Page 1

Hal 27 Jambi Independent n mINGGU, 25 oktober 2009 n Halaman 21

Tiga Duta Bungo ke OSN Tingkat Kabupaten

Ponsel Musik Hal 26 dengan Teknologi Touchscreen

Tampil Fresh dengan Dress

Bersih-bersih di Rumah Yuk... Hal 24 c m y b Hal 25

Peri dan Hutan Berkabut


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 25 Oktober 2009

WALAUPUN BEDA SELERA TAPI HARUS TETEP SATU.

Hy Sobat-sobat setia Biy yang always eksis tentunya.......... Kali nie kita kedatangan jejaka-jejaka dari smk n 4 jam b i . C o w o k - c o w ok yang ambil jurusan perhotelah ini mempunyai hobby yang sama, n itulah yang membuat mereka bisa solid,,, mereka suka menghabiskan waktu mereka di lapangan footsal, tentunya untuk main donk,,, masak iya C u m a n o n g k r o ng doank. Mereka menamai diri mereka “4AVS”, namanya unik lho, “sebenarnya kami ga pernah buat nama untuk pertemanan kami ini, Cuma karena Biy mak-

sa jadi kami kasih nama itu deh, soalnya itu kumpulan dari nama depan kami” ujar salah satu anggota yang hobby makan itu. Kalo ngomongin motto pastinya sobat Biy dah pada tau ya. Motto mereka “susah seneng samasama” katanya sech, mereka tu punya selera makanan yang berbeda-beda tetapi tetap satu jua (heheheh, bhineka tunggal ika donk), maksudnya itu mereka ga satu selera makan, Cuma biar dapat ngerasain apa yang lain rasain, jadi mereka selalu memilih salah satu makana

yang disukai salah satu anggota biar amereka bisa ngerasain apa yanga temen mereka rasain. Widih,,,,,,,,,,,kompak banget khan sobat. Oh ya mereka dah lama lho terbentuknya, dari awal mereka masuk sekolah di smk n 4 jambi ampe sekarang mereka dah mau lulus gitu,,,(lama khan). Kenangan yang tak terlupakan dari mereka, emank sulit untuk dilupakan ya, “kami tu pernah minggat bareng, eh ketahuan, trus diaduin ma kepsek n alhasil kami semua kena usir kepsek”. ujar O) mereka. (RIK (RIKO)

ARIF “aku orangnya baik, kurang setia, n suka tidur”.

VINO “aku tuch rajin shalat, friendly, ga gampang putus asa dan pantang banget tuk nyerah”.

ARUM “aku orangnya humoris, baik, apalagi kalo soal cewek,,,baik banget dah”.

Vino orangnya agak manis tapi dikit, n agak pelit jugo. Arum orangnya lucu n narsis abies. Sunu orangnya malas belajar, selalu makan n baik. Agung orangnya baik, tertutup soal cewek, agak makan tempat sech. Adi orangnya ceria, n suka senyum.

Arum orangnya suka sox sibuk,,,trus narsis abies. Sunu orangnya ceria, humoris tapi agak telmi. Arif orangnya sepat putus asa, trus suka cemas tanpa arah. Agung orangnya ninggi banget, baik, ramah n setia kawan. Adi orangnya baik, ceria n kerenlah.

M3kom q d3$y q pingin $lm2 4j4 4nd tmbh tmn q $collh di pgri 4 jmbi 4nd q 4n4k mdl lh q m4u slm2 4m4 tmn mdl q tito,s4ndy,g4lih,dill4,4nggi,4nggun,mith,l34 4nd m4’4f y4 bgi yg g t3bil4ng n4m4 ny4 h3...h3...oh y4 q m4u c4ri cowok c4ri in dng bi4ng l4l4 slm mnis q yg cutx d3$y +628975377xxx

Vino orangnya item dikit, baik, tapi pelit jugo dikit. Sunu orangnya tinggi besar, kalo diskull lengket trus ama pacarnya. Arif orangnya Playboy abies, n suka nyakitin. Agung orangnya baik, ga s o m b o n g , n r a j i n ibadah. Adi orangnya ceria, suka senyum, baik n cool.

Nha m0 t¡zam za n¡e wat pujaan hat¡ nha’, wlaupun dy ga’ tw prazaan nha,,, py, nha kn slalu chyank ma dy.....!!!¿_> +6285266853xxx

ne q dian n ank ksg dlm.slm2 ny bt yg udh msk d bianglala,slm knl z...bg cwo pa cwe yg pgn knl m q hbgn / zmz k no ne+6285764338311 jgn call.. +6285764338xxx

“ass.yg pertama” aq ingin tao n bagaimana kbr sobat bianglala? Aq hasan n! Biy! Udh lama aq d’ nyapa biy lg, maaf kn aq y? Kmaren2 sbk bgt.ops...biy makin asyik n bgs aj n!slmt y”.mao nambah tmn n biy. No aq.085266414398"terima kasih banyak y biy”. +6285266414xxx

mec0em,,,,,?¿ _n¡e manha d kr¡nc¡.....

Mecom..biy neh reny pndtang bru..me

SUNU “aku orangnya suka makan, setia kawan, n setia ma cewek juga tentunya.

AGUNG “aku orangnya plin-plan (tah iyo tah idak), n jadi tempat curhat.

Vino orangnya cerewet, ngomongnya cepat, lumayan manislah. Arum orangnya takut ma ceweknya, n mirip ma sule. Arif orangnya slenge’an, n jarang mandi. Agung orangnya baik, kalo bisa kurangi berat badan. Adi orangnya suka telat, tapi dia mudah bergaul.

Vino orangnya tampang preman tapi takut, muna’ banget, n pelit. Arum orangnya ngeselin tapi kadang asyik juga, lupa waktu kalo ama cewek. Sunu badannya sama kayak aku, trus dia ambisius man,,, Arif orangnya sox narsis, sox eksis, tapi penakut. Adi orangnya pelit soal duit, pokoknya pelit.

mw tbur2 slam syg bt c0bat2 me..bt dina me syg bgt smo u..bt meta lpain “h” yah..bt richa lncar za tu hub..bt yg mw jd tmen me..mz ke n0. Ne yah..085764323806dtnggu lh0..he..bt biy smga +skses yah..mkcieh.. +6285764323xxx 4§lmualixum...gue dr pend4tang br...dr sn94i bhr in9in tic4m bo4t sob4t gue 4na di tngxal mo94 b4ix2 a7a y4... +628127408xxx Askum,,,q pndtang br ne,q cwo dr kdri,ckrg q lg krj dk kota baru,q br

ADI “aku orangnya pendiam, cukup setia, n ga suka dikecewain”. Vino orangnya manis, baik, n cukup setia. Arum orangnya gokiel, gila, suka becanda tapi ngeselin. Sunu gede badannya, makannya banyak, baik, n setia. Arif orangnya cakep, n suka tidur. Agung orangnya makan tempat, pemalas, trus sox playboy.

lu2s,bagi yg mw jd tmn q,mz aj kenmr ni 08192536678,cp tw q bs jd tmn klian cmua.thanks y? +628192536xxx Meecom. . .hy by. Ne ayu, pndt6 bru. Ayu mo t!sam dunk. Wat tm3n2 ayu. Khususx cow ayu yg gy krja, hti2 y0w cy6. I l u for3ver. Thank’s by. +6281994723xxx “art¡ per§4habatn” s4b4b4t |tu s3p3rt| b|nt4n9 d-l4n9¡t. Wl4upun j4uh |4 t3t4p b_rc4hy4,m3sk¡ kd4n9 m”n9h¿l4n9 |4 t3t4p 4d4. T4k mun9kn d”m|l¡ki tp| t4k b$4 d|lup4k4n. . . Tp| wl4w m4s4l4h y9 sbr4t 4ppun,d4l4m sn4n9 m4upun

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6617-8307 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary.


Minggu, 25 Oktober 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

My Endless Love CERPEN: Bebby

Saat mentari muncul untuk segarkan pagi Ku ingat wajah mu Membuat ku bahagia.. PUISI yang singkat, tapi dia telah memilih ku untuk satu cinta satu nama dihati nya. Tapi sayang, lelaki yang mempunyai sebuah nama Andista yang meresa telah menemukan soulmate itu bertemu dengan seorang gadis kecil yang sedang bermain – main dengan cinta. Gadis nakal itu tidak lain dan tidak bukan adalah aku. Flow,kelahiran 26 apr ’92 ini lah aku. Aku bertemu lelaki itu disebuah caffe tempat dimana biasa aku bolos dari kegiatan extra di school. Nggak sedikitpun ku hiraukan keberdaannya yang tepat diseberang meja ku, yang diam – diam dia telah memperhatikan ku sejak tadi. Aku keluar lebih awal dari biasa nya, tapi aku nggak keluar dengan teman teman ku, aku pulang sendiri. Siapa yang mengira, kalau lelaki yang tak mengatakan apa pun saat aku disitu, meminta no handphone ku dengan teman ku Rere. Tanpa menunggu lama dia mendapatkan no ku dengan mudah, karena dia ternyata teman karibnya pacar Rere. Rere dan andista berbincang – bincang tentang aku, ntah apa yang mereka bicarakan, Rere nggak memberitaukan aku tentang kejadian setelah kepergian ku dari caffe. Malam nya lelaki kelahiran 06 apr ’90 itu menghubungi ku, dengan proses perkenalan dia mengawali semuanya. Ku akui dia punya kelebihan yang jarang atau mungkin nggak di miliki lelaki sembarang. Tutur kata nya membuat ku hanyut malam ini. Ini nggak berjalan begitu lama, hingga dia mengucapkan kata cinta untuk ku, ku terima cinta nya. Selamat datang dalam dunia ku Kan ku tulis sajak indah untuk mu Dengan sejuta rindu didada Dan seribu makna arti cinta Pejamkan mata mu impikan keinginanmu Bahwa ku tercipta untuk mu Semua nya kan menjadi nyata Jika dirimu memiliki cinta Semua kan menjadi terang Jika dirimu memiliki kasih sayang…… Aku rajin mengirimi nya puisi – puisi cinta yang aku buat sendiri. Kenyamanan ku rasakan menjalani hari dengan nya. Satu yang disukai nya dari ku kedewasaan kata – kata ku. Tapi karena penyakit yang menggrogoti otak pikiran ku, yang selalu mengakibatkan pacar – pacar ku yang sebelum nya menderita sakit hati, ketika ini kambuh. Tanpa salah, tanpa masalah aku memutuskan hubungan ini dengan sebelah pihak. Dia nggak terima, berkali – kali dia menghubungi ku untuk minta penjelasan. Tapi aku nggak mengangkat call dari nya, tanpa rasa bersalah atas

apa yang aku perbuat dengan nya, aku meninggal kan nya begitu saja. Waktu terus berjalan, hari terus berganti, seiring dengan berganti nya pacar – pacar ku. Kata – kata buanyak mungkin nggak cocok lagi buat kapasitas hitungan pergantian pacar ku. Sampai aku terjerat oleh penyakit ku, kini penyakitku telah kronis, sehingga aku Jatuh Cinta dengan seseorang yang telah lama aku benci, Milan itu lah nama lelaki yang teramat aku benci. Ini ntah merupakan mimpi buruk atau inilah awal dari semua nya.. Berjalan dengan nggak begitu sempurna, tapi ntah mengapa meski aku merasakan nggak ada kecocokan diantara aku dan dia, aku masih mempertahan kan hubungan ini berjalan hingga melewati pergantian tahun. Banyak selisih paham di antara aku dan Milan, dan nggak jarang kami bertengkar hanya gara – gara hal kecil. Aku yang nggak pernah mengalah dengan siapa pun, dengan nya aku mengalah, semata – mata hanya untuk mempertahankan hubungan yang sebenarnya nggak perlu dipertahankan. Aku sendiri nggak mengerti penyakit apa lagi yang ku derita saat ini. Seperti nya dia adalah racun, dan aku telah terkena racun itu, racun itu cepat memjajah seluruh hati dan pikiranku ku. Aku yang nggak mempercayai bahwa karma itu berlaku, apa yang nggak ku percayai, kini menjumpai ku dalam dunia nyata, aku terbangun dari tidur ku. pertanyaan ku pun terungkap bahwa ini adalah not a nice dream yang ku alami dalam hari – hari ku setahun belakangan ini. Aku merasa sakitnya dikhianati cinta, di abaikan, di sia – sia kan, nggak di perhatikan. Baru ku sadari selama ini aku hanya menjalani cinta yang semu, bukan lah cinta yang ku cari, perjalanan ini teramat melelahkan ku, membuang waktu ku, menguras pikiran ku. Teramat menyakitkan hati ini. Mungkin begini lah rasa nya di dustai cinta. Siapa yang menyangka kalau Andista, salah seorang lelaki yang pernah ku sakiti kini come back in the my day saat aku terpuruk. Dia menjadi sandaran saat aku menangisi kesalahan ku, dia yang menemaniku saat aku merasakan kesendirian, dia yang membangunkan ku dari mimpi buruk. Ternyata saat pertama kali aku mengenalnya aku buta, bodoh nya ku menyia – nyia kan people limit editon yang diciptakan Tuhan only for me. Pepatah yang mengatakan kesempatan nggak datang dua kali terpatahkan untuk ku. Dia datang lagi untuk ku, berikan aku lagi apa yang telah ku campakan dulu. Penyesalan datang menghampiri ku, mungkin kata maaf nggak cukup untuk menggantikan semua yang telah ku lakukan dulu pada nya. Dia memang sangat amat kecewa dengan ku dulu, tapi dia nggak menutup hati nya untuk ku. Kini Andista yang terbaik yang ku miliki. Dia lah satu hati satu nama yang ku miliki mulai saat ini sampai mata ku terpejam nanti. Kini aku kembali

menjalini hubungan yang teramat special dengan nya. Kami saling menyayangi dan ini lah a nice dream yang nyata. Begitu indah hari yang ku lalui bersama nya. Ku nggak ingin terbangun bila ini sebuah mimpi. Tak ingin ku kehilangannya, meski pada awalnya aku meragu kan cintanya, pikir ku dia akan meninggalkan aku sama seperti ketika aku meninggalkannya waktu itu. Awal nya, dia menanyakan sebab apa aku meninggalkan nya dulu. Ku terdiam terpaku tanpa kata, ntah apa yang mesti aku katakan, karna aku pun nggak tau kenapa aku melakukan itu. Bibirku seakan kaku, muka ku pucat pasi, lutut ku gemetar tak karuan, kata – kata ku tak beraturan. Tapi aku berusaha menjelaskan semua nya, aku nggak ingin dia kecewa pada ku lagi. Dia pun sedikit merasa puas, meski ku tau dia nggak terlalu suka dengan jawaban ku. Andista memberikan warna yang baru dihari ku, mengembalikan senyum ku, tawa ku, kebahagiaan yang tak pernah ku rasakan bersama pacar ku yang lalu. Dari mentari mulai muncul hingga bintang – bintang muncul menghiasi malam ku, kami terus berkomunikasi dengan baik melalui handphone. Tak ingin sedetik pun ku lewati tanpa nya. Aku nggak percaya kalau aku akan terpisah waktu dan tempat yang sangat jauh bagi ku. kekasih yang aku sayangi akan menggali ilmu di Malaysia. 3hari sebelum kebertangkatannya, tak sedikitpun ingin ku lewati tanpanya, aku takut jauh darinya, bukan aku takut kehilangan nya, tapi aku takut kehilangan kasih sayang nya. Malam ini, malam terakhir dia berada di Indonesia, pesawat akan membawa nya terbang kenegara tetangga. Dia mengajak ku dinner disebuah caffe , tapi kami nggak berdua, dia mengajak kawannya yang aku juga mengenalnya dengan baik. Hati kecilku menangis, tapi aku nggak mau dia mengetaui nya. Suasana nggak terlalu kaku, karna seorang lelaki yang menyandang nama bimbim itu sejak dari tadi menciptakan suasana menjadi lebih hidup. Tapi aku, hanya diam, seakan tak merelakan nya pergi. Tanpa sadar air mata menetes dipipi ku, aku menunduk, andista menyapu air mata yang jatuh, dia memberikan pundak nya untuk aku bersandar. Dia tak ingin aku merasa sedih akan kepergiannya. Aku telah berusaha menyimpan kesedihan ku, tapi ku tak mampu membendung air mata yang sejak awal ingin tumpah. Detik terus berjalan, andai waktu dapat berhenti, akan ku hentikan, hingga aku dan dia nggak akan terpisahkan. Sebelum dia mengantarku pulang, satu kecupan manis diberikan nya untuk ku, mungkin ini melambangkan perpisahan dari nya. Dan akhirnya malam ini berakhir juga. Pagi ini aku ingin bangun lebih awal, aku ingin membangunkan

nya, dan memberikan yang terbaik dari yang terbaik untuk nya. Ku bangun kan nya dengan sebuah puisi, dan dia pun membalas puisi ku. Lagi – lagi tanpa sedar ku teteskan air mata ku. aku terlanjur mencintai nya sangat teramat menyayangi nya. Ingin ku cegah kepergian nya. Setelah ku berpikir dengan positif, ternyata kepergian nya semata – mata untuk bekal nya dikemudian hari nanti. Kini aku mulai merelakan kepergiannya. Detik – detik kepergiannya, dia terus menelpon ku, dia memberikan ku harapan, sebuah harapan yang mampu membuat hati ku terasa sedikit lebih tenang. Tanpa terasa waktu pun memisah kan ku dengan nya, dia pun pergi. Air mata yang mengalir mengiringi detik – detik kepergian nya. “Jangan nakal ya sayang, kekasih mu ini bakal kembali untuk mu suatu hari nanti. Meski jarak dan waktu memisahkan kita, tapi cinta mu ku bawa kemana pun ku berpijak. Hentikan tangismu, hapuslah air mata yang berada dipipi mu, kan ku bawa senyum mu untuk motifasi ku nanti. Dan tetaplah mencintai ku..!” Ku terima pesan terakhir darinya, setelah pesan ini ku baca no nya pun nggak aktif lagi, tanda nya dia telah terbang meninggalkan ku disisni, bersama kenangan manis di detik – detik terakhir ku bersama nya. Kini dia telah jauh dariku, takan ada lagi cerita tentang aku dan dia. Pikir ku,, untuk waktu yang lama pula dia takan mengabariku. Tapi ternyata, setelah sampainya disana dia langsung menghubungi ku. dengan spontan ku melompat seperti anak kecil dapat permen. Nggak dapat ku gambarkan lagi kata – kata ku, sangat bahagia. Apa yang ku takut kan nggak terjadi. Meski dia berada nan jauh disana, tapi aku dan dia masih seperti dulu, masih smsan telephone. Nggak ada yang berubah, hanya bedanya sekarang dia nggak datang lagi kerumah. Setidaknya aku masih bisa mendengar kabarnya. Sayang nya, cintanya, perhatiannya masih hangat ku rasakan. Inilah endless love me, cinta terakhir ku. Akan ku pertahankan cinta ku dan dia hingga nanti. Karna ku yakin ini akan berakhir dengan sebuah senyuman manis. Akhirnya ku pun tersembuhkan oleh penyakit yang menjajah pikiran dan hati ku sejak aku mengenal cinta, aku nggak lagi menyakiti hati lelaki yang mungkin dengan tulus mencintaiku, nggak lagi memberikan harapan yang berujung ketidak pastian untuk para lelaki yang di dekatku. Aku pun menyadari bahwa apa yang aku lakukan dulu nggak sepenuhnya benar, bahkan hal itu hanya membuat satu pihak menderita sakit hati. Dan kini aku mengenal cinta sejati. Love itu indah bila kita jalani dengan hati, meski terkadang membuat air mata jatuh ke pipi, tapi itu hanya lah sebagai hiasan dari perjalanan cinta itu sendiri. Cinta nggak butuh janji tapi butuh bukti yang pasti, cinta bukan hanya kata – kata manis tapi cinta pengorbanan yang nyata.

By: Bebby


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 25 Oktober 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

Bersih-bersih di Rumah Yuk? KEBERSIHAN adalah pangkal kesehatan. Tentu adik-adik tidak asing dengan pepatah satu ini. Makanya tak ada salahnya jika ikut nimbrung saat ada aktivitas bersih-bersih di rumah. Kegiatan bersih-bersih tak harus dilakukan oleh mama atau sang kakak saja. Memang aktivitas yang dilakukan bisa dimulai dari hal-hal yang ringan. Menurut psikolog Pak Ridwan SPsi, kebersihan penting dijaga. Sesuatu yang kotor akan banyak menimbulkan efek negatif. Selain sumber kuman, juga bisa memicu gejala alergi. Itulah alasan kenapa kita harus menjaga kebersihan.

Buat adik-adik bisa dimulai dari kebersihan pribadi. Kebersihan pribadi misalnya rajin mandi secara teratur. Rajin gosok gigi, memakai pakaian yang bersih, hingga cuci tangan sebelum makan. Untuk hal ini, adik-adik bisa meminta bantuan orangtua, misalnya cara menggosok gigi yang benar dan sebagainya. Tentu orangtua bakal memberikan contoh yang baik buat anaknya. Contoh dari keluarga akan memberikan semangat buat kita untuk melakukannya. Selanjutnya masuk dalam kebersihan lingkungan sekitar kita seperti membersihkan kamar sendiri. Tidak membuang sampah sembarang. Menaruh pakaian kotor pada tempatnya hingga membantu mama di dapur. Tapi untuk di dapur, sebaiknya ikuti instruksi dari

Zaskia Citra Mega Jalan Gunung Semeru No 17, RT 22, Kelurahan Payo Selincah

mama. Ada beberapa pekerjaan yang belum bisa dilakukan adik-adik sendiri. Sebenarnya untuk kegiatan menyapu sudah bisa belajar. Minimal untuk kebersihan kamar sendiri. Yah, kalau belum terlalu bersih hasilnya tidak masalah. Yang terpenting sudah ada kemauan untuk belajar. Jika sudah terbiasa, aktivitas bersihbersih tidak lagi dianggap sebagai beban. Tapi memang sesuatu kebutuhan yang harus dilakukan agar bisa hidup sehat. Nah, jika ini sudah dilakukan sejak dini, saat kita dewasa kita akan terbiasa untuk hidup bersih dan sehat. Hasilnya tentu kita sendiri yang akan merasakan. Di dalam tubuh yang sehat pasti ada jiwa yang sehat. Nah, selamat bersih-bersih di rumah!. (nid)

Mengajarkan Kebersihan pada Anak

Shelly Oktaviani Jalan Gunung Semeru No 50, RT 22,

Dira Alfarezi

Jalan Jambi-Palembang, Kelurahan Tempino, Kabupaten Muarojambi

KEBERSIHAN adalah bagian dari iman. Kalimat yang merupakan bagian Hadis Rasulullah SAW dari Abu Malik Al-Harits bin Ashim Al-Asy’ari itu seakan membenarkan pentingnya kebiasaan hidup bersih. Tidak hanya orang dewasa yang wajib menjaga kebersihan, anak-anak pun demikian. Namun mengajarkan kebiasaan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berikut ini kiat yang harus digunakan untuk mengajak seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 1. Gunakan kata-kata yang lembut dan tenang dalam meminta mereka melakukan kegiatan kebersihan. Jangan mengancam atau merendahkan. 2. Anak cenderung meniru tindakan yang dilakukan orangtua. Jadi hindari membuang sampah sembarangan atau meludah seenaknya. 3. Buatlah kegiatan menjaga kebersihan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan membuatnya nyaman. 4. Buat penyesuaian yang diperlukan ketika mengajak anak membersihkan diri. Ajak anak untuk menyikat gigi dengan rasa yang disukainya. Atau pakailah sampo yang tidak perih di mata dan wangi untuk menarik

perhatiannya. 5. Memotong kuku serta membersihkan telinga dan hidung juga tak bisa dipisahkan dari kegiatan menjaga kebersihan tubuh. 6. Untuk anak usia sekolah dasar, orangtua bisa mulai membiasakan anak untuk mencuci sendiri alat makannya setiap kali selesai makan dan minum. 7. Untuk menjaga kebersihan rumah, bagilah tugas sesuai usia, sifat, dan keterampilan anggota keluarga. Misalnya anak usia 3 tahun dapat membantu mengelap meja atau kursi,

anak usia 7 tahun bertugas membuang sampah, dan sebagainya. 8. Jangan lupa bersihkan kandang dan binatang peliharaan secara teratur. Periksakan juga kesehatan binatang peliharaan secara berkala ke dokter hewan. 9. Beri penghargaan dan perhatian bagi setiap anggota keluarga telah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Misalnya, peluk anak Anda dan ucapkan pujian atas keahlian barunya mencuci gelas. Ucapkan pula terima kasih atas bantuannya.(*)


Halaman

Minggu, 24 Oktober 2009 n Jambi Independent

25

takut-takut mereka menghampiri Sheila. Anak kecil pemberani itu tanpa ragu-ragu menyodorkan bekalnya untuk dimakan bersamasama. Peri-peri itu bernama Pio, Plea, dan Plop. Ketiga peri itu kakak beradik. Sejak saat itu Sheila dan ketiga kawan barunya sering makan bekal bersama-sama. Kadang mereka saling bertukar bekal. Suatu hari Sheila bertanya kepada ketiga temannya, “Pio, Plea, Plop. Mengapa ada daerah berkabut di hutan ini? Apa isinya? Dan mengapa tak ada yang pernah kembali? Kalian tinggal di hutan sebelah mana?” tanya Sheila penuh ingin tahu. Mendengar pertanyaan Sheila ketiga peri itu saling bertukar pandang. Mereka tahu jawabannya namun ragu untuk memberi tahu Sheila. Setelah berpikir sejenak, akhirnya mereka memberitahu rahasia hutan berkabut yang hanya diketahui para peri. “Para peri tinggal di balik hutan berkabut. Termasuk kami. Kabut itu adalah pelindung agar tak seorang pun dapat masuk ke wilayah kami tanpa izin. Kami tiga bersaudara adalah peri penjaga daerah berkabut. Jika kabut menipis, kami akan meniupkannya lagi banyak-banyak. Jika ada tamu yang tak diundang masuk ke wilayah kami, kami segera membuatnya tersesat,” jelas Pio, Plea, Plop. Sheila terkagum-kagum mendengarnya. “Bisakah aku datang ke negeri kalian suatu waktu?” tanya Sheila berharap. Ketiga peri itu berembuk sejenak. “Baiklah. Kami akan mengusahakannya,” kata mereka. Tak lama

GRAFIS :INDRA/ja mbi independent

Peri dan Hutan Berkabut

DI sebuah desa hiduplah seorang anak perempuan yang lugu. Sheila namanya. Ia senang sekali bermain di tepi hutan. Ibunya selalu mengingatkannya agar tak terlalu jauh masuk ke hutan. Penduduk desa itu percaya, orang yang terlalu jauh masuk ke hutan, tak akan pernah kembali. Bagian dalam hutan itu diselubungi kabut tebal. Tak seorang pun dapat menemukan jalan pulang jika sudah tersesat. Sheila selalu mengingat pesan ibunya. Namun ia juga penasaran ingin mengetahui daerah berkabut itu. Setiap kali pergi bermain, ibu Sheila selalu membekalinya dengan sekantong kue, permen, coklat, dan sebotol jus buah. Sheila sering datang ke tempat perbatasan kabut di hutan. Ia duduk di bawah pohon dan menikmati bekalnya di sana. Sheila ingin sekali melangkahkan kakinya ke dalam daerah berkabut itu. Namun ia takut. Suatu kali, seperti biasa Sheila datang ke daerah perbatasan kabut. Seperti biasa ia duduk menikmati bekalnya. Tiba-tiba Sheila merasa ada beberapa pasang mata memperhatikannya. Ia mengarahkan pandangan ke sekeliling untuk mencari tahu. Namun Sheila tak menemukan siapa-siapa. “Hei! Siapa pun itu, keluarlah! Jika kalian mau, kalian dapat makan kue bersamaku,” teriak Sheila penasaran. Mendengar tawaran Sheila, beberapa makhluk memberanikan diri muncul di depan Sheila. Tampak tiga peri di hadapan Sheila. Tubuh mereka hanya separuh tinggi badan Sheila. Di punggungnya ada sayap. Telinga mereka berujung lancip. Dengan

kemudian Sheila diajak Pio, Plea dan Plop ke negeri mereka. Hari itu Sheila membawa kue, coklat, dan permen banyak-banyak. Sebelumnya, Sheila didandani seperti peri oleh ketiga temannya. Itu supaya mereka bisa mengelabui para peri lain. Sebenarnya manusia dilarang masuk ke wilayah peri. Ketiga teman Sheila ini juga memberi kacamata khusus pada Sheila. Dengan kacamata itu Sheila dapat melihat dengan jelas. Daerah berkabut penuh dengan berbagai tumbuhan penyesat. Berbagai jalan yang

berbeda nampak sama. Jika tidak hati-hati maka akan tersesat dan berputar-putar di tempat yang sama. Dengan bimbingan Pio, Plea, dan Plop akhirnya mereka semua sampai ke negeri peri. Di sana rumah tampak mungil. Bentuknya pun aneh-aneh. Ada rumah berbentuk jamur, berbentuk sepatu, bahkan ada yangberbentukteko.Pakaianmerekasepertikostumuntukkarnaval.Kegiatanparaperipunbermacam-macam. Ada yang mengumpulkan madu, bernyanyi, membuat baju dari kelopak bunga… Semua tampak riang gembira. (*)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 25 Oktober 2009

Ponsel Musik Berteknologi Touchscreen UNTUK anda penggemar handpone dengan kualitas suara yang bagus, kini telah diluncurkan Nokia 5530 exspress musik. Dengan teknologi touchscreen yang dimilikinya anda tidak perlu menekan tombol lagi. Kalo untuk urusan suara tidak perlu anda ragukan lagi. Handpone anyar jebolan Nokia satu ini memang memiliki tampilan yang berkesan elegan. Memiliki bentuk yang ramping dengan tidak menonjolkan banyak warna. Sendangkan untuk urusan kamera, handpone ini telah menggunakan kamera 3.2 megapixel dan ditambah dengan led flash. Yang juga mampu mereka video MP4 menggunakan resolusi VGA dengan kecepatan frame mencapai 30 fps. Selain itu handpone ini juga memiliki kelebihan lain. Yaitu sudah menggunakan fitur

akselerometer. “Jadi dengan fitur ini layar handphone akan disesuaikan dengan posisi handpone saat dipegang,” jelas Dela (23), karyawan G2000 saat ditemui jambi independent. “Dalam keadaan stanby handphone ini mampu hidup selama 48 jam,” tambahnya lagi. Namun dapat disayangkan karena beberapa kelemahan juga dimiliki. Seperti kemampuan touchscreen yang masih bersifat resistive. Jadi akan susah jika menggunakan jari-jari tangan. Sehingga disediakan stylus untuk pengoperasiannya. Selain itu handpone ini juga belum memiliki kemampuan 3G, EDGE, GPRS dan HSDPA. Untuk urusan warna disediakan dua pilihan warna yaitu merah hitam dan grey red. Dengan memiliki uang Rp. 2 jutaan anda sudah bisa membawa pulang handpone keluaran baru nokia .(cr02) tersebut.(cr02)

FOTO-FOTO ALDINO /JAMBI INDEPENDENT

Dengar Musik Hingga 27 Jam NOKIA 5530 exspress musik memang tepat jika anda jadikan sebagai partner anda penggemar musik. Karena dengan handphone tersebut anda bisa mendengarkan musik hingga 27 jam non stop, cukup dengan satu kali pengisian. Dilengkapi dengan tombol musik untuk memudahkan anda saat pengoperasian. Untuk urusan penyimpanan data, anda dapat mengupgrade kartu memory SD hingga 16 gigabyte. Selain itu juga di dukung dengan headset stereo nokia (WH205) yang akan membuat kualitas suara semakin bagus. Kemampuan lain yang dimiliki yaitu, akses WLAN yang cepat pada hand-

phone ini memungkinkan anda untuk mengambil keuntungan dari hotspot nirkabel yang nyaman untuk memeriksa internet dan menghubungkan ke situs jaringan sosial favorit anda saat anda jauh dari rumah. Dengan dimensi 104 x 49 x 13 mm dan dengan berat yang hany 107 g, membuat handphone ini terasa semakin nyaman digunakan. Dengan ukuran layar 2.9” dan kualitas warna hingga 16.7 juta warna koleksi foto anda akan semakin nyata. Dengan dilengkapi fitur game yang akan menghilangkan kejenuhan di sela-sela waktu padat anda. Untuk urusan aplikasi lain, pada fitur launcher sudah dilengkapi dengan facebook, friendster, my space amazon dan you tube. Anda bisa update status anda setiap saat. Selain itu juga ada radio FM, untuk anda yang ingin mendengarkan siaran favorit anda. (cr02)


Minggu, 25 Oktober 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Tiga Duta Bungo pada OSN Tingkat Kabupaten

Pencinta Sains yang Selalu Optimis dan Yakin Bisa

TAHIRA Saddiqa, Ersa Yuliza, dan Juandra Tridarma merupakan tiga siswa berprestasi dari Bungo. Catatan prestasi yang diraih ketiga sobat kita ini adalah keikutsertaan mereka dalam mengikuti olimpiade sains tingkat kabupaten yang digelar pada 15 April lalu. Tahira dan Ersa merupakan dua siswa yang pada event olimpiade sains nasional (OSN) bidang astronomi tingkat kabupatan memeroleh gelar juara pertama. Sedangkan Juandra meraih juara pertama pada OSN tingkat kabupaten bidang ilmu kimia.

Dua bidang ilmu yang dapat dikatakan cukup sulit bagi sebagian siswa itu, ternyata tidak demikian halnya bagi ketiga siswa pencinta ilmu alam atau sains tersebut. Saat ini ketiganya tercatat sebagai siswa kelas 11 IA I SMAN 2 Muarabungo. Ketiga pencinta sains tersebut pada 8 Juni nanti akan kembali berkompetisi dalam kegiatan OSN tingkat Provinsi Jambi. Ketiganya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih bidang ilmu kimia atau ilmu astronomi. Ersa mengatakan, dirinya menyukai astronomi awalnya karena ditunjuk untuk mengikuti OSN. “Setelah mengetahui bagaimana asyiknya dengan ilmu astronomi tersebut, setelah didalami dan dipelajari, lama-kelamaan akhirnya saya menjadi mencintai bidang ilmu itu,” katanya. Dita-

mbah bidang ilmu astronomi jarang dipilih siswa di Bungo. Hal senada juga disampaikan Tahira yang awalnya cukup asing dengan bidang astronomi. “Karena sebelumnya bidang ilmu astronomi digabung dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA),” terangnya. Selain itu, ia menjadi suka dengan astronomi karena cukup tertantang dan ternyata menyenangkan saat mempelajarinya. Juandra yang akan mewakili Bungo pada OSN bidang kimia 8 Juni nanti, mengatakan dirinya mulai jatuh hati pada kimia sejak duduk di bangku kelas I SMA. “Bagi saya mempelajari kimia itu amat menyenangkan,” imbuhnya. Ketiga sobat Biy awalnya cukup pesimis menghadapi pesaing-pesaing mereka yang seluruhnya merupakan siswa-siswa terbaik

utusan dari sekolah masing-masing. Sobat Biy, ada motto untuk dapat menguatkan hati ketiga sobat Biy tersebut saat berkompetisi menyaingi rekan-rekan mereka dalam OSN. “Janganlah pesimis sebelum benar-benar menghadapi suatu kompetisi yang akan kita ikuti. Pasti ada kemudahan dari setiap ujian. Selain itu, jalani sungguh-sungguh kompetisi itu, bila memang ada niat dan berusaha, serta yakin pasti kesulitan itu dapat dihadapi,” tutur Tahira diamini ketiga rekannya. Ketiganya berharap dapat memiliki persipan lebih baik dibandingkan persiapan sebelumnya. “ Yang jelas kami harus lebih banyak menambah wawasan, berlatih, dan intensif dalam bimbingan,” imbuh Ersa. (dwy)


Halaman 28

Jambi Independent n Minggu, 25 Oktober 2009

Ingin penampilan Anda lebih fresh dan tetap trendi? Dress bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Dress tidak hanya cocok digunakan untuk acara formal, tetapi juga pada acara nonformal, asalkan Anda bisa memadupadankannya dengan baik dan benar. Dress putih cocok bagi Anda yang ingin tampil lebih sederhana. Anda bisa menambahkan aksesori gelang, kalung panjang, dan tas kecil sebagai kelengkapan penampilan. Bagi yang tidak suka warna putih, warna gelap juga bisa menjadi pilihan. Hanya saja dress hitam lebih cocok digunakan untuk Anda yang memiliki warna kulit yang lebih cerah dan putih. Itu akan membuat penampilan Anda lebih menarik. (viz)

Tip agar Kuku Cantik 1. Hal-hal yang tidak Boleh Dilakukan - Jangan gunakan kuku untuk melakukan pekerjaan yang harusnya bisa dilakukan dengan menggunakan perkakas - Jangan memotong kuku terlalu pendek atapun yang sudah pendek - Jangan memotong kutikula dengan gunting - Jangan mengigiti kuku - Jangan membersihkan kuku dengan benda tajam - Jangan biarkan tangan bersentuhan terlalu lama dengan deterjen

- Jangan terus-menerus menggunakan pewarna kuku 2. Hal-hal yang boleh dilakukan - Gunakan sikat kuku untuk membersihkan kuku - Gunakan belimbing sayur lalu gosokkan ke bagian luar kuku. Atau rendam tangan Anda dalam campuran cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. - Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit. - Minum susu secara rutin dan bila

memungkinkan bisa setiap hari. Susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Atau perbanyaklah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin A. - Pakai krim yang khusus untuk kuku - Simpan peralatan manicure di tempat tertutup untuk melindunginya dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi. (*)

Bianglala Minggu ke 04 Oktober 2009  

epaper Jambi Independent

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you