Page 1

CMYK

RADAR TEGAL Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal

SELASA, 15 JANUARI 2013

24 HALAMAN - Rp. 2.500,-

MUHAMAD ALI/JAWAPOS

NOMOR URUT - Barisan ketua umum dan sekjen partai politik berfoto usai pengundian nomor urut partai politik peserta Pemilu 2014 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (14/1).

Nasdem Nomor Satu, Hanura Paling Buncit

1

2

3

4

Nomor Parpol Peserta Pemilu

5

1. Partai Nasdem 2. Partai Kebangkitan Bangsa 3. Partai Keadilan Sejahtera

Hasil Pengundian Parpol Peserta Pemilu

INDEKS Lima Anggota Tak Hadir HAL. METROPOLIS

Anggaran Pendidikan Turun Rp 17 M HAL. RADAR BREBES

6

7

8

9

10

4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 5. Partai Golongan Karya 6. Partai Gerakan Indonesia Raya

JAKARTA - Partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif 2014 resmi mendapatkan nomor urut. Partai Nasdem yang menjadi parpol baru pada Pemilu 2014 mendapatkan nomor urut satu.

7. Partai Demokrat 8. Partai Amanat Nasional 9. Partai Persatuan Pembangunan 10. Partai Hati Nurani Rakyat

ke hal 7 kol 1

Salah, Atribut Parpol Diturunkan HAL. PEMALANG

Disambar KA, Wanita Paruh Baya Kritis HAL. INSIDEN

APA MANING...

Warga Demo Proyek Jalingkut Nyatakan Rampung 2 Mei 2013 Harga Mati!

Tedy Kroen/Rakyat Merdeka

SELEKSI HAKIM AGUNG - Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Padang Desnayeti M memberikan pemaparan saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di hadapan anggota Komisi III, Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/1).

Aktivis Protes Gurauan Calon Hakim Agung JAKARTA - Muhammad Daming Sanusi, calon hakim agung (CHA) asal Pengadilan Tinggi (PT) Banjarmasin, melakukan blunder saat menjalani fit and proper test di DPR kemarin (14/1). Meski bermaksud ingin bercanda, candaan Daming justru memicu kontroversi. Sebab, dia menyebut bahwa korban dan pelaku perkosaan sama-sama enak. Pernyataan mengejutkan itu keluar dari mulutnya saat ditanya oleh anggota Komisi III DPR Andi Anzhar Cakra Wijaya. Politikus PAN tersebut menanyakan pantas atau tidaknya hukuman mati untuk pelaku kasus itu. “Yang diperkosa dan yang diperkosa ini sama-sama menikmati,” ucap Daming enteng. Ironisnya, anggota DPR terbahak dengan celotehan ke hal 7 kol 5 Daming.

CATATAN

BREBES - Puluhan warga akhirnya mendemo pekerjaan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal, Senin (14/1). Aksi warga bersama aktivis lingkungan hidup itu sebagai bentuk keprihatinan sekaligus protes atas pekerjaan proyek tersebut yang dianggap lamban. Mereka mendesak agar pihak rekanan menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan perpanjangan kerja, yakni pada 2 Mei 2013. Pendemo yang merupakan perwakilan warga dari Kelurahan Limbangan Wetan, Limbangan Kulon, Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan Kecamatan Brebes itu memulai aksi sekitar pukul 10.00 WIB. Di bawah pengaman dari petugas kepolisian, pendemo menggelar orasi

KPK Pastikan Banding Putusan Angie JAKARTA - Berbagai suara miring terkait vonis ringan Angelina Sondakh langsung direspons KPK dengan melakukan banding. Rencananya, Rabu atau Kamis ini berkas pengajuan banding bakal dikirimkan. Ada dua poin yang diinginkan oleh institusi antirasuah itu untuk diuji di tingkat banding. Yang pertama menurut Jubir Johan Budi adalah terkait minimnya hukuman yang dijatuhkan kepada Angie. Kedua, tentang Pasal 18 Tipikor yang menjadi dasar

ke hal 7 kol 1

Dijanjikan Kerja di PT KAI, Korisah Ketipu Rp 47 Juta SLAWI - Diiming-imingi bisa bekerja di PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Korisah (43) pemilik toko kelontong di Jalan Cut Nyak Dien, Desa Grogol RT 14 RW 5, Kecamatan Dukuhturi, ketipu uang senilai Rp 47 juta. Korban ditipu calo yang mengaku bisa memasukan menjadi pegawai PT KAI yakni Winarni alias Nani, istri dari

seorang karyawan PT KAI di Tegal. Kasus ini mencuat ketika korban mengajukan sidang di Pengadilan ke hal 7 kol 5

KETERANGAN - Korisah saat memberikan penjelasan kepada sejumlah wartawan terkait kasus penipuan yang dialaminya, Senin (14/1).

ke hal 7 kol 5

RSBI, Pelajaran Kenegarawanan

YERI NOVEL/RADAR SLAWI

Oleh Rohmani SETELAH menjadi pro-kontra sejak kelahirannya, akhirnya Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) tidak sesuai dengan konstitusi. Gugatan tersebut dilakukan oleh masyarakat yang prihatin dengan kondisi pendidikan nasional. Terutama efek adanya RSBI tersebut. Yaitu masalah ketidakadilan. Gugatan tersebut diajukan pada Desember 2011 lalu. Setelah menimbang dan melihat bukti serta keterangan, MK mengabulkan permohonan para penggugat 8 Januari 2013. Dalam memutuskan kasus ini, MK telah mendengarkan keterangan penggugat yang mengajukan uji materi atas Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tidak hanya itu, MK juga memeriksa bukti dan mendengarkan pendapat pemerintah serta anggota legislatif.

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

ORASI - Pendemo tengah orasi saat unjuk rasa memprotes lambannya pembangunan Jalur Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal, kemarin.

menghujat rekanan pekerjaan proyek tersebut yang dianggap tidak becus. Selain mengusung spanduk bertuliskan tuntutan dan kecaman, mereka juga sempat melakukan aksi membakar ban bekas di lokasi, tepatnya di Jalingkut ruas Desa Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes. “Tanggal 2 Mei 2013 harus selesai, itu harga mati. Bina Marga harus berani bersikap tegas terhadap rekanan. Jika pekerjaan tak selesai sesuai kontrak, rekanan harus diputus dan jangan mau diperpanjang lagi,” tandas Aris Hada, salah seorang pendemo. Dalam aksinya, warga juga menggelar aksi treatikal yang menggambarkan persoalan yang terjadi dalam pembangunan proyek bernilai ratusan milliar tersebut. Dalam treatikal itu beberapa pendemo nekat terjun bebas di Sungai Sigeleng.

Ketika Anak-Anak H Widayat Berebut Warisan sang Maestro

Demi Uang, 141 Lukisan Berpindah Tangan Andai saja H Widayat masih hidup, mungkin dia kini dirundung malu dan sedih. Pasalnya, anakcucunya beramai-ramai berebut harta warisan yang ditinggalkan sang maestro pelukis Indonesia itu. Termasuk 141 karya lukisan Widayat yang “raib” dari museum yang didirikannya di Magelang, Jawa Tengah.

TUTUP SEMENTARA Museum H Widayat di Mungkid, Magelang, yang kini sepi menyusul sengketa warisan di antara sebelas anak sang maestro. Widayat, salah seorang pelukis legendaris Indonesia.

LAPORAN: MUKHTAR LUTFI SUATU hari, semasa hidup, H Widayat tampak begitu marah. ke hal 7 kol 5 REPRO MUKHTAR LUTFI/Radar Semarang

ke hal 7 kol 1

Nasdem Nomor Satu, Hanura Paling Buncit * Adeh nomor pengaruh kemenangan? KPK Pastikan Banding Putusan Angie * Durung puas!

CMYK


OPINI

2

SELASA 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

Pilih Pilihanmu OLEH: M RIZA PAHLEVI KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 10 partai politik peserta Pemilu 2014. KPU pun panen gugatan dari partai-partai politik yang dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual. Ada belasan partai abru dan partai lama yang gagal dalam mengikuti Pemilu 2014 mendatang. Kesepuluh partai itu pun kini telah mendapat nomor urut. Nasdem sebagai satusatunya partai baru, mendapat nomor urut 1. Disusul PKB dinomor urut 2. Nomor urut 3 PKS, nomor 4 PDIP, nomor urut 5 Golkar, nomor urut 6 Gerindra, nomor 7 Partai Demokrat, nomor 8 PAN, nomor 9 PPP dan nomor 10 Partai Hanura. Hanya dengan 10 partai, pilihan masyarakat semakin terbatas. Tidak perlu pusing untuk mencari partai pilihannya. Pun dengan pemilihan calon anggota legislatifnya, tidak akan membuat sebagian ornag bingung. Namun bagi sebagian orang lainnya, tentu akan kehilangan pilihan. Karena partai pilihannya, ternyata tidak lolos seleksi Pemilu 2014. Mungkin untuk berpindah partai, agak berat. Selain perbedaan ideologi, juga mungkin hal itu merupakan pilihan politik. Ada kemungkinan suara golput (golongan putih) meningkat. Namun ada kemungkinan para pemilih partai yang tidak lolos seleksi itu pindah partai atau kembali ke partai awal. karena sebagian partai yang tidak lolos seleksi itu, merupakan pecahan partai yang sekarang lolos seleksi. Hal ini tentu menjadi perhatian, apakah dengan berkurangnya jumlah partai secara signifikan, akan mengurangi daya pilih masyarakat atau sebaliknya. Kejenuhan masyarakat terhadap partai politik, akan ditentukan dalam pemilu 2014 mendatang. Mampukah partai-partai lama mempertahankan pemilihnya. Ataukah justru partai baru mampu menyedot partisipasi pemilih untuk eksistensi dirinya. Dengan 10 partai politik, mungkin sebagai wujud seleksi alam. Di mana aturan partai seperti yang disyaratkan oleh UU semakin ketat. Kini, dengan 10 partai politik, selain seleksi alam, juga sudah mewadahi aliran-aliran ideologi yang ada di masyarakat Indonesia, religius dan nasionalis. (*)

Jelas Mengikat Semua HALO Kang Jon, aku heran apa yg disampaikan kepala Disdik Dra Titik Andarwati, ini pejabat ko nda tau hukum ya, yg namanya kepusan MK itu ya mengikat kesemua aturan (termasuk SK RSBI Mendikbud) dibawahnya, jelas2 sdh melanggar UUD 1945, jangan2 ada “kepentingan” ibu di RSBI yg terganggu? 085742041112 TANGGAPAN Sehubungan dengan pernyataan dalam Ngresula Koran radar Tegal hari Senin, tanggal 14 Januari 2013 mengenai penghapusan RSBI dalam keputusan MK yang mengikat ke semua aturan di bawahnya (termasuk SK RSBI Mendikbud). Dan sebagaimana saya jelaskan bahwa Dinas Pendidikan masih menunggu kebijakan baru dari Kemendiknas, setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (KM) terkait penghapusan SBI dan RSBI. Kemendiknas sudah menerima putusan MK terkait penghapusan SBI dan RSBI. Namun hingga kini, Mendiknas belum melakukan pencabutan teknis (juknis) tentang SBI dan RSBI. Karena perlu kita ketahui bersama bahwa dalam pertemuan pembukaan rapat kerja nasional Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia di Jakarta, hari Minggu, 13 Januari 2013 antara Mendikbud dan Ketua MK. Telah ada kesepakatan Mahkamah Konstitusi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai masa transisi pembubaran RSBI yang akan berlangsung hingga tahun ajaran 2012-2013. Di mana dalam masa transisi ini yang terus berlanjut adalah urusan akademik yakni pembelajaran dan ekstrakurikuler. Namun untuk pembiayaan, sekolah bekas RSBI tidak boleh menarik pungutan sesuai dengan surat edaran Ditjen Dikdas mengenai penghentian seluruh pungutan di SD dan SMP bekas RSBI. Demikian yang dapat saya jelaskan. Terima kasih. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Dra Titik Andarwati

Gagian Ditata Oh… PIMEN kyeh Pasar Trayeman Slawi... pembangunan pasar wis rampung... daning pedagang sing nang luar ora mlebu2.... gagian ditata ohhh.... 0818430900

Adakah yang Berani? SEMUA instansi pasti ada KKN. Adakah yg berani angkat tangan bagi instansi yg benar2 bersih?? by JIA TRONIK. 087830942781

Gak Punya Jamkesmas ASKUM mf ni saya.. warga Slerok janda beranak tiga, jamkesda maupun jamkesmas kami ga dapat.. mengadu sma siapa RT ga mau tau!! Sedangkan kan saya punya anak msih skolah mengajukan sktm ga ckup untk dapat beasiswa, klau ga punya jamkesmas sehingga beasiswa anak di skolah ga bsa cair. Padahal saya sangat butuh

Masih Banyak PR Pemenuhan Hak Anak OLEH:ADI ASSEGAF ANAK merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan unggul, namun dalam perkembangan anak tidak dapat tumbuh dengan sendirinya, mereka memerlukan lingkungan subur yang sengaja diciptakan untuk memungkinkan potensi mereka tumbuh dengan optimal. Orang tua dan keluarga memegang peranan penting menciptakan lingkungan tersebut guna memotivasi anak agar dapat lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi. Hal ini semua dapat dimulai sejak dini suasana yang penuh kasih sayang, mau menerima anak apa adanya, menghargai potensi anak, memberi rangsangan-rangsangan dalam segala aspek perkembangan anak, baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik, semua itu merupakan jawaban nyata bagi tumbuhnya generasi unggul dimasa depan. Komitmen Brebes menjadikan daerahnya sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) diharapkan nantinya ada sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, ma-

syarakat dan dunia usaha yang terencana secara menye luruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, prog ram dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Guna melihat kinerja pencapaian pemenuhan hak anak, maka di tiap kabupaten perlu dib e n t u k Gugus Tugas KLA, dimana Gugus Tugas KLA berpedoman pada instrumen 31 indikator KLA yaitu indikator kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, perlindungan khusus. Fakta yang ada di Kabupaten Brebes, yang telah mendapatkan 2 kali penghargaan, pertama penghargaan yang diberikan pada tahun 2011 sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama. Kemudian pada tahun 2012 Kabupaten Brebes kembali mendapat penghargaan tingkat Madya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, ternyata

masih banyak pekerjaan rumah pada Gugus Tugas KLA yang tertunda. Sebuah penghargaan akan belum optimal jika tidak dibarengi dengan prestasi kerja yang baik. Realita yang ada bahwa di Brebes yang menjadi masalah perlu perhatian khusus adalah pertama rendahnya prosentase kepemilikan Akte Kelahiran Anak umur 0–18 tahun di Kabupaten Brebes 7 % dari jumlah penduduk umur 0–18 tahun. Kedua, tingginya angka kematian bayi, dimana angka kematian bayi 0-1 tahun menurut data tahun 2011 sejumlah 313 Bayi dan tahun 2012 sampai dengan bulan April terhitung 228 bayi yang meninggal. Dengan penyebabnya antara lain asfiksia, BBLR, prematur, pneumonia dll. Ketiga tingginya kematian balita, tercatat sepanjang tahun 2011 jumlah kematian balita sebanyak 19 balita dan pada tahun 2012 sampai dengan bulan April sejumlah 21 balita. Dengan penyebab di antaranya meningitis, pneumonia, diare, kejang dll. Keempat, rendahnya ASI eksklusif, padahal pemberian ASI eksklusif dapat menu-

runkan kematian balita hingga 13 %. Bila dilanjutkan hingga 2 tahun dengan MPASI yang bergizi, akan menurunkan resiko kematian hingga 6 %. Bahwa pemberian ASI yang optimal, khususnya pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini pada bayi baru lahir dan pemberian ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, dapat menurunkan angka kematian bayi dan anak balita hingga 22 %. Kelima adalah angka tingginya angka Kekerasan anak yang terjadi pada anak baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, keenam adalah rendahnya partisipasi Paud. Inilah PR kita bersama yang harus diselesaikan dan sesuai dengan tahapan pengembangan KLA yang terdiri atas 7 langkah pokok. Yaitu Persiapan yang meliputi komitmen, pembentukan gugus tugas KLA, pengump u l a n d a t a d a s a r. P e r e n canaan yang terdiri dari penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengembangan KLA (RAD-KLA). Pelaksanaan, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan diharapkan bisa dilaksanakan secara optimal jangan sampai ABS.

Selanjutnya ke depan komitmen yang sudah dilaksanakan dapat tertuang dalam Peraturan Daerah; Per a t u r a n B u p a t i / Wa l i k o t a ; Keputusan Bupati/Walikota; Instruksi Bupati/Walikota; dan Surat Edaran Bupati/ Walikota. Karena komitmen tersebut sangat penting dituangkan dalam bentuk tertulis untuk menjaga agar pengembangan KLA bukan dilakukan hanya karena desakan atau keperluan sesaat saja. Karena semakin tinggi hirarkinya tentunya kekuatan hukumnya juga semakin kuat sehingga menjamin kesinambungan dari pelaksaan pengembangan KLA di kabupaten itu sendiri. Mudah-mudahan di Kabupaten Brebes tahun 2013 ini bisa menjadi lebih baik. Kinerja Gugus Tugas KLA bisa lebih di optimalkan lagi sampai RAD KLA dan muncul anggota DPRD yang peduli kepentingan yang terbaik bagi anak dan hak–hak anak seperti di Klaten. Sehingga anak Brebes benar-benar menjadi anak yang merdeka. (*) Penulis adalah Ketua Forum Pendamping Anak (FPA) Kabupaten Brebes )

itu krena gak m a m p u ! ! Trmksh, mf kan saya pak? Tdi smua itu yg sms saya kesel sekali!! Nama saya Sri Murdiyati RT 05/ RW 2 Kelurahn Slerok. 085799207811

Dana Kematian Durung Cair TAK melu ngresula nden. Priben pak wali, loken iya jare pemerintah ngein bantuan kematian sing gedene 500 ewu, tp nyatane pan setahun diurus ora metu2, kie sing salah sapa nden, petugas kelurahan Tegalsari apa sapa, coba dipikir matine awit tgl 12 Feb 2012, aku pengin ngerti kejelasane. 081326966552

Puluhan Tahun Kebanjiran BU Idza, Mas Narjo, tlng lah Pusponegoro diberesi wis puluhan thn kebanjiran trs tp ora tau diurusi. DPU ne ya kayong maen picek, pdhl Pusponegoro kuwe neng mburi kantor DPU tp bs ora urusan sm skali, sing digawe heran malah dhuwuri Jl. A. Yani ora mbenerna drainasene. Pikirane pd neng endi donge, jare pd pinter2 ganing goblok! Dalan diduwuri, trotowar diduwuri gote ora dikuras ya pd bae goroh, kampunge ya klelep! Tlng um Radar dimuat, ben para petinggi sing neng Brebes pd melek mrng kondisi Pusponegoro sing memprihatinkan. 087730747626

EKTP Bayar Ora? MELU ngresula, dimuat ya um Radar. Tolong dijawab, yang terhormat Pemkot Tegal garo Kab. Tegal, donge dang njukut E-ktp, sabenere bayar ora sich? Terus misale ana pihak terkait sing njaluki duit garo warga, ana sangsine apa ora? Trima kasih. 087730875675

Politik Raskin TLG um Radar d muat, ku mlu ngresula. Incumbent mju mng cakades klwgu. Incumbent hllkan sgl cara, politik raskin. Kdr2nya dpt 1 kntg raskin, yg punya hak hnya dpt 5 kg. Politik jamkesmas... wong sing ndkg d nei jamkesmas... wlau ora lku ng RSU. Toli sekdese ora profesinal. Sekdes koh kmpnye, ddi pntia ra adil. Kartu jamkesmas sing gon mbagi kdre incumben. Pgmman pndftran cakades ya d rkys. Wktne tgl 6 sd 10 Jnri 2013 nembe dpsg tgl 8 wis sre. Maksude apa? Awale crg mg2 Allah ra ridho incumbent ra ddi, aaamminn..... 082135531159

Korban Galian Pipa CKCKCK.. maning-maning korban galian pipa... kae keh tiliki nang lmpu merah Dukuhturi, truk gandeng bane njblos, untung ora malik, pdahal uis sering kclakaan garagara galian pi tp bs seolah olah pd menutup mata kbeh.., kue tnggung jawabe sapa sh? Ckckck., aku kah maring njenengan-njenengan heran, nyawa’ne uoNk ko bsa kaya go dolanan tok.. Donge ger pan milih rekanan ya mbokya sng selektif, aja sng abal abal... Akhre ya kya kae ndgen uis d aspal bnyune juga pada nglantak-

nglantak, aspale ya pada kroak... 085742400052

RSBI Sudah Saatnya Dibubarkan REDAKSI Ngresula YTH. Singkat saja, memang RSBI adalah sekolah mahal bukan rahasia lagi. Bahwa siswa miskin berprestasi pun tidak bias sekolah di RSBI itu jelas! Pintas tp miskin bisa sekolah di RSBI? Omong kosong, itu hanya membela diri. Sya punya murid miskin dan pandai, sehubungan banyaknya fasilitas belajarnya dibebankan kepada siswa, akhirnya gagal menginjak sekolah RSBI karena merasa tidak mampu. Oleh karena itu, RSBI layak dan memenuhi persyaratan untuk dibubarkan. Tks Radar. 081802891399

Mobil Gress dan Sawahe Akeh ASSALAMMU’alaikum... tlng KPK dicek tuh pejabat di Kehutanan Brebes. Wong dudu kpl dinas ka bisa tuku mobil gress lan sawahe akeh!!! Keprimen kuwe... Sing kpl dinas jujur be ra duwe apa-apa ka...!!! Alias sederhana bae... keprimen kuwe KPK...!!!! 085742100244

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan anda ke rubrik Ngresula ini, via SMS ke 083861302125, email rateg2000@yahoo.com, surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan dan bisa menggunakan bahasa Tegal. Dapatkan kaos Ngresula, yang berisi SMS ngresula pilihan Hanya Rp60.000/pcs. Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo, Direktur: Moh. Sukron Pemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: M. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Iman Teguh Supriyono. Redaktur: Zuhlifar Arrisandy, Moch. Arifin, M. Riza Pahlevi, Khikmah Wati, Arief Nur Rahardian Sidiq. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: M Saekhun, Laela Nurchayati, Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. Brebes: Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Iman Teguh Supriyono (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, M. Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal Ghoni, M. Fatkhurrohman. Pemalang: Embong Sriyadi (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno, Himawan AR, Moh. Khasanudin. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan, M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S . Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Hesti Prastyani (Manajer), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Pemasaran: Sunarjo (Manager), Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Wahyu, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari, Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. Promosi (Off Print): Taufiq Ismail. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta: Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks. Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal. Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/ Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 25.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 17.000/baris, Iklan Colour: Rp 37.000/mm kolom. surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima Iklan halaman 1 (depan): Rp 75.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-501.000. imbalan dalam bentuk apapun dari narasumber. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal


NASIONAL

SELASA 15 JANUARI 2013

3

RADAR TEGAL

PENDIDIKAN Bom Pensiun Guru SD JAKARTA - Sampai saat ini pemerintah belum bisa mengatasi kekurangan guru PNS untuk sekolah dasar (SD). Persoalan semakin besar, karena Indonesia bakal menghadapi bom pensiun guru SD tiga tahun berturut-turut. Prediksi bakal terjadi bom pensiun guru SD ini dipaparkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo di Jakarta kemarin (14/1). Dia mengatakan, bom pensiun guru SD ini bakal terjadi tiga tahun berturut-turut. Yakni pada 2015, 2016, dan 2017 nanti. “Antisipasinya tentu harus dipikirkan dari sekarang,” katanya. Pada tiga tahun ini, Sulistyo memperkirakan jika guru SD yang pensiun bisa mencapai setengah hingga satu juga jiwa lebih. Khusus di tempat kelahirannya, Jawa Tengah, perkirakaan pensiun besarbesaran itu mencapai 100 ribu hingga 200 ribu guru SD per tahun. Keberadaan bom pensiun guru SD ini tidak lepas dari siklus pensiun PNS. Sebagaimana diketahui, rata-rata umur pensiun guru PNS adalah 60 tahun. Sulistyo mengatakan pada pertengahan dekade 70-an silam pemerintah sedang giat-giatnya membangun sektor pendidikan. “Program ini terkenal dengan istilah SD Inpres,” kata dia. Sulistyo mengatakan kala itu pemerintahan yang dipimpin Soeharto sedang gencar-gencarnya membangun SD-SD Inpres di seluruh Indonesia. Setelah SD-SD Inpres tadi selesai dibangun, ternyata persoalan yang muncul adalah sediktinya jumlah guru. Akhirnya siapapun yang mau jadi guru, langsung jadi PNS kala itu. “Syaratnya hanya dilatih sebentar,” kata dia. Nah, rekrutmen masal guru PNS SD pada masa SD Inpres itu diperkirakan mulai pensiun pada 2015, 2016, dan 2017. Sulistyo berharap pemerintah tidak melanjutkan lagi program moratorium penerimaan CPNS baru secara ketat. Dia mengatakan kegagalan pemerintah memenuhi jumlah guru SD PNS tahun lalu disebabkan karena program moratorium yang tidak berjalan rapi. Dalam pernyataannya memang pemerintah menyebutkan formasi guru bebas dari moratorium rekrutmen pegawai baru. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak SD di daerah-daerah yang kekurangan guru PNS SD. Dampak dari kekurangan guru PNS SD sangat luar biasa. Yakni kepala sekolah dengan gampang merekrut guru-guru SD honorer. Kondisi ini sangat merugikan negara di kemudian hari. Sebab guruguru honorer ini selalu minta diangkat langsung menjadi CPNS oleh pemerintah karena merasa sudah mengabdi lama. Sulistyo tidak ingin kekurangan guru terus terjadi ketika Indonesia bom bom pensiun guru PNS SD. Dia berharap mulai tahun ini atau mentok-mentok pada 2014 nanti, pemerintah menyiapkan pengganti guru-guru yang masuk gerbong pensiun massal itu. (wan)

HUKUM KPK Pastikan Memiskinkan Sang Irjen JAKARTA - Terdakwa kasus korupsi simulator SIM, Irjen Djoko Susilo harus siap kehilangan harta bendanya. Sebab, selain kasus korupsinya, KPK dipastikan menjerat Djoko Susilo dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Jika tidak bisa membuktikan darimana kekayaannya berasal, pengadilan bisa merampasnya untuk negara. Kepastian digunakannya TPPU diungkapkan oleh Jubir KPK Johan Budi kemarin. Dia mengatakan ada dugaan praktik pencucian uang yang berkaitan dengan korupsi simulator SIM. Sayang, Johan tidak membeberkan dalam bentuk apakah Djoko Susilo mencuci uang hasil korupsinya. “Yang jelas, telah mengubah bentuk, menyembunyikan, ditransfer, hingga menyamarkan uang hasil tindak pidana korupsinya,” ujar Johan Budi. Begitu juga dengan besaran money laundering yang dilakukan oleh polisi berbintang dua itu. Dia hanya menyebut kalau Djoko telah melanggar Pasal 3 dan atau pasal 4 UU Nomor 8/2010, dan Pasal 3 ayat 1 dan atau Pasal 6 ayat 1 UU 15/2002 tentang tindak pidana pencucian uang. Jika merujuk pada UU TPPU, persidangan nanti membutuhkan tenaga ekstra bagi Djoko Susilo. Sebab, seuai dengan Pasal 77, dia harus bisa membuktikan harta kekayaannya bukan berasal dari hasil korupsi. Jadi, tidak hanya Jaksa Penuntut Umum (JPU), Djoko juga harus aktif membuktikan kekayaannya. Pola yang disebut dengan pembuktian terbalik itu akan diminta langsung oleh Majelis Hakim. Jadi, Djoko Susilo dan kuasa hukumnya tidak bisa menolak permintaan tersebut. Pasal 81 mengatur jika sudah diperoleh bukti yang cukup tetapi masih ada kekayaan yang belum disita, hakim bisa memerintahkan JPU untuk melakukan penyitaan. Sekedar informasi, berdasar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di KPK, harta yang dimiliki Djoko Susilo sebesar bernilai Rp 5,6 miliar. Nah, entah berapa banyak dari kekayaannya yang bertambah setelah dia mengatur simulator SIM. “Yang jelas, mulai pekan ini bakal ada pemeriksaan saksi-saksi,” imbuhnya. Lebih lanjut Johan menjelaskan, dikenakannya pasal TPPU pada Djoko Susilo juga memiliki misi lain. KPK ingin memulai tren bahwa setiap kejahatan korupsi yang dilakukan harus dikembalikan ke negara. Cara itu bertujuan agar keuangan negara yang rusak garagara koruptor bisa kembali normal. Dipastikannya ada pasal lain membuat berkas perkara kasus Djoko Susilo nanti ada dua. Pertama tentang kasus korupsi simulator SIM, dan yang kedua terkait TPPU. Saat disinggung apakah sudah membekukan rekening Djoko, Johan mengaku belum mendapat informasi. “Biasanya kalau ada penatapan tersangka, ada pembekuan, pemblokiran rekening,” jelasnya. (dim)

PETERNAKAN Bulan Depan Produksi Vaksin Flu Burung Varian Baru JAKARTA - Virus flu burung varian baru flu burung H5NI clade 2.3.2, yang menyerang itik mengakibatkan ratusan ribu itik mati mendadak. Banyak peternak pun merugi. Untuk mengatasi persoalan, pemerintah menyatakan bakal memproduksi missal vaksin flu burung varian baru tersebut pada bulan Februari mendatang. Menurut rencana, vaksin tersebut bakal diproduksi sebanyak satu juta buah. “Alhamdulillah vaksinnya sudah ditemukan, sehingga nanti akan diproduksi di awal Februari sebanyak satu juta vaksin dan nantinya akan diperbanyak pada bulan-bulan berikutnya. Jadi tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada vaksinnya, tinggal implementasi saja di lapangan,” jelas Mentan Suswono ditemui di Istana Negara, kemarin (14/1). Suswono melanjutkan, saat ini pemerintah menyediakan anggaran sebanyak Rp 215 miliar sebagai dana kompensasi bagi para peternak yang mengalami kerugian. Dana tersebut juga bakal digunakan untuk depopulasi. “Jumlah itu intinya diantaranya untuk keperluan depopulasi, karena depopulasi sangat penting dan juga untuk pergantian itiknya. Karena ada pergantian itik yang baru, maka harus dilakukan depopulasi, karena kalau di situ ada itik mati sakit, yang sehat-sehat lainnya bisa tertular,” jelasnya. Soal besaran nilai kompensasi bagi para peternak, Suswono belum bisa berbicara banyak. Dia hanya memastikan jika besaran nilai kompensasi akan disesuaikan dengan harga di pasaran. “Yang jelas pokoknya peternak tidak dirugikan, ideal lah dengan harga pasar.” Ketika ditanya kapan dana tersebut bakal dicairkan, menteri 53 tahun itu juga belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu pencarian anggaran dari pihak Kementrian Keuangan. “Kita sudah mengajukan anggaran itu ke Kementrian Keuangan, tentunya melalui Kemenko Perekonomian. Kami harap bisa direalisasikan ya, karena ingin secepatnya lah, supaya peternak mendapatkan kepastian,” kata Politikus PKS tersebut. Suswono memaparkan, sejauh ini pihaknya belum mengkategorikan kejadian matinya ratusan ribu itik tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). (Ken)

DITUNTUT Terdakwa kasus suap Buol Hartati Murdaya menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (14/1).

MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Hartati Dituntut 5 Tahun Penjara JAKARTA - Sidang kasus suap yang diduga dilakukan oleh Hartati Murdaya terhadap Bupati Buol, Amran Batalipu memasuki tahap akhir. Kemarin, di Pengadilan Tipikor bos PT Hardaya Inti Plantation (HIP) tersebut dituntut lima tahun penjara. Tidak hanya itu, hukumannya bisa ditambah empat bulan jika denda Rp 200 juta tidak dibayar. Dalam berkas tuntutan setebal 300 halaman itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebut Hartati terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. JPU yakin, suap Rp 3 miliar yang diberikan kepada Amran batalipu terkait pengurusan Hak Guna Usaha

(HGU) kebun kelapa sawit milik Hartati. “Menjatuhkan pidana penjara selama lima tahun dikurangi masa tahanan. Denda Rp 200 juta subsider empat bulan penjara,” ujar JPU Edy Hartoyo. Dia menyebut kalau Hartati melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Tipikor Nomor 31/1999 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 kesatu. Jaksa beralasan hukuman lima tahun penjara setimpal dengan sikap tidak terpuji Hartati. Berbagai unsur seperti perorangan, unsur memberikan sesuatu kepada penyelenggara negara, dan unsur untuk berbuat sesuatu yang bertentangan dengan jabatan bisa di-

buktikan selama jalannya persidangan. Atas dasar itu, JPU berharap tuntutannya dikabulkan hakim. Sebab, uang senilai Rp 3 miliar yang sebelumnya di sebut saksi ahli Yusril Ihza Mahendra sebagai sumbangan politik dipastikan jaksa sebagai suap. Uang itu juga digunakan untuk mengurus surat-surat terkait HGU PT Citra Cakra Murdaya (CCM). “Kalaupun sumbangan Pilkada, jelas menyalahi aturan sumbangan. Ada bukti rekaman uang itu untuk barter surat HGU yang ditandatangani Amran,” imbuhnya. Selain itu, menurut JPU, ada beberapa poin yang memberat-

kan Hartati Murdaya. Diantaranya, dia dinilai tidak mendukung upaya pemerintah yang sedang giat memberantas korupsi, tidak terus terang dan tidak mengakui perbuatannya. Akibat perbuatannya, JPU menilai membuat iklim investasi di Buol jadi tidak sehat. Menanggapi tuntutan itu, Hartati menyatakan bakal menyampaikan nota keberatan yang dibacakan Senin (21/1). Dia berpendirian bahwa uang yang diberikan kepada Amran bukan terkait pengurusan HGU. “Tuntutan yang disampaikan tidak sesuai dengan fakta persidangan,” ucapnya usai sidang. Disamping itu, Hartati mera-

sa heran dengan sikap jaksa yang menudingnya tidak berterus terang. Padahal, apa yang disampaikan selama ini benarbenar sesuai dengan kenyataan. Malah, dia balik menuding JPU yang berbohong di persidangan karena apa yang termuat dalam tuntutan tidak sesuai fakta sidang. Kuasa hokum Hartati, Patra M Zen menambahkan, hak jaksa untuk menuntut tinggi. Tetapi, dia yakin hakim tidak buta dan bisa melihat fakta persidangan dengan lebih baik. “Saksi jelas menyebut kalau uang itu tidak ada kaitannya dengan ibu (Hartati). Bagaimana bisa disimpulkan uang itu dari ibu,” tegasnya. (dim)

Kejati Minta Waktu Teliti Berkas Rasyid Mantan Dirut IM2 Terancam 20 Tahun Penjara JAKARTA - Kasus dugaan korupsi penggunaan bersama frekuensi 2,1 GHz milik Indosat untuk akses internet broadband melalui jaringan 3G/HSDPA akhirnya memasuki persidangan. Kemarin, di Pengadilan Tipikor Jakarta, mantan Dirut PT Indosat Mega Media (IM2) Indar Atmanto duduk di kursi pesakitan. Dia terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara. Dalam persidangan tersebut, Indar dituding telah melanggar Pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Seperti diketahui, aturan tersebut menybutkan hukuman paling lama adalah 20 tahun dan paling singkat 4 tahun penjara. “Terdakwa melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fadil Zumhana. Indar tidak sendiri, dalam berkas dakwaan, JPU juga menyebut petinggi Indosat lainnya. Mereka adalah Kaizad B Heerjee (Wakil Dirut Indosat), Johnny Swandy Sjam dan Harry Sasongko (Dirut Indosat). Menurut jaksa, petinggi Indosat itu terseret ke meja hijau karena menyalahgunakan frekuensi. Indosat, versinya, tidak bisa mengalihkan penyelanggaraan jaringan seluler IMT 2000 di pita frekuensi radio 2,1 GHz kepada pihak lain. Jaksa berpegang pada Pasal 25 ayat 1 PP Nomor 53 Tahun 2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit. Tidak hanya itu, Jaksa menyebut kalau Indosat sebenarnya paham bahwa pengalihan itu tidak boleh. Tapi, diakali dengan seolah-olah kerjasama dengan penyedia internet broadband PT IM2. “Terdakwa selaku dirut IM2 menggunakan frekuensi 2,1 GHz yang menjadi frekuensi primair dan eksklusif tanpa lelang. Melawan hukum menggunakan frekuensi milik PT Indosat dengan perjanjian kerjasama antara Indosat dengan IM2 tentang akses internet broadband melalui jaringan 3G/ HSDPA Indosat,” jelasnya. Nah, efek dari pola tersebut, Jaksa mengatakan kalau PT IM2 mendapatkan banyak keuntungan. Berdasar kalkulasi, aliran keuntungan PT IM2 dari kurun waktu 2007-2011 sebanyak Rp 1,483 triliun. Padahal, praktik curang tersebut merugikan negara sebesar Rp 1,358 triliun. (dim)

JAKARTA - Polda Metro Jaya memang telah melimpahkan berkas perkara kecelakaan yang melibatkan M Rasyid Amrullah Rajasa, putra Menteri Koordinartor (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa ke Kejati DKI Jakarta Kamis (10/1) lalu. Namun, pihak Kejati baru memulai proses penelitian berkas itu kemarin. Pihak Kejati belum menentukan kapan bakal memberikan tanggapan terhadap berkas tersebut. Pihak Kejati menerjunkan empat jaksa peneliti dalam kasus tersebut, yakni Soimah, Emilda Ridwan, Slamet Riyanto, dan Teuku Rahman. Kapuspenkum Kejaksaan Agung Setia Untung Ari Muladi menyatakan, pihaknya belum bisa memberikan banyak penjelasan soal kasus tersebut. “Tim dari kejati baru saja meneliti. Tidak bisa langsung menanggapi,” terangnya kemarin. Untung mengatakan, pihak kejati butuh waktu maksimal 14 hari kerja untuk meneliti berkas tersebut. Nantinya, Jaksa akan memberikan penilaian apakah berkas itu sudah atau belum layak diajukan ke persidangan. Tidak ada peluang untuk mengistimewakan kasus Rasyid, karena proses penelitian berkas akan berjalan sesuai aturan yang berlaku di kejaksaan. Jika jaksa peneliti menilai ada kekurangan dalam berkas tersebut, tentu saja akan dikembalikan ke penyidik Polda Metro Jaya (P-19) agar disempurnakan. Kejaksaan juga akan memberikan petunjuk terkait apa saja yang perlu dilengkapi. “Tapi kalau memang berkasnya dinilai sudah layak masuk si-

DOK.JAWA POS

PINGSAN - Muhammad Rasyid Amrullah putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa pingsan setelah menjalani pemeriksaan di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya beberapa pekan lalu.

dang, ya tidak usah dikembalikan. Bisa langsung P-21 (berkas dinyatakan sempurna),” lanjut Untung. Jika sudah dinyatakan P-21, maka pihak Polda Metro Jaya bisa melakukan penyerahan berkas tahap dua. Yakni, menyerahkan tersangka dalam hal

ini Rasyid beserta barang buktinya. Selanjutnya Jaksa tinggal mempersiapkan Rasyid untuk persidangan. Polisi sempat mendapat tudingan main aman saat menangani kasus tersebut. Itu terlihat dari cepatnya berkas perkara dilimpahkan. (byu/rdl)

Penerima Talangan Iuran BPJS Susut 10 Juta Jiwa Kemenkes Beralasan Duit Negara Tidak Cukup JAKARTA - Jumlah masyarakat penerima bantuan iuran (PBI) Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) menyusut drastis. Pemerintah mengoreksi jumlah PBI dari 96,4 juta jiwa menjadi 86,4 juta jiwa, atau susut sepulu juta jiwa. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beralasan penyesuian jumlah PBI BPJS itu mempertimbangkan kemampuan keuangan negara. Perkembangan perhitungan jumlah BPI BPJS itu dipaparkan oleh Wamenkes Ali Ghufron Mukti. “Salah satu pertimbangan

penyesuaian jumlah PBI BPJS itu adalah kemampuan fiskal,” ujarnya di kator Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kemarin. Ali Ghufron mengatakan, tanggungan keuangan negara untuk menalangi iuran masyarakat kategori PBI ini sangat besar. Perhitungan sementara, setiap orang PBI tadi menerima dana talangan Rp 22.100 per bulan. Dengan asumsi total penerima PBI BPJS sebesar 86,4 juta, berarti anggaran negara yang tersedot mencapai Rp 22,9 triliun. Mantan dekan Fakultas Kedokteran UGM itu mengatakan, masyarakat tidak perlu mencemaskan jumlah masyarakat yang masuk dalam kategori PBI itu. Sebab, Ali Ghufron mengatakan jumlah 86,4 juta jiwa

itu sudah tidak hanya menyasar masyarakat miskin saja. Tetapi juga masyarakat yang hampir miskin dan bahkan sejahtera juga. Perhitungan pemerintah dalam menetapkan jumlah masyarakat yang menerima dana talangan BPJS ini didasari dari jumlah pendapatan. “Kita hitung mulai dari masyarkat berpenghasilan nol rupiah hingga 40 persen dari jumlah populasi penduduk Indonesia,” katanya. Dia juga berkilah bahwa nominal penerima dana talangan iuran BPJS itu naik dari perhitungan semula yang hanya 76,4 juta jiwa. Ali Ghufron mengatakan jika dana talangan itu digunakan untuk membayar premi asuransi BPJS. Dia me-

ngatakan masyarakat yang membayar premi asuransi secara mandiri masih cukup besar, yakni mencapai 60 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Sehingga dia yakin BPJS ini akan berjalan dengan sehat karena sumber keuangannya tidak tergantung seratus persen dari pembiayaan negara. “Prinsip pemerintah adalah masyarakat yang tidak mampu preminya ditalangi negara. Sedangkan yang mampu, membayar sendiri,” tutur Ali Ghufron. Jajaran IDI masih keberatan dengan jumlah iuran yang hanya Rp 22.100 per jiwa per bulan itu. Ketua Umum PB IDI dr Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan kajian penghitungan iuran BPJS. “Hasilnya nanti kita

serahkan ke pemerintah untuk masukan,” katanya. Selain urusan besaran iuran itu, Zaenal juga mengingatkan supaya pemerintah mengawasi dengan baik keberadaan klinikklinik BPJS. Dengan pemberlakukan BPJS yang efektif berjalan 2014 nanti, Zaenal mengatakan para dokter boleh mendirikan klinik pelayanan kesehatan primer. “Pemerintah atau BPJS harus membuat semacam standarisasi klinik BPJS,” katanya. Dengan adanya standarisasi itu, Zaenal berharap masyarakat tidak akan mengalami perlakuan pelayanan yang berbeda. “Misalnya di klinik yang satu pakai AC, tetapi di klinik satunya lagi tanpa AC. Ini tidak boleh terjadi,” tandasnya. (wan)


INTERMEZO

4

SELASA 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

TELEPON PENTING 1. Pemadam Kebakaran

(0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN

(0283) 342245

3. Polresta Tegal

(0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah

(0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM

(0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal

(0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal

(0283) 354696 / 354695

Hotel dan Hiburan Hotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399 Hotel Karlita (0283) 358050 Orange Karaoke (0283) 322022 Riez Palace Hotel (0283) 353773, hunting (0283) 358978 Flash Family Karaoke & Cafe (0283) 321284 Ajam Goreng Spesial Lombok Idjo - Jl. Karanganyar No. 21A Kejambon (0283) 342331

(0283) 342330

- d’POSO resto

(0283) 6144277

- Anggraeni Hotel

(0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

AGENDA HOTEL HOTEL KARLITA Rabu dan Sabtu, Show DJ and Dancer Performance pukul 23.0003.00 WIB di Zodiak Discotheque dan VIP Karaoke. Tanggal 23 Oktober 2012 Special Meet & Greet Cherry Belle @ Cancer Hall Karlita Jam: 16.00 WIB. HTM 200 ribu HOTEL BAHARI INN Tegal - Setiap Hari Live Musik di Cafe Nelayan, Mulai Jam 19.00 WIB - Sabtu Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00 - 03.00 WIB

RIEZ PALACE HOTEL - Senin sampai Sabtu Pick up service Gratis. Layanan antar jemput gratis setiap hari kerja. Dari atau ke Stasiun KA & Terminal Bus Tegal Spesial menu “Afternoon Tea” tiap pukul 17.00-19.00 WIB di Abunawas Resto lt.4 BUS PARIWISATA DEDY JAYA Teman Setia Dalam Perjalanan Lutfi Ghozali,SH : 085741888835 Ratno Robani,SH : 081391444447 / 0819 023 4444 7 Office: Jalan Raya Cimohong Bulakamba Brebes Phone : 0283 877668 : Fax: 0283 877 866

BRITNEY SPEARS

Pilih Kembalikan Cincin Tunangan BRITNEY Spears kembali mengalami pahitnya kisah cinta. Ia dikabarkan gagal menikah dengan sang tunangan, Jason Trawick. “Jason dan saya sepakat memutuskan pertunangan kami,” ujar Spears. “Saya selalu memujanya dan kami akan tetap menjadi teman baik,” sambung pemilik hit Baby One More Time dan Oops! I Did It Again ini. Tak hanya kehilangan sang kekasih, Spears juga dikabarkan harus mengembalikan cincin tunangan seharga 90 ribu dolar AS atau setara Rp 875 juta. Trawick sendiri adalah mantan manajer Spears. Ia dan Spears mulai berpacaran pada 2009 dan akhirnya melamar sang kekasih dua tahun kemudian. Kandasnya mereka disebut-sebut karena masalah anak. Spears dikabarkan ingin menambah momongan, sementara Trawick berpikir sebaliknya. “Pisah bukan karena ada pihak ketiga diantara keduanya. Ada hal yang dirasa belum cukup dalam hubungan mereka. Ada banyak sekali yang harus dipikirkan untuk mereka bisa melanjutkannya ke pernikahan,” timpal sumber. Dalam pernyataannya, Trawick mengaku masih mencintai Spears. “Saya menyayangi dan menghargainya serta anak-anaknya serta kami akan tetap berhubungan dekat selamanya,” ujar Trawick. Keduanya pun diisukan berpisah karena kesibukan berbisnis. Spears sempat kepergok jalan sendiri tanpa Trawick di sejumlah acara penting. “Britney punya banyak masalah dengan Jason, baik dalam bisnis maupun dengan teman-temannya. Dalam dunia Britney yang sempurna, dia (Jason) mungkin akan menjadi rumahnya yang ke 24 atau 27 dan itu yang menjadi titik pertikaian. Sesuatu yang selalu mereka ributkan,” ujar sumber. (net/jpnn)

EZA Gionino akhirnya mendatangi Polres Jakarta Selatan, kemarin pagi. Pesinetron Putih Abu-Abu itu menjalani pemeriksaan, sebagai tersangka atas dugaan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan atas Ardina Rasti, sang mantan pacar. Eza datang dengan mengenakan kaos polo shirt putih dan didampingi kuasa hukumnya, Hendrik Jeheman. Ia mengaku masih sedikit mengantuk karena baru pulang syuting. “Baru pulang syuting jam 06.00 tadi. Istirahat sebentar langsung ke sini,” ujarnya saat dicegat wartawan. Sampai kemarin sore, pemeriksaan belum selesai. Jadi belum jelas apakah Eza langsung ditahan atau tidak. Dalam konferensi pers, Sabtu lalu, Eza membantah melakukan tin-

Bukan Anak Markus? TAK merasa punya anak dimasukkan dalam materi gugatan. Markus tantang tes DNA. Sidang cerai perdana Kiki Amalia dan Markus Horison digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, kemarin. Sayang, artis dan pemain bola itu absen, hanya diwakilkan kuasa hukum masing-masing. Sidang perdana masih beragendakan mediasi. Namun karena ketidakhadiran kedua belah pihak, Majelis Hakim menunda sidang sampai dua pekan ke depan. “Markus dan Kiki tidak bisa hadir, Majelis memberikan kesempatan dua minggu lagi, pada 28 Januari dan menghadirkan kedua pihak,” ujar kuasa hukum Markus, Sangap Surbakti, kepada wartawan. Sangap menyatakan, agenda Markus sedang padat untuk seleksi dan kompetisi sehingga tidak dapat hadir. “Kalau dari pihak kami, Markus sibuk dengan persiapan seleksi kompetisi jadwal sangat ketat. Tidak bisa dipilih karena memang sama-sama penting,” bebernya. Kuasa hukum Kiki Amalia, Muhammad Mahadi pun menyatakan mediasi belum bisa dijalankan. Sang klien mengalami gejala tifus sejak Sabtu kemarin. “Memang belum fit. Sebenarnya pagi mau datang, cuma meriang,” kata Muhammad. Ia menjelaskan bahwa yang menggugat cerai adalah pihak Markus, bukan Kiki. Dalam gugatannya, Markus sama sekali tidak menyinggung soal harta. “Artinya Markus tidak bicara masalah harta. Yang dia minta hanya cerai saja. Kalau di luar ada berita Kiki mengejar harta itu salah besar,” ucapnya. Kuasa hukum Markus lainnya, Mangapul Silalahi ikut menimpali kalau usaha untuk mencapai kata damai antara Kiki dan Markus sudah dilakukan sejak pertengahan 2012. “Proses mencari titik temu sudah dilakukan. Sampai Desember ketemu keluarga besar Kiki, tapi nggak direspons. Komunikasi sudah berjalan, jadi ini nggak serta merta,” ujar Mangapul. Yang ramai, setelah mengajukan permohonan talak, Markus mengaku tak memiliki anak dari Kiki. Padahal, dalam setiap wawancaranya, Kiki mengaku memiliki anak laki-laki bernama Khaleev yang telah berusia tujuh bulan. Markus melalui Sangap Surbakti, dengan tegas membantah mempunyai momongan dari Kiki. Bahkan, Markus siap menjalani tes DNA. “Menurut Markus seperti itu (tidak punya anak). Bila ada tes DNA, dia siap,” kata Sangap. Untuk memperkuat soal dirinya tak memiliki anak dari Kiki, Markus memasukkan masalah tersebut dalam gugatan cerainya. “Itu jelas disebutkan,” tegas Sangap.

KIKI AMALIA

Lalu, anak yang diakui Kiki itu anak siapa? “Tidak tahu, itu yang membuat gundah keluarga besar (Markus),” jawab Sangap. Saat anaknya diklaim berusia empat bulan, Kiki sempat berujar ingin menambah momongan. Tepatnya sebelum memasuki usia 30 tahun pada 26 November tahun lalu. “Tambah anak aja. Sebelum usia lebih dari 30 tahun ingin punya anak perempuan,” ucap Kiki. Disebut-sebut Kiki dan Markus berselisih tajam seputar masalah ekonomi dan pekerjaan masing-masing. Bahkan alasan Markus menggugat cerai karena Kiki matre. Tak tahan karena jarang dikasih uang lagi oleh sang kiper yang kariernya mulai me-redup. Yang jelas, pada dasarnya Kiki tak ingin dicerai oleh Markus. “Kalau dari aku nggak ada apa-apa. Gugatan itu kan dari mereka (Markus), bukan dari aku. Kalau aku sebetulnya nggak menginginkan itu (perceraian),” tutur Kiki, Desember lalu. “Aku jujur malah nggak tahu kalau aku digugat. Aku nggak dikasih tahu sebelumnya. Malahan aku tahunya dari infotainment,” sambung bintang film Mas Suka Masukin Aja dan Tragedi Penerbangan 574 ini Kiki dan Markus menikah pada 27 November 2010. Mereka hanya sesaat merasakan manisnya berumah tangga. Setelah menikah, Markus pindah ke Medan, karena dikontrak klub sepakbola di kota tersebut. Dari situ konflik rumah tangga pasangan ini mulai muncul. Gaji Markus yang tidak dibayar klub, kabarnya membuat Kiki tidak betah menetap di sana. Kiki memutuskan kembali ke Jakarta untuk aktif sebagai artis. Kabarnya, hal itu yang membuat Markus meradang. Isu cerai pasangan ini terus merebak. Namun, Kiki selalu menutupi keretakan rumah tangganya. Ia selalu bilang hubungannya dengan Markus harmonis. Kiki pun selalu bilang sedang menikmati statusnya sebagai istri dan ibu dari anak laki-laki. (bcg/net/jpnn)

AURA KASIH

Rahasiakan Pacar PASHA ‘Ungu’, Ariel ‘Noah’, Mike Lewis, dan Rezky Aditya hanya segelintir nama lelaki yang sering dikait-kaitkan dengan Aura Kasih. Namun penyanyi dan pesinetron seksi itu malah mengaku sudah punya kekasih sendiri. Sayang, Aura belum mau mengungkapkan identitas kekasih barunya itu. Dia juga tak menyebutkan sudah berapa lama berpacaran, serta lokasi awal perkenalan mereka. Yang jelas, kekasih barunya bukanlah dari kalangan sesama artis. Ia memang sengaja tak ingin berpacaran dengan pria yang berprofesi sama seperti dirinya. “Ribet. Jadian mesti ngomong, bertengkar ngomong, putus ngomong,” ucapnya saat ditemui, kemarin. Pelantun Bukan Pemain Cinta ini sengaja tak mempublikasikan kekasih barunya, karena tak ingin jadi sorotan. Yang pasti, Aura memilih lelaki itu karena karakternya yang baik. Kekasihnya itu juga sangat pengertian dengan profesi Aura sebagai selebriti. Jika ada waktu kosong, ia tak pernah lupa menemani Aura syuting. “Aku juga selalu bilang sama dia, dari sebelum kenal

dia, aku sudah berprofesi ini. Jadi, jangan mencuri yang sudah aku bangun. Dia mengerti,” imbuh pesinetron Dewa serta Cinta dan Anugerah 2 ini. Merasa sudah menemukan sosok yang tepat, Aura siap menikah tahun ini. Itu merupakan target menikah yang ingin dicapainya. Namun, Aura tidak terlalu ngoyo. Kalau memang belum jodoh, ia cukup legowo untuk menundanya tahun depan. “Kalau sudah mantap deh. Yang penting karier dulu,” ujarnya sambil tersenyum. Ia tidak ingin di tengah pernikahannya nanti, harus mengalami pahitnya perceraian. Karena itu, meski kekasihnya sudah dikenalkan pada keluarga dan orangtuanya terus menanyakan kapan menikah, Aura memilih santai. “Yang penting sudah satu visi misi, kalau jodoh pasti menikah,” tandasnya. Bagi Aura, pernikahan adalah hal yang sakral dan membutuhkan persiapan yang tidak mudah. Ia ingin menikah sekali dan untuk seumur hidupnya. “Cuma untuk menikah kan harus panjang. Pacaran main-main, dua sampai tiga bulan sih ada. Istilahnya cari siapa aja bisa, cuma untuk kedepannya aku pengen pacaran yang lama dan married. Itu susah,” ujarnya. (bcg/jpnn)

EZA GIONINO

Ngantuk Diperiksa Polisi dakan kekerasan terhadap Rasti. Ia siap menghadapi tuntutan hukum. Bagaimana tanggapan Rasti terhadap sanggahan Eza? “Kalau dia bilang begitu aku punya buktinya. Kita lihat saja nanti,” ujar Rasti. “Kalau dia sayang, bagaimana bisa dia berbuat seperti ini ke aku. Kita lihat saja ke depannya bagaimana,” imbuh bintang film Lari Dari Blora ini. Sedangkan pengacara Rasti, Aldy mengharapkan Eza bisa berkata jujur. “Itu sepenuhnya hak Eza sebagai tersangka untuk menyangkal semua

tuduhan terhadap dirinya. Kita tetap berpegang pada pernyataan saksi-saksi dan semua barang bukti yang telah kita serahkan kepada penyidik. Sudah menjadi kewenangan penyidik untuk menilai mana yang fakta dan mana yang bukan,” ungkapnya. Sebelumnya menurut Eza, selama masih pacaran, hubungannya dengan Rasti berjalan indah. Mereka seringkali berbicara mengenai anak. Ia bahkan sudah sempat bersiap menikahi Rasti. “Dari 2010 sampai 2012 saya pacaran sama dia, hubungan kami selalu indah. Tidak pernah ada tindak kekerasan. Hubu-

ngan kami berakhir karena nggak bisa dipaksakan,” ucapnya. Eza bilang, dengan syuting FTV, ia sudah cukup untuk membiayai keluarga. Tapi belum cukup untuk biaya pernikahan dan berkeluarga sendiri. “Itu sebabnya saya syuting sinetron stripping. Saya syuting setiap hari sampai muntah-muntah, sampai kurus dan sakit. Itu semua buat kamu (Ardina),” ujarnya di depan wartawan sambil menitikkan air mata. Eza pun enggan membeberkan alasan dirinya dan Rasti putus sebagai sepasang kekasih. Meski

demikian, ia mengaku masih menyayangi Rasti sampai detik ini. “Dia wanita yang pernah hadir di hidup saya. Saya menghargai dia. Tidak pernah ada keinginan untuk menyakiti dia,” ujarnya. Eza hanya berharap masalahnya tersebut dapat diselesaikan secara baik-baik. “Kalau ngomong perasaan itu jauh lebih susah. Saya harapkan semua berakhir dengan baik-baik,” katanya. Menurut Eza, selama ini isu yang tak mengenakkan tentang hubungannya dengan Rasti, berasal dari orang-orang yang tidak menyukai hubungan mereka. (net/jpnn)


5

SELASA, 15 JANUARI 2013

B I O DATA Nama

: Anis Chrisiyanti AMG

Lahir

: 29 Mei 1980

Bapak

: Samhuri

Ibu

: Sriniati

Pendidikan: SDN Procot 1 SMP N 1 Slawi SMA N 1 Slawi Akademi Gizi Depkes Yogyakarta Jabatan: Mengajar D1 di DKT Kodim 0712 Tegal Kepala Instalasi Gizi RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal

TAMBAH Stamina

VITAMIN VITAMIN

dengan

MUSIM penghujan sudah tiba. Tak hanya payung dan jas hujan yang dipersiapkan pada musim basah ini. Akan tetapi, tubuh kita juga harus dijaga sehingga tidak mudah terserang penyakit. Salah satunya melalui asupan makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. ‘’Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tidak hanya mengonsumsi makanan bergizi cukup saja,’’ ungkap Anis Chrisiyanti AMG, ahli gizi RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal. Yaitu dengan menambahkan asupan vitamin setiap harinya. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah asupan vitamin C dan vitamin E. Menurutnya, vitmain C dan E sangat bagus untuk daya tahan tubuh. Pasalnya, kedua zat ini mengandung antioksidan tinggi guna melindungi tubuh dari serangan penyakit, radisasi dan lainya. Vitamin ini bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ter-

Kenalkan Makanan Secara Bertahap MEMBERIKAN yang terbaik kepada buah hati adalah keinginan setiap orang tua. Termasuk ketika memilih menu makanan pasca pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Hanya saja, terkadang masih banyak yang bingung dan kurang tahu apa saja yang bisa dan boleh dikonsumsi si kecil. Dengan harapan, bisa memberikan makanan alami tanpa menggunakan produk kemasan. ‘’Biasanya setelah ASI ada makanan pendamping ASI, sebagai awal jangan terlalu banyak mengenalkan makanan,’’ ungkap Anis Chrisiyanti, AMG. Makanan pendamping ASI ini bisa dalam bentuk makanan buatan sendiri ataupun dengan susu formula. Adapun makanan tersebut diantaranya dengan buah halus dan lumat. Makanan ini pun diberikan secara bertahap, sedikit saja sebagai percobaan. Kemudian dilihat reaksinya, bisa melalui bentuk feses atau buang air besar (BAB). Ketika bentuk utuh menandakan usus belum siap mencerna. Namun, ketika sudah dalam bentuk lain maka bisa dilanjutkan. Setelah dalam bentuk buah lumat, ditambahkan bahan makanan lainnya dengan cara diblender. Sehingga memudahkan pencernaan anak, karena belum bisa melumat sendiri dengan mulutnya. Dilanjutkan dengan tim serta makanan dewasa pada usia lebih dari satu tahun. Yang terpenting adalah menjadwalkan waktu makan bayi secara teratur setiap harinya. Bisa diberikan tiga kali dalam sehari, dengan porsi yang kecil. Tahapan ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu dua bulan. Misalnya, usia 6-8 bulan dalam bentuk buah lumat, dilanjutkan usia 8-10 tahun dalam bentuk blender dengan makanan yang lebih beragam. Sedangkan usia 10-12 bulan sudah mulai mengonsumsi makanan dalam bentuk tim. Sementara, ketika anak telah mencapai usia satu tahun, dirinya telah tumbuh gigi dan dapat makan makanan padat. Berikan makanan yang mudah dicerna seperti telur, ayam, sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak. Pemberian makanan ini bisa diselingi juga dengan pemberian ASI. (ela)

utama buah dan sayuran, yang ada di sekitar kita. Paling banyak adalah pada jambu biji merah. Atau bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau gelap. Seperti daun mangga, singkong dan lainnya. ‘’Ini yang belum banyak diketahui masyarakat, banyak makanan yang sebenarnya sumber vitamin untuk tubuh kita,’’ ujarnya. Sedangkan untuk sayur dan buah dengan warna merah atau oranye, justru mengandung banyak vitamin B di dalamnya. Sedangkan untuk vitamin E, beberapa diantaranya ada pada makanan embrio seperti kecambah dan kacang-kacangan. Banyak juga terkandung dalam bahan makanan hewani seperti ikan, daging, dan lainnya. Vitamin C juga baik untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Sehingga lebih maksimal diserap tubuh kita. Sa-

yangnya, kebiasan masyarakat di Indonesia kurang baik untuk penyerapan zat besi. Yaitu minum teh sebagai teman makan. Padahal, kandungan dalam minuman ini justru mengurangi penyerapan zat besi. Terlebih zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. ‘’Boleh saja minum teh, tapi ada jeda waktu yang cukup,’’ katanya. Atau bisa juga dengan memberikan perasan jeruk di dalam teh tersebut. Jeruk dengan kandungan vitamin C ini menetralisir tenin yang ada, sehingga penyerapan zat besi tetap bisa maksimal dilakukan. Anis menambahkan, vitamin ini bisa juga bisa kita konsumsi langsung dengan multivitamin yang banyak tersedia di apotik dan toko terdekat. Dengan multivitamin ini, tubuh benar-benar siap menghadapi serangan dari luar. (ela)

Sebaiknya Atur Pola Makan DIET identik dengan menurunkan atau menaikkan berat badan. Padahal diit adalah cara mengatur pola makan kita sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Sebagian besar, diit dilakukan untuk sejumlah penyakit. Misalnya, penyakit diabetes melitus, hipertensi, stroke dan lainnya. Padahal, diit juga dilakukan oleh orang sehat dan normal juga. ‘’Tubuh sehat salah satu didapatkan dari pola makan yang di atur, sehingga semua sesuai dengan kebutuhannya,’’ ungkap Anis Chrisiyanti AMG. Dijelaskannya, untuk diit penyakit biasanya sudah ada patokan dan batasan untuk beberapa bahan makanan. Misalnya buah sekalipun, ada batasan porsi yang diberikan kepada pasien. Bahkan, ada beberapa buah yang dihindari selama diit dilakukan. Misalnya, buah durian dan lainnya. Begitu juga dengan penyakit lain, menyesuaikan kebutuhan dan batasan porsi yang diberikan. Untuk usia produktif sekitar 20 hingga 45 tahun, kebutuhan kalori tiap hari sekitar 1200 hingga 2000 kalori. Kecuali untuk atlet yang membutuhkan kalori lebih banyak, ada tambahan tersendiri. Kebutuhan ini bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan, bukan hanya karbohidrat saja. Nasi misalnya, dari satu gelas atau sekitar 100 gram hanya mengandung 175 kalori saja. Yang paling banyak adalah gorenggorengan. Makanan tinggi le-

mak ni justru mengandung kalori paling banyak. Jika menumpuk, maka akan menimbulkan kegemukan. Apalagi ketika tidak digunakan untuk aktifitas, akan lebih tinggi penambahan berat badannya. Untuk diit penambahan atau pengurangan berat badan, akan sangat baik jika hanya diprogram setengah kilo per minggunya. Sehingga tubuh bisa adaptasi, tidak terjadi penurunan atau kenaikan yang drastis. Karena jika terlalu turun drastis, malah akan menyebabkan dehidrasi. ‘’Ada tahapannya, jadi tubuh juga tidak kaget dan akan ber-

adaptasi dengan baik juga,’’ tambahnya. Yang dilakukan juga biasa saja, tetap dengan jadwal makan dan porsi yang hampir sama. Hanya saja mungkin dikurangi makan malam atau diganti menunya. Bisa juga dengan ditambah olahraga serta olah fisik lainnya. Adapun konsumsi buah, jus dan susu, sebaiknya tidak mendekati saat kita mengkonsumsi makanan utama. Sehingga, tidak terlalu banyak makanan yang menumpuk dalam tubuh secara bersamaan. Hal ini akan menyebabkan metabolisme tubuh terlalu berat. (ela)


JAWA TENGAH

6

SELASA 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

PERISTIWA

SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS

RINGSEK - Mobil Grand Livina nopol S-1818-BC rusak parah setelah bertabrakan dengan bus nopol L-7047-CZ di jalan Purwodadi–Blora, kemarin.

Bus v Grand Livina, Seorang Luka Parah WIROSARI – Kecelakaan kembali terjadi di jalan Purwodadi–Blora, tepatnya di Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari, kemarin (14/1). Kecelakaan itu melibatkan Bus Jaya Utama dengan nopol L-7047-CZ jurusan Purwodadi–Surabaya dengan mobil Grand Livina nopol S1818-BC dari lawan arah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, sopir mobil Puji Jatmiko (21) warga Bojonegoro mengalami luka serius dan dilarikan ke Puskesmas Wirosari. Selain itu, kecelakaan juga mengakibatkan bodi depan mobil ringsek dan hancur. Sementara untuk Bus Jaya Utama yang mengangkut 10 penumpang tidak ada korban jiwa. Hanya, bodi depan kanan bus alami ringsek karena berbenturan dengan mobil. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kudus kemarin, kejadian itu sekitar pukul 08.00. Ketika itu, Bus Jaya Utama yang dikemudikan Listiono (40), warga Surabaya melaju dari arah Purwodadi. Namun, saat bersamaan ada mobil Grand Livina dari arah berlawanan Blora, menuju Purwodadi dengan kecepatan tinggi. Diduga karena sopir Grand Livina, Puji Jatmiko mengantuk mobil oleng ke kiri dan tabrakan tidak terhindarkan. ”Saya lihat dari jauh, mobil Grand Livina melaju dengan kecang. Tiba-tiba mobil oleng ke kiri dan langsung menabrak bus dari arah berlawanan,” kata saksi mata Darmo, warga Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari di lokasi kejadian. Akibat kejadian itu, kata Darmo, sopir Grand Livina mengalami luka di kaki dan tangan. Korban kemudian dilarikan ke Puskesmas Wirosari. Sedangkan penumpang bus dan sopir masih selamat dan tidak ada yang luka. Kecelakaan tersebut, juga sempat membuat kemacetan lalu lintas jalan Purwodadi–Blora. Sopir Bus Jaya Utama Listoyono mengaku kaget saat melihat ada mobil Grand Livina melaju kecang dari arah berlawan. Sehingga, saat mobil ada di depan, dirinya tidak sempat menghindar karena mobil kecepatan tinggi. ”Saya kaget dan tidak sempat menghindar. Karena tiba-tiba mobil datang di arah berlawanan dan langsung manabrak bus bagian depan,” akunya. Sementara itu, kasus kecelakaan masih ditangani Satlantas Polres Grobogan dan masih dalam penyidikan. Petugas Satlantas, juga langsung melakukan olah TKP dan mengamankan barang buykti dan dibawa ke Mapolres Grobogan. (mun/lil)

INSIDEN Serangan Jantung, Tukang Driling Tewas BLORA – Masiran (53), tenaga drilling eksplorasi PT Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) tewas saat bekerja Sabtu (12/1). Warga Desa Bajo Kecamatan Tuban Kabupaten Blora itu tewas di lokasi eksplorasi NKTB karena mengidap penyakit jantung menahun. Kini jenazahnya sudah dikebumikan di pemakaman desa tempat dia tinggal. Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, Masiran adalah pekerja tenaga kontrak perusahaan swasta yang bekerjasama dengan PT Pertamina EP. Begitu ditemukan tewas, puluhan karyawan ramai-ramai membopong jenazahnya untuk diantar ke rumahnya. Saat mengunjungi rumah duka kemarin (14/1) Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Blora RM. Hanindyo Andri Haskoro mengungkapkan bela sungkawa atas tewasnya tenaga parit drilling tersebut. ”Kami minta Pertamina ikut bertanggung jawab menanggung beban keluarga Masiran. Ini juga menjadi tangung jawab Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Pemkab Blora atas jaminan keselamatan kerja dan kesehatan bagi tenaga drilling,” ujarnya bersama Anggota Komisi C lain, Bakoh Santoso. Humas Pertamina EP Kartika Tiara membenarkan apabila Masiran tewas saat bekerja di lokasi eksplorasi NKTB wilayah Kecamatan Kedungtuban. Dari hasil cek di lokasi dan berita acara penyebab tewasnya Masiran karena penyakit jantung yang sudah dia derita cukup lama. ”Benar Masiran tewas di lokasi eksplorasi di NKTB. Penyakit jantung diderita korban sebelum bekerja sebagai tenaga kasar drilling,” paparnya melalui saluran telepon. Pihaknya juga mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga almarhum. Sebab insiden di luar dugaan itu mengakibatkan keluarga yang ditinggalkan berduka. ”Korban terikat kontrak kerja dengan company kita dari Jakarta. Bukan terikat kerja dengan PT Pertamina EP. Jadi itu bukan murni kecelakaan kerja tapi karena memang penyakit jantung yang dideritanya cukup lama,” katanya. (yud/hil)

MUSIBAH MandorBangunanTewasKesetrum SEMARANG - Nasib tragis dialami seorang mandor bangunan, Abdul Mukhid (30), warga Jati Pacoran RT 1 RW 3 Gubuk, Purwodadi. Senin (14/1) sekitar pukul 09.00 kemarin, ia ditemukan tewas setelah tersengat listrik di Jalan Industri IX No 9 LIK Muktiharjo Lor, Genuk. Korban tewas dengan sejumlah luka bakar di tangan kiri, dada dan kaki. Selain itu, kepalanya bocor lantaran membentur pondasi saluran air. Saksi mata Ahmad Heri (23), mengatakan, sebelum kejadian, korban naik ke atas bangunan setinggi 4 meter. Kepada saksi, korban mengaku hendak mengecek arus listrik PLN. Kebetulan bangunan tersebut sedang dilakukan renovasi, sebelum digunakan untuk gudang sepeda. ”Mas Abdul Mukhid naik dengan membawa taspen. Dia hendak mengecek tegangan listrik di bangunan ini,” katanya. Tidak lama kemudian, terdengar suara ledakan dan jeritan. Begitu dilihat, korban sudah terjatuh dari atas bangunan. Nahasnya, saat jatuh kepalanya membentur pondasi saluran air yang ada di bawah bangunan tersebut. ”Kepalanya luka bocor dan tangan kirinya terbakar. Saya kaget begitu mendekat Mas Abdul Mukhid sudah terkapar tak bergerak,” akunya. Mendapati itu, Heri dan sejumlah pekerja lainnya langsung melarikan korban ke RSI Sultan Agung. Sayang, belum sampai RS, nyawa korban sudah tidak terselamatkan. Korban mengembuskan nafas dalam perjalanan. ”Mas Abdul Mukhid sudah meninggal duluan karena lukanya cukup parah,” tambahnya. Tidak begitu lama petugas Inafis Polrestabes Semarang dan Polsek Genuk datang ke lokasi. Petugas melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi. Tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di tubuh korban. Polisi memastikan korban tewas karena tersengat listrik dan jatuh dari bangunan setinggi 4 meter. (fth/aro/ce1)

Dua ABK Dievakuasi di Rembang REMBANG - Setelah hampir 24 jam kesulitan melakukan evakuasi lantaran cuaca buruk, Senin (14/1) pagi dua anak buah kapal (ABK) Tirta Samudra XXI yang ditemukan tewas oleh kapal kargo NV Budi Rahmadi akhirnya berhasil dievakuasi di pelabuhan milik PLTU Sluke Rembang, pukul 11.00 WIB. Berdasarkan data yang dihimpun, dua korban tewas itu masing-masing Herry Marijanto, masinis II, warga Magelang, dan Hambali, juru masak, warga Medan. Keduanya berhasil dijemput sekitar empat mil dari pelabuhan PLTU Sluke oleh lima anggota Basarnas dan delapan anggota TNI serta Polair menggunakan kapal tugboat bernama lambung Sri Kandiba-

runa milik PLTU Sluke. Proses evakuasi berlangsung hampir empat jam, mulai pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB. Kondisi ombak membuat perjalanan kapal penjemput sedikit lambat. Namun kondisi masih lebih baik dibandingkan pada proses evakuasi pada malam harinya, di mana kapal penjemput yang telah disiapkan tidak berani melakukan evakuasi lantaran ombak berkisar 5-6 meter, sehingga membuat upaya penjemputan dua jenazah urung dilakukan. Bahkan, ka-

pal NV Budi Rahmadi sempat akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Mas lantaran tak bisa lego jangkar akibat cuaca yang tak kunjung membaik. Sementara jika harus bersandar di Pelabuhan Umum Nasional (PUN) Tanjung Bonang di sebelah timur PLTU, kapal cukup kesulitan lantaran tingkat kedalaman tidak memungkinkan. ”Kendala cuaca sangat menghambat proses evakuasi sejak semalam (kemarin malam) hingga baru membaik pagi ini (kemarin pagi), sehingga proses evakuasi baru bisa dilakukan,” ungkap petugas Kesatuan Pengawas Laut dan Pantai (KPLP) Rembang, Eko

Teguh Siswanto, kemarin. Dia menyebutkan, ketinggian ombak pada proses evakuasi malam hari sekitar 3-4 meter sementara pagi kemarin berkisar 1,5 meter. ”Semalam karena harus menunggu lama, nahkoda kapal Budi Rahmadi kita sarankan melalui radio untuk melanjutkan perjalanan. Alternatifnya menurunkan jenazah di Tanjung Mas Semarang. Namun karena kondisi cuaca membaik, akhirnya sekitar pukul 05.00 nakhoda kapal Budi Rahmadi memutuskan lego jangkar dan menurunkan jenazah di Sluke,” katanya. Eko menambahkan, untuk pencarian korban lain masih terus dilakukan pihak Basarnas, baik melalui jalur laut maupun darat. Kemudian untuk penanganan dua jenazah yang telah ditemukan dan telah dikenali identitasnya, sementara diotopsi di RSUD Dr Soetrasno Rembang, sebelum dibawa oleh keluarga mereka. Berdasarkan informasi, hingga pukul 16.00 kemarin, untuk korban Herry Marijanto asal Magelang telah dibawa pulang keluarganya. Se-

dangkan Hambali dibawa ke RS Bhayangkara Semarang setelah selesai diotopsi di RSUD Rembang. Sementara itu, kakak ipar Herry Marijanto, Wahyu Eka Nugroho, mengaku kecewa dengan pihak perusahaan tempat adiknya bekerja lantaran tidak memberikan informasi bahwa kapal yang ditumpangi adiknya tenggelam. ”Saya tahu kabar adik saya dari berita di TV, perusahaan sama sekali tidak memberikan informasi,” tegasnya. Tidak hanya itu. Wahyu menyebutkan bahwa saat kapal rusak adiknya sempat mengabarkan bahwa kapal yang digunakan berlayar sudah tidak layak. Wahyu sendiri mengaku mengenali mayat adiknya selain dari ciri fisik juga wajah korban. ”Setelah saya cocokkan dengan foto, ternyata itu benar adik saya yang selama dua tahun ini menjadi masinis.” Selain keluarga Herry Marijanto, saat evakuasi dua jenazah di Sluke juga hadir Setia Wati, istri Mutakin (nakhoda kapal). (ali/aji)

EVAKUASI - Basarnas dibantu TNI dan polisi mengevakuasi dua ABK Tirta Samudra XXI, di kawasan pelabuhan PLTU, kemarin.

ALI MAHMUDI/RADAR KUDUS

Uang Suap dari Partai dan Dewan SEMARANG - Duit sebanyak Rp 150 juta yang dipakai Sri Dartutik untuk menyuap Kartini Juliana Marpaung, salah satu hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Semarang, berasal dari patungan. Yakni, bantuan dari PDI Perjuangan dan iuran sejumlah anggota DPRD Grobogan. Hal itu terungkap dari kesaksian anggota DPRD Grobogan, Heru Sentosa, kemarin, di Pengadilan Tipikor Semarang. Sidang menghadirkan terdakwa Heru Kisbandono, perantara suap antara Sri Dartutik dan Kartini Marpaung (keduanya juga terdakwa untuk kasus yang sama, Red). Heru tercatat sebagai hakim ad hoc (nonaktif) di Pengadilan Tipikor Pontianak. Sentosa dihadirkan oleh jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terdakwa Heru Kisbandono. Sidang juga menghadirkan terdakwa Sri Dartutik, petugas KPK Aminudin, dan Suyatmo (sopir pribadi mantan Ketua DPRD Grobogan, M. Yaeni). Semuanya menjadi saksi untuk terdakwa Heru. Saksi diperiksa bergantian. Sentosa dalam kesaksiannya menyebut, besaran uang dari PDI Perjuangan Rp 135 juta. Sedangkan Rp 15 juta, berasal dari iuran anggota dewan. “Uang Rp 135 juta itu berasal dari Yaeni, katanya dari uang partai,” kata Sentosa. Sedangkan duit Rp 15 juta yang ia ketahui berasal dari iuran sejumlah anggota dewan, karena ingin membantu Yaeni. “Uang berasal dari fraksi dan komisi-komisi di DPRD Grobogan. Juga dari sejumlah pejabat di Pemkab Grobogan,” tandasnya.

Heru Sentosa mengaku, ia hanya diminta untuk membantu Yaeni, mengurusi uang yang akan diberikan kepada majelis hakim yang menangani perkara Yaeni. Seperti diketahui, Yaeni ketika itu jadi tersangka kasus korupsi dana perawatan mobil dinas DPRD Grobogan. Terkait urusan uang, Sentosa berkoordinasi dengan Sri Dartutik, yang tak lain adik kandung Yaeni. Awalnya, beber Sentosa, ia diminta Sri Dartutik untuk menyiapkan uang yang besarnya antara Rp 400-500 juta. Dengan uang sogokan sebesar itu, Yaeni nantinya bakal divonis bebas. Atau, opsi kedua, dengan uang sogokan Rp 250 juta, Yaeni akan dijatuhi hukuman minimal satu tahun penjara. “Namun, atas permintaan itu, Sri Dartutik katanya masih akan melakukan lobi kepada majelis hakim,” kata Heru Sentosa. Namun, kabar terakhir yang ia dapat dari Sri Dartutik, permintaan Rp 500 juta turun menjadi Rp 150 juta. Dengan Rp 150 juta, Yaeni divonis minimal satu tahun penjara. “Uang-uang itu tadinya akan dititipkan kepada saya. Tapi saya menolak dan akhirnya uang dititipkan kepada Sukiman (ayah kandung Yaeni, red),” bebernya. JUAL MOBIL Keterangan Sentosa ternyata berbeda dengan kesaksian Sri Dartutik. Dartutik menuturkan, uang Rp 150 juta, merupakan uang hasil menjual mobil pribadinya. “Saya jual mobil seharga Rp 117 juta, kemudian saya pinjam Bapak (Sukiman, Red) Rp 3 juta. Jadi total Rp 120 juta. Sedangkan sisanya, Rp 30 juta, saya tidak tahu uang tersebut

berasal dari siapa,” kata Sri Dartutik. Dartutik mengaku meminta terdakwa Heru Kisbandono untuk menjadi perantara antara dirinya dengan majelis hakim yang mengadili Yaeni. Sebab, Heru Kisbandono berprofesi sebagai hakim ad hoc Tipikor. Dartutik menyatakan, uang suap merupakan permintaan majelis hakim. Besaran yang diminta Rp 500 juta. Dengan uang tersebut, ia dijanjikan oleh Kisbandono bahwa Yaeni akan divonis bebas. Permintaan Rp 500 juta ketika kakaknya masih diadili oleh majelis hakim dengan komposisi Lilik Nuraini (ketua majelis), Kartini Juliana Marpaung dan Asmadinata (hakim anggota). “Heru Kisbandono mengatakan bahwa kakaknya nanti akan divonis bebas, namun saya masih negosiasi agar uang permintaan majelis itu bisa dikurangi,” ucap Dartutik. Namun, rencana membebaskan Yaeni gagal, karena ketua majelis hakim yang menyidangkan Yaeni (Lilik Nuraini, Red) mendadak diganti. Lilik digantikan oleh hakim Pragsono. Pergantian majelis hakim, menyebabkan rencana semula berantakan. Sebab, Pragsono menolak Yaeni dibebaskan. Pragsono menyatakan tetap akan menjebloskan Yaeni ke penjara. “(Hakim) Kartini lantas meminta uang ucapan terima kasih (suap, red) diturunkan menjadi Rp 150 juta. Dengan janji, bahwa nanti kakak saya (Yaeni, red) akan divonis ringan. Yakni, hukuman minimal dari pasal yang didakwakan jaksa dengan vonis hukuman penjara satu tahun,” tutur perempuan berkerudung itu. (bud/isk/ce1)

Gelombang Laut Mulai Naik SEMARANG – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang pada Minggu (13/1) malam hingga Senin (14/1) siang kemarin, mengakibatkan banjir. Salah satu wilayah terparah yang tergenang air adalah Kelurahan Kuningan di Kecamatan Semarang Utara. Banjir diperparah dengan meluapnya Kali Asin. Selain merendam jalan, banjir juga menggenangi halaman dan ruang kelas SD Theresiana 3. Akibatnya, 102 siswa SD tersebut kemarin terpaksa diliburkan. Ketinggian air di dalam ruang kelas mencapai 25 cm. “Mulai kelas 1–6, kami liburkan, karena menggunakan kelas bawah semua. Demikian halnya untuk siswa-siswi SMP yang mengenakan lantai atas. Meski kelas atas bisa digunakan, namun untuk masuknya susah, karena ruangan bawah terendam,” kata Kepala SD Theresiana 3, Nur Cahyo, kemarin. Menurut Nur Cahyo, banjir kali ini yang terparah. Air masuk ke ruangan kelas sejak Minggu malam. Padahal, meski kawasan tersebut kerap terendam rob, biasanya tidak sampai masuk ke dalam sekolah. “Tadi malam (Minggu malam, red) cepat sekali, warga berteriak banjir, tiba-tiba air sudah masuk ke dalam ruangan (kelas) dengan cepat,” ujarnya. Pantauan koran ini kemarin pagi, pihak sekolah menyedot air dengan pompa bermesin diesel. Namun, hingga siang hari, air masih belum surut. Ini karena pada sore harinya, hujan deras kembali mengguyur. “Kalau hari ini (kemarin, red) airnya tidak surut, ya jelas mengganggu aktivitas belajar-mengajar,” kata Nur Cahyo. Ia meminta Pemkot mengatasi banjir. Salah satunya, membuat drainase yang memadai di luar sekolah. “Kami ingin dibuatkan saluran sampai ke sungai besar. Karena percuma saja disedot, airnya hanya muter, tidak mengalir. Apalagi kalau pas rob, lebih parah.” Banjir juga merendam rumah warga di Kelurahan Kuningan. Karena air mengalir sangat cepat, sejumlah warga tak sempat menyelamatkan barang-barang miliknya. Akibatnya, sejumlah perkakas rumah tangga dan perlengkapan elektronik ikut terendam. “Tengah malam air mulai datang, langsung masuk ke dalam rumah. Makin tinggi hingga mencapai sekitar satu meter,” tutur Budi Santoso, warga RT 9 RW 9, Kelurahan Kuningan. Air yang mengalir begitu cepat, membuat Budi dan warga lain tidak sempat menyelamatkan perabotan rumah tangga di dalam rumah. “Air naiknya cepat sekali, saya sudah nggak mikir barang-barang. Yang penting menyelamatkan anak istri saya dulu keluar rumah. Sekitar jam 6 pagi, air baru mulai surut,” kata Budi. Ratusan rumah di kampung Tambaklorok Semarang Utara, juga direndam banjir dan rob pada Senin (14/1) dini hari. Meski tak ada korban jiwa dan kerusakan serius, warga justru waswas datangnya gelombang tinggi susulan. Sukron (49), warga RT I RW XV Tambaklorok mengatakan, gelombang tinggi naik ke daratan sejak kemarin. Air langsung menggenangi rumah dan jalan-jalan kampung. Genangan luapan ombak mencapai 50 cm. (dna/isk/ce1)

Angin Makin Mengamuk, Masjid Runtuh KUDUS - Sebuah bangunan masjid di Desa Kadalingan, Kecamatan Tambakromo, rusak parah terkena angin. Bangunan masjid yang masih dalam proses pembangunan itu, atap dan kubahnya runtuh. Diperkirakan kerugian material bangunan mencapai ratusan juta rupiah. Angin yang memporak-porandakkan bangunan masjid di desa itu, terjadi pada siang hari sekitar pukul 13.30. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Menurut Lasdi (56), warga setempat, kejadian itu tepat pada saat hujan rintik-rintik yang mengguyur daerahnya, kemarin. Lantaran hujan disertai angin, maka masyarakat yang

HERY SETIAWAN/RADAR KUDUS

RUNTUH - Masjid Jami di Desa Kedalingan Kecamatan Tambakromo mengalami kerusakan parah setelah terhempas angin, kemarin.

mengerjakan masjid, siang itu memilih menghentikan pekerjaan. ”Angin yang kencang siang itu disertai hujan, memang membuat masyarakat ketakutan. Padahal di masjid tersebut masih dalam proses pengerjaan. Alhamdulillah ketika angin meruntuhkan atap masjid pekerja masih beristirahat,” ungkapnya saat meninjau lokasi tersebut kemarin. Lasdi, yang juga merupakan salah satu pekerja pembangunan masjid itu, mengaku tidak pernah ada bayangan, masjid yang baru berdiri enam bulan itu akan runtuh begitu saja. Padahal, material yang digunakan, untuk bangunan masjid semuanya sudah meme-

nuhi standar. Apalagi untuk kepentingan semua masyarakat, tentunya pihak desa memilih bahan material yang berkualitasnya. ”Saya benar-benar tidak menyangka, kalau bangunan masjid desa yang diperoleh dari biaya swadaya masyakat ini, akan mengalami kerusakan parah akibat terkena angin kencang,” tandasnya. Menurut Ketua Panitia Pembangunan Masjid Ridoyo, kendati kejadian tersebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa, kerugian atas rusaknya bangunan masjid tersebut, diperkirakan mencapai Rp 300 juta. ”Kerugiannya cukup besar, sebagian tembok dan semua atap masjid runtuh.” (ery/hil)


SAMBUNGAN

SELASA 15 JANUARI 2013

7

RADAR TEGAL

Serangan Udara Militer Syria Telan 45 Nyawa DAMASKUS - Korban dalam kekerasan dan perang saudara di Syria terus berjatuhan. Untuk mencegah pejuang oposisi terus merangsek dan mendekati wilayah ibu kota, militer Presiden Bashar al-Assad terus melakukan serangan udara. Jet tempur Syria pun menghajar kota dan wilayah di pinggiran Damaskus yang dikuasai oposisi kemarin (14/1). Aktivis oposisi melaporkan bahwa roket dan rudal yang ditembakkan pesawat udara militer Assad menghantam Moadamiyeh, baratdaya Damaskus. Sedikitnya, 45 orang tewas dalam serangan itu. “Sebagian besar korban adalah anak-anak dan perempuan,” katanya. Seorang aktivis lain di Moadamiyeh yang minta agar namanya tidak disebut mengatakan bahwa korban tewas meliputi dua keluarga, termasuk perempuan dan anak-anak. Video aktivis memerlihatkan sesosok mayat bocah lelaki

diangkat dari puing-puing bangunan. Punggungnya penuh debu dan bagian depan tubuhnya bermandikan darah. Organisasi HAM Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) membeber nama delapan bocah korban serangan di bangunan tersebut. Bangunan itu hancur akibat dihantam bom. Belasan orang lainnya juga terluka dalam serangan tersebut. Beberapa di antaranya berada dalam kondisi kritis. Bahkan, sejumlah korban dari kalangan warga sipil belum belum dievakuasi dari balik reruntuhan. Sehari sebelumnya, tentara loyalis al-Assad menewaskan 45 orang, dalam serangkaian pengeboman atas wilayah kekuasaan oposisi di Distrik Ghouta, dekat Damaskus, pada Minggu lalu (13/1). Dari jumlah korban tewas tersebut, 14 di antaranya anak-anak. Serangan udara, roket, dan artileri berat itu termasuk yang

paling gencar dilancarkan militer Assad sejak oposisi merebut pangkalan helikopter serta misil dekat Damaskus dua bulan lalu. Keberhasilan itu kian mendekatkan oposisi ke jantung ibu kota. Militer pemerintah Syria melancarkan serangan udara dan mengerahkan senjata artileri untuk menghajar kantong-kantong oposisi di wilayah timur sampai selatan Damaskus. Selain itu, jet tempur militer Assad kemarin melancarkan serangan udara ke wilayah Daraya, pinggiran Damaskus. Kawasan itu sangat dekat dengan berbagai fasilitas strategis milik pemerintah Syria. Daraya berbatasan dengan Distrik Mazzeh, lokasi sebuah pangkalan militer. Juga, berbatasan dengan Kfar Sousseh tempat sejumlah kantor pemerintah, markas pusat badan intelijen (keamanan umum), dan kementerian dalam negeri. Pekan lalu, pemerintah Syria

menyatakan telah mengambil alih kendali atas lebih dari separo wilayah pinggiran ibu kota tersebut. Tentara Syria terus memperkuat tekanannya di sekitar Damaskus setelah sepekan lalu Assad menolak seruan internasional untuk mundur. Assad bersikukuh akan terus memerangi kelompok oposisi yang disebutnya sebagai kelompok ekstrem dan ingin menghancurkan Syria. Pidato Assad itu dikecam AS maupun negara-negara Barat sekutunya dan negaranegara Teluk. Kubu oposisi juga menolak pidato Assad yang menyerukan rekonsiliasi dan dialog sebagai solusi atas krisis di Syria. Sebaliknya, negara-negara pendukung Assad, seperti Rusia dan Iran, menyatakan inisiatif sang presiden perlu dipertimbangkan. Menlu Rusia Sergey Lavrov mengritik desakan Barat agar Assad segera mundur. (jpnn)

Warga Demo Proyek Jalingkut dari halaman 1 Puncaknya, warga beramairamai membakar ban mobil di tengah Jalingkut. “Kami berunjukrasa karena sudah sangat muak dengan proyek Jalingkut ini. Sudah dua tahun lebih dikerjakan, tetapi tak kunjung selesai. Imbas proyek Jalingkut ini warga kami yang sengsara dan harus menanggung kerugian hingga miliaran rupiah,” tandas Hada lagi. Menurutnya, akibat molornya pekerjaan Jalingkut memicu kemacetan di jalur pantura Brebes. Selain itu, keberadaan proyek Jalingkut juga memicu terjadinya banjir, yang mengenangi ratusan rumah warga, areal tanaman bawang dan tambak. Di Kelurahan Limbangan Kulon dan Limbangan Wetan, ratusan rumah dan puluhan rektare tanaman bawang kebanjiran. Itu dipicu karena alur

Sungai Sigeleng tidak lancar akibat tertutup gorong-gorong proyek Jalingkut. Tak hanya itu, ratusan hektare tambak juga ikut terendam. “Ini yang membuat warga marah,” tegasnya. Untuk diketahui, proyek ini di Brebes berada di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari sebagai pintu dan hingga di Tegalsari, Kota Tegal atau sepanjang panjang 17,050 kilometer. Pekerjaan ini diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 190 miliar. Pekerjaan ini semula dijadwal selesai pada September 2012 namun diundur hingga pada Mei 2013, itu setelah pihak rekanan mengajukan adendum masa kerja dan tambahan nilai menjadi sekitar Rp 215 M. Namun demikian, PPKom Jalingkut Brebes - Tegal, Sumarjono sendiri beberapa waktu lalu malah meragukan pekerjaan itu bisa selesai tepat waktu. Pasalnya, progress pekerjaan tersebut baru 44

persen. “Melihat perkembangan yang ada sekarang, terus terang saya kurang optimis,” kata PPKom Jalingkut, Sumarjono saat dialog penyelesaian persoalan jalan di Kabupaten Brebes, Selasa (8/ 1) pekan lalu. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan Pemkab Brebes, Binamarga Provinsi Jawa Tengah, Satlantas Polres Brebes dan sejumlah aktivis LSM di ruang rapat Sekda Brebes. Sumarjono yang ditunjuk sebagai PPKom pengganti mengungkapkan, berdasarkan pantauannya, pekerjaan nasional itu baru selesai sekitar 44 persen. Jika melihat sisa waktu yang ada, dirinya tidak yakin pekerjaan tersebut bisa dirampungkan. Apalagi saat ini juga terbentur dengan datangnya musim hujan. “Kalau saya ndak yakin karena masih banyak timbunan tanah yang butuh (waktu) untuk

pemadatan. Di daerah itu ada 80 titik daerah rawa yang susah untuk memadatkan tanah, apalagi sekarang musim hujan, suatu saat pasti turun lagi,” tandasnya. Sementara itu, Direktur PT Bumirejo JO PT Brantas Abipraya, Budi Sarwono melalui ponselnya selaku rekanan penggarap menyatakan, keterlambatan pekerjaan itu tidak hanya datang dari pihaknya, melainkan karena surat persetujuan justifikasi teknis (justek) atau bestek baru keluar tanggal 29 Juni 2012. Padahal, sesuai kontrak seharusnya pekerjaan tersebut dimulai 1 April 2010 dengan masa pelaksanaan pekerjaan 720 hari dan masa pemeliharaan 365 hari. “Apabila dihitung dari 13 Desember 2013 sampai 29 Juni 2012 ada keterlambatan dalam proses persetujuan justifikasi teknik selama 564 hari,” katanya. (ism)

RSBI, Pelajaran Kenegarawanan dari halaman 1 Ketua MK Mahfud MD mengatakan permohonan penggugat ini dinilai beralasan menurut hukum. Akhirnya, mahkamah mengabulkan gugatan tersebut. Putusan tersebut dikeluarkan oleh MK setelah menimbang bahwa keberadaan RSBI dan SBI tidak sesuai dengan konstitusi yang ada. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah biaya yang mahal mengakibatkan adanya diskriminasi pendidikan. Selain itu, perbedaan antara RSBI-SBI dan non RSBI-SBI menimbul-

kan adanya kastanisasi pendidikan. Faktor keadialan ini menjadi poin utama penolakan masyarakat terhadap RSBI tersebut. Bukan pada tujuannya yang ingin menciptakan pendidikan nasional berkelas internasional. Mengangkat harkat bangsa lewat pendidikan yang bermutu dan berkelas. Namun faktanya, RSBI dan SBI telah menimbulkan ketidakadilan terhadap kelompok masyarakat miskin. Karena mereka tidak bisa menikmati sekolah di RSBI dan SBI karena biayanya yang mahal dan mayoritas rakyat Indonesia tidak bisa

menjangkaunya. Padahal, dalam konstitusi sudah jelas disebutkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Demikian halnya dalam memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu. Semua anak negeri berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu tanpa memandang kemampuan ekonomi. Rintisan sekaligus keresahan masyarakat telah dijawab oleh MK. Jika sebelumnya, lewat mekanisme dewan, pemerintah seolah tak bergeming ketika parlemen menyampaiakan aspirasi rakayat. Pemerintah bertahan pada kebijakannya untuk

terus melanjutkan program RSBI dan SBI. Kini, pro-kontra tersebut telah dijawab oleh MK. Semua pihak tinggal menghormati keputusan tersebut. Diharapkan pemerintah menghormati keputusan tersebut. Tidak perlu mensiasati atau mengelabui keputusan tersebut. Kita hanya berharap ketulusan pemerintah untuk menghormati keputusan tersebut. Disinilah kenegarawanan kita diuji. Semoga kita makin dewasa dalam bernegara. (*) Penulis Anggota DPR RI dari FPKS

Nasdem Nomor Satu, Hanura Paling Buncit dari halaman 1 Sementara itu, Partai Hanura yang menjadi parpol peraih angka parliamentary threshold (PT) terendah di Pemilu 2009 memperoleh nomor terakhir atau sepuluh. Suasana meriah berlangsung saat KPU menetapkan nomor urut peserta pemilu. Permintaan KPU agar parpol tidak mengundang massa yang terlalu banyak ternyata gagal. Ratusan kader parpol membanjiri halaman depan Kantor KPU dan memenuhi ruang sidang pleno. Sebagian besar ketua umum dari sepuluh parpol hadir dalam pleno penetapan parpol itu. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali absen. PDIP mewakilkan kepada Sekjen Tjahjo Kumolo. Sementara itu, PPP mewakilkan kepada Sekjen M. Romahurmuziy. “Sebelum dilakukan pengundian nomor urut parpol, terlebih dahulu dilakukan pengundian nomor pengambilan nomor urut,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam pleno terbuka kemarin (14/1). Dalam pengambilan nomor undian, Partai Nasdem mendapat nomor urut satu, selanjutnya Partai Hanura, PPP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat,

PDIP, Partai Golkar, dan Partai Gerindra. Saat dilakukan pengambilan nomor urut untuk peserta pemilu, ternyata Partai Nasdem tetap mendapatkan nomor satu, disusul PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, PPP, dan Hanura. Dari sejumlah nomor urut yang ditetapkan, PPP, PAN, Golkar, dan Demokrat sudah membawa nomor urut hasil prediksi mereka yang sesuai. Sejumlah kader parpol tampak melambai-lambaikan nomor urut peserta pemilu sesuai dengan hasil undian KPU. KPU menetapkan pleno terbuka penetapan nomor urut peserta pemilu itu melalui SK Nomor 6 Tahun 2013. Sekjen PKS Anis Matta mengatakan, sebelum pengundian nomor urut, PKS berharap mendapatkan nomor urut satu, dua, atau tiga. “Nomor itu kan sesuai dengan target kita untuk masuk tiga besar. Sosialisasinya juga lebih mudah,” ujar Anis. Menurut Anis, target tinggi tengah diusung PKS. Dengan anggota dewan yang saat ini di DPR dipastikan maju kembali, PKS optimistis akan meraup suara lebih banyak. “Kalau kursi DPR saja sekarang sekitar 10 persen, target PKS nanti adalah 15”20 persen,” ujarnya. Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan, angka sepuluh memudahkan pemilih untuk menentukan pilihan. “Kalau dulu dapet paling atas

kiri, sekarang paling bawah sebelah kanan,” ujar Wiranto. Kata dia, angka sepuluh merepresentasikan nilai sempurna dan mudah diingat. Namun, secara umum, semua nomor urut adalah nomor yang bagus. “Nomor ini adalah untuk identitas partai,” ujarnya. Menurut Wiranto, dukungan kepada Hanura juga sudah mulai bertambah dengan rencana bergabungnya sejumlah parpol yang gagal lolos. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) adalah salah satu parpol yang menyatakan bergabung. “PPRN sedang dalam pembicaraan awal, beberapa parpol lain juga,” ujarnya. Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, nomor urut peserta pemilu tidak memiliki makna. Nomor urut murni sebagai identitas parpol. “Yang penting bagaimana parpol dekat dengan rakyat, yang penting kerja politik kita,” ucap Idrus. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku bersyukur partai yang dipimpinnya dapat nomor urut dua. Muhaimin optimistis nomor itu akan semakin menguatkan PKB. “Ini nomor victory, kedamaian dunia dan akhirat,” ujarnya. Muhaimin menandaskan, PKB adalah satu-satunya partai Nahdlatul Ulama (NU) yang lolos. Muhaimin juga yakin akan ada penambahan jumlah kursi DPR yang diraih nanti. “Target kita tetap seratus kur-

si,” tandasnya. Romi - sapaan akrab Romahurmuziy - menyatakan, angka sembilan adalah awal yang baik. Sejak awal PPP berharap bisa mendapatkan salah satu di antara nomor urut satu atau sembilan sebagai tanda peserta pemilu. “Bukan bermaksud takhayul, namun angka ini memudahkan sosialisasi partai,” ujar Romi. Dia mencontohkan, sosialisasi PPP bisa berwujud jargon: Jangan lupa tanggal 9 (9 April 2014, Red) nanti coblos nomor 9. Sembilan juga angka historis. “Karena pada tahun 1999 PPP juga bernomor sembilan dan menjadi tiga besar parpol di parlemen,” ujarnya. Romi menilai, tidak berlebihan bila PPP berharap kembali masuk dalam tiga besar perolehan suara parpol. Secara sosiologis, angka sembilan menguntungkan karena pendakwah Islam generasi pertama adalah Wali Sanga. “Insya Allah, ini pertanda kembali besarnya PPP di Pileg 2014,” tandasnya. Selain penetapan nomor urut untuk parpol nasional, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) menggelar penetapan nomor urut peserta pemilu untuk tiga parpol lokal. Partai Damai Aceh mendapat nomor 11, Partai Nasional Aceh nomor 12, dan Partai Aceh mendapat nomor urut 13. (bay/ c10/agm)

Demi Uang, 141 Lukisan Berpindah ... dari halaman 1 Marah sekali. Tak pernah dia semurka itu kepada anak-anaknya. Penyebabnya adalah keinginan anak-anaknya dari istri kedua Widayat, Soemini, yang hendak menjual salah satu lukisan yang dipajang di museum. Sebuah lukisan istimewa karena dibuat khusus untuk sang istri kedua itu. Sebelas anak hasil pernikahan Widayat dengan istri pertama, Soewarni, maupun dengan Soemini, dikumpulkan di dalam museum. Semua datang. Tanpa basa-basi, Widayat berwasiat, “Sopo wae (Siapa saja, Red) anak keturunanku, cucuku, sik wani ngrusak (yang berani merusak, Red) atau memindahtangankan lukisan di museum, saya azab, saya laknat,” katanya. Pesan itu dia abadikan dalam sebuah rekaman dan ditulis di sebuah buku otobiografi H Widayat. Menurut Fajar Purnomo Sidi, anak sekaligus direktur Museum H Widayat, kemarahan ayahnya itu sangat beralasan. Sebab, anak-anak dari istri kedua ingin menjual lukisan berjudul Untuk Istriku Min (Soemini). Lukisan itu memang dibuat khusus untuk istri keduanya itu. Sebelumnya, Widayat juga membuat lukisan khusus untuk istri pertama. Anak-anak dari istri kedua Widayat ingin menjual lukisan itu untuk kemudian hasilnya dibagi dan dinikmati bersama. “Saudara-saudara saya ingin menjual lukisan milik Ibu (Soemini, Red) karena anak-anak dari Ibu Soewarni juga menjual lukisan milik ibunya,” ujar Purnomo, anak ketiga dari istri kedua Widayat, kepada Jawa Pos Radar Semarang kemarin (14/1). Saat itu anak-anak Widayat dari istri pertama menjual lukisan milik ibunya untuk membangun masjid. Lukisan itu dijual dengan harga miliaran rupiah. “Masjid sudah berdiri megah, tapi uang hasil penjualan lukisan masih sisa. Sisa uang penjualan itu kemudian dibagi untuk anak-anak (dari istri pertama, Red),” kata Purnomo.

Tidak ingin anak-anaknya yang lain iri, Widayat sempat menawarkan untuk menjual sejumlah lukisan yang tidak menjadi koleksi di museum. Sebab, bagi Widayat, koleksi di museum harus tetap utuh agar bisa dinikmati pencinta seni dan khalayak ramai. Widayat sempat khawatir anak-anaknya kelak akan menjual karya-karya lukisan yang dia tinggalkan di museum. Karena itu, sebelum meninggal, dia telah menyiapkan harta warisan berupa uang, tanah, perhiasan, mobil, dan 2.999 lukisan (kecuali yang di museum) untuk sebelas anaknya yang tidak satu pun mewarisi bakat lukisnya. “Nilainya mencapai puluhan miliaran rupiah,” ungkap Purnomo tanpa bersedia memastikan angka nominalnya. Benar saja, begitu Widayat meninggal, sesaat kemudian seluruh harta warisan itu dibagi rata kepada sebelas anaknya. Pembagiannya diupayakan seadil-adilnya sehingga tidak sampai berpotensi menimbulkan sengketa. Pada 2002 anak-anak Widayat mengubah pengelolaan museum dari yayasan ke perseroan terbatas (PT). Fajar Purnomo Sidi dipilih sebagai direktur, sedangkan anak-anak Widayat yang lain menjadi komisaris. Namun, sejak itu perselisihan dimulai. Termasuk diusirnya Fajar Purnomo Sidi dari rumah karena dianggap tidak becus mengurus Museum H Widayat yang terletak di Jalan Letnan Tukiyat, Kota Mungkid, dua kilometer dari Candi Borobudur, Magelang, itu. “Saya diusir karena dianggap akan menguasai peninggalan Bapak,” katanya. Setelah Purnomo dilengserkan, direktur PT H Widayat digantikan Hendro Wardoyo, anak kedua dari istri pertama. Seiring perjalanan waktu, satu per satu aset PT, termasuk lukisan, dijual kepada pihak lain. Hasil penjualan itu lalu dibagi untuk sebagian anakanak Widayat. “Pengeluaran PT saat itu mencapai Rp 75 juta per bulan, sedangkan dari museum tidak ada pemasukan sama sekali,”

ungkap Purnomo. Dari kenyataan itu, Purnomo menduga ada penjualan aset museum untuk membiayai operasional PT. Tak lama kemudian PT H Widayat berganti pimpinan. Jabatan direktur yang semula dipegang Hendro Wardoyo berganti Wicaksono Adi, anak pertama dari istri kedua. Tapi, pergantian pucuk pimpinan itu juga tidak membuat perubahan berarti. PT H Widayat justru semakin bangkrut karena biaya operasional yang tinggi. “Operasional ini termasuk untuk menggaji para komisaris,” kata Purnomo. Konflik di antara anak keturunan Widayat terus meruncing. Sebagian beranggapan bahwa lukisan di museum adalah warisan yang berhak dimiliki setiap anak. Sebagian yang lain beranggapan aset museum tidak bisa diperjualbelikan atau dipindahtangankan. Pada 2010 beberapa anak Widayat mengambil 25 lukisan di museum. Saat itu Purnomo melaporkan pengambilan lukisan tersebut sebagai bentuk pencurian. “Lukisan-lukisan itu dijual dan uangnya dibagi untuk anak-anak Bapak, kecuali saya,” ungkapnya. Dia menaksir, 25 lukisan milik ayahnya itu laku sekitar Rp 7 miliar. Harga yang pantas untuk lukisan-lukisan karya sang maestro. Konflik terus berlanjut. Akhir 2012, Fajar Purnomo Sidi dan Dyah Widiyati, anak Widayat yang lain, digugat oleh sembilan saudaranya yang diwakili anak tertua dari istri pertama, Wardaningsih. Gugatan hak waris itu dilayangkan Wardaningsih ke Pengadilan Agama Mungkid, Magelang. Wardaningsih beralasan, seluruh harta warisan, termasuk museum dan lukisannya, boleh diperjualbelikan. Selain itu, mereka menuding Purnomo telah memalsukan lukisan serta ingin menguasai seluruh harta peninggalan H Widayat. Sementara itu Purnomo dan Dyah berpendapat, harta warisan Widayat yang menjadi koleksi museum tidak boleh dijualbelikan seperti amanat yang disampaikan almarhum. (*/c2/ ari)

KPK Pastikan Banding Putusan Angie dari halaman 1 perampasan aset hasil korupsi. Seperti diketahui, Pasal 18 itu menurut hakim tidak tepat diterapkan pada Angie. “KPK ingin mengeluarkan trobosan. Tindak pidana korupsi, apapun bentuknya, harus ada penyitaan aset nantinya. Supaya orang tidak seenaknya korupsi karena asetnya nanti bisa ditarik,” jelas Johan di Gedung KPK kemarin. Jawaban Johan Budi tersebut sesuai dengan ungkapan keke-

cewaan para pimpinan KPK terhadap vonis Angelina Sondakh. Sebelumnya, Wakil Ketua Busyro Muqaddas sampai menyatakan kalau vonis Angie cacat yuridis metodologis dalam menandai fakta. Busyro mengatakan kalau Angie sebagai anggota wakil rakyat justru merampas hak rakyat. “Fakta yang dijarah adalah di bidang pendidikan,” urai Busyro Jumat (11/1) lalu. Apalagi, dia juga kena masalah di kasus Kemenpora, atas dasar itulah

KPK menuntut Angie dengan hukuman 12 tahun penjara. Busyro juga menilai kalau putusan hakim tandus dari ruh keadilan. Menanggapi sikap banding tersebut, Angie tidak berkata apapun. Saat dia usai dimintai keterangan untuk kasus Hambalang, janda mendiang Adjie Massaid itu hanya bisa melenggang menuju mobil tahanan. Semua pertanyaan wartawan yang meminta pendapatnya dicuekin dan hanya dibalas dengan senyuman. (dim)

Dijanjikan Kerja di PT KAI, Korisah ... dari halaman 1 Negeri Slawi, Senin (14/1). Sidang dipimpin hakim Imam Santoso. Dalam sidang tersebut, Korisah mengaku ditipu Winarni yang menjanjikan akan memasukkan dua anak Korisah, yaitu Nurlaela (25) dan Srianti (26) bisa bekerja di PT KAI dengan membayar sejumlah uang. Kepada hakim, Korisah mengaku menyerahkan uang sebanyak 27, 5 juta kepada Winarni untuk memuluskan Nurlela masuk ke PT KAI. Sedangkan untuk Srianti, sebanyak Rp 20,1 juta. “Sehingga total uang yang saya berikan kepada Nani sebanyak 47 juta lebih,” kata Korisah kepada hakim. Korisah menceritakan, pada sekitar November 2011, dia menanyakan apakah ada lo-

wongan pekerjaan untuk anaknya kepada seorang sales barang di toko kelontongnya bernama Heru. Heru kemudian mengenalkan Korisah kepada terdakwa. Saat itu, lanjut Korisah, terdakwa mengatakan ada lowongan pekerjaan sebagai sekretaris di PT KAI. Terdakwa kemudian minta uang muka sebesar Rp 7,5 juta dari total Rp 27, 5 juta. Kemudian, terdakwa juga menjanjikan pekerjaan sebagai tenaga kesehatan untuk anak Korisah yang lain dengan membayar uang sebanyak Rp 20, 1 juta. Setelah membayar uang puluhan juta, Korisoh berulang kali menanyakan kapan anaknya bisa masuk bekerja di PT KAI namun terdakwa tidak bisa menjawabnya dengan pasti. “Setiap kami tagih, jawabannya tidak pasti,” ucapnya.

Srianti yang juga diperiksa sebagai saksi dalam sidang itu mengatakan, mulanya dia sempat ragu. Namun karena terdakwa merupakan istri seorang karyawan PT KAI, dia pun yakin. “Terdakwa bilang tidak perlu tes dan terima beres saja. Waktu itu saya disuruh menunggu satu sampai dua bulan. Tapi hingga batas waktunya lewat, janji itu tak dipenuhi,” paparnya. Terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya, Joko mengatakan, dia tidak pernah menerima uang sebanyak Rp 27, 5 juta, tapi hanya Rp 19 juta. Dia juga sudah mengembalikan uang sebesar Rp 10 juta kepada korban. Adapun pada sidang sebelumnya, jaksa Ade Nandar mendakwa Winarni dengan pasal 378 KUHP tentang Penipuan. Sidang berikutnya akan digelar pada pekan depan. (yer)

Aktivis Protes Gurauan Calon ... dari halaman 1 Daming menambahkan, hukuman mati terhadap pemerkosa tidak bisa digeneralisasi. Dia mengaku harus berpikir jika menangani kasus tersebut. “Berbeda halnya dengan kasus narkoba atau korupsi. Tanpa pikir panjang, pelakunya bisa langsung dijatuhi hukuman mati,” ucapnya. Soal jawaban yang cenderung melecehkan itu, Daming beralasan untuk mencairkan suasana. “Tadi saya belum memberikan jawaban tegasnya. Nanti dilihat kasusnya seperti apa terlebih dahulu,” akunya. Begitu selesai fit and proper test, wartawan kembali menanyakan maksud jawaban tersebut. Dia kembali mengatakan

bahwa hal itu dilakukan untuk mengurangi ketegangan. Malah dia terkesan senang bisa membuat anggota DPR tertawa sesaat. Meski demikian, LBH Keadilan tetap menganggap serius pernyataan Daming tersebut. DPR diminta tidak meloloskan Daming sebagai hakim agung. “Pernyataan Daming telah melukai perasan korban dan keluarga korban perkosaan. Kami berpandangan, Daming sangat tidak layak menjadi hakim agung,” protes Direktur Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan Halimah Humayrah Tuanaya kemarin. Menurut Halimah, kalau DPR tetap memaksakan diri melo-

loskan Daming sebagai hakim agung, itu sama dengan menyetujui pernyataan Daming. “Artinya, DPR turut melukai perasaan korban dan keluarga korban perkosaan,” tuturnya. Halimah juga mendesak Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali untuk mencopot Daming dari jabatannya sebagai ketua PT Banjarmasin. MA, tegas Halimah, tidak boleh membiarkan orang-orang yang mencoreng korps hakim. Menurut dia, membiarkan Daming menjadi ketua PT Banjarmasin sama dengan menyakiti perasaan masyarakat. “Bagi kami, Daming tidak pantas menjadi ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, apalagi hakim agung,” kecamnya. (dim/pri/c8/agm)


CMYK

BISNIS

SELASA, 15 JANUARI 2013

8

RADAR TEGAL

nDalem Samiaji Tahap 3 Masih Bisa Dipesan

Lokasi Strategis di Pusat Bisnis Tegal TEGAL – Masyarakat Tegal dan sekitarnya yang belum memiliki rumah dan mendambakan sebuah tempat tinggal yang strategis serta bisa mendukung aktivitas seluruh anggota keluarga bisa menjadikan nDlaem Samiaji yang berada di Jalan Gatot Subroto Kota Tegal sebagai pilihan. Pasalnya, di pembangunan tahap 3, masih ada unit yang bisa didapatkan.

D

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

KANTOR PEMASARAN – Konsumen bisa datang ke kantor pemasaran nDalem Samiaji di komplek Water Park Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Tegal.

irektur PT Tridaya Pratama Mandiri Lemmy menuturkan jika saat ini masih ada sekitar 30 persen unit yang tersedia di tahap 3. Sedangkan unit yang dibangun di Tahap I sudah terjual habis. Sementara Tahap II terjual hingga 95 persen. Dengan uang muka sebesar 20 persen, masyarakat baik kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan swasta dan sebagainya bisa mendapatkan sebuah hunian yang berada di lokasi strategis dan terletak di pusat bisnis Tegal. Di sini, konsumen bisa memilih beberapa tipe yang ada

seperti tipe 36, 45, 54 atau 63 sesuai dengan kebutuhan masing-masing. “nDalem Samiaji memberikan sebuah perumahan yang dapat menjadi investasi menguntungkan dengan sederet benefit yang ada,” jelasnya. Saat ini, lanjutnya, mungkin masih ada masyarakat yang ragu dengan legalitas seperti sertifikat dan sebagainya. Namun di sini, semuanya sudah lengkap dan sebagai bukti adalah serah terima untuk Tahap I yang diagendakan pada bulan Maret 2013 dan di bulan Juli 2013 konsumen sudah bisa masuk menempati rumah ma-

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

LOKASI STRATEGIS – nDalem Samiaji menghadirkan lokasi perumahan yang strategis sehingga bisa menjadi investasi yang menguntungkan.

sing-masing. Untuk itu, bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya yang saat ini masih ragu, pihaknya berpesan agar tidak perlu ragu lagi dan bisa segera datang ke kantor pemasaran atau mengecek langsung ke lokasi. Dengan demikian, bisa melihat kondisi di lapangan sehingga dapat segera menentukan langkah. Untuk mempermudah, dia juga bekerjasama dengan pihak perbankan seperti Bank BTN, BTN Syariah serta Bank Panin. Konsumen bisa mendapatkan fasilitas kredit hingga 15 tahun melalui perbankan sehingga kebutuhan akan rumah tinggal yang layak, aman, nyaman serta bisa menjadi sebuah investasi segera terwujud. “Datang dan buktikan sendiri kelebihan yang bisa didapatkan di nDalem Samiaji,” ujarnya. (gun)

Laptop dan Netbook Masih Dominasi Pasar TEGAL – Permintaan akan laptop dan netbook hingga saat ini masih mendominasi pasar komputer. Sederet merek dalam dan luar negeri menghadirkan beragam tipe yang menyasar segmen berbeda sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia guna mendukung aktivitas yang ada. Kusnandar (48), salah seorang konsumen saat memilih beberapa merek laptop dan netbook membenarkan hal itu. Ketersediaan tipe yang cukup beragam di pasaran diakuinya menjadi sebuah kesempatan karena konsumen bisa memilih dan mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan. Dari segi harga, rata-rata menawarkan dalam rentang yang hampir sama dan yang membedakan adalah fitur yang ada di dalamnya. Saat ini, berbagai kebutuhan mulai dari mengerjakan tugas sehari-hari hingga menjalankan hobi banyak dilakukan menggunakan laptop maupun netbook karena lebih praktis dan bisa dibawa

kemana-mana. Harga jual juga tidak terlalu mahal dan bisa didapatkan secara tunai maupun kredit sehingga tidak heran jika laptop dan netbook masih merajai pasar komputer di Tegal dan sekitarnya. “Mau yang murah juga ada, jika ingin yang mahal juga banyak tersedia, baik laptop maupun netbook,” terangnya. Hal ini juga dibenarkan oleh Rudi Warsito, pemilik Life Computer. Menurutnya, laptop maupun netbook saat ini masih mendominasi pasar komputer. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan dan sebagainya cenderung memilih produk tersebut karena dianggap lebih praktis. Di sisi lain, pabrikan juga merespon dengan meluncurkan beragam tipe. Hal ini dilakukan karena konsumen juga memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga semakin banyak tipe yang bisa didapatkan. Untuk harga, relatif lebih murah dibandingkan setahun yang lalu. Dengan Rp 1 jutaan, sebuah netbook sekarang sudah bisa dibawa pulang. (gun)

HESTI PRASTYANI/ RADAR TEGAL

BERSAMA DORAEMON - Alfamart mengusung karakter Doraemon & Friends dalam program promosi gratis Koleksi 3D Puzzle, yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 22 Maret 2013 di semua Toko Alfamart.

Promo Gratis Alfamart

USUNG DORAEMON & FRIENDS SIAPA yang tak kenal Doraemon? Kartun legendaris karya kartunis Jepang, Fujiko F.Fujio (1969), disukai anak-anak hingga kalangan dewasa. Kehadirannya di layar kaca Indonesia yang sarat dengan pesan moral telah mencuri perhatian jutaan anak Indonesia. Bahkan, kalangan usia dewasa pun ada yang menggemari keunikan tokoh Doraemon. Kini, masyarakat serta pecinta Doraemon bisa mendapatkan koleksi 3D puzzle di Alfamart dalam program promo Koleksi 3D Puzzle. Hal ini disampaikan General Manager (GM) Corporate Communications Alfamart Nur Rachman kepada Radar kemarin (14/1). ’’Kehadirannya di layar kaca Indonesia yang sarat dengan pesan moral telah mencuri perhatian jutaan anak Indonesia. Inilah yang menjadi alasan Alfamart mengusung karakter Doraemon & Friends dalam program promosi gratis Koleksi 3D Puzzle,’’ jelas Nur Rachman. Nur Rachman menjelaskan, program Koleksi 3D Puzzle Doraemon & Friends ini berlangsung sejak 12 Januari hingga 22 Maret 2013 di semua Toko Alfamart. Konsumen berkesempatan untuk mendapatkan 3D Puzzle

Doraemon & Friends secara gratis atau membelinya dengan harga khusus. ’’Caranya, cukup hanya dengan belanja senilai Rp 25.000 di Alfamart (berlaku kelipatan), konsumen akan mendapatkan 1 (satu) stamp utama,’’ terangnya. ’’Jika di dalamnya ada produk sponsor quantity tertentu atau melakukan pembayaran dengan A Card/ Flazz BCA akan mendapatkan extra stamp,’’ lanjutnya. Untuk mendapatkan 1 3D puzzle Doraemon & Friends secara gratis, pelanggan harus mengumpulkan 20 stamp Doraemon. Jika hanya 10 stamp, konsumen dapat menukarkannya dengan 3D puzzle hanya dengan menambah Rp 19.900. ’’Yang bikin menarik adalah 3D puzzle ini bentuknya boneka dan kepalanya terdiri dari kepingankepingan puzzle, yang harus disusun untuk mendapatkan bentuk yang sempurna,’’ terang Nur Rachman. Meski demikian, Nur Rachman mengatakan, program promo ini tidak berlaku untuk susu bayi di bawah 1 tahun, rokok, dan voucher pulsa handphone. Anda tertarik? Yuk, buruan ke Alfamart! (hesti prastyani/iklan)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

KHUSUS WANITA - Sora, The Beauty Asks Pleasure First menghadirkan beragam perawatan kulit dan wajah untuk wanita.

Hadirkan Perawatan Khusus Wanita Sora, The Beauty Asks Pleasure First TEGAL – Memiliki kulit wajah dan tubuh yang sehat serta senantiasa terlihat segar tentu menjadi dambaan kaum wanita. Mulai dari remaja putri hingga ibu rumah tangga melakukan beragam treatment agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Kini, masyarakat Tegal dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan layanan tersebut. Pasalnya, Sora, The Beauty Asks Pleasure First di Jalan Kapten Sudibyo Kota Tegal menyediakan beragam pelayanan khusus untuk kaum wanita yang akan ditangani oleh tenaga ahli di bidangnya serta didukung peralatan yang memadai. Fahmi Ferdian, Pemilik Sora, The Beauty Asks Pleasure First mengatakan, berbagai perawatan kulit wajah dan sebagainya bisa dilakukan seusai dengan kebutuhan masingmasing. Jenis kulit yang berbeda antara satu orang dengan lainnya tentu membutuhkan perawatan yang sesuai sehingga bisa menghasilkan sesuai dengan harapan. Beberapa perawatan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dian-

taranya acne series, whitening series, microdermabrassion, mesotherapy, chemical peeling, facial series, body masker, hair spa, hair mask, waxing dan sebagainya untuk semua jenis kulit. Lokasi yang strategis dan nyaman tentu saja akan membuat semua perawatan dikerjakan secara tepat sehingga memberikan hasil maksimal. Untuk terapi lain seperti kulit berjerawat, kusam, berminyak dan sebagainya juga bisa didapatkan. Seluruh pengunjung sebelum melakukan perawatan akan diberikan kesempatan berkonsultasi dengan tenaga ahli yang ada sehingga keluhan apa saja yang dirasakan bisa disesuaikan dengan jenis perawatan yang sesuai. Untuk itu, kepada masyarakat Tegal dan sekitarnya yang memiliki masalah seputar kulit maupun wajah bisa datang dan akan dilayani secara profesional sehingga memiliki kulit yang sehat dan selalu segar bisa segera terwujud. “Datang dan konsultasikan keluhan yang ada dan semuanya akan ditangani secara profesional oleh tenaga ahli dengan dukungan peralatan modern yang tersedia,” jelasnya. (gun)

CM Y K


CMYK

SELASA, 15 JANUARI 2013

METROPOLIS

9

RADAR TEGAL

KANCA BATIR Mas’ud Muhyi SAg

Tanamkan Siswa Berdemokrasi UNTUK memberikan pelajaran, sekaligus mengenalkan soal berdemokrasi pada siswa, yang belum memiliki hak pilih dalam pesta demokrasi. baik pilgub, pemilukada, pileg maupun pilpres. Maka Mas’ud Muhyi SAg sengaja melaksanakan pemilihan ketua OSIS MTs Raudhotul Ulum Kelurahan Kaligangsa, melalui pemilihan langsung dan terbuka. Sehingga semua siswa mempunyai hak suara. “Saya ingin mencoba menanamkan cara berdemokrasi pada semua siswa, melalui pemilihan ketua OSIS (pilketos, red) periode 2013 - 2014. Proses maupun tahapannya sama dengan pesta demokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mulai penjaringan bakal calon, penetapan calon, pemaparan visi misi para calon, serta proses pemilihan. Saya sengaja memanfaatkan halaman sekolah, untuk preoses pilketos. Semua siswa bakal menggunakan hak suaranya di bilik yang disiapkan panitia.” ke hal 15 kol 5

Lima Anggota Tak Hadir Dua Ijin Sakit, Tiga Tak Ada Alasan PELANTIKAN anggota DPRD antarwaktu dari Fraksi PKB, Edy Dadang Subagiyo, melalui rapat paripurna istimewa, kemarin (14/ 1) hanya dihadiri 24 anggota. Lima orang tidak hadir. Namun demikian, proses pelantikan dan pengambilan sumpah janji yang dipimpin Ketua DPRD H Edy Suripno SH berjalan lancar. Wacana adanya informasi aksi demonstrasi penolakan pelantikan, yang dilakukan sekelompok orang, sampai akhir pelaksanaan pelantikan tidak ada. Puluhan anggota Banser Kota Tegal, bersiap-siap di depan gedung rapat paripurna. ke hal 15 kol 1

M SAEKHUN/RATEG

M SAEKHUN/RATEG

PASANG LENCANA - Ketua DPRD H Edy Suripno SH, menyematkan lencana logo DPRD pada Edy Dadang Subagiyo.

SUMPAH dan JANJI - Edy Dadang Subagiyo mengucapkan sumpah janji, menjadi anggota DPRD antarwaktu.

Keluarga Warniyah (50), Diminta Urus Jaminan ke Pemkab

KEBUTUHAN DARAH 4 KANTUNG

DIGRATISKAN

PEMILU Anggaran Gugatan Tetap Ada WALAUPUN hasil pembahasan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Tegal, yang sesuai jadual dilaksanakan 27 Oktober 2013 mendatang dipangkas. Namun KPU tetap menyiapkan anggaran gugatan, mengantisipasi pasangan calon wali kota-wakil wali kota, yang merasa kurang puas dalam pemilukada. Ketua KPU, KH Saifudin Zuhri Madrasis SAg mengatakan, anggaran gugatan dari jumlah dana dan ditetapkan melalui APBD tahun 2013, pihaknya menyiapkan anggaran gugatan sekitar Rp1 miliar. Dana tersebut bakal dipakai, ketika ada gugatan dari paslon, yang tidak puas dengan hasil pemilukada. “Dari anggaran pemilukada Rp10 miliar, sekitar Rp1 miliar kami siapkan mengantisipasi gugatan dari salah satu paslon, yang tidak puas dengan hasil pemilukada. Selain untuk pengacara, anggaran juga transportasi para saksi. Kalau ada gugatan ke MK, terkait hasil pemilukada.”

MENDENGAR adanya pasien Jamkesmas tidak bisa dijamin biayanya, menggugah kepedulian Wakil Wali Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin. Kemarin (14/1) pagi, orang nomor dua di Kota Tegal tersebut, meluncur ke RSUD Kardinah, tempat dirawatnya Warniyah (50), di ruang perawatan Nusa Indah Blok E. Sebelum ke lokasi dirawatnya ibu penderita paru-paru akut, warga Desa Banjaragung, RT 2 RW VII, Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, Habib Ali menyempatkan diri menyapa sejumlah pasien Jamkesmas. Dia juga menanyakan kenapa

ke hal 15 kol 5

PENDIDIKAN ADI MULYADI/RATEG

ke hal 15 kol 1

BERDIALOG - Wakil wali kota dan direktur RSUD Kardinah, berdialog dengan Susanto, keponakan Warniyah.

F-PAN Tagih Janji Walkot ADI MULYADI/RATEG

SAMPAIKAN MATERI - Seorang pemateri dari Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan materinya, di hadapan puluhan peserta diklat.

Tingkatkan Kompetensi, Guru Didiklat 4 Bulan SELAMA 4 bulan mulai 14 Januari hingga 15 April mendatang, 50 orang guru PAI tingkat SMP negeri, dan swasta se-Kota Tegal mendapat gemblengan intensif. Ini dilakukan guna meningkatkan kompetensi mereka, sebagai orang yang dipercaya mencerdaskan generasi penerus bangsa. Penggemblengan dengan istilah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Guru (PKG), digagas oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP. Secara resmi kegiatan yang dilangsungkan di ruang serbaguna SMPN 15, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Dra Titik Andarwati. Dalam sambutannya Titik mengatakan, agar peserta diklat PKG dapat mengikuti kegiatan dari

Soal Keterangan Bokong Semar FRAKSI Partai Amanat Nasional Peduli Rakyat DPRD kembali mempertanyakan janji Wali Kota H Ikmal Jaya SE Ak, untuk memaparkan proses hasil tukar guling bokong semar. Sebab, sampai saat ini belum jelas kepemilikan lahan Bokong Semar. Sehingga jangan ada proses pembangunan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA). Hal ini ditegaskan Ketua Fraksi PAN Peduli Rakyat, Abdullah Sungkar SE MT, kemarin (14/1). Menurutnya, pada waktu pene-

tapan APBD tahun 2013, kepala daerah berjanji bakal memaparkan proses tukar guling sebelum tahun ini. Sekarang masuk pertengahan Januari. Kejelasan pemaparan proses tukar guling, terkait penetapan harga yang dilakukan tim apraisal (penaksir harga). Karena ada kejanggalan dalam proses tersebut. “Kalau memang prosesnya sesuai, seharusnya pemkot tidak perlu takut. Bahkan harus berani memberikan informasi pada masyarakat. Bukan malah seperti kucing-kucingan.” Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya menolak ajuan anggaran ke hal 15 kol 5

ADI MULYADI/RATEG

HASIL KREATIFITAS - Ardjono Oesman menunjukkan karya kreatifitasnya, menyulap kain batik gendong jadi busana elegan.

M SAEKHUN/RATEG

CMYK

Masalah Jamkesmas Terus Muncul

ADI MULYADI/RATEG

GALI INFORMASI - Wakil Wali Kota Habib Ali Zaenal Abidin, menanyakan pelayanan Jamkesmas pada seorang pasien, yang antri di depan loket pelayanan RSUD Kardinah.

AKIBAT belum keluarnya database terbaru, pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di daerah kerap timbul masalah. Karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mendesak, agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera meluncurkan Surat Edaran (SE). Hal itu muncul ketika Wakil Wali Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin, meninjau RSUD Kardinah, kemarin (14/1). Di rumah sakit pemerintah yang menjadi salah satu tempat rujukan tersebut, wakil wali kota menerima banyak keluhan para pengguna Jamkesta. ke hal 15 kol 1

Batik Gendong Disulap Jadi Busana Menawan

ke hal 15 kol 1

TIDAK PENUH - Kursi ruang rapat paripurna DPRD, dalam kegiatan paripurna istimewa dengan agenda pengambilan sumpah dan janji anggota dewan antarwaktu dari Fraksi PKB, Edy Dadang Subagiyo tidak penuh. Hal ini disebabkan ada 5 anggota tak hadir.

Desak Kemenkes Luncurkan SE

MASYARAKAT mengira kain batik gendong, hanya bisa dipakai menggendong bayi. Ternyata tidak demikian. Dengan sentuhan kreatifitas kain batik gendong, dapat disulap jadi busana menawan. Hal itu dibuktikan seorang desainer Kota Tegal, Ardjomo Oesman (32). Dia melakukan improvisasi, dengan membuat desain busana pesta dari kain batik gendong. Ternyata hasilnya menakjubkan. Busana dengan bahan dasar kain batik gendong, tidak kalah elegan dengan busana yang menggunakan bahan khusus. Menurut dia, inspirasi menyulap kain batik gendong menjadi busana, diperoleh dari desai-

ner kondang Anne Avantie. “Desainer ini merupakan seorang yang mengawali membuat busana dari batik gendong. Karyanya antara lain kebaya, yang dibuat memakai kain batik gendong bermotif naga, koin China, ikan mas koki, dan lampion,” ujarnya. Karena menawan, lanjut Ardjono, busana berbahan dasar kain bati gendong, mulai banyak dilirik masyarakat. Dia memperkirakan sekitar enam bulan lalu, busana kain batik gendong mulai booming. Dia mengaku, baru tertarik mengimprovisasi kain batik gendong jadi busana sekitar empat bulan lalu. Ketertarikan muncul, selain termotivasi desainer kon-

dang, lantaran corak batik gendong bervariasi. Warna khas menyolok, sangat pas dijadikan busana pesta kaum muda-mudi. Selain itu sebagai upaya ikut berperan serta dalam melestarikan batik gendong. Sehingga keberadaan batik gendong tetap eksis, tidak hanya bermanfaat untuk menggendong bayi. Namun naik tahta dengan menjadi busana pesta dan lainnya. “Untuk itu, agar remaja tertarik mengenakannya, saya merancang busana mengikuti selera mereka. Untuk remaja pria dia membuat kemeja model junkies, sedangkan untuk wanitanya sackdress.” ke hal 15 kol 5


KABUPATEN TEGAL

SELASA 15 JANUARI 2013

13

RADAR TEGAL

INDUSTRI

YERI NOVEL/RADAR SLAWI

PRODUKSI - Perajin logam di Kabupaten Tegal tengah memproduksi barang khususnya logam cor.

IKM Tegal Eksplorasi ke Surabaya SLAWI - Industri Kecil Menengah (IKM) asal Kabupaten Tegal akan melakukan eksplorasi atau penjajakan ke pasar Surabaya dalam waktu dekat ini. Khususnya IKM yang bergerak di bidang industri logam pembuat komponen alat berat dan komponen kapal. Tujuan eksplorasi itu, untuk membuka jaringan baru di empat perusahaan seperti PT PAL, PT DUMAS, DOK Bahari, dan PT INKA yang bergerak dalam bidang transpotasi darat (kereta api). Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tegal, Arifin mengatakan, rencananya dinas akan mengajak dan memfasilitasi IKM Tegal untuk eksplorasi ke pasar di Surabaya. Jumlah perajin yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut sekitar 15 IKM. Mereka merupakan IKM yang memproduksi komponen alat berat dan komponen kapal. “Penjajakan ini untuk membuka kerjasama dengan sejumlah perusahaan di Surabaya. Sebab, kondisi IKM Kabupaten Tegal sedang terpuruk karena imbas dari krisis global,” ujarnya kemarin. Upaya tersebut minimal dapat memulihkan kondisi mereka. Sehingga mereka tidak sampai mengalami gulung tikar. “Harapannya, mereka bisa menjalin kerjasama dalam bentuk pemberian order,” katanya. Dirinya tak menampik, saat ini dinas dan IKM Tegal sedang membidik industri logam yang berada di Surabaya dan Indonesia timur. Menurutnya, peluang untuk masuk ke industri di daerah tersebut masih terbuka lebar. Pasalnya, pelaku industri logam di wilayah itu tidak terlalu banyak seperti Jakarta. “Ini merupakan kesempatan baik bagi kita. Karenanya, kita harus bisa menjalin kerjasama dengan mereka,” ucapnya berulang-ulang. (yer)

PENDIDIKAN

M GHONI/RADAR SLAWI

SIDAK - Komisi I DPRD Kabupaten Tegal tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten), di Kecamatan Margasari dan Balapulang, kemarin.

Komisi I Keluhkan Layanan Paten SLAWI - Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten), di inspeksi mendadak (sidak) oleh Komisi I DPRD Kabupaten Tegal. Pasalnya, teknis pelayanan masyarakat yang ditujukan guna mendekatkan diri itu, ternyata penerapannya masih setengah hati. Padahal sejak dikeluargkannya Perbup terkait paten, yang bakal di launching (22/1) mendatang, masih banyak ketidak efektifan dalam penerapannya di lapangan. Bahkan sejumlah camat mengeluhkan teknis pelayanan itu

dalam pelaksanannya, ibarat filosofi “dilepas kepala namun masih dipegang ekornya”. Hal itu akibat batasan pemberian layanan yang bertujuan menarik investasi pada sejumlah wilayah di kecamatan, seakan dikebiri oleh SKPD lain. “Kondisi inilah yang membuat Komisi I, akhirnya melakukan sidak,” tutur ketua Komisi I DPRD, KRT Sugono Adinagoro, melalui anggotanya Teguh Sudiro SE, dari Fraksi Partai Golkar, kemarin. Dikatakan Teguh Sudiro, dari hasil sidak komisinya, membe-

narkan jika penerapan kebijakan aturan paten, ternyata masih setengah hati. Dicontohkan, untuk proses perijinan, untuk kegiatan usaha dengan luasan 100 M2, tidak bisa dilakukan ditingkat kecamatan. Melainkan harus ditangani di SKPD lain yang membidangi. Kondisi itu membuat keluhan bagi sejumlah camat, yang menurutnya, kurang efektif dan efisien akan program paten. Menurut dia, seharusnya semua jenis layanan dalam skala kecil tidak harus melakukan ijin di SKPD terkait. Melainkan bisa

ditangani pada pusat layanan paten di tingkat kecamatan. Kecuali memang usaha yang bakal melakukan perijinan kelasnya mencapai miliaran rupiah, dan membutuhkan pendukung lain, seperti amdal atau lainnya, baru dilakukan di SKPD terkait. “Kondisi inilah yang terkesan pemberlakuan perijinan sistim paten, terkesan kurang bermanfaat dan perlu dilakukan peninjauan ulang,” ucap Teguh. Sementara melihat realita dilapangan, Komisi I bakal mengundang sejumlah instansi terkait perijinan untuk dimintai

penjelasannya, guna mensinkronkan perjalanan proses paten bisa berjalan secara maksimal. Karena, selama ini, layanan paten dianggap kurang mampu memberikan kontribusi pada masyarakat dan kecamatan, dalam upayanya mendekatkan layanan kepada masyarakat. “Mumpung belum di lounching, kami butuh bertemu dengan instansi terkait terlebih dahulu. Apalagi saat diPerbupkan, juga tidak pernah dikonsultasikan dengan DPRD,” pungkas Teguh Sudiro. (gon)

PKL Baru Boleh Berdagang Sore Hari

YERI NOVEL/RADAR SLAWI

IHT - Kasi Sarpras Dikmen Dindikpora Kabupaten Tegal, H Suratmo SPd MPd, memberikan materi dalam acara IHT di SMK Muhamadiyah Kramat, Minggu (13/1).

SMK Muhamadiyah Kramat Gelar IHT KRAMAT - Tindak lanjut dari audit eksternal ISO 9001-2008, SMK Muhamadiyah Kramat menggelar In House Training (IHT) di aula sekolahnya, Minggu (13/1) pagi. Kegiatan yang diikuti seluruh pendidik SMK ini, mengusung tema tentang penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan silabus sekolah. Hadir sebagai pemateri, Kasi Sarpras Dikmen Dindikpora Kabupaten Tegal H Suratmo SPd MPd, dan Pengawas SMK Dindikpora Kabupaten Tegal, Drs Agus Angkat Raharjo. Dalam kesempatan itu, H Suratmo menjelaskan tentang bantuan sarana dan prasarana untuk SMK se-Kabupaten Tegal yang datang dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Sementara nilai bantuan yang digelontorkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun 2013 ini, rencananya untuk SMK mencapai Rp 17 milyar lebih. Sedangkan DAK untuk SMA, sebesar Rp 4,1 milyar. Sehingga jumlah nilai DAK yang akan disalurkan sebanyak Rp 21 milyar lebih. “Yang jelas, bantuan pendidikan terbanyak se-Jawa Tengah yang datang dari APBD I adalah Kabupaten Tegal. Karena itu, gunakanlah dana bantuan itu sebaik mungkin,” kata Suratmo dalam paparannya. Sementara itu, Pengawas SMK Dindikpora Kabupaten Tegal, Drs Agus Angkat, dalam materinya membahas tentang pengembangan kurikulum, dan silabus sekolah serta rencana program pembelajaran (RPP) yang diakhiri dengan penilaian. Dia memaparkan, tentang pengembangan kurikulum itu, sekolah harus memuat 9 kurikulum dan kerangka dasar kurikulum serta kalender pendidikan. Sehingga, hasil yang diharapkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan dunia kerja. “Kalau tentang silabus sekolah, kami menerangkan tentang pengembangan kompetensi dasar, pengembangan standar kompetensi, dan materi pengembangan pembelajaran,” sambungnya. Sementara untuk RPP, lanjut Agus, pihaknya mengurai tentang perangkat pembelajaran semua guru dan persiapan pengembangan pembelajaran serta penjabaran kompetensi guru. “Kalau semua materi sudah dijelaskan, kami tinggal mengambil langkah dengan penilaian,” pungkasnya. Kepala SMK Muhamadiyah Kramat, Abdul Wahid S.Kom, mengaku, kegiatan IHT itu merupakan tindak lanjut dari sertifikat ISO 9001-2008 yang diperolehnya tahun lalu. Dengan adanya sertifikat itu, pihaknya menggelar IHT yang dibalut dengan penyusunan KTSP kepada sejumlah pendidik di sekolahnya. Hasil dari KTSP itu, nantinya akan dikirim ke pihak ISO supaya sertifikat itu dapat diperpanjang. Pengiriman dilakukan maksimal 3 Februari mendatang. “Dari audit ekternal kemarin ada temuan, bahwa kami belum melaksanakan pengembangan KTSP. Karena itu, kami menggelarnya untuk peningkatan kwalitas manajemen rivew sekolah,” terangnya. (yer)

SLAWI - Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Slawi (AAS) baru berkenan menggelar dagangannya pukul 16.00 WIB. Pasalnya, itu sudah tertuang dalam aturan Pemkab Tegal dua tahun lalu, demi kebersihan dan estetika AAS, menimbulkan kesan rapi. Bahkan Satpol PP setempat sudah melakukan sosialisasi dengan memasang aturan tersebut di bundaran AAS. Ironinya, masih banyak PKL, khususnya di AAS sebelah timur masih tetap membandel dan kurang mentaati aturan. Jika PKL tetap membandel, dengan terpaksa Satpol bakal membongkar dan membawa lapak dagang PKL itu ke Kantor Satpol. “Ini semata demi ketertiban dan keindahan kota. Sehingga kesan tamu yang berkunjung ke Pemkab Tegal tidak menilai jika AAS terkesan kumuh,” terang komandan Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin SH MM, kemarin. Dikatakan Zaenal, sejak

dok.rateg

Zaenal Arifin SH MM

beberapa hari lalu, pihaknya melakukan penertiban bertahap terhadap PKL tersebut. Bahkan untuk lebih diperhatikan aturan tersebut oleh PKL, pihaknya juga menempatkan truk Satpol PP beserta sejumlah personilnya, pada lokasi dagang PKL di AAS sebelah timur. Karena pedadang dilokasi tersebut yang

dikenal bandel. Menurut dia, dari hasil gelar operasi yang dilakukan Satpol PP, sudah mulai ada kepatuhan dari PKL terhadap aturan dimaksud. Terutama PKL yang berada di bundaran AAS. Mereka mematuhi untuk berdagang setelah jam kantor usai atau sekitar pukul 16.00 WIB. “Yang tergolong masih terus diperhatikan karena cukup membandel, bakal kami tertibkan secara tegas,” tutur Zaenal. Sementara, jika ada PKL yang tetap membandel tepaksa kami bongkar dan lapak dagangnya dibawa ke kantor. Jika pedagangnya ingin mengambil, Satpol juga melakukan kebijakan dengan pembinaan. Namun jika masih membandel, dengan sangat terpaksa lapak dagang mereka disita dan pedagangnya, untuk tidak boleh berdagang ditempat itu lagi. “Ini tindakan terakhir, demi ketertiban dan kebersihan ASS dan daerah,” pungkas Zaenal. (gon)

M GHONI/RADAR SLAWI

BERBAHAYA - Lobang pada badan jalan Desa Tembok Luwung, tepat dekat dengan jembatan Gung Pekiringan berbahaya bagi masyarakat, khususnya pengendara. Butuh kepedulian dan perbaikan dari instansi terkait di Pemkab Tegal.

Dua Hari Lobang Jalan Dibiarkan

YERI NOVEL/RADAR SLAWI

SERAHKAN BANTUAN - Ketua IBI Kabupaten Tegal, Rusmiati SH SST, memberikan bantuan mie instan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa.

IBI Bantu Korban Puting Beliung BUMIJAWA - Sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Tegal mengadakan bhakti sosial untuk membantu korban puting beliung di Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, belum lama ini. Bantuan berupa mie instan tersebut, diberikan secara langsung melalui posko penerima bantuan. Ketua IBI Kabupaten Tegal,

Rusmiati SH SST, mengatakan, bantuan yang diberikan itu merupakan bentuk kepeduliannya terhadap korban bencana. Dia berharap, semoga bantuan tersebut sedikitnya dapat mengurangi beban para korban. “Semoga bisa bermanfaat. Kami hanya bisa memberikan mie instan,” kata Rusmiati didampingi sejumlah anggotanya. Seperti diketahui, bencana

alam puting beliung melanda Kecamatan Bumijawa yakni di Desa Batumirah, Dukuh Benda, Begawat dan Guci pada Rabu (9/1) sekitar pukul 13.30 WIB. Dari bencana itu, di Desa Batumirah ada 12 rumah rusak berat, 22 rumah rusak sedang dan 57 rusak ringan. Sementara data kerusakan di Desa Guci sebanyak 6 rumah rusak berat, Dukubenda 9 rusak ringan, dan Begawat 8 rusak sedang. (yer)

ADIWERNA - Warga khususnya pengguna jalan yang sering melintas di jalan Desa Tembok Luwung, Adiwerna, sesalkan belum adanya perbaikan jalan desa yang berlobang. Pasalnya, lobang jalan dengan diameter 50 centimeter sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas, terutama pada malam hari. Apalagi kondisi jalur jalan itu sangat ramai dilintasi pengendara, mulai dari sepeda, motor sampai mobil. “Kami sudah melaporkan kepada desa, namun belum ada langkah perbaikan. Hanya dipasangi rambu dari kayu, tetapi tidak menutup lobang itu,” kata pengendara motor yang juga warga Desa Tembok Luwung, Karyoto (51), kemarin. Dikatakan karyoto, lobang pada badan jalan itu terjadi sejak dua hari lalu dan sangat membahayakan, karena jalur itu sangat padat dilewati arus kendaraan warga, juga pejalan kaki. Apalagi posisinya persis pada pertigaan antara jalan desa dan jembatan Gung Pekiringan, yang menghubungkan Banja-

ran-Balamoa. Karena rambu yang dipasang warga sangat terbatas, dirinya khawatir pada malam hari bisa membahayakan warga. Untuk itu, menurut dia, perlu segera dilakukan penanganan sebelum terjadinya musibah sampai ada korban jiwa. Lobang jalan tersebut dibawahnya juga ada saluran pembuangan dari desa tersebut menuju Sungai Gung, jika tidak dilakukan perbaikan, dikhawatirkan akibat longsoran lobang, saluran menjadi tersumbat. “Saat hujan lebat, karena saluran tersumbat bisa menimbulkan banjir dan genangan air,” tutur Karyoto. Sementara tokoh masyarakat setempat Bunasor, menyesalkan sikap pemerintah Desa Tembok Luwung yang tidak segera sigap dan membuat rambu pemberitahuan. Pihaknya juga berharap, jika desa tidak memiliki anggaran, seharusnya melaporkan kepada instansi terkait agar direspon dan mendapat perbaikan. “Kami khawatir, ada korban akibat kecelakaan terjerumus dalam lobang ini,” ucap Bunasor. (gon)


RADAR BREBES

14

SELASA 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

TELEPON PENTING RSUD Brebes RSU Bhakti Asih RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes Hotel Dedy Jaya Brebes RS Dedy Jaya

(0283) 671431 (0283) 671279 / 673481 (0283) 877222 (0283) 889588/ 889548 (0283) 673133 / 673158 (0283) 672145/ 672525

WONGE DEWEK Masyarakat Diminta Jaga Lingkungan KEWASPADAAN perlu semakin ditingkatkan menyusul kondisi cuaca pada musim penghujan. Di mana hal ini bisa menjadi ancaman serius terjadinya bencana alam tanah longsor dan banjir. Terutama pada sejumlah lokasi rawan bencana, khususnya di wilayah Kecamatan Paguyangan. Demikian disampaikan Camat Paguyangan Drs Hudiyono MSi kepada Radar, kemarin. Menurutnya, hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat di wilayahnya. Setelah beberapa waktu lalu meninjau lokasi amTEGUH S/RADAR BREBES blasnya tanah hingga membuat Drs Hudiyono MSi lubang besar di wilayah Desa Pandansari. Dikatakan, dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada serta dapat mendeteksi perubahan cuaca yang ada. "Masyarakat diimbau untuk tidak panik, melainkan secara bergotong royong berusaha melakukan deteksi dini supaya jika terjadi bencana alam di manapun, dalam kondisi siap melakukan penyelamatan dan kegiatan evakuasi lainnya," ungkapnya, Senin (14/1). Wilayah Kecamatan Paguyangan menurut dia, selama musim hujan memiliki sejumlah daerah yang rawan terjadi bencana alam. "Wilayah Paguyangan ini memiliki karakteristik topografi yang pegunungan dan berbukit, akibat kondisi topografi tersebut sangat rentan sekali terjadinya bencana alam," katanya. Di tingkat kecamatan, bersama jajaran Muspika lainnya telah membentuk Satkorlak penanganan bencana alam sebagai upaya antisipasif untuk merespon kejadian bencana. Sedangkan kepada masyarakat dia mengimbau hendaknya melakukan kerja bhakti menata membersihkan sekaligus membenahi saluran -saluran air dan tanggultanggul sungai serta jembatan agar tidak terjadi bencana tanah longsor serta gerusan air yang membahayakan. "Masyarakat harus bisa menjaga lingkungan, juga hendaknya mengetahui lokasi-lokasi yang aman dari bencana alam guna dijadikan tempat evakuasi jika terjadi bencana. Sementara itu bagi warga yang berdomisili berdekatan dengan tebing curam serta bantaran sungai hendaknya mewaspadai setiap terjadinya perubahan cuaca," pungkasnya. (pri)

Anggaran Pendidikan Turun Rp 17 Miliar Demi Program 6 Pilar BREBES - Alokasi anggaran untuk bidang pendidikan dalam APBD Kabupaten Brebes tahun 2013 dikabarkan berkurang hingga Rp 17 miliar dari tahun sebelumnya. Penurunan anggaran tersebut sebab pengalihan demi terlaksananya program 6 pilar pemberdayaan masyarakat. Demikian terungkap saat Silaturrahmi Ikatan Keluarga Kepala Sekolah (IKKS) di SMP 1 Tanjung, kemarin. Membacakan sambutan Bupati, Wakil Bupati Brebes Narjo menyampaikan pengurangan APBD di sektor pendidikan yang pada tahun anggaran 2012 mendapat alokasi Rp 47 miliar. Sementara pada tahun 2013 hanya Rp 30 miliar karena untuk mengegolkan 6 pilar. Di anta-

ranya untuk membangun infrastruktur jalan agar mulus sehingga para siswa bisa menuju sekolah tanpa kendala. “Berkurangnya anggaran pendidikan, bukan berarti pengurangan tetapi untuk sektor lain yang pada hakekatnya untuk meningkatkan pendidikan pula,” ujar Wabup. Ia juga berharap agar semua pihak tetap bekerja sama dan saling mendukung untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Brebes. Sebab, kualitas pendidikan menjadi barometer keberhasilan pendidikan dan meningkatnya martabat daerah dan bangsa pada umumnya. “Semua pihak, khususnya yang bergerak di bidang pendidikan harus tetap semangat. Walau misalnya RSBI telah dibubarkan oleh MK, kita harus menghormati keputusan tersebut, Namun jangan sampai

mengendurkan semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Dr Angkatno MPd menuturkan, meskipun Kabupaten Brebes masuk dalam urutan ke-35 dalam IPM, tetapi prestasi pendidikan Kabupaten Brebes sangat gemilang dalam tahun 2012. Dalam peta prestasi pendidikan Kabupaten Brebes, sudah mencapai warna kuning dibanding tahun 2011 lalu. “Mudah-mudahan tahun 2013 menjadi berwarna biru yang artinya mantap sekali,” paparnya. Meskipun demikian, pihaknya masih mengalami kendala dalam pemberantasan buta aksara di kabupaten Brebes. Dalam versi BPS 2010 angka buta aksara Kabupaten Brebes masih tinggi karena mencapai

DOK/HUMAS BREBES

SILATURAHMI – Wakil Bupati Brebes Narjo saat bersilaturahmi dengan IKKS di SMPN 1 Tanjung.

183 ribu orang yang belum tuntas. Sedangkan untuk versi Dinas Pendidikan tinggal 54 ribu dan telah tuntas dalam tahun 2012 lalu. “Dari 183 ribu orang, yang

BKBPP Berdayakan Kaum Perempuan

TEGUH S/RADAR BREBES

Dra Farikha

Kurangi Tingkat KDRT DOK/HUMAS BREBES

AJIB AH...

BUKA PERTANDINGAN – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti saat membuka pertandingan tenis lapangan di lapangan tenis DPRD Kabupaten Brebes.

Tenis Bukan Olahraga Kaum Elite Lomba Tenis Hari Jadi Kabupaten Brebes ke-335

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

DUKUNG CALON - Sejumlah massa pendukung calon kepala desa mengikuti pengundian nomor urut hingga di luar pagar kantor Desa Wanatirta.

Pengundian Nomor Urut Dihadiri Pendukung PAGUYANGAN - Agenda pengundian nomor urut calon kades digelar Senin (14/1), di sejumlah desa yang akan menggelar pelaksanaan Pilkades secara serempak pada 5 Februari mendatang. Di Desa Wanatirta, pengundian nomor urut dihadiri ratusan pendukung calon. Pengundian nomor dilaksanakan di kantor desa setempat juga dihadiri dua calon Kades yakni H Muhammad Kurdi yang mendapat nomor urut 1 dan H Maskur Abdul Sunu dengan nomor urut 2. Ketua Penitia Pilkades Desa Wanatirta H Sahlan Abdul Rozak menyampaikan, dari hasil verifikasi akhir yang dilakukan panitia terhadap Daftar Pemilih, diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 9.267 pemilih. “Dalam verifikasi diketahui adanya pemilih ganda, pemilih yang telah meninggal dunia maupun telah pindah. Sehingga hasil akhir DPT di tetapkan sebanyak 9.267,” jelasnya. Pelaksanaan pemungutan suara lanjut dia, akan dilakukan dengan menggunakan 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal yang sama juga terjadi dalam pengundian nomor urut calon Kades di Desa Taraban, puluhan pendukung dari 6 kandidat calon kades hadir di Kantor Desa yang dijadikan lokasi pengundian. “Sebanyak 6 calon mengikuti undian hasilnya, nomor urut 1 Nurhidayah, nomor 2 Rosikin, nomor 3 A Zaenudin SAg, nomor 4 Usman, nomor 5 Imam Mahdi SH dan nomor 6 Warsiah,” jelas Ketua Panitia Pilakdes Taraban, Heriyanto. Sementara di Desa Pagojengan, pengundian nomor urut calon Kades hanya diikuti oleh perwakilan dari masing-masing tim sukses. Drs Sobar Yakub selaku ketua Pantia Pilkades mengatakan, untuk desanya diikuti oleh dua calon yakni Suid Nurohma dengan nomor urut 1 dan Suwito yang mendapat nomor urut 2. “Pilkades diikuti oleh dua calon dengan jumlah DPT sebanyak 5.587 pemilih dan akan menggunakan sebanyak 7 TPS,” terang Sobar. Pengundian nomor urut calon kepala desa diikuti langsung tim pemantau kecamatan. Drs Hudiyono MSi selaku Camat Paguyangan mengatakan, enam desa di Kecamatan Paguyangan akan melaksanakan Pilkades yakni Pandasari, Cipetung, Wanatirta, Kretek, Taraban dan Pagojengan. “Pilkades yang aman, jujur dan tanpa ekses merupakan target yang harus diwujudkan. Untuk itu, penyelanggara pilkades harus bersikap netral dan adil kepada seluruh calon kades. Dan yang tidak kalah penting adalah masing-masing calon maupun tim untuk bisa dewasa dalam mengikuti proses pesta demokrasi ini,” ungkapnya. Wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan sebanyak 39 desa akan melaksanaan Pilkades secara serempak yang akan digelar pada 5 Februari mendatang. (pri)

147 ribu orang berusia di atas 45 tahun ke atas. Dan ini sangat sulit menuntaskannya. Tapi dengan program Akrab, buta aksara itu bisa dituntaskan,” terang Angkatno. (ism)

OLAHRAGA tenis lapangan tidak lagi menjadi olah raga untuk kaum elite. Tapi olahraga yang sudah mulai merakyat. Bahkan hampir di setiap tempattempat olahraga terbuka, sudah tersedia lapangan tenis. Sehingga masyarakat dari semua strata tak risih lagi untuk memainkan olahraga bola bekel itu. Untuk mencetak atlet tenis lapangan, olahraga tersebut perlu dikembangkan terus sampai ke tingkat desa. Hal ini penting untuk mencetak bibit-bibit unggul dari Kabupaten Brebes. “Bagaimana bisa menciptakan atlet tenis meja professio-

nal kalau olahraga ini tidak dikembangkan sampai ke tingkat bawah,” ujar Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat membuka Pertandingan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Brebes ke-335 di lapangan tenis DPRD Brebes, Sabtu (12/1) kemarin. Menurutnya, event tenis lapangan supaya lebih banyak digelar. Agar pemain-pemain muda berbakat bisa terus lahir. Dan ini akan membawa nama baik Kabupaten Brebes dalam bidang olahraga. Ketua Panitia Subagyo SIP menjelaskan, pertandingan ini dibagi dalam 2 kategori. Yakni ganda perorangan dengan peserta 20 pasang antar klub sebanyak 17 klub dari 17 kecamatan. Kegiatan yang berlangsung dari 11 hingga 13

Januari itu digelar di 6 lapangan, yaitu lapangan Pendopo, DPRD, Indra Kausuma, SMA 2, SMA 3 dan Kodim 0713 Brebes. Terlihat di area pertandingan para peserta bermain all out. Setelah melalui tahapan pertandingan yang cukup sengit, akhirnya berhasil menjadi juara untuk ganda perorangan, juara 1 pasangan Arif Cahaya dan Yunan Cahaya dari Bumiayu, juara 2 Soni dan Wawan (Brebes), juara 3 Santoso dan Mugi (Jatibarang) dan Juara 4 Eko Kelono dan Rizky (Songgom). Sedangkan untuk klub, juara 1 dipegang oleh klub Tunas Harapan Bumiayu 2, Juara 2 Nusantara 2 Brebes dan Juara 3 Melati 2. Juara pertama mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 3,5 juta. (harviyanto)

Akses Permodalan Pedagang Kali Lima Rendah BREBES - Rendahnya akses permodalan bagi para pedagang kali lima (PKL) di Kabupaten Brebes membuat tingkat perokonomian pelaku usaha juga kecil. Hasil usaha yang digeluti para pedagang hanya bisa mencukupi kebutuhan dasar mereka dan keluarga. “Saya kira ini dampak dari rendahnya akses permodalan, sehingga usaha yang mereka jalani hasilnya hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka saja,” ujar Ketua Asosiasi Pedagang Kali Lima

Indonesia (APKLI) Kabupaten Brebes, H Mahfudin SS kepada Radar, Senin (14/1). Ia menambahkan, rendahnya pedagang dalam mendapatkan permodalan dari lembaga keuangan resmi seperti perbankan membuat usaha mereka tidak bisa berkembang dengan baik. Bahkan banyak dari mereka yang malah masuk ke sistem pinjamaman tidak resmi (rentenir) dengan bunga pinjaman yang cukup tinggi. “Ini menjadi persoalan sendiri, dan ini juga menjadi tugas APKLI untuk

mengadvokasi mereka agar nantinya mereka bisa mendapatkan kemudahan permodalan dari lembaga keuangan resmi,” katanya. Meski tingkat perekonomian masih dalam kondisi standar, namun jumlah pedagang kaki lima di Kabupaten Brebes jumlahnya terus meningkat. Diharapkan kedepan jumlah pengusaha kecil juga bisa terus berkembang. Selain permodalan, lanjut dia, saat ini PKL juga dihadapkan dengan persoalan tempat usaha. (har)

BREBES - Kecenderungan meningkatnya Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di wilayah Kabupaten Brebes menjadi perhatian serius bagi Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes. Untuk mengurangi kasus itu, saat ini BKBPP melalui Bidang Pengarustamaan Gender dan Kualitas Hidup Perempuan terus melakukan pemberdayaan bagi kaum perempuan melalui usaha ekonomi produktif berbasis potensi lokal. Kepala Bidang Pengarustamaan Gender dan Kualitas Hidup Perempuan BKBPP Kabupaten Brebes Dra Farikha Senin (14/1) mengatakan, kecenderungan meningkatnya KDRT memang menjadi hal yang sangat

memprihatinkan. Untuk itu saat ini BKBPP terus melakukan pemberdayaan terhadap perempuan melalui kegiatan usaha produktif. Saat ini Bidang Pengarustamaan Gender telah melakukan pendampingan terhadap kegiatan usaha kewanitaan berbasis potensi lokal di tiap-tiap kecamatan. Dalam perkembangannya, kegiatan usaha dalam bentuk kelompok itu diharapkan bisa menggali potensi lokal tempat mereka tinggal agar bisa menjadi sumber perekonomian bagi mereka. “Saat ini sudah ada beberapa usaha yang telah dipasarkan dan sudah bisa menghasilkan keuntungan bagi mereka, salah satunya usaha rengginang di Kecamatan Kersana,” katanya. Agar upaya pembinaan itu bisa berjalan dengan baik, terkait dengan pengembangan dan bantuan usah dinasnya juga telah berkoordinasi dengan dinas terkait termasuk dengan Dinas Perindustrian Perdagaangan dan Pasar serta Dinas Koperasi dan UMKM. ‘Selain itu, untuk menambah tingkat pendidikan terhadap perempuan pihaknya juga memberikan pembinaan melalui pendidikan non formal seperti pelatihan-pelatihan. “Dengan meningkatnya ilmu dan ekonomi kaum perempuan, hal itu bisa mengurangi tindak kekerasan khususnya terhadap kaum perempuan,” pungkasnya. (har)


SAMBUNGAN

SELASA 15 JANUARI 2013

15

RADAR TEGAL

Kuota Penerima Raskin Turun MERUJUK anggaran subsidi pangan, dalam Undang Undang Nomor 19 Tahun 2012 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2013. Jumlah penerima beras untuk keluarga miskin (raskin) di 7 Kota/Kabupaten tingkat eks Karesidenan Pekalongan, yang masuk wilayah Subdivre IV Pekalongan Barat, tahun ini 505,057 rumah tangga sasaran (RTS). Jumlah itu turun sekitar 16,8 persen dibanding tahun lalu, yang jumlahnya mencapai 583,852 RTS. Kepala Sub Divre IV Pekalongan Barat, Khaerul Zaman SP MM pada Radar mengatakan, berkurangnya penerima raskin hampir dialami semua daerah. Karena penurunan merupakan kebijakan pemerintah

pusat. “Kami memperoleh surat dari Menko Kesra. Termasuk adanya SK Gubernur Jateng. Dalam surat itu menyebut jumlah penerima khususnya 7 kota/ kabupaten, di antaranya Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan hingga Batang mengalami penurunan. Terkecuali, Kabupaten Pemalang yang tetap, yakni 110,102 RTS.” Menurutnya, untuk Kabupaten Brebes di RTS lama (tahun lalu) jumlah penerimanya 199,633 RTS, tahun 2013 hanya 166,567 RTS. Kota Tegal dari 13,271 RTS, kini 11,026 RTS. Kabupaten Tegal dari 108,822, sekarang jadi 90,668 RTS. Kota Pekalongan 9,939 kini jadi 8,261 RTS. Kabupaten Pekalongan

dari 71,179 menjadi 59,046 RTS, dan Kabupaten Batang dari 70,907 RTS kini di tahun 2013 cuma 59,046 RTS. “Sementara untuk penyaluran perdana di tahun 2013, sampai sekarang belum disalurkan. Sesuai jadual, biasanya untuk Januari tahun ini kemungkinan penyaluran raskin dilakukan pekan kedua atau ketiga. Setelah itu, biasanya penyaluran kembali normal.” Ia menambahkan, penurunan kuota penerimaan raskin tahun 2013, khususnya di wilayah Sub Divre Pekalongan Barat mengalami penurunan 16,8 persen, atau 583,852 RTS. Sementara untuk harga raskin tidak berubah, yakni Rp1.600/kg. Masing-masing RTS menerima 15 kg tiap bulannya. (gus)

Anggaran Gugatan Tetap Ada AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

MENGATUR - Salah satu kepala Gudang Bulog Sub Divre Pekalongan Barat, H Sugianto, mengatur pekerja untuk menata raskin yang sebentar lagi siap disalurkan di awal tahun 2013.

Tingkatkan Kompetensi, Guru Didiklat 4 Bulan dari halaman 9 awal hingga akhir. Dengan meningkatnya kompetensi tenaga pendidik, bakal berdampak positif bagi peserta didik. “Dengan begitu, kualitas pendidikan di Kota Tegal mengalami peningkatan. Kami harap peserta dapat mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh,” ujarnya. Sementara Ketua MGMP PAI SMP Kota Tegal, Drs Muhammad Samsudin mengatakan, SDM guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Tegal, khususnya yang sudah tua, saat ini

bisa dibilang masih gagap teknologi (gaptek). Mereka belum benar-benar menguasai teknologi yang berbasis ICT. Sehingga perlu dilakukan diklat untuk meningkatkan kompetensinya. “Jumlah guru PAI seKota Tegal sebenarnya ada 60an orang. Namun demikian karena keterbatasan anggaran hanya 50 orang saja yang mengikuti diklat PKG ini. Mereka adalah perwakilan dari sekolah masing-masing,” ungkapnya. Dia mengutarakan beberapa kelemahan guru agama yang sementara ini perlu diting-

katkan. Yakni belum semua menguasai IT, khususnya dalam hal powerpoint dan pengetahuan lain berbasis internet. Sistem pengajarannya juga masih tergolong monoton. Sehingga siswa merasa jenuh dan bosan dengan mapel yang diajarkan. Karenanya melalui diklat ini, mereka diberi pencerahan kembali dengan model pembelajaran. Menurutnya, narasumber yang mengisi materi dalam diklat PKG ini semuanya orang yang kompeten dibidangnya. Diantaranya juara I guru berprestasi

tingkat nasional dari Purworejo, Tatik Pujiani MSc. Kemudian juara I tingkat nasional model pembelajaran berbasis ICT, Musinef MPd dari Demak. “Materi yang disampiakan antara lain pengembangan model pembelajaran PAI berbasis ICT dan implementasi model pembelajaran PAI. Selanjutnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan lesson study yang diterapkan di Jepang,” tuturnya sembari menyampaikan, diklat PKG PAI ini dilaksanakan hanya setiap hari Senin saja. Yakni mulai pukul 08.00 hingga 13.00. (adi)

dari halaman 9 Menurut Sekretaris DPRD, Drs Imam Badarudin, sesuai daftar hadir, dari 29 anggota dewan, rapat paripurna cuma dihadiri 24 anggota. Lima anggota DPRD, masing-masing Abdullah Sungkar SE MT, H Hadi Sutjipto SH, Abas Toya Bawazier SE, W Edi Susilo SH, dan H Wardjo Rahardjo tidak hadir. “Dari 5 anggota itu, hanya 2 orang mengajukan ijin sakit. Yakni H Wardjo Rahardjo serta W Edi Susilo SH. Tiga anggota dewan lain, antara lain Abdullah Sungkar SE MT, H Hadi Sutjipto SH serta Abas Toya

lukan kuorum. Berapa pun anggota yang datang, rapat bisa dilaksanakan. Berbeda dengan Tatib lama, rapat paripurna istimewa harus kuorum,” paparnya. Di tempat sama, Ketua DPRD, H Edy Suripno SH menandaskan bahwa sesuai Tatib, anggota dewan antarwaktu dari Fraksi PKB, Edy Dadang Subagiyo, harus melaksanakan amanah atas rakyat yang diwakilinya. Sumpah janji tidak hanya disaksikan anggota DPRD dan tamu undangan, namun oleh Allah SWT. “Karena telah diambil sumpah dan janjinya, terhitung hari ini Edy Dadang

Subagiyo resmi jadi anggota dewan dari Fraksi PKB, menggantikan Heri Kuntoro.” Sementara Abdullah Sungkar SE MT, ketika dikonfirmasi terkait ketidakhadirannya dalam rapat paripurna istimewa mengungkapkan, hal itu disebabkan ada keperluan pribadi lebih mendesak. Bukan karena ada dasar perintah atau instruksi partai. Kalau ada 3 anggota Fraksi PAN Peduli Rakyat tidak datang, lantaran ketidaksengajaan semata. “Tidak ada perintah partai. Saya tidak berangkat karena ada keperluan pribadi,” imbuhnya. (hun)

Desak Kemenkes Luncurkan SE dari halaman 9 “Kami menerima informasi, kartu Jamkesda baru, meski sudah dibagikan namun tidak dapat digunakan. Karena saat warga membutuhkan, ternyata belum berlaku di rumah sakit rujukan.” Setelah ditelusuri, permasalahan tersebut timbul lantaran belum adanya database peserta Jamkesmas baru dari pusat. Sehingga rumah sakit takut, bila pasien dilayani dengan Jamkesmas, tidak bisa diklaimkan. Sementara dari pusat belum ada keterangan jelas, kapan dikirimkan databes Jamkesmas terbaru. Dia bakal mengupayakan supaya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan SE. Sesuai informasi, database peserta Jamkesmas baru dikeluarkan, setelah SE Kemenkes diedarkan. “Jika Menkes tidak cepat me-

ngeluarkan edaran dan database tidak keluar, maka akan timbul persoalan di rumah sakit rujukan. Sebab masyarakat tidak lagi memegang kartu Jamkesmas lama yang sudah ditarik. Terlebih bagi mereka yang baru masuk sebagai peserta Jamkesmas, sulit memperoleh pelayanan kesehatan yang dijamin pemerintah,” ujar Habib Ali lagi. Dia sudah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, kembali membagikan kartu Jamkesmas lama pada pemiliknya. Waktu mereka membutuhkan, tidak perlu bolakbalik mengambilnya di puskesmas. Dengan begitu masalah yang timbul, terkait kartu baru Jamkesmas dapat diminimalisir. Ketika ditanya, bagaimana warga yang baru masuk anggota Jamkesmas? Wakil wali kota menyatakan tidak perlu kuatir. Pemkot memiliki program Jamkesta. Bila belum tercover Jam-

kesmas, masyarakat akan dibiayai melalui program Jamkesta. Sementara Direktur RSUD Kardinah, dr Abdal Hakim Tohari Sp RM MMR membenarkan, sejak adanya kartu baru Jamkesda tanpa dibarengi database, banyak persoalan muncul. Namun demikian, sebagai rumah sakit rujukan, dia tidak bisa berbuat banyak. “Pada prinsipnya, RSUD Kardinah tidak menolak pengguna kartu Jamkesda baru. Pelayanan tetap diberikan, walau databasenya belum keluar. Hanya saja, pelayanan yang diberikan disamakan dengan pasien umum. Jika dipaksakan memakai Jamkesmas, rumah sakit tidak dapat mengklaim biayanya.” Lebih lanjut Abdal memaparkan. ini untuk peserta Jamkesmas baru, yang sebelumnya tidak masuk kepesertaan. Tapi bagi pemegang kartu baru,

namun sebelumnya masuk Jamkesmas, pelayanan ditanggung Jamkesmas. Syaratnya pasien harus lebih dulu menunjukkan kartu Jamkesmas lama. Sebab nama dalam kartu Jamkesmas lama yang ada dalam database sistem komputerisasi. “Guna menangani warga kota, tidak ada masalah. Selama kartu baru Jamkesmas belum berlaku, diupayakan pelayanan menggunakan Jamkesta. Sedangkan masyarakat luar kota, pelayanannya seperti yang saya ungkapkan tadi. Kami sangat berharap pemerintah pusat segera mengirimkan database terbaru Jamkesmas. Dengan begitu, permasalahan yang dimbul akibat belum adanya database dapat diselesaikan. Rumah sakit tidak selalu jadi sasaran kesalahan, akibat keluhan masalah Jamkesmas,” pungkasnya. (adi)

Kebutuhan Darah 4 Kantong Digratiskan dari halaman 9 kartu Jamkesmas baru tidak bisa diberi pelayanan. Setelah memperoleh keterangan lengkap dari petugas rumah sakit, barulah wakil wali kota menjenguk Warniyah. Pada kesempatan itu, Direktur RSUD Kardinah, dr Abdal Hakim Tohari Sp RM MMR dan ajarannya ikut mendampingi. Para pejabat ditemui keponakan Warniyah, yang bernama Susanto (32). Tanpa menunggu lama, Susanto mengungkapkan apa yang menjadi keluhannya. Intinya dia dan keluarga bingung, lantaran kartu Jamkesda milik Warniyah ternyata belum berlaku. Sementara perawatan yang dijalani memakai umum, yang harus membayar obat dan sebagainya. “Sesuai hasil pemeriksaan, Warniyah harus mendapatkan transfusi darah 4 kantong. Kami berupaya maksimal mencari dana, guna mene-

bus darah itu. Bila sampai hari ini (kemarin, red) belum ada biaya, Warniyah akan dipulangkan paksa,” ujarnya. Terkait saran untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Susanto mengaku sudah ke sana. Namun dia cuma memperoleh secarik kertas, isinya persyaratan membuat Jamkesda. “Dalam persyaratan itu saya diminta mencari Jamkesda orang lain untuk digantikan. Untuk mencarinya tidak mudah. Karena tidak tahu siapa saja yang punya Jamkesda di Kabupaten Tegal. Belum lagi persyaratan lain, dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu. Sementara kondisi Warniyah sangat memprihatinkan.” Di tempat sama, Habib Ali mengatakan, tidak berlakunya kartu Jamkesmas milik Warniyah, sebab database kepesertaan baru belum ada. Dia memastikan, RSUD Kardinah tidak akan menolak pasien Jamkes-

laksanakan mulai Maret 2013. Pada waktu hampir bersamaan, kami sibuk menyiapkan pelaksanaan pilgub, yang dilaksanakan Mei 2013. Kami harus kerja keras, agar hajat pesta demokrasi berjalan lancar, aman, dan sukses tanpa ekses,” tuturnya. Ketika ditanya terkait pelaksanaan pemilukada, Saifudin memaparkan, sesuai rencana KPU Kota Tegal, pemilukada digelar 27 Oktober 2913. Hal ini juga dikonsultasikan ke KPU

pusat. Penetapan jadual tanggal 27 Oktober, mengantisipasi putaran kedua. Kalau ada putaran kedua, bisa dilaksanakan Desember 2013. “Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), kami tetapkan sama dengan jumlah TPS saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng sebanyak 407. Dengan asumsi, setiap TPS ada sekitar 500 pemilih. Namun kepastiannya, kami tetapkan melalui rapat pleno KPU, dengan melihat jumlah pemilih.” (hun)

Tanamkan Siswa Berdemokrasi dari halaman 9 Dalam proses berdemokrasi, Mas’ud menanamkan pada siswa-siswanya, guna menentukan pilihan sesuai hati nurani. Atas dasar visi, misi, dan paparan program calon. Sehingga

bukan memilih karena uang atau iming-iming lain. Hal itu dapat menciderai demokrasi. “Kerja keras mengajarkan berdemokrasi pada siswa cukup berhasil. Buktinya dengan tingkat partisipasi siswa dan guru. Sebab 272 pemilih, dengan rin-

cian 251 pemilih dari siswa, dan 21 pemilih dari guru. Sebanyak 128 orang memilih pasangan Purwaningsih-Sutarjo (PU-TAR), dan 121 anak memilih Janatun Hasanah-Halimah Asa’diyah (JASA). Sisanya 21 rusak, serta 2 abstain,” paparnya. (hun)

Batik Gendong Disulap Jadi Busana...

Lima Anggota Tak Hadir Bawazier SE tidak ada keterangan.” Di tempat sama, anggota DPRD setempat, H Harun Abdi Manao SH menjelaskan, dirinya hadir atas nama anggota dewan. Karena mendapat undangan menghadiri rapat paripurna istimewa. Kegiatan ini telah dibahas dan ditetapkan dalam jadual kegiatan DPRD bulan Januari 2013, melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus). Tidak ada alasan dirinya tidak hadir dalam acara tersebut. “Sesuai Tata Tertib (Tatib, red) DPRD, saat ini rapat paripurna istimewa tidak memer-

dari halaman 9 Dia menambahkan, dari dana yang ada, paling banyak untuk gaji panitia penyelenggara pemilukada. Baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun KPPS. Termasuk cetak surat suara, sosialisasi pelaksanaan pemilukada pada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda atau pelajar. “Kami harus kerja keras, sebab tahapan pemilukada di-

mas, jika databasenya telah ada. “RSUD Kardinah tidak mungkin menolak pasien, terlebih Jamkesmas. Tidak bisanya mendapat pembiayaan pemerintah, karena dari pusat database belum keluar. Kartu Jamkesmas baru belum berlaku. Namun demikian RSUD Kardinah tetap menanganinya. Hanya saja pembiayaan disamakan dengan pasien umum,” imbuhnya. Habib Ali menyarankan, agar keluarga mengurus dulu apa yang disyaratkan Dinkes Kabupaten Tegal. Dengan begitu, pembebasan biaya dapat dilakukan. Sebab sudah ada kejelasan jaminan dari pemkab. “RSUD Kardinah tidak berani membebaskan biaya. Karena belum ada kejelasan jaminan. Kalau sudah ada, masalah selesai.” Berkaitan dengan kebutuhan darah, rombongan pejabat itu langsung ke Kantor UDD PMI Kota Tegal. Habib Ali mengupayakan, supaya UDD PMI mem-

beri bantuan 4 kantung darah yang dibutuhkan Warniyah. Tentunya tanpa biaya administrasi. PMI pun sepakat, dan langsung akan memberikan bantuan 4 kantung darah cumacuma. “Sebelumnya tidak ada koordinasi dari pasien atau keluarganya, dan RSUD Kardinah untuk meminta bantuan. Sehingga kami kaget, ketika wakil wali kota terjun serta meminta diberikan bantuan,” ungkap Ketua Markas PMI, Joko Triadmodjo. Wakil wali kota menambahkan, agar ke depan tidak lagi terjadi masalah serupa, dia memerintahkan Dinkes untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah tetangga. Tentunya yang warganya kerap menjalani rawat inap di RSUD Kardinah. “Untuk masalah Warniyah, bila keluarganya sudah mentok, RSUD Kardinah akan menyurati Pemkab Tegal, guna meminta jaminan,” pungkasnya. (adi mulyadi)

dari halaman 9 Dibeberkannya, hasil karyanya menyulap batik gendong menjadi busana sudah beberapa kali dipamerkan kepada masyarakat. Bahkan ditampilkan saat penyambutan tamu

yang menghadiri Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakorkomwil III Apeksi) di Hotel Karlita Hotel tahun 2012 lalu. “Ternyata busana dari kain batik gendong tidak hanya

diminati kaum remaja saja. Para pejabat juga banyak yang kepencut,” urai dia sebari menuturkan, kretivitas ini mengubah kain batik gendong yang dipasaran hanya dijual Rp 25.000 per lembar menjadi Rp 250.000 setelah berbentuk busana. (adi)

F-PAN Tagih Janji Walkot dari halaman 9 Rp9 miliar, melalui APBD tahun anggaran 2013, untuk pembangunan fisik TPA Bokong Semar tahap 1. Meliputi jalan masuk, dan 1 sel TPA. Karena wali kota belum memenuhi janji memberiakan penjelasan rinci, berhubungan dengan proses tukar guling pada dewan. Lantaran pembahasan yang lalu dinilai gagal. Belum ada laporan

apraisal. Baik pada DPRD maupun publik. “Kami tetap melakukan pengawasan, guna menolak pembangunan TPA Bokong Semar. Jangan sampai anggaran Rp9 miliar dibangun di atas tanah milik orang,” papar Sungkar lagi. Ketika ditanya terkait DED, dia mengungkapkan, karena volume sampah yang akan dibuang ke TPA berkurang, dengan adanya pembangunan

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPSP). Maka Detailed Engeneering Design (DED) TPA Bokong Semar harus direview. DED yang ada tak selaras lagi dengan kondisi atau kebutuhan TPA saat ini. “Sesuai hasil konsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup, keberadaan TPST bakal mempengaruhi volume sampah. Sebab TPST mengolah sampah sampai habis. Tidak perlu dibuang ke TPA.” (hun)

Anda Bermasalah dengan Buang Air Besar ? Baca Artikel ini MENURUT literatur, sistem imun tubuh adalah sekelompok jaringan dan sel yang memiliki fungsi primer melindungi tubuh dari serangan benda asing. Sistem ini bekerja penuh disiplin, teratur, dan rutin tiap saat. Tugasnya melindungi tubuh dari musuh-musuh eksternal, seperti bakteri, kuman, dan virus yang sering masuk ke tubuh sehingga tubuh jadi sakit. Proses masuknya akan sangat mudah bila kondisi tubuh sedang tidak fit. Tidak fitnya tubuh bisa disebabkan kelelahan, stres, dan lain-lain. Secara garis besar, fungsi sistem imun ada tiga. Pertama, untuk pertahanan tubuh guna menangkal bahan berbahaya supaya tubuh tak mudah kena penyakit. Kedua, untuk menjaga keseimbangan komponen tubuh. Ketiga, untuk membinasakan sel-sel yang bermutasi dan berbahaya bagi kesehatan. Perkembangan sistem imun berjalan sesuai dengan tingkat usia. Menurut penelitian, daya tahan tubuh mencapai puncak pada usia 20an, menurun ketika memasuki usia 30-an, dan makin menurun ketika memasuki 50-an. Statistik menunjukkan, sebagian besar mereka yang berusia di atas 40 tahun sudah mengalami penurunan kekebalan alias sistem imun tubuh. Karena itu, orang dengan usia seperti ini mulai rentan terhadap serangan berbagai penyakit, terutama

penyakit degeneratif. Maka, upaya untuk meningkatkannya perlu diperhatikan. Bagaimana caranya? Antara lain dengan mengonsumsi makanan kesehatan sejak sekarang. Apa contohnya? Contohnya adalah kedelai. Dalam biji kedelai terkandung karbohidrat, serat, protein, flavonoid, vitamin, mineral, dan lain-lain. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh, dan serat berperan dalam memperlancar pencernaan. Kekurangan serat membuat orang sulit buang air besar, dan kondisi yang parah menyebabkan kematian. Protein berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, dan penambah imunitas. Protein kedelai tersusun atas lesitin, arginin, dan lain-lain. Asamasam amino ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, terutama lesitin. Selain pada kedelai, lesitin terdapat pada susu dan telur. Sedangkan flavonoid pada kedelai adalah isoflavon. Senyawa ini pertama dikenal sebagai obat awal 1990-an oleh seorang ahli Amerika. Selain sebagai antioksidan, ia juga berfungsi sebagai antiosteoporosis, antiaterosklerosis, pendorong lancarnya metabolisme, dan penambah imunitas tubuh. Imunitas tubuh pada dasarnya akan meningkat bila metabolisme sudah berjalan lancar. Nagata, seorang peneliti

Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan agar setiap manusia mengkonsumsi isoflavon sebanyak 50-100 mg/ hari. Selain itu, pada kedelai terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, kalsium, besi, fosfor, dan sodium. Karena itu, mengonsumsi kedelai sangatlah dianjurkan. Saat ini banyak kedelai bubuk beredar. Namun, Kedelai Bubuk Instan New Mandala 525, yang dulu bernama MDL525, sangat laku karena manfaatnya nyata dan produknya higienis. Kadar isoflavonnya terukur, sehingga tidak sama dengan susu-susu kedelai yang diproduksi di rumah tangga. Dan ini ditunjang oleh mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk beralih ke bahan nabati ini dalam memelihara kesehatan, sebagai pengganti kebiasaan minum kopi atau teh di pagi hari. Sehingga kebiasaan ini perlu ditiru dan disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat. Produk ini bukan obat melainkan minuman kesehatan untuk keluarga. Untuk konsultasi kesehatan, hubungi dokter kami pada jam kerja di telepon bebas pulsa 08001401430 atau di e-mail purwati-s@centrin.net.id. Produk ini bisa didapatkan di apotek dan toko obat terkemuka di kota Anda. Dan untuk informasi penjualan, hubungi distributor kami untuk Provinsi Jawa Tengah di 08129474173.


RADAR TEGAL

SENIN, 14 JANUARI 2013

16

Pasang Antena, Achmad Kesetrum

Siapakah Gerangan Nastiti? DARI dulu hingga sekarang, perangai sopir tak pernah berubah, setiap ngaso pasti mampir! Warno (41) sopir dari Bumiayu Brebes begitu juga. Manakala ngaso dia tak hanya makan minum, tapi pakai “nyetrum” segala. Akibatnya, istri di rumah nyap-nyap ketika didatangi wanita hamil mencari sang suami. Apa yang dilakukan Ny. Sumi (38) memang tidak salah. Maklum, Warno suaminya selama ini kondang sebagai lelaki tukang kawin bin mata keranjang. Setiap melihat perempuan cantik, doyan sekali. Maka sebagai istri kesekian kalinya, Sumi merasa perlu untuk meningkatkan kewaspadaan nasional demi kelangsungan rumahtangganya. Sudah habis air matanya untuk meratapi kebengalan suami. Warno memang lumayan cakep. Karenanya, meski profesinya hanya sopir bus tuyul banyak wanita yang menaruh hati. Khususnnya para perempuan gatel yang rindu belaian lelaki, yang setiap ketemu lawan jenis berwajah keren langsung ngjeplak: “Halo cowok, godain enyong dong...” Akan tetapi, meski kondang mata keranjang, Warno tidak asal caplok saja. Dia tak mau “nyetrum” di warung makan di kala ngaso, karena biasanya tidak dijamin kebersihannya. Maka sasarannya adalah kaum wanita yang jadi langganannya, yang dijamin wangi dan cantik-cantik. Salah satunya adalah Nastiti (26) janda muda lumayan cantik yang sering ketemu dengannya ketika hendak belanja ke pasar. Memang yang namanya rejeki takkan lari ke mana. Setiap numpang mobilnya, Nastiti sering dapat kesempatan duduk di samping Warno. Lama-lama mereka jadi kenal akrab. Saking akrabnya, Warno sudah berani sembrono (sedikit kurang ajar) dengan main towel lengan dan pantat segala. Anehnya Nastiti tak memberikan penolakan. “Ssst, mengko ana sing nilang lho,” paling begitu kata-kata sang janda. Yang namanya lelaki dapat angin tentu saja tambah nekad. Di kala Warno sedang off air (tidak narik), Nastiti diajak jalan-jalan cari pemandangan indah. Tapi pada akhirnya, “pemandangan indah” itu justru terletak di daerah tertentu di tubuh Nastiti sendiri. Ya sudah, setan ketemu lelaki mata keranjang, akur jadinya. Pada kesempatan itu pula Nastiti dilalap habis oleh Warno. Biasanya di bus si janda duduk di jok depan, kini gantian Warno yang minta “gendong” di depan. Anehnya, sejak acara jalan-jalan lihat “pemandangan indah” tersebut, Nastiti tak pernah lagi nampak batang hidungnya. Sampailah kemudian 6 bulan berikutnya, tiba-tiba dia muncul di rumah Warno menanyakan keberadaannya. Merujuk dengan kelakuan suaminya selama ini, Ny. Sumi pun curiga bahwa wanita hamil dan cukup cantik itu pastilah gendakan Warno juga. “Ajaaja janin nang wetenge karya bojoku,” batin Ny. Sumi. Nah, ketika suami pulang narik, langsung saja diklarifikasi tentang siapakah gerangan wanita hamil dan cantik itu. Tapi ternyata jawaban Warno mbulet saja, sehingga Sumi makin curiga. Belum dapat jawaban kok malah ditinggal mencuci mobil, istri Warno langsung memburunya ke tempat cucian mobil. Tapi jawaban itu tak didapat, bahkan Warno tega menempeleng istrinya hingga jatuh terjengkang. Sementara Sumi ditolong orang, Warno minggat meninggalkan mobilnya yang sedang dicuci. Angger balik siapna palang lawang, Bu! (wan/jpnn)

CMYK

SIRAMPOG - Kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi warga agar berhati-hati jika hendak memasang antena televisi. Sebab, bisa-bisa kesetrum aliran listrik dan nyawa taruhannya. Seperti dialami Achmad Royani (21) RT 03 RW 04, Dukuh Karangmulya, Desa Bendan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, mengalami luka bakar serius akibat tersetrum sewaktu memasang antena televisi, Minggu (13/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Fahrulrozi (23) rekan korban mengatakan, saat kejadian Achmad bermaksud memasang tiang antena berbahan pipa besi. Saat akan mengangkat pipa antena, secara tidak sengaja besi yang dipegangnya tersebut menyentuh kabel listrik yang melintang di atas rumah. “Jadi, saat baru akan menegakkan tiang antena, dia sepertinya tidak sadar bahwa ada kabel listrik yang melintang,” kata Fahrul. Melihat situasi seperti itu, rekan-rekan korban berupaya menyelamatkan Acmad yang sempat terlempar dengan membawanya ke RSUD Bumiayu. Beruntung rekan-rekan Achad tanggap dan mengerti upaya penyelamatan saat terjadi insiden dengan tidak secara langsung bersentuhan dengan

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

DIRAWAT - Achmad Royani, korban sengatan listrik dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bumiayu, kemarin.

sumber listirk. Dari hasil pemeriksaan oleh petugas medis setibanya korban di RSUD Bumiayu, korban mengalami luka bakar tahap II. “Dua titik luka bakar yakni tangan dan perut. Dimana pada

bagian tangan di ketahui luka bakar akibat bersentuhan dengan media penghantar listrik, sedangkan di perut akibat ground,” terang dr Dedy Iskandar, di IGD RSUD Bumiayu. Dijelaskan, untuk kasus luka

bakar akibat sengatan listrik penanganan yang dilakukan adalah terhadap titik sentuh atau bagian tubuh yang terkena media penghantar listrik dan juga luka yang diakibatkan oleh ground pada tubuh.

“Pada kasus ini penghantar ada di tangan dan groun pada bagian dada dengan kondisi stage II. Untuk itu kita perlu lakukan observasi untuk memastikan tidak ada gangguan di organ vital,” jelasnya. (pri)

Pencarian ABK Libatkan Helikopter TNI JEPARA - Selain Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang, pencarian 15 anak buah kapal (ABK) Tirta Samudra XXI yang kandas akibat cuaca buruk, Kamis (10/ 1), juga melibatkan TNI. Pelibatan ini karena Basarnas tidak memiliki helikopter. ’’Yang memiliki helikopter adalah TNI. Kami belum punya, sehingga untuk pencarian kami meminta tolong TNI,” jelas Kepala Kantor Basarnas Semarang, Riyadi, saat dihubungi, kemarin. Pencarian lewat udara terpaksa dilakukan, karena sebelumnya pencarian lewat laut tidak membuahkan hasil. Bahkan kapal pencari yang berpenumpang 20 personel Basarnas terpaksa kembali ke pantai

Semarang. Saat itu, lanjutnya, kapal yang ditumpangi Basarnas telah sampai pada 20 mil dari pantai Semarang, hingga akhirnya kembali ke Semarang. Sementara titik lokasi kapal tenggelam diketahui pertama pada jarak sekitar 50 mil dari pantai Semarang. ’’Upaya pencarian kami batalkan, karena tinggi gelombang mencapai enam meter dengan kecepatan angin 35 knot. Kami khawatir dengan kondisi keselamatan para tim pencari,” terangnya. Dari informasi yang diterima Basarnas dari pemilik kapal yaitu Wan Sabra dari Batam, kapal tersebut merupakan kategori kapal tanker. Kapal membawa minyak dengan tujuan Palembang-Gresik. ’’Dari pemilik

kapal, diketahui kapten kapal bernama Muttaqin,” paparnya. Walaupun telah mengerahkan helikopter, hingga kemarin pencarian masih belum membuahkan hasil. ’’Informasi terakhir (sekitar pukul 16.30 kemarin-red) belum ketemu,” terangnya. Sementara, Syahbandar Jepara yang sebelumnya menjabat Syahbandar Karimunjawa Yuniarso mengaku seluruh informasi terkait hilangnya belasan ABK di perairan Jepara-Karimunjawa ditangani oleh Basarnas Semarang. Namun demikian dia mengakui perairan di sekitar Karimunjawa dan Jepara masih tinggi yaitu berkisar 4-5 meter dengan kecepatan angin antara 25-30 knot. (zen)

ZAINAL ABIDIN/JPNN

MASIH NIHIL - Kepala Kantor Basarnas Semarang, Riyadi, menunjukkan peta lokasi kandasnya Kapal Tirta Samudra yang kandas di perairan Karimunjawa-Semarang. Hingga kemarin, pencarian 15 ABK masih nihil.


SELASA, 15 JANUARI 2013

OLAH RAGA

17

RADAR TEGAL

MADRID - Hanya ada nama “Valencia” yang mungkin berkecamuk di benak skuad Real Madrid dalam rentang delapan hari ke depan. Begitu pula sebaliknya. Pemain Valencia mungkin bakal berpikir keras bagaimana cara mengalahkan Real. Itu tak lepas dari tiga laga back to back yang akan mereka jalani. Dimulai dengan leg pertama perempat final Copa del Rey di Santiago Bernabeu dini hari nanti (siaran langsung Trans 7 kickoff 03.00 WIB) dan berlanjut dalam bentrok Primera

Division di Mestalla akhir pekan ini (20/1). Trilogi kedua tim ditutup oleh leg kedua perempat final Copa yang kembali dimainkan di Mestalla (23/1). Sebagai catatan, Real dan Valencia juga sudah bertemu dalam opening liga pada 19 Agustus 2012. Dalam laga di Bernabeu tersebut, kedua tim bermain sama kuat 1-1. Bertemu empat kali dalam semusim kali terakhir dialami Real dan Valencia pada musim 2007/2008. Hanya, kala itu salah satu ajangnya bukan Copa, melainkan Supercopa de Espana alias Piala Super Spanyol. Sedangkan untuk pertemuan yang salah satu ajangnya adalah Copa, kali terakhir terjadi pada

musim 2003/2004. Di musim tersebut, Valencia memang lebih baik di Primera Division seiring menang 2-0 di Mestalla dan seri 1-1 di Bernabeu. Los Che (sebutan Valencia) bahkan tampil sebagai juara liga. Tapi, Los Merengues (sebutan Real) membalasnya di Copa dengan dua kali memecundangi Valencia 3-0 (home) dan 2-1 (away). Situasi yang mirip-mirip dengan musim ini. Apakah itu berarti Real akan kembali mengulang sejarah sembilan tahun silam? “Copa del Rey telah menjadi ajang yang sangat penting bagi kami seiring realita di liga (Real sudah tertinggal 18 poin dari Barcelona di putaran pertama, Red),” kata winger Real Angel di Maria seperti dilansir Marca. “Kami akan memberikan fokus

sepenuhnya, apalagi Valencia adalah tim yang bagus dan kuat,” imbuh pemain internasional Argentina tersebut. Entrenador Real Jose Mourinho sudah pasti merombak starter saat ditahan imbang 0-0 di kandang Osasuna (12/1). Di antaranya kembali menurunkan bintang utama Cristiano Ronaldo. Mesut Oezil dan Karim Benzema juga favorit starter setelah di-recharge tenaganya di Reyno de Navarra (kandang Osasuna). Bek kiri Marcelo juga bisa memainkan laga pertamanya setelah pulih dari cedera metatarsal yang membekapnya hampir tiga bulan. Sedangkan Antonio Adan sudah bebas dari skors, tapi masih menjadi tekateki apakah Mourinho akan memilihnya dan kembali mencadangkan kapten tim Iker Ca-

sillas. Dari kubu Valencia, satusatunya kehilangan bagi entrenador Ernesto Valverde adalah Sofiane Feghouli. Winger 23 tahun itu harus bergabung dengan Aljazair yang akan berlaga di Piala Afrika 2013. Feghouli bermain impresif musim ini dengan mengemas 6 gol dari 13 penampilan di berbagai ajang. “Laga melawan Real Madrid akan menunjukkan berada di level mana klub kami sekarang ini (Valencia sempat anjlok di era kepelatihan Mauricio Pellegrino di awal musim, Red),” kata gelandang pemilik nomor 10 di Valencia, Ever Banega, kepada AS. (dns)

Ever Banega Gary Cahill

Angel di Maria

CR7 Belum Mau Tinggalkan Bernabeu FANS Real Madrid mungkin tidak waswas seandainya Jose Mourinho memilih cabut di akhir musim. Madridistas (sebutan fans Real) baru khawatir seandainya kepergian Mourinho diikuti Cristiano Ronaldo. Apalagi, r u mor keduanya bakal digaet sekaligus oleh Paris SaintGermain (PSG) tidak pernah reda. Namun, Ronaldo memberi pernyataan yang bisa melegakan Madridistas. Bintang asal Portugal itu menyangkal ingin meninggalkan Santiago Bernabeu dalam waktu dekat. CR7 (sebutan Ronaldo) bahkan menyebut ingin menyelesaikan kontraknya bersama Real yang berakhir pada Juni 2015. “Saya memiliki kontrak yang jelas dan saya ingin menjalaninya. Setelah itu, saya tidak tahu apa yang akan terjadi,” kata Ronaldo di situs resmi FIFA. “Apakah saya bahagia (di Real saat ini) ? Jujur, ya. Saya melakukan sesuatu yang saya suka dan yang membuat

saya enjoy,” imbuh pemain yang mengoleksi 174 gol dari 172 laga bersama Real itu. Salah satu faktor yang membuat Ronaldo masih betah berkostum Real adalah karena ambisi trofi. Satusatunya trofi bergengsi yang masih ingin dimenangi Ronaldo bersama Los Merengues (sebutan Real) adalah Liga Champions. Ronaldo ingin tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari skuad Real yang memenangi trofi kesepuluh di Liga Champions. “Dua tahun terakhir kami dibuat frustrasi (selalu kalah di semifinal, Red). Tahun ini, kami memiliki kesempatan. Tentunya, kami harus mampu melewati Manchester United yang saya pikir peluang bagi kedua tim adalah fifty-fifty,” jelas winger 27 tahun itu. Dalam kesempatan tersebut, Ronaldo sekaligus membela kritik yang diterima Mourinho belakangan ini. “Orang seharusnya lebih bersabar terhadap dia. Bagi saya, sangat jelas apabila Mourinho menginginkan yang terbaik bagi klub dan kami akan berjuang sampai mati meraihnya,” tutur pemain yang baru saja kalah dari Lionel Messi dalam pemilihan terbaik dunia 2012 itu. (dns/bas)

Cristiano Ronaldo

LEBIH TAJAM BERSAMA CR7 HANYA mencatat sekali tembakan ke gawang kontra Osasuna (12/ 1) menunjukkan absennya Cristiano Ronaldo memberi pengaruh besar bagi Real Madrid. Lantas, bagaimana perbandingan Real kala diperkuat Ronaldo dan ketika pemain berjuluk CR7 itu absen ?

Real tanpa Ronaldo

Real dengan Ronaldo

Laga : 24 Menang : 15 Kalah :6 Persentase kemenangan : 62,5% Persentase kalah : 25% Gol per laga : 2,2 Tembakan per laga : 18,87

Laga : 172 Menang : 129 Kalah : 19 Persentase kemenangan : 75% Persentase kalah : 11,04% Gol per laga : 2,7 Tembakan per laga : 19,46

HEAD TO HEAD 09/04/2012 20/11/2011 23/04/2011 05/12/2010 19/04/2010

0-0 2-3 3-6 2-0 2-0

Valencia (LL) Real Madrid (LL) Real Madrid (LL) Valencia (LL) Valencia (LL)

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid 12/08/2012 09/08/2012 06/08/2012 03/08/2012 28/07/2012

Real Madrid Real Madrid Real Madrid LA Galaxy Benfica

2-0 5-1 2-1 1-5 5-2

Celtic (UJI) AC Milan (UJI) Santos Laguna (UJI) Real Madrid (UJI) Real Madrid (UJI)

Lima Pertandingan Terakhir Valencia 11/08/2012 10/08/2012 13/05/2012 06/05/2012 03/05/2012

CMYK

Real Madrid Valencia Valencia Real Madrid Real Madrid

Eintracht Frankfurt Valencia Real Sociedad Valencia Valencia

4-2 2-0 1-0 1-0 4-0

Valencia (UJI) Tottenham Hotspur (UJI) Valencia (LL) Villarreal (LL) Osasuna (LL)


ALL SPORTS

18

SELASA 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

PECAH REKOR 38 TAHUN

LONDON - Datang ke Emirates Stadium (markas Arsenal) dengan rekor tidak pernah menang sejak 1975, Manchester City akhirnya bisa pulang dengan kepala tegak. Mereka melibas Arsenal 2-0 (2-0) pada pekan ke-22 kemarin dini hari WIB. Kemenangan yang sangat penting bagi The Citizens (julukan City) agar tidak tertinggal semakin jauh dari penguasa klasemen Manchester United. Sekarang City mengemas 48 poin dan masih tertinggal tujuh angka di belakang United. Kedua tim mengawali pertandingan dengan baik. Sayang, pada menit kesembilan situasi berubah. Penyebabnya, kartu merah yang dijatuhkan wasit Mike Dean kepada bek Arsenal asal Prancis Laurent Koscielny gara-gara melanggar

Edin Dzeko. Arsenal juga harus terkena penalti karena pelanggaran terjadi di area terlarang. Untungnya, Dzeko gagal mengeksekusi dengan baik. Baru pada menit ke-21 City unggul lewat gol James Milner dan Dzeko menggandakan skor di menit ke-32. “Saya tidak tahu apakah itu layak kartu merah, tetapi itu jelas penalti. Saya memang gagal mencetak gol, tetapi saya yakin akan mencetak gol pada laga itu. Saya katakan pada diri sendiri, gagal penalti, tapi bermain cukup baik,” kata Dzeko kepada Sky Sports. Tanpa Sergio

Aguero yang cedera, manajer City Roberto Mancini memberikan kepercayaan kepada Dzeko mengisi lini depan bersama Carlos Tevez. “Sangat penting bagi saya untuk bermain lebih banyak. Saya sudah bermain

sebagai starter empat laga beruntun,” katanya. Ya, Dzeko memang berstatus sebagai pencetak gol terbanyak City di Premier League dengan sepuluh gol. Tetapi, dia bukanlah pilihan utama bila Aguero dan Tevez berada dalam kondisi fit. Musim ini, baru delapan kali dia bermain sebagai starter dan 11 kali sebagai pengganti. Makanya, Dzeko sempat gusar dan mempertimbangkan untuk mencari klub baru. Namun, Mancini mampu meyakinkan striker timnas Bosnia Herzegovina itu agar tetap bertahan. Sebab, Dzeko selalu mampu menjadi pemecah kebuntuan. Di sisi lain, manajer Arsenal Arsene Wenger menilai, bermain dengan sepuluh orang menjadi penyebab

kekalahan mereka. “Kami harus bermain dengan sepuluh orang selama 80 menit dan itu jelas sangat menyulitkan. Benar-benar membuat kami frustasi,” katanya kepada Telegraph. Arsenal sempat bangkit dan menguasai pertandingan ketika City juga kehilangan satu pemain pada menit ke75. Ketika itu, bek Vincent Kompany diusir keluar lapangan karena melakukan tekel berbahaya kepada gelandang Arsenal Jack Wilshere.Soal tekel Kompany, kubu City kurang sepakat dengan kartu merah. Bahkan, Mancini berencana melayangkan protes. “Saya telah berusia 48 tahun dan melihat cukup banyak. Itu bukanlah kartu merah dalam pandangan saya,” jelas Mancini. (ham)

VS ARSENAL (0)

MAN CITY (2) ADRIAN DENNIS/AFP PHOTO

HINDARI - Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey (kiri), menghindari tekling Striker Manchester City, Edin Dzeko (kanan), dalam Premier League Inggris di Emirates Stadium, London, 13 Januari 2013.

HASIL LA LIGA KEMARIN WIB

Dean Bukan Favorit Arsenal

Malaga vs Barcelona 1-3 (Buonanotte 89/Messi 27, Fabregas 50, Thiago 82)

WASIT Mike Dean benar-benar kutukan buat Arsenal. Sejak 2009, sudah 11 kali Arsenal kalah saat dia memimpin pertandingan. Musim ini, dari empat laga yang dipimpinnya, The Gunners (julukan Arsenal) kalah tiga kali dan seri sekali. Kekalahan terbaru terjadi ketika melawan Manchester City kemarin dini hari. Arsenal kalah 0-2. Salah satu insiden yang dianggap sebagai penyebab kekalahan Arsenal di markasnya Emirates Stadium adalah karena kartu merah Laurent Koscielny.

Real Sociedad vs Deportivo 1-1 (Vela 45/Pizzi 27) Kartu merah: Evaldo 64 Atletico Madrid vs Zaragoza 2-0 (Tiago 31, Falcao 38-pen)

KLASEMEN SEMENTARA 1. Barcelona

19

18 1

0

64-20

55

2. Atletico

19

14 2

3

40-18

44

3. Real Madrid

19

11

4

4

45-20

37

4. Real Betis

19

11

1

7

30-29

34

5. Malaga

19

9

4

6

29-16

31

6. Vallecano

19

10 1

8

27-34

31

7. Valencia

19

9

3

7

27-27

30

8. Levante

19

9

3

7

24-27

30

9. Sociedad

19

7

5

7

28-25

26

10. Valladolid

19

7

4

8

27-25

25

11. Getafe

18

7

3

8

22-28

24

12. Sevilla

19

6

4

9

23-28

22

13. Zaragoza

19

7

1

11 21-28

22

14. Bilbao

19

6

3

10 23-39

21

15. Celta Vigo

19

5

3

11 19-24

18

16. Espanyol

19

4

6

9

20-30

18

17. Mallorca

19

4

5

10 18-33

17

18. Granada

18

4

4

10 14-27

16

19. Deportivo

19

3

7

9

23-40

16

20. Osasuna

19

3

6

10 14-20

15

El Pichichi 28 gol: Lionel Messi (Barcelona) 18 gol: Radamel Falcao (Atletico Madrid) 16 gol: Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Sepakati Rp 124 M buat Remy LONDON - Bergabungnya Demba Ba ke Chelsea membuat opsi di lini depan Newcastle United berkurang. Makanya, mereka langsung melakukan perburuan pada bursa transfer tengah musim ini. Bidikannya striker Olympique Marseille Loic Remy. Newcastle sudah memenuhi banderol Remy sesuai permintaan Marseille. Sehingga dalam 48 jam ke depan, Remy yang digaet seharga 8 juta pounds atau setara Rp 124 miliar diperkirakan sudah bergabung secara resmi ke Newcastle. Berdasarkan kabar dari BBC Sports, striker berusia 26 tahun itu sudah terbang ke Newcastle untuk menyelesaikan pembicaraan kontrak personal dan tes medis. Bila tidak ada halangan, maka tengah pekan ini segalanya telah selesai. Ada sedikit hambatan dari bergabungnya Remy ke Newcastle. Sebelumnya, dia pernah didiagnosa ada kelainan di jantungnya sebelum memutuskan pindah dari Nice ke Marseille pada 2010. Tetapi, sejumlah dokter ahli jantung menyatakan tidak akan mengganggu karirnya. (ham)

PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP PHOTO

KAWAL - striker Barcelona, Lionel Messi (kanan) dikawal ketat Gelandang Malaga, Manuel Iturra dalam La Liga Spanyol di Stadion La Rosaleda, Madrid, 13 Januari 2013.

MALAGA (1) VS BARCELONA (3)

Barca Tetap Superior MALAGA - Tanda-tandanya, Barcelona, bakal melenggang mulus ke semifinal Copa del Rey. Itu mengingat hasil yang ditorehkan Barca (sebutan Barcelona) saat menghadapi Malaga di jornada ke-19 Primera Division di La Rosaleda kemarin. Barca menang nyaman 3-1. Malaga pula yang menjadi lawan Barca di perempat final Copa del Rey. Leg pertama dihelat di Nou Camp (16/1), sedangkan La Rosaleda mendapat giliran tuan rumah sepekan kemudian (23/1). Jika mengacu hasil kemarin, memang tipis peluang si Ikan Teri (julukan Malaga) membuat kejutan di Copa del Rey. Bertanding di kandang Malaga, Barca memang tetap superior. Barca yang sudah ditemani lagi oleh sang entrenador, Tito Vilanova, bahkan memimpin 3-0 melalui gol-gol Lionel Messi (27'), Cesc Fabregas (50'), dan Thiago Alcantara (82'). Tuan rumah mendapat gol hiburan hasil free kick Diego Buonanotte semenit jelang bubaran. “Kami seharusnya mencegah mereka mencetak gol lebih lama seandainya tidak membuat kesalahan,” keluh entrenador Malaga Manuel Pellegrini mengomentari gol Messi yang berawal dari kesalahan Ignacio Camacho kepada Football Espana. Bagi Messi, gol ke gawang

Malaga memantapkan statusnya sebagai pemuncak daftar el pichichi dengan lesakan 28 gol. Messi sekaligus telah membuat gol dalam sembilan pertandingan Primera Division terakhir atau hanya butuh satu laga lagi untuk menyamai rekor liga milik striker Barca Ronaldo pada musim 1996/1997. Di sisi lain, defender Barca Javier Mascherano memuji Malaga karena berani bermain terbuka. “Malaga melakukan tugasnya dengan bagus. Gap kedua tim tidak sebesar skor akhir. Sangat menyenangkan menghadapi tim yang juga menginginkan permainan sepak bola,” ucapnya kepada Sport. Seiring kemenangan kemarin, Barca berarti mengakhiri putaran pertama liga musim ini dengan 18 kemenangan dan 55 poin. Itu memecahkan rekor kemenangan sekaligus poin terbanyak putaran pertama yang dicatat pendahulu mereka pada musim 2010/2011 (17 kemenangan dan 52 poin). Barca yang juga belum terkalahkan itu juga memimpin 11 poin dengan peringkat kedua Atletico Madrid serta 18 poin dengan musuh abadinya, Real Madrid. “Kami akan berusaha memperpanjang catatan positif ini. Tapi, kami juga sadar, cepat atau lambat, kekalahan pertama segera tiba,” kata gelandang serang Barca Andres Iniesta di situs resmi klub. (dns)

Y a , sembilan menit pertandingan berjalan, Dean sudah mengusir Koscielny karena melanggar keras Edin Dzeko di area terlarang. Penalti juga dijatuhkan. Untungnya, Dzeko yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Sebelumnya, Dean juga memimpin ketika Arsenal melawat ke Old Trafford menantang tuan rumah Manchester United pada 3 November lalu. Ketika itu, empat kartu kuning dan satu kartu merah dijatuhkan buat Arsenal. Dan, mereka kalah 1-2. Bila terus dirunut, cerita negatif tim asuhan Arsene Wenger tersebut saat dipimpin Dean cukup panjang. Selain di Premier League, Dean juga menjadi wasit ketika Arsenal kalah 1-2 dari Birmingham City di final Piala Carling 2011. Namun, Wenger ogah menyalahkan Dean. “Apakah saya yang membuat kebijakan? Itu tidak penting. Anda bisa lihat sendiri keputusannya. Saya terkejut. Tetapi, saya menolak melihat siaran ulangnya, tidak membantu,” kata Wenger kepada Telegraph. Menariknya, Dean selama ini dikenal sebagai fans rahasia Tottenham Hotspur. Bukan rahasia lagi bila Spurs, julukan Tottenham, musuh sejati Arsenal. Dean pernah membuat kontroversi ketika memimpin pertandingan antara Spurs melawan Arsenal pada 26 Februari tahun lalu. Ketika itu, Arsenal menang 5-2. Namun, yang menjadi kontroversi adalah ketika dia ikut merayakan gol Spurs. Ketika itu, Louis Saha membawa Spurs unggul 1-0 pada menit ketiga dan dari rekaman pertandingan, terlihat Dean melompat dengan tangan terkepal. Sontak saja insiden itu langsung menjadi perdebatan, tetapi akhirnya menguap begitu saja karena Arsenal menang saat itu. (ham)

MIKE DEAN


ALL SPORTS

SELASA 15 JANUARI 2013

19

RADAR TEGAL

HEAD TO HEAD LIMA PERTEMUAN TERAKHIR: 3/12/12

IIC

Persegres v Persidafon: 1-0

4/5/12

ISL

Persidafon v Persegres: 3-0

18/2/12

ISL

Persegres v Persidafon: 3-2

14/5/11

DU

Persidafon v Persegres: 3-2

1/2/10

DU

Persidafon v Persegres: 3-0

PEMAIN PALING PRODUKTIF*: Persegres: 2 gol: Gustavo Chena (playmaker) 1 gol: Aldo Barreto (striker), Suswanto (winger)

PERSIDAFON: 3 gol: Anis Nabar (striker) 1 gol: Juan Marcello Cirelli (bek), Yohanis Makanuay (striker) * Sejak Inter Island Cup 2012

SEPAK POJOK PSSIUndangNyallaDkktanpaSyarat JAKARTA - PSSI akan segera memberikan panggilan untuk empat Executive Committee (Exco) yang sempat dipecat. Mereka akan diundang untuk rapat bersama pada rapat Exco 28 Januari mendatang di Jakarta. Sekjen PSSI Halim Mahfudz menyebutkan bahwa langkah itu dilakukan karena sudah ada keputusan rapat Exco PSSI, tadi malam (14/1). Salah satu hasil keputusannya adalah memutuskan untuk memanggil kembali La Nyalla Mattalitti dkk. “Ini sesuai langkah lanjutan federasi menanggapi surat FIFA tanggal 18 Desember, bahwa empat exco akan diundang dalam rapat exco tanggal 28 Januari. Kita akan kirim surat ketika waktunya sesuai,” ujarnya usai rapat, tadi malam. Keputusan ini cukup mengejutkan karena sebelumnya PSSI mengajukan syarat untuk kembalinya empat exco; La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Robertho Rouw, dan Tony Aprilani. Saat disinggung hal itu, Halim menyebut karena kondisi mendukung untuk melakukan pengembalian tanpa syarat. “Mereka kembali tanpa syarat. Kondisinya berbeda sekarang, tensinya menurun, kami sudah capek,” terangnya. Selain keputusan itu, lanjut Halim, Exco juga memutuskan untuk meminta Komisi Disiplin (komdis) mereview pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) yang tidak mau bergabung ke Timnas. Ujungnya, Komdis akan memberikan hukuman kepada pemain setelah memanggil dan melakukan sidang. “Sanksinya nanti akan diumumkan 17 Januari oleh Komdis,” tuturnya. Perangkat pertandingan yang memimpin ISL juga akan dihukum. Menurut Halim, rapat Exco menyepakati untuk memberikan wewenang kepada Komdis untuk memberikan hukuman. PSSI menilai mereka telah berkompetisi di liga yang dianggap ilegal oleh PSSI. Langkah PSSI ini cukup mengejutkan karena dalam kesepakatan MoU 7 Juni 2012 lalu, bahwa kompetisi baik ISL maupun Indonesia Premier League (IPL) berjalan sendiri-sendiri. Keduanya disepakati jalan dan dianggap legal dalam perjanjian MoU yang dibuat oleh AFC. Menanggapi keputusan Exco PSSI, Erwin Dwi Budiawan mengaku sampai saat ini belum ada undangan dan kabar terkait tempat serta agenda. Namun, dia mengaku KPSI sudah melakukan rapat Exco dan memutuskan bahwa baru akan datang setelah melihat agenda yang akan dibahas dalam rapat Exco 28 Januari itu. “Bila diundang untuk rapat exco oleh PSSI Djohar kami lihat agendanya dahulu. Jika itu membahas soal kongres kami akan hadir, kalau bahas yang lain kami tidak akan hadir,” tegasnya. Menurut dia, ada hal prinsip yang harus dibereskan dimana itu hanya bisa diselesaikan di kongres. Kalau sudah beres di kongres, lanjutnya, baru bisa bicara program lain. (aam/ko)

KEPUTUSAN EXCO PSSI 1. Memanggil kembali empat Executive Committee (Exco) yang sempat dipecat, tanpa syarat. 2. Memerintahkan Komisi Disiplin (komdis) mereview pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) yang tidak

VS GRESIK - Perang lini tengah akan tersaji dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) antara tuan rumah Persegres Gresik kontra Persidafon Dafonsoro, sore nanti (15/1). Laga yang digelar di Stadion Petrokimia Gresik itu bakal menjadi panggung adu kreativitas Gustavo Chena dan Eduard Ivakdalam. Laga ini disiarkan langsung TV One mulai pukul 15.30 WIB. Baik Chena ataupun Edu sama-sama menjelma sebagai roh permainan timnya. Itu sudah terbukti di laga perdana lalu. Permainan ball possession ala Chena berujung pada gol Aldo Barreto. Begitu juga dengan gaya sepak bola cepat ala Papua yang diperagakan Edu mengilhami gol Anis Nabar ke gawang Arema Cronous. Bukan hanya itu, keduanya sama-sama ditopang gelandang yang bertipe sprinter. Chena berkolaborasi dengan Shohei Matsunaga dan Siswanto, sedangkan Edu akan didukung Yohanes Makanuay dan Izaac Johanes Wanggai. “Untuk bisa menang, kami sudah siap mematikan pergerakan Edu,” ujar Chena, kemarin (14/1). Tugas Chena dkk memang tidak mudah. Namun, setidaknya dari balik layar Persegres sudah punya modal bagus. Ya, pelatih Suharno sudah mengetahui bagaimana tipikal Edu. Keduanya pernah bersama-sama di Persipura Jayapura sepuluh tahun silam. “Dia pemain yang berintelegensi. Akan sangat berbahaya jika anak-anak membiarkan dia menguasai serangan,” ungkap Suharno. Makanya, Suharno tidak ingin timnya kecolongan gol seperti yang dialami Arema lalu. Nah, Suharno langsung menerapkan strategi untuk mengawal ketat pergerakan pemain berusia 39 tahun itu.

ATLET PELATNAS DI MALAYSIA TERBUKA TUNGGAL PUTRA - Sony Dwi Kuncoro - Tommy Sugiarto TUNGGAL PUTRI - Lindaweni Fanetri - Adriyanti Firadasri

mau bergabung ke Timnas. Tujuannya Komdis agar memberikan hukuman setelah disidang. 3. Meminta Komdis untuk menjatuhkan hukuman kepada perangkat pertandingan (PP) yang berada di ISL.

PT LI Cicil Bayar PSPS JAKARTA - Pembayaran tunggakan gaji pemain klub yang diambil alih oleh pengelola kompetisi Indonesia Super League (ISL), PT Liga Indonesia (PT LI) mulai dilakukan. Tapi, baru PSPS Pekanbaru yang dileselesaikan oleh PT LI. CEO PT LI Joko Driyono menjelaskan bahwa pihaknya mulai melakukan proses pembayaran karena sudah melakukan verifikasi terhadap data-data klub ISL yang menunggak. Namun, dia menjelaskan bahwa pembayaran tidak bisa langsung sekaligus. “Tentu tidak bisa langsung selesai semua. Butuh proses panjang. Nah, kami sudah mulai pembayaran, pertama adalah PSPS,” katanya. Agar pemain bisa langsung menerima pembayaran itu, PT LI menurut Joko memilih untuk langsung memberikan ke pemain, sesuai dengan data yang diterima oleh PT LI dari klub. Karena itu, dia menjamin pemain bisa langsung menerima. Sayang, dia enggan menjelaskan secara rinci berapa jumlah pembayaran. Namun, dari sumber di lingkungan PT LI, tunggakan yang diserahkan kepada pemain PSPS sebesar Rp 500 juta. Bagi Joko, pelunasan itu tidak terlalu menarik dibicarakan, tapi, langkah yang diambil oleh PT LI adalah untuk memproteksi industri sepak bola. Karena itu, pihaknya tak mau langsung melakukan justifiksi bahwa klub tidak layak dan tidak boleh ikut kompetisi. “Jika hanya satu-dua klub yang mengalami krisis, PT LI mungkin bisa menyatakan tidak layak. Namun, karena banyak klub yang mengalami, maka kami berkewajiban untuk menjaga industri sepak bola,” tuturnya. Anggaran yang digunakan untuk membayar itu sebenanrnya juga berasal dari subsidi klub yang selalu diberikan saat kompetisi bergulir. Jumlahnya mencapai Rp 3 miliar tiap musim. Karena itu, Joko memastikan bahwa tidak akan ada pemotongan terhadap hak pemain, hanya pemain harus bersabar karena proses pembayaran tidak bisa langsung. Selain PSPS, PT LI akan langsung melakukan pembicaraan dengan klub ISL lainnya, Persidafon Dafonsoro dan Persiwa Wamena. Untuk Persiwa, pembayaran masih belum dilakukan karena baru akan melakukan verifikasi kembali. Ada data yang janggal saat verifikasi. Di sisi lain, Asiosiasi pesepakbola professional Indonesia (APPI) membenarkan bahwa sudah mendapatkan laporan dari pemain PSPS mengenai pembayaran yang dilakukan oleh PT LI. Namun, pembayaran yang dilakukan hanya satu bulan tunggakan. “Dari pemain ada laporan, baru sebulan dari total 10 bulan tunggakan yang dibayarkan. Itu pun tanpa surat kesepakatan, langsung dibayarkan,” ujar CEO APPI Valentino Simanjuntak. Bahkan, Valentino memaparkan bahwa pembayaran yang dilakukan tidak kepada seluruh pemain PSPS. Melainkan, hanya dilakukan untuk pemain PSPS yang musim ini masih bertahan di klub itu. (aam/ko)

“Saya akan tugaskan satu gelandang untuk menutup ruang gerak Edu,” beber pelatih kelahiran Klaten itu. Beruntung dalam laga ini klub berjuluk Laskar Joko Samudro itu bakal bermain dengan komposisi full team. Tak ada satu pun pemain pilarnya yang didera cedera atau terkena akumulasi kartu. Di atas kertas, Persegres jelas lebih unggul. “Tapi, kami tetap tidak meremehkan mereka. Bagaimana pun mereka juga tim berbahaya. Bukan pekerjaan mudah bikin dua gol di kandang Arema, dan mereka bisa melakukannya,” imbuhnya. Sementara itu, Persidafon datang ke Gresik dengan materi pemain terbatas. Tim Gabus Sentani hanya mengusung 15 pemain dalam laga ini. Hingga sesi latihan kemarin, tidak ada nama Rasmoyo atau Bejo Sugiantoro. Rasmoyo masih belum fit dan untuk kepastian Bejo turun atau tidak akan ditunggu sampai pagi ini. Pelatih Persidafon Erens Pahelerang menuturkan, pelajaran yang mereka tuai saat kalah dari Persegres di Inter Island Cup (IIC) 2012 lalu akan jadi acuannya. “Pertahanan akan lebih kami disiplinkan. Satu poin dari pertandingan besok sepertinya bisa jadi target yang realistis bagi kami,” jelas Erens. Erens mengakui, persiapan anak asuhnya untuk ISL 2013 masih kalah dari Persegres. Timnya hanya bermodal pemain-pemain asli tanah Papua seperti Nabar yang notabene pemain jebolan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 lalu. Nabar akan berduet dengan Jaelani Arey Yekerek (ren/ko)

GANDA PUTRA - M.Ahsan/Hendra Setiawan - Angga Pratama/Ryan Agung saputra - Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan

GANDA PUTRI - Greysia Polii/Meilia Jauhari - Suci Rizki/Della Destiara - Pia Zebadiah/Rizki Amalia

GANDA CAMPURAN - M.Rijal/Debby Susanto - Riky Widianto/Puspita Richi Dili

Berharap Kejutan di Malaysia JAKARTA - Duta bulu tangkis Indonesia sudah melupakan pahit kegagalan di Victor Korea Open. Pulang tanpa gelar dan hanya menempatkan Sony Dwi Kuncoro di babak semi final tunggal putra bukan satu prestasi yang membuat bangsa ini bangga. Setelah gagal di Korea,kini Sony dkk coba mencari glory di Maybank Malaysia Open. Turnamen berlevel superseries yang dimulai hari ini (15/1) hingga Minggu (20/1) mendatang menjadi batu ujian sebelum menapak di All England Maret mendatang. Di Malaysia Open ini jumlah pebulutangkis pelatnas yang dikirim PB PBSI lebih banyak dibandingkan saat di Korea lalu. Jika sebelumnya hanya 13 wakil, kini bertambah tujuh menjadi 20 orang. Meski tak signifikan, suntikan tenaga ekstra diharapkan mampu membawa pulang prestasi bagi tim Merah Putih. Kasubid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata menyebutkan asa Indonesia untuk meraih juara di Malaysia Open ini tetap. Berkaca dari hasil Korea lalu, nomor tunggal putra dan ganda campuran diharapkan mampu mencuri perhatian dengan mempesembahkan gelar. “Sony kemarin di Korea bisa mencapai semifinal. Kami harap-

kan di Malaysia ini dia ada peningkatan prestasi. Lalu di nomor ganda campuran, meski Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tak main semoga Muhammad Rijal/Deby Susanto bisa menjadi pengganti sepadan. Semoga saja, secara keseluruhan ada hasil yang lebih bagus dibandingkan di Korea,”ujar Christian kemarin (14/1). Nah, untuk kategori tunggal putra, persaingan tetap berat. Pebulutangkis nomor wahid dunia Lee Chong Wei dipastikan turun. Lalu dari Asia ada Kenichi Tago, Sho Sasaki, Nguyen Tien Minh, atau Wang Zheming. Sementara Lin Dan atau Du Pengyu absen di turnamen ini. Peta persaingan di ganda campuran tak bisa dianggap remeh meski pasangan terbaik dunia saat ini Ma Jin/ Xu Chen absen. Pasangan Malaysia rangking tiga dunia, Peng Soon Chan/Liu Ying Goh berhak menempati seeded satu. Pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky sendiri masih menyimpan optimisme terhadap anak buahnya. Bagi pelatih berusia 47 tahun itu, Malaysia Open ini menjadi turnamen pembuktian untuk Rijal/Deby. Hal itu disebabkan ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir absen. (dra)

Gustavo Chena

ngsung Siaran la IB 15.30 W 3, pukul 1 0 2 ri a 15 Janu

PERKIRAAN PEMAIN Persegres (4-4-2): 77-Hery Prasetyo (pg); 22-Supandi, 55-Sasa Zecevic, 20-Park Chul-hyung, 7-David Faristian; 8-Mahadirga Lasut, 88-Siswanto, 18-Shohei Matsunaga, 10-Gustavo Chena (c); 17-Aldo Barreto, 14-Riski Novriansyah. Pelatih: Suharno Persidafon (3-5-2): 19-Selsius Gebze (pg); 32-Mucklis Haay, 29Juan Marcello Cirelli, 28-Andri Ibo, 14-Pius Daniel Amo, 21-Samuel Fransisco Rumkabu; 27-Izaac Johanes Wanggai, 24-Yohanes Makanuay, 10-Eduard Ivakdalam (c); 36-Jaelani Arey Yekerek, 9-Anis Nabar. Pelatih: Erenst Pahelerang PERANGKAT PERTANDINGAN: Wasit: Maslah Iksan (Asahan) Pengawas Pertandingan: Syamsir Ali (Makassar)

Segera Melangkah ke Depan SURABAYA - Harapan untuk segera menyaksikan akhir dari konflik internal di kubu Persebaya Surabaya segera menjadi kenyataan. Konflik yang melibatkan CEO PT Pengelola Persebaya Indonesia (PPI) Gede Widiade dan Direktur Utama PT Persebaya Indonesia Cholid Ghoromah tak lama lagi menemukan titik terang menuju solusi. Kedua pihak sepakat untuk segera menggelar pertemuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Tanpa menjelaskan detail masalah yang terjadi, kedua belah pihak akan membahas langkah Persebaya untuk mengarungi Indonesian premier League (IPL) 2013. “Waktu kami untuk persiapan kompetisi semakin mepet. Jadi kami harus me-

ngambil langkah positif demi masa depan Persebaya. Kebetulan, Pak Gede dan Pak Cholid sudah ketemu waktu yang pas untuk membahas kondisi Persebaya saat ini,” terang Corporate Secretary Persebaya, Ram Surahman. Ram menyebut, sebenarnya menurut dia, tidak ada masalah serius di tim Persebaya saat ini. Sebab, kewajiban-kewajiban Persebaya juga sudah dibayar. Termasuk membayar di depan dua bulan gaji pemain, Desember dan Januari. “Kalau bisa kami gambarkan, problem Persebaya saat ini hanyalah miskomunikasi saja,” urai Ram tanpa merinci miskomunikasi yang dimaksud. Tapi Ram menjamin, jika pertemuan nanti terlaksana, baik Gede dan Cholid tidak

akan membicarakan flash back masalah yang terjadi. “Jadi apapun problem yang terjadi selama ini. Entah itu miskomunikasi atau apalah yang penting terdapat problem solving di pertemuan nanti,” harapnya. Diakui atau tidak, konflik internal yang terjadi berimbas kepada diliburkannya pemain Persebaya hingga batas waktu yang belum ditentukan. Imbasnya, pemain pun resah. Mereka mempertanyakan situasi yang terjadi saat ini. Sebelumnya muncul kasakkusuk mengenai masalah yang terjadi di dalam tim. Guncangan makin besar ketika Gede memutuskan mengakuisisi dan mengeluarkan dana yang besar untuk PS Mojokerto Putra, pekan lalu. (ady/ko)

FARID FANDI/JAWA POS

UJI COBA Pemain Persebaya DU Lupicic dan Fauzan Fajri dari PSIS Semarang saat uji coba di stadion Gelora 10 Nopember, 13/01/13. skor akhir 0-0.


CMYK

24

SELASA, 15 JANUARI 2013

RADAR TEGAL

KATA MEREKA ○

Perlihatkan Keharmonisan MEMILIKI kenangan bersama orang-orang terdekat seperti keluarga nggak seru rasanya kalo nggak diabadikan dengan sebuah jepretan cantik berupa foto. Bener nggak? Nah, kamu punya foto keluarga nggak sih? Kalo punya dimana foto keluargamu dipasang? Jerry Ari Saputro, siswa SMK Negeri 1 Tonjong Brebes juga punya foto keluarga. Jerry menjelaskan kalau foto itu sangat perlu karena dengan adanya foto keluarga, membuat dia merasa dekat dengan semua anggota keluarga walaupun sedang berjauhan. “Jika ada salah satu anggota keluarga yang posisinya lagi jauh bisa lihat di foto keluarga. Dengan begitu jadi kerasa deket deh,” ucapnya. Foto keluarga yang dimilikinya terpasang di dinding ruang tamu. Katanya, biar tamu-tamu yang datang ke rumah bisa langsung melihat foto keluarganya. “Selain memperlihatkan keharmonisan keluarga juga secara tidak langsung mengenalkan seluruh anggota keluarga yang ada,” tambahnya. Seperti halnya Jerry, Irfa Puput Fitriyah ,siswi SMK Farmasi Muhammadiyah Lebaksiu pun menganggap perlu adanya foto keluarga. Baginya foto keluarga itu diperlukan sebagai kenang-kenangan sekaligus mempererat kekeluargaan. Pasalnya momen-momen penting keluarga terkadang perlu diabadikan. Salah satu caranya ya dengan foto keluarga. “Kan kalo ada fotonya jadi bisa mengenang momen tersebut. Ya sedikit mengingat-ngingat kejadian seru bareng keluarga lah,” terang cewek kelas XII A jurusan Farmasi ini. “Tapi sampai sekarang foto keluarga yang ada di rumah belum terpasang, sayang ya? Padahal cukup bagus loh,” tandasnya. (layung/timxpresi)

FOTO KELUARGA, PENTING

NGGAK SIH? KALIAN pernah kan berkunjung ke rumah teman terus menemukan sebuah foto keluarga yang dibingkai berukuran besar terletak di ruang tamu atau di ruang keluarga mereka? Ya, sebuah foto keluarga. Ada beberapa keluarga teman kita yang keluarganya berprinsip harus punya foto keluarga dalam rumah mereka. Konon, katanya sih agar keluarga mereka terlihat kompak. Kebanyakan orang juga berpikir demikian. Buktinya di beberapa rumah pada umumnya punya foto keluarga. Ya minimal foto papa mama mereka yang dipajang. Sepertinya foto keluarga sudah dianggap penting untuk dipajang. Beberapa orang beranggapan kalau hal itu menyimpan kenangan yang indah bersama keluarga tercinta. Baik di kala gembira, sedih, senang, duka dan suka tersimpan dalam foto tersebut. Buat yang telah kehilangan salah satu atau beberapa anggota keluarganya, foto bersama mereka tentu bisa menjadi kenangan dan pelipur hati saat merindukan mereka. Dengan melihatnya, kita bisa mengingat kembali kenangankenangan saat bersama. Ini juga berlaku buat anggota keluarga yang akhirnya tinggal berjauhan dan tidak bisa setiap saat bertemu.

BERENCANA membuat foto keluarga baru? Pastinya kalian perlu membuat persiapan agar hasilnya bisa maksimal. Beberapa tips bisa kalian coba di bawah ini. Salah satunya dalam memilih pakaian yang akan dikenakan. Gunakan pakaian yang memiliki satu warna saja (polos). Ini biasanya paling netral dan bagus untuk foto keluarga. Hindari pakaian yang memiliki banyak gambar, tulisan, logo atau ornamen. Dalam foto keluarga, sebaiknya jenis dan warna pakaian sama antar anggota keluarga sehingga melukiskan keluarga yang kompak dan bersatu. Hindari juga memotong rambut sesaat sebelum sesi foto. Sebaiknya menggunting atau mengganti gaya rambut beberapa hari sebelum sesi foto supaya terlihat dan terasa lebih alami. Dan buat kalian yang terbiasa menggunakan aksesoris, hindari pemakaian perhia-

Jerry Ari Sa putro

Rizki Tapa Yoga

Tetap Semangat Meski Pernah Kalah

MEMPUNYAI postur badan yang tinggi dan kuat adalah nilai tambah buat seseorang yang mengikuti karate. Seperti Rizki Tapa Yoga, siswa asal SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Kabupaten Tegal kelas XI IPA 1. Meski begitu, dia sempat kalah saat mewakili Kabupaten Tegal dalam kejuaraan karate O2SN di Semarang pada bulan Mei tahun lalu. “Tapi aku tetap semangat. Mungkin karena baru pertama kalinya aku mengikuti pertandingan, jadi kalah dalam pengalaman dan kecepatan. Selain itu yang menjadi lawanku adalah yang biasa mendapatkan prestasi jadi sulit sekali menaklukkannya,” cerita cowok yang beralamat di Desa Pagedangan RT 13/ RW 02 Kabupaten Tegal ini. Cowok kelahiran Tegal, 22 April 1997 ini mengatakan, dia sempat merasa kecewa

justru beranggapan kalau ada atau tidaknya foto keluarga tidak akan merubah apapun dalam kehidupan keluarga kita. Kekompakan keluarga itu terjalin bukan karena sebuah foto keluarga tetapi bagaimana sikap kita dengan keluarga. Jadi meski dipajang di beberapa ruangan dalam bingkai yang indah

Gunakan Pakaian yang Satu Warna

triyah

Irfa Puput Fi

X-Sport

Tidak hanya menjadi hiasan ketika dipajang tetapi juga bisa menciptakan rasa saling memiliki antar saudara, antara anak dengan orangtua maupun sebaliknya. Dan tentu aja bisa menjalin kekompakan antar sesama anggota keluarga. Meski begitu, sebagian lainnya

dengan kekalahannya. Namun hal itu selanjutnya dijadikan pembelajaran untuk melengkapi kekurangannya. “Suatu saat nanti kalo ada pertandingan lagi, aku akan berusaha mendapatkan prestasi,” tambahnya. Cowok yang menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya ini mengaku suka karate pertama kalinya saat masih SMP kelas 2. Diapun mendapat dukungan dari orangtua yang dulunya mengikuti perguruan pancak silat. “Selain itu, aku mengikuti karate karena ingin menjaga diri dan dapat pengalaman,” imbuh dia. Latihan dia ikuti di lapangan sekolah setiap Senin, Sabtu, dan Minggu pukul 14.00 sampai 17.00 bersama Simpai Jamaludin dengan nama dojo Gojukai. “Tanggal 20 Januari mendatang, aku ujian kenaikan sabuk dari hijau ke biru. Sekarang lagi sibuk latihan agar lulus ujian,”tandasnya. (khifni/ timxpresi)

saan yang berlebihan dan mengkilap karena akan menarik perhatian orang yang melihat foto lebih ke arah perhiasannya daripada orangnya. Buat para cewek, hindari make-up yang bernuansa gelap terutama di sekitar mata dan pipi. Pakailah pakaian dan aksesoris yang berwarna cerah tapi tidak terlalu terang. Hindari memakai lipstik yang glossy karena akan memantulkan cahaya sehingga di bagian bibir nantinya akan ada bintik putih. Hindari lotion yang berkilau karena bisa memantulkan cahaya. Jangan terlalu kuatir dengan jerawat atau bintik-bintik pada wajah karena bisa dibersihkan dengan mudah setelah foto diambil. Bijaksanalah dalam memilih pakaian. Pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar bisa membuat kamu terlihat lebih gemuk. Baju atau blus yang tidak memiliki lengan bisa membuat lengan kelihatan lebih

besar. Warna pakaian dalam juga sebaiknya yang sesuai dengan warna baju. Bila warnanya terang, maka sebaiknya pakaian dalam berwarna kulit yang dipakai. Sedangkan bila bajunya berwarna gelap atau hitam, sebaiknya memakai pakaian dalam berwarna gelap atau hitam juga. Buat para cowok, tidak dianjurkan untuk memakai kaus dalam seperti t-shirt atau singlet putih karena bisa muncul di daerah leher atau lengan. Buat yang punya bulu di area wajah, dianjurkan bercukur sampai bersih sebelum sesi foto karena sulit untuk diperbaiki setelah foto diambil. (tim)

pengin bikin foto keluarga yang baru deh.. ada yang punya ide..?

dan besar, kalau memang sikap kita dengan keluarga tidak menunjukkan kekompakan ya tetap saja foto tersebut tidak mewakili kondisi keluarga kita. So, memiliki foto keluarga itu penting, tapi menjaga kekompakan dengan seluruh anggota keluarga juga nggak kalah penting. (tim)

RADAR TEGAL 15 JANU 2013  
RADAR TEGAL 15 JANU 2013  

RADAR TEGAL 15 JANU 2013

Advertisement