Page 1

Laporan Kunjungan Industri Smk Negri 1 Depok

Yogyakarta-Bali Rekayasa Perangkat Lunak Jalan Raya Tapos,Depok Telepon ( 021 ) 202056 Depok

Disusun oleh : Setiaji Saputro


KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kami panjatkan ke khadirat Allah swt atas berkat dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “ Laporan Kunjungan Industri JOGJA-BALI “. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas dari pengajar mata pelajaran Produktif RPL. Dalam Penyusunan makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan - kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penyusun. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini. Akhirnya saya mengucapkan terimakasih karena telah berkenan membaca dan membimbing pembuatan makalah ini.


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Sekolah Menengah kejuruan perlu diadakanya kunjungan Industri ( SMK N 1 Depok) mengadakan kunjungan industri bagi siswa kelas X untuk semua kejuruan , pada kesempatan ini kami mengunjungi AKRB Yogyakarta, PEMKAB Jembrana dan SMKN 1 NEGARA. Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll. Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung,mengetahui sarana kunjungan industri,dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut. B. Tujuan Kegiatan Kunjungan Industri Tujuan kegiatan kunjungan industri adalah sebagai berikut : - Memberikan motivasi baru kepada siswa terutama dalam belajar. - Mengetahui dan melihat alat – alat canggih pada industri tersebut. - Melihat secara langsung proses produksi dari awal hingga akhir. - Memberi bekal kepada siswa agar setelah lulus menjadi orang yang mandiri - Untuk belajar ( tidak hanya tau teknik tapi juga praktik). - Memberi Pengetahuan baru. C. Waktu dan Tempat pelaksanaan - AKRB Yogyakarta = 21 April 2014 (Yogyakarta) - PEMKAB Jembrana = 23 April 2014 (Bali) - SMKN 1 NEGARA = 23 April 2014 (Bali)


BAB II

PROFILE INDUSTRI Profile AKRB Tentang AKRB

Trend ekonomi nasional yang saat ini mengarah pada perkembangan yang pesat terutama dalam industri dan bisnis media, menjadi alasan dan semangat awal dari pendiri yayasan Radya Binatama untuk menciptakan institusi pendidikan di bidang Ilmu Komunikasi. Sebuah institusi pendidikan yang mencoba menjawab tantangan perkembangan industri dan bisnis media tersebut dengan menciptakan tenaga-tenaga ahli dan profesional di bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi Komunikasi. Dengan berbekal pertimbangan diatas, maka yayasan Radya Binatama pada tahun 1999 mendirikan Akademi Komunikasi Radya Binatama atau yang kemudian dikenal dengan AKRB. Didirikan pertama kali oleh Aris Yudanto SH dan Dra Mirsawati, M.Si wiraswastawan media di Yogyakarta, dengan akta Notaris Silvia Veronica SH, nomor 28 tertanggal 12 Maret 1991 dan akta perubahan nomor 21 tertanggal 9 September 1999 dengan Notaris Soemi Sajogjo Moedito Mardjikoen SH. Pertama kalinya AKRB berkantor pusat di jalan Purwanggan nomor 7. Kepentingan pengembangan institusi untuk kemudian berpengaruh pada kepengurusan yayasan ini, dimana saat ini AKRB dijalankan dalam satu manajemen dengan STMIK AMIKOM Yogyakarta, dibawah Ketua Dewan Pembina Prof. Dr. H.M Suyanto, MM. Berkantor pusat di jalan Janti nomor 3/47 Karangjambe Sayap Barat Jembatan Layang Janti Yogyakarta.


Visi, Misi dan Tujuan AKRB Sebagaimana sebuah institusi pendidikan, Akademi Komunikasi Radya Binatama mengorganisasikan dirinya berdasarkan visi misi yang jelas. Visi AKRB “Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan Dalam Mencetak Tenaga Profesional Di Bidang Komunikasi di Indonesia tahun 2020â€? Misi AKRB 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terbaik di bidang komunikasi dan kepenyiaran berbasis Creativepreneur, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang komunikasi dan penyiaran untuk kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. 3. Menjalin kerjasama dengan industri atau dunia usaha sebagai masukan dalam mengasah kemampuan membuat karya-karya di bidang kepenyiaran. Tujuan AKRB 1. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pelatihan di bidang komunikasi dan kepenyiaran, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 2. Memberikan layanan yang profesional serta menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar dunia kerja. 3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan orientasi Student Centered Learningsehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu berkarya di industri komunikasi. 4. Menghasilkan karya-karya yang diakui secara nasional. 5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan keahliannya di bidang komunikasi dan kepenyiaran. Visi Program Studi Penyiaran AKRB â€?Menjadi program studi unggulan di Indonesia dalam menghasilkan tenaga profesional yang kompeten di bidang penyiaran, siap pakai, beretika dan berdaya saing pada tahun 2020″ Misi Program Studi Penyiaran AKRB Untuk mewujudkan Visi Program Studi Penyiaran AKRB Yogyakarta, maka ditetapkan misi sebagai berikut : 1. Menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompeten secara akademis, manajemen profesional, berjiwa wirausaha dan berwawasan dibidang penyiaran. 2. Menyajikan kurikulum yang terstruktur, efektif dan efesien serta relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penyiaran. 3. Menyelenggarakan kegiatan seminar, pendidikan dan pelatihan atau workshop guna pengembangan diri dan wawasan agar siap kerja, beretika dan kompetitif 4. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Penyiaran untuk kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat 5. Menjalin kerjasama dengan industri atau dunia usaha sebagai masukan dan umpan balik kualitas lulusan serta mengetahui apa yang dibutuhkan dunia usaha. Tujuan Program Studi Penyiaran AKRB


Tujuan yang ingin dicapai Program Studi Penyiaran AKRB Yogyakarta adalah sebagai berikut : 1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya yang kompeten, beretika dan profesional dalam menerapkan ilmu pengetahuan komunikasi dan penyiaran, serta ahli dan terampil dalam pengembangan kreativitas bagi kebutuhan dunia industri penyiaran di masa kini dan masa yang akan datang. 2. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi penyiaran serta penerapannya dalam kerangka pengembangan dan pembangunan masyarakat ke arah masa depan. 3. Memiliki sertifikasi yang diakui secara nasional serta dirancang untuk memiliki kompetensi utama yang telah ditetapkan 4. Memberikan pelatihan jangka pendek bagi masyarakat, instansi maupun dunia industri.

Tenaga Pengajar Tenaga Pengajar (Dosen) di AKRB diampu oleh dosen yang berkualitas dari Praktisi dan Akademi yang berpengalaman dan ahli di bidangnya yang terdiri dari Dosen Tetap, Dosen Luar Biasa dan Dosen Tamu. Dalam kegiatan proses belajar mengajar dosen bersikap familiar dan tanggungjawab sehingga mahasiswa dapat menyerap materi kuliah dengan baik. Hal ini dilakukan AKRB dalam tujuannya memberi bekal bagi mahasiswanya tidak hanya secara teoritis saja melainkan kemampuan-kemampuan praktis yang dibutuhkan dalam dunia industri media yang sebenarnya. Sarana dan Prasarana Dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar, Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta menyediakan beberapa fasilitas, sarana maupun prasarana, diantaranya adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Ruang Kelas yang nyaman, ber-AC, dan dilengkapi LCD. Laboratorium : Editing, Radio, Fotografi, Komputer Grafis & Animasi Ruang tunggu mahasiswa Mushola Free Hotspot Lab Dunia Kerja RBTV, tiap minggu memproduksi acara TV “Pelangi Jogja� Perpustakaan


Program Studi Mencetak Ahli Madya (A.Md) Komunikasi Siap Kerja bidang Broadscting (Penyiaran) yang memahami proses pra produksi s/d pasca produksi suatu program acara atau film yang didukung keterampilan menggunakan peralatan broadcast ditambah pendalaman kompetensi sesuai minat mahasiswa, dengan konsentrasi sbb : 1. PROGRAM ACARA TV & RADIO. Anda lebih mendalami proses kreatif dan produksi suatu program acara TV & Radio 2. FILM & SINETRON. Anda belajar bagaimana proses kreatif dan produksi suatu Film & Sinetron 3. MULTIMEDIA. Anda belajar bagaimana memanfaatkan teknologi multimedia sebagai pendukung produksi program acara TV, Iklan dan Film. Prospek Karir alumni AKRB : Penyiar TV/Radio, Produser, Reporter, Host, Media Planner, Script Writer, TV Graphic Designer, Sutradara, Kamerawan, Editor, Art Dirsector, Audioman, Talent Casting, Talent (Artis), Jurnalis, dll. Selain itu lulusan AKRB juga bisa membuka usaha seperti : Video Shooting, Video Editing, Agen Periklanan, Production House, Konsultan Media Planner, Event Organizer (EO), dll.


Profile Pemkab Jembrana

Pemkab Jembrana Kabupaten Jembrana berbatasan dengan Kabupaten Buleleng disebelah utara, Samudra Hindia disebelah selatan, Selat Bali disebelah barat, dan Kabupaten Tambana disebelah timur.Secara administratif Kabupaten Jambrana terbagi atas 4 kecamatan dengan luas wilayah 841,80 km2. Perekonomian Kabupaten Jembrana banyak didukung oleh pertanian, perdagangan, hotel dan restoran. Kabupaten yang berbatasan dengan Samudra Hindia dan didukung oleh luas pantai 999 mil dan panjang pantai 76 kilometer ini membentang dari Gilimanuk sampai Desa Pengargogan. Produksi perikanan di kabupaten ini adalah yang terbesar di Pulau Bali. Komoditas perikanan laut mengandalkan pada produksi ikan lemuru. Produksi perikanan laut Jembrana tentunya tidak hanya lemuru saja tetapi masih banyak lagi seperti tongkol, layang, kuwe, kerapu, kakap, dan ikan laut lainnya. Potensi perikanan laut memicu munculnya industri pengolahan ikan dan industri pendukung seperti pabrik es. Sebagai pendukung kegiatan perekonomian, Kabupaten Jembrana memiliki beberapa sarana dan prasarana penunjang diantaranya pelabuhan Gilimanuk. Pemasaran komoditas hasil industri pengolahan ikan tidak hanya untuk dalam negeri saja, tetapi juga luar negeri. dengan negara tujuan Srilangka, Amerika, Eropa, Hongkong dan Malaysia. Pada sektor lainnya pertanian merupakan andalan Jembrana dengan pertanian tanaman pangan sebagai yang utama. Diluar dari sektor diatas Jembrana juga tidak meninggalkan perannya sebagai daerah wisata di Pulau Bali. Meskipun belum bisa mengandalkan pariwisata sebagai denyut perekonomian, industri kerajinan rakyat sebagai pendukung pariwisata telah cukup berkembang. Letaknya yang ada diujung barat Pulau Bali, menjadikan kabupaten ini sebagai pintu gerbang Bali bahagian barat. Pelabuhan Gilimanuk sebagai pelabuhan penyeberangan dari Pulau Jawa ada diwilayah ini. Fasilitas-fasilitas pendukung pariwisata disekitar Pelabuhan Gilimanuk seperti toko-toko souvenir khas Bali sudah dibangun. Diharapkan fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang belum sempat membeli souvenir di wilayah Bali lainnya

Profil Daerah Kabupaten Jembrana


Batas Wilayah

Arah Timur Kabupaten Tabanan Arah Barat Selat Bali Arah Utara Kabupaten Buleleng Arah Selatan Samudera Indonesia

Profil Daerah Kabupaten Jembrana

Profil Komoditi Unggulan di Daerah

Perkebunan 1. Kelapa Jumlah Produksi Perkebunan Rakyat: Kelapa Dalam : 20.377,08 Kelapa Hybrida : 95,750 Kelapa Genjah : 208,880 Kelapa Deres : 775,248 Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : 18.108 Statistik Perkebunan Bali 2010 Ton Dinas Perkebunan Provinsi Bali - Tahun 2009 : 18.349 Jl. D.I Panjaitan No.7 Denpasar, Bali Ton Telp 0361-225859 - Tahun 2010 : 21.457 Fax 0361-227810 Ton - Tahun 2011 : Updated: 09-12-2013 2. Kopi Jumlah Produksi Perkebunan Rakyat Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : - Tahun 2008 : 1.605 Ton - Tahun 2009 : 279 Ton - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : -

Sumber Data: Statistik Perkebunan Indonesia 2009-2011 Departemen Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan Komp Deptan Gedung C Lt-III Ruang.307 Jl. Harsono R.M No. 3 Ps Minggu Jakarta Selatan 12550 Telp 021-7817693 021-7815380-4 Ext-4318 Fax 021-7815586 021-7815486 Updated: 09-12-2013 Perikanan

3. Budidaya Tanbak Jumlah Produksi Perikanan Budidaya Tambak Tahun 2011 : Ikan Bandeng : 146,9 Ton Udang Vaname : 562,2 Ton Produksi Tahunan:


- Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2009 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : 709 Updated: 09-12-2013 Ton 4. Budidaya Kolam Jumlah Produksi Perikanan Budidaya Kolam tahun 2011: Ikan Mas : 7,4 Ton Ikan Nila : 17,9 Ton Ikan Gurami : 32,3 Ton Ikan Patin : 4,5 Ton Ikan Lele : 477,9 Ton Ikan Bawal Tawar : 4,8 Ton Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2009 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : 545 Updated: 09-12-2013 Ton 5. Budidaya Laut Jumlah Produksi Perikanan Budidaya Laut Tahun 2011: Tiram Mutiara : 10 Ton Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2009 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : 10 Ton Updated: 09-12-2013 6. Budidaya Jaring Apung Jumlah Produksi Perikanan Budidaya Jaring Apung Tahun 2011: Ikan Nila : 0,5 Ton Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2009 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : 1 Ton Updated: 09-12-2013 7. Perikanan Tangkap Jumlah Produksi Perikanan Tangkap Tahun 2011: Ikan Manyung : 77,9 Ton Ikan Kuwe : 119,3 Ton Ikan Layang : 3.409,7 Ton Ikan Bawal Hitam : 145,6 Ton Ikan Tembang : 177,9 Ton Ikan Lemuru : 4.201,1 Ton Ikan Teri : 145,3 Ton Ikan Julung-julung : 0,3 Ton Ikan Peperek : 32,8 Ton Ikan Kurisi : 151,8 Ton Ikan Tongkol Komo : 3.205 Ton Ikan Kembung : 19 Ton Ikan Banyar : 116,2 Ton Ikan Kenyar : 15,8 Ton Ikan Slengseng : 794,6 Ton Ikan Tenggiri : 50,4 Ton Ikan Tongkol : 4.913,2 Ton Ikan Beronang : 1,5 Ton Ikan Beronang Kuning : 0,8 Ton Ikan Kerong-Kerong : 53,9 Ton Ikan Layur : 47,7 Ton Ikan Cucut : 24,2 Ton Ikan Lainnya : 276 Ton Udang Barong : 4,3 Ton Rajungan : 7,2 Ton Cumi-cumi : 82,7 Ton Produksi Tahunan: - Tahun 2007 : Sumber Data: - Tahun 2008 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2009 : Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali - Tahun 2010 : - Tahun 2011 : 18.074 Updated: 09-12-2013


Ton Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Jembrana Objek Pariwisatanya adalah: -Bunut Bolong -Sangkaragung -Perancak -Candi Kesuma

Wilayah Kabupaten Jembrana

Secara Administratif Kabupaten Jembrana terbagi menjadi 5 Kecamatan, dari barat ke timur yaitu Kecamatan Melaya, Kecamatan Negara, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Mendoyo, Kecamatan Pekutatan. Kecamatan Melaya terdiri dari 9 Desa, 1 Kelurahan          

Kelurahan Gilimanuk Desa Blimbing Sari Desa Melaya Desa Ekasari Desa Nusasari Desa Candikusuma Desa Warnasari Desa Tuwed Desa Tukadaya Desa Manistutu

Kecamatan Negara terdiri dari 8 Desa, 4 Kelurahan            

Kelurahan Baler Bale Agung. Kelurahan Banjar Tengah Kelurahan Lelateng Kelurahan Loloan Barat Desa Banyubiru Desa Baluk Desa Cupel Desa Pengambengan Desa Tegal Badeng Barat Desa Tegal Badeng Timur Desa Kaliakah Desa Berangbang

Kecamatan Jembrana terdiri dari 6 Desa dan 4 Kelurahan 

Desa Budeng


        

Desa Dangintukadaya Desa Perancak Desa Air Kuning Desa Yeh Kuning Desa Batuagung Kelurahan Loloan Timur Kelurahan Pendem Kelurahan Dauhwaru Kelurahan Sangkaragung

Kecamatan Mendoyo terdiri dari 10 Desa dan 1 Kelurahan           

Desa Mendoyo Dauh Tukad Desa Mendoyo Dangin Tukad Desa Pohsanten Desa Pergung Desa Delod Berawah Kelurahan Tegal Cangkring Desa Penyaringan Desa Yeh Embang Kauh Desa Yeh Embang Desa Yeh Embang Kangin Desa Desa Yeh Sumbul

Kecamatan Pekutatan terdiri dari 8 Desa        

Desa Medewi Desa Pulukan Desa Pekutatan Desa Asah Duren Desa Manggisari Desa Pangyangan Desa Gumbrih Desa Pengeragoan

Masing-masing wilayah dikepalai oleh kepala wilayah    

Wilayah Kecamatan dikepalai oleh Camat Desa dikepalai Kepala Desa (Perbekel) Kelurahan dikepalai Lurah Desa Adat dikepalai oleh Bendesa.


PROFILE SMKN NEGERI 1 NEGARA

SMK Negeri 1 Negara adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuaran di Kabupaten Jembrana yang beralamat, di Jalan Tanjung Raya, Baler Bale Agung, Negara. Sekolah ini berdiri pada tanggal 02 Agustus 1972. SMK Negeri 1 Negara terkenal akan bidang-bidang keahliannya, yaitu : Bisnis dan Manajemen juga Teknologi Informasi dan Komunikasi serta terdiri atas 3 jurusan yaitu : Akuntansi, RPL dan Pemasaran. SMK Negeri 1 Negara, sekolah menengah yang siap menciptakan kader-kader ekonomi yang tangguh yang akan terjun langsung ke lapangan kerja dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sesuai dengan Visi dan Misinya. Visi : Menciptakan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan pembangunan di era globalisasi Misi :

1. Memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja 2. Mampu mandiri yang dilandasi jiwa kewirausahaan 3. Mampu mengembangkan kualitas diri dan lingkungan secara berkelanjutan Motto pendidikan : Solidarity Can Get All Well Done. Letak Smk n 1 Negara


BAB III Penutupan Demikian yang dapat kami tulis mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya

Kesimpulan Kesimpulan dari kegiatan ini adalah membangun motivasi pelajar SMK NEGRI 1 Depok khususnya di bidang REKYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) agar menjadi sumber daya manusia yang bisa di handalkan sesuai dengan keahlian yang di pilih. Dan siswa SMK NEGRI 1 Depok menjadi tenaga kerja yang handal di bidangnya serta mampu bersaing dengan era globalisasi

Saran Lebih di perbaiki kunjungan industri tersebut,di bedakan dengan karya wisata dan di seimbangkan.


Lampiran

AKRB yogyakarta

Pemkab Jembrana


SMK Negri 1 Negara.

Laporan Kunjungan Industri