Issuu on Google+

27 Jambi Independent n MINGGU, 15 NoveMber 2009 n

HalaMaN 21

Anggota Drumband yang Ingin Jadi Polisi

Ponsel Multitasking Serupa PC

26

24

Gaun Malam nan Menawan

Bugar dengan Bermain Bola

Alibaba dan Penyamun

25


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 15 November 2009

Jujur, Itu Punya Layder Hy sobat-sobat Biy yang eksis,,,,,,,,,kali ini Biy kedatangan tamu dari anak-anak D3 Akuntansi di Unja,,, mereka kompak-kompak banget lho, buktinya untuk ketemu ama Biy aja mereka ampe nyempetin waktunya untuk mencari baju yang samaan biar kompak gitu deh,,,padahal khan ga musti segitunya khan sobat Biy, tapi Biy tau sech, untuk ketemu Biy khan emang agak susah jadi ya maklum kalo mereka ampe nyuguhin yang spesial gitu buat Biy, thx deh buat sobat-sobat yang eksis kita ini, Oh ya ga pakek muqodimmah kali ya, langsung Biy kasih deh profilenya mereka, Mereka menamai diri mereka LAYDER, yang artinya merupakan gabungan dari huruf-huruf depan nama mereka yaitu, (Lisna, Ayi, Yana, Dwi, Emi, n Ria), ntar Biy kenalin deh mereka satu persatu, trus mereka terbentuk lumayan baru sech, ‘kami terbentuk dari awal masuk kul gitu” ujar Ayi yang hobby main sulap lho. Oh ya sobat selain itu mottonya mereka “JUJUR, itu punya layder”, soalnya mereka tu ga da yang saling ditutupi, satu sama lain harus saling terbuka. Oh ya masih banyak yang seru-seru lho yang masih ingin Biy sampein,,, tapi Biy ceritain minggu depan aja ya,,, ampe ketemu minggu depan ya sobat, diminggu depan kita kuras habis tentang gank (riko) mereka ini. Ok....see u........(riko)

LAYDER

Eits, sobat Biy yang asyik n gaul abies,,,masih banyak yang belum Biy kasih tau lho, minggu depan pasti Biy kasih tau kelanjutannya ya,,,, pokoknya liatin jaa Diary minggu depan, sampai jumpa minggu depan. YANA “aku tuch orangnya ga bisa diem, reseh, gokiel, narsis, paling rame, paling cutehehehe”

Lisna tu anaknyalembutbanget, cengeng, n penyabar abies. Ayi anaknya tomboy banget, gayanya ghotic2 gimana gitu Dwi anaknya paling manja soalnya paling kecil, sox manis. Emi anaknya ga bisa marah, kalo marah ekspresinya Cuma diam. Ria anaknya cemasan, kalo ada apa-apa mudah gugup.

1. Mecomz ,,,q mau slm2 ne buat temend2 q ,tlg smpein yaw ,dari juni lestari . ,thx. +6285758462xxx_ 2. meço0m . . Hy biy p0w kbr ? Ney aq dezky dtng lge . . Aq ma0 ti_zam ney wat flend2 aq yg udh ddk d sma bru jgn lp0en aq y0wn wat flend2 aq yg d sma unggul ikabma clm knl bhe . .wat pra c0'’ yg ge jmblo n yg ma0 brtmen ma aq cal 0r mz k cnè (08974175575) boat by mkin svksez ja ych . . .tlng d m0at ych biy . . .bay . . Bay . .mkc¡h . . .com_clam . . +628974175xxx 3. Met kenal semuanya,gw buci egha buat anak-anak bel0k kumpul yukz. .yg

RIA “aku tuch anaknya pendiam, manis, suka jalan, suka shopping”.

Lisna anaknya asyiklah, jujur n trebuka. Ayi anaknya tomboy, pintar sulap, paling sebel kalo ngeliat yang bete-bete. Ya n a a n a k n y a p a l i n g lelet, paling rame. Dwi anaknya pinter, kecil, sox manis, cemburuan juga sech. Emi anaknya paling jagoan, paling berani, n biasabiasa aja.

mw kenal d n0.085728328004 aja ya +6285728328xxx 4. Hy b¡y,.!Qu pndtan9 bru n¡ax r¡o.mo ti$am w4t cmua tm4n2 qu.en yg mow knl aq mez ja k 085764122666.cuxcz yw biy! +6285764122xxx

EMI “aku tuch kalo marah sukanya diam aja, semua yang dibilang ama temen-temen aku bener semua kok.

Lisna tu baik, kalem, n yang paling suka ngingatin kami-kami. Ayi anaknya gokiel, asyik n egois juga. Yana anaknya narsis banget, rame, asyik tapi ngebetein. Dwi anakn y a m a n j a abies, egoisnya tinggi. Ria tu tomboy n p e ndiam.

wat smua tmen yg knal ma q z ne,m0ga kl!an smua sehat2 z.bwt manegement undergr0und jamb!,kpn ge n!e bwt acara.lw ad kbar2!n y.bwt yg mw knal,085764136322thanks b!y. . . +6285764136xxx

5. Hy .. N¡ chandra ...mo t¡_zam ne tux tmn2 q ..l4m knal mu4 nx ..oh y aq m0 + tmn n3 ..xmx aja y ke cin¡ 08973665665.aq tn99u ya..thx biy. +628973665xxx

7. Meqomh by,,lamd knal y nori anq cpenel,,qho moe tiqam bwd genx three ladiez moga kta tmbah kompk y,,n bwd cynk q yg dijogja rjin2 y ckul nha i love u forever,,dimuad y by,,thanks.... +6285266965xxx

6. Meq0m b!y. . .sh0k!m,mw t!_zam ne

8. Me_com bhy..,. Ne andri 9ue pndtg

ru...? Dri mau tisam2 ne bwt smw nag spentree batari n bwt biy mkn c0mpx m0ga+ suxsez bwt cwek yg mau knal cmz k’085719797607 +6285719797xxx 9. M3com.....hey...b!y...gw ni edo...gw mau ti5a....4m4 ank smk 4..n hot3l m3ga ind4h....suks3s s3lalu....bg y6 mau knl gw...cmc aja k 081274373405.thkz by. +6281274373xxx 10. Meq0m. . .n!e dre_y ar!z d srlngun.mo t!_zam wat plend2 d bngko.tajr! D pl.layang,munandar p0kok na dr! A ampe z my plend,m0ga2 aktf!tas_y lncar tnpa hmbatn.am!n. +6281366589xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0897-532-4880 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary.


Minggu, 15 November 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

Gara-Gara Si Kepala Basket CERPEN:

Dwi Septiyanda

UUH UUH…sebel! Kenapa sih tadi gue pake nyungsep segala dari kursi, mana di depan Kak Domy lagi !!! Dan yang lebih parahnya, rok gue tersingkap dan Kak Domy harus nyaksiin pertunjukan jamur pink di motif celana dalam gue. Kenapa sih gue harus selalu tampil konyol di depan gebetan gue sendiri. Dimulai dari pertemuan pertama gue ama Kak Domy. Waktu gue terjerembab didepannya karena keinjek tali sepatu. Dilanjutin waktu gue berusaha ngasih senyum termanis gue dengan pasang senyum ala iklan pasta gigi, tapi tanpa gue sadari gigi gue masih belepotan coklat. Duuh…gue malu banget. Dan apa yang bakal terjadi selanjutnya bakal ketebak dong! Semenjak konser jamur pink ditutup, nasib gue juga ibarat konser jamur yang nggak laku. Kak Domy langsung ilfeel sama gue. Dia langsung ninggalin gue sambil nahan ketawanya. Dan gue Cuma bisa mensyukuri nasib,hiks…hiks… Padahal kan sebelum konser jamur dimulai, gue udah seneng banget.gue pertama kalinya bisa ngobrol sama Kak Domy. Malahan Kak Domy sempet megang tangan gue. Tapi mungkin adegan pegang tangan ini yang justru bikin gue jatoh dari kursi, karena setelah Kak Domy megang tangan gue, gue jadi berasa deg-degan sampe badan gue serasa meleleh. Dan begitu gue sadar, gue udah nyaksiin muka merah Kak Domy yang nahan ketawanya karena ngeliat gue nyungsep . Huuh…Gimana sih nih yang buat cerpennya, masa gue dibikin nyungsep di depan Kak Domy! Kan nggak Lucu. *** “Kepala basket!” Seru seseorang ke arah gue. Tapi gue ogah melayani si pemilik suara yang reseh itu. Gue justru semakin mempercepat langkah bebek gue. Eeeh… Si Jody ngotot dan nahan tangan gue. “Kuping loe Cuma buat pajangan ya?” Ujar Jody yang semakin membuat gue gerah. “Makanya kalo manggil orang tuh yang bener dong, berapa kali sih mesti gue bilang, jangan panggil gue kepala basket!!!” “Habis cocok sih…!!!” Ujarnya ngedumel. “Udah deh, loe kenapa manggil gue?” “Ntar malem loe dateng ke party gue kan?” “Emang dalam rangka apa?” 1 “Party ulang tahun gue!” Ucapnya penuh semangat. “Males ah. loe kan musuh gue, ngapain juga gue datang ke party loe!” “Udah mau aja deh dek!” tiba-tiba abang gue Ozy yang baru turun dari studio bandnya di lantai atas rumah gue ikut nimbrung dan ngedukung Jody. “gue pikir-pikir dulu deh.” Seru gue sembrono sambil ngelengos tanpa pamit. *** gue sebenarnya mau sih datang ke party nya Jody,tapi gue malu kalau nanti ketemu sama Kak Domy. Bagai keguyur ujan badai hidup gue semenjak kejadian yang super duper wuper memalukan itu terjadi. Akhirnya penderitaan gue akan segera dimulai. Gue diangkut kayak beras karungan ke mobilnya Kak Bona. Dan sampelah gue disini sekarang. Di Bas Camp anak-anak Band

Dimensi. Dan tinggal hitungan detik lagi riwayat malu di hidup gue bakal bertambah. Dag…dig…dug…der… Dan cowok cakep yang make sweater hitam bergaris-garis serta berambut mohawk itu pun akhirnya datang juga. Rasanya gue pengen nyelinep aja deh ke bagian tanah yang paling dalam ato ke penjuru dunia bagian mana aja deh yang gak ada Kak Domy nya daripada gue mesti ketemu lagi sama Kak Domy. Eeeh… Tapi tunggu dulu deh, Kak Domy nggak datang sendirian,dia gandengan sama cewek, cantik pula! “Jger…” Bagai kesamber petir dimalem minggu hidup gue. ( Karena memang ini malam minggu.) “Siapa tuh??!” “Kok bisa?!” “Kenapa gue nggak pernah lihat ya?!” Beribu pertanyaan pun mulai mengisi benak gue. Aduh! Kak Domy mau ngelangkah masuk. Dan kok dia malah jalan ke arah gue sih?? Gue sama sekali nggak berani natap matanya. “Hai Lista! Kamu dateng juga?” “Ia. Lista dipaksa Bang Ozy.” Jawab gue masih dengan kepala yang tertunduk. “Oh ia, kenalin ini cewek Kakak, dia baru pulang dari LA…!!!” What!!!!!!!!! LA…?????? Ternyata selama ini Kak Domy udah punya cewek di LA…!!! “Ooh… Pantasan Lista nggak pernah lihat. Kenalin gue Lista…!!!” sapa gue sok maniz sambil mengulurkan tangan dengan berbisik dalem hati,”sialnya gue…!!!” 2 “Karen…!!!” Jawabnya singkat sambil menyunggingkan sebersit senyum. “Kalau gitu,Kakak mau nyamperin Jody dulu ya Lis,mau ngasih kado sekalian mau ngenalin cewek Kakak ke yang lain.” Seru Kak Domy sambil nepuk bahu gue. *** Ternyata party nya benar-benar seperti yang gue bayangin. Gak seru. Emang sih musiknya asyik, di tambah lagi lagu-lagu band Dimensi yang diputerin kan easy listening banget. Tapi gue sendirian disini. Gue dicuekin abis-abisan. Yang lain pada sibuk sendiri. Abang gue Si Mr. Narsis sibuk banget joget-joget ala Tria Changcuters ama ceweknya. Kak Bona dan Kak Eky sibuk berebutan stik drum. Kak Domy sibuk ngobrol ama ceweknya. Dan Si Jody sibuk mengabadikan moment penting di party nya ini. Kenapa sih gue dicuekin??? Mestinya gue dihibur dong!!! Gue kan lagi patah hati. Kayaknya gue nyerah aja deh. Gue nggak ada apa-apanya kalau dibandingin ama Karen. Mungkin gue emang nggak istimewa. Gue mengkhayal terlalu tinggi. Ditembak cowok aja nggak pernah. Eeeh, kok bisabisanya ngarepin Kak Domy yang cakepnya nggak ketulungan. Sampai-sampai bintang hollywood Si Robert Pattison pemeran Edward di Twilight aja ampe mau operasi plastik karena takut kesaingin ama Kak Domy. (He…He…nggak kok, itu mah Cuma bisa-bisanya gue aja.) “Woy… bengong aja loe!!!” Tiba-tiba Si Mr. Reseh alias Jody ngagetin gue. “Nggak bisa ya kalau nggak buat gue marah sekali aja!!!” Balasku geram. “Gitu aja sewot, sensi banget sih kamu!” Jawab Jody masih dengan gaya juteknya. “Lihat dong!” Ujarku sembari merebut

kamera digital dari tangan Jody. “Eeh, jangan sembarangan dong!” Seru Jody berusaha merebut kembali kamera digitalnya. “Apa-apaan sih kamu, pelit banget! Eeh, tapi kok…” “Kamu tuh yang apa-apaan. Sembarangan ngerebut kamera aku!” “Kok yang ada Cuma foto aku sih Jod? Berarti dari tadi kamu ngambil foto aku diam-diam ya?” “Bukan urusan kamu!” Ucap Jody sambil berlalu ninggalin aku. *** “Bete…Bete…Bete…banget!!! Kalau tahu jadinya bakal kayak gini,mending aku nggak usah datang aja deh sekalian.” Sekarang aku ditinggalin berdua aja ama Si Jutek. He is my enemy…!!! Orang yang paling aku benci sejagat raya. Bayangin deh, waktu pertama kali ketemu aja dia udah ngasih aku bingkisan yang Oks banget. Salam perkenalan dari lemparan bola basketnya yang nyasar. Bukannya minta maaf, Eeh dia malah bilang gini,”Kepala kamu 3 mirip sih sama nih bola, jadi nggak salah dong kalau dia juga pengen kenalan ama kamu.” Semenjak kejadian itu dia selalu manggil aku Kepala Basket. Orangnya nyebelin banget. Sudah nggak keitung kali aku malu gara-gara aku dicuekin mulu kalau ngajak dia ngomong. Itulah alasannya aku nggak pernah manggil Jody Kakak. Mana mesti ketemu dia tiap hari lagi, karena Cuma dirumahku yang yang punya studio band dan jadi tempat latihan anak-anak band Dimensi. Kebayang nggak sih kamu? Masa aku disuruh pulang bareng ama orang kayak gitu??? Dasar tuh Kak Bona dan Bang Ozy nggak bertanggung jawab, udah maksa aku dateng. Eeh sekarang aku malah ditinggalin, ama Si Jutek lagi…!!! “Udah buruan!!! Mau pulang nggak sih kamu? Sebentar lagi mau ujan nih!” Seru Jody dari atas motor sport kerennya. “Aku nggak mau pulang sama kamu…!!!” Jawabku sinis. “Naik…!!!” Ujarnya semakin tajam. “Aku nggak mau…!!!” balasku dengan nada yang lebih meninggi. “Cepat naik…!!!” Bentaknya lagi sehingga membuatku jadi gemetar. “Aku bilang nggak mau ya nggak mau…!!!” Balasku semakin nggak mau kalah. “Aku bilang naik ya naik…!!!” Gertaknya lagi semakin keras dan aku pun semakin gemetar dibuatnya. Tapi Jody terlihat semakin karam. Dia menarik kasar tanganku. “Kamu nggak dengar ya? Aku nggak mau…!!!” Ucapku sambil menghentakkan tanganku dieratnya cengkraman Jody. Dan nggak Aku sangka, Jody langsung menancapkan gas motornya dan melesat cepat ninggalin aku sendirian. Kenapa sih aku kayak gini? Kenapa aku jadi numpahin kemarahan aku ke Jody? Padahal kan yang buat aku sedih sebenarnya diri aku sendiri. Diri aku yang yang terlalu naif untuk mendapatkan Kak Domy. Jger…Gluduk…Jter…!!! Ujan turun. Petir menyambar dimanamana. Dan Aku Cuma bisa tertunduk disini, membiarkan air mataku mengalir bersama tetesan hujan. Eeh, tapi… tancapan motor Jody terdengar kembali. Jody balik lagi. “Kamu masih inget sama aku?!” Begitu Jody menghentikan motornya didepanku.

“Ya iya lah. Aku bakal kena bogem panas Abang kamu kali kalau aku nggak bawa adeknya selamet sampai rumah.” Balas Jody sambil tersenyum. Jody sempet menatap lekat ke mataku beberapa detik sebelum akhirnya dia memalingkan mukanya dan kami saling terdiam. “Sorry ya!” Ucapku mulai membuka pembicaraan lagi. 4 “Harusnya aku yang minta maaf, aku nggak sepantasnya bersikap kasar ke cewek, apalagi cewek yang aku sayang banget!!!” What????!! Cewek yang Jody sayang??? Jadi Jody sayang sama aku??? Apa Bumi sudah bertukar poros ama Mars???! Atau justru Jody sudah kerasukan alien dari Merkurius …!!! Oh no … Kenapa Jody berubah 180 derajat dalam waktu kurang dari 15 detik. Tadi kita masih baik-baik aja kok. Dia masih jutek, ketus dan sinis sama aku. Tapi apa aku yang sudah benar-benar kesamber geledek dan kena amnesia kalau Jody itu musuhku!!! Ooops…Astaga!!! Jody menarikku kedalam pelukannya dan mendekapku erat. “Jangan coba-coba untuk lepasin pelukan ini…!!!” Ujar Jody lembut. Aku bahkan bisa mendengar hembusan nafas Jody dan dentuman jantungnya. Cukup lama aku berlindung di pelukan Jody. Rasanya anget banget…!!! Dinginnya hujan dan ganasnya petir tak lagi mengusikku. Ya Allah, andai waktu bisa berhenti disini. Disaat aku berada dibawah lindungan cowok yang mencintaiku…!!! “Sekeras apa pun aku berusaha menghilangkan kamu dari khayalan aku, aku nggak akan mampu sampai kapan pun juga. Cuma Si Kepala Basket yang bisa bikin aku merasakan Cinta. Gara-gara Si Kepala Basket yang ceria, lucu, bisa jadi diri sendiri, apa adanya dan semua yang ada di diri kamu membuatku nggak bisa nutupin perasaan ini lagi. Semua gara-gara Si Kepala Basket…!!!” Cerocos Jody panjang lebar. Dia nggak ngerti kali kalau aku aku masih bingung apa aku seistimewa itu…??? Jody melepaskan pelukannya dan menatapku penuh tanya. “Jadi Kamu mau nggak nemenin aku untuk jadi orang yang bisa aku lindungin?” Ya Allah, kalau pun ini Cuma mimpi, Aku rela kok nggak bangun-bangun kayak Putri Tidur. Ternyata dibalik sikapnya selama ini Jody nutupin rasa sayangnya yang begitu besar sama aku. “Aku…Aku nggak mau…!!!” Balasku polos. “Ya… Aku tau kok kalau bakal begini jadinya. Kamu kan sukanya sama Domy, ya?” Tapi aku bisa melihat ketulusannya. Ketulusan dari tatapan penuh harapnya yang nggak bisa bohong. “Jod, Aku nggak mau, Aku nggak mau bohongin perasaan aku juga. Kalau sebenarnya aku merasa nyaman didekat kamu, meskipun kita dulu selalu berantem. Dan aku juga nggak mau ada orang lain yang bisa ngelindungin aku lebih dari kamu…!!!” “Makasih ya…” Ucap Jody sambil melebarkan senyumnya. Lalu mencium keningku lembut. Makasih juga Ya Allah…!!!

(*) P enulis adalah pelajar SMAN 6 Penulis Kota Jambi


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 15 November 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bingkisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

Bugar dengan Bermain Bola MASA prasekolah merupakan masa bermain. Karena itu, jangan heran jika saat masuk ke playgroup, hampir sebagian aktivitasnya diisi berbagai permainan. Menurut psikolog Pak Ridwan SPsi, dengan bermain, banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti manfaat psikomotorik karena ada aktivitas, sosialisasi, dan melatih emosi. Salah satu permainan kelompok yang bisa adik-adik pilih adalah bermain bola. Bermain bola mendorong adik-adik untuk beraktivitas fisik. Di sini ada aktivitas menggelindingkan atau menendang bola. Agar lebih menarik, adik-adik bisa memilih bola dengan aneka warna. Buatlah lintasan yang juga menantang, seperti bisa menggunakan terowongan atau alat-alat mainan lain yang ada di sekitar sebagai lintasan. Memang biasanya tidak semua langsung memiliki kemampuaan koordinasi untuk melempar dan menangkap bola. Namun untuk menggelindingkan bola di lantai/tanah dengan orang lain, pasti adik-adik sudah bisa semua. Mulailah berlatih kemampuaan bola, hanya dengan cara duduk di lantai dan menggelindingkan bola bersama teman-teman atau ornagtua kita sendiri. Agar tidak sakit, sebaiknya bola sedikit

REDAKSI

dikempeskan. Selain itu, juga memudahkan untuk memegangnya. Kemudian pilih ukuran yang sesuai. Bola seukuran bola basket maupun bola sepak, terlalu besar untuk bisa dipegang secara erat. Pilihlah bola yang berukuran lebih kecil, karena dapat dipegang secara nyaman dengan satu tangan atau bola berukuran besar yang dapat dipeluk, namun masih bisa melihat bagian atas bola (tidak menutupi pandangan mata). Saat ini banyak bola yang bisa dipilih. Bola pantai yang berwarna-warni dan bercorak beraneka ragam. Ada juga bola plastik. Bola itu mungkin yang termurah harganya, bisa diperoleh di tokotoko kelontong sampai swalayan. Ada juga bola karet. Bola itu biasanya lebih tahan lama dibanding bola plastik. Bola tersebut juga kuat dan berlapis-lapis, sehingga ideal untuk bermain di luar rumah. Karena lebih kuat, bola itu akan lebih tahan walau sering ditendang dan dipegang serta masih bisa menggelinding lurus di tanah. Ada juga bola karet berduri. Terbuat dari karet, lebih tipis tapi elastis. Teksturnya dipenuhi “duri-duri� kecil, jadi tidak halus seperti bola umumnya. (nid/berbagai sumber)

Aman Bermain di Luar Rumah ADIK-adik tentu bosan bermain di dalam rumah. Makanya, tak ada salahnya liburan akhir pekan ini diisi dengan kegiatan di luar rumah seperti bermain di taman, camping dengan keluarga, pergi ke pantai, dan lain sebagainya. Nah, sebelum mulai bermain, berikut tip memilih arena bermain yang perlu diperhatikan.

Sarah Siregar Jalan Gajah Mada No 4, RT 52, Kelurahan Jelutung, Kota Jambi

Mutia Zubaira

RT 03, Jambi Kecil, Seberang Kota Jambi

1. Utamakan kebersihan Jangan pernah memilih arena bermain yang sudah penuh dengan debu, jamur, lumut, apalagi menimbulkan bau tak sedap. Tanyakan ke pihak pengelola bila menemukan permainan dengan ciri seperti di atas. Idealnya, setelah sekian jam digunakan oleh sejumlah anak, setiap mainan harus dibersihkan. Bahkan untuk meminimalkan penularan penyakit tertentu, mainan juga harus dibersihkan secara berkala menggunakan bahan pembersih yang bisa membunuh jamur, kuman, dan bakteri. 2. Perhatikan keamanan Perhatikan setiap sudut dan lekukan sarana bermain tersebut. Keras atau lunak, licin atau tidak. Begitu juga catnya, aman atau tidak. Bila sekiranya tidak aman bermain di tempat itu, lebih baik urungkan saja niat untuk bermain di tempat itu. Untuk usia batita sebaiknya dipisahkan dari anak-anak usia balita keatas. Kadang anak-anak usia balita ke atas suka lompatlompat atau meluncur di perosotan dan kurang memerhatikan apakah ada orang lain di sekitarnya atau tidak yang mungkin bisa celaka/cedera akibat dari ulahnya. Peran orangtua sangat diperlukan untuk memilih permainan yang dianggap layak.

3. Aspek kesesuaian Pilihlah mainan yang bisa merangsang pergerakan otot, baik tangan, kaki, maupun seluruh bagian tubuhnya. Perhatikan pula tingkat kesesuaian bentuk, ukuran, dan tingkat kesulitan masingmasing permainan dengan usia si anak. 4. Kuota/kapasitas Sebaiknya pilih tempat bermain yang tidak terlalu penuh. Jangan biarkan anak mengantre terlalu lama untuk dapat giliran bermain. Anak bisa kesal duluan sebelum bermain, pa-

dahal tujuan bermain adalah men cari pengalaman yang menyenangkan? 5. Kualitas pendamping Pendamping atau petugas yang men emani di arena bermain akan mem beritahu bagaimana cara bermain yang benar. Mereka akan menjaga dan men garahkan anak. Peran orangtua sangat diperlukan dalam mengawasi buah hati tercinta bermain. Terlebih bila tidak ada pendamping yang mengawasi, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.(*)


Minggu, 15 November 2009 n Jambi Independent

Halaman

25

Alibaba dan Penyamun PADA jaman dahulu di kota Persia, hidup dua orang bersaudara yang bernama Kasim dan Alibaba. Kedua saudara itu memiliki perbedaan dalam hidupnya. Alibaba hidup dalam kemiskinan dan tinggal di daerah pegunungan. Ia mengandalkan hidupnya dari penjualan kayu bakar yang dikumpulkannya. Berbeda dengan kakaknya yang hidup kecukupan, tetapi serakah. Suatu hari, ketika Alibaba pulang dari mengumpulkan kayu bakar, ia melihat segerombol penyamun yang berkuda. Alibaba segera bersembunyi karena takut dibunuh jika para penyamun melihatnya. Dari tempat persembunyiannya, Alibaba memperhatikan para penyamun sedang sibuk menurunkan harta rampokannya dari kuda mereka. Kepala penyamun tiba-tiba berteriak, “Alakazam! Buka…” Pintu gua yang ada di depan mereka tiba-tiba terbuka perlahan-lahan. Setelah itu mereka segera memasukkan seluruh harta rampokan mereka. “Alakazam! Tutup…,” teriak kepala penyamun. Pintu gua pun tertutup. Setelah para penyamun tersebut pergi, Alibaba memberanikan diri keluar dari tempat sembunyinya. Ia mendekati pintu gua tersebut dan meniru teriakan kepala penyamun tadi. “Alakazam! Buka…” Pintu gua yang terbuat dari batu itu terbuka. “Wah… Hebat!” teriak Alibaba sambil terpana sebentar karena melihat harta yang bertumpuk-tumpuk seperti gunung. “Gunungan harta ini akan aku ambil sedikit, semoga aku tak miskin lagi, dan aku akan membantu tetanggaku yang kesusahan”. Setelah mengarungkan harta dan emas tersebut, Alibaba segera pulang, setelah sebelumnya menutup pintu gua. Istri Alibaba sangat terkejut melihat barang yang dibawa Alibaba. Alibaba kemudian bercerita pada istrinya apa yang baru saja dialaminya. “Uang ini sangat banyak… Bagaimana jika kita bagikan kepada orangorang yang kesusahan,” ujar istri Alibaba. Karena terlalu banyak, uang emas tersebut tidak dapat dihitung Alibaba dan istrinya. Akhirnya mereka sepakat untuk meminjam timbangan kepada saudaranya, Kasim. Istri Alibaba segera pergi meminjam timbangan kepada istri Kasim. Karena istri Kasim sangat pencuriga, maka ia mengoleskan minyak yang sangat lengket di dasar timbangan. Keesokannnya, setelah timbangan dikembalikan, ternyata di dasar timangan ada sesuatu yang berkilau.

Istri Kasim segera memanggil suaminya dan memberitahu suaminya bahwa di dasar timbangan ada uang emas yang melekat. Kasim segera pergi ke rumah Alibaba untuk menanyakan hal tersebut. Setelah semuanya diceritakan Alibaba, Kasim segera kembali ke rumahnya untuk mempersiapkan kuda-kudanya. Ia pergi ke gua harta dengan membawa 20 ekor keledai. Setibanya di depan gua, ia berteriak “Alakazam! Buka…”, pintu batu gua bergerak terbuka. Kasim segera masuk dan langsung mengarungkan emas dan harta yang ada didalam gua sebanyak-banyaknya. Ketika ia hendak keluar, Kasim lupa mantra untuk membuka pintu, ia berteriak apa saja dan mulai ketakutan. Tiba-tiba pintu gua bergerak, Kasim merasa lega. Tapi ketika ia mau keluar, para penyamun sudah berada di luar, mereka sama-sama terkejut.

“Hei maling! Tangkap dia, bunuh!” teriak kepala penyamun. “Tolong… saya jangan dibunuh,” mohon Kasim. Para penyamun yang kejam tidak memberi ampun kepada Kasim. Ia segera dibunuh. Istri Kasim yang menunggu di rumah mulai khawatir karena sudah seharian Kasim tidak kunjung pulang. Akhirnya ia meminta bantuan Alibaba untuk menyusul saudaranya tersebut. Alibaba segera pergi ke gua harta. Di sana ia sangat terkejut karena mendapati tubuh kakaknya sudah tergeletak di tanah. Setibanya di rumah, istri Kasim menangis sejadi-jadinya. Dia sangat sedih karena suaminya sudah meninggal dunia. Sebelum Kasim dimakamkan, Alibaba membawa tubuh kakaknya itu ke tabib. Alibaba meminta tabib itu menjahit luka di tubuh kakaknya. Setelah selesai menjahit, Alibaba memberikan

upah beberapa uang emas. Di lain tempat, di gua harta, para penyamun terkejut, karena mayat Kasim sudah tidak ada lagi. “Tak salah lagi, pasti ada orang lain yang tahu tentang rahasia gua ini, ayo kita cari dan bunuh dia!” kata sang kepala penyamun. Mereka pun mulai berkeliling pelosok kota. Ketika bertemu dengan seorang tabib, mereka bertanya, “Apakah akhir-akhir ini ada orang yang kaya mendadak?” “Akulah orang itu, karena setelah menjahit luka mayat, aku menjadi orang kaya.” “Apa?! Mayat?! Siapa yang memintamu melakukan itu?” tanya mereka. “Tolong antarkan kami padanya!” Setelah menerima uang dari penyamun, si tabib lalu mengantar mereka ke rumah Alibaba. Si penyamun segera memberi tanda silang di pintu rumah Alibaba. “Aku akan melaporkan pada ketua, dan nanti malam kami akan datang untuk membunuhnya,” kata si penyamun. Tetangga Alibaba, Morijana, yang baru pulang berbelanja melihat dan mendengar percakapan para penyamun. Malam harinya, Alibaba didatangi seorang penyamun yang menyamar menjadi seorang pedagang minyak yang kemalaman dan memohon untuk menginap sehari di rumahnya. Alibaba yang baik hati mempersilakan tamunya masuk dan memperlakukannya dengan baik. Ia tidak mengenali wajah si kepala penyamun. Morijana, tetangga Alibaba yang sedang berada di luar rumah, melihat dan mengenali wajah penyamun tersebut. Ia berpikir keras bagaimana cara untuk memberitahu Alibaba. Akhirnya ia mempunyai ide, dengan menyamar sebagai seorang penari. Ia pergi ke rumah Alibaba untuk menari. Ketika Alibaba, istri dan tamunya sedang menonton tarian, Morijana dengan cepat melemparkan pedang kecil yang sengaja diselipkannya di bajunya ke dada tamu Alibaba. Alibaba dan istrinya sangat terkejut, sebelum Alibaba bertanya, Morijana membuka samarannya dan segera menceritakan semua yang telah dilihat dan didengarnya. ”Morijana, engkau telah menyelamatkan nyawa kami, terima kasih.” Setelah semuanya berlalu, Alibaba membagikan uang peninggalan para penyamun kepada orangorang miskin dan yang sangat memerlukannya. (*)


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 15 November 2009

Ponsel Multitasking Serupa PC NOKIA kembali meluncurkan produk terbarunya, yaitu Nokia N900. Ponsel anyar ini merupakan ponsel yang dikemas Nokia dengan kemampuan mendekati PC. Kemampuan multitasking yang dimiliki sudah menyerupai PC atau Laptop. Kita bisa dengan mudah berganti dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Jadi, jika sudah terbiasa dengan Alt+Tab di Windows, maka anda akan lebih mengerti kelebihan dari ponsel ini. Flash 9.4 dan Ajax yang dimiliki N900 akan memaksimalkan aktivitas penjelajahan internet yang anda lakukan, seperti layaknya menggunakan PC. Tidak hanya itu, berbagai aplikasi open source berbasis Linux juga sudah bisa anda dapatkan dengan menggunakan N900 ini; melalui repository online dengan opsi auto-update. Anda juga tidak perlu khawatir, karena dukungan 3G HSDPA 10Mbps dan HSUPA 2Mbps dapat membuat akses internet Anda lebih cepat. Dari sisi hardwarenya, Nokia N900 hadir dengan layar TFT resistive touchscreen, dengan menggunakan layar 3.5 inci dan resolusi mencapai 800x480 pixel. Untuk urusan memori, N900 dilengkapi dengan memori internal sebesar 1GB, yang dibagi menjadi

256MB untuk RAM dan 768MB virtual memory yang bisa anda tambah dengan memori eksternal mencapai 16GB, sehingga akan memaksimalkan dalam penyimpanan data. Nokia N900 juga dilengkapi dengan full Qwerty keyboard. Sedangkan untuk kamera, ponsel ini sudah mengusung kamera dengan kekuatan 5 Megapiksel dengan carl optic, sehingga sanggup merekam video hingga resolusi WVGA 800x 480 pada 25 fps. Hal ini akan memuaskan anda karena membuat gambar yang diabadikan terlihat lebih nyata. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, penjelajahan dunia dapat dilakukan di tangan anda. Tapi bagi

anda yang berminat, harap bersabar. Pasalnya, ponsel dengan kemampuan canggih ini baru akan dipasarkan

pertengahan November. Jadi diperkirakan akan beredar di Jambi hingga awal .(cr2) Desember nanti.(cr2)

Nokia N900, Dilengkapi TV Out PONSEL jebolan Nokia yang terbaru ini, N900, tampaknya sudah merupakan ponsel multimedia. Selain mengusung kemampuan berbasis PC, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan TV out. Sehingga anda bisa menyaksikan siaran favorit dari layar 3.5 inch di genggaman tangan anda. Selain itu, N900 juga didukung Wi-Fi , AGPS , 3.5mm audio input dan dengan FM transmitter dan Bluetooth 2.1 , ditambah A2DP yang akan memudahkan anda dalam mentransfer data ke ponsel anda ataupun mendengar musik selama 40 jam non stop. Seluruh fitur di atas semakin terasa maksimal berkat dukungan Ovi services yang saat ini memang menjadi andalan Nokia. Ponsel ini bekerja pada jaringan Quadband GSM/EDGE dan 900/

1700/2100MHz WCDMA/HSPA. Prosesor yang mendukung konektivitas N900 yaitu TI-OMAP 3430 ARM cortex-A8 600 MHz dan GPU power VR SGX dengan open GL ES 2.0 support . Sedangkan untuk urusan jaringan operasi, N900 menggunakan quad-band GSM/ EDGE dan 900/ 1700/2100MHz WCDMA/HSPA . Hardware kuat dikemas menjadi ramping, desain kompak. Nokia N900 memiliki fitur ponsel komputer dengan ketajaman 800 x 480 layar sentuh dan keyboard QWERTY terintegrasi penuh. Anda dapat menemukan posisi anda dengan cepat dan akurat dengan built-in Assisted-GPS . Nokia N900 bekerja secara lancar dengan Ovi Maps untuk memberikan rute tercepat yang tersedia saat Anda membuat jalan dari A ke B. (cr02)


Minggu, 15 November 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Anggota Drumband yang Ingin Jadi Polisi SOBAT Biy, satu lagi teman kita dari Muara Bungo akan memperkenalkan diri dan prestasinya. Namanya Redho Armando atau akrab disapa Redho. Redho merupakan siswa Kelas XII IA 3. Penyuka kegiatan drumband itu memiliki catatan prestasi di dunia pasukan pengibar bendera (paskibra) dan drumband. Berikut catatan prestasi yang telah diraih calon anggoa polisi itu. Redho pernah menjadi atlet drumband pada kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada Oktober 2008 lalu. Dalam kegiatan tersebut, Redho dapat meraih dua medali perak. Selanjutnya Redho terpilih sebagai salah satu anggota Paskibra Provinsi Jambi pada Agustus 2009 lalu. Selain catatan prestasi yang membanggakan di dunia barisberbaris (paskibra) dan dalam kegiatan drumband, Redho juga tidak pernah melupakan kewajibannya sebagai pelajar. Redho merupakan pelajar yang aktif dan juga termasuk siswa berprestasi. Itu terbukti dari catatan nilai akademiknya yang tidak pernah keluar dari peringkat tiga

besar di kelasnya. Itu merupakan satu bukti bahwa aktivitas ekstrakurikuler atau aktivitas di luar sekolah bukan hambatan baginya untuk tidak berprestasi di kelas. “Karena sekolah itu penting, dan bila ada kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan di luar sekolah, harus dapat mengatur waktu. Dengan demikian tidak sampai mengganggu aktivitas pelajaran di sekolah,” tutur Redho yang kini menularkan ilmu baris-berbaris kepada adikadik kelasnya yang akan mengikuti paskibra tahun depan. Apa tanggapan Redho dengan dunia remaja yang terkadang melupakan dunia prestasi dan lebih suka mencoba dunia baru, padahal itu tidak berguna baginya? “Saya rasa tidak semua remaja demikian.” Meskipun ada remaja yang suka mencoba-coba hal yang tidak berguna, masih banyak remaja yang dapat mengukir prestasi yang membanggakan. Kepada temanteman yang mungkin sempat melakukan kesalahan dengan mencoba hal yang tidak berguna (menggunakan narkoba atau ke-

nakalan remaja lainnya), “Sebenarnya itu hanya akan merugikan diri sendiri, dan tidak akan memiliki masa depan,” ujar Redho diplomatis. “Lebih baik kita lebih banyak berbuat dan beraktivitas yang lebih bermanfaat. Banyak kok yang dapat kita lakuin,” ujar Redho yang juga pernah mengikuti lomba puisi dan lomba pidato itu. Redho juga mengingatkan Sobat Biy untuk dapat selektif dalam memilih teman. Bila seorang teman dapat memberikan arahan yang baik atau sebaliknya dan akan sangat berpengaruh terhadap pribadi seseorang. Redho yang saat ini masih duduk di kelas XII IA 3 tengah sibuk dengan segudang kesibukan mempersiapkan ujian nasional (UN). Aktivitas drumband yang dia gemari banyak dialihkan dengan kesibukan persiapan UN. Kegiatan les-les privat dan mengulang pelajaran lebih banyak dia ikuti. Namun demikian, ia tetap dapat membagi waktu antara tetap mempertahankan prestasi di sekolah dan persiapan UN serta kegiatan di luar sekolah yang telah dia kurangi. (dwy)

Redho Armando Kelas Tempat/tanggal lahir Alamat Nama Ibu

: XII IA 3 SMAN 1 Muarabungo : Muarabungo, 10 Januari 1993 : Jalan Nusantara, Lorong Nusa Indah No 71, Kecamatan Pasar Muarabungo : Novalena

Nama Ayah

: Bachtiar SE MSi

(staf TU SMAN 1 Muarabungo) (Kabag Keuangan Setda Pemkab Bungo)

PRESTASI : - Meraih 2 medali perak sebagai atlet drumband pada kegiatan Porprov (Oktober 2008) - Pernah menjadi anggota Paskibra tingkat Provinsi Jambi pada Agustus 2009 - Selalu menjadi tiga besar di kelas, dari kelas 1 hingga kelas 3 SMA - Aktif sebagai anggota drumband Drum Corp Bahana Lintas Pemkab Bungo yang merupakan binaan Ketua TP PKK Bungo Ny Netty Herlina Zulfikar - Selalu aktif dalam penampilan drumband pada setiap event yang digelar di lingkup Pemkab Bungo - Saat ini melatih adik kelas yang akan menjadi anggota Paskibra dari rekrutmen siswa di SMAN 1 Muarabungo - Pernah mengikuti lomba baca puisi dan lomba berpidato (SMP)


Halaman 28

Gaun Malam nan Menawan IngIn tampil seksi dan menawan? gaun bisa menjadi pilihan Anda untuk digunakan saat acara spesial Anda. Saat ini begitu banyak model gaun yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kepribadian Anda. Para desainer pun semakin kaya inovasi dan kreasi dalam menciptakan berbagai model gaun. Tidak hanya dibuat dari bahan sutera lembut, tetapi juga merambah ke bahan dasar batik yang menjadi salah satu kekayaan bumi Indonesia. Umumnya gaun didesain mengikuti lekuk tubuh pemakai. Tak heran setiap wanita yang menggunakan gaun akan terlihat lebih cantik, menarik, dan seksi. Jangan lupa, saat menggunakan gaun, gunakan berbagai aksesori penunjang seperti kalung, cincin, giwang, hight heel, dan beberapa aksesori lain sehingga penampilan Anda terlihat lebih menawan.(viz)

Foto: Aldino Lokasi: WTC Batanghari Jambi

Jambi Independent n Minggu, 15 November 2009


Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 03 November 2009