Issuu on Google+

Hal 27 Jambi Independent n mINGGU, 30 agustus 2009 n Halaman 21

tas kulit, tambah percaya diri

Tertarik dengan Keunikan Xiangqi

G Von, Ponsel Televisi dengan Desain Elegan

Hal 26

Hal Shopping 24 Bersama Mama

Dongeng Semangka Emas

Dongeng

Hal 25

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 30 Agustus 2009

MELDA Menurut teman” mel,mel neyh orang na asik,manja ma teman”. Aku manja banget tapi tetap asik.

Rika :orang na baeq, penyayang,pa lagi dia suka menghibur orang. Yollanda :orang na cerewet terus kaw nggak suka ma orang toh kangsung blak-blakkan ngomong na,tapi hati na baeq kok. Bella :hm bela orang na feminism,rajin tapi orang na nggak mau ngalah. Wulan : Orang na asyik cos dia toh bagi kami semua udah kayak seorang penolong. RIKA Menurut teman-teman,aku nech orang na baeq, friendly,mw diajak susah n pemalu he…he…he…..

Kompak Bersama D’BAYEMZ PASTINY A banyak yang pada heran kenapa nama kelompok kita D’Bayem. Mau tau kenapa? Ini karna kita PASTINYA semua suka banget dengan yang namanya bayem. Yups, kita suka sayur bayem, jadi setiap kumpul en makan bareng, kalau bisa menu khusus yang harus ada aalah bayem. Hehehe…..So, akhirnya kita memutuskan untuk menamakan club kita dengan nama bayem dech. “So, kita semua adalah anak-anak yangs ehat banget hehehe,”ujar Rika. Awalnya sech kami neh bukan sahabatan dekat. Karna kami mempunyai kemiripan or pengertian, kami semua menjadi satu. Ampe kami selalu kompak dalam pelajaran dan apaun. Kami terbentuk pada tahun 2008. saat (melda) kita semua berada dalam satu kelas. Ampe sekarnag kami masih tetap kompak.(melda) BELLA Aq tu orang na cerewet. Aq juga serin ngambek law diledekin ma mereka. Tapi aq orang na penyayang kok.

YO L L A N D A Aq orang na paling marah jika diganggu tapi aq ramah juga lo.

Melda : Orangnya nyebelin,gokil,trus agak jutek gitu law sama orang yang lum kenal. Yolanda : Orang nya baeq taopi dia tuch suka marah. Kalau nggak senank digangguin. Wulan : Anak na seru,baeq,dan kadang” juga nyebelin sih. Rika : Orang nya baeq,asik dan enak law berteman ama dia. Tapi dia toh orang na PD-an.

Melda: Orang na bias nenyimpan rahasia . tapi melda itu orang na sering resek dan usil banget. Bela : Orang na asyik ,enak deh kalau bermain dengan dia tapi dia sering marah kalau diledeki. Rika: Orang na baeq dan enak diajak ngobrol tapi rika itu orang na sering GR-an. Wulan: Orang na baeq n enak buat curhat…

Hey,.. Ni fajrie,mo ticam bwt tmn2 smanpa m3t ujian agar supaya na3k kelaz... Ce mo ken4l cmz ke 08992414979. Thx b +628992414xxx M3c0m. . . .n1 ri_ri pnd4t4n9 brrum0 ti_zamz u/k’ni4 m94 cpt z3mbvhu/sisi...u/ 4ri adx trsyankq m94 lu”z& u/tmnz2 d butiq. . . Tenkz bi4n9£4". . +628192537xxx uiy biy . .n3 ty4z . .m0w tic4m w4dpl3nd” qu3 . .l4m k63nd mu4 nx . .w4d 0rtu que . .cy6 x 4n . .m0w + pl3nd n3yh . .call 0r mz j k3

085664646077cipp ,thx biy . . +6285664646xxx Hy by...tar mau..ksh tau tmen”tar nh,,l0w tar ganti n0pe ge...trutama tuk k’r0lye(angs0 2 hehe),,ella,,aa dimaz,,and tmen”tar yg d sma3 m0ga”kta smua naik kls y..(by jgan lpa d muat y)mecc0o0om 8!4n6£4£4,8!y né n!t4 pndtn6 br0ù ð! 5e!-bun6ur.m40 t!5c4mmmm 804t k42' k£5 3 5mp 22 m4.j4mb! M6å2 £u2z ý4.4nd 804t 6uru ð! 5mp 22 m4.j4mb! Trm4 ksh 4t5 5mu4 j4542 x.b!y

Melda : Melda tu orang nah masih kayak anak kecil , manja,ftiendly enak diajak curhat en asyik. Wulan : Wulan tu orang na dewasa,enak diajak curhat friendly banger dech n kucu. Yolanda : Yola tuh orang na enak diajak bercanda n dia prang na cool banget Bella :bela tuh orang na asyik ,dewasa, friendly la……. WULAN Aq orang na agak jutek ,tapi aq sayank ma mereka.

Melda : Melda orang na agak manja teyiz agak nyebelin lah dikit. Yolanda : Orang na lakai gak siuka keliatan banget dia nggak suka nap u dia ramah. Rika : Rika,orang na kadang bikin rank kesal pi baek Bela : Manja sama kayak melda tapi dia nggak mau ngalahan banget.

cwo’_2 y9 pn9en knaln,sgr4 hvbn9' ke {081366690095}q tnggu yach. . He . +6281366690xxx Lco0mm... Hi bee, i want to t!sam bwt in the gank in padank... N clam cnal bwt the readers.. If u want to know with me, u can call 081374161262.. Bee scces sll y.. Please sh0w my messa6e oc.. Don’t for6et thanks.. Sh!zhuk@ <^_^> +6281374161xxx

Hy,b!y mäu t!5äm bwt tmn q d cmp 4 m9ä2 jä ktä n!k klz y,àm!n..tr5 bwt k2 klz q m9ä2 jä lu25 5muä..b9i y9 yg mäu knlän hbn9! Jä k-085266181341tln9 yg mäu knlan +6285266181xxx Assass bianglala...kenln dlu ne melisa, biy meli pgn slm2 bt smwa tmen2 n smwa yg ska bc bianglala slam knl dr meli. Bt tmen2 yg ge skt mga cpt smbh ya. N Meli jg mnta do’a tmen2 donkz mga meli cmpt smbh dr smwa pnykt meli. Y udh dh cm it ja. Mksh y biy mga tmbh skses ja. +6285366051xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6617-8307 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary.


Minggu, 30 Agustus 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

Rapat Para Perempuan D

i tengah kesejukan angin senja di sebuah lapangan kecil, dibawah rerimbun bambu, segerombolan perempuan sedang berembuk dengan khusyuk, tampak keseriusan mencuat dari wajah mereka masing-masing. Mereka adalah perempuan yang sekarang telah menjadi wanita, perempuan yang sebelumnya mereka sendiri anggap bijaksana, yang paling benar, dan yang cinta dan taat suami. Sejak pagi mereka berkumpul di tempat tersebut, layaknya rapat para petinggi-petinggi negara, mereka pun demikian. Perempun yang sekarang telah menjadi wanita tersebut duduk membentuk lingkaran, merapatkan diri satu sama lain hingga tidak ada celah sedikitpun untuk orang lain ikut berembuk. Tak ada sedikitpun rasa lelah terpancar dari wajah mereka, segala pendapat maupun argumen yang mereka utarakan satupersatu mereka ikuti dan tidak satupun yang terlewatkan atau terlupa. Benarbenar selayaknya rapat negara. Pertama-tama, salah seorang dari mereka memandu pembukaan acara tersebut, dengan sambutan dari petuah diantara mareka yang intinya adalah musyarah kali itu haruslah diikuti dengan seksama, salam hormat pembukaan,dan pembukaan secara resmi perembukan tersebut. Tak lupa mereka menyanyikan Hymne perempuan-perempuan serta Ikrar perempuan-perempuan yang mereka susun sebelumnya, acara itu memang telah mereka rancang sesempurna mungkin. Setelah semua itu selesai, barulah mereka masuk kepada acara inti yakni penyampaian segala keluhan, dan bagaimana cara penyelesaiannya. Tentunya haruslah dahulu dipimpin oleh moderarator, maka perempuan yang berambut agak keriting berdiri dan memandu berlangsungnya acara inti. “Baiklah rekan-rekan sekalian…baiknya kita langsung saja menyampaikan keluhan kita masing-masing, karena kita sudah tahu bahwa tidak baik membuang-buang waktu, memperlambat waktu, dan menunggu-nunggu waktu untuk kita yang terbuang oleh waktu. Maka saya persilahkan siapapun di antara kalian terlebih dahulu ingin berbicara. Oleh karena itu….” “Tunggu dulu! saya tidak suka jika engkau yang memimpin acara inti ini, karena engkau adalah orang yang juga tersiksa oleh suami” wanita gemuk berkata. “Ya benar…” “Benar..” “Benar…” yang lain menimpali. “Kalau begitu bagaimana kalau ibu Hajah saja?” lanjut wanita gemuk tersebut. “Jangan! Kita ini rapat perempuan, bukan rapat keagamaan.” Wanita berkaca mata menyanggah. “Ya sudah…biar saya saja yang memimpin” yang tertua dari mereka menawarkan diri.

Wajah-wajah yang semula bahagia kini berubah menjadi kecewa. Acara inti berlangsung tidak seperti yang mereka harapkan. Mereka mengharapkan acara yang telah disiapkan dapat sempurna, tapi malah wanita berkaca mata mengambil alih kekuasaan yang seharusnya adalah kekuasaan bersama. Memang diantara yang lain, wan-

permasalahkan kalau suaminya terlalu sibuk dengan dakwahnya, hingga beliau tak ada waktu untuk menafkahinya. Wanita gemuk mempermasalahkan suaminya itu terlalu lembut dan lembek padahal ia tak menyukai hal itu. Si Anu suka selingkuh dan mempermasalahkan tak ingin di cerai suaminya. Dan berbagai keluhan lainnya.

ita berkaca mata adalah wanita yang terkenal keras dan sering memukuli suami, Seperti sekarang tak ada yang berani berbicara. Mereka membiarkan wanita berkaca mata menjadi penguasa sementara. “Baiklah…jika diam, berati setuju.” “Sepertinya jika menunggu-nunggu setiap dari kita berbicara, maka tidak akan ada habisnya, sebaiknya kita mulai dengan siapa yang ingin bicara, maka langsung saja bicara, siapa yang diam saja, maka itu adalah kesalahan dari yang ingin diam saja.” Kini, mereka semua tampak pasrah terhadap apapun yang akan terjadi. Wanita berkaca mata seperti singa yang mengaum galak dimata mereka semua. Dengan terpaksa acara inti di pimpin oleh wanita berkacamata. Semua peserta rapat berkumpul membentuk lingkaran dengan posisi merapatkan diri satu sama lain, agar tak ada yang mendengar. Acara inti dimulai, mereka berbicara dengan suara setengah berbisik, satu-persatu dari mereka ingin jika masalahnya dapat terselesaikan. Mereka membentuk musyawarah yang begitu khusyu’ dengan permasalahan inti adalah keadaan suami yang memuakkan. Setelah lama berembuk dan mengungkapkan keluhan satu sama lain, akhirnya mereka dapat mengambil kesimpulan, kali ini mereka mengizinkan perempuan berambut keriting untuk menyimpulkan permasalahan setiap dari mereka secara umum. “Baiklah rekan-rekan sekalian, kita telah mendengar berbagai keluhan dari masing-masing. Yakni bu Hajah mem-

“Jadi rekan-rekan sekalian…maka sepakatlah kita untuk melaknat suami kita masing-masing, sebab suami adalah orang yang sombong dan suka berkuasa sendiri, mengambil keputusan sendiri, main hakim sendiri…” “Setuju…” “Ya,..setuju…!” “Bagus..!” “Yaa…sepakat..!’ Mereka tertawa. “Baiklah rekan-ekan sekalian, mari kita ungkapkan apa saja yang akan kita lakukan terhadap suami kita yang bodoh dan sebentar lagi akan kita campakkan itu…” “Kalau saya, sepulang dari rapat ini, saya ingin mengunci segala yang patut dikunci dari rumah saya, agar suami saya yang tolol itu tak bisa pulang. Wanita kurus tersenyum. “Aku…aku mau menyimpan segala surat menyurat tanah dan segala harta benda baik milikku, maupun milik suamiku..dan akan aku simpan dibawah ranjang tidurku” ucap bu Hajah dengan raut tidak sabar. “Aku juga begitu, semua surat menyurat akan aku simpan di rumah ibuku.” “Aku juga…aku akan meminta suamiku menandatangani surat warisannya dengan segera, agar aku bisa memilikinya dengan sah. “Hahahahahaha…..” Mereka semua tertawa dengan indahnya, seindah senyum suami-suami mereka di balik rerumpun pandan tidak jauh dari rapat tersebut dilaksanakan.

GRAFIS DJATMIKO /JAMBI INDEPENDENT

rayala CEREPAN: Rudy P Prayala

“Setuju…” “Ya, setuju..” “Tapi saya tidak setuju…! Saya mau bu RT saja, dia adalah yang tertua disini.” “Tapi bu RT baru saja di tinggal suaminya.!” “Apa salahnya?” ”Jelas salah..!” “Bagaimana bisa” “Jelas bisa, seseorang yang baru saja di cerai suaminya, tentu tidak bisa memimpin rapat ini sebab ia belum sepenuhnya di cerai suami” “Tapi kalau tak salah, engkau yang sering disakiti suami, bagaimana tidak…setiap hari engkau berkumpul dengan laki-laki muda yang umurnya separuh dari umurmu. Jadi wajar kalau suamimu marahmarah dan memukuli kau setiap hari.” “Dan kau, kau juga suka selingkuh,..” “Jadi kau mau apa?” “Aku tetap mau bu Hajah yang memimpin, ..” “Tidak bisa!” “Bisa…!” “Tidak!” “Bisa!” Wanita berkaca mata berdiri dari duduknya terus menampar wajah wanita bertubuh kurus itu. Tamparan yang begitu keras hingga membuat wanita kurus menitikkan air mata tanpa membalas tamparan itu. “Subhanallah….nyebut bu…istighfar..” bu Hajah menasehati. “Bu hajah diam saja, ini tidak ada urusannya sama sekali dengan ibu. “Tapi bu..” “Diam…..!” tamparan keras juga mendarat di pipi bu Hajah. Tapi ia tidak menangis, hanya duduk kembali dan memperbanyak zikir. Yang lainnya hanya bisa terdiam. Tanpa meminta maaf, wanita berkaca mata duduk kembali, semua bungkam. Wanita berkaca mata tersenyum, sekarang ia merasa ia yang pantas memimpin acara inti. Sementara yang lain terdiam, tanpa dipersilahkan wanita berkaca mata langsung berbicara. Seakan-akan ialah yang pantas memimpin, ia berdiri. Tidak ada satupun yang ingin dulu berbicara, semua bungkam…seperti ada keraguan yang datang. Usai beberapa saat. Wanita berkaca mata berkata “Siapa yang tidak senang kepada saya? Siapa !” Mereka tetap diam.

Jambi, Mei 2009


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 30 Agustus 2009

Sobat Nando Sayang yang manis.

BELAJAR BELANJA: Sejumlah anak TK dan play grup belajar berbelanja di Mal. Sejak dini anakanak perlu diajari segala hal, termasuk berbelanja.

Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing足kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

Shopping Bersama Mama

Cynara Mahia Pangesti Kompleks Perumahan Puri Masurai II, Blok E No 8, RT 04, RW 02, Jaluko.

IKUT shopping bersama mama ke mal, tentu hal yang mengasyikkan bukan? Adikadik pasti tidak akan menolak kesempatan ini. Apalagi jika dijanjikan bakal mendapatkan baju baru, sepatu baru, buat persiapan Lebaran nanti. Hanya saja, adik-adik jangan sampai memiliki banyak permintaan. Apalagi jika yang diinginkan melebihi batas kemampuan mama untuk memenuhinya. Atau sambil melakukan tindakan agresi yang memaksa, maka untuk membelikan sesuatu sehingga mengacaukan suasaan berbelanja. Jika sudah begitu, jangan harap mama akan mengajak adik kembali. Karena itu, saat berbelanja bersama, sebaiknya lakukan persiapan khusus. Termasuk berapa anggaran yang disediakan buat adik. Keperluan apa saja yang nanti bisa dikabulkan sehingga permintaan tidak melebihi jatah yang sudah diberikan. Jika berbelanja membutuhkan waktu cukup lama, sebaiknya membawa bekal dari rumah. Tapi ini bulan puasa ya. Tapi tetap saja, buat adik-adik yang belum puasa, membawa minuman dan makanan ringan penting. Jangan sampai mama belum selesai belanja, adik sudah merengek kelaparan, karena mama pasti puasa juga bukan? Kemudian jangan lupa untuk tetap bersama

mama saat berlanja. Jika sering berjalan sendiri saat mama sibuk memiliki belanjaan, bisa-bisa adik hilang dari pandangan mata. Apalagi jika malnya luas. Nah, kalau sudah begitu, sebaiknya segera menghubungi petugas keamanan mal atau karyawan. Jika perlu hapal nomor kontak mama, sehingga bisa segera menghubunginya. Yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu lasak. Khususnya jika berada di bagian pecah-belah. Itu bisa berbahaya.

Salah-salah nanti barang tidak digunakan tetap harus dibeli karena pecah akibat sentuhan jahil adik. Ingat, pecah berarti membeli. Jika ingin membeli produk yang diinginkan, minta pendapat mama, apakah barang tersebut cocok dan aman. Jika pakaian, perhatikan apakah tidak ada cacat. Jika perlu sebaiknya coba dahulu di kamar pas. Dalam hal ini, belajar teliti sebelum membeli. (nid)

Mengambil Manfaat dari Berbelanja

Zhafira Salsabila Sadikin

Jalan Tarmizi Taher No 59 Kelurahan Pakuanbaru, Kota Jambi

TAHUKAH Adik-adik, jika ikut berbelanja bersama mama, baik ke mal maupun ke pasar tradisional, bisa memberikan manfaat loh? Tidak sekadar menunaikan apa yang akan dibeli saja. Menurut Pak Ridwan SPsi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak saat ikut berbelanja bersama orangtua. Pertama, untuk tujuan sosialisasi. Adik-adik bisa mengenal kehidupan di dunia luar, khususnya di tempat berbelanja. Di sana ada penjual, ada pembeli, dan ada barang yang diperjualbelikan. Kemudian ada tokoh pendukung seperti petugas parkir, tukang ojek, sesama pembeli, dan lainnya. Tidak hanya itu, di sana adikadik juga bisa belajar disiplin karena saat berbelanja harus antre. Manfaat lain yang bisa didapatkan yakni

SOSIALISASI: Banyak manfaat yang diperoleh anak belajar berbelanja. Di antaranya anak-anak bias berso足 sialisasi dengan dunia luar. mengenal berbagai jenis barang. Saat berbelanja, ada beragam barang yang akan dilihat. Jika ke mal, tentu ada berbagai model pakaian, sepatu, mainan, dan jenis barang lainnya.

Dalam hal ini, adik-adik pasti memiliki banyak keinginan yang tidak semua bisa dipenuhi. Di sana ada proses belajar menahan diri dan memilih barang yang menjadi kebutuhan sesuai anggaran yang dimiliki.(nid)


Minggu, 30 Agustus 2009 n Jambi Independent

Halaman

25

Semangka Emas

SeBAGAI manusia, kita memang memiliki begitu banyak persamaan dalam hal fisik. Namun harus diingat adik-adik bahwa hati dan perasaan setiap orang itu pasti berbeda. Ini bisa kita lihat dari cerita dibawah ini. Simak yuk...nanti kita bisa ambil hikmah dari kejadian tersebut. Cerita ini mengisahkan tentang dua orang bersaudara yaitu Muzakir dan Dermawan. Keduanya adalah putra dari seorang saudagar kaya di daerah itu. Alkisah, pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang saudagar yang kaya-raya. Saudagar tersebut mempunyai dua orang anak laki-laki. Anaknya yang sulung bernama Muzakir, dan yang bungsu bernama Dermawan. Namun, keduanya memiliki sifat dan tingkah laku yang sangat berbeda. Muzakir sangat loba dan kikir. Setiap hari kerjanya hanya mengumpulkan uang. Ia tidak pernah memberikan sedekah kepada fakir miskin. Sebaliknya, Derwaman sangat peduli dan selalu bersedekah kepada fakir miskin. Ia tidak rakus dengan harta dan uang.   Sebelum meninggal dunia, saudagar tersebut membagi hartanya sama rata kepada kedua anaknya. Ia bermaksud agar

anak-anaknya tidak berbantahan dan saling iri, terutama bila ia telah meninggal kelak. Setelah harta tersebut dibagi, Muzakir dan Dermawan tinggal terpisah di rumahnya masing-masing. Muzakir tinggal di rumahnya yang mewah, demikian pula Dermawan. Uang bagian Muzakir dimasukkan ke dalam peti, lalu ia kunci. Bila ada orang miskin datang ke rumahnya, ia bukannya memberinya sedekah, melainkan tertawa mengejeknya. Bahkan ia tidak segan-segan mengusirnya jika orang miskin itu tidak mau pergi dari rumahnya. Suatu hari, seorang perempuan tua dengan pakaian compangcamping berjalan terseok-seok datang menuju rumah Muzakir. Di depan rumah Muzakir, nenek tua itu memohon be las kasihan, “Tuan, kasihanilah nenek. B e r i l a h n e n e k s e d e k a h ! ” M e n d e n g ar suara nenek itu, Muzakir keluar dari dalam rumahnya dan menertawakan perempuan tua itu, “Ha ha ha…. Hai nenek jelek, pergi kau dari sini! Aku muak melihat wajahmu yang keriput itu!”ujarnya. Kemudian, apa yang terjadi? Nah, simak lanjutan ceritanya minggu depan ya adikadik.. Bersambung........(viz)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 30 Agustus 2009

G Von, Ponsel Televisi dengan Desain Elegan MUNGKIN ini saat tepat bagi anda yang ingin memiliki ponsel dengan fitur canggih, berharga terjangkau. Ponsel yang dimaksut adalah G Von 880. Handphone buatan Cina ini, memiliki fitur yang tidak kalah saing dengan produk lainnya. Salah satunya adalah fasilitas televisi. “Produck G Von ini, belum satu bulan di Kota Jambi, tapi peminatnya sudah sangat banyak. Antusias masyarakat Jambi sangat luar biasa. Mungkin harganya cukup terjangkau kali yah,” ujar Pimpinan Pameran G Von, Indra. Menurut dia, produk itu se- lain tampilan yang menarik dan cantik, juga fitur yang canggih. Dan tidak akan kalah dengan produk lainnya yang sudah dikenal masyarakat. Akan tetapi, di segi harga tentu jauh lebih murah dari produk lain. “Kalau produk lain, tidak akan bisa didapat dengan harga semurah ini,” katanya sedikit berpromosi. Di Kota Jambi, beberapa minggu saat peluncurannya, peminatnya sangat

banyak, dan saat sekarang puluhan handphone sudah terjual. Bagi anda yang ingin memiliki handphone jenis ini, bisa didapatkan di stan G Von lantai dasar Trona. Harga untuk satu unit handphone adalah Rp 1,3 juta dengan 2 pilihan warna, yaitu hitam dan cokelat. Kalau dilihat dari tampilan luargnya cukup elegan dan terkesan ewah, pokonya kalau anda membawa Hp ini tidak bakal malu-maluin. Salah satu pembeli, Meta Astika mengatakan sangat senang dengan hadirnya G Voon. Pasalnya harga perangkat ini lebih murah dari yang lainnya. “Memang belum banyak yang kenal, tapi kalau sudah tau mungkin bakal tertarik dengan HP ini,” katanya. Selain meta, pembeli lain juga merasa senang memiliki handphone ini. Hal yang paling digemari oleh para pembeli adalah layanan TV yang bisa dinikmati di mana saja. “Sambil duduk di luar juga bisa nonton TV,” .(wra) kata Suchi, salah satu pembeli.(wra)

Berteknologi Touchscreen

FOTO-FOTO EDY DJUNAIDI /JAMBI INDEPENDENT

SECARA keseluruhan hanphone keluaran G Von 880 terlihat biasa. Tampilan luar didominasi oleh stainlees hitam dan garis perak di sisinya. Namun fitur yang ditawarkan terbilang istimewa. Selain fasilitas TV juga ada touchscreen. G Von berani menawarkan fungsi touchscreen karena sering digunakan untuk ponsel TV. “Ini adalah salah satu keunggulan dari ponsel ini,” kata Indra. Hampir sama dengan ponsel TV lain. Jika baru pertama kali menggunakan fungsi TV, area setting telah tercentang Indonesia. Selanjutnya bisa diketahui sinyal stasiun TV mana saja yang bisa tertangkap dengan Channel Search. Hal lazim bagi ponsel TV yang beredar di pasaran. “Mudah untuk menggunakannya,” katanya. Jika kita mencoba menggunakannya, ponsel ini terasa sangat nyaman karena bodi pas untuk ukuran tangan Indonesia. Selain itu cukup kokoh karena dibungkus bahan stainless. Letak tombol juga tidak mepet, membuat gampang mengetik. Sayang untuk fasilitas TV, adegan dalam TV itu tak bisa diabadikan seperti ponsel TV terkini lainnya. Untuk memotret foto dan merekam video lumayan bagus. Foto bisa dipotret sampai resolusi 1600 x 1200, sedangkan video bisa direkam tanpa batasan

tergantung besarnya memori. Ponsel ini juga bisa digunakan untuk dua kartu sekaligus (dual sim cart), dengan free eksternal memori 2 GB, mp3, video, blootout, infrared, layar 2,0, camera, pilihan bahasa, dan sound yang keras. Selain itu juga memiliki fasilitas MMS, baterai bisa menggunakan baterai nokia, dan charger juga bisa .(wra) diganti dengan charger Nokia.(wra)


Minggu, 30 Agustus 2009 n Jambi Independent

Halaman

Tertarik dengan Keunikan

Xiangqi SOBAT Biy, ada yang tahu dengan cabang olahrga xiangqi atau yang biasa disebut catur gajah. Nah, itu merupakan olahraga catur yang berasal dari negeri Tiongkok. Meski erat dengan warga Tionghoa, saat ini malah lebih disukai oleh orang-orang Melayu Jambi. Dan sekarang kita kedatangan salah satu master xiangqi yang telah menjadi juara kedua cabang olahraga xiangqi yang diadakan baru-baru ini. Putri pertama dari dua bersaudara itu memiliki nama lengkap Clarissa Kurniawan. Ia belajar xiangqi sejak duduk di bangku kelas 3 SD. Dalam kejuaraan kali ini,

Clarissa memeroleh peringkat kedua. Dalam usianya yang masih sembilan tahun, Clarissa mengaku sangat tertarik dengan olahraga xiangqi. Keunikan dari olahrga itu memacu keingintahuannya untuk belajar lebih menguasainya. Tidak hanya itu, menurut Clarissa, olahraga itu juga mampu memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik. Ditambah pula permainan ini menggunakan bahasa Mandarin, jadi tidak hanya mendapatkan pengetahuan olahraga, melainkan menambah pengetahuan para atlet dalam bahasa Mandarin. (lyn)

BIODATA Nama Lengkap Usia Sekolah Alamat

Clarissa Kurniawan

Nama Ayah Nama Ibu

: : : :

Clarissa Kurniawan 9 tahun Kelas 4 SD Bina Kasih Jalan Alibasa RT 20 Kelurahan Payoselincah : Agustanopo Kurniawan : Meitafuri

27


Halaman 28

Jambi Independent n Minggu, 30 Agustus 2009

Tas tidak hanya digunakan sebagai salah satu kebutuhan untuk membawa beberapa barang menjadi lebih mudah. Kini, tas sudah merupakan salah satu aksesoris yang wajib digunakan pada saat bepergian. Khususnya bagi para wanita. Mereka menganggap bawha tas sudah menjadi salah satu style yang membuat penampilan semakin menarik. Salah satunya adalah tas yang terbuat dari bahan kulit. Modelnyapun sangat beragam. Dengan ataupun tanpa corak sama sekali. Saat ini, banyak para wanita yang lebih menyukai tas dengan ukuran yang lebih besar. Selain bisa berfungsi untuk membawa beberapa keperluan pribadi, tas juga membuat penampilan seseorang menjadi menarik. Agar lebih modis,sebaiknya gunakan tas sesuai dengan pakaian yang Anda pakai. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan warna pakaian sehingga keduanya bisa matching dan menarik. (viz)

Tip Menghaluskan Telapak Tangan

Memiliki tangan yang kasar kadang membuat kiita menjadi tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, kali ini saya posting tips buat menghaluskan telapak tangan. Bisa anda pilih mana yang paling mudah menurut anda1 Mau??

Tangan Halus Dengan Ampas Kopi Mungkin tak pernah anda kira sebelumnya kalau sisa ampas kopi bisa kita manfaatkan, apalagi buat obat. Gak percaya?? Mau tahu?? Caranya : Ambil sisa ampas kopi yang baru anda minum, kemudian gosokan ampas kopi tersebut pada telapak tangan anda beberapa saat, terakhir cucilah tangan anda dengan air. Lakukan hal ini setelah anda melakukan pekerjaanpekerjaan kasar yang meli-

yang masih muda, cuci bersih, kemudian gosokan daun tersebut pada telapak tangan sampai daun tersebut hancur, diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu cuci telapak tangan sampai bersih.

batkan telapak tangan anda. Tangan Halus Dengan Daun Pepaya Lagi-lagi daun pepaya bisa buat obat. Kali ini kita gunakan sebagi obat untuk menghalusakan telapak tangan. Caranya : Ambil beberapa tangkai daun pepaya

Tangan Halus Dengan Teh Sisa Ternyata makanan sisa itu masih bisa kita manfaatkan yach.. Contohnya teh! Setelah kita celup, teh tersebut bisa kita gunakan untuk obat penghalus telapak tangan. Mau?? Caranya : Ambil teh yang akan dibuang (yang baru juga bisa sich), lalu rendam dengan sisa teh tersebut kedalam air, terakhir remasremas telapak tangan anda kedalam rendaman air teh tersebut. Lakukan hal ini setiap pagi hari. (*)


Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 5 Agustus 2009