Page 1

Hal 27 Jambi Independent n mINGGU, 13 september 2009 n Halaman 21

Belajar Akting Hingga Jakarta

Hal 26

Alunan Ayat Alquran di MP4

Padu Padan Pakaian Muslim Modern

Senangnya dapat THR Lebaran Hal 24 Dongeng Semangka Emas III Hal 25

Dongeng


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 13 September 2009

NAK GAUL TU MUSTI BAGAYA Hy Sobat Biy, lagi lagi ketemu lagi ama Biy di minggu yang selalu cerah kalau kalian selalu nagkringin Biy (uh,,, ngarep nie Biy). Ya udah deh, Biy ga mau memperpanjang muqodimah nie, langsung aja,,,, kali nie kita kedatangan tamu dari anak-anak model jambi yang udah akrab banget kali ya dengan anak-anak muda di jambi. Kalo Biy sech ampe bosen secara anak model mulu yang Biy temui. Mereka menamai diri mereka NAGOYA “Nak Gaul Begaya”, hahaha,,, Jambi banget tu bahsa “karena kami lucu, makanya kami beri nama itu untuk gank kami” ujar Dilla yang baru sekarang lagi duduk di bangku kelas 1 SMA. Mereka tu masih seumur jagung lho sohibannya, soalnya mereka terbentuk waktu diadakan lomba model VON TVRI 2009… tu khanbaru banget mereka berteman. “Maju Terus Pantang Mundur” mereka menjadikan kata-kata itu sebaai pegangan mereka dalam menjalin pertemanan, katanya sech biar bias tetap solid sama-sama. Ya deh Biy do’ain semoga kalian bias langgeng ampe kakek

nenek deh,,,hehehehe Oh ya Biy pasti selalu ngomongin masalah sweet memory, karena pastinya selalu sweet sweet…. “waktu study tour, tangan seorang supir dinas perhubungan kejepit gara-gara aku n disitu semua pada ketawa, n aku jadi ga enak ama bapak itu, maafin aku ya pak” ujar sandy dengan senyumnya kala Biy tanya, bukan hanya itu lho Sobat “waktu study tour tu juga, tepatnya waktu kami di Candi Muara Jambi, disana kita tu Lunch bareng disalah satu pendopo, disana kita ngerasain kekeluargaan tu sangat kental… disitu kita belajar arti dari kebersamaan kita, pokoknya nice banget deh”. Nice banget lho Sobat, mereka udah kayak satu keluarga tu katanya (siapa yang jadi Bapak n Jadi Mamak ya disana….huahahahahha). Oh ya buat Sobat Biy kami mau pesan aja sama kalian semua “kalian tu harus selalu kompak dalam menjalin persahabatan dan tanpa memandang status social atau apalah yang ada diantara kalia”. Tu Sobat dapat pesen dari anak-anak model yang cuakep-cuakep ini ….jarang-jarang lho…. (riko)

DILL A “Aku tuch orangnya pendiam (tapi kalo dirumah DILLA aja), trus kalo disekolah aku tu ngangenin lho, n sekarang aku lagi jomblo lho.” Tito tu orangnya lucu, imuet, ramah, agak jail, ga perhitungan, yang bisa dapat dia pasti beruntung banget deh. Sandy ornagnya sox narsis, lebay banget (secara anak model gitu lho), cerewet abies n nyenyes banget, item manis tapi kalo dikasih gula. Hehehe. Galih tu kakak aku yang paling baik, kalo dirumah suka marah-marah, cerewet, suka ganti-ganti pacar karena sering disakiti, trus putus, cari lagi, disakiti lagi… tapi galih tu setia kalo ceweknya setia juga ama dia. TITO “Kalo kata orang aku tu agak lebay (padahal ga lo), jahil, kata teman-teman aku manies, n buat cewek-cewek jangan suka nyakitin aku donk.” Dilla tu anaknya pendiam banget, manies lah, baik, agak manja, n dia berteman tanpa liat status lho. Sandy anaknya lucu abies, item manies, agak jahil sech, tapi baik, n asyik deh buat dijadiin teman. Galih anaknya cakep (so pasti secara anak model gitu lho), ramah, selalu disakitin ama cewek makanya dia suka gonta ganti cewek, tapi dia tu setia banget lho. GALIH “Aku tuch biasa-biasa aja ya, ga neko-neko apalagi dalam milih cewek yang penting tu cewek baik, kata orang aku tu manies, n aku emank sering gonta ganti cewek karena aku tu mau milih yang terbaik, yang setia dan bukan karena aku playboy, tapi aku sering disakitin, aku juga narsis, setia kawan” Dilla tu adik aku yang kadang naik kadang turun emosinya, kalo lagi suntuk jangan harap bisa ditegur ama dia, orangnya juga cantik, imuet, narsis banget kalo liat kamera. Tito tu manies, baik, setia kawan, senasib ama aku, sering disakitin cewek, buat cewek-cewek nyesel deh sudah nyakitin tito. Sandy tu baik, narsis juga, ganteng, cakep, n gat au sech setia apa ga, n pastinya seru lah. SANDY “Aku tuch taat selalu kepada Allah, patuh sama kedua orangtua, kalem, sederhana, baik, ga sombong, setia, ganteng, lucu, imuet imuet, n pastinya idaman para wanita deh. Dilla tu kalem banget, supel, sederhana n pastinya dia anak yang baik. Tito tu slengekan abies deh, tapi manies (secara anak model), agak gokiel tapi sikit bhe, n pastinya sohib yang baik. Galih tu baiklah, lumayan sederhana anaknya, narsis abies (secara anak model), n dia lumayan pendiam kayak adiknya.

Meqom, q pndtg b4ru ne, mo tiz4m bwt k, devi yg lg kuliah d unj4, n bwt k2 ko2 d pad4n6 m6 k2 sukses sel4lu, bwt tmn yg mw knl miss/smsq di 085669864098 cp tw qt4 bs tuk4r pikir4n...bwt bi4n6l4l4 ..th4nksy,? +6285669864xxx Mexom biy,,rhehan dtang lg ne”t sam.tox ungu qlick_querst” ya,,moga makin qlic_querst” aj ya..buatna ayank q,,q ingin slamana mencintai mu..thanks biy. +628994028xxx M3c0m b!y, , , cy3 nh3, , , cy3 cm m0u b£9 mkcy mz ch3 y6 mr3n d4h d mw4d, , ch3 m0 t!¿4m 6h3 w4t 4££ fr!3nd ch3, , khzus'4 w4t n4, !d0, tut!, !4, n' 4£4n, , , 3!tz, , £p4, w4t h0n3y luph u s0 much,

,, +6285266028xxx Mcoem biy.ini aku eki mau krim slam ama tmen2 aku smuanya.trus buat icha yg di sarolangun i love u.thanks biy mga tmbh ckses ja. +6285266058xxx Coem biy . . Q pndtng bru ne santo nac boe'lian, m0e t$am wat friend q ‘man$ur, dani n feby'mkin c0ampact jo, wat fren q nac smk iqra mga kt lluz mu0a. .only 4 my lovely ‘dina smnsa'cnt q bgai mntri yg kn $ll br$nar,moe knl? Call/mz 085266656433biy suxez tyuz yow, . M0add yow biy'!' thx' . . +6285266656xxx Lcoo0m

Hi bee, i want t!sam again ne.. For my new friends: Bg n'dra,jho n , k amoy, a l v i n , a h m 4 d , ariev,n!mo,azman,melani,uci,ica,dll y g c a n ' t q s b u t i n o ne by one.. Thanks y clian cmua dh be my friend.. Moga2 we are always 2gether 4ever.. N sorry,for yg gk smpet q blz sms'y.. Thanks bee, i love u.. Sh!zhuk@ +6281374161xxx Hy bi4ng£4£4...aq £ìffèn..mw ticam dunk bwt tmn2 chubby bn9et,anie,aguzz,very.btw yg mw knl ma aq mz k no.ni ajah.. 085266734468. thank's, +6285266734xxx

M3com biy n3 wulan moet mw t5am y4 bwtx kx wir4 £oph u pipi... Bwt w4ndy jn9 mrh2 £g y 4m 4q tr5 tmn2 qu y6 £43n £4m p3rkosa 4j. W4d biy m94 5k535 d mu4d y mzx. Mksi. +628974130xxx sètè2s aìr,tük mgbatì lüka htì kü,yg tlüka krna cnta nya..o y güys..lw da,sms k cnì aja ya 081366612xxx.bb-j-cwøstrawbèrry +6285266951xxx tla_mecumb cmwa,,..nee riizyaa,nagt spentree batary,.._mu cuapzz” ajj bwt tment” q0e anagt” vii.1 ,...eang padach keyen gela,....mga ajj ntar qlo qt laz 2,.. Qta,, pda tetep skelz gee yeapzz.,...bwt biy,. Thx belambun, d_m0eat yeapz biy,, jgn mpe kgag , ,teyy.., (611) +6285764062xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6617-8307 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary.


Minggu, 13 September 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

23

Bidadari Sang jurnalis CERPEN: MEILA R

S

enja masih memerah, hawa panas dan lengkingan kendaraan tengah kota menabuhkan. Sesak yang mendesak desak. Mengusik kelelahan. Seharian pikiranku disibukkan oleh pekerjaan ini. Jangan tanya mengapa aku terjun ke dunia jurnalistik yang sama sakali belum pernah ku geluti semasa kuliah dulu. Aku pun tak tahu jawabannya. Mungkin memang nasib yang menulis namaku dan pekerjaan ini dalam satu garis. Jadi aku harus berdamai pada cita-cita awal, menjadi seorang akuntan. Yap, dulu aku mengambil jurusan akutansi pada Fakultas Ekonomi. Kalau tidak akuntan, aku mengira akan jadi seorang ekonom, pengusaha muda yang sukses atau apalah sehingga masih dapat membuat gelar sarjana ekonomiku dapat mengamalkan ilmu pasti yang kuperoleh nyaris enam tahun. Sebagai anak lelaki tertua harusnya aku malu. Adik perempuanku setahun lebih dulu menyelesaikan studinya di Fakultas Keguruan. Dan sekarang tak lain tak bukan ia bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di Sekolah Negeri. Dua tahun setelah bekerjaq ia menikah. Memiliki dua anak yang lucu-lucu dan hidup bahagia. Suaminya penyayang dan bertanggung jawab. Hidupnya penuh cinta, tapi sialnya itulah hal yang selalu di bandingbandingkan ibuku terhadap nasibku yang menyedihkan ini. Hidupku yang masih belum jelas tanpa pendamping dengan usia kepala tiga. Sebenarnya ini bukan beban bagiku. Tapi ibuku takut aku bertransformasi menjadi homoseksual jika begini terus. Maka ibuku mulai gencar mempromosikan aku di hadapan anak gadis teman arisannya. Tapi ugh!! Dimana harga diriku terus-terusan di jodoh-jodohkan seperti ini. Kalau bicara soal tampang, aku lumayan lah, pernah lihat jacky chan atau pangeran charles ? hiks, itu sih kejauhan. Tapi sebelas duabelas lah dengan wajahku. Tinggiku juga lumayan, 173 senti bisa-bisa membuat para gadis berada di awang-awang galaksi jika bersandar di dada bidangku. Apalagi mataku yang coklat pasti akan membuat mereka blingsatan saat ku tatap dengan sejuta pesonaku. Tapi bukannya aku tak hendak segera mengakhiri masa lajangku. Aku juga ingin menikahi seorang bidadari. Tapi MASALAHNYA adalah soal hati. Aku tak ingin terburu-buru mencarinya. Butuh waktu. Tepat pukul sepuluh malam, ketika bulan sabit yang menua memamerkan cahaya keperakannya. Menggodaku untuk menghabiskannya dengan terlelap merangkai mimpi bertemu bidadari, mengejanya dalam doa dan mendatangkannya dalam selaksa nyata. ZzZzzzz zzz, aku mulai tertidur, Terbius dalam kawah cakrawala dunia tak nyata, disana aku bertemu bidadari, cantik sekali. Berpakaian putih dengan mahko-

ta yang berkilau. Dia tersenyum padaku. Aku menjangkaunya namun tak tersentuh. Aku berteriak memanggilnya namun tak bersuara. Tapi .. “Kring!! KRing!!”. Sial, handphone ku menjerit minta diangkat. Ingin rasanya handphone itu ku lempar ke planet Pluto agar tak menggangguku bertemu bidadari. “halo” sapaku “Ardi, ada razia PSK di gang belakang kantor pos, cepet diliput !!” tut..tut.. kemudian tanpa ba bi bu telepon pun di tutup sepihak. Huh, yang benar saja! Kalau bukan tuntutan profesi, aku tak kan mengaktivkan nomorku pada jam-jam bermimpi seperti ini. Mengharukan bukan? Harus meninggalakan bidadariku demi bertemu PSK dan meliputnya. Terbayang sudah wajah-wajah perempuan yang akan ku liput.. Pasti hanya akan terlihat sekujur rambut yang tergerai menutupi wajahnya. Sekian kali aku meliput hal-hal seperti ini. Dan beritanya begitu-begitu saja. Kalau tidak PSK-nya mengulangi pekerjaannya lagi, palingpaling akan lahir PSK baru di gang yang baru pula. Dan gang gang itulah tempatku bekerja selain di kantor, Tempat Kejadian Perkara. Bekerja sebagai wartawan membuat ku terbiasa dengan semua hal yang serba mendadak, serba di deadline, dan serba tanpa koma. Dunia yang ku jalani nyaris tanpa batas. Tapi memang seperti itulah yang sebenarnya kumau, bebas tanpa batas-batas. Tak sampai 15 menit kakiku telah berpijak pada dunia lain. Dunia yang biasanya hingar binger justru pada jam-

jam istirahat. Dunia yang dikenal orang sebagai dunia malam. Di gang sempit ini masih tercium bau parfum merasuk kedalam rongga. Suara gaduh bercampur suara kendaraan SatPol PP riuh rendah. Malam yang damai telah berubah menakutkan bagi para mereka yang terjaring. Aku membidikkan lensa kamera ku pada beberapa pemandangan yang kurasa memiliki nilai berita. Kemudian bersiap menggenggam pena dan notebook untuk mencatat beberapa informasi yang akan ku peroleh dari berbagai sumber. Lelah juga, tapi hasilnya lumayan. Jika besok pagi beritaku ini naik kehalaman depan, aku akan berbangga setengah mati pada rekan-rekan di kantor. Bukannya untuk sekadar menaikkan gengsi. Tapi maklum, beritaku yang sudah-sudah belum pernah naik ke halaman depan. Bintang sedikit meredup ketika gang di belakang kantor pos itu telah senyap. Tak kurasakan lagi ada tandatanda berita yang akan ku liput disini. Tepat jam 2 pagi ketika batas lelah mataku membujuk nurani untuk pulang kerumah. Terbayang hasrat melanjutkan mimpi tertunda tadi. Tapi, eitss,, tunggu dulu. Belum lagi kunyalakan mesin motor butut ini, telingaku mendengar sayup suara tangis. Bulu kuduk ku bergidik setelah ku dapati lagi suara itu adalah suara perempuan. Sejuta nyali ku pertaruhakan untuk mencari sumber suara itu. Dan, tahu apa yang terjadi? Suara seorang nyaris seperti bidadari, cantik sekali. Sedang apa dia di tempat seperti ini tepat jam 2 pagi. Ketika ku tanya, sial! Dia malah

terus menangis. Dan atas nama perikemanusiaan aku tak bisa meninggalkannya sendiri. ... 1 tahun kemudian… “mas aku hamil” Bagaimana seorang suami tidak bahagia mendengar istrinya mendeklarasikan bahwa dirinya hamil. Aku akan segera punya anak? Ah, benarkah. Tak terbayang ketika aku memutuskan untuk menikahinya dulu. Betapa hati ku berunjuk rasa. Mengultimatum bahwa aku tidak akan pernah merasakan sakralnya selaput dara pada malam pertama jika aku menikahinya. Perempuan yang ku temukan sedang menangis di sudut gang yang terazia. Tapi sekali lagi, ini soal hati. Aku memutuskan menikahinya bukan lantaran ibuku yang uring-uringan memaksaku menikah. Juga bukan karena iba pada diriku yang masih single di ujung 30-an. Aku benarbenar merasakan sesuatu padanya, sesuatu yang tidak menuntut. Sesuatu yang ingin ku beri tanpa selaksa harapan ingin di beri. Sesuatu yang benar-benar bergejolak dan tulus. Yah, bisa dibilang sesuatu itu.. ehm..ehm.. .Cinta. Bukankah setiap orang berhak untuk diberi kesempatan kedua atas masa lalu nya yang segelap gerhana sekalipun? Tanpa terkecuali bagi bidadariku yang datang dari dunia malam. Dan ketika aku membawakannya cahaya lilin di tengah gersang dan gempita jalan buntu yang sebenarnya tak pernah ingin ia lewati, ketika itulah aku bukan hanya telah menjadi penerang jalannya, tapi juga menjadi penerang atas hatiku sendiri. (*)


Halaman

24

Jambi Independent n Minggu, 13 September 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing足kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

Annisa Mahendra Jalan HM Kamil LOrong Mawar RT 13 No 52 Kelurahan Wijaya Pura Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi

Senangnya Dapat THR Lebaran LEBARAN tinggal sepekan lagi. Adik-adik pasti sudah tidak sabar lagi ya? Karena biasanya saat lebaran, buat anak-anak pasti bakal banyak ketiban rezeki alias dapat THR dari sanak saudara. Baik dari mama, papa, kakak, paman hingga teman kerja papa. Pasti senang bukan? Jika sudah begini biasanya, bakal ada dompet khusus yang dibawa kemana-mana. Untuk menampung angpao THRnya. Nah, adik-adik, meski banyak dapat angpau di hari ebaran, sebaiknya jangan boros ya. Uang yang didapatkan sebaiknya tidak semuanya dihabiskan buat jajan atau hal-hal yang tidak perlu. Ada baiknya, uang tersebut ditabung untuk hal-hal yang lebih mendesak atau digunakan untuk hal-hal yang memang sangat dibutuhkan. Jangan sampai uang habis degan percuma. Sayang kan? Bagi adik-adik yang THR tidak begitu banyak, jangan sedih ya? Jangan sampai memaksa orangtua di rumah maupun saudara lainnya untuk memberikan di luar kemampuan. Kalau dikasih sih, diterima saja. Kemudian, jangan lupa untuk berterima kasih terhadap setiap pemberian THR yang diberikan ke adik. Jangan sampai sudah terima langsung nyelonong saja. Budaya terima kasih sangat penting. Ini bentuk penghargaan terhadap orang yang telah memberikan sesuatu yang baik kepada kita. Bagi adik-adik yang berlebih THRnya, ada baiknya juga berbagi dengan sesama. Terutama saudara-saudara kita yang memang sedang berkesusahan. Mungkin, ada sahabat-sahabat kita yang di hari lebaran tidak bisa mendapatkan baju lebaran atau makan-makan yang enak. Terakhir, jika adik-adik susah menyimpang THRnya karena terlalu banyak, jangan lupa untuk meminta tolong ke mama maupun papa untuk menyimpannya. Jangan sampai uangnya tercecer. Karena mereka pasti bakal menyimpannya dengan baik.

grafis : djatmikojambi independent

Bagi yang THR dalam bentuk barang, jangan lupa disimpan dengan sebaik-baiknya. Kalaupun harus digunakan, benar-benar dijaga

Tempat Bermain yang Aman TEMPAT bermain anak bisa di mana saja. Asalkan memenuhi syarat, si kecil akan senang bermain di tempat yang Anda sediakan. Apa saja syaratnya?

Salsa Sofia Fuada

Perumahan Taman Pall Merah Indah Blok G No 17 RT 19 Kelurahan Lingkar Selatan Jambi Selatan Kota Jambi

dan dipakai sesuai dengan kegunaannya. Nah, adik-adik selama lebaran ya, mudahmudahan dapat THR yang banyak. (nid)

Sesuai Kebutuhan dan Aman Idealnya, tempat untuk bermain adalah tempat yang cukup luas serta dapat memenuhi kebutuhan anak untuk bermain sesuai jenis permainannya. Sehingga anak dapat bermain sekaligus mengoptimalkan perkembangannya baik fisik, emosi, intelektual, bahasa maupun sosial. Tetapi tempat ini tidak harus be rarti dirancang khusus dan dilengkapi peralatan mahal. Cukup diusahakan agar tempat tersebut membangkitkan semangat seorang anak untuk bermain. Tempat in harus selalu bersih, bebas dari segala benda, mainan dan halhal lain yang dapat membahayakan keselamatan anak. Misalnya, tempat itu mempunyai permukaan yang datar dan cukup empuk, melindungi anak dari cuaca yang tidak bersahabat, tidak terdapat

ujung-ujung yang tajam serta tidak dilapisi cat yang mengandung racun. Di dalam dan Di luar Rumah Di dalam rumah adalah tempat bermain yang paling sering digunakan balita. Kamar tidur anak atau salah satu pojok rumah yang memenuhi syarat dapat digunakan. Jangan lupa sediakan tempat mainan yang mudah dijangkau, sehingga anak dapat mengambil maupun menyimpannya kembali dengan mudah. Jauhkan benda-benda yang berbahaya, tempat sampah, tempat obat, kompor, bendabenda yang menggunakan listrik terutama stop kontak. Bermain di luar rumah sebagai variasi permainan yang aktif seperti berlari, melompat dan memanjat perlu juga dilakukan. Di tempat ini anak dapat mengekspresikan dirinya dengan perasaan lepas, bebas sekaligus mengasah ketrampilan fisik, koordinasi otot serta seluruh inderanya. Pastikan tempat itu tidak ada puing, pecahan kaca, bendabenda atau barang-barang yang potensial menimbulkan bahaya. (*)


Minggu, 13 September 2009 n Jambi Independent

Halaman

Semangka Emas (3) SUDAH menyimak cerita minggu lalukan adikadik? Tentang Dermawan yang dengan ikhlas menolong seekor burung pipit yang terluka hingga akhirnya sembuh dan bisa terbang kembali. Nah,Keesokan harinya burung pipit itu kembali mengunjungi Dermawan. Di paruhnya ada sebutir biji, lalu diletakkannya di depan Dermawan. Dermawan tersenyum melihatnya. Biji itu biji biasa saja. Meskipun hanya biji biasa, senang juga hatinya menerima pemberian burung itu. Biji itu ditanamnya di belakang rumahnya. Tiga hari kemudian tumbuhlah biji itu. Ternyata, yang tumbuh adalah pohon semangka. Tumbuhan itu dipeliharanya baikbaik sehingga tumbuh dengan subur. Pada mulanya Dermawan menyangka akan banyak buahnya, karena banyak sekali bunganya. “Kalau bunganya ini semuanya menjadi buah, saya pasti kenyang makan semangka dan sebagiannya bisa saya sedekahkan kepada fakir miskin,” kata Dermawan dalam hati berharap. Tetapi aneh, setelah beberapa minggu semangka itu ia pelihara dengan baik, namun di antara bunganya yang banyak itu hanya satu yang menjadi buah. Meskipun hanya satu, semangka itu semakin hari semakin besar, jauh lebih besar dari semangka umumnya. Dermawan tergiur melihat semangka besar itu. “Kelihatannya sedap sekali semangka ini. Mmm….harum sekali baunya,” ucap Dermawan setelah mencium semangka itu. Beberapa hari kemudian, tibalah saatnya

semangka itu dipanen. Dermawan memetik buah semangka itu. “Wah…, bukan main beratnya semangka ini,” gumam Dermawan sambil terengah-engah mengangkat semangka itu. Kemudian ia membawa semangka itu masuk ke dalam rumahnya, dan diletakkannya di atas meja. Lalu dibelahnya dengan pisau. Setelah semangka terbelah, betapa terkejutnya Dermawan. “Wow, benda apa pula ini?” tanya Dermawan penasaran. Ia melihat semangka itu berisi pasir kuning yang bertumpuk di atas meja. Disangkanya hanya pasir biasa. Setelah diperhatikannya dengan sungguh-sungguh, ternyata pasir itu adalah emas urai murni. Dermawan pun menari-nari karena girangnya. Ia tidak sadar kalau dari luar rumahnya ada seekor burung memperhatikan tingkahnya. Setelah burung itu mencicit, baru ia tersadar. Ternyata, burung itu adalah burung pipit yang pernah ditolongnya. “Terima kasih! Terima kasih!” seru Dermawan dengan senangnya. Burung itu pun kemudian terbang tanpa kembali lagi. Keesokan harinya, Dermawan membeli rumah yang bagus dengan pekarangan yang luas sekali. Semua orang miskin yang datang ke rumahnya diberinya makan. Meskipun setiap hari dan setiap saat orang-orang miskin tersebut datang ke rumahnya, Dermawan tidak akan jatuh miskin seperti dahulu. Uangnya amat banyak dan hasil kebunnya melimpahruah. Tersiarlah kabar di seluruh kampung bahwa Dermawan sudah tidak miskin lagi. Bersambung..... (viz)

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)

25


Halaman

26

Jambi Independent n Minggu, 13 September 2009

Alunan Ayat Alquran di MP4 BAGI para penggila musik, MP4 menjadi alternatif yang pas untuk mendengarkan musik. Pada Ramadan kali ini, bermunculan produk-produk MP4 terbaru dengan menunjukkan berbagai keunggulannya masing-masing. Ada

yang bernuansa religi, ada yang dengan fasilitas gamenya atau kualitas suara. Bagi anda yang ingin mempertebal iman dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran, anda kini bisa mendengarkannya dari produk terbaru MP4 religi yang diberi nama Holy Qur’an. Kelebihan dari Mp4 religi dengan kapasitas 2 gigabyte ini adalah berisi

berbagai doa dan ayat-ayat Alquran. Suasana religi akan selalu tercipta menyertai anda bersama produk ini. Tak tanggung-tanggung, kapasitas untuk urusan religi MP4 ini mencapai satu setengah gigabyte. Jadi sisanya masih bisa anda gunakan untuk mendengarkan lagu-lagu. Untuk produk MP4 religi satu ini diberi harga Rp 450 ribu. Namun batery yang terdapat pada Holy Qur’an ini hanya mampu menyuplay tenaga selama kurang lebih 3 jam saja. Lumayan untuk sekedar mengisi waktu kosong. Jika anda menginginan kualitas suara yang baik. Maka produk dari simbada lah yang tepat untuk anda miliki. Dengan produk terbarunya yang diberi nama Deoshin Simbada kembali unggulkan kualitas suara. MP4 dengan kapasitas 1 gigabyte ini di bandrol dengan harga Rp 480 ribu. “Kalau untuk urusan kualitas suara, produk simbada inilah yang terbaik,� kata karyawan Eleven, Lilis. Karena pada Deoshin ini suaranya sudah memiliki bass dan kualitas (mg02) suara juga lebih jernih.(mg02)

FOTO-FOTO EDY DJUNAIDI /JAMBI INDEPENDENT

Cocok untuk Main Game NAH untuk anda yang penggemar game, jangan khawatir. Produk dari Advance ternyata juga sudah siap untuk memanjakan para pelanggannya. Pada Advance tipe M70-2S, produk ini sudah memiliki fitur game dengan didukung oleh bentukanya yang cocok untuk bermain game. Jadi anda bisa mendengar musik sambil bermain game untuk mengisi waktu luang anda. Tipe ini sudah memiliki banyak keunggulan dengan berbagai fitur di dalamnya yang akan memanjakan anda.

Terdapat bermacam game di dalam Mp4 satu ini. Karena di dalamnya sudah dibenamkan memory sebesar 4 gigabyte. Jadi cukup banyak game yang bisa disimpan di gadget satu ini. Tapi sekali lagi, produk ini pun juga memiliki kapasitas battery yang tidak tahan lama, hanya mampu hidup selama 3 jam. Untuk Mp4 yang mengunggulkan fitur game ini di bandrol dengan harga Rp 540 ribu. Jadi silahkan anda pilih mana yang tepat untuk anda.(mg02)


Minggu, 13 September 2009 n Jambi Independent

Halaman

27

Belajar Akting Hingga Jakarta MENGAKU beranjak dari hobi sedarikecil, cowok bernama lengkap Galih Wira Pranata ini perlahan mulai menapaki diri sebagai salah satu model andalan yang dimiliki Jambi. Hal itu, bukan tidak dengan alasan. Galih, begitu sapaannya sudah mendapatkan berbagai penghargaan dari prestasinya di dunia modelling. Bahkan, ia bertanding hingga ke Jakarta. Sebelumnya, galih mengaku pernah mengikuti sanggar bakat yang ada. “Karena dulu, tidak tahu bagaimana cara menyalurkan bakat yang ada,” ungkapnya. Dari sanggar itulah, Galing kemudian

mengikuti beberapa pemilihan yang digelar di Jambi dan Jakarta. “Pernah selama 1,5 tahun daya berada di Jakarta, belajar modelling dan akting,” ujarnya. Selama di Jakarta, kata Galih, ia sempat belajar banyak hal guna menunjang hobinya di dunia modelling. “Saya pernah belajar akting dengan Sudibyo, adiknya WS Rendra yang merupakan orang dari Teater Taman Ismail Marzuki,” katanya. Ia juga pernah belajar akting dengan salah satu sutradara di salah satu stasiun televisi swasta. “Saya diajarkan bagaimana cara-cara akting yang baik,” ungkapnya. Selain itu, kata Galih, dirinya juga belajar tentang ke-

tenangan diri dan mendalami seni peran. “saya sangat terkesan sekali, dan rencananya akan kembali kesana untuk lebih memperdalam,” tandasnya. (lyn)

Biodata Nama Lengkap : Galih Wira Pranata TTL : Jambi, 30 Maret 1989 Alamat : Jl. Matahari I no 35, Telanaipura Jambi Hobby : Modelling, akting dan basket Nama Ayah : Raden Jumeydi Nama Ibu : Tuti Yuliawati

Prestasi - Juara Foto Tingkat Nasional favorit tahun 2007 - Juara Harapan I PPPP tahun 2007 - Finalis Putra Putri Batanghari 2007 - Finalis Bianglala tahun 2007 - Finalis Sepatu Eagle tingkat Nasional, wakil Jambi yang masuk 20 Besar - King Yamaha tahun 2009 - Juara I duta PHRI tahun 2009 - Juara II Jambi Artis Management - Juara II Lomba baju adat se-Provinsi Jambi

Galih Wira Pranata


Halaman 28

Jambi Independent n Minggu, 13 September 2009

Menjelang lebaran, pakaian muslim merupakan salah satu produk yang

paling banyak menjadi incaran. Anda tidak perlu bingung mencari pakaian muslim yang cocok untuk Anda. Saat ini, tersedia cukup banyak pakaian muslim yang bisa menjadikan Anda terlihat lebih feminim dan tidak meninggalkan kesan seorang muslimah. Bagi wanita modern, Anda bisa memadupadankan pakaian lengan panjang dengan celana panjang. Tidak harus menggunakan pakaian gamis. Ini lebih menimbulkan kesan modern bagi wanita modern seperti Anda. Bagi Anda yang tidak menggunakan Jilbab, selendang panjang juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa disesuaikan. Hanya saja, jangan lupa untuk membuatnya matching. Perhatikan warna pakaian, dan bentuk tubuh Anda sehingga penampilan Anda nanti saat lebaran tetap modern dan cantik. (viz)

Agar Berat Badan Lebih Cepat Turun

Memilih makanan yang baik sesuai dengan kebutuhan sangat dianjurkan jika Anda ingin program penurunan berat badan berhasil. Trainer Bob Harper, pengasuh acara penurunan berat badan The Biggest Loser akan memberikan tip yang sangat berguna perihal makanan dan pola makan agar diet sukses.

Foto: Aldino Model: Tri dan Kokom Lokasi: Bong Collection samping Hotel Novotel kota Jambi.

• Pilihlah semua makanan yang tumbuh dari tanah, atau dapat dipetik dari pohon lebih baik bagi kesehatan dan dapat mendukung program penurunan berat badan Anda. • Singkirkan sumber masalah. Singkirkan semua makanan yang menggoda dan tak sehat dari rumah Anda dan tahan keinginan untuk membelinya

• Tambahkan sedikit rasa seperti daun mint dan perasan air jeruk nipis ke dalam air putih yang akan diminum sehari-hari.

• Jika Anda tidak memiliki gelas ukur di rumah untuk mengukur porsi makanan, gunakan kepalan tangan Anda untuk menentukan ukuran porsi yang tepat bagi Anda. Mulai dari dada ayam, sayur-sayuran hingga buah-buahan, masing-masing ukurannya harus sesuai dengan besaranya kepalan tangan Anda. • Jadikan kebiasaan bersantap sebagai aktifitas yang menyenangkan. Duduk yang manis dan nikmati makanan dengan perlahan daripada makan terburu-buru. • Hidangan pembuka

yang paling baik untuk dipesan ketika Anda makan di restoran masakan asia adalah edamame atau kedelai kukus. Edamame rasanya lezat dan Anda

juga dapat membutnya di rumah dengan mudah. Tinggal kukus kedelai selama beberapa menit, angkat dan hidangkan. (*)

Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 2 September 2009  

ePaper Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 2 September 2009

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you