Page 1

Hal 27 Jambi Independent n mINGGU, 16 agustus 2009 n Halaman 21

Model yang Ingin Jadi Guru

Rekam lagu dari CD ke USB Hal Langsung Jadi 26

Pede ikut Perlombaan

Hal 24

Cantik dan Tampan Berbusana Muslim

Putri Serindang Bulan II

Dongeng

Hal 25

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 16 Agustus 2009

Ar ya “Aku pendiam, jahil juga, setia, baik n penuArya rut, n posisi aku di band (drummer)”.

YAYA “Aku orangnya pendiam, tapi kalo udah becandaaku suka kelewatan, kalo masalah teman aku paling komit orangnya n aku paling ontime kalo lagi ngumpul, n posisi aku di band (gitaris)”.

WAND A “Aku orangnya biasa ANDA aj ya, pendiam, n suka ngebantu orang tua, n posisi aku di band (vokalis 1)”.

Wanda orangnya mirip dide hijau daun (hehehe,,,). Ana orangnya imut-imut, suka bergaul, asyik banget. Ade orangnya lucu abies, humoris banget, kalo ngelucu tu suka ga ngeliat sikon dan waktu. Arya tu simple, ngerti banget sama dunia seni. Whie tu sahabat seumur hidup buat aku.

Yaya tu anaknya dewasa banget, n kalo sama cewek suka patah hati. Ana simple orangnya, dia pembuka pembicaraan kalo lagi ngumpul. Ade tu gokiel abies, bawel, lucu n sox imuet. Arya t u p o l o s b a n g e t , sudah tu pemalu n pendiam banget. Whie anaknya baik, ramah, n sox imuet.

ANA “Aku anaknya simple aja, asyik, mau nerima teman apa adanya, n posisi aku di band (vokalis 2)”.

ADE “Aku orangnya gokiel, suka ngebantu orangtua, n pastinya aku baik lho, n posisi aku di band (bassis)”.

Yaya anaknya asyik, dewasa, n baiklah. Wanda juga baik, n dia suka curhat ama ana, n asyiklah orangnya. Ade anaknya gokiel, seru, asyik, n suka juga curhat ama ana. Arya pendiam, pemalu, tapi baiklah, n seru juga orangnya. Whie orangnya lemah lembut, kalem, sox cute, baik, n asyik kok.

Yaya orangnya dewasa, kadang anak-anak juga, suka memberi masukan buat kemajuan band. Wanda orangnya baik, suka menolong sesama teman. Ana orangnya baik, suka nolongin ade, tempat curhat yang baik buat ade. Arya orangnya lugu banget, pendiam, suka ngejahilin teman. Whie anaknya baik, sox kecakepan, suka nolongin teman juga.

.methoem by ,,,.mau !kut gbung n!e,coz da_lma bgtz gk prnh !kutan...q mau t!sam wat tmen_2 yg knal ma_q or yg byom knal,ucpanx moga qta lu2z n naek klz cemua ?.am!en ,,,..n yg mau jd! tmen q call aja k cn! 08975378734..buat by,mk!n kyen’z be...thank’z ,,, +628975378xxx hey...biy yg mkn gaul aja nech q vivi dik3näli, mo tisäm y4' bwt all my fri3nd vi sekot4 jmbi n yg dilu4r jmb lam kömsel n sukses slalu ya’,bwt genk nar +6281366293xxx

Yay a dewasa, aya bijak banget kalo ngambil keputusan, n sohib yang baik pastinya. Wa n d a anaknya baik, selalu berbak-

ti sama teman. Ana orangnya baik, lucu, n solid deh. Ade tu gokiel, baik, n perhatian deh. Whie orangnya baik, kalo ngeband serius n solid banget.

WHIE “Aku orangnya simple, berusaha untuk solid terus ama anak-anak yang lain, n posisi aku di band (gitaris 2)”.

Yaya tu dewasabanget,sahabat aku dari kecil. Wa n d a t u pesimis orangnya, enak buat diajak curhat, vokalis yang baiklah. Ana tu lucu, rame, dia tu nyaman sama siapa aja. Ade tu gokiel bae, suka gila-gilaan bareng. Arya orangnya pendiam, ga banyak omong, orangnya ngikut aja.

TAHUN BARU BAND BARU Hy Sobat Biy ketemu lagi nie ama Biy,,,kali nie Biy kedatangan tamu dari anak-anak band jambi, mereka menamakan diri mereka “Euforia Band”. Katanya sech Euforia tu menyimbolkan suatu kesenangan, kegembiraan, kebahagian, keceriaan, happy-happy. “Tapi bukan berarti kesenangan dalam hura-hura ataupun berfoya-foya tapi kesenangan dalam kekompakandan selalu bersama dalam senang maupun duka, dan selalu bersama dalam memecahkan masalah,” ujar Ana yang merupakan vokalis 2 di band ini. Band yang terbentuk pada tanggal 31

Desember 2008, lebih tepatnya pada malam tahun baru,,, baru banget ya sobat band ini terbentuk. Selain itu mereka juga memiliki motto “Jadikanlah musik berkualitas”. Maksudnya musik adalah sesuatu yang selalu dekat dengan kehidupan setiap orang, jadi bermainlah agar semua orang bisa senang, dan pastinya jadikanlah musik itu sebagai seusuatu yang berkualitas dimata orang-orang. Oh ya sobat, mereka punya pesan buat sobat nech. Teruslah

berkarya dalam bidang apapun. Jangan biarkan sesuatu menghalangi kita untuk berkarya. “Asal jangan merasa terpaksa dalam melakukan satu hal,”ujar Yaya. Oce sobat,,,sukses terus deh buat anak-anak band jambi, semoga kalian bisa selalu eksis didunia musik jambi. (riko)

“Euforia Band”

camikumb b!y ?qhe2 spen_l0e dcn! ...mu t!cam boad k’rhmd..jgn mrh2 telus l dgn qhe. qhe pus!ng tao !!.boad k’ na2,aty2 y dcna..kuliah yg benel.oteh..boad plend2 q, moga qta naeg klas cmw y.doaen qme y sobat b!y..boad b!y moga suxses.d moad y b!y, tengkiiu . Biy m064 cuxcez tyuz. . D muetzz y0w.. Wa5$|4m.. +6285366026xxx M3c0mm. . .b!¥...- ne q pu2t”{~_~}, q mo nump4n9 n!m6rvn9 ney. , & q mu

t!~cam w4t fl3ndz” q cmu4 n4,,n yg 9e bc4"mett bc4 y4, , , clam knal y. . . Bwt cwo’_2 y9 pn9en knaln,sgr4 hvbn9' ke {081366690095}q tnggu yach. . He . +6281366690xxx Lco0mm... Hi bee, i want to t!sam bwt in the gank in padank... N clam cnal bwt the readers.. If u want to know with me, u can call 081374161262.. Bee scces sll y.. Please sh0w my messa6e oc..

Don’t for6et thanks.. Sh!zhuk@ <^_^> +6281374161xxx Hy,b!y mäu t!5äm bwt tmn q d cmp 4 m9ä2 jä ktä n!k klz y,àm!n..tr5 bwt k2 klz q m9ä2 jä lu25 5muä..b9i y9 yg mäu knlän hbn9! Jä k-085266181341tln9 yg mäu knlan +6285266181xxx Assass bianglala...kenln dlu ne melisa, biy meli pgn slm2 bt smwa tmen2 n smwa yg ska bc bianglala slam knl dr meli. Bt tmen2 yg ge skt mga cpt smbh ya. N Meli jg

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6617-8307 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 09 Agustus 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

SELINGKUH CERPEN:Rifan Nazhif UC AP AN Laura, putri kecilku, UCAP APAN membuat telinga ini seperti tersayat. Terpaksa kuhentikan kesibukan memasak bolu kukus kesukaannya. Aku menyuruh Bik Nah melanjutkan, meskipun aku tahu pasti bolu kukus itu akan bantat. Bik Nah memang jago mengurus rumahtangga. Tapi mengenai masak-memasak kue, dia nol besar. Oh, ya… maaf terlalu jauh membicarakan tentang bolu kukus dan pembantuku si Nah itu. Sekarang camkanlan ucapan putriku yang masih polos. Ucapan wajar seorang anak atas kasih sayang dan perhatian ayahnya. Katanya beberapa saat lalu, “Bu, kenapa ayah Laura tak seperti ayah teman-teman. Setiap libur sekolah, mereka biasa diajak ayahnya jalan-jalan. Atau paling tidak berkumpul di rumah sambil bermain monopoli. Sedangkan ayah, tak pernah memperhatikan Laura, selain sibuk di depan komputer setelah malam larut. Lalu, pagipagi, pergi sesudah memberi Laura uang jajan.” Dia mendesah. “Laura tak butuh uang jajan. Tapi kehadiran ayah.” Setelah membersihkan tangan di wastafel, kemudian meminum segelas air dingin dari dalam lemari es, baru kudekati putriku yang tetap duduk di sofa ruang tamu dengan bibir terlipat. Aku teringat masa kecilku, persis seperti dia. Kalau marah, pastilah bibirku berlipat, sehingga pipiku yang berkulit tebal, semakin menonjol. “Laura jangan berbicara begitu, Nak. Ayah cari uang buat kita. Kalau bersantai-santai terus di rumah, bagaimana dia membelikan makanan-makanan kesukaanmu? Bagaimana ayah menyekolahkanmu? Laura ingin menjadi seorang dokter anak, kan?” Laura mengangguk lesu. Namun dia masih dengan ocehan semula. Dikatakannya ayah memang super sibuk. Padahal dia hanya seorang manajer pemasaran di tempatnya bekerja. Sementara ayah teman-temannya, ada yang dokter, pejabat, bahkan wartawan, tetap meluangkan waktu bersama anak-anak mereka. Katanya, “Ayah memang tak menyayangi Laura.” Aku ingin menjelaskan lebih lanjut. Sayang, putriku kadung masuk ke kamar dan menguncinya dari dalam. Lalu selintas kuingat tingkah-laku Sam, suamiku, yang selalu gila kerja; workaholic. Ya, dia memang begitu. Setiap hari yang diingatnya kerja… kerja…. Bahkan berulang-ulang dia pulang larut malam. Berkali-kali keluar kota, dan kembali setelah dua atau tiga hari kemudian. Ketika aku mencoba mengklarifikasi, dia pasti mengucapkan alasan klise; ini demi hidup kita. Dia berprinsip, selagi muda jangan berleha-leha. Agar di masa tua nanti tak kesusahan. Anakanak juga bisa tumbuh besar dan sejahtera. Aku mengamini alasannya itu. Hingga setiap kali dia disibukkan pekerjaan, aku tak mau menuntut banyak. Toh semuanya demi kebaikan bersama. Kalau dia menjadi suami yang pemalas, apa aku

rela makan angin serta keluh-kesah setiap hari? Tidak, kan? Tapi setelah mendengar protes Laura, seketika hatiku terlecut. Aku baru merasakan betapa jauhnya jarak antara aku dan Sam. Meskipun tidur seranjang ketika malam benar-benar larut, aku selalu susah menjangkau hatinya. Dia sangat sangat asing. Dia hanya bertanya ini-itu dengan singkat sebelum masuk ke kamar. Kemudian segera membatu di depan komputer, atau menonton sebentar berita bisnis di televisi. Selebihnya dia akan mendengkur. Tidur memunggungiku. Aku juga baru menyadari bahwa terkadang hampir sebulan dia tak menyentuh tubuhku. Padahal, sebagai istri yang hanya mengurusi persoalan rumahtangga, aku menuntut sesuatu yang lebih untuk pemuas batin. Terkadang untuk memikatnya, sengaja aku mandi bersih-bersih dan bersolek sebelum berangkat ke peraduan. Kalaupun dia menyentuhku dengan sangat singkat, itu pun setelah dia ogahogahan memutar film blue. Mungkin karena sikapnya itu, akhirnya aku terbiasa. Aku menjadi tak ingat kapan diri ini dibelai, kapan tidak. Wajar saja, seorang anak seperti Laura mengatakan Sam tak memiliki kasih sayang. Ah, mengapa aku sampai alpa pada tingkahlakunya. Mengapa jiwa ini tak curiga tentang sepak terjangnya di luar sana? Dia terlalu sibuk dengan tugas bertimpa-timpa. Namun apakah benar semuanya? Mungkin saja dia ada selingkuhan di luar. Kalau tidak, kenapa sampai hampir sebulan dia tahan tak menyentuhku. Padahal setahuku, lelaki tak tahan berlama-lama bila dikaitkan dengan persoalan seks. Tapi pikiran buruk itu cepat kutepis. Sam bukan tipe suami seperti itu. Dia bekerja mati-matian demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Kenapa pula aku menyibukkan diri mencurigainya? *** Lelaki itu masih duduk di belakang komputer dengan mimik serius. Dia nyaris tak memperdulikanku. Kopi panas yang kuhidangkan, diseruputnya sedikit. Dia menyuruhku mengecilkan volume televisi. Kemudian hening. Detak jam terdengar keras meningkahi suara halus televisi dan mesin komputer. “Mas, aku mau bicara,” kataku. Dia mendehem. Menatap langit-langit rumah sebentar. Melihatku sekilas, kemudian fokus kembali ke layar komputer. “Aku mau bicara,” ulangku. “Bicaralah!” jawabnya. Dia mengambil sebatang rokok. Menyalakan, dan menghisapnya dalam-dalam. “Aku dan Laura ingin Mas meluangkan waktu untuk kami. Sudah lama rasanya kita tak saling bercengkerama. Di rumah, Mas bagaikan orang asing. Tidak bisakah Mas libur bekerja barang sehari?” “Pekerjaanku banyak. Malahan besok aku harus ke luar kota. Mungkin seminggu.” Dia diam. Menyeruput kopi. Merokok lagi. Kuperhatikan wajah asingnya di balik halimun asap rokok. “Sudahlah! Jangan terlalu didramatisir. Semua kulakukan untuk kalian juga. Kau tak tahu, sekarang barang-barang serba mahal. Kalau tak

cukup uang, kita tak mungkin membelinya. Maka itu aku harus giat dan semakin giat bekerja. Oke!” Ucapannya menutup segalanya. Televisi kumatikan. Aku mencoba memejamkan mata, menghilangkan bayang wajah serta perilakunya dari benakku. Namun tak bisa. Hanya pikiran berkecamuk menggila, membuatku b e r - mimpi macam-macam. *** Uh, hari yang melelahkan! Setelah mengantarkan Laura sekolah, kusempatkan menikmati es kacang dan sepiring martabak sayur di sebelah mall yang megah itu. Aku mengambil tempat di meja sudut di dekat dapur. Kebetulan seluruh meja sudah terisi oleh beberapa orang berseragam kerja. Hmm, barangkali mereka sengaja membolos, karena jam masih menunujukkan pukul 08.30WIB. Ada juga seorang lelaki dan perempuan tua duduk di meja di dekat etalase. Mereka mengenakan pakaian olahraga. Seorang pengamen dengan kincringannya masuk dengan wajah menghiba. Dia kuberi beberapa koin, sebelum dia diusir penjaga rumah martabak itu. Saat asyik menikmati martabak, tiba-tiba seseorang yang sangat kukenal melintas di luar sana. Segera kuhentikan kegiatan bersantap. Buru-buru kubayar seluruh makanan, dan mengejar seseorang itu. Hati ini curiga, kenapa dia masih ada di dalam kota? Padahal, shubuh tadi, dia sudah berangkat menuju Jakarta? Apakah pesawatnya di-delay? Ah, aku semakin curiga kepada orang yang tak lain adalah suamiku, Sam. Aku hampir kehilangan jejak ketika tubuhnya tenggelam di tengah lalulalang pejalan kaki. Tapi tak begitu sulit bagiku mencarinya. Tubuhnya tinggi melebihi orang kebanyakan. Nah, nah… itu dia. Dia menuruni tangga, lalu memasuki lorong sempit. Kemudian keluar lagi ke jalan raya. Oh, Tuhan. Dia menyetop taksi. Aku pasti akan kehilangannya. Namun tidak. Taksi itu dibiarkannya berlalu sesudah dia menerima telepon dari seseorang. Aku hampir memanggilnya, kalau saja dia tak didekati seorang perempuan yang sedang menggendong anak. Mereka kelihatan akrab. Mereka berbalik arah menujuku. Dengan pikiran berkecamuk aku bergegas memasuki

Halaman

23

sebuah toko. Kuintip ketiganya melintas dan menjauh. Kemudian buru-buru kukejar. Namun aku akhirnya kehilangan mereka. Tubuh ketiganya tenggelam di tengah keramaian pasar. D a l a m pikiran gundah, aku pulang ke rumah. Kurebahkan tubuh di sofa, dan membiarkan Bik Nah menghidangkan jus jeruk hangat di meja. Aku membayangkan sebentar lagi rumahtanggaku hancur. Aku kehilangan Sam. Laura sama sekali tak lagi memiliki sosok seorang ayah. Tak sadar aku tertidur di sofa sampai sekian menit. Ketika tersadar, seseorang sudah duduk di sebelahku. Dia Sam. Dengan senyum yang aneh dan menyakitkan. “Kok tidur di sofa, Yes?” Aku langsung duduk. Tak kutoleh dia. Seakan menyadari kesalahannya, dia mengatakan batal ke Jakarta. Dia ingin berlibur dulu. “Setelah kupikir-pikir, perlu juga mengajakmu dan Laura jalanjalan. Rasanya sudah lama kita tak lagi bercengkerama.” Aku pun meledak. “Sudahlah! Jangan mencari-cari alasan. Kau ada main, kan? Siapa perempuan yang menggendong anak tadi, bersamamu di pasar?” Sam tertawa. Dijelaskannya itu adalah bekas bawahannya. Kebetulan dia ingin Sam membantunya karena anaknya sakit, dan harus dibawa ke dokter. “Ya, orang meminta tolong kan harus dibantu,” lanjutnya. “Bukan itu yang membuatmu batal ke Jakarta?” “Jelas, bukan,” jawabnya mantap. Aku pun tersenyum. Kupeluk erat tubuhnya. Aku pura-pura mempercayainya. Padahal aku tetap mencurigainya sampai kapan pun. Oleh sebab itu, aku akan terus-terus memantau setiap gerak-geriknya. “Ohya… Sebentar aku mandi dulu. Nanti kita sama-sama menjemput Laura.” Aku mengiyakan. Ketika dia berlalu di balik pintu kamar, aku buru-buru menelepon seseorang. “Farid, ya! Sorry, janji kita kencan malam ini dibatalin saja. Suamiku tak jadi ke Jakarta. Oke!” Klik! Telepon putus. Nah, lho…. Sekarang siapa yang harus mencurigai siapa? —sekian—


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 16 Agustus 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

Calista Angel Lie Jalan HOS Cokroaminoto No 8, RT 22, RW 07, Simpang Kawat, Jambi

Pede Ikut Perlombaan

MENJADI juara pada suatu perlombaan merupakan hal yang membanggakan. Apalagi jika baru pertama kali ikut. Nah, bagi adikadik yang mencoba mengikuti perlombaan, tidak perlu ragu. Soal kalah dan menang, itu hal biasa. Yang penting bisa berani ikut serta dan mengekspresikan semua kemampuan yang dimiliki. Menurut Pak Ridwan SPsi, banyak hal-hal yang positif yang bisa didapatkan dari mengikuti lomba. Pertama, sebagai salah satu bentuk ekspresi anak, mendapatkan variasi suasana bermain, bersosialisasi, melatih kemandirian anak, melatih anak memahami aturan, memeroleh pengalaman berkompetisi, mengembangkan EQ dan IQ anak, dan menguatkan minat dan bakat anak. Selain memang tujuannya untuk prestasi. Saat ini ada berbagai lomba yang sering digelar seperti, lomba mewarnai, lomba adu bakat, lomba busana di catwalk, dan lainnya. Semua bisa dicoba. Soal hasil akhir, jangan dilihat dulu. Yang penting mengikuti prosesnya terlebih dulu. Kalah dan menang dalam perlombaan itu biasa. Terpenting sudah ada usaha dan berani untuk melakukannya. Hanya saja, dalam memilih lomba, tetap harus diperhatikan kondisi kita sendiri. Artinya, adik-adik memang menyukai jenis lomba tersebut, kemudian kondisi fisiknya sehat serta suasana lomba yang kondusif untuk anak. Jangan sampai karena ikut lomba, fisik jadi sakit, tugas belajar terbengkalai, dan lainnya. Kemudian jangan latah mengikuti tren lomba, tetapi harus memilih lomba yang tepat dan kondisi yang terbaik buat kita sendiri. Toh, tujuan awalnya adalah bagaimana adikadik mendapat kepuasan dan kesenangan. Selain itu, jangan ragu untuk berkoordinasi dengan pihak panitia. Merekalah yang mengatur perlombaan. Hal itu penting, jangan sampai ada yang salah dari persiapan yang telah dilakukan. Termasuk terkait kebutuhan adikadik saat lomba nanti.(*)

grafis : djatmikojambi independent

Mengenal Manfaat Mewarnai Davita Timothy Tandreas Jalan Gajahmada Lorong Gama II No 08, RT 53, Jelutung, Jambi

Andika Rahman Pratama Barcelona Blok S Mayang Kota Jambi

LOMBA mewarnai merupakan salah satu event yang kerap digelar baik sekolah maupun lembaga lainnya. Biasanya orangtua paling senang mengajak anaknya ikut lomba itu. Adik-adik pasti juga senang bukan. Tapi tahukah adik-adik manfaat dari mewarnai? Yuk kita telaah lebih jauh. Mewarnai Merupakan Media Berekspresi Seperti halnya orang dewasa, aktivitas mewarnai, terutama mewarnai bidang kosong, merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Membantu Mengenal Perbedaan Warna Membiasakan si kecil untuk melakukan aktivitas mewarnai baik dengan krayon, pensil warna, spidol warna, sejak dini dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dan warna lainnya. Mewarnai Melatih Kemampuan Koordinasi Kemampuan berkoordinasi merupakan

manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktivitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Mewarnai Mengembangkan Kemampuan Motorik Aktivitas mewarnai merupakan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktivitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda, dan aktivitas lainnya, yakni dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya. Me w a r n a i M e n i n g k a t k a n K o n s e n trasi Aktivitas mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukan meskipun banyak aktivitas lain yang terjadi di sekelilingnya. (*)


Minggu, 16 Agustus 2009 n Jambi Independent

Halaman

25

Putri Senandung Bulan (2) MINGGU kemarin, kita telah menyimak cerita awal dari kisah Putri Senandung Bulan yang ingin dibunuh oleh kakak-kakaknya karna penyakit kusta yang dideritanya. Karang Nio, salah satu kakak Putri Senandung Bulan yang diberi tugas untuk membunuh Putri Senandung bulan ternyata sangat baik kepada adik bungsunya tersebut.Diapun tidak tega untuk membunuh adiknya tersebut. Di sepanjang perjalanan menuju hutan, dimana Putri harus dibunuh, kedua kakak-beradik tersebut tidak pernah saling menyapa. Hati Putri Serindang Bulan diselimuti perasaan sedih, sedangkan Ki Karang Nio berpikir mencari cara agar adiknya bisa selamat. Setelah berpikir keras, akhirnya ia pun menemukan cara untuk mengelabui kakaknya. Setibanya di tengah hutan, mereka pun berhenti di tepi Sungai Air Ketahun. “Adikku, sepertinya kita sudah terlalu jauh berjalan. Sebaiknya kita berhenti di sini saja!” Seru Ki Karang Nio. “Baiklah, Kak! Silahkan laksanakan tugas Kakak!” seru Puri Serindang Bulan. “Tidak, Adikku! Aku tidak akan sampai hati membunuh adik kandungku sendiri,” kata Ki Karang Nio. “Lakukanlah, Kak! Adik rela mati demi keselamatan Kakak. Jika Kakak ti d a k membunuh Adik, nyawa Kakak akan terancam. Saudara-saudara kita di istana pasti akan membunuh Kakak,”

desak Putri Serindang Bulan. Akhirnya, Ki Karang Nio memberitahukan rencananya kepada Putri Serindang Bulan bahwa ia akan mengelabui kakakkakaknya. “Aku tidak akan membunuhmu, Adikku! Aku akan membuatkanmu sebuah rakit. Dengan rakit itu, kamu ikuti aliran Sungai Air Ketahun ini. Kakak berharap ada orang yang menolongmu,”ujar Ki Karang Nio.

“Jika kamu tidak keberatan, bolehkah aku menyayat tanganmu? Aku akan mengambil sedikit darahmu dan mencampurkannya dengan darah binatang,” pinta Ki Karang Nio. Darah ini nantinya akan dijadikan bukti agar para kekak Putri lainnya percaya bahwa Putri benar-benar sudah me­ninggal. “Silahkan, Kak! Kakak pun boleh me-

nyembelih ayam hirik ini untuk diambil darahnya!” seru Putri Serindang Bulan. Dengan berat hati, Ki Karang Nio pun menyayat tangan Putri Serindang Bulan. Kemudian, darah yang keluar dari tangan adiknya tersebut ia campurkan dengan darah ayah hirik yang telah disembelih sebelumnya, lalu ia masukkan ke dalam tabung. Setelah itu, ia menyuruh Serindang Bulan untuk naik ke rakit yang sudah disiapkan. “Pergilah, Adikku! Hati-hatilah di jalan! Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senatiasa melindungimu!” seru Ki Karang Nio. “Terima kasih, Kak! Semoga kita dapat bertemu kembali,” ucap Putri Serindang Bulan sambil meneteskan air mata. Ki Karang Nio pun tidak mampu membendung air matanya. Ia tidak tega melihat adik yang sangat disayanginya itu hanyut terbawa aliran air sungai. Setelah Putri Serindang Bulan hilang dari pandangannya, Ki Karang Nio pun bergegas kembali ke istana untuk melapor kepada kakak-kakaknya bahwa ia telah melaksanakan tugasnya. Kakak-kakaknya pun mempercayainya dengan bukti berupa tabung yang berisi darah tersebut. Sementara itu, setelah berhari-hari hanyut di sungai, Putri Serindang Bulan akhirnya terdampar di Pulau Pagai, di lepas pantai muara Air Ketahun. Bagaimana nasib sang Putri selanjutnya? Simak terus ceritanya yuk....Bersambung........... (viz)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 16 Agustus 2009

Rekam Lagu dari CD keUSB Langsung Jadi

B

AGI yang suka nonton film, mendengar lagu, atau karaoke bersama keluarga, teknologi satu ini mungkin bisa menjadi menjadi pilihan. Polytron DVD seri 2167, dengan teknologi dengan fles RIP yang bisa digunakan untuk merekam lagu dari CD ke USB. DVD itu juga bisa digunakan untuk memutar lagu atau film dari USB, sehingga tidak perlu menggunakan DVD disk. Polytron DVD Player seri 2167 merupakan produk terbaru yang diluncurkan Polytron. Khususnya untuk melengkapi produk DVD Player Polytron yang sudah lebih dahulu diluncurkan sehingga bisa memenuhi tuntutan konsumen setia Polytron akan kelengkapan produk audio video home appliances. “Di Jambi peminatnya masih cukup banyak,” kata pengelola Toko Soni Electronic, Jamal. Menurut dia, walaupun saat sekarang ini teknologi komputer bisa digunakan untuk fasilitas DVD, minat

masyarakat terhadap DVD masih tergolong tinggi. Selain harganya murah, juga bisa dinikmati oleh satu keluarga dan disaksikan di TV. Selain itu, Polytron DVD Player juga memiliki fitur High Error Concealment sehingga mampu membaca data digital dari berbagai media DVD, DVD-R/RW, CD, CD-R/RW, dalam format audio, video, MP3, maupun JPEG, bagaimanapun kondisinya. Baru maupun lama, baik atau buruk, bahkan bila CD tergores sekalipun asalkan kondisinya tidak rusak terlalu parah. Itu merupakan salah satu kelebihan dari DVD ini. Banyak orang yang tidak bisa menikmati DVD disk karena sudah tergores, padahal tidak terlalu parah. Nah, DVD ini bisa membaca, sehingga film lama yang dimiliki masih bisa ditonton,” jelas Jamal. Soal harga, Jamal mengatakan standar. Satu unit DVD Politron seri 2167 ditawarkan dengan harga Rp 450 ribu. “Harga itu tidak mahal, standarlah,” .(wra) katanya.(wra)

FOTO-FOTO EDY DJUNAIDI /JAMBI INDEPENDENT

Banyak Fasilitas DVD Terbaru DENGAN memilih Polytron DVD Player, konsumen akan mendapatkan segala sesuatu yang berbeda untuk produk pemutar DVD, karena akan mendapatkan kualitas gambar dan suara yang andal. “Suaranya bersih dan gambarnya jernih,” kata Jamal. Polytron DVD Player juga dilengkapi fungsi karaoke sehingga jika bosan menonton DVD, bisa digunakan untuk berkaraoke bersama seluruh anggota keluarga. Selain itu, juga dilengkapi dengan fungsi Parental Control dengan password bagi

orangtua yang ingin mengontrol penggunaan pemutar DVD ini sehingga tidak disalahgunakan oleh anak-anak mereka. “Banyak kelebihan dari DVD terbaru ini,” jelasnya. Keunggulan lain Polytron DVD Player ini adalah menggunakan teknologi Flash RIP yang dapat dengan mudah mengkonversi lagu dari Compact Disc (CD) ke USB Flash Disc dalam format MP3 (Ripping). Selain itu juga dilengkapi slot untuk USB dan memory card yang bisa membaca file-file dalam bentuk lagu, foto, maupun (wra) video.(wra)


Minggu, 16 Agustus 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Model yang Ingin Jadi Guru SOBAT biy, kini kita ada kedatangan tamu prestasi yang cakep d a n r a m a h . C o w o k b e r b a n a l e n g k a p Maruli Firdaus ini kerap disapa temen-temennya Ican. Meski tampang sanga t m e n d u k u n g Ican untuk menjadi model, tapi di-

rinya mengaku tidak ingin berk e c i m p u n g d i d a l a m n y a . “ S a y a ingin jadi guru,” katanya. Ican mengaku hanya iseng-iseng mengikuti perlombaan modelling. “Waktu pertama kali ikut dan menang, saya jadi ketangihan,” ungkapnya seraya

tersenyum ramah. Hingga saat ini, Ican mengaku tidak berf i k i r u n t u k m e n j a d i m o d e l . “ S a y a h a n y a m e n y a l u r k a n h o bby saja,” katanya. Menurutnya, rendah diri dan selalu ingat pada Tuhan dan orangtua adalah kunci ke-

brhasilannya selama ini. “dan membahagiakan ortu adalah yang utama,” ungkapnya lagi. Ia berharap dapat mencapai semua hal yang dicita-citakannya. “Tidak hanya didunia model, tapi juga di kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (lyn)

BIODATA Nama lengkap : Maruli Firdaus TTl : Jambi, 1 Juni 1990 Alamat : Jl Sunan Kalijaga RT 14 RW 04 Mayang Jambi Nama Ayah : M Malau Nama Ibu : K Nainggolan

PRESTASI - Juara 1 Putra pemilihan bintang idola 2009 - The Best Model putra bintang televisi tahun 2009 - Juara berbakat calon model dan bintang sinetron tahun 2009 RRI Jambi

Maruli Firdaus


Halaman 28

Saat ini busana muslim bisa dipadupadankan dengan berbagai kreasi. Bagi Muslimah yang ingin tampil istimewa, tidak perlu khawatir, saat ini desain pakaian muslim baik bagi remaja putri maupun putra tampil menarik dan tidak pernah ketinggalan zaman. Hanya saja, pakaian muslim memang khusus digunakan pada momen tertentu, sehingga Anda pun harus benar-benar mempersiapkan diri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti perpaduan antara baju, celana, atau rok dan jilbab yang akan digunakan. Itu merupakan satu kesatuan sehingga penampilan Anda bisa tampak lebih matching, baik bagi remaja putra dan putri. Berbagai model pakaian muslim bisa dikreasikan, terutama bagi remaja putri. Nah, bagi Anda yang ingin tampil beda saat menggunakan busana muslim, jangan lupa memastikan bahwa semua terlihat matching sehingga bisa bergaya dengan percaya diri. (viz)

Rambut Indah di Balik Kerudung

Meskipun berkerudung atau memakai jilbab, bukan berarti urusan rambut bisa diabaikan. Biar tertutup, rambut kan tetap mahkota Anda. Masalah tersering yang dialami rambut berjilbab adalah rambut rontok, berketombe, dan gatal. Rontok karena rambut sering bergesekan dengan penutup kepala. Berketombe karena sifat rambut yang berminyak, sehingga menjadi lembap. Gatal karena sirkulasi udara yang kurang, sehingga membuat rambut lepek dan gatal. Tetapi jika Anda rajin merawatnya, rambut yang sering tertutup oleh kerudung tidak bermasalah. Anda hanya perlu langkah praktis, untuk mendapatkan rambut yang sehat, seperti: 1. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Biarkan rambut kering dahulu secara alami. 2. Jika rambut masih setengah basah, jangan langsung memakai jilbab atau kerudung. Tunggu sampai kering. 3. Bila memakai hairdryer sebaiknya dalam suhu yang rendah dan jaraknya jangan terlalu dekat agar rambut tidak kering dan pecahpecah. 4. Sebelum memakai kerudung, sisirlah terlebih dulu rambut dengan sisir bergigi jarang agar tidak kusut. Dengan menyisir, kesehatan rambut lebih terjaga karena merangsang minyak alami menyebar dengan rata sekaligus melancarkan peredaran darah di kepala. (*)

Jambi Independent n Minggu, 16 Agustus 2009

Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 3 Agustus 2009  

ePaper Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 3 Agustus 2009

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you