telah disepakati bersama be berapa langkah operasional. Yaitu, bekerjasama dengan toko atau pedagang yang berada di luar area pasar tr adisional dan toko atau peda gang yang ada di dalam lima pasar tradisional sebagai mi tra kerja Pemkab Madiun.

“Sejauh ini sudah terdapat 27 toko atau pedagang di luar pasar tradisional. Untuk toko atau pedagang di dalam lima pasar tradisional itu meliputi

dari bulan Oktober 2022 sampai dengan pertengahan bulan November 2022, di 27 toko atau pedagang di luar area pasar, telah disalurkan beberapa komoditas pangan. Di antaranya gula konsumsi sejumlah 840 kg, minyak goreng sejumlah 432 liter, beras premium sejum lah 15 kg, beras medium se jumlah 8.330 kg dan tepung terigu sejumlah 20 kg den gan harga penjualan kepada konsumen akhir di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) dan Harga Acuan Pen jualan Konsumen (HAP) atau regulasi yang berlaku.

“Pemerintah Kabupa­

PelakubegalpayudaraberinisialEDWsaatdirilisdihalaman

Mapolres Mojokerto, Selasa (29/11/2022).

Mojokerto, Jatim Pos

Pelaku begal payudara berinisial EDW yang meresah kan kaum wanita di Mojoker to. Khususnya para ibu muda yang mengendarai sepeda motor sendirian, berhasil di­

ringkus Polres Mojokerto.

Pelaku begal payudara yang merupakan warga Desa Penang gungan, Kecamatan Trawas, Ka bupaten Mojokerto ini mengaku, sudah beraksi sebanyak enam kali. Aksi pertamanya dilakukan

ikator stabilitas harga di tingkat produsen serta di tingkat kon sumen DKPP Kabupaten Madi un dapat memonitor stabilitas ketersediaan, kebutuhan dan harga dari komoditas pangan strategis di Kabupaten Madiun.

Sedangkan dalam pelaksanaan koordinasi antara

Pasar Dolopo, Pasar Sambi rejo, Pasar Nglames/Madi un, Pasar Sukolilo dan Pasar Saradan. Jadi sudah terdapat 48 toko atau pedagang,” kata Tjahyo Sukmono Djati.

Diketahui, dalam proses pengendalian Inflasi Volatile Food di Kabupaten Madiun

ten Madiun akan selalu hadir di tengah tengah masyarakat untuk melaku kan intervensi dalam rang ka menstabilkan pasokan dan harga pangan khusus nya untuk pengendalian inflasi di Kabupaten Madi un,” pungkasnya. (jum)

Begal Payudara Resahkan Ibu-ibu Trawas

▶ Pelaku Diringkus Polisi

karena merasa penasaran.

“Pertama saya penasaran, yang kedua ingin merasakan. Terus setelah saya merasakan, ada sensasinya ya puas aja, lebih suka cari korban yang payudara nya besar,” ucap EDW saat dirilis di halaman Mapolres Mojokerto, Selasa (29/11/2022).

Kapolres Mojokerto, AKBP Apip Ginanjar mengatakan, dalam melancarkan aksinya, pelaku EDW mencari sasaran ibu rumah tangga yang naik sepeda motor sendirian. Aksin

ya itu dilakukan pada kisaran Juli 2022.

“Perkara tindakan begal payudara dilaporkan korban di Polsek Trawas dan Polres Mojokerto, dengan TKP Jalan Raya Dusun Belik dan Jalan Raya Sendang Penanggungan Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto,” katanya.

Kejadian begal payuda ra yang pertama tanggal 6 Juli 2022 sekira pukul 10.00 WIB dan tanggal 13 Juli 2022 sekira pukul 10.00 WIB. Ber

dasarkan pengakuan pelaku melakukan aksinya terhadap enam korban namun yang melapor hanya dua orang, yakni SON (24) dan NDM (24), warga Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Modus pelaku, bila ada kor ban berkendaraan sepeda mo tor untuk bekerja melintas dan berpapasan dengan pelaku. Ha sil interogasi pelaku ini adalah residivis dan sudah melakukan kasus penjambretan sebanyak dua kali. Satu di Jember dan

satu di Mojokerto.

“Alhamdulillah pelaku be gal payudara yang selama ini meresahkan warga, khu susnya Trawas berhasil kita amankan,” ujarnya.

EDW pelaku begal payudara ini dijerat dengan pasal 289 KUHP dan pasal 6 huruf a UU RI nomor 12 tahun 2022 tentang Pemberantasan Tindak Pidana KekerasanSeksual dengan ancaman hukuman pidana 9 tahun penjara dan penjara se lama lamanya 4 tahun. (din)

10 JATIM VIII
KabidKetersediaandanDistribusiPangan,DKPPKabupatenMadiun,TjahyoSukmonoDjati(kiri) distribusikan komoditas pangan di pasar tradisional. Rakor pengendalian inflasi volatile food di dalam area pasar tradisional.

Pos Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabu paten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kota Keris ini un tuk terus mengembangkan destinasi wisata.

Hal tersebut lantaran Ka bupaten Sumenep memiliki be ragam destinasi wisata, mulai dari destinasi pantai, keindahan

alam hingga destinasi religi.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Akis Jasuli, pihaknya mendorong kepada pemerintah untuk meningkat kan potensi wisata yang ada.

Bahkan, saat ini DPRR Su menep telah mencanangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) desa wisata.

Dimana, desa desa yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini memiliki ba­

» DPRD Sumenep Minta

Pemerintah dan Masyarakat Kembangkan Desa Wisata

nyak potensi wisata, baik pan tai, sejarah, maupun religi.

Dengan adanya Raperda tersebut, diharapkan seluruh masyarakat melalui pemerintah setempat mampu memaksimal kan potensi wisata yang ada di desanya masing masing.

Terbaru, desa yang dikenal sebagai desa wisata keris yakni Desa Aeng Tong Tong mampu mengharumkan nama Sumenep lantaran masuk pada 50 besar ADWI 2022.

“Tentu kami sangat mengapresiasi,” kata Akis Jasuli saat dikonfirmasi war tawan, Jumat (2/12/2022).

Politisi Nasdem ini ber harap, seluruh elemen masyarakat mampu bagi mem

DPUPR Kota Kediri Bangun Drainase Minimalisir Banjir

bahu dalam mengoptimalkan destinasi wisata sebagai icon Kabupaten Sumenep.

“Bagaimanapun Kabupaten Sumenep memang kaya sebab kota wisata yang banyak

dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun mancanegara,” tutupnya. (Adv/dam)

Kediri, Jatim Pos

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Kediri terus men gupayakan meminimalisir banjir dengan cara memba ngun saluran drainase agar genangan air selama musim penghujan bisa langsung dialirkan menuju sungai. Berlokasi di RW.04 Kelu rahan Bujel, Kecamatan Mo joroto, Kota Kediri, DPUPR membangun saluran Drainase berukuran 1 meter X 1

meter dengan kedalaman 0,8 meter. Saluran drainase tersebut dibangun sepan jang 140 meter.

Dijelaskan Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Endang Kartika Sari melalui Kabid Bina Marga I Made Dwi Per mana, dengan dibangunnya saluran air diharapkan dapat menampung debit air dan bisa langsung dialirkan ke sungai lebih maksimal.

“Saluran drainase terse but dibangun bertujuan un

tuk menampung debit air agar mengurangi genangan air di RW.04 Kelurahan Bu jel,”jelas Made saat dikon firmasi via WhatsApp, Ka mis (1/12/2022).

Masih kata Made, bahwa pekerjaan drainase tersebut yang dilaksanakan dengan target penyelesaian tanggal 20 Desember bisa selesai tepat waktu.

“Kita targetkan pekerjaan bisa selesai tanggal 20 De sember,” pungkasnya. (priez)

» Musim Penghujan, DPRD Sumenep Imbau

Pemerintah Bentuk Posko Darurat Bencana

Sumenep, Jatim Pos

Memasuki musim peng hujan, berbagai daerah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sering mengalami bencana alam.

Oleh karena itu, De wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep mengimbau kepada pe merintah untuk memben tuk tim tanggap bencana.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahy udi, pihaknya mengimbau ke pada Pemkab Sumenep untuk segera mengambil langkah taktis guna mengantisipasi adanya bencana alam.

“Posko darurat bencana ini juga perlahan untuk dilakukan oleh pemerintah,” ungkap Indra Wahyudi ke pada wartawan saat dikon

firmasi, Jumat (2/12/2022).

Menurut dia, adanya pos ko tanggap bencana itu tidak lain sebagai upaya pemerin tah dalam tanggap mengan tisipasi bencana yang ada. “Kira kira dimana titik yang berpotensi rawan bencana disitulah dibentuk posko darurat bencana,” katanya.

Seperti yang terjadi di Desa Parenduan, Kecamatan Peragaan yang tergenang air lantaran ada­

nya bencana alam berupa banjir.

“Pemkab harusnya juga membuka posko disana,” tegas Indra. Se lain itu, menurut politisi partai Demokrat ini men jelaskan apabila posko darurat bencana tersebut juga diharapkan mampu mengantisipasi adanya potensi genangan air yang melimpah sehingga terjadi bencana banjir. (Adv/dam)

» Rawan Bencana, Wakil Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Bangun Kesadaran Kolektif

Sumenep, Jatim Pos

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabu paten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengajak ke pada masyarakat membangun kesadaran kolektif.

Hal tersebut guna mengantisipasi adanya rawan bencana yang hampir setiap tahun melanda kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

“Salah satunya jangan membuang sampah semba rang,” kata Wakil Ketua DPRD Sumenep, Indra Wahyudi ke pada wartawan saat dikonfir masi, Jumat (2/12/2022).

Menurut politisi par tai Demokrat ini, dalam menanggulangi bencana alam tidak harus menunggu uluran tangan pemerintah. Menurutnya, tanpa ada ke

sadaran kolektif bencana alam akan sulit diantisipasi.

“Karena penumpukan sampah itu akan mempen garuhi distribusi air yang akhirnya akan berdampak pada potensi bencana ban jir,” jelas Indta Wahyudi.

Terlebih masyarakat perkotaan, menurutnya, daerah perkotaan merupakan salah satu daerah yang sering mengalami genangan air.

“Makannya mulai hari

ini dan seterusnya ayok kita biasakan untuk tidak mem buang sampah di sembarang tempat,” ajaknya.

Selain itu, Indra Wahyu di juga mengimbau kepada dinas terkait untuk selalu rutin membersihkan tempat tempat yang rawan terjadi penumpukan sampah.

“Dinas terkait harus se lalu rutin membersihkan se tiap saluran drainase yang ada,” tutupnya. (Adv/dam)

11 JATIM IX
Nampak para pekerja membuat saluran drainase menuju langsung ke sungai Kelurahan Bujel. Akis Jasuli Ketua Komisi IV DPRD Sumenep (istimewa). Sumenep, Jatim Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi (istimewa) Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi (istimewa).

Tenaga Medis Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

sejumlah kekhawatiran terkait RUU yang kabarnya telah masuk Program Legislasi Nasional atau Prolegnas DPR RI.

Ketua Ikatan Dokter In donesia Jawa Timur (IDI Ja tim) Dr dr Sutrisno SpOG(K) seusai pertemuan menga takan, pihaknya sebagai organisasi profesi tidak dili batkan dalam pembahasan naskah akademik terkait RUU tersebut.

but. Padahal, lanjutnya, baik dokter, perawat dan seluruh nakes sangat penting untuk menjaga integritas dan etik. “Kalau seorang pelayan kese hatan tidak punya etik, sung guh berbahaya,” ujarnya.

adalah swasta. Dari 20 ribu dokter di Jawa Timur saja yang pegawai negeri itu tidak sampai sepertiga. Artinya, peranan organisasi profesi sangat penting,” ucapnya.

Ratusan tenaga medis dari berbagai ikatan profesi kesehatan, mulai perawat hingga Ikatan Dokter Indone sia (IDI) di Jawa Timur men datangi Gedung DPRD Jatim, Senin (28/11/2022).

Mereka menyampaikan aspirasi penolakan pada Rancangan Undang Undang (RUU) Keseha tan Omnibus Law. Kepada wakil rakyat yang langsung diterima oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak dan Anik Maslachah, mereka menyuarakan

Namun, justru pihaknya membaca dalam draft yang muncul di internet. “Dan isinya, pasal demi pasal kami analisis memang luar biasa penuh koreksi,” katanya yang hadir memakai pengikat kepa la bernada penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law.

Dia memberi contoh, terkait profesi yang dikesa mpingkan dalam draft terse

Pengembangan Wisata Religi Pantura Perlu Dimaksimalkan

Iwan sapaan akrab Ahmad Iwan Zunaih di Surabaya, Selasa (29/11/2022).

Disisi lain, dia juga mengaku khawatir potensi mu dah masuknya tenaga kesehatan asing. Belum lagi, konsentrasi peraturan itu sesuai draft yang beredar mayoritas bakal terfokus pada Kementerian Keseha tan. “Tentu saja, menurut saya itu tidak mungkin Kemenkes bisa mengurus semua ini,” terangnya.

“Di Jawa Timur saja, 60 hingga 65 persen rumah sakit

Dia berharap lebih baik regulasi yang telah ada disempurnakan dengan baik sehingga tidak perlu membuat yang baru apalagi dinilai merugikan. Lebih lanjut dia berharap nan tinya mereka dapat dilibatkan dalam penyusunan regulasi. “Kami titip (aspirasi) kepada DPRD Jatim untuk disam paikan ke tingkat pusat,” pa parnnya ditemui di ruang ra pat paripurna.

Kedatangan ratusan tena ga medis itu ditemui langsung

oleh pimpinan DPRD Jatim dan sejumlah anggota. Diantara nya, Wakil Ketua Komisi E Hikmah Bafaqih dan dua orang anggota yakni Mathur Husyai ri. Selain itu, turut hadir ang gota DPRD Jatim lainnya, Fred dy Poernomo, Ahmad Iwan Zunaih dan Muzammil Syafii.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak menga takan secara otentik pihak nya memang belum me nerima draft RUU tersebut. Sekalipun demikian, Sahat memastikan bakal menerus kan sejumlah aspirasi yang disampaikan nakes di Jawa Timur kepada pemerintah pusat maupun DPR RI. (yd)

DPRD Jatim Soroti Infrastruktur di Madura Belum Merata

Anggota DPRD Jatim, Ahmad Iwan Zunaih.

Pemerintah Provinsi Jawa

Timur perlu segera me maksimalkan dan memasifkan pengembangan wisata religi khususnya yang ada di wilayah Surabaya dan Pantura, seperti di Gresik, Lamongan dan Tuban. Diantara situs situs religi yang ada di kawasan tersebut adalah makam Sunan Ampel, Sunan Giri, Maulana Malik Ibrahim, Sunan Drajat dan Sunan Bonang. Potensi wisata religi itu sangat menjanjikan bila dikelola secara maksimal.

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Ahmad Iwan Zunaih

menilai potensi wisata reli gi di Jatim belum tergarap dengan maksimal. Bahkan konsep wisata religi terpa du yang menjadi salah satu konsep Gubernur Khofifah belum terwujud dengan baik. “Iya ini memang be lum maksimal. Konsep wisata religi terpadu yang menjadi program Bu Gu bernur belum dilaksanakan secara maksimal. Ini yang patut kita sayangkan. Pa dahal potensi ekonomi dari sektor wisata ini san gat menjanjikan,” ujar Gus

Menurut politikus Frak si Partai NasDem, banyak situs wisata religi di kawasan Pantura yang belum maksimal dieksplor sebagai situs wisata religi. Padahal bila ini dimaksimalkan akan menjadi wisata religi yang lebih menjanjikan bagi Ja tim. “Seperti di makan Su nan Drajat, banyak situs si tus lain yang juga memiliki nilai sejarah namun belum tergarap dengan baik. Ini kan cukup disayangkan pa dahal memiliki nilai ekono mis kalau dimaksimalkan,” beber Gus Iwan.

Diakui Gus Iwan, belum maksimalnya konsep wisata religi terpadu dikarenakan terbentur persoalan anggaran. Untuk itu, pihaknya meminta agar mengalokasikan anggaran yang mak simal untuk pengembangan potensi wisata relegi, khu susnya yang ada di wilayah Pantura. (yd)

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Ach mad Iskandar menyoroti in frasktruktur di kepulauan Madu ra yang belum terbangun secara merata. Kondisi itu membuat potensi ekonomi di Madura tidak tergarap secara maksimal.

Politisi Partai Demokrat itu mencontohkan listrik yang be lum terpasang merata di Madura. Kondisi itu menyulitkan ne layan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya. Selain itu, beberapa akses jalan di Madura juga perlu dibenahi untuk menghidupi ekonomi di pulau garam itu.

“Kalau anggaran itu banyak ada Perpres 80, ada jalan pantura yang masih sempit. Dan listrik yang masih terbatas di Madura sehingga potensi perikanan terbatas. Bagaimana mereka menang kap ikan dan dijual sekarang, kalau tidak jadi ikan asin. Pembangunan Cold Storage yang harus kita pikirkan,” ka tanya ditemui di DPRD Jatim, Selasa (29/11/2022).

WakilKetuaDPRDJatim,AchmadIskandar.

Sementara itu, terkait wa cana pulau Madura menjadi provinsi, Achmad Iskandar mengaku tidak mempermasalahkan ide tersebut. Akan tetapi, yang lebih penting adalah bagaima na memaksimalkan APBD Jawa Timur 2023 untuk pembangunan di pulau Madura.

Seperti diketahui, berdasar kan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Jawa Timur bertambah 153,63 ribu jiwa menjadi 4,57 juta jiwa pada Maret 2021 dibanding Maret 2020. Demikian pula angka kemiskinan meningkat menjadi 11,4% pada Maret 2021 dibanding se

belumnya 11,09%.

Tiga kabupaten di Pulau Madura merupakan wilayah Jawa Timur dengan angka kemiskinan tertinggi. Angka kemiskinan di Kabupaten Sampang mencapai 23,76% pada Maret 2021. Persen tase penduduk miskin di kabupaten tersebut merupa kan yang tertinggi diband ingkan dengan 37 kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Sementara itu, pemba ngunan industri tidak hanya dilakukan melalui pendekatan sektoral, tetapi juga melalui pendekatan spasial. Salah sa tunya adalah pengembangan kawasan industri di Bangkalan.

Kementerian Perindus trian terus mengupayakan penetapan Wilayah Pu sat Pertumbuhan Industri (WPPI). Upaya ini dilaku kan agar suatu wilayah yang memiliki potensi da lam pengembangan sektor industri dapat dioptimalkan sehingga memacu pere konomian setempat. (yd)

EKSPOSE DPRD JAWA TIMUR 12 Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 DESEMBER 2022
WakilKetuaDPRDJatim,SahatTuaSimanjuntakdanAnikMaslachah dan sejumlah Anggota DPRD Jatim lainnya saat menerima massa aksi dari Nakes dan IDI tolak RUU Kesehatan Omnibus Law.

BERTEMPAT di The

Aliante Hotel & Con vention Center Kota Malang pada tanggal 28 29 November 2022 diselengga rakan Kegiatan Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata. Peserta kegiatan seba­

nyak 75 orang, terdiri dari: pejabat dinas yang membidangi pariwisata dan pengelola/pelaku usaha pariwisata Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang memiliki tingkat risiko menengah tinggi (ke wenangan Provinsi). Kegiatan yang diseleng­

garakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbud par) Jatim, selaku Ketua Penyelenggara: Hariyanto, S.Sos, MM yang juga Kepa la Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dis budpar Jatim.

Puskesmas Ngadi Gelar Jalan Santai Peringati HKN ke-58

serentak di semua Puskes mas di Kabupaten Kediri. Induknya di Dinkes, namun semua puskesmas juga di haruskan menyelenggarakan HKN meskipun harinya sudah lewat tanggal 12 November kemarin baru dilaksanakan tanggal 25 November.

Sosialisasi Perizinan Berusaha Sektor Pariwisata

Sedangkan narasumber terdiri: Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Ter padu Satu Pintu (Dpm Ptsp) Provinsi Jawa Timur. Dengan Materi: “Penerapan Pp No mor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Dan Pengawasannya”.

Dinas Kesehatan Provin si Jawa Timur. Dengan Ma teri: “Prosedur Pemenuhan Laik Hygiene Sanitasi/Laik Sehat Pada Usaha Pariwisa ta”. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Dengan Materi: “Prosedur Persetu juan Lingkungan Dan Sop Pengelolaan Lingkungan

Bagi Usaha Pariwisata”.

Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dengan Materi: “Prosedur Perizinan Dan Sop K3 (Kesela matan Dan Kesehatan Kerja) Bagi Usaha Pariwisata”. Dan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hil diktipari) Jawa Timur Dengan Materi: “Penyusunan Sop Usaha Parisiwata”.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait proses perizinan berusaha berbasis risiko sektor pariwisata sesuai PP nomor 5 tahun 2021, yang ter diri dari 103 bidang usaha dan terbagi menjadi 3 kewenangan

yaitu: Pemerintah Pusat (7 Usaha), Provinsi (26 Usaha), dan Kabupaten / Kota (70 Usaha). Memberikan informasi dan meningkatkan pemaha man pelaku usaha pariwisa ta terkait prosedur pemenu han laik higine, santisai/ laik sehat, persetujuan lingkungan hidup dan SOP (Stan dart Operasional Prosedur) pengelolaan lingkungan, prosedur perizinan dan SOP (Standart Operasional Prosedur) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), serta implementasi penyusunan SOP (Standart Operasional Prosedur) bagi usaha pari wisata. (iz)

Banyak Bencana, Pentingnya SOP Pariwisata

lolaan lingkungan hidup yang baik dan sesuai standart agar tidak meninmbulkan dampak yang membahayakan bagi lingkungan sekitar kita, dan juga pentingnya aspek kesehatan atau laik hygiene san itasi pada usaha pariwisata.

Kediri, Jatim Pos

Dalam rangka memper ingati HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 58, Puskesmas Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri menggelar jalan santai yang diikuti sekitar 50 orang peserta, Jumat (25/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut dr. Yofi Ardias wari selaku penanggung jawab pelayanan Puskes mas Ngadi, Hariadi selaku Lintor (Lintas Sektor) Ke camatan Mojo, Dedy Pur wanto Kepala Tata Usaha Puskesmas Ngadi dan para peserta jalan santai.

Acara diawali dengan doa bersama, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Dedy Purwanto dan Hariadi didampingi dr. Yofi Ardiaswari di halaman de

pan Puskesmas Ngadi.

Hariadi dalam sambu tannya menyampaikan, sesuai yang diamanatkan oleh PokGermas (Kelom pok Gerakan Masyarakat Sehat) acara seperti ini cocok sekali dan bisa dilanjutkan sebagai agen da tahunan, dan Puskes mas Ngadi sudah memulai gerakan awal. Untuk para peserta diharapakan tertib dan mengikuti rute yang sudah ditentukan.

“Nanti tolong melewati rute yang telah ditetapkan panitia, jangan bergerom bol dan jangan bercanda di jalan, ambil jalur kiri saja,” ucap Hariadi.

Sementara Dedy Purwanto mengatakan, perayaan HKN kali ini dikemas secara sederhana karena dirayakan

“Kita tetap memeriahkan meskipun secara sederana. Kami mohon maaf apabila sambutan kami pada hari ini kurang berkenan karena dadakan, pengambilan sou venir hadiah juga kemarin sekitar jam 10 malam, tadi pagi baru dibungkus hadiahnya,” kata Dedy.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Ngadi dr. Ratna Tri Sulistrowati melalui dr. Yofi Ardiaswari, kepala puskes mas hari ini berhalangan hadir karena sedang ada pelatihan. Alhamdulillah hari ini meriah karena su dah dipersiapkan jauh­jauh hari meskipun ada keku rangan yaitu pengambilan hadiah yang baru kemarin malam diambil.

“Alhamdulillah teman teman antusias semua. Un tuk peserta dari puskesmas ada 40 orang, dokter intern sip ada 3 orang, undangan ibu ibu kader kpk 6 orang, dan ada juga dari keca matan,” jelas Yofi. (priez)

DALAM amanatnya Plt Kadisbudpar Jatim, Sinarto, S.Kar, MM dibacakan Feri Ferdianto, S.Sn. Sub koordinator Pengelolaan dan Peningkatan Sumber Daya Usaha Pari wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Dikatakan, ini sering ter jadi bencana alam di beberapa wilayah di Jawa Timur maupun daerah lainnya di Indonesia. Baik berupa ban jir, tanah longsor, maupun gempa bumi. Seperti ter jadinya kasus bencana alam yang cukup menyita perhatian nasional dan memprihatinkan bagi kita semua yaitu gempa bumi berkekuatan 5,6 Mag nitudo dengan kedalama 10

KM yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kita turut prihatin dan mari kita doakan supaya sauda ra saudara kita yang saat ini sedang mengalami musibah senantiasa diberi kekuatan dan perlindungan oleh Tuhan YME.

Hal ini, kiranya juga men jadikan perhatian kita bersa ma sebagai insan pariwisata, bahwa sangat pentingnya memiliki SOP (Standart Op erasional Prosedur) khusus nya dalam keadaan darurat atau K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) pada usaha pariwisata, untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan tamu maupun tenaga kerja yang ada di dalamnya, serta pentingnya kita melakukan upaya penge

Selain itu, usaha pariwisata juga harus menerapkan standart sesuai peraturan yang berlaku untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu atau pelanggan. Penting nya penerapan standart kegia tan usaha pariwisata.

Salah satunya adalah mem berikan kenyaman, keramahan, perlindungan keamanan dan keselamatan wisatawan serta memberikan perlindungan asuransi pada usaha pariwisata den gan kegiatan yang beresiko ting gi sebagaimana yang tertuang dalam pasal 26 huruf D dan E undang undang kepariwisataan.

Apabila pengusaha pari wisata yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana pasal 26 tersebut dapat dike nakan sanksi administrative (sebagaimana bunyi pasa 63 UU Kepariwisataan), antara lain berupa: Teguran tertulis, Pembatasan kegiatan usaha dan Pembekuan sementara kegiatan usaha. (iz)

JATIM X 13 Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 DESEMBER 2022
Pembukaan Sosialisasi Perizinan Berusaa Sektor Pariwisata Narasumber memberikan materi kepada peserta Sosialisasi Perizinan Berusaa Sektor Pariwisata bertempat di The Aliante Hotel & Convention Center, Kota Malang. dr.Yofi(kiri)mendampingiHariadi(orange)danDedyPurwanto (kanan)saatmelakukanpotongtumpengdalammerayakanHKN ke 58, Jumat (25/11/2022)

Madiun, Jatim Pos

Beras Segar premium menjadi salah satu produk unggulan lokal yang merupa kan produksi dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di Desa Slambur, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Bersama dengan produk

hasil inovasi pertanian lainnya, beras kemasan berkuali tas premium ini dipasarkan di stand UMKM dalam gelaran Bakti Sosial Terpadu (BST) putaran ke tiga di tahun 2022 yang digelar Pemkab Madiun di Desa Slambur, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun,

Jum’at (2/12/2022).

Zubaidi, salah satu anggota Gapoktan Slambur mengatakan beras jenis ciherang ini dikemas dalam paket 5 kg. Pengemasan dilakukan oleh Gapoktan yang dipusatkan di RT 02/RW 02, Desa Slambur. Satu paket beras kemasan 5 kg

Terorisme Sasar Pendidikan

Beras Segar Premium Produk Unggulan Gapoktan di BST Slambur Madiun

ini dijual seharga Rp 55.500. Sedangkan per kilo gramnya dijual seharga Rp 10.500.

“Alhamdulilah terkait har ga, saat ini masih di harga Rp 10.500 per kilo gramnya. Tentunya ini sangat berman faat, karena untuk yang usa ha warung warung itu masih terjangkau dan lumayan laku di pasaran,” jelas Zubaidi.

Meskipun pemasarannya baru mencakup wilayah Madi un, produk beras kemasan pre mium hasil produksi Gapoktan

Slambur ini juga sudah beker jasama dengan Penyelia Mitra Tani (PMT), yang menampung produk produk hasil pertanian.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan stok produksi, Gapoktan ini juga memanfaat kan hasil pertanian warga desa setempat. Karena bisa mem bantu kesejahteraan petani, serta roda perekomomian mas yarakat bisa berputar.

“Beras kemasan ini sudah di produksi sekitar 2 tahunan. Karena masyarakat rata rata

petani, kita mengambil hasil pertanian di sini, kemudian kita proses disini, hasilnya juga bisa kita nikmati disini agar perekonomian masyarakat berputar,” ungkapnya.

Untuk memajukan usa ha beras kemasan itu, Ga poktan Slambur pun terus berupaya untuk mengem bangkan produknya. Teru tama terkait dengan fasili tas mesin penggilingan padi untuk menghasilkan beras yang berkualitas. (jum)

Perda Kabupaten Layak Anak Sudah Disahkan

▶ Dewan Sumenep Harap Tak Hanya Sebatas Kertas

Sumenep, Jatim Pos

si IV DPRD Sumenep, Sa mi’oeddin mendesak kepada dinas terkait yakni Dinas Pen didikan (Disdik) untuk lebih gencar turun ke bawah. “Dis dik saat ini harus mulai turun ke sekolah sekolah,” katanya.

Tidak hanya itu, Sami’oeddin juga menyebutkan apabila dinas terkait juga harus gencar menso sialisasikan NKRI dan Pancasila ke sekolah sekolah yang ada.

Peraturan Daerah (Per da) Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah disahkan. Hal itu disam paikan oleh anggota komi si IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Su menep Sami’oeddin.

Dirinya menyebutkan bah wa Perda Kabupaten Layak Anak tersebut sudah ditok palu dan diparipurnakan.

Jatim Pos Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupat en Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendesak Dinas Pen didikan untuk lebih proaktif dalam mengantisipasi adanya terorisme yang mulai menyu sup ke ranah pendidikan.

Diketahui, beberapa wak tu lalu tepatnya pada Jumat (28/11/2022) Tim Detasemen Khusus (Densus) 88, menang kap tiga warga yang

terlibat

88

Tiga

la Sekolah Dasar Negeri (SDN) Manding Timur II, Kecamatan Manding, berinisial AR.

Kemudian, satu warga Desa Pangarangan, Kecamatan Kota, inisial S yang juga dia mankan Densus 88. Terakhir adalah warga asal Kecamatan Kalianget inisial NH.

Sebab itu, Anggota Komi

“Jangan sampai hilang nilai Pancasila di dunia pendi dikan,” tegasnya. Politisi PKB ini menilai, saat ini sudah mu lai jarang ada pertemuan per temuan guru baik ditingkat desa ataupun kecamatan.” Jangan hanya didatangi keti ka ada kasus,” tandasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kehor matan (BK) DPRD Sumenep ini juga mengatakan, apabila pihaknya menitip agar anak anak sebagai generasi bang sa untuk dirawat dengan se baik mungkin. (Adv/dam)

“Sudah diparipurnakan, ting gal Ekskutif untuk melaksanakan,” ungkap Sami’oeddin saat dikonfir masi wartawan melalui sambungan selulernya, Jumat (2/12/2022).

Oleh karena itu, pihaknya menginginkan agar Per da Kabupaten Layak Anak ini harus bisa terapkan secara utuh di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.”Saya menginginkan tidak hanya semacam kertas,” ungkap Sami’oeddin menjelaskan.

Menurut politisi Partai Ke bangkitan Bangsa (PKB) ini, seo rang anak merupakan generasi emas suatu bangsa, karenanya harus benar benar diperhatikan.

“Karena anak merupakan hara pan bangsa,” tegasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kehor matan (BK) DPRD Sumenep ini mengatakan, Perda Kabupat en Layak Anak tersebut salah satunya mengataur tentang lingkungan ramah anak.

Menurutnya, ramah lingkungan tersebut berlaku un tuk seluruh tempat, termasuk tempat yang bersinggungan langsung dengan anak anak yakni sekolah.

Menurut dia, lingkungan ramah anak tersebut mengatur setiap guru harus

mampu memberikan con toh yang baik kepada anak anak didiknya disekolah.

“Contohnya guru tidak boleh merokok di dalam kelas atau di depan anak didik, sekolah harus menyediakan ruangan khusus bagi para guru yang merokok,” jelas Sami’oeddin.

Tak hanya itu, lingkungan ramah anak tersebut juga ber laku bagi para orang tua. Dima na semua orang tua tidak boleh merokok di depan anak anaknya.

“Jadi lingkungan ramah anak ini bagaimana anak anak itu benar benar dirawat,” tut upnya. (Adv/dam)

Wakil Ketua DPRD Sumenep Imbau Bangun Infrastruktur di Desa

Rakyat Daerah (DPRD) Kabu paten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Indra Wahyudi, mengim bau untuk membangun infrastruktur yang ada di desa desa.

Menurut dia, infrastruktur terse but dipandang sangat penting guna mengantisipasi adanya potensi genangan air yang mengakibatkan banjir.

“Meski saat ini sudah memasuki musim penghujan tetapi mem bangun infrastruktur itu juga pent ing,” kata Indra Wahyudi kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Menurut Indra, pemerintah harus melakukan berbagai tero bosan baru guna mengantisipa si adanya bencana banjir yang

hampir melanda Kota Keris ini dalam tiap tahunnya. “Seperti membangun drainase kecil di beberapa perkampungan per kampungan yang menghubung kan dengan sungai,” katanya.

Politisi partai Demokrat ini menjelaskan bahwa, pemba ngunan infrastruktur tersebut

merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh pe merintah guna mengantisipasi adanya bencana banjir.

“Ini merupakan salah satu program yang perlu dilaksanakan guna mengantisipasi adanya po tensi genangan air dan juga po tensi banjir,” tutupnya. (Adv/dam)

JATIM XI 14
BerasSegarPremium,salahsatuprodukunggulanlokalproduksidariGapoktanDesaSlambur, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Sami’oeddin Anggota Komisi IV DPRD Sumenep (istimewa)
DPRD Sumenep Desak Disdik Lebih Proaktif
Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Sami’oeddin (istimewa). Sumenep, diduga dalam jaringan teroris. warga Sumenep tersebut yang ditangkap Densus salah satunya adalah Kepa
Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi (istimewa) Sumenep, Jatim Pos Guna mengantisipasi ada­ nya bencana alam berupa banjir, Wakil Ketua Dewan Perwakilan

dari petunjuk mobil yang di pakai pelaku untuk membuang korban di jurang Sendi Pacet Mojokerto. “Mobil yang dipa kai membuang korban Nopol B 1050 UP merupakan mo bil sewaan, setelah di cek ke pemilik rental, ditemukan iden titas penyewa yang ternyata pelaku,” terang Kapolres.

Masih kata Kapolres Mo jokerto AKBP Apip Ginanjar, motif pembunuhan ini kare na utang piutang. Korban berbelit belit ketika ditagih bahkan sulit ditemui.

“Jadi korban punya hutang ke Dayat sebesar Rp 4,5 juta dan Udin Rp 2,5 juta, Se dangkan korban gak ada iti kad membayar, ketika ditagih hanya janji saja,“ imbuh Apip.

Lebih jauh Kapolres Mojokerto mengungkapkan, puncak amarah pelaku saat korban memblokir kontak pelaku. Akhirnya terjadi pembunuhan pada Senin 21 November 2022 seki

tar pukul 22.00 WIB,” jelas Apip.

Setelah dihabisi di toko gorden, pelaku mengambil motor dan HP korban. Barang itu kemudian dijual dan hasil nya dibagi antar Dayat dan Udin. “Motornya jenis Honda Beat diambil dan langsung di jual. Hasil penjualannya diba gi Rp 600 ribuan,” tutur Apip.

Ditempat yang sama, Kasatreskrim Polres Mojokerto AKP Gondam menambahkan, korban ditemukan dalam keadaan mening gal dengan kondisi 15 tusukan.

“Korban merupakan karyawan Bintang Jaya Gordyn Mo josari, Ahmad Hasan Muntolib (26) warga Jurangsari, Desa Belahatengah, ditemukan oleh pencari rumput di Jurang Pacet, sekitar pukul 08.00 WIB. Bekas tusukan dalam tubuh korban, ada di muka, kepala, dada dan punggung,“ terang Kasatreskrim.

Sementara itu, salah satu pelaku Dayat mengaku ala san dirinya menghabisi Hasan

lantaran kesal uangnya yang dipinjam 6 bulan lalu, tak kunjung dikembalikan.

“Saya tagih hanya dijan ji janji saja, tak ada niat baik un tuk mengembalikan,” bebernya.

Tingkat kekesalan pelaku memuncak, ketika korban su lit ditemui bahkan nomor WA pelaku diblokir oleh korban, ia beserta pelaku Udin meny usun rencana untuk mengha bisi Hasan dengan memper siapkan besi lancip yang biasa dipakai cukit tambal ban. Da lam aksi kejinya itu, kakak beradik itu mengajak Anjar (pelaku wanita) untuk me mancing keberadaan korban.

“Untuk mengetahui keberadaan korban saya pakai strategi, dengan memanfaat kan Anjar (pelaku cewek) un tuk memancing memastikan keberadaan korban, setelah korban berada di toko, kami langsung lancarkan aksi pem bunuhan,” pungkasnya. (din)

Indonesia mencapai 3,93.

Hal itu dikemukakan Firli Bahuri pada acara Road to Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022, di Gedung Negara Gra hadi, Surabaya, Kamis (1/12).

“Ini menunjukan bahwa budaya anti korupsi di In donesia meningkat dari ta hun ke tahunnya,” katanya.

Firli menambahkan, peringatan Hari Anti Korupsi Se dunia ini adalah momentum penyemangat untuk meng gerakkan komitmen tidak melakukan korupsi. Dirinya juga berharap budaya an tikorupsi bisa terbentuk un tuk menunjang cita cita be sar bangsa Indonesia pada tahun 2045, yakni sebagai negara dengan ekonomi ter besar di dunia.

tuk pencapaian MCP Pem prov Jatim adalah 93,13%.

Lebih detil untuk pengamanan aset sampai dengan tahun 2022, Pemprov Jatim telah mengamankan 2.608 bidang tanah yang telah tersertifikasi setara dengan Rp. 1,2 triliun.

“Saat ini misi untuk menyelamatkan 100% serti fikat aset tanah telah men capai 2.607 bidang lahan senilai Rp. 1,2 triliun sudah bisa diselamatkan sebagai aset daerah,” paparnya.

gis mampu memperkuat komitmen untuk menye lamatkan aset aset negara.

“Bagaimana kita bisa menjalankan semaksimal mungkin seluruh ikhtiar dalam penyelamatan aset negara. Kemudian bersa ma sama kita menjadi ba gian yang ikut menguatkan pemberantasan korupsi secara signifikan disemua lini dan level di wilayah masing masing khususnya Jawa Timur,” ujarnya.

oleh Lembaga Kebijakan

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Rakor Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Instruk si Presiden No 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usa ha Kecil, dan Koperasi Da lam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Hadir dalam rakor tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Koperasi dan UKM Teten Mas duki, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) M Yusuf Ateh, dan perwakilan kementerian/lembaga ser ta pemda se Indonesia.

“Pemkot Surabaya telah dan akan terus mengoptimalkan belanja untuk UM KM dan produk dalam negeri. Ini soal keberpihakan ke ekonomi rakyat. APBD jangan lagi ha nya dinikmati pabrikan pabri kan besar. Harus semakin banyak UMKM yang menik mati APBD, demi kesejahteraan warga Surabaya,” ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa (29/12/2022).

“Optimalisasi belanja untuk UMKM dan PDN ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa APBD harus didedikasikan untuk rakyat, untuk menstimulan ekonomi rakyat, karena ini semua

kan uang dari rakyat,” im buh Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahyadi lantas membeber sejumlah inovasi Pemkot Surabaya dalam mendorong pelibatan UMK serta meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Di antaranya ada lah produksi paving yang melibatkan masyarakat ber penghasilan rendah (MBR), yang kemudian dibeli Pem kot Surabaya melalui APBD. Program pavingisasi ini menyentuh ke seluruh penjuru kampung di Surabaya.

“Kalau kita beri keper cayaan, UMK terbukti bisa, MBR terbukti bisa. Buktinya paving produksi MBR, yang sebelumnya kita latih, telah lulus uji oleh Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. Dengan APBD mengalir ke rakyat di bawah, ini jadi instrumen memper cepat pemulihan ekonomi,” beber Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahya di menambahkan, Pemkot Surabaya juga menggeber berbagai program yang mel ibatkan UMKM penjahit dan perajin di kampung kam pung. Pemkot Surabaya me mesan ratusan ribu seragam dan sepatu untuk dibagikan gratis ke pelajar SD dan SMP dari keluarga kurang mampu.

“Ini seperti sekali men dayung tiga pulau terlam paui. Kita memberdayakan UMKM, memastikan seluruh pelajar bisa bersekolah dengan nyaman karena punya seragam dan sepatu baru, sekaligus meringankan be ban orang tua karena tidak

perlu membeli seragam dan sepatu baru,” jelas mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Sura baya tersebut.

Wali Kota Eri Cahyadi juga memastikan APBD Surabaya didedikasikan untuk produk dalam negeri. “Pokoknya kita pilih produk dengan kom ponen dalam negeri yang be sar. Jangan sampai APBD jus tru untuk beli barang impor, kecuali memang yang belum bisa produksi di dalam negeri. Kalau ada kepala dinas yang masih suka beli produk impor, padahal ada produksi dalam negerinya, akan langsung saya copot,” tegasnya.

Wali Kota Eri Cahyadi menam bahkan, pada 2023, APBD Sura baya akan mengalokasikan belan ja Rp3 triliun untuk sektor UMKM. “Ayo UMKM memanfaatkan. Ini uangnya rakyat kok. Bukan uangnya wali kota. Harus kembali ke rakyat, ke UMKM. UMKM ayo persiapkan diri. Lengkapi dengan legalitas. Nanti bisa nikmati kue APBD Surabaya,” ujarnya.

Selain melalui instrumen belanja APBD, lanjut Eri, pem berdayaan UMKM juga dilaku kan dengan “Rumah Padat Karya” yang tersebar di berbagai kelurahan di Surabaya. Aset aset Pemkot Surabaya yang idle alias menganggur disulap menjadi “Rumah Padat Karya” untuk memberdaya kan masyarakat berpenghasi lan rendah (MBR). Ada untuk kafe, barbershop, laundry, cuci motor, produksi kue, des tinasi wisata, lahan pertani an perikanan, dan sebagainya. Program ini telah menyerap ribuan warga MBR. (fred)

“Mari kita bersama sama merapatkan barisan, kita ikrar kan bhwa hari anti korupsi se dunia menjadikan semangat kita untuk menatap masa depan In donesia yang bebas dari korupsi dan kita jadikan korupsi itu ada lah sesuatu masa lalu,” ujarnya.

Selamatkan Aset Daerah Sementara itu Guber nur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada ke sempatan itu menyatakan komitmennya untuk men dukung tema Hakordia 2022 yakni Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi. Salah satunya yaitu dengan melakukan pengamanan aset daerah.

“Kami di jajaran Pemprov Jatim berkomitmen untuk bersa ma sama memberantas korupsi. Salah satunya dengan melaku kan pengamanan aset daerah,” tegas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah melaporkan, nilai Monitoring Center Prevention (MCP) Provinsi Jatim per tanggal 29 November 2022 dari 39 pemerintah (1 pemprov dan 38 pemkab/kota) se cata rata­rata nilainya 89% atau 22% lebih tinggi dari nilai rata rata nasional se besar 67%. Sedangkan un

Tidak sampai disitu saja, Orang nomor satu di Pemprov Jatim ini juga menyampaikan bahwa pasca Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) terdapat Unit Penge lola Kegiatan (UPK) bernilai Rp. 1,632 triliun dan terse bar di 523 kecamatan dan 29 kabupaten di Jatim juga dapat diselamatkan.

Dengan telah diterbit kannya regulasi PP No 11 Tahun 2021 tentang BUM Desa, Pengelola PNPM MPd di Jatim per tanggal 15 September 2022 terbentuk 358 UPK telah bertransfor masi menjadi BUMDesMa. Dan proses tata cara trans formasinya juga tertuang dalam Permendesa PDTT no. 15 tahun 2021.

Sementara, terdapat 254 BUMDesMa dari 358 yang tel ah memiliki sertifikat Badan Hukum sehingga dari jumlah tersebut sekitar 15 BUMDes Ma merupakan cikal bakal pendiri LKM menjadi unit usaha BUMDesMa.

“Ini sudah mendapat izin dari OJK Jatim dan operasio nalnya dilakukan oleh BUM DesMa. Kita sudah selamat kan aset negara sebesar Rp. 1,6 triliun dari keseluruhan target penyelamatan aset negara secara nasional yak ni Rp. 12,7 triliun,” ujarnya.

Diakhir, Khofifah juga mengatakan bahwa seluruh kerja sama dan sinergi an tara seluruh elemen strate­

Dirinya kemudian juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dipilihnya Jawa Timur sebagai salah satu penyelengga ra Road to Hakordia 2022.

“Saya sampaikan terima masih kepada Ketua KPK, juga terima kasih atas seluruh kebersamaan dan sinergitas di antara kita semua. Mu dah mudahan semuanya bisa ber seiring dengan upaya un tuk membangun Indonesia pulih dan bersama berantas korupsi,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini diserahkan Apresiasi berupa penyerahan sertifikat aset pemda 100% kepada Pemerintah Daerah dan Kepala Kantor Pertanah an. Penyerahan apresiasi dilakukan secara langsung oleh Ketua KPK RI didampingi Gubernur Khofifah.

Penyerahan sertifikat aset diberikan kepada Kantor Wilayah BPN Prov Jatim, Kabupaten Jem ber, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Jember, Kabupaten Pasuru an, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Pasuruan, Kota Blitar, Kepa la Kantor Pertanahan Kota Blitar, Kota Probolinggo dan Kepala Kan tor Pertanahan Kota Probolinggo.

Turut hadir, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipa ti Arya Paku Alam Ke X, Wakil Gubernur Kaliman tan Tengah Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Prov. Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar serta Bupati/ Walikota se Jatim.(rls)

tapi juga seorang host. Dari hasil kerja kerasnya ia bangga karena su dah mampu membeli rumah sendiri.

Anak bungsu dari pasangan Agus Salim dan Mujiarti ini mengaku hasil kerja kerasnya selama bertahun tahun tak sia sia. Wika Salim lantas berusaha menunjukkan rumah barunya.

“Hari ini pulang dari Suraba ya aku langsung mampir ke ru mah baru aku. Huhuhu ngetiknya sambil berkaca­kaca. Masih nggak nyangka aja akhirnya aku bisa di titik ini,” tulisnya.

“Ngerasa bangga banget

sampai diri sendiri bisa sampai di titik ini dengan segala macam ujian dan nikmat dari­Nya. Bisa punya rumah sendiri, nabung dari setiap hasil kerja,” lanjut Wika.

Rumah memang menja di simbol pencapaian Wika Salim setelah bertahun tahun meniti karier. Wika akhirnya membuktikan betapa dirinya yang seorang anak kuli sera butan bisa sukses juga.

Ya, dalam wawancaranya dengan Abdel pada 2021 silam, ia mengaku ayahnya seorang kuli bangunan

dan kerja serabutan. Ia dan keluarga juga kerap pin dah­pindah rumah karena memang tak punya rumah.

Sampai sampai, mereka pernah tinggal di rumah yang tak dilengkapi dengan toilet. Untuk buang air be sar, ia harus pergi ke jamban sambil membawa seember air.

Kondisi perekonomian itu membuat Wika harus bekerja se jak usia 6 tahun. Ia sudah men yanyi dari panggung ke panggung di usia belia. Hingga kini, Wika sudah sukses melambungkan namanya di industri hiburan. (yus)

SAMBUNGAN 15
PEMKOT SURABAYA MEREALISASIKAN.................. dari Halaman 1 KETUA KPK.............. dari Halaman 1 TAK KUNJUNG BAYAR HUTANG.................. dari Halaman 1 WIKA SALIM.................. dari Halaman 1

Atraksi Ludruk di Gedung Cak Durasim, Senin (28/11/2022)

GUNA melindungi dan mengembang kan kebudayaan Jawa Timur terutama kesenian tradisional ludruk agar tetap ek sis ditengah perkembangan jaman, maka digelar Festival Ludruk pada tanggal 28 29 November 2022 di Gedung Cak

Durasim, Taman Budaya Jatim Jl. Gentengkali Surabaya. Selain itu menurut Ketua Panitia penyelenggara kegiatan, Dwi Supranto, SS., MM yang juga Plt Bidang Kebudayaan Di nas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, kegiatan ini untuk memberikan dorongan

dan motivasi bagi seniman ludruk untuk terus meningkatkan kualitas karyanya.

Memberikan wadah/ruang kreativitas bagi seniman ludruk untuk dapat terus berkarya, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian tradisional khususnya ludruk.

Dari Sakerah hingga Banjir Darah Kunawi

ADA berbagai kisah pada penampilan Festival Ludruk Tahun 2022 di Gedung Cak Durasim Surabaya. Seperti Grup Gita Praja dengan judul: Sakerah.

Ini mengisahkan keputu san membuat seorang pemuda desa (sukiman) melampiaskanya pada kenakalannya yang suka bikin onar & mabuk mabukan.

Tetapi setelah kejadian dimakam itu, dia menjelma men jadi sosok yang sakti, Sorot matanya yang tajam, tindak tanduknya yang berubah, mengingatkan kita sosok pe juang dari madura, yang siap menumpas ketidakadilan, angkara murka & kesewenang wenangan, Kemanjingan Sakerah (RINGKARNASI).

Kemudian dari Sanggar Bharada Unesa (Surabaya) berjudul: Banjir Darah Ka lirojo. Mengisahkan, Pala Juri adalah sosok orang yang berwenang mengatur perai ran sawah Desa Kalirejo.

Pala Juri bersifat tak adill, hanya mementingkan pribadinya menyebabkan kerugian pe­

tani Desa Kalirejo. Pak Mashuri murka terhadap perilakunya Pala Juri, dan Pak Mashuri mem beri perintah kepada Pak Ros sak untuk menghabisi Pala Juri, dengan diiming imingi hadiah yang menjanjikan.

Rossak berhasil mem bunuh pala Juri, akan tetapi pak Mashuri mengkhianati janji kepada Rossak. Rossak merasa tertipu, dan men gamuk, mengakibatkan banjir darah di Desa Kalirejo.

Berikutnya dari Sanggar Ludra Budaya (Kab. Malang) dengan judul: Kunawi. Mengi sahkan Zubaidah sedang mencari kayu, dia merasa ke hausan. Kebetulan Zubaidah menemukan tebu dan dima­

kanlah tebu itu, tiba tiba datanglah seorang mandor tebu yang bernama Madram.

Kemudian Madram marah dan Zubaidah dihajar oleh Madram. Zubaidah merasa kesakitan karena hal tersebut, kemudian datanglah Kunawi yang mengetahui anaknya kesakitan dan terjadilah per cekcokan tersebut memanas dan Kunawi langsung Mem bunuh Madram.

Dan penampilan lainnya seperti: Bangun Tresno Joko Thole, Marsudi Laras Sarip Tambak Oso, Waras CS Gerom bolan Gagak Solo, Lerok Anyar Joko Kelud, Budi Wijaya Warok Joyo Senggol dan Angling Dharma Maling Cluring. (iz)

Gelar Festival Ludruk Tahun 2022

Kegiatan ini bekerjasama dengan 6 Kab/Kota diikuti oleh 10 grup ludruk yaitu: Gita Praja dari Kabupaten Jombang dengan Lakon Cin ta Segitiga, Bangun Tresno Kabupaten Lumajang dengan Lakon Joko Thole, Karya Bu daya Kabupaten Mojokerto dengan Lakon Janda Singgih.

Ludra Budaya Kabupaten Malang dengan Lakon Kuna wi, Bharada Unesa Kota Sura baya dengan Lakon Banjir Darah Kalirejo, Angling Dhar mo Kabupaten Bojonegoro dengan Lakon Maling Celurit.

Budhi Wijaya Kabupaten Jombang dengan Lakon Warok Joyo senggol.

Lerok Anyar Kabupaten

Malang dengan Lakon Joko Gelut, Waras CS Kabupaten Jombang dengan Lakon Gerombolan gagak Solo, dan Marsudi Laras Kota Surabaya.

Para peserta Festival Ludruk tahun 2022 akan memperebutkan thophy dan piagam penghargaan dalam beberapa kategori, Pemeran pria terbaik, Pemeran wanita terbaik, Penari remo terbaik.

Pengidung terbaik, Penata iringan terbaik, Penyutrada raan terbaik dan Penata rias dan busana terbaik. Peserta yang masuk dalam 3 penya ji terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan, trophy dan hadiah 5 juta.

Dewan Pengamat terdiri: Kar

tolo, Agus Kuprit, Arif Rofik, Bam bang SP dan Hengki Tandiono.

“Kesenian ludruk yang menjadi ikon kesenian tradisi Jawa Timur perlu untuk terus dijaga dan kembangkan keberadaannya agar tetap eksis ditengah gempuran modernisasi dan transformasi budaya,” ujar Dwi Supranto.

Festival Ludruk tahun 2022 ini menjadi tindak lan jut dari pelatihan, penyusunan naskah ludruk yang sudah dilakukan oleh kare na itu diharapkan dari dia dakannya Festival Ludruk tahun 2022 akan terwu jud langkah kongkrit da lam meningkatkan kualitas ludruk di Jawa Timur. (iz)

Pemprov Jatim Dorong Perkembangan Ludruk

PEMPROV Jatim ber sama Gubernur Khofifah Indar Parawansa men dorong perkembangan ludruk supaya lebih bagus, lebih dicintai pendukungnya, dan hidup berkembang bisa meng hadapi tantangan jaman. Up aya ini semoga mendapatkan restu dari Tuhan untuk maksi malisasi pelestarian kesenian khusunya ludruk.

Demikian dikemukakan Plt Kadisbudpar Jatim, Sinar to S.Kar, MM pada pembukaan Festival Ludruk Tahun 2022 yang disampaikan secara virtual. “Salam hormat kepada seluruh penonton hadirin yang malam hari ini mungkin sudah kangen dengan ludruk,” ujarnya.

Dikatakan, Festival Ludruk tahun 2022 merupakan se buah proses yang sudah kami lakukan melalui berbagai tahapan. Kami telah melaku kan pelatihan penyutradaraan,

naskah, lalu artistic dan esteti ka pertunjukan ludruk.

Setelah itu teman teman ludruk kita dorong melalui grup dan komunitasnya untuk meramu daripada pergelaran ludruk sesuai dengan ha sil latihaan dan proses yang nantinya akan menampilkan penampilan yang baik.

Ini perlu dan sangat penting mengingat kesenin ludurk saat ini memang menghadari tantangan. Tantangannya adalah disamping dari internal juga dari eksternal.

Internal memerlukan penguatan dari seluruh un sur dengan berbagai pen dukung SDM yang mam pu menguasai ludruk ini, bagaimana naskah, gending, actor ini adalah tan tangan di dalam yang ha rus di dorong terus untuk melakukan pembelajaran dengan proses yang baik.

Dari eksternal banyak

kesenian lain yang nantinya akan menemani perjalanan ludruk didalam dunia kes enian untuk sekedar jalan bersama tapi bisa jadi ada sebuah persaingan untuk merebut posisi di dalam pelestarian kesenian ini.

Ketika ludruk tidak kreatif tentunya akan tersisih dari masa pendukungnya karena memang akan ada substitu si dari kesenian yang lain ini yang harus kita bicarakan se cara sistematis. Yang dimak sud adalah didorong untuk melakukan pekerjaan penting. Nah dalam pelestarian itu ada pengembangan, pembinaan, pemanfaatan dan perlindungan.

Ada beberapa grup yang sebenarnya kami pengen lebih banyak lagi tapi karena energy pemerintah yakni keterbatasan dana sehinga dalam festival kali ini hanya ada 10 grup. (iz)

16 BUDAYADANPARIWISATAJAWATIMUR Edisi 466 Tahun XXI ~ 05 - 11 DESEMBER 2022
DwiSupranto,SS.,MM(kiri)danSinartoS.Kar,MM(kanan)padapembukaanFestivalLudrukTahun 2022diGedungCakDurasim