Page 14

B6

NEWS

GADGET

Traffic Yahoo Terus Meningkat CEO Yahoo Marissa Mayer mengatakan bahwa traffic ke situsnya tiap bulan terus meningkat. Dilansir Reuters, Mayer mengatakan bahwa kini Yahoo! memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan. Angka pencapaian di atas juga mewakili persentase pertumbuhan 20%.

Ketika berbicara di konferensi TechCrunch Disrupt di San Francisco, California, Mayer mengatakan bahwa angka 800 juta itu belum termasuk traffic dari Tumblr, layanan blog yang diakuisisi oleh mereka awal tahun ini. (ahmad t/hus)

PRODUK ANYAR

SABTU 14 SEPTEMBER 2013

BB Z30 Segera Dirilis

Lumia Bandit Hadir Akhir September

MESKI sibuk mencari investor untuk mengakuisisi perusahaannya, BlackBerry tetap fokus pada produk baru mereka, BB Z30, yang disebut memasuki tahap uji akhir. Menurut sejumlah posting di forum CrackBerry, phablet pertama BlackBerry itu akan segera diumumkan ke publik. Perangkatnya pun sudah banyak dibocorkan sejak beberapa bulan silam. Z30 diyakini memiliki spesifikasi layar lima inci AMOLED dengan kerapatan piksel 296 ppi dan resolusi layar 1.280 x 720p.

DESAS-desus terbaru menyebutkan bahwa phablet pertama Nokia, Lumia 1520, atau sebelumnya dikenal dengan nama Bandit, bakal meluncur 26 September 2013. Jadwal tersebut diungkap sumb e r kredibel @ e v leaks dalam kicaua n nya di Tw i t t e r . 2 6

Sebagai otaknya, prosesor dual-core 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro dijejalkan, dengan quadcore GPU, berikut kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan dua megapiksel, slot MicroSD, serta konektor HDMI. Baterainya berkapasitas 2800 mAh dengan RAM 2GB, kapasitas penyimpanan internal 16GB dan dibekali OS BlackBerry 10.2. BlackBerry kabarnya menyiapkan Z30 sebagai perangkat yang nyaman digunakan untuk bermain game. (wahyu perdana/hus)

September diketahui adalah hari yang sama dengan acara yang telah dijadwalkan akan digelar Nokia di New York, AS. Lumia 1520 akan didukung layar enam inci Full HD 1080p dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800, kapasitas penyimpanan 32GB, slot SDcard dan kamera 20 megapiksel. Kamera ini memungkinkan pengguna mengambil gambar 5 dan 16 megapiksel secara bersamaan. Nokia Lumia 1520 bakal diumumkan perusahaan yang tengah merampungkan proses akuisisi divisi ponselnya oleh Microsoft ini bersama update Windows Phone 8 GDR3. (wahyu perdana/hus)

HP CHROMEBOOK14

BERTENAGA HASWELL

RAKSASA Internet yang merambah ke perangkat lunak komputer, Google, mengumumkan hadirnya sejumlah laptop terbaru bertenaga prosesor Intel Haswell yang menggunakan sistem operasi buatannya, Chrome OS. Salah satunya HP Chromebook14.

B

eberapa perangkat terbaru yang menggunakan sistem operasi Chrome itu antara lain HP Chromebook14, Acer, ASUS, dan Toshiba Chromebook yang dikenalkannya bersama Intel di acara Intel Developer Forum di San Francisco, Kamis (12/9). Intel berkepentingan atas hadirnya sejumlah Chromebook itu karena semua menggunakan prosesor Intel yang berbasis pada microarchitecture Haswell. “Chromebook yang berbasis Intel ini akan menggunakan tenaga lebih kecil dan menawarkan peningkatan performa dan daya tahan baterai yang luar biasa,” ujar juru bicara Intel dilansir PC Mag. “Sebagai salah satu kontributor open source, Intel melanjutkan kerja sama lebih dekat dengan Google untuk menghadirkan Chromebook yang merefleksikan keunikan Intel yang mampu mendukung beragam sistem operasi dan bekerja dengan baik pada arsitektur Intel.” Google dalam blog resminya

menyatakan, Acer Chromebook merupakan perangkat yang menawarkan baterai berdaya lama dan desain baru bervariasi, ringan, serta portabel. Sementara Toshiba Chromebook menawarkan fleksibilitas dan portabilitas, sedangkan ASUS Chromebook cocok untuk di mana saja ketika pengguna membutuhkan sebuah komputer. Sementara itu, HP Chromebook14 yang berlayar lebar hadir dalam warna bervariasi. Dilansir situs resminya, HP Chromebook14 menawarkan kinerja cepat saat berselancar di internet, dan opsi konektivitas jaringan 4G. “Ada banyak konsumen yang tertarik dengan sistem operasi baru, salah satunya Chromebooks. Kami membangun HP Chromebook untuk menawarkan pengalaman menakjubkan, dengan desain yang unik,” ujar Wakil Presiden HP, Ron Coughlin. Laptop ini diklaim memudahkan pengguna terhubung kepada website favoritnya dalam hitungan detik. Perangkat dengan pilih-

an warna-warna cerah ini pun menjadi pintu gerbang dalam menikmati berbagai aplikasi Google dengan lebih menyenangkan. Laptop ini memiliki layar 14 inci dan sudah mampu memainkan video HD. HP Chromebook pun dilengkapi kapasitas penyimpanan sebesar 16GB, HDMI, port USB 2.0 dan USB 3.0, dan pembaharuan perangkat lunak secara otomatis. Dengan hadirnya beberapa Chromebook terbaru itu, Google mengklaim sudah ada enam produsen laptop papan atas yang sudah menawarkan Chromebook. Google pun mengklaim bahwa lebih dari 5.000 sekolah atau mewakili 20 persen sekolah distrik di Amerika Serikat telah menggunakan Chromebook. Mengutip laporan perusahaan riset NPD, Google menyebutkan bahwa Chromebook telah menguasai sekitar 20-25 persen segmen komputer berharga 300 dolar ke bawah. (hus)

SPESIFIKASI HP CHROMEBOOK14

Prosesor : Intel Haswell Sistem Operasi : Chrome OS Layar : 14 inci High Definition Display Penyimpanan : 16GB solid-state (lokal), 100GB GDrive Port : USB 2.0, USB 3.0, HDMI Konektivitas : Wi-Fi, 4G

Harga US$299

iPhone Murah Gagal Pikat Pencinta Apple PELUNCURAN dua iPhone baru membangkitkan keraguan atas strategi Apple dalam berekspansi di pasar ponsel pintar. Hal ini terbukti dari tergelincirnya harga saham Apple dan miringnya komentarkomentar para analis. Sejumlah analis menyebut Apple gagal memangkas harga yang bisa cukup berdampak pada pasar berkembang atau para pembeli yang sangat mempertimbangkan harga. iPhone jenis ini juga dinilai kurang memperlihatkan inovasi. Harga saham Apple tergelincir 5,4 persen untuk ditutup pada 467,71 dolar AS di bursa New York, sehari setelah raksasa teknologi itu mengenalkan dua iPhone baru sebagai bagian dari upaya meraih lagi momentum di pasar ponsel pintar. “Kami masih kecewa pada keputusan Apple yang mempertahankan vendor ponsel pintar berharga premium,” kata analis Credit Suisse Kulbinder Garcha seperti dikutip Antara. Sedangkan analis Jefferies, Peter Misek, menyebut perangkat baru Apple itu memang ponsel yang

menawan, namun peluncuran itu tetap membuat Apple memiliki kesenjangan dalam pasar ponsel low-end. Fred Wilson dari Union Square Ventures yang berinvestasi pada sektor teknologi, menyebut Apple gagal memahami bahwa di seluruh dunia, kebanyakan pelanggan tidak mendapat subsidi. “C dalam 5C tidak berarti murah (cheap) seperti yang saya harapkan,” tulis dia. “Itu berarti clueless (tanpa petunjuk), tidak jelas bagaimana mayoritas pengguna ponsel pintar baru membayar ponselnya.” (hus)

SMA Se-Jabar Gratis 2015  

Dari Bandung untuk Indonesia

SMA Se-Jabar Gratis 2015  

Dari Bandung untuk Indonesia

Advertisement