Page 2

OPINI

2

KAMIS 13 DESEMBER 2012

RADAR TEGAL

12-12-12 OLEH: M RIZA PAHLEVI TANGGAL 12, bulan 12, tahun 12, hanya terjadi sekali saja. Tanggal tersebut secara kebetulan angkanya sama, 12. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan tanggal tersebut. Yang istimewa hanyalah kebetulan angkanya sama, tanggal 12, bulan 12, tahun 12. Tidak ada yang lain. Hanya unik dan menarik, ketika misalnya tanggal itu dibuat acara yang monumental, berkesan dan selalu diingat. Tanggal 12, bulan 12, tahun 12, hanya kebetulan saja dari hitungan berjalan kalender. Tidak ada acara mistis dari tanggal tersebut. Sama hal dengan tanggal yang berangka sama. Seperti tanggal 11, bulan 11, tahun 11. Atau juga tanggal 10, bulan 10, tahun 10. Atau angka-angka unik lainnya, yang bertepatan dengan perhitungan kalender berjalan tersebut. Banyak hal bisa direncanakan sebelum dtangnya kalender unik tersebut. Seperti rencana pernikahan, sunatan atau pun kelahiran jabang bayi, atau agenda kegiatan lainnya. Yang jelas, jauh hari sebelumnya bisa direncakan untuk membuat momen biasa, yang bisa menjadi luar biasa karena uniknya tanggal tersebut. Sekali lagi, tak ada mistis dari berjalannya tanggal tersebut. hanya unik dan menarik saja. Sehingga tak perlu membuat unsur mistis dari kalender berjalan tersebut. Toh, setelah tanggal 12, bulan 12, tahun 12, masih akan berjalan lagi menjadi tanggal 13, bulan 12 tahun 12. Selain itu, juga akan berjalan lagi, tanggal yang unik di tahun-tahun berikutnya. Misalnya tanggal 11, bulan 12, tahun 13, seperti angka berurutan begitu. Dari tanggal-tanggal yang berangka unik itu, tentu saja sebagian orang merayakannya dengan agendanya masingmasing. Ada yang menikah pada hari itu, menggelar sunatan, atau bahkan memaksa lahir anak yang masih di kandungan pada hari itu. Yakni melalui operasi caesar. Begitu pula dengan agenda-agenda lainnya, yang telah direncakan jauh hari sebelumnya. Yang jelas, setelah tanggal 12-12-12 ini, masih banyak hari-hari lain yang unik dan menarik. Bukan hanya unik dan menarik, tapi mungkin menjadi hari yang lebih baik. Kiranya perlu menjaid renungan, bahwa hari-hari ke depan akan semakin lebih baik dari sekarang. Rugi orang yang hari ini sama dengan hari kemarin. (*)

Pasien Tambah Akeh ASSALAMUALAIKUM.. um Rateg, aku pan melu ngersula. Pimen yah pa, bisa tambah dina nang RS Kardinah sing mriang penyakit dalam tambh akeh nemen, mbok poli penyakit dalam ditambah maning ben antriane ora dawa nemen. 085225894839

Ambrol, Pada Bolong MELU ngresula kyeh, kae dalan ng Kemantran ngetan nganti Jatibogor kayong ambrol nemen, bolong2 ora karuan, apa maning dong musim udan parah nemen, tolong dibnerna kweh, pajak motor ya bayar ko dalan ky kuwe dlengna tok! Duite mendi? 081803928054

Tidak Ada Materialnya JALAN Warureja-Babadan hampir selelesai, yang ke Sumbe kok gak ada matrialnya. Mohon bantu sampekan ke pemerintah daerah. Nuwun. 082138191172

Ijazah Durung Dijukut KANG Rateg aku melu ngresula, para guru2 , ijasahe aku durung dijukut lulusan 2012, donge olh legalisire mbuh apa owh, masa kie ora olih. Kayonge sekolahe aku tok sing kaya kye, ora melaz bpak, ibu guru , murid2mu akeh sing nganggur. 089692055949

Pas Udan PLN Mati AKU pan melu ngresula len. Donge PLN pimen sih, wong lg udan gede nemen ndadake listrike mati. Dong pan mati aja pas udan. Melas cah cilik gemboran bae. Tq. 085642511924

DPU Bumiayu Mlempem ASS Bupati dn Wakilnya, tlong jalan dlm kota Bumiayu kaya kali kering sgr diperbaiki, DPUnya ko mlempem tdk sgr diperbaiki? Apa sdh pkai pesawat jd ms bodoh menangani jalan tsb, boro2 respon smpai kepelosok desa jln bs mulus. Dlm kotanya saja rsk parah dn becek aplg nangani dipelosok desa. Kami heran DPUnya kerjanya bgmn? Alias mlempem. DPU itu krjanya bkn mghadpi meja, hrs turun lgsg ke jalan jd bs tahu jln yg rsk dn perlu ditangani dhlu dn mengagendaknya utk lgkah pengusuln perbaikn trims. 081548035391

Jangan Hanya Alasan

Setiap Manusia Memiliki Kecerdasan OLEH : SHOKHIBUL ARIFIN, SPDI SAAT ini bagi para guru adalah hari-hari yang penuh dengan kesibukan. Hal ini dikarenakan para guru tengah menyusun, menganalisa, serta mengolah nilai dari peserta didik baik itu nilai ulangan akhir semester (UAS), ulangan tengah semester (UTS) maupun ulangan harian. Kemudian nilainilai itu akan dimasukkan ke dalam nilai raport. Konsentrasi harus selalu dijaga agar nantinya nilai yang berupa angka tidak melenceng dari pencapaian yang telah dikerjakan oleh peserta didik. Terlebih lagi ketika ada peserta didik yang nilainya di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), tentunya guru juga harus “mengobrak-abrik” peserta didik agar mau mengerjakan soal remidi. Hal ini membuat guru butuh ketenangan dan keonsentrasi agar tidak mengalami ketegangan yang berakibat fatal pada kondisi emosionalnya. Setelah raport selesai dibagikan kepada orang tua peserta didik, maka kebanyakan yang dilihat pertama kali adalah nilai dan rangking. Karena persepsi yang menjamur saat ini adalah pencapaian peserta didik terlihat pada nilai berupa angka. Hal ini tidaklah salah, karena nilai bagian dari pengukuran

kemampuan pes ert a d i d i k berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Akan tetapi yang menjadi permasalahan ketika orientasi hanya berkutat kepada angka belaka, dan ini menjadi persoalan mendasar pada saat ini. Anggapan bahwa pencapaian terbaik dalam pembelajaran berpusat pada hasil penilaian angka, akan cenderung untuk mengkotakkotakkan peserta didik. Ketika peserta didik tidak masuk dalam kriteria ranking teratas maka akan dianggap bodoh dan tidak cerdas. Namun apabila peserta didik mendapatkan nilai akumulasi tinggi akan masuk dalam rangking atas dianggap pintar, cerdas, dan berprestasi. Padahal anggapan seperti ini salah, akan tetapi sudah menjadi persepsi dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak bisa dibandingkan karena memiliki kecerdasan masing-masing. Tidak mungkin kita membandingkan mana lebih pintar antara Albert Einstein dengan Leonardo Da Vinci, atau antara Isaac Newton dengan Bethoven. Masingmasing memiliki karakteristik dan keahliannya. Jika kita menilik teori tentang kecerdasan manusia, menurut Howard Gardner bahwa ada 8 kecerdasan manusia meli-

puti kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan naturalis. Berbagai macam kecerdasan ini tidak selalu diukur oleh nilai yang berupa angka, adapun angka hanya menjadi alat bantu s a j a . S i f a t , k a r a k t e r, d a n kecerdasan manusia sangatlah sulit diukur dan dikuantitatifkan karena kompleksitas yang ada pada diri manusia, sehingga nilai angka bukan menjadi tujuan akhir dalam proses pembelajaran. Sistem rangking yang selama ini diterapkan memang menjadi kontroversi, di satu sisi sistem rangking memberikan motivasi bagi peserta didik agar selalu menjadi yang terbaik, di sisi lain sistem ranking bisa membuat peserta didik semakin tertekan. Ketika para orang tua menjadikan nilai dan rangking sebagai tujuan akhir maka hal ini akan mengganggu pengembangan potensi peserta didik. Bahkan bisa menjadikan tujuan pendidikan bergeser dari tempatnya. Anak harus menjalani latihan berat, berbagai macam kursus di luar tembok sekolah dilakukan, sampai

merampas hak bermain anak, bahkan ada sebagaian orang tua yang memberi contoh buruk kepada anaknya dengan contekan atau bocoran soal dengan harapan dan motivasi keliru yaitu agar hasil ulangannya bagus dan menjadi rangking satu. Padahal pembelajaran sangat menekankan pada proses, tidak hanya menilai dari akumulasi nilai keseluruhan. Mungkin ada peserta didik yang memperoleh nilai tinggi pada mata pelajaran olahraga d a n l i f e s k i l l, k a r e n a d i a memiliki kecerdasan kinestetis, namun memperoleh nilai rendah dipelajaran lain se-hingga akumulasi nilainya rendah. Jadi, peserta didik dengan keadaan seperti ini tidak perlu dianggap bodoh hanya semata-mata memiliki nilai rendah dan tidak masuk rangking atas. Alangkah baiknya ketika penerimaan raport di setiap sekolah, guru memberikan pemahaman kepada orang tua agar tidak terpaku pada nilai akumulasi dan rangking semata. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda dan tidak bisa dibandingkan, biarkan anak berkembang sesuai dengan bakatnya tanpa ada paksaan. Semua peserta didik adalah manusia cerdas dan Allah swt tidak pernah menciptakan produk

gagal. Disamping itu, peserta didik harus memiliki akhlak terpuji. Akhlak atau biasa disebut dengan karakter merupakan bekal bagi peserta didik untuk berinteraksi dalam masyarakat agar bisa berguna untuk agama, bangsa dan negara. Sedangkan ilmu pengetahuan berguna untuk bekal melanjutkan tahap pendidikan selanjutnya dan memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari. Apapun nilai yang didapatkan oleh peserta didik, kita patut memberi apresiasi dengan catatan jika cara yang digunakan adalah cara yang baik, prosesnya sesuai dengan kaidah pembelajaran. Ketika cara yang digunakan baik maka hasilnya pun akan baik, sebagaimana do’a yang sering kita panjatkan “fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah”. Motivasi dan bimbingan dari guru, orang tua serta masyarakat sebagai suatu keterpaduan pendidikan harus lebih di tingkatkan lagi agar peserta didik mampu menjadi manusia yang berguna dan selaras de-ngan tujuan pendidikan. (*) Penulis adalah Guru SDIT Harapan Umat Brebes, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

INI keluhan para guru... instansi yg ngurusi tunj sertifikasi klo tdk mampu bkrja jngan slalu beralasan ini-itu. Klo sudah waktunya dicairkan kenapa tertunda? Kalo hak Anda yg ditunda apakah mau..? 081548077280

Jalan Rusak Bergelombang UM Rateg tlong dimuat!? Untuk dinas yg terkait, tlong lah jalan Kertasari sampai Jatibogor untuk segera diperbaiki, jalan rusak bergelombang d’biarkan begitu, jembatanya juga lonsor berlubang. Tlong lah dinas yang terkait (DPU)?? 089633421215

Pan Dibongkar Paksa PAK Walikota Tegal Ikmal Jaya, aku a.n. Warga Kejambon sktr Jln. Nakula, bener2 kecewa marang Diskimtaru sing nduwe KEGIATAN: Pengembangan Teknologi Pengolahan Persampahan, PEKERJAAN : Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), SUMBER DANA APBN & APBD Rp 415 juta, Mulai 16 Juli - Selesai 16 Nopember 2012, PELAKSANA: KSM Melati Jaya Kelurahan Kejambon..... kye wis telat 24 hari, kuwe goroh, sebab sampe saiki durung rampung... lah terkait karo kuwe kami warga Kejambon wis mblenek nemen karo Tempat Pembuangan Sampah nang Jln. Nakula, aku tau nunggoni sing ngguwang dudu Kejambon tok.... sing Panggung ngguwange ya mono, aku ana fotone kabeh, kuwe durung yen para pemulung teka, tambah kaco, separo dalan isine runtah sing di-ceker2 mambune baleng, ngganggu nemen anggone pengguna dalan lan sing mlayu2 esuk, aku wis komplen ke Pak Kasmali, Lurah Kejambon ber-kali2, tp Lurahe sampe Camate ora bisa ambil solusi. TULUNG AJA DISALAHNA yen akhir Desember pan dibongkar paksa daning warga sktar jln. Nakula, semata-mata kanggo kepentingan umum, mohon tindak lanjute. Nuwun. Joko Sundang. 085842225887

tdk terjadi pengeroyokan warga.

Lebih Pentingkan HP HARI Senin 10 Des 2012 sore hari pk.17 .20. Kejadian di jalan PANTURA, tepatnya di depan S.D 01 Kaligangsa. Ada orang tua mau belok kanan ke Perum PNS Kaligangsa naik motor, lampu saint kearah kanan menyala jelas. Tapi dari arah timur ngebut sambil main HP, pemuda berseragam menabrak dari belakang sampai orang tua itu terpental dan motornya rusak parah. Tapi apa lacur pemuda tsb mengutamakan HPnya yg jatuh dicarinya, daripada menolong korban apalagi mohon maaf. Sedangkan motor orang tua korban motornya rusak parah butuh perbaikan. Apakah mental pemuda itu tdk punya rasa kasihan. Tolong bagi yg merasa menabrak, untuk bisa merenungi masalah tsb. Untung

081932735145

Karena Bukan Ahlinya MEMBACA RADAR TEGAL edisi Senen 10 Des 2012, Plt Bupati Tegal mengatakan Kab Tegal kesulitan bayar gaji PNS? Menurut saya adalah kegagalan beliau menempatkan orang2 yg bukan ahli di bidangnya karena sesuatu yg dipimpin bukan ahlinya tunggulah keruntuhanya. Dan sesunguhnya msh banyak potensi yg ada di Kab Tegal blum tergali baik SDA maupun SDM nya, semoga ini menjadi acuan atau kebijakan selanjutnya sehingga ada peningkatan PAD . Trima ksh . 08161196188

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan anda ke rubrik Ngresula ini, via SMS ke 083861302125, email rateg2000@yahoo.com, surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal. Tulis dengan bahasa yang sopan dan bisa menggunakan bahasa Tegal. Dapatkan kaos Ngresula, yang berisi SMS ngresula pilihan Hanya Rp60.000/pcs. Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo, Direktur: Moh. Sukron Pemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: M. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Iman Teguh Supriyono. Redaktur: Zuhlifar Arrisandy, Moch. Arifin, M. Riza Pahlevi, Khikmah Wati, Arief Nur Rahardian Sidiq. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: M Saekhun, Laela Nurchayati, Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. Brebes: Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Iman Teguh Supriyono (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, M. Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal Ghoni, M. Fatkhurrohman. Pemalang: Embong Sriyadi (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno, Himawan AR, Moh. Khasanudin. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan, M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Anwar Fathoni. Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Hesti Prastyani (Manajer), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Pemasaran: Sunarjo (Manager), Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Wahyu, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari, Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. Promosi (Off Print): Taufiq Ismail. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta: Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks. Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal. Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/ Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 25.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 17.000/baris, Iklan Colour: Rp 37.000/mm kolom. surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerima Iklan halaman 1 (depan): Rp 75.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-501.000. imbalan dalam bentuk apapun dari narasumber. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal

RADAR TEGAL 13 DESEMBER 2012  

RADAR TEGAL 13 DESEMBER 2012

Advertisement