Page 10

INILAH GRUP : INILAH KORAN PORTAL NEWS : WWW. INILAH.COM, WWW. INILAHKORAN.COM, WWW.YANGMUDA.COM, WWW. JAKARTAPRESS.COM MAJALAH INILAH REVIEW

- SELASA 11 DESEMBER 2012

>10

FOTO-FOTO: ANTARA/ISTIMEWA

NESTAPA FILIPINA KARENA BOPHA Topan Bopha melanda Filipina bagian selatan. Ratusan warga meregang nyawa. Mereka menunggu bantuan dunia.

T

angan-tangan itu menengadah ke atas. Berharap bisa menyambar bantuan makanan. Pemiliknya penuh harap. Siapa tahu, bantuan makanan bisa memperpanjang asa. Mereka, para penengadah tangan itu, adalah warga kampung di sebelah selatan Mindanao. Dalam sekejap, asa mereka sempat lenyap, oleh angin badai yang bertiup dahsyat: Bopha. Provinsi Compostela Valley dan Davao Oriental adalah kawasan yang menderita paling parah. “Para petani di Mindanao, salah satu area paling miskin di Filipina, melihat tanamannya hancur. Di wilayah yang sangat tergantung pada agrikultur, ribuan orang kini sungguh tak bisa menyediakan makanan untuk keluarganya,” ujar Pejabat PBB untuk Koordinasi Hubungan Kemanusiaan. Sedikitnya 647 orang meninggal. Seki-

tar 780 jiwa tak ketahuan rimbanya. Lebih dahsyat lagi, demikian Kantor Kementerian Pertahanan Sipil Filipina, lebih dari 5 juta orang terpengaruh Topan Bopha. “Di luar bayangan. Saya melihat sebuah kampung yang mengalami kehancuran total,” ujar Koordinator Kemanusiaan PBB, Luiza Carvalho. PBB mencatat, sedikitnya 480 ribu orang jadi korban yang jadi sangat men­ derita. Mereka butuh bantuan. Untuk bantuan darurat, PBB menghitung sedikitnya butuh US$65 juta. Bantuan internasional mengalir. Malaysia mengirim 13 ton bahan makanan senilai lebih dari US$114 ribu. Jepang menyodorkan bantuan setara US$545 ribu. Dari Indonesia terkirim selimut, makanan siap saji, mi instan, dan US$1 juta. AS memberikan bantuan US$3 juta, termasuk dukungan untuk tempat pengungsian, logistik dan makanan. (ing)

1 3 PROTES: (1) Tak hanya banjir, Topan Bopha juga menumbangkan banyak pohon dan memunculkan longsor di berbagai wilayah di Mindanao.

2

(2) Para korban bencana alam menadahkan tangannya, berharap mendapatkan bantuan makanan. (3) Sedikitnya 647 orang meregang nyawa akibat topan terparah tahun ini yang melanda wilayah selatan Filipina.

BIDUK ACENG KIAN OLENG  

Dari Bandung untuk Indonesia

BIDUK ACENG KIAN OLENG  

Dari Bandung untuk Indonesia

Advertisement