Issuu on Google+

Jambi Independent n mINGGU, 10 Mei 2009 n Halaman 21

Hal 36

Ingin

Hal 23

Jadi Artis

Hal 28

“Anakku Suka Dandan”

YMCI Chapter Jambi

GADIS BUTUT yang STYLIST Hal 34

Ada Pertemuan, Ada Perpisahan

Anak Gemuk Belum Tentu Sehat Hal 35

Hal 31

Leopard Vs Windows Vista

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

DEAR SOBAT BIY

DEAR SOBAT BIY

WADUUH .., Indonesia tercinta kembali WADUUH.., dimasuki penyakit virus baru. Setelah sebelumnya digemparkan oleh virus yang namanya H5N1 alias flu burung, sekarang ditakuttakuti lagi ama yang namanya flu babi. Mmmm, gimana lagi neh penyakitnya?? Kalau dulu (dan sekarang masih), gara-gara ditakutkan oleh kejamnya flu burung, dinas peternakan banyak memusnahkan ayam-ayam atau burung-burung milik warga yang tak berdosa. Bayangkan, tu ayam ato burung belum terbukti terimbas sakit flu eh main dibakar aja. Kagak diganti pula! Apa gak ribut tuh warga. Kalo ayam yang dihanguskan itu cuma satu atau dua ekor gak begitu besar kerugiannya, nah kalo berekor-ekor?? Bisa bangkrut juga. Sekarang, dikagetkan plus dihantui lagi den-

gan flu jenis baru, flu babi. Denger namanya aja dah serem. Gimana kalau menderitanya.. Menurut berita yang Biy tonton di TV, katanya virus ini berasal dari Meksiko makanya kadang disebut Virus Meksiko.. Saking membahayakannya, Bali, salah satu kota yang kunjungan dari luar negerinya tinggi, memasang alat pendektetor khusus di bandara internasionalnya untuk mendeteksi pengunjung dari luar negeri yang terjangkit virus ini agar tak menyebar. Waduh, kalau kita harus membicarakan tentang virus ini, kayaknya gak cukup dech waktunya. Biy cuma bingung aja, setelah digemparkan dengan flu burung kemudian flu babi trus siapa lagi yang kena flu?? Akankah ada flu sapi? Flu kambing? Atau jangan-jangan suatu saat nanti flu manusia akan ditakutkan juga?? Entahlah.. Akhir kata Biy sampaikan jangan begitu saja

percaya omongan orang lain, sekalipun orang itu berpengaruh ke seluruh dunia seperti Om Ame (Amerika, hehe). Semoga kita makin teliti lagi, telaah dulu sebelum memutuskan. Ok!! Oya sobat Biy, di Mei ini, kakak2 kita yang berkecimpung di Bianglala pada ultah nih. 5 Mei lalu, K’ Epi yg ultah. “Smoga full of happiness en sukses dalam cita en cinta.” Gitu deh harapannya. Lalu, 8 Mei, giliran K’ Manda yang ultah. Harapannya, “Semangat selalu, menjadi lebih baik, tambah dewasa, dan rajin salat lima waktu.” Ayo sobat Biy kirim dong kadonya, hehe...

US Smgh lulu5 smu4 4mi3n....?5lm jg bwt k4k b3ny cynk q s3l4m4t b3rt3mpur dlm m3ngikuti uji4n UN&US smgh z 5uk535 5mu4 5o4l2 yg di isi & 5mgh jg lulu5 dr kl5 3 ny4 4mi3n.....?¿T4nk5 y biy [ sweety girl ] +628975351xxx

Q,.tyUez boaT an9ktn 08/09 Lu2z cMua y FleNd,.boaT caM_1 q rEza m9 cpT cmBuH y , .!) bg mW leaT Fs beLLa nhE bella@yahoo.co.id add y fLend ,bY d!m0ad y kn pnDtng rU He . .he . .he . CuXcEz bYe +6285664348xxx

B!anglaLa . . mek0em . . . qOEy pnDtg ruE neH . , bWT TOMMY . . . Ne (cHa) QoEy n9r5a q tcH byk slH ma u. QOey mNt mf y . . ! bWt y6 mW xln. . Meez tW cl zZa k nOe ne. . 081930712774 +6281930712xxx

Bianglala mekØumz biy_ne nia mw tisam bwtx ayNk i oNe lvpz u foreVer..Mga tkäDx mw jd pØlisi t trcpai,Bwtx soßåt2 biy khususx klz 3 mga qta lu2s smuà..Amien. +628992424xxx

DEAR SOBAT BIY M. Surtan 1. Surya Elviza 3. Lukman Hakim 5. Siti Masnidar

2. Finarman 4. Deddy R 6. Risza SB

1. Selvia (IAIN Jambi)

2. Rida (Unja)

Bianglala mekØumz biy_ne nia mw tisam bwtx ayNk i oNe lvpz u foreVer..Mga tkäDx mw jd pØlisi t trcpai,Bwtx soßåt2 biy khususx klz 3 mga qta lu2s smuà..Amien. +628992424xxx bIANgLala.Ass..Qhe2 cpnp0L dtg Lg ne..Qhe mU tcAm ne,buAdd pLendd Qhe,yg smGat y lat.ny,b!Ar s0g nMpeL qt0 bgUs.bwadd bUndA nINa,luCu bgD,pt0ng rmbUdd ,bwadd eb0nK moaCii daH ajrndd maEn gtarr,bwadd na k’ naNa bAeg de,daH mU nShatindd..bwadd b!y,jGn lupa y tdE sranddny..d muAdd y b!y,b!y mga sUxsz. +628994036xxx BIAN9LALAMe_q0m biy ney aq dEsky anq mts.Lab0r aq tcam wat n0val + ckep bhe tyuz m9a anq2 yg ikt uN cek0ta jambie nch lu”s cmua ,amien,thnKs biy . . . +628974175xxx BIANG LALA,kumikum,aslmu alaikum..4ai..shbt nma qu arini,,pndtang ru..clm knl za,,yha..but shbt2 q dmna za,ku pgin punya tmen bnyk ak org ny suka brgaul lho..m,cp aj g,plih2 tmen yg pnting dia or9 na baix..sp yg mu jd tmen q silhkn hbungi no in aj,081366513937.o.ya q da kta2 nih,tx shbt smua.-cinta adlh krinduan cinta adlh hti yg gundah glisah cinta adlh drita krna rindu mbara cinta adlh ksih yg tlus cinta adlh prasa,an yg sngt dhaga..tlong d,muat ya.. +6281366513xxx BI@n9l4l@ Mecho0m B!y”.n3 BèçK”.Q pndt@n9 brU.u/ B!yèr2 sj@t!,sl@m kn@l j@ yo0w.Q pn9n pRm0s!in n0 hp nèch”081366582725"..n3 khUsus cwe”2 y9 pn9n kn@ln s9r@ dèçh cmZ/c@ll..j9n lp@ yo0w.d tUn99u.C.U” +6281366582xxx b!AngLala.mEQ0m b!y,Qhe2 cpnp0L dTg Lg ne,mU tCam bt bUndA niNa,lcU bgD pt0ng rmbUd,bt eb0nk mOaCi daH mU ajrEn Qhe maEnd gItar..Bt k’naNa,m0aCi y dAh pRhtiind..bt biy m0gA sxsEz, dmUadd y b!y... +6281994712xxx B” I” 4" N” G” L” 4" L”4" L” 4".......?¿M3kom....?biy N3 gw3 Ri5k4 5lm z m4 k2 kl5 3 SMK DB 1 PUNC4K Smgh 5uk53k z dlm ngikuti uji4n UN &

B!4n9L4L4 m3c0m,,,n3h 4Q pNdt9 bR,pgGl z4 M3T4L G!RL,m0 tis4m w4t tm3n2 m4p4L4 sp3ci4lx jBe pny4,gmn4 kbr’x?dGr2 n3 d4 yG s3st d g.krnc!.si4pin tims4r dunkz.sp3c!4l m4k0p4l4 DIMITRI q bngG4 dG kmjUanx.bg tm3n2 q AnGgt4 Mud4 mfn q y9 g’bs slL brsm xan,q hny bS brdoa skss slL tO kdpn ok friend. +6281366082xxx BIANGLALA , aslkm, b. . D¡Ana ne. Pdtg br. Au kks n3 wa+ ank2 purna paskibra indnsia kab.ma.jmb 2008 Mg kt bs brtm lg. Trtm wt winda,fi2t,pujo.and wt cmua sniorny! +6281366224xxx BIANGLALA...M3COM...BY...h4y n3h GW pnDtn9 Bru RISMA.Mo TIS4M N3H.Bu4tny4 sSorn9 y9 4d4 di Gr4g4i.4dk sy9 bn93t sm kk.trs Bu4tny4 4n4k2 jmbi.slm kn4l 4ja. tlon9 di mu4t y4 BY....THANKS. +628192452xxx BIANGLALA... meQom biy.. nea dOnNa.. mUg tisAm aNg2 qUeEn cuKieL mKiin kmPag ea..!! bWt yG mO jd knaL,,08982438167.. ThnX biy dh mUad .. +628982438xxx Bianglala.. Tie pndtg bru.. Tie mo ntip slm bwd tmen ty muax d qhncai,n bwd b’rdo,tie syg bgd m b. .ty g mw nykti b..Tq yh0ow.. +6281274841xxx BIANGLALA meq0m bY dh nHea beLLa pnDtn9 Ru . .b_L dRi sPEnsiX bAhar! , .Mw tZam boaT fLeNd2

BIANGLALA mÉcom,,,,hy biy aq férdy nè pñdtàng rU nèch,,,m@ tic@lm buat shbt aq lois, muam, sulastri. smga mkn akr aj ya.... wat mntn aq d sma nsntr gmn dngan ujian ny? mGa+ sukses ja u/biy ,, tölong d muat ya biy.. +6285366026xxx BIANGLALA hy biy NE DewI_PenDatng Bru. Q scOol d’sPeDy oNe, oh yAch Q mw tISam bwt tMn2 q ja. .eh yang mW kNl cMa q TlPn/cmZ kE=>08974i02697. Q tUnGgu yAcH. +628974102xxx BIANGLALA M3c0mNeCh pNdtN6 bRu nMA Aq D¡£4 nAx cPEn3l... aQ mw T!2p s4lM waTt 0rn62 yg KNal aq 4J ,, N Aq l6e nYre cOWk neCh ... bGE y6 mW DftR CmeZ BeW K3 nUMbr 08994033820 dMUat y0Wh...tHanX BIy.... +628994033xxx BIANGLALA A$$lmkum ßy... Ne aQ pndtan9 ßru, nma aQ Allam d Sabak... Mo tisam buat smua ank2 jambi khusus nya pljar, smga kta smua Lu2z... Amin...Buat yg pngen knal ma aq zms or call k sne ya...! : 081366479092...Thank’s ya by...! Wsslmkum... +6281366479xxx bIANgLala.Ass..Qhe2 cpnp0L dtg Lg ne..Qhe mU tcAm ne,buAdd pLendd Qhe,yg smGat y lat.ny,b!Ar s0g nMpeL qt0 bgUs.bwadd bUndA nINa,luCu bgD,pt0ng rmbUdd,bwadd eb0nK moaCii daH ajrndd maEn gtarr,bwadd na k’ naNa bAeg de,daH mU nShatindd..bwadd b!y,jGn lupa y tdE sranddny..d muAdd y b!y,b!y mga sUxsz.

Salam Kompak Surveyor Bianglala

+628994036xxx bianGLaLa,,bie nEh suCY pndaTanG bAro dRe smaFeR..Lam KnL ajj y.Me mOu tiSam Bwt naK smaFeR kHuZuS ny Kls 3 mga luLUz cmua yaH nd bwt mbF genK the viRgin c0munity lam k0mpak slalu. +628974111xxx bianglala,ne Vi re smansa.Lam knal aj y.Me mw ticam bowad ang smansa khususnya klaz XE n my bf genk the virgin from smafer.Btw vi mw ngcpin bwt kaka laz 3 mga luluz smw y.Amin.Thanks y biy.Iang mw jd tmen vi call j knumb n 08999343683.Ditnggu lu. +628999343xxx BIYANGLALAHy biy q eLla penDtng rU. . .Q mw nItip sLm ne bUat sElrh k0ta jmb yg 9e UAN MogA Lu2zZ CmUa yaAch amieNnN. . .yG Mw knLn mU Q ZmZ Or msc0oL yAcH. . .Biy n0 Q jgn dtUtUpi y,pLeaZz +628992657xxx biaNglalamecom,nE avy,v pNdgt br,v mw tisAm nE bwt gaNk v tHe j_phEe mga mKin kMpk z.trz bwt cyNq v I LOVE U brtubi” N jgn prNh brbh y.tLg dmUat y bie.pliss!! +6281994686xxx BIANGLALAMec0m biy , ney aq yu2n pndtn9 ru aq mau tcam nech wat mntn q nand0 jjr ych aq mch cynk ma dy . . , q hrp dy j9 kyk gth0e . .Biy tln9 numz aq jn9n d tu2pi ych , ,thnks biy +628974176xxx Bi4nG L4l4 hay...biy Q vivi Ni3 dik3Nal! M4u t!òam duNk bWt all my Fr!3nd L4m KOmò3L bwt biy...Cukòes t3ruò y4', LaM k3n4l N th4nk ! Dimuat y4' biy. +6281274009xxx b!AngLalA.mecom.biy..ne d!Ndhä,,,spén twenty.. mo ti$am bwat,,tmen2 spen twenty,,,anak2 PMR sekøtä jämbæ... ‘n’ bwät kk2 klä$ 9 yg mo ujian 23 apr b$k,,,k.budi, k.fauzan.. $emøgä berhäsil yö, q doäin koc mögä aj lu2s.Amiæn.Biy moga succes.yg m jd tmen q hbg aj kè 081274663353. tolong di muät ya biy. Mkcih +6281274663xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6624-7568 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 10 Mei 2009 n Jambi Independent

Halaman

Bercita-cita Jadi Artis, Ingin Bahagiakan Ortu SOBAT Biy, sepertinya rubrik prestasi kita belakangan dipenuhi teman-teman kita yang jago di bidang entertainment yah. Ini Biy punya teman baru lagi yang memiliki segudang prestasi di bidang itu. Pe r t a m a k a l i k e t e m u Ta k w i n , b e g i t u n a m a lengkapnya, kesan ramah sekali menyapa Biy. Pembicaraan langsung menjadi akrab seketika. Ia mulai bercerita tentang ketertarikannya di dunia entertainment, terutama modeling. “Dimulai awal 2007,” katanya. Sejak itu Takwin mulai aktif mengikuti beberapa ajang di dunia modeling hingga akhirnya mendapatkan beberapa penghargaan dari ajang yang diikuti. “Terlebih memang cita-cita dari kecil adalah menjadi seorang artis,” kata sulung dari dua bersaudara itu seraya tersenyum m a l u . Ta k win mengaku akan terus mendalami dunia modeling. “Mumpung masih muda,” ujarnya. Dala m m e n dalami dun i a medeling, Ta k w i n t i d a k sendiri. Ia d i d u k ung penuh kedua orangtuanya. “Mereka lihat aku suka bergaya dari kecil, maka dibolehin ikut beberapa ajang pemilihan model,” terangnya. Ta k w i n y a n g juga bercita-cita dapat mengikuti pemilihan coverboy majalah remaja terkemuka itu mengaku, saat ini lebih banyak melakukan banyak latihan, mulai dari gaya hingga tutur bahasa. “Tidak lupa untuk selalu berusaha sehat dan tetap semangat,” tukasnya. Takwin berpendapat, kegiatan di dunia entert a i n m e n t s a n g a t bagus untuk kalangan anak muda Jambi khususnya. “Jadi tidak usah ragu-ragu j i k a m e m a n g i ngin terjun ke dunia ini,” sarannya. Takwin yang selalu didukung penuh teman-teman dan guruguru di sekolahnya, mengatakan akan melakukan hal yang terbaik untuk dirinya. “ Terutama untuk tidak mengecewakan orangtua,” tandasnya. (lyn)

Takwin

BIODATA Nama lengkap TTL Nama Ayah Nama Ibu Alamat

: Takwin : Sulawesi Selatan, 20 Oktober 1992 : Taslim : Sabriani : Jalan Syailendra No 52, Kotabaru, Jambi

PRESTASI - Calon Bintang TV 2007, Juara Performance - Juara I Pemilihan Bintang PPP - Finalis Wajah Bintang III - Juara Runner-Up I Idola Star AR Management - Juaran III Aubio Cosmetic - Calon Bintang TV 2009

23


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

Ramalan Bintang 1. CAPRICORN

(22 Desember - 19 Januari) Putus, nyambung, putus, nyambung. Judul lagu ini emang bisa bikin kamu keki. Jalan terbaiknya ya minta kejelasan dari dia. Apalagi, masa menggantungmu ini sudah berlangsung lama. Siap-siap terima risiko terburuk, ya. Apalagi kalau bukan putus cinta. Hu hu hu.

2. AQUARIUS

(20 Januari – 18 Februari) Omongan teman yang usil emang bikin kuping membara. Apalagi, mulutnya ibarat ember yang bocor di mana-mana. Bikin isu pacarmu yang nggak benar langsung menyebar ke mana-mana. Tutup kuping erat-erat deh! Sebab, dengan begitu, kamu bisa terbebas dari sengatan gosip kumbang bigos itu.

3. PISCES

(19 Februari – 20 Maret) Ibarat setrikaan, perjuanganmu ini terbilang maju mundur. Jangan setengahsetengah dong. Dia termasuk orang yang butuh kepastian. Look around! Ada beribu tentara cinta yang sudah siap membombardirnya dengan serangan cinta. Nah, lho. Ambil panah cintamu sekarang, lepaskan busurnya!

4. ARIES

(21 maret – 19 April) Cermin cantik, siapakah pendamping poor Aries ini, ya? Waduh, Aime sampe ngeliat di kaca ajaib buat tahu pendampingmu. Masa “hibernasi”mu dari cinta sudah cukup. Sekarang saatnya mencari pujaan baru. Nggak usah mengedarkan pandangan jauh-jauh. Teman sebangku sepertinya oke juga, lho.

Fitri Sari 7 Mei 1989 Be your Self… http://www.facebook.com/home.php#/ profile.php?id=1165212532

5. TAURUS

9. VIRGO

6. GEMINI

10. LIBRA

(20 April - 20 Mei) Masuk daftar waiting list-nya? Nggak masalah. Duh, dunia belum berakhir, kali. Siapa tahu, “nomer antrean” berikutnya adalah kamu. So, jangan pernah patah arang. Hidup emang penuh perjuangan. Apalagi hidup di dunia yang penuh cinta. Dan cinta memang layak diperjuangkan kok.

(21 Mei – 21 Juni) Tuh, kan. Sekarang kamu ngerasa rugi sama keputusanmu. Makanya, sebelum ngambil keputusan buat mutusin, lebih baik dipikir dalam. Nggak gampang mencabut kata-kata yang sudah telanjur keluar lho. Apalagi dia juga orang yang sensitif. Hm, cuma kata maaf yang pantas diucapin sekarang ini.

7. CANCER

(23 Agustus – 22 September) Nggak sepantasnya kamu dan pacar menentang ortu. Ingat, merekalah yang merawat kalian sejak lahir. Mestinya, kalian buka telinga lebar-lebar pas mereka ngasih saran hubungan yang baik. Apalagi, petuah mereka terbilang manjur. Coba jurus kompromi dulu, kalau masih mental, introspeksi hubungan deh..

(23 September – 23 Oktober) Bohong sama pacar jangan dijadiin kebiasaan. Kalau sekadar ngehindarin kebosanan sih, nggak apa-apa. Yang penting, jangan jadi keterusan. Pasalnya, lidahmu yang tak bertulang bakal jadi harimaumu sendiri. Emang kejujuran kadang jadi masalah. Tapi, kalau terusterusan bohong, nggak sehat.

(22 Juni – 22 Juli) Hubungan yang hangat bisa menghangatkan suasana sekitar lho. Nggak percaya? Coba bergaul sama teman-temanmu atau teman-teman si dia supaya kalian nggak dibilang terlalu sibuk sama dunia pacaran aja. Rugi kalau menyia-nyiakan teman sebaik mereka. Suatu saat, kamu mungkin butuh mereka, kan?

11. SCORPIO

8. LEO

12. SAGITARIUS

(23 Juli – 22 Agustus) Jatuh bangun dalam bercinta emang sudah makanan pejuang cinta kok. Pelarian yang sudah kamu cari bisa dilanjutin ke status yang lebih lanjut. Nggak cuma itu, “second opinion”-mu bisa membukakan matamu tentang indahnya dunia cinta. Sayangi dia baikbaik, ya. Pertahankan hubungan baik dengannya.

Surya elviza 5 Mei “Smoga full of happiness en sukses dalam cita en cinta.”

(24 Oktober – 21 November) Dompet menipis karena gebetan bukanlah sumber bencana. Apalagi, sang target mulai ngasih lampu kuning. Eh, masih kuning, ya. Itu berarti bisa berubah jadi hijau atau bahkan merah. Tetap gempur dengan serangan cintamu. Begitu lampu hijau menyala, segera tancap gas memburu cintamu.

(22 November – 21 Desember) Hello, ngeduain pacar berisiko stadium lanjut sama hubungan kalian lho. Bisabisa pacarmu sampe ngelabrak Sephiamu itu. Apalagi, hubungan utamamu sudah berlangsung lama. Kamu nggak sayang apa sama kisah indah kalian? Satu hal yang harus diwaspadai. Yaitu, karma.

Manda Nyimas 8 Mei 1990 “Semangat selalu, menjadi lebih baik, tambah dewasa dan rajin salat lima waktu.”

Buat kamu-kamu yang ultah, ingin nama dan fotonya nampang di sini, kirim surat data diri dan foto yang cakep ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Buruan ya sebelum hari Kamis..


Minggu, 10 Mei 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Menunggu Jawaban dari Hati Terdalam

Halaman

25

Zhen Harry Sutristianto MESSAGE TO SOME ONE Terlalu lama engkau meredam cinta Terlalu lama engkau terdiam pada ku Letih aku mencari mu Letih aku menunggu mu Dirimu tak kunjung datang Letih aku berlari mengejar mu Engkau tak menoleh juga kebelakang Habis sesak ku menahan perasaan ini Rindu dirimu setiap waktu berdetak Habis tenaga ku mencoba untuk terbang Pergi ke istana hatimu Tapi penjaganya begitu ketat Rasa tak ada celah untuk ku lagi Mengapai tanganmu,membelai wajahmu Sekarang aku sampaikan pada bintang malam Yang bersinar penuh harapan Tolong sampaikan padanya... Aku sangat mencintainya Aku sangat merinduknnya

Oleh T sabit Nur P ramita Tsabit Pramita

J

ika cuaca sedang tidak buruk, matahari akan menyuguhkan lukisan senja yang sangat cantik. Hari ini, misalnya, siluet merah kekuningan itu menghanyutkanku dalam ruangruang sunyi, pada potongan-potongan kenangan yang tersingkap dalam setiap keheningan. Karena itu, aku membenci kesendirian, di dalamnya tersimpan kesepian. Pada sudutnya, kutemukan serpihan-serpihan kisah masa lalu yang tak pemah terselesaikan. la masih saja bertakhta di tempatnya, tak berkutik sedikit pun meski berkali-kali aku berusaha mengusirnya dengan paksa. la tak bergeming, meski aku lelah terengah-engah, meski raga telah mengalah hingga mata mengirim hujan air berasa asin. la tak peduli. Kenangan itu bernama Sancaka Bagaskara, lelaki perperawakan kurus dengan tinggi rata-rata. Aku mengenal Caka -begitu ia biasa disapa- saat pertama menggunakan seragam biru putih. Kira-kira 10 tahun yang lalu, usiaku masih 12 tahun saat itu. Kami berteman, satu kelas, dan dia duduk di kursi belakangku. Aku mengaguminya sejak pelajaran matematika. Jika seseorang divonis kurungan penjara selama sepuluh tahun, mungkin ia akan merasa telah kehilangan lebih dari separo kesempatan hidupnya. Namun, itu tak terjadi padaku. Hidupku tetap baik-baik saja, meski hati dan rasa bernama cinta yang kumiliki tak pernah dapat meloloskan diri. Caka telah memvonisnya, mengurungnya dalam ruang gelap tak bernama. Kali ini aku menyerah setelah sekian kali berusaha mengusirnya dari sudut kesendirian. Aku ingin seperti mereka, menikmati senja bersama seseorang. Bukan seperti ini, berdiri di kaki langit, mengagumi wajah senja yang tetap saja cantik, meski ribuan kali aku menatapnya.

Terpekur dalam kekuatan yang munafik, betapa tidak, sebagai seorang perempuan, aku selalu berkata ‘’baikbaik saja’’ pada dunia. Pada manusia, pada mereka. Meski sesungguhnya, aku tak pernah baik-baik saja. Toh, dunia tak pemah curiga, mereka pun selalu percaya. ‘’Apa yang kau lakukan di sini?’’ Suara itu membisik pelan di rongga telingaku, aku diam, tak mau menjawab karena memang aku tak perlu menjawab. la sudah tahu jawabannya. ‘’Ehm....aku tak pernah berjanji apa pun padamu, Paramita,’’ katanya sekali lagi dengan tatapan penuh iba, berharap agar aku menghentikan kegilaanku. Tapi, aku memilih bungkam. Kembali menikmati senja yang segera tertelan malam. ‘’Dasar keras kepala. Sesungguhnya, kau sendiri yang mengurungkan diri. Aku tak pemah memvonis apa pun padamu.” la tetap bicara, meski kutahu tatapnya tak tertuju padaku. la sedang menikmati kecipak air di dasar kolam, menyaksikan tarian ikan yang berebut makanan. ‘’Kau tak lelah Paramita?” sambungnya. Aku terhenyak, pertanyaan yang sangat bodoh. Pandangku beralih, sejenak aku mengkhianati senja dan memilih menatapmu. Mengirimkan jawaban dari jendela mataku. Kau akan tahu, tanpa satu kata yang terucap dan bibirku. ‘’Aku tahu, sejak dulu kau perempuan yang sangat kukuh. Aku pernah meminjam buku tata bogamu di tahun pertama kita berteman dan kau menolaknya dengan alasan kau harus belajar dengan buku itu. Kau tetap kukuh, meski aku mengiba, sampai mengatakan kau pelit. Masih ingatkah kau, Paramita?’’ Aku tersenyum, kisah ini telah berlalu sepuluh tahun di belakang. Namun, masih saja terekam dengan jelas di otakku. Saat itu, aku marah padamu hanya karena melihat kau terlalu genit dengan gadis-gadis di kelas. Kau memang menyebalkan, seakan sadar dengan ketampanan yang kau miliki. Kau

gunakan peluang untuk melambungkan hati para gadis dengan kata-kata manismu. Benar-benar membuatku geram. ‘’Senja sudah akan pergi Paramita, tidakkah kau ingin pulang?’’ Aku tak mengerti, mengapa kau yang kebingungan dengan sikapku? Bukankah selama ini justru aku yang kesulitan membaca makna di balik mata dan senyummu? Aku tak pemah tahu tentang sesuatu yang ada di kedalaman hatimu. Sebuah kejujuran yang tak pernah terungkapkan tentang perasaanmu. Sungguh, aku akan pulang, jika jawabnya adalah kebencian, aku akan pulang, jika tak pernah ada aku di kedalaman itu. Aku akan pulang, dengan sangat segera, jika rasa bernama cinta tak pernah ada untukku. Tapi, kau tak pemah mengatakan apa pun padaku. Sampai detik ini. 16:20 WIB Aku mencintai angka waktu itu, berikut peristiwa alam yang telukis di dalamnya. Sekali lagi, jika cuaca tak muram. Enam belas adalah tanggal kelahiran Ibu, perempuan yang menginspirasi kehidupanku. Dua puluh adalah tanggal kelahiranmu, lelaki yang membuatku bertahan pada kata ‘’sendiri’’. Mempertahankan kesucian hati, menjaga kepercayaan Tuhan, dan mengabulkan permohonan terakhir Ibu. ‘’Ini pertanyaan terakhirku Paramita, apa sesungguhnya yang kau lakukan di sini?’’ Aku menghela napas panjang, menundukkan pandangku, mengalihkannya dari senja yang mulai tertelan malam. Seperti hari-hari biasanya, senja selalu pergi tanpa permisi, tanpa jawaban atas pertanyaan yang terucap sepuluh tahun silam. Aku menoleh ke arahmu, tapi hanya ada rumput liar yang berbisik bersama embusan angin malam. Rupanya, kau telah kembali pulang berdiri bisu di sudut kesunyian, terdiam meski ratusan kali aku memaksamu pergi. (*) Penulis adalah pelajar Universitas Negeri Malang

Hanya ada seorang dia sekarang dalam lubuk hatiku Dengarkanlah semua hasrat rinduku Tentang memangil namamu Jangan engkau biarkan dia teriksa Hanya melihat dan membaca namamu yang terukhir di tangannya dengan tinta darah

Mei Susana Sudahlah Sudahlah..... Aku lelah dengan semuanya Kau ucapkan kata itu Berulang-ulang kali Dan tak sempat ku hitung Dulu kau berlabuh di dermaga hatiku Dengan sopan datang Meminta sejenak melepaskan rasa letihmu Ku izinkan..... Walaupun setengah bimbang Kau mampu mengubah bimbangku Menjadi cinta yang bergelora Hingga tak mampu ku membendung Meluap bak sungai Begawan Solo Sewaktu lalu Harapanku akan dirimu Tiada terkira Hingga ku terbang membubung di angkasa, namun Kau jatuhkan diriku Sakit...sangat sakit Hingga cinta itu berubah Menjadi emosi yang deru menderu Sudahlah.... Buang saja harapanmu Simpan saja impianmu Aku tak ada waktu Memberimu kesempatan

REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email

ke bianglala_minggu@yahoo.com, jambi_inde@yahoo.com


Halaman

26 Menelusuri jalan-jalan di Universitas

Amsterdam, Nunung merasa sangat tidak nyaman (dia baru tiga bulan di sini untuk mengambil S2 atas biaya dari negeri ini).

N

unung sibuk menutupi rambutnya dengan penutup kepala jaketnya, agar bisa mengurangi hawa dingin. Tiba-tiba Bryan berkata, ‘’Rambut orang Asia itu bagus ya.’’ Nunung menatap wajah Bryan. Negeri ini mungkin penuh basa-basi. Dia tak mau jauh berpikir. Melihat ke arah lain, beberapa mahasiswa berseliweran dengan tas ransel di pundak. Bryan mengulangi ucapannya, ‘’Rambut orang Asia memang bagus. Aku kepingin melukis rambutmu, Nyonya.’’ Nunung tersenyum. Lelaki itu bermata cokelat! Selama di kampus, mereka memang sering jalan bareng ke ruang kuliah, perpustakaan, dan kantin. Juga ketika mereka menelusuri kanal-kanal. ‘’Setelah tiga bulan di sini, aku belum tahu siapa kamu sebenarnya! Kecuali teman sekuliah dan kebetulan apartemen kita berdekatan.’’ ‘’Kalau begitu aku yang tahu tentang kamu. Penduduk negerimu 227 juta dan sebagian besar muslim. Begitu plural bangsamu, dari yang bisa belajar di sini sampai mereka yang tetap bertahan hidup di pedalaman Kalimantan atau Papua. Sedangkan di sini hampir seragam kehidupannya. Negerimu merupakan sebuah antropologi sejarah manusia yang sangat tua. Almarhum opaku pernah ke sana, tapi percayalah, dia tidak pernah menembak siapa pun. Karena dia bukan militer tetapi seorang pegawai di pabrik gula. Aku pernah menemukan foto perempuan Jawa yang cantik di lemari buku opa. Aneh, dia mirip kamu!’’ ‘’Menurutmu, siapa dia?’’ ‘’Cerita Mamie, dia adalah Ningsih Wulandari, teman opa bermain tenis, anak amtenar dari pabrik gula. Aku menduga ada hubungan khusus di antara mereka.’’ Nunung tersenyum. Dia kembali melihat mata cokelat itu. Selama tiga bulan di sini, dia tidak begitu dekat dengan teman-teman bulenya. Pada hari libur, Nunung lebih suka bermain dengan mahasiswa Indonesia, atau dengan mahasiswa Malaysia yang berbahasa Melayu. Padahal mentornya bilang, ‘’Kau bisa belajar banyak dari orang-orang yang begitu plural di kampus ini. Sedangkan orang Indonesia paling suka bergerombol. Cobalah bergaul dengan komunitas lain.’’ Nunung memandang Bryan. ‘’Aku melihat bangsamu dengan semangat individu, kerja keras, dan teratur. Buat apa?’’ Bryan tersenyum. ‘’Aku juga mendengar, orang Bali suka gamelan dan menari.’’ Nunung merasa ada kenaifan dalam kata-kata Bryan. ‘’Bryan, yang kamu sebut-sebut itu hanyalah the small part of Indonesia. Indonesia bukan hanya Bali.’’ Bryan mengeryitkan hidungnya. Nunung tidak suka dengan sikap itu. ‘’Maaf, aku kira yang terkenal cuma Bali.’’ Nunung mengatakan, ‘’Kau tahu, negeriku sangat cantik dan luasnya hampir sedataran Eropa. Kau harus melihat itu, suatu hari nanti.’’ ‘’Nunung, kamu tahu, aku bukan orang kaya. Aku baru bisa mengagendakan itu untuk tigaempat tahun mendatang. Setelah selesai kuliah, aku akan mengajar di Cape Town, sebuah kota di Afrika. Kemudian baru bisa melihat negerimu, Nyonya.’’ Nunung terdiam. Lelaki itu pasti tidak sama dengan lelaki di negerinya, khususnya dengan si Mas. Dan, seharusnya si Mas tidak perlu khawatir, karena Nunung mencintai dan tetap akan mencintai Masnya beserta bayi perempuannya yang masih berusia 10 bulan. Nunung harus berhenti berpikir karena kini sudah sampai di ruang kuliah. Yang harus dia pikirkan adalah tugas-tugasnya yang banyak. Sungguh, dia tak mau kalah dengan Bryan atau bule lain. Karena itu, dia berjuang keras dengan belajar sampai larut malam. Tiba-tiba, Mas menelepon dan mengatakan kekhawatirannya. ‘’Apakah betul di sana ada kelompok anti-Islam? Kabar itu menakutkan.’’ Nunung bilang, sejauh ini dia baik-baik saja dan sedang sibuk menyesuaikan diri dengan udara musim dingin di Amsterdam. Ia menceritakan bagaimana dirinya takjub melihat salju pertama

Horizon

“ Kanal ”

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

Cerpen Ratna Indraswari Ibrahim yang turun di jendela apartemennya. Mas tertawa mendengar ucapan Nunung. Masih di depan layar komputer, Nunung merasa capek. Dia heran pada kehidupan bule di sini. Yah, dengan kehidupan mereka yang terjadwal dan rumah-rumah jompo bagi orang tua, satu hal yang aneh bagi Nunung. Padahal, Eyang tinggal serumah dengan orang tuanya sampai beliau meninggal. Nunung ingat ucapan Eyangnya, ‘’Papamu kalau kerja ngotot kayak landa. Padahal anaknya cuma dua, sedangkan anakku sepuluh. Eyang Kakung masih punya waktu untuk ngobrol bersama anak-anaknya. Tanyakan hal itu kepada Mamamu. Dia lebih sering melihat bapaknya daripada kamu melihat Papamu. Jangan seperti itu ya Nduk, kalau nanti menjadi ibu.’’ Nunung menggangguk hikmat. Dia tidak ingin seperti masa kecilnya, karena kesibukan PapaMamanya di luar rumah, dia jarang bertemu! Namun, hari ini dia meninggalkan suami dan anaknya. Mama bilang, ‘’Ini kesempatan bagus dan tidak datang dua kali. Mama bersedia merawat bayimu, karena jabatan Mama sebagai dekan sudah selesai. Sebagai dosen biasa, Mama masih punya waktu.’’ *** Jam dua malam, Nunung masih mengerjakan makalah. Nunung mulai berpikir, apakah dia sudah seperti bule-bule itu ya! Tiba-tiba pikiran Nunung ke Bryan lagi. Bagaimana kalau dia menjadi seorang suami. Sebaik-baik si Mas, dia tidak pernah ingin belajar memasak. Tapi Bryan, ‘’Sejak kecil aku sudah membantu Mamie memasak.’’ Nunung baru ingat kalau Sabtu depan Bryan mengundang dia ke rumah kakaknya, Susan, yang menikah dengan seorang muslim. Nunung menanyakan, apakah Susan juga ikut menjadi muslim, Bryan menggelengkan kepala. ‘’Susan tidak menganut salah satu agama. Tapi dia membiarkan kedua anaknya dididik secara muslim oleh Papienya.” Seperti kebanyakan ibu rumah tangga, Susan mengerjakan semua dengan baik sekalipun tanpa pembantu. ‘’Anak-anakku belajar agama di masjid yang tidak jauh dari rumah kami.’’ Sebelum Nunung sempat bertanya, Susan meneruskan omongannya, ‘’Buatku semua agama itu baik. Suamiku memahami, kami adalah individu yang tidak akan menjadi orang lain, sekalipun terikat pada pernikahan.’’ ‘’Suamiku juga memberi kebebasan sebagai individu. Tidak semua perempuan di negeriku mendapat dukungan dari suaminya sepertiku. Namun, sepulang mengajar, aku tetap menyiapkan makanan untuk suamiku. Kalau aku lelah, suamiku yang menyiapkan makan, mencuci piring dan mendongeng untuk anak-anak,’’ kata Susan telak. Nunung tercenung. Dia tidak bisa membayangkan Masnya mau melakukan hal itu. Kalau dia melakukan itu, Mama (yang mantan dekan itu) pasti menasehatinya, ‘’Kalau dilihat oleh orang lain, saru, Nduk. Apalagi kalau dilihat mertua dan ipar-iparmu.’’ ‘’Aku sendiri tidak pernah melakukan yang tidak pantas menurut tradisi kita. Aku suka melakukan itu dan tidak pernah merasa terjajah oleh Papamu,’’ sambungnya. Malam itu, keluarga Susan banyak bertanya tentang Indonesia. Sebetulnya Nunung sedikit tertekan ketika Susan dan Robert, suaminya, bertanya tentang korupsi, hukum yang lemah, yang seolah berpihak kepada para pejabat. Nunung bilang dengan sungguh-sungguh, ‘’Itu politik, sebagian rakyat Indonesia menjadi korban dari sistem politik itu. Di sisi lain, apakah kalian bisa bayangkan, kalau ada orang sakit atau meninggal, berpuluh-puluh orang akan larut dalam kesedihan itu. Waktu Eyang meninggal, berpuluh-puluh orang ikut mendoakan selama seminggu berturut-turut. Dan, mereka tidak dibayar!’’ Pulang dari rumah Susan, Bryan berkata, ‘’Kau pasti tertekan atau mungkin tersinggung mendengar ucapan mereka. Tapi kau harus tahu, itu tanpa maksud apa pun. Cuma rasa ingin tahu yang berlebihan.’’

Nunung diam saja. Malam itu dia merindukan Masnya, bayinya, Mama dan teman-teman dekatnya yang mungkin pada saat ini berkumpul di salah satu rumah mereka, ngopi dan ngobrol. Bryan berbicara lagi. ‘’Nunung masih mau menerima tawaranku kan? Kita pergi ke sebuah danau, aku ingin melukismu di sana. Maaf, aku sudah membikin sketsanya. Aku melihat kau seperti Ningsih Wulandari, perempuan Jawa yang cantik itu.’’ Nunung merasa pipinya menjadi merah. (Masnya tidak pernah memujinya seperti itu). ‘’Aku ingin sekali belajar dan mengenal bangsamu Bryan. Tapi aku tidak suka dengan pendapat orang. Aku harus mencarinya sendiri, tentang kau, dan bangsamu.’’ ‘’Nunung, aku tahu kau menganggap bangsaku narsis. Secara politik mungkin ya, tapi secara individu, kami butuh teman juga. Apalagi kalau bicara tentang Bali. Kami selalu ingin melihat tarian adat dan dewa-dewi mereka. Rasanya eksotis sekali. Sungguh kami tak habis pikir, bagaimana mereka dengan ikhlas memakai uangnya selama mereka hidup untuk ritual keagamaan. Dan, aku sebetulnya surprais sekali karena sebagai seorang nyonya, tanpa didampingi suami, kau berada di negeri ini. Aku sering membaca, perempuan-perempuan muslim sepanjang hidupnya cuma ada di seputar rumah tangganya, tidak ke mana-mana, kalau tidak didampingi sang suami.’’ Nunung tertawa. ‘’Kalau di negeriku, kau bisa melihat kemandirian kami sampai di desa-desa. Bahkan, beberapa perempuan di desa secara kejiwaan lebih mandiri, karena mereka ikut menopang ekonomi keluarga, dan tetap menganggap suaminya sebagai kepala keluarga.’’ ‘’Aneh,’’ seru Bryan Nunung, merasa perlu bercerita banyak sekali tentang Indonesia kepada Bryan. Di setiap kesempatan, Nunung juga bercerita tentang orang tuanya, bayinya, dan kakak perempuannya yang insinyur memilih jadi ibu rumah tangga ketika menikah, dan ikut suaminya yang dokter ke pedalaman Papua. Bryan, tidak pernah kehilangan minatnya mendengarkan cerita Nunung. Sehingga setiap liburan, sambil menemani Bryan melukis, Nunung bercerita tentang Indonesia, keluarga, dan temantemannya! *** Bryan dan Nunung sampai sejauh ini hanya sebatas senang ngobrol bersama. Nunung tahu, dia tidak boleh jatuh cinta kepada siapa pun di sini! Kedekatannya dengan Bryan tidak menghilangkan kerinduannya pada Mas, bayinya, dan Mama. Bahkan sejak awal, dia tahu, hanya mencintai Masnya dan akan terus mencintai! Nunung ingat, bagaimana dia dulu jatuh hati pertama kali pada dosennya, sehingga sekalipun sudah lulus, dia masih ikut kuliah sang dosen yang kemudian menjadi Masnya itu. Lelaki yang santun itu memanggilnya dan berkata pelan-pelan, ‘’Saya rasa Anda tidak perlu memperbaiki nilai dari saya, kan sudah dapat B!’’ Nunung tertawa dan bilang, ‘’Saya senang kalau diajar Bapak.’’ Cerita ini bisa ditebak, tiga bulan setelah itu, sang dosen melamar Nunung menjadi istri. Yah, Nunung menceritakan itu semua kepada Bryan. Lelaki itu melipat bibirnya dan mengatakan, ‘’Aku kepingin menikah dengan perempuan Indonesia sepertimu, yang memiliki kecantikan luar dan dalam.’’ Nunung merasa tersanjung dan kembali pipinya jadi kemerahan. Bryan melihat dengan senyum di seluruh matanya. Nunung bercerita, ‘’Ada sebuah dongeng, dongeng itu kami namakan wayang. Salah satu ceritanya tentang kesetiaan Dewi Setiyawati kepada suaminya. Dia rela bapaknya lenyap, agar suaminya tidak malu bermertuakan seorang raksasa.’’ Bryan mengeryitkan dahinya. ‘’Cerita itu betulbetul bias gender, apakah kamu mau mengorbankan keluargamu untuk seorang suami?’’ Nunung menggelengkan kepala kuat-kuat, ‘’Tentu saja tidak. Aku ingin bisa bersetia pada suami yang bapak anakku.’’ Bryan melihatnya lekat-lekat. ‘’Kalau begitu,

kita sama-sama tidak setuju dengan kesetiaan Dewi Setiyawati. Tapi, aku bayangkan dalam imajinasiku, wajahmu tidak seperti Dewi Setiyawati tapi seperti Ningsih Wulandari!’’ Mereka tertawa bersama dan Nunung bilang, ‘’Aku melihat laki-laki di negerimu tidak punya banyak pancaran kelelakian, seperti laki-laki di negeriku. Tapi, aku kira perempuan di negerimu sangat mandiri, mereka jadi kehilangan watak keperempuanannya.’’ ‘’Kami sudah terdidik dengan jadwal waktu yang tepat. Kau tahu, tidak ada orang lain yang bisa menolong kita kalau sakit, kecuali dengan kartu asuransi kesehatan,’’ kata Bryan. ‘’Kau tahu, tidak banyak bangsaku melakukan hal itu. Hidup kami mengalir bersama mimpimimpi dan harapan. Karena itu apa pun jeleknya situasi negeri, kami masih berharap ada ratu adil yang akan menolong setiap orang di negeriku,’’ kata Nunung. Bryan melebarkan matanya. ‘’Aku kepingin belajar menjadi seperti bangsamu, mengalir seperti air.’’ *** Kedekatan Nunung pada Bryan semakin lama semakin lekat. Ke mana pun mereka pergi, selalu berdua. Entah ke ruang kuliah, kantin atau perpustakaan. Bahkan sambil minum kopi terakhir, di jam-jam malam, Nunung masih mendiskusikan apa saja, baik pelajaran maupun masalah di seputar mereka. Nunung maupun Bryan bisa tertawa bersama atau kadang-kadang menjadi sangat murung, Nunung sering menanyakan masa kecil Bryan. Yah, seperti bertemu laki-laki di mana dia bisa mengekspresikan dengan bahasa yang lebih lepas, daripada ke Masnya. Ini karena jarak usia Nunung dan Masnya yang 10 tahun. Kegelisahannya sebagai seorang perempuan muda dan kegelisahan-kegelisahan waktu itu bisa diekspresikan kepada Mas, seorang lelaki yang begitu dihormatinya dan kelihatan matang. Rasa aman yang menghangatkan seluruh urat nadinya ketika dia memutuskan bersedia menjadi istri Mas. Tapi Bryan masih muda, sebaya, sehat dan mereka baru saja berusia 27 tahun, yang mungkin suka mencari-cari sesuatu yang lebih absurd. Di simpang jalan inilah, Nunung bertemu Bryan, dan merasa bisa mengekspresikan dirinya. Bryan menangkapnya dengan semangat yang sama. Betul, Nunung masih menyayangi Masnya, sangat mencintai anak dan Mamanya, ketika dia bersama Bryan di malam yang paling membingungkan di tengah tumpukan piring makan yang belum dicuci. ‘’Ini tidak boleh terjadi, aku seorang istri dan ibu! Barangkali setelah ini harus ada batas-batas yang jelas.’’ Bryan melihatnya lekat-lekat, ‘’Jujur sajalah Nunung, kita baru saja berenang di sebuah lautan tanpa tepi. Aku toh tidak keberatan menjadi bapak dari anakmu.’’ Nunung seperti dibangunkan dari mimpi-mimpi. ‘’Aku merasa diriku seorang antropolog yang harus menjelajahi kehidupan bangsamu. Kita terpisahkan dalam banyak hal. Aku selalu merasa bangsamu realistis. Tapi nyatanya, kamu sama absurdnya dengan suamiku. Aku seperti mengeksplorasi bayang-bayang yang tidak bisa sungguhsungguh tergenggam dalam diriku.’’ Nunung tidak bisa meneruskan omongannya. Bryan juga tidak berbicara apa pun. Nunung belakangan berusaha untuk tidak begitu dekat dengan Bryan. Walaupun mereka masih jalan bersama, berdiskusi materi kuliah sampai larut malam sambil menghirup kopi, memperdebatkan kultur bangsa masing-masing, jalan-jalan ke kanal, dan melukis. Akhirnya Nunung menamatkan studinya dengan predikat terbaik di kelas. Kepulangannya pun semakin dekat. Seperti ditelan bumi Bryan makin jarang mengunjungi Nunung. Namun, senyum Bryan mengejarnya dan berada di mana-mana! *** Ketika Nunung memasang lukisan Bryan di rumah, Masnya berkomentar, ‘’Aku suka sekali lukisan itu. Sepertinya bercerita tentang kangen dan cintamu padaku.’’ Nunung melihat ke arah lain, waktu di pesawat yang akan membawanya ke tanah air, dia merasa Bryan duduk di sebelahnya dan mengatakan, ‘’Semoga di kehidupan yang akan datang, kau adalah Ningsih Wulandari!’’ Malang, 20 April 2009 Cerpen Ratna Indraswari Ibrahim


Minggu, 10 MEI 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

‘ICHI’, Gadis Buta Titisan Pendekar Sakti KED ATANGAN seorang wanita KEDA cantik membawa shamisen (gitar berdawai tiga) ke sebuah kota kecil jelas menarik perhatian banyak orang di kota yang tenang itu. Tak perlu waktu lama untuk mengetahui bahwa gadis cantik tadi buta dan segera saja fakta itu dimanfaatkan tiga orang berandal yang bermaksud berbuat jahat. Sialnya, gadis buta bernama Ichi (Haruka Ayase) ini bukanlah gadis sembarangan. Dalam waktu singkat ketiga pemuda tadi dibuat kewalahan oleh permainan pedang Ichi. Sejak kecil Ichi yang hidup sebatang kara memang selalu didatangi pria buta misterius yang mengajarkannya ilmu pedang satu tangan. Dan ketika pria misterius ini tak lagi datang, Ichi bertekad mencari pria yang ia anggap ayahnya itu. Konon, hilangnya pria misterius yang sebenarnya adalah Zatoichi ini ada sangkut pautnya dengan Banki (Shido Nakamura) dan gerombolannya yang berkuasa di daerah itu. Kini Ichi dan sahabat barunya, Toma Fujihira (Takao Osawa), harus bersiap bertarung dengan gerombolan Banki. Pertarungan ini tak akan mudah buat Ichi karena tiba-tiba saja muncul pria bernama Toraji Shirakawa (Yôsuke Kubozuka), seorang anggota Yakuza, yang juga bermaksud menghalangi Ichi.

YCONFSZ

Seperti bisa diduga dari judulnya, film ini adalah spin off dari kisah klasik Zatoichi. Walau tidak secara tegas ditunjukkan, namun tersirat bahwa pria tua yang melatih Ichi bermain pedang adalah pendekar legendaris itu. Kisahnya pun masih tak jauh dari standar kisah pendekar pedang Jepang walau ada nuansa lain yang coba ditawarkan sang sutradara lewat film ini. Bila biasanya Zatoichi digambarkan sebagai pendekar buta yang selalu gembira dan menghabiskan waktunya bersenang-senang, Ichi ini digambarkan lebih kelam. Nuansa sedih terlihat dari rona wajah Haruka Ayase, yang memerankan tokoh Ichi. Ini cukup unik karena tak biasanya spin off Zatoichi membawa nuansa yang suram. Memang sedikit menyimpang tapi justru di situlah nilai lebihnya. Fumihiko Sori, sang sutradara, juga makin menguatkan kesan sedih dan kesepian ini dengan beberapa kali mengambil gambar landscape yang diselimuti salju. Dan yang lebih menarik lagi, adegan pertarungan pedang digambarkan sangat singkat namun ditata dengan apik sehingga membuat suguhan visual ini jadi terasa nyata sekaligus dramatis. Buat yang sedang bosan dengan film-film Barat atau Indonesia, ICHI ini layak dijadikan pertimbangan. (*)

MUSIC

YCONFSZYCONFSZ

‘ THE CHANGCUTERS & MISTERI KKAL AL AJENGKING HIT AM’ ALAJENGKING HITAM’

Eksplorasi Atau Repetisi?

The Changcuters boleh jadi adalah salah satu band yang membuat musik Indonesia menjadi raja di negeri sendiri, lagu-lagu yang dibawakan Tria, Qibil, Alda, Dipa, serta Erick sukses jadi anthem yang dinyanyikan anak-anak kecil seIndonesia dan RBT mereka juga laris manis. Sayangnya, hanya dua hal itulah yang menjadi barometer dari definisi ‘raja di negeri sendiri’. Setelah meraih sukses komersial dengan MENCOBA SUKSES KEMBALI , sebuah album repackaged mereka di tahun 2008, band asal Bandung ini memang secara industri telah sukses membawa image rock n’ roll dengan lirik bubble gum , di tengah ramainya plagiarisme dan irama melayu, bahkan belakangan, mereka juga sukses didapuk melantunkan single-singlenya di tengah orasi Pemilu Legislatif 2009, atau pengakuan majalah Rolling Stone Indonesia yang menyebut mereka The Phenomenal. Kini, band yang bernaung di bawah bendera Sony Music Entertainment Indonesia itu kembali dengan album kedua THE CHANGCUTERS & MISTERI KALAJENGKING HITAM, lengkap dengan gaya rambut baru dari semua personilnya. Single pembuka yang diluncurkan bertitel Main Serong, sebuah rockabilly yang menambah daftar lagu populer bertemakan perselingkuhan, sebagai opening single dapat dipahami jika Tria

dan kawan-kawannya ingin mempertahankan image lewat bangunan aransemen rock n’ roll yang kental. Kemudian ada Mr. Portal yang bernuansa agak dark , di sini nampak jika The Changcuters ingin menampilkan musik yang ‘serius’. Pada track bertitel Gembel Cinta , mereka juga nampaknya masih terus mengulang resep guyonan dalam liriknya, begitu juga pada In De Hoii , dengan musik ngedance tempo dulu, tak jauh beda dengan lagu berjudul Bebek Beringas yang mengedepankan beat-beat rock n’ roll. Dalam album yang berisikan total 12 lagu tersebut, The Changcuters nampaknya ingin melangkah lebih jauh dalam proses eksplorasi musikalitas mereka, sayangnya, bukan hanya mereka yang melakukan hal tersebut. Dari sekian banyak band tanah air, memang ‘lirik ringan’ serta ‘aransemen daur ulang’ telah menjadi isu orisinalitas namun hanya ‘angin lalu’. Overall, penghargaan atas eksplorasi musikal mereka memang layak untuk dihargai, walaupun jauh sebelum The Changcuters menobatkan diri mereka sendiri sebagai pengusung rock n’ roll yang rajin mengeksplor aransemen dan sounding , pada masa awal kemerdekaan negeri ini pun telah hadir The Tielman Brothers, yang lagu-lagunya bahkan menjadi referensi The Beatles, bukan sekedar berakhir menjadi RBT. (*)


Halaman

28

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

Sobat Nando Sayang yang manis.

eddy junaedy/jambi independent

Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

BERGAYA: Sejumlah anak sedang bergaya layaknya model professional. Ajarkan anak berpenampilan sederhana.

“Anakku Suka Berdandan ala Dewasa”

Fadhel Muhammad Ilham Perumahan Kopi Jaya Jl. Raden Wijaya No. 100 RT. 35, Jambi

Alzenaghania Ridwan Jalan RB Siagian 21, Taman PKK, Kota Jambi

Ilham Mudin Nur Muhammad RT 07, Dusun Abadi Jaya, Desa Sei Toman, Tanjab Timur

SETIAP orangtua pasti ingin balitanya tampil lucu dan menggemaskan. Tak heran jika kemudian anak sering didandani oleh sang ibu dengan berbagai aksesori dan baju dengan gaya khusus. Sang balita pun umumnya tidak keberatan melakukan. Malah mereka sering meniru gaya dandanan orangtuanya. Hal itu juga dirasakan Ita (27). Ibu tiga anak tersebut selalu mendandani putri bungsunya dengan berbagai aksesori sehingga hampir setiap hari ada saja dandanan yang berubah, khususnya gaya rambut putrinya. “Senang kalau lihat lucu dan seksi. Mumpung masih kecil,” ujarnya. Ia mengatakan, putrinya yang

baru berusia empat tahun ini tidak keberatan. Malah sangat senang dengan dandanan yang diberikan. Namun karena kebiasaan itu, anaknya bisa menghias wajahnya sendiri. “Kadang bedak dan lipstik kita dipakai. Terus becermin kayak orang dewasa,” ungkapnya. Helen (24) mengatakan, keponakannya yang baru berusia empat tahun suka meniru dandanan orang dewasa. Malah ia pernah memergoki sedang mengenakan pakaian ibunya dan jilbab ibunya. “Gadis banget. Padahal masih empat tahun,” ujar Helen di kantornya. Tidak hanya baju dan jilbab orang dewasa yang dikenakan, kosmetik miliknya pun tak luput

dari sentuhan jari manis gadis kecilnya. Malah pernah muka putrinya tebal dengan bedak dan lipstik. “Bingung mau omong apa. Mau marah sang anak juga belum mengerti,” terangnya. Kondisi itu jelas menjadi bahan lelucon di keluarganya. Di sisi lain, ia sendiri merasa keponakannya terlalu cepat dewasa. Hal itu berbeda saat dirinya masih kecil. Saat masih duduk di bangku SD, untuk memakai lipstik saja ada rasa malu. “Kadang lihat terlalu cepat besar. Mungkin karena banyak yang dilihat, khususnya TV,” ungkapnya. Hal sama juga dirasakan Wati, warga Jalan Abdul Muis. Ibu dua anak itu mengaku putri sulungnya yang kini berusia 3,5 tahun

suka mematut diri di depan cermin. Malah saat menyisir rambut, bisa memerlukan waktu lama. “Kayak orang besar. Rambutnya enggak boleg dipegang. Takut rusak,” ujarnya. Jika sudah berpekaian, anaknya bisa berlama-lama. Ia biasa memilih baju berlama-lama jika ingin bepergian. “Ini pas enggak ya? Dak bagus ya?” katanya menirukan ucapan putrinya. Tidak hanya cara berdandan, cara berbicara putrinya juga seperti orang dewasa. Ia sepertinya banyak meniru ucapan-ucapan orang dewasa dalam sinetron. “Makanya untuk TV sedikit saya sensor. Mending anak nonton kartun daripada nonton sinetron,” pungkasnya.(nid)

Kata Psikolog

Ajarkan Anak Berpenampilan Sederhana PROSES perkembangan anak berlangsung sepanjang hidup, dipengaruhi oleh interaksi antara faktor dari dalam keluarga maupun faktor di luar keluarga atau lingkungan. Misalnya pola asuh orangtua akan berinteraksi dengan pergaulan teman sebaya, pengaruh media massa seperti televisi, maupun faktor eksternal lainnya dalam memengaruhi perilaku. Pola belajar anak akan dilakukan pada awalnya melalui penginderaan (mata, hidung, kulit, telinga, lidah/indera pencecap) kemudian akan menjadi informasi pertama anak tentang dunia barunya. Informasi itu pada saatnya akan muncul

dalam bentuk perilaku melalui proses imitasi (peniruan) dan lingkungan akan menjadi model yang berpengaruh. Pada balita maupun usia prasekolah, perilakunya masih berdasarkan imitasi pada lingkungan, apakah dari informasi internal keluarga maupun eksternal. Jika anak berdandan ala dewasa, biasanya ada model yang ditiru. Kalaupun orangtua tidak memberikan pembelajaran, bisa saja didapatkan dari lingkungan eksternal seperti televisi. Namun perlu diketahui, umumnya orangtua menyukai putrinya tampil lucu dan menggemaskan sehingga terkadang mendandani anaknya dengan gaya berlebihan. Hal

itu kemudian tanpa sadar tertanam di alam bawah sadar anak. Padahal gaya dandanan menampilkan karakter genit dan seksi. Agar anak tampil menarik di usianya yang memang lucu tidak bisa dijadikan alasan untuk mendadani anak berlebihan, lebih baik anak dilatih untuk bersikap sederhana, rapi, tapi bersih. Selanjutnya, bagi orangtua yang mendapati anaknya yang bergaya ala dewasa, sebaiknya tidak bereaksi berlebihan, mulai dari memberikan contoh dari lingkungan keluarga. Biarlah secara wajar anak mengalami masa peniruan itu, sembari mengevaluasi stimulus yang

Ridwan Sp.Si dapat menjadi model-model buruk untuk diminimalisasi dari kehidupannya.(nid)

C M Y K


Minggu, 10 Mei 2009 n Jambi Independent

tIPS

Perkembangan Psikologi Balita USIA 0-6 bulan, attachment (kelekatan) terhadap ibu, tergantung secara total pada ibu atau care giver, membangun rasa percaya (trust). Usia 6-12 bulan, berpisah dari ibu (usai ASI eksklusif), mulai mengembangkan sense terhadap diri, suka becermin.

Usia 18-36 bulan, masanya belajar kemandirian, belajar cara memenuhi kebutuhan diri, membutuhkan persetujuan orangtua, menunjuk benda yang diinginkan, belajar bergiliran dengan bantuan orang dewasa, belajar berbagi, cemas jika ditinggal (separation anxiety). Usia 3-5 tahun, mulai bisa diajak bekerja sama, tetapi belum mampu membedakan fantasi dengan realita. Mengalami sambil mengatasi beragam emosi (sedih, cemburu, gembira, dll). Bisa berinteraksi dengan anak lain dengan memperhatikan detail, ruang, dan waktu. (*)

29

Pola Asuh Tentukan Kepribadian Anak

POLA asuh orangtua menentukan kepribadian seorang anak. Jika anak mengalami gangguan kepribadian ketika dewasa, kemungkinan adanya pola asuh dalam yang salah dalam kehidupan keluarga bisa saja terjadi. “Pola asuh memberikan sumbangan terbesar dalam pembentukan kepribadian anak. Salah dalam pola asuh, akan membentuk kepribadian yang salah pula. Termasuk kemungkinan munculnya gangguan kepribadian,” ujar psikolog Ridwan SPsi. Namun faktor lainnya juga berpengaruh, seperti rangsangan dari lingkungan luarangsang dari erpengaruh. an genetik enrin (dian yang salah pula. ian anak. kehidupan juga bisa emberikan sumbangan keluarga dan faktor genetik. “Atau gabungan dari keduanya,” imbuhnya. Dalam hal ini, jika ada masalah dalam keluarga, jangan sampai anak menjadi korban sehingga harus kehilangan masa kanakkanaknya. Tetap berikan kasih

sayang yang memang menjadi haknya. “Anak yang besar dari keluarga broken home yang tidak mendapatkan kasih sayang semestinya bisa berpengaruh ke psikis anak,” ujarnya. Apalagi sampai menularkan kebencian pada anak. Karena berpisah dari suami atau istri, membuat anak menjadi membenci salah satu dari orangtua. “Misalnya benci dengan ayah, kemudian m e m b e n c i l a k i laki. Kemudian diturunkan anak. Akibatnya anak bisa saja tidak menyukai lakilaki dan akhirnya jadi lesbi dan sebagainya,” ujarnya. Selain itu, gangguan kepribadian juga bisa dideteksi dari dini. Jika mengalami kelainan karakter yang berbeda dari anak normal, jangan sungkan memeriksakan anak ke psikiater maupun psikolog. “Semakin dini dikenali, semakin mudah terapi dan pola asuh yang harus dilakukan untuk penanganannya,” ujarnya. Berikan juga stimulasi per-

eddy junaedy/jambi independent

Usia 1-18 bulan, perkembangan sosial dini, egosentris, mengembangkan rasa percaya diri, bermain secara mandiri.

Halaman

mainan yang variatif bagi anak. Jangan anak laki-laki hanya diberi permainan laki-laki. “Tidak masalah memberikan permainan yang biasanya untuk perempuan. Biarkan anak yang menyeleksinya sendiri.” Jika anak mengalami ke­ cenderungan untuk menyukai

BERMAIN: Anakanak sedang bermain. Pola asuh tentukan kepribadian anak.

hal-hal yang sifatnya feminin secara berulang, padahal ia seseorang anak laki-laki, tugas orangtua mengarahkan dan memberikan penjelasan kepada anak. “Tentu dengan bahasa yang penuh kasih sayang dan mudah dimengerti anak,” pung­ kasnya. (nid)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

30

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

iPhone Akan Bisa Mengenali Suara FITUR tersebunyi sistem operasi Apple iPhone terbaru sedikit demi sedikit terungkap. Apple OS 3.0 akan memiliki fitur pengenal suara. Software itu disebut Jabbler dan built-in di aplikasi SpringBoard. Aplikasi itu mengontrol layar utama, meluncurkan aplikasi lain dan menjadi dasar fitur pencarian baru Spotlight. Jabbler sepertinya akan memiliki fungsionalitas suara mirip software yang dibundel dengan iPod Shuffle terbaru. Misalnya saja pengenalan suara, serta pengucapan tulisan. Sebuah sumber yang dekat dengan OS iPhone 3.0 pada Ars Technica mengungkapkan, beberapa pengembangan itu. Karena software suara telah built in di iPod shuffle terbaru, maka Apple tampaknya akan memasukkan di iPhone baru. Fitur pengontrol lewat suara akan membuat iPhone memiliki kecepatan sama dengan ponsel lain yang memiliki fitur voice-dialing. Hal itu akan menjadi saingan berat pencarian dengan suara semacam Google app. (*)

TIPS

Panasonic dan Motor ola Motorola Siapk an 9 PPonsel onsel Siapkan Berbasis Linux Berita IT terbaru datang dari NEC dan Panasonic yang telah merilis sembilan model ponsel terbaru. Kesembilan ponsel tersebut direncanakan akan membawa system open source LiMo di dalamnya. Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan wireless Linux foundation, LiMo, dalam trade show MWC (Mobile World Congress) di Barcelona, Februari lalu. Fokus dari pasar ponsel telah berkembang ke pengembangan software, yang juga telah dilakukan oleh Google dan Apple setelah masuk ke pasar mobile, dua tahun lalu. Sementara hingga saat ini pasar platform software ponsel masih dipimpin oleh system operasi Nokia Symbian, walaupun kini sudah muncul pesaingnya, seperti Apple dan BlackBerry OS milik RIM (Research in Motion). Sementara itu, system operasi Linux memiliki sedikit kesuk-

sesan dalam bisnis ponsel, namun aturan tersebut kini sudah berubah dengan adanya platform LiMo ini, juga setelah Google menggunakan Linux untuk membuat platform Android. Linux sendiri merupakan system operasi open source computer yang gratis, yang dapat digunakan atau di-share secara bebas untuk public. Sedangkan untuk meraih untung, supplier Linux memperoleh pendapatan dari menjual improvisasi dan layanan teknis, tidak seperti Microsoft yang memberi biaya tambahan terhadap penggunaan software Windows. LiMo juga mengungkapkan bahwa terdapat lima perusahaan yang kemudian bergabung dengan badan nonprofit Linux foundation tersebut, yakni Aromasoft, CasioHitachi Mobile Communications, Marvell, Opera Software and Swisscom. (*)

TipsTips P enting Merawat ips-T Penting Dan Menggunak an Hp Menggunakan 1.Pada penggunaan pertama baterai baru, isilah +/- 4 jam dalam kondisi hp dimatikan. Hal ini dilakukan hanya untuk sekali saja. Baterai akan mencapai kekuatan maksimal setelah +/- 3 kali proses pengisian (atau sekitar 7-10 hari pemakaian awal). 2.Isilah baterai sampai benarbenar penuh agar baterai lebih awet dan jangka waktu kerjanya dapat maksimal, tetapi juga jangan melakukan pengisian baterai terlalu lama (baca tips no.3). 3.Proses pengisian baterai yang baik adalah segera mencabut pengisi baterai begitu indikator pengisian menunjukkan bahwa baterai telah penuh. Jangan terlalu lama, misalnya ditinggal tidur atau pergi selama berjam-jam, karena hal itu akan memperpendek usia baterai dan pengisi baterai. 4.Jangan melakukan pengisian baterai dalam posisi hp dinyalakan, kecuali dalam kondisi sangat terpaksa (apalagi menggunakan pengisi baterai di mobil), karena hal ini akan mempermudah kerusakan hp (akibat melemahnya komponen hp, konsleting, dsb), serta memperpendek usia baterai dan pengisi baterai. 5.Apabila baterai hp Anda terbuat dari bahan Metal (Ni-Cd

atau Ni-MH), pengisian baterai yang baik adalah pada saat baterai telah benar-benar habis/ kosong. Apabila Anda sering mengisinya saat baterai belum benar-benar habis, maka baterai akan cepat melemah/rusak. etapi apabila baterai hp 6.T 6.Tetapi Anda terbuat dan bahan Lithium atau Polymer (Li-ion. LiPot, atau Li-ion Polymer), isilah baterai sebelum benar-benar habis/kosong. Baterai yang terbuat dan bahan Lithium atau Polymer (Li-ion. U-Pol, atau Li-ion Polymer) dapat rusak atau melemah (misalnya tidak dapat diisi lagi, atau drop) apabila Anda terlambat mengisinya (benar-benar telah kosong/ habis tenaganya). 7.Usia baterai tidak diukur dan hari atau bulan, tetapi dan jumlah pengisiannya. Apabila Anda pengguna hp yang sangat aktif (sering menggunakan hp untuk telepon, sms, atau main game), maka Anda akan lebih sering melakukan pengisian baterai daripada pengguna hp yang kurang aktif (hanya sering standby saja). Otomatis usia baterai Anda akan semakin pendek. 8.Segeralah mengganti baterai hp Anda dengan baterai yang baru apabila sudah lemah, karena kinerja hp menjadi tidak dapat maksimal, serta dapat mengganggu

aktivitas komunikasi Anda sehari-hari. 9.Signal hp yang lemah (misalnya ditempat yang agak jauh dari jangkauan pemancar, atau di dalam ruangan yang tidak ada signalnya) akan membuat kerja hp semakin berat dan baterai akan menjadi lebih boros/cepat habis. 10.Apabila hp Anda tidak ada signalnya sama sekali (diluar jangkauan signal pemancar hp, didalam ruangan yang tidak dapat dijangkau signal, atau antena hp Anda terlepas/ pecah/rusak, dsb) lebih baik hp segera dimatikan, karena kinerja komponen penala (pencari) gelombang/signal hp Anda terlalu berat dan dapat menjadi cepat melemah/nusak, selain itu baterai hp Anda menjadi lebih boros. 11.Pastikan pengisi baterai hp Anda menempel dengan baik pada stop kontak (PLN), jangan menempelkan pengisi baterai pada stop kontak (PLN) yang longgar (posisinya goyang, tidak rapat, tidak menempel baik, atau miring) karena kondisi ini rawan bahaya korslet yang dapat merusak hp, baterai, dan atau pengisi baterai hp Anda. 12.Cabutlah pengisi baterai hp Anda dari stop kontak (PLN) apabila tidak digunakan mengisi baterai. (*)


Minggu, 10 Mei 2009 n Jambi Independent

Halaman

31

Leopard vs Windows Vista DALAM beberapa hal, Mac OS X Leopard lebih unggul dibandingkan Windows Vista. Sudah bukan rahasia lagi kalau Microsoft, yang berbasis di Seattle, dan Apple, yang berada di Cupertino, California, sudah lama menjadi seteru bebuyutan dalam merebut pasar sistem operasi. Bill Gates pendiri Microsoft dan Steve Jobs pendiri Apple dikenal sebagai pemimpin yang memiliki visi dan ide cemerlang di dunia teknologi khususnya komputer masa depan. Kedua tokoh ini sangat menyadari kehadiran sistem operasi sebagai nyawa bagi komputer. Tanpa peranti lunak ini, komputer hanyalah seonggok perangkat keras yang tak bisa melakukan apa-apa. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara hardware dan software. Sejauh ini Microsoft semakin kukuh mengembangkan ambisinya di dunia bahwa “setiap komputer di setiap rumah memiliki Windows yang menjadi jendelanya”. Sistem operasi Windows menguasai hampir 90 persen pasar sistem operasi di dunia. Windows menemukan momentumnya ketika teknologi antarmuka (GUI) komputer semakin maju. Mereka merilis Windows 3.1, Windows 95, Windows ME, Windows 2000, dan Windows XP termasuk di dalamnya versi-versi untuk server. Versi paling gres adalah Windows Vista yang tampilannya dipoles semakin indah dengan berbagai dukungan fitur yang lebih baik. Apple juga tidak mau ketinggalan dengan melakukan banyak inovasi mulai dari Classic Mac OS (1984-2001) dan berbagai versi dari Mac OS X 10 (Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger). Versi teranyarnya Mac OS X 10.5 Leopard yang membutuhkan waktu dua tahun lebih sebelum diluncurkan secara resmi. Dalam situs Apple, Leopard yang diluncurkan 26 Oktober 2007 menawarkan sekitar 316 fitur baru, yang oleh Apple disebut sebagai hasil upgrade terbesar dan tercanggih yang pernah dilakukan. Sebelum resmi diluncurkan, banyak pecinta Mac sudah memesan Leopard terlebih dahulu (pre order). Mereka memesan lewat situs resmi Apple. Banyak pengamat yang mencoba membandingkan Leopard dengan Windows Vista. Ada yang menyebut

Vista menjiplak OS X milik Apple. Dan salah satu alasan Apple menunda peluncuran Leopard adalah karena takut Microsoft menconteknya. Secara umum, fitur-fitur unggulan Leopard pada prinsipnya meniru dari berbagai sistem operasi atau software lain. Namun Apple memegang kuat prinsip bahwa produknya harus memudahkan penggunanya dalam bekerja. Sehingga, tidak berhenti sampai meniru fitur OS (operating system) lain saja, Apple juga memberikan inovasi pada fitur-fitur itu dengan memolesnya habis-habisan untuk memberikan ultimate user satisfaction, tanpa kompromi. Di sinilah kekuatan utama Mac OS. Dalam beberapa bidang, Leopard sampai saat ini masih lebih unggul dalam hal penemuan atau inovasi dibandingkan Vista. Jika anda pengguna Mac yang teliti, anda pasti tahu bahwa Spotlight telah digunakan sejak tahun 2003 sementara Vista baru menggunakannya pada 2007. Begitu juga dengan Quick Look yang memperbolehkan berbagai file dibuka dan dijalankan langsung pada Finder tanpa menggunaan software pihak ketiga. File pdf, misalnya, dapat anda buka dan baca preview-nya, dibandingkan dengan Vista yang mengharuskan anda memiliki Adobe Reader terlebih dahulu. Dalam hal kebutuhan akan spesifikasi komputer, Leopard tidak serakus Vista agar bisa beroperasi. Leopard hanya membutu-

hkan prosesor berkecepatan 867 MHz G4 dengan RAM 512MB. Sedangkan Vista membutuhkan minimal RAM 1 GB. Total ruang (space) yang dibutuhkan Leopard 3,3 GB, namun Apple merekomendasikan 9 GB. Selain itu, OS ini juga mempunyai versi komplit Boot Camp (untuk mem-boot Windows di Mac). Sayangnya, bagi pengguna Boot Camp yang tidak meng-upgrade OSnya ke Leopard akan kehilangan fungsi Boot Camp karena kadaluarsa. Fitur paling bagus dari Leopard adalah Time Machine dan Spaces. Time Machine adalah sistem backup yang bisa mengembalikan kondisi komputer ke waktu sebelumnya. Data-data yang hilang atau terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. Dengan satu klik, anda sudah bisa memanfaatkannya langsung dari Finder. Sedangkan pada Vista, fitur restore sangat sulit digunakan dan jika anda bukan administrator, anda tidak dapat melakukan restore file. Sedangkan Spaces adalah virtualisasi desktop yang memungkinkan dipindahnya jendela aplikasi dari desktop satu ke yang lain. Misalkan Anda biasa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Kita dapat mengeset desktop pertama buat iTunes (mengelola musik), sedangkan desktop kedua untuk Microsoft Word (menulis laporan), bersama-sama dengan browser Safari untuk melakukan riset online. Pada desktop ketiga dijalankan Adobe

Photoshop. Dengan cara ini Anda dapat berkonsentrasi pada satu pekerjaan tanpa terganggu. Anda bisa menekan Control+panah atau Control+nomor untuk menuju space pilihan. Hot keynya bisa diganti sesuai selera. Setiap aplikasi bisa disambung ke space tertentu untuk memudahkan pencarian. Leopard juga meningkatkan fasilitas sistem pencarian (desktop search) yang dinamakan Spotlight. Fitur ini memungkinkan kita mencari data dalam beragam format, baik dokumen maupun gambar di komputer. Sekilas fitur ini lebih cepat dan lengkap dari yang dimiliki Vista. Fitur search ini dapat membagi data yang hendak dicari lebih detail dengan memasukkan kata-kata seperti “AND”, “OR”, dan “NOT” sebagai kata kunci. Fitur inovatif lainnya yang dimiliki Leopard adalah fitur Parental Controls. Fitur ini dianggap sebagai implementasi teknologi terbaik untuk mengawasi anak saat menggunakan komputer. Sistem ini memberi peringatan ketika anak bermain komputer pada waktu yang dilarang. Parental Controls yang ada di Leopard ini juga terdapat dalam Windows Vista. Apabila anda bosan dengan icon yang berantakan di desktop, Leopard menyediakan Stacks (mirip Quick Launch pada Windows). Stacks adalah bagian dari dock yang akan membantu anda mengakses folder. Ketika stacks diklik, otomatis dia akan menampilkan isi dari folder tersebut. (dip/*)


Halaman

32

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

SMP/SMA Xaverius 2 Kota Jambi

Punya Wadah Pengembangan Siswa SMP dan SMA Xaverius 2 Kota Jambi termasuk salah satu sekolah swasta yang bisa mengembangkan bakat dan kreativitas para siswa baik bidang akademis maupun nonakademis. Sekolah beralamat di Jalan Melur 1, Telanaipura, itu berdiri dengan visi sebagai pusat pendidikan yang mengutamakan keunggulan pengetahuan, kepribadian, kedisiplinan, dan budaya dengan dasar ketakwaan kepada Tuhan yang Mahaesa dan cinta kasih. Demikian dikatakan Kepala SMP/SMA Xaverius 2 Kota Jambi Agus Tri Nugroho. Menurut dia, sekolah itu mengusung misi melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki. Lalu menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah, mendorong dan membantu setiap siswa mengenali potensi dirinya. Dengan begitu dapat dikembangkan secara optimal serta menerapkan manajemen partisipatif dengan berusaha melibatkan keseluruhan warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait sekolah (stakeholders). Sekolah dengan 29 tenaga pengajar kompeten dengan pendidikan S-1 serta delapan tenaga administrasi berpengalaman itu bisa membuat sekolah tersebut tidak dipandang sebelah mata. Itu bisa dilihat dari prestasi sekolah. Baru-baru ini para siswanya mendapatkan penghargaan di bidang akademik berupa menjuarai olimpiade matematika seProvinsi Jambi. Sekolah yang saat ini sudah mengarah pada pembelajaran dengan sistem IT itu bisa dikatakan sebagai sarana pembelajaran yang lebih meningkatkan profesionalisme. Itu sebagai proses menghadapi era IT yang makin maju. Selain sistem pembelajaran, sekolah menerapkan keakraban dan kekeluargaan antarsiswa tenaga pendidik dan karyawan sekolah. Sekolah tersebut juga berusaha membentuk karakter para siswa untuk bisa saling menghargai, menolong, dan bisa memahami apa kelebihan diri mereka, sehingga kelak bisa memanfaatkan karakter diri mereka saat tamat. Dengan begitu, sekolah bisa meraih prestasi membanggakan. Untuk mencapai semuanya, sekolah tersebut sengaja

AKTIF: Siswa Xaverius 2 Kota Jambi saat mengikuti proses belajar-mengajar.

FOTO-FOTO: ANDI MUSMULYADI/JAMBI INDEPENDENT

PRESTASI: Kepala sekolah dan salah satu siswa yang pernah meraih prestasi membanggakan.

menyediakan wadah dalam pengembangan karakter dan kreativitas peserta didiknya. Baik berupa pengembangan diri di bidang tenis meja, bola basket, bola voli, futsal, drumband, bina vokalia, teater, pramuka, dan palang merah remaja. Di bidang akademis, sekolah menyediakan wadah pembinaan ilmu pengetahuan dalam bentuk klub matematika, klub bahasa Inggris, klub biologi, klub komputer, dan klub kimia. Dengan terbentuknya wadah pembinaan prestasi itu, sekolah bisa meraih berbagai kejuaraan akademik. Baru–baru ini, salah satu siswanya menjuarai olimpiade matematika seProvinsi Jambi. Yang lebih membanggakan, dalam penerimaan siswa baru, sekolah itu hanya memberlakukan sistem penerimaan lulus bahan administrasi tanpa tes. Sekolah sengaja melakukannya karena yakin bisa menciptakan para siswa yang berprestasi sejak menimba ilmu di sekolah itu. (mus)


Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

LIDY A: Aku tuch orangnya tomboy, santai dalam LIDYA bersikap, berjiwa olahraga, ga sombong n selalu sayang ma orangtua aku. (FS: dya_wae @yahoo. com) (FB: lidya_kasih@yahoo.com)

Ucha; Diy tuch gokiel, cantik, jorok, agak bolot juga sech, agak sombong ma orang yang belom dikenalnya. Maya; Diy tu enak diajak curhat, cantik, fasionnya udah tingkat tinggi bok. Zhila; Diy tu lucu, imuet, n penyabar amat dhe, n juga diy tu hobi nyanyi. Laras; Diy tu bolot amat tapi cantik, truz baek n sopan lho orangnya.

LARAS : Aku tuch baek n ga perhitungan, hobi shopping, n suka ngumpul ma anak-anak GADIS BUTUT lainnya, n sayangku hanya untuk boby. (FS: Bysa_ajah@yahoo.com)

Ucha; Diy tu cantiek banget, lucu, sombong, jarang mandi tapi anaknya asyik lho. Maya; Diy tu baek, cantik, hobi fashion (fashionable abiez dhe), kalo ngeliat diy ga pernah bosen, sombong juga sech, n baek lah. Zhila; Diy tu imuet, baek, penyabar, hobi nyanyi yang ga jelas. Lidya; Diy tu baek banget yach, truz tomboy tapi bisa feminim juga lho (buktinya tadi diy feminim), truz gokiel, n asyik banget dhe. UCHA UCHA: Aku tuch manieznya dikit tapi cantiknya banyak (narsis), truz ucul (lucu), keren, narsis, suka marah-marah ga jelas, cerewet, n selalu sayang ma cowokku (si Ndut..), n stylist truz fashionable. (FS: gadisbutut @ yahoo.com) (FB: Ucha. Ratu @yahoo. co.id)

Maya; Diy tu cantiex, fashionable abiez, suaranya ngerock (maklum mantan anak band), baek n royal abiez orangnya. Zhila; Diy tu amat sangat lucu, penyabar umat, g tau malu, gayanya simpel tapi stylist donk tentunya. Laras; Diy tu buyan (lemot gitu lho), cantik, baek, n riweh (brisik). Lidya; Diy tu tomboy abiez, ga suka yang ribet-ribet, royal, ucul, n maniezlah.

Halaman

33

Gadis Butut yang Stylist HY Sobat Biy, tamu kita kali nie bisa dibilang anak-anak yang fashionable. Secara gaya keren n gaya banget lho. Walaupun mereka masih kelas 3 SMP, tapi wajahnya udah dewasa banget, ampe Biy aja ga nyangka kalo mereka tuch ternyata masih kelas 3. Mereka sekolah di SMPN 9 Jambi. Oh ya mereka menamai diri mereka GADIS BUTUT… Ga sesuai khan ama penampilan n gaya mereka yang gaul abiez… Mereka merupakan kumpulan dari anak-anak model lho. Satu di antaranya atlit voli Jambi. Mereka selalu menyempatkan diri ke salon. GADIS BUTUT terbentuk sejak kelas 2 SMP. Awalnya, katena intensitas pertemuan yang sangat sering dan mempunyai hobi yang sama di bidang modeling. „So terbentuk dhe,” ujar salah satu dari mereka. Motto mereka lumayan unik ya, katanya, „Susah seneng dijadiin senang aja biar ga ada konflik gitu, n saling bantu dalam nyelesain masalah.” „Lomba fashion bareng merupakan hal yang sangat indah untuk kami kenang, tepatnya tahun 2009 lalu, n puncaknya waktu kami disuruh jalan di catwalk kami semua pada ga ngerti. Kwkwkwkkkk.” Jadikanlah persahabatan sesuatu yang indah dan selalu memberikan kecerian di kala kalian menjalaninya n yang pasti selalu kompak, selalu ceria dan selalu memberikan kebahagiaan merupakan kunci solidnya dalam menjalani hubungan persahabatan. Duch sobat Biy katakata yang indah bukan, diinget (riko/Opi) lho.(riko/Opi)

ZHIL A : Aku tuch orangnya imuet, baek, penyabar, ZHILA pengertian, setia ma cowok, gokiel, suka ngambek, hobi nyanyi, hobi ngeband, n selalu sayangma zha ku. (FS : u _ o n e b a w e l @ y a h o o . com)

Ucha; Diy tu cerewet, suka ngupil sembarangan, cantik, truz baek n pengertian abiez dhe. Maya; Diy tu baek, enak diajak curhat, cantik, tomboy tapi feminim lho, truz suka marah-marah yang ga jelas. Laras; Diy tu baek, lemoet abiez (buyan), cantik nean (dak pakek bae), setia nian ma bobinya n ga banyak omong, agak cerewet lah dikit. Lidya; Diy tu baek, ucul (lucu), tomboy abiez, royal, n ga pernah perhitungan ma teman lho.

MA YA: Aku tuch lucu, supel, hobi fashion, hobi MAY ngerumpi, hobi ngumpul, selalu eksis dimana aja, n selalu sayang ma mama q. (FB: maia_perfectgirls @yahoo.com)

Ucha; Diy tu asyik, cantik, royal, narsis, n gayanya imuet. Zhila; Diy tu paling gokiel, paling imuet, sungguh penyabar n suaranya keren abiez. Laras; Diy tu imuet, baek, agak sombong, agak berisik n penyabar. Lidya; Diy tu tomboy abiez, gokiel, pecinta olahraga, rajin menabung n ramah.


Halaman

34

Jambi Independent n Minggu, 10 mei 2009

ADA PERTEMUAN PASTI ADA PERPISAHAN ADA pepatah mengatakan “setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan”. Begitulah yang dialami oleh siswa kelas 3 yang telah selesai mengikuti UN. Mereka merasa sedih akan meninggalkan orang-orang yang mereka cintai, yang selama ini telah dekat. Namun perasaan sedih dan senang itu pun masih dibayang-bayangi oleh perasaan was-was akan hasil ujian nanti. Lalu bagaimanakah perasaan mereka sebenarnya dalam melalui masa perpisahan dengan guru dan teman-teman mereka?. Amel, salah seorang siswi kelas 3 IPA SMAN 6 Kota Jambi mengungkapkan

kesedihannya karena akan berpisah dengan guru dan teman-temannya. “Sedih pastilah ya, karena berpisah dengan guru dan temen-temen,” ujar Amel. Gadis supel ini pun mengungkap perasaan senangnya karena telah selesai dalam tahap akhir untuk tingkat SMA dan akan menuju gerbang selanjutnya. “Kalau senangnya, bakal memulai langkah awal untuk menuju gerbang kesuksesan selanjutnya,” tambahnya. Laih halnya dengan Indah siswi Kelas 3 IPA SMAN 6 lebih berharap agar temantemannya berhasil semua setalah lulus nantinya. “Kita mengharapkan temen-temen kita berhasil semua, sedihnya biasa

ngumpul bercanda gurau, belajar, keluar maen ke kantin terus pulang bersama itu mungkin yang sulit untuk dilupakan,” papar Indah. Sedangkan Yelfiana Kelas 3 IPA SMAN 6 masih merasa was-was karena masih dibayang-bayangi oleh hasil UN. “Kalau perasaan sekarang ini sebenarnya masih was-was karena masih dibayangbayangi tentang hasil ujian nanti,” tukasnya. Sementara Theresa lebih memilih untuk memikirkan apa yang harus dilakukannya setelah lulus nantinya. “kalau kedepan akan seperti apa dan bagaimana, udah terpikir, tinggal lagi menjalankannya, misalnya

udah tamat mau nerusin kuliah kemana, jurusan apa, udah dipikirkan,” katanya. Yelfiana pun merasa sedih karena akan jarang bertemu lagi dengan orang yang disayanginya. “Sedihnya berpisah dengan temen dan semua guru, apalagi guru yang dekat dengan kita, jadi kemungkinan akan jarang bertemu,” ungkapnya. Kalau Theresa akan berencana untuk masuk ke STAN. “Apalagi dengar informasi dari kakak tingkat peluang dari IPA lebih besar,” terangnya. Sementara Amel lebih memilih bidang kesehatan. “Insya Allah Akbid, cita-cita pengennya sih, jadi dokter,” jelasnya dengan lugas. (kin)

TIPS GAUL

dang.. Tetapi Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa.. 1. Jadilah pendengar yang baik buat teman-temanmu. Jangan pernah sekalipun kamu bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh aja, tapi jangan melakukannya dengan cepat. Pelahan-lahan namun pastikan temanmu itu mendengarkannya. 2. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan khas. Cobalah mengerti

bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. 3. Peliharalah kepercayaan yang telah diberikan oleh teman dekatmu itu. Jangan pernah sekali-kali kamu mengobral rahasia temanmu pada orang lain. 4. Berilah dukungan dan pujilah temanmu, kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya. 5. Jangan pernah merasa iri kepada temanmu. Kebahagiaannya adalah bahagia milik-

mu juga. Ikut berbahagialan atas keberhasilan temanmu. 6. Dekat bukan berarti harus tergantung satu sama lain. Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah ‘jarak’ yang wajar. 7. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan refresing bersama. Kembangkan sikap toleransi, fleksibelitas, asertive, empati dan belajar saling memahami. 8. Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada temanmu saat kamu melakukan sebuah kesalahan padanya. (*)

Tiada mutiara sebening cinta.. Tiada sutra sehalus kasih sayang.. Tiada embun sesuci ketulusan hati.. Dan tiada hubungan seindah persahabatan.. Sahabat bukan MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya.. EKONOMI yang mengharapkan materi.. PPKN yang dituntut oleh undang-un-


Minggu, 10 MEI 2009 n Jambi Independent

TIPS

Ngemil T api Tapi Sehat NGEMIL dan diet, dua kata ini sangat berlawanan bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Tapi kebanyakan dari kita tak bisa menghindari ngemil, apalagi saat sedang bosan,kesal atau marah, ngemil jadi pelarian yang paling memuaskan. Tapi biasanya setelah itu Anda jadi merasa bersalah karena sudah terlalu banyak makan. Sebenarnya, tak harus seperti ini jika Anda menjalani diet. Ngemil bukan hal yang salah, tapi dalam hal ini harus terprogram dan terkontrol. Yang terpenting adalah bagaimana mengenali apa yang dibutuhkan tubuh Anda,tanda-tanda yang diberikan pada Anda, dan mempelajari bagaimana menanggapi semua tanda tersebut dengan layak - jadi, diet Anda tak perlu lagi disertai rasa bersalah. Berikut beberapa kunci ngemil sehat yang bisa Anda terapkan dalam diet Anda. Keuntungan Ngemil Ngemil tak selamanya buruk buat diet dan kesehatan, pada kenyataannya makan camilan dalam beberapa kali sehari malah membawa manfaat. Dengan panduan seperti berikut ini: Ngemil T erk ontr ol Terk erkontr ontrol ol. Makan makanan rendah lemak - seperti biskuit berbahan padi-padian, sedikit kue kering asin, buah segar atau sayuran malahan dapat membuat Anda menghindari nambah saat makan di jam makan berikutnya. Selain itu, sepanjang hari itu Anda sudah mengkonsumsi sejumlah kalori. Energi Dan Nutrisi Ekstra Ekstra. Memasak makanan sendiri memang membutuhkan waktu di antara jadwal sibuk Anda. Makanan kecil jadi santapan yang lebih praktis dari pada Anda tidak makan sama sekali. Memuask an R asa Lapar Memuaskan Rasa Lapar. Anakanak, yang perutnya kecil memang hanya butuh sedikit porsi makanan dalam sekali makan. Tapi bagi orang dewasa dengan lebih banyak aktivitas dan membakar lebih banyak kalori akan lebih nyaman dengan makan sedikit tapi sering. P ilih Mak anan Kecil Y ang Sehat Makanan Yang Pilih makanan yang dapat memenuhi rasa lapar Anda, isi tubuh Anda dengan energi dan nutrisi penting. Pilih beragam makanan untuk memastikan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Dan buat acara ngemil Anda lebih menyenangkan. Berikut beberapa pilihan makanan kecil terbaik (*)

Halaman

35

Anak Gemuk Belum Tentu Sehat PARA orangtua sering menganggap anak gemuk dan gendut merupakan tanda sehat. Apalagi kesan lucu dan menggemaskan. Tak heran orangtua berusaha memanjakan anak dengan makan dan minuman sehingga anak bisa mencapai berat badan tertentu. Menurut dr Pandji PB SpA, anak gendut dan gemuk belum tentu sehat. Di balik kelucuan anak gendut dan gemuk, ada bahaya besar. Dalam hal ini anak dikatakan gemuk jika BB melebihi 95 persen dari berat badan ideal berdasarkan grafik pertumbuhan berat badan kartu menuju sehat (KMS). “Makanya berat badan anak bisa diperhatikan melalui KMS yang dibawa saat memeriksakan anak baik posyandu maupun ke rumah sakit,” ujarnya di Rumah Sakit Theresia kemarin. Patokan lain yang lebih mudah dan bisa digunakan adalah menggunakan rumus umur ditambah 4 dikali 2. Misal umur anak 2 tahun, 2 ditambah 4 dikali 2. Berarti berat badan idealnya adalah 12 kg. Dikatakan obesitas jika berat badan 20 persen melebihi berat badan ideal. “Berarti jika 14 kg, harus diwaspadai karena sudah termasuk obesitas,” ter-

EDI JUNAEDI/JAMBI INDEPENDENT

ANAK

Seorang anak sedang mencium adiknya. Anak gemuk belum tentu sehat.

angnya. Dikatakan, dari aspek tumbuh kembangnya, anak dengan berat badan berlebih akan mengalami perlambatan dalam tumbuh kembangnya, terutama dalam keterampilannya. “Misalnya lambat bisa duduk, tengkurap, dan merangkak,” ujarnya memberi contoh. Banyak hal tidak bisa diramalkan saat anak sakit, misalnya anak mengalami panas tinggi, muntah, diare, mudah sekali terjadi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolitnya.

Hal itu karena pada anak gendut, cadangan air sedikit dan lebih banyak lemak. Jika panas tinggi (hipertermia) atau hipereksia, suhu tubuhnya di atas 41 derajat celcius sering berakibat fatal. “70 persen bisa berakibat fatal dan sulit ditolong,” paparnya. Selain itu, biasanya kebutuhan makan dan minum anak dengan berat badan berlebih terus meningkat sesuai berat badannya. “Jadi semakin gemuk, kebutuhan makan meningkat dan akan terus men-

ingkat, sehingga sulit dikendalikan,” ujarnya. Risiko lain dari obesitas pada anak, ke depan anak riskan terkena penyakit metabolik seperti kencing manis (diabetes), kolesterol tinggi, dan gangguan jantung. Malah juga sering terjadi gangguan pertumbuhan genital, terutama pada anak laki-laki, yakni alat kelaminnya kecil. Apabila anak dibiarkan dan tidak segera diobati hingga ia berusia 12 tahun, alat kelaminnya akan kecil hingga dewasa.(nid)

Berikan Nutrisi Sesuai Kebutuhan

EDI JUNAEDI/JAMBI INDEPENDENT

TENGKURAP: Seorang anak sedang tengkurap. Jika anak memilliki berat badna berlebih segera tangani dengan baik.

KARENA banyak risiko obesitas pada anak, sebaiknya orangtua mulai waspada dengan mengatur menu anak seimbang. Jika anak mengalami obesitas, segera lakukan pemeriksaan sehingga anak bisa melakukan pola diet seimbang. Menurut dr Pandji PB SpA, banyak kasus obesitas terjadi pada anak karena salah pengertian dari orangtua dalam mengatur menu anak. Salah satunya memanjakan anak dengan makanan dan minuman dalam jumlah berlebih. Ada juga anggapan susu adalah segalanya dan akan memenuhi semua gizi pada anak. “Sehingga kerjaan anaknya hanya minum susu dan dalam jumlah berlebih,” ujarnya.

Untuk itu, pada anak yang obesitas, pola diet seimbang yang ditawarkan harus memperhatikan kalori yang dibutuhkan. Kalori tersebut bisa bersumber dari karbohidrat, protein baik hewani dan nabati, sayursayuran, dan buah-buahan. Jika terlambat dan anak telanjur gemuk dan gendut hingga dewasa, biasanya sulit melakukan intervensi. Kecenderungan lain adalah anak rawan terkena penyakit, khususnya penyakit metabolik, meski usianya masih muda. “Jadi hilangkan imej anak gendut dan gemuk itu lucu dan menggemaskan, tapi berat badannya harus ideal. Namun bukan berarti anak dibiarkan kurus kering,” pungkasnya .(nid)


Halaman 36

Jambi Independent n Minggu, 10 Mei 2009

Yamaha MX Club Indonesian (YMCI) Chapter Jambi

Bangga, Masuk Chapter Jambi Ke-23 Se-Indonesia YAMAHA MX Club Indonesian (YMCI) Chapter Jambi berbangga karena komunitas tersebut merupakan chapter ke23 di seluruh Indonesia. Urutan tersebut membanggakan karena ada ratusan chapter (cabang) komunitas motor Yamaha MX di Indonesia. Di zaman yang maju dan modern, banyak komunitas berdiri baik independen, gabungan, maupun chapter se-Indonesia. Walau demikian, tujuan dan misi satu, yakni memberikan kepada masyarakat contoh yang baik bagaimana berkendara. Klub yang beralamat Gang Gelincing, Pemancar, Telanaipura, itu hingga saat ini me-

miliki anggota 30 orang, tidak jauh berbeda dari klub motor lainnya. Klub tersebut digemari kalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Di samping itu, YMCI Chapter Jambi juga melakukan kegiatan sosial serta touring ke luar kota, seperti ke Pelembang, Lampung, Padang, Pekanbaru, Jakarta, serta beberapa daerah di Pulau Jawa lainnya. “Kegiatan itu juga dalam rangka menjalin kebersamaan dan tali silaturahmi antarsesama biker, baik sesama pengguna Yamaha MX ataupun biker lainnya di seluruh Indonesia,” ungkap Ketua YMCI Chapter Jambi Gandhi Kentas Pribadi.

Sesuai mottonya, “we are no club, we’re family”, klub itu menegaskan kepada seluruh anggotanya, selain aman berkendara, agar tidak berhubungan dan apalagi mengenal minuman keras dan obat–obatan terlarang. “Itu sangat bertolak belakang dari apa yang dilakukan seorang biker sejati,” tambahnya. YMCI Chapter Jambi memiliki struktur kepengurusan, ketua dipercayakan kepada Gandhi Kentas Pribadi, Sekretaris Ari, Bendahara Jul, dan Bagian Humas dipercayakan dikelola Boy. Di samping itu, Divisi Touring diserahkan kepada Udin dan Yopi di Divisi Umum. (mus)

Profil

Berusaha Menjadi yang Terbaik UMUR bukan halangan untuk bergelu t d i d u n i a b ikers . Ya n g n a m a n y a h o bi, semua bisa saja terjadi. G a n d h i K e n t a s Pr ibadi, l a h i r d i J a m b i , 1 6 Mei 1 9 8 6 , s u d a h m e n g gel u t i d u n i a o t o m o t if sejak 2000. G a n d h i m e r u p a kan salah s a t u p e n d i r i Ya m a ha MX C l u b I n d o n e s i a ( Y MCI)

Chapter Jambi. Menu rutnya, menjalankan dan bergelut di bidang otomotif bisa menambah teman serta mempererat tali persauda raan antarsesama. Selain itu, pri a yang mempunyai hobi jalan-ja lan itu mengaku, selama bergabung, dia mendapat kan begitu banyak pen galaman menarik, baik

mengenai dunia otomotif maupun pergaulan yang luas. “ Terus terang banyak hikmahnya yang saya terima. Dan saya bisa berbagi sesama biker serta saling memahami satu sama laina apa itu makna sabar,” ungkap mahasiswa Universitas Jambi itu. Dijelaskan, jika tidak bisa

sabar, kita dengan sendirinya tersingkir, sebab di komunitas itu kita bisa saling berbagi dan saling membantu sesama biker yang ada. Terkait suka-dukanya selama bergabung, dikatakan, dukanya tidak banyak. Namun sukanya begitu berlimpah sehingga susah diungkapkan. Salah satunya mempunyai teman di setiap kota di Indonesia. (mus)

Gandhi Kentas Pribadi

c m y b


Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 2 Mei