Page 1

BOOKLET


APA ITU AIESEC? AIESEC merupakan organisasi non-profit yang mengacu pada nilai-nilai kepemimpinan yang harus dikembangkan oleh para pemuda di dunia, dengan cara mengembangkan potensi mereka masing-masing. AIESEC mempunyai fokus dalam pengembangan diri para pemuda dengan menjadikan para pemuda untuk menjadi representatif negara mereka di luar negeri dengan mengikuti beberapa kegiatan.


AIESEC UI, Pelopor Terbentuknya AIESEC Indonesia Pada tahun 1984, Empat mahasiswa perwakilan dari FEUI yaitu Bapak Abdul Gani, Bapak Patria Mamontang, dan dua orang lainnya menghadiri Konferensi AIESEC di Osaka, Jepang. Mereka sangat tertarik untuk mendirikan organisasi ini di Indonesia. Karena mereka berempat merupakan mahasiswa FEUI, maka AIESEC Indonesia pertama kali berdiri di fakultas ini. Waktu itu sempat terjadi insiden 'Malari' yang mengakibatkan AIESEC Indonesia melakukan vakum alias tidak beroperasi selama 10 tahun. Setelah vakum, Ibu Ita Budi dan Bapak Adi Zakaria berusaha untuk mengoperasikan kembali AIESEC Indonesia dengan menghadiri Konferensi AIESEC di Belanda. Pada tahun 1984, mereka berdua menghadiri Konferensi AIESEC di Perancis untuk mendapatkan pelatihan sistem mengenai exchange. Dan setelah itu AIESEC International mengakui berdirinya kembali AIESEC Indonesia. Ibu Ita Budi pada saat itu langsung diangkat menjadi Presiden AIESEC UI pertama (sekaligus AIESEC Indonesia), yang dibantu oleh Bapak Eddie Sobari dan Bapak Asoka.


Apa itu

?

Global Volunteer adalah kesempatan bagi para pemuda, khususnya pemuda yang ingin berkontribusi lebih pada isu-isu di setiap negara berkembang. Program ini akan mengembangkan diri masing-masing pemuda dalam jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab yang akan di lakukan melalui projek sosial selama 6-8 minggu. Para pemuda ini akan menjadi representatif atau Ambassador negara mereka masing-masing. Program ini juga mempunyai tujuan agar setiap umat manusia mendapat kesempatan untuk menebar pengaruh positif yang akan diterima secara langsung.


Program Benefit? 1. PENGARUH POSITIF KEPADA RUANG LINGKUP SOSIAL SECARA LANGSUNG   2. MENGEMBANGKAN DIRI KE ARAH YANG LEBIH BAIK   3. PENGALAMAN BERTEMU DENGAN ORANG-ORANG DARI LUAR NEGERI 4. HUBUNGAN BERKELANJUTAN YANG SANGAT LUAS  5. PENGEMBANGAN JIWA KEPEMIMPINAN


Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi .Tujuan ini dicanangkan bersama oleh negara-negara lintas pemerintahan pada resolusi PBB yang diterbitkan pada 21 Oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030.

youth4globalgoals.org


ISU APA SAJA YANG BIASA DIJADIKAN PROJEK SOSIAL? #4 Quality Education

#13 Climate Action

Para representatif akan ikut mengajar langsung dalam proses pembelajaran di sekolah, serta akan menjadi inspirasi para siswasiswi nya.

Para representatif akan ikut kedalam lapangan khususnya daerah yang memiliki isu climate action untuk melakukan upaya preventif.

#3 Good Health

#4 Gender Equality

Para representatif akan ikut serta dalam membantu penduduk atau masyarakat yang mempunyai keterbatasan fisik atau penyakit.

Para representatif akan ikut langsung membantu menyuarakan hak wanita-wanita yang ingin mengedepankan kesetaraan mereka.


Apa Kata Mereka? "I'd never thought that my summer holiday would affect me so much that I became who I am today. Especially about the way I see myself, things in life, and the world."

Via Valencia Dare to Dream 2017 China


From going half way across the world, to being transferred into such a fantastic project, to meeting the best people, and surpassing all personal boundaries. This global volunteer that I signed up for has blown all my expectations. AIESEC has changed me for the better. Grace Puspita UnderStand 2017 Poland


1. OPEN PASTIKAN KALIAN TELAH TERDAFTAR DAN MENGISI PROFIL KALIAN DI AIESEC.ORG 2. INDUCTION KALIAN WAJIB MENGIKUTI ACARA INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT MENGENAI GLOBAL VOLUNTEER 3. APPLIED WAH! KALIAN SUDAH MENENTUKAN PILIHAN PROJEK KALIAN DENGAN BAIK, KALIAN AKAN DIHUBUNGI UNTUK MELAKUKAN INTERVIEW LEBIH LANJUT AGAR SYARAT DITERIMA DI PROJEK 4. ACCEPTED SELAMAT, KALIAN TELAH DITERIMA DI PROJECT YANG KALIAN INGINKAN!, KALIAN HARUS MENGISI INITIAL LDA DAN ACCEPTANCE NOTE

Tahapnya gimana?


Tahapnya gimana?

5. APPROVED SETELAH DITERIMA DI PROJEK, KALIAN HARUS MEMBAYAR ADMINISTRATION FEE DAN MELAKUKAN SIGN-CONTRACT DENGAN AIESEC UI, JANGAN LUPA MENYIAPKAN DOKUMEN-DOKUMEN KALIAN UNTUK MEMBUAT VISA YA. AIESEC UI AKAN MENYIAPKAN PENGALAMAN KALIAN DENGAN BERBAGAI ACARA UNTUK KUALITAS DIRI YANG LEBIH BAIK. 6. REALIZED TIBA SAATNYA KALIAN AKAN MELAKUKAN PERJALANAN DAN BERKONTRIBUSI DI PROJEK SOSIAL YANG TELAH KALIAN PILIH. PASTINYA AKAN SANGAT MENYENANGKAN!


7. FINISHED PROJEK SOSIAL KALIAN TELAH SELESAI, KALIAN PASTINYA AKAN PULANG DENGAN KENANGAN YANG MELEKAT DAN SELALU BERHUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN-TEMAN KALIAN. 8. COMPLETED UNTUK MEMENUHI KEWAJIBAN KALIAN, KALIAN HARUS MENGISI LDA AFTER, QUESTIONNAIRE, DAN NPS UNTUK MENGUKUR SEBERAPA PUAS KALIAN TERHADAP PROJEK SOSIAL KALIAN. PASTIKAN KALIAN MENDAPATKAN SERTIFIKAT DAN HADIR DALAMÂ REINTEGRATION DAY!


Destinasi Filipina,Thailand,Vietnam,Malaysia, China,Korea Selatan,Taiwan,India,Azerbaijan,Mesir,Maroko,Nepal, Srilanka,Mauritius,Lithuania,Estonia,Romania,Ukraina,Rusia,Polandia, Rep.Ceko, Hungaria,Slovakia,Rusia,dan Regional Negara lainnya.


Pembayaran dan Pengeluaran AIESEC Administration Fee : Rp 3.000.000 Pengeluaran lainnya berdasarkan : VISA, Tiket Pesawat, Asuransi Perjalanan dan Biaya Hidup sehari-hari. Estimasi Biaya yang kira-kira akan kalian habiskan untuk melakukan perjalanan (termasuk pengeluaran yang disebutkan di atas) : Rp 8.000.000-Rp 12.000.000 : Asia Tenggara Rp 10.000.000-Rp 15.000.000 : Asia Pasifik Rp 20.000.000- Rp 30.000.000 : Eropa dan Timur Tengah Rp 45.000.000-Rp 60.000.000 : Amerika


PELAYANAN Biaya AIESEC Administration Fee akan menyediakan kalian : 1. Acara persiapan yang akan membentuk kepribadian kalian 2. Pengembangan personal lewat acara persiapan 3.Dokumen pendukung untuk VISA dan pemberangkatan 4.Mentor yang siap membantu kalian sebelum dan sesudah perjalanan 5.Panduan untuk mengembangkan kepribadian 6. Acara pendukung Global Volunteer lainnya


Muhammad Farizan Afif LCVP Outgoing Global Volunteer line id : frznafif +6285714920628

CONTACT ME FOR MORE INFO

Global Volunteer Booklet  

Global Volunteer Booklet AIESEC in UI 2018/2019

Global Volunteer Booklet  

Global Volunteer Booklet AIESEC in UI 2018/2019

Advertisement