Page 1

booklet

ENVASION

# 2 --------

reduce reuse recycle

By: Dept. Medkominfo & Dept. Keprofesian HMTL ITB 13/14


-------------------

3r ?

penerapan ?

3R kepanjangan dari Reduce, Reuse, Recycle. Disadari atau tidak, kita sebagai manusia (anak-anak hingga dewasa) tentunya memiliki aktifitas, baik itu di rumah, sekolah maupun di tempat kerja. Akibat aktifitas tersebut seringkali kita tidak menyadari bahwa setiap hari kita menghasilkan sampah. Dan dari penelitian terbukti bahwa manusia yang tinggal diperkotaan menghasilkan sampah lebih banyak daripada manusia yang tinggal di perdesaan.

Pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

trivia

--------------------

------------------seberapa ------------------penting ? Kota Bandung, memproduksi sampah sebanyak 7.500 m2,sehingga dibutuhan luasan lahan 1.500 m2 hingga 1.900 m2 untuk menampungnya

Kita masih terperangkap dengan pola pikir bahwa sampah harus dibuang. Sejak kecil, orang tua kita bahkan guru di sekolah selalu berpesan; ‘Buanglah sampah pada tempatnya’. Mungkin lantaran ini kemudian yang terpatri dalam pikiran kita ketika sampah sudah dibuang ke tempat sampah di luar rumah (atau malah ke jalanan dan sungai), maka masalah selesai. Gaya hidup dan pola pikir kita terhadap sampah dan pengelolaannya harus dibenahi atau bahkan dirubah. Jangan lagi menuliskan kalimat “Buanglah sampah pada tempatnya� karena itu terbukti tidak menyelesaikan permasalahan sampah. sumber: http://www.pinterest.com/pin/250442429253201107/


----------------------------------------

masalah dampak ? utama Produk – produk sampah mudah membusuk seperti sampah daun dan sisa makanan. Selain itu juga sampah yang berasal dari zat – zat kimia seperti plastikplastik,botol-botol kaca dsb

sumber: http://www.heirloomclaremont.com/

------------------trivia

Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Sampah plastik yang mengandung PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan, dan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sehingga hewan-hewan laut seperti lumbalumba,penyu laut dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut makanan dan akhirnya mati. sumber: http://recycledcrafts.craftgossip.com/


gerakan mikro kita juga bisa! Reduce pilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang, gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill), maksimumkan penggunaan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali, hindari membeli dan memakai barang-barang yang kurang perlu.

-----------------------------

Sebagai contoh kasus, di negara-negara maju seperti di Amerika Serikat kampanye untuk menyadarkan masyarakat. Tindakan kampanye tersebut ditindak lanjuti oleh Pemerintah setempat dengan langkah kongkrit yaitu menempatkan unit-unit mobil pengumpulan sampah recycling diberbagai permukiman dan pusat-pusat perbelanjaan seperti supermarket dan mall.

------------

3r di amerika

Unit-unit mobil pengumpulan sampah recycling tersebut dilengkapi dengan alat pemroses sampah kemasan, sedangkan wadah-wadah atau kemasan yang dapat dipakai ulang akan dikumpulkan sesuai dengan merk-nya masing masing. Selanjutnya sampah ini kemudian dikirimkan ke pabrik asalnya untuk digunakan kembali (re-use). Dan untuk menjamin agar system ini dapat berkelanjutan maka pemerintah menerapkan system insentif kepada dua pihak. Pihak pertama yaitu setiap orang yang menyerahkan sampah ke unit mobil tersebut diberi imbalan (walaupun nilainya kecil sekedar pengganti transport atau 1 cup es krim) sesuai dengan jumlah sampahnya.

---------------------------------

Reuse pilihlah wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Atau gunakan untuk fungsi yang berbeda, gunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali, gunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis, gunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat, jual atau berikan sampah yang terpilah kepada pihak yang memerlukan

Recycle pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai, olah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali, lakukan pengolahan sampah organic menjadi kompos, lakukan pengolahan sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat.

sumber: http://funfamilycrafts.com/


Membuat usaha kecil menengah mengenai daur ulang sampah anorganik menjadi produk baru, membuat kawasan edukasi yang berbasis go green, merancang materi/substansi kampanye konsep 3 R, berbasis multi media (audio & visual.

----------------------------------------

gerakan makro pasti juga bisa!

----------------------kesimpulan 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sebenarnya sederhana dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun dari 3R yang sederhana ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi penanganan sampah yang sering menjadi permasalahan di sekitar kita. Ingin melihat dampaknya, langsung saja dicoba!

sumber: http://good-times.webshots.com/

sumber

http://pu.go.id/ http://www.epa.gov/ http://www.recycling-guide.rg/

COVER:

http://www.pinterest.com/pin/302163456218954178/


Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung 2013/2014

ENVASION#2 - Reduce Reuse Recycle  

booklet materi ENVASION dengan tema Reduce Reuse Recycle. Created by Medkominfo & Keprofesian HMTL ITB 13/14. Supported by 8EH Radio ITB

Advertisement