Page 1

24

RADAR JOGJA

Buat aku, tahun baru aku jadi in waktu buat buka lembaran baru. Kejadian-kejadian tah un kemaren dijadikan pengala man dan berusaha jadi pribadi yang lebih baik.

Tahun baru biasanya di rumah aja. Kumpul bareng ama keluarga yang emang tiap tah un kayak gitu. Tahun baru den gan sem ang at bar u, mo ga- mo ga tahun besok aku bisa jadi lebih baik lagi.

NGGAK kerasa angka-angka temen ngadain pesta di tempat di kalender 2009 nyaris kita khusus ato ada juga lho yang lahap abis. Yang kesisa tinggal ngadain renungan segala. beberapa angka lagi, setelah “Malem tahun baru besok aku itu kalender kita tutup, ganti niat nginep di villa di daerah lembaran baru lagi. Ya....tiga Kaliurang. Tapi masih belum hari mendatang adalah akhir pasti juga sih, entah di villa ato dari tahun 2009. Setelah itu kita di penginapan gitu. Di sana aku sambut tahun 2010. bareng abang dengan istri dan Dan biasanya, saat bergulirnya anak-anaknya. Biasanya juga detik-detik pergantian tahun ama temen-temen abangku juga. pada nglakuin aktiviKita udah rencanain mau tas masing-masing. Udah punya barbeque-an. Ya pesta Kayaknya sih, sedigitu deh, rencana kecil-kecilan kit banget dari kalian buat seneng-senenyang bakal ngelewatin ngerayain gan,” ujar Jasmine pergantian tahun itu tahun baru? Alvinia Savitri dari dengan tidur. SMA 8 Jogja ini. Udah dong! Nah, kalian pastinya Ya emang nggak 66.2 % dah punya rancangan Blum punya nih cuman di Kaliurang acara buat meriahin peraja sih tempat yang 33.8 % gantian tahun. Pastinya cocok buat ngadain akan banyak banget ragam acara pesta pergantian tahun. yang dilakuin. Makanya langsung Menurut Lila Nathania aja kita tengok agenda dan sikap dari SMA Stella Duce para responIn menyambut pergan- 1 Jogja, dia sih cuma tian tahun versi mereka. mau jalan-jalan keSalah satunya yaitu ngumpul luar rumah gitu. ama temen sambil makan-makan. “Paling aku baSetidaknya agenda itu udah ada reng ama sodi kalender Suci. Temen kita dari dara ke alunSMA Muhammadiyah 3 Jogja ini alun. Biasanya juga masih ngebukak pintu bagi kan di sana ada temennya yang mau ikutan lho. acara kembang “Sebenernya sih baru rencana, api, orangnya juga bareng ama temen-temen sekelas. pasti banyak en rame Ngumpul trus pastinya makan- banget. Wah bakal seru makan gitu deh. Siapa yang mau deh, ngggak sabar nugikut, ayo berangkat bareng,” jelas guinnya,” kata Lila penuh Suci Setyaningsih yang punya hobi semangat. nggambar ini. Ternyata 40 persen Selain Lila, 40 persen resresponIn punya agenda sama kayak ponIn lainnya juga punya Suci, yaitu ngerayain tahun baru acara sama, yaitu ngerayaain dengan ngumpul-ngumpul aja. pergantian tahun di tempat Sementara dari 300 an responIn, terbuka di jalan raya, pan31,1 persen nya punya acara lain. tai, atau alun-alun. Apa aja ya...? Cus ada muter-muTapi emang nggak seter, ngumpul ama keluarga, bareng muanya suka yang kayak

JENIS KELAMIN COWOK 41,2% | CEWEK 58,8%

JUMLAH RESPONDEN Total responIn 300 pelajar SMA/se-derajat Di Kota Jogjakarta

gitu sih. Karena 35,6 persen responIn lebih milih ngerayain tahun barunya di rumah. Bisa bareng keluarga, gitu katanya. “Aku tiap tahun baru nggak pernah kemana-mana, aku ngerayainnya bareng ama keluarga dirumah aja. Emang hampir riap ngerayain tahun baruan, a k u

dan keluarga selalu berkumpul. Soalnya kita jarang banget ngumpul bareng satu keluarga,” jelas Wahdanian Devi Susanti dari MAN 2 Jogja. Dan ternyata temen-temen nglakuin aneka macam acara itu

nggak sekadar cuman mau hurahura aja, tapi ada juga responIn yang memaknai saat-saat itu sebagai saat tepat untuk melakukan perubahan atau peningkatan. “Di tahun yang baru, kita harus

Senin Kliwon 28 Desember 2009

Tah un bar u itu wak tun ya mengoreksi diri. Kesalahankesalahan apa yang udah terja di di perbaiki di tahun besok, pas banget ama semangat baru. Tahun baru ini aku mau liat kon ser musik di alun-alun utara, keb etulan rumahku deket situ.

punya semangat hidup yang baru juga, dengan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Semua hal-hal baru harus dibuat lebih baik,” ujar Yoshi Prasetya dari SMAN 1 Depok yang gemar main bola ini. (eza)

Dimana rencana kamu ngerayain tahun baru? Jalan raya, pantai, alunalun, pokoknya tempattempat terbuka lah Rumah atau Villa

40 %

35.6 %

Gimana rencana kamu ngerayain tahun baru? Kumpul-kumpul aja 40 % Pesta-pesta cuy! 31.1 %

PENDIDIKAN SMA 100% MODEL : INSAN TAWAKAL, RIZAL NOVIANTO (SMA MUHAMMADIYA 1 JOGJA), EVRIZA ANAS, FOTOGRAFER : NADIA PINANDITA GRAFIS : HERPRI KARTUN

USIA 15 - 16 tahun 17 - 19 tahun

61,3% 38,7%

Metode Penelitian: Simple Random Sampling | Toleransi Kesalahan: 2 % | Instrumen Polling: Kuisoner Open Close Question

Waktu untuk Refleksikan Kekurangan Akhirnya Berdua Countdown di Dalam Mobil SEBENTAR lagi tahun baru datang, momentum yang hampir semua orang menyambutnya dengan suka cita, dengan berbagai kegiatan, baik bersamasama dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, temen ato sahabat, ato kekasih. Tahun baru adalah momen yang sangat pas untuk refleksi diri. Artinya kita harus mengintrospeksi kekurangan kita di tahun lalu untuk diperbaiki di tahun mendatang. Caranya adalah mengoreksi kesalahankesalahan kita baik terhadap diri sendiri maupun pada orang lain agar nantinya menjadi lebih baik lagi. Dari sisi event organizer, momentum tahun baru merupakan waktu yang sangat cocok untuk menarik massa. Karena pada saat tahun baru, kebanyakan orang melakukan kegiatan di luar rumah seperti jalan-jalan menikmati suasana malam pergantian tahun di pusat-pusat keramaian ataupun pergi ke

M. Iqbal kurniawan Direktur AIR Production

tempat-tempat wisata. Karena momen yang sangat pas, kemasan acara berkonsep acara hiburan dan harus bagus yang sesuai dengan sasaran pengunjung. Misalnya sasarannya anak-anak muda, acara di sesuaikan dengan ketertarikan atau hobi

yang sesuai dengan jiwa anak muda seperti malam tahun baru dikemas acara konser musik yang ditutup dengan kembang api di tempat-tempat yang ramai di pusat kota. Untuk perusahaan atau sponsor, momentum tahun baru digunakan untuk melaunching produk baru yang tujuannya menarik konsumen minimal tahu produk baru dan bisa berlanjut ke produk-produk yang lain. Acara yang diselenggarakan harus bertujuan positif untuk menghindari momentum tahun baru yang banyak di salah artikan ke kegiatan-kegiatan yang negatif seperti mabuk-mabukan atau lainnya. Inti dari tahun baru bukan sekedar hura-hura, tapi sebuah waktu untuk merefleksi kekurangan-kekurangan yang ada di diri kita. Tahun yang sudah berlalu dijadikan pembelajaran agar di tahun berikutnya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Dengan semangat baru, diperlukan inovasi-inovasi lain agar langkah ke depan semakin mudah. (per)

TAUN baru jadi salah satu momen yang pas buat dirayain. Nggak harus tiup terompet kenceng-kenceng, ngabisin uang cuman buat nyulut fireworks, ato malah konvoi di jalan ngabisin bensin. Ada banyak cara ngerayain taun baruan biar lebih meaningful kok. Entah itu kumpul bareng keluarga dan temen-tem e n , keliling kota, nongkrong di kafe ato bisa

Louise Anastasya Aktris

Saat ini lagi musimnya libur sekolah, namun saat Indikasi Squad ngunjungi SMK Piri 1 Jogja dan SMAN 8 Jogja mereka nggak langsung nitip salam buat para pembaca indikasi. ’’Selamat Tahun Baru, Sampai Jumpa di Tahun 2010’’ (gun) SMK Piri 1 Jogja

SMAN 8 Jogja

juga sleepover bareng sahabat. Ada cerita soal new year party nih. Beberapa tahun lalu, aku ama temen-temenku udah ngerencanain buat ngerayain new year party-an di sebuah hotel di Jakarta. Kebetulan salah satu temenku yang ngadain party itu, jadi dia ngajakin aku dan beberapa temen-temenku buat dateng juga. Udah bisa ketebak kalo acara itu bakal berlangsung rame dan seru banget, soalnya aku udah denger bakal ada apa aja di sana. Party berlangsung sejak petang. Ini nih masalahnya. Aku kudu syuting dan nyelesaiin beberapa kerjaan dulu, baru bisa nyusulin buat party. Dan ternyataaa.. kerjaanku baru kelar agak larut malam. Sampe dapet ribuan missedcall dan sms dari temen-temen. Well, berlebihan. Hehehe.. Selese syuting aku pulang ke rumah buat mandi dan siap-siap, sekalian nunggu jemputan temen deketku. Nggak sampe nunggu lama, beberapa menit kemudian

temen deketku dateng. Yesss! batinku. Jadi juga akhirnya taun baruan ama temen-temen. Dalam perjalanan, aku agak pesimis bisa nyampe hotel sebelum jam dua belas malem teng. Gimana nggak? Ini jalanan macet banget guys! Kayaknya orang se-Jakarta pada tumplek blek di jalanan. Udah gitu macetnya stuck gitu. Nggak bisa maju, mundur juga nggak. Membusuk deh kami berdua di dalem mobil. Kami udah doa biar macet (baca: neraka) ini bisa cepet berakhir, biar kami berdua nggak telat-telat banget dan tetep bisa ngikutin countdown di sana. Karena.. kenyataannya.. kami baru nyampe daerah Sudirman, readers! Tapi Tuhan nggak mengabulkan doaku saat itu, Dia berkehendak lain. Beberapa menit sebelum pergantian taun, aku tetep aja berkutat ama macet. Keadaan kayak gitu berlangsung ampe beberapa detik menjelang pergantian taun. Akhirnya, seperti dugaan kami, kami berdua countdown

di dalam mobil. Ngeliat kembang api juga dari dalam mobil. Beuhhh.. new year party pupus sudah. Hahaha.. sempet sebel banget ama macet. Tapi yahhh.. emang ditakdirin buat taun baruan di dalam mobil kayaknya. Buktinya jalanan udah agak terkendali sekitar jam setengah satu malam, dan otomatis kami nyampe hotel sekitar jam satu kurang dan acaranya udah ampir selese. Oh well. Sebenernya, aku termasuk orang yang nggak mewajibkan diri buat selalu ngerayain taun baruan. Kalo kebetulan ada yang ngajakin dan ada waktu, mungkin iya. However, sometimes I prefer chillin at home with my family than going to party. Mungkin lebih mikirin ke next year resolution kali ya. Soalnya, new year is not always talking about party and euphoria but also the forethought, I guess. Untuk pergantian taun dari 2009 ke 2010 yang bakal kita hadepin beberapa hari lagi ini aja, aku belum ngerencanain mau ngapain. Ada ide? Anyone? Hehehe.. (arm)

1228  

RADAR JOGJA Senin Kliwon 28 Desember 2009 Tahun baru biasan ya di rumah aja. Kumpu l bareng ama ke- luarga yang emang tiap tahun kayak gitu....