__MAIN_TEXT__

Page 1

Edisi II/Oktober 2012

D I O ABL

T E FRE

Sumpah Pemuda:

Pemuda Bicara, Pemuda Berkarya Pandji Pragiwaksono:

Bertansformasi Sesuai Zaman

SM TOWN Berhasil Puaskan Fans K-POP Indonesia


Pemuda Bicara, Pemuda Berkarya

Suara Pelajar

Ini Suara Gue! Suara Lo?

Inilah yang menjadi perhatian utama Suara Pelajar edisi Oktober ini. Pemuda bicara, pemuda berkarya. Momen sumpah pemuda yang diperingati 28 Oktober mendatang, salah satu alasan dan pertimbangan mengangkat tema ini. Sebagai media untuk pelajar, kita pengen tahu, telah sejauh mana tingkat pemahaman pelajar mengenai momen kebangkitan pemuda ini. Telah sejauh mana pula, pemuda (termasuk pelajar di dalamnya), tidak hanya menjadikan momen ini sebagai peringatan berulang yang nirmakna. Untuk itu, kita sama-sama perlu mempertanyakan ulang; masih saktikah ‘sumpah’ yang dulu itu?

suatu bangsa.

Saya yakin, hampir setiap kita sering disuapi quote Bung Karno: berikan aku sepuluh pemuda, maka akan aku guncangkan dunia! Kesaktian kata itu telah terbuktikan. Kita perlu sedikit ‘membaca’ sejarah, bagaimana pemuda menjadi salah satu motor penggerak kemerdekaan bangsa ini. Di luar itu, pemuda telah banyak memberikan sumbangsih bagi perubahan bangsa. Gebrakan pemuda kerap kali menjadi cikal perubahan besar. Tumbangnya rezim Soeharto telah sangat menjelaskan semuanya. Bila boleh disimpulkan, pemuda punya kapasitas dan peran yang besar dalam sebuah kemajuan dan perubahan

Bagaimana pemuda hari ini? Media massa memberi jawaban. Isu buruk belakangan ini, sangat menampar citra pemuda sebagai change maker, pun telah menodai karakter pemuda hari ini. Tawuran dan aksi-aksi brutal yang sangat tidak mencerminkan karakter pemuda Indonesia. Ironisnya, aksi brutal ini membuat korban berjatuhan. Tak hanya tawuran, banyak lapor merah pemuda hari ini yang sangat mengecewakan bagi para ‘pemuda terdahulu’ yang telah membuat cita-cita besar akan arti penting sebuah kemajuan. ‘Dosa’ apalagi selain tawuran? Simaklah media, isu-isu kekerasan, pemerkosaan, narkoba, hingga masalah pendidikan tiada henti diaktori oleh kaum muda. Rasanya, ada banyak ‘pekerjaan baru’ yang belum terselesaikan! Banyak cara positif, bagi pemuda yang mau bicara dan mau berkarya. Sejumlah pemuda bangsa ini telah membuktikannya. Di negara orang, ia harumkan nama bangsa ini. Ia lanjutkan tongkat estafet perubahan dan cita-cita akan kemajuan besar demi nama negeri ini. Itupun, atas dasar kemauan dan kerja keras yang mati-matian. Dilemanya, tak sedikit dari mereka yang luput dari ekspose media dan support dari pemerintah. Begitulah. Nah, di edisi kali ini, kita mencoba mengajak kalian, memetik inspirasi dari isu yang kami tampilkan. Mengajak kalian berkarya dengan cara kalian. Membuat nama Indonesia dibicarakan di manamana dalam semangat dan motivasi prestasi yang tinggi. Mencatat sejarah untuk Indonesia di mata dunia. Mewujudkan mimpi para pejuang menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang berada di garda depan, dan membuat sejarah dalam peradaban dunia. Setidaknya, kalian perlu berpikir ulang, apakah sudah di tempatnya posisi kalian? Sudah di tempat yang benar untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan. Jangan tutup mata kalian karena dunia menunggu kalian. Bangsa ini (masih) dan sangat membutuhkan kalian. Berbuatlah; ‘bicara’dan berkarya.

Dodi Prananda

Tamu Super : Mentari Gantina Putri Hal 2 Event : Serunya Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Kapuas 2012 Hal 5 Bintang Super : Panji Pragiwaksono: Bertansformasi Sesuai Zaman Hal 6 2

Direktur Utama

A. Fajar Kurniawan

Direktur Marketing Dinnur Garista W. Rosita Wiryandari

Pemimpin Redaksi

Dodi Prananda – @pranandadodi

Redaktur Pelaksana

Inggritha Adwinchia – @inggritos

Redaktur Penanggungjawab Rubrik Tsurayya Ghaida – @tsoerayyaghaida

Redaktur Artistik dan Lay Out Nori Ayufi – @noriayufi

Redaktur Foto

M. Hanev Hanada – @nev_hanada

Reporter

Titus B.M. Sihombing – @titussih Irfan Sael Perdana - @Irfansael Ahmad Singgih Febriarto – @asingfebriarto Annisa Dewanti Putri – @adp_skywalker Puput Tripeni Juniman – @puputtripeni

Kontributor

Bani Adlan (Bandung) Billa Ashaninka (Depok) Eva Selenia Desi (Bogor) Hasnul Namira (Padang) Naufal Fadhlullah (Pekanbaru)

Marketing dan Sirkulasi Tim Suara Pelajar

Tabloid Suara Pelajar diterbitkan independen dan nonprofit oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF). Telah dilaunching secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI, 7 Juli 2012, Di Plaza Blok M, Jakarta

Salam Suara Pelajar

Daftar Isi

@SuaraPelajar_ID

Bintang Super: SMTOWN Berhasil Puaskan Fans K-Pop Indonesia Hal 7 Jelajah: Pesona Taman Tesso Nilo Hal 10 Liputan Event : FOR 4 : Forumnya PelajarPelajar Terpilih Hal 12

On the cover Model Fotografer Lokasi

: Mentari Gantina Putri : M. Hanev Hanada : Miriam Budiardjo Research Center, FISIP UI Make-up & Kostum : Pribadi Edisi EdisiII/Oktober II/Oktober2012 2012


Tamu Super Mentari ‘Nenon’ Gantina Putri

Si Mojang Berprestasi dari Sukabumi sebut Nenon, putri pasangan Novel dan Nenden Risnawati ini mengenang perjuangan yang telah ia lalui.

Cerita ‘Hectic’ Karantina Banyak cerita menarik Nenon soal pengalaman selama mengikuti Karantina. Antara lain, tentang kesibukannya yang sempat keteteran mengikuti karantina pemilihan Mojang dan Jajaka Jawa Barat karena juga mesti harus menyelesaikan tanggungjawabnya di kampus. “Merasa banyak beban banget saat itu. Hectic bangetlah. Karena aku juga masih mengikuti kegiatan Ospek di kampus. Aku jadi penanggungjawab drama untuk HI angkatan 2011 dalam acara Gelaran dan Apresiasi Seni Mahasiswa Baru (Gelas Maba –red) di FISIP saat itu,” ungkapnya. Karena mesti harus fokus menyiapkan konsep drama dan pemerannya dalam kompetisi seni antar jurusan di FISIP itu, Nenon sempat menunda persiapannya.

Selain muda dan cantik, Tamu Super (Suara Pelajar) kali ini juga sarat akan prestasi. Pernah menyabet predikat sebagai Mojang Sukabumi, ia pun melebarkan sayap prestasinya hingga menjadi Mojang Jawa Barat beberapa bulan lalu. Ialah Mentari Gantina Putri atau yang akrab disapa Nenon. Si Mojang berprestasi yang berasal dari kota Sukabumi, Jawa Barat. Yuk, kenalan lebih dekat dengannya! “Semuanya bermula ketika aku ikut Pasang Giri Mojang Jajaka Sukabumi. Padahal, waktu itu lagi sibuksibuknya nge-band. Ada yang nyuruh ikut. Setelah aku pikir-pikir, kayaknya nggak ada salahnya mencoba,” ujarnya kepada Suara Pelajar, beberapa waktu lalu. Nenon pun mendaftarkan dirinya pada ajang tersebut. Ia bahkan tidak pernah menyangka akan menjadi ‘ratu sejagad’ dalam ajang itu. Siapa sangka, Nenon keluar sebagai pemenang pertama dengan meraih gelar Mojang Sukabumi tahun 2011. Hmm.. how lucky she is.. Ketika tengah berbahagia usai meraih gelar Mojang Kota Sukabumi tahun 2011, kebahagian lain pun menyusul Nenon. Nenon yang pernah bersekolah di SMA Negeri 3 Sukabumi ini, dinyatakan lulus sebagai Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia melalui program SNMPTN Undangan. Ini pun semakin memperlengkap prestasi Nenon untuk bidang akademik. Nggak salah kalau dibilang, Nenon jago di akademik dan nggak kalah oke di non akademik. Sabi! Perjuangan Nenon, ternyata tidak berakhir sampai di situ. Kendatipun telah meraih sebagian dari mimpinya, ia masih mencoba melakukan pencapaian yang lain. Ia harus mewakili kotanya, Sukabumi, di dalam ajang yang sama, namun kali ini di level yang berbeda. Nenon akan bertarung bersama Mojang dan Jajaka asal kota lain seperti Bandung dan Garut untuk unjuk kemampuan dalam pemilihan Mojang dan Jajaka Jawa Barat 2011. “Di sana aku ketemu 25 Kokab Se-Jawa Barat. Aku pesimis banget karena persiapan minim gara-gara fokus untuk kegiatan semester perdana di kampus,”

Edisi II/Oktober 2012

“Sampai karantina, aku sempat stres karena merasa persiapan sama sekali nggak maksimal. Saking stres, sempat nangis di karantina,” jelas Nenon, peserta Forum Pelajar Indonesia II di Jakarta ini, sebagai utusan Kota Sukabumi. Ia melanjutkan, meskipun begitu, ia mencoba untuk tetap mengikuti seluruh rangkaian karantina dengan ikhlas. “Apapun hasilnya, aku do my best aja pokoknya waktu itu,” tambah Nenon. Perjuangan Nenon, jelas tak sia-sia. Ia pun menikmati buah manis dari perjuangannya itu. Tak dinyana, lagi-lagi keberuntungan masih di tangannya. Nenon pun keluar sebagai Juara pertama dalam ajang Pemilihan Mojang dan Jajaka Jawa Barat 2011 tersebut. “Dengar-dengar, katanya nilai tergede aku itu waktu unjuk bakat. Mungkin di situ para juri jatuh cinta sama apa yang aku tampilin,” kata cewek kelahiran 14 Maret 1993 ini. Karantina pemilihan Mojang dan Jajaka Jawa Barat meninggalkan banyak cerita menarik bagi Nenon. Kemandiriannya pun diuji. “Waktu karantina, yang paling berkesan itu mesti bangun pukul empat pagi, dan tidur pukul dua pagi. Aku itu padahal aslinya cuek, tapi di situ aku nggak bisa jadi orang cuek,” pungkasnya. Nenon pun banyak mengalami perubahan pasca terpilih. Seperti, perubahan dari cara penampilan. “Ya, mesti harus berpenampilan elegan untuk menampilkan sosok Mojang yang punya perhatian dalam penampilan,” katanya lagi.

sempat terikuti gara-gara mesti ikut Ospek dan nggak bisa ditinggal,” cerita Nenon. Tak hanya menjadikan ajang pemilihan Mojang Jajaka Sukabumi ataupun Mojang Jajaka Jawa Barat sebagai prestise semata, Nenon mengaku menjadikan ini sebagai bekal dan langkah awal untuk dirinya. “Aku itu pengen banget ikut Pemilihan Puteri Indonesia. Jadi, sekarang mulai dari level paling rendah dulu, biar ada pengalaman,” katanya. Bagi Nenon, seorang Puteri Indonesia tidak hanya semata menampilkan kecantikan. “Kontes seperti Puteri Indonesia bagi aku itu punya arti penting. Puteri Indonesia tidak hanya cantik, tapi juga kudu punya wawasan yang luas. Cantik dan pintar itu baru seimbang,” sebut Peraih Juara I Siswa Berprestasi Kota Sukabumi tahun 2009 ini. Harapannya saat ini, dengan bekal pengalaman yang ia dapat selama di karantina ataupun pasca menjalani tugas sebagai Mojang Jawa Barat, ia bisa melenggang ke pentas pemilihan ratu kecantikan sekelas Puteri Indonesia. “Doakan saja, semoga terwujud,” tutup Nenon. (Dodi Prananda)

Biodata Lengkap Nenon Nama lengkap : Mentari Gantina Putri Nama panggilan : Nenon Tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 14 Maret 1993 Asal SMA : SMA 3 Sukabumi Pendidikan saat ini : Mahasiswi Jurusan HI, FISIP, UI Hobi : Menyanyi, Menari, Renang dan Main Musik Orangtua : Novel (Ayah) dan Nenden Risnawati (Ibu) Twitter : @MentariNovel Prestasi : - - - - - -

Mojang Kota Sukabumi Tahun 2011 Mojang Jawa Barat Tahun 2011 Nomine Seniman Terbaik FISIP UI 2011 Peserta Forum Pelajar Indonesia II Tahun 2010 Juara Harapan I Siswa Terpuji Jawa Barat Tahun 2010 Juara I Siswa Berprestasi Kota Sukabumi Tahun 2009

Passion Jadi The Next Puteri Indonesia Menyandang predikat sebagai Mojang Jawa Barat, Nenon pun punya banyak aktivitas. “Mojang dan Jajaka terpilih jadi tamu-tamu daerah ke sejumlah kota. Beberapa waktu lalu, aku baru melaksanakan tugas di Gedung Merdeka. Ada acara kilas balik Jabar. Terus, di Subang juga jadi tamu dalam acara Batik Ambassador Subang. Ada juga yang nggak

3


Isu

Tawuran Pelajar, Haruskah Jadi Budaya Permasalahan di Indonesia sepertinya tak ada habisnya. Setiap harinya selalu muncul berbagai masalah yang tak pernah bosan menghiasi negeri yang indah ini. Mulai dari kalangan pejabat dengan masalah politik, birokrasi dan juga korupsinya sampai dengan para pelajar yang tampaknya juga tak mau kalah dengan masalahnya. Mulai dari seks bebas, narkoba sampai dengan masalah yang paling hangat saat ini, tawuran. Masalah tawuran pelajar menjadi masalah yang paling banyak disorot belakangan ini. Berbagai kasus tawuran pelajar marak terjadi di ibukota maupun di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Dampak dari tauran ini pun boleh dikatakan sangat serius, tercatat sudah puluhan siswa meregang nyawa. Menurut data yang dihimpun oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dalam kurun waktu Januari-Agustus 2012 telah terjadi 103 kasus tawuran pelajar yang terjadi di Jabodetabek dengan total korban jiwa sebanyak 17 orang. Kasus ini bukan hanya terjadi pada tingkat SLTA, namun juga terjadi di tingkat SLTP maupun SD. Jumlah kasus dan korban ini akan sangat mungkin bertambah jika tak ada tindakan pencegahan yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun pemerintah. Lantas apa sebenarnya masalah pokok penyebab

tawuran pelajar ini? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan tawuran ini terjadi, namun situasi emosional yang tidak stabil diindikasi sebagai penyebab utamanya. Fakta menunjukkan bahwa tawuran pelajar hampir selalu terjadi akibat masalah sepele seperti masalah percintaan, salah paham dan sebagainya. Tak adanya kemampuan pengendalian diri yang kuat yang akhirnya mendorong pecahnya konflik di antara para pelajar.

dah bagi para pelajar untuk saling berkompetisi. Hal ini dianggap penting karena pada hakikatnya manusia akan saling berkompetisi untuk saling mengalahkan, apalagi dikalangan pelajar yang kondisi emosinya sangat tinggi. Pihak sekolah harus lebih giat untuk mengadakan berbagai kompetisi ekskul antarsekolah yang pada akhirnya bisa menjadi media bagi para pelajar untuk memenuhi hasratnya dalam berkompetisi dan saling mengalahkan, tentunya dalam hal yang positif.

Di beberapa kasus juga ditemukan fakta bahwa tawuran antar pelajar terjadi akibat adanya budaya kekerasan yang memang sudah berakar lama di beberapa sekolah. Adanya dendam lama yang terus dijaga dan tak dapat diselesaikan antara dua pihak yang bertikai terus memunculkan gejolak emosi yang menyulut terjadinya tawuran. Lantas haruskan tawuran pelajar ini menjadi budaya bangsa kita?

Lantas masih haruskah tawuran menjadi budaya? (Irfan Sael Perdana)

?

Perlu adanya tindakan yang jelas untuk segera menyelesaikan masalah ini. Sekolah sebagai instansi yang paling bertanggungjawab seharusnya bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kalangan pelajarnya. Pihak sekolah harus berupanya untuk mencabut budaya kekerasan di kalangan pelajarnya. TIdak hanya dengan membuat perjanjian damai antar pihak sekolah, para pelajar juga harus dilibatkan dalam perjanjian ini karena nyatanya para pelajarlah yang bertikai, bukan pihak sekolah. Selain itu pihak sekolah harus menyediakan wa-

Apa Kata Pelajar Tentang Tawuran dan Pemuda Indonesia Hari Ini

?

Gita Novianti Suliawan (SMAN 2 Bengkulu) Menurut saya, tawuran pelajar adalah bentuk disintegrasi kita antar sesama pemuda. Itu mungkin disebabkan karena mereka gak nemuin wadah yang bisa menempa mereka untuk menjadi individu yang mampu mengendalikan emosi. Pemuda Indonesia pada dasarnya mencintai perubahan, tapi kadang sulit untuk bergerak menuju perubahan itu karena berbagai alasan, seperti alasan yang hanya mau menunggu dan menunggu.

Foto: Irfan Sael Perdana

Liputan Event

Deg-Deg-an Jelang Unjuk Bakat Peserta Actually, acara ini digelar secara tahunan di Kabupaten Kapuas. Tahun ini, sejak (1/4) helatan akbar ini telah digelar, ditandai dengan acara technical meeting yang berlangsung di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas. Technical meeting dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas, Bapak I Wayan Arnatha S, SH dan didukung sepenuhnya oleh Panitia Pelaksana yang terdiri dari personil Pimpinan Cabang Asosiasi Duta Wisata (ADWINDO) Kabupaten Kapuas dan Staf Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas . Oya, selain itu juga ada kegiatan pra lomba guys, yang berlangsung Senin (2/4) lalu. Peserta mendapatkan pembekalan seputar acara, bahkan juga harus mengikuti satu tahap yang bikin jantung peserta makin dug-dug-dug, yoi, ujian tertulis. Perjuangan meraih predikat Putra Putri Pariwisata Kabupaten Kapuas tak hanya berakhir disitu loh. Malam harinya, mereka juga harus mempersiapkan perfomance buat ‘Malam Unjuk Bakat’. Nah, di sinilah para kontestan harus do the best dan harus mencuri perhatian juri. Tak tanggung-tanggung, penampilan mereka disaksikan oleh tamu-tamu penting loh seperti Bapak Bupati Kapuas dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, undangan khusus seperti

4

Putra Putri Pariwisata Kota Surabaya, Putri Indonesia Kalimantan Tengah Tahun 2011, Nanang dan Galuh Banjar, Atak dan Diang Barito Kuala dan beberapa undangan lainnya. Sedikitnya, 28 orang kontestan unjuk bakat malam harinya. Mereka adalah 11 calon putra pariwisata dan 17 orang calon putri pariwisata. Dari kualitas para peserta yang akan berlaga di pentas Pemilihan Putra Putri Pariwisata Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2012 malam nanti pada dasarnya terbilang cukup bagus karena menunjukkan potensi intelegensia yang baik, kemampuan berbahasa Inggris yang memadai, sudah memiliki dasar pengetahuan modeling dan memiliki sikap percaya diri yang bisa diandalkan. ‘Sabi’ nggak tuh? Perjuangan Belum Usai, Grand Finalis Rebutan Gelar Gelar sebagai Putra dan Putri Pariwisata memang tak semudah itu mendapatkannya. Perjuangan belum usai loh. Kali ini, para grand finalis harus siap ‘bertempur’ sebelum penentuan hasil dan yang bakal meraih gelar yang impi-impikan seluruh kontestan tersebut. Sebanyak 28 orang finalis berusaha tampil maksimal. Mereka mengenakan gaun malam dan pakaian pesta untuk finalis putra. Mereka tidak hanya berlenggak-lenggok alias catwalk di stage, namun juga harus menjawab pertanyaan dari dewan juri. Pengetahuan mereka tentang pariwisata pun diujikan. Setelah melalui proses yang cukup melelahkan, menegangkan, menguras pikiran dan tenaga serta bercampur dengan rasa cemas berikut harapan akhirnya sampailah seluruh peserta dan penonton pada acara puncak yaitu penobatan Putra Putri Pariwisata

Sobat Suara Pelajar, inilah mereka yang berhasil menjadi bintang malam itu. Nama mereka diumumkan setelah berlagu terakhir kali di stage grand final. Selamat ya buat Putra Pariwisata Kabupaten Kapuas Tahun 2012, Julian Daniel ( SMA Negeri 2 Kuala Kapuas) dan Putri Pariwisata Kabupaten Kapuas Tahun 2012, Ursula Betyn T (SMA Negeri 2 Kuala Kapuas), Putra Favorit, Rio (SMA Negeri 2 Kuala Kapuas) serta Putri Favorit, Keren Hapukh Meirysary (SMA Negeri 2 Kuala Kapuas). (*)

Peserta FOR 4, Raih Gelar Putri Pariwisata Favorit Kapuas 2012 Salah seorang Peserta Forum Pelajar Indonesia 4, Keren Hapukh Meirysary perwakilan SMA Negeri 2 Kuala Kapuas, baru-baru ini menyabet gelar Putri Pariwisata Favorit Kapuas 2012. Keren yang dihubungi Suara Pelajar beberapa waktu lalu mengatakan ia puas atas pencapain tersebut. “Syukur bisa menyabet prestasi ini,” kata Keren. Doi juga menuturkan, ajang seperti ini sangat baik untuk generasi muda dalam mengeksperikan dirinya untuk ikut serta Keren (tengah) meraih dalam mencintai kebu- trophy penghargaan dayaan daerah. “Ini juga cara kreatif untuk mempromosikan daerah Kalimantan Tengah,” sambung Keren. Bagi Keren, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menghasilkan generasi-generasi muda yang mampu untuk mempromosikan pariwisata daerah yang maha karya akan keindahan alam tanah air. “Kalau nggak kita siapa lagi?” tutupnya. (*)

Edisi II/Oktober 2012

dok. panitia dan pribadi

Mencari bakat-bakat muda yang punya kepedulian terhadap pariwisata daerah, Kabupaten Kapuas pun menggelar pemilihan Putra Putri Pariwisata 2012. Acara tahunan ini berhasil menjaring anak-anak muda yang tak hanya cerdas dan punya penampilan super, tapi juga ‘melek’ soal potensi pariwisata setempat. Simak liputannya!

Kabupaten Kapuas Tahun 2012.

dok. panitia dan pribadi

Serunya Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kapuas 2012


News

Selamatkan Mereka!

Nasib Satwa yang Semakin Terancam Punah

Sumber: wwf.panda.org

Terbakarnya orangutan dua bulan lalu, memang menjadi berita yang mengejutkan. Bagaimana tidak, populasi orangutan pada saat ini hanya bersisa 54 ribu ekor, di mana dalam 10 tahun lagi diperkirakan akan punah. Bayangkan jika kasus seperti ini terulang berkali-kali, pasti kepunahan yang kita takutkan itu akan benar-benar terjadi. Mirisnya, ternyata saat ini sedang marak perburuan dan perusakan habitat mereka. Padahal spesies asli Indonesia ini termasuk binatang yang mempunyai reproduksi rendah yaitu hanya tiga kali seumur hidup. Salah satu jenis orangutan yang hidup di Rawa Tripa, Aceh, bahkan terancam punah dalam waktu dekat.

Menikah Diam-diam Bintang serial TV Gossip Girl Blake Lively (25 tahun) dikabarkan menikah dengan aktor tampan Ryan Reynolds (35 tahun) pada tanggal 9 September lalu. Pernikahan tersebut berlangsung di Boone Hall Plantation, South Carolina dan hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat kedua mempelai.

sumber foto: getty image

Untuk menjaga kerahasiaan rencana pernikahan mereka, Blake dan Ryan sampai-sampai memilih menunda pengajuan izin menikah hingga acara pernikahan terlaksana. Mulai dari dekorator Maggie Austin Cake, tempat Blake memesan kue pernikahan, sampai orang tua anak-anak paduan suara Gereja lokal sepakat tidak membeberkan rencana pernikahan Blake-Ryan. Telepon genggam juga disita dari para tamu untuk menghindari beredarnya foto acara itu. Menurut salah satu tamu, acara pernikahan Blake dan Ryan dimeriahkan oleh Florence Welch, teman Blake, dari Florence + The Machine, Bette Midler, dan seorang Deejay. (Tsurayya Ghaida)

Diperkirakan pada akhir tahun 2012 ini, jika pengrusakan habitat terus terjadi, maka mereka akan punah. Akibat pembukaan lahan dan pembunuhan secara sadis yang sering terjadi populasi orangutan ini terus menerus berkurang. Pada dua tahun lalu jumlah mereka ada 300 ekor namun tahun ini menyusut menjadi 200 ekor. Agar mereka terus hidup pembukaan lahan di rawa tripa harus benar-benar dihentikan. Bukan hanya orang utan, gajah Sumatera diperkirakan akan punah dalam kurang dari 30 tahun mendatang. Akibat habitatnya yang berkurang 70 persen, mereka kesulitan untuk bertahan hidup. Hingga saat ini, hanya tertinggal 2800 gajah Sumatera yang hidup di alam liar. Hal ini mendorong WWF (World Wildlife Fund) untuk mengubah statusnya dari ‘terancam punah’ menjadi ‘sangat terancam punah’. Walaupun menyandang status binatang yang dilindungi, pembunuhan terhadap gajah tetap marak terjadi. Banyak gajah yang dijebak dengan memberi makanan yang mengandung racun di perkebunan sawit. Gajah-gajah tersebut dianggap sebagai penggangu dan peru-

sak kebun mereka. Namun, ada juga yang menyebut pembunuhan itu karena ulah mafia gading gajah. Badak Sumatera bahkan lebih memprihatinkan lagi. Jumlah populasinya di seluruh Indonesia hanya tertinggal 250 ekor. Hewan ini kini hanya tertinggal di Indonesia yang mana di Negara-negara lain seperti Malaysia telah dinyatakan punah. Berkurangnya populasi badak ini adalah karena maraknya praktik perburuan. Manusia memburu badak untuk mengambil culanya yang dinilai mahal hingga ratusan juta. Masih banyak hewan-hewan lain yang terancam punah di Indonesia seperti harimau Sumatera, badak Jawa, kelinci Sumatera dan sebagainya. Sungguh miris menerima kenyataan jika kelak anak cucu kita hanya tinggal menerima cerita tentang satwa tersebut. Sebelum mereka benar-benar punah, belum terlambat bagi kita untuk menyelamatkan mereka. Stop perburuan dan pengrusakan habitat hewan sekarang juga! (Nori Ayufi)

Dibuatkan Peran Khusus

iPhone 5

Joseph GordonLevitt, aktor Inception dan The Dark Knight Rises, mengaku senang mendapat peran yang khusus dibuat untuk dirinya. Laki-laki kelahiran 17 Februari 1981 ini berperan sebagai Joe dalam film besutan Rian Johnson, Looper, yang rilis 28 September lalu.

Apple baru saja mengeluarkan produk trobosan terbaru. Yep, apalagi kalo bukan iPhone 5! Dalam satu minggu saja iPhone 5 sudah terjual sebanyak 5 million di US. Dengan layar yang lebih lebar 5 inches dan lebih ringan dibanding dengan iPhone sebelumnya, Apple memberikan pelayanan terbaik untuk para fansnya dengan mengeluarkan iOS 6 yang merupakan software download tercepat saat ini. Apple juga semakin memanjakan pelanggannya dengan membuka layanan delivery yang dinamakan ‘Personal Pickup’. Para pecinta Apple bisa pesen iPhone 5 secara online melalui website Apple loh! Kamu tertarik? Tunggu saja layanan ini sampai di Indonesia ya! (Inggritha Adwinchia)

“That’s the first time that’s ever happened in my career. And obviously, it’s a real honor, coming from a filmmaker I admire so much. Not long after we shot ‘Brick’ together, Rian [sutradara] started telling me about this time travel idea he had,” terangnya pada majalah Flaunt. Looper merupakan film dengan genre action thriller bertemakan futuristik yaitu tahun 2072. Di film ini, Joseph bersama Bruce Willis (Joe versi tua) beradu acting dengan Emily Blunt, Paul Dano, Piper Perabo, dan Jeff Daniels. (Tsurayya Ghaida)

Buahkan Karya Baru Setelah sangat sukses dengan seri Harry Potter-nya, J.K. Rowling kembali menuangkan ide kreatifnya dalam sebuah novel. Pada tanggal 27 September lalu, penulis kelahiran Bristol, 31 Juli 1965 ini meluncurkan karya terbarunya The Casual Vacancy yang diterbitkan oleh Little, Brown and Company.

di Inggris bernama Pagford. Di dalam website penerbit, dituliskan deskripsi plot dimana Pagford digambarkan sebagai “..kekayaan alam yang dimiliki Inggris, dengan alun-alun pasar berbatu dan biara kuno, namun dibalik itu semua adalah sebuah kota dalam perang.” (Tsurayya Ghaida)

The Casual Vacancy adalah adult novel yang mengambil latar sebuah kota kecil

Edisi II/Oktober 2012

“A little knowledge that acts is worth infinitely more than much knowledge that is idle” - Khalil Gibran 5


Bintang Super Pandji Pragiwaksono:

Bertansformasi Sesuai Zaman Pada tanggal 28 Oktober 1928, terjadi salah satu momentum penting bagi Indonesia, yaitu pembacaan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan salah satu pendorong bagi para pemudia Indonesia yang ada di masa itu untuk semakin memperjuangkan hak kemerdekaan bangsa kita. Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat dalam bagi para pemuda saat itu.

juang. Ingat, bahwa pada tahun 1928 orang -orang masih berperang. Maka berjuang dalam bentuk kongres, seperti kongres pemuda ke-2 ini bukanlah hal yang umum.

Tapi, itu dulu. Bagaimana dengan kita sebagai pemuda masa kini? Bagaimana kita menyadari makna dan penghayatan dari Sumpah Pemuda itu sendiri?

A: Sumpah Pemuda adalah ikrar yang relevan pada zamannya. Zaman sekarang, ada banyak cara baru untuk memahami dan menindak lanjuti Sumpah tersebut.

Pandji Pragiwaksono, seorang pemuda Indonesia yang sering menyentil para anak muda Indonesia masa kini melalui karya-karyanya, ikut berbicara mengenai Sumpah Pemuda itu sendiri. Q: Sebelum memulai, apakah Mas hafal Sumpah Pemuda tanpa mencari tahu di internet ataupun bertanya pada orang lain? A: Hafal, tapi bagi saya tidak hafalpun tidak mengapa. Indonesia adalah negara yang terlalu mengagung agungkan hafalan dan sangat jarang memperhatikan pemahaman. Anak SD juga bisa menghafal, tapi apakah mereka bisa paham? apalagi mengamalkan? Q: Apa arti Sumpah Pemuda bagi Mas Pandji? A: Sebuah momen untuk mengingatkan bahwa sejak dulu para pemuda yang selalu jadi inisiator perubahan, yang selalu punya cara yang berbeda dalam ber-

6

Q: Bagaimana Mas Pandji melihat penghayatan Sumpah Pemuda di kalangan pemuda Indonesia saat ini?

Contoh, kalau ada orang yang bilang “Dalam rangka Sumpah Pemuda harusnya kita 100% menggunakan bahasa Indonesia dan tidak menggunakan bahasa inggris�. Itu adalah ajakan yang dangkal. Lalu kalau seseorang menggunakan 100% bahasa Indonesia maka dia berarti cinta Indonesia? Presiden Soeharto tidak pernah menggunakan bahasa lain selain bahasa Indonesia, tapi 350T uang rakyat hilang dalam 32 tahun. Itukah cinta Indonesia? Jangan menilai kecintaan terhadap Indonesia dari apa yang dia gunakan atau apa yang dia katakan. Nilailah kecintaannya terhadap apa yang dia lakukan untuk Indonesia Q: Seperti apa pemuda Indonesia yang ideal menurut Mas Pandji?

Sumber: Flickr.com

A: Yang paham Indonesia yang sesungguhnya, yang paham minatnya dan mau berkarya untuk Indonesia Q: Menurut Mas Pandji, bagaimana cara membedakan Sumpah Pemuda tahun ini dengan tahuntahun sebelumnya ataupun dengan tahun depan dan seterusnya? A: Dari apa yang pemuda lakukan untuk bangsanya Q: Apa saja yang sudah Mas Pandji lakukan sebagai pemuda Indonesia? A: Hehehe, saya enggan untuk memberi tahu, kesannya pamer. Silakan google, anda akan temukan sendiri. (Inggritha Adwinchia)

Edisi II/Oktober 2012


Bintang Super

SM TOWN Berhasil Puaskan Fans K-POP Indonesia mereka dengan menggunakan bahasa Indonesia sederhana yang membuat para fansnya heboh saat mendengarnya.

thejakartapost.com

Sejak Sabtu (22/9) pagi hari, ratusan fans K-Pop sudah mengantri panjang di depan open gate konser yang dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Padahal konser baru akan dimulai pukul 18.00 WIB. Mereka yang berusia antara 15-25 tahun itu, mengenakan atribut khas fans club yang sesuai dengan idola mereka. Konser dibuka dengan aksi panggung dari f(x) dengan lagu andalan mereka, “Hot Summer”. Seluruh penonton yang berjumlah hampir 50 ribu orang tersebut, langsung berteriak kegirangan. Setelah menyapa para fans, f(x) melanjutkan aksi mereka dengan menyanyikan lagu “Pinocchio”. KangTa, salah satu penyanyi andalan SM pun mengambil alih panggung dengan lagu-lagu hitsnya yang mampu menyihir para fans untuk menyanyi bersama. Para fans kemudian meneriakkan antusiasme mereka ketika boyband terbaru SM, EXO, keluar dan menampilkan lagu hits mereka “History” dan “Mama”. Sama seperti f(x), EXO pun menyapa fans

Edisi II/Oktober 2012

Kemudian, saatnya SHINee untuk mengambil alih keramaian. Para fans langsung berteriak menyebutkan nama idola mereka sambil melambaikan light stick mereka. SHINee menyanyikan beberapa lagu diantaranya “Lucifer”, “Juliette”, dan “Sherlock”. Di antara semua pengisi acara SM Town, Super Junior – Suju adalah penyedot perhatian para fansnya selain Girl’s Generation. Para fans meneriakkan kembali nama idola mereka sambil berteriak histeris saat Suju menyanyikan lagu “Superman”. Tidak hanya itu, Suju berhasil menyihir para fansnya dengan lagu hits mereka yang lain, seperti “Bonamana”, “Sorry Sorry”, sampai lagu terbaru mereka “Sexy, Free, and Single”. Girl’s Generation juga berhasil memukau para fans dengan penampilan mereka yang cantik dan energik. Mereka menyanyikan lagu-lagu andalan mereka seperti “Run Devil Run”, “Genie”, “Gee”, dan “Kissing You”. Di tengah keramaian bersama para fansnya, mereka menyanyikan lagu “Happy Birthday” untuk salah satu membernya, Hyoyeon, yang saat itu sedang berulang tahun. Yunho dan Changmin dari TVXQ juga menyanyikan lagu mereka yang berjudul “Maximum” dan “Mrotic”. Selain itu, BoA juga berhasil meramaikan

suasana para fansnya dengan lagunya ballads dan upbeat. Di konser ini, juga ada beberapa kolaborasi yang dilakukan. Ada Jessica dari Girl’s Generation dan Krystal dari f(x) yang menyanyikan “California Dream”, serta Max Changmin dan Kyuhyun dari Suju yang menyanyikan lagu “Just The Way You Are”. Bahkan saat itu ada fans yang beruntung naik ke atas panggung dan dipeluk oleh mereka. Seluruh pengisi acara SM Town kemudian dengan resmi menutup konser yang bertotal 46 majalahouch.com lagu itu dengan menyanyikan anthem mereka yang berjudul “Hope” menggunakan kembang api dan lightning yang berwarnawarni serta ratusan balon yang haionline.com menghujani para fansnya. (Inggitha Adwinchia)

7


Review DIY

‘Petuangan’ Alice Membantai Zombie

Halloween’s Lantern

Resident Evil :Retribution (2012) Cast : Milla Jovovich, Michelle Rodriguez, Kevin Durand, and Sienna Guillory Produser : Paul W.s. Anderson, Jeremy Bolt, Don Carmody Produksi : SONY PICTURES Sutradara : Paul W.s. Anderso Milla Jovovich yang berperan sebagai Alice ditangkap kembali oleh Umbrella Corporation yang sekarang ini diperintah (diketuai) oleh suatu komputer yang diberi julukan the Red Queen (Si Ratu Merah). Alice berusaha kabur dari markas Umbrella dengan bantuan Ada Wong (Li Bingbing) bersamanya. Tetapi perjalanan mereka tidak hanya berdua, masih ada beberapa teman seperjalannya dulu telah datang kembali untuk menolong Alice dari markas Umbrella. Selain dari tujuan utama dari film yaitu menolong Alice dari markas Umbrella, Alice beraksi lagi juga untuk mencegah dan menghancurkan Umbrella Corporation dalam menyebarkan T-virus yang telah menginfeksikan masyarakat dunia menjadi zombie. Salah satu plus yang patut saya acungkan dalam film ini adalah musik, dan efek ketika

Tidak terasa bulan Oktober telah tiba. Berhubung sebentar lagi Halloween, tidak ada salahnya berkreasi dengan membuat pajangan lilin berbentuk hantu ini. mari disimak :)

1

Sumber: 21cineplex.com

berkelahi dan ketika tembak-menembak. Kelebihan dari film ini tidak lebih dari itu saja, aspek lain dalam film ini sedikit mengecewakan, seperti salah satunya adalah dialog yang dipercakapkan sangat kaku dan beberapa dialog yang memang ditujukan untuk maksud humor ternyata tidak terlalu lucu. Cerita sangat cepat dan cenderung berjalan terus pada alurnya, namun mudah sekali ditebak. (Titus Sihombing)

Siap-siap, Sentuhan Alicia Keys dalam Girl on Fire

Sekilas melihat beberapa Lagu yang dipublikasikan dari Youtube dalam album ini, banyak sekali membicarakan tentang cint. Tidak hanya cinta terhadap pasangan, tetapi kepada semua manusia yang kita temui. Alicia Keys tidak pernah mengecewakan dalam membuat dan memasukan lirik dalam musik. Suaranya yang sangat khas terkadang membuat orang 8

2

Lukis gelas dengan cat hitam membentuk pola mata dan mulut

Penyanyi : Alicia Keys Judul Album : Girl on Fire Release : November 2012 Kamu pengaggum Alicia Keys yang merindukan lagu-lagu terbaru Alicia? Nah, ada kabar menggemberikan dari pelantun lagu ‘No One’ ini. Yap, Alicia Keys akan merilis lagi album terbarunya. Artis Soul/R&B yang memenangkan 14 Grammy Award akan merilis album yang bertajuk Girl on Fire pada bulan November mendatang.

Persiapkan bahan: 1. Gelas Kaca 2. Cat 3. Kuas 4. Lilin 5. Korek Api

3 Sumber: Billboard.com

ikut merasakan dan emosional ketika mendengar lagu-lagu dan musiknya. “Money, some people so poor all they got is money,” kalimat ini sangat menyentuh dan menyadari bahwa uang (money) bukan merupakan ukuran seseorang menjadi kaya. Orang bisa mempunyai banyak uang dan menjadi kaya, tetapi bukan berarti hatinya tersebut kaya. Menurut Alicia dalam lagu ini, ukuran seseorang menjadi kaya adalah seberapa besar hatinya dan cintanya terhadap orang-orang di lingkungan sekitar. Sweet kan? Tunggu aja sentuhan yang segar dari Alicia ini di November mendatang. (Titus Sihombing)

Letakkan lilin dan hidupkan api. Pajangan siap untuk digunakan! Ayo siapkan alatnya dan selamat Berkreasi! Teks dan Foto: Nori Ayufi

Edisi II/Oktober 2012


NASIONAL.IS.ME

‘Melihat’ Indonesia Dari Kacamata Pandji “Bagaimana mereka bisa bilang mereka benci Indonesia kalau yang mereka tahu hanya Jakarta. Bagaimana mereka bisa bilang benci Indonesia kalau yang mereka tahu tentang Indonesia hanyalah dari apa yang mereka baca di media dan tonton di tv. Indonesia begitu luas. Begitu banyak yang terjadi di Indonesia. Media tidak akan bisa meliput dan mengungkap semuanya. Dan, terus terang mengingat mereka tetap butuh menjual medianya dan faktanya berita buruk lebih seru ditonton, maka porsi akan kebaikan Indonesia sangaat minim”

Judul Penulis Penerbit Penyunting Pemeriksa Aksara Tebal Harga Rilis ISBN

: Nasional.Is.Me : Pandji Pragiwaksono : Bentang Pustaka : Ikhdah Henny : Nunung : xiv + 330 hlm : Rp54.000 : Juli 2011 (Cet. I) : 9786028811538

Itulah penggalan salah satu bab dalam buku Nasional.Is.Me karya Pandji Pragiwaksono yang menarik untuk disimak jelang Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang. NASIONAL.IS.ME atau dalam Bahasa Indonesia berartikan saya adalah bangsa. Makna “nasionalime” kini sudah mengalami pergeseran. Banyak orang yang mengartikan “nasionalisme” dengan ‘semangat kebangsaan’ atau ‘rasa cinta Indonesia’. Memang tidak salah, namun dalam bahasa sederhananya, nasionalisme adalah sebuah paham yang meyakini bahwa perbedaan dalam sebuah negara harus dipersatukan. Itupulalah yang coba disampaikan oleh Pandji Pragiwaksono dalan buku berjudul NASIONAL. IS.ME yang dirilis pertama kali pada 24 April 2010 dalam format e-book, namun karena tingginya permintaan buku ini hadir dalam bentuk fisik yang

Only Time Bila Waktu Bicara

Melanie Rheesyd atau yang biasa disapa dengan Mel ditakdirkan menjadi gadis yang cerdas namun sayang, perjalanan cintanya tak semulus nilai-nilai yang diraih saat ia menjalani pendidikan formal atau di saat ia menulis cerpen. Penghianatan cinta yang diterima Mel, tak membuatnya sedikitpun kehilangan rasa sayang terhadap lelaki yang bernama Adith.

Judul Penulis Penerbit Terbit

: Only Time : Siti Sofiah Hasibuan : Azam Jaya Press : Maret 2012

Guys, ini adalah novel pertama karya Siti Sofiah Hasan Hasibuan yang diterbitkan oleh Azam Jaya Press pada Maret 2012 lalu. Novel ini menceritakan lika-liku kehidupan seorang gadis bernama Melanie Rheesyd, perkara cerita cinta dan impiannya menjadi seorang penulis yang diselingi oleh kisah menarik dari keluarganya sendiri. Edisi II/Oktober 2012

Semakin hari, rasa cinta Mel yang begitu kuat terus tumbuh bahkan menyakiti dirinya sendiri. Untungnya, Mel memiliki orangtua seperti Hasan dan Derli, walaupun Mel tak pernah akur dengan ibunya, Derli. Tapi, justru pertengkaran-perengkaran kecil membuat novel ini terlihat lebih menarik. Mel juga memiliki Lio Rheesyd kakaknya yang lembut tapi jantan, kisah cinta Lio menjadi bumbu tersendiri dalam novel ini. Ada juga Sara, sahabat Mel yang selalu datang dengan penuh rasa pengertian. Menariknya novel ini tidak hanya diwakili oleh penuturan satu tokoh saja, semua tokoh berbicara dalam novel ini berdasarkan sudut pandangnya melihat sisi-sisi kehidupan masing-masing. Kecerdasan penulis merangkai ka-

Buku Super diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Pandji mengemas buku ini dengan sangat tertata dan cara penulisan yang ringan, dan menyebarkan semangat optimism dalam setiap katanya. Buku ini menghadirkan cerita lain tentang Indonesia, Mulai dari budaya sampai sejarah. Dari pariwisata sampai ekonomi. Dari olahraga sampai prestasi. Dari terorisme sampai persatuan. Dari metropolitan sampai pedesaan. Dari kesehatan sampai pendidikan. Dari sebuah kebanggan yang memukau sampai sebuah kekecawan yang pilu. Semua tentang Indonesia, terungkap dari kacamata seorang Pandji. Membuat kita membuka mata memandang Indonesia dari sudut pandang yang berbeda. Banyak rahasia yang sebelumnya tak pernah kita ketahui, diungkapkan dalam buku ini dengat sangat informatif. Pandji menyebarkan semangat optimisme untuk masa depan bangsanya. Mengajak kita mengenali bangsa. Menemukan passion dan berkaryalah untuk Indonesia. Ukirlah prestasi untuk Indonesia. Tempat berlindung di hari tua. Oya, setiap yang membeli buku ini, artinya, kita telah menyumbang satu buku untuk saudara kita di Indonesia. (Puput Tripeni J.)

ta-kata menjadi daya tarik tersendiri membuat kita turut terhanyut berimajinasi di dalam cerita. Begitu banyak pelajaran berharga yang dapat disimpulkan dari novel ini, tentang makna cinta, persahabatan, kekeluargaan dan kehidupan itu sendiri. Kita diajarkan untuk selalu menghargai dan menghormati. Untuk menjadi tetap kuat dan selalu tegar akan setiap cobaan hidup. Cepat atau lambat semua hanyalah masalah waktu. Kemarin, hari ini, besok dan seterusnya itulah waktu. ‘Sahabat adalah sebuah jalan di mana kau tahu ada seseorang yang perlu kau kenali lebih jauh, kau sayangi, kau datangi saat butuh uang--mungkin, dan dia akan menjadi tamu wajibmu ketika kau naik pelaminan. Dan kau akan menangis seperti anak kecil mengenang persahabatan yang terputus karena pernikahanmu dengan pasanganmu. Bukankah persahabat tak sepenuhnya utuh lagi, ketika kau tak intens lagi menanyakan sedang apa ia, apa mode baju terbaru, karena kau lebih dibutuhkan pasanganmu dan mungkin kau lebih membutuhkan pasanganmu’, begitu tulis Siti dengan sangat indah, menyadarkan setiap kita tentang arti penting banyak hal dalam hidup, khususnya pelajaran membina hubungan dengan siapapun. Semua tertuang indah dalam novel Only Time. Yaaa, semuanya hanya masalah waktu, only time. (Puput Tripeni J.) 9


Jelajah

Pesona Taman Nasional Tesso Nilo: Berpetualang di Hutan Terkaya di Dunia Lelah melihat kesemrawutan lalu lintas dan polusi udara? Bosan kalau harus ke mall melulu? Ingin melepas lelah dari aktivitas sehari-hari? Dan berpetualang di hutan? Ini solusinya! Apabila teman-teman mempunyai hobi berpetualang atau sekedar berjalan-jalan, nggak ada salahnya untuk berkunjung ke TN Tesso Nilo. Mungkin banyak yang belum mengenal taman nasional ini, tetapi nama Tesso Nilo tidak asing bagi turis-turis mancanegara. Dunia luar banyak mengenal TN ini dengan sebutan “hutan terkaya di dunia”. Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu  Taman nasional ini diresmikan pada 19 Juli 2004 dan kini Taman Nasional Tesso Nilo menjadi salah satu primadona Wisata Riau. Perjalanan ke Taman Nasional Tesso Nilo hanya memakan waktu empat jam dari kota Pekanbaru, Riau. Untuk penginapan di Tesso Nilo, ada rumahrumah kecil untuk tamu walaupun namanya “camp“. Biayanya? Gratis, asalkan menghubungi Flying Squad Camp  yang ada sebelum perjalanan. Dan biaya makan di sana hanya berkisar 15 ribu hingga 25 ribu saja. Terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis  burung, 23 jenis  mamalia, tiga jenis  primata, 50 jenis ikan, 15 jenis  reptilia  dan 18 jenis  amfibia  di setiap hektare Taman Nasional Tesso Nilo. Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi tempat tinggal 60 hingga 80 ekor  gajah  dan merupakan kawasan konservasi gajah. “Tesso Nilo” diambil dari nama dua sungai besar yang ada di Riau, Sungai Tesso dan Sungai Nila. Kirakira 20 menit dari camp, ada jembatan yang melintas Sungai Nila. Nah, di sini tempat masyarakat mencuci baju, mandi dan memancing. Air sungai sedikit kemerahan karena bercampur gambut. Yang unik, pinggiran sungai semuanya pasir putih mirip pantai.

10

Nama “Flying Squad” sendiri terkait dengan program elephant flying squad, yaitu sebuah program yang dirintis WWF-Indonesia, sebuah organisasi konservasi, untuk melatih gajah liar menjadi “jinak” demi mitigasi konflik manusia dan gajah di kawasan Tesso Nilo. Gajah-gajah ini dilatih melakukan patroli di hutan dan menghalau gajah liar untuk meminimalisir konflik antara masyarakat dan gajah liar yang masuk ke desa-desa. Walaupun terdengar menyenangkan, pekerjaan melatih gajah sangat berat. Para pelatih disebut “mahout“, berasal dari Bahasa India. Nyawa adalah taruhan terbesar dalam pekerjaan mereka. Menghalau gajah liar yang marah adalah pekerjaan yang hasilnya tidak bisa diprediksi.

Mahout sedang melatih gajah. Wah, seru nih kalau ikutan naik Gajah begini. Om Mahout, boleh ikutan nggak?

Selain kita dapat melihat gajah-gajah yang sedang dilatih Mahout di sini, kita juga dapat bertemu masyarakat lokal yang sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi dan mencuci baju. Dan yang terakhir dan paling menarik adalah Madu Hutan Tesso Nilo, atau biasa disebut Madu Sialang. Madu hutan Tesso Nilo biasanya berasal dari pohon-pohon sialang  yang diwariskan turuntemurun dari generasi ke generasi, di antaranya bahkan berumur ratusan tahun. Biasanya ada 30 sampai 80 sarang setiap pohonnya. Proses pengambilan madu sialang pada masa lalu dilakukan dengan ritual adat yang khusus dan hanya boleh dilakukan oleh suku-suku tertentu sebagai pemilik pohon sialang. Hasil produksinya pun hanya sebatas untuk konsumsi para anggota suku. Namun saat ini para peminat madu sialang sudah sangat banyak bahkan tidak sedikit madu sialang yang telah dijual sampai ke Negara tetangga Malaysia. Kemajuan zaman turut pula memengaruhi perkembangan madu sialang, sehingga proses pengambilannya pada sebagian sentra penghasil madu sialang tidak lagi dilakukan dengan ritual-ritual tertentu, namun tetap mengedepankan kearifan lokal untuk tetap mempertahankan keseimbangan alam itu sendiri. Sempatkan berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo ini ya. Sesekali, sebagai selingan aktivitas jalan-jalan ke mall. Selamat berpetualang dengan alam! (Teks: Naufal Fadhlullah Sayuti, Foto: forum.vibizportal. com)

Nah, ini para ibu-ibu dan warga setempat yang sedang mencuci. Mereka bahkan juga ada yang mandi di sini. Eits, nggak boleh ngintip. Hihi...

Gajah-gajah yang nyaman berada di habitat yang masih segar. Para gajah-gajah ini pasti senang ya, survive di daerah konservatif bagi bangsa gajah. Save elephant! * Naufal Fadhlullah Sayuti, adalah Kontributor Suara Pelajar dari Kota Pekanbaru. Ia adalah pelajar SMA 1 Pangkalan Kerinci. Bisa dihubungi di @me_naufal

Edisi II/Oktober 2012


Jalan-Jalan

Berjelajah Sambil Belajar Sejarah di Museum Gajah

Indonesianewsonline.com

Pernah mengunjungi museum satu ini? Ayo, ingat-ingat, kapan terakhir kali kamu ke sini? Museum Nasional Republik Indonesia atau yang juga dikenal dengan Museum Gajah! Bila belum pernah, tak ada salahnya menyediakan hari untuk belajar sejarah, karena museum ini menawarkan banyak koleksi menarik. Serius nih? Yoa, Museum Gajah ini terletak di Jakarta Pusat dan persisinya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum Nasional Republik Indonesia adalah salah satu wujud pengaruh Eropa, terutama semangat Abad Pencerahan, yang muncul pada sekitar abad 18. Gedung ini dibangun pada tahun 1862 oleh Pemerintah Belanda di bawah Gubernur Jendral JCM Radermacher sebagai respons adanya perhimpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang bertujuan menelaah risetriset ilmiah di Hindia Belanda. Tahu nggak kapan museum ini diresmikan? FYI, museum ini diresmikan pada tahun 1868, tapi secara institusi cikal bakal Museum ini lahir tahun

1778, tepatnya tanggal 24 April, pada saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda. Radermacher menyumbang sebuah gedung yang bertempat di Jalan Kali besar beserta dengan koleksi buku dan benda-benda budaya sehingga menjadi dasar untuk pendirian museum. Museum Gajah banyak mengoleksi bendabenda kuno dari seluruh Nusantara. Antara lain yang termasuk koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga. Koleksi yang menarik adalah Patung Bhairawa patung yang tertinggi di Museum Nasional dengan tinggi 414 cm ini merupakan manifestasi dari Dewa Lokeswara atau Awaloki teswara, yang merupakan perwujudan Boddhisatwa (pancaran Buddha) di bumi. Patung ini berupa laki-laki berdiri diatas mayat dan deretan tengkorak serta memegang cangkir dari tengkorak di tangan kiri dan keris pendek dengan gaya Arab ditangan kanannya, ditemukan di Padang Roco, Sumatera Barat. Diperkirakan patung ini berasal dari abad ke 13 - 14. Koleksi arca Buddha tertua di Museum ini

Kuliner Kaya Rempah Menggoyang Lidah Banggalah kita sebagai pemuda Indonesia, selain kaya akan budaya, Indonesia juga kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah yang bisa menggoyang lidah lewat makanan khas daerah.

Rempah-rempah, inilah yang menjadi daya pikat kedatangan Eropa ke negara tercinta kita. Mulai dari Alfonso D’ Albuquerque asal Portugis sampai Spanyol, Belanda, dan Inggris. Kedatangan yang memicu monopoli dan kolonialisasi. Betapa tidak, rempah-rempah di Indonesia benar-benar melimpah. Kita patut bangga. Sobat Super, rempah-rempah di sini yang sering kita jumpai adalah merica atau lada, ketumbar, kalabet, jinten, kemiri, kapulaga, cengkeh dan lainya. Semua ini bisa kita rasakan di sebagian besar masakan khas Indonesia. Di rubrik kuliner kali ini, kita mau ‘mencicipi’ beberapa makanan kaya rempah di beberapa pulau Indonesia. Yuk, kita cobain satu persatu! Makanan Kaya Rempah Di pulau Sumatera, ada yang namanya arsik. Arsik ini semacam ikan dengan bumbu santan dan campuran rempah-rempah segar. Menurut tradisi di Tapanuli (Sumatera Utara), pada saat prosesi pernikahan, pihak

kenalimandailing.16mb.com

Edisi II/Oktober 2012

mempelai perempuan akan memberikan seekor ikan Arsik kepada keluarga pria. Lompat ke pulau berikutnya, Pulau Jawa. Di Surakarta, kita bisa coba yang namanya Pecel Ndeso. Menu ini terdiri dari nasi merah yang disiram sambal wijen hitam, ditambah side dish berupa sayuran, bunga turi, serta kembang pisang rebus. Makanan kaya rempah di Pulau Kalimantan tidak kalah enak nurcahyanto88.wordpress.com nih sobat Super. Ada Pisang Gapit di Balikpapan (Kalimantan Timur). Ini adalah makanan dessert yang terdiri dari pisang kepok bakar yang disajikan dengan saus gula merah dan santan. Nah, kalau dari pulau Sulawesi, yuk kita cobain Sup Brenebon. Sup ini bisa dibuat dengan berbagai macam daging. Ada yang pakai daging ayam atau

berupa arca Buddha Dipangkara yang terbuat dari perunggu, disimpan dalam ruang perunggu dalam kotak kaca tersendiri, berbeda nasibnya dengan arca Buddha, arca Hindu tertua di Nusantara, yaitu Wisnu Cibuaya (sekitar 4M) terletak di ruang arca batu tanpa teks label dan terhalang oleh arca Ganesha dari candi Banon. Kalau kalian cinta Indonesia dan ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah Indoneia, kami sarankan kalian coba datang ke Museum Gajah. Selamat berjelajah! (Titus Sihombing)

Kapan pertama kali ke Museum Gajah? SMA Komentar: Koleksinya sedikit. Menurut gue, lebih banyak koleksi kerajaankerajaan. Artefak pasca kemerdekaan nggak ada koleksinya. Suasanyanya nggak terlalu menarik pengunjung, karena instalasinya terlalu sepi. Terus, koleksinya juga banyak yang berdebu. Penataan Dok. Pribadi ruangnya ada yang nggak bagus –Setyo Manggala, Universitas Indonesia

Kuliner iga sapi. Makanan khas rempah-rempah ini bisa kita temuin di kota Manado. Lompat ke Maluku, mari kita coba Sagu Bakar. Sagu bakar di sini beda dengan sagu bakar biasa. Yang satu ini dibuat dengan cara menjejalkan bubuk sagu yang sudah dicampur parutan kelapa ke dalam cetakan yang bernama porna. Untuk pemanis makanan khas ini ditaburi dengan gula Nira. Sekarang kita mampir ke pulau Indonesia yang ada di timur. Papua, pemandangan alam disini sungguh menggoda mata. Bukan cuma itu, lidah kita juga bisa tergoda dengan Papeda. Makanan khas yang satu ini biasanya menjadi sumber karbohidrat bagi masyarakat Papua layaknya nasi. Papua adalah provinsi penghasil sagu yang merupakan bahan utama bubur dalam Papeda. Papeda biasanya dinikmati bersama kuah asam dan ikan yang semakin menambah nikmatnya santapan. Nah sahabat Super, kita sudah selesai mencicipi masakan kaya rempah-rempah di Indonesia. Kenyang dan senangnya berada di Indonesia yang penuh dengan masakan khas rempah-rempah. Tapi tunggu dulu, jangan sekedar kenyang dan senang tetapi kita juga perlu menjaga kekayaan budaya Indonesia. Salam Super. (Annisa Dewanti Putri)

11


Liputan Event Forum Pelajar Indonesia (FOR) 4:

Forumnya Pelajar-Pelajar Terpilih Direktur ISYF, Fajar Kurniawan ketika konferensi pers di Citoz

Berfoto di Gedung DPR RI Senayan

Selama sepekan, 250 pelajar terpilih seIndonesia mengikuti kegiatan Forum Pelajar Indonesia (FOR) 4 di Jakarta. Mereka nggak hanya datang buat sekedar ngumpul, tapi justru buat mengumpulkan energi positif mereka untuk Indonesia. FOR 4 yang bertajuk ‘Energi Positif Pelajar untuk Indonesia’ dibuka secara resmi oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman, Selasa (3/7) di Auditorium Graha Wisata Remaja Ragunan, Jakarta Selatan. Irman menyambut positif kegiatan yang dihelat oleh Indonesian Student and Youth Forum ini karena sangat menginisiasi pelajar untuk membangun bangsa ke depan. FOR 4 itu ngapain aja sih? Nah, FOR 4 punya banyak acara loh. Para peserta berkesempatan mengunjungi Kementerian Republik Indonesia untuk dialog dengan sejumlah Menteri seperti Kementerian Koperasi dan UKM. Pelajar disambut oleh Menteri Syarif Hasan. Selain itu juga ada kunjungan ke Kementerian Keuangan. Peserta juga berdialog dengan sejumlah tokoh seperti Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat, Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad, Pejabat di lingkungan KPK dan DPR RI di Senayan. Di DPR, mereka ngerasain langsung gimana serunya jadi anggota Dewan kalau lagi Sidang Paripurna. Asyik, kan?

Nah, ini lagi di @america Pacific Place Mall Ketua DPD RI, Irman Gusman membuka secara resmi FOR 4

Oya, selain itu, yang nggak kalah seru, para peserta juga mendapat kesempatan nonton live Opera van Java di Studio. Kunjungan lain yang juga gak kalah berkesan adalah sewaktu dialog dengan Manager 1 Milyar Tanri Abeng di @ America di Pacific Place Mall, di samping workshop mengenai gimana serunya kuliah di luar negeri dan tanya jawab dengan Dubes Amerika Serikat. Sementara itu, di hari lain, di Plaza Blok M Jakarta, peserta juga melakukan aksi pembagian bunga mawar perdamaian dan bibit pohon kepada para pengunjung. Tabloid kesayangan kita ini, Suara Pelajar, juga dilaunching oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di hari yang sama, juga ada Tasya Kamila, Duta Konsumen dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Peserta juga dihibur oleh sejumlah penampilan seru seperti NZQuerida (Band asal Sukabumi), hingga Etnik Perfomance dari Sumba Nusa Tenggara Timur. (Irfan Sael Perdana)

Seru nonton live OVJ di Studio

Suasana Konferensi Pers yang juga dihadiri oleh Anggota Dewan, Rieke Diah Pitaloka

UPCOMING EVENTS BIG BANG ALIVE CONCERT, 12 & 13 Oktober, Mata Elang International Stadium, Ancol

OWL CITY, 14 November 2012, Tennis Indoor Senayan

WONDER GIRLS, 3 November 2012, Tennis Indoor Senayan last.fm

seoulbeats.com

DAVID GUETTA, 13 Oktober 2012, Ecopark Ancol

davidguetta.com

12

DAVID FOSTER AND FRIENDS, 9 November 2012, Mata Elang International Stadium, Ancol

last.fm

fanpop.com davidfosteroundation.net

2 PM GLOBAL TOUR 2012, 8 Desember 2012, Mata elang International Stadium, Ancol Edisi II/Oktober 2012

Profile for Indonesia Student & Youth Forum

Tabloid Suara Pelajar Edisi 2-2013  

Tabloid Suara Pelajar Edisi 2-2013  

Profile for isyf
Advertisement