Issuu on Google+

24

RADAR JOGJA

Senin Legi 29 Maret 2010

*

Fariz Bimananta

Pernah aku keselak pas makan di kelas, gara-garanya lagi asik makan, tiba-tiba ditanyain guru, otomatis kaget jadi keselek makanan. Udah gitu enggak bisa jawab, yaudah malunya jadi dobel. *) XI SMAN 1 Depok, Sleman

ya*

Chornelia Citanind

Kalo aku, makan di kelas cuma pas laper aja. Tapi kalo makan permen mah sering. Pernah itu pas aku makan permen karet, tibatiba aku ditanyain. Yaudah aku jawab sambil ngunyah tu permen karet. Setelah itu aku disuruh keluar buat buang permen karet tadi. *) XI IPA 4, SMA Muhammadiyah 1 Jogja MODEL : DONI BUDO, KEVIN CAHYA NUGRAHA, LAYLA RAHMADIANA YUSUF(SMAN 11 JOGJA) | FOTOGRAFER : ARDIANSYAH WAHAB (UGM) | GRAFIS : HERPRI YANG TAMBAH GANTENG

Waow... Makan Pas KBM r Permennya Malah Mencolot Kelua

*

Handy Winanto

Makan pas pelajaran tu asiknya bareng ama temen-temen. Pernah khan pas pada ngemil di kelas, tau-tau salah satu ada yang usil main lempar-lemparan cemilan itu. Yaudah, akhirnya jadi perang makanan sambil ketawa cekikikan, tapi berakhir ditegur guru suruh buang makanan yang buat lemparlemparan tadi. *) XI IPS 2, SMA Tiga Maret Jogja

”Eh…nasi ayamnya masih enggak? Kalo nasi telornya? Ayo cepet mana!! Keburu ntar gurunya dateng! Laper banget aku.... dah kembaliannya entar aja! Aku udah laper banget neh! Mumpung jam kosong,” kata seorang anak kepada teman sekelasnya. ALUISIUS Titus dari SMA Pangudi Luhur sobat Indikasi ternyata sering ngelakuin hal ini. Titus ngaku sering beli makanan di tempat temennya. ”Yah... buat isi perut pas jam pelajaran. Enggak seru khan kalo pas pelajaran tiba-tiba laper, terus jadi enggak bisa mikir,” sahut cowok kelahiran 20 November 1993 ini. Jual beli makanan di sekolah emang udah biasa. Enggak jarang juga ada temen sekelas kita yang sengaja jualan buat nambah uang jajan. Itung-itung mencoba berdagang lah, tapi kalo jualan pas jam pelajaran gimana? Itu ngebuat temen-temen responIn jadi makan

JENIS KELAMIN

COWOK 51% CEWEK 59%

di kelas. Apa jangan-jangan makan di kelas Beda ama Kevin Cahya Nugraha dari SMAN udah jadi tradisi buat responIn? Wah, itu perlu 11 yang makan soalnya tiba-tiba muncul dicek kebenerannya. niatan untuk makan. ”Aku mulai makan kalo Dan ternyata, survey membukgurunya ngebete-in yah,....untuk tikan 87,2 persen dari 300 pengusir kantuk lah,” kata responIn pernah makan penggemar taekwondo ini di kelas. Yah...emang didukung 32,3 persen selain jadi tempat responIn. Pernah makan pas KBM? menuntut ilmu, kelas Sementara soal jenis Pernah 87,2 % juga bisa jadi tempat makanannya, Kevin Nggak 50,3 % makan. Kalo kata en 56,2 persen resTitus, makan pas ponIn biasa makan KBM (kegiatan jenis keripik pas belajar mengajar) KBM. Biasanya Kenapa makan Biasanya makan itu karena laper. mereka sengaja pas KBM? apa pas KBM? ”Aku sering laper beli pas istirahat (2 tertinggi) di kelas, makanya buat persediaan pas Cemilan (Keripik dll) Laper cuy aku makan aja. Yah jam pelajaran. ”Aku 56,2 % 36,3 % colong-colong lah.. emang udah nyetok Permen Pengen aja ada tantangannya sendbuat jam pelajaran guru 29,2 % 32,3 % iri makan di kelas,” katyang nge BT in,” terang anya penuh semangat. Kevin. Ternyata alesan Titus yang suka Yah... walopun kalo ketahuan laper di kelas didukung ama 36,3 persen kena omel guru, Kevin tetep cuek aja. responIn. Yah...maklum, pelajaran yang sulit ”Yah.. palingan gurunya cuma gertak sambal cukup menyita pikiran dan tenaga responIn. doang suruh nraktir sekelas, ” jelasnya.

JUMLAH RESPONDEN

Total responIn 300 pelajar SMA/ se-derajat Di Kota Jogjakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%

USIA

Bersikap cuek juga diperlihatkan 39,4 persen responIn yang makan pas KBM . ”Rasa takut itu ilang karena udah jadi kebiasaan,” jelas Kevin. Di sisi lain ada 29,2 persen responIn yang milih permen sebagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi pas KBM. He...he... benda yang rasanya macem-macem ini emang jadi penghibur di kala bosen di kelas. Tinggal buka bungkusnya terus diemut aja enggak perlu ngunyah. Makanya banyak responIn yang seneng ama benda kecil ini. Temen kita, Poernama Syafari dari SMAN 1 Depok punya pengalaman menarik tentang permen dan KBM. Dia pernah makan permen pas KBM en pas ditunjuk ama guru maju presentasi tu permen malah meluncur keluar dari mulut. ”Pas makan permen aku mendadak ditunjuk ama guru. Ya majulah aku ke depan kelas. Eh... pas lagi mau ngomong malah permennya mencolot keluar,” beber cowok penggemar film action ini. Emang makan pas KBM itu banyak pengalaman seru kayak yang dialami Poernama. Kalo soal angka, yang mengejutkan adalah 47,1 persen responIn ngaku makan di kelas udah jadi kesukaan. (sha)

15 - 16 tahun 58,7% 17 - 19 tahun 41,3%

Metode Penelitian: Simple Random Sampling Toleransi Kesalahan: 2 % Instrumen Polling: Kuisoner Open Close Question

Obat Anti Kantuk saat Guru Paling Killer Dra. Endah Budiastuti Wakil Kepala Sekolah SMA Stella Duce 2 Jogja

Perlu Kedewasaan Siswa SEHARUSNYA saat pelajaran itu waktunya untuk konsentrasi terhadap pelajaran yang sedang diberikan. Namun, ada aja perilaku siswa pas menyemak atau mengikuti jalannya pelajaran sekolah. Ada yang malah rame, ngobrol sama teman semeja atau temen yang lain, ada juga yang malah main handphone, atau malahan ada yang nyemak pelajaran sambil nyemil atau bahkan makan. Perilaku ”nyambi” saat menyemak pelajaran, otomatis konsentrasi terhadap pelajaran yang sedang diberikan oleh guru jadi terbagi. Dengan itu, daya serap ilmu yang sedang di berikan guru tidak semua bisa dipahami, atau bahkan malah enggak paham sama sekali karena sibuk dengan kegiatan keduanya tadi. Selain tidak sopan, pada forum resmi seperti saat pelajaran seharusnya saling menghormati antara guru yang memberikan pelajaran dengan siswa yang diajar. Untuk itu, perlu kedewasaan sendiri dari siswa buat bisa mengatur waktu. Pihak sekolah menyediakan waktu istirahat jam pelajaran, bisa dimanfaatkan untuk makan dan lain-lain sehingga pas jam istirahat habis, waktunya untuk kembali konsen belajar. Namun, ada pengecualian bagi siswa atau siswi yang punya penyakit maag atau lainya yang mengharuskan dia makan atau mengisi perut dengan makanan. Tapi, harus disertai izin guru yang bersangkutan. (per)

INTENSITAS aku makan pas pelajaran bisa dibilang lumayan sering. Eits! Ngemil di dalem kelas bagiku bukan tanpa alesan, dab. Aku ngemil buat ngehindar dari rasa kantuk yang seringkali nyerang saat pelajaran. I sometimes couldn’t resist with that sleepy attack. Khan aku udah kelas XII, jadi mau enggak mau kudu tetep fokus ama pelajaran. Tsahhh.. Paling sering tuh pas pelajaran ekonomi. Bukan apa-apa ya, tapi aku bener-bener enggak mau ampe ketiduran pas pelajaran. Alesannya: pertama, gurunya killer. Kedua, gurunya killer. Ketiga, gurunya killer. Intinya, guru ekonomi adalah guru paling killer kalo dibanding guru-guru kelas tiga yang lain. Amit-amitlah kalo ampe ketiduran di pelajaran ini. Nah.. aku udah nemu cara jitu buat ngusir kantuk. Cuman caranya emang rada nyeleneh dan enggak sopan: ngemil makanan pedes biar tetep melek! Pernah suatu hari aku udah ngantuk banget pas pergantian pelajaran. Aku udah pasang ancang-ancang buat nyobek kemasan camilan keripik pedesku dan mulai memasukkannya ke mulut. Nyam! Enak banget deh kripik pedes favoritku ini. Tapi tiba-tiba.. ”Radika,

habiskan makananmu di luar kelas kalau kamu masih minat ikut pelajaran saya!” kata Bu Lilik, guru Ekonomiku. Astaga sejak kapan beliau ada di meja guru? Kenapa aku enggak sadar beliau udah nongol di sana sejak tadi? Akhirnya aku keluar kelas. Bukannya ngabisin, kripiknya malah aku buang. Takut plus enggak enak hati ama gurunya. Lagian.. stock di laci masih buanyakkk!! Muahahaha.. no worries lah makanya. Setelah kejadian itu, aku mulai lebih waspada. Kalo mau melahap keripik, harus mastiin gurunya lagi ngawasin apa enggak. Enggak lucu aja kalo aku diusir dari kelas dua kali gara-gara kesalahan sama. Ato enggak, aku izin ke kamar mandi bentar, buat melahap setengah kemasan keripik dan balik ke kelas

SMAN 2 Bantul

SMAN 4 Jogja Para siswi SMAN 4 Jogja ini juga enggak mau ketinggalan untuk memeriahkan berbagai kegiatan yang dikemas oleh indikasi. Bahkan, satu di antaranya juga ikutan ngedukung jadi foto model indikasi. Yang mana ya anaknya?

Teman-teman tim basket SMAN 2 Bantul beberapa waktu lalu asyik nongkrongi indikasi corner. Mereka nitip salam buat pecinta Indikasi dan berharap bisa memeriahkan Honda DBL 2010 DI Jogjakarta Series.

dengan segar. Kalo pelajaran lain aku ngemilnya kalo lagi emang pengen aja. Kadang kalo udah fokus banget malah enggak bisa ngemil, soalnya khan fokus nyatet dan fokus mikir. Palingan makan kalo emang ada temen yang lagi makan juga. Oh iya, ada temen sekelasku namanya Rindi, yang juga anak basket. Dia tuh jualan camilan gitu. Sebagian dititipin kantin, sebagian dititipin koperasi sekolah, dan sebagian lagi.. nyetok buat anak-anak di kelas. Jadi.. nggak usah khawatir keabisan stock keripik

Radika Tri Dewa

pedes pas pelajaran deh. Pas kelas XI dulu, malah ada guru yang ngebiarin kalo ada muridnya makan di kelas pas pelajaran. Guru pelajaran xxx, tepatnya. Yah.. wajar sih, soalnya beliau masih muda gitu. Ngerasa pernah ngalamin makan pas pelajaran juga kali ya? Katanya suatu hari, ”Daripada kalian rame, mending kalian boleh maem deh. Asal tetep fokus ama pelajaranya.” Ngomong-ngomong soal makan di dalem kelas pas pelajaran, aku pernah denger kalo di Belanda itu ternyata dianggap normal-normal aja, meski di Indonesia dianggap melanggar ato enggak sopan. Sebagian besar muridnya malah bawa bekal semacem pisang, cokelat, atau apel. Soal minum? Mereka cuman bawa botol minum aja, soalnya ntar bisa diisi lewat wastafel sekolah. Malahan di Belanda juga menganjurkan buat bawa bekal makan dan minum kalo lagi sekolah dan ujian biar nambah energi siswa yang lagi belajar ato ujian. You guys can compare that system with our system. Makan pas pelajaran itu boleh apa enggak? Which one is better? (arm)

Juara I Popnas 2009 Taekwondo Poom Sae Beregu Putra


JOG 2903 HAL 24 PROOF