Issuu on Google+

24

RADAR JOGJA

in-voice

Dwi Heri Supriyadi 2GB1 Stemsa Jogja

hem….. nyontek? jujur aja aku emang sering nglakuin. Seperti hal itu udah jadi kebiasaan anak muda jaman sekarang. Kalo dah kepepet en gak belajar, aku langsung andalin contekan. Nyontek.. jadi makanan sehari-hari buat anak muda...ha..ha…”

Nyontek itu hal biasa banged di kalangan anak sma. Udah jadi tren, kalo nggak ngikutin kebiasaan temen ntar diejek. Emang sebenernya nyontek itu nggak ada manfaatnya. Siva Alfaresa Yah..tapi mau gimana Xii Is 5 Muhammadiyah lagi. Udah sering 2 Jogja banget nyontek. Kalo berhasil nyontek di pelajaran guru killer rasanya lega banget.”

Muh. Robbi Rafsanjani Xi ips 2 Muhammadiyah 1 Jogja

Senin Legi 18 Mei 2009

Perasaan Setelah Mencontek? (2 tertinggi)

Nyesel

54,3 %

Bangga

25,6 %

Mencontek itu wajar nggak? Wajar

76,7 %

Nggak lah

23,3 %

MODEL : PELAJAR : FITRIZHA RACHMADEA GENTA DAN RESTY ARMENIA GURU : SAFITTA QHOULIA GONTA FOTOGRAFER : M. SYUKRON GRAFIS : HERPRI

Nyontek itu salah satu perbuatan tercela. he..he.. he… walopun udah biasa banget, tapi sebenernya nggak baik. Pertama kali nyontek pas SMP, dan itu berlanjut ampe sekarang. Yah…jangan nyontek deh kalo bisa. Mending nyontekin, ha..ha..ha…”

in-talk Nyontek Krisis Percaya Diri Anak sekarang cenderung tak mau kerja. Mereka mengalami krisis percaya diri, ketika sedang mengerjakan ulangan. kemajuan teknologi ikut ambil bagian dalam kecenderungan mencontek. Teknologi maju membuat anak malas belajar. Ini yang membuat anak sekarang nggampangke pelajaran. Kemampuan mereka untuk berjuang masih kurang. Jalan pintas melihat jawaban teman menjadi favorit. Sebaiknya pihak sekolah melakukan antisipasi lebih lanjut. Misalnya dibuat gerakan anti mencontek. Siswa/I yang ketahuan nyontek langsung diambil kertasnya. Setelah itu mereka harus ngulang pekerjaanya. Pendekatan dengan orang tua murid sangat perlu. (sha) Giwatsih TS - Guru BK SMAN 5 Jogja.

ABIS nyontek, ternyata banyak hal yang muncul dan dirasakan ama pelakunya. Ngerasa berdosa, bangga, or puas. Kru Indikasi ngebuktiin gimana perasaan para responIn setelah nyontek. Dari 250 responIn yang ngasih opini, nyebutin kalo kebanyakan (54,3 persen) nyesel setelah nyontek. ”Aku benernya nyesel kalo nyontek. Gimana enggak, seharusnya aku bisa ngerjain sendiri malah nyontek,” keluh Yodito Nugrahacky dari SMA 6 Kelas xi IPS 1. Bener juga seh, nyontek itu cuman jalan pintas. Gak ngasih sesuatu yang special buat otak kita. ”Yah...gimana ya....nyontek itu sbenernya buat aku malu juga. Apalagi kalo dapet bagus, nyesel aku ngerasa bukan hasilku sendiri,” imbuh Clara Tabitha Kelas Xi IPS SMA Stelladuce 1 Jogja. Emang bener apa yang diungkapin mereka berdua, nyontek cuma ngasih rasa sesal yang mendalam. Jangan ampe kita jadiin nyontek andalan kita. Eeits... jangan salah dulu, di balik penyesalan mereka juga tersirat rasa bangga. Kebanggaan itu muncul kalo yang mereka perjuangan itu berhasil. Yah.. cuman dikit seh (25,6 persen) respon-In yang ngerasa bangga ama kejahatanya. ”Ada kemungkinan bener seh kalo nyontek. he..he... makanya nyontek is de best,”

Tak Selamanya Nyontek itu Indah PERNAH kebayang nggak? Pas ujian, tiba-tiba otak kita blank and nggak bisa ngejawab soal yang ada di depan kita. Truz yang jaga ruang ujian pasang muka garang pula, bikin tambah sebel aja, so lengkaplah penderitaan kita dan bersiaplah senam leher dan senam mata untuk copy paste jawaban, atau lebih akrab disebut dengan mencontek. Beuuhh, nyontek, nggak banget deh!!! Apakah mencontek masih jadi shortcut responIn ketika mereka nggak punya inspirasi buat ngejawab soal ujian? Apa yang ngebuat responIn melakukan hal “tabu” itu? Kira-kira responIn nyontek pas UTS (Ujian Tengah Semester) atau UAS (Ujian Akhir Semester) ya? Mau tau jawabnya, mari kita simak baik–baik hasil penelusuran kru indikasi dan beberapa pendapat responIn soal mencontek. Hmmm... ternyata 89,2 persen responIn ngaku pernah nyontek pas ujian, nggak takut kepergok ama guide room alias penjaga ruangan? he...he...he.. truz 65 persen responIn ngaku, susahnya pelajaran yang akan

ujar Koko Prasetya dari SMK 2 Jogja. Nyontek bakal seru kalo yang nunggu pas guru killer. ”Puas banget kalo bisa nyontek pas guru killer. Rasanya kayak abis ngindarin rintangan paling berat. ha..ha..ha...,”imbuh Hermas Aditya dari SMA 7. Tampaknya, nyontek itu jadi sesuatu yang wajar. Kebanyakan responIn (76,7 persen) ngomong kalo nyotek itu udah wajar banget. Nyontek udah dilakuin setiap saat, en setiap waktu. Ada kesempatan nyontek pasti dilakuin. ”Wajar banget lah nyontek itu. Udah lengket banget ama anak-anak sekolah,” kata Rahmindya Anung dari SMA N 8. Banyaknya tugas en ulangan ngebuat

diujikan ngebuat mereka gerah dan gelisah, sehingga harus rela nyontek jawaban temen. Rr. Ardhiana (17) dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja punya cerita seputar contek mencotek. Selain pernah nyontek, ternyata dia juga jadi tumpuan temen-temen sekelas untuk berbagi hasil jawabannya. “Kalo nyontek, pasti semua pernah ngelakuin, termasuk aku, tanpa bermaksud nyombong and sedikit narsis nih, temen-temenku juga sering loh nyontek ke aku pas ujian, bisa dibilang aku yang paling pinter di kelas, coz anak pinter lainnya beda kelas ama aku, ” kisahnya. Sama halnya Rahmindya Anung (16) siswi SMA Negeri 8 Jogja yang juga pernah mencontek pas ujian, “Wah nyontek kayaknya uda jadi hal biasa buat kita semua, kayaknya uda membudaya gitu deh buat anak-anak sekolah, mulai dari SD ampe SMA pasti pernah nyontek, ha..ha..ha.., “ ujarnya seraya tertawa. Kalo Anung dan Nana berada di kubu pencontek, beda lagi ama Isti Radhista (15) dari SMA Negeri 1

Teladan Jogja. Gadis yang biasa dipanggil Isti ini malah nggak pernah nyontek, beuuhhh pasti uda pinter and rajin belajar nie anak. “Rugi banget kan kalo nyontek, toh belum tentu jawaban temen kita bener, mending belajar aja biar kita juga dapet ilmu, jadi kita nggak perlu susahsusah nyontek lagi,” terangya. Bener juga tuh apa yang diomongin Isti, kayaknya mending kita belajar aja deh daripada capek-capek nyontek. Nah, moment yang paling pas buat nyontek tuh pas UTS or UAS ya? Kayaknya semua moment bisa pas deh kalo soal nyontek menyontek, he… he… he... Mayoritas ( 59,2 persen ) responIn milih nyontek pas UAS, teruz 40,8 persen milih nyontek pas UTS. Seperti yang diutarakan Hermas Aditya (18) dari SMA Negeri 7 Jogja. “Kalo aku biasa nyontek pas UAS. Kan UAS itu faktor penentu buat kita naik kelas, tapi aku juga belajar, nyontek aku lakuin pas mentok and bener-bener nggak bisa ngejawab soal ujian,” ujarnya. (had)

jalan pintas lebih disenengin. Walopun ada 23,3 persen responIn yang ngomong nyontek itu nggak wajar. ”Buat aku, nyontek itu nggak wajar. Kita bisa berusaha sendiri, kenapa malah nyontek. Kayak nggak PD aja ama kemampuan,” kesan Isti Radhista dari SMAN 1 kelas X. Nyontek ato enggak, sebenernya tergantung ama diri kita. Di satu sisi kita butuh jawaban bener, tapi kita nggak belajar, akhirnya nyontek. Baiknya, sekarang diubah cara mikirnya, ngasih yang terbaik buat ke depan. Jangan cuman instan. (sha)

NYONTEK udah jadi tradisi mendarah ulangan. Itu semua biar gurunya nggak daging buat siswa di Indonesia. Bahkan, ada ngapalin ‘sandi’ kita. Jahaha.. udah motto ‘’kalo nggak nyontek, namanya bukan mirip mafia ya? anak sekolah.’’ Beuhh.. sampe segitunya Pasti kalian bertanya-tanya, gimana nyontek memengaruhi idupnya generasi kalo yang jaga gurunya killer banget? penerus bangsa, ck..ck..ck.. sok alim ya? Gimana kalo pas ulangan nggak boleh he..he..he.. ngeluarin suara apapun sampe suara Jangan salah, man! Aku dulu juga kentut pun kudu diredam? Gampang, sering nyontek. Aku mulai sadar trik-trik bung! Kita ganti sandi nat-nit-nut-netnyontek itu pas kelas satu SMA. Cara not dengan sandi gestur tangan. Jadi nyonteknya sih standar banget yah. Dari organ tubuh yang ada di sekitar kepala nulis di kertas kecil dengan tulisan super kan selalu punya dua sisi, contohnya minimalis, terus ditaroh di kaos kaki, mata kan punya dua, sisi kanan dan kiri. Tendra – bassist Gruvi sms-an ama temen yang duduknya jauh, Nah alis mata kanan itu untuk nanyain dan nengok kanan-kiri untuk temen-temen yang duduknya soal nomer satu, mata kanan untuk soal nomer dua, hidung deketan ama aku. kanan untuk soal nomer tiga, telinga kanan untuk soal nomer Barulah kelas dua SMA aku mulai mahir nyontek. Aku jadi empat, last bahu kanan untuk nomer lima. Lalu untuk nomer playmaker buat contekan anak-anak sekelas. Jadi aku pilih enam sampe sepuluh di organ sebelah kiri. Untuk jawaban, temenku yang jago banget dalam pelajaran itu dan cuma dia kembali ke struktur awal. Jawaban A itu alis mata sebelah yang boleh ngasih jawaban, yang lain nggak boleh. kanan, B itu mata sebelah kanan, de es te. Ntar kalo hasilnya bagus kita patungan buat Tapi nggak selamanya aku nyontek, cing! traktir dia makan. Aku bikin bahasa sendiri, Pas kelas tiga aku ngebut belajar sebagai yang ternyata efektif banget buat nyontekin bentuk usaha untuk bisa menaklukkan anak-anak pas soal pilihan ganda. soal-soal apa aja yang ada. Kan udah mau Aku ambil suku kata dan diganti dengan natlulus. Lagian bosen ah dapet nilai bagus. Terus nit-nut-net-not. Misalnya nat-nut, untuk nanyain soal nomer satu pengen ditanyain juga sekali-sekali, masa terus-terusan aku (dari suku kata sa-tu), lalu nut-nat untuk soal nomer dua, dan yang nanya. Mungkin aku udah nemuin ‘titik jenuh’ dalam seterusnya. Trus jawabannya, kalo jawaban A itu nat-nut, B itu menyontek. Hehehe.. nut-nat, dan seterusnya. Dan itu semua jalan lancar, sodaraSaran dan kritik untuk para pencontek di seluruh dunia, kalo sodara! Kebetulan kelasku kompak banget, ha..ha..ha..ha.. nyontek jangan nanggung-naggung. Sekalian yang invisible, Lalu bagaimana hasilnya?? Jangan ditanya. Hasilnya dab! Terus kalo nyontek jangan nyontek plek jawaban tepada bagus semua! Nilainya seragam sekelas. Sejak itu menmu itu, kan kasian temenmu udah berdarah-darah mikir, aku dan temen sebangku, yang aku angkat jadi partner in eh kalian cuma ngebet doang. Nyontek sesuai kebutuhanlah crime, mulai bikin ‘sandi-sandi’ baru yang selalu beda tiap intinya. Hehehe.. Setuju ndak? (arm)

Pernah Nyontek pas Ujian? Pernah

89,2 %

Nggak Pernah

10,8 %

Kenapa Nyontek? (2 tertinggi) Pelajarannya Susah 89,2 % Ga Pede

10,8 %

Biasa Nyontek Ketika Apa? UAS (Ujian Akhir Semester)

59,2 %

UTS (Ujian Tengah 40,8 % Semester)

PROFIL Jenis Kelamin Cowok Cewek

50 % 50 %

Jumlah Responden 250 pelajar SMA di kota Jogja

Pendidikan SMA 100 %

Usia 15 - 16 17 - 18

50 % 50 %

METODE PENELITIAN : SIMPLE RANDOM SAMPLING TOLERANSI KESALAHAN : 2 % INSTRUMEN POLLING : KUISONER OPEN CLOSE QUESTION


Edisi Kesembilan