Issuu on Google+

INDONESIA URBAN WATER, SANITATION AND HYGIENE

Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten

Di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, IUWASH bekerja di sebelas kabupaten/ kota, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi, Kota Bogor, DKI Jakarta, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

IUWASH

Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) atau Program Air, Sanitasi dan Kebersihan Perkotaan Indonesia adalah proyek yang didanai U.S. Agency for International Development (USAID) atau Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat. IUWASH bertujuan mengembangkan akses layanan air dan sanitasi untuk masyarakat, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan Indonesia.

Tiada hari tanpa air: di berbagai lokasi di Indonesia, masyarakat di perkotaan dan perdesaan masih banyak menggunakan sumur sebagai sumber air bersih dan air minum untuk bermacam-macam keperluan.

PEMDA KAB. BEKASI

DKI Jakarta: Sistem sanitasi hanya menjangkau 2% dari populasi

Tantangan air bersih: salah satu sumber air baku yang masih harus diolah secara sederhana oleh sebagian masyarakat perkotaan di Kabupaten Bekasi untuk digunakan sebagai sumber air bersih.

Sistem pengumpulan dan pengolahan air limbah perpipaan skala kota yang dikelola oleh PD PAL Jaya hanya menjangkau 2% dari populasi. Mayoritas penduduk Jakarta mengandalkan sistem pengolahan tinja individual seperti cubluk atau tangki septik, namun 46% dari sistem tersebut tidak memenuhi standar teknis (Mercy Corps, 2007). APBD DKI Jakarta adalah yang terbesar dibandingkan provinsi lain, namun prioritas investasi di sektor air minum dan sanitasi tetap menjadi tantangan terbesar. Meskipun cakupan pelayanan air minum perpipaan mencapai 61,8% namun PAM Jaya masih mengalami kesulitan untuk meningkatkan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Saat ini, IUWASH telah berkoordinasi dengan PD PAL Jaya serta PT Palyja untuk membantu menjangkau sebanyak mungkin MBR melalui skema yang inovatif, diantaranya adalah sambungan meter


minum dan sanitasi. Hal ini dilakukan dengan berbagai bentuk bantuan teknis yang meliputi kegiatan bagi peningkatan kebutuhan terhadap pelayanan air dan sanitasi di kalangan masyarakat, misalnya mendukung penyelenggaraan Program STBM dan pengembangan akses sanitasi berbasis masyarakat.

PEMDA KAB. BEKASI

IUWASH juga membantu meningkatkan kapasitas lembaga yang memberikan pelayanan air, seperti PDAM dan dinas-dinas terkait lain yang memberikan pelayanan sanitasi, termasuk di dalamnya adalah membantu penyusunan Strategi Sanitasi Kota/Kabupaten. Selain itu, IUWASH juga memberi dukungan bagi penyelenggaraan tata kelola dan pendanaan yang mendukung perluasan akses sanitasi dan air, yang dalam hal ini bisa berupa akses terhadap alternatif pembiayaan, serta regulasi terkait pelayanan air minum dan sanitasi. Sumber air bersih berbasis masyarakat di Kabupaten Bekasi: Instalasi Pengolahan Air (IPA) beserta rumah jaga sekaligus kantor operasional IPA.

induk untuk air bersih dan perpipaan air limbah berbasis masyarakat. Pendekatan yang sama juga akan dikembangkan lebih lanjut dengan mitra swasta lainnya.

Jawa Barat & Banten: Air tak berrekening 11%-47% dan 60% tangki septik tak layak Sementara itu, di Jawa Barat dan Banten, PDAM setempat hanya mampu melayani 8% sampai 60% dari populasi, dengan air tak berrekening antara 11% sampai 47%. Tantangan utama kedua provinsi ini adalah mengelola sumber air baku untuk memenuhi tuntutan air bersih masyarakat saat ini dan nanti. Di Kota Bogor, berkat pinjaman Bank Dunia, PDAM setempat akan memasang 9.000 sambungan baru setiap tahun selama 2013-2019. Pada sektor sanitasi, sistem perpipaan skala kota hanya tersedia di kota besar seperti Bandung dan Bogor. Kota lain masih mengandalkan sistem pengolahan tinja individual seperti tangki septik, yang sekitar 60% dari sistem tersebut dikategorikan tidak layak (Studi Bank Dunia, 2008). IUWASH berkomitmen memperkuat dan memperbaiki kapasitas penyedia layanan, serta mendorong munculnya kebutuhan MBR akan layanan air dan sanitasi yang lebih baik.

Mendukung pemerintah daerah meningkatkan layanan dan akses air minum dan sanitasi Di Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, IUWASH akan bekerja dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, juga berbagai donor dan program pembangunan, dengan titik berat pada menciptakan kebutuhan masyarakat akan layanan dan akses air

Prioritas umum kegiatan di kabupaten/kota Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten: • Peningkatan akses masyarakat untuk air bersih, • Peningkatan akses masyarakat untuk sanitasi yang layak, • Pendampingan Pemda untuk penguatan kebijakan sektor air bersih dan sanitasi, • Dukungan dan promosi Program STBM, • Peningkatan pelibatan masyarakat untuk program air minum dan sanitasi, • Perbaikan kinerja PDAM di bidang manajemen, teknis dan keuangan.

Untuk informasi lebih lanjut:

Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Mayapada Tower Lt. 10 suite 01 Jl. Jenderal Sudirman Kav. 28 Jakarta12920, Indonesia Tel. +62-21 522 - 0540 Fax. +62-21 522 - 0539 info@iuwash.or.id www.iuwash.or.id www.facebook.com/iuwash @airsanitasi di Twitter


Iuwash info sheet regional west java dki banten id