Issuu on Google+

Handout ALTERNATIVE ENERGY (BIOGAS) HOUSEHOLD SCALE ENVIRONMENT FRIENDLY Introduction 
NEWS FLASH: Situbondo masyarakat yang paling memiliki sapi. Jumlah ternak yang menyebabkan banyak polusi kotoran sapi. Terbakar kotoran sapi dengan populasi yang tidak menumpuk. Pembakaran kotoran sapi menimbulkan masalah baru seperti polusi dan asap untuk menyingkirkan sesuatu yang bernilai. Memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang penggunaan kotoran sapi sebagai sumber energi alternatif (biogas) limbah rumah tangga menjadi solusi nyata dari kotoran sapi, kotoran sapi bahkan selain untuk menghasilkan biogas memiliki manfaat lain dalam bentuk ramah lingkungan pupuk organik.. The Task Lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Peran serta sebagai warga masyarakat diwujudkan dalam bentuk kepedulian terhadap persoalan limbah kotoran sapi. Proyek pemanfaatan kotoran sapi sebagai sumber energi alternatif (biogas) perlu disosialisasikan melalui penyuluhan dan pelatihan tentang pembuatan biogas. Pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan limbah kotoran sapi akan menyelesaikan persoalan lingkungan yang ada. Process Dalam rangka untuk menyelesaikan tugas Anda dan mendidik warga tentang biogas dan bagaimana mengatasi limbah kotoran sapi, setiap orang dalam kelompok Anda akan diberikan salah satu dari beberapa pekerjaan yang berbeda. Ketika Anda ditugaskan pekerjaan ini, itu akan menjadi misi Anda untuk mengetahui sebanyak yang Anda bisa pada subjek. Anda akan menjadi ahli pada apa yang Anda temukan, jadi pastikan Anda bekerja sekeras yang Anda bisa melatih orang-orang di kota ini lebih lanjut tentang biogas. Setelah melakukan penelitian pada setiap topik dengan menggunakan link yang disediakan, Anda akan berbagi hasil pribadi Anda dengan anggota kelompok yang lain. Setelah setiap anggota kelompok telah mempresentasikan / temuannya, kelompok Anda akan bekerja sama untuk merencanakan bagaimana untuk menyajikan informasi ini untuk kelas ini dalam format siaran berita. Juga, kelompok Anda akan membuat webcast video atau PowerPoint dengan informasi yang Anda telah menemukan.


Setiap Kelompok presentasi terdiri dari : Teknisi, Alhi Biogas,

Ahli pupuk organik

Kelompok lain akan terdiri dari siswa lain di kelas yang memiliki tugas yang sama seperti yang Anda lakukan. (Semua ahli biogas, semua ahli pupuk organik, dan teknisis). ini adalah Anda "Profesional Grup". Selama fase penelitian proyek Anda, Anda akan bekerja dengan siswa lain dari kelas yang memiliki tugas pekerjaan yang sama dengan Anda. Kelompok ahli Biogas dapat berbagi informasi dan sumber daya dan bekerja sama dalam mengumpulkan informasi, Kelompok teknisi dan kelompok ahli pupuk organik melakukan hal yang sama dengan kelompok ahli biogas. bagaimanapun, setiap orang bertanggung jawab untuk menciptakan kontribusi yang unik dan terpisah untuk "kelompok Diskusi Kelas" . Setelah semua kelompok selesai penelitian, mereka akan kembali bergabung "Kelompok Diskusi Kelas". dan membuat webcast video atau presentasi PowerPoint yang baik dan kemudian masing-masing kelompok akan menyajikan temuan mereka di depan kelas. Anda juga akan memposting video webcast atau PowerPoint di Edmodo sehingga Anda dapat membantu kelas mempelajari lebih lanjut tentang pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi biogas dan pupuk organik. Grading: Kelas digrade berdasarkan :


• Kualitas informasi yang dipaparkan • Partisifasi Kelompok • Intresnya masyarakat • Presentasi dan • Video atau PowerPoint. Lihat rubrik penilaian terlampir.

Informasi lengkap tugas masing-masing kelompok: Kelompok Teknisi  bertugas merangkai reaktor/digester untuk pembuatan biogas  melakukan instalasi gas ke rumah penduduk  mengawasi instalasi gas dan reaktor/digester selama proses fermentasi sampai dihasilkan gas  memberikan pelatihan tentang reaktor/digester dan instalasi gas Kelompok Biogas  Menyiapkan bahan berupa limbah kotoran sapi, air dan lain lain untuk campuran yang akan dimasukan ke dalam rekator/digester  Menyiapkan starter/biokatalisator  Memasukan seluruh campuran ke dalam reaktor/digester sampai terjadi fermentasi sehingga dihasilkan biogas  Memberikan penjelasan pada masyarakat tentang biogas, proses membuat dan pemanfaatan untuk sumber energi alternatif Kelompok Pupuk Organik  Menjelaskan pemanfaatan hasil sampingan reaktor/digester biogas sebagai sumber pupuk organik  Menjelaskan perbedaan hasil pertanian yang akan diperoleh dengan menggunakan pupuk organik dibanding pupuk sintetik  Menjelaskan dampak penggunaan pupuk organik terhadap lingkungandan kesehatan  Memberikan pelatihan tentang pemberian pupuk organik pada tanaman


 Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemasaran pupuk organik Your resources: Please use books from our classroom and the library, the websites listed on Edmodo. If you find additional websites that you think are useful, please tell me so I can post them for others to use.


Handout biogas ina