Issuu on Google+

Jambi Independent n mINGGU, 07 juni 2009 n Halaman 21

cowok centil dengan segudang prestasi Hal 36

Djambi Old Bike, Nostalgia Masa Lalu

Jangan Hal 29 Selalu Menuruti Hal 33 Permintaan Diawali dari Rasa Benci Anak

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

DEAR SOBAT BIY M. Surtan 1. Surya Elviza 3. Lukman Hakim 5. Siti Masnidar

2. Finarman 4. Deddy R 6. Risza SB

1. Selvia (IAIN Jambi)

2. Rida (Unja)

mequmz,,ney, ana pendatang bru,,mau tisam ni bwt temen” quw pa kabar ni,,combong amat mentang” dah gx ketemu lg gx da mz,bwt chayang quw,i Love u.di muat ya,bye, , , , +6285266220xxx Hai biy ne ica sms lg. Ica cm mnt bt yg prh sms n ggu ca tlg hentkan cozna ca udh g mw dggu am kalian lg. No ca yg dblkg na 7288. Tlg g ggu ca lg. Ca ge skt ca cpk dggu tlg y trmsk dimas. +6285274497xxx Hi b¥,9w r4s¥!d,6w p’dt6 br n!e,l4m kn4l bwt smv4 sob4t b!4n9l4l4,mo tis4m nie,bwt ridw4n,m4!l,k4 mytha,’n friend2 smua dech,d muat ya. . . .thx. +6285266748xxx me_cume biy , , .ne risya anagt spentre batari, .mu ticam ne, .bwt tmen” q0e cmua. .anag” laz vii.1 yg pda maniiez” nd masem” . . .moga aj q_ta naek klaz cmua x. .nd qta cmua, .dag kluar dr laz unggul. . .bwt biy mga + ceyent. .d’m0eat y biy...jgn mpe idk,cey. . . +628974149xxx Miekuum goodmonink anag jambie_lg pda appo x cmua_kmi mo tisam ni_buad smua anag smnel_med mnjlnkan ujian ajja_en buad anag (sid) ngan lupoo bljar eo_ .thankz eo biy. +6285764135xxx Hye biy...nexh tata..ak0h ndtng6 rhuw...q ma0w ticamm nexh..watt pra p’bca.m3t bcaa_2 za n clamm knal yy..bwt cmw anag cpeend0e_djumbe..cm0ga qt lluz 100%.amieen..yg mu knll call/cmz yynexh numbb nx 08974109245..wat nx biy cugcez iio0h..n d muaad ii0h cmz nx...plizz cz ne rhu p’tma kli ak nimbrung. +628974109xxx mec0omz. . . Hy biy,ne ri2 pndtnk bru. . Oh y m0 gbunk nech. . Emmz. . .mu tisam2 ne. . Bt na k2" q yg cntq,kq ica,mbak ipat,n kq dija. . Met cnng2 Ja yach. . . N bt na,mntn2 ri2,yg prnh ri2 cktin ri2 mnt muv yach. . N jngn prnh anggp ri2 mcuh. .cey. . N” bt na pyenz sek0ja lo mu dkt mu ri2. . Me2z tw call ja k cn. .08972438205 n e r i 2 j g p n y f s . . e t y. . Ri2_djayus@yahoo.com. . Emmz cx ge tqyu biy. .cu2m02. .muaach. .”maen ser0nk rcun dunia”

DALAM hidup, haruslah ada yang namanya persaingan. Karena berkompetisi membuat seseorang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Namun, bagaimana bila kompetisi tersebut di warnai dengan kecurangan? Arau tidak fair?? Apa yang kita lakukan? Yakinlah, ketika kita sudah berbuat sesuai koridornya, ketika kita sudah melakukan hal yang tepat dan ketika kita bermain secara sportif akan dapat dikatakan pemenang. Karena persaingan atau kompetisi bukanlah harus berujung kemenangan. Namun beru+628972438xxx ‘Hy biyan9lala syru 9abung nie,nm sy zh@r@ n sy cmp f0ur. Sy mau titip salan nie bat tmn2 sy y6 ada d cmp 6, n sy j9a mau crx xnl tin99al hub’ n0 nie sj “08974197044”j9n mlu2 ye hub’ sy.....?¿ terim4 x4sih......!! +628974197xxx Hy...gw charismapndtg ru ne... Mo tisam bwt ssorg yg gw cyg,di sipin,gw kngen bngtzz. . .lwpun rs kngen gwgk bs ksmpaian,mg kulyiahna lncar2 z. . . +6281366467xxx ne cici...”m0e nump6 timbrung.q m0e slm az4 ma kwn2 q khusus ny4 ank go cmua,jg ita,dvi,mina dah £ma y kt g ngumpul2. Tlng dimutn y0h..y0h. +628974177xxx Mecomz by .. Ne yha , yha mhoo ngcpin mkcy wat k’ imez d tembesi, iank dh mho ngcieh hri” yha iank sepi, thxxx , bngt .. ! D muat eooo by .. ! Mkcyy ... +628974104xxx Mec0omz. . . Hy biy,ne ri2 pndtnk bru. . Oh y m0 gbunk nech. . Emmz. . .mu tisam2 ne. . Bt na k2" q yg cntq,kq ica,mbak ipat,n kq dija. . Met cnng2 ja yach. . . N bt na,mntn2 ri2,yg prnh ri2 cktin ri2 mnt muv yach. . N jngn prnh anggp ri2 mcuh. .cey. . N” bt na pyenz sek0ja lo mu dkt mu ri2. . Me2z tw call ja k cn. .08972438205 ne ri2 jg pny fs. .et y. . Ri2_djayus@yahoo.com. . Emmz cx ge tqyu biy. .cu2m02. .muaach. . +628972438xxx ÇáÓáÇãý Úáíßãý.n3y ih$an pndtng bru. . .q cm mw tisam wat’na yg knl ma q smga mkin suks3s bh3. . .s0ry y smua’na q gnti n0, ,n3y n0 q yg bru” 085768461816. . .wat biy mkin suks3s slalu. . .ý +6285768461xxx 8iy 6ue pndtn6 8ru , nm4 6ue bery m4u 5n6ol2 8wt 4nk 5m4rid4 tmbh 6okil 4j gue m4u + tmen y6 m4u knl 6ue hub : 08999971642 in5y4 4ll4h bblz .,thank +628999971xxx Hy shbt by. . .ne dewi dr sman3 teb0.mw tisam wt tmn” xi.ia.1 trutama wt anx” ceamfuck braxar.m0ga

DEAR SOBAT BIY

DEAR SOBAT BIY

jung kesuksesan. Sukses? Ya sukses. Tidak menang bukan berarti tidak sukses. Melainnya rival kita lebih sukses daripada kita. Bermainlah secara fair. Berkompetisilah secara sportif. Menang dan kalah hanya sebuah akhir, namun proses dalam berkompetisi tersebutlah yang harus lebih dikedepankan. Berproseslah dengan baik, Insya Allah kebaikan akan selalu menyertai kita. Ingatlah, bahwa Dia tidak tidur… Terakhir Biy sampaikan, jaga terus kekompakan. Jangan mau terhasut bujuk rayu yang akan memecahkan persahabatan kita.

Jadikan kompetisi sebagai jalan menuju kesuksesan. Jadilah anak muda yang kreatif, solutif, dan berkompeten. Jangan pantang menyerah. Jangan cepat goyah. Muda belum tentu tak mampu, hanya waktu yang belum memberikan kesempatan. Tetap semangat dan percaya diri. Chayooo!!! ^_^

k0msel.caay0o. . . .de juja mw tisam wt mantn de,gamaris.m0ga lu”s uanx n lu”s tesx.amiien. . .add my fb:bubygurl_wie@yahoo.comadd me ea. . . . +6285664378xxx

ntr sore lthn band,trus untk tmn aku yg dr krinci hti2 gunung nxa mau mltvs.buat cwx yg mau knln nech sms aja ke cni.085266058472.thanks biy smoga skses 5lalu. +6285266058xxx

Metc0om.. Sobt biy.nya new welc0mez nich. , m0 tizam ne buat anx gaul smansa btahri ucuz na anax gaul ips_2 g0dmornig, low m0 lbh knl m0 nya edd nya aj +628992418xxx @m_|3[0em ,,.? Met b@c4 aza y4ch.. Ken4l!n nm@ qm! “ti4r@”, . Qmi school d cmp 4 bat4n9h4ri,. Qm! Mw t!_c4m n3ch, wat fy3nd” qm¡, .*och@, s4k!nah, t!wi n n0v!* m094 add k0mpx ja, , tyuz w4t tmn”, m3t uj!@n y0w,. Bwæd biy,. M064 5uxc3zz tyuz, , ,thankz y0w biy, uwdh d muetzz cmz qmi mar3n, , . Cmz qmi y9 ne d muetzz y0w, . Y6 mu kn| hub n0 ne, . 085664373077. , wa5slm..¿ +6285664373xxx mEcOm Biy nie r!Na ßcP3n_p0e gbUn9 Lg,cMa mO KKS bWt pL3nd2 Q mGa ßQUt smW4 nAe’kLz,amienoYa aad äfs aQ y,Rie_nha02@yahoo.co.id,N bWt p4tria Lm kNaL zA yOo,ö +628974176xxx [am |me[om...hæy biy. . . ?Nma q ti4ra qu m0uw t!_z4m yeach watx=> fyend” q , . Sakin4h, <>ch@, t¡w¿ and n0vy m94+cute.. Imuetzz n cntikkkk. . . 0ea, w4tx anx 5mp 4 m064 lu2z cmu@. . Amien, . .n wat anx 7a, m0g4 naex clz cmua. . Y9 mu kn| hub n0 n3.085664373077. , . Bwæd biy m064 cuxcez tyuz. . D muetzz y0w.. By.. By..mmuwwaah.. +6285366026xxx Mecom biy....knal¡n pndtng bru... Nma q dewy, dewy mo cri temn yg bs bkn dwy senang, ni no dwy{ 081366644101 } d tmpl kan ya biy ...mkch. +6281366644xxx H4¥ ߥ 4Q M0 !KTN G6UNG NH3.4Q M0 CR! TMN ¥G 3NK D 4JK NG6R0L ßG ¥G BRMN4T H6NG! J K NUMBR NI : 081366212983TLG D MU4T ¥ ߥ ߥ MK!N CUKC3S J.THAKS ߥ +6281366212xxx Mecomz biy...ne q pndtng bru.moe ti5am wat frienz q’ariel and yuke jgn lpa

Salam Kompak Kru Bianglala

ne q dr qhncai ne..mo nylmin boadx niky yg ada d phonber,,slmat uwdah ngmbl owrg yg q saiank..n q brhrap swtu saat nnti niky bz sdar,low nik bhgia d ats pndrtaan tman sndri +6285310047xxx methoem by ,,,.mau !kut gbung n!e,coz da_lma bgtz gk prnh !kutan...q mau t!sam wat tmen_2 yg knal ma_q or yg byom knal,ucpanx moga qta lu2z n naek klz cemua ?.am!en ,,,..n yg mau jd! tmen q call aja k cn! 08975378734..buat by,mk!n kyen’z be...thank’z ,,, +628975378xxx hey...biy yg mkn gaul aja nech q vivi dik3näli, mo tisäm y4' bwt all my fri3nd vi sekot4 jmbi n yg dilu4r jmb lam kömsel n sukses slalu ya’,bwt genk nar +6281366293xxx ccamikumb b!y ?qhe2 spen_l0e dcn! ...mu t!cam boad k’rhmd..jgn mrh2 telus l dgn qhe. qhe pus!ng tao !!.boad k’ na2,aty2 y dcna..kuliah yg benel.oteh..boad plend2 q, moga qta naeg klas cmw y.doaen qme y sobat b!y..boad b!y moga suxses.d moad y b!y, tengkiiu . Biy m064 cuxcez tyuz. . D muetzz y0w.. Wa5$|4m.. +6285366026xxx M3c0mm. . .b!¥...- ne q pu2t”{~_~}, q mo nump4n9 n!m6rvn9 ney. , & q mu t!~cam w4t fl3ndz” q cmu4 n4,,n yg 9e bc4"mett bc4 y4, , , clam knal y. . . Bwt cwo’_2 y9 pn9en knaln,sgr4 hvbn9' ke {081366690095}q tnggu yach. . He . +6281366690xxx Lco0mm... Hi bee, i want to t!sam bwt in the gank in padank... N clam cnal bwt the readers.. If u want to know with me, u can call 081374161262.. Bee scces sll y.. Please sh0w my messa6e oc.. Don’t for6et thanks.. Sh!zhuk@ <^_^> +6281374161xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6624-7568 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 07 Juni 2009 n Jambi Independent

Halaman

23

Cowok Centil Dengan Segudang Prestasi HAI para panggemar Biy yang selalu setia nech ma Biy. Di rubrik prestasi kali ini kita kedatangan seorang cowok nich yang udah hebat banget dengan dunia model. Dia udah menggeluti hobbinya di dunia modeling ini memang sejak dari smp lho. “Aku suka banget namanya berjalan gitu di catwalk, dari dulu gak pernah namanya malu-malu, yaaa pede aja lagi (lenggak lenggok sana sini, heee), ungkap Ari biasa panggilannya disapa.” Sejak tahun 2004 Ari memang sering terbilang mendapat penghargaan-penghargaan gitu, dari ajang-ajang yang telah diikutinya. Malahan semua piala yang pernah ia dapatkan di pajang dalam lemari kaca, “Biar keliatan rapi and enak diliat gitu”, ujar alumni SMA Ferdi Ferry angkatan 2005-2006 ini. Pernah nech ada kejadian yang tak bisa Ari lupain saat dia lagi ngumpul-ngumpul bareng teman-temannya, sebelum casting. “Aq lucu aja kalo inget kejadiannya waktu itu lagi dihotel mewah boo’, yaaa gilagilaan getoo ma temen-temen para anak model, pokoknya seru deeeh,” ketusnya dgn ketawa. Eh sobat, ternyata si Ari nih termasuk type orang yang gak mudah putus asa lho. “Aq selalu terus berjuang tuk mencapai suatu kesuksesan, walaupun terkadang kalah. Yupzz, support dari orang-orang terdekatlah yang sangat aq butuhkan selama ini, tanpa mereka aq gak mungkin bisa memperoleh berbagai piala dan penghargaan.” Tegasnya seriuz.. Ari yang memang bercita-cita jadi modeling ini, dia sangat mengakui ketekunan dan keuletannya di berbagai bidang. Dari casting, akting hingga pemotretan di Jakarta. (dini)

Iriyanto

BIODATA Nama lengkap Nama Panggilan TTL Nama Ayah Nama Ibu Alamat Hobby

: Iriyanto : Ari : Jambi, 17 Oktober 1987 : Damek : Saripah Aini : Jln.Lingkar Selatan Perumahan Lindung Indah No. 02. Jambi. : Jalan-jalan, modeling and akting

PRESTASI - Juara Harapan 1 Pemilihan Calon Model dan Sinetron 2004. - Juara Harapan 1 Pemilihan Bintang Iklan dan Sinetron 2005 - Juara Favorit Pemilihan Coboy Jejaka dan Gadis Virgin 2007 - Juara II Pemilihan Foto Model dan Calon Bintang & Iklan 2007 - Juara Umum Fotogenic Kategori Dewasa Top Model 2008 di WTC batanghari - Juara II Bintang TV 2008 - Pernah mengikuti Model Aneka Yess tahun 2005. - Pernah bermain Sinetron di Cahaya, Cinta Bunga.


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Ramalan Bintang (20 April - 20 Mei) Sayang seribu sayang, nggak semua jalanan mulus. Kerikil tajam bertebaran di mana-mana. Itu gambaran hubunganmu sekarang. Tapi tenang, masih ada seribu jalan ke Roma buat memperbaikinya. Inisiatif buat ningkatin frekuensi jalan kayaknya solusi tepat. Selesaikan masalah inti kalian.

5. TAURUS

9. VIRGO

(22 Desember - 19 Januari) Larangan pacaran dari ortu bukan berarti akhir segalanya. Bisa jadi, ortu selama ini memantau nilaimu yang terus turun. Nah, kalo udah begini, kamu juga yang rugi kan? Pacaran juga punya frekuensi. Jangan keseringan ya. Lagian, acara pacaran bisa diubah jadi ajang belajar bersama. Winwin solution.

2. AQUARIUS

6. GEMINI

(20 Januari – 18 Februari) Si dia memang suka jual mahal. Sikapnya rada nyebelin kalau kamu semakin mendekatinya. Dia jelas ngerasa risi banget. Apalagi, status kalian masih gebetan, menggantung. Aime rasa nggak ada salahnya status kalian ditingkatin satu level. Supaya bisa sama-sama mengecap manisnya cinta.

(21 Mei – 21 Juni) Risiko ngeduain pacar mulai kamu rasain nih. Tuh lihat, handphone-mu nggak berhenti berdering dari kedua pacarmu kan? Nah lho. Biar kamu bisa nyadar, ngedobelin orang bakal nyita waktu dan perhatian. Ssst, pacar “tua”-mu sudah mulai pasang radar tuh. Kamu sebaiknya waspada.

10. LIBRA

3. PISCES

7. CANCER

1. CAPRICORN

(19 Februari – 20 Maret) Tak ada gading yang tak retak. Walaupun gading itu dilapisin emas sepuhan 24 karat. Begitu juga hubunganmu. Di depan kecipratan bahagianya perjumpaan. Di belakang kudu siap dikecewain sama perpisahan. Eits, putus bukan akhir segalanya lho. Dunia belum berakhir bila dia putusin kamu.

4. ARIES

(21 maret – 19 April) Lega karena ungkapin perasaanmu ke gebetan kan? Yah, meski penolakan pedas yang kamu terima. Tapi, ditolak memang risikonya bercinta kan? Nggak perlu disesali. Prinsip mati satu tumbuh seribu perlu diberdayakan. Yang penting dia tahu perasaanmu. Nggak ada lagi yang mengganjal.

Zhilla 4 Juni “ Moga tambah dewasa en tambah cantika aja….Buat yayankku Zha tambah sayang aja en buat anak-anak gadis butut semaoga tambah exist teruuus…”

(23 Agustus – 22 September) Cup cup cup. Nangisin putusnya pacar nggak perlu kayak pernikahan, tujuh hari tujuh malam. Sudah, keputusan yang dia ambil awalnya juga dari kesalahanmu. Makanya, kudu ati-ati kalo milih pacar. Jangan buaya laut yang kamu pilih. Tuh, selingkuhannya lagi ngetawain kamu. Stand up for love.

(23 September – 23 Oktober) Kepala dingin perlu kamu siapin nih. Pasalnya, dimaki sainganmu emang rada bikin hati panas. Eh, jangan berlarutlarut. Fokus! Karena tujuan awalmu kan ngedeketin si target. Nggak ada artinya kalo kamu ngeladenin saingan nggak jelasmu itu kan? Malah tujuanmu yang sebenernya nggak tercapai.

(22 Juni – 22 Juli) Rebellion has come. Uh, pacar yang tadinya nurut dan kalem jadi berubah drastis. Dia mulai minta macem-macem. Antar jemput sekolah-rumah jadi syarat utamanya. Itu juga karena kamu nggak pernah dengerin saran dia. Makanya, emosi terpendamnya sekarang lagi meledak. Buruan ademin.

11. SCORPIO

8. LEO

12. SAGITARIUS

(23 Juli – 22 Agustus) Suka yang lebih muda? Nggak ada yang salah kok selama kamu nyaman di sampingnya. Nggak ada batasan umur dalam dunia bercinta. Buruan deketin dia. Temen sepantaranmu udah mulai ngambil ancang-ancang tuh. Kalau nggak mau kalah start, buruan ambil posisi deh.

(24 Oktober – 21 November) Tebel tipisnya dompet si dia bukan segalanya lho. Inget, asas kemandirian dalam berkencan tetep kudu kamu pegang. Salah-salah, kamu malah jadi ketergantungan. Apalagi, kamu bakal kecewa seumpama dia nggak sanggup bayarin baju idamanmu. Ih, nggak mau matamu berubah ijo kan?

(22 November – 21 Desember) Waktunya bersabar. Sebentar lagi sayap cupid bakal menghampirimu. Bukan dengan gebetan yang selama ini kamu harapkan. Tapi dengan seseorang yang sudah lama punya rasa sama kamu. Si dia udah nggak sabar buat jadi pendampingmu kok. Kedekatan kalian yang udah lama jadi salah satu faktornya.

M. Y unus Yunus 9 Juni “ Semoga dengan bertambahnya umur, bisa semakin dewasa dan semua cita-cita tercapai. Plus semakin awet ama orang yang aku sayangi…,”

Buat kamu-kamu yang ultah, ingin nama dan fotonya nampang di sini, kirim surat data diri dan foto yang cakep ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Buruan ya sebelum hari Kamis..


Minggu, 07 Juni 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

25

Peri yang Tua dan Mati dalam Damai Malam itu tak begitu dingin. Sepi. Aku di halaman depan rumah, sengaja duduk--duduk santai di sebuah bangku panjang untuk menikmati malam. Meski sebenamya aku tahu, udara malam tak baik untuk kesehatan. Ada sesuatu yang sangat kuat pada malam hari, begitu pikirku, dan sesuatu yang kuat itu seperti memiliki energi super yang menarikku untuk mencintainya. Mencintai malam. Sesekali suara burung berceracau terdengar. Tapi, aku tak tahu asalnya. Dari pohon rindang di depan masjid yang berada tak jauh dari rumahku kah? Atau, dari salah sebuah sangkar tetangga? Aku benar-benar tak paham dan tak yakin dari mana persisnya suara itu bersumber. Di tengah keheningan itu, perhatianku tersedot sejenak oleh satu suara misterius. Suara sayap mengepak. Tapi, aku yakin itu bukan suara sayap burung. Aku yakin sepasang sayap yang mengepak itu jauh lebih lebar dan besar daripada sepasang sayap burung. Tiba-tiba ada beberapa bulu putih yang jatuh dari langit hitam cerah ke tanah tempatku berpijak. Tak berapa lama, sesosok makhluk sebesar manusia dewasa tersungkur jatuh di depanku. Dia bersayap! Putih bulu sayapnya dengan panjang dan lebar atau besar yang proporsional dengan tubuhnya. Aku mendekat. Tampak jelaslah, dia adalah seorang tua. Wajahnya dihiasi kerutan. Kumis dan jenggotnya putih. ‘’Aku haus,’’ ucapnya mengejutkan keterpakuanku. ‘’Bapak siapa?’’ aku menyahut ucapannya dengan sebuah pertanyaan yang dipenuhi nada heran. ‘’Aku haus,’’ singkatnya. Tebersit di benakku, apa namanya adalah ‘’haus’’. Ha ha ha. Bersitan yang bodoh. ‘’Tunggulah sebentar, aku akan mengambilkanmu minum,’’ entah mengapa, tak ada sedikit pun rasa takut yang hinggap pada diriku. Padahal, jelas orang yang bukan orang di hadapanku ini adalah makhluk asing!

Cerpen: Rio F ebbianur R achman Febbianur Rachman

‘’Tak usah ambilkan air. Berikan aku dedaunan hijau,’’ pintanya. ‘’Dedaunan?’’ aku menjadi teramat heran. Haus tapi minta daun, bukan air. ‘’Berikan aku dedaunan hijau,’’ singkatnya. Aku pun dengan tanggas memetik berlembar-lembar dedaunan hijau. Kusuguhkan padanya. Tebersit di pikirku, apa orang yang

bukan orang ini adalah siluman kambing atau sapi yang herbivora? Ha ha ha. Bersitan yang dungu. Dia tidak menyentuh dedaunan yang kuberikan. Dia hanya menghirup baunya. Jelas terlihat dia mencium dedaunan itu dengan kuat. Seketika, dedaunan itu kering. Aku takjub! Keajaiban sedang terjadi di hadapanku! Dia lalu berdiri. Dia seorang yang gagah, namun sudah tua. Sudah banyak bulu di sayapnya yang rontok. Tebersit di hatiku, mungkinkah dia punya hubungan kekeluargaan dengan ayam

atau bebek yang bila sudah tua bulu di sayapnya rontok dimakan usia? Ha ha ha. Suatu bersitan yang tidak cerdas. ‘’Terima kasih sobat manusia, aku merasa lebih baik sekarang,’’ ucapnya padaku. ‘’Maaf, bolehkah saya tahu, Bapak ini siapa?’’ dia sedikit terbatuk selepas sepersekian detik pertanyaan yang kulontarkan. ‘’Aku adalah peri. Aku peri yang tua,’’ ujar dia terhenti sejenak. ‘’Dan kurasa, sebentar lagi aku mati,’’ wajahnya sedikit memerah, lalu dia terbatuk lebih lama daripada sebelumnya. ‘’Terima kasih, kamu adalah manusia yang baik. Aku beruntung tersungkur di hadapanmu,’’ ujarnya lagi. ‘’Bapak bilang, Bapak peri? Dan, Bapak akan mati?’’ tanya heran kembali kulayangkan. ‘’Iya, wahai sobat manusia. Aku adalah peri. Aku yakin sebentar lagi aku mati. Nyawaku terasa sudah tak akan lama lagi bersemayam di dunia fana. Aku bisa merasakannya,’’ katnya. ‘’Aku akan mati. Tubuhku akan menjadi debu-debu putih mengkilat. Jutaan debu--debu bersinar. Yang semuanya berusaha naik ke langit. Mencari sebuah singgasana di nirwana. Di antara jutaan debu, hanya ada satu yang berhasil duduk di singgasana. Kemudian debu itu harus sabar menunggu dihidupkan sebagai peri yang baru. Sedangkan nyawaku bersemayam di satu tempat yang jauh. Di keabadian. Bersiap menerima ganjaran dari apa yang telah kulakukan selama hidup,’’ jelasnya. (*) Penulis adalah pelajar Universitas Negeri Surabaya

A dy P asemah* Pasemah*

Surat untuk Sang Raja Kulayangkan sepucuk surat untuk sang raja yang asyik bercengkarama dengan tetabuhan gamelan dan sinden istana sambil terbahak-bahak mengelus dagu dengan sedikit tetesan arak dunia kulayangkan surat untuk sang raja yang kutulis semalam dengan tinta darah dan sedikit air mata yang diterangi secuil pelita yang enggan menampakkan cahaya surat diterima oleh sang raja dibuka dan dibaca dengan dahi berkerut, air muka yang memerah paduka murka paduka marah dan bertitah “lanjutkan gamelan dan tetabuhan” * Staf Pengajar SMPN 1 Mendahara Ulu

Angga Rahayu**

Goresan Terakhir Aku adalah seorang yang tak berdaya yang menatapi kelamnya kehidupan dengan goresan takdir yang begitu suram aku yang tedampar di alam fana yang mengharap rindu-Mu semata tak bisa membahagiakan kedua orang tua agar kubisa meraih sang surga aku hanya ingin kedamaian aku hanya ingin kebersamaan karena hidupku selalu dirudung kepiluan ya Allah berikan aku ketabahan untuk menghadapi kenyataan berikan aku segumpal ketulusan tuk jalani tasbih cobaan *Siswa SMPN 1 Mendahara Ulu Kelas VIIIa

REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email

ke bianglala_minggu@yahoo.com, jambi_inde@yahoo.com


Halaman

26

Horizon

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Termewek-Mewek

Action!! Laki-laki itu baik, simpatik sekaligus romantis. Aku kenal dia saat wisuda abangku, dua tahun lalu. Kemudian kami saling dekat, akrab, dan memutuskan untuk pacaran. Tapi sejak enam bulan lalu, laki-laki itu menghilang. Ia meninggalkan janin di rahimku, sekaligus utang yang menyusutkan rekeningku. Namun aku tetap yakin ia adalah orang baik. Aku hanya perlu menemukannya untuk memastikan, aku tidak marah padanya. Tidak pernah, karena aku begitu mencintainya. Pencarian dimulai. Aku mendatangi tempat kosnya, mencari informasi keberadaan bapak calon anakku. “Ardi… mm, yang tinggal di kamar tengah ya?” tanya salah seorang penghuni kos. Aku mengangguk. “Sekitar enam bulan lalu sudah pindah, tapi kadang masih mampir kemari. Terakhir sepekan lalu, tapi cuma sebentar.” “Untuk apa dia ke sini?” tanyaku. “Kurang tahu ya, Mbak. Kayaknya cuma ambil pakaian yang tersisa, sekalian bayar utang.” “Utang dengan siapa?” “Pemilik kos-an.” “Mas tahu di mana rumah pemilik kos?” “Itu.” Ia mengarahkan telunjuk ke seberang tempat kos, pada rumah besar berpagar rapat. “Terima kasih.” Aku dan beberapa teman yang ikut bantu mencari, pamit pada penghuni kos. Kami menuju rumah yang dimaksud. Tampak di balkon, ada yang memperhatikan. Sepertinya ruang kecil dengan kanopi mini itu memang diperuntukkan sebagai kotak pengintaian. “Permisi…” dua kawanku lebih dulu mencapai pagar. Seorang pembantu keluar tergopoh-gopoh. “Cari siapa, ya?” “Aduh!” Mandy, salah satu kawanku, menepuk dahinya. “Kok kita lupa bertanya, siapa nama pemilik kos-an itu.” “Cari pemilik kos-an yang di depan, Mbak.” Panji, kawanku yang lain, mengambil alih. “Oo, sebentar ya. Saya panggil dulu.” Tak lama, seorang bapak berwajah bijak dan berkacamata, menghampiri kami. “Ada yang bisa saya bantu?” sapanya. “Begini, Pak…” Panji bercerita panjang

Cerpen : Syarifah Lestari

Tiga hari menginap, tak membuahkan hasil. Setiap penduduk yang kami temui, lalu diajukan pertanyaan seputar Ardi, hanya mengangkat bahu. Tapi dengan ekspresi gugup, mata mereka membungkus rahasia.” lebar, sebagaimana yang telah kusampaikan padanya ketika meminta mereka membantuku mencari Ardi. *** Dari alamat yang diberikan pemilik kos, besoknya kami menuju sebuah kampung. Sepi, terbelakang, miskin. Tanahnya retak kering kerontang, lalang menguning berlapis debu tebal. Sepertinya kampung ini diliputi cahaya kuning, betapa matahari tak mampu dilawan atau sekadar dilunakkan. Di mana-mana semak. Pohon-pohon hanya beberapa, itupun tak lebih tinggi dari rumah penduduk yang juga menguapkan kemiskinan. Aku, Panji, dan Mandy berpandangan. Tempat apa ini? Kenapa Ardi di sini? Tapi pertanyaan itu kami simpan di benak masing-masing. Fokus ada pada tokoh, bukan setting tempat. Kami berkeliling mencari target. Tiga hari menginap, tak membuahkan hasil. Setiap penduduk yang kami temui, lalu diajukan pertanyaan seputar Ardi, hanya mengangkat bahu. Tapi dengan ekspresi gugup, mata mereka membungkus rahasia. Sampai kemudian seorang anak dekil berceloteh tentang dukun kampung, tukang tenung yang hidup di pojok paling pojok wilayah gersang itu. Aku, Panji, Mandy dan teman-teman lain menyimak seksama. Anak itu tidak secara langsung menceritakan Ardi, ia hanya menyarankan kami untuk menemui orang syirik yang tenar akan ilmu mistisnya tadi. Menurut si anak, dukun yang ia sebut Mbah Seram pernah mengembalikan kakak perempuannya yang disembunyikan jin. Dukun tenung itu juga pernah melenyapkan seseorang, mengembalikan, menyimpan, membuang, atau melakukan apa pun terhadap semua benda dan orang yang berada di seluruh wilayah kampung mereka. Kami terperangah. Inilah Indonesia, penyakit paling akut nomor satu yang diderita warganya adalah suka tahayul. Yang kedua amnesia.

Setelah tim berembuk, kami memutuskan mengikuti saran si anak. Sebenarnya aku telah berulangkali mengingatkan mereka, mendatangi dukun berarti kami telah kufur terhadap ajaran Muhammad. Tapi mereka menganggap aku sedang ngelenong, bisa hamil tanpa nikah, malah bicara tentang iman dan kufur. *** Mbah Seram menyambut, seperti dukun pada umumnya, ia tahu tujuan kedatangan kami sebelum ada yang menceritakan. Ia cekikikan, memamerkan gigi-gigi hitam kuning berselang-seling. Aku menahan napas, perutku bereaksi, muak pada pemandangan di mata ibunya. “Kalian mencari Ardi? Hihihi…” dukun itu seperti kegelian. Humor paling tak lucu yang pernah kulihat. “Begini, Mbah..” “Diam!” Panji tersentak. Wajahnya serta merta gentar. Lalu hening. Wajah Mbah Seram tanpa ekspresi. Kupikir makhluk satu ini lebih cocok jadi pelawak daripada dukun. Lalu tiba-tiba, pintu rumah Mbah Seram didobrak dari luar. Seorang lakilaki kumal sempoyongan memasuki ruangan. Aku kenal dia, Ardi! Diikuti tiga perempuan aneka usia, Ardi mendekati Mbah Seram. Matanya kosong, seolah jiwanya tak sama tempat dengan raga. Aku dan Mandy menggenggam kuat kiri kanan lengan Panji. Mbah Seram tertawa lagi. “Ardi adalah menantuku, baru menikahi tiga anakku satu pekan lalu. Jumat besok, dia akan menikahi anakku yang dua lagi! Hihi, haha….” Dukun itu kegirangan, segirang kameramen yang berhasil mengambil gambar terbaik. Segembira aku yang bisa berakting demikian sempurna. Segembira sutradara mengingat aliran uang dari sponsor. Segirang dewan redaksi yang rating acaranya terus naik setiap tayang.(*)

Sajak-Sajak Abdullah Khusairi

Tanjung bathin kami sembilan ruas jauh ke hulu mengayuh mengharap sua tuan puan ujung tanjung rambai melambai dan telah lama nian tak didengar pantun seloka dusun telah menguap asap daun rimba telanjang sudah adat berjalan tetua tak mengajar yang muda kepalang ajar kami berhunus belati di sungai Belanti begitu dekat mimpi mengejek kami tuan puan entah dimana ujung ke ujung kami bertanya kata tuan wakil kami pandai benar tuan menipu diri tanjung kami berujung sepi masihkah tuan puan punya tuhan? Sitinjau Laut, April 2009

Syarifah Lestari

Kepada Semprul Ingin kupintal surga untukmu Saat kau bawa aku berhujan, dan kutulis puisi pada angin Tanpa kau bisa merekam cacimakiku Tapi cemberut kulihat memahat di wajahmu Sejalan kita menggelinding impian di aspal Meski senja kita sama Kau akan berada pada kesunyian gudang, dan aku pada lingkar sunyiku sendiri Tapi, kita akan tetap memintal surga Kau Sastrawan, Bukan Foto Model, Kata Ibu Ketika puisi hanya dihargai sebungkus sate Ibuku bilang puisimu mirip cerpen Satu kata kunikmati seperti seiris daging tipis pada tusukan Anganangan jangan jadi angin, yang anginanginan jangan beranganangan Ibu merengut Bahasamu tinggi, mirip dosen tanpa karya Seperti budayawan kecemplung politik Pulang nak, kata Ibu Retak Larutlah bersama waktu, dalam cangkir sejarah Mengeringlah seperti luka Jangan membelatung, jangan menyusahkan Punggungku telah penuh. Kepalaku berat, bahkan kepalanku tak lagi rapat Menguaplah seperti air, bersama udara Lalu hujani tanah yang lain REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi sastra. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email ke

jambi_inde@yahoo.com, bianglala_minggu@yahoo.com


Minggu, 07 juni 2009 n Jambi Independent

YCONFSZ

MUSIC

Halaman

27

YCONFSZYCONFSZ

Kelly Clarkson:

‘ALL ALL I EVER WANTED’, Bukan Lagi Seorang Idol JIKA seorang musisi telah mengalami kejenuhan berkarya akibat konsekuensi kontrak dengan label, maka jadinya adalah sebuah album over-produced yang berisikan ‘lagu lama’ yang hanya berubah lirik dan digubah sedikit aransemennya, bahkan tak jarang malah membuat pamor sang musisi kian meredup karenanya, ironisnya hal ini sedang dialami oleh solis muda Kelly Brianne Clarkson dalam album ke-4nya ALL I EVER WANTED. Meski pernah mencatatkan angka penjualan yang fenomenal pada album BREAKAWAY di tahun 2004 lalu, yang mencapai 10.500.000 kopi di seluruh dunia, namun sebenarnya penurunan kualitas dari jebolan American Idol first season itu sudah terasa sejak album MY DECEMBER yang rilis di tahun 2007 lalu, di mana penyanyi berusia 27 tahun itu terkesan terlalu memaksakan karakter rock yang kurang solid. Seperti diketahui, Kelly yang pernah menyabet dua Grammy Award pada 2006 lalu itu, sebenarnya memiliki kapabilitas untuk menjadi seorang solid pop singer yang pastinya telah memiliki pasar sendiri, pasca kemenangannya di American Idol. Hal tersebut terbukti dari album debutnya, THANKFUL pada awal 2003, yang sukses diganjar oleh 2 platinum, serta menempatkan single A Moment Like This di urutan paling atas chart Billboard AS. Namun seperti halnya sebuah produk yang berprospek, maka campur tangan RCA Records selaku label, sungguh mendominasi, singkat cerita, Cinderella diberikan jaket kulit dan gitar berdistorsi, demi sebuah imej rock. Oke, mungkin BREAKAWAY belum menampakkan Cinderella

dalam diri penyanyi asal Texas tersebut, karena justru perubahan imej frontal pop ke pop-rock dari periode album debut menuju album ke-2 ‘menolong’ Kelly terlihat unik dan berbeda. Pada ALL I EVER WANTED, semua imej tersebut rupanya kian tak mempan serta dipenuhi formula usang yang justru membuat orang berpikir dua kali, untuk membeli album yang mengetengahkan single My Life Would Suck Without You tersebut. Simak saja track yang bertitel I Do Not Hook Up, sebuah lagu yang bercerita mengenai betapa naifnya kehidupan seksual gadis-gadis remaja Amerika, party on Saturday night, church on Sunday, mungkin begitu maksud Kelly, namun bukankah sejak era Britney Spears bangga saat kehilangan keperawanan, lagu-lagu seperti ini jadi retorika semata? Kemudian ada Already Gone yang rupanya ‘salah kamar’, dengan aroma R&B yang kental maka tentu saja imej rock yang mati-matian dipertahankan jadi sirna, meski ironisnya Kelly sebenarnya mengolah vokalnya tanpa kesalahan. Berikutnya If I Can’t Have You, semakin menunjukkan jika RCA telah membuat kesalahan pemilihan lagu, beat-beat dance repetitif memang terdengar catchy, tapi Kelly bukanlah seorang Alecia Beth Moore atau Pink, bahkan range vokalnya sebenarnya bisa disejajarkan dengan LeAnn Rimes, tapi sekali lagi, label anak perusahaan Sony Music Entertainment tersebut terlalu memaksakan pasar pop-rock-alternative untuk Kelly. Overall, di saat Avril Lavigne sukses menjadi ikon pop-post-punk baru yang dibajak RCA dari Arista Records, rupanya Kelly harus menjadi ‘tumbal’ dengan proyeksi menyabet

MOVIE ‘DRAG ME TO HELL’,

habis pasar pop-rock mainstream, sayangnya hal tersebut tidak atau sampai hari ini masih belum jadi kenyataan. Ibaratnya, jika Anda adalah seorang remaja putri yang merasa dikucilkan oleh teman sekelas, serta merasa ingin membalas dendam dengan mantan cowok Anda yang selalu bermulut besar, maka

Melepask an Diri Dari Kutuk an Melepaskan Kutukan

SEBAGAI seorang petugas bagian peminjaman di sebuah bank, Christine (Alison Lohman) jelas tak punya banyak pilihan saat seorang wanita tua bernama Mrs. Ganush (Lorna Raver) datang meminta perpanjangan pinjaman. Christine harus segera membuat keputusan meski ia tak tahu konsekuensi dari keputusannya itu. Bermaksud ingin menyenangkan Mr. Jacks (David Paymer), atasannya, Christine pun lantas menolak permintaan Mrs. Ganush dan memutuskan wanita tua ini harus segera keluar dari rumah yang ditinggalinya saat ini. Christine sebenarnya tak tega tapi ia harus segera membuat keputusan. Sialnya, keputusan yang ia buat justru tak menguntungkan buat dirinya sendiri. Mrs. Ganush yang merasa putus asa kemudian mengutuk Christine menjadi penghuni neraka selamanya. Christine tak terlalu mengkhawatirkan kutukan wanita tua itu, setidaknya sampai ia mulai dihantui makhluk-makhluk menakutkan yang tern-

yata memang bermaksud menyeret Christine masuk ke dalam neraka abadi. Jarang ada sebuah film horor yang mampu memikat para kritikus film yang biasanya sangat cerewet soal akting, logika dan lain sebagainya. Anehnya DRAG ME TO HELL ini justru mendapat banyak pujian saat diputar dalam acara Cannes Film Festival. Metacritic juga memberikan nilai 83 pada film ini sementara para user memberikan nilai 7,2 dari 10 poin. Sebuah pencapaian yang jarang terjadi pada film horor. Buat para penggemar film horor, DRAG ME TO HELL (judul yang sangat sederhana dan mewakili cerita film ini) ini jelas disambut dengan tangan terbuka. Di awal karirnya, sutradara Sam Raimi memang terkenal sebagai sutradara film horor. Kalau Anda masih ingat dua film klasik THE EVIL DEAD dan ARMY OF DARKNESS, dua film itu adalah hasil karya Sam Raimi. Setelah itu Raimi mulai beralih ke genre mainstream dan sukses menggarap tetralogi SPIDER-MAN.(*)

album ini cocok untuk Anda. Dan jangan lupa, Anda harus jago dengan Photoshop jika ingin membuat foto Anda bisa sparkling mirip cover albumnya. Eh, tapi bukankah Avril telah membuat ide serupa dalam debut albumnya LET GO pada 2002, saat itu tentu saja Kelly masih berkutat dengan komentar Simon Cowell. (*)


Halaman

28

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

Putriku Kok Suka Bermain dengan Anak Cowok

REDAKSI

Zhafira Salsabila Sadikin Jalan Tarmizi Taher No 59 Kelurahan Pakuanbaru, Kota Jambi

eddy junaedy/jambi independent

SEORaNG ibu terlihat hanya geleng-geleng kepala saat melihat putrinya yang bermain dengan anak lakilaki. Jika sudah begini, jelas permainan yang dipilih pun berhubungan dengan anak laki-laki juga. Mulai dari main kelereng hingga main perang-perangan. “DIsini kebetulan kebanyakan anak lakilaki,”ujarnya. Ia sendiri khawatir jika anaknya tidak lagimemiliki sifat feminim. Mengingat jarang bergaul dengan teman sebaya yang sama jenis kelaminnya. Apa yang dialami ibu ini juga sering terjadi pada ibu-ibu lainnya. Apalagi jika melihat sang anak yang menyukai permainan yang tentu jauh dari sifat jenis kelamin yang dimiliki. Ria (30) misalnya. Wanita ini bingung melihat putrinya yang menyukai mainan yang biasanya hanya disukai anak laki-laki. “Lihat saja mainannya, pistol, robot-robotan, pedang-pedangan sampai mobi-mobilan. Kalau boneka malah ngga suka,” ujarnya saat ditemui Jambi Independent. Untungnya, sang anak mau memanjangkan rmabutnya. Sehingga identitasnya se-

BERMAIN: Dua anak terlihat bermain bersama. Stimulasi dengan permainan baik untuk anak laki-laki maupun perempuan.

baga anak perempuan masih terlihat. “Coba kalau rmabut pnedek, uda seperti anak laki-laki,” ujarnya. Diakuinya, lingkungan rumahnya lebih banyak anak laki-laki dibandingkan dengan dengan anak perempuan. Sehingga anaknya banyak bermain dengan teman-temannya yang laki-laki. “Makanya, mainnya juga guling-gulingan dan main tanah hingga silatsilatan,” ungkapnya. Ibu dari satu anak ini sendiri sudah sering mengajak anaknya bermain di rumah. Tentunya dengan permainan yang banyak menonjolkan feminitas. “Biar tahu kalau dia perempuan,” ujarnya. Berbeda dengan Ria, Aan (35) tidak khawatir jika putrinya suka banyak bermain dengan anak laki-laki di­ bandingkan perempuan. Yang terpenting, tetap diberikan pengajaran di dalam keluarga jika ia adalah seorang perempuan. “Kalau bermain dengan anak laki-laki, anak biasanya lebih kuat dna ngga cengeng. Nanti tinggal kita yang mengarahkan,” jelasnya. Buktinya, putrinya yang kini duduk di bangku kelas 1 SD ini tetap memperlihatkan sifat feminitasnya. Padahal, teman-teman di di lingkungan rumahnya lebih banyak lakilaki. “Nanti kalau di sekolah juga ketemu teman perempuan. Jadi biarlah sekarnag bermain karena memang ini dunianya,”imbuh ibu dari satu anak ini.(nid)

Kata Psikolog Dewi Handayani

Jalan Kopral Khaidir Pakuanbaru, Kota Jambi

Sello Astrella Jalan Syamsuddin Uban RT 04 No 55, Kelurahan Tambaksari, Jambi Selatan

Stimulasi Anak dengan Semua Permainan JIKa anak perempuan suka bermain dengan anak laki-laki itu bukanlah masalah serius. Karena pada masa balita khususnya, stimulasi memang harus dilakukan dari berbagai lini. Seorang anak perempuan tidak hanya diperkenalkan dengan permainan anak perempuan saja seperti boneka, masak-masakan tapi juga bisa distimulasi dengan permainan yang menonjolkan sifat maskulinitasnya. Bisa dalam bentuk mainan robot-robotan atau bergabung bermain dengan anak sebayanya yang berjenis kelamin laki-laki. Sehingga anak bisa belajar banyak hal tidak hanya

yang berhubungan dengan sifat keperempuanannya saja. Hanya saja, tentu tetap sesuai dengan porisinya. Dimana, anak perempuan sifat feminitasnya lebih menonjol dan sebaliknya. Disini, nantinya orangtua bisa melihat perkembangan anak jika ada gejala yang menujukkan eklainan biologsinya. Pada lingkungan yang memang lebih banyak anak-anak laki-laki sementara anak juga butuh stimulasi untuk mengembangkan sifat feminitasnya maka disini peran orangtua sangat penting untuk membantu memberikan masukan. Tentunya, ini bisa dilakukan di rumah. Misalnya

dengan mengajak anak bermain dengan hal-hal yang bisa menujukkan feminitasnya. Seperti main boneka, mengajak anak memasak bersama dan lainnya. Begitu juga sebaliknya. Perlu diketahui, pada dasarnya manusia memiliki dua sifat yakni feminitas (yang menonjolkan sifat kerempuanan) dan maskulinitas (yang menonjolkan sifat kelakian). Dua sifat ini ada pada laki-laki dan perempuan. Hanya saja porsinya yang berbeda. Dimana, pada anak laki-laki, sifat menonjola adalah maskulinitas. Sementara pada anak perempuan yang lebih dominant adalah sifat feminimnya. (nid)

Rizky Takriyanti S.Psi


Minggu, 07 Juni 2009 n Jambi Independent

tIPS

Perkembangan Psikologi Balita U SIA 0-6 bulan, attachment (kelekatan) terhadap ibu, tergantung secara total pada ibu atau care giver, membangun rasa percaya (trust).

Usia 6-12 bulan, berpisah dari ibu (usai ASI eksklusif), mulai mengembangkan sense terhadap diri, suka becermin. Usia 1-18 bulan, perkembangan sosial dini, egosentris, mengembangkan rasa percaya diri, bermain secara mandiri. Usia 18-36 bulan, masanya belajar kemandirian, belajar cara memenuhi kebutuhan diri, membutuhkan persetujuan orangtua, menunjuk benda yang diinginkan, belajar bergiliran dengan bantuan orang dewasa, belajar berbagi, cemas jika ditinggal (separation anxiety). Usia 3-5 tahun, mulai bisa diajak bekerja sama, tetapi belum mampu membedakan fantasi dengan realita. Mengalami sambil mengatasi beragam emosi (sedih, cemburu, gembira, dll). Bisa berinteraksi dengan anak lain dengan memperhatikan detail, ruang, dan waktu.(*)

Halaman

29

Permintaan Anak Tidak Selalu Harus Dituruti MENYATAKAN rasa sayang terhadap anak bukan berarti harus menuruti semua keinginan anak. Apalagi jika keinginan tersebut berlebihan dan mustahil dikabulkan. Karena itu orangtua harus pandai-pandai memilah permintaan anak dan kapan waktu yang tepat untuk mengabulkannya. Rina (25) mengaku sulit untuk menolak permintaan anaknya. Apalagi jika anak sudah berteriak dan menangis keras. “Daripada ngamuk. Selama masih bisa ditoleransi, terpaksa saya kabulkan,” ujarnya. Hanya saja, jika sudah membahayakan, biasanya ia lebih memilih anaknya menangis keras. “Seperti main silet atau benda tajam,” ujarnya. Namun terkadang ia tidak tega jika sudah melihatnya menangis. “Biasanya langsung saya bawa dan alihkan dengan mainan lain,” tambahnya. Psikolog Rizki Takriyanti me­

eddy junaedy/jambi independent

PERMINTAAN ANAK: Seorang ibu sedang mengajak anaknya jalan-jalan. Tidak semua permintaan anak harus dituruti. ngakui, tidak sedikit orangtua yang mengabulkan permitaan anak. “Daripada ngambek dan nangis, lebih baik dikabulkan,” ujarnya. Menurut Rizki, orangtua harus memilah setiap keinginan anak, apakah permintaan tersebut masuk akal, sesuai kebutuhan

dan tidak berbahaya. “Misalnya anak ingin pisau. Kalau dituruti, bisa berbahaya,” ujarnya memberikan contoh. Begitu juga jika anak minta sesuatu, misalnya uang jajan. Sebaiknya orangtua menentukan budget tertentu. “Jangan setiap

minta diberikan, sehingga anak terbiasa semua permintaanya pasti dikabulkan,” tambah pembantu rektor III IAIN STS Jambi tersebut. Kondisi itu tidak baik bagi perkembangan anaknya, karena bisa menyebabkan anak menjadi manja dan tidak mandiri. Anak juga bisa menjadi pribadi yang imatur sehingga sulit membedakan kondisi riil dan yang ada dalam pikirannya. Bagaimana jika anak mengamuk? Sedari awal orangtua harus belajar tidak mengabulkan permitaan anak jika anak mengamuk. Jika terbiasa, akan menjadi senjata bagi anak. “Kalau mau dikabulkan, mengamuk dulu.” Tapi jika permintaan tidak mungkin dipenuhi dan anak mengamuk, orangtua bisa memilih. “Awalnya orangtua bisa memberikan penjelasan. Pada balita, bisa dialihkan ke hal yang lain,” sarannya. (nid)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

30

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Demam Facebook, Pengaruhi Pasar Handphone JAMBI JAMBI-Demam Facebook, ternyata berimbas kebanyak hal termasuk perangkat yang bisa menunjang hobi ini. Kondisi tersebut memacu peningkatan permintaan beberapa tipe handphone yang bisa menunjang aktivitas face, melalui alat komunikasi genggam ini, contohnya tingginya permintaan Handphone Nokia type E71 dan E63. Hal ini terungkap dari pengamatan Jambi Independent dibeberpa gerai handphone yang ada di Kota Jambi kemarin (30/ 05). Putri (21), Karyawan Oke Shop, yang berada di Jalan Gatot Subroto No. 37 Pasa Jambi, mengatakan, permintaan dua Type Handphone nokia E71 dan E63, sedang tingginya,”ujarnya. Hal ini menurutnya, dikarenakan oleh adanya kebutuhan layanan internet praktis melalui handphone,”ujarnya. Ia menyebutkan, untuk kedua tipe tersebut rata-rata 10-15 unit terjual tiap minggunya, untuk masing-masing tipe,”kata Putri. Ia juga menjelaskan, permintaan datang dari semua kalangan, bukan hanya terbatas kaum muda saja, tapi orang dewasa juga banyak yang beli,”kata putri lagi. Namun, menurutnya untuk khusus E63, kayaknya anak sekolah dan mahasiswa agak sedikit lebih banyak yang beli, dikarenakan harganya lebih murah,”ujar putri. Untuk masalah harga, menurut putri Nokia tipe E71, ditawarkan dengan harga Rp. 3.975.000,-, sedangkan E63, sedikit lebih murah, yakni Rp. 3. 025.000,-, jadi khusus bagi para penguna hnadphone yang membutuhkan akses komunikasi internet via handphone, maka dua type ini sangat cocok ujarnya, sebab keduanya memiliki fasilitas yang cukup lengkap,”terangnya. Putri menjelaskan, umumnya ponsel bisnis dengan desain QWERTY

tampil kaku, jauh dari kesan modis. Maklum yang lebih diutamakan adalah fitur dan kegunaannya. Tapi ini berbeda ketika kita melihat Nokia E71. Dari namanya, ponsel ini masuk segmen pebisnis tapi didesain cukup modis. Terlihat pada adopsi nuansa krom perak yang cukup dominan. N o k i a menyebut E71 sebagai “world thinnest QWERTY phone” d e n g a n ketebalan ponsel hanya 10 mm,”ujarnya. Maka, E71, tidak seperti kehadiran di E series sebelumnya, banyak fitur dasar baru di E71 yang tidak ditemui di keluarga seri E. Misalnya, peningkatan versi Quickoffice terbaru. Selain itu, fitur multimedia yang selama ini hanya diadopsi di N series, kini bisa kita dapatkan di E71. Tak terkecuali fitur A-GPS dan kemampuan koneksi HSDPA (high speed downlik packet access). Berikut fitur lain E71 yang diuji oleh SELULAR,”tandas putri. Kemudian, E71 adalah generasi penerus Nokia E61i, yakni mengadopsi konsep QWERTY keypad. Secara umum fungsi keypad serupa dengan E61i, hanya bentangan board keypad tentu lebih kecil. Tapi desain empat buah one

touch key terlihat mengacu pada yang digunakan di Nokia E51. Kelebihan one touch key adalah satu tombol bisa di set untuk dua fungsi menu berbeda, ‘short press’ dan ‘long press’,”kata putri. Jenis layar mengusung konsep landscape, berukuran 2,36 inchi atau 48x37 mm dengan resolusi 320x240 pixels. Tampilan layar pada home screen lebih dinamis dan kaya ikon fitur. Contohnya pada home screen bagian bawah kini bisa ditempatkan ikon info notifikasi SMS/MMS, email dan lain sebagainya, termasuk facebook,”kata Putri lagi. Selain itu, ada juga quickoffice, aplikasi strategis untuk Nokia E series, di E71 Quickoffice mengadopsi versi terbaru 4.1.35.0, dimana kemampuannya mencakup auto find and replace word, ditambah lagi advanced formatting untuk kemudahan mengatur penulisan di layar. Banyak tools edit yang menarik untuk olah naskah Word, Excel dan Power Point. Sebagai tambahan terdapat active notes, berguna untuk membuat pesan notes yang bisa dikombinasikan dengan konten multimedia wireless presenter dan kamus bahasa Inggris,”ujarnya. Ada juga, menu A (assisted)-GPS di E71 tak berbeda dengan yang pernah diperkenalkan di ponsel Symbian seri60 lainnya. Info GPS dapat diperoleh lewat menu GPS data (melihat arah kompas dig-

ital), dan tentunya menu Nokia Maps yang dibekali 3D maps, navigasi suara dan lainlain,”terangnya. Seali itu, E71 menjadi ponsel QWERTY Nokia yang berbekal resolusi tertinggi dengan 3,2 Mpix. Fitur di kamera mengacu pada pilihan fitur yang ada di N82, termasuk opsi close up, red eye, white balance dan kemampuan flash light. Hanya fitur red eye yang nampaknya belum di- s ertakan, dan juga untuk akses internet E71 menawarkan solusi yang cukup komplit, mulai dari 3G, HSDPA yang bisa dikebut 3,6 Mbps dan EGPRS kelas 32 yang secara teori punya maksimum download 296 Kbps dan upload 177,6 Kbps. Belum lagi, tambahan internet WLAN yang fungsional. Ada tambahan fitur baru yakni Intranet, berguna untuk akses jaringan dalam VPN (virtual private network), dengan konektivitas yang luar biasa, dimana untuk urusan koneksi ibarat gadogado, semuanya ada di E71 mulai dari bluetooth versi 2.0 dan infrared dengan speed data sampai 115 Kbps. Untuk yang kabel, E71 punya bekal fast speed USB. Fitur koneksi lainnya yang terbilang baru yakni barcode, lensa kamera bisa membaca kode barcode suatu produk dan bisa disimpan datanya, danmasih banyak lagi fasilitas lain seperti, Sentuhan musik memang tak terlalu jadi perhatian di E series, tapi lain halnya di E71. Pemutar musik dilengkapi fitur khas standar di N series, seperti equaliser, shuffle, genres, playlist, bass booster

dan composer. Tak seperti pendahulunya E61i, maka E71 sudah dibekali kemampuan bluetooth strereo A2DP. Format musik yang diputar yakni MP3, WMA dan AAC. Di menu ini juga tersedia jalur aks e s

langsung via internet ke Nokia music store. Ditambah lagi dengan fasilitas voice Aid dan Radio FM,”terang Putri. Kemudian, Putri menjelaskan lebih lanjut, Nokia E63 mau tak mau harus dikait-kaitkan dengan E71, saudara tuanya,”kata putri. Jika keduanya dijejer, E63 memang langsung menunjukkan kelasnya yang tak semewah E71. Kesan “plastik banget” langsung bisa disemburkan kepada E63. Itu karena saudara tuanya itu membungkus diri dengan kemewahan metal yang kinclong. Padahal kalau tanpa dibandingkan dengan kakaknya itu, sepertinya bahan-bahan plastik di tubuh E63 akan oke-oke saja,”kata putri. Tapi nanti ketika masa-masa bermewah-mewah telah lewat, harga yang lebih enteng dengan fitur-fitur yang tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya akan lebih menarik orang. Dan begitulah yang terjadi pada E63, dengan tampilan E63 ini tidak “malumaluin” sebagai ponsel yang harus menemani urusan pekerjaan, apalagi ketika harus bersanding dengan Blackberry yang sedang menguasai jagad perponselan kantoran (dan fashion). Dengan keypad QWERTY posisinya untuk mendukung produktivitas lebih kuat karena mengukuhkan dukungannya untuk difungsikan sebagai komput er genggam,”kata putri. Selain itu apklikasi juga lengkap, dimana dalam E63 yang menggunakan sistem operasi Symbian 9.2 ini ditanamkam cukup banyak aplikasi bersifat Office agar kita bisa mengerjakan tugas-tugas secara mobile,”terang putri. Ada Quickoffice yang berisi Word, Excel, dan PowerPoint.(amu) (amu)


Minggu, 07 Juni 2009 n Jambi Independent

Halaman

31

India Akrab dengan Jepang BAJ AJ Pulsar 180 DTSi atau 200 DTSi semakin populer. Meski jaringan bengkel dan dealer sudah tersebar, BAJAJ tapi masih ada kegamangan pada calon pembeli akan ketersediaan komponen motor India itu. Perasaan begitu harusnya nggak perlu ada lagi. Karena beberapa spare-parts bisa digantikan pakai kepunyaan motor lain. Bahkan penggantian itu juga bisa meningkatkan performa, lho. â&#x20AC;&#x153;Memang beberapa bagian sudah dicoba di Pulsar dan cocok. Bahkan ada yang memberikan efek positif karena performa motor malah menjadi baik,â&#x20AC;? papar Amurullah, supervisor teknik Fontana Perkasa Motor, dealer Bajaj di Jl. Daan Mogot, No. 105, Jakarta Barat. Berikut sejumlah komponen motor Jepang yang selama ini sudah dicoba dan terbukti cocok. Yang jelas bisa digunakan untuk motor sport from India ini. PEL AT D AN PER K OPLING DAN KOPLING Memang dengan mengganti pelat kopling Scorpio akselerasi jadi lebih cepat. Penggantian kampas ini sebaiknya juga dikombinasikan dengan per kopling racing punya Suzuki Satria F-150. Sebab per kopling standar Pulsar terlalu lembut untuk dipadu kampas kopling Scorpio. GIR SET Untuk gir set, memang tidak punya pengaruh berarti saat diganti dengan punya Honda GL Pro. Tapi hanya untuk jaga-jaga kalau gir set Pulsar tiba-tiba menghilang dari pasaran. Jadi murni substitusi. SIL MASTER REM Satu lagi komponen substitusi bisa diambil dari Yamaha. Adalah sil master rem Force 1 yang bisa langsung diaplikasi ke Pulsar. Jika terjadi trouble pada master rem dan terbukti sil bermasalah, bisa langsung pakai. Bentuk dan desainnya sama persis. KARBURA TOR AT Untuk bagian ini memang berfungsi ganda. Selain pengganti, juga jelas dapat mempengaruhi performa. Hal ini sudah banyak diadaptasi komunitas Pulsarian. Sedang bagi yang ogah ganti karbu, cukup mengganti main-jet dengan punya Scorpio. BA TANG PENGUNGKIT AS STUT K OPLING BAT KOPLING Biar tangan gak gampang pegal menahan kopling saat macet, ada baiknya coba ganti batang pengungkit as stut kopling pakai punya Yamaha Force 1. Dijamin jari-jari bakal lebih nyaman. Pegal pun bisa langsung hilang. K AMP AS REM BEL AK ANG AMPAS Substitusi lainnya adalah jika kampas rem belakang sudah mulai habis. Enggak perlu panik, karena bisa langsung pakai punya Honda vario. Dijamin pas dan lebih sip. ITEM KEREN LAIN PULSAR Diurusan modifikasi, Pulsar banyak menyumbang item keren. Khususnya lampu belakang yang sudah terkenal. Desain lampu yang futuristik sering dimanfaatkan builder. Selain itu juga, sistem lampu sein otomatis mengikuti setang seperti di mobil, juga bisa diapliaksi untuk motor lain. (*)


Halaman

32

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Ponpes Ar-Rahman

Miliki Segudang Prestasi Minim Fasilitas, Harapkan Bantuan PONDOK PESANTREN ArRahman dipimpin Ustaz Adi Tando. Dengan sejumlah tenaga pengajar dan pendidik terdiri atas Siti Rahil, Zubaidah, Leni, Helmi, dan tenaga TU Syafrizal, ponpes itu memiliki 130 santri yang terdiri atas lima kelas. Mereka belajar pukul 14.30–17.00 dilanjutkan setelah salat Magrib hingga Isya. Ponpes yang beralamat di Jalan Sultan Agung, Lorong Tukang Jahit, Kelurahan Lebak Bandung, itu memiliki prestasi membanggakan, seperti juara umum gebyar santri terampil se-Kota Jambi 2000, menjadi TPA teladan se-Kota Jambi 2001, juara 2 lomba azan dalam Festival Muharram 1426 H/2005 M. Lalu juara 1 lomba salat berjamaah dalam festival Muharram 1426 H/2005 M, juara 1 lomba hafalan doa harian putra/putri TK/TPA AtTaqwa, dan juara 1 lomba cerdas cermat TK/TPA AtTaqwa Unit 51 Kota Jambi. Ponpes yang didirikan Ustaz Adi Tando pada 1996 ini memiliki latar belakang sejarah cukup dalam. Adi merasakan keprihatinan yang mendalam melihat kondisi anak-anak di

Papan nama Ponpes Ar-Rahman.

sekitar tempat tinggalnya tidak ada tempat baca tulis Alquran. “Prihatin melihat kondisi anakanak yang tidak ada tempat untuk belajar baca-tulis Alquran,” ujar ayah tercinta Habiburrahman Tando itu. Sejak berniat untuk mengabdikan diri pada pendidikan agama, Adi mulai membuka

Ustaz Adi Tando bersama keluarga.

tempat pengajian dengan nama TPA Ar-Rahman dengan gedung mengontrak. Dari kontrakan ke kontrakan lain, dari tahun ke tahun, karena belum memiliki gedung sendiri. Namun kondisi yang demikian tak menyurutkan sedikit pun semangat Ustaz Adi. “Semua rezeki, jodoh, dan maut sudah

ditetapkan Allah Swt. Jadi tinggal kita menjemputnya, apakah dengan cara baik atau jalan yang tidak baik.” Berawal dari jumlah santri yang tidak sampai sepuluh orang, Ar-Rahman terus mengalami peningkatan sejak 2000 dan kini santri mencapai 200. Melihat kondisi yang tidak

memungkinkan untuk terus mencari kontrakan dari tahun ke tahun, pada 2005 berkat sumbangan dari para donatur terbeli tanah di tempat sekarang. Kemudian pada Juni 2007 TPA Ar-Rahman berubah statusnya menjadi Ponpes Ar-Rahman. Hanya saja, sekarang baru memiliki tiga ruangan belajar dan kondisinya sangat memprihatinkan karena tidak cukup untuk menampung para santri, sehingga mereka terpaksa harus belajar dengan berdesakdesakan untuk menuntut ilmu agama Allah. “Idealnya tujuh lokal, sekarang hanya ada tiga lokal. Jadi terpaksa anak harus belajar berdesak-desakan,” ujar suami Siti Rahil tersebut. Maka bagi para donator dan semua pihak yang memiliki kelebihan rezeki, mohon kiranya dapat untuk mengamalkan sebagian hartanya ke jalan Allah ini, agar pembangunan penambahan lokal bagi para santri terwujud. “Kasihan sekali para santri memiliki motivasi kuat untuk mengaji dan menuntut ilmu agama, namun sarana dan prasarana kurang memadai,” ujarnya. “Sekali lagi kiranya semua pihak dapat membantu penambahan ruang belajar bagi para santri, sehingga mereka dapat belajar dengan lapang,” (kin) kata sang ustaz.(kin)

TK Aisyiyah 1 Kota Jambi

Bernapaskan Islam, Diajar Guru Berpengalaman TK Aisyiyah 1 Kota Jambi ini terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan No 10, Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, dipimpin Yurmaida. TK itu memiliki 40 siswa dengan pembagian tiga kelompok, yakni kelompok mawar, kelompok melati, dan kelompok anggrek. TK tersebut memiliki tenaga pengajar Yuniarti, Idamiarti, Rosmita, dan Misdiana, yang merupakan guru senior dan berpengalaman selama 20 tahun. “TK ini merupakan TK bernapaskan Islam yang menuntut akhlak, budi pekerti sesuai ajaran Islam,” ujar Kepala TK Aisyiyah 1 Yurmaida. TK bernapaskan Islam itu memakai kurikulum Diknas, ditambah iqra’, bahasa Inggris, dan setiap Jumat diadakan praktik salat berjamaah.

FOTO-FOTO: ALI SADIKIN/JAMBI INDEPENDENT

Foto bersama guru TK Aisyiyah 1.

Sedangkan kegiatan rutin setiap hari belajar agama, seperti pembacaan ayat pendek, doa pendek, dan ayat kursi. Setiap libur semester 1 diada-

Siswa TK Aisyiyah 1 saat pentas seni.

kan jalan-jalan dan pascasemester dua diadakan perpisahan di sekolah dengan menampilkan pentas seni dan festival anak saleh. TK Aisyiyah 1 memiliki

prestasi juara 1 lomba mewarnai tingkat Kota Jambi, nominasi lomba mewarnai Hazrin Nurdin, juara 1 lomba mewarnai Kota Jambi, juara dua

lomba baca doa pendek milad Aisyiyah, juara dua lomba ayat pendek milad Aisyiyah, dan juara 1 lomba olahraga milad (kin) Aisyiyah.(kin)


Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Halaman

33

DI AWALI DARI RASA BENCI KAMI bertiga sebelumnya gak pernah kenal sama sekali, ketemupun belum pernah, Awal kami betemu, waktu itu kami baru masuk SMA 2 tepatnya pada waktu MOS.disanalah kami saling mengenal dan saat pembagian kelas ternyata kami bertiga satu kelas RIA, AINA dan SONIA…Kesan pertama Ria ketemu Sonia orang nya sombong n jutez tapi setelah dekat uhhh.. g jauh beda deh dari MR.BEEn..hehhe.. Hmmm Ria awalnya gak senang banget liat AIna ehh.. setelah dekat ternyata tu anaK 4L ( Lebay, Lemot, Lambat,Lelet )pokoknya Aina tu bertolak belakang banget sama Aina yang centil n gak pernah lepas dari sisir….dan mulai dari situ lah kami bertiga mulia dekat dan menjadi sahabat .. yang kami beri nama T 2F 2F.. Lebih jelasnya sih pertemuan kami diawali dari rasa benci tapi setelah kami saling mengenal lebih jauh ternyata kami bertiga nyambung banget, ngapangapain aja jadi seru !! HMMM… betul kata orang”, benci itu awal dari Cinta (uPztt,, Jangan parno, Cinta Persahabaatn maksudnya ). Jadi mending jangan benci” dech sama orang lain, nanti jadi Cinta lho.. Khey .. MMM.. Kami bertiga punya sebuah Moto “ Semua orang boleh wafat, Film boleh tamat, Kisah cinta boleh seat, Dunia pun boleh kiamat, Tapi sahabatkan tetap melekat hingga akhir hayat..” Buat teman-teman pesan kami jangan pernah sia-sia kan sahabat kamu yach !! Sahabat tu berarti banget, sahabat itu harta terindah yang kita biasa miliki seutuhnya… SONIA

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

AINA : Aina,Aina,Aina… uhhh orangnya nyebelin abizz,, teruz orangnya royal!! Cerewet seperti petasan cabe rawit,kadang2 suka lambat mikir n ga nyambung, Tapi dia baik loh… k a d a n g 2 s i h s e p e r t i a n a k 2 s i f a t n y a, hehehhe..Kalau kami berdua lagi sedih teruz ada Aina pasti jadi terhibur Bcoz anak rame banget. RIA

: Sahabat aku satu ini..uhhh The best deh pokoknya, Ria tuch ya orangnya dewasa banget terus, baik, pengertian banget loh ma sahabatsahabatnya, orangnya juga ga banyak bicara,, pintar juga..

T 2F .. 2F.. RIA

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

AINA

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

AINA : Menurut aku sih Anian termasuk cewek yang feminim abizz kemana2 selalu baw asisir, kaca,bedak,parfum,hehehhehe,, royal, dia jiga gak pelit. Tapi, ada kekurangannya yaitui kadang2 suka HERI (heboh sendiri), dia juga sering ngomong”in sesuatu yang kadang’ sangat2 tidak penting gitu..tapi dia pintar ngelucu lho. Dia juga orang nya humoris banget,,eittt!! Tapi hati2 jangan bikin dia sampe marah lho, bisa gawat.

RIA : NGomongi tentang Ria.. dia tuh sahabat aku yang The Besttt lah, orangnya baik, pengertian n rsa solidaritsanya besar banget lho,, orang nya ga banyak omong, yang kau salut dari dia, dia tuh gak pernah marah walaupun sering kami buat kesal, hehhe.. Orangnya dewasa dia selalu jadi tempat curhatnya kami berdua,, orangnya juda murah senyum..

SONIA : HMmm.. Sonia cewek ynag bertolak belakang dengan AIna, dia ntu oranagnya super cuek, gayanya sih simple aja, MMM… dia juga ga pernah serius dalam melalukan sesuatu n suka melakukan hal2 yang g penting banget !!

SONIA : Sonia !!! Cewek yang sangat cuek n gayanya yang agak2 tomboy adalah ciri khasnya Sonia yang paling utama.. kadang2 orangnya suka bikin sebel,hmmm..kalo cerewetnya kamu,, uhhh AMPUN,, hehhe… dai juga pintar anaknya.


Halaman

34

Jambi Independent n Minggu, 07 jun i2009

Mencegah Konflik Saudara Kandung 1. angan membanding-bandingkan anak. Hindarkan perkataan, “Kamu ini kok nakal ya, nggak seperti kakak kamu yang anteng!” ucapan semodel justru akan memicu konflik kakakadik. 2. Libatkan anak dalam mempersiapkan kelahiran adik. Pada saat hamil, libatkan anak untuk mempersiapkan kelahiran, seperti ajak anak memilih pakaian ataupun perlengkapan bayi lainnya dan juga beritahukan bahwa adik barunya tidak akan merebut perhatian ibunya. 3. Buat aturan tentang perilaku yang diperbolehkan atau sebaliknya. Seperti, tak boleh ada pintu yang dihempas, teriakan, ejekan, dan lainlain. 4. Jangan biarkan anak berpikir bahwa segalanya harus ‘transparan’ dan ‘adil’, kadang-kadang kakak atau adik memerlukan perhatian yang lebih banyak. 5. Jangan menjadikan atau memaksa anak yang lebih tua sebagai pengasuh adiknya, karena anak akan merasa terbebani dan memberatkannya. 6. Buatlah anak merasa istimewa di mata orangtuanya. Cobalah proaktif dalam memberikan perhatian pada masing-masing anak. 7. Sebaiknya anak-anak memiliki ruangan tersendiri untuk melakukan keinginannya. 8. Bergembiralah bersama sebagai sebuah keluarga dengan cara jalanjalan bersama, berlibur, atau berkumpul bersama di ruang keluarga. 9. Bila kakak-adik sering berantem karena berebut main komputer atau mainan lainnya, buatlah jadwal bersama mereka. 10.Jika perkelahian antar kakak-adik di usia sekolah terjadi cukup sering, adakan pertemuan keluarga. Tekankan kembali tentang aturan yang telah disepakati bersama, atau buatlah aturan baru yang disepakati bersama. (*)

Melihat Hubungan Kakak Adik y ang Berada di Sekolah yang Sama K OT A JJAMBI AMBI – Kita muOTA ngkin sering menjumpai, ada kakak beradik dalam satu sekolah, bahkan mungkin dalam satu kelas. Lalu bagaimana hubungan mereka? Apakah ada kecanggungan, ada hubungan saling Bantu apabila terjadi masalah, atau mungkin biasa saja?. Bayu, Siswa Kelas 2 Gambar SMK Negeri 3 atau lebih di kenal dengan STM Negeri 3 yang memiliki adik Rio yang kini juga masuk di Kelas 1 Gambar 1 SMK Negeri 3 Kota Jambi. Bagaimanakah hubungan keduanya?. “Biasalah, malah lebih terjalin,” kata Rio, yang pada saat ditemui sedang sibuk mengotak-ngatik komputer. Seandainya ada masalah Bayu

Kakaknya akan selalu membantu sang adik. “Kalau ada masalah sering dibantu, karena di STM ini kan lebih sering rebut-ribut,” tambah Rio. Kemudian kalau ditawarkan dalam dua pilihan apakah Rio lebih memilih sekolah sendiri atau dengan abangnya. “Lebih enak sendiri, karena insting lebih jalan, tapi enak juga bersama kalau ada masalah ada yang bela,” katanya. Hari-hari sering dilalui bersama oleh kakak beradik Bayu dan Rio pria asal Bernai Sarolangun ini. Seperti berangkat sekolah, pulang sekolah, sarapan pagi, belajar dan yang lainnya karena kebetulan keduanya satu kos, sedangkan orang tuannya berada di Sarolangun. “Berangkat sekolah dan pulang

selalu serempak, kebetulan satu motor sama-sama,” jelas Rio yang orang tuanya kerja di PU Sarolangun ini. Ditanya mengapa sampai jauh-jauh sekolah ke Jambi, Rio menjawab karena mengejar cita-citanya yang ingin menjadi Arsitek. “Mengejar citacita, karena ingin jadi arsitek,” ungkapnya. Lalu apakah ada kecanggungan apabila mereka ingin berkenalan dengan teman perempuan atau katakanlah ingin menjalin hubungan asmara. “Tidak canggung, tapi sampai sekarang belum juga ada, takut kacau konsentrasi belajar, kebetulan orang tua selalu memantau,” tuturnya. Sedangkan menurut Bayu kakaknya bahwa hubungan

mereka biasa saja, malahan dia bisa mengajari adiknya yang kebetulan satu jurusan. “Bisa saling Bantu, bisa saling mengingatkan, malahan saya sering ngajarin dia kebetulan satu jurusan, jadi ada yang tidak tahu kita kasih tahu, kebetulan dia orangnya sering dirumah,” terang Bayu. Lalu apa yang dilakukan apabila adiknya sedang ada masalah, katakanlah berantem dengan temannya. “Paling jadi penengah, tapi kalau masalahnya sudah parah yang terpaksa turun tangan,” katanya.Mengenai hubungan asmara, Bayu mengaku lebih memfokuskan diri pada citacitanya. “Cita-cita dululah, belajar, kalau kita berhasil yang itu pasti menyusul,” bebernya enteng. (kin)


Minggu, 07 juni 2009 n Jambi Independent

Halaman

35

Atasi Insomnia, Perlancar Aktivitas Ada kalanya kita mengalami hari buruk di pagi hari, perasaan tidak nyaman dan uring-uringan. Pernah kah anda mencari penyebabnya? Menurut penelitian kurang tidur dan insomnia biasanya menyebabkan frustasi pada orang dewasa. Susah tidur di malam hari bisa membawa akibat buruk pada kesehatan. Bisa juga memicu depresi. Penyebab susah tidur pada tiap-tiap orang memang berbeda, tapi menurut penelitian stres akibat pekerjaan dan masalah keuangan lebih banyak membuat orang susah tidur. Tapi Anda bisa mengalahkan masalah sulit tidur ini. Ikuti delapan cara di bawah ini dan Anda akan bangun dengan perasaan segar di pagi hari. Pertama, berhenti merasa cemas. Mengkhawatirkan masalah yang Anda hadapi setiap hari hanya akan membuat Anda susah memejamkan mata. Jika kekhawatiran merupakan penyebabnya, cobalah untuk lebih rileks. Atasi masalah yang Anda hadapi dan perpendek masa insomnia Anda. Tapi jika Anda masih mengalami insomnia setelah mengatasi masalah, sebaiknya pergi lah ke dokter. Kedua, hindari berolah raga dua jam sebelum waktu tidur. Berolahraga sebelum waktu tidur atau dua jam sebelum tidur akan mengurangi perasaan rileks. Anda perlu mengurangi tingkat energi Anda, jadi lakukan kegiatan yang mendatangkan rasa santai di saatsaat sebelum tidur. Ketiga, hindari rangsangan. Jangan mengkonsumsi kafein setelah sore hari, hindari alkohol dan merokok, apalagi pada saat sebelum tidur. Sebaiknya minum satu cangkir teh non kafein, teh chamomile yang terbaik untuk membuat rileks. Keempat, ciptakan zona nyaman untuk tidur. Zona nyaman saat-saat menjelang tidur dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kesejukan ruangan, terang dan gelapnya ruangan, ketenangan atau mungkin juga harus mematikan alat-alat elektronik. Ada orang-orang tertentu yang membutuhkan ketenangan total untuk dapat tertidur, jadi hindari jam yang berdetak di ruangan. Jangan bekerja, makan, nonton TV dan membaca di tempat tidur. Lima, minum sedikit air di malam hari. Banyak minum akan membuat Anda kebelet pipis. Pasti tidak menyenangkan di tengah-tengah tidur lelap tiba-tiba Anda mendapat dorongan ke kamar kecil. Jika memang dibutuhkan, minum satu cangkir teh hangat atau setengah gelas air putih sebelum tidur. Keenam, tidurlah hanya pada jam tidur. Tidur panjang di siang hari hanya akan mengubah siklus normal jadwal tidur Anda. Sebisa mungkin hindari tidur siang berlebihan agar bisa lelap tidur di malam hari.. Tujuh, jadikan kamar tidur tempat yang nyaman. Anda bisa menyingkirkan rasa khawatir saat naik ke tempat tidur. Gunakan saat siang untuk memikirkan segala permasalahan. (*)

Penanganan Palpitasi, e Tergantung Penyebabnya h p a a t d Johan IH Amuis, Kota Jambi

JANTUNG berdebar atau palpitasi (palpitation) adalah suatu perasaan (sensasi) yang tidak menyenangkan, yang disebabkan oleh denyut jantung tidak teratur. Dr HM Syafei, RZ, menyebutkan, beberapa orang dengan jantung berdebar, tidak menderita penyakit jantung atau kelainan irama jantung dan penyebab jantung berdebarnya tidak diketahui. “Beberapa kasus lain, penderita jantung berdebar disebabkan oleh kelainan irama jantung (aritmia),” ujarnya. Aritmia adalah kondisi denyut jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, tidak teratur atau terlalu dini. Lanjutnya, Aritmia terbagi be-

berapa kondisi. Ada yang disebut dengan Tachycardia yaitu aritmia cepat, di mana denyut jantung lebih cepat dari 100 detak per menit. Kemudian Bradycardia atau aritmia lambat. Syafei menyebutkan, pada keadaan normal dan istirahat, jantung orang dewasa akan berdenyut secara teratur antara 60-100 detak per menit. Selanjtnya lagi, Bradycardias, disebabkan penyakit SA node, AV node dan sistim konduksi di ventricles. Selain itu, obatobatan Calcium channel blockers, seperti verapamil (Calan), Beta-blockers, seperti propanolol (Inderal) dan digoxin (Lanoxin) dapat menyebabkan bradycardias. Walaupun beberapa pasien tidak mengalami efek sakit dari bradycardia, namun bradycardias yang serius dapat menyebabkan tekanan darah yang

rendah (shock) dan syncope. Langkah yang bisa dijadikan untuk langkah pertama dalam mengevaluasi penderita palpitasi adalah menentukan apakah gejala-gejalanya betul disebabkan oleh aritmia. Karena perawatan yang berbeda-beda untuk tipe-tipe berbeda dari aritmia. “Tes darah juga diadakan untuk mengukur kadar sodium, potasium, kalsium, magnesium, hormon tiroid dan obat-obatan, seperti digoxin,” tandasnya.Untuk perawatan, Palpitasi yang tidak berasosiasi dengan aritmia dan penyakit jantung mungkin tidak memerlukan perawatan spesifik. Pasien hanya disarankan untuk mengurangi stres emosi dan stres fisik ketika sedang memonitor gejala-gejalanya. Palpitasi yang merupakan hasil dari premature contractions (PACs dan VCs) sering tidak

memerlukan perawatan spesifik. Frekwensi dari premature contractions dapat dikurangi dengan cara mengurangi stres, berhenti merokok dan mengurangi konsumsi kopi dan alkohol. Tingkat adrenaline darah yang tinggi dapat menyebabkan premature contractions, dimana pengurangan stres dapat membantu mengurangi tingkat adrenaline darah. Bagi pasien dengan palpitasi menetap dan premature contractions, obat-obatan seperti beta-blockers, dapat digunakan untuk memblokade efek adrenaline terhadap jantung, jadi mengurangi premature contractions. “Contohcontoh dari beta-blockers termasuk propranolol (Inderal), metaprolol (Lopressor) dan atenolol (Tenormin),” kata (*) Syafei.(*)

Jantung Berdebar Tak Selalu Butuh Perawatan PALPIT ASI, yang tidak bePALPITASI, rasosiasi dengan penyakit otot atau klep jantung, tidak memerlukan perawatan spesifik. Menurut dokter Syafei, penderita hanya disarankan untuk mengurangi stres emosi dan stres fisik ketika sedang me-

monitor gejala-gejalanya. Sebab, palpitasi yang merupakan hasil dari premature contractions (PACs dan VCs) sering tidak memerlukan perawatan spesifik. “Frekwensi dari premature contractions itu sendiri, dapat

dikurangi dengan cara mengurangi stres, berhenti merokok dan mengurangi konsumsi kopi dan alkohol,” ujarnya. Ia menyebutkan, tingkat adrenaline darah yang tinggi adalah menyebabkan prema-

ture contractions, untuk itu pengurangan stres dapat membantu mengurangi tingkat adrenaline darah.Selanjutnya, bagi penderita dengan palpitasi menetap dan premature contractions, obat-obatan sep(amu) erti beta-blockers.(amu)


Halaman 36

Jambi Independent n Minggu, 07 Juni 2009

Djambi Old Bike, Nostalgia Masa Lalu TAK lekang oleh waktu. Ungkapan itu sepertinya menjadi spirit tersendiri bagi kalangan pencinta motor klasik keluaran tahun ’70-an yang bernaung di bawah bendera Djambi Old Bike, untuk tetap survive dan memiliki karakter tersendiri di tengah pesatnya perkembangan dunia modifikasi motor saat ini. Djambi Old Bike merupakan salah satu komunitas kreatif anak muda Jambi yang senang bernostalgia dengan sepeda motor masa lalu yang relatif lebih tua dari usia pemiliknya. Komunitas itu terbentuk empat tahun lalu, tepatnya 4 April 2004, dimotori oleh Ehen Arif Rahman, Doni Hendra, Yozi Syaputra, dan lainnya. Sesuai namanya, anggota yang bergabung juga mutlak harus memiliki sepeda motor jadul (jaman dulu). Sebut saja motor CB Twin 125, Suzuki GT 285, Scooter, dan Honda Kijang keluaran’70-an. “Itu syarat mutlak karena sesuai nama kita. Jumlah anggota kita belum begitu banyak. Sekarang jumlahnya baru pada kisaran tujuh sampai sepuluh motor,” ujar Ketua Djambi Old Bike Ehen Arif Rahman. Aktivitas komunitas itu tidak jauh berbeda dari klub motor lainnya, meski belum pernah touring antarkota antarprovinsi. Mereka kerap melakukan touring keliling kota, ikut berpartisipasi sebagai bintang tamu pada event tertentu, nongkrong bareng, serta melakukan seabrek kegiatan lainnya yang sifatnya positif. Bedanya, dalam satu kesempatan tertentu, para anggota Djambi Old Bike menyempatkan diri melakukan sharing untuk meramu modifikasi yang tepat bagi motor anggotanya. “Setelah itu biasanya kita cari spare part bareng. Pokoknya kompak,” jelasnya. Bicara prestasi, komunitas itu telah berhasil mendulang beragam prestasi cukup prestisius dalam beberapa kelas lomba modifikasi. Ehen mengaku belum lama ini mereka berhasil menggondol juara satu kelas modifikasi dalam event kerja sama Asnawi AB dan Oto Tren. Lalu pernah mendapat juara tiga kelas sport modifikasi yang diselenggarakan Djarum Black serta pernah menjadi juara keempat kelas modifikasi ekstrem. “Kita berharap di event selanjutnya sejumlah prestasi lagi berhasil kami raih,” katanya semringah. Untuk memperluas jaringan dan anggota, Djambi Old Bike membuka kesempatan kepada para pemilik sepeda motor antik bergabung. “Tidak ada persyaratan khusus karena kami pikir ini ajang silaturahmi. Kalau mau bergabung, datang saja di basecamp kita di bengkel Jalan Pattimura dekat stasiun RCTI,” pungkasnya.(roz)

Profil

Semakin Lama Semakin Terasa PRIA yang akrab disapa Hen ini memiliki nama lengkap Ehen Arif Rahman. Dia adalah Ketua Djambi Old Bike. Sebagai salah seorang perintis awal, Hen mengaku memiliki banyak kenangan dan kesan dalam melakukan aktivitas di dunia modifikasi motor antik. Menurutnya, kenikmatan memiliki motor antik sangat berbeda dari memiliki motor hasil rakitan teknologi saat ini. Pasalnya, kata dia, selain harus telaten dalam melakukan perawatan, proses modifikasi motor antik juga terbilang gampang-gampang susah. Persoalannya adalah sulit mencari spare part yang cocok dan produk yang orisinil. Namun dalam hal perawatan motor antik, tidak terlalu sulit. Dan yang

terpenting lagi salah satu nilai seni sepeda motor antik ditentukan tahun pengeluaran. “Motor keluaran tahun ‘68 akan terasa lebih memiliki nilai seni ketimbang motor antik keluaran tahun ’80-an. Istilahnya, semakin lama semakin terasa,“ jelasnya. Mengendarai sepeda motor Suzuki GT keluaran 1971 hadiah dari kakeknya, Hen secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Di perjalanan, tanpa dia sadari, motor jadulnya menjadi pusat perhatian orang lain. “Kalau sudah begitu, otomatis kan kita harus bisa mendandani diri dan motor agar kelihatan menarik,” aku pria kelahiran 22 Mei 1986 itu. (roz)

Ehen Arif Rahman

c m y b


bianglala edisi akhir pekan minggu ke 1 bulan juni