Issuu on Google+

booklet

ENVASION

#5

ECOLIFESTYLE By: Dept. Medkominfo & Dept. Keprofesian HMTL ITB 13/14


ECOLIFESTYLE ?

Ecolifestyle adalah suatu terobosan tentang pola hidup yang lebih menekankan pada kekreatifan seseorang dalam beraktifitas, pertimbangan terhadap lingkungan, apa yang mereka pikirkan tentang diri sendiri dan dunia disekitarnya.

asal mula

Awal mulanya konsep ecolifestyle dimunculkan oleh kalangan berpendidikan setelah merasakan dampak negatif dari gaya hidup yang terlalu mengeksplorasikan alam, boros , hedonis dan egoistik. sumber: http://pinterest.com

mengapa?

Ecolifestyle merupakan bentuk rasa peduli terhadap lingkungan yang menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan bertindak. Rasa peduli ini muncul akibat adanya kesadaran untuk menjaga aset berharga dalam kelangsungan hidup dan peradapan manusia hingga generasi-generasi selanjutnya.


fakta-fakta Penumpukan Sampah Akibat Plastik & Kertas

Penggunaan kantong plastik oleh masyarakat dunia dalam periode satu tahun adalah sebesar 500 juta sampai dengan 1 miliar kantong. Sampah plastik dapat membuat kemacetan saluran air perkotaan sehingga menyebabkan banjir. Sungai Citarum menjadi sungai tercemar nomor 1 di dunia loh. Contoh ecolifestyle yang bisa dilakukan : gunakan reusable bag, tumbler dan tempat makan.

Kendaraan Pribadi Berdasarkan Tugas Akhir Gandrie (Teknik Sipil 2008), dia melakukan sampling pada 373 mahasiswa tentang kendaraan pribadi, hasilnya 32% bawa motor, 17% bawa mobil, 45% naik angkot, dll 6% ( jalan kaki, sepeda, dll), dimana dari mereka pembawa kendaraan2 itu, 83%nya memiliki jarak kampus-kosan/rumah dibawah 2km (cukup dekat). Kalo diliat2 dari survey ini, lumayan juga kan banyaknya kendaraan yg ada? Gimana caranya? Gampang banget! Kamu bisa aja berangkat ke kampus jalan kaki, naik angkot, atau naik sepeda! Dengan jalan kaki, kamu bisa menuhin kebutuhan melangkah sebanyak 10000 langkah per hari! Kan enak juga tuh pas lagi jalan kaki sambil liat2 jalan sekitar, untung2 bisa liat pemandangan enak, terus jadi nambahin kemampuan kita dalam observasi lingkungan dan semakin peka pada keadaan sekitar.

Penggunaan Kertas

Selain kayu, dalam produksi kertas juga diperlukan bahanbahan kimia, air, dan energi dalam jumlah yang besar. Untuk memproduksi 1 rim kertas perlu 1 batang pohon berumur 5 tahun. Kayu -> bubur kertas (pulp) -> kertas. 1 ton pulp memerlukan 4,6 m3 kayu dan menghasilkan 1,2 ton kertas. Untuk hutan dengan luas 1 hektar dapat menghasilkan 160 m3 kayu. Jika per tahun diproduksi 3 juta ton pulp, maka 86.250 hektar hutan akan habis digunakan tiap tahunnya. Padahal kita semua tahu kan kalo hutan itu fungsinya penting banget, bisa jadi paru-paru kota (pensuplai oksigen), daerah resapan air, tempat hidup flora fauna, rekreasi, dll. Contoh ecolifestye : gunakan kertas reuse (2 sides) sumber: http://goodbyebabylon.tumblr.com


Masalah Energi LISTRIK : Energi yang digunakan oleh masyarakat adalah energi tak terbarukan. Kalo yang dipake di rumah, salah satunya dari PLTU. Penggunaan listrik yang semakin banyak tentu akan berbanding lurus dengan pemakaian batu bara yang semakin banyak sebagai bahan bakar di PLTU. Sementara batu bara itu merupakan energi yang tak terbarukan BAHAN BAKAR MINYAK : sama kayak yg dibahas pas bagian tidak bawa kendaraan pribadi AIR : Semakin banyak air tercemar, maka manusia akan makin kekurangan air bersih, yang implikasinya terhadap penyakit dan segala kerugiannya akan jatoh ke manusia sendiri.

Ecolifestyle yang bisa dilakukan : Listrik : Matiin lampu dan penggunaan listrik lainnya kalo ngga digunakan, pake teknologi yang otomatis, misalnya kalo yang ngga ada orang jadi redup, atau mati ketika ngga digunakan. Bisa juga pake mode laptop yang kalo berapa menit ngga aktif, langsung sleep mode., Kalo pake kabel roll atau perpanjangan kabel lainnya, usahain yang ada switchnya, karena ketika ngga ada switchnya dan charger (dll) itu masih terpasang, listriiknya akan terus ngalir. Air: Mandi pakai air secukupnya, kalo ngga perlu ngga usah pake bath tub,Cuci piring sekalianin aja, jangan satu kotor-cuci-kotor-cuci, Kalo ngga dipake ya dimatiin dong, misalnya kalo wudhu tuh jangan lupa dimatiin.

fakta -

Zero Waste Event Sampah ITB per harinya mencapai 24 m2. Itu kalo hari biasa, gimana kalo ada acara besar? Dalam acara besar, biasanya terdapat pameran makanan dan minuman, yang biasanya meningkatkan jumlah sampah dari kemasan yang digunakan. Belum lagi, sampah yang dihasilkan, biasanya dibuang secara sembarangan. Kenapa zero waste penting? Hmmm... konsep “zero waste event” menjadi penting, karena belum banyak mahasiswa ITB yang mau memberikan kepedulian terhadap permasalahan sampah dari sebuah kegiatan. Justru malah banyak kegiatan yang memicu timbulnya sampah. sumber: http://pinterest.com

Hal-hal penting yang mesti ditekankan sejak perencanaan dalam sebuah event zero waste: • Tidak menggunakan Styrofoam & Kantung Kresek, Styrofoam dicegah dengan menggunakan kemasan alternatif seperti kemasan karton, besek bambu, daun pisang, dll. • Anjurkan membawa tempat minum sendiri, panitia akan menyediakan air gallon. Jika terpaksa maka kemasan air minum wajib bisa didaur-ulang. • Maksimalkan penggunaan bahan pakai ulang (mis: piring plastik, piring rotan & gelas yang bisa dicuci)


- fakta

ECOHIMP Ecohimpunan itu berarti himpunan yang bisa menerapkan prinsip ecolifestyle di dalamnya. HMTL sendiri selalu menerapkan prinsip ecohimpunan selama berkegiatan di dalamnya. Nah, perilaku2 tsb yang bisa diterapkan dalam himpunan/unit adalah • Melakukan pemilahan sampah dan regulasi pembuangan sampah yang terkontrol serta kebersihan harian. • Efisien dalam penggunaan energi • SPAH (Sistem Pengelolahan Air Hujan) : memanfaatkan air hujan untuk mengurangi kebutuhan air bersih • Pojok Reuse Pojok ini memfasilitasi massa himpunan untuk menampung kertas-kertas bekasnya dan dimanfaatkan kembali oleh massa himpunan lainnya seperti untuk laporan, notulensi rapat, kotretan,catetan,dll.

sumber: http://km.itb.ac.id

ECOCAMPUS Ecocampus merupakan sebuah sistem manajemen lingkungan yang berkelanjutan untuk mewujudkan ITB sebagai kampus yang berwawasan lingkungan dan bertujuan untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi. Potensi yang ada meliputi PPS Sabuga (Pusat Pengolahan Sampah), tempat sampah 2 jenis (membusuk-hitam dan tidak membusuk-putih), ruang terbuka hijau yang luas, fasilitas tempat parkir sepeda dan lampu solar cell, dan gerakan mahasiswa di bidang lingkungan ~ GH

sumber: http://ecocampus.itb.ac.id


TEKNOLOGI, PRODUK, EVENT ITB memiliki memiliki sistem pengelolaan sampah kawasan dengan tempat pengolahannya terletak di Sabuga ITB. Apakah mahasiswa di ITB sudah tahu ? sayangnya belum seluruh mahasiswa ITB tahu akan hal ini.

TPS SABUGA ENVORIA

“we are shuffle ur life to be trendsetter of ecolifestyle”

Salah satu event besar di HMTL juga mengajak teman-teman untuk menjadi agent of change. Caranya sederhana yaitu membentuk kebiasaan ecolifestyle dalam event 1000 shoping bag. Dalam event ini, kita telah mengajak mahasiswa dari himpunan-himpunan lain untuk lebih mengurangi sampah plastik dan kemasan serta membuka wawasan tentang pengeloaan sampah yang ada di ITB.

Di ITB sendiri ada yang namanya watertap. Watertap ini menyediakan air minum di berbagai spot ITB. Adanya teknologi ini juga sebenernya salah satu bentuk eco-campus. Kenapa? Karena ya kalo ada air minum tersedia dimana aja dan kapan aja, kan gak perlu lagi yang namanya beli minum dalam bentuk kemasan, Cuma perlu mulut menganga atau bawa botol minum sendiri dan refill di watertap.

WATER TAP PRODUK ENV Diet plastik, guys ! ganti kresek dengan shoping bag, aduh kakak aku mau shoping bag yang keren dan gaul abis, mau nih sook pakai aja produk shoping bag ENV. Kedua, ganti kertas bungkus makanan kalian kedalam tempat makan/ bekal. Ketiga, selamat datang agen ‘eco life style’ – satu langkahmu menyumbang 1000 kebahagiaan. Habis makan pasti minum donk, jangan ragu lagi buat memakai botol minum refil. Makin ramah lingkungan dan makin stylish dengan warna-warna elegan, gunakan produk botol minum ENV.


kesimpulan Ecolifestyle itu merupakan langkah kecil yang bisa membawa perubahan besar! Ecolifestlye bertujuan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang ada melalui pendekatan gaya hidup ramah lingkungan.

SUMBER COVER http://pinterest.com/pin/348606827378170326 FOTO TPS SABUGA http://ecocampus.itb.ac.id FOTO WATER TAP http://m.okezone.com FOTO ENVORIA dokumetasi ENVORIA sumber: http://bandungreview.com

FOTO PRODUK ENV http://hmtl.tl.itb.ac.id



ENVASION#5 - Ecolifestyle