Page 1


DARI REDAKSI Setelah terbitnya bulletin JURNALISTIK bulan Januari 2011 lalu, mungkin rekan-rekan bertanyatanya “ngapain aja sih IPTEK sampai tidak ada kegiatan lagi?” Nah, karena terbatasnya dana kita mengulur-ulur penerbitan majalah, dan pada akhirnya, majalah IPTEK dan Jurnalistik Edisi kedua telah terbit. Dengan segala kerendahan hati, maka dari itu kita segenap anggota IPTEK berusaha agar majalah ini terbit dengan segala keterbatasan yang ada. Sebelumya, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca JURNALISTIK Magazine yang membuat redaksi JURNALISTIK lebih semangat membuat karya-karya yang menarik. Dulu IPTEK telah mengeluarkan majalah edisi perdana yang berjudul Galileo dan mendapat tempat di hati para taruna/i karena disajikan secara menarik dengan penulisannya yang kreatif namun pembelajarannya tetap dapat tersalurkan dengan baik. Untuk itulah, edisi kali ini IPTEK tetap akan memakai gaya penulisan yang sama, hanya saja materi yang akan dibahas lebih memuat kepada permasalahan taruna/i AMG yang bercerita tentang suka duka mereka saat PKL dan bekerja di daerah. Kami mengambil beberapa kisah dari taruna/i yang sempat merasakan bagaimana PKL di daerah. Ini diharapkan mampu menumbuhkan mental para taruna/i agar siap “diterjunkan” ke daerah. Di edisi kali ini, JURNALISTIK akan mengupas tentang berbagai kegiatan yang kita alami selama tahun ajaran 2010/2011 ini, mulai dari kisah penempatan, profil kelas tahun 2010/2012, profil tokoh-tokoh penting yang berpengaruh di AMG, UAS, IPTEK Expo, liputan kedatangan menteri India, dan berakhir di PENSI. Dalam edisi akli ini cakupannya lebih luas dari edisi sebelumnya, mengingat nama bidang IPTEK kini menjadi IPTEK dan Jurnalistik. Beberapa cerpen, poster, dan fotografi yang menjadi juara dalam IPTEK Expo juga akan kami terbitkan. Selamat datang bagi para CATAR AMG semoga mampu beradaptasi di bumi AMG tercinta. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada senior tk 3 yang telah membimbing kami, semoga dapat bertugas di daerah dengan semangat baru. JURNALISTIK Crew….

SUSUNAN REDAKSI Penanggung Jawab

: Bpk. Nardi, S.T.

Penasehat

: Bpk. Reynhard Syatauw

Pelindung

: Bpk. Drs. Suko Prayitno Adi, M.Si

Pemimpin Redaksi : I Putu Dedy Pratama Wakil

: Mario C.R. Koten

Sekretaris

: Linda Natalia So’langi

Bendahara

: Ristiana Dewi

Editor

: Rezky Yunita

Layout

: Ittaka Aldini

Cover Designer : Arif Rahman Hakim & Ittaka Aldini Dokumentasi

: 1. I Ketut Wisnu Wardana 2. Aji Prasetyo 3. Bagus Adi Wibowo

Redaksi Bidang IPTEK

: Farhan A. Marjun

Bidang Jurnalistik

: Rizal Hidayat

Reporter

:

Anggota IPTEK dan Jurnalistik Tk. I dan Tk. II Email :

iptek.jurnalistik.amg@gmail.com iptekamkg@live.com iptekamkg@yahoo.com Fanpage:

www.facebook.com/iptechamkg (COMING SOON!) Blog:

http://iptechamkg.blogspot.com Twitter:

@iptechamkg


DAFTAR ISI

DAFTAR ISI DARI REDAKSI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 2 DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 3 PROFIL KA BMKG. . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 4 PROFIL DIREKTUR AMKG ....................................................................... 5 PROFIL DANYON. . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 6 PROFIL WADANYON . . . . . . . . . ............................................................................... 7 MENGENAL BATALYON AMG .................................................. 8 MENGENAL MPT AMG . . . ............................................................................... 10 PROFIL ANGGOTA IPTEK ....................................................................... 11 LIPUTAN KEDATANGAN MENTERI INDIA .... 19 LIPUTAN IPTECH EXPO .............................................................................. 21 LIPUTAN PENSI AMG . . . . . . . ............................................................................... 26 KISAH PENEMPATAN . . . . . ................................................................................ 32 ARTIKEL BIDANG . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 34 ARTIKEL XTRA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 58 PROFIL KELAS. . . . . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 60 SALAM-SALAM. . . . . . . . . . . . . . . . . . . ................................................................................ 90


PROFIL SUDAH MENGENAL IBU KA BMKG? Siapa yang tidak mengenal Ir. Sri Woro B. Harijono, Msc. Mungkin sebelum kita masuk AMG belum mengenal nama ini. Di kalangan masyarakat pada umumnya tak banyak yang tahu sosok perempuan jawa yang lembut, tegas, dan feminin ini. Pada edisi kali ini IPTEK membuat profil orang no 1 di BMKG.

Wanita kelahiran Magelang, 5 Agustus 1951 ini menikah pada tahun 1979 dengan Ir. Harijono. Memiliki dua anak yang kini berprofesi sebagai dokter. Ibu dari Dneska Pandu (30 tahun) dan Andino (29 tahun) ini mempunyai sejumlah pengalaman menarik sejak kecilnya. Pada saat SD beliau memiliki hobi bernyayi. Hobi ini disalurkan dengan bergabung dalam band yang berisi anak-anak perempuan, namanya The Roses, yang dibuat oleh ayahanda beliau. Kemudian saat SMP dan SMA beliau bergabung dengan band Zainal Kombo. Beliau manggung di berbagai acara di Jakarta, Bandung dan Pelabuhan Ratu. Saat kuliah pun beliau aktif di Dewan Mahasiswa Bidang Kesenian, tetapi kegiatan menyanyi berhenti. Saat SMP dan SMA beliau bergabung dengan band Zainal Kombo. Kami manggung di berbagai acara di Jakarta, Bandung dan Pelabuhan Ratu. Saat kuliah pun saya aktif di Dewan Mahasiswa Bidang Kesenian, tetapi kegiatan menyanyi saya sudah berhenti. Masa sekolah beliau jalani di Bogor, mulai SD hingga menjadi mahasiswi S1 di Institut Pertanian Bogor (IPB) mengambil Mekanisasi Pertanian. Setelah lulus tahun 1975, beliau mendapat tawaran bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai Staf Divisi Advance Technology Pertamina. Beliau mengurusi program hujan buatan, tentunya terkait dengan bidang iklim dan cuaca. Beliau juga banyak terjun ke lapangan, mengurusi bagaimana upaya menambah air di berbagai waduk (reservoir), seperti Jati Luhur, Saguling, Cirata, hingga Kalimantan dan Soroako. Tahun 1978 saya menjadi Staf Pengembangan Kekayaan Alam, lalu pindah lagi ke Staf Inventaris Sumber Daya Alam. Mulai 1985 hingga 1999 menjadi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPT. Ketertarikan beliau tentang cuaca dan iklim dilakukan dengan mengikuti pelatihan Meteorologi dan Hidrofisika Cuaca di Jakarta. Lalu, meneruskan kuliah S2 di IPB mengambil Agroklimatologi dan lulus tahun 1996. Pada saat itu usia beliau sudah 45 tahun. Setelah 24 tahun di BPPT, tahun 1999 Bu Woro sapaan akrabnya, memutuskan untuk pindah ke Kementerian Riset dan Teknologi (KRT). Selama hampir dua tahun di KRT, Bu Woro menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Iklim dan Cuaca.

Bidang itu masih ada kaitannya dengan Proyek Hujan Buatan yang pernah beliau kerjakan di BPPT. Lalu menjadi Deputi Menteri Bidang Program Riptek hingga tahun 2004. Selesai di KRT, beliau loncat ke BMG. Selama setahun beliau menjadi Deputi Ketua BMG Bidang Sistem Data dan Informasi. Lalu Agustus 2005 hingga sekarang menjadi Kepala BMG. Kesan Beliau terhadap kinerja BMKG “dikutip dari Tabloid Nova”: “Banyak pihak menilai kinerja BMG lamban, tidak proaktif, dan reaktif dalam menangani gempa bumi dan tsunami kemarin. Informasi pun tidak tersebar dengan baik. Padahal kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Kendalanya adalah cakupan Indonesia itu sangat luas. Sementara sistem komunikasi kita memang sangat lemah. Seharusnya itu disadari dan ditanggulangi bersama. Kadang banyak masyarakat tidak mengerti itu. Masyarakat juga tidak bisa terima, tidak percaya, langsung mengkritik, bahkan mencaci maki. Padahal yang harus ditanamkan adalah, bagaimana harus memahami secara sadar dan terus siaga. Diperlukan kerjasama dengan instansi terkait untuk melakukan latihan evakuasi secara berkala. Contoh saja Hawaii yang juga berpotensi tsunami, tiap sebulan sekali rutin mengadakan latihan evakuasi. Sampai-sampai selama kejadian gempa dan tsunami kemarin saya tak bisa tidur pulas. Kacamata dan handphone selalu stand by. Kalau ada panggilan atau sms, langsung jantung terasa mau copot. Kadang rasanya jenuh sekali. Akan tetapi, sejauh ini bisa saya atasi. Namanya bekerja pasti ada suka dukanya. Tidak bisa diprediksi juga, seperti halnya gempa. Saya tetap saja bekerja semaksimal mungkin. Saya berpikir, dari berbagai duka itu kita merasa tertimpa, tertempa, harus kembali bangkit, dan mendapat apresiasi.” Pada tanggal 11 Oktober 2008 beliau memperoleh pengghargaan MURI atas rekornya sebagai wanita Indonesia pertama yang berhasil lulus menjadi sarjana Agro Metrologi dan merupakan wanita Indonesia pertama yang menjabat sebagai Kepala Badan Metrologi & Geofisika. Dr Sri Woro Budiati Harijono terpilih menjadi Presiden World Meteorological Organization (WMO) wilayah Asia dan Pasifik Barat Daya periode 2010-2014. Terpilihnya Bu Woro disela pertemuan 15th Session of WMO Regional Association V (RA-V) di Bali yang digelar sejak 30 April dan akan berakhir 6 Mei nanti itu, merupakan bentuk pengakuan sekaligus kepercayaan masyarakat Internasional terhadap Indonesia.Beliau secara ex-officio juga masuk dalam keanggoataan Executive Council (EC) WMO periode 2011-2015.


PROFIL

Usaha Stasiun Geofisika Kelas I Winangun, Manado, sampai September 1998. Sebelumnya, sempat kembali menyelesaikan Program Pascasarjana bidang Ilmu Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Universitas Sam Ratulangi dengan tesis berjudul, “Analisis Fenomena Meteorologi Dalam Pengembangan Wilayah, Studi Kasus Kota Manado�. Menjabat Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Palu dari September 1998 hingga Januari 2005, Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Gowa dari Januari 2005 hingga Januari 2008, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Angkasa Pura, Jayapura, dari Januari 2008 hingga akhir Mei 2009.Kemudian dari 1 Juni 2009 hingga kini menjabat sebagai Direktur AMG Jakarta.Saat ini telah menyelesaikan Program Doktor di Universitas Negeri Makassar.

Drs. Suko Prayitno Adi, M.Si adalah lulusan Akademi Meteorologi dan Geofisika yang kini menjabat sebagai Direktur AMG Jakarta. Dilahirkan di Blitar, Jawa Timur, 15 Maret 1963. Menyelesaikan pendidikan Menengah Atas di SMA Negeri 1 Blitar, lulus tahun 1983. Kemudian bergabung di AMG, lulus pendidikan Program D-1 Geofisika di tahun 1985. Menikah tahun 1989 dengan Soesanti Retno Iswandari, S.H, dan hingga kini dikarunia 4 Orang anak. Penempatan pertama selaku observer di Stasiun Geofisika Winangun, Manado. Di tahun 1990, melanjutkan pendidikan D III Geofisika di AMG Jakarta dan lulus tahun 1993. Sempat menjabat sebagai Komandan Batalyon Taruna AMG periode 1990/1993, dan pemegang sabuk hitam Dan II Karate FORKI-INKADO. Selama pendidikan di AMG, juga melanjutkan pendidikan Program S-1 Statistika Terapan Universitas Terbuka UPBJJ-UT Jakarta, lulus tahun 1992. Kembali ke Manado akhir tahun 1993, menjabat Sub Bagian Tata


PROFIL Sahabat iptek sekalian, pada kesempatan rubrik kali ini, kita akan mewawancara orang penting di AMG tercinta ini. Siapa lagi kalo bukan komandan batalyon alias Danyon dan wakilnya yang kebetulan keduanya kasepkasep pisan hehe.. Ditemui dikelas geofisika 2B yang cukup panas akibat pemanasan Global alias “nte aya AC” gara-gara rusak, kami selaku tim wawancara mencoba mengorek beberapa keterangan dari taruna nomer satu di AMG ini. Demi kenyamanan dan suasana yag mendukung, lokasi kami alihkan ke kelas seberangnya yaitu meteo tiga. “Selamat siang pa komandan, kami dari reporter majalah IPTEK AMG, bisakah mewawancarai saudara??” Dengan senyum khas yang mengembang dan simetris Beliau pun akhirnya bersedia kami wawancarai. Ini kurang lebih hasil yang kami dapatkan dari penuturan beliau. Nama

: Puji Ariyanto

TTL

: Semarang, 16 Januari 1991

Orang tua Ayah

: Parimin

Ibu

: Jumini

Saudara kandung : Yoga Ahmad H, ( 12 tahun ) Zulfa Ramadhani ( 5 tahun ) Tinggi Badan

: 178 cm

Berat Badan

: 68 kg

Dan kita sepakati bersama jika beliau ada di podium depan, auran kepemimpinanya pun akan kentara hehe… Berlanjut tentang cita-cita hidup, Beliau menuturkan kalo ingin menjadi orang yang sukses dunia akherat , serta ingin segera memiliki calon ibu buwat anak-anaknya yang Ia targetkan akan terlaksana pada tahun 2014.Mantap dah,,, kita doakan bersama aamiin. Dan ini wawancara terakhir mengenai visi kepemimpinanya kedepan di AMG dan pesan-pesanya kepada rekan -rekan sekalian : Visi : “Menjadikan taruna/i AMG berdisiplin , menuju kepada perbaikan ahlak dan moral serta berrdedikasi.”

Gol darah : B (+) Warna Kulit

Berbicara tentang pandangan umum orang terhadap dirinya, orang yang sehari -hari di panggil Ari ini menanggapi, “ Sebenarnya saya bingung saya ini seperti apa,,,, tapi kalo kata orang, saya ini kalem, ngga banyak tingkah, ngga banyak ngomong ..”

: Sawo matang

Itulah sekelumit biodata penting yang bisa kami dapatkan dari komandan kita ini. Setelah ditelusuri lebih jauh dan dekat dengan visibility yang pas, Kami menemui bahwa Beliau ini sangat suka sekali dengan olahraga renang. Ketika renang sebelum kolam diputari 12 kali dengan gaya dada, Beliau ini tidak akan mungkin mentas dari kolam hehe.. atletis men… Tidak hanya sekedar berenang, pemuda yang sholeh karena rajin sholat subuh di masjid ini juga mempunya hobi lain yaitu membaca. Kata-kata bijaknya adalah “ buku adalah nutrisi dari leher ke atas yang harus dipenuhi, tidak hanya kebutuhan dari perut ke bawah yang kebanyakan orang lebih memperhatikan”, jadi terlihat sudah kalo komandan kita ini sangat bijak,, wong bukunya di rumah seabreg haha..

Pesan-pesanya Kepada Junior : “Tolong dijaga respect, harap mencontoh senior yang baikbaik saja. Kalo penenmpatan manfaatkan waktu sepuluh bulan itu untuk mencari pengalaman .” Kepada rekan seangkatan ; “Mohon kerjasamanya, bantuan serta masukan.” Kepada senior : “Ucapan terimakasih atas dukunganya, tolong jangan dilupakan kenangan dua tahun di AMG ini.” Kata-kata terakhir “ Ibarat pelangi tidak akan indah apabila hanya ada satu warna, keindahan tercipta karena keterpaduan diantara berbagai warna. Marilah saling menghargai perbedaan untuk AMG yang lebih maju ke depan.”


PROFIL

Setelah kita mengetahui profil danyon kita maka kita juga harus mengetahui profil dari Wakil komandan Batalyon kita, Di temui di kediaamannya penghuni kelas Meteorologi 2A ini , coba berhasil di introgasi, ehhh salah maksudnya di wawancarai. selanjutnya dari hasil wawncara yang kami dapat langsung dari beliau adalah sebagai berikut: Nama

: Aditya Mulya

TTL

: Malang 17 desember1990

Orang tua Ayah

: (Alm) Jayadi

Ibu

: Endang Wahyuningsi

Saudara kandung : Prasaja, ( 27 tahun ) Tinggi Badan

: 170 cm

Berat Badan

: 58 kg

Gol darah

: O (+)

Warna Kulit

: Sawo matang

Dan ternyata yang mengagumkan orang yang tampak sangat kalem, murah senyum dan sedikit pemalu ini memiliki sebuah hobby yang positif yakni olahraga Bola Basket. Patut kita acungi jempol selain pribadi yang pekerja keras beliau juga masih sempatsempatnya berolah raga yang menunjukan keseimbangan jasmani juga. Tapi tadi mengenai jasmani tidak hanya sekedar hobby berenang wadanyon kita periode 2011/2012 juga soleh dan rajin sholat loh. Ini betul-betul menunjukan bahwa keseimbangan jasmani dan juga rohani itu sangat di perlukan dalam membangun karakter seorang pemimpin. Dan ketika di tanyai mengenai rencana jangka panjangnya , beliau menolak untuk menjawabnya. Maka langsung saja kami menanyakan mengenai visi AMG kedepan dan pesan-pesannya kepada rekanrekan sekalian :

Visi : “Ingin menjadikan AMG tidak hanya pandai secara intelektual saja tapi juga dalam segala bidang khususnya dalam bidang olahraga menuju ke arah lebih baik.” Pesan-pesannya Kepada senior : “Trimakasih atas segala yang telah senior ajarkan dan amanahkan kepada kami insyaallah akan kami kenang”

Kepada teman se angkatan : “ Jadilah kita sebagai senior yang bisa dibangggakan.dan kita harus menjadi teladan yang baik bagi junior-junior kita serta dapat mengntrol diri dan egonya masing-masing.” Kepada junior

:

“Baik dan buruk yang senior berikan itu semua untuk kebaikan kalian jadi “ tingkatkan respek dan jadilah junior yang bisa kami banggakan!!!”

Kata-kata terakhir

:

“Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan karena terkadang apa yang kita inginkan bukan apa yang kita butuhkan. Semoga kita selalu menjadi orang yang bersyukur :)”


MENGENAL BATALYON AMG

Korps Taruna AMG Jakarta adalah organisasi induk utama ketarunaan di AMG. Dibentuk di awal tahun 90-an, organisasi ini dibentuk dengan tujuan menampung dan mewadahi seluruh kegiatan yang bersifat pembinaan ketarunaan. Meski AMG telah berdiri dari tahun 1955, namun system ketarunaan di AMG baru diadopsi di awal tahun 90-an. Jadi,bisa dikatakan organisasi ketarunaan di AMG itu masilah berumur remaja. Sebagai organisasi induk utama,tentunya diperlukan kader-kader pemimpin organisasi yang nantinya mampu menjadi pemimpin Korps Batalion Taruna, Dan dalam kurun waktu kurang lebih 20 tahunan, telah 20 kali pula kepemimpinan di Korps Batalyon Taruna telah berganti. Bukanlah hal yang mudah untuk menemukan nama-nama mantan pemimpin kita. Di Bagian Akademik sendiri tidak memiliki cukup data memadai tentang hal ini. Di dalam pengarsipan

Korps Batalyon sendiri,ternyata tidak ada salinan atau surat keputusan asli pengangkatan seorang Komandan Batalyon dari tahun 90an.Hal ini terjadi karena sebelumnya ditahun 2000 AMG Jakarta berpindah lokasi dari lokasi lamanya di daerah Arief Rahman Hakim, Jakarta Pusat, ke daerah Pondok betung, Bintaro , Tangerang Selatan. Hal ini menyebabkan banyak arsip—arsip yang tercecer dan tidak tentu rimbanya. Tapi berkat perjuangan tanpa lelah dan putus asa dari Para pencari informasi *prettt (dalam hal ini Taruna Bagus Adi WIbowo dan Taruna Mario C.R. Koten), beberapa dapat diperoleh. Walau tidak banyak dan tidak semua berprofil lengkap,setidaknya bertambahlah ilmu pengetahuan kita tentang Kader—Kader pemimpin BMKG yang dilahirkan oleh AMG dan kini telah tersebar ke berbagai penjuru nusantara. Viva La AMG!

NAMA—NAMA KOMANDAN DAN WAKIL KOMANDAN BATALYON AMG JAKARTA 2000-2011

Periode 2011/2012

PERIODE 2007/2008

PERIODE 2003/2004

PUJI ARIYANTO / ADITYA MULYA

MUJAHIDIN / RANDY ARDIANTO

Periode 2010/2011

PERIODE 2006/2007

HERI ISMANTO / ARIF NUR ARROHIM

WAHYU GURU IMANTOKO/ RION S. SALMAN

TAUFIK HIDAYAT (DANYON) / MUJAHIDIN (WADANYON)

PJS TAHUN 2010

PERIODE 2005/2006

WAHYU GURU IMANTOKO

AGIE WANDALA PUTRA / BAYU EDO PRATAMA

PERIODE 2009/2010 RAHMAD SUBEKTI / SABAR ARDIANSYAH PERIODE 2008/2009 ABDI JIHAD / RISTA HERNANDi VIRGIANTO

PERIODE 2002/2003 SIGIT PRAMONO / HERI ISMANTO PERIODE 2001/2002 JANUAR HENRY

PERIODE 2004/2005

PERIODE 2000/2001

ARIF NUR ARROHIM / AGIE WANDALA PUTRA

EKO WIDJAYANTO


STRUKTUR KEPENGURUSAN BATALYON TARUNA AMG 2011/2012

MENGENAL BATALYON AMG


MENGENAL MPT AMG


PROFIL IPTEK

1.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Linda Natalia So’langi : Meteorologi II-B : Ujung Pandang, 25 Desember 1990 : Papua : Everything to God, I’m nothing : Linda_so’langi@yahoo.com : facebook.com/linda.solangi (FB)

2.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: I Putu Dedy Pratama, A. P. : Geofisika II-B :: Bali : Gens Una Sumus : checkmate_mail@yahoo.co.id : geof-dnp.net Putu Dedy Pratama (FB) 26Januari (FS)

3.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail

: Farhan A. Mardjun : Meteorologi II-D : Poso, 3 Februari 1990 : Poso (Sulawesi Tengah) : With great power comes great responsibility : Farhanmardjun@yahoo.com Farhanmardjun2@gmail.com

Social network

: @f_mardjun (Twitter)

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

: Rizal Hidayat : Meteorologi II-C : Tegal, 10 Maret 1990 : Tegal (Jawa Tengah) : Gajah di pelupuk mata tampak, kuman di seberang lautan tak tampak : nazi_hacker99@yahoo.com asus9924@gmail.com

4.

E-mail

5.

Social network

: INDONAZI/543101 (Kaskus) Hitlerjugend (IDWS)

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: I Ketut Wisnu Wardhana : Meteorologi : Kupang, 15 Agustus 1990 : Kupang : Yang gampang jangan dibuat susah : kriboplusplus@yahoo.com : Wisnu Wardhana (FB)


PROFIL IPTEK

6.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

E-mail

: Mario Charlos Rohi Koten : Geofisika II-B : Kupang, 3 Mei 1989 : Kupang : Aku adalah aku kalau ada yang lebih baik merupakan hal yang tidak penting untuk dibahas : kupangboys@gmail.com boy.mark0305@yahoo.com

Social network

: Mario Charlos Rohi Koten (FB) Rio Charlos (FS) kupangboys (Google+) boy_mark0305 (YM)

7.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Rezky Yunita : Meteorologi II-B : Nganjuk, 3 Desember 1989 : Nganjuk (Jawa Timur) : I’m less than anything, more than nothing. : yunitarezky@gmail.com : www.facebook.com/yunitarezky (FB) @yunitarezky (Twitter)

8.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

: Ristiana Dewi : Meteorologi II-A :: Purworejo (Jawa Tengah) : hanya manusia biasa yang melakukan hal - hal biasa.. tapi hal biasa tersebut kucintai dengan luar biasa.^^ :: www.facebook.com/ristianad (FB)

E-mail Social network

9.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Muhammad Fajar Handoyo : Meteorologi II-D : Medan, 21 September 1992 : Medan (Sumatra Utara) ::: Fajar Handoyo (FB)

10.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Relly Margiono : Geofisika II-A : Tegal, 16 September 1990 : Tegal :: relly_ikhtiar@yahoo.co.id : Relly Margiono (FB)


PROFIL IPTEK

11.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Moh. Iqbal Tawakal : Geofisika II-B : -, 10 Maret 1989 :: Tidak mengenal menyerah “prajurit” : muhammad.ibiltawakal@gmail.com :-

12.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

: Kukuh Prasetyanigtyas : Meteorologi II-C : Banyumas, 7 Januari 1991 : Banyumas (Jawa Tengah) : Ilmu yang bermanfaat lebih indah dari dunia dan seisinya Jika kau menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu : kp_pras_tyas@yahoo.com : Kukuh Prasetyaningtyas (FB)

E-mail Social network 13.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Frangky Octavian Ulus : Geofisika II-A : Manado, 2 Oktober 1987 : Manado : Saya hanya berusaha, Tuhan yang menentukan : Frangkyulus_tsp@yahoo.com Frangky.ulus@yahoo.com : Frangky Ulus (FB) Frankocta (Twitter)

14.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Ittaka Aldini : Instrumentasi II : Jakarta, 21 Oktober 1990 : Sidoarjo : It’s always seems impossible until it’s done : ittaka@gmail.com : dezignith (Diaspora, Facebook, G+, Tumblr, Flickr, Skype,) @itttaka (Twitter) about.me/ittakaaldini

15.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

: Agusto Pramana Putera : Instrumentasi II : Pontianak, 15 Agustus 1991 : Kuala Kapuas : Berani kotor itu baik, berani mencoba itu lebih baik. : agustoputra@rocketmail.com : Agusto Pramana Putera (FB) @ajuz05 (Twitter) agustoputra (YM)

E-mail Social network


PROFIL IPTEK

16.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

E-mail Social network

17.

E-mail Social network

: I Wayan Andi Yuda : Klimatologi I : Gianyar, 7 Agustus 1992 : Bali : Akan selalu berjalan berlawanan arah dengan keadaan yang biasa : youda_boy@yahoo.co.id : Youda Andy (FB)

18.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Tri Wulandari : Geofisika I : Jakarta, 11 Maret 1991 : Tangerang : Just KISS (Keep It Simple Stupid) : tri.wulandari81@yahoo.co.id : tri.wulandari81@yahoo.co.id (FB)

19.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Aldilla Damayanti Purnama Ratri : Geofisika I : Mojokerto, 16 September 1992 : Pasuruan : Manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang : all_deal_a@yahoo.com : Aldilla Damayanti Purnama Ratri (FB)

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Made Nanda Putri Arianti Mahendra : Instrumentasi I : Singaraja, 23 Mei 1992 : Bali : Be myself : panda_forever@yahoo.co.id : Panda-Nanda (FB)

20.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

: Devis Styo Nugroho : Instrumentasi II : Pangkalan Bun, 16 November 1989 : Pangkalan Bun : "give Your smiLe to Everyone, But give your trUe LoVe for OnlY one person,,," :: http://facebook.com/dev.dexvils (FB) @devis_dexvils (Twitter)


PROFIL IPTEK

21.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto

Social network

: Maulana Syarif Al-Kafie Satrya : Meteorologi I-B : Banjarmasin, 11 September 1992 : Barabai (Kalimantan Selatan) : Number 1 ninarana kotto moi, motto motto tokubetsu na only one : arief_xxx@rocketmail.com & arief.xxx.99@gmail.com : Banyak, jadi binggung yang mana >.<

22.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Rahma Fauzia Yushar : Meteorologi I-B : Purbalingga, 5 Agustus 1992 : Yogyakarta : Live a life where you want to live in : rahmayushar@gmail.com : rahmayushar@gmail.com (FB)

23.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Cristine Widya SImanungkalit : Meteorologi I-A : Medan, 18 Desember 1991 : Medan : What I want is what Iâ&#x20AC;&#x2122;ve got : drizt.dikta@ymail.com : drizt.dikta@ymail.com (FB)

24.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Bagus Adi Wibowo : Geofisika I : Jakarta, 20 Juli 1993 : Indonesia : Usaha 30% + target 70% = hasil 100% : isenchantedafterlife@gmail.com : isenchantedafterlife@gmail.com (FB)

25.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: I Gusti Ketut Satria Bunaga : Geofisika I : Klungkung, 6 Desember 1992 : Bali : Perut kenyang hati pun senang : Satriabunaga@rocketmail.com : IGK Satria Bunaga (FB)

E-mail


PROFIL IPTEK

26. Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

27.

: Agung Hari Saputra : Meteorologi I-C : Gowa, 18 Agustus 1992 : Makassar : The winner and the loser is option, so itâ&#x20AC;&#x2122;s up to you, to choose what : agungharisaputra@ymail.com : Agung Hari Saputra (FB) @Agungdeguiza (Twitter)

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail

: Santy Wulandari : Meteorologi I-C : Poso, 25 Desember 1992 : Palu : Life is choice : me_shantyswan@yahoo.com

Social network

: @santy_wulandari (Twitter) Shanty_swand (Plurk) Santy Wulandari (FB)

28.

Nama Kelas Tempat/tanggal lahir Daerah asal Motto E-mail Social network

: Reza Bayu Perdana : Meteorologi I-C : Boyolali, 21 September 1992 : Boyolali : Tersenyumlah! J : rez_inpeace@yahoo.co.id : Reza Bayu Pandhawa (FB) @rezzinpeace (Twitter)


PROFIL IPTEK


PROFIL IPTEK


LIPUTAN KHUSUS Kedatangan Sekretaris Menteri Pendidikan India ke Akademi Meteorologi dan Geofisika

Gambar 1. Penyambutan Tamu Kementerian India

Pada tanggal 14 Juli 2011, Akademi Meteorologi dan Geofisika dikunjungi oleh Sekretaris Menteri Pendidikan India Dr. ShaileshNayak beserta para pengikutnya dan beberapa tamu dari BMKG pusat. Kunjungan ini mendapatkan tanggapan positif dari para taruna-taruni AMG dengan kesiapan yang matang yang sebelumnya telah dipersiapkan, mulai dari persiapan penyambutan dari Marching band, TarianMandau dari Kalimantan (borneo) serta berbagai persiapan lainya. Persiapan dari Taruna-taruni AMG menjelang datangnya tamu kehormatan tersebut juga ditandai dengan dilakukannya gladi bersih demi terciptanya kelancaran acara penyambutan tersebut. Mr. Shailesh Nayak beserta rombongan diperkirakan tiba di AMG sekitar pukul 10.00 WIB. Setibanya di AMG, rombongan India disambut oleh pengkalungan bunga yang melambangakan ucapan slamat datang,

selamat datang, selain itu kedatangan disambut meriah oleh persembahan dari kelompok Bahana Marching Band AMG dengan berbagai lagu yang dipersiapkan sebelumnya. Selanjutnya rombongan India dibawa oleh taruna Frangky dan taruni Ayu ke ruang rapat. Setiba diruang rapat, acara dibuka oleh MC dan sambutan serta presentasi dari Pak Direktur AMG, DR. Suko Prayitno Adi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Shailesh Nayak dan dilanjutkan oleh presentasi dari taruni Niluh desi purnami dan taruni Nency nindi tambunan yang merupakan perwakilan dari seluruh taruna di AMG untuk memperkenalkan AMG mulai dari kegiatan pembelajaran serta fasilitas yang terdapat di AMG.


LIPUTAN KHUSUS Selanjutnya acara dilanjutkan dengan adanya diskusi antara dua pihak yakni AMG dan pihak dari India. 1Acara ini merupakan acara utama yang paling dinantikan dan ditunggu karena diharapakan dengan adanya pertemuan ini dapat dilaksanakan kerjasama antara dua pihak, seperti adanya kesempatan maupun peluang dari taruna-taruni AMG untuk dapat melanjutkan studi di luar negeri,khususnya India. Setelah berbagai pertanyaan dan pendapat dari berbagai pi-

hak acara dilanjutkan dengan pertukaran souvenir. Kemudian rombongan India dibawa untuk mengunjungi berbagai fasilitas yang tersedia di AMG. Dan acara berakhir dengan persembahan lagu dari Taruni AMG yang menyanyikan lagu berjudul Sumber daya taruna yang merupakan ciptaan dari Mr.Bambang Suprihadi. Selanjutnya acara ditutup dengan persembahan tarian dari Kalimantan oleh taruna Mulyono dan taruni Serpin.


LIPUTAN UTAMA Perdana di AMG: IPTECH Expo 2011


LIPUTAN UTAMA LIPUTAN IPTECH Expo 2011


LIPUTAN UTAMA Wah wah,, Hebat... Ayo ngacung, kelas siapa-siapa aja yang menang hayooo???? Nah.. setelah menyerahkan piala dan piagam kepada para pemenang, saatnya Tim Redaksi b.e.r.a.k.s.i... Tentu sobat IPTEK ingin tau kan komentar-komentar dari seluruh civitas AMG? hehe, tapi sebelumnya maap nie yak.. sebenarnya kite-kite mau nampilin semuanya, tapi saking mahalnya percetakaan dan halamannya nanti gak cukup karena nanti bisa jadi setebal kamus, jadi kite ngambil dikit aja…. Check their shout out…!!! Wahyu Guru Imantoko (Danyon 2010/2011) : “pelaksanaannya memang murni dari pemikiran rekan-rekan sub bidang IPTEK dan Jurnalistik dan ini memang sudah baik apalagi ini yang pertama kalinya dilaksanakannya. Untuk kasubid IPTEK bawasannya IPTEK itu tidak bisa jauh dari IPTEK sebenarnya. Akademik sebenarnya sangat mendukung hal ini. Dengan kepengurusan batalyon yang baru ini mudah-mudahan kegiatan IPTECH EXPO ini mendapatkan tempat bagi para Pembina. Kalau bisa kegiatan ini menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dengan adanya lomba-lomba yang lebih kreatif dan bermanfaat agar menjadi bekal untuk di BMKG. Untuk panitia, saya salut atas kinerjanya, semangatnya di balik keterbatasan yang ada, kalau bisa semangat ini bisa ditularkan ke adik-adik junior, untuk kedepannya agar anggota IPTEK ini agar bisa diberi pembekalan materi dari pemateri luar sehingga ilmu yang didapat dapat di tularkan ke teman-teman.” Rion Suaeb Salman (Wadanyon 2010/2011) : “Secara keseluruhan bagus, lebih ditingkatkan lagi. Ini kan expo, kalo bisa penilaiannya itu dipusatkan menjadi satu. Kritikan sedikit, adanya miss communication. Tingkatkan koordinasi dari panitia dengan kelas-kelas dan juga saat sosialisasi itu. Kemudian penyelenggaraannya harus lebih matang terutama dalam hal persiapan. Untuk lomba, dipertahankan yang sudah kreatif, dan ditambahkan lagi lomba-lombanya yang lebih kreatif lagi. Ada usul juga, kalo bisa bikin acara atau lomba tentang lingkungan, buat sesuatu yang kreatif dan berguna. Dan hasilnya itu dapat dipakai sebagai fasilitas di kampus AMG atau ruang Batalyon. Untuk kedepannya perlu adanya kerja sama dengan Batalyon untuk mempertegas adanya kegiatan ini dan kehadiran para Taruna/i AMG sebagai faktor penting penyukses kegiatan ini.”

Puji Ariyanto (Danyon 2011/2012) : “Kegiatan ini sangat positif ya... bisa menyalurkan bakat para taruna taruni AMG. Ternyata banyak juga bakat terpendam yang dimiliki taruna/i AMG. Apalagi lomba-lomba yang diadakan berhubungan dengan kehidupan kampus kita, secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa cinta almamater kita ini. Dan saya salut kepada panitia yang didominasi oleh Tingkat I atas semangat dan kinerjanya. Untuk kedepannya, acara ini lebih disosialisasikan lagi dan kalau bisa pemenangnya itu ditampilkan di depan umum/dipublikasikan, biar lebih waahhh gitu kelihatannya.” Aditya Mulya (Wadanyon 2011/2012) : “Kalo bisa ditingkatkan lagi, terutama kejelasan dan koordinasinya. Kelihatan simpang siur dalam sosialisasi. Tetapi secara umum kegiatan ini sudah baik dan sangat bagus. Kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kreatifitas para taruna/I AMG. Nahh, untuk tambahan, kalo bisa lombanya ditambah yang lebih gokil lagi.”


LIPUTAN UTAMA Pak Jhoni (Juri Debat Bahasa Inggris) : “kegiatan ini sangat baik ya, memang kegiatan IPTECH EXPO 2011 ini member suatu nilai kontribusi tidak hanya intelektual tetapi kreatifitas juga, tidak hanya berkutat pada akademik melainkan kebersamaan dan relasi social atau bisa dikatakan ajang kulturasi. Dan saya berterima kasih kepada para panitia sebagai penular ide dengan maksud memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, nah untuk kedepannya antusiatisme penonton agar bisa ditingkatkan lagi dan lomba-lomba yang sudah baik dipertahankan dan yang masih kurang diperbaiki lagi.”

Pak Nardi (Pembina) : “Secara keseluruhan sudah baik,lomba-lombanya yang bagus dipertahankan dan yang kurang diperbaiki lagi, sehingga kegiatan ini akan bertambah menarik lagi. Dari segi lomba untuk kedepannya lomba yang diadakan agarlebih mengena ke IPTEK nya , missal; lomba desain grafis. Untuk kinerja panitia sangat semangat apalagi ini pertama kalinya, dengan hal tersebut kegiatannya bagus dan adanya tanggung jawab masing-maing seksi, dan tingkatkan lagi koordinasi antara Pembina, panitia,dan kelas-kelas.” Ibu Niken Budi Utami (Juri Debat Bahasa Inggris) : “untuk kedepannya , lomba-lomba yang diadakan lebih dikaitkan lagi terhadap BMKG itu sendiri. Kemudian saya harap antusias dan partisipasi para taruna dan rasa keterlibatan ditingkatkan lagi. Untuk IPTECH EXPO kali ini contents nya sudah mengena dan sesuai dengan ilmunya walaupun tidak semuanya. Saya ingin diadakan lomba alat-alat dalam bidang meteo, klimat dan geofisika, seperti menciptakan atau menginovasi alat yang sudah ada. mungkin waktu pelaksaannya lebih diperpanjang lagi sehingga tiap minggu itu beberapa lomba saja yang diadakan dengan maksud lebih focus. Ada tambahan lagi, kalau bisa agar disusun struktur organisasi kegiatan ini agar para Pembina/ juri jika menemui kesulitan agar bisa menanyakan kepada pihak yang bertanggung jawab terhadap bidang lomba yang ditanganinya dan koordinasinya perlu ditingkatkan lagi ya..” Weittzzz,,, ternyata shout out dari para taruna dan Pembina kita beragam sekali ya… senang sekali rasanya banyak yang perhatian dengan IPTEK Expo.. Kami jadi tersandung T,T (upsss, tersanjung dink… ^^)…. Terima kasih Senior, terima kasih Ibu, terima kasih Bapak.. We love you all.. Gak terasa panjang lebar udah kami ber’gosip’ untuk sobat IPTEK smua… For the last time, atas nama panitia IPTEK EXPO 2011, tim redaksi ingin mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan antusias para peserta lomba, buat para pemenang lomba dan yang juga yang kalah juga (jangan patah semangat ya… masih ada tahun depan kok *amin), dan semua taruna-taruni AMG sekalian.. Thank You very-very much ya semuanya.. Tsalut buat partisipasi senior, dan teman-teman semua. Ohhhh iya,, terkhususnya buat Danton Tingkat III dan Senior Tingkat 3 trima kasih atas doanya dan uangnya walaupun gag ikut lomba,, Hehehee :) Terima kasih senior.. Danton dan seluruh tingkat II & I terima kasih atas semangatnya, very proud of you all, you are very creative… eittsss, satu lagi, gak kalah pentingnya terima kasih buat ADMIK yang sudah mengizinkan acara ini,sehingga acara ini selesai tepat pada waktunya. ^^ Akhir kata ada sedikit kata-kata mutiara nie dari Tim redaksi buat sahabat IPTEK semua, .. Cekidot yaa! “There is a rainbow after the rain”, ada keindahan di balik semua hal sulit yang pernah kita lalui. Hhhmmmm, kayaknya pembicaraan kita tentang IPTEK EXPO 2011 harus diakhiri sampai disini sahabat IPTEK. Sampai jumpa di acara IPTEKEXPO berikutnya ya… Bye.. Salam hangat ter-IPTEK :) by : Sabun, Lilit, Ndari


LIPUTAN UTAMA Para Pemenang….


LIPUTAN UTAMA


LIPUTAN UTAMA


LIPUTAN UTAMA


LIPUTAN UTAMA


LIPUTAN UTAMA

3.PERINGKAT ke TIGA diduduki oleh . . . . . PERSEMBAHAN TINGKAT 1,,,,dengan tarian Saman dan senam poco poco nya mampu menarik penonton untuk ikut bergoyang,,,

1. Dan acara TERKOPLAK sekaligus penerima KEPROKAN TERBANYAK adalah . . . PERSEMBAHAN TINGKAT 2. . . .ide yang sangat kreatif dan pemeran yg memiliki karakter uniq (ada bintang tamu dari sector 9 looo,wkwkwkwkwkwkwk), SUPEEERRRRRRRR


LIPUTAN UTAMA


KISAH PENEMPATAN SUKA DUKA PENEMPATAN Setelah saya searching di google dan tanya ke temanteman, ternyata Mali Kalabahi adalah suatu tempat di NUSA TENGGARA TIMUR. Ya, itu adalah tempat penempatan saya yaitu Nusa Tenggara Timur tepatnya di PULAU ALOR. Hmmmmm…..berbagai perasaan bercampur aduk saat itu, namun saya tetap berusaha untuk selalu bersyukur, karena teman-teman ternyata banyak juga yang mendapat penempatan di tempat yang tidak terduga.

Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi pengalaman tentang suka duka yang saya alami selama penempatan.

Saat berada di dalam pesawat menuju penempatan, saya tidak pernah menyangka saya bisa menginjakkan kaki di Nusa Tenggara Timur. Ketika sampai di Bandara Kupang, udara gersang langsung menyapu wajah saya. Di sepanjang penglihatan, rumput-rumput berwarna kuning. Untuk menuju ke Pulau Alor saya harus naik pesawat lagi dari Bandara Kupang. Perjalanan KupangAlor ditempuh dengan menggunakan pesawat fokker. Selama perjalanan, saya bersama salah satu rekan asal kupang yang juga penempatan Alor menuju Bandara Mali Kalabahi Alor.

Singkat saja, saya merasa beruntung telah lolos seleksi Akademi Meteorologi dan Geofisika. Dengan berhasil masuk sekolah kedinasan, keinginan orang tua dan salah satu cita-cita saya telah tercapai. Ambisi dan Sesampainya di Alor, saya melihat sekeliling bandara keinginan saya selanjutnya adalah meraih IP (Indeks Prestasi) yang tinggi di AMG agar penempatan kelak bisa mendapat tempat yang strategis. Karena berdasarkan pengalaman senior-senior sebelumnya, penentuan lokasi penempatan berdasarkan IP. Saat mendekati pengumuman penempatan, entah kenapa saya tidak terlalu was was ataupun gelisah seperti saat pengumuman SPMB ataupun pengumuman tes AMG. Hal ini mungkin karena saya merasa nilai akademik saya cukup memuaskan, jadi dalam pemikiran saya, penempatan nanti tidak jauhjauh juga. Ketika sedang ber-ziarah kubur di makam ibu, hp (Handphone) saya bergetar tanda sebuah pesan masuk. Ternyata pesan tersebut adalah jarkom penempatan dari danton. Betapa terkejutnya saya saat membaca isi pesan tersebut: “Amir Mustofa Irawan_____ Mali Kalabahi”. Hal pertama yang terlintas dipikiran saya adalah “Ya Allah itu nama tempat apa??”. Mendengar nama Mali Kalabahi saja tidak pernah selama hidup saya.


KISAH PENEMPATAN dikelilingi oleh bukit-bukit yang tidak rata. Memang keadaan topografi di NTT khusunya Alor masih didominasi oleh bukit-bukit. Ketika turun dari pesawat, kami dijemput oleh salah seorang pegawai Stasiun Meteorologi Alor dan segera diantar menuju rumah dinas. Jarak antar rumah-rumah di sana masih agak berjauhan, hanya kompleks perumahan dinas BMKG yang jarak antar rumahnya saling berdekatan. Untuk akses ke kota membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dengan menggunakan kenadaraan bermotor. Suasana di Kota masih lebih ramai dibandingkan suasana kompleks kantor Meteorologi dan Bandara. Namun, di sana Jiwa kekeluargaan antar pegawai di kantor sangat terpelihara. Antara Senior D3 ataupun Junior D1 AMG yang baru seperti saya dan dengan pegawai lain saling mengayomi. Saat waktu senggang, kita biasa berdiskusi ataupun bermain kartu (tapi tidak judi, sekedar main kartu biasa tanpa menggunakan uang). Catur juga menjadi salah satu hobi baru yang saya lakukan selama disana. Saya biasa bertanding dengan polisi-polisi KP3 bandara saat waktu luang. Hanya itu yang bisa dilakukan karena awal-awal saat saya datang, di kantor dan rumah dinas yang saya tempati masih belum ada Televisi. Namun setelah saya selesai prajabatan baru ada pengadaan Televisi di Kantor. Disana saya banyak mendapatkan teman baru. Biasanya saya bersama anak-anak SD, SMP dan SMA disana belajar bersama, membagi ilmu saya untuk mereka. Harapan saya adalah semoga kelak ada salah satu dari mereka yang nantinya bisa membanggakan negeri tercinta ini. Namun yang membuat saya tidak nyaman adalah tingkat kekerasan dan peredaran minuman keras yang masih cukup tinggi, khususnya saat malam hari. Kondisi paling rawan kekerasan adalah daerah diluar kompleks kantor sampai sepanjang jalan menuju kota di malam hari. Karena sepanjang jalan tersebut belum ada penerangan. Hmmmmmm….. dari semua pengalaman suka dan duka disana, yang paling indah dan yang paling saya kenang adalah pantainya. Setiap hari, saat ada

penerbangan menuju alor sering dijumpai sebagian penumpang adalah turis mancanegara. Suatu waktu, seorang penyelam asal Prancis mengatakan bahwa pantai Alor adalah salah satu tempat diving terbaik di dunia! Waaaaww…. betapa terkejutnya saya mendengar hal tersebut. Memang kondisi pantai di Alor masih sangat alami, belum terjamah sampahsampah seperti di Jakarta. Tapi seperti kata pepatah “Emas jika dimasukkan ke lumpur memang akan selalu menjadi emas, namun emas itu tidak akan terlihat oleh siapapun jika masih terbenam di lumpur”. Jadi saya berpikir, jika promosi daerah wisata bawah laut Alor dapat ditingkatkan, hal ini pasti dapat menambah pendapatan devisa negara. Mungkin hanya itu kisah tentang penempatan yang bisa saya ceritakan selama di Alor. Harapan saya, BMKG kedepannya dapat lebih merata dalam meningkatkan kesejahteraan para pegawai, khususnya yang berada di daerah-daerah terpencil seperti Alor. Selain itu, pesan saya untuk adik-adik yang akan berangkat menuju daerah penempatan: Bersikap baiklah selama di penempatan, dengan begitu kalian akan dapat diterima dengan baik dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, dimanapun kalian ditempatkan, percayalah bahwa ada hikmah yang direncanakan oleh Allah untuk kalian. Terimalah dengan lapang dada dan jangan berhenti berkarya. ©Ditulis oleh: Ofa.


KISAH PENEMPATAN PAHIT MANIS PENEMPATAN Awal masuk di BMG saya berharap di tempatkan di kota dekat dengan keramaian, gaji besar,dll. Itu harapan saya,dan saya yakin semua rekan seangkatan saya juga mengimpikan hal yang sama. Tetapi ternyata setelah lulus test saya di tempatkan di stasiun terpencil. Pokoknya 180 derajat berbeda dengan apa yang saya impikan selama ini. Listrik tidak ada, sinyal telepon susah, akses tranportasi keluar masuk daerah susah, yang ada Cuma tranportasi udara itu pun Cuma pesawat perintis. jauh dari keluarga, apalagi kalo lagi sakit dan gak ada yang peduli orang tua yang mengurus kita. Tapi itu sudah merupakan sebuah pilihan dan kita harus menjalaninya apapun resikonya. Seperti kata pepatah â&#x20AC;?selamanya pegawai baru itu, awalnya rajinâ&#x20AC;?. Datang kekantor tepat waktu, data synop tidak pernah bolong, selain observasi merangkap juga jadi petugas tata usaha. Semua pekerjaan yang diberikan diselesaikan dengan baik. Seiring berjalannya waktu, rasa jenuh mulai timbul, melihat teman yang bermalas-malasan, keinginan bermalas-malasan itu timbul juga, akibatnya data waktu-waktu yang lalu dikarang alias dirapel. Belum lagi ketika dinas malam, listrik padam, tidak ada genset dan biasanya padamnya listrik bersamaan dengan cuaca buruk, hujan dan guntur bersahutsahutan, dinas sendirian, ingin menangis tapi malu, tidak tahu mau kemana Karena gelap gulita. Belum lagi pekerjaan kita tidak dihargai pihak ATC bandara. Jadi dilema dalam batin â&#x20AC;&#x153;buat apa kita bekerja tetapi tidak dihargaiâ&#x20AC;?. Kasmet jarang di tempat, perjalanan dinas terus, akibat kantor dan anak buah terbenkalai. Jika ada liburan (tanggal merah) tetap dinas sementara yang lain libur. Tidak ada istilah hari libur kecuali pas shifkiata. Kalau ada kesalahan dalam penyandian synop, tidak ada yang mengoreksi, jadi data yang salah selama ini tetap dianggap benar. karena SDM pegawai kurang diperhatikan.

Belum terhitung urusan keuangan, malam lembur dan besok pagi-pagi harus masuk kantor, dan kantor KPPN di luar daerah, uang honor tidak sesuai. Sering kali dalam melaksanakan aktivitas di kantor terjadi salah paham, mengingat setiap orang memilki sifat dan watak yang tidak sama. Jika ada tamu dari pusat (mis. Dari Inspektorat, kalibrasi, dan balai) kita mulai dibebankan dengan kesibukan lain yang hanya ada pada saat tamu datang, misalnya : membersihkan lingkungan kantor,baik dalam maupun luar kantor, area di sekitar pekarangan kantor dan di taman alat. Ini suatu pekerjaan yang terkesan mendadak, bukan saya tidak mau ikut membersihkan tetapi yang sangat di sesalkan, mengapa jika ada tamu baru kantor dibersihkan, nanti kalau tamunya pulang, keadaan kantor kembali seperti biasa, kotor, berdebu, rumput ilalang dimana-mana tempat.

Tetapi, hal seperti itu tidak menjadi penghambat dan lantas membuat kita putus asa, justru karena ada hal-hal seperti itu membuat kita terpacu untuk menjadi lebih baik. Sebab tidak semua orang mengalami hal seperti itu, kalaupun ada yang mengalaminya belum tentu ia bisa melewatinya sampai selesai. Tetapisayabersyukurkarenamasyarakatsetempatselalubersikapramah. Harapan saya, buat rekan-rekan yang akan PKL, halhal semacam ini, tidak menjadi sesuatu yang membuat kita berkecil hati jika ditempatkan di daerah terpencil yang mungkin keadaannya lebih buruk dari keadaan yang saya alami. Tetapi jadikanlah ini sebagai pemacu adrenalin kita untuk menjadi seorang abdi Negara yang berbakti bagi satuan kerja di mana kita ditempatkan dan nusa dan bangsa pada umumnya. Terima kasih,,,


ARTIKEL BIDANG

ROHIS AMG Assalamu’alaikum katuh…

warahmatullahi

wabaro-

Ya Akhi, ya ukhti… Kaifa khaluq? Alhamdulillah, luar biasa, Allahu Akbar!!! Inilah salah satu jargon di Rohis AMG. Mau tau lebih dekat? Ayo kita telusuri… ROHIS atau kerohanian islam AMG merupakan organisasi syiar islam di kampus tercinta ini. Kalo di kampus lain ada juga yang sebut sebagai Lembaga Dakwah Kampus. Apa aja kegiatan di ROHIS? (banyak dong serba serbinya), dari mulai menuntut ilmu syar’i, silaturahmi, dakwah, manajemen dan latihan jadi pengusaha <kok, bisa???> kita simak yuk.. Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim Hadist Rasulullah SAW : “Sesungguhnya sesama muslim itu bersaudara, ibarat satu tubuh, jika ada salah satu anggota badan yang sakit maka yang lain akan ikut merasakan sakit”. Itulah ukhuwah islamiyah, ikatan kuat yang diikat dengan tali aqidah. Silaturahmi merupakan pokok untuk memupuk ukhuwah kita. Kewajiban berdakwah : hadist Nabi SAW “Sampaikanlah walau satu ayat”, dan QS. Al-Imran : 104 “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yg ma’ruf dan mencegah dari yg mungkar. Dan mereka itulah orangorang yang beruntung” “9 dari 10 pintu rizki adalah dari perniagaan”. Nah disini kita juga belajar buat jadi pengusaha…. Ini ni, kegiatan pendukungnya…

Kajian Mingguan, aqidah, akhlak, fiqih, sirah nabawiyah..(banyak nih yang bisa dibawa pulang : Ilmu, mempererat ukhuwah, cemilan ganjal perut, dan insyaallah pahala). Waktunya tiap hari Jumat malem. Ada acara Khusus ni buat akhwat/taruni yaitu SULAM (silaturahmi Jumat malam) dan untuk ikhwan/ tarunanya ada MABIT (Malam bina Iman dan Taqwa)… Insya Allah banyak manfaatnya… Kajian Bedah Buku, kalo dari teman2 ada saran judul buku yang mau dibedah tinggal hubungi kami. Belajar bahasa arab (walaupun ni baru tarunanya, semoga taruninya cepat menyusul) Liqo Mingguan dan Bulanan (Gabungan) : kegiatan ini yang buat Charger seorang muslim untuk ningkatin Ghirah/ semangatnya menuntut ilmu (kaya baterai ni…) *manfaatkn dengan baik utk mengambil/mencuri ilmu* Dauroh Markhalah dan LDKR yang seru dan menarik. Pokoknya g bakal rugi buat diikutin. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Sekedar info, Alhamdulillah PHBI ini telah terselenggara dengan sukses bulan Rajab kemarin (29 Juni 2011). Berkat teman2 panitia dari tingkat I (angkatan 2010) yang telah berjuang sekuat tenaga dan pikiran *semoga Allah membalas kelelahan kalian dengan jannah-NYA, aamiin*,,


ARTIKEL BIDANG namun ada satu hal yang agak mengecewakan nih. FKI atau Festival Kebudayaan Islam ga sempat terlaksana, tp ga apa2 deh, kekecewaan itu cukup terhibur dengan penampilan Lentera Nasyid, munsyid dari AMG (Akhi Relly, Yosi, Nawir, Dani, Maman, Supartoyo). Semoga di tahun berikutnya bisa terlaksana semua rangkaian kegiatan PHBI. (PR ke depan nih. Marawis juga… ^_^) DANUS (DANa USaha) merupakan salah satu Setelah diadakannya MUSBAR (MUSyawarah penambah pundi2 kas ROHIS. Ada bazar akBAR) tanggal 1 Juni 2011, diamanahkanlah saat sipencatar dan penyediaan Ketua Rohis AMG periode 2011/2012 kepada Akhi kerudung plus bergo kampus… Relly Margiono, dan ini motto hidupnya “Allah Disini juga dilatih kesadaran kita untuk bera- tidak akan memberikan cobaan di luar kemammal (menyisihkan sebagian rizki kita) puan kita sebagai hamba-NYA. So, tetap ikhtiar dan cinta kebersihan (kurvey mushola untuk menggapai cita”. Keep your spirit and ISdan cuci mukena)… TIQOMAH di jalan-NYA. Barakallahu fikum,,, Tak kalah dengan kreativitas, ada juga pro- Cukup dari Rohis AMG, salam ukhuwah… (Islam gram marawis dan nasyid, yang hobi bersatu, tak bisa dikalahkan!!!) tulis menulis ada mading dan blog/ Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarafacebook… katuh… Kiranya cukup ini dulu, kalo mau lebih mengenalnya… ayo kenalan di Rohis AMG (lho???)… Kunjungi di facebook : Rohis AMG


ARTIKEL BIDANG

“ROHKRIS merupakan suatu organisasi Kerohanian yang merupakan bagian dari kepengurusan Korps Batalyon Akademi Meteorologi dan Geofisika”

Tujuan Rohkris Mempersatukan seluruh Taruna Taruni AMG yang mengimani Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruslamatnya.

Motto Rohkris

Pelayanan Kerohanian Kristen Ibadah Rutin dan Komunitas sel (KOMSEL) Ibadah rutin dan Komsel ini kami adakan sebagai suatu bentuk ungkapan syukur kami kepada Tuhan atas penyertaanNya bagi kami sepanjang satu minggu dalam seluruh kesibukan serta untuk mempererat persekutuan kami. Ibadah Rutin dan Komsel diadakan sekali seminggu, ibadah pada Jumat sore dan Komsel menyesuaikan dihari lain.

“Kasih Yang Mempersatukan” (1 Kor 13 : 1-13) Perayaan Paskah / Ibadah Paskah Sebagai persekutuan yg berlandaskan Yesus Kristus kami berusaha menunjukan ciri Kristus dalam persekutuan ini yaitu KASIH. ”sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.”

Kami anggota Kerohanian Kristen berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang suku, bahasa, kepribadian dan pola pikir yang berbeda. Tetapi oleh KASIH perbedaan itu dipersatukan dengan satu tujuan untuk kemuliaan dan kebesaran nama Tuhan.

“Perbedaan bukanlah suatu penghalang bagi kami untuk memuji dan memuliakan Nama Tuhan.”

Perayaan ini sebagai bentuk ungkapan syukur kami atas penebusan dosa manusia melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan Natal / Ibadah Natal Perayaan ini sebagai bentuk ungkapan syukur kami atas kelahiran “Sang Juruselamat” yaitu Yesus Kristus.

Retreat Suatu bentuk kegiatan yang kami lakukan untuk meningkatkan keimanan dan memupuk rasa persaudaraan taruna–taruni AMG sebagai umat yang percaya kepada Yesus Kristus.


ARTIKEL BIDANG {ROHANI KRISTEN AMG} Kegiatan perayaan hari besar seperti Natal dan Paskah serta Retreat kami adakan bersama- sama dengan Kerohanian Katolik yang samaâ&#x20AC;&#x201C;sama merupakan umat yang percaya kepada Yesus Kristus dalam Persekutuan Kristen Akademi Meteorologi dan Geofisika (PKAMG).


ARTIKEL BIDANG

"Duc in altum...!!" (Lukas 5:4)... ya.. ini adalah motto yang kami ambil sebagai "Disciples of Gambar tangan dalam posisi berdoa sambil Christ" (Murid Kristus)...

memegang

Rosario

menunjukkan

ke

duc in altum sendiri berasal dari bahasa latin ‘APOSTOLIK-an’ kami yang bernaung dibawah yang berarti " bertolak ke tempat yang lebih naungan Bunda Maria. Selain itu ROSARIO dalam"...

mempunyai makna sebagai PENGIKAT TALI

Di ambil dari pesan Tuhan Yesus sendiri PERSAUDARAAN dalam ROKAT... kepada

murid-Nya

sebagai

SABDA

PENGUTUSAN... Kami mengambil motto ini Warna dasar hijau pada lambang ROKAT memkarena artinya tepat dan sesuai banget ama punyai makna bahwa hijau adalah warna liturkami yang dinamis, berada di segala penjuru , gis yang dipakai pada masa biasa. Terinspirasi tidak hanya diam pada satu ‚titik aman‛ bisa dari konsep bahwa kita ke Gereja atau berdoa dikatakan bahwa kami siap untuk diutus oleh bukan hanya masa tertentu seperti Natal atau Tuhan. Kami siap untuk STRETCHING = Paskah saja tetapi minimal setiap hari Minggu KELUAR DARI ZONA AMAN-berani untuk juga. mencoba

sesuatu

yang

belumpernah kami lakukan.

sebelumnya


ARTIKEL BIDANG {ROHANI KATOLIK AMG} Nahh… kita telah membaca profil dari Kerohanian Kristen dan Keronian Katolik diatas. Perbedaan nama bukan menjadi penghalang kami untuk dapat bersatu, Karena kami berkumpul dalam satu wadah Oikumene yang kami sebut:

“Persekutuan Kristen Akademi Meteorologi dan Geofisika” (PKAMG). “Mars PKAMG” Bersatulah dalam cintaNya Bersatulah dalam kasihNya Beriman dalam kebersamaan Wujudkan tekad beroikumene Bersaksilah dalam karyamu Bergandengan tangan dan majulah Walaupun beda suku dan bahasa Sama-sama bangkitkan PKAMG Reff: PKAMG… PKAMG…. Persekutuan di dalam Tuhan PKAMG… PKAMG… Nyatakanlah garam dan terangmu Dengan landasan pada Firman Tuhan Kami berdiri dan jayalah AMG Kita sehati sepikird Didalam kasih Tuhan


ARTIKEL BIDANG New Rohin Generation “Om Swastiastu” mangun-Jakarta Timur. Itu pertama kaOm ano-bhadrah kratavo yantu vis-

linya Rohin AMG meminjam bis kam-

vatah.. semoga pikiran yang baik datang pus. Mengingat jumlah anggota rohin kini dari segala penjuru

sudah cukup untuk memenuhi mobil mini bus kampus. Kegiatan dihadiri seluruh

anggota Rohin yang terkenal korsa dan Atas asung kertha wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, ketua rohin unik. Sebelumnya pada pagi harinya yang baru telah terpilih. Melalui pemilihan diadakan acara ngelawar, yaitu membuat yang demokratis dengan perenungan dan sejenis makanan khas Bali restu dari Ida Sang Hyang yang memiliki cita rasa Widhi Wasa, Tuhan YME I yang khas walaupun denGede Widi Hariarta terpilih menjadi ketua yang baru. Demi gan bahan seadanya. Kami kebaikan dan peningkatan juga memberikan sedekah srada dan bhakti, beliau kepada rekan-rekan kami memiliki Motto Moksartham yang non rohin agar Jagadhitha Ya ca Iti Dharma, beliau siap membawa rohin mereka juga dapat menikmati masakan menjadi lebih baik kedepannya. kami. “Enak, kapan-kapan lagi ya!” beSemenjak kepemimpinan taruna I gitu kata salah satu sumber yang tidak Gede Widi Hariarta menjadi ketua rohin punya uang untuk membeli nasi setelah yang baru,beliau membuat banyak sekali- menyantap lawar khas Rohin, beliau engkali terobosan dalam kegiatan rohin. gan dicantumkan namanya dalam artikel Dalam kegiatan kepemimpinan pertama- ini (red). Pada saat di Pura PAJ kami semnya diadakan persembahyangan dalam pat bertemu Menbudpar Jero Wacik dan rangka Hari Raya Galungan (Satyam Evam berfoto bersama beliau. Setelah menyantap Jayate) ke PAJ (Pura Aditya Jaya) Rawa- be guling di Jaba Pura.


ARTIKEL BIDANG { ROHANI HINDU AMG } Program

kedepannya

dari

Dedik keanehannya, untuk itu kami harus beru-

(begitu sapaan akrabnya) adalah

mengikuti kegiatan kemahasiswaan Hindu di luar AMG. â&#x20AC;&#x153;Pokoknya Rohin AMG harus dikenalâ&#x20AC;? imbuhnya dengan senyumnya yang khas. Berkat bimbingan dan petuah dari sesepuh kami Mas Bli Gede Agus Purbawa yang juga ketua komisi 4 (IV) di MPT dapat menjadi sesuluh

paya untuk mengajegkan kebudayaan, adat istiadat kami dengan tidak bertentangan dengan dresta di tempat bumi di pijak langit di junjung dan selalu berpedoman pada ajaran Veda, dalam setiap langkah kami agar dapat menjalankan swadharma / kewajiban kami sebagai taruna taruni AMG dengan sebaik-baiknya, yang tentunya dengan selalu menjunjung nilai-nilai spiritualitas.

bagi kami yang masih kekanak-kanakan dan sedang beranjak dewasa. Selama ini kami memang dikenal dari sikap baik, buruk, cara berbicara dan

Rohin memang minoritas, untuk itu kita harus menunjukkan kualitas.


ARTIKEL BIDANG

Kresya AMG

Sub Bidang Kreasi Seni dan Budayaatau

starikandanmemperkenalkanbudaya

Indonesia

yang biasakitakenal di AMG dengan KRESYA.

yang

KRESYA merupakanwadahbagiTaruna/i AMG

masingperwakilankontingendarisetiapdaerah.

dalammengekspresikanminatdanbakatnyakhususnya di bidangkreasisenidanbudaya.KRESYA tidakmembatasiseluruhTaruna/i dalamberkreasis-

biasanyaditampilkanolehmasing-

Selainitu, KRESYA jugamempunyai program kerjalain, yaitu :

eniselamahaltersebutmasihdalamkonteks yang

Pembentukan Band KRESYA danpelatihannya.

positif. Salah satu program kerja yang paling ditunggu-tungguolehseluruhTaruna/i

AMG

adalahPentasSeniAkademiMeteorologidanGeofisikaatau PENSI.PENSI inimerupakana-

PembentukanPaduanSuara(PADUS) danpelatihannya KegiatanPerlombaanMadingKelasdanMading KRESYA.

caratahunan AMG yang dilaksanakanpadaakhir Jadi…bagiteman-teman yang mempunyaiminatsemestergenap.PENSI diisiolehberbagaiacaraber- danbakatdalamtariksuarabisabergabungmenjadi bagaimenarik yang merupakan ide-ide kreatifitas- anggota PADUS, bagi yang mempunyaiminatdandariperwakilandariTaruna/i di setiapkelas. PENSI bakatdi musikbisagabung di grup Band KRESYA jugadimeriahkanolehaksi-aksi BAND Kelasdan All dan yang maubergabung di anggotaMadingjugaStar dantidaklupamenampilkanbudaya Indonesia boleh,

atauada

yang

yangminat

di

dariSabangsampaiMerauke, sehingga PENSI se- DUS,BanddanMadingjugabolehkok. (^_^) bagaiajangkreatifitassenijugasebagaiwadahmele

PA-


ARTIKEL BIDANG WANASETYA AMG Assalamualaikum Wr.Wb. Sejarah singkat kelahiran WANASETYA, Dipelopori oleh 3 orang para penikmat alam, yang aktif pada SLTP masing-masing, yang dipertemukan oleh Tuhan dalam satu kelas di Akademi Meteorologi & Geofisika (AMG). Mereka bertukar cerita dan bertukar pengalaman, dan sepakat untuk membentuk satu organisasi yang menurut mereka akan memajukan dan meramaikan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan AMG yang pada saat itu sangat minim sekali dan tidak mengakomodasi semangat kami, dimotori oleh : Rachmad Billyanto (Billy) : Sekretaris Trisaptapala di SLTP 37 Jakarta (Ketua Wanasetya 2002) Chandra Andrian Basri (Pincux) : Ketua Pecinta Alam (namanya lupa) di SLTP sekolahnya di Wates (Wakil Ketua/Sekretaris Wanasetya 2002) Ma'Muri (Muri) : Ketua Pecinta Alam (namanya lupa) di SLTP sekolahnya di Tegal (Bendahara Wanasetya 2002) Niat mendirikan organisasi pecinta alam diwujudkan dengan membuat AD-ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga). Pada Semester 3 AMG-Geof36 (tahun 2002) yang ditandatangani oleh Direktur Ketarunaan dan Direktur AMG. Dengan ditandatanganinya AD-ART, maka lahirlah organisasi pecinta alam "WANASETYA" yang sah, dibawah kepengurusan Batalyon AMG, berkas-berkas tersebut sudah diserahkan pada Batalyon, pada kepengurusan waktu itu yang di komandani oleh Sigit Pramono, Mungkin pada waktu itu masa transisi kepindahan kampus dari Kwitang ke Pondok Betung jadinya ADART tersebut tercecer, kenapa kami mengatakan demikian, karena pada waktu itu kami menyerahkan lengkap berupa Nama Organisasi, Lambang, dan Contoh Slayer (namaya sama WANASETYA AMG, tapi lambangnya berbeda) tapi

kami tidak mempermasalahkan hal tersebut demi kemajuan AMG. Eksistensi WanaSetya pada waktu itu sangatlah baik dari tahun 2002-2003 (sampai mereka lulus) kami sudah melaksanakan: Membuat AD-ART. Wana Setya lah organisasi satu-satunya pada waktu itu yang sudah memiliki AD-ART dibandingkan dengan organisasi yang lebih tua di AMG yang belum memiliki AD-ART Proses pendidikan dan seleksi anggota untuk anggota baru, ada beberapa rekan sekelas (tingkat 2) dan junior tingkat 1 (Meteo & Geo) yang bergabung tapi kami belum dapat melaksanakan proses pelantikan sebagaimana mestinya yang sudah diatur oleh AD-ART yang sudah kami buat sebelumnya. Melakukan pendakian gunung Gede Pangrango yang diikuti oleh kuranglebih 20 peserta (tingkat 1,2,3) tahun 2003 Bergabung atau kerjasama dengan pecinta Alam di Kwitang (namanya Lupa), Sekretariatnya di belakang gunung Agung kwitang. Melakukan Petualangan ke Kep. Seribu (2 kali) dilakukan tingkat 3. Pendakian Gunung Lawu, Merbabu, Semeru (Muri, Pincux, Billy)


ARTIKEL BIDANG

WANASETYA AMG


ARTIKEL BIDANG DANA USAHA AMG


ARTIKEL BIDANG Sub Bidang Budi Pekerti Batalyon AMG kerti berarti kesadaran yang ditampilkan oleh seseorang dalam berprilaku. Dari pengertian itulah Nama Budi Pekerti diambil dan dianggap pas untuk menggambarkan rasa sosial dikalangan tarunataruni Akademi Meteorologi dan Geofisika Adapun kegiatan â&#x20AC;&#x201C; kegiatan yang dikerjakan oleh sub-bidang Budi Pekerti meliputi :

Berawal dari kepedulian taruna â&#x20AC;&#x201C; taruni Akademi Meteorologi dan Geofisika untuk memperhatikan keadaan lingkungan sekitar dan mewujudkan rasa solidaritas diantara sesama taruna. Yang kemudian terpikir untuk membentuk suatu sub-bidang yang dapat mengakomodir kegiatan â&#x20AC;&#x201C;kegiatan yang bersifat sosial. Maka terciptalah Sub bidang yang di namakan Budi Pekerti, mengapa Budi Pekerti ??? Secara etimologi Budi Pekerti terdiri dari dua unsur kata, yaitu budi dan pekerti. Budi dalam bahasa sangsekerta berarti kesadaran, budi, pengertian, pikiran dan kecerdasan. Kata pekerti berarti aktualisasi, penampilan, pelaksanaan atau perilaku. Dengan demikian budi pe-

Memelihara kebersihan lingkungan sekitar khususnya lingkungan kampus Akademi Meteorologi dan Geofisika. Mengadakan kegiatan amal untuk membantu korban bencana alam. Mengkoordinir dana dukacita dari taruna-taruni Akademi Meteorologi dan Geofisika Mengadakan kegiatan Bakti sosial untuk masyrakat yang kurang mampu di lingkungan sekitar Akademi Meteorolgi dan Geofisika Mengadakan lomba kalpataru yang bertujuan meningkatkan semangat kebersihan diantara kelas Bekerja sama dengan sub bidang lain dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan.


ARTIKEL BIDANG

â&#x20AC;&#x153;Dulu aku bercita-cita menjadi anggota Passus Berdiri tegak gagah perkasa tunaikan tugas yang mulia Langkah tegap penuh wibawa dengan tak kenal putus asa Tunaikan tugas para pahlawan tunaikan dengan penuh rasa banggaâ&#x20AC;?


ARTIKEL BIDANG


ARTIKEL BIDANG


ARTIKEL BIDANG


ARTIKEL BIDANG

Kejuaraan yang pernah diraih: 2001 Juara 1 kumite senior Putra Juara 1 umum Perhubungan Open Tournament 2003 Juara 1 Kumite senior putra 2009 UNSADA Open Tournament seJawa-Bali Juara 2 kata beregu putra senior Juara 3 Kata beregu putri senior 2010 Sunan Kalijaga Open Tournament Indonesia

Juara 2 Kumite under 55kg senior putri Juara 3 kumite up to 68 kg senior putra Pembina DR. Suko Prayitno Adi, M.Si


ARTIKEL BIDANG


ARTIKEL BIDANG

taruna AMG ini..

Setiap pagi di depan ruang batalyon AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika) tepatnya sekitar jam 07.00 sudah nampak beberapa orang taruna yang memakai atribut yang kelihatan sedikit berbeda dengan taruna AMG lainnya, mereka menyebut dirinya sebagai Tibtar (Penertib Taruna) atau mungkin mereka tidak menyebut dirinya seperti itu tapi memang itulah jabatan mereka dalam Kesatuan Batalyon AMG. Wajah mereka tampak bengis, atau bahkan terlihat sombong menurut pandangan beberapa taruna yang pernah dihukum oleh satuian ini. Ya memang inilah tugas mereka, “MENGHUKUM TARUNA”. Tapi bukan berarti mereka menghukum tanpa alasan, mereka memiliki alasan dan dasar yang kuat untuk menghukum taruna “ mereka hanya menghukum taruna yang melanggar aturan dan tata tertib yang berlaku di kampus AMG tercinta ini ”. TUPOKSI mereka ini memang terlihat sedikit mengerikan oleh beberapa taruna yang lain bahkan akibat TUPOKSI mereka ini banyak dari anggota TIBTAR ini yang menjadi bulan-bulanan oleh taruna lainnya bahkan teman mereka sendiri dan tidak sedikit dari mereka yang dibenci oleh taruna lain....berat memang, tapi inilah konsekuensi yang diterima sebagi TIBTAR... dan inilah nama orang-orang yang mungkin menjadi orang yang paling disegani oleh beberapa

DANTIBTAR : Darwinsyah ANGGOTA : 1. Jadi Hendarmin 2. Arif Krisna Widadi 3. Fahmi A. Bachdar 4. Gustun Nababan 5. Esther Zebua 6. Wahyu Widodo Putranto 7. Rio Marthadi 8. Dyan Anggrainy 9. Restu P. Megantara 10. Nensy Nindy Tambunan 11. Ulil Amri 12. Rizki Adzani 13. Haris Suprayogi 14. Teguh Budiman 15. Mila Apriani 16. Iman Hadi Santoso 17. Franky Ferary Ketahuilah bahwa tidak ada satupun dari anggota TIBTAR ini yang menginginkan timbulnya permusuhan atau perselisihan yang ada diantara taruna, bahkan mereka tidak bermaksud untuk bertindak sok-sokan atau merasa lebih hebat dan lebih berkuasa dari taruna yang lainnya tapi memang inilah tugas mereka.


ARTIKEL BIDANG BIDANG KESEHATAN AMG Ehm…… Salam kenal ya bagi sapa saja yang belum mengenal Tim Kesehatan Kampus kita AMKG ini…

hatan itu sendiri?? Nah disini kami hadir untuk membantu anda mengupas pertanyaan itu satu demi satu.

Menurut kami, Tim kesehatan itu adalah sekelompok orang yang mempunyai suatu Pertama-tama kami panjatkan syukur sasaran dan tujuan yang sama dalam hal kesekarena masih diberi kesempatan untuk mehatan, yang ditentukan oleh kebutuhan muat sebuah Artikel Tentang kesehatan. Langmasyarakat, menuju kepada pencapaian disung aja tanpa berlama-lama, disini kami akan mana setiap anggotanya ambil bagian, sesuai meperkenalkan tiap coordinator dan setiap dengan kemampuan dan keterampilanya dan anggota dari Tim Kesehatan AMKG: dalam koordinasi dengan fungsi orang lain. Coordinator kesehatan adalah Nama : Husain kondisi umum dari seseorang Kelas : Meteorologi 2A dalam semua Anggota: aspek. Ini juga merupakan tingNama : M. Chandra kat efisiensi fungBuana sional dan / atau Kelas : Meteorologi 2D metabolisme organisme, sering Nama : Frida Anna implisit manusia. Theresia Kelas

: Meteorologi 2A

Nama : Rina Kelas

: Geofisika 2A

Tapi kami juga terbantu dengan adanya seksi Kesehatan tiap kelas. Sebenarnya she mau ada foto-fotonya biar Exist gitu, hehehehe……..

Kami terkadang bingung, kenapa seh setiap hari Senin dan Jumat selalu aja ada yang sakit, entah itu pusing, tidak kuat berdiri lama, tidak sarapan, atau hal-hal yang lainnya., apa itu dikarenakan adanya Tim Kesehatan atau???? Kami nda bias menjawabn, apa itu dikarenakan adanya Tim Kesehatan atau????

Motto kami disini adalah “ MELAYANI DENGAN Kami nda bias menjawabnya, tapi saran dari kami adalah Memberikan kesalahan-kesalahan SEPENUH HATI”. adalah mudah. Yang lebih sulit adalah memperDalam Artikel ini kami ingin berbagi tentang baikinya atau bisa juga diartikan lebih baik Kesehatan mudah-mudahan berguna bagi kita mencegah daripada mengobati…. semua ya… Sebelum mengakhiri Artikel ini saya mau membagikan beberapa Artikel yang kami dapat dari Internet semoga berguna ya… Pasti Teman-teman sekalian bertanya-tanya apa seh Tim kesehatan itu? n apa seh arti kesa-


ARTIKEL BIDANG Artikel Kesehatan:

Menonton televisi selain sebagai hiburan juga dijadikan ajang media informasi seluruh masyarakat. Namun di balik itu televisi menyimpan begitu banyak permasalahan kesehatan. Seperti apa? Sebuah penelitian menyebutkan, terlalu lama menonton televisi akan mengundang banyak penyakit yang menjangkiti tubuh Anda, baik penyakit fisik maupun penyakit mental. Nah, berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat terlalu lamanya menonton siaran televisi :

penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa setiap satu jam menonton TV dapat meningkat risiko kematian akibat serangan jantung sebesar 18 % dan risiko kematian akibat kanker sebesar 9 %.

Ini berarti bahwa orang yang menonton TV lebih dari empat jam memiliki 80 % peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler selama periode waktu 6 ADD adalah gangguan pemusatan perhatian/konsentrasi tahun dibandingkan orang yang menonton kurang dari 2 dan sifat impulsif yang tidak sesuai pada umur anak, jam setiap harinya. bahkan beberapa anak dapat menunjukkan sifat hiperakMemberi efek negatif pada mental tif. Attention Deficit Disorder (ADD)

Penelitian di University of Washington Child Health Institute menemukan bahwa pada anak usia 3 (tiga) tahun yang menonton TV dua jam per hari, 20% berisiko memiliki masalah gangguan perhatian pada usia 7 tahun dibandingkan anak-anak tidak menonton televisi. Obesitas Menonton televisi terlampau sering membuat otot Anda tidak bergerak. Jika otot-otot Anda tidak aktif dalam jangka waktu yang sangat lama, dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan kenaikan berat badan. Perilaku agresif Anak-anak kecil lebih mungkin untuk menunjukkan perilaku agresif setelah melihat acara TV atau film kekerasan. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 3.000 anak usia 3 tahun menemukan bahwa anak-anak yang terlalu sering menonton TV, secara langsung atau pun tidak, akan berisiko untuk memamerkan perilaku agresif. Diabetes Sebuah studi pada perempuan yang diterbitkan Journal of American Medical Association tahun 2003 menunjukkan, risiko diabetes meningkat sebesar 14 % pada mereka yang menonton TV selama 2 dalam sehari. Penelitian lain juga menemukan bahwa pria yang menonton TV lebih dari 40 jam seminggu, 3 kali lebih berisiko menderita diabetes tipe 2 daripada pria yang menonton TV kurang dari 1 jam setiap minggunya. Risiko Sakit Jantung Berdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dengan melibatkan 8.800 laki-laki dan perempuan di Australia (usia 25 yang tidak memiliki riwayat

Menonton TV untuk jangka waktu lama memiliki efek negatif pada perkembangan intelektual anak. American Academy of Pediatrics melarang anak-anak di bawah 2 tahun untuk menonton TV dan merekomendasikan pada anak usia di atas 2 tahun untuk tidak menonton TV lebih dari dua jam sehari. Hati-hati, terlalu banyak online di internet, terutama maingame online, bisa membuat otak menyusut. Menurut penelitian Kai Yuan dan Wei Qin dari Universitas Xidian, China, terlalu sering online di internet dapat mengubah struktur otak. Kalangan yang paling banyak online di internet adalah anak-anak. Jika tidak dikontrol, fenomena ini akan membuat mereka kecanduan. Walaupun istilah â&#x20AC;&#x153;kecanduan internetâ&#x20AC;? masih jadi kontroversi di kalangan peneliti, tapi penelitian yang dipublikasikan di PLoS ONE, ini berhasil menunjukkan, terlalu sering online internet khususnya kecanduan game online, akan mengubah struktur otak dan membuat permukaan otak menyusut. Menurut data dari China Youth Internet Association, penderita penyakit Internet Addiction Disorder (IAD) di China jumlahnya mencapai 14% atau sekitar 24 juta orang. Sebagian besar adalah remaja perkotaan. Ahli syaraf, Karen M. von Deneen, mengatakan masalah ini disebabkan karena orangtua dan anak-anak di China mendapat banyak tekanan di lingkungan kerja dan sekolah. â&#x20AC;&#x153;Orang China tidak punya waktu untuk diri sendiri. Mereka bekerja 12 jam sehari, enam hari seminggu. Internet bisa jadi adalah satu-satunya pelarian,â&#x20AC;? menurut von Deneen.


ARTIKEL BIDANG Artikel Kesehatan:

DAMPAK YANG TERJADI APABILA SERING MENGUPIL Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai. Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli. Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil. Ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu: Sedang bengong atau memikirkan sesuatu Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum. Menghilangkan iritasi Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil. Untuk menghilangkan sekresi hidung Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir. Gangguan obsesif-kompulsif Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog. Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum

dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung. Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan. Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar. Akibat keseringan mengupil adalah: 1. Mudah terkena flu Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin. 2. Mimisan Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan. 3. Infeksi Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain. 4. Merontokkan rambut hidung Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh. 5. Bisa meninggal Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.


ARTIKEL XTRA AMG BICYCLE CLUB


ARTIKEL XTRA

amg raphy photog club ih kipun mas s e m i in u t Club sa api sudah t g n a t a m setengah meskipun n a t ia g e k melakukan go masih lo n a d p u o nama gr uop ini r G . k u t n e belum terb , dan tinggalan ji e k A , k u a n id is t W n ri Fathan da berawal da i b o h i ipun hanya ik k il s e m e m ( m n o g s n juga Ra Fathan ya n a t ia era hape g m e a k l k a n w a a k a a d menggun photo2. Pa g in t n u h h unya hobi la p a d g a i in t m n a e k p yang perdana n a g n e . d a ta tu to monggo o h p photo di ko ita adalah k a m a t r e ana akan c n e r e b model p i m Ka o much to s s k n a kegiatan h n t ( a i k t a d nens a la mem emester ersiapan a s p a n d a a g p n i e in d er nensi), photograf a it k aja kadarnya s kita untuk baru. d a k e t n a i untuk k b o h g n a y membulat un agi siapa p mi hampir B a k o n t o h p hoto silaka ip hunting d u n it a t d a a 2 s o phot iliki model an kami. g n tidak mem e lu d a g n -m u lu bergab ih pada ma s a m a u m se el kami, anks....... d h o T m i d ja n untuk me a ............ .. m .. a t p r a e n p s o p t a ing pho Salam sn pada hunt t u ik rafer yang g o t o h p i kam n isnu, Aji, da W h la a d a serta


PROFIL KELAS METEO ELITE CLASS

Komunitas Taruna Tahun Masuk Tahun selesai Jumlah Taruna Masa Pendidikan Danton-Danton semester 3 semester 4 semester 5 semester 6

: Tugas Belajar (TB) D1 : 2009 : 2011 : 29 Taruna : 2 tahun :KAMARI : AHMAD LUTFI : RONI RIDWAN BANDANI : ENDRIYONO

Taruna TB D1 di cetuskan sejak adanya program menimba ilmu di AMG. Dan tak lupa terimakasih peningkatan jenjang Pendidikan yang dilaksanakan kami sampaikan sekali lagi kepada direktur dan sejak tahun 2008 pada masa Kepemimpinan Direk- segenap jajarannya, karena berkat bimbingan dan tur AMG Bpk. DR suko Prayitno Adi, MSi. Program pengajaran yang di berikan akahirnya kami

bisa

ini dapat terlaksana berkat kegigihan Beliau dalam menyelesaikan pendidikan ini. memperjuangkan nasib kami khususnya Lulusan D1

Besar harapan kami mudah-mudahan pro-

yang selama ini sulit untuk memperoleh kesem- gram ini terus dapat berjalan dengan baik sehingga patan belajar dan mendalami

pengetahuan di para lulusan D1 yg sampai kini belum menyelesai-

bidang Meteorologi dan Geofisika.

kan D3 dapat memperoleh kesempatan yang sama

Dengan ini kami menyampaikan rasa syu- untuk melanjutkan pendidikan di AMG. kur kepada Tuhan Yang Maha kuasayang telah melindungi setiap langkah kami dalam meniti daan Oleh Danton, Oktober 2011.


PROFIL KELAS PROFIL TARUNA AMG TB D1 TAHUN AKADEMIK 2010/2011 NAMA – NAMA TARUNA TKT III TAHUN AKADEMIK 2010 / 2011 NO

NAMA

KETERANGAN

1

AFRIJAL

STAMET SABANG

2

AGUS KUSWANTO

STAMET BANJAR BARU

3

AHMAD LUTFI

STAKLIM KARANGPLOSO MALANG

4

ARIF KRISNA W

STAMET JUANDA

5

ARMAN

STAMENT MAJENE

6

EDY SUSANTO

STAKLIM SEMARANG

7

ENDRIYONO

STAMET KALIANGET

8

GIYARTONO

STAMET A.YANI SEMARANG

9

HERU TABLO

STAKLIM MANADO

10

ERWIN LIHAWA

STAMET GORONTALO

11

FRANS THOMAS

STAMET PATIMURA AMBON

12

HERWANTO

STAMET ELTARI KUPANG

13

KAMARI

STAMET NABIRE PAPUA

14

M AGUS F

STAMET CENGKARENG

15

IMAM W

STAKLIM KARANGPLOSO MALANG

16

M. NUR

STAMET NAGARA BALI

17

NENENG SUGIANTI

STAGEOF BANDUNG

18

RONI RIDWAN BANDANI

STAMET GORONTALO

19

SAHAT MAULI P

STAMET JAMBI

20

SISWANTO

BALAI IV MAKASAR

21

WAHYU GURU

STAMAR MAKASAR

22

WARJONO

STAMET HASANNUDIN MAKASAR

23

WARNO MULUD

STAMET TANJUNG BALAI KARIMUN

24

ZAINAL ABDI

STAMET SERUI PAPUA

25

ZAIRO HENDRAWAN

BMKG PUSAT JAKARTA

26

JADI HENDARMIN

STAGEOF BANDUNG

27

YOYOK DEWANTORO

STAGEOF TRETES MALANG

28

DEDY M

STAMET PALOH

29

SUGI ONO

STAMET RADIN INTEN LAMPUNG


PROFIL KELAS

METODA, METeOrologi Dua A dalah sebuah lambang kebersamaan dari sabang sampe merauke yang bertemu menjadi satu dalam kebersamaan. Dari namanya METODA mimiliki keistimewaan yang tidak di miliki di kelas lain, Metoda terlihat simple dan sederhana namun METODA ternyata merupakan lambing kebersamaan. Metoda di huni oleh 10 orang cewek MaTik (manis dan cantik red),( Deassy, Frida, Wenny. Indah, Maya, Dewi, Dahlia, Dwi, Fitri dan Marlia) dan 20 cowok SiaGa (siap Gaya red.) Metoda diketuai oleh Danton Abdi yang merupakan danton generasi ke-3 dalam 1 tahun kebersamaan kami. Dan dibimbing oleh Bpk. Yusuf yang sangat sabar menghadapi anggota METODA dengan segala permasalahan yang ada di kelas ini. Di latar belakangi oleh adat dan budaya yang berbeda seluruh anggota METODA baik yang MaTik maupun yang SiaGa berusaha untuk selalu memecahkan setiap masalah yang ada sehingga Sharing merupakan rutinitas kelas ini bila ada permasalahan yang terjadi. Bukan hanya itu ada kegiatan yang sengaja di buat hanya semata2 untuk menambah kebersamaan di kelas ini, seperti Untuk menambah kebersamaan METODA memiliki grup khusus di sebuah jejaring social. Grup METODA yang di buat oleh salah satu SiaGa ini me-

rupakan sarana bagi seluruh anggota Metoda baik MaTik maupun SiaGa agar selalu berkomunikasi dan sharing ilmu ( red.tugas). atau sekedar membahas sesuatu yang gak penting sebagai pelepas jenuh dan bosan, walau biasanya ada salah satu anggota yang harus rela di jadikan bahan pembicaraan. Seperti halnya setiap kebersamaan yang pernah ada, tak hanya ada tawa dan bahagia, Marah , kesal, sedih dan kecewa pun ada di kelas ini. Namun bagi kami semua itu adalah hal yang biasa, yang luar biasa bagi kami adalah bagaimana merasakan semua itu bersama-sama. Di Kelas ini berkumpul berbagai latar belakang budaya dan istiadat dari budaya batak yang di bawa oleh Deassy Dolok saribu,sampai budaya papua yang khas dari bang Husain, ada juga budaya melayu yang kental dari Fitri Doyo, Wenny Julianti. Hal ini menjadikan setiap pribadi yang ada di kelas ini saling terkontaminasi budaya dari teman lainnya di METODA, sebut saja bang Husain yang berasal dari papua tapi bahasa kadang merupakan perpaduan dari bahasa timur dan bahasa melayu, laen hal lagi Ibnu Subrata Aji yang bersal dari sorong malah berlogat Medok ( apalagi pas di absen dosen ). Namun tak semua bisa terkontaminasi seperti halnya saudara kami yang satu ini Samuel Raja Uli (bang Sammy) yang gaya dan logatnya merupakan khas dari Sabu.


PROFIL KELAS {PROFIL KELAS METEOROLOGI 2A}

Di Kelas ini berkumpul berbagai latar belakang budaya dan istiadat dari budaya batak yang di bawa oleh Deassy Dolok saribu,sampai budaya papua yang khas dari bang Husain, ada juga budaya melayu yang kental dari Fitri Doyo, Wenny Julianti.

Mulya yang cool diluar tapi kocak di dalam. Ditambah lagi kita punya dua tibtar yang siap mengendalikan massa, wahyu dan mas rio yang selalu mengamankan kelas. Ada juga yang super usil, komplotan dwi, fael dkk. Sebagai penyeimbang dikelas, ada dahlia yang kalem dan pendiam.

Hal ini menjadikan setiap pribadi yang ada di kelas ini saling terkontaminasi budaya dari teman lainnya di METODA, sebut saja bang Husain yang berasal dari papua tapi bahasa kadang merupakan perpaduan dari bahasa timur dan bahasa melayu, laen hal lagi Ibnu Subrata Aji yang bersal dari sorong malah berlogat Medok ( apalagi pas di absen dosen ). Namun tak semua bisa terkontaminasi seperti halnya saudara kami yang satu ini Samuel Raja Uli (bang Sammy) yang gaya dan logatnya merupakan khas dari Sabu.

Itulah sekelumit tentang Metoda, tak cukup rasanya jika diterangkan satu per satu disini. Jika teman-teman ingin tahu lebih jauh lagi silahkan kunjungi kelas kami yang terletak di pojok kanan lantai II.

Lain halnya dengan Wadanyon kita, Aditya

Kami, Metoda mempunyai Motto “Glow In The Dark” yang maksudnya “Selalu berusaha menunjukkan yang terbaik, meski berada dalam situasi yang sulit”. Selalu menunjukkan yang terbaik meski ditempatkan di wilayah yang jauh dari keramaian (terpencil red)


PROFIL KELAS

AMOEBA

Lomba Badminton

Event

Tahun

Juara

Pekan 2010 I Olahraga AMG (POR) Catur Pekan 2010 I Olahraga AMG (POR) Scrabble Pekan 2010 I Olahraga AMG (POR) Futsal Pekan 2010 I Olahraga AMG (POR) Volly Taruna Pekan 2010 II Olahraga AMG (POR) Ketangkasan Lomba 2011 I Baris -Berbaris Ketangkasan Baris - Berbaris Fotografi IPTEK EXPO 2011 I AMG Editing Foto IPTEK EXPO 2011 I AMG News Anchor IPTEK EXPO 2011 II AMG Keterangan: POR dan IPTEK EXPO mendapat juara umum.


PROFIL KELAS (Anak MeteOrologi kElas “B” duA)


PROFIL KELAS


PROFIL KELAS { REPUBLIK DUA CHE }

☺☺☺


PROFIL KELAS DELTAMET Sing : “Jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya!”


PROFIL KELAS

Personil Deltametâ&#x20AC;&#x2122;ers (berdasarkan susunan absen) : Ade Heriadi, Anang Anwar, Andre Febriasyah, Bambang Herwanto, Bastian Andarino, Dimas Andrianto, Eran Harbona Sipa, Farhan A. Mardjun, Finnialya Napitupulu, Gita Dewi Siregar, Gustun S. S. Nababan, I Gede Agus Purbawa, I Gede Widi Hariarta, I Wayan Rudiarta, Lioba Seuk Soera, Mulyono Leonardo, M. Candra Buana, M. Fajar Handoyo, Niluh Putu Sri Ariastuti, Ni Putu Nonik, Nurhadi Puguh, Ota Welly J. Thalo, Puteri Permata Sani, Ria Rosanti, Ricarda Liliana Jansen, Rion Suaib Salman, Rizky Adzani, Stevan P. A. Yawan, Viccasey Daniello Wiay, Wahyu Sukmananda, dan Zainuddin.


PROFIL KELAS

MetoDE


PROFIL KELAS

Inilah personil MetoDE : Berdiri dari kiri : Muh Janwar (Bapak Dancing), Richard, Okto Mario (bapak Dansus), Nur Setiawan, Happy Prasetya (bapak Danton), Ismaharto Adi, Ari Widjajanto, M Arif Wiyono, Roland G Lainata, Devi Ardiansyah, Dani Irwansyah, Yandri Sanda,, Mafian Purnomo, Muh Fauzi Bintiang, Lili Gusalim, Nasrol Adhil (bapak Ketua MPT) dan Haris Suprayogi. Duduk dari kiri : Siti Risnayah, Dea N Bestari, Yuliana E Parera, Nur Ida Hasanah, Ida Sartika N dan Rahma Wulan. Taruna (i) yang absen saat dalam gambar : Apritarum Fadianika (ibu Kabid 1), Bedi R, Darwinsyah (bapak Dantibtar), Eunike L Makaruku, Hamdan Nurdin, Sudiar, Wisnu Virgiawan dan Yudi Handara.


PROFIL KELAS


PROFIL KELAS


PROFIL KELAS


PROFIL KELAS Profil Geofisika 2B


PROFIL KELAS

INSTRUMENTASI 2009


PROFIL KELAS


PROFIL KELAS

METALIC Tercatat dalam sejarah AMG, kami lahir pada tahun 2010 bulan Oktober. Terdiri atas 31 jiwa, dengan 21 orang Taruna dan 10 orang Ta ru ni. Diantaranya ada 9 orang TB, baik TB AURI (2) dan TB SMA (7). Kami datang dari setiap daerah yang ada di Negeri ini, dengan segala perbedaan kami (ada yang putih, ada yang ngak putih, ada yang tinggi, ada yang ngak tinggi,ada yang buntel, ada yang lurus, dan mungkin semua dari kami berambut “lurus”) kami disatukan oleh almamater ini dalam sebuah kelas yang letaknya paling ujung kiri lantai 3 (“ditengok” dari lap. Upacara besar). Dibawah naungan seorang “Bidadari” cantik yang diturunkan langsung bukan dari kahyangan tapi dari admik dan bernama Bu.Pandu. Sesuai namanya, dia selalu memandu kami dalam menjalankan pendidikan di AMG tercinta ini. Awalnya sih.. kami sering dihadiahi Akes dari sang Ibu, tapi “hampir” pada akhirnya ini, beliau hampir sempurna (Ngak ada manusia yang sempurna) sebagai seorang Bidadari... maksudnya Bintal. Kembali ke... METALIC (entah darimana dan sejak kapan nama itu ada). Awal dari terbentuknya, tak ada seorangpun dari kami yang menyangka bahwa kami adalah “Kolaborasi” yang Luar Biasa. Ini mulai nampak sejak kami menegetahui bahwa Bintal kami ternyata wooow.. Cantik. Itu yang menyebabkan kami khususnya kaum Adam jadi semangat belajar(!?) seiring waktu berjalan, karakter pribadi tiap-tiap orangpun mulai terlihat, dan ternyata semua itu membuat kelas ini (jika dikategorikan sebagai makanan) seperti Rujak,

asin, asem, manis, pedas, dan rasa aneh lainnya, dan dari berbagai macam rasa itu, menciptakan makanan yang enak, dan seperti itulah kami. Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan membuat Metalic menjadi ke la s ya ng be rj i wa “korsa” (kata pak. Ernest). Dikelas ini juga kami temukan orang-orang berbeda yang belum pernah kami temui sebelumnya, seperti Ibnu (JB-nya Metalic), atau Wati (si-Sabar’udin) dan banyak lagi yang membuat kelas ini jadi semakin berwarna. Terlepas dari itu, kelas kami ini juga cukup aktif dalam setiap kegiatan – kegiatan ketarunaan di AMG ini, seperti yang terdaftar sebagai anggota MB ada 19* orang (*aktif dan ngak aktif), MPT 2 orang, PASSUS 1 orang, IPTEK 1 orang, dan kegiatan lainnya yang tidak sempat kami muat karena keterbatasan kertas. Awalnya (semester I) kami belum terlalu sekompak ini, namun lagi-lagi sang waktu mampu menyelesaikan tugasnya dngan baik dan membuat kami yang jauh dari keluarga masing – masing ini, merasa memiliki keluarga baru (terdiri dari 1 “ibu” dan 8 “bapak”). Kerinduan pada orangtua kandungpun serasa terobati. Dan sekarang “keluarga” baru ini, membuat kami pastinya akan merasa Rindu jika berpisah, mengingat sebentar lagi kami akan PKL. Sebagai sebuah keluarga, kami mampu membuktikan kekompakan kami dengan mengukir prestasi yang terkadang membuat beberapa mata terilhat “.....” (artikan sesuai presepsi). Prestasi yang kami ukir itu, bukan hanya dari bidang Olah Raga, tapi juga dari bidang seni,


PROFIL KELAS Meteorologi 1A seperti Juara III Badminton pada POR Amg 2010/2011, Juara III Lomba LBB, Juara III Lomba Band pada PENSI AMG 2011, Juara II Lomba Photo Editing pada IPTEK EXPO 2011, Juara I Lomba Poster pada Iptek EXPO 2011, dan yang paling membanggakan yaitu kami adalah Kelas TERBAIK di AMG dan mendapat Piala Bergilir Kalpataru antar kelas. Dengan demikian, dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, kami mampu mengoleksi 4 Piala tetap, 1 Piala Bergilir, dan 5 sertifikat penghargaan (sesuai fakta, bukan untuk menyombongkan diri). Dari semua ini, bisa dibilang, kami mungkin adalah kelas “Met.2.B” (2008)-nya angkatan 2010. Semua bisa kami capai berkat kekompakan dan kerjasama kami sekelas dan juga Bintal kami. Hal ini yang kami sarankan, untuk dicontoh oleh senior dan teman-teman tercinta. Demikian dari kami, jika ada salah kata atau tindakan kami mohon maaf (kesalahan

dalam pengetikan bukan tanggung jawab kami), dan harapan kami semoga AMG menjadi lebih baik. Untuk teman-teman METALIC... aaahhrgghh sooobb,, SEMANGAT ;). Dπ

Biodata: Bintal Danton

: Bu. Pandu (Permanent) : S.I. I Dewa Gede (Ode) S.II. Ramadhan N.

WaDanton

: S.I. Denny F. S.II. Fadri P.

Sekretaris

: 1. Devika M. (Permanent)

Bendahara

2. Brian Eko (S.I.) & Denny A. (S.II.) : S.I. Eka Suci S.II. Cristine S.

Anggota

: Meteorologi 1.A


PROFIL KELAS

MIB45


PROFIL KELAS PROFIL KELAS METEOROLOGI 1B


PROFIL KELAS

Mosaic adalah Meteorologi 1C kenapa diberi nama mosaic?? Sebenarnya dari awal terbentuknya kelas ini sudah banyak mengalami gonta – ganti nama, mulai dari yang aneh – aneh sampai yang ga nyambung sekalipun,antara lain Metic, Me-Ice, AzteC, (opooo kuwi) dan pada akhirnya disepakatilah nama kita mosaic. Nama Mosaic merupakan singkatan dari kata “Meteorologi Satu C” ,pertama kali dicetuskan oleh taruna berambut keriting asal Kota Susu Jawa Tengah.  Sesuai namanya, kepingan – kepingan mosaic yang disatukan, mosaic kelas ini terdiri dari berbagai macam manusia dari berbagai tempat,dari medan sampai merauke, .... dari gorontalo sampai pulau rote, berbagai macam sifat dan kepribadian yang dipertemukan dalam sebuah kampus AMG, dan khususnya lagi kelas Meteorologi 1C. Kelas mosaic terletak di samping RKU, lantai 3 belok kiri, kanan jalan pas, terus nyebrang, jangan lupa tengok kanan kiri (masih diragukan ini kelas atau gudang). Kelas dengan jumlah AC terbanyak ini mungkin kelas terdingin se-AMG apalagi ketika remote AC tiba-tiba “hilang” alhasil kelas bak pindah ke eropa utara,, untung saja tidak turun salju,, hhe.. Bintal kita Bu Istikomah, beliau yang berasal dari Magelang ini dengan sabar membimbing kami para Mosaic – mosaic yang terpisah supaya menjadi kesatuan yang membanggakan. Fakta! Beliau bahkan berkesan “berasa muda terus gabung dengan Mosaic” ini berarti jiwa – jiwa di mosaic memang jiwa anak muda semua, hehe. ....dikarenakan bertemu setiap hari ,dan tidak bisa dihindarkan, maka terjadilah CINLOK

(cinta lokasi). Oknum – oknum yang terlibat tentu tidak perlu disebutkan (Sebut saja Entik Boy dan Lady Cempluk, serta Tuti dan Pipi Bulat), yang jelas kita doakan langgeng dan ditunggu undangannya (kejauhan gak ya?). Cerita lain dari kelas ini adalaaah banyaknya siluman – siluman yang tidak bisa dihindarkan kehadirannya, mereka adalah: Komandan Teletubbies alias Mbak Godhe, lalu ada Republik Indonesia Bangkit yang terdiri dari para pejuang negara yang memperbaiki nasib negri ini, dan superstar berkelas ekonomi namun bertalenta emas, dialah Justin ‘Naldy’ Bibir, dengan tembang andalannya “Hatiku Ada di Mana ?” (terinspirasi dari perdebatan mencari letak hati saat lagi kuliah), lalu permainan jempol, mungkin banyak yang tidak tau, permainan ini berasal dari Jawa dan memang belum terkenal, tapi sangat praktis dan bisa dimainkan dimana saja (konon bahkan bisa dimainkan saat sikap sempurna), bagi yang berminat silahkan menghubungi PJ jempol mosaic (SH TS). Mosaic juga punya keunikan tersendiri, yaitu adanya nama – nama malam buat beberapa taruna, mari kita absen... Rangga alias Paulina, Reza alias Betty, Agung alias Sashya, Robbi alias Merry, Aji alias Patricia , Setyo alias Rosalinda, Nimrot alias Debby, Rifki alias Wenny , Supandi alias Yolanda. (mohon maaf jika ada kesamaan nama merupakan suatu ketidaksengajaan, hehehe). Hasil dari kongres nama malam ini akhirnya menghasilkan suatu organisasi politik ..eh organisasi siluman bernama PMO (bukan Port Meteorogical Officer lho) , alias Paling Manis Organization.


PROFIL KELAS PROFIL KELAS METEOROLOGI 1C Mosaic juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampus, misalnya POR. Dalam POR tahun 2011 kemarin , Mosaic berhasil merebut tempat ketiga di lomba Scrabble. \[^o^]/. Prestasi Mosaic yang lain antara lain berhasil menjadi juara 1 lomba Seni Rupa dari Barang Bekas (bakat pemanfaatan sampah) :p , yang tidak lepas dari peran sang empunya ide yaitu Mr. SAP.

Yel – yel mosaic : (prok...)(prok..) (prok...)(prok..) We are not the one but we can be number one mosaic... mosaic.. mosaic... mosaic.. uye.. uye..

Selalu ingat pesan bintal kami :” jaga nama baik diri sendiri, keluarga dan almamater tercinta (AMG) dimanapun kita berada. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Dan karena sebentar lagi taruna yang umum akan PKL (Amiin) dan akan segera berpisah dengan abang dan kakak kita dari tugas belajar, maka dengarkanlah sepotong lagu ini... “jika tua nanti kita tlah hidup masing – masing, ingatlah hari ini.. )


PROFIL KELAS

INSTRUMENTASI 2010


PROFIL KELAS PROFIL KELAS INSTRUMENTASI 2010


PROFIL KELAS PADEPOKAN GEOIDâ&#x20AC;&#x2122;S Pada suatu hari , di pojok paling utara dan barat Pulau Jawa , tepatnya Jalan Perhubungan I No.5 Komplek Meteorologi dan Geofisika, Pondok Betung , Tangerang tersiarlah sebuah kabar bahwa Guru Besar Ilmu Kanuragan Tanah (zaman sekarang ngetrend dengan sebutan Geofisika) akan mendirikan padepokan Geoids. Beliau adalah Nama

: Nurella

TTL

: Riau, 14 Mei 1961

Asal

: Palembang

Alamat

: Komplek Taman Asri A.8 No.3 , Cileduk

Sedangkan nama pedepokan Geoids di adopsi dari Legenda Geofisika 2010 yang berdasarkan penafsiran dukun terakurat abad ini alias Mbah google , Geoids berarti titik-titik di permukaan bumi yang memiliki nilai gravitasi yang sama. Untuk mewujudkan pendirian pedepokan itu, Sang Guru besar memanggil deretan ksatria dari segala penjuru negeri mereka adalah

â&#x20AC;&#x153; Hall of fameâ&#x20AC;?

Ksatria Seismologi dari Gunung Sitoli bernama Takdir Aman Laoli. Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penafsiran kertas pias. Ksatria Magnet Bumi dari Waingapu bernama Nelson P Butar Butar. Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penafsiran variasi inklinasi dan deklinasi. Ksatria Tanda Waktu dari Gowa bernama Hendra Chaeruddin . Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penenuan waktu di seluruh dunia. Ksatria Listrik Udara dari Ternate bernama Lutfi Pary. Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penafsiran gejolak petir di Atmosfer Ksatria Astronomi dari Tual bernama Hasdianah. Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penafsiran gerakan matahari dan bulan. Ksatria Gravitasi dari Saumlaki bernama Yayu Sade. Beliau terkenal dengan jurus pamungkasnya dalam penafsiran gaya tarikan bumi. Kemudian, untuk merekrut anggota-anggota terbaik yang pantas untuk menjadi murid padepokan tersebut. Diadakanlah sebuah sayembara push-up dan bending dengan gaya terbaik yang ditayangkan live diseluruh layar tancap di penjuru negeri, kemudian berdasarkan gerakan sejuta facebooker, dipilihlah 27 murid terbaik dengan hasil polling terbanyak. Mereka adalah : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Abdul rosyid Aldilla damayanti p. Aprillian haurissa Audia kaluku Ayu wandari Bagus adi wibowo Eka nurjannah w. Fajar rachmadi p. I gusti ketut s.b

10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18.

Indah kurniawati Jambari Juwita sari p. M. Soekarno s.s M. Fahmi nugraha Nur eka deviyanti Quart ferrina Resa idha Rizky m rahman

19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27.

Rizky yulita p. Robby wallansha Sugeng amirul fahmi Tri wulandari Trisnawati . vibriana septa rini Yogha mahardikha Zainal abidin Zulfiana


PROFIL KELAS Setahun berjalan, padepokan tersebut menempa murid – murid ini menjadi ksatria – ksatria hebat yang maju dan berjuang sekuat tenaga demi menjadi kader pembangunan meteorologi dan geofisika yang cakap dan tangguh. Demi menguji kesaktian mereka, padepokan Geoids mengikuti banyak sayembara dan berhasil pulang dengan hasil menggembirakan berupa:

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Juara II English Debate Competition IPTEK EXPO 2011 Juara III Lomba Poster IPTEK EXPO 2011 Juara III Lomba Masak Kegiatan Pentas Seni AMG 2011 Juara II Lomba Seni Rupa Kegiatan Pentas Seni AMG 2011 Juara II Tenis Meja Putra POR AMG 2011 Juara II Voli Olimpiade PTK di IPDN 2011

Namun semua itu tak lantas membuat mereka berbangga hati. Mereka masih tetap menjalin silaturrahmi dengan para fans dan pendukung mereka lewat hotline :www------------------------ dan blognya ---------------------------Mereka tetap bertekad untuk menjadi kesatria Geofisika yang setia mengamalkan ilmu dan kecakapan demi kemajuan teknologi dan kelestarian lingkungan. Selain itu semua kesaktian mereka diabdikan pada nusa dan bangsa demi mencapai masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Dan inilah kata yang selalu tertanam dalam hati mereka “Kita terlahir dalam seribu tubuh tapi kita hidup dalam satu hati! We are different, but we are one!”


PROFIL KELAS

Kli-One (Climatology is number one)

. . . Kami yang pertama, dan akan menjadi yang berkicau, karena didominasi oleh taruni yang utama . . . selalu riang gembira. Kalau kita bicara tentang BMKG yang sekarang, maka akan berbeda dengan BMG yang dahulu. Ya, dilihat dari namanya saja sudah berbeda. Ada tambahan huruf “K” di situ. Apa itu “K”? K adalah singkatan dari Klimatologi. Kenapa ditambahi Klimatologi? Apa itu klimatologi? Wah, terlalu banyak pertanyaan. Singkat saja, anda bisa men”searching”nya di mbah google.

Bintal kami adalah Pak Agus Suhendro, seorang pembimbing bina dan mental kelas klimatologi yang tampan rupawan dan tidak ada duanya. Dengan perwakannya yang tenang dan bijaksana, kami merasa bangga terhadap beliau. Kelas Klimatologi berdomisili (bertempat) di sebuah ruang di lantai tiga dekat Ruang Kuliah Umum (RKU), ya di ruang bekas laboratorium bahasa. Dengan kursi yang seadanya (kursi lipat kuliah) kami belajar setiap harinya. Walaupun sebenarnya kami merasa sangat kesulitan, dengan ruang yang (sangat) sempit, dengan kursi lipat yang (sangat) kecil, dan kurang nyaman untuk “tidur”, serta kurang nyaman untuk mengeplot, tetapi kami tetap gembira (sedikit terpaksa). Justru dengan kursi dan ruang yang sempit itulah, kami merasa “sangat dekat”, bukan hanya jarak, tetapi keakraban kami, juga dekat kalau mau mencontek (jangan dipraktekkan)

Jurusan/kelas Klimatologi, mungkin kata itu terdengar asing di telinga kita. Ya, memang, karena jurusan/kelas Klimatologi ada di Akademi Meteorologi dan Geofisika baru dimulai di angkatan kami yaitu angkatan 2010. Angkatan termuda dengan formasi hanya satu kelas, dan satu kelas itu terdiri dari 30 orang taruna/i. Digawangi oleh 9 orang taruna, yaitu 8 orang dari umum, dan 1 orang taruna ganteng Tugas Belajar SMA. Yang taruni (nah ini yang banyak) terdiri dari 21 orang taruni, 20 dari umum dan 1 orang cantik dari Tugas Belajar. Wajar lah, kalau setiap hari . . . dari padang sampai merauke . . . kelas di klimatologi terdengar burung-burung


PROFIL KELAS Yah, personil Klimatologi berasal dari seluruh nusantara, tersebar dari padang sampai merauke, dari yang kecil sampai besar, dari muda sampai yang tua, dari yang pandai sampai sangat pandai (tidak ada yang bodoh). Saling menghargai kelebihan dan melengkapi kekurangan masingmasing merupakan cara kami agar kompak.

dipungkiri adalah taruna-taruni klimat sangat lihai dalam membuat suasana hangat, ceria, dan menyenangkan.

Karena kami merupakan kelas pertama di jurusan klimatologi, maka secara otomatis kami akan menjadi titik ukur untuk jurusan klimatologi, dan kami berharap semoga jurusan klimatologi Banyak hal menarik dan menyenangkan generasi selanjutnya semakin lebih baik dari kami. di kelas kami. Lihat saja, dengan taruna yang Taruna/i Klimatologi sendiri nantinya hanya 9 orang (untuk kesebelasan sepak bola saja kemungkinan besar akan ditempatkan di stasiunsangat kurang) kami harus bisa menguasai semua stasiun klimatologi di nusantara, dan tidak cabang olahraga, karena saat perlombaan menutup kemungkinan bisa ditempatkan di olahraga tidak ada pemain cadangan (nasib . . pusat, balai, ataupun di stasiun meteorologi. nasib). Tapi hal yang membuat taruna nyaman Dengan motto â&#x20AC;&#x153;siap ditempatkan di mana sajaâ&#x20AC;? adalah kalau soal lomba masak-memasak tidak kami taruna klimatologi harus siap, walaupun merasa khawatir, karena ibu-ibu di klimat sendiri ditempatkan di daerah yang belum terjamah jago-jago memasak. Dan satu hal yang tidak bisa teknologi maju sekalipun (yakin neeeh?)

Berikut daftar taruna klimat : Atas kiri: mace lin,mas nur,mistiari,mutiara,suhu eva,yuyun,yasinta,mbak ayu,mbak eci,mba fitri,bu herlina,olin bo,dwi,mace cristin,lindoy,gina,restu,diny fm,sufli,mace kila,, Bawah kiri: nastiti,icha,bli yuda,bang Ronald,bli budi,pungky,diyazz, kak Acel ,Syuryadi,kak Alpin,Nurul,Aflah

Demikian sekilas tentang Jurusan/Kelas Klimatologi. Dan bukan jurusan/kelas yang membedakan kita, karena Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi adalah

satu keluarga, Keluarga besar Akademi Meteorologi dan Geofisika, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. JAYA AMG ! !


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM

☺ ☺


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM ☺


SALAM-SALAM

SALAM-SALAM-SALAM-SALAM-SALAM ☺

PESAN-PESAN DARI SENIOR TB D1 AMG YANG AKAN WISUDA:

TIM REDAKSI MEMOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA KEPADA TARUNA -TARUNI UNTUK SEBAGIAN SALAM YANG TIDAK DAPAT DITAMPILKAN KARENA FILE HILANG (TERFORMAT) , KAMI BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN UNTUK MENCARI PENGGANTINYA, DEMIKIAN HARAP DIMAKLUMI, TERIMAKASIH (red).


IPTECHMAGZ VOL02 2011  

IPTECH MAGAZINE/ Majalag\h Digital Bidang Iptech Akademi Meteorologi Klimatologi Geofisika Jakarta

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you