Issuu on Google+

24

RADAR JOGJA

MENDING BUAT BELANJA AJA..... ASOY TUH....

Shavira Amanda Muhandri Kelas XI IPA SMAN 3 Jogja

SORI CELENGANKU

Nabung itu penting banget, biasanya aku nabung di bank. Duitnya aku pake kalo lagi ada yang aku pengenin banget. Misalnya lagi kepengen tas tapi mahal banget harganya, daripada nyusahin orang tua jadi beli pake tabungan sendiri dooong.

BUTUH DUIT NIH!

Michael Juan Kelas XI S3 SMAN 11 Jogja

Pentinglah, aku kalo nabung di bank. Kebetulan aku sering manggung en ikut lomba-lomba band, nanti uang hasil ngeband ama hadiah lomba-lomba biar enggak boros aku masukin bank. Duit tabungannya entar buat macem-macem lah, bayar spp, beli buku, ngedate, beli aksesoris motor, dan lainnya.

Aisyah Ferra Anggraini Kelas XI IPA 3 SMAN 10 Jogja

Nabung menurut aku penting, kalo enggak nabung mana bisa kita ada uang cadangan kalo ada perlu mendadak. Aku sih biasanya nabung nitip ama orang tua, nabungnya nominalnya belom terlalu banyak sih, hehe. Uang tabungan sering aku pake buat keperluan aku aja ama keperluan mendadak.

DARA PAVITA PRIMA DAN ELVIA NETRASARI (SMAN 6 JOGJA) | FOTOGRAFER : ADIMULYA GATOT ADIATMA (UII) | GRAFIS : HERPRI KARTUN

Lomba Nabung Lawan Adik NABUNG itu usaha buat menghargai uang dengan cara menyimpannya. Nyimpannya bisa di bank, dititipin ortu, ato di celengan yang dikelola sendiri. Menurutku nabung itu banyak banget manfaatnya, selain bisa buat masa depan, dari nabung bisa juga memenuhi kebutuhan mendadak, misal tiba-tiba butuh uang buat keperluan sekolah, khan bisa ditutup dengan tabungan. Dari kecil aku udah diajarin nabung ama ortu, terutama mama. Dulu awalnya nabung uang recehan sisa-sisa uang jajan. Pas itu nabung sendiri pake celengan yang disimpen di kamarku. Kalo aktif nabung ya mulai awal masuk asrama atlet. Alasannya kalo di asrama harus bisa hidup mandiri, jadi buat hemat biaya ya harus pinter-pinter ngatur uang sekalian nabung. O iya, nabung juga bisa bikin kepuasan tersendiri lho. Maksudnya, kalo kita nabung, sebagian besar kita udah meren-

JENIS KELAMIN

COWOK 36.4% CEWEK 63.6%

Levina Febiola Vistalita, XA SMAN 1 Banguntapan. Peraih 3 perak Popnas 2009, 3 emas, 2 perak, 2 perunggu Antar PPLP se-Indonesia cabang Panahan.

canakan nantinya uang tabungan itu mau buat apa. Dan jika kita bisa mewujudkan itu, waah rasanya bakal puas banget. Sekarang kebiasaan nabungku dari hasilhasil kejuaraan. Misal habis dapet medali, pasti dapet uang juga. Dari hasil keringat itu uangnya aku kasih mama buat ditabung. Biasanya uangnya aku pake buat beli alat

JUMLAH RESPONDEN

Total responIn 300 pelajar SMA/ se-derajat Di Kota Jogjakarta

panahan yang harganya mahal. Tapi aku seneng bin puas bisa beli alat panahan pakek duit aku sendiri. Kebiasaan nabung yang diajarin ortu aku juga berlaku buat adikku cowok. Jadi kita pernah lomba nabung dan itu yang bikin ide papa. Tujuannya sih untuk narik minat adikku biar ngikut jejakku jadi atlet panahan. Tapi ternyata gagal, adikku tetep kekeh menggapai cita-cita jadi pemain bola dan uang hasil tabungannya dibelikan peralatan bola. Namun, di balik itu pelajaran nabung yang diajarin keluargaku bisa belajar banyak. Pertama buat kita harus berusaha dan berjuang buat mewujudkan mau kita, enggak bisa secara instant yang tiba-tiba langsung ada. Selain itu, nabung juga ngajarin kita untuk sabar dan tahan godaan tiap saat muncul. Alhasil, dari nabung kita bisa mendapatkan banyak hal dan pelajaran. (per)

PENDIDIKAN

SMA 100%

USIA

15 - 16 tahun 55% 17 - 19 tahun 45%

METODE PENELITIAN: SIMPLE RANDOM SAMPLING | TOLERANSI KESALAHAN: 2 % | INSTRUMEN POLLING: KUISONER OPEN CLOSE QUESTION

Sisihkan Uang Jajan Mingguan KEBIASAAN menabung harus dimulai sejak dini, anak-anak, karena rekening anak-anak berbeda peran orang tua untuk mengembangkan kebiasaan dengan rekening tabungan orang dewasa, apabila menabung sangat diperlukan. Apalagi mengenalkan menggunakan rekening orang dewasa biaya bank bank sebagai tempat yang tepat untuk nabung dan bisa cepat mengikis uang yang ditabung anak. nyimpan uang. Untuk memperkenalkan bank ke anak, Banyak keuntungan yang kita dapat dari menasebelumnya atur lebih dulu pola menabung anak bung di bank. Dengan menabung di bank dapat dengan menyisihkan uang jajan mereka tiap minggu memperkecil hilangnya uang karena dicuri, karena atau bulanan. Kemudian buat rencana untuk menymenabung di bank dapat menjamin keamanan etorkan uang simpanan mereka ke bank dan buat uang si penabung. Untuk mengambil uang di bank Ekky Kurniawan pengarahan, bahwa bank adalah tempat tepat untuk biasanya harus menunjukan tanda pengenal, Marketing/AO BANK membantu menyimpan uang mereka secara benar. sehingga tak bisa sembarangan orang mengambil Gunakan buku tabungan, dengan buku tabungan uang di tabungan kita. Menabung di bank juga bisa anak bisa melihat setiap penyetoran dan penarikan yang terjadi. nambah besarnya uang di tabungan, karena ada bunga bank. Hal seperti ini akan membuat si anak meningkatkan pengetaDan tentunya efisien, kartu ATM juga mempermudah ambil uang huannya akan proses menabung di bank, sehingga mereka dapat dimana saja. Dan tidak hanya mengambil uang saja, tapi bisa mengetahui pertambahan jumlah dana yang mereka tabung. untuk mentransfer uang, mempermudah transaksi, dan masih Dan jangan sampai lupa gunakan rekening tabungan khusus banyak kemudahan lainnya. (adiatma)

Senin Kliwon 21 Juni 2010

Nabung di Jok Motor SISIHKAN uang jajan buat ditabung emang gampang teorinya, tapi prakteknya ternyata emang enggak mudah. Ada aja cobaan buat ngabisin uang jajan. Tapi kalo mau ya bisa aja dilakoni... Anita Rizmaya siswi SMKN 1 Bantul ngaku enggak penah bisa nabung soalnya hobi banget modifikasi sepeda. ”Aku enggak tahan kalo sepedaku jelek. Ada uang dikit aku langsung ngecat ato pasang onderdil,” tegas anak kelas X ini. Cewek yang biasa dipanggil Anita ini pernah nyoba nabung waktu SD, tapi selalu gagal. ”Tabungan ayamku penuh, tapi takcuthiki jadi enggak pernah mecah celengan,” ujar penggemar BMX ini. Menurut ortunya, Anita tu anak yang enggak bisa nabung. ”Aku dulu pernah minta uang saku selama seminggu, tapi langsung abis. Makanya sekarang aku minta tiap butuh aja,” tegasnya. Ada lagi pengalaman nabung seru versi Elsa Sintya Dewi dari SMAN 1 Kasihan Bantul. Cewek yang sering disapa Elsa ini ngaku kalo jok motor jadi tempat dia nabung. ”Uang receh kalo enggak lima ribuan biasa aku taruh di jok motor. Biar kalo ada apa-apa gampang,” tegas cewek penggemar soul-id ini. Elsa ngungkapin kebiasaanya nabung dilakuin buat jagajaga kalo ortu lagi enggak ada uang. ”Walopun susah, tetep aku jalanin. Aku bakal enggak punya uang bener kalo ortu lagi minim uang,” jelasnya.

Apa kamu suka menabung?

Emang yang dilakuin Elsa terkesan ”menyelamatkan” diri sendiri, tapi mau gimana lagi biar bisa tetep jajan di skul ato beli sepatu or baju. Gara-gara nabung, Hanum Putri dari SMAN 7 bisa dapet sepeda. Kejadiannya pas kelas 4 SD. Hanum ngerengek minta sepeda ke ortunya dan tanpa pikir panjang ortu langsung ngasih. ”Sebenernya waktu itu aku enggak sadar kalo sepeda itu dari tabunganku. Tibatiba mama bilang sepeda itu dibeli dari tabungan yang aku titipin ke mama. Hem....ama aja judulnya,” terang cewek yang demen nongkrong di taman kota. Sampai sekarang Hanum tetep sering nabung walopun cuma recehan atau diselipin di dompet. ”Buat jaga-jaga kalo uangku abis,” tegasnya. Pengalaman Retna Kumala Sari beda lagi. Siswi SMAN 1 Banguntapan Bantul ini ngungkapin kalo nabung itu penting, tapi dia enggak biasa nabung. ”Nabung itu sama aja buat masa depan, tapi aku enggak suka nabung, soalnya enggak bisa nyimpen uang dengan baik,” jelasnya. Retna jadiin amplop en tumpukan baju buat tempat nabung. ”Biar aku lupa makanya aku taruh situ. Buat kebutuhan mendadak,” ujarnya. Yep! Semua hal yang dilakukan responIn ada benernya. Emang anak SMA masih susah banget punya tabungan, tetapi dengan nyelipin uang dimanamana. (sha/eza)

Pengaruh nabung buat kamu? (2 tertinggi) Ada duit pas butuh mendadak 35,2% Bangga bisa beli pakai duit sendiri 10,3%

Alasan kamu nabung? Pengen beli sesuatu Lagi ada duit aja

40,7% 20,5%


JOG 2106 HAL 24 PROOF