__MAIN_TEXT__

Page 1


Sang Senator

Mengenal Dewan Perwakilan Daerah - Republik Indonesia Diterbitkan Oleh :

ISYF (Indonesia Student & Youth Forum) & Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD - RI) Penulis :

Ardee Revees Editor :

A. Fajar Kurniawan Desain :

Erfan Zainuri Alie Fahri Ilustrasi :

Alie Fahri dkk Inker :

Alie Fahri dkk Tim Mata media Colorist :

Tim Studio Pemuda Layout :

Ardee Revees Cetakan I, 2012 Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) Griya Jakarta, Blok B9 No. 18 Pamulang, Tangerang, Indonesia 14517 Phone : +62-21-74646097 Email : fajkoer@gmail.com


Di Suatu siang... Ya ampuun… fisika ini sebetulnya mudah, tapi kenapa yah…aku kok selalu kebingungan begini, aneh deh…

Halo Matheus… apa kabar kawan…? kemana saja kau…?sudah lama nggak kontak-kontak aku nih…

Hehehe… apa yang bisa kami tolong buat kau kawan…? Jangan sungkan, kami ini kan teman baik kau…

Halo juga kawan, aku baik-baik saja, aku ada sedikit kesibukan disini kawan, eh…kawanku Gilang, bisakah kau dan temanteman alumni Forum Pelajar di Jawa, tolong aku…? Hehehe…terima kasih kawan, Aku hendak menyampaikan keluhan tentang kebijakan pemerintah di sini, aku tidak faham kemana harus menyampaikan keluhanku dan kawan-kawanku, sepertinya kami harus langsung ke Jakarta bukan…?

1


Wah‌nampaknya kau sedang menangani sebuah kasus ya kawan?kalau memang tujuannya untuk disampaikan kepada pemerintah pusat, sepertinya kau dan temantemanmu memang harus langsung keJakarta

sebetulnya aku juga belum mengerti apa yang harus kalian lakukan, tapi aku akan coba cari informasi untuk kau

Hahahaha‌lagakmu macam FBI saja, kalau kasus, terlalu sulit buat kami, kalau begitu aku akan menunggu informasi dari kau yah, jangan lupa, aku sangat menunggu informasimu kawan

Sebentar kawan, sebetulnya apa yang terjadi disana‌?

Kawan, aku tidak bisa menceritakan di telepon mengenai keluhan kami, bisa bangkrut aku nih, nanti aku kirimkan email cerita masalahku‌oke

Ada apa ya...? Matheus kok tumben dia nelpon aku, sepertinya ada yang penting nih...

2


Keesokan harinya...

Halo bro,… Gilang nih, ape kabar loe?

Halo…baek bro, elu gimane di Bandung, masih dingin kan?? ajak-ajak gua tinggal di Bandung donk,

Ah…ada-ada aje loe, udah dikasih tinggal di ibu kota masih aja mau nyempitin Bandung, eh bro, kemaren Matheus telpon aku, katanya dia mau minta tolong sama kita alumni Forum Pelajar yang ada di Jawa nih

biar gua bisa demenan same mojang Bandung, kan ajiib tuh... Hah…Matheus nyang orang Papua kan? nyang pernah gua cengin sampe terpingkalpingkal ampir nyebur ke kolam di gedung DPR ? Iya…Matheus yang mana lagi…?

Emang mau minta tolong apaan do`i? Gua suka ngeri kalo denger tolong menolong gitu,apa dia tersesat di pegunungan Jaya Wijaya yah??atau dia disandra bandit Papua Nugini?

Hush! parah loe! bukan..bukan, persisnya aku juga belum tahu, katanya sih dia mau kirim email jelasnya mah

Iya ntar aku forward deh ya…

Yeee dasar…!! belom jelas udeh ribut loe ah,…udeh, forward aje emailnya ke gua ye…biar jelas…

3


Hmmm‌kalo masalahnya begini, Matheus harus menyampaikan kepada pemerintah pusat kayaknya, tapi aku harus menghubungi siapa yah..?

Sepertinya aku harus mengumpulkan teman-teman deh, aku harus memimpin teman-teman untuk membantu Matheus, hmmm‌Aria dan Mila sepertinya harus bantuin, mereka kan doyan banget urusan ginian, okay deh Gilang, lets move!

4


Seminggu kemudian‌

Halo Assalamu`alaikum teman-teman, bagaimana perjalanannya,asyik kan?

Wa`alaikumsalam Gilang, Alhamdulillah baik-baik saja perjalanannya

Mantap mamen, seringsering aje ngadain acara ginian, hehehe Guys,sepertinya dari sini kita langsung ke Lembang, kita pake taksi aja ya, karena kalo pake angkot bakalan ribet dengan bawaan kita Oh,kita mau langsung aja, nggak mampir dulu kerumah kamu?? Wah, kalo mampir dulu kerumahku, muter lagi arahnya Mil, nanti malah kesorean kita nyampe Lembangnya, mending langsung aja yah Gak apa-apa bro, langsung aje, gua udah ga sabar pengen ngaso bersama bidadari disampingku ini, hehehe...

Aria..!!apaan sih! kayak orang mau Please cintaku, kencan aja, awas jangan Aria dong, macem-macem Pasha gitu, my name yah!!! is Pasha okay

Hahahaha... dasar Playboy kampung loe ah‌,yuk buruan nyari taksi, biar gak kesorean

5


Satu setengah jam kemudian‌

Wuiiiiih,mantaap banget nih bro,dapat darimana loe tempat ginian, oke juga nih

Ini vila pamanku, untungnya sedang kosong, jadi bisa aku pinjam

Wa`alaikumsalam den Gilang, Alhamdulillah damang den, silahkan den, sudah mamang siapin

6

Assalamu`alaikum mang Adang,‌damang mang ?


Malam Harinya...

Wuiiih‌disini dingin ya, tadi sore padahal gua mandi pake air anget nih,tapi yang namanya Lemmasih aje dingin, penguya dingin lah bro, saha AC bangkrut nih kalo bang kalo ngga dingin semua daerah diIndonesia mana mungkin jadi sedingin disini tempat istirahat orang-orang‌ Brrr‌kalo ada ibuku kayaknya aku bakal minta dipelukin, terus tidur dikelonin deh, dingin banget ya,jadi kangen ibuku niiih

kalo menurutku, sepertinya Matheus harus kita undang ke Jakarta dan kita menjadi fasilitator untuk mereka, karena kalo hanya kontak via telepon dan email, kita kan nggak tau persis apa yang sebenarnya terjadi disana, aku ngeri kita salah tangkap mengenai aspirasi mereka dan keadaan di daerah Matheus dan temantemannya

Oke guys, kita mulai ngobrolin masalah Matheus, kalian kan udah tahu masalah Matheus dari email yang aku forward ke kalian, menurut kalian apa yang akan kita lakukan buat ngebantu Matheus dan teman-temannya‌?

Kalo emang Matheus dan teman-temannya mau diundang ke Jakarta berarti perlu akomodasi dong, Matheus dan teman-temannya mau nggak yach, gimana tuh kira-kira‌?

7


Aku setuju apa kata Mila, Matheus harus kita undang ke Jakarta dan kita yang menjadi fasilitator mereka, tapi kita harus pikirin juga tindak lanjut aspirasi yang akan mereka sampaikan kepada yang berwenang, kalo cuma kita undang terus kita nggak tahu cara melanjutkan aspirasi mereka, akan jadi percuma kedatangan mereka ke Jakarta, betul ngga? naah, untuk masalah akomodasi, ada ide ngga?

yang aku pikirin untuk masalah akomodasi sih, kita minta bantuan tementemen alumni forum pelajar angkatan kita untuk membantu Matheus dan teman2nya dalam bentuk sumbangan sukarela, nah hasilnya kita pake buat akomodasi Matheus dan temantemannya deh Abang sepikiran sama kau cantik,kayaknya kite jodoh deh hehe, berarti yang mesti kite urusin untuk bantuin Matheus itu, nyari jalan gimana aspirasi die bisa nyampe sama yang berwenang ditambah gimane bantuin akomodasi selama mereka diJakarta,bener gak? Loe bener bro,itu yang harus kita urusin, kadangkadang loe cerdas juga ya,hehe‌ Oke, aku catat hasil pertemuan kita ini ya,tapi guys, sepertinya kita juga harus berbagi tugas nih

Busyet! ngomongnye kadang-kadang doang, pada dasarnya gua tuh pinter lebih dari loe pada, Cuma gua ngasih kesempatan buat loe pada aje, hehe makanya kalo ntar jadi artis, gua akan jadi artis yang berotak pinter and brilian‌hehehe

Siap lah bro.... gua ready anytime hehehehe.....

Hoeeek‌mual banget dengernya yah‌

Aku sih... oke aja Lang‌

8


Gini guys, Aria aku tugasin buat ngehubungin teman-teman alumni forum pelajar dan meminta sumbangan mereka untuk akomodasi Matheus dan teman-temannya selama diJakarta, sementara aku dan Mila mencari informasi mengenai cara menyampaikan aspirasi Matheus dan teman-temannya kepada pihak yang berwenang, gimana…?

Siap!! ape aje deh gua siap…

Oke,… aku setuju lang

Iya nich mang, ma kasih ya... Hatur Nuhun mang…

Gilang, aku jadi ingat teman kita alumni forum pelajar juga, kamu ingat Aliya tidak…?

Silahkan dicicipi teh hangatnya neng Mila, keliatannya kedinginan banget ya…hehe Hmmm… Aliya perwakilan Kalimantan Timur bukan mil…?

oohh, gua inget, Aliya yang badannya subur ya mil…?

Iya Ariaaa!! dia kan paling heboh diangkatan kita… Iya lang, aku ingat dia pernah menghubungi aku beberapa bulan kebelakang, dia punya maksud yang sama dengan Matheus, tapi masalah dia adalah illegal logging di daerahnya, dan dia salah satu korban akibat dari illegal logging yang dilakukan perusahaan gelap, cuma saat itu barengan dengan ujian tengah semester, jadi aku nggak sempet ngobrol banyak lagi

Mila cintakuu… my name is Pasha Milaaa!!!

kalo seandainya sekalian kita undang dia juga gimana? Jadi kita bisa bantu dia sekalian Boleh aja sih mil, tapi kalo bisa Aliya jangan bawa teman terlalu banyak, aku agak khawatir dengan akomodasi yang harus kita sediakan

9


Menurutku kalo pas liburan semester dua bulan lagi kayaknya tepat, tapi kita kan masih harus memastikan dana yang kita dapat dari hasil sumbangan teman-teman, setelah ketauan jumlah totalnya baru kita bisa jadwalin kedatangan mereka

Oke, insya alloh aku kabarin Aliya secepatnya, tapi mengenai waktu mereka datang gimana lang…?kira-kira kapan yach

bener juga sih, eh bro kita disini sampe kapan nih ? besok juga kita pulang bro Jadi, Matheus dan Aliya temanku sewaktu forum pelajar kemarin mempunyai masalah yang ingin mereka sampaikan kepada pemerintah pusat fie, dan mereka perlu bantuan, seandainya kamu bisa menolong kami, karena aku dengar kamu mempunyai kenalan di pemerintahan yah? iya, memang ayahku mempunyai kenalan, namanya om Tito, beliau bekerja sebagai anggota DPD RI, perwakilan Provinsi Papua, Oke, aku kami sekeluarga dekat dengan beliau usahakan bisa Nah, sepertinya kabar yang baik nih,kamu bisa usahaikut dengan kan kami bertemu dengan Om Tito kan…? kalian Wah, kami berterima kasih sekali sebelumnya ya fie,aku harap kamu juga bisa ikut kami pada waktunya nanti

Sementara itu…

10

Alhamdulillah, ternyata mereka mendapat kemudahan dari Alloh untuk membantu Matheus dan Aliya, kalo udah gini kayaknya aku gak usah repot-repot lagi nih hehehe…

Beberapa hari kemudian… Aku akan berbicara dengan ayahku ya kawan, mudah-mudahan ayahku bisa mengusahakan kalian bertemu Om Tito, kalau aku pikir rasanya bisa, karena yang aku tau om Tito itu politikus yang concern dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan daerah-daerah di Indonesia, beliau baik kok…


Fie, teman-temanku alumni forum pelajar sepakat mengundang Matheus dan Aliya pas waktu liburan sekolah bulan depan, kamu bisa ikut temanin kita ke Jakarta kan ? ooh,rupanya kalian sudah merencanakan dengan matang, kebetulan liburan nanti aku memang belum ada rencana kemana-mana, sepertinya aku bisa ikut kalian ke Jakarta.

kamu bisa ikut mobilku, aku sudah minta mang Ayi supir ayahku untuk mengantar aku ke Jakarta Oke kalo gitu, aku ikut kamu yah... Al, kamu udah buka emailku kan, itu rencana temanteman alumni forum pelajar disini, aku pikir kamu akan ada kesempatan menyampaikan keluhan yang pernah kamu sampaikan sama aku beberapa bulan yang lalu‌

Wah,terima kasih banyak kawan, aku sudah baca emailmu, aku akan mengajak seorang temanku untuk datang ke Jakarta dan menyampaikan apa yang menjadi masalah kami disini

sampaikan terima kasihku untuk temanteman disana yah,aku tunggu kiriman tiketnya lho dan jangan lupa sampaikan juga terima kasih banyak ku untuk Aldi, kalian adalah teman-teman terbaikku

hehehe, akhirnya aku bisa membantu mereka, mudahmudahan semua sesuai dengan rencana dan bisa bertemu dengan om Tito 11


Saat ujian tiba…

Busyeeet mak, susah banget soal ini, nyesel gua semalem gak bikin contekan, malah chating sama cewek ga jelas!! dasar racun dunia

Puji Tuhan…aku menjawab soal ini dengan benar…

Huh !!! aku lupa dengan jawaban soal ini al !!! dasar pelupa !!!

12


Bro, beneran mereka bakal keluar dari sini, gimana kalo kita salah pintu, pintu disini kan banyak banget, gua sich bakalan keder kalo disuruh nyari pintu keluar disini, aneh deh, kok bandara dibuat kayak gini yah? Lagian ngebingungin aje, ini orang kok hilir mudik gak jelas kayak gini, pada mau kemana mereka yah….??

Eh dodol!! ape hubungannye ketoprak sama cewe-cewe cantik, loe pikir kite-kite ini bumbu kacang...ape..!

Bukan gitu tik, kalo duit pembangunan bandara ini dipake emak gua ngembangin warung ketopraknye, gua bakalan dikerubutin cewe-cewe cantik kayaknye yah…?

Eh panjul, sekalipun loe jadi orang terkaya di dunia dan akherat, cewe-cewe gak bakalan mau ngelilingin elu, abis loe nye bau kambing kurban…hahahaha

Berisik ah panjul ! Udah tau ada tulisan KEDATANGAN segede alaihim gitu, masih aje loe berisik, yang bikin bandara ini lebih pinter dari loe tau…!

Yee, Vira segitu sewotnye, maksud gua, kalo duit pembangunan bandara yang Te-Te-an itu bisa buat ngembangin warung ketoprak emak gua, berarti gua udeh setara dengan Bill Gates, duit gua udah ga ada no seri nye, disitulah saat gua dikelilingi cewe-cewe cantik…ya ngga…?

Beuuuh, gua tampan and wangi kayak gini dibilang kayak kambing kurban, dasar wanita, ga bisa ditebak...

Nah…itu mereka, Alhamdulillah datang juga…

13


Apa kabar kawan? Lancar perjalanannya kan..?

Oke, kalo gitu kita langsung ke Bogor saja, aku ngeri macet dijalan Puji Tuhan, lancar semua kawan‌

Ayo‌

oke teman-teman, besok pukul 10 pagi kita akan bertemu dengan Om Tito, Beliau teman keluarga Sofia, beliau adalah salah satu anggota DPD RI perwaklian provinsi Papua, kemungkinan kita akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara menyampaikan aspirasi daerah, dalam hal ini aspirasi Matheus dan Aliya tentang masalah didaerahnya masing-masing

Nah, untuk masalah itu, sofia yang bisa menjawabnya, silahkan fie

Bro, kite bakal ketemuan dimane sama Om Tito‌?

14

Oke kawan-kawan, terakhir SMSan sama Om Tito, beliau mengajak kita bertemu di Rumah makan didaerah tebet, namanya Feet Restaurant, aku persisnya gak tau, mungkin kawankawan yang tinggal di Jakarta lebih tau


sebentar Sofia, hmmm, Om Tito itu pejabat dimana tadi katanya Fie ? Om Tito itu salah satu anggota DPD RI yang mewakili Provinsi Papua, beliau pernah ngobrolin sama aku bahwa DPD RI itu punya tugas salah satunya mengakomodir aspirasi-aspirasi dari daerah, terutama daerah yang ia wakili, jadi sepertinya tepat kalau aspirasi Matheus dan Aliya disampaikan kepada DPD RI, menurut pikiranku sih gitu Aku punya buku tentang DPD RI, itu juga dikasih Om Tito, kalau gak salah ingat, ada bahasan tentang wewenang, tugas dan fungsi DPD RI, nah, ada poin yang menyebutkan, Pengawasan atas pelaksanaan undangundang mengenai otonomi daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi, pelaksanaan APBN pajak, pendidikan dan agama serta menyampaikan hasil pengawasannya kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti, kalo gak salah gitu, persisny aku lupa, tapi garis besarnya begitu...

Fie, memang kita ga bisa langsung ke dinas atau departemen yang berwenang yah…?

Aku ga tau juga Al, tapi menurutku karena DPD RI adalah salah satu lembaga legislatif, kayaknya wewenangnya juga lebih luas, jadi aspirasi kita bisa disosialisasikan lebih baik dan lebih jauh jangkauannya

Fie, sejujurnya aku masih agak ragu mengenai aspirasi yang bakal disampaikan Matheus dan Aliya, karena biasanya kan aspirasi rakyat hanya akan ditampung saja, selanjutnya kita gak tau lagi nasibnya, kalau sampe kayak gitu, percuma teman-teman kita datang dari jauh…

Lagian Aliya, kita sampai saat ini ga punya kenalan atau saudara yang ada di departemen yang bersangkutan dengan aspirasi kamu dan Matheus, aku pikir kita bisa mulai dari DPD aja, kalau emang kita salah tujuan, kita bisa minta rekomendasi dari om Tito

Oooohh, gua tau fie rumah makan yang dimaksud Om Tito, ntu kan tempat gua nongkrong sama anak-anak kolong gitu deh

Aku setuju dengan Gilang, ga ada salahnya kita coba dulu ke DPD RI, kalaupun kita salah nggak ada ruginya kan, lagian kalo ngeliat namanya kayaknya bener kata Sofia, DPD RI kan singkatan dari DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA… bener kan fie…?

Anak kolong ranjang maksud loe panjul, hehehe...

15


FUNGSI, TUGAS DAN WEWENANG DPD - RI DPD RI Merupakan lembaga legislatif dalam system tata Negara Republik Indonesia, Pertama kali dibentuk tahun 2004 dimana setiap provinsi memiliki 4 (empat) orang wakil yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum. Berdasarkan ketentuan konstitusi, jumlah total anggota DPD tidak lebih dari sepertiga anggota DPR, DPD merupakan parlemen nasional yang mewakili daerah dan bersidang di Ibu kota Negara. Dalam menjalankan tugasnya, DPD memiliki kantor di setiap provinsi dalam kerangka menampung aspirasi masyarakat dan daerah. Berdasarkan ketentuan dalam konstitusi (Pasal 22 D, UUD 1945) fungsi, tugas dan wewenang DPD adalah :

1. DPD dapat mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR Mengajukan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. 2. DPD ikut membahas Rancangan Undang-Undang dengan DPR Ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah; pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya serta perimbangan keuangan pusat dan daerah. 3. DPD memberikan pertimbangan kepada DPR Pertimbangan atas rancangan undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara dan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama. Serta memberikan pendapat kepada DPR dalam pemilihan anggota BPK. 4. DPD dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang Pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara, pajak, pendidikan dan agama serta menyampaikan hasil pengawasannya itu kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti. 16


VISI & MISI DPD RI

Visi DPD RI “Terwujudnya Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sebagai lembaga Legislatif dalam sistem Tata Negara Indonesia yang kuat dan efektif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah menuju masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkesetaraan, berkeadilan dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia�. Misi DPD RI 1. Memperjuangkan penataan sistem ketatanegaraan untuk memperkuat sistem check and balances melalui perubahan tahap ke-5 Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 2. Mengoptimalkan fungsi, tugas dan wewenang DPD RI dalam mengajukan usul, ikut membahas, memberikan pertimbangan Undang - Undang tertentu dan melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang - undang. 3. Memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan bangsa yang bermartabat, sejahtera, berkeadilan dan berkesinambungan serta berwawasan lingkungan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia 4. Meningkatkan sinergi dan interaksi serta kerjasama anggota DPD RI dengan para pemangku kepentingan untuk efektifitas perjuangan aspirasi dan kepentingan daerah dalam kebijakan nasional 5. Mendorong pemerintah pusat untuk memberi perhatian yang lebih besar terhadap isu-isu penting dan strategis di daerah 6. Mendorong pemerintah daerah mengidentifikasi dan menyusun strategi dalam mengatasi isu-isu dan persoalan penting di daerah 7. Meningkatkan kinerja politik Anggota DPD RI melalui Institutional Building, Capacity Building, dan Image Building 8. Melakukan sosialisasi DPD RI melalui berbagai terobosan kegiatan yang terprogram tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. 17


Oke kalau begitu, malam ini silahkan beristirahat dan menikmati hidangan yang sudah disediakan tuan rumah, besok aku harap jam 8.30 kita sudah bisa jalan, dan yang menjadi navigator tentunya teman-teman yang tinggal di Jakarta terutama Aria, oke silahkan beristirahat dengan tenang

Sofie!!, bisakah kau gabung dengan kami disini, ada yang ingin kami tanyakan

Kawan, aku sih masih bingung, kenapa harus ke DPD yah, kamu tahu kan kawan, kita jarang sekali mendengar lembaga DPD ini, apalagi sebelum era reformasi, ini kayaknya lembaga baru deh, orang baru kan biasanya ga tahu apa-apa, bener gak ?

Apa nggak sebaiknya kau tanya sama Sofia kawan, nanti aku bisa dengar juga keterangan dari Sofia

18


Fie, aku masih bingung kenapa kita harus ke DPD, sepertinya kita gak banyak tahu tentang DPD RI ini, kalau namanya kita sudah pernah mendengar dari dahulu, tapi kita kan gak banyak tahu wewenang yang ada di DPD ini, kalau kite salah sasaran gimane ?

Boleh kawan‌ Betul juga kawanku Aria, aku pikir juga Sofia betul, malah kalau perlu kita minta antar Om Tito itu, betul gak ?

Menurut aku sih, kita bertemu Om Tito saja dulu kawan, nanti kita bisa bertanya sama dia, apa yang mesti kita lakukan untuk menyampaikan aspirasi Matheus dan Aliya Bisa saja Matheus, aku nanti minta beliau buat menemani kita

Iya aria, kita lihat besok aja, mudahmudahan kita nggak salah sasaran, kecuali kalo loe mau keliling depertemen ar, hehe‌

Lagian loe gak sabaran banget sih, kayak emak-emak antri sembako aje, besok kan kita bakalan tau panjul, hehehe

Whaaat?!? ogah bener gua harus keliling departemen, emang gua sales parfum, sembarangan nih Vira

. ‌ a h a h a h ha

hahahaha‌ . 19


Keesokan harinya disebuah restaurant daerah Tebet Jakarta

Wah, ternyata adik-adik ini banyak yah, aku pikir hanya beberapa orang saja, tapi tidak apa, lebih banyak lebih baik, Sofia sekilas sudah menceritakan maksud kedatangan adik-adik semua, tapi aku ingin mendengar langsung maksud kedatangan kalian ke Jakarta ini,silahkan Begini pak, saya Matheus, kami dari Papua barat, kami dan beberapa kelompok masyarakat di sana merasa keberatan dengan rencana kebijakan dua departemen yang akan membangun fasilitas yang mewah dan eksklusif, sementara kami melihat gedung sekolah dasar dipelosok Papua Barat sangat tidak layak untuk dipakai belajar saya pak, saya Aliya, dari Kaliman- anak-anak, kami melihat kebijakan tan Timur, saya dan keluarga ada- tersebut terlalu cepat dan pembolah korban air bah yang disebabkan rosan, kami ingin menyampaikan ilegal logging dua tahun lalu, tapi hal ini kepada pemerintah pusat, sampe sekarang kami masih belum bagaimana caranya ya pak? menerima bantuan dan ilegal logging ditempat kami masih saja terjadi, kami bingung harus mengadu kepada siapa lagi.

Oke, aku mengerti, nanti aku kasih penjelasan ya, katanya ada lagi yang ingin menyampaikan aspirasi untuk daerahnya,siapa lagi nih?

Oke, aku mengerti maksud kalian datang ke Jakarta ini, sebelum menjelaskan, aku ingin nanya kepada kalian berdua, Aliya dan Matheus, apakah kalian sudah berusaha menyampaikan aspirasi kalian kepada pemerintah daerah di tempat kalian?

Sudah pak, tapi aspirasi kami tidak ditanggapi, karena sebagian besar ormas dan Lsm disana mendukung rencana tersebut, kami kalah suara pak‌

20

Kami juga sudah berusaha pak, selama dua tahun ini, tapi tetap saja tidak ada tanggapan dari dinas di daerah kami, malahan kami mereka suruh untuk bekerja dengan giat lagi agar rumah kami dapat dibangun kembali


Baiklah kalau begitu, aku akan menjelaskan apa yang harus kalian lakukan. Kalian tentunya pernah mendengar lembaga legislatif dalam sistem ke-tatanegaraan di Indonesia ini yang bernama DPD atau Dewan Perwakilan Daerah bukan?bagi yang belum pernah mendengar, kalian harus banyak membaca dan belajar lagi, Nah aku adalah salah satu anggota DPD, aku mewakili daerahku Papua, jadi bagi kau Matheus, kau sudah melakukan hal yang tepat menemuiku disini, perlu kalian ketahui juga, DPD di Republik ini baru dibentuk pada tahun 2004, setelah era reformasi, dan kami anggota DPD dipilih oleh bapak dan mama kalian waktu pemilihan umum kemaren, di DPD ada 4 orang wakil dari masing-masing provinsi di Indonesia, kalian harus tahu itu yah

sepertinya poin ini tepat dengan maksud kalian untuk menyampaikan aspirasi daerah kalian, makanya kenapa aku menemui kalian disini, berarti aspirasi kalian bisa disampaikan melalui aku, tapi, aku ingin menawarkan kalian untuk berdialog langsung dengan pimpinanku ketua DPD RI, yaitu Pak Irman Gusman, bagaimana? Kalian mau?

Lalu, Lembaga DPD kita ini mempunyai Fungsi, Tugas dan Wewenang, hal itu diatur dalam konstitusi, yaitu di pasal 22 D, UUD 1945, salah satu Fungsi, Tugas dan Wewenang DPD adalah, DPD Dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-undang, penjelasannya berisi : Pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Negara, pajak, pendidikan dan agama serta menyampaikan hasil pengawasan itu kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindak lanjuti.

Mau Ooom… tentu kami mau…!!!

mmh…mmmh…mau apa yang tementeman mau juga, makan kan yee…?

Aku juga Mau oooom…!!

Sudah bangun rupanya kau,… emang mau apa…??

Dasar dodol! kerjaannye makan mlulu, mandi gih sono,malu-maluin yang bawa aje

21


Teman-teman dimohon menunggu sebentar, Bapak Irman dan beberapa anggota DPD RI sedang menuju keruangan, kami mohon alat komunikasi dimatikan atau di silent

Halo Assalamu`alaikum, selamat siang adik-adiku, apa kabar kalian semua??

Wa`alaikum salam… Selamat siang pak

Wah, saya senang bisa bertemu dengan kalian lagi, mungkin disini ada peserta forum pelajar yang lalu, kebetulan saya sempat hadir disana, saya selalu senang bertemu dengan pelajar dari berbagai daerah diIndonesia ini, Saya sudah mendengar maksud kedatangan kalian kesini dari pak Albert Tito, dan saya rasa kalian datang ke tempat yang tepat, kami di DPD RI mempunyai tugas yang berhubungan dengan aspirasi kalian tentang daerah kalian, oleh

Aku mau nanya pak, maaf pak, kalau seandainya aku mencatat aspirasi kami mengenai masalah itu, kalian bisa mencatat aspirasi kalian yang sedang kami hadapi didaerah karena di kertas yang nanti akan dibagikan oleh staff kami, apakah akan ada tindak lanjut, kami, catatan aspirasi kalian akan kami tindak karena seperti yang pernah kami lanjuti untuk dikoordinasikan kepada pihak alami didaerah kami, kami menulis yang berwenang, sampai disini ada yang ingin aspirasi kami dan menyampaikan kekalian sampaikan atau tanyakan mengenai pada pihak yang berwenang, namun DPD RI atau yang lainnya…? tidak ada tanggapan apapun sampai sekarang… Hahahaha, saya senang dengan pelajar yang kritis, seperti yang saya katakan tadi, bahwa itu adalah salah satu tugas dan wewenang kami di DPD RI, Jadi kalian mendapat jaminan dari saya bahwa aspirasi kalian akan kami koordinasikan dan kami awasi prosesnya kepada pihak yang berwenang, saya akan pastikan itu

Sebelumya terima kasih pak,itu yang kami harapkan Sama-sama dik Matheus, Ada lagi yang ingin bertanya…?

Saya ingin bertanya pak,…saya Aliya dari Kalimantan Timur, bagaimana cara menghubungi DPD RI, kami kan jauh dari Jakarta dan seandainya ada aspirasi yang ingin kami sampaikan langsung kepada DPD RI, apakah kami harus selalu terbang ke Jakarta ?...sepertinya sangat merepotkan dan mahal sekali… 22


Pertanyaan yang bagus sekali, perlu adik-adik ketahui semua, bahwa kami DPD RI mempunyai kantor perwakilan di setiap provinsi, kalian bisa menyampaikan aspirasi kalian melalui kantor perwakilan kami didaerah kalian masing-masing, dan itu sama dengan kalian menyampaikan aspirasi kalian langsung kesini, begitu dik Aliya

Oh, begitu yah pak, terima kasih pak atas penjelasannya…

Sama-sama dik Aliya… Saya ada permintaan pak,…saya Gilang dari Bandung, bolehkah saya meminta penjelasan tentang DPD RI secara lengkap, agar kami dapat mengetahui selengkap-lengkapnya, karena sepertinya kami memang perlu mengetahui secara Oh, boleh, boleh, akan saya jelaskan mengenai lengkap mengenai DPD RI DPD RI sekarang, seandainya penjelasan saya terlalu cepat dan kalian tidak sempat mencatat, nanti kalian akan mendapatkan buku profil DPD RI, sebagai pelengkap penjelasan saya, disitu dijelaskan semua tentang DPD RI kita ini, namun sekarang saya akan menjelaskan

Saya Aria, dari Jakarta, Saya bingung dengan istilah yang banyak tadi pak Memasuki era reformasi ditandai dengan lengsernya presiden Soeharto atas desakan rakyat Indonesia pada tahun 1998, consensus politik bangsa kita menghasilkan reformasi tata pemerintahan Negara kita yang dituangkan ke dalam amandemen UUD 1945, reformasi tersebut diharapkan dapat merubah system tata laksana kepemerintahan, baik melalui aktualisasi yang diistilahkan sebagai check and Balance antar cabang kekuasaan, prinsip desentralisasi dan implementasi good governance maupun tekad untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme, sampai sini ada pertanyaan…?

Hahaha…baik, akan saya jelaskan , consensus arti katanya adalah kesepakatan, dalam hal ini kesepakatan politik semasa proses reformasi politik berlangsung, lalu amandemen adalah perubahan, biasanya istilah amandemen dipakai untuk perubahan UUD 1945 dan amandemen biasanya hanya merubah atau menambah sebagian kecil saja dari peraturan yang sudah ada di UUD 1945, lalu tadi saya menyebutkan Check and Balance, kalau pengertian katanya, Check adalah control, yaitu

lembaga negara harus dapat saling mengontrol antar lembaga Negara lainnya, baik eksekutif, legislatif, maupun yudikatif, lalu Balance artinya seimbang, antar lembaga – lembaga negara dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya harus sesuai dan seimbang dengan batasan kekuasaan dan wewenangnya

23


Nah, untuk pengertian desentralisasi, yang diterjemahkan menjadi tata pemerintahan menurut PASAL 1 ayat (7) UU Nomor adalah, penggunaan wewenang ekonomi, politik 32 Tahun 2004, diartikan sebagai pedan administrasi guna mengelola urusan-urusan nyerahan wewenang pemerintahan negara pada semua tingkat, Tata pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otomencakup seluruh mekanisme atau sistem, nom untuk mengatur dan mengurus proses dan lembaga-lembaga dimana warga dan urusan pemerintahan dalam sistem kelompok-kelompok masyarakat mengutarakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bisa pak…!! kepentingan mereka, menggunakan hak hukum, itu yang tertulis dalam undang-unmemenuhi kewajiban dan dang tersebut, banyak juga pengertian desentralisasi secara umum, dan itu akan saya terangkan pada kesempatan lain okay…, saya akan lanjutkan dengan pengertian implementasi menjembatani perbedaan-perbedaan good governance, secara kata implediantara mereka, karena diawali mentasi berasal dari Bahasa Ingdengan kata good yang berarti baik, gris yaitu to implement yang berarti maka pengertian itu ditambahkan mengimplementasikan, Implementasi kata dengan baik diakhirnya, bagaimaberarti penyediaan sarana untuk na, kalian bisa menangkap kan ? melaksanakan sesuatu yang menimbulkan dampak atau akibat terhadap okay, apabila kalian sudah mengerti dengan istilah-istilah tadi, saya sesuatu sedangkan Good Governance akan lanjutkan mengenai DPD RI kita, Prinsip check and Balance tadilah yang membidani lahirnya lembaga legislatif bernama DPD RI ini, hal tersebut sesuai dengan amandemen ketiga UUD 1945 tahun 2001, Lembaga ini merupakan peningkatan dari lembaga

Pak, sebetulnya apa tugas DPD RI dalam sistem tata Negara kita ini ?

utusan daerah dan golongan dalam struktur lembaga MPR RI sebelum era reformasi yang lalu, lembaga kita ini ditempatkan Waaah, kalian bersemangat sekali yah, baik, saya akan terangsebagai lembaga Negara yang anggotakan Fungsi, Tugas dan Wewenang DPD RI kita ini. Lembaga anggotanya dipilih secara langsung oleh ini termasuk lembaga legeslatif dalam system tata Negara rakyat melalui Pemilihan Umum Republik Indonesia, Pertama dibentuk tahun 2004 dan ditentukan setiap provinsi harus memiliki 4 orang wakil yang seperti

sudah disebutkan tadi dipilih melalui pemilu. Berdasarkan ketentuan konstitusi, jumlah total anggota DPD tidak boleh lebih dari sepertiga anggota DPR, sebagai lembaga DPD merupakan parlemen nasional yang mewakili daerah dan bersidang di Jakarta sebagai Ibu kota Negara, lalu bagaimana dengan fungsi, tugas dan wewenang DPD RI sebagai lembaga…??, saya lanjutkan ya…

tidak pak..!! di buku profil DPD RI yang akan dibagikan Staff saya nanti setelah dialog ini selesai, karena kalau saya jelaskan semua akan memakan waktu yang tidak sebentar…oke…sampai sini ada yang ingin kalian tanyakan lagi…? 24

Berdasarkan ketentuan yang ada di pasal 22 D, UUD 1945, fungsi, tugas dan wewenang DPD adalah, satu, DPD dapat mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR, Dua, DPD ikut membahas rancangan undang-undang dengan DPR, Tiga, DPD memberikan pertimbangan kepada DPR, dan keempat adalah, DPD dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-undang, nah…poin ke 4 inilah yang dapat kami jadikan dasar untuk menindak lanjuti aspirasi Matheus dan Aliya yang nanti dituliskan di kertas yang akan dibagikan, mengenai penjelasan poin-poin lain kalian dapat melihat


harus kalian ketahui bahwa setiap institusi atau lembaga apapun bentuknya, harus mempunyai Visi dan Misi dalam aktifitasnya, jika tidak, arah kegiatan dan aktifitas institusi atau lembaga itu akan tidak berbentuk, begitu juga dengan DPD RI ini, DPD RI sebagai lembaga mempunyai Visi, `Terwujudnya Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sebagai lembaga legeslatif dalam system Tata Negara Indonesia yang kuat dan efektif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah menuju masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkesetaraan, berkeadilan, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. lalu Misi DPD RI terdiri dari 8 poin, yaitu, satu, Memperjuangkan penataan system ketatanegaraan untuk memperkuat system Check and Balance melalui perubahan tahap ke-5 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia ketiga, Memperdua, Mengoptimalkan fungsi, juangkan aspitugas dan wewenang DPD rasi masyarakat dan RI dalam mengajukan usul, daerah untuk mewuikut membahas, memberikan judkan pemerataan pertimbangan undang-undang pembangunan bangsa tertentu dan melakukan Lalu yang keempat, yang bermartabat, pengawasan atas pelaksanaan Meningkatkan sinergi sejahtera, berkeadilan undang-undang, dan interaksi serta dan berkesinambunkerjasama anggota gan serta berwawasan DPD RI dengan para lingkungan dalam wapemangku kepentinNggak pak,…cukup… dah Negara Kesatuan gan untuk efektifitas Republik Indonesia” perjuangan aspirasi dan kepentingan daerah dalam kebijakan nasional, penjelasan saya kecepetan nggak…? oke, saya lanjutkan kembali, poin ke lima adalah, Mendorong pemerintah pusat untuk memberi perhatian yang lebih besar terhadap isu-isu penting dan strategis di daerah, keenam, Mendorong pemerintah daerah mengidentifikasi dan menyusun strategi dalam mengatasi isu-isu dan persoalan penting di daerah, lalu ketujuh, Meningkatkan kinerja politik anggota DPD RI melalui Institutional Building, Capacity Building dan Image Building atau bahasa indonesianya, pembangunan kelembagaan, pembangunan kapasitas dan pembangunan citra, lalu yang terakhir atau ke delapan, Melakukan sosialisasi DPD RI melalui berbagai terobosan kegiatan yang terprogram tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, salah satunya seperti yang sedang kita lakukan sekarang ini, berdialog dengan kalian

Pak, saya ingin bertanya, bagaimana caranya untuk menjadi anggota DPD atau bekerja di DPD RI ? Rupanya kalian ada yang bercita-cita menjadi anggota DPD RI yah, hehehe, bagus sekali, seperti yang sudah diutarakan bahwa kami anggota dan pimpinan DPD RI dipilih langsung oleh masyarakat Indonesia melalui pemilihan umum, namun ada juga yang namanya alat kelengkapan DPD RI, yang harus kalian ketahui, yaitu terdiri dari Pimpinan yang terdiri dari satu orang Ketua dan dua orang Wakil Ketua, di DPD RI Periode sekarang, yaitu masa sidang 2009 – 2014

saya, Irman Gusman mewakili provinsi Sumatera Barat dipercaya menjadi ketua, Wakil ketua Bidang I dijabat oleh Dr. Laode Ida beliau perwakilan provinsi Sulawesi Tenggara , lalu Wakil Ketua Bidang II dijabat oleh G.K.R Hemas, beliau perwaklian provinsi D.I Yogyakarta. Lalu yang merupakan alat kelengkpan DPD RI selanjutnya ada yang disebut Panmus atau Panitia Musyawarah, Komitekomite, diantaranya Komite I yang membidangi tentang otonomi daerah dll, jelasnya dapat kalian lihat di buku profil DPD RI yang akan dibagikan nanti. Nah,kami pimpinan DPD RI ini dipilih dari dan oleh anggota dalam sidang Paripurna, bagaimana? jelas? 25


Pak, aku pusing sekali mendengarnya, hehehe‌

hehehe‌pasti pusing ya, penjelasannya panjang, tapi nanti kalian akan lebih mengerti kalau kalian sudah membaca buku profilnya, ditambah yang saya jelaskan ini, kalian akan lebih lengkap mendapatkan pengetahuan tentang DPD RI sebagai lembaga

Pak, lalu tugas anggotanya secara personal apa aja pak‌?

Nak Gilang ini pintar juga ya, sangat jeli, saya suka sekali, begini nak Gilang, Kerja anggota DPD itu banyak, saya akan bagikan bagan yang merinci tentang Tugas Anggota DPD secara personal, kalian bisa melihat apa saja tugas anggota DPD itu

26


ada satu lagi yang Penting kalian ketahui, DPD RI mempunyai Sekretariat Jenderal untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan wewenang DPD RI, sekretariat Jenderal yang susunan organisasi dan tata kerjanya diatur dengan peraturan presiden tersebut, bertugas menyelenggarakan dukungan administratif dan keahlian kepada DPD RI, makanya Sekertariat jenderal berisi orang-orang yang ahli dibidangnya

Pak, apakah Sekretariat Jenderal berada dibawah DPD RI‌?

27


Pertanyaan bagus, secara lembaga, Sekretriat jenderal berada di dalam DPD RI, namun sekretariat jenderal pun memiliki tugas, Visi dan misi tersendiri, tugas utamanya adalah memberikan dukungan administratif dan keahlian kepada DPD RI, lebih jelasnya akan saya terangkan

Fungsi Sekretariat Jenderal DPD RI diantaranya, satu, Koordinasi dan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas unit organisasi di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI, kedua, Pemberian dukungan administratif dan keahlian di bidang perundang-undangan, pertimbangan dan pengawasan dalam fungsi politik lembaga dan anggota DPD RI, dan ketiga adalah, Pembinaan dan pelaksanaan perencanaan, pengawasan administrasi keanggotaan, kepegawaian, ketatausahaan, perlengkapan, kerumahtanggaan dan keuangan dilingkungan DPD RI

bisa saja, tentunya dengan kualifikasi keahlian dan keilmuan yang diperlukan

Kita bisa jadi pegawai di Sekretariat Jenderal DPD RI dong pak…?

Struktur organisasi Sekretariat jenderal itu bagaimana pak…?

Oke…saya jelaskan ya, Sekretariat Jenderal di DPD RI dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal, sekarang dijabat oleh Ibu Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, beliau mempunyai seorang wakil yaitu bapak Drs. Djamhur Hidayat, mereka membawahi 6 biro dan satu Pusdatin, satu Puskajida dan satu Pusjakum, lalu beberapa Sekretariat dan Bidang, penjelasannya akan saya bagikan kepada kalian bersama buku profil ya… 28


Adik-adiku sekalian, saya akan melanjutkan penjelasan tentang Visi dan Misi Sekretariat Jenderal, Visinya adalah: Profesional dan handal dalam memberikan dukungan administratif dan keahlian bagi pelaksanaan tugas konstitusional DPD

Kemudian Misi Sekretariat Jenderal terdiri dari empat poin, yaitu, satu, meningkatkan kapasitas struktur kelembagaan dan ketatalaksanaan sekretariat Jenderal, kedua, Optimalisasi dukungan keahlian dan teknis persidangan DPD, lalu ketiga, Membangun SDM aparatur yang professional, kompeten dan berintegritas, lalu terakhir, Membangun pemahaman masyarakat luas tentang keberadaan DPD Semua orang mempunyai peluang yang sama untuk menjadi anggota DPD RI adikku Matheus, tinggal kalian harus meningkatkan keahlian dan ilmu kalian dalam pendidikan kalian, semua yang diberikan kesempatan menjadi Anggota

Pak, aku tertarik untuk jadi anggota DPD, apakah aku bisa menjadi anggota atau bekerja di DPD RI kelak ya pak‌?

atau bekerja di DPD RI adalah orang yang memiliki keahlian dan keilmuan yang unggul, makanya mereka menjadi ahli dibidangnya, begitu adik2ku semua. Ada lagi yang akan kalian tanyakan‌?? Sepertinya cukup pak, wah‌kami berterima kasih atas waktu dan keterangan yang sudah bapak berikan, itu akan menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat buat kami, maaf lho pak kami merepotkan dan menyita waktu bapak

29


Gak apa-apa paaak…!!

hahahaha, tidak merepotkan kok, malah kami di DPD RI sangat senang kedatangan kalian, sering-seringlah kalian main kesini, sambil bersilaturahmi dengan kami, okay, kalau memang tidak ada yang ingin kalian tanyakan lagi, kalian boleh mengisi lembar yang kami bagikan sekalian saya pamit untuk melanjutkan tugas saya, karena saya harus segera terbang ke Makassar sore ini, maaf saya tidak bisa mengantar kalian… Selamat siang… sampai bertemu lagi dilain waktu….

Siang pak…!!

30


Emang mau nanya apa loe, tulis aja disitu…

Waah…Bro, elu main tutup aje nih, gua juga masih mau nanya kan… payah loe ah…

Gua pengen tau Gaji anggota DPD RI berape yah?? Gedean mana sama gaji Artis yah.....hehehe

Emang nape kalo gua minat…?? Emang loe minat kerja di DPD RI, ar…?? hahahahaha… nggak salah tuh…

Hahahaha…bisa ancurrr tuch DPD RI …hahahaha

hahahaha…. amiiiin… Sembyarangan…calon anggota DPD RI terbaik tahun 2025 gini…heuheuheu…

31


Diluar Gedung...

Uugh…laper banget niih…Mila cintaku,…pulangnya kita kencan ke puncak yuuk …sambil makan daging kambing muda…hehehe…

Kencan pala loe peang…laper mah makan dodol…! bukannya kencan… kerjaan loe kalo nggak makan, tidur atau godain orang… dasar panjul…!! Iye niich…giliran makan loe semanget banget,…tadi waktu dialog , molor melulu kerjaannya…dasar karung beras loe….

Sembarangan…gua kan karung beras tampan, gua berani jamin…semua wanita yang ada disini pasti setuju kalo gua tampan kan…???

Hoeeeeek….!!!

Selesai


Profile for Indonesia Student & Youth Forum

Sang Senator  

Komik serial ini bertujuan untuk memperkenalkan lembaga negara kepada pelajar Indonesia. Diterbitkan oleh Indonesia Student and Youth Forum...

Sang Senator  

Komik serial ini bertujuan untuk memperkenalkan lembaga negara kepada pelajar Indonesia. Diterbitkan oleh Indonesia Student and Youth Forum...

Profile for isyf
Advertisement