Page 1

INFO SHEET

Spektra, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) menerima dana hibah dari IUWASH untuk melaksanakan program penyediaan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Sidoarjo, Jawa Timur menggunakan sambungan komunal melalui meter induk. Meter induk adalah pendekatan alternatif untuk menyediakan air minum perpipaan untuk kawasan kumuh padat penduduk.

Air dan Sanitasi di Kabupaten Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo terletak 20 kilometer atau satu jam perjalanan dari Surabaya, ibukota Jawa Timur. Sidoarjo memiliki penduduk 1,9 juta jiwa. Layanan PDAM mencapai sekitar 100.000 sambungan dan ketersediaan air baku makin berkurang. IUWASH mendukung PDAM untuk mengadakan analisis keuntungan biaya untuk rencana investasi pengajuan proyek mata air Umbulan serta meningkatkan kualitas sumber air baku PDAM. MBR di beberapa daerah pinggiran Sidoarjo seperti Lemahputro, Karanggayam, Pecantingan dan Celep, masih belum mendapatkan akses layanan air perpipaan. Air tanah di wilayah tersebut cukup dangkal, kotor dan tidak sehat. Namun, PDAM Sidoarjo tidak dapat memberikan layanan air bersih untuk warga di wilayah ini karena beberapa faktor, seperti status resmi kepemilikan lahan (yang di antaranya dimiliki oleh Dinas Pengairan (PU) dan PT. Kereta Api Indonesia, serta rendahnya daya beli warga.

IUWASH JAWA TIMUR

Mengoptimalkan Jangkauan Program Meter Induk dan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Tim IUWASH mengunjungi kawasan padat penduduk di Desa Lemahputro, Kabupaten Sidoarjo.

Saat ini, masih banyak MBR di Sidoarjo harus membeli air bersih eceran yang dijual di tangki, gerobak ataupun air kemasan dengan harga lebih mahal. Sementara terkait masalah sanitasi, beberapa warga wilayah ini masih melakukan buang air besar sembarangan karena mereka tidak memiliki jamban, atau punya jamban tapi tidak ada tangki septik (sehingga kotoran langsung dibuang ke sungai). Sambungan Komunal Melalui Meter Induk di Lemahputro Program Meter Induk yang pertama di Kabupaten Sidoarjo dikembangkan oleh proyek USAID Environmental Services Program (USAID-ESP) pada tahun 2008. Program ini sukses memberikan manfaat bagi 56 KK melalui peningkatan akses untuk air bersih. USAID-IUWASH berencana memperluas pengembangan akses air bersih ini dengan metode meter induk untuk 400 KK di wilayah Lemahputro, Pecantingan, Karanggayam dan Celep di Kabupaten Sidoarjo. Lemahputro adalah kelurahan dengan penduduk 11.625 jiwa yang mayoritas bekerja di sektor informal. Pada tahun 2009, Lemahputro menerima dana hibah dari USAID-ESP untuk saluran komunal melalui meter induk bagi 100 KK, namun hanya 56 KK yang kini telah menikmati layanan sambungan air perpipaan melalui sistem meter induk ini. Sisanya yang 44 KK belum mampu memasang sambungan air karena kendala biaya. Untuk membantu mereka, IUWASH memfasilitasi kelanjutan program sehingga 44 KK ini mendapatkan akses air bersih perpipaan dari PDAM.


Kelurahan Lemahputro, wilayah padat penduduk yang terletak di seberang Stasiun Kota Sidoarjo (lihat sisi kiri rel kereta api).

Untuk keperluan minum dan masak sehari-hari, warga Lemahputro harus membeli air bersih dari penjual keliling dengan harga rata-rata Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per jerigen (25 liter), atau membeli dari tetangga yang sudah memiliki sambungan air PDAM. IUWASH berencana memfasilitasi warga yang ingin berlangganan air perpipaan dari PDAM Kabupaten Sidoarjo melalui mekanisme dana bergulir yang dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) setempat. KSM ini juga akan melakukan pencatatan meter dan menerima iuran bulanan dari warga yang akan disetorkan ke PDAM setiap bulan. Spektra bekerjasama dengan KSM Eko Proyo juga telah memasang sambungan air perpipaan baru bagi 44 KK di RT 07, RW 02 Kelurahan Lemahputro. Jamban untuk umum memang tersedia di wilayah ini, namun sejak jamban-jamban tersebut rusak maka tidak digunakan lagi. Warga Lemahputro yang tidak memiliki jamban pribadi masih suka buang air besar sembarangan di tepi sungai atau saluran irigasi. Untuk mengatasi masalah ini, IUWASH bekerjasama dengan PDAM, Bappeda, Dinas Kesehatan dan Pekerjaan Umum Kabupaten Sidoarjo dan masyarakat, serta memberikan dana hibah untuk program meter induk di Lemahputro (dan tiga wilayah lainnya; Karanggayam, Pecantingan dan Celep) Kegiatan terkait program meter induk dan STBM yang dilaksanakan di Kelurahan Lemahputro, Karanggayam, Pecantingan dan Celep meliputi: 1. Optimalisasi jangkauan meter induk dan pemasangan meter induk baru bagi 400 sambungan rumah (SR); 295 SR di tiga lokasi telah terpasang per Juli 2013

2. Pemicuan STBM yang melibatkan 180 warga di enam lokasi 3. Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebanyak 5 kali dengan melibatkan 220 warga 4. Memperkuat kapasitas KSM yang mengelola perbaikan sarana sanitasi dengan enam kali pelatihan manajemen dan keuangan bagi KSM yang sudah terbentuk 5. Evaluasi dan monitoring STBM dan PHBS sebanyak 3 kali, sehingga bisa tersusun rencana kerja masyarakat (RKM) IUWASH mendorong berbagai pemikiran dan intervensi kreatif yang akan dapat berkontribusi terhadap keberhasilan program ini.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Jl. Kapuas no. 48, Surabaya East Java - 60265 T +62-31 567-6098 F +62-31 567-6098 info@iuwash.or.id www.iuwash.or.id www.facebook.com/iuwash Twitter @airsanitasi

Info sheet grants in lemah putro id  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you