Issuu on Google+

Jambi Independent n mINGGU, 12 april 2009 n Halaman 21

MONSTERs Vs aliens Hal Aksi Para 27 Monster Melindungi Bumi Hal 29

Ajari Anak Minta Maaf

D’ blastertzzz... Basket For jalin persahabatan Live Hal 23

Jambi Matic Brother; Hal 36 Jalin Persaudaraan

Hal 31

Modifikasi Speaker Laptopmu

c m y b


Halaman

22

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

DEAR SOBAT BIY M. Surtan 1. Surya Elviza 3. Lukman Hakim 5. Siti Masnidar

2. Finarman 4. Deddy R 6. Risza SB

1. Selvia (IAIN Jambi)

2. Rida (Unja)

Huy biy mch dg ecka naq revany mw senggol2 bwt F/M sk0ta jmbie ay mw pny buanyk tmen ne jgn p0h add dfs “kiss_ny@bwt.me” djmin ay asyk nian..bwt naq2 cls3 med UN b smga qta2 anq jmbi3 lu2s smw y0w baek dr zcul mn0 pun..amien.. +628973657xxx hl...pr cewk jump-be.kl u mau pngn knal m 4q n .”one-two”.... Ank kon5ul jamp- bee, n nmr 4q081366915598 +6281366915xxx Asslm..ß!y, Q pnDt9 ru n3ch !! NmQ t!4rå,mo Tìs@m watnx fri3nd qu d smpn 2È ma.jmb trtMa xlz Ix m9 UN ntì bz llz smua..y9 mo nal q hub.+6285266775778 +6285266775xxx MEc0EmM.. haY bIY,. ? DH |m4 6X 9ßun6 d bIAN9LAla. , . qU m0W T!cAM NecH WaT PcR Qu aDe. . TrUZ W4t tMn qU OCha n eLHAn y9 ScKVL d sMP 3 bULIAn. , . W4T nY TMn QU w!lLY . . M3t uLTH y? M94 Pnjn9 uMR.. 0ea, wAT 4nX 9a,9b,9c rJ!n” bLjAR y 5pYA LU2z. . BWt biY. . M6A sUxc3zZ TyUZ. . . D muATZz y?Wa55lm.. +6285266526xxx m3com Biy...n3 6w Ri5k4....6w mw Ti54n nich mo 5Yn6 q lw Ri5k4 sYn6 bn63t m4 dy5mgh sYn6 q d4 5i4p n6ikuti uji4n UN d4n U5 1 Lov3 you cYn6 q...Thanx5 y4 Biy [sweety girl] +628975351xxx mEQ0m b!y.Q ndTang rU n!Ch, nM Q Qhe2.mw tcAm bWt s0me0ne Q,sH0k!m aii laft iuu say ..bwt pLeNd Q,m”f y Lw dA slAH. Qhe uga mOe cRe tmEn brU ne ..mMz/cALl k cnE 08994036995 z y ..tLg d’mUat z b!y,pLeaSe ..bWt b!y, cMga suXseZ. +628994036xxx hi by. . . nE dO dTang gE,, Cma mO tisaM ja ne bwT sLruh aNk2 sMa kLas 3 khusUs na. . . smOga thuN ne kTa sMw Lu2s UN n UAS ya,? tyUz. . . bwT sOmEoNe qU yg ada di sMafiq,, dO syaAank bngT ma kmU. .. n bwT yg mO jdi tmEn qU,, adD fs qu ja (highsmile@yahoo.com) ,,bwT by,,aLwaYs the besT yO,, :) +628994026xxx mEcOm ,,hy biy aq aBdul ne pndtang rU ,,mø tic@m buat ank2 clz3 mGa qta lu2z cMua,,wat mNtn2 aq pa kbr ne

BEBERAP A hari yang lalu, kita baru BEBERAPA saja mengikuti pesta demokrasi. Hayooo, siapa yang golput??? It’s ok! Semua sudah berlalu, bagi yang kemarin emang “terpaksa” golput ya udah gak papa, ke depannya jangan sampai terulang lagi. Coz sayang donk, udah dikasih hak gak dipake.. ya kan?? MMmmm, sekarang hasil dari “pesta” kita kemarin udah terlihat. Nah, bagi yang merasa menang jangan terlalu sombong atau berbesar diri. Dan bagi yang kalah, tetap ikhlas, sabar, bersyukur dan istiqomah.. Mungkin belum saatnya..

DEAR SOBAT BIY

DEAR SOBAT BIY

Ingatlah, yang menang bukan berarti benar, yang kalah bukan berarti salah.. Ohya, Biy tiba-tiba ingat neh, ada caleg yang masuk Rumah Sakit Jiwa garagara kalah, bahkan di Bali ada yang bunuh diri segala.. Idddih, serem yah.. Benar seh, tuh para caleg dah ngeluarin uang buanyak untuk kampanye supaya menang. Tapi, kalau ternyata gak menang apakah harus menyesali apa yang telah dikeluarkan? Apakah harus putus asa? Stres atau bunuh diri?? Tidak sobat. Dekatkan diri pada-Nya.. Bersyukurlah dengan segala keadaan

yang ada. Yang terpenting kita telah berusaha, selebihnya rakyatlah yang menentukan. Masih ingat kata Mario Teguh?? Berikan sikap terbaik dalam kondisi bagaimanapun. Kemudian perhatikan apa yang terjadi. And then, itu sedikit pengantar dari Biy terhadap PEMILU Legislatif 2009 yang telah berlangsung. Dan bagi sobat yang saat ini cuma punya hak memilih, persiapkan diri hingga tiba saatnya sobatlah yang dipilih. Believe it!!! Vini Vidi Vici… Salam Kompak Kru Biy

cKrng,,wat sømeøne,,aq cYaNk bnget am qmu,,bwat yg mO knl ma aq call or mz ja k’ nO 08994035717.mGa + sukses ja u/ biy, ,tLöng d’muat ya biy.. +628994035xxx

lia d’smAndu + beSt fRiend me yg cNtk n iM0et iCha n sTelLa. . N tmEn2 Q d’sPanj0laz. . D0a’in y0w sPy Q n frIend lu2z,, amIen.. Tisam sPciAlz wat aA’ iDh0 my l0ve.. +6285266812xxx

m’cum. . .By vivi Dtn9 L9 Nech kcih y UDh Mu4t CmZ vi,tis4m J w4t jh3ki {kerinci} ,m9 bh9i4 m PCr BrU ny,y9 mw JD tmN vi mz or c4L K 085366033382. +6285366033xxx

M3c0m..MeE pndt9 ru nech..MeE kholiz..MeE mo tisam tk tmen2 meE mg qt mkn kmpak j cuy..N tk someone yg always brda d ati meE,meE synk m dy,n psisix gx khn trganti d ati meE..Thankz biy..Dmuat y..N m3c0m.. +628982391xxx

Biy.....ThaNxZ YaAa....Ñè Nhé2PeSÄñ MréÑ ùd d mùÅT...tMèÑd ñHè jD BrtmBH....Bwt aDy....u pST MÑdptKañ cé Y6 ù iñ96ìñKÄÑ.....DäH TÜw aJ BìY THanXz yÖW...wWw. +628978715xxx Hai Biy,Salam kompak aj slalu,Q dicky, mau tisam buat anak2 D3 perpajakan F,Gmn ne dah pd nyusun KI lumz,Buat yg mo knl,08973683081 +628973683xxx Mec0mZbiy . .M0 ti_caM neh wAT HAQIM ank vanatic bandnur snan9 bn9et dpet tmen kyak haqim . . .J9an lpain nur yachc0z,nyaman b9etzZ dkat m haqim . . . +6285764144xxx Hi biy. . .Ne wien pndtng bru. . .q mao ti2p clm wat tmn2 q d taruna. . .bwt cmua cnior wien mga lu2z cmua. . .amien. N bwt chynk aq oky. . .knpa ch skap hney kyak gto ma swty. . Swty chynk hney. N bwt tmn baek aq. .sumi, tika, leny n yg laenx . .d muat y. . .tmbah sukses y biy. . . +6281994685xxx Hai Biy,Salam kompak aj slalu,Q dicky, mau tisam buat anak2 D3 perpajakan F,Gmn ne dah pd nyusun KI lumz,Buat yg mo knl,08973683081 +628973683xxx BIANGLALA mEcOm ,,hy biy aq aBdul ne pndtang rU nech ,,mø tic@m buat ank2 clz3 mGa qta lu2z cMua,,wat mNtn2 aq pa kbr ne cKrng,,wat sømeøne,,aq cYaNk bnget am qmu,,bwat yg mO knl ma aq call or mz ja k’ nO 08994035717.mGa + sukses ja u/ biy, ,tLöng d’muat ya biy.. +628994035xxx Mecq0eMm biEy.. Q wIe_Wied pNdtg ru. . M0w tiSam ne wAt ka’ sePu2 Qoe

MeCOOM biY..NE ilBAR..THanks bwt neW FRienD From BiY,.Lam kompax All,.to RoCK!N hOLiC lam HArMoNi..n BAd Girl lam CIPoex’s.TO.ILbAR CrEW Kapan Ngjems?lgu la siap ne..by.AS66110476ww.ilbAR.Com +6285266110xxx mExOm . . . Ne q GuTrI q Mw TiSaM bT Ug!e,aNiE n cHuT MgA TmBh2 Za. +6285266515xxx t#4_L4mQøEm , ,nMpaN9 nÌmBru9Kz yoW sCaRa dAh LamÆ nè 6 k n dMuAt nE cmZ W. ThankzZ Lov u oCy mi5s u FrEnds.wat winda your the bEsT frEnds.n wat by 60oD luc nOn60l d81Y .W rAm4 mo sAyaN6 waT my DÈaR doNi LuV U forEfEr . Wat +628978708xxx hy_,,,B!y,,,I’m_@ neW c4m3.nMa Q AruL d y@d¿ka_j3boL.Aq mo t!5aM bwT wafiQ,,TaNto,pak uwoö ,bwT b’gurning tamp4 “G”, n 5mua2 yg knäL må_Q.KebTln Q peNdT6 bru d jambi neh.Aq mo cR! tMn,,,khznya cw3 5ypa t4U bSA TTM an,,,cAlL aq yoo d 081260802530 mz j6 g pa”.Bwt b!Y,,,Thx_b6T.m64" mKn 5uzs j@.Thxz,,, +6281260802xxx

sndri,bth tmN crht Ne..caLL Za yowZ ksNe..to biY,Mkch.. +628974105xxx Mec0mZ..BIY..Ne cweX CutE..Mw bag!2 puisi Ne..muatN yoWz..H4ti in tk brhnti mnybt nm u h4ti in tlh trukr nm u $mp! M4t! Tkkn prnh tr$pu krn h4t! Q tl4h jd mlk u . $gl4 yg Q dpt $lm4 ne tk l4!N krn pngrbnn ht! Q . Q brhrp pd !L4h! 4gr cnt4 Q hdp 4bdi.m4t4 ne tk bz brkdp lg ktk4 u dtg dg sjt4 mmp! Yg tk bz mt! Mngh!4$! Hdp yg f4n4 ne,puisi Ne to k2 q Yg Lg ujian kLU2Zan..smNgt YowZ.. +628974105xxx Mec0m. . . h4! b!y Q pNdtng ru n3 nMa Q r4hm@ Q mW t!Sam n3 bwt r!n4,s4r!,k3 nuG!e,k3 !wAn tRtm4 bwt ya2nk Q,o3a bg! yG mw jd tmN Q cmz Atw t3lf aj y0wh k’n0 n3 081366287547 Bwt b!y mGa + sUks35 aj y0wh th4Nk’s y0wh b!y +6281366287xxx Mec0mZ...BiÝ...NE dEbY d bnjar{jambi_citY},mw ticaM to s0bat2 gW {tya,murNi,puji,ida} Lam koMseL Za YowZ...To kX sukar cpt sMbh Za YowZ..To tmN crhat q{kX IrhaM} mkch uda dNgrN chtN dEbY..To biY mkch... +628974105xxx M3~c0mߥ mw prm05! Num6r n!h . . . 089831299044q j9 mw tc4m w4t mnt4 4q R3z4,z4 k0 9 prnh cmz 4q l9 53h,z4 wlpn qt ud ptz tp 6lh kn 4q jd tmn r3z4.Tl9 d mu4t y ߥ n Num6r 4q j9n d tu2p.Mkc! ߥ. +628983129904

Hy...mw tisam ne but ank smandel las 3 ipa,,,smga lu2s UAN...n ijo lumat ank xavda jngn mrhan truz kan ntar ge ujian damai ja lagi +628975362xxx

AsSLm By,, Nm q Idhä, idhä m4v tiC4m Ni khvcs ny KLz 2 Akun N’ Buat Ssrn6 y6 4d d Broni,Ampe CKrn6 bLm ida Lpain,Adx msh kngn n’synk bgx m k2.WLapn kt jr n6 bngt cmz/tLfn.WLpn hti mu j4uh dr q,Aq 4kn Tt4p mnyyngmu smp4i kpn pn.Bg y6 ingn KNL m ida k No 08974194429.Oy by dimuat yAwW,,N’ sux3s tyvZz by,, +628974194xxx

M e c 0 m Z . . . B I Ý . . . N e dEbY_swEÉtZ16,Mw gbuNg2 Ne k bIÝ..Mw ticaM to anX2 SMK DB4 khusus_Ny 2ak bLzar yg rajiN2 Za YowZ..To RIFANI,IRHAM,SANDI N” k2 LaZ dEbY..tetap smNgt Y,To hdpn ujian,N” mdh2 Lu2Z YowZ..to Ndri

mEy_c0mE bIy neC 3nDah cpEn_p0eL3nDah mW TizAm z bwT h0nEy Q jgn mRaH_2 ty0ez LaBwT thE sIxsEnTh cLam k0mpaK wBwT anX cpEn_p0eL m0ga Lu_2s CmUa Di muaT IoGh bIy ..ThanK’z +628975329xxx

Buat kamu-kamu yang ingin kasih saran, kritik, komentar atau apapun seputar Bianglala, kirim surat saja ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau SMS ke nomor 0813-6624-7568 atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Bagi yang ingin kirim-kirim salam ke teman, pacar, keluarga atau lainnya, juga bisa kirim ke alamat yang sama. Ops, yang ingin bercerita tentang aku dan sahabatku bisa mencurahkannya di Rubrik Diary, halaman 33.


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

Basket for Life, but Family is Number 1 Hai Sobat Biy, ketemu lagi nich. Kali ini kita kedatangan cowok cakep dari SMAN 2 Jambi yang mempunyai nama lengkap Ferli Muliawan. Cowok yang

biasa disapa Ferli itu merupakan kebanggaan orang-orang sekitarnya, karena prestasinya yang segitu banyak membuat semua orang bangga padanya.

“Aku latihan setiap hari, soalnya aku ingin sekali sukses di bidang yang aku tekuni sekarang ini,” ujar cowok yang genap berumur 18 tahun pada 26 April nanti. Sobat Biy yang merupakan teman dekatnya, diwajibkan untuk memberikan kado pada cowok satu ini. Cowok yang mengawali debutnya di dunia basket sejak kelas 3 SMP itu ternyata banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Soalnya, dia kalau pulang sekolah terus ke rumah sebentar saja, untuk berganti pakaian dann makan kemudian ke lapangan basket untuk latihan. Selain itu, malamnya dia menghabiskan waktunya nge-gym atau fitnes. “Aku tuh di-support banget sama orang terdekat aku. Mama, papa, teman-teman dan semua yang kenal dengan aku. Tapi satu yang bikin aku gusar, soalnya sekolah enggak ngizinin aku menjalani kegiatan tersebut,” ujar cowok yang bercita-cita menjadi pebasket nasional yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa itu. Sebenarnya Ferli masih belum puas dengan prestasi yang sudah dia capai saat ini. Masih ada sesuatu yang belum tercapai. Ferli bisa seperti itu berkat Mas Pipin Jet dan Mas Andy yang setiap hari melatihnya. Ferli terobsesi banget sama kedua pelatihnya itu dan dia juga terobsesi dengan Denny Sumargo (pebasket nasional yang mengharumkan nama bangsa Indonesia). “Aku tuh ingin banget sukses seperti Denny. Untuk itulah aku harus latihan setiap hari biar aku bisa jadi lebih hebat lagi.” Cowok yang mempunyai banyak prestasi di bidang ekstrakurikuler tersebut in g i n l e b i h m e m fokuskan diri di bidang basket. Katanya sih lebih klop di basket. Buktinya, di antara semua perlombaan yang pernah diikuti, dia enggak bisa melupakan perlombaan yang p e r n a h dia ikuti di Politeknik Caltex Riau, Januari 2009 lalu. Menurutnya, di antara semuanya, dia senang banget dengan perlombaan itu. Ya, itu terserah Ferli. Buat Biy, semua perlombaan itu bagus, tergantung kita yang menyikapi. (riko)

Ferli Muliawan

BIODATA Nama lengkap : Ferli Muliawan TTL : Jambi, 26 April 1991 Tinggi / Berat Badan : 169 cm/53 kg Hobby : Basket dan band Nama Ayah : M Muhidin Nama Ibu : Husni Elia Alamat : Jalan Lingkar Selatan, Jerambah Bolong, Jambi

Prestasi

- Peserta Jambore Daerah Tahun 2001 PANRA JAMBA 2001 - Peserta Jambore Nasional Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 2006 - Juara II Turnamen Bola Basket Tingkat SMA/MA/SMK se-Provinsi Jambi 2007 - Peserta PORPROV XVIII Tahun 2008 (Pekan Olahraga Provinsi Jambi) - Peserta “For Succesfully Participate in Inter High School Basket Ball Tournament 2009” di Politeknik Caltex Riau


Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

Ramalan Bintang 1. CAPRICORN

(22 Desember - 19 Januari) Nggak salah kalau ada yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Sakitnya dikhianati orang yang kita cintai emang bikin susah makan sampai susah tidur. Terimalah dengan hati lapang. Semakin kamu berusaha melupakan, semakin susah untuk dilupakan. Maafkan dan move on...

2. AQUARIUS

9. VIRGO

5. TAURUS

(20 April - 20 Mei) Perhatian simpel darimu mampu membuatnya bahagia. Tak perlu untaian puisi untuk membuatnya tersenyum. Yang dia inginkan hanyalah kehadiranmu. Meski sibuk karena tugas yang menggunung, luangkan waktu untuknya walau sebentar. Kencan spontan sepulang sekolah boleh juga lho.

(23 Agustus – 22 September) Dering telepon adalah hal yang paling kamu tunggu saat ini. Rasa bahagia saat mendengar suaranya membawa perubahan positif bagimu. Kamu lebih sering tersenyum dan berbaik hati kepada semua orang. Pertahankan sikap positifmu ini, karena orang di sekitarmu jadi ikut bahagia karenanya.

(20 Januari – 18 Februari) Pelangi muncul setelah guyuran hujan. Kamu bisa merasakan hidupmu dipenuhi warna-warni setelah berhasil bertahan dan percaya pada kata hati. Percaya bahwa dia bukannya pergi jauh, hanya berkelana sejenak untuk menyegarkan pikiran. Sekarang, nikmati indahnya dunia penuh pelangi.

6. GEMINI

10. LIBRA

3. PISCES

7. CANCER

11. SCORPIO

(19 Februari – 20 Maret) Kesempatan hanya datang sekali. Tanpa sadar, kamu melewatkan banyak kesempatan emas untuk semakin dekat dengannya. Tapi, jangan disesali. Daripada hanya bisa memandang dari jauh tanpa berbuat apa-apa, beranikan diri untuk maju walau selangkah. Teman-temanmu siap membantu, kok.

4. ARIES

Sering saling curhat, suka dan duka bersama, bikin kalian berdua semakin dekat. Tanpa terasa, bibit-bibit cinta itu bersemi di hatimu. Tenang, jangan keburu menghilangkan rasa itu karena tak mau persahabatanmu dengannya hancur. Nikmati saja rasa ini sampai kamu benarbenar yakin bahwa itu cinta.

Lilae

(22 Juni – 22 Juli) Jarak yang terbentang bukan halangan bagi ketulusan cintamu. Meski kangen karena tak bisa bertemu langsung, masih banyak jalan menuju Roma. Kalian bisa berkomunikasi melalui SMS maupun telepon. Kuncinya satu, percaya. Jika saling percaya, jarak nggak bakal jadi masalah bagi hubungan kalian.

8. LEO

(21 maret – 19 April)

17 April Jambi “Aku itu orangnya biasa aja.... Gak suka yg berlebihan... Yg pasti.... Baekk....hehehe... Temen-temen yg lum add aq...add y...d oryza_sativa_lilae@yahoo.co.id.”

(21 Mei – 21 Juni) Perasaan cemburu timbul saat melihatnya dekat dengan orang lain. Akhirnya, kamu menyadari arti hadirnya dalam kehidupanmu. Kalau kamu menginginkannya, kamu harus serius mengejarnya. Ingat, dia bukan cenayang yang bisa baca isi hati orang. Jadi, kalau pengin dia tahu isi hatimu, sampaikan langsung.

-NeWIn- aLfriNdra

(23 Juli – 22 Agustus) Kita emang lebih sensitif pada orang yang kita sayangi. Si dia salah sedikit, kita jadi jengkel. Padahal, sebenarnya kesalahan itu simpel. Untungnya, sejengkel apa pun, kita nggak bisa marah lama-lama kepadanya. Kekuatan cinta memang hebat.

16 April Jambi “aQuw pGen qTemu ma seMua oRang dimaNa saJa. Bagi Yank MawU,iNviTe aqUw yacH di newin_euy@yahoo.

M. Opi Iskandar

Jambi, 10 April 1990 SMK Unggul Sakti Jambi “Semoga tahun ini aku lulus Ujian Akhir n ngedapatin semua apa yang aku inginkan, nambah dewasa n nambah-nambah dhe….”

(23 September – 23 Oktober) Berkali-kali jatuh cinta dan sakit hati dengan tipe orang yang sama memang menyebalkan. Rasanya, kamu sudah lelah dan menyerah untuk menemukan orang yang tepat. Jangan keburu mengibarkan bendera putih pada cinta. Yakinlah, ada seseorang di luar sana yang ditakdirkan jadi belahan jiwamu.

(24 Oktober – 21 November) Sahabat-sahabatmu mulai gencar melakukan aksi mak comblang. Jengkel pada mereka boleh, tapi jangan memusuhi. Niat mereka baik, kok. Mereka hanya ingin melihatmu bahagia. Jangan keburu menolak pilihan mereka. Siapa tahu itulah jodohmu. Kita nggak pernah tahu kapan bertemu jodoh kita kan?

12. SAGITARIUS

(22 November – 21 Desember) Seseorang dari masa lalu kembali masuk dalam kehidupanmu. Hatimu yang sudah punya penghuni baru mulai goyah. Sekarang, pilihan ada di tanganmu. Bersedia menerima kembali dan melupakan segala sakit di masa lalu dengannya atau mulai dari awal serta mencoba membuka lembaran baru.

GirLZzZZ

16 April Jambi “maSA laLU adaLah Cermin yanG memanTulkan maSa depan, jika Qta maU mencermiN ke Masa Lalu.”

Buat kamu-kamu yang ultah, ingin nama dan fotonya nampang di sini, kirim surat data diri dan foto yang cakep ke Redaksi Bianglala, Gedung Graha Pena Jambi Jln Jenderal Sudirman nomor 100 Thehok, Jambi atau bisa juga kirim email ke bianglala_minggu@yahoo.com. Buruan ya sebelum hari Kamis..


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

Cerpen & Puisi

Halaman

25

Elegi Menyenangkan Seorang Miskin OLEH: Mira Dia Lazuba Pagi-pagi Gambir telah begitu menyesakkan. Aku berdiri pongah di atas sepatu pantofel merah marun milik Kardi, tetangga kontrakanku. Dia bekerja sebagai sales pakaian dalam wanita. Lagakku boleh, tampangku isyarat, dan tegakku kukuh. Beberapa wanita bermata binal menatapku penuh nafsu. Hah! Silakan tatap aku dengan begitu tak jemu, asal kau tahu saja aku hanyalah budak lapar tak berpenghasilan. Hidup dalam rantauan yang menyakitkan. Asal kau tahu saja, tak ada mata binal menatapku dengan nafsu. Rokok sisa yang kupungut di jalan kuhisap kuat. Yah beginilah hidup di Jakarta, penampilan adalah segalanya. Kau boleh saja berdasi, tapi dompetmu tak pernah terisi. Kau boleh saja merokok, tapi saat istrimu minta makan kau hanya bisa berkokok, berkata sabar sampai berbusa-busa, hingga tuli istrimu dibuai katakata sabar tiap tak ada sesuap pun masuk ke perutnya. Aku, dengan jas kumal milik kakek leluhurku yang hanya itu saja pakaianku, duduk dalam lamunan di bangku-bangku panjang stasiun. Kulihat diriku dalam lelah, merana, dan menanti hidup yang tak lama ini. Tak ada lagi rokok, kugenggam saja puntungnya. Menatap manusiamanusia yang berlalu lalang tanpa henti. Aku mengoceh di telepon seakan mereka tahu pasti apa yang sedang mereka bicarakan, padahal hanya penipu-penipu, tak bisa dipercaya. Alah! Namanya juga usaha, penipu juga butuh makan. Mereka manusia biasa, cuma jahat saja pikirannya. Makan haram tak apa, asal perutnya dan keluarga ada isinya. Melongok sebentar, melihat anak kecil kotor mengaduk-aduk sampah, penuh harap dalam matanya. Sepotong roti sisa pun tak apa asal perut terganjal, walau roti itu telah tercampur dengan muntahan bayi yang kekenyangan susu dari ibunya pun tak apa, asal bisa dimakan. Itu saja harapannya, begitu sederhana. Aku tak percaya, sungguh tak percaya, aku mensyukuri keadaanku yang miskinnya keterlaluan ini. Bukanlah aku yang tak ingin berusaha untuk tidak bekerja. Aku bukan pemuda malas yang tak tahu diri. Hanya bisa jadi sampah masyarakat. Tapi, orang bodoh mana yang mau mempekerjakan aku? Aku hanya laki�-laki bisu yang berlalu lalang di stasiun untuk mencari orang yang mau menjadikanku kuli. Mengangkat barangbarang mereka menuju taksi-taksi yang menunggu dengan argo berlari secepat kuda. Itulah aku. Aku dalam kebisuanku. Merana, hidup dalam peranaan panjang yang tak memiliki tepi. Aku jauh

Mei Susana

Hakik at sahabat Hakikat

lebih iri pada bakteri. Ha ha ha.... Stasiun tak seramai Sabtu dan Minggu. Stasiun lenggang saja dalam damai. Petugas stasiun berseragam begitu gagah, mengucapkan selamat datang dan selamat tinggal, mengingatkan untuk berhati-hati dan memeriksa barang bawaan kembali. Sungguh pegawai itu tak pemah mempertimbangkan nasibku, mempertimbangkan ingin dan harapku. Aku hanya ingin barang mereka tertinggal atau terjatuh, maka itu rezeki untukku. Ha ha ha... apalagi yang bisa kuharapkan selain itu, toh aku juga butuh makan. Sama dengan si penipu dan anak gelandangan kotor pengaduk sampah. Kami jelek, kumuh, miskin, tetap saja butuh makan. Aku melihat menerobos jendela kereta. Banyak orang yang duduk, berdiri, berlalu lalang, atau memandang jenuh ke luar. Memandangku yang terlalu aneh dalam penampilan. Aku suka memikirkan apa yang mereka pikirkan. Aku kadang sibuk menebak dan sejurus kemudian aku terjebak pada rumitnya kehidupan orang lain. Seorang wanita menatap pintu masuk stasiun dengan cemas, lalu aku menebak dia sedang menanti seseorang. Kuciptakan seseorang yang dinantikannya dalam imajinasiku. Dia menunggu teman yang ingin mengatakan sesuatu yang sangat penting padanya sebelum dia pergi. Lalu teman yang ditunggunya itu datang dan mencari-carinya, mengaduk seluruh isi kereta mencari wanita itu, dan saat dia telah bertemu, sang teman hanya mengatakan, “Maaf sebelum kau benar-benar pergi, aku cuma mau mengatakan, aku akan menikah dengan pacarmu!” Ha ha ha... Aku tertawa sendiri, membayangkan lamunan gilaku, imajinasi nakalku. Kuciptakan semuanya di dalam

sini, di dalam otakku. Kereta itu telah pergi tapi orang yang dinanti tak kunjung datang. Wanita itu pun terlihat sedih. Dia hanya menundukkan wajahnya seiring kereta berjalan meninggalkan stasiun. Meninggalkan siapa pun yang dinanti. ‘’Tadi kereta ke arah mana ya, Mas?” tanya seseorang tiba-tiba padaku, aku melirik jamku, mengambil kertas dari sakuku dan menuliskan ‘Jogja’ di atasnya. Lelaki itu kini tampak gugup, dia terduduk saja di sebelahku. Aku menatapnya, tiba�-tiba teringat wanita tadi. Kutuliskan sesuatu di atas kertas itu, sebuah pertanyaan, “mencari siapa?” Dia membacanya, lalu menatapku lagi. “Mencari pacar saya, seharusnya kami pergi bersama ke Jogja untuk kawin lari, tapi saya tidak bisa melakukannya karena saya sudah dijodohkan seseorang dan orang itu adalah sahabatnya,” lelaki itu tertunduk s e d i h . A ku t e r s e n y u m g e t i r. Mungkin dia mencari wanita tadi. Kebetulan yang aneh, Tu h a n m e m b a c a p i k i r a n ku l a l u mencomotnya dan menjadikannya kenyataan, sungguh tidak kreatif. Kadang orang miskin b i s a j u g a k u r a n g a j a r. Ah... inilah sebuah elegi. Ada yang datang ada pergi. Hidup teryata begitu rumit, setiap insan memiliki cerita sendiri-sendiri. Aku menjadi semakin bijak saja, mencoba menertawakan diri. Jika kau ingin mengerti hidup, jadilah aku, suka mengamati, suka berimajinasi, dan menguli di stasiun. Sebab, di stasiun kau akan menemukan elegi. Aku tertawa pongah di atas elegi hidup orang lain. Di atas elegi hidupku sendiri yang hancur berantakan. Elegi, apa itu? (*) Penulis adalah pelajar Unair

Kata-katanya sungguh mematahkan sendi-sendi tulangku Tatapannya mengundang amarahku Seketika itu setan merasukiku Melalui celah-celah hatiku yang menyembul Dan mengeluarkan titik-titik emosi Seketika itu otak kecilku berfungsi Astagfirullah Aku teringat Dia Oh... Tuhan Hampir saja aku masuk jurang setan Dan Kau mengiungatkanku Oh... Tuhan Hampir saja aku memutuskan ukhuwah dengan orang ini Sesungguhnya sulit untuk mencari Orang seperti dia Kuyakin sahabat merupakan perhiasanku kelak di akhirat h... Tuhan Jangan jauhkan aku darinya Karna aku membutuhkannya Walaupun kata-katanya sungguh 100% tak dapat kuterima Namun niatnya sungguh mulia Mengingatkanku akan Dirimu Memberikan harapan Untuk menopang hidup menuju jalan-Mu Virgo Virgo KUTUKAN MURAI TUA Dengar... sekali saja kau dengar kicau ini bukan tuk mentari pagi bukan tuk embun,tapi tuk dunia dengar... sekali saja kau dengar di utara bersujud syukur di selatan merintih di barat memohon di timur menangis karnah hujan tak sepenuhnya menjadi anugrah dengar........ sekali saja kau dengar rintiknya tangisan mu curahnya kan menyapuh permukaan tanah karna hujan tak sepenuh nya menjadi anugrah ini bukan semata kehendak tuhan tak lebih dari cambukan kecil tuk tanganmu yang lancang sebab istanah hijauku kau sia-sia kan hingga tanah jadi gersang dan garang.

REDAKSI menerima tulisan berupa cerpen dan puisi. Kirimkan ke Graha Pena Jambi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 100 Thehok, Jambi atau kirim email

ke bianglala_minggu@yahoo.com, jambi_inde@yahoo.com


Halaman

K

26

AU tandai malam itu di dadaku. Hingga membekas dan terasa sam pai kini. Maka rindu ini kian rindang saja. Rindang tak berbuah. Pun seorang, tak ada yang tahu tentang itu selain aku. Dan malam-malam aku mengisahkan sendiri bagaimana getar-getar jiwa menyatu malam itu. Aku menulis sisa-sisa dari hidup yang pernah terbingkai bersamamu. Bingkai yang kecil. Kecil sekali. Tak patut disebut sejarah bagi siapa saja, apalagi bagi negeri ini. ‘’Kau pintar sekali merayuku.’’ ‘’Buah dari rindu,’’ begitu jawabmu menancapkan kenangan. Kita bertukar cerita. Merajut rasa dalam gejolak remaja yang malu-malu. Berjalan berdua pulang dan pergi, sekolah dan mengaji. Belajar bersama. Sesekali makan bakso, juga berduaan. Inilah yang menumbuhkan daun-daun itu jadi mekar. Menguak cakrawala. Lama-lama kita jadi terbiasa. Berani. Dan kau memulainya dengan selera yang jantan mendekatiku. Aku diam menunggu dengan gigil. Mau berangkul malu. Kau laki-laki tampan. Pintar pula. Temanteman sekelas harus berjuang keras untuk dekat denganmu. Tapi pilihanmu jatuh kepadaku. Aku senang bercampur takut. Maklum masih remaja. Masih putik menjelang buah. ‘’Itulah yang membuatku jadi tertantang menaklukanmu,’’ betapa percaya dirimu amat tinggi dari dulu. Dan apa yang kau katakan benar adanya. ‘’Aku tak sanggup seperti teman-teman. Tahu diri siapaku? Mana ada keberanian untuk menggodamu,’’ jawabanku sekenanya saja. Aku perempuan pendiam di kelas. Tak terlalu berani menonjolkan diri. Sungguh pun begitu, aku punya wajah cantik dan otak yang pintar. Setidaknya, itulah pengakuan yang pernah kau katakan kepadaku. ‘’Mungkin saja itu benar. Tapi kau pintar dan cantik. Pilihanku tidak keliru.’’ Kau benar-benar membuatku menggelinjang. Serupa layang-layang di awang-awang. Mengigal batin yang tengah takut ketinggian. Pada malam itu aku bersemu merah. Malam minggu yang indah. Di mana kau mulai berani menyentuh tanganku dengan gemetar, di bangku bawah pohon rambutan depan rumahku. Bohlam yang malas menyala, teras depan rumah yang sepi, taman kecil yang mulai diselimuti embun, saksi dari peristiwa ranum itu. *** Sungguh, jujur aku katakan, itulah malam pertama aku disentuh seorang pemuda. Sehingga aku tak mampu melupakannya sampai dua puluh tahun lebih berlalu. Semuanya masih jelas. Tidak terhapus. Pun sedikit. Seperti sebelumnya, suratmu datang dengan deras. Bahasamu indah dan enak dibaca. Merayuku setinggi langit. Membawaku terbang ke negeri di awan. Merona semua harapan menjadi merah delima. Setiap menerima suratmu aku selalu bergegas pulang. Lalu masuk kamar dan tak lupa menguncinya. Maka setelah itu, sangat tenang aku membukanya. Hati-hati sekali. Membacanya dengan pelan-pelan dalam hati. Sekali lagi, aku melayang karenanya. Setelah itu aku lipat kembali dengan rapi. Aku masukkan ke dalam laci. Aduhai surat cintamu indah sekali wahai laki-laki tampan. *** INGGA suatu masa yang retak. Ayah ibu menemukan surat-surat mu, mereka membakarnya ketika aku jatuh sakit. Itulah tragedi pertama dalam hidupku. Semuanya habis menjadi abu. Hanya tersisa dalam kepala. Kau mengayun langkah menggapai citacita. Begitu jauh, begitu lama. Kau tinggalkan kota kecil ini bersamaku dengan setumpuk kenangan yang tak bisa dibiarkan terkubur di tanah mati. Aku jatuh sakit karenanya. Betapa sepi hari-hariku setelah kau pergi dari kota kecil ini. Seperti tak ada

H

Horizon Gerimis Senja di Jendela

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

Cerpen: Abdullah Khusairi lagi semangat untuk menapak hari penuh dengan kesepian. Aku hanya mampu menyusun rindu demi rindu di laci. Aku menghitungnya setiap waktu. Harapan pada Lebaran, hari libur, masih aku tuangkan. Berharap kau datang seperti dulu. Tetapi itu sia-sia. Kau ternyata lupa. Duniamu telah beralih. Pulangmu hanya sebentar saja. Tak datang lagi seperti biasa. Perih sekali rasanya. Aku ingin datang kepadamu namun lagi-lagi aku tahu diri. Tak mungkin. Aku takut disebut perempuan mencari pejantan. Tak tersurat dalam adat, perempuan datang kepada laki-laki. Hingga sampai paksaan dari kedua orang tua agar aku menerima lamaran pemuda selain dirimu, aku masih tetap berharap sampai detik-detik akad nikah itu terjadi. Ternyata kau memang sudah melupakanku. Hatiku remuk ditikam dendam. Menumbuh benci. Kau laki-laki laknat juga kiranya. *** UKA pada jiwa bertambah parah. Ber darah dan bernanah menjadi danau dendam tak sudah. Tenang di permukaan menyimpan pusar arus yang deras di dalamnya. Aku maklum kau anak orang berada. Ayahmu kepala sekolah dasar tempat kita pernah satu kelas dulu. Pun begitu ibumu, seorang guru pula. Patut memang kau harus meneruskan pikiran mereka. Sedangkan aku, seorang anak petani yang harus berjuang untuk menamatkan sekolah tingkat atas. Terlalu jauh punya mimpi tentang kuliah. Apalagi aku seorang perempuan. Aku mau dan merasa mampu, tapi apa yang harus aku lakukan untuk bisa kuliah sepertimu? Maka impian yang pernah datang aku usir saja secepatnya. Aku telah bangga kau bisa pergi kuliah. Walau dengan berat menyatakan, betapa perih ketika kita tak lagi bersama. Berjarak waktu, bersekat adat pula. *** EMIKIANLAH kini. Bertahun-tahun lipatan kenangan itu telah usang tapi tidak pernah luntur. Ia mutiara dalam lumpur. Bersinar terang di hatiku. Aku hanya seorang guru mengaji. Suami pegawai negeri rendahan. Kami tak punya keturunan sampai hari ini. Rumah tangga kami kesepian. Pun rumah tangga ini terbangun karena pusaka pula. Aku tak bisa apa-apa. Cuma bisa berharap pada angin lalu, kau masih ingat kepadaku. Gadis kecil yang pernah bersamamu ketika remaja merambah kita. Ingatkah kini kau denganku? Navisah binti Nurdin ini, teman sekelas sejak sekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas? Ingatkah semua puisi yang kau tulis untukku? Semua keindahan yang kita ciptakan dengan rasa malu dan takut mendera? Masih ingatkah kau tentang buku Kahlil Gibran berjudul Sayap-Sayap Patah yang kau pinjamkan? Buku pelajaran tentang Abu Yazid al-Mansyur al-Bustami yang membuat kita memahami syatahat, fana, baqa’ dan ittihad? Lalu kita mengenal puisi-puisi Hamzah Fansuri. Pertikaian di Kesultanan Aceh. Sederetan tokoh penting tertanam dalam kepala kita. Abdul Rauf Singkel, Syamsudin al-Sumatrani, Nurruddin ar-Raniri, dan Muhammad Arsyad al-Banjari. Kita menghafalnya dalam pengajian dan pelajaran agama di sekolah. Belum lagi ditambah dengan sebatang demi sebatang puisi yang kau berikan. Sungguh, aku tak berharap begitu besar agar kau bisa mengingatnya. Apalagi hanya akan membuat nama dan pekerjaan besarmu bisa terganggu. Aku tak mau itu terjadi.

L

D

Kini aku sering tersenyum mengingat pikiran kecilku. Pikiran yang terlalu indah menyelip ketololan. Di mana menjelang tidur aku berangan-angan tentang dirimu yang menjemputku. Lalu pergi ke kota. Ke tempat tugasmu. Di mana kau sudah menjadi orang besar. Aku berharap untuk mendampingi hidupmu. Menjadi permaisuri di rumah dinasmu. Aku telah menduga kau jadi orang besar. Jadi pejabat penting. Punya kesibukan seperti yang aku lihat di televisi. Orang-orang berdasi, senyum sumringah, mobil mewah, dan segala macamnya. Semua itu memang aku lihat dari awal. Saat remaja kita dayung. Tapi punya istri cantik dan itu bukan aku, adalah perih yang menyalak di dada. Siapakah perempuan yang beruntung itu? Maukah kau memperkenalkan dirinya pada diriku? Walau aku hanya akan memungut sepi bersama iri dan risih yang merajuk. Jika kini aku menguraskan semua tenaga dan pikiran menuliskan semua sisa-sisa kenangan ini, tiada lebih karena sesuatu sering hadir di hadapanku untuk mengingat semua kenangan. Kejantananmu masih aku lihat di foto-foto yang tersebar itu. Pada rahang yang kuat dan mata yang menyalang menatap garang tapi teduh itu. Aku hanya sedikit melihat raut menua di wajahmu. Wajah yang pernah aku usap dulu. ‘’Ini panggilan hati untuk kembali membangun rakyat,’’ begitu pidatomu pernah aku dengar. Masih setegas dulu, sewaktu kau marah kepadaku karena terlambat memenuhi janji bertemu di sebuah taman kantor yang tak ditempati lagi. Tak punya penghuni. Tamannya tak terurus lagi. Di sana, kita duduk berdua dengan gigil yang sering datang menakutkan. ‘’Sebagai orang yang peduli untuk negeri,’’ kau sepertinya sudah sangat mahir memainkan kata-kata. Lancar dalam menyebutkan istilah-istilah terkini. Senyum mengembang. Sisa-sisa ketampanan itu membuat aku sesekali makin membenci nasib. ‘’Potensi negeri ini akan membuat kesejahteraan. Selama ini dikuras pemimpin korup.’’ Aku tak mengerti politik. Cuma tahu dari sobekan koran-koran bekas pembungkus bawang. Apalah yang bisa diharapkan pengetahuan dari sobekan koran? Sungguh ini pilu yang sempurna dari sembilu hidup. Kini pembicaraanmu sudah berbeda, namun tetap merayu. Jika dulu rayuan mautmu kau gunakan untuk menundukkan logikaku, kini semua itu kau gunakan untuk merayu orang-orang agar mau memilih dirimu jadi wakil dari mereka. Kau memakai bahasa yang amat tinggi. Acap tak cepat aku mengerti. Seperti aku tak mengerti dengan pikiran dan sikap orang-orang hebat. Pulang maklum itu, sebab tak ada buku yang bisa aku baca seperti dulu. Aku hanya seorang guru mengaji di taman pengajian anak-anak tempat kita dulu pernah bersama menuntut ilmu agama dengan Pak Haji Muchtar Ahmad. Pagi hari ke sawah, sore hari mengajar. Pada malamnya sudah harus melayani suami. Setelah itu, lelah membawa lelap. Sudah jarang menuai mimpi. Memang tak terasa hingga dua puluh tahun lebih berlalu. Kini kau hadir menggali kenangan menjadi gerimis di senja hari yang buta ini, hinggap di jendela. Aku pikun untuk mengungkapkan betapa sederhana cintaku kepadamu. Sepasrah ilalang didera badai. Seperti puisi yang kau perkenalkan dari Sapardi Djoko Damono itu. *** ADANG-kadang memang ingin aku memberontak, kenapa aku begitu

K

lemah untuk bangkit seperti perempuan-perempuan lain. Tapi setelah pikiranku tak kalut lagi, aku mengerti pada posisi mana aku berada. Tahu diri. ‘’Aku akan kuliah ke kota. Jangan tunggu aku jika kau harus hidup berdua. Kau mungkin akan cepat menikah. Kuburkan saja setumpuk kenangan kita.’’ Hari itu gerimis sejak pagi. Dingin. Tapi aku membungkus diriku dengan jaket jeans hadiah ulang tahun darimu. Sementara, kau tidak. Kau memakai seragam Pramuka yang gagah itu. Banyak lambang-lambangnya. Aku kagum dengan penampilanmu. Waktu itu, kita makan bakso di pasar. Ada ngilu di hatiku. Mataku menatap kekosongan ke sungai deras di depan kita. Pasar yang ramai hari itu sepertinya sepi sekali. Tak sepatah kata yang dapat aku ucapkan sampai kau mengantarkan aku di depan pagar rumah. ‘’Bukan aku tak menyayangimu. Namun aku tak sanggup melihatmu menderita terlalu lama. Pun jika kau siap, aku tak rela,’’ begitu serius engkau membangun kalimat berucap wahai lelaki tampan. Aku bergetar mendengar kalimat-kalimat itu dengan pasti. Menyangkut kebenaran yang ada di dalamnya, aku memang menerima pasrah. Benar apa yang kau katakan itu. Tapi rasa sakit di dadaku siapa yang tahu. Apa kau juga merasakannya? Kita memang masih begitu muda untuk mengambil sikap berani waktu itu. Kita baru kelas satu sekolah lanjutan tingkat atas. Terlalu cepat untuk memikirkan hal yang cukup serius. Kita masih hanyut dengan segala pesona yang datang melanda, sorak sorai masa remaja. Di mana denting gitar, lagu cinta, dan segala macam polah zaman itu kita berhanyut bersamanya. *** INI, nama dan wajahmu ada di mana-mana. Baliho, spanduk, stiker dengan senyuman yang sama, nama yang sama. Nama yang lengkap dengan segala titel yang kau gapai. Kau membuat gerimis setiap senja berlabuh di sini. Aku hanya mengenalmu dengan nama, Arie Wibowo. Nama yang mengingatkanku pada penyanyi Madu dan Racun, Singkong dan Keju, yang sudah lama pergi ke alam orang mati. Dan bila lagu itu terngiang di telinga, sumbu sejarah dalam kepalaku akan menyala api sebentuk rindu yang hangat. Kadang juga mengugah pipi dengan tetes sepi yang menetas dari mataku. Kini pun rindu itu basah dalam gerimis senja yang membuncah. Selembar demi selembar aku susun lagi. Serupa gerimis yang hingga di jendela. Gemersiknya kadang terdengar oleh suamiku yang kini sepuh dilalap nasib. Hari pemilihan memang tak lama lagi. Aku salah seorang pemilih dari jutaan pemilih di negeri ini. Akan aku gunakan hak pilihku, untuk memilihmu. Memilih dengan rasa dendam dan benci yang tak pernah punah. Ini pilihan yang basi. Pilihan yang tak patut. Namun aku tak ingin kau gila, karena tak terpilih nanti. Pernahkah kau dengar ada orang bunuh diri karena tak dipilih? Pernahkau kau dengar, ada yang gila karena kekalahan? Kalah memang sesuatu yang pahit. Nah, aku tak sanggup melihatmu menelan nasib pahit itu. Biarlah aku, biarlah. Pada sisi hati yang lain, ada setetes kebanggaan menetas dalam sisa-sisa umur di tubuh yang makin keriput ini. Aku ingin, orang yang terpilih menjadi wakil dari daerah kami adalah seorang yang pernah memberi tanda di dadaku. Tanda yang menyala merah. Satu yang aku inginkan lagi, ingatkah kau dengan masa remaja kita? Jika kau masih ingat, datanglah kepadaku walau sekejap saja. Aku akan mengatakan kepadamu, aku memilihmu karena dendam yang tak sudah. Bila kau sempat membaca cerita ini, temui aku di tempat yang dulu. Semoga kau bisa. Dan tak merasa malu untuk mengungkap maaf. Sebab, aku tahu kau sebenarnya tak begitu jujur pada diri sendiri. Kau juga seorang penipu tentunya. (*) Balaibaru, Desember 2008

K


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

MONSTERS VS ALIENS Para Monster Pelindung Bumi

Sebuah meteor yang jatuh ke bumi menimpa Susan Murphy (Reese Witherspoon) yang akan segera melangsungkan pernikahan. Meski tak menyebabkan luka pada tubuh Susan namun meteor tersebut membawa dampak pada Susan. Meteor itu menjadikan Susan seorang raksasa. Perubahan fisik ini jelas mengacaukan kehidupan Susan yang semula normal. Pemerintah yang menyadari potensi Susan kemudian membawa raksasa wanita ini ke sebuah fasilitas milik militer yang khusus mengumpulkan para penghuni bumi yang memiliki ‘keistimewaan’ seperti Susan. Di fasilitas ini Susan kemudian bertemu dengan monster lain seperti Dr. Cockroach, Ph.D. (Hugh Laurie), Missing Link (Will Arnett) dan B.O.B. (Seth Rogen). Saat sebuah armada pesawat ruang angkasa dari dunia lain yang dipimpin Gallaxhar (Rainn Wilson) datang untuk menguasai bumi, mau tak mau Jenderal W.R. Monger (Kiefer Sutherland) yang memimpin tim monster ini harus mengerahkan pasukannya untuk melindungi bumi dari serangan para makhluk asing itu Teknologi film 3D memang bukanlah hal yang baru. Film yang dibuat dengan teknologi ini sudah muncul cukup lama dan hingga saat ini sepertinya masih belum mampu mengambil alih

posisi format 2D. Banyak alasan yang membuat format ini tak terlalu populer di jalur film mainstream. Salah satunya adalah, sampai saat ini, format ini hanya muncul untuk memberi kesan ‘wah’ pada sebuah film. Tak lebih dari itu. Tapi dalam kasus film MONSTERS VS. ALIENS ini, fitur 3D ini berhasil mengangkat film ini ke level yang lebih tinggi. Itu karena film ini sebenarnya tak berisi apa pun. Tanpa fitur 3D maka film ini hanya jadi sebuah film animasi yang lebih cocok dikonsumsi anak-anak. Ini patut disayangkan karena film ini sebenarnya didukung oleh pengisi suara yang berbakat seperti Reese Witherspoon, Seth Rogen, Will Arnett dan tentu saja Kiefer Sutherland. Akhirnya kemampuan para voiceover itu jadi terasa sia-sia karena tak didukung dengan script yang cukup kokoh. Karakter Susan Murphy, misalnya, dibuat begitu datar sehingga Reese Witherspoon tak bisa berbuat banyak untuk membuat tokoh sentral ini lebih ‘hidup’. Bahkan dari ide cerita pun film ini bisa dibilang sudah basi. Ide yang sama sudah diusung banyak film yang beredar jauh lebih dulu dari film ini. Mau tak mau yang tersisa memang hanyalah wow factor yang ditawarkan oleh format 3D-nya. Penonton dibuat sibuk mengagumi tampilan luar sampai-sampai mereka tak sempat memperhatikan kekuatan alur cerita atau dialog yang sebenarnya jadi unsur penting dalam menilai sebuah film. Berbeda rasanya saat menonton MONSTERS VS. ALIENS dengan WALL-E yang punya kekuatan hampir di semua sisi, kecuali kenyataan bahwa WALL-E tak dibuat dalam format 3D tentunya. Jadi, sepertinya belum cukup alasan untuk menggeser format 2D dengan format 3D. (*)



MUSIC             

Snow Patrol:

‘A HUNDRED MILLION SUN’,

Eksistensi Yang Mahal

Kesuksesan selalu bermata dua, popularitas yang disertai oleh beban berat, beban untuk terus berada di dalam ‘sukses’ itu sendiri. Inilah usaha yang mati-matian coba dibuktikan Snow Patrol dalam album A HUNDRED MILLION SUN. Gary Lightbody, Jonny Quinn, Nathan Connolly, Paul Wilson, dan Tom Simpson memang telah merilis album sejak tahun 1998, SONGS FOR POLARBEARS, yang tak terlalu diakui kritikus dan tak sukses secara komersil. Baru lima tahun kemudian, pada saat single Chasing Cars dirilis dalam album ke-4 mereka, EYES OPEN, band asal Irlandia itu mendapatkan perhatian kritikus musik dunia, serta sukses menjual 3,5 juta kopi album di seluruh dunia. Sebagai album follow-up yang bertujuan menjaga nama besar Snow Patrol, A HUNDRED MILLION SUN berisi karya pol-polan Lightbody dan kawan-kawan. Take Back The City, irama yang cepat dan power chords yang diulang-ulang, serta lirik yang to the point membuatnya pas diletakkan sebagai single pembuka. Berikutnya, ada Crack the Shutters yang dipasang sebagai second single. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang kekaguman akan sesosok wanita, tapi dengan lirik yang bermetafora, tempo sedang, dan piano sebagai rhytm, Anda akan menangkap kesan melankolis. Single ke tiga If There’s a Rocket Tie Me to It pada album ini justru ada di urutan paling depan. Single ini khas aransemen Lightbody, sejak intro yang didominasi piano merambat pelan disertai sampling, bridge yang hanya menampilkan suara sang vokalis, chorus yang dijadikan tempat drum dan gitar saling mengisi, sampai outro yang tanpa basa-basi, semuanya sangat mewakili

Snow Patrol dengan sound yang lebih ‘berwarna’. Boleh dibilang ini adalah evolusi musikal mereka. Untuk Anda yang menyukai lagu akustik dengan lirik yang intimate, Set Down Your Glass rasanya akan cocok dengan selera Anda. Lagu yang memakai guitar string sebagai dasar aransemen ini sebenarnya cukup simple, namun disertai dengan ambience yang luas. Sementara untuk Anda yang bertanyatanya, dari manakah judul album ini, maka simaklah track kedelapan, The Planets Bend Between Us. Anda akan menemukan alasan, kenapa album ini diberi judul A HUNDRED MILLION SUN. Dalam lagu yang full romantis ini, lirik yang ditulis Lightbody menjadi sesuatu yang kuat, sayangnya nuansa yang dibangun oleh Nathan Connolly (gitar) dan Tom Simpson (keyboard) agak tenggelam. Eksperimen musikal Snow Patrol dituangkan dalam track penutup The Lightning Strike, yang berdurasi 16 menit 18 detik. Lagu dengan main frame cinta tersebut dibagi menjadi tiga bagian, dengan tiga judul, tiga sudut pandang, serta secara lirik lebih dalam. What If This Storm Ends? The Sunlight Through The Flags, dan bagian penutup bertitel Daybreak. Overall, Lightbody sebagai frontman, telah membawa Snow Patrol pada pencapaian yang lebih dari album sebelumnya, setidaknya secara musikal. Lepas dari kritik yang mengatakan bahwa mereka mengekor aransemen Coldplay, bukankah sejak Chris Martin terinfluence oleh permainan piano Tim Rice-Oxley pada tahun 1997 lalu, maka semua orang mempunyai makna masing-masing mengenai influence, Bagaimana dengan Anda? (*)


Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

Sobat Nando Sayang yang manis. Bila sobat mau nampang atau bergaya di koran, silahkan kirimkan foto sobat yang paling menarik lengkap dengan nama dan alamat lengkap ke redaksi Jambi Independent. Setiap hari Minggu, foto sobat akan diseleksi dan dimuat di koran ini. Bagi yang fotonya di muat, tersedia hadiah berupa bingkisan menarik buat sobat. Bing­kisan tersebut bisa langsung diambil di Yulis Baby Shop & Arena Bermain di Jl Sutan Datuk Bagindo no 17-20 Simpang Talang Banjar dengan membawa Koran Jambi Independent edisi tanggal foto dimuat.

REDAKSI

aldino/jambi independent

BELAJAR: Seorang guru sedang mengajar muridnya. Jangan paksa anak belajar setiap saat.

Mengenalkan Abjad dan Angka Muhammad Siraj Qolbi Alfawwaz Jalan Selamet Riyadi, Broni.

Nisrina Alifa Nurzahra Jalan Mangkubumi No 65, RT 14, Kelurahan Budiman, Jambi

Tiara Jalan Simpang Rimbo, Jambi

BAGI orangtua, memiliki anak yang cerdas merupakan hal yang diidamkan. Apalagi di usia dini ia sudah menghapal huruf dan angka. Tak heran, banyak ibu menyekolahkan anaknya di usia dini agar putra-putri tercinta bisa lebih cepat memahami abjad dan angka. Zainab (35) salah satunya. Putranya yang kini berusia 4 tahun selalu dia ajari mengenal huruf dan angka. Selain mengenal dan menghapalnya, ia berharap anaknya bisa menuliskan serta merangkainya.

“Kalau bisa sebelum masuk SD sudah bisa baca,” ujar Zainab di rumahnya. Selain di rumah, ia juga menyekolahkan anaknya di playgroup. “Kalau diajarin kadang bosan, Jadi dak bisa maksa,” ujarnya. Sama dengan Zainab, Rina (26) tidak bosan mengajari putra semata wayangnya. Hanya saja, otak anaknya belum sanggup. “Kalau lagi senang dia mau diajarin, kalau dak mau susahnya minta ampun,” ujarnya.

Sampai sekarang anaknya bisa berhitung. Ia juga bisa mengenali huruf dan angka. Kemampuannya sebatas itu. “Padahal sudah pernah masuk playgroup,” ujarnya. Berbeda dari Rina, Ria (30) bangga dengan putrinya yang baru berusia 3 tahun. Anaknya sudah bisa menulis angka dan huruf. Ia juga bisa melafalkannya dalam bahasa Inggris. “Tapi sekarang agak sulit ngajaknya belajar, banyak main,” ungkapnya. Selain itu, sang anak juga sudah mengenali warna. Hanya

saja, cara berbicaranya saja belum lancar, sehingga bahasa yang dikeluarkan belum begitu jelas. Untuk mainan, ia berusaha memberikan mainan yang memberi stimulasi bermain sambil belajar. Jadi tidak hanya untuk permainan semata, tapi juga memberikan informasi dan pengetahuan buat anaknya. Ia sendiri sudah menyekolahkan anaknya sejak usia putrinya masih 1,5 tahun. “Daripada di rumah, tidak ada teman dan dikurung,” pungkasnya.(nid)

Kata Psiko-

Sesuaikan dengan Usia dan Kemampuan Anak MEMBERIKAN stimulasi ke anak tidak ada salahnya. Hanya saja orangtua perlu memperhatikan usia dan kemampuan anak sendiri. Jangan sampai mencapai tujuan kita sendiri, sementara anak tidak merasa nyaman dan tertekan. Karena itu, stimulasi yang diberikan tidak boleh memaksa. Usahakan cara belajar yang dilakukan adalah dalam bentuk permainan, sehingga tidak mudah jenuh, bosan, dan capek. Idealnya, pengenalan abjad bisa dilakukan sejak usia tiga tahun, yakni pengenalan dalam

bentuk visualisasi, mengajarkan anak menulis, dan melafalkannya. Di sini alat peraga bisa digunakan. Karena itu, lebih baik pada usia itu anak dikenalkan dengan warna, tentu dalam bentuk warna yang tidak monoton, tapi dengan menggunakan media alat dan gambar. Warna biru di sebuah kapal, misalnya, atau gambar merah pada bunga. Itu sekaligus bisa mengenali benda di sekitarnya. Jika masih di bawah tiga tahun, sebaiknya jangan dipaksakan mengenal huruf dan angka

dalam bentuk visualisasi. Kemampuan motorik juga belum sempurna, termasuk kemampuan visualisasinya. Pada usia itu, akan lebih mudah jika memberikan stimulasi dalam bentuk pengenalan terhadap benda-benda di sekelilingnya, seperti gambar hewan, buah, alat dapur, sayuran, dan sebagainya. Saat ini banyak tersedia alat peraga untuk mengenalkan benda-benda di sekitar. Itu lebih mudah karena umumnya anak menyukainya.(nid)

Ridwan Sp.Si


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

tIPS

Mengenalkan Anak pada Musik MEmaNG tidak mudah membuat anak menyukai musik atau paling tidak memiliki kualitas musikal yang baik. Di bawah ini kami pilihkan beragam cara untuk mengajak anak mengenali musik, khususnya anak usia 2 sampai 6 tahun: 1. Ikutilah kemauan mereka. Pahamilah bahwa mereka masih suka bermain, jangan sampai mereka jadi terbatasi. 2. Kenalkan musik kepada anak, bisa de­ngan memutarkan rekaman lagu atau mengajak mereka menonton pertunjukan musik. 3. Pancinglah dengan alat-alat musik. Perdengarkan bunyi-bunyian alat musik. Jika anak mulai mengerti, baru diarahkan. Jangan memaksa anak belajar alat musik tertentu. 4. Kalau anak lambat mengerti, gunakan pendekatan psikologis. Jika ada guru pembimbing, mintalah agar guru itu tidak hanya memberikan menjejalkan materi, tapi juga memahami psikis anak tersebut. 5. Orangtua sang anak sebaiknya menambah pengetahuan musik dengan membaca buku-buku atau modul-modul tentang musik. Jika orangtua memahami yang dipelajari anak, ia akan mendu­kung secara positif. (*)

Mengajari Anak Minta Maaf MENGAJARI anak minta maaf harus dilakukan sejak dini. Meski banyak orang sulit mengakui suatu kesalahan. Jika itu sudah ditanamkan seja dini, sang anak tidak akan gengsi mengakui kesalahannya sendiri. Menurut psikolog Ridwan SPsi, untuk menanamkan anak terbiasa minta maaf saat melakukan kesalahan, harus dimulai dari contoh langsung dari orangtua dan lingkungannya. Contohkan bagaimana seharusnya kata maaf diucapkan, misal orangtua tak sengaja menumpahkan susu anak, katakan, “Maaf ya, Sayang, Mama tidak sengaja menumpahkan susumu.” Begitu juga kesalahan lain yang dilakukan. Dengan demikian, diharapkan anak terbiasa melihat orangorang terdekatnya mengucapkan maaf ketika melakukan kesalahan. Kemudian tunjukkan penyesalan dengan bahasa tubuh. Lakukan kontak mata saat mengucapkan kata maaf, sehingga anak bisa merasakan penyesalan yang mengiringi permintaan maaf itu. Menggenggam tangan, meme-

aldino/jambi independent

Minta maaf : Seorang anak menyalami orangtuanya. Ajarkan minta maaf sejak dini. luk erat, atau mencium juga akan dicontoh anak saat orangtua minta maaf dengan bahasa tu-

ciuman penyesalan hanya boleh diberikan pada papa/mama/ kakak/adik, sedangkan untuk teman/saudara/orang lain cukup dengan bersalaman. Bahasa tubuh juga efektif untuk batita yang komunikasi verbalnya belum lancar sehingga belum bisa mengucapkan kata maaf. Selanjutnya dorong supaya bertanggung jawab. Selain mengucapkan maaf, minta anak “bertanggung jawab” atas kesalahan yang dilakukannya. Bila ia menyenggol temannya sampai jatuh, setelah minta maaf, jika temannya terluka, minta si kecil menyodorkan tisu/plester. Itu sebagai bagian dari pembelajaran tentang tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan. Yang tidak kalah penting, berikan apresiasi. Setelah anak mengucapkan kata maaf, berikan apresiasi dalam bentuk pujian seperti, “Wah, pintar, kamu sudah bisa minta maaf.” Hal tersebut sekaligus sebagai penguatan bahwa yang dia lakukan benar dan perlu diulangi di lain kesempatan.(nid)

buh seperti itu. Sebagai catatan, tegaskan padanya bahwa pelukan dan

Bila sobat mau hadiah buku - buku menarik, selahkan warnai gambar yang sudahdisediakan. Kemudian guntinglah gambar yang sduah diwarnai tersebut dan kirimkan ke redaksi Jambi Independent di Gedung Praha Pena Jambi, Jalan Jendral Sudirman, nomor 100, Thehok. Nanti pemenang lomba mewarnai ini akan diundi dan diambil dua orang yang akan diumumkan setiap minggu. (REDAKSI)


Halaman

30

Jambi Independent n minggu, 12 Maret 2009

Sony Ericsson Perkenalkan S312 dan W205 SO NY Ericsson Indonesia SONY memperkenalkan dua ponsel terbarunya di Indonesia, yaitu Sony Ericsson S312 dan Sony Ericsson W205 Walkman. Kedua ponsel tersebut saat ini belum akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat. S312 baru akan tersedia di pasaran pada masa kuartal dua, sementara W205 baru akan hadir pada kuartal 3 tahun ini. S312 adalah ponsel yang bekerja di jaringan GSM/GPRS/ EDGE dan dirancang untuk merekam momen-momen penting penggunanya melalui rekaman video kamera digital dua megapikselnya. Seri ini merupakan ponsel penerus S302. Oleh karenanya, ponsel baru ini juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur jamak bagi ponsel kamera saat ini seperti tombol khusus kamera video, pembesaran 2,5 kali, photo fix, picture blogging, photo dan video light, serta pict bridge printing. “S312 membuat pengguna dapat mengabadikan momenmomen hidup secara spontan dengan menggunakan fitur perekaman video instannta,� ujar Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson

Indonesia. Menurut Djunadi, dengan ponsel itu, pengguna dapat dengan cepat mengambil gambar melalui tombil pintas kamera dan melakukan penyuntingan menggunakan fitur photo fix untuk kemudian mengunggahnya ke web dengan picture blogging dengan hanya beberapa sentuhan. Adapun ponsel Sony Ericsson W205 Walkman menyediakan semua fitur klasik Sony sekaligus musik secara bersamaan. Ia mencakup kemampuan radio FM, kamera 1,3 megapiksel, serta Track ID (fitur untuk mencari judul lagu). “W205 sangat cocok untuk para pecinta musik, yang belum pernah merasakan pengalaman ponsel Walkman.� ujar Djunadi. Ponsel walkman berdesain slider ini, tambah Djunadi, juga memiliki phone book multifungsi yang menyediakan kontakkontak berbeda untuk setiap anggota keluarga. Sony Ericsson memang belum merilis harga ponsel ini, namun ponsel ini merupakan ponsel yang dipersiapkan dengan harga yang terjangkau. (*)

LG Hadirkan LG Xenon LG Xenon hadirkan desain candy bar yang manis dengan 3 warna berbeda, merah, hitam dan biru. Selain itu, fitur-fitur wireless dapat diakses dengan mudah. LG Xenon juga menawarkan keypad QWERTY dengan layar touchscreen yang dilengkapi vibration feedback serta opsi menu menggunakan flash yang cantik. Anda bisa melakukan multi task saat mendengarkan lagu di ponsel dengan pemutar musik, menggunakan editor gambar dan filter untuk mempercantik foto yang diambil dengan kamera 2.0 megapiksel, atau mengambil gambar yang dibagikan kepada rekan Anda saat melakukan panggilan. Fitur-fitur standar yang tersedia di ponsel ini diantaranya, perekam video dengan zoom 2x, plus keyboard slide. Untuk baterai handphone LG Xenon dilengkapi dengan Li-Ion 950 mAh, yang dapat bertahan hingga 11 hari di waktu standby, dan waktu bicara hingga 4 jam. (*)

Apple Siapkan 2 Model Baru iPhone? K ESUKSESAN iPhone memasuki pasar ponsel cerdas di seluruh dunia diperkirakan telah membuat Apple berupaya melakukan inovasi untuk iPhone. Sejumlah analis pasar sangat jika Apple saat ini sedang menyiapkan dua model baru iPhone 3G. Menurut seorang analis Lazard Capital Markets, Daniel Amir, Apple akan mengenalkan dua model iPhone untuk dua pasar yang berbeda pada pertengahan 2009. Model pertama akan ditujukan untuk pasar high-end di kawasan Amerika Utara, sedangkan model lainnya akan ditujukan untuk pasar berkembang seperti Brasil, China, India, dan Rusia. Rumor yang berkembang mengungkapkan, model iPhone untuk pasar Amerika Utara akan lebih canggih dan dapat mendukung konten-konten video, dan kamera yang lebih

baik dengan kapasitas memori mencapai 32 GB. Untuk pasar berkembang, Apple diperkirakan hanya mengeluarkan versi sederhana dan tidak terlalu canggih jika dibandingkan untuk pasar Amerika Utara. Amir mengatakan, penjualan iPhone hingga tahun 2009 sangat memukau bahkan melebihi dari target yang

dipasang Apple. Hingga kuartal pertama 2009, Apple telah berhasil menjual lebih dari 4 juta unit iPhone. Dukungan untuk mendongkrak penjualan juga telah dibuktikan Apple dengan mengeluarkan sistem operasi terbaru iPhone 3.0 yang menawarkan 100 perubahan baru, termasuk fasilitas copy/paste. (*)


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

Modifikasi Speaker laptop BEBERAPA orang mungkin punya laptop yang volume suaranya kecil sekali. Jika menggunakan spiker aktif yang berukuran besar, kelihatannya terlalu besar dan kalau untuk dibawa kemana-mana didalam tas pasti bikin susah. Mungkin spiker yang diinginkan dan yang terbayang dipikiran adalah spiker aktif dengan ciri-cirinya suaranya bagus, powernya dari USB, tidak menggunakan baterai, bentuknya simple dan cukup kecil. Spiker mono untuk dibawa jalan-jalan sudah cukup bagus. Bayangkan kalau mau mendengarkan musik ketika traveling, lebih baik pakai head phone saja. Lebih ekonomis kata Gifran. Menurut mahasiswa unja ini untuk membuat speaker sesuai dengan ciri-ciri yang diinginkan diatas spiker harus dimodifikasi. Langkahnya, pertama buka casing speakernya. Di dalam spiker sudah ada

small ampli, pakai IC TBA2822A. Itu IC spesial untuk soundnya gadgets dan sudah stereo ujarnya. Buang satu speaker tapi kedua jalur input harus tetap bisa masuk, alias yang stereo dijadikan mono stereo. Lalu cabut speaker, simpan speakernya termasuk casingnya siapa tau kapankapan dapat digunakan. Kemudian cabut kedua channel jalur input. Jadikan satu dengan masing-masih diberi resistor

47 kohhm. Tujuannya supaya terminal out laptop aman, tidak ada short circuit. Juga supaya powernya tidak terlalu kuat. Kalau terlalu kuat, dikhawatirkan akan menarik arus dari USB terlalu besar. Kemudian jangan sampai USB putus. Tegangan USB ini ada rangenya,

4.5 volt itu masih dalam range. Sekarang sudah bias di test. Sambungkan USBnya supaya speakernya on, terus tempelkan obeng ke jalur input. Berhubung sekarang hanya 1 speaker yang aktif, maka harusnya hanya 1 input juga yang aktif. Jika keluar bunyi dari input kiri, menandakan input itu yang aktif. Pasangan resistor tadi, solder disana. Ketika disolder, cabut sumber tegangan dari manapun karena dapat menyebabkan stray circuit, alias bisa membuat circuitnya rusak. Dalam hal ini kala tidak speakernya, ya laptopnya kata lelaki pecinta dunia internet ini. Setelah disolder, pasang lagi casingnya dan lakukan commissioning di laptop, setel lagunya, kemudian test pakai di jack inputnya, kalau kedua channel ada berbunyi berarti bagus. Sekarang speaker yang diinginkan sudah bisa dibawa kemana saja. (dip)


Halaman

32

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

SMK Negeri 1 Muarojambi

Ciptakan Lapangan Pekerjaan

FOTO-FOTO: ANDI MUSMULYADI/JAMBI INDEPENDENT

OLAH KEDELAI: Tempat siswa menjemur kedelai yang akan diolah menjadi susu.

BUAT SUSU KEDELAI: Siswa SMK 1 Muarojambi mengelola kedelai untuk dijadikan susu.

SEK OL AH di jalan lintas JambiSEKOL OLAH Sengeti itu merupakan salah satu sekolah kejuruan menggunakan sistem pendidikan mengacu pada pembekalan dan peningkatan skill. Sekolah tersebut berusaha agar para peserta didik yang menuntut ilmu di sana, setelah lulus, bisa langsung kerja. Tak hanya itu, sekolah juga mendidik lulusannya mendirikan usaha mandiri. Karena itu sekolah memiliki tenaga pendidik dengan skill yang tidak diragukan.

bibit kedelai. Setelah siap panen, kedelai mereka olah menjadi minuman susu kedelai yang murni tanpa bahan pengawet. Dalam pengolahan bahan kedelai menjadi susu, para siswa melakukan proses pembuatannya di ruang laboratorium ilmu pengetahuan alam. Dalam pengelolaan, siswa diajari bagaimana mengelola bahan kedelai dan menyaring ampas sehingga menjadi susu kedelai yang bisa dinikmati. Menurut Kepala SMK 1 Muarojambi,

Jurusan pertanian dan industri yang ada, misalnya, berusaha mengembangkan program pembibitan tanaman karet dan penelitian mengenai peternakan ayam maupun mengelola hasil kedelai menjadi minuman susu kedelai. Tiap kelompok jurusan berusaha melaksanakan pengembangan usaha, misal bagaimana para siswa yang tergolong dalam kelompok pengelolaan kedelai menjadi susu kedelai siap minum. Dalam tahapan pengelolaan, para siswa melakukan penanaman sendiri

Fokus Pertanian dan Otomotif BERBAGAI kej u r u a n d i t e k u n i sekolah itu, di antaranya pengembangan di bidang pertanian dan focus menciptakan lapangan pekerjaan di bidang otomotif. Salah satu contohnya siswa yang mengambil jurusan mekanik otomotif, dia j a r i b a g a i m a n a m e m p e r b a i k i d a n m e m b o n gkar berbagai jenis kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun empat. Walaupun ruang workshop mekanik otomotif yang dimiliki sederhana, siswa yang ada betul–betul diajari secara detail tentang bagaimana mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kendaraan.

Sebagai bahan praktik, disediakan satu unit mobil milik salah satu tenaga pendidik yang ada. Tentu kendaraan itu untuk diperbaiki dan melihat komponen yang melekat padanya. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, dilakukan praktik pada kendaraan siswa yang rusak. Sekolah itu memang berusaha agar siswa yang menimba ilmu di sana memiliki skill yang baik, sehingga bisa memanfaatkannya di kemudian hari jika tamat. (mus)

BENGKEL MOTOR: Siswa membetulkan salah satu sepeda motor siswa lain yang rusak.

Fanharyus, di sekolah itu difokuskan pembelajaran dengan praktik langsung di setiap jurusan. Sekolah kejuruan itu merupakan sekolah dengan tujuan utama menciptakan para tenaga ahli siap pakai. Bila mereka tamat dan tidak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, misalnya, mereka bisa langsung kerja. “Mereka juga bisa membuka usaha dengan kemampuan dan skill yang mereka miliki selama menimba ilmu di sekolah ini,� ujar Fanharyus. (mus)


Halaman 33

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

TIA: Aku tuch orangnya sedikit telmi, suka minjamin HP, n suka baca komik” (FS : theya@smile. com). Idah; Diy tu pinter ngaji, suka nyeramahin orang kayak ustadzah gitu dhe. Murni; Diy tu enak diajak sharing, baek, n paling seksi. Nia; Diy tu orangnya suka minjamin novel, suka ngritik orang. Puji; Diy tu tomboy, cuex, jutex, galak ma cowok. Debby; Diy tu orangnya smart, lebay n suka plin-plan. Annie; Diy tu orangnya pintar komputer (anak internet gitu dhe), suko ngelamun, n suko nebeng.(riko)

PUJI: Aku tuch orangnya baek, tidak sombong, suko ngejahilin orang. Idah; Diy tu orangnya baek, ramah, diajak ngomong nyambung. Murni; Diy tu suka bikin kesal, enak diajak curhat. Tia; Diy tu kalo ngomong suka ngerocos, suko nyontex. Nia; Diy tu baek, lucu, suko nyubitin orang, suko dandan. Debby; Diy tu baek, pintar mtk. Annie; Diy tu baek, kadang nyebelin sich, kalo ngomong cowok lanjut truz.(riko)

IDAH: Aku tuch orangnya rajin menabung, hobi ngerumpi, n suka menolong. Murni; Diy orangnya baek, suka diajak ngerumpi. Tia; Diy tu baek, enak diajak ngobrol, suka telat. Nia; Diy tu orangnya suka ngritik orang lain, doyan makan, suka ngejelekin oraang lain. Puji; Diy tu pintar di skul, sedikit pelit, galax ama cowok. Debby; Diy tu donator dalam mencontek, sox imuet. Annie; Diy tu maniez, baik, n bawel, truz asyik diajak ngobrol.(riko)

DEBBY: Aku tuch narsisan, sox imuet, suka mikirin orang yang disayang, hobi dengerin musik” (FS: debby_cut33@yahoo.com) Idah; Diy tu orangnya alim tapi bahaya juga lho. Murni; Diy tu pendiam tapi kalo gomongin cowok ga bias diam. Tia; Diy tu orangnya baek, saking baiknya suka dimanfaatin orang. Nia; Diy tu tempat curhat yang baik, sering nyubitin orang, sox imuet. Puji; Diy tu tomboy abiz, enak diajak curhat suka ngerumpi. Annie; Diy tu kalo udah marah paling susah untuk memaafkan orang, sox cute, n narsis abiez.(riko)

NIA: Aku tuch orangnya imuet abiezzz, hobi ngerumpi, suka ngritik orang. Idah; Diy tu baex, suko ngerumpi, hobi nyontex. Murni; Diy tu orangnya asyik tapi kadang nyebelin, tukang ngerumpi. Tia; Diy tu orangnya baek, suka minjamin hp. Puji; Diy tu orangnya baek, kadang nyebelin, tomboy n cuex abiez. Debby; Diy tu orangnya sox imuet, pintar, humoris. Annie; Diy tu baek, asyik, suka ngelamun, lau da megang hp lupo segalonyo.(riko)

Persahabatan Lebih Indah dari Percintaan MURNI: Aku tuch narsis, suka jahilin orang, n suka ngerumpi. Idah; Diy orangnya baik, suka ketawa ndiri kayak orang stres. Tia; Diy tu baek, enak diajak ngobrol. Nia; Diy tu sox imuet, sox dandan, suka ngerjain orang. Puji; Diy tu baek, sedikit pelit, tomboy tapi centil juga lah sikit. Debby; Pendonor soal nyontek, sox imuet. Annie; Sox imuet, kalo dalam ngadapin masalah ga mau berbagi.(riko)

ANNIE: Aku tuch orangnya bawel, suka ngatain orang lain, paling senang ngeliat yang cakep. (FS: she_anie@culun.com) Idah; Diy tu kalo ngeliatin orang sinis tapi baeklah. Murni; Diy tu paling nyambung kalo ngomongin cowok. Tia; Diy tu baek abiezzz dhe. Nia; Diy tu sox imuet, hobi dandan, suka minjam sisir di kelas. Puji; Diy tu pintar akuntansi tapi pelit, tomboy abiez. Debby; Diy tu baek, kosmetik berjalan.(riko)

Hy Sobat Biy ketemu lagi nich. Kali nie kita kedatangan tamu cewek-cewek dari SMK DB 4 Kota Jambi. Mereka menamai diri mereka “D’BLASTERTZzZzZ…” Katanya sich mereka terbentuk dari MOS gitu sekitar tahun 2007 gitu. (Kayaknya Biy udah hafal ya kata-kata tu, hampir semua anak SMA yang Biy tanya jawabannya pasti kayak tu). Ya udah dhe yang jelas mereka punya niat baik yakni menjalin persahabatan. “Persahabatan lebih indah dari percintaan,” kata mereka yang usia persahabatannya masih seumur jagung itu. Sweet memory??? “Kami kalo sudah ngumpul suka ga ingat apa-apa lagi maunya tu sama-sama truz”. Nice banget yach. Sobat Biy kata mereka, “Kalo ada teman baru jangan lupain teman lama yang lebih dahulu menjadi teman kita.” Tu pesan lho tuk sobat-sobat Biy di rumah lho.(riko)


Halaman

34

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

Keluar Malam, Baikkah untuk Remaja? JAMBI – Masa remaja cenderung dihubungkan dengan masa hurahura, santai, bebas tanpa beban . Tak jarang kita mendengar ucapan “kapan lagi, mumpung masih muda, nanti kalau sudah kawin tidak bisa keluar lagi”. Dari ucapan itu dapat di tarik kesimpulan, seolaholah masa remaja itu menjadi pelampiasan kepuasan karena belum ada ikatan alias bebas. Termasuk dalam hal ini adalah keluar malam. Sudah menjadi imej bahwa remaja yang tidak pernah keluar malam dianggap remaja yang kuper atau kurang pergaulan. Lalu bagaimana tanggapan remaja kota Jambi mengenai positif dan negative keluar malam ini? Rahmat Kelas 1 SMKN 1 Kota Jambi berpendapat bahwa keluar malam dapat mengganggu kegiatan pembelajaran di rumah, seperti mengerjakan PR, belajar remedial, atau pun belajar menghadapi ujian. “sering keluar malam bias menggangu belajar dirumah, karena mengurangi waktu belajar” ujar pria yang biasa belajar 12 per hari ini. Namun dalam hal ini Rahmat tidak memungkiri ada hal positif dari keluar malam yakni dapat menghilangkan rasa suntuk setelah seharian belajar di rumah maupun di sekolah, untuk itu pria yang biasa belajar pukul 19.30-20.30 ini menyempatkan keluar malam khusus malam minggu. “positifnya dapat ngilangin suntuk, kalau saya malam minggu saja”. Ujar Rahmat. Sementara itu menurut Pasrah Kelas 3 SMKN 1 Kota Jambi bahwa keluar malam itu sangat berbahaya bagi remaja, karena banyak menimbulkan hal-hal negative seperti narkoba, pergaulan bebas dan criminal. “banyak hal negatifnya misalnya dari yang tidak tahu menjadi tahu, kayak narkoba, miras, dan pergaulan bebas”. Ujar Pasrah. “kalau malam minggu, main basket dengan kawan-kawan, kadang ngapel”. Ujar Pasrah. Kalau keluar malam Pasrah lebih banyak ke tempat teman-temannya yang tergabung dalam Gank “SC” yang terdiri dari 10 orang. “paling ngumpul, merokok, main gitar, gak lama paling dari jam 7-10 malam”. Ujar Pasrah. Lain lagi dengan Ilham.P.S. Siswa kelas 1 Akuntansi ini lebih enjoy dalam menyingkapi masalah keluar malam. “tergantung kita juga, kalau keluar malam sambil mencari tugas di internet, ada baiknya, karena anak perkantoran kebanyakan di warnet untuk mencari tugas”. Ujar Ilham. Sedangkan menurut Rajedra kelas 1 Penjualan 2, keluar malam sering terpengaruh lingkungan luar seperti diskotik, hura-hura dan narkoba bahkan mungkin lebih dari itu. “sering terpengaruh lingkungan luar, seperti narkoba dan miras”. Ujar Rajedra. (kin)

Tanggapan P sik olog Risk y T akriyanti Psik sikolog Risky Takriyanti Pembantu R ektor 3 IAIN STS Jam bi Rektor Jambi

MENGENAI dampak positif dan negative tentang keluar malam bagi remaja, banyak kalang berpendapat lebih banyak dampak negativenya bagi remaja ketimbang dampak positif tentang keluar malam itu. Salah satu psikolog terkemuka di Jambi Ibu Risky Takriyanti berpendapat bahwa lebih banyak dampak negative keluar malam ketimbang dampak positifnya. “tentu banyak negativenya donk, dari pada positifnya”. Ujar Wanitia yang akrab di sapa umi itu. Menurutnya dampak negative itu seperti dengan keluar malam remaja akan mendapatkan godaan-godaan untuk berbuat tidak baik seperti narkoba, free sex dan keburukan lainnya bahkan criminal. “keluar malam banyak godaannya seperti mabok-mabokan, narkoba, bahkan free sex”. Ujar Purek 3

IAIN STS Jambi itu. Purek wanita pertama di IAIN STS Jambi itu berharap agar setiap orang tua dapat mengontrol anak-anaknya agar tidak keluar malam sembarangan dan dapat mengarahkan anaknya ke dalam hal-hal yang bersifat positif. Ditanya tentang adanya hal positif dari keluar malam dapat menghilangkan rasa suntuk, Alumnus UI itu menjawab seharusnya kegiatan keluar malam jangan terlampau sering dan kalau pun untuk kebutuhan menghilangkan rasa suntuk atau rileks agar di arahkan ke hal-hal yang positif seperti bermain futsal di Jambi Independent, atau olah raga lainnya. “bisa saja positif, asalkan di arahkan kepada hal-hal yang baik, seperti bermain futsal di Jambi Independent”. Ujarnya. (kin)


Minggu, 12 April 2009 n Jambi Independent

TIPS

6 Cara Memilih Mak anan Sehat Makanan BERIKUT sepuluh tip yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak di lidah. 1. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan, atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan, tergantung kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. 2. Konsumsi padi-padian penuh, buah dan sayuran. Survei menunjukkan bahwa kebanyakan orang tak cukup mengonsumsi jenis makanan itu. Apakah Anda sudah menyantap 6-10 porsi nasi atau sereal, apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan itu termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri atas 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan itu sebelumnya, mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya. 3. Atur berat badan seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan keturunan. Kelebihan berat berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, strok, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat memengaruhi kesehatan. 4. Makan dalam ukuran yang layak. Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomendasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons? Ukuran sedang buahbuahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan empat porsi es krim. 5. Makan secara teratur. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Menyantap camilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan camilan berlebihan. 6.Kurangi, bukan membatasi porsi makan. Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. (*)

Halaman

35

Tato Berbahaya bagi Kesehatan

Berlebihan Bisa Meracuni Tubuh

TATO atau tatoo saat ini jadi tren bagi sebagian orang. Ada yang menganggapnya identitas diri. Ada juga sebagai bentuk gaya hidup. Tato sendiri diperkirakan sudah ada sejak 12.000 SM, meski belum ada bukti-bukti sejarah yang meyakinkan. Awalnya, bahan untuk membuat tato berasal dari arang tempurung yang dicampur air tebu. Atat-atat yang digunakan sangat tradisional, seperti tangkai kayu, jarum, dan pemukul dari batang. Orang-orang pedalaman masih menggunakan teknik manual dan dari bahan-bahan tradisional. Saat ini, terutama di kalangan masyarakat perkotaan, pembuatan tato dilakukan dengan mesin listrik. Mesin itu ditemukan pada 1891 di Inggris. Kemudian zat pewarnanya menggunakan tinta sintetis (tinta khusus tato). Ketika tato sudah berkembang menjadi gaya hidup, baik yang berharap dengan tato bisa membuat orang berindentitas Freeman atau atau sebagai seni dan kegemaran, selagi alat yang digunakan untuk tato tidak bersih dan bahan pembuat tato dari bahan kimia, tato bisa menjadi masalah. Menurut dr Riswan Joni SpB, pada dasarnya tato berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Dalam ilmu kedokteran, merajah tubuh didefinisikan sebagai tindakan sengaja yang berpotensi menimbulkan kelainan pada

IST/JAMBI INDEPENDENT

TATO: Seorang wanita dengan gambar tato. Tato tidak baik baik kesehatan.

kulit. “Semakin luas permukaan tubuh yang ditato, semakin besar pula risiko gangguannya,” ujar Riswan di Mayang Medical Center. Jika gambar tato mencapai setengah dari permukaan tubuh, besar kemungkinan tubuh orang tersebut keracunan. Selain itu, tato bisa menyebabkan migren. Hal itu disebabkan tinta tato menyebabkan alergi, dan alergi menimbulkan reaksi pada jaringan getah bening, sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan saraf memicu migren. Menurut Riswan, tinta tato yang banyak beredar di

pasar dibuat dari bahan kimia yang patut dikelompokkan ke dalam unsur logam berat, seperti arsenik, merkuri, perak, emas, dan bismuth, yang berbahaya bagi kesehatan. “Wajar tinta tato bisa menyebabkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan tubuh, sebab bahan dasar tinta tato mengandung berbagai zat berbahaya,” jelasnya. Risiko lain, menurutnya, kemungkinan buruk yang ditimbulkan jarum tato. Karena sering digunakan berkali-kali, berpeluang terkontaminasi bibit penyakit. Apalagi penularan jadi lebih

efektif karena jarum kerap menusuk hingga ke pembuluh darah serta jaringan saraf. Agar aman, seharusnya setiap jarum dipastikan dalam keadaan steril dan hanya digunakan sekali. Jarum tato dari awal sudah menimbulkan rasa sakit sejak awal. Ketika jarum tato mulai menusuk-nusuk bagian tubuh yang dirajah, kerap luka yang ditimbulkan mengakibatkan iritasi sehingga berpeluang terinfeksi. “Itu juga berpeluang penyebaran HIV /AIDS jika orang yang ditato sebelumnya juga terkena AIDS,” tukas (cr02) Riswan.(cr02)

Menghilangk an T ato T ak Semudah Membuatnya Menghilangkan Tato Tak

BEBERAP A tahun terakhir, BEBERAPA seni merajah kulit naik daun. Memakai tato kini tak lagi dianggap sangar dan menyeramkan. Sebaliknya, orang bertato dianggap lebih trendi dan seksi. Meski begitu, tak sedikit pemilik tato yang di kemudian hari ingin menghapus tatonya. Padahal, menghilangkan tato lebih susah ketimbang membuatnya. Motif tato yang ingin dihilangkan sebagian besar adalah tato bertuliskan nama. Ketika seseorang sudah tak

lagi hadir dalam kehidupan, otomatis tatonya ingin dilenyapkan. Sebut saja Angelina Jolie yang pernah membuat tato bertuliskan nama suaminya, Billy Bob Thornton. Setelah bercerai, buru-buru Jolie menghapus tato yang pernah dibanggakannya itu. Menurut American Society for Dermatologic Surgery, orang yang termotivasi oleh tren ketika membuat tato sebaiknya memilih motif yang sederhana dan ukurannya tidak terlalu besar agar

mudah dihapus. Selain itu, disarankan menato bagian tubuh yang bisa ditutupi pakaian, terutama untuk wanita karier. Jika membuat tato di bagian tubuh sensitif, dikhawatirkan akan timbul keloid. Saat ini, teknologi laser merupakan cara cukup aman untuk menghapus tato dan hanya menimbulkan sedikit parut di kulit. Menghilangkan tato tidak bisa dilakukan sekali datang, harus beberapa kali. Maksimal 12 kali kedatangan untuk mengha-

pus seluruh tinta tato. Tato di bagian tangan, jari, dan pergelangan kaki sangat sulit untuk dihapus. Tinta tato berwarna gelap lebih mudah dihapus dibanding dengan tinta berwarna cerah. Demikian pula warna tinta yang dicampurkan dengan warna tinta putih. Selain dengan laser, tato juga bisa dihilangkan dengan operasi plastik atau ditato ulang. Tato yang lama ditutup dengan warna kulit, lalu diganti motif tato baru.(*)


Halaman 36

Profil

Junedi Hidup Harus Enjoi Keutuhan suatu komunitas, tergantung pemimpinnya mengatur dan memotivasi anggotanya. Junedi, misalnya, dipercaya rekan– rekannya memimpin Jambi Matic Brother (JMB). Pria kelahiran Jambi, 7 Juni 1976, itu menggeluti bidang otomotif sejak kecil. Menurutnya, mencintai kendaraan ibarat mencintai diri sendiri dan orang terdekat dengan diri kita. Bila kita sekadar menggunakan kendaraan tetapi tidak bisa merawatnya dengan baik, sama saja dengan menyia-nyiakan kesenangan sendiri. Saat ditanya hal yang membuatnya bergabung di JMB, menurutnya, motor matic simpel dan dinamis. Dia juga berusaha agar JMB tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. “Banyak masyarakat beranggapan bahwa motor matic merupakan motor kalangan remaja putri. Tetapi sebenarnya kotor matic bisa digunakan siapa s a j a t a n p a m e n g h i langkan kesan f e m i n i n m o t o r d a n kelas motor i tu sendiri,” ungkapnya. Disinggung suka-dukanya, Junedi mengaku, saat ini belum ada hal yang begitu berarti, paling tidak peminat JMB masih kurang. Juga kurangnya disiplin dalam melaksanakan beberapa program yang ada. Sedangkan sukanya banyak sekali, antara lain anggota JMB bisa saling berbagi dengan anggota yang lain mengenai masalah kendaraan matic. Dis ini juga mereka berusaha menerapkan safety riding yang ben a r. K a r ena kendaraan y a n g d i g u n a ka n m otor matic, seb a g i a n a n g g o t a n y a adalah remaja p u t r i . H a l t e r s e b u t menambah warna komunitas itu. “Kita berha r a p ke depan para p e n g g u n a motor matic di Kota Jambi bisa ikut bergabung bersama kami dan s e m o g a J M B b i s a terus maju dan l e b i h b a i k , ” ka t a n ya. (mus)

Jambi Independent n Minggu, 12 April 2009

Jambi Matic Brother (JMB)

Terapkan Safety Riding, Jalin Tali Persaudaraan Sesama Anggota JAMBI Matic Brother (JMB) bermarkas di Jalan Sri Soedewi, Lorong Putri Ayu, Telanaipura. JMB saat ini digandrungi anak muda pemakai motor matic, baik pria maupun wanita. Klub itu berdiri pada 4 Januari 2007 dan hingga saat ini eksis di dunia bikers. Terbentuknya JMB mengusung misi menjalin kebersamaan dan persaudaraan antarsesama pengguna motor matic dan seluruh bikers, khususnya di Jambi. Seperti biasanya, JMB melaksanakan kegiatan rutin, salah satunya pertemuan atau kopi darat pada Sabtu dan Minggu sore. Pada hari-hari tersebut, JMB mangkal di depan kantor BKD Provinsi Jambi. “Kegiatan itu tujuannya untuk terus menjalin kebersamaan sekaligus membahas bila ada agenda kerja atau permasalahan yang terjadi selama seminggu berlalu,” ungkap Junedi yang dipercayai memimpin JMB. JMB pernah mengadakan kegiatan sosial dengan melaksanakan kunjungan sekaligus memberikan bantuan ke panti asuhan. Untuk menghidupkan kegiatan otomotif, JMB tidak jauh beda dari club motor lain, dengan melaksanakan kegiatan touring, misal ke Palembang, Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, serta beberapa kota di Pulau Jawa lainnya. “Dalam touring tersebut, kita juga berkesempatan melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penggunaan safety riding, karena hal itu akan memberikan manfaat bagi pengguna kendaraan,” kata Junedi.

Safety riding berguna menjaga keamanan berkendaraan, sehingga mengurangi korban kecelakaan lalu lintas. “Pemaha-

man program itu bukan saja untuk anggota JMB, melainkan untuk penggemar dan masyarakat luas,” tambahnya. (mus)

c m y b


Bianglala Edisi Akhir Pekan Minggu ke 2