Issuu on Google+

Hal 28 Jambi Independent n mINGGU, 21 juni 2009 n Halaman 21

Tampil Modis dengan Batik Sonny PlayStation Portable, Lebih dari Sekadar Game Hal 26

Asal-usul Raja

PEBILIAR CILIK NOMOR 1 jAMBI

Negeri Jambi Hal 25

Dongeng

c m y b


22

NIR WAN “Aku tuch orangnya simple NIRW abiez, agak jutex, egois banget, baik pastinya, kalo mandi suka lama, n hobby banget ama olahraga basket. Berli tu gokiel, urat malunya udah putus, truz orangnya rame lah. Sutris tu pendiem abies, cakeplah dikit, tryz cekatan dalam tiap hal, kalo udah ke 1 minat harus kesampean minat itu. Hafid tu g terlalu banyak omong, suka caper sama cewek manapun, n selalu bikin keisengan.

BERLI “Aku tuch mempunyai sifat yang keras dalam segala hal, aku juga gokiel lho, selain itu aku juga selalu meramaikan suasana dalam hal apapun. Nirwan tuch lelet nian, tapi baek lah samo kawan, gampang nyerah, n yang paling bikin aku suka kesel banget ma dia, yaitu lelet abies. Sutris tuch pendiam, baek, tapi suka jaim (tau’ deh kenapa). Hafid tuch tegas n yang paling diutamain tu cewek (ladies first gitu), truz easy going tapi liat sikon juga sech.

tla_mecumb cmwa,,..nee riizyaa,nagt spentree batary,.._mu cuapzz” ajj bwt tment” q0e anagt” vii.1 ,...eang padach keyen gela,....mga ajj ntar qlo qt laz 2,.. Qta,, pda tetep skelz gee yeapzz.,...bwt biy,. Thx belambun, d_m0eat yeapz biy,, jgn mpe kgag , ,teyy.., (611) +6285764062xxx C4m3~coém?hy3..by..q dij4 pndt4n9 byv....mo ikt en 9bvnk boy3h kn..q m0 tipc4m t’ 4yh q i l0v3 u!bwt 4nk2 53 k0j4, y4m k3n4|,q mw cri2 tmn n3 h8n93 k3 n0 08192520xxx! By..2... +628192567xxx

Jambi Independent n Minggu, 21 Juni 2009

HAFID “Aku tuch manies, baik, suka menolong, keras dalam segala hal.” Nirwan tuch orangnya lembek nian, suka tidur dikelas, sifatnya kumat-kumatan (kadang baik, kadang pelit), playboy abies, sombong kalo dia lagi sama cewek. Berlin tuch orangnya suka maksa, gokiel, biangnya keributan, n keras kepala banget dhe. Sutris tuch orangnya pendiam, cool tapi kalo soal cewek mati kutu, di kantin suka nyagil tapi kalo lagi rame kalo s e n d i r i a n mana berani diy, n suka main kasar orangnya.

SUTRIS “Aku tuch egois (kata temen-temen sech), mau menang sendiri, ga mau kalah ama yang lain, n suka jahilin temen. Nirwan tuch kalo disekolah lembut orangnya (lembek gitu deh), lebih mentingin cewek daripada temen-temennya. Berlin tuch orangnya gokiel lah, truz egois, kalo lagi sepi diy jadi biangnya keributan soalnya ni anak ga bisa diam. Hafid tuch childish boys abies, suka main kasar orangnya, tapi kalo soalnya makanan ga pelit lho.

aq.hub.085366033380>klw pnasaran buka..friendster.aq ya?cra nya: sumi _boy@yahoo.com,makasih ya. +6285366033xxx lamliqum biy..ne jhody..pndtang bru.. ody mw tisam tox anak la..&buat ungu qlickquers..tercipta untk q,buat ortu q..oh y..yg mw knal hub ne aj ya.. 0898 2434406..tlong d muat ya biy..buat biy..makin succes be.. +628982434xxx

M3coomm , , ,hy biy. . . N risty skul d spalfa . Q pndtng rh nh3. . . Q mo tisam wat g3nk q youmut3akczz. . Ulan. . . Yuli . . . N 3rlin. . . N yg mo jd tmn q k no n3 za 08978727290 ya . . . +628978727xxx

Meqom, q pndtg b4ru ne, mo tiz4m bwt k, devi yg lg kuliah d unj4, n bwt k2 ko2 d pad4n6 m6 k2 sukses sel4lu, bwt tmn yg mw knl miss/smsq di 085669864098 cp tw qt4 bs tuk4r pikir4n...bwt bi4n6l4l4 ..th4nksy,? +6285669864xxx

Hay teman2.blh ikt gabung g.?Knalin nama aq sumi.aq org krinci tgl d jambi.aq skrg lg betek.g ada tmpt curhat.aq paling snang.klw ada org.yg.nyenggolin aq d acara.ini.buat tmn yg mau knl ma

Mexom biy,,rhehan dtang lg ne”t sam.tox ungu qlick_querst” ya,,moga makin qlic_querst” aj ya..buatna ayank q,,q ingin slamana mencintai mu..thanks biy.

SATU UNTUK SEMU A SEMUA “N SEMU A UNTUK SSA ATU SEMUA

HALLO Sobat-sobat Biy yang selalu setia nangkringin Biy di hari libur ini. Kali ini Biy kedatangan tamu anak-anak dari SMA N 8 Jambi. mereka menamai diri mereka “Ken-Ken”, kata mereka sich artinya Kencang Kendor… cowok-cowok ini masih duduk di bangku kelas 2 sma n 8 lho. Mereka yang hobbynya ngusilin temen-temennya sendiri ini ternyata mempunyai motto, “Satu Untuk Semua”, katanya sich, kami semua adalah satu dan satu adalah semua, maksudnya sich mereka itu harus selalu sama-sama, baik suka maupun duka. Dan dalam hal apapun kecuali cewek lho. Gitu lho Sobat Biy, “…”Saat saat dikantin” merupakan kenangan terindah kami soalnya di saat itu ada salah satu dari kami ga bawa uang, so daripada salah satu ga ada yang makan n Cuma bisa ngeliat yang lain makan mending ga makan sama sekali, tapi akhirnya kami sumbangan aja supaya semua bisa makan, khan Satu Untuk Semua… Hehehe” Seperti biasa di akhir dari profil mereka, selalu ada pesan buat Sobat Biy dirumah. N mereka berpesan, “jangan mudah ngelupain sahabat hanya karena 1 cewek, soalnya cewek mah mudah dicari, secara dizaman sekarang ini cewek itu lebih banyak jumlahnya, kalo dibandingin itu kayak 1 : 5, jadi 1 cowok itu bisa dapat 5 cewek yang berbeda, sementara sa habat sulit bos dicari yang benar-benar bisa ja d i t e m a n d a l a m s u ka maupun duka. Hehehe. “ (Riko)

“Ken-Ken”

Halaman

+628994028xxx M3c0m b!y, , , cy3 nh3, , , cy3 cm m0u b£9 mkcy mz ch3 y6 mr3n d4h d mw4d, , ch3 m0 t!¿4m 6h3 w4t 4££ fr!3nd ch3, , khzus’4 w4t n4, !d0, tut!, !4, n’ 4£4n, , , 3!tz, , £p4, w4t h0n3y luph u s0 much, ,, +6285266028xxx Mcoem biy.ini aku eki mau krim slam ama tmen2 aku smuanya.trus buat icha yg di sarolangun i love u.thanks biy mga tmbh ckses ja. +6285266058xxx Coem biy . . Q pndtng bru ne santo nac boe’lian, m0e t$am wat friend q ‘man$ur, dani n feby’mkin c0ampact jo, wat fren q nac smk iqra mga kt lluz mu0a. .only 4 my lovely ‘dina smnsa’cnt q bgai mntri yg kn $ll br$nar,moe knl? Call/mz 085266656433biy suxez tyuz yow, . M0add yow biy’!’ thx’ . . +6285266656xxx

Lcoo0m Hi bee, i want t!sam again ne.. For my new friends: Bg n’dra,jhon,k amoy,alvin,ahm4d,ariev,n!mo,azman,melani,uci,ica,dll yg can’t q sbutin one by one.. Thanks y clian cmua dh be my friend.. Moga2 we are always 2gether 4ever.. N sorry,for yg gk smpet q blz sms’y.. Thanks bee, i love u.. Sh!zhuk@ +6281374161xxx Hy bi4ng£4£4...aq £ìffèn..mw ticam dunk bwt tmn2 chubby bn9et,anie,aguzz,very.btw yg mw knl ma aq mz k no.ni ajah..085266734468.thank’s, +6285266734xxx M3com biy n3 wulan moet mw t5am y4 bwtx kx wir4 £oph u pipi... Bwt w4ndy jn9 mrh2 £g y 4m 4q tr5 tmn2 qu y6 £43n £4m p3rkosa 4j. W4d biy m94 5k535 d mu4d y mzx. Mksi. +628974130xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6624-7568 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 21 Juni 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

Seperti Artis Dadakan Masuk Pasar Aku merasa hari-hariku selalu dipenuhi dengan keceriaan. Hidupku sangat bahagia. Banyak orang-orang yang selalu memperhatikan dan melihatku saat aku berjalan di mana pun. Mereka selalu terkesima dan terheran-heran melihat dandananku yang all-out . Aku bangga sekali dengan diriku. Tak heran kalau banyak juga orang yang kadangkadang sinis dan sirik denganku. Hari ini aku ke pasar. Yah, mumpung lagi lewat pasar, aku berinisiatif mampir sebentar. Seperti biasa, aku selalu menjadi bahan pembicaraan di mana pun aku berada. Aku mengetahuinya saat ada beberapa ibu dan anak saling berbisik-bisik dan tertawa terkikik-kikik sambil melihatku. Aku sudah biasa dengan hal itu. Biasalah, orang terkenal kan selalu menjadi pusat perhatian. Tak jauh dari tempat aku berdiri, ada seorang ibu yang menjual bunga-bunga segar. Wah, aku ingin memilikinya. Tanpa pikir panjang, aku ambil beberapa kuntum bunga dan salah satunya aku sematkan di telingaku. Pasti aku sekarang semakin bertambah cantik! Orang-orang pasti akan semakin mengagumiku. “Heh, Bayar dong! Mana uangmu!” Huh, kasar sekali ibu tua ini. Apa dia nggak tahu kalau aku ini anak pejabat dan seorang artis tenar. Nggak sopan! Aku hanya tersenyum dan tertawa manis. “Udah Mbok Sri, biarkan saja, ikhlaskan bunganya. Daripada dia nanti ngamuk dan dagangan Mbok Sri diobrak-abrik”, ujar bapak penjual tahu tempe yang ada di sampingnya. Nah, bapak ini aja segan kepadaku. Berarti, dia tahu aku ini siapa. Aku melanjutkan perjalananku. Melangkah dengan hati gembira, walaupun di sini ada beberapa orang yang menyebalkan dan suka menggodaiku. Kumaklumi saja lah mereka. Mungkin mereka fansku! Saat asyik melihat-lihat barang dagangan di dalam pasar, tiba-tiba ada seseorang melempariku batu. Awalnya tidak aku pedulikan, namun setelah beberapa kali dilempari batu kerikil, aku pun geram. “Hheehhh...hheehh”, geramku sambul m e l i h a t s e k e l i l i n g u n t u k mencari siapa pelakunya. Namun, yang kudengar hanya k i k i k a n tawa beberapa anak kecil. Di dekat penjual daging, aku melihat mereka. Dasar anak tidak tahu sopan santun. Berani sekali mereka mengerjaiku. Aku merasa sangat tidak dihormati

Cerpen: Nurmalia Indah F dan dihargai. Aku benar-benar marah dan ingin memberikan pelajaran kepada mereka. Apa orang tua mereka tidak mengajari mereka cara bersopan santun? Kalo hal itu tidak mereka ajarkan kepada mereka, inilah saatnya aku akan mengajari mereka dan membuat mereka jera atas ketidaksopanan mereka. Kukejar gerombolan anak kecil itu.

Beberapa di antara mereka tertawa dan ada pula yang ketakutan. Mereka sangat

gesit dan lincah. Tenagaku tak cukup untuk mengejar mereka. Aku pun berjongkok untuk beristirahat sejenak. Tiba-tiba ada seorang anak lakilaki berdiri di depanku. Dia menjulurkan lidahnya dan memelototkan matanya serta memukul-mukul pantatnya yang diarahkan kepadaku. Dengan secepat kilat, kutarik baju anak itu. Akhirnya, aku mendapatkan salah seorang di antara mereka. Kupukuli anak itu, kucubit dia dan kujambak rambutnya. Aku ingin menyiksanya sepuas hatiku. Dia meronta-ronta kesakitan. Teman-temannya pun berteriak minta tolong dan menangis ketakutan. Rasakan pembalasanku! “Rina anakku, hentikan, Nak!” “Rina! Berhenti!” Ada seorang ibu yang kirakira berumur setengah baya dan seoerang laki-laki yang kira-kira umurnya beberapa tahun di atasku datang mendekatiku dengan wajah yang khawatir dan bingung. Suara mereka tidak asing bagiku. Tapi, aku lupa siapa mereka. Ibu itu memeluk bahuku dan laki-laki muda itu memegangi tubihku yang meronta karena marah. Sementara itu, beberapa pria berusaha melepaskan anak kecil nakal itu dari cengkeramanku. “Haaahhh... Aaarrrgh...” “Rina, tenang, Nak. Tenang, Nak. Ini Mama, sayang...” ujar ibu itu berusaha menenangkanku. “Syukurlah Rina sudah ketemu. Makasih ya, Pak, atas informasi dan bantuan bapak, akhirnya adik saya ini bisa ditemukan. Sudah seminggu dia hilang gara-gara kabur dari rumah sakit jiwa tempat dia dirawat,” ucap lelaki muda itu kepada bapak penjual tahu tempe yang kulihat berdagang di sebelah penjual bunga tadi. Lelaki muda itu melanjutkan percakapannya dengan sang bapak, namun aku tak tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Aku masih merasa gusar dan marah. Tak henti-hentinya aku menggeram. Sedangkan ibu yang sedang memelukku itu terus menangis saat melihat keadaanku yang menurutnya menyedihkan. Kulit kotor dan kusam, baju kotor dan compang-camping, rambutku acak-acakan, badanku bau, serta jiwaku yang sedang terganggu. Sementara itu, kudengar gerombolan anak kecil yang kukejar tadi bertepuk tangan dan berteriak “Orang gila... Orang gila...” (*)

Penulis adalah P elajar Pelajar Universitas Airlangga

Popy Y ani Yani Risma Hapsari Kau Yang Terindah Kau adalah matahariku terus bersinar kuncupkan jiwa di musim semiku. Kau adalah pelangiku lukiskan asa dalam hujan deraiku. Kau adalah mimpiku ku kan berlari mengejarmu, memelukmu. Kau adalah puisi abadiku yang tak pernah kutemukan dalam semua buku. Warna Jiwa Cuaca renyai senja. Malam luruh. KerudungMu begitu biru. Lalu ada hujan yang mungil. Menempias di genting-genting dekil. Aku pun rasakan cinta, Di atas sajadah rindu... Rindu Kalau ada angin singgah di pangkuanmu di senja yang lengang itu aku : rindu Staf BPS Propinsi Jambi

REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email

ke bianglala_minggu@yahoo.com, jambi_inde@yahoo.com


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 21 Juni 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing足kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

KAKA SUSANTO Rt 5 Rw 3 Kelurahan Budiman Jambi Selatan

Bermain Gasing di Musim Libur GAsiNg adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk tujuan ramalan nasib. Adik-adik pernah mengenal gasing? Pada musim libur ini, tak ada salahnya untuk mencoba bermain gasing. Meski saat ini, permainan modern dengan tehnologi canggih banyak bermunculan

Banyak Macamnya Dijambi ada bermacam-macam jenis gasing. Misalnya gasing duduk, gasing parah, gasing jantung, dan masih banyak lagi jenis gasing lainya. Menurut Pak Jafar Raruh, kepala Taman Budaya Jambi, gasing duduk merupakan jenis alat permainan rakyat daerah jambi. Gasing berarti berputar atau berpusing, sedangkan duduk diartikan cara memainkan alat itu dengan duduk. Jadi gasing duduk dapat diartikan dengan permainan berputar yang dimainkan dengan posisi duduk. Bentuk dari gasing duduk ini adalah seperti kerucut, pada bagian bawah berbentuk runcing, dan mempunyai mata. Buiasanya matanya terbuat dari besi atau paku. Sementara gasingnya sendiri terbuat dari kayu. Sementara pada bagian atasnya terdapat sepotong bambubulat yang berlobang dan didalam bamboo tersebut tersebut terpancang sebuah bamboo yang berfunsi sebagai pegangan pada saat memainkannya.

grafis : djatmiko/jambi independent

berkelompok, bersama teman-teman lainnya. Asik bukan? Ada juga yang dikenal dengan gasing parah. Gasing ini bermaskut karet. Sehingga gasing parah disebut juga dengan gasing yang terbuat dari kayu karet. Cara memainkan gasing ini adalah pertamatama bemutar gasing dengan arah jarum

Cara Memainkannya Mudah Kata Pak Jafar, pertama- tama batang gasing yang terbuat dari bambu bulat tadi digulungkan tali, yang panjangnya sekitar 70-100 cm, kemudian kayu pegangan gasing dimasukkan ke dalam lobang batang gasing, dan pada bagian tersebut dipegang dengan tangan kiri, sedangkan tali gasing dipegang dengan tangan kanan. Kemudian mata gasing diletakkan diatas lantai, dengan posisi gasing tegak lurus. Setelah itu ujung tali gasing ditarik dengan tangan kanan, sehingga gasing tadi akan berputar sangat kencang. Permainan ini bisa dimainkan dengan

jam, sehingga bagian dalamnya akan menggulung tali, kemudian tali tersebut ditarik sehingga gasing memutar. Meningkatkan Kreatifitas Anak Pada zaman dahulu gasing dibuat sendiri oleh anak-anak. Sehingga kegiatan ini bisa meningkatkan kreatifitas anak. Selain juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.(wra)

grafis : djatmiko/jambi independent

Permainan Tradisional Perlu Dilestarikan

SAFRIDA ARIANI Jl. Tarmizi Kadir Pakuan Baru Jambi Selatan

MESKI saat ini banyak bermunculan permainan dengan tehnologi cangging seperti playstaion, mobil remot dan lainnya, tapi adik-adik sebaiknya tidak melupakan permainan tradisional. Karena cara memainkannya pun tidak kalah seru. Makanya, di hari libur ini adik-adik bisa mencoba bersama teman-teman di rumah. Jika perlu tanyakanke orangtua permainan yang sering dimainakan pada saat kecil dahulu. Menurut pak Guntur, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, permainan tradisioanl saat ini sudah memang langka. Banyak diantara anakanak yang tidak mengetahuinya. Termasuk permainan gasing yang dahulunya sangat popular dari abad kea bad.

Menurut Guntur, permainan tradisional memiliki nilai nilai budaya tinggi dan memiliki manfaat bagi perkembangan anak. Untuk itu perlu dilestarikan dan diangkat kembali sehingga masyarakat akan mengenai tradisi dan kebuyaannya. Jika kalian ingin mengembangkan budaya Jambi kita ini, maka dimulai dengan mengembangkan permainan gasing di lingkungan teman-temanmu. Tidak harus gasing yang lama, saat ini gasing mudak kok didapatkan, mulai dari supermarket atau di mall di kota jambi, atau di tempat menjual permainan anak-anak. Kalian pasti bisa menemui gasing duisana. Harganya juga murah, aberkiasar antara 5 -10 ribu rupiah. Murah kan?. (wra)


Minggu, 21 Juni 2009 n Jambi Independent

Halaman

25

Asal Usul Raja Negeri Jambi JAMBI adalah salah satu nama provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Konon, jauh sebelum adanya wilayah kesultanan ini, di negeri Jambi telah berdiri lima buah desa, namun belum memiliki seorang pe­mimpin atau raja. Untuk itu, para sesepuh dari kelima desa tersebut bersepakat untuk mencari seorang raja yang dapat memimpin dan mempersatukan kelima desa tersebut. Setelah bermu­syawarah, mereka bersepakat bahwa siapa pun dapat menjadi pemimpin, tapi de­ngan syarat harus lulus ujian sehingga merekapun bisa membangun Negri Jambi. Nah, adik-adik simak yuk cerita tentang asal usul negri Jambi ini. Pada zaman dahulu, wilayah Negeri Jambi terdiri dari lima buah desa dan belum memiliki seorang raja. Desa tersebut adalah Tujuh Koto, Sembilan Koto, Petajin, Muaro Sebo, dan Batin Duo Belas. Dari kelima desa tersebut, Desa Batin Duo Belaslah yang paling berpengaruh. Semakin hari penduduk kelima desa tersebut semakin ramai dan kebutuhan hidup mereka pun semakin be­rkembang. Melihat per­kembangan itu, maka muncullah keinginan adanya orang yang memimpin sebagai seorang raja yang mampu memimpin dan mempersatukan mereka. Untuk itu, para sesepuh dari setiap desa berkumpul di Desa Batin Duo Belas yang terletak di kaki Bukit Siguntang (sekarang Dusun Mukomuko) untuk bermusyawarah. Merekapun berembuk untuk menentukan calon kriteria raja. “ Menurut kalian, apa kriteria raja yang baik itu?” tanya sesepuh dari Desa Batin Duo Belas membuka pembicaraan da­lam pertemuan tersebut. “Menurut saya, seorang raja harus memiliki kelebihan di antara kita,” jawab sesepuh dari Desa Tujuh Koto. “Ya, Benar! Seorang raja harus lebih kuat, baik lahir maupun batin,” tambah sesepuh dari Desa Petajin. “Saya sepakat dengan pendapat itu. Kita harus memilih raja yang disegani dan dihormati,” sahut sesepuh dari Desa Muaro Sebo. Akhirnya semua setuju dengan kriteria tersebut.

grafis : djatmiko/jambi independent

Merekapun menetapkan beberapa untuk menguji kemampuan sang calon Raja. “Bagaimana caranya?” tanya sesepuh Desa Petajin penasaran. “Setiap calon harus melalui empat ujian, yaitu dibakar, direndam di dalam air mendidih selama tujuh jam, dijadikan peluru meriam dan ditembakkan, dan digiling dengan kilang besi. Siapa pun yang berhasil melalui ujian tersebut, maka dialah yang berhak menjadi raja. Semua peserta rapat setuju dan siap untuk mencari seorang calon raja. Para sesepu masing-masing desapun mengumpulkan warga dan memilih satu orang untuk dijadikan calon raja. Pada Hari yang telah ditentukan, undian pertama jatuh kepada utusan dari Desa Sembilan Koto. Wakil desa itu pun masuk ke tengah gelanggang untuk diuji. Ia pun dibakar dengan api yang menyalanyala, tapi tubuhnya tidak hangus dan tidak kepanasan. Ujian kedua, ia direndam di dalam air mendidih, namun tubuhnya tidak melepuh sedikit pun. Ujian ketiga, ia

dimasukkan ke dalam mulut meriam lalu disulut dengan api dan ditembakkan. Ia pun terpental dan jatuh beberapa depa. Ia segera bangun dan langsung berdiri tegak seperti tidak terjadi apa-apa. Seluruh penonton kagum menyaksikan kehebatan wakil dari Desa Sembilan Koto itu. Ketika memasuki ujian terakhir, tiba-tiba suasana menjadi hening. Seluruh penonton menjadi tegang, karena ujian yang terakhir ini adalah ujian yang paling berat. Jika kesaktian wakil dari Desa Sembilan Koto itu kurang ampuh, maka seluruh tulangnya akan hancur dan remuk. Ternyata benar, belum sempat penggilingan itu menggiling seluruh tubuhnya, orang itu sudah meraung kesakitan, karena tulang-tulangnya hancur dan remuk. Penggilingan pun segera dihentikan. Wakil dari Desa Sembilan Koto itu dinyatakan tidak lulus ujian dan gagal menjadi raja Jambi. Hal yang sama terjadi dengan para kandidat raja lainnya. Merekapun kemudian berembuk dan ingin mencari calon raja dari neg-

eri lain. Merekapun mencari ke daerah lainnya. Tapi tidak bertemu juga. Akhirnya mereka menyebrang ke luar pulau sumatra dan mendengar bahwa disebuah kampung ada orang terkenal yang memiliki kesaktian tinggi. Me­ rekapu menemuinya. Setelah utusan dari Negri Jambi menyatakan maksud mereka, orang keling tersebut menyetujui untuk ikut dalam ujian tersebut. Dia dan rombonganpun diterima oleh penduduk Jambi. Keesokan harinya, orang sakti itu pun diuji. Seperti halnya calon-calon raja sebelumnya, orang sakti itu pertama-tama dibakar dengan api yang menyala-nyala. Orang Keling itu benar-benar sakti, tubuhnya tidak hangus, bahkan tidak satu pun bulu romanya yang terbakar. Setelah diuji dengan ujian kedua dan ketiga, orang itu tetap tidak apa-apa. Terakhir, orang itu akan menghadapi ujian yang paling berat, yang tidak sanggup dilalui oleh calon-calon raja sebelumnya, yaitu digiling dengan kilang besi yang besar. Pada saat

ujian terakhir itu akan dimulai, suasana menjadi hening. Penduduk yang menyaksikan menahan napas. Dalam hati mereka ada yang menduga bahwa seluruh tubuh orang itu akan hancur dan remuk. Ini adalah saat-saat yang mendebarkan. Ujian terakhir itu pun dimulai. Pertamatama, kedua ujung jari-jari kaki orang Keling itu dimasukkan ke dalam kilang besi. Kilang mulai diputar dan sedikit demi sedikit tubuh orang Keling itu bergerak maju tertarik kilang besi yang berputar. Semua penduduk yang menyaksikannya menutup mata. Mereka tidak sanggup melihat tubuh orang Keling itu remuk. Namun apa yang terjadi? Mereka yang sedang menutup mata tidak mendengarkan suara jeritan sedikit pun. Tetapi justru suara ledakan dahsyatlah yang mereka dengarkan. Mereka sangat terkejut saat membuka mata, kilang besi yang besar itu hancur berkeping-keping, sedangkan orang Keling itu tetap tidak apa-apa, bahkan ia tersenyum sambil bertepuk tangan. Penduduk yang semula tegang ikut bergembira, karena berhasil menemukan raja yang akan memimpin mereka. Seluruh penduduk dari De­sa Tujuh Koto, Sembilan Koto, Muaro Sebo, Petajin, dan Batin Duo Belas segera mempersiapkan segala keperluan untuk membangun sebuah istana yang bagus. Selain itu, mereka juga mempersiapkan bahan makanan untuk mengadakan pesta besar-besaran untuk meresmikan penobatan Raja Negeri Jambi. Beberapa bulan kemudian, berkat kerja keras seluruh warga, berdirilah sebuah istana yang indah dan orang Keling itu pun dinobatkan menjadi raja Jambi. Demikian cerita Asal Usul Raja Negeri Jambi dari daerah Jambi, Indonesia. Cerita di atas termasuk ke dalam cerita legenda yang mengandung pesan-pesan moral yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Sedikitnya ada dua pesan moral yang dapat diambil, yaitu sifat suka bermu­sya­warah dan pentingnya keberadaan seorang pe­mimpin dalam kehidupan ma­sya­rakat. (*)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 21 Juni 2009

Sony PlayStation P ortable, Portable,

Lebih dari Sekadar Game SONY terus menghasilkan karya-karya yang membuat kagum. Salah satunya PlayStation Portabel (PSP). PSP tidak hanya digunakan untuk bermain game. Perangkat itu juga terdapat fasiltas MP3 dan MP4. Selain itu juga bisa digunakan untuk internet. Bahkan PSP ada yang dilengkapi layar beresolusi tinggi dan sebuah microphone builtin untuk fasilitas telepon yang dilakukan lewat layanan skype . Owner Sansonic Game Station, Mila, salah satu toko yang menjual PSP di Jalan Gatot Subroto, Pasar, ketika ditemui menuturkan, permintaan PSP sedang tinggi. Hal itu bukan hanya karena PSP menawarkan banyak keunggulan dari permainan yang lain. “Bisa digunakan untuk internetan, bahkan bisa juga untuk telepon pada seri yang terbaru,” jelas Mila. Dengan berat 290 gram, PSP memiliki dimensi ukuran 170x23x74 mm. Dengan dimensi dan faktor yang dimiliki oleh PSP, berbagai fitur digital selain permainan video digital ingin dikembangkan oleh Sony. Yang menarik dari Sony PSP adalah pengggunaan dua buah prosesor MIPS 32bit yang dimaksudkan untuk menunjang kemampuan permainan video digital yang

sesuai PlayStation yang kita kenal selama ini. Selain itu, PSP juga memiliki fasilitas nirkabel dengan menggunakan komunikasi 802.11b, yang memang masih belum jelas manfaat yang ingin dicapai oleh Sony dengan memasukkan fitur WiFi ini. Dari sisi rancang bangun, PSP adalah gadget futuristik dengan berbagai macam tombol fungsi baik untuk memainkan video game, melihat foto digital, video digital, dan aktivitas digital lainnya. Yang menarik, di bagian kanan PSP ada sebuah tombol bulat yang befungsi sebagai joystick yang mudah digunakan dengan tombol untuk mengendalikan berbagai aktivitas PSP. Secara keseluruhan Sony PlayStation Portable bisa menghadirkan pengalaman kita menggunakan Playstation dalam format yang lebih kecil. Layar yang dihasilkan sangat jelas dan rinci menampilkan berbagai animasi grafik. Sayang, PSP ini boros sekali dengan batere, karena monitornya memang mampu untuk menghasilkan resolusi sampai 16,77 juta warna. Ini adalah generasi PSP yang ditunggu oleh para game mania, termasuk para gadgeters. Banyak hal yang baru dalam PSP ini, dan bisa jadi kehadirannya ini akan (amu) memberikan nuansa yang berbeda.(amu)

Aksesori PSP

PSP memiliki berbagai aksesori, sehingga lebih memuaskan para pemakai. Beberapa di antaranya adalah PSP Slim Light Magnifier, yang berfungsi memperbesar layar PSP Slim hingga 1,6 kali lipat. Kemudian ada pula PSP Car Charger. Car charger untuk PSP berfungsi men- charger PSP dengan menghubungkannya ke pemantik api di mobil, sehingga PSP lebih enak jika diba-

wa ke mana-mana. Datel 4 GB Harddisk dipadu dengan baterai ekstra yang bisa menghidupkan PSP lebih dari 15 jam, yang tentu akan memberi kepuasan total dalam bermain dan mengakses filefile multimedia di PSP kesayangan. Untuk menghindari layar conPSP sole kesayangan kotor atau tergores, lapisilah dengan screen protector Hori. Selain menambah

keamanan, juga ada bonus lap lembut untuk menjaga kebersihan PSP Anda. Tas PSP multifungsi. Tas untuk menaruh console PSP sekaligus aksesori-aksesorinya dengan bentuk yang simpel dan eye catching , ada tali untuk dicangklong di pundak maupun dijinjing biasa. PSP Original Camera dengan resolusi 1,3 MegaPixels dan berfungsi sebagai alat pen-

Kenapa Membeli PSP?

angkap image baik utk keperluan biasa ataupun gaming. Aplikasi GoEdit merupakan aplikasi Chottoshot tetapi berbahasa Inggris. Bluetech Screen Protector PSP. Dengan aksesori itu, layar PSP akan aman dari goresan atau bekas jari yang sering tertinggal di permukaan layar. Kualitasnya juga jauh lebih baik dari screen protector sejenis den.(*) gan merk lain.(*)

ADA beberapa kenapa PSP menjadi salah satu game yang digandrungi. Alasan tersebut adalah, memiliki layar lebar LCD 480×272 piksel. Spesifikasi mesin bagus untuk kelas perangkat genggaman-tangan. Memori eksternal dapat diganti dengan ukuran yang lebih besar suatu saat, sekarang yang ada sebesar 4 GB. Ringan dengan berat 189 gram dan ukurannya yang tipis, jadi enak untuk dibawa jalan-jalan. Kemudian, bisa juga jadi perangkat multimedia untuk menyimpan gambar, suara dan video. Ada TV-out juga untuk menampilkan di TV, kalau punya. Perangkat nirkabel 802.11b dengan d u k u n g a n W E P, W PA - P S K ( T K P I ) , WPA-PSK (AES), juga tersedia perambah web/browser dengan dukungan flash, javascript, dan lainnya. Untuk koneksi WiFi bisa modus Adhoc dan Infrastructure. Kemudian, untuk perangkat keras memiliki kamera 1.3 MP bisa rekam gambar dan video, TV tuner. TV tuner ini katanya hanya bisa untuk PSP region Jepang saja (PSP-2000). Perangkat lunak yaitu PDA/Lifehacks tool, radio Internet, pembaca RSS, buku atau dokumentasi elektronik (pdf/html/txt/…), messenger, VoIP, dan aplikasi fungsional lainnya. Kita dapat mengubah tema dan tampilan PSP. Tema dan tambahan tampilan dapat diunduh dari internet (*) atau bikin sendiri.(*)


Minggu, 21 Juni 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Rizki

Pebiliar Junior Nomor 1 Di Jambi SOBAT Biy, kali ini kita kedatangan tamu prestasi yang memiliki banyak prestasi di bidang olahraga, yakni biliar. Rizk, itulah nama sobat kita itu. Ia merupakan atlet biliar junior nomor satu yang dimiliki kota Jambi. Ia mulai bermain biliar sejak dirinya duduk di bangku kelas 3 SD. “saya belajar dari ayah,” katanya saat ditemui di warung biliar kepunyaanya beberapa waktu lalu. Putra ke-2 dari 2 bersaudara pasangan Bagi dan Linda ini tengah mengikuti kejuaraan liga biliar di Club 9 Jambi. “Ini baru saja selesai latihan,” katanya sambil tersenyum ramah. Pada liga tersebut, untuk timnya saat ini belum ada yang dapat mengalahkannya. “Mudahmudahan bisa juara hingga akhir nanti,” katanya. Kiki, begitu panggilan biasa menjalani l a t i h a n s e l a m a 2 - 3 jam per harinya. Kiki yang juga bercita-cita menjadi juara dunia ini, pada usia semuda sekarang teknik permainannya telah menyaingi orang dewasa pada umumnya. “Dia akan berhenti, jika melihat ada orang dewasa yang sudah pandai main billiard,

Biodata

Nama Nama Ayah Nama Ibu

: Rizki : Subagi : Linda

Prestasi - Peringkat ke empat Seleksi Program Atlet Andalan - 32 Besar Kejuaraan tingkat Nasional LA Light Billiard club 9 Open Tournament - Peringkat ke - 3 pada Kejuaraan GP Bola 9

lalu diperhatikannya dengan seksama,” ujar sang ayah. Dari situ lah, ia melihat bakat terpendam yang dimiliki oleh anaknya. Dan ia mulai mendukung minat anaknya tersebut. Dari seleksi program atlet andalan (PAL), kiki mendapat peringkat ke empat tingkat nasional. Menurut Kiki, kunci keberhasilannya dalam bermain billiard adalah selalu serius dalam setiap latihan ataupun perlombaan. “Harus konsentrasi juga,” ujarnya. Pada setiap permainan, Kiki selalu bermain dengan orang dewasa yang usianya jauh di atasnya, “tapi mereka selalu kalah,” ujarnya polos. Adapun prestasi yang me m b a n g gakan dimili-

ki Ki k i d i a n t a r a n y a l o l o s 3 2 b e s a r p ada saat kejuaraan tingkat nasional LA Lights Billiard c l u b 9 O p e n To u r nament. Pada kejuaraan itu, ia mengalahkan pebilliard nasional asal kepulauan Riau, dan mengalami pertandingan sengit d e n g a n p e b illiard asal bali yang juga juara Asia tahun 2 0 0 3 . Te r a k h i r K i k i m e r a i h peringkat ke 3 pada kejuaraan GP Bola 9. Keingintahuannya yang besar terhadap sebuah teknik permainan, menunjang Kiki guna meningkatkan teknik permainan billiardnya. Namun, itu semua menurut Subagi, tetap dikontrol secara inte n s o l e h orangtua. “Sekolah tetap jadi prioritas utama,” ungkapnya. Kesabaraan selalu ditanamkan kepada diri Kiki, guna mencapai semua hal yang diinginkannya. “Saya akan terus bermain Billiard dengan membawa nama Jambi,” ujar Kiki Antusias.(lyn)


Halaman 28

Gaun Pengantin Ala Busana Muslim Gaun Pengantin kini semakin meluas penggunaannya. Bukan hanya hadir dalam gaya kontemporer, gaun pengantin yang dikhususkan bagi para muslimah mulai menjadi tren, bahkan kini menjadi celah baru industri busana muslim. Tidak mengherankan bila kebutuhan akan busana pengantin muslim yang menutup rapat aurat pun semakin besar. Memenuhi permintaan yang tinggi akan hal tersebut, para desainer busana muslim mulai membuat terobosan baru untuk menghadirkan rangkaian gaun pengantin muslim. Bahkan, bisa dibilang gaun pengantin muslim kini menjadi tren tersendiri, tidak kalah dengan gaun pengantin internasional. Salah satu desainer yang mulai menekuni rancang gaun pengantin muslim adalah Irna Mutiara. Desainer asal Bandung ini, bahkan menghadirkan lini tersendiri bagi rangkaian gaun pengantin islami besutannya. Di bawah label Irna La Perle, dia mencoba mempresentasikan busana pengantin yang berkomitmen pada siluet-siluet longgar dan panjang. Adapun Irna menjelaskan, koleksi busana pengantinnya merupakan pengembangan dari koleksi busana-busana pesta yang menjadi fokus utamanya selama beberapa tahun terakhir. “Tujuan awalnya, saya ingin busana muslim bisa sejajar dengan busana kontemporer,” katanya. Untuk itulah, Irna lebih memilih gaya simpel yang lebih mudah diterima. Untuk lini busana pengantin, Irna mempresentasikan gaun yang diambil dari bentukan dasar gamis dan diperkaya dengan detail beading serta embellishment. Hal itu dilakukan Irna untuk mendapatkan efek glamor yang proporsional. “Karena glamor itu kan merupakan salah satu esensi dasar rancangan gaun pengantin,” sebutnya. Kendati mengusung citra kontemporer, tidak berarti Irna mengesampingkan pakem busana muslim. Koleksinya tetap menerapkan siluet dasar busana muslim yang loose, yang diwakili busana berpotongan A dan H. (*)

Jambi Independent n Minggu, 21 Juni 2009

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya yang tidak bisa lekang oleh waktu. Banyak pilihan batik yang bisa menjadi pilihan Anda saat ini. Apalagi perancang busana sangat banyak memilih batik sebagai bahan dasar mereka untuk menciptakan busana yang lebih indah dan menarik. Ini karna batik bisa dimodifikasi dengan berbagai jenis dan model pakaian yang tidak kalah dengan perancang luar negri lainnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Yutan, salah seorang desainer kota Jambi. Yutan mengaplikasikan Batik menjadi pakaian rancangan barunya yang terlihat sangat menarik dan apik. Tampil dengan gaya elegan dan etnik. Tanpa menghilangkan ciri khas dari batik itu sendiri. Yutan mengatakan bahwa Batik merupakan salah satu budaya nasional yang sepatutnya menjadi kebanggaan dari Indonesia. “Apalagi kota Jambi memiliki ciri khas batik tersendiri,”ujarnya. Kali ini Yutan sengaja mendesain pakaian dengan model lengan yang panjang dan dengan akses belt di bagian tengah. Memberikan nuansa sedikit sexy, bagian leher terlihat sedikit terbuka sedangkan lengan sengaja dibuat semakin melebar dibagian ujung. “Ini merupakan rancangan terbaru kita yang lebih mengeksplor batik khas Jambi yang bisa digunakan diberbagai acara dan oleh semua kalangan,”ujar pemilik Yutan Gallery tersebut. (viz)

TIP

Cara Seru Waxing di Rumah BULU-BULU di daerah kaki, lipatan lengan, wajah, lengan, dan sebagian alis membuat wanita kurang percaya diri. Karena itu berbagai teknik hair removal dilirik. Salah satunya waxing. Waxing merupakan salah satu teknik menghilangkan rambut atau bulu-bulu halus pada tubuh. Namun umumnya teknik ini dapat dilakukan di salon. Hanya saja, jika Anda termasuk salah satu wanita karier yang tak memiliki banyak waktu ke salon, Anda tetap dapat melakukan waxing sambil santai di rumah. Waxing akan terasa aman jika Anda mengetahui dan mengikuti langkahlangkahnya dengan tepat. Untuk itu, Allwomenstalk memaparkan beberapa aturan pentingnya:

Foto : IST Lokasi : Yulan Galery

Pastikan kulit tak bermasalah Sebelum melakukan waxing di rumah, Anda harus memastikan bahwa kondisi

kulit dalam keadaan aman dan tidak sedang bermasalah. Akan lebih baik jika Anda tidak melakukan waxing ketika kulit sedang terkena alergi, berjerawat, atau penyakit kulit lainnya. Waxing juga harus dihindari bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Baca petunjuk pemakaian de­ngan benar Untuk hasil maksimal agar kulit tak lagi dipenuhi bulu, Anda harus mengikuti petunjuk pemakaian produk yang digunakan. Bila Anda menghindari kesalahan, maka Anda terbebas dari iritasi yang dapat melukai kulit. Jangan melakukan waxing setelah berjemur Jika Anda berniat melakukan waxing setelah berjemur, akan lebih baik segera mengurungkan niat tersebut. (*)


Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 3 Juni 2009