Page 1

DESEMBER 2013

E-PAPER

DINPERINDAG Provinsi Jateng

“ONE TEAM, ONE SPIRIT...TO BE NUMBER ONE”

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Jl. Pahlawan No. 4 Telp. 8311705, 8311708, Fax.8311707, 8451700 S E M A R A N G 5 0 2 4 1 website : http://dinperindag.jatengprov.go.id


DESEMBER 2013 Pengantar Redaksi

ASSALAMU’ALAIKUM WR WB.

TIM PENYUSUN E-PAPER INFO INDAG Penanggung Jawab

:

Kepala Dinas

Pengarah

1. : 2.

Sekretaris Dinas Para Kepala Bidang/Balai

Ketua Umum Sekretaris

: :

Sigid Adi Brata Suliyati

Ketua Redaksi

:

Nina Veronika Marthahima

Redaksi

1. : 2. : 3. : 4. : 5. : 6. :

Hadi Pangestu Sigid Adi Brata Teguh Prihadi Listyati PR Kumarsi Subandi

Publikasi TI

1. : 2.

Nandhi Nur Ardisasmito

1. : 2. 3. 4. 5.

Hery Sutantyo K Rebo Sukimin Nugroho Ludyantoro Sri Marsetyo Budi Prasetyo

Sekretariat Operasional

Kita mungkin heran atau merasa aneh, bila suatu produk mainan anak-anak dikatakan bisa menimbulkan keracunan pada anak. Padahal produk ini ditujukan untuk memberikan kegembiraan, kebahagian bahkan untuk pendidikan anak dan bukan sebaliknya. Apalagi pada anak-anak TK atau Sekolah Dasar, dimana produk mainan diperlukan dalam menunjang pendidikan formal. Pada hakekatnya banyak anak-anak yang mengalami kecelakaan ke-racunan dikarenakan ketidaksengajaan akibat produk mainan yang digunakan. Salah satu sebab mengapa terjadi keracunan pada anak-anak adalah produk mainan yang digunakan mengandung bahan beracun yang dapat mengganggu kesehatan anak bahkan pada orang dewasa. Produk mainan yang mem-bahayakan contohnya adalah produk yang mengandung timbal (plumbum). Timbal biasanya ditambahkan pada produk yang mengandung PVC (Polyvinyl Chloride) sebagai “stabilizer”. PVC tidak hanya digunakan pada produk mainan anak-anak saja tetapi juga digunakan pada produk – produk rumah tangga yang terbuat dari plastik. Penggunaan cat (pewarna) yang mengandung Timbal juga digunakan pada produk mainan anak yang tujuannya untuk mewarnai mainan tsb sehingga menarik perhatian anak-anak. Selain itu alat-alat untuk melukis (menggambar) seperti krayon dan pensil warna juga diduga mengandung Timbal. Di Amerika Produk mainan yang diduga mengandung Timbal contohnya adalah pensil warna, krayon, produk bayi terbuat dari plastik (“rattle”, “teehing rings”), produk dalam bentuk perhiasan (kalung, gelang atau cincin).


DESEMBER 2013 Secara alami PVC merupakan bahan yang keras, karena itu bahan kimia berbahaya seperti Timbal biasanya ditambahkan untuk merubah karak- teristik alami ini. Zat aditif dapat sebagai “stabilizer” atau “plasticizer”. “Stabilizer” digunakan untuk mempertahankan kekakuan plastik agar tetap tahan lama, sedangkan “plasticizer” dibutuhkan agar plastik lentur dan lembut sehingga mudah dibentuk. Tahun 2004 Komisi Keamanan Produk konsumen Amerika (The U.S. Consumer Product Safety Commision/ CPSC) telah menarik 150 juta produk mainan (berupa perhiasan seperti kalung, gelang atau cincin) yang diduga mengandung Timbal.. Hasil survey secara acak terhadap produk Vinyl di Chicago menemukan banyak produk mainan yang mengandung Timbal, sekitar 20% dari 131 produk menunjukkan adanya kandungan Timbal. Produk-produk tersebut ber-variasi antara lain produk sekolah, bahan pakaian, dan alat-alat rumah tangga. Komisi Keamanan Produk konsumen Amerika menetapkan batas Timbal pada Vinyl adalah 200 ppm, kenyataannya lebih dari setengah produk mengandung Timbal > 200 ppm. Bagaimana Timbal pada produk mainan bisa meracuni anak-anak ? Timbal dapat lepas sebagai debu pada permukaan produk mainan selama mainan tsb digunakan secara normal apalagi bila terjadi penyinaran atau pamanasan terutama terkena sinar matahari. Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika telah melakukan penelitian dimana penyinaran dan pemanasan dapat menyebabkan degradasi PVC dan membebaskan debu Timbal. Pada produk mainan anak-anak Timbal dapat lepas selama mainan tsb digunakan dengan normal. Timbal merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya terhadap kesehatan anakanak, beberapa penelitian menunjukan bahwa terpapar Timbal bahkan pada tingkat yang

rendah dapat mengganggu intelektualitas dan perkembangan anak-anak dan bayi. Standard International telah menentukan jumlah Timbal yang dilepaskan tidak boleh lebih dari 90 ppm. Anak-anak lebih berpotensial keracunan Timbal dibanding orang dewasa. Hal ini disebabkan karena sifat dari anak-anak adalah rasa keingintahuan yang tinggi, mereka akan menjilat, mengunyah bahkan memasukkan produk mainan tersebut kedalam mulutnya. Serpihan-serpihan dari cat atau pewarna pada produk mainan yang telah usang bisa juga tertelan atau terhirup oleh anak-anak. Kebiasaan anak-anak tsb dengan rentang waktu yang lama dapat menyebabkan keracunan kronik, keracunan jenis ini sulit untuk dideteksi secara dini dan dampaknya akan terlihat beberapa tahun kemudian. Timbal akan lebih mudah diserap oleh tubuh pada masa perkembangan, pada anak-anak. Jumlah Timbal yang diserap mencapai 50% dibandingkan orang dewasa yang hanya dapat menyerap sekitar 10%, selain itu otak serta sistem saraf anak-anak lebih sensitive terhadap kerusakan akibat Timbal. Sistem penyerapan ini akan lebih meningkat disaat anak-anak kekurangan zat gizi seperti zat besi atau Kalsium. Anak-anak dibawah 6 tahun sangat berpotensial mengalami keracunan Timbal, sebab otak dan sistem saraf mereka masih dalam pertumbuhan sehingga pada tingkat yang rendah sekalipun dapat menyebabkan penurunan tingkat kecerdasan (IQ), ketidakmampuan belajar (kesulitan belajar), “Attention deficit disorder”, hiperaktifitas dan agresif sehingga menimbulkan masalah sosial dan lingkungan, gangguan pertumbuhan, gangguan pada pendengaran, dan kerusakan ginjal. Pada tingkat keracunan yang tinggi, menyebabkan kematian. Keracunan Timbal juga pernah dilaporkan dapat menyebabkan tindakan kriminal pada anak-anak.


DESEMBER 2013 Timbal merupakan bahan berbahaya yang dapat terakumulasi dalam tulang dan menyebabkan kerusakan system saraf yang tidak dapat kembali normal (“irreversible�) pada anak-anak yang terpapar khususnya pada anak-anak usia 1-3 tahun. Terpapar secara berulang dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penim-bunan Timbal didalam tulang dan gigi. Apabila seorang wanita hamil mengalami keracunan Timbal, maka Timbal tersebut akan terakumulasi pada tulangnya dan karena proses metabolit selama kehamilan Timbal menyebar kedalam darah dan menembus plasenta. Hal ini menyebabkan janin mengalami keracunan Timbal yang pada akhirnya akan merusak sistem saraf janin tsb. Selain itu dapat mengakibatkan keguguran, berat badan bayi saat dilahirkan rendah bahkan dapat menyebabkan kematian pada bayi yang dilahirkan. Pada orang dewasa keracunan Timbal dapat menyebabkan kehilangan libido dan infertilitas, agresif dan tekanan darah tinggi, kehilangan nafsu makan, sembelit, anemia, pada kasus yang berat menyebabkan pembengkakan otak, koma dan kematian. Timbal tidak mempunyai nilai biologi pada tubuh manusia bahkan dalam jumlah sedikit. Jika Timbal memasuki tubuh manusia akan menggantikan logam-logam lain yang berguna bagi tubuh, logam yang digantikan misalnya zat besi, zink dan tembaga. Penggantian zat besi dapat menghambat proses pembentukan sel darah merah normal. Jadi idealnya tidak ada plumbum dalam darah atau kadar dalam darah 0 mcg/dL. Timbal tidak hanya berasal dari alatalat permainan, tetapi juga bersumber dari makanan yang dapat menyebabkan keracunan , untuk itu kebersihan rumah juga harus dijaga, membersihkan debu di lantai, jendela, dan furniture lainnya.

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB.

Semarang, Desember 2013

P.EDISON AMBARURA.SE,M.Si


DESEMBER 2013

Tajuk Rencana

MENGENAL BAHAN KIMIA PENGAWET MAKANAN DAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN Salah satu dari beberapa teknik pengawetan

diberi label yang sesuai dengan ketentuan yang

pangan adalah memberikan bahan tambahan

berlaku

pangan (BTP) untuk pengawetan, hal ini

ketentuan masing-masing negara.

dilakukan dengan menambahkan suatu bahan

3.

kimia tertentu dengan jumlah tertentu yang

kesehatan (wholesomeness) pangan.

diketahui memiliki efek mengawetkan dan

Pengawet menahan kerusakan pangan yang

aman untuk dikonsumsi manusia. Jenis dan

disebabkan oleh kapang, bakteria, fungi atau

jumlah

pengawet

yang

secara

internasional

atau

sesuai

Untuk mempertahankan kelezatan dan

diijinkan

untuk

khamir.

digunakan telah dikaji keamanannya.

Bahan

menyebabkan penyakit yang dibawa makanan

Tambahan Pangan yang digunakan dalam

(food born illness) termasuk botulism yang

pangan setidaknya mempunyai lima alasan

mem-bahayakan kehidupan. Antioksidan adalah

utama, yaitu:

pengawet yang mencegah terjadinya bau yang tidak

1.

Untuk mempertahankan

konsistensi

produk. Emulsifier

Kontaminasi

sedap.

bakteria

Antioksidan

juga

dapat

mencegah

potongan buah segar seperti apel menjadi coklat bila terkena udara.

memberikan

tekstur

produk

4.

Mengembangkan

atau

mengatur

berbentuk emulsi atau suspensi yang konsisten

keasaman/kebasaan pangan.

dan mencegah pemisahan fasa air dengan fasa

Bahan pengembang yang melepaskan asam bila

lemak suatu emulsi atau pemisahan fasa cair

dipanaskan

dan fasa padat suatu suspensi. Penstabil dan

membantu mengembangkan kue, biskuit dan

pengental menghasilkan tekstur yang lembut

roti selama proses pe-manggangan.Pengatur

dan homogen pada pangan tertentu.

keasaman/ kebasaan membantu memodifiksi

2.

Untuk

meningkatkan

atau

bereaksi

dengan

baking

soda

keasaman/ kebasaan pangan agar diperoleh

mempertahankan nilai gizi.

bau, rasa dan warna yang sesuai.

Vitamin dan mineral yang ditambahkan ke

5.

dalam pangan seperti susu, tepung, serelia lain

mendapatkan warna yang diinginkan.

dan margarin untuk memperbaiki kekurangan

Berbagai jenis bumbu dan penguat rasa sintetik

zat

atau

tersebut

dalam

diet

mengganti

kehilangannya

pengolahan

pangan.

seseorang

Semua

selama pangan

atau proses yang

mengandung nutrien yang ditambahkan harus

Untuk

alami

Sebaliknya

menguatkan

memperkuat warna

rasa

atau

rasa

pangan.

memperindah

tampilan

pangan tertentu untuk memenuhi ekspektasi konsumen.


DESEMBER 2013 Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan

dalam, ditempelkan pada, atau merupakan

pengawet

bagian kemasan pangan.

Penggunaan pengawet dalam produk pangan

Label pangan sekurang-kurangnya memuat :

dalam

prakteknya

berperan

sebagai

Nama produk

antimikroba atau antioksidan atau keduanya.

Berat bersih atau isi bersih.

Jamur, bakteri dan enzim selain penyebab

Nama

dan

alamat

pabrik

yang

pembusukan pangan juga dapat menyebabkan

memproduksi atau memasukkan pangan ke

orang menjadi sakit, untuk itu perlu dihambat

wilayah Indonesia.

pertumbuhan maupun aktivitasnya. Selain itu,

Penambahan bahan pengawet pada produk

juga

pangan

untuk

memelihara

kesegaran

dan

menjadi

bahan

perhatian

utama

iptek

pangan

mencegah kerusakan makanan atau bahan

mengingat

makanan. Beberapa pengawet yang termasuk

menyangkut hal tersebut yang begitu cepat

antioksidan

serta

menjadi

berfungsi

tengik

mencegah

yang

makanan

disebabkan

oleh

perkembangan

sering

konsumen

menimbulkan menyangkut

keamanannya.

Beberapa

Peran sebagai antioksidan akan mencegah

digunakan antara lain :

produk pangan dari ketengikan, pencoklatan,

a.

dan perkembangan noda hitam. Antioksidan

Telah berabad lampau digunakan hingga saat

menekan reaksi yang terjadi saat pangan

ini sebagai bahan pengawet terutama untuk

menyatu dengan oksigen, adanya sinar, panas,

daging dan ikan. Larutan garam yang masuk ke

dan beberapa logam.

dalam jaringan dan mengikat air bebasnya,

yang

boleh

menggunakan

bahan

pengawet

bagi

perubahan kimiawi dalam makanan tersebut.

Siapa

bahan

teka-teki

yang

lazim

Garam atau NaCl

sehingga

menghambat

aktivitas

bakteri

pertumbuhan

penyebab

dan

pembusukan,

tambahan pangan pengawet?

kapang, dan khamir. Produk pangan hasil

Bahan tambahan Pangan Pengawet boleh

pengawetan dengan garam dapat memiliki daya

digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang

simpan

memproduksi

rusak.

dibandingkan produk segarnya yang hanya

Pencantuman label pada produk pangan sesuai

tahan disimpan selama beberapa jam atau hari

dengan Peraturan Pemerintah No.69 tahun

pada kondisi lingkungan luar. Ikan pindang, ikan

1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

asin, telur asin dan sebagainya merupakan

Label

contoh produk pangan yang diawetkan dengan

pangan

pangan

adalah

yang

mudah

setiap

keterangan

beberapa

minggu

hingga

bulan

mengenai pangan yang berbentuk gambar,

garam.

tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain

b.

yang disertakan pada pangan, dimasukkan ke

Gula atau sukrosa merupakan karbohidrat

Gula atau sukrosa

berasa manis yang sering pula digunakan


DESEMBER 2013 sebagai bahan pengawet khususnya komoditas yang

telah

mengalami

Perendaman

dalam

perlakuan

larutan

gula

kesulitan bernafas dan sakit kepala, anemia, radang ginjal, muntah

panas. secara

bertahap pada konsentrasi yang semakin tinggi merupakan salah satu cara pengawetan pangan

Ca- / Napropionat

dengan gula. Gula seperti halnya garam juga

Nametasulfat

menghambat

pertumbuhan

dan

Produk roti dan Alergi kulit tepung Produk jeruk, Pelukaan kulit Asam keju, pikel dan sorbat salad Produk daging Dapat menyebabkan dan keju mual, muntah, tidak Natamysin nafsu makan, diare dan pelukaan kulit

aktivitas

bakteri penyebab pembusukan, kapang, dan khamir. Dendeng, manisan basah dan atau buah kering merupakan contoh produk awet yang banyak dijual di pasaran bebas. c.

Produk roti dan Migrain, kelelahan, tepung kesulitan tidur

K-asetat

Cuka buah atau vinegar

Merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengawetkan daging, asyuran

BHA

maupun buah-buahan. Acar timun, acar bawang putih, acar kubis (kimchee) merupakan produk

Makanan asam Daging babi segar dan sosisnya, minyak sayur, shortening, kripik kentang, pizza beku, instant teas

Merusak fungsi ginjal Menyebabkan penyakit hati dan kanker.

pangan yang diawetkan dengan penambahan

.

asam atau cuka buah atau vinegar.

Namun demikian perlu diperhatikan hal-hal

Berikut disajikan kajian keamanan beberapa

penting dalam menggunakan bahan tambahan

pengawet yang banyak digunakan oleh industri

pangan pengawet adalah :

pangan.

-

Pilih pengawet yang benar/yang diijinkan

untuk dalam pangan serta telah terdaftar di Tabel. Pengaruh beberapa bahan pengawet

Badan POM RI.

terhadap kesehatan

-

Bahan Pengawet

Produk Pangan

Sari buah, minuman ringan, Ca-benzoat minuman anggur manis, ikan asin Sari buah, cider, buah kering, Sulfur kacang kering, dioksida sirup, acar (SO2)

K-nitrit

Pengaruh terhadap Kesehatan Dapat menyebabkan reaksi erugikan pada asmatis dan yang peka terhadap aspirin

Dapat menyebabkan pelukaan lambung, mempercepat serangan asma, mutasi genetik, kanker dan alergi Daging kornet, Nitrit dapat daging kering, mempengaruhi daging asin, pikel kemampuan sel darah daging untuk membawa oksigen, menyebabkan

Bacalah takaran penggunaannya pada

penandaan/label. -

Gunakan dengan takaran yang benar sesuai

petunjuk pada label. -

Membaca dengan cermat label produk

pangan

yang

mengkonsumsinya

dipilih/dibeli secara

cerdas

serta produk

pangan yang menggunakan bahan pengawet.

(Disarikan dari berbagai sumber oleh Tim PKPBB)


DESEMBER 2013

MENGENAL BAHAN KIMIA BERBAHAYA DALAM KOSMETIK Setiap wanita siapa yang tidak ingin tampil cantik dalam setiap penampilannya

dimuka

umum

dalam jangka panjang mungkin sangat merugikan tubuh.

?

Berikut ini zat-zat berbahaya

Berbagai macam merek kosmetika

yang

perlu

dihindari

ditawarkan di pasaran dengan harga

berbelanja kosmetik :

saat

Anda

yang bervariasi, tinggal

kita

1)

memilih sesuai dengan kita.

Methyl

kocek

/

Propyl / Butyl /

Idealnya,

Ethyl Paraben

kosmetik

Kandunga

berfungsi untuk mempercantik

n wajah

dan

untuk

mencegah

ini

berguna

perkembangan

menyehatkan kulit. Namun apa yang

bakteri sehingga produk kosmetik

terjadi jika kosmetik yang digunakan

dapat awet dan tahan lama. Walau

justru

telah banyak diketahui mengandung

mengandung

berbahaya?

bahan-bahan

Selain

dapat

toxic berbahaya, kandungan ini tetap

menyebabkan kulit menjadi rusak,

digunakan secara di luas di berbagai

kandungan

merk kosmetik.

berbahaya

dalam

kosmetik juga dapat menyerap ke dalam

kulit

dan

membahayakan

darah

sehingga

kesehatan

anda.

Tidak semua produk kosmetik aman dikonsumsi. komposisi

Sebab, bahannya

bisa

jadi

2)

Imidazolidinyl Urea dan

Diazolidinyl Urea Kedua zat kimia ini merupakan pengawet

yang

paling

banyak

mengandung

digunakan selain Paraben. Kandungan

bahan kimia yang berbahaya. Paparan

utamanya ialah formaldehyde yang


DESEMBER 2013

seringkali dipakai untuk mengawetkan

terbuat dari bahan yang sama dengan

jenazah. Bahan ini memang mampu

yang digunakan di produk pelembut

mengawetkan

kain.

komposisi

dalam

kosmetik, namun terbukti berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

6)

Triethanolamine (TEA)

TEA digunakan dalam kosmetik 3)

PVP / VA Copolymer

Bahan

berasal

memiliki

fungsi

untuk

dari

menyeimbangkan kadar asam pH dan

petroleum (minyak tanah) dan banyak

sebagai bahan pembersih wajah. TEA

digunakan di produk hairspray. Selain

dapat menyebabkan reaksi alergi,

tergolong dalam kategori toxic, zat

iritasi mata, serta kekeringan pada

kimia ini juga mengandung partikel

kulit dan rambut. Jika dibiarkan

yang dapat merusak paru-paru.

menyerap ke dalam tubuh dalam

4)

ini

yang

Sodium Lauryl Sulfate

Lazim digunakan dalam produk shampoo dan detergen, fungsinya untuk

menghasilkan

melimpah.

Bahayanya,

busa

yang

kandungan

dapat menyebabkan iritasi mata dan kulit, kerontokan rambut, ketombe, serta reaksi alergi.

5)

Stearalkonium Chloride

Bahan kimia ini banyak dipakai dalam conditioner dan krim rambut, namun dapat menyebabkan reaksi alergi. Stearalkonium chloride juga

jangka

waktu

lama,

TEA

menjadi racun bagi tubuh.

dapat


DESEMBER 2013

AMANKAN KOSMETIK YANG ANDA PAKAI Saat

anda

mendengar

kata

cantik, kebanyakan dari anda pasti akan

membayangkan

kulit

yang

Ciri-ciri Kosmetik Beracun Kosmetik beracun sangat sulit kita temukan di pasaran. Hal ini

mulus, bebas jerawat, putih dan

disebabkan

karena

bersinar. Angan-angan anda inilah

kosmetik beracun yang sulit untuk

yang dimanfaatkan oleh berbagai

dikenali,

industry kosmetika di dunia untuk

kosmetik aman lainnya. Anda sebagai

tetap

penampilan

menarik

seperti

menarik customer alias

kaum hawa tentunya tak

pelanggan

akan

mau hal-hal buruk terjadi

kocek

pada kulit wajah yang

untuk

anda

rela

yang

merogoh

berapapun

sayangi

akibat

membeli kosmetik yang

memakai kosmetik yang

mereka produksi demi

salah.

Berikut

ini

agar dapat menjadi cantik seperti

beberapa ciri-ciri kosmetik berbahaya

iklan yang tayang di televisi. Memang,

yang harus kita hindari :

tidak

semua

produk

kosmetik

berbahaya, ada yang benar-benar teruji secara klinis aman dan cocok

1)

Kosmetik

yang

kadaluarsa.

untuk digunakan pada kulit. Namun

Tak sedikit wanita yang nekat

demikian, maraknya banjir produk

tetap menggunakan kosmetik yang

dari berbagai daerah dan Negara

mereka miliki walaupun telah lewat

membuat anda mau tak mau harus

tanggal kadaluarsa. Hal ini disebabkan

waspada dan ekstra hati-hati pada

oleh beberapa alas an seperti tidak

produk kosmetik, apalagi kosmetik

adanya efek apapun yang mereka

beracun.

rasakan,

menghemat

pengeluaran,


DESEMBER 2013

dan

sebagainya.

Kosmetik

yang

kadaluarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun.

4)

Penampilan

fisik

kosmetik Penampilan fisik kosmetik yang membahayakan

kulit

biasanya

lengket, berwarna mencolok (karena 2)

Kosmetik

yang

mengandung merkuri.

tidak menggunakan pewarna alami untuk kulit) dan tidak menyatu alias

Merkuri merupakan nama lain

tidak homogen.

dari air raksa. Merkuri merupakan zat yang bersifat toxic dan karsinogenik

5)

alias beracun dan dapat memicu

Efek yang dihasilkan pun tak

kanker. Merkuri sangat dilarang dalam

wajar (putih tidak alami, lama-lama

penggunaannya

menjadi abu-abu dan pada akhirnya

sebagai

kosmetika

karena akibatnya bisa sangat fatal. Bisa juga anda kelai dari bau logam yang tajam.

3)

Kosmetik

yang

menawarkan perubahan Kosmetika yang menawarkan perubahan kulit menjadi lebih putih dalam waktu yang sangat singkat. Efek instan

pada

kosmetika

pemutih

diakibatkan oleh kandungan merkuri yang semakin tinggi pula.

Efek pemakaian

berubah menjadi hitam)


DESEMBER 2013

CIRI CIRI DAN BAHAYA KOSMETIK BERMERKURI

Setiap orang ingin tampil baik,baik itu wanita

6.

maupun pria, namun apa jadinya bila produk

Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi

yang anda pakai tidak aman bagi diri anda,

pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar

berikut ini adalah ciri-ciri kosmetik yang

matahari.

berbahaya bagi anda yang beredar bayak

7.

dipasaran. Ciri-ciri itu sebagai berikut :

Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya

1.

pucat

Krim Pada umumnya lengket.

Sebagian

lagi

ada

yang

mencampurkan

8.

Menyebabkan iritasi

Warna pucat

Warna pada kulit

merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat),

Kulit dapat berubah putih dalam waktu

agar tampak lebih encer.

singkat (kurang 1 minggu, tergantung kadar

2.

kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih

Bersifat non homogen

Krim pada umumnya tidak homogen (tidak

cepat memberikan warna putih)

menyatu & kasar) dan Bila didiamkan minyak

9.

akan terpisah dengan bagian padat.

Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini

3.

disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah

Bau menyengat

Tidak timbul jerawat

Bau logam merkuri tercium atau sebagian

rusak, kulit sudah tidak mengandung protein

menggunakan

& melanin yang berfungsi utk melindungi

parfum

menyengat

utk

menghilangkan bau logam merkuri tsb.

radiasi paparan matahar juga sdh tdk

4.

berfungsi, sehingga jasad renik ataupun

Wangi mencolok

Warna umumnya sangat mencolok, karena

kuman tidak akan menyukai kulit yang telah

tidak menggunakan bahan pewarna utk

tercemar

kosmetik, umumnya menggunakan bahan

sekalipun. Jerawat dalam keadaan normal

pewarna tekstil (cap kupu-kupu) warna kuning

adalah berfungsi sebagai indikator tingkat

dan warna krim putihnya pearly (mengkilat

kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga

seperti mutiara)

untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila

5.

anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah,

Rasa panas

merkuri

termasuk

nyamuk

Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas

umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri

dan gatal.

hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur


DESEMBER 2013 protein kulitnya telah berubah & menjadi

Krim merkuri juga dapat diidentifikasi dari

rusak.

gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan

10.

Pori-pori tampak mengecil & halus,

gejala sebagai berikut :

ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar

1. Pusing,

wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam

2. Di orientasi ruang,

merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil &

3. Mual-mual,

halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan

4. Tremor (gemetar),

dengan mencobanya pada sinar matahari,

5. Susah Tidur,

kulit

6. Gangguan Penglihatan,

terasa

terbakar,

gatal

disertai

kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah

7. Gangguan Emosi,

sdh

8. Depresi.

tidak

mendapat

perlindungan

dari

melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar,

pemakaian

siang

hari

selalu

menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal. 11.

Bila anda telah tercemar merkuri &

pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. 12.

Bila

pemakaian

dihentikan

akan

bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah 13.

Warna Putih pada kulit wajah lama-

kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman Untuk

pemakaian

menyebabkan

lebih

kanker

lanjut

kulit,

dapat

kerusakan

jaringan tubuh & menyebabkan kematian. 14.

Dapat menghambat pertumbuhan,

menyebabkan cacat & kematian pada janin.

9. Serta Lupa (pikun)


DESEMBER 2013

PENGARUH FORMALIN BAGI TUBUH MANUSIA Berdasarkan hasil pengawasan rutin yang dilakukan

oleh

Dinas

dan

Formalin sudah sangat umum digunakan

Perdagangan Provinsi Jawa Tengah di minggu

dalam kehidupan sehari-hari. Di sektor industri

awal bulan puasa yang dilakukan disejumlah

sebenarnya formalin sangat banyak manfaatnya.

pasar

dan

Formaldehid memiliki banyak manfaat, seperti

sekitarnya, ditemukan sejumlah produk pangan

anti bakteri atau pembunuh kuman sehingga

seperti ikan asin, mi basah, dan tahu yang

dimanfaatkan untuk pembersih lantai, kapal,

memakai formalin sebagai pengawet. Adanya

gudang dan pakaian, pembasmi lalat dan

bahan aditif dan pengawet berbahaya dalam

berbagai serangga lain. Dalam dunia fotografi

makanan ini sebenarnya sudah lama menjadi

biasaya digunakan untuk pengeras lapisan gelatin

rahasia umum. Setiap kali ditindak sekian pula

dan kertas. Bahan pembuatan pupuk dalam

muncul di lain tempat karena rendahnya

bentuk urea, bahan pembuatan produk parfum,

kemampuan

memahami

pengawet produk kosmetika, pengeras kuku dan

perlindungan kepada konsumen setianya Fakta

bahan untuk insulasi busa. Formalin juga dipakai

ini lebih menyadarkan masyarakat bahwa selama

sebagai pencegah korosi untuk sumur minyak.. Di

ini terdapat bahaya formalin yang mengancam

bidang industri kayu sebagai bahan perekat

kesehatan yang berasal dari konsumsi makanan

untuk produk kayu lapis (plywood). Dalam

sehari-hari.

konsentrasi

tradisional

Perindustrian

FORMALIN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

dikota

pro-dusen

Semarang

dalam

yag

sangat

kecil

(<1

persen)

Formalin merupakan larutan komersial

digunakan sebagai pengawet untuk berbagai

dengan konsentrasi 10-40% dari formaldehid.

barang konsumen seperti pembersih rumah

Bahan ini biasanya digunakan sebagai antiseptic,

tangga, cairan pencuci piring, pelembut, perawat

germisida, dan pengawet. Formalin mempunyai

sepatu, shampoo mobil, lilin dan karpet. Di

banyak nama kimia diantaranya adalah : Formol,

industri perikanan, formalin digunakan untuk

Methylene

Paraforin,

Morbicid,

menghilangkan bakteri yang biasa hidup di sisik

Polyoxymethylene

glycols,

ikan. Formalin diketahui sering digunakan dan

Methanal, Formoform, Superlysoform, Formic

efektif dalam pengobatan penyakit ikan akibat

aldehyde, Formalith, Tetraoxymethylene, Methyl

ektoparasit seperti fluke dan kulit berlendir.

oxide, Karsan, Trioxane, Oxymethylene dan

Meskipun demikian, bahan ini juga sangat

Methylene glycol. Di pasaran, formalin bisa

beracun bagi ikan. Ambang batas amannya

ditemukan dalam bentuk yang sudah diencerkan,

sangat rendah, sehinggga terkadang ikan yang

dengan kandungan formaldehid 10-40 persen.

diobati malah mati akibat formalin daripada

Oxomethane,

aldehyde,

akibat penyakitnya. Formalin banyak digunakan


DESEMBER 2013 dalam

pengawetan

specimen

untuk

hasil air rebusan yang kemudian dibawa ke

keperluan penelitian dan identifikasi. Di dunia

Laboratorium Kimia Universitas Indonesia, ini

kedokteran

untuk

didapatkan hasil, bahwa kandungan formalin

pengawetan mayat manusia untuk dipakai dalam

pada hampir semua produk yang diteliti,

pendidikan

Untuk

kandungan formalin sangat tinggi antara 4,76 ÂŹ

pengawetan biasanya digunakan formalin dengan

9,22 miligram per liter. Barang-barang tersebut

konsentrasi 10%.

bila digunakan dalam keadaan dingin sebenarnya

formalin

mahasiswa

ikan

digunakan

kedokteran.

Besarnya manfaat di bidang industri ini ternyata

penggunaan

wadah-wadah ini dipakai untuk menaruh bahan

pengawetan industri makanan. Biasanya hal ini

makanan panas seperti membuat minuman teh,

sering ditemukan dalam industri rumahan,

kopi, atau makanan berkuah panas.

karena

disalahgunakan

mereka

tidak

untuk

tidak berbahaya. Tetapi sangat berbahaya bila

terdaftar

dan

tidak

terpantau oleh Depkes dan Balai POM setempat.

BAHAYA PAPARAN FORMALIN

Bahan makanan yang diawetkan dengan formalin

Formalin masuk ke dalam tubuh manusia

biasanya adalah mi basah, tahu, bakso, ikan asin

melalui dua jalan, yaitu mulut dan pernapasan.

dan beberapa makanan lainnya. Formalin adalah

Sebetulnya, sehari-hari kita menghirup formalin

larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat

dari lingkungan sekitar. Polusi yang dihasilkan

menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar

oleh asap knalpot dan pabrik, mengandung

37 persen formaldehid dalam air, sebagai bahan

formalin yang mau tidak mau kita hirup,

pengawet biasanya ditambahkan metanol hingga

kemudian masuk ke dalam tubuh. Asap rokok

15 persen. Bila tidak diberi bahan pengawet

atau air hujan yang jatuh ke bumi pun sebetulnya

makanan seperti tahu atau mi basah seringkali

juga mengandung formalin.

tidak bisa tahan dalam lebih dari 12 jam.

Formalin sangat berbahaya jika terhirup,

Formaldehid juga dipakai untuk reaksi

mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang

kimia yang bisa membentuk ikatan polimer,

ditimbulkan dapat berupa : luka bakar pada kulit,

dimana salah satu hasilnya adalah menimbulkan

iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi dan

warna produk menjadi lebih cerah. Sehingga

bahaya kanker pada manusia. Jika kandungan

formalin dipakai di industri plastik. bahan

dalam tubuh tinggi, akan bereaksi secara kimia

pembuatan sutra buatan, zat pewarna, cermin

dengan hampir semua zat di dalam sel, sehingga

kaca. Sehingga formalin juga banyak dipakai di

menekan fungsi sel dan menyebabkan kematian

produk rumah tangga seperti piring, gelas dan

sel yang menyebabkan kerusakan pada organ

mangkuk yang berasal dari plastik atau melamin.

tubuh. Formalin merupakan zat yang bersifat

Bila piring atau gelas tersebut terkena makanan

karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker.

atau minutan panas maka bahan formalin yang

Beberapa penelitian terhadap tikus dan anjing

terdapat dalam gelas akan larut. Dari penelitian

pemberian formalin dalam dosis tertentu jangka


DESEMBER 2013 panjang secara bermakna mengakibatkan kanker

cerna yang kronis seperti pada penderita Autism,

saluran cerna seperti adenocarcinoma pylorus,

penderita alergi dan sebagainya.

preneoplastic

hyperplasia

pylorus

dan

Menurut IPCS (International Programme

adenocarcinoma duodenum. Penelitian lainnya

on Chemical Safety) yaitu lembaga khusus dari

menyebutkan pengingkatan resiko kanker faring

tiga organisasi di PBB, yaitu ILO, UNEP, serta

(tenggorokan), sinus dan cavum nasal (hidung)

WHO, yang mengkhususkan pada keselamatan

pada pekerja tekstil akibat paparan formalin

penggunaan bahan kimiawi, secara umum

melalui hirupan

ambang batas aman di dalam tubuh adalah 1

Dalam jumlah sedikit, formalin akan larut

miligram per liter. Bila formalin masuk ke tubuh

dalam air, serta akan dibuang ke luar bersama

melebihi ambang batas tersebut maka dapat

cairan tubuh. Sehingga formalin sulit dideteksi

mengakibatkan gangguan pada organ dan system

keberadaannya di dalam darah. Imunitas tubuh

tubuh manusia. Akibat yang ditimbulkan tersebut

sangat berperan dalam berdampak tidaknya

dapat terjadi dalam waktu singkat atau jangka

formalin di dalam tubuh. Jika imunitas tubuh

pendek dan dalam jangka panjang, bisa melalui

rendah atau mekanisme pertahanan tubuh

hirupan, kontak langsung atau tertelan.

rendah, sangat mungkin formalin dengan kadar

Akibat

jangka

pendek

yang

terjadi

rendah pun bisa berdampak buruk terhadap

biasanya bila terpapar formalin dalam jumlah

kesehatan. Usia anak khususnya bayi dan balita

yang banyak, Tanda dan gejala akut atau jangka

adalah salah satu yang rentan untuk mengalami

pendek yang dapat terjadi adalah bersin, radang

gangguan ini. Secara mekanik integritas mukosa

tonsil, radang tenggorokan, sakit dada, yang

(permukaan) usus dan peristaltik (gerakan usus)

berlebihan, lelah, jantung berdebar, sakit kepala,

merupakan pelindung masuknya zat asing masuk

mual, diare dan muntah. Pada konsentrasi yang

ke dalam tubuh. Secara kimiawi asam lambung

sangat tinggi dapat menyebabkan kematian.

dan enzim pencernaan menyebabkan denaturasi

Bila terhirup formalin mengakibatkan

zat berbahaya tersebut. Secara imunologik sIgA

iritasi pada hidung dan tenggorokan, gangguan

(sekretori Imunoglobulin A) pada permukaan

pernafasan, rasa terbakar pada hidung dan

mukosa dan limfosit pada lamina propia dapat

tenggorokan

menangkal zat asing masuk ke dalam tubuh. Pada

jaringan

usia anak, usus imatur (belum sempurna) atau

mengganggu

sistem pertahanan tubuh tersebut masih lemah

(radang paru) atau edema paru ( pembengkakan

dan gagal berfungsi sehingga memudahkan

paru).

bahan berbahaya masuk ke dalam tubuh sulit

serta

sistem

batuk-batuk. saluran

paru-paru

Kerusakan

pernafasan berupa

bisa

pneumonia

Bila terkena kulit dapat menimbulkan

untuk dikeluarkan. Hal ini juga akan lebih

perubahan

warna,

kulit

menjadi

merah,

mengganggu pada penderita gangguan saluran

mengeras, mati rasa dan ada rasa terbakar. Apabila terkena mata dapat menimbulkan iritasi


DESEMBER 2013 mata sehingga mata memerah, rasanya sakit,

bahaya yang paling menonjol adalah terjadinya

gata-gatal, penglihatan kabur dan mengeluarkan

radang

air mata. Bila merupakan bahan berkonsentrasi

menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan,

tinggi

menyebabkan

muntah-muntah dan kepala pusing, rasa terbakar

pengeluaran air mata yang hebat dan terjadi

pada tenggorokan, penurunan suhu badan dan

kerusakan pada lensa mata.

rasa gatal di dada.

maka

formalin

Apabila

dapat

tertelan

maka

selaput

mata.

Jika

tertelan

akan

mulut,

tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan

PENANGANAN

BILA

TERPAPAR

FORMALIN

terjadi pendarahan , sakit perut yang hebat, sakit

Bila terkena hirupan atau terkena kontak

kepala, hipotensi (tekanan darah rendah), kejang,

langsung formalin, tindakan awal yang harus

tidak sadar hingga koma. Selain itu juga dapat

dilakukan adalah menghindarkan penderita dari

terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa,

daerah paparan ke tempat yang aman. Bila

pankreas, sistem susunan syaraf pusat dan ginjal.

penderita sesak berat, kalau perlu gunakan

Meskipun dalam jumlah kecil, dalam

masker berkatup atau peralatan sejenis untuk

jangka panjang formalin juga bisa mengakibatkan

melakukan pernafasan buatan. Bila terkena kulit

banyak gangguan organ tubuh. Apabila terhirup

lepaskan pakaian, perhiasan dan sepatu yang

dalam jangka lama maka akan menimbulkan sakit

terkena formalin. Cuci kulit selama 15-20 menit

kepala,

gangguan

dengan sabun atau deterjen lunak dan air yang

pernafasan, batuk-batuk, radang selaput lendir

banyak dan dipastikan tidak ada lagi bahan yang

hidung, mual, mengantuk, luka pada ginjal dan

tersisa di kulit. Pada bagian yang terbakar,

sensitasi pada paru. Gangguan otak mengakibatk

lindungi luka dengan pakaian yag kering, steril

efek neuropsikologis meliputi gangguan tidur,

dan longgar.

gangguan

sakit

kepala,

cepat marah, gangguan emosi, keseimbangan

Bilas mata dengan air mengalir yang

terganggu, kehilangan konsentrasi, daya ingat

cukup banyak sambil mata dikedip-kedipkan.

berkurang dan gangguan perilaku lainnya. Dalam

Pastikan tidak ada lagi sisa formalin di mata. Aliri

jangka panjang dapat terjadi gangguan haid dan

mata dengan larutan dengan larutan garam

kemandulan pada perempuan. Kanker pada

dapur 0,9 persen (seujung sendok teh garam

hidung, ronggga hidung, mulut, tenggorokan,

dapur dilarutkan dalam segelas air) secara terus-

paru dan otak juga bisa terjadi.

menerus sampai penderita siap dibawa ke rumah

Apabila terkena kulit, kulit terasa panas,

sakit atau ke dokter. Bila tertelan segera minum

mati rasa, gatal-gatal serta memerah, kerusakan

susu atau norit untuk mengurangi penyerapan

pada jari tangan, pengerasan kulit dan kepekaan

zat berbahaya tersebut. Bila diperlukan segera

pada kulit, dan terjadi radang kulit yang

hubungi dokter atau dibawa ke rumah sakit.

menimbulkan gelembung. Jika terkena mata,


DESEMBER 2013 Yang

lebih

menyulitkan

adalah

formalin.

Sebetulnya,

makanan

yang

pemantauan efek samping jangka panjang.

mengandung formalin memiliki bau yang khas,

Biasanya hal ini terjadi akibat paparan terhadap

sehingga bisa dideteksi oleh orang awam

formalin dalam jumlah kecil. Dalam jangka

sekalipun.

pendek akibat yang ditimbulkan seringkali tanpa

Pencegahan paparan langsung terhadap

gejala atau gejala sangat ringan. Jangka waktu

formalin harus dilakukan, khususnya bagi pekerja

tertentu gangguan dan gejala baru timbul.

industri yang memakai formalin. Agar tidak terhirup gunakan alat pelindung pernafasan,

BAGAIMANA MENYIKAPINYA?

seperti masker, kain atau alat lainnya yang dapat

Isu adanya formalin yang terdapat dalam

mencegah kemungkinan masuknya formalin ke

bahan makanan dan alat makan seharĂ­-hari ini

dalam hidung atau mulut. Lengkapi sistem

memang harus diwaspadai. Tetapi sebaiknya

ventilasi dengan penghisap udara (exhaust fan)

tidak harus disikapi secara berlebihan. Bukan

yang tahan ledakan. Gunakan pelindung mata

berarti kita harus sama sekali tidak makan tahu,

atau kacamata pengaman yang tahan terhadap

bakso, mi basah atau ikan asin. Atau kita tidak

percikan. Sediakan kran air untuk mencuci mata

harus menghindari bahan plastik atau melamin

di tempat kerja yang berguna apabila terjadi

untuk alat makan kita. Karena tidak semua bahan

keadaan darurat. Pencegahan paparan pada kulit

makanan atau alat makan tersebut mengandung

sebaiknya menggunakan sarung tangan dan

formalin. Yang penting konsumen harus jeli

pakaian pelindung bahan kimia yang tahan

dengan memperhatikan kualitas makanan dan

terhadap bahan kimia. Hindari makan, minum

alat makan yang dibeli atau dipakai.

dan merokok selama bekerja atau cuci tangan

Untuk alat makan berasal dari plastik

sebelum makan

atau melamin, kalau mudah sekali pudar atau

Meskipun dampaknya sangat berbahaya

kusam, berarti bahannya banyak yang terkikis

jika terakumulasi di dalam tubuh, sangatlah tidak

maka produk seperti ini perlu dihindari. Jika tidak

bijaksana jika melarang penggunaan formalin.

yakin akan kualitas produk melamin yang Anda

Banyak industri memerlukan formalin sehingga

punya, sebaiknya jangan gunakan piranti makan

harus bijaksana dalam menggunakannya. Paling

tersebut untuk makanan serta minuman panas.

utama adalah dengan tidak menggunakannya

Untuk

tidak

pada makanan, karena masih ada pengawet

berbahaya. Formalin yang sudah membentuk

makanan yang aman. Dinas Perindag beserta

polimer dalam keadaan dingin sulit untuk terurai.

instansi terkait akan terus mengawasi secara

Dalam mengonsumsi bahan makanan kita harus

ketat dan berkala peredaran barang-barang

mencermati

pangan yang tercampur zat kimia berbahaya bagi

makanan

dingin,

makanan

biasanya

yang

mengandung

formalin. Kalau tahu tahan sampai berhari-hari, kenyal dan padat sangat mungkin mengandung

tubuh manusia.


DESEMBER 2013

LABEL HALAL PRODUK PANGAN DALAM KEMASAN Berdasarkan peraturan yang berlaku, label halal yang dicantumkan dalam suatu produk pangan dalam kemasan harus didasarkan atas sertifikat halal yang dimiliki oleh produk yang bersangkutan dimana sertifikat halal tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang yaitu LPPOM MUI. Produsen menengah besar yang berniat mencantumkan label halal pada produknya sebagai jaminan kehalalan produk tersebut mendaftarkan produk yang bersangkutan ke Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan). Badan POM bersama-sama dengan Depag dan LPPOM MUI kemudian melakukan pemeriksaan terhadap produk yang didaftarkan yaitu secara desk evaluation dan kunjungan ke pabrik. Hasil pemeriksaan kemudian dirapatkan di LPPOM MUI, jika tidak ada masalah maka hasil pemeriksaan dibawa ke Komisi Fatwa MUI untuk diperiksa kembali dan jika tidak ada masalah maka MUI akan mengeluarkan sertifikat halal untuk produk yang didaftarkan tersebut. Berdasarkan sertifikat halal inilah kemudian Badan POM akan mengizinkan pencantuman label halal pada produk yang didaftarkan.

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan kehalalan bagi produk industri besar dan menengah dapat dilakukan setelah produk yang didaftarkan tersebut telah mendapatkan nomor MD (nomor pendaftaran di Badan POM), sedangkan nomor MD sendiri diperoleh setelah produk tersebut lolos pemeriksaan keamanan, mutu dan persyaratan lainnya (persyaratan apa yang boleh tercantum dalam kemasan kemasan misalnya). Untuk produk impor nomor pendaftarannya adalah ML, sedangkan untuk produk industri kecil nomor pendaftarannya adalah SP. Nomor SP diberikan setelah produsen kecil mengikuti suatu penyuluhan yang dilakukan oleh Kanwil Departemen Kesehatan dan produsen telah mendapatkan sertifikat penyuluhan tersebut. Cara memilih produk pangan dalam kemasan yang telah dijamin kehalalannya adalah sebagai berikut: 1. Jika produk pangan olahan tersebut dalam kemasannya telah mencantumkan nomor MD (nomor pendaftaran pada Badan POM yang


DESEMBER 2013

menunjukkan produk diproduksi didalam negeri) maka lihat apakah ada label halalnya, jika ada maka kehalalannya sudah terjamin karena untuk dapat diizinkan mencantumkan label halal dalam kemasannya maka harus mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Jika tidak ada label halalnya maka berarti kehalalannya belum ada yang menjamin. 2. Untuk produk impor, lihat apakah sudah memiliki nomor ML pada kemasannya, jika sudah perhatikan bahasa yang digunakan dalam kemasan, jika berbahasa Indonesia maka perhatikan label halalnya, jika ada maka kehalalannya sudah terjamin seperti nomor 1 diatas. Untuk produk impor dari negara mayoritas muslim seperti Malaysia, perhatikan label halalnya, jika ada berarti kehalalannya sudah ada yang menjamin. Untuk produk impor lainnya, jika tidak ada label halalnya harus dihindari dan kita pun harus berhati-hati apabila produk tersebut berlabel halal tetapi diproduksi oleh negara mayoritas non muslim, untuk kasus ini perlu menanyakan keabsahan label halalnya ke LPPOM MUI. 3. Untuk produk pangan hasil industri kecil, biasanya bernomor pendaftaran SP, masih bermasalah karena masih cukup banyak yang

mencantumkan label halal walaupun sebetulnya belum mendapatkan sertifikat halal dari MUI, sebagian lagi sudah didasarkan atas sertifikat halal yang diperoleh dari MUI. Hal ini terjadi karena ketidakfahaman industri kecil dalam masalah sertifikasi halal. Oleh karena dibutuhkan pengetahuan kita dalam menilai apakah produk pangan industri kecil ini diragukan kehalalannya atau tidak.


DESEMBER 2013

PENCANTUMAN LABEL PADA BARANG Pelaksanaan perdagangan bebas ASEAN-

barang dan keterangan pelaku usaha serta

China Free Trade Agreement (ACFTA) yang

informasi tentang barang dan keterangan pelaku

dimulai pada bulan Januari 2010 akan membawa

usaha serta informasi lainnya sesuai dengan

dampak pada ragam dan jenis barang yang

ketentuan peraturan perundang-undangan yang

bersedar di pasar dalam negeri. Barang-barang

yang berlaku yang disertakan pada barang,

tersebut kemungkinan besar produksi China yang

dimasukkan kedalam, ditempelkan pada, atau

masuk ke pasar Indonesia baik secara legal dan

merupakan bagian kemasan barang. Label dapat

telah

yang

dijadikan salah satu parameter pengawasan

tidak/belum

barang yang beredar selain itu dapat juga

berlaku

memenuhi

ketentuan/peraturan

maupun

illegal

yang

memenuhi ketentuan/ peraturan yang berlaku. Latar

belakang

memberikan informasi tentang suatu barang.

diwajibkannya

Dengan adanya informasi tentang suatu barang

pencantuman label pada barang ialah untuk

secara jelas dan lengkap diharapkan dapat

pemenuhan hak konsumen atas informasi yang

terhindarkan

benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan

penggunaan/ pemakaian/pemanfaatan barang.

jaminan barang yang akan dipakai, digunakan,

Dalam pencantuman label tersebut terdapat

atau dimanfaatkan oleh konsumen, belum

kewajiban perlakuannya yaitu Non diskriminasi,

terdapat ketentuan yang mengatur pelabelan

baik untuk barang produksi dalam negeri

produk non pangan, merupakan upaya untuk

maupun impor. Pelaku usaha yang memproduksi

mendorong penciptaan persaingan usaha yang

atau mengimpor barang untuk diperdagangkan di

sehat, dan untuk memperjelas ketentuan Pasal 8

pasar dalam negeri yang tercantum dalam

dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen,

lampiran

selain itu alasan lainnya adalah masih banyaknya

mencantumkan label dalam bahasa indonesia

barang impor yang beredar di pasar dalam negeri

yang jelas dan mudah dimengerti. Ketentuan

yang tidak mencantumkan label dalam Bahasa

label dalam bahasa Indonesia bagi barang impor

Indonesia.

berlaku saat memasuki daerah pabean Republik

Pengaturan label pada barang baru saja

dari

akses

peraturan

negatif

menteri

akibat

wajib

Indonesia.

diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan

Mengenai tata cara pengajuan pencantuman

No.62/M-DAG/PER/12/ 2009 tentang Kewajiban

label pada barang diatur hal-hal sebagai berikut :

Pencantuman

Dalam

1. Pelaku usaha yang memproduksi atau akan

peraturan tersebut diatur bahwa Label adalah

mengimpor barang yang akan diperdagangkan

setiap

yang

di pasar dalam negeri harus menyampaikan

berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya,

contoh label dalam bahasa Indonesia kepada

Label

keterangan

Pada

mengenai

Barang.

barang

atau bentuk lain yang memuat informasi tentang


DESEMBER 2013 Dirjen PDN cq.Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan. 2. Apabila

contoh

label

telah

memenuhi

ketentuan, dalam waktu paling lama 5 hari kerja sejak diterima contoh label, Direktur Pengawasan

BBJ

menerbitkan

surat

keterangan pencantuman label dalam bahasa Indonesia tanpa dipungut biaya.

d. Bagi barang dengan cara diukur, ditakar atau ditimbang,

melalui; datang langsung, e-mail, faximili, atau jasa pengiriman lainnya.

Satuan

Sistem

Internasional atau lambang Satuan SI dan berdasarkan desimal. e. Ukuran label disesuaikan dengan besar atau kecilnya barang atau kemasan barang yang digunakan. f. Terkait

3. Penyampaian contoh label dapat dilakukan

menggunakan

K3L

penggunaan

wajib dan

mencantumkan simbol

bahaya

cara atau

peringatan yang jelas. g. Sedangkan keterangan atau penjelasan pada

Kegunaan Surat Keterangan Pencantum-an Label

label

Dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai:

keselamatan,

ď&#x201A;ˇ Dokumen yang menerangkan bahwa contoh

konsumen serta lingkungan hidup harus

label telah memenuhi ketentuan sebagaimana

memuat cara penggunaan dan simbol bahaya

diatur dalam Permendag untuk barang yang

dan/atau tanda peringatan yang jelas.

yang

terkait

keamanan,

dan

dengan kesehatan

h. Label dinyatakan rusak apabila label yang

diproduksi di dalam negeri; ď&#x201A;ˇ Dokumen

barang

dalam

disertakan pada barang dimasukkan ke dalam,

penyelesaian kepabeanan di bidang impor

ditempelkan pada atau merupakan bagian

untuk barang asal impor.

kemasan barang robek atau tidak utuh lagi

Pencantuman

pelengkap

label

pabean

setidak-tidaknya

harus

atau luntur/pudar warnanya. Sedangkan Label

memuat :

dinyatakan

tidak

a. Menggunakan Bahasa Indonesia yang jelas

keterangan/penjelasan

lengkap yang

jika

merupakan

dan mudah dimengerti.

unsur-unsur label yang diwajibkan menurut

Penggunaan bahasa, selain Bahasa Indonesia,

Permendag No. 62/M-DAG/PER/12/2009 dan

angka

peraturan perundang-undangan lainnya tidak

arab,

huruf

latin

diperbolehkan

sepanjang tidak ada padanannya atau tidak

terpenuhi.

dapat diciptakan padanannya; b. Label tidak mudah lepas dari barang atau

Selain pencantuman label sebagaimana dimaksud

kemasannya, tidak mudah luntur atau rusak,

dalam Permendag tersebut, pelaku usaha wajib

serta mudah untuk dilihat dan dibaca.

mencantumkan keterangan atau penjelasan yang

c. Bagi barang yang berukuran kecil, label harus

menurut ketentuan perundang-undangan lain

dibubuhkan pada kemasan atau berupa

harus dicantumkan. Pelaku Usaha dilarang

petunjuk terpisah.

mencantumkan label yang dibuat secara tidak


DESEMBER 2013 lengkap atau memuat informasi tidak benar

bahan penolong lain yang terkait dengan

dan/atau menyesatkan konsumen.

produksi.

Dalam Permendag ini diatur jenis-jenis barang

Bagi pelaku usaha yang memproduksi atau

yang wajib mencantumkan label yaitu terdiri dari

mengimpor barang yang telah mencantumkan

103 (seratus tiga) jenis barang dengan 682

label

Nomor HS, dengan klasifikasi :

tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri,

ď&#x201A;ˇ Jenis barang elektronika keperluan rumah

tetap dapat mencantumkan label dalam Bahasa

tangga, sebanyak 46 (empat puluh enam)

Indonesia sesuai dengan karakteristik barang,

barang;

sedangkan bagi pelaku usaha yang belum

ď&#x201A;ˇ Jenis

barang

sarana

bahan

bangunan,

dalam

Bahasa

Indonesia

dan

tidak

mencantumkan label dalam Bahasa Indonesia dan tidak termasuk dalam Lampiran Peraturan

sebanyak 9 (sembilan) barang; ď&#x201A;ˇ Jenis barang keperluan kendaraan bermotor

Menteri dapat mencantumkan label dalam

(suku cadang dan lainnya), sebanyak 24 (dua

Bahasa Indonesia sesuai dengan karakteristik

puluh empat) barang;

barang.

ď&#x201A;ˇ Jenis barang lainnya, sebanyak 24 (dua puluh

Pelaku Usaha wajib menarik barang dari peredaran dan dilarang untuk memperdagangkan

empat) barang.

barang yang bersangkutan apabila : Pengecualian-pengecualian

dalam

hal

1.

dilakukan

dengan

hanya mengguna-kan bahan perekat lem

1. Ketentuan pencantuman label dalam

sehingga mudah lepas atau mudah rusak.

bahasa Indonesia tidak berlaku bagi barang yang dijual dalam bentuk curah

2.

3.

konsumen;

produsen kendaraan bermotor atau Agen (APM)

kendaraan

bermotor sebagai bahan baku dan/atau

label

menggunakan

tinta

Ukuran label tidak sesuai dengan besar atau kecilnya barang/k emasan.

2. keperluan kendaraan bermotor (suku cadang lainnya) yang diimpor oleh

Penulisan

warna/zat warna yang mudah luntur.

dan dikemas secara langsung di hadapan

Merek

label

menempelkan label pada barang/kemasan

pencantuman label yaitu :

Pemegang

Pencantuman

4.

Pencantuman label dibuat secara tidak lengkap.


DESEMBER 2013

MENGENAL MINUMAN BERALKOHOL METANOL kependekan dari etil alkohol yang sering juga disebut grain alcohol atau alkohol. Bahan ini muncul dalam minuman beralkohol setelah terfermentasinya substrat mengandung pati atau gula tinggi oleh khamir (yeast), biasanya dari spesies Saccharomyces, pada kondisi anaerob. Lamanya proses fermentasi tergantung kepada bahan dan jenis produk yang ingin dihasilkan. Proses pemeraman singkat (fermentasi tidak sempurna), sekitar 1-2 minggu, dapat menghasilkan produk dengan kandungan etanol 3%-8%. Sementara pada proses fermentasi sempurna, mencapai waktu bulanan bahkan tahunan, dapat menghasilkan produk dengan kandungan etanol sekitar 7%-18%., Sebab, khamir umumnya tidak dapat hidup pada lingkungan dengan kandungan etanol di atas 18%. Untuk menghasilkan minuman beralkohol dengan kadar etanol lebih tinggi, dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui proses distilasi (penyulingan) terhadap produk yang dihasilkan melalui proses fermentasi. Produk ini selanjutnya dinamakan distilled beverages. Kedua, dengan mencampur produk hasil fermentasi dengan produk hasil distilasi. Beberapa produk minuman beralkohol beserta bahan dasarnya, di antaranya : a. Bir Bir merupakan minuman beralkohol dengan cita rasa berasal dari suatu bahan berasa pahit, yaitu hop, serta diperoleh dari fermentasi khamir pada maltosa yang didapat dari degradasi enzimatik pati. b. Wine

Wine diperoleh dari fermentasi buah anggur warna merah atau jingga bersama kulitnya yang mengandung pigmen merah. Sementara anggur putih (white wines) dibuat dari buah anggur warna putih dan difermentasi tanpa kulit.Pada pembuatan wine, buah anggur hasil panen akan mengalami proses penghancuran untuk mengeluarkan sari buah yang mengandung gula. Kalium atau natrium metabisulfit selanjutnya ditambahkan pada hancuran yang disebut lumut (must) tersebut, guna menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk dan khamir liar. Ke dalam lumut selanjutnya diinokulasikan S. cerevisiae atau S. ellipsoideus, dan dibiarkan berbulan-bulan hingga fermentasi betul-betul sempurna. Setelah proses tersebut, anggur dikeluarkan dan dimatangkan dalam tongtong kayu di mana cita rasa selanjutnya akan terbentuk. c. Brandy Brandy adalah minuman anggur hasil distilasi, dan biasanya memiliki kadar etil alkohol sekitar 40-60%. Bahan baku brendi bukan hanya anggur, melainkan juga pomace (ampas buah anggur sisa pembuatan minuman anggur) atau fermentasi sari buah. Bila bahan baku tidak ditulis pada label, brendi tersebut dibuat dari buah anggur asli. Dalam kebudayaan Barat, brendi adalah minuman yang disajikan sesudah makan. Brendi yang dibuat dari minuman anggur biasanya diberi pewarna karamel untuk meniru warna brendi yang lama disimpan di dalam tong kayu. Brendi dari pomace atau sari buah biasanya langsung diminum


DESEMBER 2013

d.

e.

f.

g.

tanpa melalui proses pematangan di dalam tong kayu, dan tidak diberi pewarna. Cider Cider merupakan minuman yang terbuat dari jus apel. Di Amerika dan Kanada, cider atau sweet cider merupakan istilah untuk jus apel yang tidak difermentasi, sedangkan jus apel yang difermentasi disebut hard cider. Di Inggris, istilah cider selalu digunakan untuk minuman beralkohol. Akan tetapi di Australia, istilah cider dapat digunakan baik untuk produk beralkohol ataupun tidak, Hasil distilasi cider dengan proses pembekuan menghasilkan produk yang dinamakan applejack. Whisky Whisky adalah minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu. Jenis-jenis whisky seperti Scotch dan Rye menunjukkan jenis bijibijian utama yang digunakan dengan tambahan biji-bijian lain (yang paling sering adalah gandum, kadang-kadang oat). Rum Rum adalah hasil penyulingan air tebu, sirup, atau tetes (molasse)merupakan produk samping dalam pembuatan gulaâ&#x20AC;&#x201D; yang difermentasi S. cerevisiae. Khamir ini akan menghasilkan enzim zimase dan invertase. Enzim zimase berfungsi sebagai pemecah sukrosa menjadi monosakarida (glukosa dan fruktosa), sedangkan enzim invertase akan mengubah glukosa menjadi etanol. Vodka dan gin

Dua jenis distilled beverages yang paling umum adalah vodka dan gin. Karakteristik vodka yang utama adalah dilakukannya proses distilasi terhadap hasil fermentasi berbagai jenis bahan, di mana biji-bijian dan kentang merupakan sumber yang paling umum, secara tuntas hingga aroma bahan asal tidak tersisa sama sekali. Sementara gin merupakan hasil distilasi seperti vodka yang diberi flavor dengan cara menambahkan herba ataupun jenis-jenis tumbuhan lain khususnya juniper berries. Nama gin sendiri berasal dari nama minuman genever yang berasal dari Belanda yang berarti juniper. h. Liqueurs Liqueur terkenal paling fleksibel dan dapat diminum dengan berbagai cara. Mau diminum begitu saja, dicampur dengan jenis lain hingga on the rocks. Tak heran tak ada yang mengalahkan jumlah variasi minuman liqueur dalam jajaran minuman beralkohol lainnya. Liqueur juga biasa diminum sebagai digestif, bahkan dicampur ke dalam kopi. Yang paling terkenal tentu Margarita, campuran liqueur Grand Marnier atau Cointreau. Contoh lain yang paling sering dipesan di bar adalah Screwdriver (campuran vodka dan orange juice). i. Tequila Tequila (pelafalan dalam bahasa Spanyol: [teË&#x2C6;kila]) adalah minuman distilasi yang terbuat dari tanaman agave yang dibuat di sekitar kota Tequila, 65 kilometer (60 mil) barat laut Guadalajara, di daerah pegunungan (Los Altos) di negara bagian Jalisco di barat Meksiko. Tanah vulkanis di sekitar Tequila dianggap cukup baik bagi pertumbuhan agave biru, dan lebih dari


DESEMBER 2013 300 juta tanaman tersebut di panen setiap tahun j. Sake Sake adalah sebuah minuman beralkohol dari Jepang yang berasal dari hasil fermentasi beras. Sering juga disebut dengan istilah anggur beras. Penjabaran tertulis tentang proses pembuatan sake tercantum dalam buku pertama sekitar tahun 700 setelah Masehi. Di Jepang, kata "sake" berarti "minuman beralkohol". Di beberapa wilayah regional dapat memiliki arti yang lain. Di Kyushu Selatan, sake berarti minuman yang disuling. Di Okinawa, sake merujuk ke shĹ?chu yang terbuat dari tebu. Sake memiliki aroma yang mirip dengan tape beras. k. Sampanye Sampanye adalah minuman anggur putih bergelembung yang dihasilkan di kawasan Champagne di Perancis, sekitar 90 kilometer di timur laut Paris. Reims adalah salah satu wilayah penghasil sampanye yang terkenal. Umumnya terbuat dari anggur pinot noir, sampanye yang berkualitas bagus mempunyai warna kekuningan. Sampanye biasanya hanya diminum pada acara-acara khusus seperti peraya-an tahun baru dan sering pula terlihat pada perayaan kemenangan kejuaraan olahraga seperti Formula 1, di mana sang pemenang di podium membuka sebotol sampanye dan menyemprotkan isinya. l. Cocktail Cocktail adalah campuran minuman yang terdiri dari dua atau lebih bahan. Biasanya terdiri dari minuman beralkohol sebagai bahan dasar dan bahan pemberi rasa atau warna khusus (campuran). Namun bahan dasarnya selalu yang

paling dominan. Pada awalnya cocktail berasal dari Amerika yang berarti buntut ayam dengan tujuan untuk merayakan kemenangan dalam pertandingan adu ayam. Prinsip penyajian cocktail adalah tampil dengan minuman yang menarik dengan dekoratif dan warna-warni. Cocktails dapat menjadi minuman jangka panjang atau pendek, dan dapat disajikan kapan saja. Bahan dasar yang digunakan adalah minuman keras seperti: Gin, Brandy, Whisky, Tequila dan Rum (termasuk Bucardia). Sedangkan campuran yang biasa digunakan adalah: Vermouth, Bitters, anggur, sari buahbuahan, krim, gula, sirup dan telur. Bahan-bahan tersebut sebagai bahan pelembut dan memberi rasa atau aroma pada minuman. Bahan pewarna atau pemberi rasa khusus termasuk sirup buah-buahan, cordials dan minuman beralkohol dengan berbagai rasa, contohnya mint (peppermint), buah cerry atau greanadine.


DESEMBER 2013 MENGENAL MINUMAN KERAS ASLI INDONESIA

1. Cap Tikus & Sagoer Cap Tikus merupakan minuman keras dari Manado hasil penyulingan Sagoer. Sagoer sendiri adalah cairan yang disadap dari pohon enau dan mengandung sedikit kadar alkohol sekitar 5%. Setelah disuling dengan cara tradisional, minuman khas Minahasa ini menjadi pendorong kerja untuk kalangan petani. Namun saat ini Cap Tikus lebih menjadi sarana pelampiasan dan mabuk-mabukan. Begitu berbahayanya minuman ini hingga orang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan atau mengontrol minum minuman Cap Tikus. Sejak dulu pula dikenal pameo menyangkut Cap Tikus, minum satu seloki Cap Tikus, cukup untuk menambah darah, dua seloki bisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal ke neraka. 2. Tuak Tuak merupakan minuman keras khas Indonesia hasil fermentasi dari bermacam buah. Bahan-bahan tuak biasanya beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain. Di daerah Batak tuak dibuat dari pohon aren yang mirip pohon kelapa maka sering disebut bir panjat. Bar-bar tradisional yang menyediakan tuak disebut lapo tuak. Sebenarnya tuak tersebar di begitu banyak daerah di Indonesia sehingga sering disebut dengan nama-nama lain, namun tuak di sini mengacu pada minuman hasil fermentasi dari buah yang manis. Sama seperti temannya dari Manado tuak juga sangat memabukkan dengan kadar alkohol

yang lebih ringan. Di salah satu lapo tuak tertulis Segelas tuak penambah darah. 2 gelas, lancar bicara. 3 gelas, mulai tertawatawa. 4 gelas, mencari gara-gara. 5 gelas, hati membara. 6 gelas, membuat perkara. 7 gelas, semakin menggila. 8 gelas, membuat sengsara. 9 gelas, masuk penjara dan 10 gelas, masuk neraka. 3. Arak Bali Mirip dengan tuak, arak bali merupakan minuman keras hasil fermentasi dari sari kelapa dan buah-buahan lain. Kadar alkoholnya 37-50%. Arak ini dari namanya saja sudah jelas berasal dari Bali dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Dalam upacara menghormati para dewata arak akan dituangkan ke daun pisang yang sudah dibentuk seperti tangkup dan kemudian arak akan dicpiratkan tangan kanan dengan bantuan sebuah bunga. Arak-arak untuk upacara biasanya mutu terendah karena arak terbaik akan diminum. Arak ini cukup populer juga di kalangan wisatawan di Bali dan salah satu resep cocktail yang terkenal adalah â&#x20AC;&#x153;arak attackâ&#x20AC;? yaitu campuran Arak Bali dan orange juice. Meskipun banyak turis mancanegara tidak akan terkesan dengan rasa arak dibanding minuman keras dunia lainnya namun keberadaan Arak Bali jelas membantu seorang asing menikmati liburannya dan mempromosi-kan pulau dewata. 4. Sopi Sopi adalah minuman keras asal Maluku yang dilarang di sana namun sudah sangat


DESEMBER 2013 populer dan mendarah daging. Sopi sendiri merupakan fermentasi dari pohon aren (jadi masih bersaudara dengan minuman keras Indonesia lainnya) dan memiliki kadar alkohol diatas 50%. Pembuatan Sopi yang menghasilkan rasa khasnya adalah penambahan bubuk akar Husor dan penggunaan bambu untuk penyulingan. Para pembuat Sopi tradisional meskipun terlarang sangatlah makmur sampai bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke bangku kuliah maka ada sebutan di Maluku sudah ada orang yang menjadi profesor-profesor karena Sopi ini. Ada yang bilang rasa Sopi mirip Vodka. 5. Lapen Nah minuman keras asal Yogyakarta ini reputasinya sungguh buruk. Coba saja Anda cari di google mengenai minuman ini, halaman awal akan didominasi kisah-kisah tragis penegak lapen, dari kebutaan, kelumpuhan, sampai kematian massal. Namanya pun sudah cukup sangar Lapen merupakan singkatan dari â&#x20AC;&#x153;langsung peningâ&#x20AC;?. Memang cara pembuatannyapun akan membuat kita geleng kepala. Alkohol 98,5% dicampur 15 liter air mineral ditambah gula dan pemanis lainnya, didiamkan 12 jam siap untuk dikonsumsi. Anda yang jeli akan bertanya alkohol apa yang dipakai? Disitulah masalahnya karena tidak jelas maka minuman ini sering terkontaminasi Methanol yang sangat beracun (bahan kosmetik, pembersih, dll)

yang akan menjadi asam di dalam tubuh dan menyerang sistem saraf terutama saraf mata. Lebih parahnya lagi di Yogyakarta para pemuda yang hilang arah sering adu keberanian dengan mencampur Lapen dengan berbagai cairan lain untuk memperkuat rasanya, dan yang kami maksud cairan bukan hanya cairan minuman tapi bisa karbol, formalin, dan bahan kimia apapun yang bisa Anda pikirkan. 6. Ciu Ciu merupakan sebuah nama sebutan untuk minuman keras khas dari daerah Banyumas dan Bekonang, Sukoharjo. Meskipun mungkin ada hubungannya tapi tidak sama dengan Ang Ciu atau arak merah Cina. Di Banyumas Ciu merupakan hasil fermentasi dari beras dengan kadar alkohol mencapai 50-90%. Di tempat ini Ciu illegal dan dengan aktif diberantas oleh pemerintah daerahnya. Di Bekonang di lain pihak, pembuatan Ciu ini didukung oleh pemerintah daerahnya, sehingga menjadi sangat populer dan dipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta, Surabaya hingga Madura. Pada jaman dahulu setiap ada hajatan malamnya pasti diikuti dengan acara mabuk â&#x20AC;&#x153;Ciu Bekonangâ&#x20AC;?. Ciu ini pembuatannya menggunakan tape dan ketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tidak seperti saudaranya di banyumas. Kedua Ciu tidak berwarna, bening dan rasanya sangat kuat.


DESEMBER 2013

TELITI SEBELUM MEMBELI

Teliti Sebelum Membeliâ&#x20AC;&#x2122; yang merupakan motto siaran niaga TVRI zaman baheula rasanya tetap tidak lekang dimakan waktu. Sikap konsumen untuk teliti dalam memilih produk yang akan dikonsumsinya harus selalu dilakukan. Bagi seorang muslim, kesalahan dalam memilih suatu produk yang dikonsumsinya dapat berujung pada kerugian lahir dan batin. Secara lahir, produk yang mengandung bahan berbahaya akan memberikan dampak yang merugikan bagi kesehatan. Sedangkan secara batin, mengkonsumsi produk tidak halal akan berdosa. Oleh karena itu konsumen perlu sekali memahami informasi tentang produk yang akan dikonsumsinya, sehingga keputusan untuk mengkonsumsi suatu produk tertentu tidak semata-mata karena tergiur dengan kemasan yang menarik, iklan yang bombastis atau harga yang murah. Cara yang paling mudah adalah dengan teliti membaca label yang melekat pada kemasan produk. Berikut ini diuraikan beberapa hal yang peru diteliti oleh konsumen sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suatu produk. Memahami Bahasa/Tulisan Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh konsumen adalah memahami bahasa atau tulisan. Hal ini sangat perlu karena Indonesia saat ini tengah kebanjiran produk import baik legal maupun illegal. Meskipun aturan yang berlaku mewajibkan produsen untuk mencantumkan informasi yang dapat dipahami oleh konsumen pada umumnya, tapi pada kenyataannya ada produk yang beredar di

pasaran dengan tulisan atau bahasa yang sama sekali tidak dapat dipahami. Langkah konsumen yang terbaik dalam menghadapi produk seperti ini adalah menghindarinya. Nomor Pendaftaran Produk yang diproduksi dan beredar di Indonesia seharusnya terdaftar pada lembaga pemerintah yang berwenang yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan mendapatkan nomor pendaftaran. Nomor pendaftaran untuk produk pangan adalah MD atau SP untuk industri kecil. Sedangkan untuk produk import mendapatkan nomor registrasi dengan kode ML. Kode CD diberikan untuk produk kosmetika lokal dan CL untuk produk luar. Adapun kode TR diperuntukkan bagi produk obat tradisional (jamu) dalam negeri dan TL untuk produk import. Nama Produk, Produsen dan Alamat Produksi Nama dan alamat produsen tidak selalu sama dengan pabrik yang memproduksinya. Saat ini ada perusahaan tertentu yang sudah mendapatkan sertifikat halal untuk produk tertentu di Indonesia, kemudian memproduksi produk yang persis sama di pabrik lain di luar negeri. Padahal sertifikat halal MUI yang diberikan hanya kepada produk yang diproduksi di Indonesia. Pada kasus lain,ada produsen yang sudah dikenal masyarakat luas sebagai produsen produk bersertifikat halal kemudian mengeluarkan produk baru yang tidak disertifikasi halal. Konsumen yang tidak teliti akan otomatis beranggapan bahwa produk


DESEMBER 2013 apapun yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut pasti halal. Hal-hal seperti ini tentunya menyesatkan konsumen. Oleh karena itu teliti nama produk, produsen dan alamat produksinya.

terbangun konsumen yang pintar dan kritis, sehingga mendorong produsen untuk lebih bertanggung jawab dalam berproduksi. Walhasil, pameo â&#x20AC;&#x2DC;konsumen adalah rajaâ&#x20AC;&#x2122; dapat tetap dipertahankan.

Daftar Bahan yang Digunakan Salah satu hal penting lain yang harus diperhatikan oleh konsumen adalah daftar atau komposisi bahan atau istilah lain ingredients yang terkandung dalam produk yang akan dikonsumsi. Istilah bahan yang digunakan jika diperhatikan masih sangat beragam. Ada yang sudah menggunakan bahasa Indonesia yang secara umum dikenal oleh masyarakat, ada yang masih menggunakan istilah asing atau dapat ditemukan juga penggunaan kode. Istilah asing yang perlu dikritisi kehalalannya antara lain emulsifier, atau bahan pengemulsi, stabilizer atau bahan penstabil, shortening, tallow, gelatin dan collagen. Sedangkan lard adalah jenis yang harus dihindari karena merupakan istilah untuk lemak babi yang sudah pasti keharamannya. Kode yang sering muncul adalah kode untuk bahan pewarna dan kode E yang merupakan kode untuk bahan tambahan atau food additives. Tidak semua bahan dengan kode E perlu dicurigai kehalalannya. Beberapa contoh kode E yang perlu diperhatikan karena mungkin berasal dari hewan adalah E422 (gliserol/gliserin), E430-E463 (asam lemak dan turunannya) dan E470-E495 (garam atau ester asam lemak). Sedangkan E334 adalah kode untuk L-(+)tartaric acid yang merupakan hasil samping industri wine.

Label Halal Cara yang paling mudah dilakukan untuk memlih produk halal adalah dengan melihat ada tidaknya label atau logo halal pada kemasannya. Produsen yang akan mencantumkan label halal harus memiliki sertifikat halal lebih dahulu. Tanpa sertifikat halal MUI, ijin pencatuman label halal tidak akan diberikan pemerintah. Sampai saat ini memang belum ada aturan yang menetapkan bentuk logo halal yang khas, sehingga pada umumnya produsen mencetak tulisan halal dalam huruf latin dan/arab dengan bentuk dan warna yang beragam. Akan tetapi beberapa produsen sudah membuat logo halal dengan bentuk logo MUI dengan mencantumkan nomor sertifikat halal yang dimilikinya. Hal ini dirasakan lebih aman untuk produsen karena masih cukup banyak produk yang beredar di pasaran yang mencantumkan label halal tanpa memiliki sertifikat halal MUI.

Untuk dapat mengetahui produk dan bahanbahan mana yang perlu dikritisi, konsumen dituntut untuk terus menerus menambah pengetahuannya. Dengan demikian akan


DESEMBER 2013 TELITI SEBELUM MEMBELI PRODUK PANGAN

Label pangan adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada pangan, dimasukkan ke dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian kemasan pangan. Penting untuk memperhatikan / membaca / memahami informasi pada label yang tercantum di kemasan. Kita membaca informasi yang tercantum pada label karena kita ingin pangan yang kita pilih / beli sesuai keinginan kita.

dengan

1. Nama Pangan Olahan Nama pangan olahan terdiri dari nama jenis dan nama dagang. Nama jenis adalah pernyataan atau keterangan identitas mengenai pangan olahan. Nama dagang adalah tanda berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari

unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan peredaran pangan. 2. Berat Bersih atau Isi Bersih Berat bersih atau isi bersih adalah pernyataan pada label yang memberikan keterangan mengenai kuantitas atau jumlah pangan olahan yang terdapat di dalam kemasan. Bobot tuntas atau berat tuntas adalah ukuran berat untuk pangan padat yang menggunakan medium cair dihitung dengan cara pengurangan berat bersih dengan berat medium cair. Misalnya pada produk sarden dalam saus tomat. 3. Nama dan Alamat Yang Memproduksi atau Memasukan Pangan ke Dalam Wilayah Indonesia Untuk pangan olahan dalam negeri, mencantumkan nama dan alamat pihak yang memproduksi pangan olahan di wilayah Indonesia. Untuk pangan olahan luar negeri, mencantumkan nama dan alamat


DESEMBER 2013

pihak yang memproduksi di luar negeri serta nama dan alamat pihak yang memasukkan pangan olahan / importir. a. Daftar Bahan Yang Digunakan Keterangan tentang komposisi atau daftar bahan yang digunakan dalam kegiatan proses produksi pangan dicantumkan pada label secara lengkap dan berurutan mulai dari jumlah terbanyak. b. Nomor Pendaftaran Pangan Nomor pendaftaran yang dikeluarkan oleh Badan POM RI, yaitu BPOM RI MD (pangan olahan yang diproduksi di dalam negeri) dan BPOM RI ML (pangan olahan dari luar negeri). Nomor pendaftarannya terdiri atas 12 digit angka. Sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota mengeluarkan nomor pendaftaran P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga). c. Keterangan Kedaluwarsa Keterangan kedaluarsa merupakan batas akhir suatu pangan olahan dijamin mutunya sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan produsen. Keterangan kedaluarsa dicantumkan pada label dengan didahului tulisan "Baik digunakan sebelum". d. Kode Produksi Kode produksi merupakan kode yang dapat memberikan penjelasan mengenai riwayat suatu produksi

pangan olahan yang diproses pada kondisi dan waktu yang sama. Kode produksi dapat disertai dengan atau berupa tanggal produksi (tanggal, bulan, dan tahun). Selain 7 informasi tersebut di atas, informasi lain yang juga perlu diperhatikan antara lain: a. Keterangan Tentang Kandungan Gizi Keterangan tentang kandungan gizi dinyatakan sebagai informasi nilai gizi dan / atau klaim (klaim gizi dan klaim kesehatan) sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan gizinya. b. Pangan Halal Tulisan "Halal" hanya dapat dicantumkan pada pangan olahan yang mempunyai sertifikat "Halal" dari lembaga yang berwenang di Indonesia dan mendapat persetujuan pencantuman tulisan "Halal" dari Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Pangan. c. Keterangan Tentang Petunjuk Penyimpanan Pangan olahan dalam kemasan yang tidak mungkin dikonsumsi dalam satu kali makan harus mencantumkan cara penyimpanan setelah kemasan dibuka.


DESEMBER 2013

d. Peringatan Label pangan tertentu harus mencantumkan tulisan atau peringatan. Misalnya pada pangan olahan yang mengandung bahan berasal dari babi mencantumkan: " Mengandung Babi " Produk susu kental manis mencantumkan: " Perhatikan! Tidak cocok untuk bayi "

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Jl.Pahlawan No.4 Semarang, Jawa Tengah. Indonesia

Phone ( 024 ) 8419826 / 8417601 Fax ( 024 ) 8311710 info@dinperindag.jatengprov.go.id â&#x20AC;?One Team, One Spirit, One Goal.....To be Number Oneâ&#x20AC;?

Find Us on Web: http://dinperindag.jatengprov.go.id

Epaper DinperindagJateng Desember 2013  

HINDARI BAHAN PRODUK BERBAHAYA

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you