Page 45

BERITA INDONESIA

45

Jakarta Menjelma Menjadi Kota Berpengendara Motor Terbanyak Se-Asia Tingginya urbanisasi menyebabkan beban mobilitas perkotaan meningkat, hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dari Kementerian Perhubungan, Elly Adriani Sinaga.

M

enurut dia, Jakarta adalah kota dengan pertumbuhan motor tertinggi di Asia, bersama dengan Bangkok dan Seoul. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dari Kementerian Perhubungan, Elly Adriani Sinaga, dalam SeminarTransportation Master Plan for Jabodetabek di Jakarta, mengatakan “Namun, berbeda dengan kota lain, Jakarta sangat diwarnai oleh penggunaan sepeda motor yang tinggi.” Berdasarkan data Kemenhub, jumlah kendaraan di Asia tumbuh dua kali lipat dalam kurun 5-7 tahun ini yang mengakibatkan pemadatan penduduk perkotaan. Bahkan, kemacetan di perkotaan telah menyedot tingkat pemborosan sampai 2-5 persen dari Produk Domestik Bruto (PBD), karena sangat hilangnya waktu produktif dan tingginya biaya transportasi yang harus ditanggung.

“Kemacetan yang terjadi pada batas wilayah sudah menembus ke wilayah lingkar dalam Jakarta. Timbulnya kotakota baru di luar Jakarta yang bersifat menyebar ke arah Bodetabek, memperparah lalu lintas di Jakarta karena banyaknya masyarakat yang bekerja di Jakarta namun tinggal di luar Jakarta seperti di Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang namun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kantor,” kata Elly. Menurut dia, aglomerasi atau upaya pengumpulan beberapa elemen ke dalam suatu tempat (wilayah) Jabodetabek dengan

jumlah penduduk sebanyak 27.700.727 Jiwa dan kepadatan penduduk mencapai 4.585 Jiwa/km2, merupakan daerah yang termasuk dalam KSN (Kawasan Strategis Nasional). Untuk dapat menyelesaikan permasalahan transportasi di Jabodetabek, perlu dilakukan perencanaan pembangunan yang terintegrasi baik dari regulasi tata ruang, transportasi infrastruktur dan organisasi di wilayah Jabodetabek. n

Prilaku Unik Warga Indonesia Saat Ada Ledakan Bom Insiden ledakan bom yang terjadi di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, memang mengejutkan banyak publik Tanah Air.

N

amun, di tengah teror bom dan suasana mencekam, ternyata ada saja hal unik dan konyol yang dilakukan masyarakat Indonesia. Tingkah konyol tersebut, seakan tak peduli dengan keselamatan diri dan mengabaikan bahaya. Lantas, apa sajalah tingkah konyol warga Indonesia saat ada bom, berikut ulasannya. 1.Bukan kabur malah mendekati TKP Salah satu ‘keunikkan’ warga Indonesia, jika ada bom bukan menjauh malah mendekati lokasi kejadian. Itu dilakukan karena rasa ingin tahu yang tinggi. 2. Kirim berita hoax Keramaian tak cuma terjadi di lokasi kejadian, tetapi juga media sosial. Banyak netizen Indonesia yang latah mengirimkan foto dan video hoax, agar tak ketinggalan update.

3. Bikin tagar dan meme Untuk netizen yang kreatif biasanya mereka ramai-ramai membuat meme atau tagar, seperti #KamiTidakTaku, #PrayForJakarta, dan #KamiTakTakut 4. Fotografer dan Videografer dadakkan Niatnya memang untuk mengabadikan momen yang sedang terjadi, biasanya mereka mencari gambar yang terbaik agar dicantumkan di sebuah media berita. Kendati demikian, netizen dengan tipe seperti ini bisa dibilang berjasa karena berkat mereka, Anda jadi mengetahui apa yag terjadi di TKP langsung. 5. Selfie di TKP Kalau yang ini memang sungguh keterlaluan. Pasalnya di lokasi kejadian ia malah menyempatkan selfie.

media sosial.

Tak hanya selfie, terkadang mereka juga mengabadikan ceceran darah di lokasi kejadian, lalu tak lupa mereka share di

6. NONGKRONG DI TKP Selain selfie, banyak juga warga yang nongkrong dan berkumpul di TKP. Ironisnya, mereka sulit dibubarkan, meski sudah diusir polisi. n

Vol.20, Issue 230, July 2017

INDOPOST July 2017  

INDOPOST July 2017 Edition

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you