Page 1


B

IKLAN IKLAN

D C EE IKLAN

IKLAN

IKLAN


markas plus Assalamualaiakum, Hai sobat pLus semuanya, ketemu lagi nih sama pLus !. Setelah menghilang cukup lama dari dunia persilatan, akhirnya pLus ! lahir kembali dengan style baru. Selain karena sudah di Up-Grade jadi majalah, disain pLus ! dibuat lebih seger dan dengan info yang lebih menarik. Oh iya sob, karena selama bulan Ramadhan SMA Plus di invasi alumni yang mau membuat film profil, redaksi pLus ! memutuskan mengangkat tema "film" dalam edisi ini. Kita akan belajar cukup banyak mengenai film sebagai media yang ampuh buat bercerita. Diluar kampus kita bakal bahas pesantren media yang semakin asik saja dari tahun ketahun. Di profil, sobat pLus ! bakal diajak kenalan lebih jauh dengan Ketua OSIS dan Guru kesenian SMA Plus. Oh iya, ada yang tahu nggak kalo salah satu alumni SMA Plus ada yang membangun komunitas di daerahnya? kalo belum, baca aja di rubrik Alumni Plus. Selain itu, pLus ! akan mengangkat review film mata tertutup yang ngebahas tentang terorisme. Dari pada banyak bicara, mending baca langsung deh isi pLus ! nya. selamat membaca sineas muda!!!

02 bukan

sekolah biasa

10

komunitas belajar Sabalad

14

Film: sebuah krea fitas dalam menyampaikan kebaikan

22

bisnis online modal minimal, profit maksimal

SUSUNAN REDAKSI: Pelindung K.H. Drs. Koko Komaruddin, M.Pd Pembina Dr. Sumadi, M. Ag. Pimpinan Umum Sidik Amin Pimpinan Redaksi Ferdy Husnal Redaktur Pelaksana Yeni N., M. Ridwan Zaini, Fathurridzky A.T, M. Salman Al-Farisi Reporter Nada Rusyda N, Deasty Nurekawa , Dase Fahrurroji Mubarok, Farid Arifin, Regita Dwi Cahyani Editor Rayn Hidayat, Windi Widiyan , Divia, Selvi Tamia Layout Yus n Hanief, M. Alwan Luthfi Hakim, Anisa Nurul, Renida Iasha, Rezza Yuni Syara, Ikrima Azizah Photography Raden Hani, Giyara Jauharotu Salsabila, Fathan Ahmad Ar Rasyid majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

01


kabar plus

Hay Guys!! Kalian tau gak kegiatan apa saja yang ada di SMA ‘Plus’ Darussalam ini ? Tentunya sangat banyak sekali. Diantaranya TARI SAMAN. TARI SAMAN itu apa ?? Akan aku jelaskan sedikit ya, TARI SAMAN adalah sebuah tarian yang berasal dari suku Gayo Nangroe Aceh Darussalam yang ditampilkan tidak menggunakan alat musik, melainkan menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal pahanya. Untuk menghasilkan tarian yang sempurna kegiatan ini harus benar-benar diikuti secara rutin karena banyaknya gerakan-gerakan yang kelihatannya sulit untuk dilakukan dan diingat. Selain itu SMA ‘Plus’ ini telah menghadirkan kegiatan yang baru dibentuk yaitu ‘KABARET’. KABARET adalah sebuah pertunjukan atau pementasan seni yang biasanya terdapat hiburan berupa music, komedi, sandiwara dan berbagai tarian-tarian. Dari diadakannya

02

kegiatan kita bisa menyalurkan bakatbakat mereka seperti acting, nyanyi, dan menari. Latihan rutin kegiatan ini disepakati pada setiap hari kamis saja. Siapapun yang berminat baik itu kelas sepuluh, sebelas maupun dua belas, itu tidak menjadi masalah. Justru dari sinilah kita bisa mengenali diri kita sendiri, dan memahami karakter seseorang yang tentunya berbedabeda. Oiya, OSIS SMA ‘Plus’ periode 2012/2013 pernah mengadakan sebuah acara yang bertemakan “Day Of speaking” yang di sponsori oleh IM3, BWP, TS, AP, Unigal dan yang lainnya. Meskipun itu menjadi acara pertama yang diadakan oleh mereka, tetapi berjalan dengan lancar dan sangat sukses. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 5 Mei 2013 yang lalu, dengan peserta siswa/siswi SMP/MTs sepriangan timur. Hebaaat kan guys ?! Kegiatan selanjutnya, siswa/siswi SMA ‘Plus’ juga membentuk kelompok kerjasama dalam kegiatan JURNALIS seperti dalam membuatan majalah,

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


dengan peserta siswa/siswi SMP/MTs sepriangan timur. Hebaaat kan guys ?! Kegiatan selanjutnya, siswa/siswi SMA ‘Plus’ juga membentuk kelompok kerjasama dalam kegiatan JURNALIS seperti dalam membuatan majalah, bulletin, madding sekolah, dan yag lainnya. Kegiatan JURNALIS SMA ‘Plus’ ini juga pernah mengikuti sebuah acara perlombaan yaitu “Saba Sakola Mading Festival 2012” di Tasikmalaya pada tanggal 27 Mei 2012 yang lalu. Selain menambah pengalaman, kita juga bisa mendapatkan ilmu dari para peserta lain yang tentunya berbeda sekolah. JURNALIS SMA ‘Plus’ baru-baru ini ikut membantu para alumni-alumni dalam pembuatan ilm pendek “Pro il SMA ‘Plus’ Darussalam” yang disutradarai oleh kang Tony Dzulham alumni angkatan tahun 2009. Pembuatan ilm ini bertujuan untuk memperkenalkan SMA’Plus’ dengan cara yang berbeda. Melalui ilm ini SMA ‘Plus’ bisa lebih dikenali tidak hanya dikalangan masyarakat tetapi juga di Jaringan social. Selain itu, para alumni ingin memperkenalkan bagaimana cara membuat ilm kepada siswa/siswi SMA ‘Plus’ tentunya, juga menjadi ajang relasi antar alumni dan siswa/siswi SMA ‘Plus’ Darussalam. Oiya, para alumni ini mengadakan sebuah acara juga lhoo di alun-alun Ciamis. Acara ini sekaligus menjadi acara penutupan atas suksesnya pembuatan ilm pendek SMA ‘Plus’ dan acara terakhir dibulan Ramadhan tahun 1434 Hijriah. Acara ini terdiri dari buka bersama dengan seluruh keluarga SMA ‘Plus’ Darussalam, persembahanTARI SAMAN, show alat

musik, yaitu angklung dengan lagu “Indonesia Pusaka”, dan penampilan pantomim. Dari kegiatan ini kita menemukan arti dari sebuah kebersamaan. Artinya semua yang kita lakukan tak akan bisa tanpa bantuan, kerjasama dari semua teman-teman SMA ‘Plus’. Nah Guys, dari banyaknya kegiatan di SMA ‘Plus’ ini kita bisa memperlihatkan bahwa SMA ‘Plus’ itu BUKAN SMA BIASA. Karena kita bisa melakukan apa yang tidak mereka lakukan !! Kita juga mampu bersaing dengan sekolah yang lain. [ferdy | pLus!]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

03


kabar darussalam

Indahnya Ramadhan di Darussalam Bagi para santri, terutama santri baru, Ramadhan tahun ini merupakan ramadhan pertama di Darussalam. Tentu saja banyak hal baru yang ditemui. Bagi Santri senior, Ramadhan tahun ini juga ada yg beda, apa hayoo..? Yuppss, suasana baru yakni kampus atas dipindahkan ke bawah dan sebaliknya, begitu juga dengan sistem baru yang ada di Darussalam, ditambah nggak di adakannya bazzar seperti biasa di setiap ramadhan tahun-tahun sebelumnya, sangat membuat para santri galau (hehehe). Selama Ramadhan di Darusalam seperti biasa para santri sekolah dan mengaji, cuma bedanya semua itu di lakuin berbarengan dengan puasa, yaiyalah namanya juga Ramadhan... Kegiatan di mulai dengan bangun jam 02:30 dinihari untuk solat tarawih sampai jam 03:00, lalu para santri sahur dengan jatah yg sudah di bagikan, kemudian mengaji di masjid sambil menunggu adzan shubuh untuk melaksanakan sholat berjamaah shubuh, abis itu santri melaksanakan

04

kulsub (kuliah shubuh). Nah momen kuliah shubuh selalu bikin rame, karena kita bisa ngeliat gimana kocaknya para santri nundutan, bahkan sampai ada yang tepar dan terkadang udah kaya ikan teri yg dijemur, hehehe. Khusus Ramadhan, sekolah dimulai pukul 08.00 dan berakhir ketika adzan Dzuhur berkumandang. Setelah pulang sekolah para santri bebas melakukan apa saja di asrama, sampai adzan Ashar, lalu mengaji. Ramadhan tambah asik ketika ada acara bukber (buka bareng), eittss buka puasa bareng maksudnya. Suasana bukber sangat menyenangkan karena kerasa banget suasana kekeluargaannya, sangat hangat dan akrab, ya walupun gak bisa ngalahin kehangatan di rumah sih. [M. Salman|pLus]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


Luar kampus

Pesantren Media 2013

Cara asik Gaul Lewat Media Pesantren Media atau disingkat PesMed merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun dan diselenggarakan komunitas jurnalis BAJU KOPRAL (Baroedak Jurnalis Koran Priangan Lho) setiap Bulan Ramadhan. Pesantren Media 2013 ini di ikuti oleh para pelajar di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya yang memiliki minat di bidang jurnalistik. Kegiatan ini sangat menarik perhatian bagi kaum pelajar, dilaksanakan pada tanggal 20, 21, 27 dan 28 Juli 2013 yang bertempat dikompleks Masjid Agung Ciamis. Pelajar yang ikut serta dalam kegiatan ini bebas memilih Class sesuai dengan Bakat dan Minat nya, dan dibagi dalam 3 kelas yaitu, Audiovisual, Fotogra i, dan kelas Writing/Blogging Pemateri dalam kegiatan ini adalah mereka yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing, sehingga para peserta dengan mudah menyerap berbagai materi yang disampaikan. Terlebih lagi suasana sharing yang didesain dengan santai dan menyenangkan. Di akhir pertemuan ada bukber (buka bersama ) dan pembagian ID card & serti ikat Kegiatan ini sangan positif untuk membentuk siswa yang berkarakter, bermedia dan memiliki jejaring yang luas. Selain pelajaran di sekolah, kita juga mendapat wawasan luas dari luar. [yeni | pLus]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

05


sobat pLus Aang idik.. begitu sapaan akrab-nya, siswa SMA Plus yang sering mengaku ganteng kalem dan manis ini memiliki nama lengkap Sidik Amin Mubarok, si ganteng calm yang berkelahiran di Ciamis tepatya tanggal 13 februari 1995. Ang Idik yang memilik i sifat jail tingkat tinggi ini membuat ia menjadi orang terpopuler di sekolah. Namun tak sedikit murid yang jengkel kepadanya, karena ke jailan2 yang ia lakukan sering memiliki level yang berlebihan. Sita nuryanti yang akrab di panggil nenk enta menjadi salah satu objek favorite ang idik untuk menyalurkan sifat jailnya tak jarang ada orang nangis dibuatnya. Kalo di sekolah ada seleksi orang ternyebelin yakin Sidiklah pemenangnya,. Eitss tapi jangan salah di balik semua itu ia menyimpan segudang prestasi lhoo Sidik Amin Mubarok siswa kelas XII IPS Sma Plus Darussalam memiliki jabatan tertinggi diantara siswa siswi lainnya ia adalah Ketua Osis, selain itu dia juga memiliki banyak prestasi, diantaranya Juara story telling ke-2 se-Kabupaten, juara story telling ke-3 se-Kabupaten, juara cerdas cermat B.Inggris se-Periangan Timur, harapan 2 Ekonomi se-Kabupaten. Nenek adalah seorang igur motivasi dan penyemangat seorang ang idik,

06

kata-kata bijaknya membuat sidik lebih termotivasi untuk lebih baik lagi, bekerja keras, pantang menyerah dan selalu memanfaatkan waktu dengan hal yang positif itu lah yang membuat Sidik lebih pede berekspresi, dalam kata lain itu lah yang membuat sidik dapat menjadi seperti sekarang ini. Katanya ang idik ini bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha sukses lebih tepatnya pengusaha kuliner, kita doakan saja ya agar cita-citanya dapat tercapai. Amien. Dan katanya lagi yang paling penting sih dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan motto “semakin besar resiko yang di ambil semakin besar pula hasil yang baik�. Begitu katanya, sama seperti perjuangannya untuk dapat brsekolah di SMA Plus ini membutuhkan perjuangan yang cukup keras dan berkat bantuan juga dari Pak Tarmid yang kebetulan salah satu guru kita, Sidik bisa sekolah disini. Begitu pula dalam menjalani hidup sehari-hari seorang Sidik juga dari yang benar-benar susah itu dia rasakan tapi berkat perjuangannya dan kerja kerasnya dari yang berjualan pulsa pas kelas X dan berjualan kuliner kecilkecilan ketika aang udah kelas XI, tapi ang idik ini tidak malu akan hal itu justru

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


itu meru-pakan satu langkah awal untuk menjadi seorang pengusaha sukses katanya, dan akhirnya dia dapat seperti ini kan, seorang sosok atau igur yang paling terkenal di SMA Plus, betul tidak?? Untuk study lanjutnya UNPAD fakultas ekonomi bisnis sesuai dengan cita-citanya menjadi seorang pengusaha kuliner yang sukses, dan untuk target sekarang ini memperbaiki nilai raport yang kurang untuk bisa mengambil beasiswa agar masuk universitas yang dia inginkan. Kita doakan saja agar ang idik ini bisa diterima atau melanjutkan study lanjut yang di cita-citakannya. Amienn. Harapannya buat SMA Plus dari sidik ialah SMA Plus harus lebih baik lagi, lebih meningkat lagi baik dalam belajar mengajarnya, sarana prasarana dll, untuk semua angkatan juga harus lebih kompak, lebih mengeratkan tali persaudaraan, tidak ada jarak diantara kita, dan mari kita membuat acara yang positif untuk sekolah kita dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, Amienn. Ada pesan nih buat kita dari ang idik, ketika kita punya aspirasi, ide yang kreatif buat SMA ini

harus bisa mengaplikasi-kannya dengan guru yah, karena itu akan membantu kita untuk dapat mencapai itu, ingat yah jangan malu-malu untuk berkreasi buat sekolah kita dan yang paling penting untuk agama dan negara. Okeh!!! Hehe Tuh kan sobat, ngga hanya sisi negatifnya saja yang ada dalam sosok sidik tapi malah lebih banyak hal posi-tifnya yang ada dalam sidik, pastilah kita juga bisa merasakannya. Seorang contoh yang baik buat kita semua yang pastinya. [windi | pLus]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

07


guru pLus

Drs. H. Sopyan Saori

Pahit Mencapai Manis Hai sobat Plus, tahu kan guru kita yang selalu memberikan pelajaran seni sama kita? Ya! bapak Soefyan Saori atau yang akrab dengan panggilan Pak O’o . Pria kelahiran dari Cijulang tanggal 05 november 1955 ini adalah suami dari ibu Enih Daniatul Mag iroh. Bapak O’o dikaruniai 3 anak, Syifa Himah Daniah yang bekerja di PekanBaru, Nuri Aminun majid kuliah di Teknik mesin

08

Bolbar Bandung Dan yang masih duduk di bangku kelas 6 MI AL-FADLILIYAH Darussalam. Pak O’o bersekolah di SDN Cijulang dan SMPN Cijulang. Beliau kemudian melanjut study nya di MAN Darussalam ciamis. Sejak saat itulah beliau mulai belajar di pondok pesantren Darussalam. Setelah lulus Aliah, beliau melanjutkan study ke UIN Bandung yang pada saat itu adalah IAIN Soenan Goenoeng Djati. Mungkin masih sedikit sobat yang tahu bahwa selain sebagai guru kesenian, Pak O’o dulunya juga seorang ustadz atau mantan mubalig. Selain itu, sebenarnya bapak yang terbilang nyentrik dalam mengajar ini ternyata bercita cita ingin jadi dokter. Alasan Pak O’o menjadi guru kesenian karena menurut beliau berdakwah juga bisa menggunakan seni sebagai medianya. Nah Pak O’o ini menyukai seruling serta Pertamanan (Gardenning). Beliau suka membuat taman terutama taman dengan ornamen semen. Salah satu karya beliau yang bisa kita nikmati hingga sekarang adalah taman jam yang berada pinggir asrama Sibawaih. Saat ini, Pak O’o tinggal di komplek perumahan Darussalam, di belakang kampus IAID. Selai itu, beliau juga memiliki rumah di ciakar , cibeureum, Tasikmalaya.

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


curhat Assalamualaikum bu,. nahh siswa SMA kan masih di sebut Remaja awal , jadi Bagaimana bu jika dalam masa remaja awal ini tentunya banyak permasalahan yang di hadapi oleh para siswa dan juga bagaimana kalau banyak siswa yang melarikan diri dari masalah ? ( . . | X SMA PD)

iya, seperti tidak mau sekolah di karenakan orang tuanya bercerai sulit berkonsentrasi di kelas, dll. Kemudian juga Kebanyakan permasalahn yang di hadapi siswa itu salah satunya seperti itu, juga kalau sedang dpt mslh seharusnya hadapi saja karena jika tidak di selesaikan masalahnya akan menambah dan tidak akan selesai selesai

Hallo bu, Sosok seperti apa yang di butuhkan para siswa yang bisa memahami dunia mereka,, karena kan bu remaja itu pasti membutuhkan petunjuk dan arahan yang dapat memahami dunia mereka seperti apakah bu ? ( . . | X SMA PD)

Seperti ibu/bapak guru di sekolah juga kan berperan sebagai orang tua siswa di sekolah , dengar begitu guru guru di sekolah akan selalu memotivasi anak anak nya selalu mendoakannya juga mengusahakan yang terbaik untuk anaknya

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

09


alumni pLus Ai “Boy” Nurhidayat

Komunitas Belajar

N

Nun jauh di Parigi sana, terdapat sebuah perkumpulan masyarakat yang giat dalam gerakan membangun desa. Dengan semangat persaudaraan, komunitas terus berkembang. Mereka menjuluki diri sebagai Komunitas Belajar Sabalad. Komunitas Sabalad ini , berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. desa Cintakarya , RT/RW 01/04 dusun Cikubang. Ditengah kawasan perkebunan milik bapak Dayat inilah, beberapa generasi muda merajut harapan membangun masa depan. Komunitas ini dilahirkan pada tahun 2011, dari beberapa kepala pemuda pangandaran yang merasa perlu bergabung dalam wadah komunitas. Salah satu diantara mereka adalah Ai Nurhidayat atau akrab dipanggil “Boy” yang merupakan alumni angkatan kedua SMA Plus Darussalam. Selain sebagai sebuah gerakan yang mendukung pembangunan

10

masyarakat pangandaran pada khususnya, komunitas ini juga ingin menumbuhkan semangat belajar dan berteman di semua kalangan. Hal ini dapat dilihat dari salah satu programnya yang menyediakan taman baca gratis di saung tempat berkumpul komunitas ini. Sabalad sendiri menurut Ai “Boy” diambil dari dua bahasa yaitu basa sunda dan bahasa Arab. Dalam basa sunda sabalad memiliki arti satu pertemanan. Sedangan dalam bahasa arab “balad” diartikan sebagai negara atau bangsa, yang kemudian di tambahi imbuhan sa karena diserap dalam bahasa sunda, sehingga bermakna satu bangsa. Dari situlah moto komunitas ini lahir, “belajar selamanya dan mencari ilmu sebanyak-banyak nya”. Komunitas belajar sabalad menempatkan diri sebagai wahana pendidikan yang memberikan alternatif ditengah pendidikan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi. Dengan mendahulukan keterlibatan peserta dalam proses pembelajaran dan pemberdayaan, Komunitas Belajar sabalad memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk bisa saling belajar. Komunitas terbuka bagi setiap insan yang berkenan membuka diri dan memiliki kemauan berbagi ilmu dan pengalaman , bertukar pikiran , dan bekerja sama untuk mencapai tujuan

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


bersama. Selain itu, salah satu syarat berkunjung ke saung komunitas sabalad adalah mau berbagi ilmu dengan semua orang. Komunitas belajar sabalad memiliki beberapa program diantaranya program pendidikan , pelatihan & pemberdayaan SDM. Selain itu komunitas sabalad juga sering melaksanakan Pelatihan Jurnalistik, Diskusi umum, Observasi alam, Sanggar sastra, Teater sabalad dan lain lain. Secara khusus, komunitas belajar sabalad sudah melakukan kerjasama berupa pelatihan multimedia dan jurnalistik ke beberapa sekolah di pangandaran seperti, SMPN 2 Parigi, SMAN 1 Parigi, MAN Pangandaran dan sekolah-sekolah lain. Komunitas Sabalad juga menggalang kerjasama dengan komunitas komunitas lain di daerah priatim seperti Baju Kopral, KOFITA, KMP, FKMKP dan lainnya. Bahkkan secara luas, Komunitas ini juga memiliki relasi dengan komunitas lain yang bergerak dalam semangat yang sama. Penasaran kan? Makanya datang langsung ke Saungnya. [yeni | pLus!]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

11


tips triks

an pendapat? Atau a takut untuk mengeluark ras me h , rna pe u kam h Apaka setengah ma ? Kalau iya pan umum karena malu de di pil tam tuk un rat merasa be an rasa percaya dirimu. yak ahli menilai bahwa berar ada masalah deng as pede itu pen ng. Bana ali i dir ya rca pe a ras liki Memi rbedaanbesar antara ng yang menimbulkan pe n pe tor fak n aka rup me ngkan potensi diri percaya diri nggi kita bisa mengemba de pe nya pu lau Ka al. nya di dalam kelas. sukses dan gag i angkat tanga untuk berta ran be i jad a jug a Kit l. secara maksima sekedar gaul. ikutan kursus baru atau k terpengaruh oleh Tidak ada kata takut untuk m bawah sadar dan da ala ri da n gia ba h ala ad i gun percaya diri Percaya dir aan. Jadi, untuk memban ras pe n da al on osi em fat Hal-hal posi f hal-hal yang bersi perasaan, dan imajinasi. osi em tu yai a, sam g diperlukan alat yan mikian sebaliknya. tkan rasa percaya diri, de ukannya dalam itulah yang akan meningka diri sendiri dengan melak ri da f si po kap rsi be dan Jadi, mulailah imbang dengan dirimu, ndang orang lain secara Pa ri. -ha a mampu kit ari i seh dir n in pa yak idu a keh mpuan. Selama kit ma rke be ng ma me u tunjukkan bahwa kam dan benar, pede aja lagi!.

12

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


Pede Maksimal

Biar Kamu Bacalah

potensi diri Jalan mencapai rasa percaya diri akan semakin cepat manakala kamu mengembangkan nilainilai positif pada diri sendiri.

Tolaklah saran negatif

h

ko o k r

h a d ba

Pe

I

Segeralah lacak, gali, dan eksplorasi potensi sukses yang ada pada dirimu. Bisa jadi sangat banyak potensi yang kamu miliki tanpa disadari, sehingga tidak berhasil digali.

Kembangkan nilai positif Bisa jadi, nggak semua orang memberikan dukungan dan bersikap positif kepadamu. Sebagian orang bisa jadi malah berpikiran negatif terhadap kemampuan kita. Hindari mereka.

Cari lingkungan

optimis

Kepercayaan diri akan bertambah dengan memperkokoh ibadah dan doa, karena doa dan ibadah dapat mengundang pertolongan Allah.

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

13


fokus plus

Sebuah KreatiďŹ tas dalam Menyampaikan Pesan Kebaikan

D

Dakwah merupakan kewajiban dan tanggung jawab umat Islam dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam sebagaimana yang tertulis dalam AlQuran dan Hadits yang bertujuan kepada mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kejahatan atau kemunkaran. Islam sebagai agama disebut agama dakwah, maksudnya adalah agama yang disebarkan dengan cara damai, tidak dengan cara kekerasan. Islam menghendaki tatanan masyarakat yang ideal bagi akidah,

14

ibadah, maupun akhlaknya, tapi hal seperti itu jarang terwujud secara utuh, makanya dakwah selalu diperlakukan untuk meningkatkan kualitas spiritual manusia secara perorangan maupun masyarakat. Salah satu alternatif dakwah yang cukup efektif adalah melalui media ilm, karena dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang, pemanfaatan media tersebut cukup efektif, sebagaimana kita ketahui sekarang ini per ilman Indonesia

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


semakin maju dan berkembang disertai dengan sangat antusiasnya animo masyarakat dalam menikmati produksi ilm negerinya sendiri dan juga antusiasnya para sineas muda dalam menggarap sebuah ilm. Film bisa digunakan untuk menyebarkan pesan-pesan agama kepada masyarakat dengan memberikan kisah atau cerita yang dikemas dengan ringan, yang tidak kaku, menghibur dan disesuaikan dengan keadaan sosial masyarakat yang sedang terjadi sekarang ini, sehingga masyarakat tidak jenuh dalam menerima pesan-pesan keagamaan. Beberapa ilm atau serial yang bertema dakwah sudah banyak kita temui. Teman-teman pasti masih ingat ilm- ilm bertema religi seperti kKiamat Sudah Dekat, Ayat-Ayat Cinta, Para Pencari Tuhan, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit dari saudara-saudara kita yang dapat mengambil berbagai pelajaran dari ilm- ilm tersebut. Tapi sayangnya, akhir-akhir ini tidak sedikit pula ilm atau sinetron yang menamakan diri sebagai sinetron religi malah menampilkan tontonan yang sangat jauh dari kesan mendidik. Kita sebagai generasi muda, harus sudah mulai kritis dengan berabagai tontonan yang kita nikmati. Tidak

boleh sekedar menonton kemudian ikut terpengaruh dengan berbagai gaya yang disajikan di televisi atau layar bioskop. Nah, mumpung masih muda dengan energi yang sangat melimpah, alangkah baiknya kita mulai membuka wawasan dan mencoba menekuni berbagai bidang sesuai dengan minat kita, salah satunya tentang per ilman. Sebenarnya, menekuni tentang ilm sekarang ini sudah sangat mudah. Apalagi dengan berbagai alat multimedia yang tersedia. Sebagai latihan, teman-teman bisa mulai dengan membuat video-video atau ilm sederhana dengan kamera seadanya, bahkan dengan kamera ponsel. Mulai belajar membuat alur cerita, naskah, atau latihan akting, siapa tau nanti bisa jadi artis beneran, hehehe. Pokoknya jangan malas dan jangan takut untuk mencoba, selama hal tersebut bertujuan untuk kebaikan dan pengembangan diri. Semoga kedepannya kita bisa menjadi para penyeru kebaikan yang mampu menggunakan berbagai media sehingga pesan kebaikan yang kita sampaikan bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat. Terus berkarya teman !!

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

15


interview

18

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

19


review film

Mata Tertutup Produser Asaf Antariksa, Endang Tirtana Sutradara Garin Nugroho Penulis Tri Sasongko Pemeran Jajang C Noer, M Dinu Imansyah, Eka Nusa Pertiwi, Kukuh Riyadi Tanggal edar Kamis, 15 Maret 2012

“tidak ada satu agama pun yang memerintahkan seseorang untuk membenci orang tuanya� Mata Tertutup merupakan salah satu ilm yang menonjolkan kon lik Agama di indonesia. Setidaknya ilm ini berusaha untuk menyampaikan pesan mengenai kebenaran yang terjadi dalam tubuh gerakan-gerakan islam ekstrim. Tanpa mengurangi kehormatan Islam, ilm ini berhasil menyajikan realitas lapangan mengenai gerakan-gerakan islam keras. Dengan mengambil dari beberapa sudut pandang, Mata Tertutup menjadi salah satu media pendidikan pluralisme yang bagus untuk semua kalangan. Mata tertutup dibintangi oleh wajah-wajah aktor yang sangat jarang kita lihat. Selain Jajang C noer, kesemua pemeran nya merupakan pemeranpemeran baru. Meskipun demikian, para pemerannya dapat menyuguhkan

20

ekspresi dan gerak tubuh yang sangat bagus. Salah satu buktinya Mata tertutup berhasil menyabet empat nominasi dalam ajang Apresiasi Film Indonesia. Mata tertutup memiliki tiga cerita yang dikemas dalam satu alur. Cerita pertama mengenai seorang Rima (Eka Nusa Pertiwi) yang sedang mencari jati diri sebagai seorang anak muda. Dia terlibat dalam kelompok NII dan mendapat tempat yang strategis. Pada awalnya dia merasa nyaman dan menikmati keadaannya sebagai orang yang penting di NII. Akan tetapi, setelah melihat kenyataan mengenai pemerataan hak wanita dan bagaimana fakta kehidupan anggota NII seperti istri pemimpin NII yang terlantarkan, dia akhirnya memutuskan untuk keluar dari gerakan NII. Cerita kedua mengenai Asima (Jajang C Noer) seorang janda yang

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


anaknya Aini, diculik oleh gerakan islam fundamentalis. Aini yang kuliah dijurusan kedokteran merupakan anak semata wayang dan sangat disayangi. Aimah yang bekerja sebagai pengrajin hiasan aksesoris rumah akhirnya menelantarkan pekerjaannya saking khawatir pada anaknya. Sang ibu bersusah payah mencari dan mencoba menelusuri sendiri jejak Aini. Hingga akhirnya Aini pulang dengan depresi karena ketakutan setelah penculikan gerakan islam fundamentalis. Cerita ketiga mengenai seorang anak lulusan pondok pesantren Jabir (M. Dinu Imansyah). Setelah dikeluarkan karena tidak mampu membayar sekolahnya, ia pulang kerumahnya. Keadaan orang tuanya yang kurang mampu ditambah ayahnya yang kasar menempatkan Jabir itu dalam kondisi terjepit sebagai seorang pemuda tanpa pekerjaan. Ditengah kesulitannya, dia bertemu dengan seorang anggota gerakan yang merencanakan pemboman. Hingga pada satu ketika, mereka dirayu untuk melakukan aksi “jihad�. Diakhir cerita, rencana pengeboman dapat digagalkan dan Jabir berhasil ditembak mati sebelum melakukan pengeboman. Film yang bertemakan terorisme ini merupakan salah satu ilm yang berdasarkan observasi dan wawancara langsung dari para mantan anggota NII. Bahkan dalam prosesi produksi,

beberapa mantan anggota gerakan membantu langsung, bermain dan mengarahkan. Film ini memiliki konsep dan ide cerita yang sangat bagus. Dengan menggunakan cerita asli dari para pelaku dan korban, ilm ini bisa menjadi referensi mengenai pola-pola perekrutan anggota NII dan gerakangerakan islam fundamentalis. Selain itu dari segi cerita, ilm ini memberikan cerita yang menyentuh. Akan tetapi, ilm ini tidak lepas dari kelemahan. Dari segi alur cerita, ilm ini terlalu berputar putar. Terutama pola yang memberikan tiga cerita dalam satu plot. Sehingga terkadang kita salah menyangka antara adegan aini dan gadis NII. Selian itu ilm ini sarat dengan isu sara. Pada akhirnya, ilm ini sama saja seperti ilm Garin Nugroho yang lain. Memberikan warna kritis dengan penyampaian yang menarik. [@cooltipatip]

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

21


entre preneur

Bisnis online di Indonesia sekarang lagi berkembang pesat, lantaran semakin banyaknya pengguna internet yang mencapai 20% dari populasi, terutama pengguna sosial media seperti facebook dan twitter. Makanya bisnis online mempunyai prospek yang cerah saat ini. Melihat peluang di atas, banyak investor asing menanamkan uangnya untuk bisnis online di Indonesia. Banyak toko online retail besar bermunculan, seperti TokoBagus, Zalora, BerryBenka, Lazada,dll. Mereka melihat potensi pro it yang akan dihasilkan dari pasar di Indonesia yang berpopulasi banyak yang udah pada melek internet. Kita sebagai pribumi asli Indonesia sebaiknya jangan hanya berdiam diri saja melihat perekonomian negara kita terutama dari bidang bisnis online dikuasai oleh pihak asing. Kita bisa mencoba jualan online kecil-kecilan dulu. “The journey of a thousand miles begins with one step.�-Lao Tzu. Buat yang ingin nyoba bisnis online biar bisa nambah uang jajan bahkan jadi penghasilan utama ternyata mudah juga lho caranya. Gak usah bingung gak punya modal, gak punya pengetahuan soal IT, gak punya network. Yang penting semangat, ketekunan dan kemauan untuk selalu belajar.

22

Banyak sekali model dari bisnis online, tapi yang akan kita fokuskan saat ini adalah tentang jual beli online. Ternyata jualan online hampir bisa tanpa modal sama sekali. Tapi tetep ding pakai modal juga, hehe. Modal di sini maksudnya untuk fasilitas kegiatan online tersebut, seperti laptop/komputer, koneksi internet, hp+pulsanya, rekening bank dan listrik. Cuma itu yang dibutuhkan untuk memulai jualan online. Jadi buat yang udah pada punya alat-alat di atas, selamat kamu bisa jualan online tanpa modal. Lalu barangnya dari mana? Cara untuk mencari pemilik produk (barang/jasa) bisa dengan 2 cara, pertama dengan mendatangi pemilik produk, bagusnya dari produsennya langsung supaya harga yang kita dapat murah, tawari kerjasama lalu jelaskan bahwa kita ingin memasarkan produk mereka. Awal-awal bisa jadi mereka gak terlalu menggubris tawaran kita, tapi ketika pesanan terus datang dari kita maka pemilik barang akan senang hati memberikan harga lebih murah lagi kepada kita (pemasar). Cara kedua ini benar-benar full online, kita nyari pemilik produknya secara online. Supplier produk yang open reseller kebanyakan di Kaskus.co.id. Persisnya di bagian kategori Forum > Bisnis > Penawaran

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


Kerjasama, BO, Distribusi, Reseller, & Agen. Di sana banyak sekali jenis barang yang ditawarkan, kalian bisa memilihnya sesuai dengan passion kalian. Baca juga syarat untuk menjadi reseller produk mereka, karena ada yang diharuskan membeli produknya dulu ada yang enggak. Setelah ketemu produk yang ingin dijual, hubungi contact personnya, ikuti peraturannya, maka kalian sudah bisa dapat produk untuk dijual. Selain melalui kaskus kalian bisa mencarinya dengan googling, dengan rumus kata pencarian : reseller + nama produk. Misal, reseller sepatu futsal, atau reseller baju batik.

Untuk menjualnya kalian bisa pajang produknya di facebook, forum jual beli kaskus, toko bagus, berniaga.com, bukalapak.com, tokopedia.com. Semuanya gratis, buat yang ingin lebih professional kalian bisa membuat blog di blogspot atau wordpress untuk dijadikan toko online. Dan tingkatan lebih professional dan berbayar adalah dengan membuat website jualan sendiri dengan nama domain sendiri. Saran saya untuk pemula, coba-coba jualnya di yang gratis saja dulu. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang para pengusaha muda

data penulis

Achmad Zacky Rachmatullah owner CV. AZR Niaga Krea f founder innoba c.com dan amazaki.com

Lahir di ciamis 7 desember 1989. Alumni RA, MI, MTs Darussalam dan rumahnya di Darussalam juga. SMA di SMAN 2 Ciamis dan kuliah di Politeknik Telkom Bandung. Dia mengawali bisnis onlinenya ke ka menjadi karyawan di sebuah konsultan IT di Jakarta. Awalnya cuma iseng cari tambahan penghasilan tapi ke ka penghasilan dari jualan onlinenya melebihi gajinya di kantor, dia memberanikan diri untuk keluar dari kantornya dan fokus berwirausaha. Selain menjual produk orang lain, sekarang dia sedang merin s untuk membuat brand sendiri untuk sepatu futsal yakni Amazaki, dan untuk baju ba k yakni Innoba c. majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

23


Guys, pribahasa diatas mungkin simple, tapi mengandung makna yang cukup pen ng loh ternyata. Seper yang kita tahu nih, dalam hidup se ap orang pas memiliki ambisi. Oleh karena itu, sudah pas dalam hidup selalu terjadi persaingan. Bahkan sebelum kita lahir ke dunia pun kita sudah bersaing ribuan bakal calon bayi untuk bias merasakan kehidupan di dunia. Nah, yang nentuin siapa pemenangnya itu adalah semangat yang nggi dan keinginan yang besar buat menang, salah satunya. Karena sebenarnya menang itu Cuma bonus yang bakal kita dapet di akhir, yang terpen ng itu justru proses kita dalam mencapai kemenangan yang kita dape n. Dan yang terpen ng nih, kita hanya dibolehin bersaing dalam melakukan kebaikan, bukan sebaliknya. [janes | pLus!]


hadits

ُ َ ، ‫ﺳﻼﻣُﮫ‬ َ َ ْ ‫ھر‬ ‫ﻓﻛﱡل‬ ِ ‫ﻗﺎل َرُﺳوُل ﱠ‬ َ َ ْ ِ‫أﺣدﻛم إ‬ َ َ ْ َ‫ ِ َإذا أ‬- ‫ ﺻﻠﻰ ﷲ ﻋﻠﯾﮫ وﺳﻠم‬- ‫ﷲ‬ َ َ ‫ﻗﺎل‬ َ َ ‫ﯾرة‬ َ ُ ‫َﻋْن َ ِأﺑﻰ‬ ْ ُ ُ َ َ ‫ﺣﺳن‬ ْ َ ُ َ ،‫ف‬ َ ْ ُ ‫ﻌﻣﻠﮭﺎ‬ َ ْ ُ ‫ﻌﻣﻠﮭﺎ‬ ََ َ ٍ ‫ﺿْﻌ‬ ُ ‫ﺗﻛﺗ‬ ُ ‫ﺗﻛﺗ‬ ‫ﺑﻣﺛﻠﮭﺎ‬ ِ ‫ﺑﻌﻣﺎﺋﺔ‬ ِ َ ِ ِ ْ ‫ﻣﺛﺎﻟﮭﺎ ِ َإﻟﻰ َﺳ‬ َ ِ ِ ِ ‫ب َﻟُﮫ‬ َ ُ َ ْ ‫وﻛﱡل َﺳ ﱢ َﯾﺋٍﺔ َﯾ‬ َ ِ َ ْ ‫ﺑﻌﺷر أ‬ َ ُ َ ْ ‫ﺣﺳﻧٍﺔ َﯾ‬ ِ ْ َ ِ ‫ب َﻟُﮫ‬ Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang memperbagus keislamannya, maka setiap kebaikan yang dilakukannya dituliskan 10 hingga 700 kali lipat, sedangkan setiap kejelekannya hanya ditulis sepertinya (satu saja)" Allah swt dan Baginda Rasulullah senantiasa mengingatkan dan berpesan kepada kita agar nggak bosa-bosan untuk selalu berbuat baik. Nah pada edisi kali ini, kita akan sama-sama membahas salah satu Hadits Rasulullah saw, tentang pahala berbuat baik. Berikut penjelasannya sobat pLus!. ‫ﺳﻼﻣُﮫ‬ َ َ ْ ِ‫أﺣدﻛم إ‬ َ َ ْ َ‫ِ َإذا أ‬ ْ ُ ُ َ َ ‫ﺣﺳن‬ Jika seseorang memperbagus keislamannya Hadits ini menggunakan lafadz jamak "ahadukum" karena ditujukan kepada para banyak sahabat yang saat itu mendengarkan hadits beliau, namun maknanya tetap berlaku bagi setiap pribadi. Artinya, siapapun orangnya asalkan memenuhi syarat ini maka ia akan mendapatkan pelipatgandaan amal kebaikan seperti dijelaskan dalam

lanjutan hadits ini. Makna memperbagus keislamannya adalah teguh di atas Islam yang ia ikrarkan dengan syahadat dan berkomitmen dengan ajaran-Nya. َ ْ َ‫ﺑﻌﺷر أ‬ َُ َ ِ ‫ﻣﺛﺎﻟ َِﮭﺎ ِ َإﻟﻰ َﺳْﺑِﻌ‬ َ ْ ُ ‫ﻌﻣﻠﮭﺎ‬ َ َ َ ‫ﻓﻛﱡل‬ ُ ‫ﺗﻛﺗ‬ ‫ﻣﺎﺋِﺔ‬ َ ُ َ ْ ‫ﺣﺳﻧٍﺔ َﯾ‬ ِ ْ َ ِ ‫ب َﻟُﮫ‬ ٍ ‫ﺿْﻌ‬ ‫ف‬ ِ maka setiap kebaikan yang dilakukannya dituliskan 10 hingga 700 kali lipat Inilah kasih sayang Allah yang diberikan untuk hambaNya yang muslim. Asalkan ia beriman, asalkan ia Muslim yang berkomitmen dengan keislamannya, setiap amal kebaikannya dilipatgandakan 10 hingga 700 kali lipat. ْ ِ ‫ب َﻟُﮫ ِﺑ‬ ُ َ َ ْ ُ ‫ﻌﻣﻠﮭﺎ‬ ُ ‫ﺗﻛﺗ‬ ‫ﻣﺛﻠ َِﮭﺎ‬ َ ُ َ ْ ‫وﻛﱡل َﺳ ﱢ َﯾﺋٍﺔ َﯾ‬ sedangkan setiap kejelekannya hanya ditulis sepertinya (satu saja)

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

25


Berbeda dengan amal kebaikan yang dilipatgandakan, amal buruk yang dikerjakannya hanya ditulis satu saja. Bahkan dalam hadits sebelumnya disebutkan "kecuali jika Allah memaa kannya." Artinya, jika amal buruk itu diamaa kan Allah, ia bahkan tidak ditulis sama sekali. Dengan rahmat Allah inilah, sungguh pintu surga dibuka seluasluasnya bagi muslim. Allah memberinya peluang besar agar catatan amal kebaikannya bertumpuktumpuk, sementara catatan amal kejelekannya hanya sedikit, bahkan tertutupi oleh amal kebaikannya. Pelajaran Hadits Pelajaran yang bisa diambil dari hadits ini diantaranya adalah:

1. Seorang muslim hendaklah memperbagus keislamannya, yakni dengan tetap teguh di atas Islamnya dan berkomitmen dengan ajaranNya; 2. Bagi muslim yang demikian, Allah melipatgandakan catatan amal kebaikannya menjadi 10 hingga 700 kali lipat; 3. Amal kejelekan seorang muslim hanya dicatat seperti apa yang ia lakukan, tanpa dilipatgandakan; 4. Hadits ini menunjukkan betapa besarnya kasih sayang Allah kepada orang-orang yang beriman. Jadi gimana sobat, setelah tau begitu melimpahnya pahala yang diberikan Allah swt bagi mereka yang berbuat baik, masih ragu untuk segera action?!

kata bapak, tolonglah orang lain, maka Allah akan menolongmu

26

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


Humor

Krik..krik..

masuk surga

Galang Dan Farid | pLus! majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

27


cerita plus

(bag ke-1) oleh : Fauziyyah Raisatul A.

Kicau riang burung-burung mengiringi langkah kaki para insan muda menuju sekolah. Hawa dingin yang begitu menusuk sampai terasa ke tulang sama sekali tak menghadang semangat belajar mereka. Dengan memikul tas berisi buku-buku pelajaran di pundak, mereka siap menimba ilmu di sekolahnya masingmasing. Sama seperti gadis manis yang sedang duduk di bangku panjang sebuah halte. Hujan sedang mengguyur daerah sekitarnya. Membuat gadis itu mau tak mau harus melindungi tubuhnya dari serbuan ribuan titik air hujan. Jika tidak, seragamnya akan basah kuyup dan dia tak bisa bersekolah hari ini.

28

Tapi, mengingat akan diadakannya ulangan harian di jam pelajaran pertama, membuat hatinya resah dan gundah. Dia terus menerus meremas jari-jari tangannya sambil berharap dan berdoa agar hujan segera reda. Dia masih meremas-remas jarinya saat sebuah mobil matic berwarna merah tiba-tiba saja berhenti di depannya. Sang pengemudi kemudian menurunkan kaca mobilnya dan mengajaknya bicara. "Marsha? Mobil kamu mana? Terus, kamu kenapa masih disini? Sepuluh menit lagi kan masuk." Marsha yang sedari tadi terpaku menatap ribuan titik air hujan langsung mengalihkan pandangannya ke arah sumber suara. Kemudian ia

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


memberikan senyum manisnya kepada sang pengemudi. "Aku lagi nungguin hujan reda, Kak Zabrina. Tadi aku lupa nggak bawa payung." Sang pengemudi yang ternyata bernama Zabrina menganggukanggukan kepalanya tanda mengerti. "Kalau gitu, bareng sama Kakak aja yuk. Kamu bisa telat kalau nunggu hujan reda. Kita kan nggak tau kapan hujan reda." "Nggak usah, Kak. Aku nggak mau ngerepotin." "Kakak nggak ngerasa di repotin kok, Sha. Justru Kakak malah seneng kalau kamu mau berangkat bareng Kakak. Yuk, nanti telat beneran lagi." "Beneran nggak apa-apa Kak?" "Nggak apa-apa, Marsha. Yuk.� *** Marsha berjalan sendiri menuju perpustakaan saat istirahat tiba. Kebiasaannya menghabiskan istirahat sambil membaca buku memang telah dimilikinya sejak duduk di bangku sekolah dasar. Baginya, membaca lebih penting daripada harus menghamburkan waktu dengan mengantri di kantin. "Mau kemana, Sha?" Marsha mengarahkan pandangannya ke sumber suara. Dia langsung melemparkan senyum termanisnya begitu menyadari bahwa orang yang menyapanya tadi adalah Zabrina. "Eh, Kak Zabrina. Mau ke perpus, Kak." "Mau ke perpus? Bareng yuk. Kebetulan Kakak juga mau kesana."

"Sha, Kakak boleh tanya sesuatu nggak?" "Boleh. Tanya aja, Kak." “Kamu.. Adiknya Gloria ya?" “Eum.. Kakak.. Kakak tau dari mana?" "Gloria temen SMP Kakak, Sha." “Oh." "Kakak bingun deh, Sha. Gloria kok kesannya nggak mau orang-orang tau dia punya adik? Sampai-sampai dia nggak mau kamu satu sekolah sama dia?" Marsha tersenyum tipis. "Aku juga nggak ngerti Kak kenapa Kak Gloria benci banget sama aku." *** Marsha yang sedang meminum orange juicenya langsung tersedak saat mendengar keputusan sang mama untuk memindahkan sekolahnya. Kenapa dia harus satu sekolah dengan kakaknya? Padahal mamanya tau kalau dirinya dan Gloria tak pernah akur. "Kenapa harus pindah sekolah, ma? Emang ada yang salah sama sekolahku yang sekarang?" Mama Marsha menggeleng sambil tersenyum. "Justru itu. Mama ingin kamu dan Gloria rukun. Kalau kalian berdua satu sekolah dan sering bersama, kalian pasti bisa akur." Marsha langsung lemas. Akur mamanya bilang? Yang ada setiap hari dia terintimidasi karena perlakuan Gloria padanya. *** (bersambung)

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013

29


30

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


tebak ya Ron, ada kereta dari arah kana ke kiri dan kiri ke kanan masang rok dimana? hayo

Liona dan Ron sedang tebak-tebakan

hmm...

oke gue nyerah,

jawabannya....

IKAT PINGGANG !!! oke, sekarang giliran gue ... jawab yaaa... 1 masuk, 2 masuk, 3 diangkat... hayoo apa...?? oke gue nyerah,

jawabannya....

ORANG YANG LAGI PAKE CELANA !!! .....

OLEH: Divia | X SMA PD


musik plus

G C Ada banyak cara Tuhan menghadirkan cinta Am D Mungkin engkau adalah salah satunya Em Am Namun engkau datang di saat yang tidak tepat C D G Cintaku telah dimiliki Re C D Em Inilah akhirnya harus ku akhiri Am D G Sebelum cintamu semakin dalam C D Em Maa kan diriku memilih setia Am Bm C D G Walaupun kutahu cintamu lebih besar darinya G C Maa kanlah diriku tak bisa bersamamu Am D Walau ku sadar tulusnya rasa cintamu Em Am Takkan mungkin untuk membagi cinta tulusku C D G Dan aku memilih setia back to Re C G Seribu kali logika untuk menolak C D G Tapi ku tak bisa bohongi hati kecilku C G Em Bila saja diriku ini masih sendiri C Bm C D Pasti ku kan memilih ‌ kan memilih mu Dase | pLus!

32

majalah pLus ! | edisi spesial | oktober 2013


B

IKLAN IKLAN

D C EE IKLAN

IKLAN

IKLAN


A IKLAN

Fix-kurang iklan aja  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you