Issuu on Google+

Hal 27 Jambi Independent n mINGGU, 18 oktober 2009 n Halaman 21

T-shirt dan Celana Pendek, Tak Pernah Habis Di Makan Zaman

Model yang Ingin Jadi Dosen

Hal 26

Satu kamus Berisi 15 Bahasa

Cita-cita Itu Penting

Si Kancil dan Siput Hal 25

Dongeng

Hal 24

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 18 Oktober 2009

“3S = Sahabat Sejati Selamanyaaaaaaaaaaaa…” HAI sobat-sobat Biy yang selalu ceria and tetep setia muu Biy walopun hari libur kayak gini. Kali ini qta kedatengan anak2 dari CLA S S I X ( C a m p us Learner Of Six) alias SMAN 6 Jambi. Mereka nyebut diri mereka choco_late yang artinya cewe2 maniez kayak cokelat, hee belom apa2 ajaa udah narsiz banged niy mereka. Hobby mereka ini ketawa ke t i w i g a g j e l a z . Sebenernya siy mereka kekurangan satu anggota yang gag memungkinkan untuk ikud disini, Haa. Motto mereka adalah “3S = Sahabat Sejati Selamaaan y a a a ” . Ya n g a r t i n y a m e r e k a s e l a l u ada gag Cuma paz lagi seneng ajaa, tapi paz temennya lagi sedih ato lagi butuh semangat mereka tetep selalu sedia membantu .

M3kom q d3$y q pingin $lm2 4j4 4nd tmbh tmn q $collh di pgri 4 jmbi 4nd q 4n4k mdl lh q m4u slm2 4m4 tmn mdl q tito,s4ndy,g4lih,dill4,4nggi,4nggun,mith,l34 4nd m4’4f y4 bgi yg g t3bil4ng n4m4 ny4 h3...h3...oh y4 q m4u c4ri cowok c4ri in dng bi4ng l4l4 slm mnis q yg cutx d3$y +628975377xxx

Nha m0 t¡zam za n¡e wat pujaan hat¡ nha’, wlaupun dy ga’ tw prazaan nha,,, py, nha kn slalu chyank ma dy.....!!!¿_> +6285266853xxx

ne q dian n ank ksg dlm.slm2 ny bt yg udh msk d bianglala,slm knl z...bg cwo pa cwe yg pgn knl m q hbgn / zmz k no ne+6285764338311 jgn call.. +6285764338xxx

“ass.yg pertama” aq ingin tao n bagaimana kbr sobat bianglala? Aq hasan n! Biy! Udh lama aq d’ nyapa biy lg, maaf kn aq y? Kmaren2 sbk bgt.ops...biy makin asyik n bgs aj n!slmt y”.mao nambah tmn n biy. No aq.085266414398"terima kasih banyak y biy”. +6285266414xxx

mec0em,,,,,?¿ _n¡e manha d kr¡nc¡.....

Mecom..biy neh reny pndtang bru..me

Kenangan terindah mereka adalah ketika saat ngumpul sama2. Gag peduli tempat, asal happy n k o m p a k a j a a . Ta p i tempat yang paling ser i n g d i p a k e anak2 chocolate ini buad ngumpul adalah di humz willy n WTC. Ta p i a d a s a l ah satu kenangan tag terindah yang pernah m e r e k a alami, waktu ultah ipah, ririn gag bisa ikud ng u m p u l m a k a n 2 . h u h sayang banget deh waktu itu dia lagi kena sembur ortunya, hee . N mereka nitip satu pesen niy buad q t a 2 , “ s e lagi masih muda ayo banya k 2 i n temen, karen a dengan temen qta akan semakin berani n bisa punya cerita2 seru bareng yang ntar bisa qta warisin ke anak2 qta entar,hee .”

mw tbur2 slam syg bt c0bat2 me..bt dina me syg bgt smo u..bt meta lpain “h” yah..bt richa lncar za tu hub..bt yg mw jd tmen me..mz ke n0. Ne yah..085764323806dtnggu lh0..he..bt biy smga +skses yah..mkcieh.. +6285764323xxx 4§lmualixum...gue dr pend4tang br...dr sn94i bhr in9in tic4m bo4t sob4t gue 4na di tngxal mo94 b4ix2 a7a y4... +628127408xxx Askum,,,q pndtang br ne,q cwo dr kdri,ckrg q lg krj dk kota baru,q br

lu2s,bagi yg mw jd tmn q,mz aj kenmr ni 08192536678,cp tw q bs jd tmn klian cmua.thanks y? +628192536xxx Meecom. . .hy by. Ne ayu, pndt6 bru. Ayu mo t!sam dunk. Wat tm3n2 ayu. Khususx cow ayu yg gy krja, hti2 y0w cy6. I l u for3ver. Thank’s by. +6281994723xxx “art¡ per§4habatn” s4b4b4t |tu s3p3rt| b|nt4n9 d-l4n9¡t. Wl4upun j4uh |4 t3t4p b_rc4hy4,m3sk¡ kd4n9 m”n9h¿l4n9 |4 t3t4p 4d4. T4k mun9kn d”m|l¡ki tp| t4k b$4 d|lup4k4n. . . Tp| wl4w m4s4l4h y9 sbr4t 4ppun,d4l4m sn4n9 m4upun

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6617-8307 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary.


Minggu, 18 Oktober 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

Gembel CERPEN: Rd M Maskur HIDUP terasa nikmat bagi sebagian orang. Hidup merupakan ladang amal bagi sebagian orang. Hidup adalah kesempatan untuk berkarya bagi sebagian orang. Hidup di mata orang yang berpunya tentunya sangat indah dan berarti. Tapi…, lihatlah sisi lain dari kehidupan manusia yang begitu memuja dunia. Masih banyak saudara kita yang hidup hanya untuk mencari makan, hanya untuk sesuap nasi, jangankan untuk berkarya, mengisi perutnya saja terasa sulit dan payah. Mereka saudara kita sesama manusia, sesama makhluk Tuhan, pantaskah hanya kita biarkan begitu saja? Gembel-gembel, pengemis-pengemis, dan apalah istilahnya itu, mereka juga manusia, ingin hidup nyaman dan damai seperti kita. Seandainya mereka berkecukupan, tak akan mereka sudi menghinakan diri mereka dengan menadahkan tangan kepada orang yang lalu-lalang dihadapan mereka. Terkadang kita tak bersyukur terhadap apa yang kita punya dan merasa tidak cukup, seraya mengatakan nasib kita sial, hidup kita sudah berakhir hanya gara-gara masalah sepele yang tak berarti. Lihatlah gembel-gembel itu dan kemudian renungkan nikmat Tuhan yang ada pada diri kita, pantaskah kita mengeluh dan tidak bersyukur atas nikmatNya? Hujan baru saja reda pagi itu… Tinggal tetesannya yang menetes ke trotoar jalan dekat toko emas milik warga keturunan tionghoa di pasar itu… percikan hujan tersebut mengenai muka seorang anak laki-laki dekil yang tak terurus yang sedang tertelungkup di setapak jalan depan toko emas tersebut. Semalaman ia tertidur pulas disitu, berselimut embun malam dan tanpa makan. Mentari pagi mulai menampakkan dirinya di ufuk timur, sinarnya yang hangat menyentuh wajah Bocah malang itu…, matanya pun perlahan terbuka… menatap kembali dunia yang keras dan kembali harus berjuang mempertahankan hidupnya hari ini. Ia membalikkan badannya kemudian duduk lesu, matanya sayu menatap ke seberang jalan…. “Hhhhuh....!” Desahnya pagi itu. Lalu ia bangkit dan segera berjalan…, berjalan tak tentu arah di sepanjang setapak jalan. Kemana ia pergi? Entahlah…!, sepertinya tanpa tujuan, karena ia memang tak tahu harus menuju ke mana, ia sebatangkara di kota ini, tak punya siapa-siapa. Ia seorang gembel jalanan. Hidupnya terlunta-lunta dan keras. Pagi itu badannya terasa sempoyongan, perutnya kosong dan amat lapar karena belum makan sama sekali dari kemarin. Tenggoroknnya dahaga, pagi yang dingin itu terasa panas baginya. “Aku lapar... aku harus makan....!” katanya.

“Tapi dari mana bisa kudapatkan makanan? “ Ia bertanya dalam hati. Tampak olehnya seorang tukang roti yang baru membuka toko dagangannya pagi itu. Di depan toko yang bercat kuning dan bertuliskan “ANEKA JAJANAN PASAR” itu berjejer aneka macam roti dan kue yang menggugah seleranya. Jauh di seberang jalan ia mengamati dan terus memperhatikan aktivitas sang pemilik toko roti yang tampak sibuk membereskan susunan roti dan kue-kue yang dipajang di depan tokonya pagi hari itu. “Aku ingin makan.... Wah… roti-roti itu terlihat sangat lezat… hmmm” gumamnya. “Bagaimana aku mendapatkannya...?” Ia ingin sekali memakan roti itu. Dirogohnya kantong bajunya yang telah jebol dan tak ditemuinya uang sepeser pun. “Aku harus makan...” Kata itu terulang lagi. “Aku igin roti itu....! Bagaimana aku mendapatkannya...?. Sudah dua kali ia bertanya seperti itu. Beberapa saat kemudian ia teringat nasehat seorang nenek tua yang baru saja meninggal beberapa minggu lalu, nenek gembel yang hidup bersamanya di jalanan. Sangat memperihatinkan ketika nenek itu meninggal…, tubuhnya yang tua dan renta tergeletak di pinggir jalan, menegang seperti bangkai ayam, begitu hinanya untuk derajat sebagai seorang manusia. Dan barulah kemudian diurus oleh orang-orang setelah tergeletak untuk waktu yang lama di jalanan.

Nenek itu berpesan padanya “Jika kau lapar dan ingin makan…

maka berusahalah, peroleh dengan cara yang halal, jika kau punya tenaga, bayar dengan keringatmu, dan jika kau beruang maka kau boleh membelinya.” Ujar wanita tua itu. Teringat nasehat si nenek, gembel cilik itu langsung memberanikan diri menemui si pemilik toko untuk menawarkan dirinya sebagai pekerja di toko roti itu. Tanpa basa-basi ia langsung ditolak oleh pemilik toko roti itu karena melihat keadaan fisiknya yang kotor, dekil, dan tak terurus.. Si pemilik toko mencurigai

sang anak hanya berpura-pura saja ingin bekerja lalu kemudian mencuri uang dagangannya. Ia disusir secara paksa dari tokoh itu setelah berusaha sekuat tenaga meyakinkan si pemilik toko yang brengsek itu kalau ia benarbenar mau bekerja. Ia diusir dengan cara diseret oleh orang suruhan si pemilik toko karena ia bersih kukuh tak mau beranjak dari tempatnya berdiri. Terpaksa ia pergi..., badannya terasa payah. Ia harus makan. Anak malang itu tak bisa melupakan bayangan jejeran aneka roti dan kue yang lezat di toko tadi, kembali ia berhasrat untuk mendapatkannya. Kali ini ia berpikir. “Jika tak bisa dengan cara halal cara haram pun tak apalah asal aku kenyang”, katanya dalam hati. Ia menyusun strategi. Satu jam dia mengamati dan mencermati kondisi toko itu. Ia menyusun taktik untuk mencuri roti dan kue itu. Dan ketika si pemilik tengah lengah ia diamdiam masuk ke toko dan mengambil beberapa potong roti dan kue saat ia memasukkan roti itu ke dalam kantong plastik. Saat itu juga ia ketahuan oleh si pemilik “Haiiaaa.... maliiing!!!” Teriak Pemilik toko itu Karena takut ia pun langsung lari, si pemilik toko mengejar dengan wajah yang garang dan sambil membawa pemukul (Kemoceng), anak itu berlari deras… deras sekali…. Langsung, tanpa pandang kanan kiri ia menyebrang jalan dan ketika itu sebuah mobil truk melaju kencang ke arahnya dan “brak....!!!” ia tertabrak. Seketika itu Juga derita kehidupannya berakhir dan ia pun mati sambil memegang roti hasil curiannya… pergi dengan membawa rasa laparnya yang belum terpuaskan.

Rd M Maskur Jambi, 01 Agustus 2009


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 18 Oktober 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing足kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

Cita-cita Itu Penting

Namun setidak-tidaknya ini akan penyemangat saat belajar nanti. Dimana, kita akan belajar lebih giat, mengerjakan tugas sek o l a h d e n g a n benar, mendengarkan kata orang tua dan jika ditanya orang tentunya sudah punya jawaban. Untuk itu, mulai sekarang ayo apa cita-cita yang adik-adik inginkan dan segera wujudkan dengan belajar lebih giat.(nid)

REDAKSI

PUNYA cita-cita saat besar nanti? Sebaiknya mulai diasah sejak dini. Karena dengan memiliki cita-cita maka ini akan menambah semangat kita untuk mencapainya. Misalnya ingin jadi dokter, polisi, pilot dan sebagainya. Menurut Psikilog Pak Ridwan SPsi, setiap orang memang harus memiliki citacita. Karena dari cita-cita seseorang bisa merencakan hal-hal yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Nah, dalam menggapai cita-cita ini tentunya harus direncanakan dari sekarang. Adik-adik sekolah mulai dari play group, TK, SD, SMP, SMA, terus melanjutkan ke perguruan tinggi adalah bagian dari adik-adik untuk mencapai cita-cita. Dalam memilih cita-cita harus disesuaikan dengan bakat dan minat kita sendiri. Orangtua hanya membantu memberikan saran dan mengarahkan adik-adik agar bisa mendapatkan sesuatu sesuai dengan cita-

Jihan Rifatul Alya Jalan Sersan Muslim No 12 RT 12 Kelurahan Paal merah, Kecamatan Jambi Selatan

Aulia Relita

Jalan Pattimura Lorong Atap RT 13/03 Kelurahan Rawasari, Kotabaru

cita tadi. Misalnya memberikan uang sekolah, uang jajan, kursus dan sebagainya. Sebagai contoh, jika adik-adik ingin jadi pilot tentu harus dipersiapkan dari sekarang. Mulai dari kemampuan akademik, postur tubuh hingga kemampuan lain yang mendukung. Malah, sebagai pendukung, tentu biasanya adik-adik akan mulai bermain layaknya seornag pilot. Misalnya bemrain pesawat-pesawatan. Bagi yang ingin jadi dokter, tentu mulai mempraktekkan gaya seorang dokter yang membawa steteskop untuk memeriksa pasien. Dalam permainan ini, selain mendapatkan kesenangan, adik-adik tentu sedikit merasakan saat cita-cita yang diinginkan benarbenar terwujud. Makanya, dari sekarang adik-adik harus bisa mengetahui cita-cita yang ingin dicapai. Memang terkadang cita-cita saat kecil belum tentu sama saat dewasa.

Eddy Junaedi/jambi independent

siti masnidar/jambi independent

Agar Anak Rajin Belajar

BErikut ini beberapa tips di bawah ini sangat menentukan dan efektif diterapkan supaya anak suka belajar:

dalam otak akan sangat mudah menerima dan merekam informasi yang masuk jika berada dalam suasana yang menyenangkan.

1. Suasana yang menyenangkan adalah syarat mutlak yang diperlukan supaya anak suka belajar. menurut hasil penelitian tentang cara kerja otak, bagian pengendali memori di

2. Membuat anak senang belajar adalah jauh lebih penting daripada menuntut anak mau belajar supaya menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu. anak yang punya

prestasi tapi diperoleh dengan terpaksa tidak akan bertahan lama. anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan sangat mempengaruhi kesuksesan belajarnya di masa yang akan datang. 3. Kenali tipe dominan cara belajar anak, apakah tipe auditory (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan), visual (melihat) ataukah kinesthetic (fisik). meminta anak secara terus menerus belajar dengan cara yang tidak sesuai dengan tipe cara belajar anak nantinya akan membuat anak tidak mampu secara maksimal menyerap isi pelajaran, sehingga anak tidak berkembang dengan maksimal. 4. Belajar dengan jeda waktu istirahat setiap 20 menit akan jauh lebih efektif daripada belajar langsung 1 jam tanpa istirahat. hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu melakukan konsentrasi penuh paling lama 20 menit. lebih dari itu anak akan mulai menurun daya konsentrasinya. jeda waktu istirahat 1-2 menit akan mengembalikan daya konsentrasi anak kembali seperti semula. (*)


Halaman

Minggu, 18 Oktober 2009 n Jambi Independent

25

PADA suatu hari si kancil nampak ngantuk sekali. Matanya serasa berat sekali untuk dibuka. “Aaa....rrrrgh”, si kancil nampak sesekali menguap. Karena hari itu cukup cerah, si kancil merasa rugi jika menyia-nyiakannya. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengusir rasa kantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak dengan sombongnya, “Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku”. Sambil membusungkan dadanya, si Kancil pun mulai berjalan menuruni bukit. Ketika sampai di sungai, ia bertemu dengan seekor siput. “Hai kancil !”, sapa si siput. “Kenapa kamu teriak-teriak? Apakah kamu sedang bergembira?”, tanya si siput. “Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar”, jawab si kancil dengan sombongnya. “Sombong sekali kamu Kancil, akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini”, kata si Siput. “Hahahaha......., mana mungkin” ledek Kancil. “Untuk membuktikannya, bagaimana kalau besok pagi kita lomba lari?”, tantang si Siput. “Baiklah, aku terima tantanganmu”, jawab si Kancil. Akhirnya mereka berdua setuju untuk mengadakan perlombaan lari besok pagi. Setelah si Kancil pergi, si siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta

tolong agar teman-temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan, dan menjawab kalau si kancil memanggil. Akhirnya hari yang dinanti sudah tiba, kancil dan siput pun sudah siap untuk lomba lari. “Apakah kau sudah siap untuk berlomba lari denganku”, tanya si kancil. “Tentu saja sudah, dan aku pasti menang”, jawab si siput. Kemudian si siput mempersilahkan kancil untuk berlari dahulu dan memanggilnya untuk memastikan sudah sampai mana si siput. Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia akan menang. Setelah beberapa langkah, si kancil mencoba untuk memanggil si siput. “Siput....sudah sampai mana kamu?”, teriak si kancil. “Aku ada di depanmu!”, teriak si siput. Kancil terheranheran, dan segera mempercepat langkahnya. Kemudian ia memanggil si siput lagi, dan si siput menjawab dengan kata yang sama.”Aku ada didepanmu!” Akhirnya si kancil berlari, tetapi tiap ia panggil si siput, ia selalu muncul dan berkata kalau dia ada depan kancil. Keringatnya bercucuran, kakinya terasa lemas dan nafasnya tersengal-sengal. Kancil berlari terus, sampai akhirnya dia melihat garis finish. Wajah kancil sangat gembira sekali, karena waktu dia memanggil siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa dialah pemenang dari perlombaan lari itu. Betapa terkejutnya si kancil, karena dia melihat si siput sudah duduk di batu dekat garis finish. “Hai kancil, kenapa kamu lama

GRAFIS :INDRA/ja mbi independent

Si Kancil dan Siput

sekali? Aku sudah sampai dari tadi!”, teriak si siput. Dengan menundukkan kepala, si kancil menghampiri si siput dan mengakui kekalahannya. “Makanya jangan sombong,

kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan cerdik”, kata si siput. “Iya, maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si kancil. (*)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 18 Oktober 2009

Satu Kamus Berisi 15 Bahasa INGIN mentranslit berbagai bahasa tapi gak repot buka banyak kamus? Alfalink EIC-1250CL-Super lah jawabannya. Produk yang diluncurkan oleh Alfalink ini sudah mampu mentranslit 15 percakapan sehari-hari ke dalam 15 bahasa. Yaitu Bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Rusia, Arab, China, Jepang, Korean dan Thailand. Untuk urusan kamus, Alfalink EIC1250CL-Super sudah memiliki 500 juta kosakata di dalamnya. Dan juga untuk kamus bahasa inggris sudah ada kamus Oxfort. Sehingga sangat memudahkan anda dalam mentransfer bahasa. Produk ini sudah menggunakan teknologi touchscreen, sehingga dalam penggunaannya bisa lebih mudah. Selain itu Alfalink EIC-1250CLSuper ini juga memiliki Mp4 dan Mp3. Sambil mendengarkan alunan musik anda bisa menterjemahkan bahasa yang anda cari. Dengan desainnya yang ramping dan mungil, anda bisa membawanya di dalam saku. Dengan memory sebesar 2GB, anda juga bisa menyimpan foto-foto kenangan anda di dalam Alfalink EIC-1250CL-Super ini. Selain itu jika anda jenuh, didalam produk ini juga sudah dibenamkan fitur game. Jadi anda bisa bisa belajar sambil bermain. “Untuk urusan battery, Alfalink EIC1250CL-Super ini mampu menyala

FOTO-FOTO EDDY DJUNAIDY /JAMBI INDEPENDENT

selama 1 jam, bila digunakan untuk mendengarkan musik sambil mentransfer bahasa yang kita ingin,” kata Melly (21), menjelaskan tentang daya tahan battery. Untuk urusan religi, produk ini juga tidak mau ketinggalan. Dengan fitur Holy Qur’an didalamnya suasana religi akan tercipta. Tidak hanya al- Qur’an saja,

Kamus InggrisIndonesia Besuara K AMUS elektronik dari Alfalink ini bisa mentransfer bahasa dengan suara, sehingga anda bisa sekaligus mempelajari cara pengucapannya. Dengan berbagai fitur yang telah dimilikinya akan benar-benar memanjakan anda. Suguhan tampilan yang ramping dan dengan sentuhan warna yang atraktif menjadikan Alfalink EIC-1250CL-Super terkesan elegan. Tidak hanya sebagai kamus, tetapi juga bisa anda andalkan sebagai mesin hitung untuk menyelesaikan tugas-tugas anda, karena terdapat kalkulator di dalamnya. Atau juga bila anda ingin merekam, hal tersebut sudah bisa anda lakukan dengan menggunakan Suguhan tampilan yang ramping dan dengan sentuhan warna yang atraktif menjadikan Alfalink EIC-1250CL-Super Ini.

Kamus elektronik dengan teknologi touch screen di atas layar 3.5 inchi ini mampu diisi dengan memory mencapai 8 GB, jika anda kurang puas dengan memory bawaannya yang hanya 2 GB. Untuk urusan multimedia, berbagai fitur telah di benamkan pada produk Alfalink yang satu ini. Yaitu Paint, Album (BMP.JPEG.PNG format) MP3, (WMA. ACC. AMR.WAV.MIDI format) MP4 (3GP format) dan Games selain itu juga memiliki holy Qur’an atau Bible. Untuk urusan menyimpan data bisa disimpan pada memo yang terdalam di dalam fitur produk ini. Dengan menggunakan kabel USB dengan high speed 2.0. Untuk urusan tenaga Alfalink EIC1250CL-Super Lithium-ion battery 1150mAh yang mampu standby hingga 2 hari. (cr02)

produk alfalink yang satu ini juga memiliki fitur bible, yaitu terjemahan kitab injil. Produk ini masih tergolong produk yang langka di kota Jambi, karena termasuk kedalam produk yang belum lama diluncurkan. Saat ini Alfalink EIC-1250CL-Super hanya terdapat di

toko Buku Gramedia. Untuk urusan harga memang anda harus siapkan dompet yang cukup tebal. Karena produk Alfalink yang satu ini dibandol dengan harga Rp. 2,8 juta. Karena harganya dapat berubah sewaktu-waktu, jadi buruan miliki .(cr02) kamus elektronik mungil ini.(cr02)


Minggu, 18 Oktober 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Model yang Ingin Jadi Dosen SOBAT biy, kali ini kita kedatangan tamu cowok cakep yang memiliki suara yang merdu. Karena cowok tinggi pemilik nama lengkap Fauzan Nopriandi Saputra ini telah cukup banyak memenangkan beberapa festival menyanyikan bermacam lagu. Ozan, begitu ia kerap disapa sebenarnya memuli karis dari tarik suara, yakni mulai dari kelas 3 SMA. “Tapi belakangan menjadi suka dengan modelling,” kata anak ke-5 dari 6 bersaudara ini. Ozan mulai nyanyi disekolah, baru kemudian mengikuti berbagai festival di luar sekolah. “Kalau ikut model, awalnya hanya coba-coba karena diajakin sama teman,” ungkapnya. Ketika ditanya cita-cita, cowok yang saat ini merupakan mahasiswa di ABA Jambi ini menjawab dengan tersipu, “dulu waktu kecil ingin jadi dokter, tapi sekarang ingin jadi dosen,” katanya seraya tertawa ramah. Mengaku tidak iseng, Untk saat ini Ozan ingin terus menekuni dunia model. “Saya coba fokus ke model dulu,” kata pemilik motto hidup life is straggle ini. Ia berharap kedepannya akan jauh lebih baik dari sekarang ini. (lyn)

BIODATA Nama Lengkap TTL Nama Ayah Nama Ibu Alamat Hobby

: Fauzan Nopriandi Saputra : Jambi, 26 November 1990 : Pahmuk : Syamsinar : Perum Ratu Daha II RT 37 no 5 Talang Bakung, Jambi : Nyanyi, Travelling dan Olahraga

PRESTASI - Juara Harapan 3 festival lagu religi jambi tahun 2007 - Best Fotogenik pemilihan bintang idola tahun 2009 - Juara 3 lomba karaoke jingle Yamaha tahun 2009 - Juara favorit pemilihan model Fanbo tahun 2009 - Juara 2 lomba baca berita pada HUT RRI Jambi tahun 2009 - Best Performance pemilihan wajah Rivera tahun 2009

Fauzan Nopriandi Saputra


Halaman 28

Jambi Independent n Minggu, 18 Oktober 2009

T-shirt dan celana pendek merupakan salah satu pilihan seseorang untuk tampil santai. T-shirt bisa dengan sangat mudah didapat. Makanya, T-shirt merupakan salahs atu tren pakaian yang tidak pernah habis dimakan zaman. Dari dulu hingga sekarang, pilihan remaja hingga orang dewasa tidak per-

nah lepas dari T-shirt yang memang umumnya sering dipadupadankan dengan celana pendek. Ingin tetap tampil trendy tanpa meninggalkan kesan santai? Anda bisa menambahkan dengan berbagai aksesoris seperti kalung atau topi. Ini bisa disesuaikan dengan karakteristik dan kepribadian Anda. (viz)

Rahasia Tangan Halus dan Lembut

Memalukan memang, ketika berjabat tangan dengan seorang klien ataupun rekan kerja, tangan Anda terasa begitu kasar dan kering. Dalam sekejap, kejadian ini bisa meruntuhkan kepercayaan diri, karena mereka pasti berpikir bahwa Anda, perempuan yang tidak pandai merawat diri. Bila kejadian ini tak ingin menimpa Anda, rawatlah tangan dengan sebaik mungkin. Tidak memerlukan waktu lama untuk membuat tangan Anda kembali lembut dan halus, hanya beberapa menit setiap harinya. 1. Gunakan air hangat dan sabun dengan kandungan pelembab yang tinggi untuk mencuci kedua tan-

mangkuk dan rendam tangan Anda selama 10 menit. Lalu ambil 2 sendok makan madu dan gosokan pada kedua tangan hingga beberapa kali. Rendam kembali tangan Anda ke dalam mangkuk tadi. 3. Letakan sabun yang mengandung pelembab pada washlap, lalu massage kedua tangan Anda. Bilas tangan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

gan Anda. Ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan tangan. 2. Tuangkan air hangat dalam sebuah

4. Aplikasikan pelembab pada kedua tangan tangan sambil melakukan massage hingga krim pelembab menyerap pada kulit tangan. Lalu pilihlah pelembab dengan kualitas terbaik. (*)


Bianglala Minggu ke 03 Oktober 2009