Issuu on Google+

12

RADAR JOGJA

Senin Pon 16 Maret 2009

CUAP-CUAP

Apa sih motivasi kalian punya Social Networking?

Nissa A Pilar

(2 tertinggi) Nambah temen dan Ngurangin musuh (cinta damai)

60 %

Alat komunikasi

20 %

SMA Muhammadiyah 1 Jogja

Nambah temen dan ngurangin musuh untuk cinta damai SIAPA bilang temen-temen SMA di Jogja hanya suka musuhan ama tawuran? hare gene tawuran ?!! Capcay day, he.. he..he.... Nambah temen dan ngurangin musuh (cinta damai) ternyata adalah hal yang paling disuka oleh responIn. Buktinya mereka yang punya Facebook, Friendster maupun Social Network dana lainnya, 60 persen di antara responIn mengaku punya tujuan baik, yakni buat nambah temen ama ngurangin musuh alias cinta damai cuy. Sedangkan 20 persen lainnya punya social networking yang dipake sebagai alat komunikasi, entah untuk komunikasi ama pacar, temen, ortu, pakdhe bahkan sampe eyang kakung.. “Sudah nggak zamannya musuh–musuhan, apalagi sampe tawuran segala, mumpung sekarang banyak fasilitas buat nambah temen. Apalagi sekarang kita udah bisa nambah temen lewat social networking napa nggak itu kita manfaatin,” ujar siswa SMA Muhammadiyah 1 Jogja Mochammad Robby Rafsonjani atau yang akrab lebih akrab dipanggil Oby Nying–Nying. Apa yang diomongin Oby Nying–Nying itu emang banyak benernya, mumpung banyak fasilitas buat nambah temen sebanyak–banyaknya, kenapa nggak kita manfaatin dengan baik dan benar. Sudah seharusnya kita cinta damai dan bersama kita bisa!!! Loh kok malah kayak slogan pemilu 2004? Farid yang siswa Budi Mulia Dua Jogja yantg juga pemain basket di DBL Radar Jogja 2009 menambahkan, bahwa nambah musuh itu mudah, tapi kalo nambah temen itu susah banget makanya nggak gampang kan punya banyak temen, buktinya kita kudu online dulu. (had)

Ngerti Social Networking nggak? Yo Ngerti lah.. Ora Dong!

94 % 6%

Punya Social Networking nggak? Punya 92,7 % Nggak punya e 7,3 %

Social Networking Favoritmu apa? (2 tertinggi)

Facebook Friendster

52,7 % 42 %

Kenapa jadi Favoritmu? (2 tertinggi)

Banyak temen yang punya

43,3 %

Tampilan menarik & 30,7 % gampang dimainin

Untung sekarang ada social networking, jadi bisa nambah banyak temen. Terus enaknya punya social networking kayak Facebook atau friendster, bisa ketemu ama temen-temen dari TK hingga SMA.”

Devi Umi P SMA Negeri 11 Jogja

Model

Awalnya sih pengen iseng aja bikin facebook, eh malah ketagihan. Dulu sering banget online pas masih belum sibuk banget di OSIS. Sekarang sibuk banget, jadinya FB-ku hampir tak terurus, aku sempet kaget aja pas kemaren buka FB-ku, banyak banget friend request nya, ada lebih 100 orang yang belum aku confirm, maaf buat yang belum aku confirm, coz capek banget mengconfirm satu persatu.”

: Ganis Rumpoko & Syukron BERCHMAN HEROE/RADAR JOGJA

Pasukan Abu-Abu Jogja dan Social Networking

Yuuk..Temanan di Dunia Maya WAOW…teknologi komunikasi semakin dahsyat aja menembus berbagai lini. Tak terkecuali kita-kita juga bisa manfaatin nya secara maksimal. Termasuk dalam membangun pola pertemanan yang tidak saja hanya dilakukan di dunia nyata. Tapi juga bisa berteman dan menjaga silaturahmi melalui dunia maya. Bahkan cara-cara itupun makin lama makin digandrungi banyak temen kita. Cara pertemanan yang lebih ngetren dengan sebutan Social Networking atau Jejaring Sosial itupun semakin banyak pilihannya. Ada Facebook, Friendster, My Space, dan masih banyak lagi lainnya.

Maka, sejauh mana cara itu disukai temen-temen Jogja dan fasilitas apa yang mereka pilih, semua itu disampaikan oleh temen-temen responIn (sebutan koresponden indikasi,Red). Dan sejauh mana pula tementemen kita yang masih duduk di bangku SMA mengenal dan memanfaatkannya? Ternyata dari 200 poling yang disebar khsusus untuk temen-temen SMA, 94 persen responIn ternyata sudah mengerti yang dimasud dengan social networking. Tapi yang punya atau menerapkan fasilitas itu cuman 92,7 persen. Jadi emang bener kalo ngerti itu nggak harus memiliki, he..he..he…

Nah, situs jejaring sosial yang paling banyak dikunjungin atau jadi favorit responIn adalah Facebook (52,7 persen) disusul Friendster (42 persen). Banyaknya temen–temen responIn yang punya Facebook menempatkan system pertemanan duni maya itu sebagai dolanan favorit mereka (43,3 persen), selain itu ada yang tertarik karena tampilannya menarik dan mudah dimaenin (30,7 persen) sehingga responIn jatuh hati ama yang namanya facebook atau yang akrab kita sebut dengan FB (bukan BF loh). Adanya fitur chating dan mudah nemuin temen juga membuat repsonIn betah banget

Perlu temen–temen tahu, kalo si empunya Facebook si Zuckerberg mendapatkan penghargaan dari Majalah Forbes sebagai miliuner ”self made” termuda di planet ini. Then saat ini ada lebih dari 175 juta pengguna aktif dengan berbagai fasilitas yang ada di Facebook, kini situs ini jadi situs keempat yang paling sering dikunjungi di dunia. Waow… Demam facebook ternyata tak hanya melanda temen–temen responIn, team Indi (sebutan wartawan Indikasi,Red) sebenernya juga lagi demam facebook juga loh, tiap di kantor mereka on-line terus sampe lupa diri (tapI nggak gila loh). (had)

maen FB, “Seru aja maenan FB, bisa chating dan gampang banget nemuin temen–temen yang belum jadi temenku di FB,“ ujar Yuda siswa SMA Negeri 11 Jogja. Lain halnya Yuda, Dhyana dari SMA Negeri 3 Padmanaba yang menyatakan suka maen Facebook karena FB itu katanya Dhayana bangeettttt. Loh koq gitu ?? “Aku itu anaknya cerewet, supel dan suka punya banyak temen makanya pas maenan FB aku ngerasa nemuin Dhyana,” seloroh gadis yang doyan online ini. Terus Dhyana bangetnya dimana?? kok nggak nyambung ya??

Awalnya Karena Merasa Penasaran SITUS-situs pertemanan emang lagi nge-hip banget. Mulai bocah, mahasiswa, pemuka agama, artis, caleg, bahkan presiden sekaliber Barrack Obama pun nggak mau ketinggalan bikin account di jejaringan sosial semacam Facebook, Friendster, Myspace, dan tementemennya. Begitu juga aku. Aku punya Facebook dan Friendster. Aku bikin account biasanya karena penasaran. Facebook itu kayak gimana sih kok pada diomongin sama temen-temen. Kalau Myspace kebetulan aku nggak punya. Aku biasanya online di mess, di rumah, atau di basecamp Letto pas break latian, atau pas lagi libur manggung, atau juga pas nggak tau mau ngapain. He..he.. he... Dulu, kan Friendster yang happening

banget, tapi kayaknya orang-orang udah pada boyongan massal ke Facebook. Mungkin karena tampilannya lebih simpel kali, ya dibanding Friendster yang semarak banget dengan gambar dan tulisan warna-warni gitu. Bagusnya di Facebook bisa ketemu teman lama, teman kuliah, teman band lain, dan teman yang di luar negeri. Malesnya, kalau udah pake ngarang-ngarang profile dengan foto atau nama palsu. Kalau Myspace biasanya aku cuman dengerin musik dari temanteman band indie yang sharing soal musiknya. Jadi itu semua tergantung sama orangnya ya, kita bisa manfaatin situs-situs pertemanan kayak gitu kalau bisa ya buat yang positif-positif aja. Buat komunikasi sama teman, keluarga, saudara, atau sarana promosi juga bisa kan. (arm)

PROFIL Jenis Kelamin Cowok Cewek

50 % 50 %

Jumlah Responden 200 pelajar SMA di kota Jogja

Pendidikan SMA

100 %

Usia 14 - 16 17 - 19

46,7 % 53,3 %

METODE PENELITIAN : SIMPLE RANDOM SAMPLING TOLERANSI KESALAHAN : 2 %

RYSTY

INSTRUMEN POLLING : KUISONER OPEN CLOSE QUESTION

Dhedot – drummer Letto

Sky n Hopes

Langganan Pensi, Panaskan dengan Global Warming “It’s global warming, global warming for us.. Everything will burn, everything will drown, if you don’t look around..” PENGGALAN lirik lagu di atas adalah milik salah satu band indie Jogja yang sudah malang melintang di pensi-pensi sekolah. Ya, itu adalah penggalan reffrain lagu karya kelompok Sky n Hopes yang dijuduli Global Warming. Band yang punya filosofi harapan setinggi langit ini berdiri sejak 1 Mei 2007. Saat ini, karya-karya kreatif Sky n Hopes merupakan hasil kerja lima musisinya, Satria (vokal), Musa (gitar), Andi (bass), Deni (kibor), Harry (drum). Sebelumnya, posisi vokal sempat diisi oleh Ifan. Namun pada tengahan tahun lalu, setelah Ifan gabung dengan Domino --band asuhan Adrie Soebono-- posisinya digantikan Satria. Sky n Hopes banyak dikenal di kalangan pelajar karena mereka sering tampil di even pensi-pensi sekolah di Jogja dan sekitarnya. Karena efek “Global Warming”-nya, mereka juga pernah tampil

di pedalaman kampung untuk mengisi acara peresmian sebuah organisasi pemuda dengan tema Go Green di Magelang. “Kita seringnya main di pensi sekolah, tapi yang sulit dilupakan yaitu saat manggung disaksikan ibu-ibu sambil nggendong anaknya di sebuah kampung di Magelang,” kata Musa sembari tertawa saat berkunjung ke di Indikasi Corner, Jumat (13/3) lalu. Mungkin yang perlu diketahui oleh para Sky Addict --sebutan untuk fans Sky n Hopes -- ntar April 2009 Sky n Hopes akan bikin video klip pertamanya. Hits yang diambil buat video klipnya adalah Global Warming. Proses pengerjaannya digarap mahasiswa ISI bareng MMDC. So kenapa koq lagu Global Warming? “Soalnya lagu ini isi pesannya sangat sesuai dengan kondisi bumi kita saat ini, terasa panas banget,”

jelas Andi bassis Sky n Hopes yang akrab dipanggil Jepang karena raut mukanya mirip orang Jepang. Yang kini sedang diobsesikan temen-temen Sky n Hopes, selain menyelesaikan video klip adalah menyatunya para band indie Jogja. Jadi tidak sampai terjebak pada pengkotak-kotakan. Karena tak lain semua bertujuan untuk memajukan musik indie di Jogja.

“Teman-teman musik indie Jogja sebenarnya sangat potensial, tapi kenapa koq tidak bersatu untuk maju dan berkembang bersama,” timpal Harry sambil berpesan agar pecinta musik dan khususnya Sky Addict untuk segera menikmati mini album Sky n Hopes di pertengahan tahun ini dengan tujuh hits di dalamnya. (d2)

Nama Band

: Sky n Hopes

Personil

: Satria (vokal), Musa (gitar), Andi (bass), Deni (kibor), Harry (drum)

Base Camp

: Jalan Kaliurang Km. 7, Gang Jurug Sari 3 No. 82 Sleman - Jogjakarta

CP Manager

: Eckil 085729289401

Email/Friendster

: sky_n_hopes@yahoo.com, skynhopes@gmail.com


edisi perdana