Page 62

62 DUNIA BISNIS

Apakah Ide Ini Layak Dijadikan Peluang Bisnis Sebagai seorang pengusaha atau calon pengusaha saat ini, kita sering terjebak dalam ide bisnis, dimana kita langsung melompat ke dalam perencanaan bisnis tanpa mempertimbangkan apakah ada kesempatan menguntungkan dari ide tersebut.

S

ehingga pada waktu memulai, dan setelah berjalan mungkin tidak cocok pada tempat atau lokasi. Jadi sangat baik, bila sebuah gagasan untuk membuat sebuah usaha benar-benar diperhatikan apakah cocok dengan lokasi, cocok dengan orang-orag ditempat dan cocok kah pada situasi misalnya cuaca dan lainnya. Apakah Peluang Usaha itu Bagus? Ada begitu banyak peluang bisnis yang berbeda, tapi sebagai pengusaha, harus mampu mengenail apakah ide atau jenis usaha itu cocok untuk tim dan pasar yang dimaksudkan. Pendiri perlu menajawab beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut untuk setiap ide bisnis sebelum menentukan apa itu adalah peluang bisnis? • Apakah Ide Anda Sebuah Peluang Bisnis? Sebuah peluang usaha harus bisa memecahkan masalah tertentu yang dihadapi target pasar anda? Pemecahan masalah yang merupakan titik nyeri bagi pelanggan anda, yang dapat membantu kebutuhan pelanggan, menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.

• Apa Sumber Daya Yang Diperlukan? Sebelum memulai bisnis anda, sangat penting untuk mempertimbangkan sumber daya yang dibutuhkan. Memiliki sumber daya yang tersedia tepat untuk harga yang tepat dapat membantu anda memulai tanpa pengeluaran biaya yang banyak. Seorang pengusaha harus kreatif dengan mempertimbangkan perusahaan patungan atau kemitraan dengan orang-orang atau dengan perusahaan yang anda butuhkan. • Apakah Anda atau Tim Anda Memiliki Keterampilan Yang Relevan? Sebaiknya anda dan tim anda harus mempunyai keterampilan untuk berhasil melaksanakan ide bisnis anda, untuk memastikan secara efektif mengelola kegiatan dan mengembangkan usaha anda. Bisa saja gagasan tersebut sangat sesuai dengan lokasi, dan sebagainya, tapi belum tentu sukses, jika tidak ditunjang orang-orang yang bisa mengerjakannya. Terlebih apakah anda punya keterampilan dalam bidang usaha yang ingin anda jalankan.

• Waktu Waktu yang tidak tepat dapat merusak keberhasilan bisnis anda. Bahkan Bill Gross menjelaskan pentingnya waktu untuk bisnis baru. Menemukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis bisa sulit. Jika bisnis anda adalah terlalu dini untuk pasar, maka akan menghabiskan banyak uang dalam mendidik/ memberitahu pelanggan dan pemasaran konsep. Bagaimana menurut anda? Apakah anda perna punya ide-ide bisnis? Tentu, lalu kita langsung melompat memulai tanpa perencanaan matang , konsep yang benar dan menganalisa apakah ide tersebut adalah peluang usaha yang menguntungkan. n

Deretan Pertanyaan Unik Bagi Kamu yang Mau Melamar Kerja di Aplle Apple merupakan salah satu perusahaan paling bergengsi di dunia. Lulusan jurusan ilmu komputer berbondong-bodong ingin bekerja di perusahaan Amerika Serikat ini.

T

idak heran jika sangat sulit untuk diterima di perusahaan pembesut iPhone ini. Ada pertanyaan-pertanyaan sulit yang biasanya dilontarkan saat wawancara calon pegawai Apple. Pertanyaannya mulai dari hal teknis berdasarkan pengalaman kerja sebelumnya hingga pertanyaan membingungkan lainnya. Berikut adalah 10 pertanyaan sulit yang bakal ditanyakan saat kamu wawancara di Apple. Bisakah kamu menjawabnya?

Bagaimana kamu memastikan pohon Biner dapat berbentuk simetris pada bagian kanan dan kirinya? 4. Pertanyaan untuk kandidat Retail Jika kamu superhero, siapakah kamu, dan kenapa kamu memilihnya? 5. Pertanyaan untuk seorang jenius Apple Bagaimana kamu menjelaskan RAM kepada seorang anak 5 tahun?

1. Pertanyaan untuk kandidat Product Design Engineer Kami memiliki secangkir kopi panas dan segelas kecil susu dingin. Temperatur ruangan saat ini berada di antara kedua suhu benda tersebut. Kapankah waktu yang tepat untuk mencampurkan kopi dan susu agar mendapatkan kopi susu dengan suhu terendah?

6. Pertanyaan untuk Lead System Engineer Bagaimana cara kerja sebuah sayap pesawat?

2. Pertanyaan untuk kandidat Solution Consultant Berapa berat keseluruhan Empire State Building?

8. Pertanyaan untuk kandidat Hardware Engineering Berikan saya lima cara untuk mengukur seberapa banyak bahan bakar sebuah mobil?

3. Pertanyaan untuk kandidat Research Scientist

7. Pertanyaan untuk kandidat Hardware Test Design Lead Gambarkan arsitektur bagian dalam sebuah iPhone

9. Pertanyaan untuk kandidat Software Engineer Kalau kamu punya dua telur dan kamu ingin menjatuhkannya dari ketinggian tertentu tanpa memecahkannya, apa yang kamu lakukan? Bagaimana caranya? Ceritakan kepada saya tentang sebuah masalah menarik yang pernah kamu selesaikan? 10. Pertanyaan untuk kandidat Global Supply Manager Bagaimana kamu merinci harga komponen-komponen dalam sebuah pena?” Berapa jumlah anak yang lahir di dunia dalam satu hari?” n

Vol.20, Issue 230, July 2017

INDOPOST July 2017  

INDOPOST July 2017 Edition