Page 1

Jambi Independent n mINGGU, 19 april 2009 n Halaman 21

“LONELY Hal 27 HEART’S”, Jiwa-jiwa yang kesepian

Hal 23

Jangan Habiskan Waktu Hal Anak dengan Les 28

Model yang Ingin Jadi Polisi

be creative and positive thinking Chat Facebook Hal 30 Lewat HP

Tips Hadapi Hal UN 32

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

DEAR SOBAT BIY M. Surtan 1. Surya Elviza 3. Lukman Hakim 5. Siti Masnidar

2. Finarman 4. Deddy R 6. Risza SB

1. Selvia (IAIN Jambi)

2. Rida (Unja)

b!AngLalA,mEQ0m b!y..ne Qhe2 b!y,dR cpEnp0eL.b!y Qhe Lg sd!H,msAk cWo yg Qhe sygEn,dy pLg k JAMBe,g’ bLg2 dGn Qhe..h!kSs..h!kSs..dy nGs!h tWny wKt dy mW pLg lG ksRolngUn b!y..dUuh,Qhe sd!H bGd ne b!y..0!a,Qhe mW tCam,bWt aBg2 Qhe,eb0nk,a’ ay!Ep,k’pUtra,k’Frdy,k’JeFry,k’aDe..JGN Lpa y m Qhe.bWt b!y m0ga sUxsez,d mUat y b!y.. tHankZ,mEQ0m... +628994036xxx BIANGLALA Hy by,,nE imeL pNdtaNg brU,,Mo taBox2in cMua aNx2 kLz 3 sManDa m0ga Qta Lu2z cMua. AMien,,bWt s0me oNe,,prGi LaCh jaUh2,,jGn bLix Lge,,pRgina jGn LuPa pKe snDaL y,,gEx Law gX pkE sndaL,,nTar prGina gX jaUh Lge,,bWt yG m0 jd tMn aQ,,MeEz oR caLL ja k n0 08973658682,,tHanX bGtz y by,, +628973658xxx Bianglala biy N3h’ Q Ria_MaU ti5aM bT CYAN9 Q Rifky’Q SayN9 pi’ i love you’ mo kenL’CmZ Ja.08994024333. Oc’thank’s y by. +628994024xxx b!AngLalA,mEQ0m b!y..ne Qhe2 b!y,dR cpEnp0eL.b!y Qhe Lg sd!H,msAk cWo yg Qhe sygEn,dy pLg k JAMBe,g’ bLg2 dGn Qhe..h!kSs..h!kSs..dy nGs!h tWny wKt dy mW pLg lG ksRolngUn b!y..dUuh,Qhe sd!H bGd ne b!y..0!a,Qhe mW tCam,bWt aBg2 Qhe,eb0nk,a’ ay!Ep,k’pUtra,k’Frdy,k’JeFry,k’aDe..JGN Lpa y m Qhe.bWt b!y m0ga sUxsez,d mUat y b!y.. tHankZ,mEQ0m... +628994036xxx BIANGLALA hAi biY , ,Qme pnDtng ruWwneCh ,,nM qmE ANa .Mw tiSam waTt ayNK k0e Edo d smanEL,ntA Cyg mU Aynk.tlng d muAt yo.thankz +6281994383xxx BIANGLALA I cöm!n9 ag4!n..T!@r@ mø n9ùc4p!n ma xsH tø söb@+ b!y y9 udh mizcall tia melulu and tia mta maaf low d4 y9 smz gx d blz...Aq mo tisAm watnx B3s+ Fr!3nd Q (ni4,pi2n,f3ny,revi) m9 mxn kmpk ja, wat revi and f3ny yg ru ptz ma do’i Doñ’t bé saD..y4ch !! +6285266775xxx BIANGLALA Meqoem biy . . .”me” pnDtan9 bRuW NegH .. nMa “me” woelan ... AnaG SMaNsA BaTariMUwH T¡_z@m nEgH WaTz gAnk _D’SN_ Mo9a + ko-

RIBUAN kata terukir dalam keseharian kita. Jutaan tawa telah tercipta mewarnainya. Tak terasa, gelak tawa, canda ceria, tangis duka, semuanya berkelap kelip menghiasi persahabatan kita. Indah, begitu indah.. Jangan pernah tanya apa yang telah sahabat kita lakukan pada kita tapi tanyakanlah apa yang sudah kita lakukan untuk sahabat-sahabat kita. Mengawali minggu ini Biy ingin menyampaikan betapa indahnya persahabatan itu. Sobat semua tentu mempunyai sahabat, minimal seorang, ya kan?? Bagaimana sobat mewarnai persahabaMpax + naRSiz zaB +628974146xxx BIANGLALA... mecom BIY...ne gw RoE_LHie..gw mW TIsan ne boeAT fR!3nd_2 gw Y6 ghocKIel 4bh!ez d 4rtHApr!m4. So yg 5l4lu n94chir. Btw gw mo Fr0mho5i!n no hp 4w n3ch (08982426945) jgn lpa d cmz/c4ll yho0w.B!4n9l4L@ gh0kiel abiez. Ye34tch. . +628982426xxx B I A N G L A L AHy bY,,imeL nE,,Q cMa m0 cRi tmN,,Bwt yG m0 jd tmN Q!MeEz aTo caLL ja k No 08975366652tHnx Y by,,!!(-_-) +628975366xxx BIANXLALA mECOm. . ,mW TI2p sLm nEy bWt mAntAn2 smp 2.nZ yG dL 1 KLAz Am Q d’ 2C.MEytiA,AyU,SILVIA,DEbOrA,ELa,AyA’,LIA.Q KnGEn xAn.BwT ME2y kpAn Qt bS CmA2 Ky dL Lg.y0uR iS THe bEst.TLg cAL Q yAch mEy (MEYTIA YULIANDRI).NEy nUmb Q “085266248222” +6285266248xxx BIANGLALA hy biy qtm lg dg ecka zcul drevany bwt tmen2 biy dpt clam cyg dr tmen2 drevany..snen tgl20 april aq ujian nasi0nalm0h0n d0a restu ny y smw smg aq bs ngrjain smw s0al2 t.. thankz y biy..dmuad y0w.. +6285266234xxx Biang lala Mek0em By ne ECHA, pengm4r mU,cha minta d0a dr smua penbCa sEtia By y,bEs0k cha UN,sm0ga d bri kemudahn n kelncrn dlm mnylsaiknNy y.N kmi smua lu2s, Amien,,,,,,,,,,,Bgi tmN2 cha ne n0 bru cha cz yg lma da gk d pke l6,08973630997 dmuat y by Makasi +628973630xxx BIANGLALA mEcom ,,hy biy aq lois né pndtàng rU néch,,m@ tic@m buat shbt aq muàm, fèrdy mgé lu2z cmuà,, wat mntn2 aq pa kbr nè ckrng, bwàt yg mo knl mà aq càll or mz ja k’ no 085366026723. mGà+ sukses ja u/ biy,,tlöng d’muat yà biy.... +6285366026xxx BIANGLALA h4i pr gdi52 jumpbe2

DEAR SOBAT BIY

DEAR SOBAT BIY

tan itu? Cukup dengan tertawa dan kumpul bareng? Atau menghabiskan waktu semalam dengan saling berbagi dan menyatukan visi? Yup! Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mewarnai persahabatan kita. Tapi ingatlah, apapun yang kita lakukan dalam mewarnai itu, jangan pernah tinggalkan satu hal. Satu hal yang tak boleh luput dalam sebuah persahabatan, yakni KEPERCAYAAN. Apapun yang terjadi, bagaimanapun keadaannya, percayalah pada kekuatan persahabatan kita. Jangan hancurkan semua hal yang selama ini kita bangun hanya karena pudarn-

ya kepercayaan. Sebab sesal kemudian tiada berguna, hanya menambah luka sukma.. (jadi ingat sebuah puisi, hehe) Dengan bergabung di Bianglala, percayalah sobat gak hanya bisa dapet something yang bermanfaat lewat sebuah tulisan. Namun disini sobat juga bisa berbagi dan bersilaturahmi. Menjalin persahabatan dan mewarnai masa remaja yang begitu indah. Mari kita berbagi, mari kita bersilaturahmi..

yng lg jomb-lo. Pngn knl lbh dkt m 4q. Shamier khan m slm2 buat ank2 ymha king5 fdrtion:4ndi,5ury4,5pian,muji,wanto,mis,tri,din4,n heni mjan dll my numbr081274505837 +6281274505xxx BIANGLALA hy 5b4t biy,n aq blk l9 m tc4m2 pr 9di52 jump-bee yng g jomblo. ONE-TWO is comb4ck...buat ank2 kon5uil dian, 49u5,adi,4njur,ricky,yu5,n trtma buat monic yn9 c4em.... +6281366915xxx Biang LAla..biYMc0mM Biy nE Q Reni,pndtng rU..cL4m knL Za y0,q mw tsAm2 nE B0atx tmN2 Q KhsX Ank X Sma m0ezrjiN2 BLjr yo.. Biar naEk kLzn bwTx r2n jng pCr,mksH.... +628974116xxx Aii Biy...Yha pndtg br0oe ne...Ma0o ticam wat tmen2 yg knal ma yha...Bwt nagh smand0e ev0,khususx wat nagh breeze,,,m0ga mkin k0mpak clalu...Wat yg ma0o knal ma yha,,,Call 0r cmz ke 085266736329...(fs:cute_girlz155@yahoo.com)Dmuat y biy...TQB4.... +6285266736xxx Ass,,,met pg BIY,knalin n ANtO,pndtng bru..bLEH gbUng kan?akU MAU ti2p slm..untk tmAN2,KusunYA UNtk NELA...yg mau knal anto sms/tlpn j ke 081366761659 ..jgn dtu2pi nmrny y BIY.. +6281366761xxx AsSaLamUaLa!kUm b!y. . .hAQ!m ne,nMpNg Lwt sKaLean m0 t!_zAm bWt tMn2,eB0nk,nUr,aCan,s0ny,sUg!k,aDe,aMa yG Laen LaCh sMuA nAx kSang,n Qhe2 mA’f!n k2.0teh.m0gA SehAt sMUa y0. . .Bwt 0rtU d hUmz jG.bWt tMn yG mW UN,m0gA Lu2s sMuA.am!n.tL0ng d mUat yE.tHanKs bey,sUKses aLwAys. +6285764136xxx Hi biy.....Ne putra pndtng bru.....q mau tisam buat imel smg tambah cantik. siapa yang mau knl TLP AJA KE NO ini 0 8 5 2 6 6 3 4 7 3 1 3 putra_gaul41@.yahoo.com email ok............... +6285266347xxx Hay biy apa kbr...salam knal aja..buat kak SUDIN d jambi ni no bru HERNI maaf kak q g’pernh ngasi kbr ma k3,bkny q smbong atau uda lupa ma k3 tp no k3 tb2 aja terhpus..kak sms Q ya biz q kangen ma k3

Salam Kompak Selalu Kru Bianglala terutama ma nasehat2 k3 .kak ni no bru q 085719668005..biy tlng d muat ya. +6285719668xxx Hay, haY Biy_-”NeY W e_DODach Lma neY W Gx qoT_n...W Cma mW tisAM MA Yunie d sMK 4,Laz 1 jRsn kCNtiXan yg C.K..W cm4' Mw lanK,Kau fikr,kau sGALanY...Yg mw nAL Ma w,Ney...08982388295..W lg cAri” bOkin nEY. +628982388xxx Hai biy,Ne dickyMau tisam buat anak2 alumni smanel 06,Terutama anak2 ips 3 & 4,Pada kemana neyKoq g prnh ngumpul,Buat yg mau knl08973683081, +628973683xxx Hi,,, biy.? Ne adh3... Ti5aM,,Wat ank_2 TaJAM’C Trmsk Q, yg t0uring k pal3mban9. Mghdiri aCRa na Faqi. Smu@ na ‘goKIL’ pa lg bg andiy ma si_tEMon.wat vivi sL@M MniZ... Za.!Yg d telanai.TyuZ... Smga Ank_2 TäJAM’Ck0mPAK SsLU..? Ammiinn??? +6285266755xxx hai...hai bhey.nEcH nieZha ,,mHoo tCaM waTh bEef ” kUh giRL oNLy,,thami..viey,ylan,yssa,eLLa..eNd waTh aNagh cøPa cLam kMpak adja...teng bhhhe.. +628973639xxx Hay bey. . .Ar!z d sArLng0n.mW kNL2 z ne.Qm! Mw t!2p sLm wAt ria d LbAk bndUng sHbt Q wKt kC!l,knGen ne.Ud Lma bNgt g’ ktmU.yG mW knL sMz z k cEn!.081366394980.ThanKs be.D muAt y. . . +6281366394xxx Hai biyQ Dicky,mau tisam buat mantan Q Resty yg d ferdy,rajin2 ja bljr,bntr lg UN lhoJgn jalan mulu gawe ny,Thanks y biy +628973683xxx Hay, haY Biy_-”NeY W e_DODach Lma neY W Gx qoT_n...W Cma mW tisAM MA Yunie d sMK 4,Laz 1 jRsn kCNtiXan yg C.K..W cm4' Mw lanK,Kau fikr,kau sGALanY...Yg mw nAL Ma w,Ney...08982388295..W lg cAri” bOkin nEY. +628982388xxx MecoemM biYne q pndtng bru,r!cky boulian moe tis@m’ wat mely tngkl, q pzt’ mnjmpUt moe, wat ekx Q,doN’t be selv¡s. !! Di mu@t yow biY’!!Mga sXez tyUz. . ThaNx’z +6285266904xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6624-7568 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

Model yang Ingin Jadi Polisi Sobat Biy, kali ini kita kem­ bali kedatangan tamu dari dunia mo­deling. Seorang cowok cakep pemilik nama lengkap Jonanta Dwi Eriza ini sangat menyukai musik dan olahraga. Ia juga san­ gat terobsesi menjadi seorang yang terkenal. Hal itu terlihat ketika dirinya mengatakan belum puas dengan apa yang telah didapatkan sekarang. “Soalnya aku belum terkenal,” ujar cowok yang sekarag duduk di bangku kelas 3 SMAN 4 Jambi itu seraya ter­se­nyum ramah. Meski Nanta, begitu sa­ paannya, memiliki kegema­ ran berbeda dengan prestasi yang ia raih di bidang model­ ing, tak membuat cowok 18 tahun itu berhenti untuk tidak meraih prestasi di bidang terse­ but. “Sama saja, yang penting itu semua bisa membuat saya nya­

Jonanta Dwi Eriza

BIODATA Nama lengkap : Jonanta Dwi Eriza TTL : Jambi, 18 Januari 1991 Tinggi / Berat Badan : 169 cm/58 kg Hobby : Musik dan olahraga Nama Ayah : Drs Erinawi Nama Ibu : Wismarini Alamat : Jl Kasturi 1 No 104 STM Bawah Umur : 18 Tahun

Prestasi

- Exclusive Talent Mohawk Film Management dalam Film “AKU BUJANG KAU MEIHWA” Hotel Ratu Resort 24 Januari 2009 - Juara Harapan II Putra-putri Bintang Televisi Hotel Abadi 14 Februari 2009 Tingkat Provinsi Jambi Fokus Management - Juara III Futsal Dewasa se-Kota Jambi 2008

man,” katanya. Terlebih jika mengetahui citacita yang diinginkan cowok ke­ lahiran Jambi 18 Januari 1991 ini. “Saya ingin menjadi seorang polisi,” ungkapnya. Ia juga akan be­rusaha sebisa mungkin mewu­ judkan cita-citanya tersebut. N a n t a yang

dalam keseharian dekat de­ngan teman-temannya itu biasa meng­ habiskan waktu sepulang sekolah untuk berkumpul dan hang-out bareng dengan teman-temannya. “Punya teman banyak me­rupakan hal terbaik yang harus dilakukan setiap orang,” katanya lagi. Nanta memulai kariernya sejak duduk di bangku kelas 1 SMP. “Saat ini saya bernaung di bawah BMA Management,” terangnya. Nanta mengatakan, dirinya san­ gat tidak suka dengan menunggu. “Menunggu adalah hal yang sa­ngat membosankan,” ujarnya. Itu me­ nunjukkan dirinya merupakan orang yang tepat waktu tentu. Soal kegiatan yang ia laku­ kan, Nanta mengaku mendapat dukungan penuh dari kedua ­orangtuanya. “Terutama mama,” katanya. Selain itu, teman-teman dan semua orang terdekatnya juga mendukung penuh aktivitasnya saat ini. (riko)


Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

Ramalan Bintang 1. CAPRICORN

5. TAURUS

(22 Desember - 19 Januari) Di sela-sela stresnya mengerjakan ujian, kejutan spesial dari orang yang spesial datang di luar dugaanmu. Hasilnya, surprise itu berhasil bikin hatimu melambung ke langit ketujuh kan. Ungkapkan rasa terima kasihmu dengan tulus kepadanya. Ganti memberinya kejutan kecil nggak dilarang lho...

(20 April - 20 Mei) Menanti sesuatu yang baru? Tenang.. sebentar lagi bakal datang. Lakukan banyak hal dengan baik. Misalnya, mencegah bumi dari global warming. Caranya? Waktu pacaran jangan buang sampah sembarangan. Bungkus es krim yang habis kalian makan saat kencan, jangan lupa dibuang ke tempat sampah ya.

2. AQUARIUS

6. GEMINI

9. VIRGO

(23 Agustus – 22 September) Ada sesuatu yang membuatmu sangat kesal hari-hari ini. Hal itu memengaruhi mood-mu dan imbasnya justru ke orangorang yang dekat denganmu. Memang lebih mudah marah pada orang yang kita sayangi karena kita tahu bahwa mereka takkan marah pada kita. Tapi, kan mereka nggak salah.

(20 Januari – 18 Februari) Akhirnya kamu menyadari bahwa kamu bukan siapa-siapa bagi dirinya. Tapi, kayaknya kamu nggak khawatir. Tak peduli bagaimana perasaannya, bagimu dia tak akan terganti. Kamu sudah mencapai tahap bahwa mencintainya tidak berarti harus memilikinya. Bahwa menyerah bukan berarti kalah.

(21 Mei – 21 Juni) Jadi orang baik memang susah. Sikapmu yang terlalu baik pada semua orang terkadang bisa disalahartikan. Yang gawat adalah si dia mulai bingung dan bertanya-tanya siapa yang ada di hatimu sebenarnya. Sebab, perlakuanmu padanya sama dengan yang lain. Cobalah untuk menjadikannya spesial.

10. LIBRA

3. PISCES

7. CANCER

(19 Februari – 20 Maret) Menjelang hari peringatan kelahirannya, kamu nggak perlu bingung milih kado. Bikin sesuatu yang bermakna di hari spesial itu. Karena berdekatan dengan hari bumi, gimana kalau kamu buat buku kecil berbahan kertas daur ulang. Terus hiasi dengan kisah indah kalian, pakai tinta hijau pula.

(22 Juni – 22 Juli) Sejauh apa pun tupai meloncat akhirnya jatuh juga. Sejauh apa pun kamu berkelit, hatimu tak bisa berbohong. Kalau kamu memang menyukainya, akuilah dan jangan menghindar lagi. Ingat, penyesalan selalu datang terlambat. Jangan sampai dia berubah pikiran karena menyangka tak mendapat balasan darimu.

11. SCORPIO

4. ARIES

8. LEO

(21 maret – 19 April) Kencan sehat kan nggak melulu olahraga pagi di lapangan kompleks. Kamu juga bisa berkeringat meski di dalam rumah. Caranya? Bersih-bersih rumah bareng bisa bikin kalian makin akrab kan? Selain itu, bisa lebih deket sama keluarga. Belum lagi undangan makan malam sebagai “komisi”nya.

Putri

23 April “pang9il Aja aQ Pu.. Pu Oran9nYa Hmm.. Gak CanTik... Gak JeLek.... Gak PinTer... Gak BoDoh.... Gak KAya..... Gak MisKIn... Gak GAya..... Gak CuPu..... Gak LuThu.... Gak NarsiS... Gak PEde..... Gak TAu maLu.... Gak NyebeLin.... hehehe..... poKoknYa gaK semUa Yank Loe BaCa iTu Bener... Toh MAnusia Kan KAga’ aDa YanK semPurNa TuCh... yAng Penting aQ Mau MemBuat Org Yang BeraDa di deKat aQ MeraSa Nyaman Coz Be yOur My SeLf ^_^

(23 Juli – 22 Agustus) Masuknya dia dalam kehidupanmu membawa secercah cahaya. Pengaruhnya yang kuat memunculkan sifat positif dari dirimu dan mengenyahkan perilaku negatifmu. Tanpa sadar kamu berusaha menjadi seperti yang diinginkannya. Selama itu positif tak apa-apa, tapi jangan sampai kamu nggak menjadi dirimu sendiri.

Finding true

20 April “aquw adalah aquw, apa pun yang orang lain katakan, inilah aquw, tidak akan ada yang dapat mengubah apa yang ada pada diri quw... i just wanna be my self... no matter what they say, coz my life is mine... i’ll keep it and i luph it....”

(23 September – 23 Oktober) Mood-mu saat ini sedang labil. Saat ini tertawa terbahak-bahak, sedetik kemudian bisa berubah menjadi letupan amarah. Eits, jangan sampai si dia nggak jadi mendekat hanya karena tidak mau terkena letusan bom darimu. Kasihan, nanti bumi jadi makin panas kena radar emosimu.

(24 Oktober – 21 November) Seseorang yang selama ini kamu anggap teman biasa mampu menyita seluruh perhatianmu. Getar-getar itu pun mulai ada. Biarkan tunas cinta mulai mengakar di hatimu. Siapa tahu dia bisa menjadi obat luka di hatimu. Sekarang perhatianmu yang tersita, suatu saat mungkin hatimu yang tercuri olehnya.

12. SAGITARIUS

(22 November – 21 Desember) Berpikir positif dan fokus pada kelebihan dirimu membuat auramu bersinar terang. Si dia mulai memperhatikan dan memujimu tuh. Aih senangnya diperhatikan. Tugas segunung yang sempat bikin kamu down pun nggak masalah, kan ada si dia dan teman-teman yang siap memberi support. Semangat ya!

Ade

21 April Unja “Aq tU oRgNa sUpeL.. gX PedULi SaPaPUN,, KaPaNpUn.. pZti heBooooooh bANget.. aMpe tMn2 kWALaHaN niEy,,, Tp mRkA tEteP cHaYaNk mA Aq.. HaHaHa...”

Buat kamu-kamu yang ultah, ingin nama dan fotonya nampang di sini, kirim surat data diri dan foto yang cakep ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Buruan ya sebelum hari Kamis..


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

25

Mei Susana*

Sesuap Nasi Sesuap nasi masuk ke mulutnya Tanpa ada sayur Tanpa ada lauk Bahkan tanpa ada setetes air Sesuap nasi masuk ke mulutnya Dia dapat dari hasil jerih payah Menyusuri jalan-jalan Berdiri di pinggir jalan Berharap ada yang menyambut tangannya Namun, tak sepeserpun terkantongi

Sosok Wanita Paling Sempurna OLEH: Y ason T aufik Akbar Yason Taufik IBU IBU, aku mencintaimu seperti tumbuhan yang urung mekar dan membawa jiwa bunga-bunga itu di dalam dirinya. Karena cintamu, aroma bumi yang pekat tumbuh diam-diam dalam tubuhku. Saat aku menulis naskah ini, hujan tiba-tiba turun dengan dahsyat. Rumahku yang atapnya hanya berlapis seng tentu menjadi sangat ribut. Sangat kontras dengan alunan musik instrumen yang aku dengar dari radio bututku. Konsentrasiku memang pecah. Tapi, angin semilir yang merembet melalui celah kapiler dinding rumahku membantuku tetap fokus. Bagaimana tidak menembus, dindingnya saja terbuat dari anyaman bambu. Korneaku lalu berputar. Mencari, lalu meraih titik pandang terkecilnya menuju sebuah kertas kusam. Aku melindunginya dengan badanku agar bocoran air hujan tidak jatuh ke atas kertas ini. Ya, karena saat ini aku hanya ingin menceritakan tentang ibuku di atas kertas ini. Ibu yang punya sejuta kasih sayang untukku. Ibu yang selalu dengan ikhlas memberi -dan seperti kata lagu-, beliau tak pernah mengharap kembali. Aku seorang bocah laki-laki yang

dilahirkannya 12 tahun silam. Beliau merawatku dengan ketulusan hatinya. Dia selalu memberikan kasih sayang tersempurna padaku. Masih kuingat jelas, saat dia menggandengku sendirian pada suatu malam. Saat itu bapak sedang merantau ke negeri orang. Aku masih berusia tujuh tahun. Rumah kami luluh lantak dengan tanah karena kena gusur. Kami berjalan kaki jauh sekali. Di tengah malam yang sunyi dan hujan lebat itu, dia masih sempat menutupiku dengan selimut kami satusatunya. Kami pergi tanpa arah. Guratan wajahnya sayu. Dari caranya berjalan, dia tampak sangat letih. Buntalan besar berisi pakaian kami memberatkan punggungnya yang tegar. Ibu berbisik lembut kepadaku. ‘’Sabarlah Nak. Kita akan segera berteduh. Berhentilah menangis. Ibu akan selalu melindungimu,” katanya lalu menitikkan air mata. Air mata itu sebenarnya sudah tidak kentara. Sebab, pipinya basah terguyur air hujan. Suara ibu lembut sekali. Menenangkan setiap relung jiwaku. Hingga dinginnya malam pun tak dapat menusukku. Perutku yang sedari pagi hanya terisi makanan sisa pun jadi mendadak kenyang. Aku hanya tak ingin melihat ibu menangis lagi. Jauh sekali kami berjalan hingga

hujan telah berhenti. Karena terlalu capai, ibu memutuskan untuk beristirahat di sebuah masjid kecil. Entah sekarang ini kami berada di mana. Yang jelas, di masjid itu, kami membersihkan diri. Setelah bersih, ibu meraih mukenah milik masjid. Dia melaksanakan salat. Sementara itu, aku tertidur di sampingnya. Dalam sayup-sayup, kudengar ibu berdoa untuk keselamatan bapak di negeri orang. Ibu juga berdoa untuk kami. Kalau aku diizinkan berbicara oleh Allah, aku hanya ingin mengatakan bahwa aku sayang ibu. Aku tak ingin melihat ibu menangis lagi. Aku hanya ingin ibu mendapatkan yang terbaik. Tanpa terasa, air mataku pun jatuh. Aku menutupinya karena aku tak ingin ibu sedih melihatku. Aku memang seorang tunawicara. Tuhan memberiku anugerah seperti ini sejak lahir. Hanya ibu yang selalu membangkitkan semangatku. Ibu yang selalu mengajakku berinteraksi sehingga aku tahu bahwasannya dunia amatlah luas. Usapan lembut di kepalaku mengusik tidurku. Ternyata itu adalah tangan bapak. Ah..ternyata lagi-lagi aku bermimpi. Bapak berkata kepadaku, ‘’Sudahlah, Nak. Tak usah kau menangis lagi. Biarkan ibu tersenyum karena melihatmu tersenyum di sini.” Ibu meninggal dua tahun lalu. Dia

Sesuap nasi masuk ke mulutnya Dia dapat bersama emaknya Dari sebuah penampungan Penampungan sisa para elite Sekaligus rumah para tikus dan kecoa Sesuap nasi masuk ke mulutnya Begitu asyik ia melahapnya Tanpa menghiraukan orang lalu lalang di pusat kota Dia lalu berkata” mak, alangkah indahnya gedung itu, tapi kita tak diijinkan untuk mencicipinya”. “ Melihatnya saja, mak bersyukur “ .Sahut Emaknya. “ Iya, Mak”.Katanya sambil menyelesaikan mengunyah sesuap nasi itu.

*Sungai Bertam Rt 01 Rw 01 Jaluko REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email

ke bianglala_minggu@yahoo.com, jambi_inde@yahoo.com

mengalami kecelakaan saat hendak membeli makanan untukku. Begitu ayah mendengar kabar itu, dia bergegas pulang. Kini aku tinggal bersama ayahku. Kuraba wajahku, mataku sembap. Ternyata aku menangis lagi. Sedangkan kertas yang hendak kugunakan untuk menceritakan tentang ibuku masih kosong. Kulihat pensilku terjatuh di bawah meja. Aku sangat ingin menulis tentang ibu. Menuangkan kisah ini untukmu, kawan. Namun, aku tak mampu. Aku buta huruf. Kertas ini menjadi kusam karena tiap malam kuhujani air mata. Sekarang aku hanya dapat menggumam. Menangis lagi menerima kenyataan ini.(*)


Halaman

S

26

UBUH itu, menjelang ma tahari bersiap-siap hendak terbit, aku mengawali hariku dengan doa. Rerintik embun kenangan membasahi sajadahku. Tak ada lagi yang dapat kulakukan kecuali berembuk dengan air mata, kala hatiku diiris kenyataan. Suamiku, dia orangnya amat arif, mempunyai rahang yang pasti, tubuhnya tinggi dengan bulu-bulu kumis tipisnya. Jika ada orang bertanya, akan kukatakan: “Suamikulah yang paling tampan.” Keteladanannya yang tinggi tak pernah membuat aku jemu menatap hidup bersamanya. Ia juga santun terhadap istri. Suamiku itu teramat kasar. Ia orang yang kuat dalam segala hal. Aku mencintainya. Aku mengenal suamiku dengan sebaik-baik pengenalan. Sebelum menerima pinangannya tentu mengalami proses pikir panjang dahulu, sebab aku tak ingin memilih yang salah. Kadang aku merasa menjadi orang yang paling bahagia di bumi. Aku berasal dari keluarga orang berada. Ayahku seorang peternak ikan yang kaya raya. Apa pun mengenai uang, tak pernah menjadi masalah untukku. Kadang pula aku berhenti tertawa sebab terkadang ada pula suamiku tak pulang ke rumah. “Dubrak! Prak!” “Dasar istri tak tahu diuntung. Tak tahu malu kamu! Aku memungutmu dari kehinaan, kemiskinan, aku tak mempersoalkan dari mana asalmu, mengapa pula kau sudah berani menentangku? Sup itu kurang garam!” Suaranya meninggi dan terdengar kasar. Belum pernah aku melihatnya marah sampai terlihat ingin mengeluarkan biji matanya. “Pak, jangan pernah berkata seperti itu lagi. Ibu tidak pernah membayangkan bapak akan berlaku semacam itu. Aku selalu menyayangimu, Pak. Aku memasakkanmu makanan yang kau suka. Aku lebih tahu mengenai rasa, karena aku adalah perempuan. Aku ini istrimu, Pak.” Aku merasa tersinggung akan katakata yang terlontar dari mulut suamiku itu. Ia adalah orang yang kasar. Aku seharusnya bisa mengerti, tapi hatiku tidak bisa menerimanya, sebab hidupku adalah prinsip. “Jangan pernah kau berani mengungkit-ungkit hal itu lagi. Aku tak peduli

Horizon

Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

Suamiku Cerpen: Rudy Payala

kau istriku atau bukan. Aku paling tidak suka jika ditentang oleh orang lain, terlebih oleh perempuan!” Suamiku memecahkan piring, gelas, dan semua alat makan yang ada di depannya. Matanya benar-benar hendak keluar, marah padaku. Aku menatap suamiku dengan tatapan tidak percaya. Matanya tak sejernih yang dulu. Segala kasih sayang telah hilang kelihatannya. Tapi aku tetap percaya bahwa Tuhan akan membuktikan bahwa apakah hambaNya teperdaya atau tidak. Masih kutatap mata itu dengan tidak percaya. Sekelililng ruang makan itu semuanya bertanya apa gerangan yang sedang terjadi dalam rumah tangga ini. Sebuah ruang makan bisu tak mampu membunuh ketakutanku akan perpisahan. Aku begitu menyayanginya. “Pak, Ibu mohon… ingatlah janji yang engkau sumpahi di hadapan Tuhan dulu juga penghulu, bahwa kau

akan menjagaku dengan segenap perasaanmu.” “Aku tak peduli dengan semua itu!” “Aku telah menyayangimu dengan segenap hatiku, Pak. Sudah kutanyakan kepada perasaanku yang terdalam. Aku pun bisa membahagiakanmu dengan cara yang lain. Mengertilah, Pak.” Belum habis aku bicara, aku melihat ia tiba-tiba meraih tanganku, menciumnya dengan kasih sayang, mendekap dan memelukku, membawaku kepada angan-angan, ke tempat yang semestinya. Seakan-akan tak terjadi apa-apa sebelumnya. Semua kebencian tampaknya telah ia buang, mata itu kemudian berubah menjadi bernafsu. Ia merengkuh dan menciptakan perkelahian damai antara dua anak manusia. *** “Dasar kau istri tak berguna! Percuma aku menafkahi batinmu tapi kau

tak bisa memberikanku keturunan! Aku tak peduli dengan segala janji yang telah aku sebutkan. Aku butuh keturunan, Goblok!” Kepalaku dipentungnya dengan tas kerjanya usah melampiaskan keinginannya. Aku marah. Aku membalasnya dengan berteriak. “Kau yang goblok. Ibuku saja tak pernah berani mencaciku seperti itu!” “Kau tidak suka! Dasar istri tidak berguna!” “Kau yang tidak berguna!” “Perempuan lemah, percuma engkau jadi perempuan!” “Pergiii!” aku mencoba melemparnya dengan bantal, guling, dan vas bunga. Kemudian ia pergi keluar dan pulang larut malam. Aku selalu bimbang dengan segala perasaan yang aku miliki. Suamiku sepertinya menyayangiku, tapi akhirnya berubah. Aku terbaring lemas tak berdaya di atas ranjang setelah mendengar segala caciannya. Apalagi yang harus aku lakukan agar ia bisa mengerti. Tapi setiap kali ia melontarkan tentang keturunan, aku hanya bisa diam. Aku memang mempertimbangkan matang-matang sejak awal, bahwa perkawinan dari suku yang berbeda tentu dapat menimbulkan cekcok. Lagi-lagi air mataku menetes jika teringat akan larangan ibu waktu itu. Sebaiknya kawin dengan suku-suku yang sepaham. Tapi itu keputusanku. Aku telah memilih seorang suami yang kupilih, kukasihi, dan kusayangi. Namun juga sayang tidak pernah cukup untuk perkawinan. Usai mendekapku, ia selalu mencaciku dengan keturunan. Aku ragu apakah ia benar-benar telah ragu. Suamiku…. Subuh itu, menjelang matahari bersiap-siap hendak terbit, aku memutuskan tetap bertahan dalam pilihan yang sebenarnya adalah pilihan. Aku berbaring dalam sajadah, dalam kenangan kebahagiaan. Bagiku suamiku tetaplah arif orangnya, santun, dan selalu menyayangi istri. Aku menabahkan hati sendiri, dalam kepahitan hidup tak henti, bagai api yang selalu membakar perkawinan kami. Sajadahku selalu menjadi saksi… Suamiku itu adalah orang-orang yang menelantarkan hatiku, karena istrinya mandul dan selalu kawin lagi. Jambi 2009


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

LONELY HEARTS

MUSIC

Jiwa-Jiwa Yang Kesepian Awalnya, Raymond Fernandez (Jared Leto) hanya ingin memanfaatkan ketampanannya untuk menggaet para wanita kesepian dan memanfaatkan mereka untuk mendapatkan uang dengan cara mudah. Raymond kemudian memasang iklan menawarkan jasa kencan bagi siapa yang memerlukannya. Dari ‘pekerjaannya’ ini Raymond mendapat cukup banyak uang dan bisa hidup layak. Namun bisnis yang digeluti Raymond ini segera saja berubah menjadi sebuah kejahatan besar ketika Raymond mendapat klien bernama Martha Beck (Salma Hayek). Dalam waktu singkat Raymond jatuh cinta pada Martha yang juga ternyata merasakan hal yang sama. Celakanya, Martha yang mengetahui ‘mata pencaharian’ Raymond bermaksud membawa bisnis ini setingkat lebih tinggi. Martha kemudian berpura-pura menjadi adik Raymond dalam melaksanakan penipuan ini. Ujung-ujungnya, Martha tak puas hanya mengeruk harta wanita yang dikencani Raymond dan memutuskan untuk menghabisi para wanita kesepian ini. Elmer C. Robinson (John Travolta) yang terobsesi pada kejahatan yang dilakukan Raymond dan Martha kemudian bertekad memburu sepasang penjahat ini meski resikonya ia harus kehilangan keluarganya. Meski film ini adalah karya pertama Todd Robinson sebagai sutradara, namun hasil arahannya patut dapat

acungan jempol. Keputusan membuat remake dari film tahun 70-an bisa jadi adalah buah dari ketidakyakinan sang sutradara untuk membuat sebuah karya original, tapi tetap saja tak semua remake berhasil dari sisi kualitas. Untungnya Todd tak terjebak pada ide sekedar membuat ulang film lama dan mampu menyuguhkan sesuatu yang segar meski di sana-sini masih ada beberapa kekurangan. Hal pertama yang dilakukan Todd adalah mengubah struktur cerita dari film pertama dan melihatnya dari sisi pandang yang berseberangan. Versi pertama film ini memang lebih men­yorot pasangan pembunuh sementara Todd lebih menekankan pada dua detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan berantai ini. Meski harus berkompromi soal blood and gore, tapi Todd mampu membuatnya tetap bernuansa sadis layaknya versi pertama tanpa harus mengambil resiko terlalu banyak scene yang habis di meja sensor. Kalau soal alur cerita sudah cukup kokoh, maka hal berikutnya adalah soal penokohan. Dan lagi-lagi Todd cukup piawai untuk membangun sebuah karakter menjadi hidup dengan memberikan kilasan ‘sejarah’ sehingga penonton dapat lebih ‘merasakan’ para tokoh yang mereka tonton ini. Ini tentu saja tak lepas dari kehandalan para aktor dan aktris yang menjadi pendukung film ini. Tak sia-sia casting all stars dipasang karena mereka juga didukung dengan naskah dan pengarahan yang sama handalnya. Kalaupun ada cacat mungkin adalah aksen Jared Leto yang kurang pas dan terdengar janggal. Sementara Salma Hayek tak ada masalah untuk memerankan seorang wanita yang dominan dan cenderung brutal, yang jadi masalah justru kecantikan Salma. Dalam kisah aslinya (film ini diadaptasi dari sebuah kisah nyata yang dialami oleh kakek Todd Robinson sendiri), alasan Martha Beck membunuh korban adalah karena ia cemburu akan kecantikan para wanita yang dikencani Raymond dan meski sang make up artist sudah berusaha membuat Salma terlihat ‘jelek’, tetap saja ia masih terlalu cantik untuk memerankan Martha Beck. (*)

‘TONIGHT: FRANZ FERDINAND’

Whiteboy Disco Dari Glasgow Jauh sebelum Franz Ferdinand merilis debut selftitled di tahun 2004 lalu, Skotlandia boleh dibilang hanya punya Rod Stewart, Shirley Manson dan Annie Lennox yang masing-masing dari mereka punya sesuatu yang berbeda daripada hanya sekedar bernyanyi. Image yang dibangun Alex Kapranos, Bob Hardy, Nick McCarthy, dan Paul Thomson, memang tak jauh dari white boy disco yang tak kalah sarkastik dari repetan lirik Eminem atau bualan vulgar Lady Gaga. Begitu juga yang terbaca jelas di album ketiga mereka TONIGHT: FRANZ FERDINAND, sebuah perayaan partygoers yang kebablasan, sembari meratapi keadaan yang semakin jauh dari kata ‘manusiawi’. betapa tidak, dari cara bernyanyi Kapranos yang berusaha menjadi Tim Armstrong versi anglo-saxon tetapi dengan lirik copycat Jim Morisson, seakan mengajak untuk terus berpesta, tapi tetap masuk surga. Coba simak single pembuka Ulysses, yang siap menjadi disco anthem, padahal isi lagunya adalah kritik sosial yang dirayakan begitu rupa oleh pemudapemuda asal Glasgow ini. Single kedua yang rilis enam April lalu, No You Girls berkarakter mid tempo yang dipenuhi dentuman drum machine, serta kental dengan tema seksualitas nan vulgar. Si-

lahkan maknai sendiri lirik dalam single tersebut, “Oh kiss me, lick your cigarette then kiss me, kiss me where your eye won’t meet me, meet me where your eye won’t lick me, lick your mind and mine so briefly.” Berikutnya ada sebuah single yang menurut Kapranos dan kawan-kawannya bukan single, bertitel Lucid Dreams. Di sini Anda akan disuguhi track disco disertai sampling di bagian encore, mengingatkan sentuhan Dj Lethal di SIGNIFICANT OTHERS milik Limp Bizkit. Kalau Anda suka clubbing atau pernah mendengarkan album Kylie Minogue, pasti suka dengan track Live Alone yang menampilkan synthesizer dan looping ceria, beradu dengan nuansa gitar crunch khas rocker United Kingdom. Mungkin terlintas di benak Anda, jika mereka membuatnya dengan FruityLoop. Anda suka dengan Artic Monkeys? Tapi juga kangen gloomingnya Imagine milik John Lennon, maka aransemen strings section di opening, flick gitar yang dijadikan melodi dan hentakan beat drum yang rancak bisa menjadi pilihan Anda saat bersing-a-long, dengan track nomor enam Bite Hard. Satu lagi cerita unik mengenai lagu ini, penasaran? Silahkan klik di sini.(*)


Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

eddy junaedy/jambi independent

BERMAIN: Seorang anak sedang bermain. Anak harus diajari cara berbahasa yang benar.

Meluruskan Cara Berbahasa Anak Muhammad Alfarisi Perumahan Arofah Kompleks Perkantoran Kabupaten Muarojambi.

“Bua, Tita,”ujar seorang anak berusia 1,4 tahun. Bagi yang tidak meneganlnya tentu tidak akan mengerti yang dimaksud anak ini. “”Itu artinya, bunda, minta,”ujar salah seorang ibu yang mengasuh anak ini. Ibunya sang anak memang bekerja sehingga harus dijaga oleh seornag pengasuh. Saat usia anak 1-2 tahun, anak memang memiliki bahasa sendiri. Tak heran, jika bahasa yang dikeluarkannya seirng menjadi baha maina bagi lingkungan sekitarnya. Biasanya, orangtua dna keluarga lain pun ikut-ikutan dengan bahasa anak. Hal ini juga dirasakan Wati (33), warga Jalan Lingkar Se-

latan. Menurutnya, anaknya sering menyebut telur dengan entok. Sehingga ia pun saat menanyakan anaknya ingin makan, juga menyebut lauk kesukaan anaknya ini dengan bahasa yang sama. “Semua di rumah jadi ikut-ikuta nyebut telur dengan entok,”ujarnya. Padahal, sebelumnya ia tidak pernah menyebutkan entok. “Padahal kalau di Jawa, entok itu bebek,”ujarnya sambil tersenyum. Ia pun sering tertawa jika anaknya menyebut bahasa yang sedikit sulit. Misalnya menyebut kata kapolsek dan puskemas. “Ini sulit, kapolsek jadi basontek. Biasanya yang

suka membenarkan dan mengajarinya adalah omnya. Akhirnya sih bisa,”ungkapnya. Biasanya, bahasa salah yang digunakan anaknya dijadiakn bahan lelcuan oleh keluarganya. “Senang be, karena lucu,”imbuhnya. Lain halnya cerita Ani (26). Menurut Ani, anaknya selalu menyebut kata kecoak dengan sebutan puyuk. Padahal, ia sendiri saat mengenalkan kecoak ke anaknya menyebutkan bahasa yang sebenanrya. “Tapi ngga tahu kok jadinya puyuk. Kami pun kalau mau nakutin jaid nyebut puyuk. Karena lebih cepat mengerti,”ungkapnya. Sama dengan Ani, Cut (27)

pun mengakui hal yang sama. Anaknya sejak usia enam bulan jika ingin minta ASI selalu menyebutkan dengan “Memeh”. Padahal, dalam bahasa sehar-hari tidak ada istilah memeh. Sampai usia 1,6 tahun, sang anak masih nembahasan minta ASI dengan memeh. “Susah mau dirubah. Sudah kebiasaan,”ujarnya sambil tersenyum. Saat erbicara dengan anaknya, ia pun tetap menggunakan cara berbaha yang digunakan anaknya. Soalnya, untuk memudahkan anak lebih mengerti dan mengakrabkan diri dengan anak. “Nanti kan tahu sen­diri. Sekarnag dio masih bealajr,”ujarnya.(nid)

Kata Psiko-

Jangan Ikut-ikutan Salah

Nabil Marwa Ahdini Jalan Mangkurat, Lorong Madrasah No 45, RT 11/02 Kelurahan Tanjung Sari Kota Jambi.

Usia 1 hingga 2 tahun merupakan masa anak mulai memperbanyak kosakata. Tak heran jika pada usia itu pengucapan bahasa anak umumnya belum sempurna. Terkadang bahasa yang keluar dari mulut anak menjadi bahan lelucon bagi keluarga dan tetangga. Namun perlu diingat, meski anak memiliki bahasa sendiri, orangtua tidak boleh ikut-ikutan menurutinya saat berkomunikasi dengan anak. Hendaknya tetap menggunakan bahasa

yang benar, sehingga anak berusaha untuk memperbaiki bahasanya. Semakin sering ia dengar bahasa yang benar, perlahan anak akan bisa berbicara dengan sempurna. Jika orangtua ikut-ikutan dengan bahasa yang salah, anak tidak akan tahu bahasa yang digunakan salah, sehingga saat anak beranjak besar masih terlihat cadel. Pada usia dua tahun, umumnya anak sudah bisa menyambung dua hingga tiga kata dengan baik. Semakin sering ia

bersosialisasi, semakin banyak kosakata yang akan didapat. Anak yang jarang bergaul umumnya akan terlambat berbicara, misal yang hanya dikurung di rumah sementara orangtuanya sibuk bekerja. Pembantu yang mengasuhnya pun pendiam, sehingga anak jarang mendapatkan kosakata baru. Sebab lain anak terlambat berbicara bisa karena ada gangguan dalam otak. Itu harus dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.(nid)

Ridwan Sp.Si


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

tIPS

Agar Anak Mandiri BEbERaPa tip untuk melatih anak agar menjadi mandiri: 1. Beri kesempatan mereka untuk memilih. Anak yang terbiasa berhadapan dengan situasi yang sudah ditentukan oleh orang lain, malas melakukan pilihan sendiri. Sebaliknya, bila ia terbiasa dihadapkan pada beberapa pilihan, ia akan terlatih mengambil keputusan sendiri bagi dirinya. 2. Hargailah usaha mereka. Hargailah sekecil apa pun usaha yang diperlihatkan anak untuk mengatasi sendiri kesulitan yang ia hadapi itu akan mendorongnya untuk melakukan sendiri hal-hal kecil. 3. Hindari banyak bertanya. Anak yang baru kembali dan sekolah, misalnya, akan kesal bila dibombardir dengan serangkaian pertanyaan seperti belajar apa saja di sekolah, kenapa seragamnya kotor, pasti kamu berkelahi lagi di sekolah, dan lainnya. 4. Jangan langsung menjawab pertanyaan. Meskipun salah satu tugas orangtua adalah memberi informasi serta pengetahuan yang benar kepada anak, sebaiknya orangtua tidak langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Sebaliknya, berikan kesempatan padanya untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan tugas Anda adalah mengoreksinya bila salah menjawab atau memberi penghargaan kalau benar. 5. Dorong untuk melihat alternatif. Dengah demikian anak tidak akan hanya tergantung pada orangtua, yang bukan tidak mungkin kelak justru akan menyulitkan dirinya sendiri.(*)

Jangan Habiskan Waktu Anak dengan Les MEMILIKI anak pintar lebih cepat dari usia anak sendiri menjadi kebanggaan bagi sebagian orangtua. Tak heran, meski masih duduk di bangku SD, anak sudah dibebani dengan berbagai les. Sang anak pun tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan anak sebayanya. Yani (33), misalnya, mengaku kedua anaknya yang masih duduk di bangku SD tidak lagi memiliki waktu bermain di luar rumah. “Pagi sekolah, siang les di sekolah, sore kursus,” ujar Yani di rumahnya di Thehok. Tak heran, anaknya sudah letih sendiri sehingga tidak berminat bermain. Malam harinya mereka harus belajar mengaji. “Jadi pukul 20.00 mereka sudah tidur karena kecapaian,” ujarnya. Ia tidak khawatir anaknya tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Ia sendiri tidak bekerja dan menghabiskan waktu untuk anakanaknya. “Semua keperluan saya yang urus. Di rumah juga ada

eddy junaedy/jambi independent

BELAJAR: Anak-anak sedang mengikuti lomba sempoa. Selain belajar, anak-anak juga butuh ruang untuk tante dan neneknya. Jadi tetap ada sosialisasi,” jelasnya. Psikolog Ridwan SPsi menilai, selama anak merasa senang dan tidak terpaksa, tidak ma-

salah. Yang dikhawatirkan anak merasa terkukung, sementara dunia anak-anak masih dunia bermain. “Itu yang ditakutkan,” ujarnya di Yayasan Bunga

Bangsa. Menurutnya, memaksakan anak terus belajar seharian tanpa bergaul dengan teman sebayanya bukanlah cara yang bijak. Bagaimanapun sang anak butuh belajar mengendalikan emosi. “Apakah dengan yang lebih tua, lebih muda, atau teman sebayanya,” ujarnya. Jika anak jarang bergaul, kata Ridwan, anak sulit empati dengan lingkungan sekitar. Anak cenderung hanya memikirkan diri sendiri sehingga menjadi lebih individualis. “Karena enggak bergaul,” ujarnya. Ia juga menyatakan, mendidik sisi kognisi anak penting. Tapi tidak kalah penting adalah mendidik emosi anak. “Banyak orang pintar tapi kecerdasan emosional rendah, sehingga sulit jadi pemimpin,” ujarnya. Makanya jangan habiskan waktu anak hanya untuk terus belajar. Selingi waktu mereka dengan bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan.(nid)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Jambi Independent n minggu, 19 Maret 2009

Chat Facebook Lewat HP Lebih Praktis dan Hemat FACEBOOK sudah menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia. Termasuk Indonesia dan masyarakat Kota Jambi. Semakin modern, kebutuhan masyarakat akan berkomunikasi semakin praktis. Untuk itu facebook menjadi salah satu primadona yang menjadi pilihan masyarakat untuk berkomunikasi dengan mudah. Ada satu cara yang membuat Anda lebih mudah dalam berkomuniki melalui facebook, yaitu membuka facebook melalui ponsel. Itu dianggap sebagai salah satu hal cara paling praktis untuk berkomunikasi dengan teman Anda. Anda juga bisa mengetik status dan memberikan komentar terhadap status teman Anda yang ada di facebook. Menurut Eko dari Alpinzel Phone, banyak customer yang datang untuk mempertanyaan cara mengakses facebook melalui handphone. “Tidak semua jenis HP bisa menggunakan fasilitas facebook,” ujarnya. Anda dapat menggunakan Facebook Mobile untuk mengirim pesan text

ke ponsel, menerima notifikasi untuk request teman, pesan, wall post, dan update lainnya dari teman facebook. Anda juga dapat meng-update status,

mencari nomor telepon, atau upload foto dan video dari handphone Anda. Berikut beberapa cara untuk mengakses Facebook Mobile dari ponsel. Pertama, log-in ke account facebook, jika sudah tertampil home page, klik “Settings”. Kemudian cari menu “Settings”, klik di tab “Mobile”. Masukkan nomor handphone Anda, carrier, atau operator telepon Anda, dan clik “Activate”. Setelah itu, kode aktivasi Anda akan dikirimkan ke ponsel Anda. Anda akan menerima pesan text dari facebook, yang berjudul “Facebook Mobile Confirmation”, bersamaan dengan kode konfirmasi Anda. Masukkan kode konfirmasi dengan benar dan Anda akan melihat tampilan “Confirmed! Facebook Mobile is now activated. Text FBOOK (…) to update your status. You can also receive texts when people poke, message, wall post, or friend you. The Facebook Mobile application has also been added to your Facebook profile.” Setelah itu, Anda akan mendapat lebih banyak pesan text konfirmasi di status facebook Anda. Cek account facebook dan dalam hitungan detik, pesan Anda akan tertampil di halaman facebook sebagai komentar. “Itu bisa menjadi salah satu alternatif untuk dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Tidak perlu menggunakan komputer atau harus pergi ke warung internet lagi dan mengeluarkan uang serta waktu yang lebih banyak,” bebernya. (viz)

Tip Menjaga Keamanan Data di Ponsel

Di zaman sekarang, semakin canggih sebuah ponsel, akan memunculkan kekhawatiran apakah data di dalamnya bakal aman terjaga? Banyak sekali kasus yang terjadi akibat pencurian data di ponsel, seperti foto atau video pribadi yang tersebar tanpa sepengatahuan Anda dan menjadi konsumsi banyak orang. Berikut akan diberikan beberapa tip untuk menjaga data data di dalam ponsel tetap aman. 1.Selalu pastikan konektivitas dalam handphone Anda. Bagi ponsel yang canggih, dilengkapi fasilitas bluetooth dan infrared, jangan biarkan bluetooth atau infrared dalam ponsel Anda selalu dalam keadaan hidup (aktif). Kemungkinan akan dimasuki si pencuri lewat konektivitas tersebut. Sebisa mungkin ubah pengaturan di ponsel agar setiap kali menerima transfer data lewat bluetooth atau infrared, selalu minta

persetujuan dari Anda terlebih dulu. Jika suatu kali Anda menerima kiriman data dari bluetooth dan orang yang mengirim tersebut tidak Anda kenal, tolak kiriman data tersebut. 2.Ponsel biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, menggunakan kode keamanan yang biasanya disebut PIN (personal identification number). PIN berupa angka yang dapat Anda buat sendiri. Selain kode PIN, ada juga PIN2. PIN2 merupakan kode PIN yang berfungsi sebagai pelindung lapis kedua. biasanya dengan PIN2 Anda dapat mengunci beberapa aplikasi yang ada di ponsel. Jika beberapa kali salah memasukkan kode PIN, Anda akan diminta memasukkan kode PUK (personal unblocking key). Biasanya kode itu disediakan oleh masing-masing operator. 3.Back-up semua data yang ada di dalam ponsel ke komputer. Hal itu untuk

berjaga-jaga bila nanti data di dalam ponsel hilang. 4.Saat membawa ponsel Anda untuk di service, jangan lupa mencabut memory card yang ada di dalam ponsel. Itu untuk mencegah data memory card Anda dikopi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 5.Saat akan menjual ponsel Anda, sebisa mungkin menghapus semua data di dalam ponsel. Periksa memory card, jangan sampai ada data yang tertinggal. Untuk lebih berjaga jaga lagi, coba format memory card berulang-ulang. Dengan kita menformat memory berulang-ulang, akan menyebabkan data benar-benar hancur (self-destruct), karena sekarang ada software yang dapat membangkitkan lagi data yang telah terhapus dari memory card. 6.Bagi Anda yang memiliki ponsel berkamera, usahakan jangan menggunak-

an kamera di ponsel untuk mengambil gambar-gambar pribadi. Tidak menutup kemungkinan orang akan berusaha untuk mengeksploitasi isinya. 7.Jangan meminjamkan ponsel ke sembarang orang. Jika ada orang yang jahil, dia akan diam-diam mengambil data pribadi di ponsel Anda dan menyebarkannya keluar. 8.Sebagai tambahan, usahakan jangan menyimpan nomor ponsel di kontak dengan nama seperti suamiku, kakakku, adikku, atau panggilan panggilan untuk orang terdekat. Mengapa demikian? Jika suatu saat tas Anda hilang dan di dalam tas Anda ada handphone dan kartu ATM, sang pencuri akan segera menghubungi orang-orang terdekat yang ada di phonebook ponsel Anda. Mereka akan mengaku sebagai teman Anda dan meminta nomor PIN ATM yang ada di dalam tas Anda.(*)


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

Harley Davidson Si Pengukur Jalanan

Hobi Modifikasi memang tidak ada habis-habisnya. Apalagi Harley Davidson yang satu ini, jika melihatnya, kata Metal! Pasti langsung keluar dari mulut. Motor yang dulunya elektra glide ultra klasik ini dimodif secara bertahap oleh Krisna Saputra. Dan hingga akhirnya menjadi motor Harley yang bertemakan street glide atau pengukur jalanan. Motor gede (moge) warna biru ditambah motif-motif ekstrim hasil kombinasi cat yang berkualitas ini tampak mencolok di antara kendaraan lain di Jambi Independent Minggu (18/4) kemarin, apalagi kalau malam, warna catnya seperti bercahaya “sangat cantik� kata Krisna. Motor yang se-

lalu ditunggangi oleh Krisna ini paling cocok jika diajak touring. Dengan jok Lapera dan knalpot Vanceehines dis-

amping kanan dan kiri motor, moge ini melayang dengan gagah dijalan raya. Performa-nya yang jantan dan ke-

cepatannya yang dahsyat ini tidak luput dari dukungan alat-alat yang melengkapinya. Fly wheel kuryakin, disc brake cover harley genuine, hypercharge kuryakin dan hand grip kuryakin menjadikan motor ini tidak kalah saing dengan motor race lainnya. Tidak hanya itu

untuk oto touring, moge ini juga paling nyaman dibawa ujar Wakil Ketua Ikatan Motor Besar Indonesia cabang Jambi. Pria yang dari kecil sudah menyenangi sepeda motor ini rela menghabiskan dana hingga Rp 30 juta untuk mendandani mogenya. Proses modifikasinya pun dilakukan sendiri di Bengkel Adeela Harley Davidson Modif miliknya di Kebun Kopi. Harley milik keturunan pencinta motor ini sudah melalang buana di bumi Indonesia, paling jauh ke Bali dan Lombok “november 2008 lalu� tuturnya.(dip)


Halaman

32

Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

SDN 128/II Muarabungo

Karate Tingkatkan Sportivitas Termasuk Melatih Kesabaran dan Keberanian Murid SOBA T Biy tentu mengenal SOBAT olahraga beladiri. Olahraga satu itu termasuk salah satu kegiatan yang cukup banyak diminati pelajar. Beladiri memiliki manfaat yang berguna untuk melatih mentalitas murid untuk berani dalam kebenaran dan menjunjung tinggi sportivitas. Beladiri, salah satunya karate, merupakan salah satu kegiatan positif bagi murid . Seperti yang dilakukan para murid Sekolah Dasar (SD) 144/ II, Kelurahan Pasirputih, Kecamatan Rimbo Tengah, Muarabungo. Kegiatan belajar karate diikuti 32 murid yang tercatat sebagai murid SD 144 Muarabungo. Pembina karate, Novendri, merupakan pengajar Institut Karatedo Indonesia (Inkai) di gedung Dharma Wanita, Bungo. Teknik-teknik yang diajarkan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate itu berupa teknik kihon. Teknik kihon adalah teknik yang terbagi atas gerakan dasar, teknik tangkisan, teknik pukulan, dan teknik kuda-

BELAJAR KARATE: Murid Sekolah Dasar (SD) 144/II, Pasirputih, Rimbo Tengah, Muarabungo, mengikuti kegiatan belajar karate. DWI SETYOWATI/JAMBI INDEPENDENT

kuda. Ada pula teknik kata. Teknik kata adalah kumpulan dasar atau jurus yang dapat diaplikasikan dalam gerakan karatedo. Sebanyak 32 murid yang mengikuti karatedo itu merupakan murid yang memang

benar-benar memiliki motivasi mengikuti kegiatan. Selain itu, ada pula yang turut dalam kegiatan atas dorongan dari orangtua mereka. Alasan di antara murid untuk mengikuti kegiatan karate, ada yang memiliki motivasi untuk

dapat meraih prestasi dalam bidang karatedo. Selebihnya beralasan dapat mengisi kegiatan positif usai pulang sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler karate tersebut diadakan setiap dua minggu sekali, setiap Sabtu dan Minggu.

Menurut Novendri, kegiatan karate yang diikuti bermanfaat untuk dapat meningkatkan sportivitas murid. Termasuk dapat melatih keberanian dan kesabaran murid. “Murid di sini bukan hanya diajar untuk dapat mempelajari gerakangerakan dasar yang dapat diaplikasikan, baik sebagai tambahan ilmu ataupun untuk pertahanan diri,� ujarnya. Namun di sini murid diajari menjunjung tinggi sportivitas. Bagi yang memiliki kemampuan menonjol, dapat meraih prestasi pada kompetisi yang diperlombakan. Siang hari yang panas tidak menjadi halangan bagi murid SD untuk memeroleh pelajaran ilmu beladiri dari instruktur yang membimbing mereka. Rata-rata usia mereka terbilang cukup dini, berkisar tujuh hingga sebelas tahun. Di antara murid yang berlatih ada yang memiliki bakat dan kemampuan untuk dapat mengikuti seleksi karate serta berbagai bidang olahraga yang akan diperlombakan bagi anak usia dini. Untuk diketahui, kegiatan dilaksanakan pada Senin (13/4). Itu merupakan kegiatan seleksi untuk mencari bibit olahraga dari berbagai bidang, termasuk karate, untuk tingkat Kecamatan Rimbo Tengah. (dwy)

TIP

Hadapi UN, Manfaatk an W aktu Manfaatkan Waktu DALAM waktu dekat Ujian Nasional (UN) akan segera dihelat. Untuk mewujudkan kuantitas dan kualitas kelulusan, berbagai upaya dilakukan Dinas Pendidikan, termasuk sekolah yang menerapkan berbagai metode pembelajaran. Salah satu upaya yang harus dilakukan baik sekolah, guru, dan pelajar dengan memanfaatkan waktu seefektif mungkin. Salah satu upaya yang harus dilakukan dengan menyiapkan kegiatan seperti les tambahan dan uji coba (try-out). Selain itu, siswa dilatih mengerjakan lembar kerja komputer (LJK). Apalagi kelulusan siswa menjadi tanggung jawab semua, bukan hanya siswa dan orangtua, termasuk guru dan sekolah. Menghadapi UN, ada baiknya

sekolah menggunakan sistem belajar kelompok berdasarkan tempat tinggal. Agar proses belajar kelompok bisa dikontrol, sekolah akan menunjuk guru pengawas sekaligus pembimbing. Jika waktu memungkinkan, sekolah membuatkan jadwal tersendiri bagi guru untuk mengunjungi setiap kelompok secara bergilir. Meski demikian, akan sangat sia-sia kalau tidak didukung oleh orangtua murid. Kontrol orangtua juga sebaiknya ditingkatkan. Kebiasan orangtua yang perlu dihindari, membebani anak dengan pekerjaan yang menyebabkan waktunya tersita. Jika memiliki kemampuan ekonomi, agar melengkapi sumber belajar dengan contoh

EDDY DJUNAEDI/JAMBI INDEPENDENT

soal. Bila perlu, secara khusus menyewa guru les privat. Tujuan yang hendak dicapai

dari berbagai metode belajar itu tentu tidak hanya untuk mengejar kuantitas, melainkan

kualitas siswa, sehingga memudahkan siswa memasuki ). perguruan tinggi negeri (PTN).


Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

BE CREATIVE AND POSITIVE THINKING

Hy Sobat Biy, kali nie Biy kedatangan tamu baru. Namanya; “Queen”. Tapi sebenarnya nama gank mereka tuch “Queen Cukiel”, karena yang ada cuma anak cewek, anak Queen. Mereka terbentuk sejak kecil lho (kayak De Rainbow gitu lho,, Itu tu yang film Kepompong di SCTV). Tapi ga semuanya temenan dari kecil… “Be Creative and Positive Thinking,” Sebagai panduan untuk kekompakan persahabatan mereka. Oh ya Sobat, mereka punya sweet memory lho. Tapi kalo menurut Biy sih ga sweet sweet amat dhe..(Hehehe, becanda kq...). Katanya mereka tuch kalo ada masalah selalu ngumpul untuk nyelesain masalah itu biar langsung kelar n ga ada masalah-masalah lain yang ngantri di belakang. “Kalo nyari teman jangan suka pilih pilih dhe, tapi terimalah mereka apa adanya mereka”. Tu Sobat bagus lho pesan mereka untuk sobat-sobat yang di rumah. (riko/opi)

TRI: Aku tuch baek sekali, cerewet, gokiel, ga ada TRI ga rame gitu lho. (FS: tri_kixizz@ yahoo.com) Donna;Diy tu pelit abiez, perhitungan, cengeng, plin-plan, tapi baek..kadang2 Yaya; Yaya tu tulalit, dak connect, donatur terbesar buat Queen Cukiel, asyik. Fitri; Fitri tu centil, suka tidur dikelas, baek, dak pelit. Eva; Pecinta musik, susah bayar hutang, tapi dibayar kq, sox ramah n asyik. Titin; Titin pecinta alam, suka ngupil di kelas tapi pakek tangan orang lain, narsis abiezzzzz, rame, n penenang kalo ada masalah... DONNA: Aku orangnya cengeng, baik, lemot kata teman-teman lho. (FS: saiank_qmu@yahoo.com) Yaya; Diy tu lemot, baik, tapi setia kawan lho. Fitri; Diy tu cengeng, centil lagi tapi baek... Eva; Diy tu paling suka ama musik, baek, n keibuan. Tri; Diy tu suka ngejahilin orang n baek juga dhe. Titin;Diy tu paling cerewet, paling gokiel, n paling suka ribut.

TITIN: Aku tuch narsis (ya banget), hobi ngelucu (pastinya), hobi ribut (nomor satu tu), hobi ngumpul ma anak cowok (selalu), n pastinya aku baek, asyik, n dibutuhin donk ama temen-temen yang lain...hahaha. (FS : me_aqyu@yahoo.com) Donna; Tulalit amat sangat, baik, perhitungan ma temen, enak diajak curhat. Yaya; Asli baek nian, tapi lemot, manjo, kurang dewasa, suka bagi-bagi duit. Fitri; Mati keelokan nian, sox lembut, perhitungan pula, n baek lah. Eva; Suka ngerebut yang bukan haknya, hobby nyanyi tapi lebay nian, suka ngedinginin barang orang. Tri;Asli orangnya asyik nian kalo curhat tentang cinta, kadang-kadang suka buang gas sembarangan, kalo EVA: Aku tuch suka banget sama dunia seni, truz baek, kalo masalah cinta paling setia, n bisa ngertiin keadaan temen. Donna; Diy tu baek, cengeng, plin-plan, kekanak-kanakan, suka caper. Yaya; Yaya baek, bisa nolong teman (selalu ada gitu dhe) n plin-plan. Fitri; Fitri baek lah, dak centil kq, setia kawan, ramah, narsis, n pemalu. Tri; Tri baek juga kq, selalu memberi nasihat, gokiel, asyik, rame orangnya. Titin; Titin orangnya asyik, gokiel, pemarah, suka bikin sakit ati, tapi baek kq

YAYA: Aku juga lemot kata teman-teman, truz tulalit, childish, n manja padahal g lho. (FS: yaya_ queen@yahoo.com) Donna;Diy tu orangnya pelit, tulalit, lemot, cengeng, baek n setia kawan. Fitri; Diy orangnya baek, setia kawan, centil, n narsis abiezzz. Eva; Diy tu dewasa sekali, baek, setia kawan n asyik. Tri; Diy baek, setia kawan, cerewet n jahil abiez... Titin; Ti t i n b a e k , cere­wet, centil, narsis, gokiel, n banyak lah.

FITRI: Aku tuch orangnya suka ibo ngeliat orang yang lagi kesusahan or sedih, baek lah, narsis, n setia kawan. (FS: pirang_moetz@yahoo.com) Donna;Donna pelit orangnya, cengeng, suko merajuk, lemot, tulalit, tapi baek. Yaya; Yaya lemot, tulalit, setia kawan, baek n perajuk juga lho. Eva; Eva orangnya pecinta seni, bisa diajak kemana aja, baeklah yang jelas. Tri;Tri tu setia kawan, baek, cerewet, narsis, enaklah diajak bekawan. Titin; Titin orangnya narsis, gokiel, cerewet, suka blak-


Halaman

34

Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

Dag dig dug .....

Menghadapi Ujian Nasional UJIAN Nasional atau biasa di singkat dengan UN tentu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi remaja yang kini kelas 3 baik di tingkat SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA. Karena ujian akhir ini sangat menentukan masa depan peserta didik setelah belajar di sekolah menengah atas selama 3 tahun. Kebanyakan dari mereka merasa malu apabila tidak lulus. Walaupun pemerintah telah memberikan solusi dengan ujian paket c atau mengulang untuk ikut UN tahun yang akan datang. Mereka kebanyakan merasa was-was dalam menghadapi UN ini bahkan ada yang tidak nyenyak tidur, tidak enak makan dan kemana-mana selalu membawa buku. Apalagi pelaksanaan UN tinggal menunggu hari saja, untuk SMA Sederajat 20 April dan untuk tingkat SMP sederajat 27 april. Dalam menghadapi ujian yang sangat menentukan itu, banyak persiapan yang telah dilakukan seperti belajar tambahan, les, bahas soal ujian tahun lalu, dan berdoa. “Udah, belajar di rumah, les dan berdoa,” ujar Yuli Elistiani siswa kelas XII IPA ini. Bahkan kebanyakan siswa ada yang sampai mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Karena merasa tak puas dengan les maupun belajar tambahan yang di sediakan oleh sekolah masingmasing. “Malahan saya juga ikut bimbel di luar sekolah,” tambahnya. Namun langkah itu tak membuat mereka menjadi lebih tenang dan rileks menghadapi UN, mereka pun masing merasa dag dig dug alias was-was. “Hingga sekarang masih was-was lah ya, karena ujian ini sangat menentukan sekali, percuma belajar 3 tahun kalau tidak lulus, malu sekali tentunya,” ujar Yuli lagi. Lain halnya dengan Fitriana siswa kelas XII IPA SMAN 9 Kota Jambi ini terlihat lebih santai dan pasrah dalam menghadapi UN. “Tergantung kitanya lagi, sudah siap tidak, kalau sudah les, bahas soal, belajar tambahan di rumah, apalagi ikutan bimbel, dan kalau sudah maksimal menurut kita, ya tentu sudah siap,” bebernya. Namun yang membuat remaja yang biasa di sapa Fitri ini sedikit was-was adalah standar kelulusan yang sedikit naik dari 5,25 menjadi 5,5. “Stnadar kelulusan inilah yang membuat saya menjadi dag dig dug,” ujarnya dengan sedikit mengeluh. Sementara menurut Nila dirinya merasa pasrah dengan UN yang akan dihadapinya, karena dia merasa sudah berbuat semaksimal mungkin dalam menghadapi UN tahun ini, baik membahas soal, les, belajar kelompok dan bimbel sudah semua dilakukan. “Saya pasrah saja, karena kalau di pikirkan

EDDY JUNAEDY/JAMBI INDEPENDENT

nanti akan stress, belajar sudah, les, bimbel, sudah semua sesuai kurikulum,” ungkapnya. Menurut siswa yang termasuk 5 besar di kelasnya ini pelajaran yang ditakutinya adalah mata pelajaran matematika 10 tips untuk membantu siswa yang masih duduk di bangku sekolah dalam mengerjakan Ujian Nasional : 1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal. Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. 2. Tenang dan percaya diri. Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. 3. Bersantailah tapi waspada. Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. 4. Preview soal-soal ujianmu dulu Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-

dan fisika. Alasan mengapa kedua mata pelajaran itu adalah karena fisika lebih banyak harus paham rumus dan menghafalnya kalau rumus salah maka salah lah hasilnya. Sedangkan untuk matematika selain soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. 5. Jawab soal-soal ujian secara strategis. Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. 6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. 7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.

harus menghafal rumus juga mengedepankan kecepatan dan kekuatan pikiran. “Yang sangat kami takuti adalah fisika dan matematika, kalau fisika menghafal rumus, matematika terlalu ribet,” ujar Nila yang juga diamini fitri dan yuli. (kin) 8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya. Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. 9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu. Periksa jawabanmu, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. 10. Analisis hasil ujianmu. Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Perlu diingat, belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari ujian tiba. Usahakan jangan menggunakan sistem kebut semalam. Justru pada hari-hari mendekati ujian, badan dan pikiran harus rileks, makanlah makanan yang bergizi. (*)


Minggu, 19 April 2009 n Jambi Independent

TIPS

Menjaga Kesehatan di TTempat empat Kerja Berikut beberapa tip menjaga kesehatan di tempat kerja: 1. Camilan yang disediakan teman kerja Anda di meja dapat menambah ribuan kalori. Jika tak berhati-hati, akan merusak diet Anda dan menambah berat badan. 2. Minum banyak air (sepuluh gelas tiap hari) akan membantu menjaga Anda tetap sehat. Buat rencana untuk menyukseskan program ini: bawa satu botol besar air mineral ke kantor, habiskan satu botol hingga saat makan siang, lalu isi lagi dan habiskan hingga pukul 3 sore, dan pada pukul 5 sore habiskan botol ketiga. 3. Satu yang paling penting yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat dan langsing adalah olahraga. Berjalan kaki saat makan siang adalah gagasan bagus untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Pasalnya jalan kaki bukan hanya membakar kalori, tapi bisa meredakan stres dan refresing. 4. Menyantap makanan siang yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tapi makan dengan porsi yang masuk akal merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan Anda. Jadi selain menyantap makanan sehat, juga perhatikan porsi makan Anda. Jangan sampai makan terlalu banyak dan lalu hanya duduk di kursi sepanjang sore atau jangan pulan makan terlalu sedikit hingga Anda kurang asupan nutrisi. 5. Tension neck syndrome (TNS) atau sakit di bagian leher dapat terjadi saat otot-otot bagian leher dan pundak atas tak tepat, atau salah posisi dalam waktu lama. Demikian menurut National Institute of Environmental Health Sciences. Biasanya itu dialami oleh pekerja yang bertugas menerima telepon hampir sepanjang hari atau mengetik selama berjam-jam. Untuk menghindari leher sakit dalam jangka lama, seorang profesor ergonomics (yang mempelajari hubungan manusia dan mesin) di Universitas Cornell, menyarankan, bagi pekerja yang bertugas menerima telepon, sebaiknya menggunakan speakerphone, penyangga bahu, atau menggunakan headset saat menerima telepon. 6. Ketegangan mata merupakan masalah lain yang diakibatkan terlalu lama duduk di depan komputer. Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit kepala, susah fokus, dan menambah sensitifitas pada cahaya, demikian menurut ahli dari Universitas California. Jadi sebaiknya jika Anda tak dapat membaca tulisan di layar komputer Anda dari jarak jauh, lebih baik perbesar ukuran hurufnya. 7. Tip yang kerap kali kita dengar adalah melakukan liburan. Memang pada kenyataanya, melakukan liburan sangat berguna untuk meredakan diri dari kesibukan, pun membantu mengisi kembali “baterai” Anda. Liburan juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan membuat pikiran Anda berhenti bekerja, khusunya jika Anda memiliki konflik, demikian juga saat Anda memiliki masalah dengan bos, rekan ker(*) ja, atau proyek yang Anda kerjakan.(*)

Halaman

35

Pilih Olahraga yang Cocok bagi Anak OLAHRAGA bagi kesehatan tidak diragukan lagi mamfaatnya. Karena itu kebiasaan untuk berolahraga harus mulai dilatih sejak dini, sehingga ketika beranjak dewasa sudah terbiasa dan bisa dilakukan secara rutin. Namun bagaimana memilih olahraga yang baik bagi anak? Pakar olahraga Wiwin bin adibu yang juga dosen Pendidikan Olahraga dan Seni (Porkes) Universitas Jambi (Unja) mengatakan, saat ini ada banyak pilihan olahraga, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Beberapa permainan untuk orang dewasa sudah banyak yang dimodifikasi untuk anak-anak dengan menawarkan miniatur-miniatur menarik. “Sekarang ada ratusan olahraga yang ditawarkan dari berbagai jenis, tergantung kebutuhan,” ujarnya. Untuk anak-anak, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yakni sesuaikan dengan umur, tidak mengganggu pertumbuhan tubuh, tidak berakibat cedera dan cacat tubuh, tidak menyebabkan trauma mental, cocok sama anatomi tubuh, dan harus sesuai bakat dan kemauan. Olahraga sendiri terbagi dua, yakni olahraga prestasi dan nonprestasi. Agar anak menyukai olahraga, orangtua harus menawarkan pilihan olahraga yang bersifat rekreasi. Di dalamnya ada kegembiraan, kesenangan, dan merangsang anak menyukai olahraga. Ada unsur sosial, bisa berteman, mengenal karakter, juga unsur kerja sama

dan melatih kepercayaan pada teman. Agar menarik, olahraga sebaiknya menawarkan unsur games, misalnya ada pertandingan di dalamnya dan ada unsur bersaing seperti olahraga prestasi. Tidak hanya itu, biasanya

anak-anak juga menyukai olahraga yang ada unsur adventure (tantangan). Menurut Wiwin, olahraga itu dibagi beberapa jenis, yakni olahraga permainan (games) seperti voli, basket, sepak bola. Ada olahraga pertarungan (fight) seperti

silat, karate, taekwondo, dan lainnya. Ada juga olahraga tantangan seperti terjun payung, panjat tebing, dan lainnya. “Dari beberap hal itulah, orangtua bisa memilih olahraga yang pas bagi sang anak,“ ujarnya.(( nid nid))

MEMILIH olahraga hendaknya menyesuaikan dengan usia anak itu sendiri. Menurut Wiwin Bin Adibu, untuk usia 5-7 tahun disarankan untuk memilih olahraga renang dan senam. Olahraga renang dan senam pada usia itu sangat cocok untuk melatih koordinasi, skill, dan daya tahan tubuh. “Ini harus dipersiapkan sejak dini,” paparnya. Khusus olahraga senam memang harus dilakukan

sejak dini. Hal itu perlu untuk melatih daya tahan dan kelenturan tubuh. “Kalau sudah besar baru mau latihan senam, ototnya sudah kaku, apalagi jika ingin jadi atlet senam,” ujarnya. Pada usia 7-12 tahun, anak sudah bisa ditawarkan beberapa pilihan olahraga seperti aerobik, bersepeda, lari, karate, taekwondo dan jenis olahraga beladiri lainnya, badminton, dan

olahaga sejenis lainnya. “Di usia ini, anak bisa belajar sekaligus melahirkan prestasi. Itu penting jika ingin menjadikan anak sebagai atlet,” ujarnya. Usia 16 hingga 18 tahun, anak sudah bisa dikenalkan dengan olahraga yang membutuhkan kekuatan otot seperti angkat besi, binaraga, dan dayung. “Usia 13-15 tahun, masa peralihan bisa ikut ke 7-12 tahun, untuk

persiapan mengikuti latihan kekuatan otot tapi bersifat ringan, belum ke olahraga khusus,” ujarnya. Ia menegaskan, anak yang masih di bawah usia 16 tahun jangan memilih olahraga yang membutuhkan kekuatan otot di dalamnya. Hal itu tidak baik pertumbuhan tulang dan otot dan tulang anak belum siap menerima beban berat. “Semua harus .(nid) bertahap,” ujarnya.(nid)

EDDY JUNAED/JAMBI INDEPENDENT

USIA ANAK: Dua anak sedang memeragakan gerakan beladiri. Sesuaikan Olahraga dengan kemampuan anak.

Sesuaikan dengan Usia Anak


Halaman 36

Jambi Independent n Minggu, 19 April 2009

DX’Sies Dancer

Perpaduan Seni Tari dan Musik yang Mengasyikkan Dance tidak selamanya identik dengan hal negatif. Dance juga bukan ajang yang biasa orang anggap sebagai pamer bentuk dan corak busana yang digunakan. Dance lebih kepada penciptaan seni yang bisa memadukan kreasi musik dan gerakan yang harmonis. Bisa menjadikan suatu ajang peningkatan bakat dan kelebihan skill yang dimiliki. Tidak semua orang bisa melakukan gerakan dance, apalagi menciptakan gerakan yang bisa senada dengan irama yang digabung dengan musik. Salah satu contohnya adalah DX’Sies Dancer. Komunitas olah tubuh dan seni kontemporer yang bermarkas di Jalan Ir H Juanda, Komp Mayang Mangurai No 17 B, itu merupakan komunitas dancer yang khusus beranggotakan remaja putri. Dengan latihan rutin dan banyak belajar, kelompok itu sering mendapatkan penghargaan di setiap lomba yang mereka ikuti. Lewat kreativitas, mereka kebanjiran manggung untuk mengisi acara–acara baik tingkat pelajar maupun umum. Sejak berumur belasan tahun, mereka bisa berkarya di bidang seni khususnya olah tubuh dan gerak yang dikombinasikan dengan musik yang dikemas terpadu. Kumpulan remaja putri yang mulai terbentuk sekitar 2005 lalu itu bermula dari masing-masing anggota yang memiliki hobi penari daerah. Mereka memiliki hobi dan kemauan maju sehingga bisa mengembangkan talenta yang dimiliki. Jadwal latihan empat kali seminggu. “Waktunya disesuaikan dengan masing-masing anggota. Kami harus membagi waktu antara sekolah, belajar, dan latihan, jadi harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Yang pasti sekolah dan pelajaran tetap nomor satu,” ujar Silvi

Bonita, ketua DX’Sies Dancer. Agi Febia, anggota DX’Sies Dancer, mengatakan bahwa setiap latihan, mereka lebih menfokuskan pada gerakan yang akan ditampilkan dan kombinasi dengan

musik yang digunakan. “Agar keduanya seimbang sehingga menghasilkan gerakan dan musik yang baik,” bebernya. Mulai 2005, tentu banyak suka-duka yang dijalani komunitas yang terdiri atas remaja aktif dan kreatif itu. Silvi mengatakan bahwa kelemahan yang sering dihadapi adalah sulitnya mencari kostum. Selain itu, jadwal yang terkadang bentrok dengan les maupun ekstrakuler di sekolah kerap menjadi salah satu hambatan.

“Saat latihan, kita juga harus bisa berkreasi sekreatif mungkin sehingga gerakan yang kita hasilkan bisa sangat memuaskan dan menarik. Yang terpenting, kita harus bisa membuktikan bahwa dunia dence itu penuh tantangan. Membutuhkan kreativitas tinggi, sehingga hal tersebut bisa mengajarkan kami bagaimana bersabar, saling memahami satu sama lain, dan bisa memberikan yang terbaik bagi orang lain,” bebernya. (mus)

c m y b

Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 3  

ePaper Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 3

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you