Page 1


Memasuki penghujung tahun 2012 dua agenda penting telah dilalui HIN Magz, yaitu perjalanan ke kota Penang dalam acara Hot Import Nights, menjadikan kontes modifikasi di Malaysia tersisa dua kota lagi, Johor Bahru dan Kuala Lumpur. Agenda penting lain adalah diselenggarakannya Indonesia International Motor Show 2012 yang baru saja berakhir. Mengangkat tema Eco Mobility, pesta otomotif terbesar di Indonesia ini terus menunjukkan angka pertumbuhan dan perkembangan yang terus membaik. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) pun berlomba menggunakan momen ini untuk memamerkan produk terbarunya. Dua peristiwa besar ini dapat dinikmati liputannya pada rubrik HIN Rated Weekend dihalaman HIN Magz dan special report IIMS 2012 pada halaman Driven. Sejumlah rubrik unggulan pun sayang untuk dilewatkan, simak rubrik HIN Rides yang memamerkan sederet karya modifikasi asal kota Penang, Malaysia. Mulai dari aksi Proton Iswara yang berhasil menggondol gelar The King of HIN Penang 2012 serta Perodua Kancil sebagai nominasi The King Nominee. Terakhir, redaksi HIN Magz juga telah melakukan beberapa refreshement pada segi tampilan demi pengalaman membaca yang lebih baik bagi anda semua. Jadi tunggu apalagi, langsung saja nikmati majalah HIN edisi 75 ini!


Setelah kesuksesan event Hot Import Nights Kuala Lumpur tahun lalu, Hot Import Nights Automotive Lifestyle Tour Series kembali menyambangi Negeri Malaysia, tepatnya kota Penang, pada tahun 2012 ini dengan lebih spektakuler. Malaysia adalah negara yang besar akan industri otomotifnya, dimana hal tersebut mendukung para pelaku otomotif mereka sendiri.

Girlfriends, dan Autophotography contest.

Setiap tahunnya, penggemar antusias modifikasi otomotif berkumpul di

Martin, ataupun club Venis GT dengan mobil-mobil modifikasi ekstimnya, dan

Hot Import Nights dan tahun ini tercatat lebih dari 9500 pengunjung dan

masih banyak lagi. Beberapa merek aftermarket juga ikut memeriahkan

203 pemilik mobil turut berpartisipasi. Pencapaian tersebut mungkin

HIN Penang kali ini, seperti Sony x-Plod, Rockford Fosgate, Momentum Alpine

tidak mengherankan karena HIN juga menghadirkan konsep berbeda dari

Stars, dan lain-lainnya, menampilkan produk-produk terbaik mereka. Tentunya

kebanyakan event sejenis di Penang, seperti sebagai event pertama yang

ini merupakan sebuah langkah positif untuk industri otomotif Malaysia, dan

diadakan secara indoor, diadakannya HIN Carwash, Miss HIN Search, HIN

dunia modifikasi khususnya..

6 Hot Import Nights 2012

Selain menyuguhkan kendaraan-kendaraan modifikasi yang berkualitas dan terkadang ekstrim, HIN juga mengusung konsep

one stop show

entertainment, mulai dari kontes audio HIN-EMMA Malaysia Sound&Style, HIN Motorsports Drift & Gymkhana Challenge by Ultra Racing. Sejumlah klub otomotif Penang pun ikut meramaikan, seperti Blue Jackets yang menurunkan sport cars premium seperta Ferrari, Nissan GT-R, Porsche, Lamborghini, Aston


Hot Import Nights 2012

7


stop

Diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, secara keseluruhan Hot

entertainment merupakan yang ditunggu-tunggu para pengunjung. Ketika

Import Nights Penang berhasil menarik perhatian masyarakat Penang dan

memasuki area Penang International Sports Arena, para pengunjung dapat

sekitarnya, baik yang mencintai modifikasi mobil maupun sekedar mencari

langsung mendengar suara raungan mesin dan decit ban dari arena drift &

hiburan, lewat berbagai konsep modifikasi dari bengkel ternama asal

gymkhana. Sementara di lobby, terdapat kontes car audio yang dinilai oleh

Penang, serta berbagai kota disekitarnya, maupun berbagai acara yang

juri-juri EMMA. Memasuki arena Stadium, pengunjung dimanajakan dengan

diselenggarakan. Simak saja foto-fotonya di halaman berikut . . .

Konsep

pameran

Hot

Import

Nights

yang

merupakan

one

ratusan kendaraan peserta modifikasi, serta HIN Girlfriends yang siap berpose untuk diabadikan gambarnya

8 Hot Import Nights 2012


Hot Import Nights 2012 9


10 Hot Import Nights 2012


Hot Import Nights 2012 11


Hot Import Nights Penang kali ini menghadirkan pula sub-event carwash yang didukung penuh oleh Car Spa Centre Penang. Dalam acara HIN carwash ini, 3 orang HIN Girlfriends Indonesia dan HIN DJ Vixen Ay Claudia membuat suasana lebih meriah dengan menyuguhkan atraksi mencuci mobil sambil bermain busa dan air. Pada hari kedua, enam HIN Girlfriends asal Negari Jiran turut memeriahkan suasana dengan menyuguhkan atraksi yang sama, dan seakan tidak ingin menyurutkan suasana, HIN Girlfriends asal Indonesia kembali menampilkan atraksi carwash yang bahkan lebih menghebohkan pada sesi berikutnya. HIN Carwash yang digelar selama dua hari berturut-turut ini boleh dibilang menjadi salah satu yang paling ditunggutunggu para pengunjung khususnya kaum adam, dan puluhan fotograferpun

serasa tidak ingin melewatkan kesempatan

untuk mengabadikan atraksi istimewa ini. Cukup kata, nikmati saja beberapa hasil jepretan fotografer HIN Magz di halaman ini.

12 Hot Import Nights 2012


Masih dari arena utama, HIN Penang menyuguhkan beragam hiburan yang memukau. Sejak hari pertama hentakan musik dan permainan apik turntable dari dua DJ Indonesia turut meramaikan jalannya event. Deretan acara yang disiapkan oleh Hot Import Nights menjadi agenda wajib yang sayang untuk dilewatkan. Sexy dancer dan fashion show yang menampilkan modelmodel cantik HIN Girlfriends dari Indonesia dan Malaysia serta perebutan wanita tercantik yang dinobatkan sebagai Miss HIN Penang merupakan sejumlah acara yang dinanti oleh pengunjung. Panggung utama pun seakan ikut bergoyang tatkala deretan wanita cantik Malaysia dan Indonesia mengisi panggung. Selama dua hari, panggung utama berhasil menyedot perhatian pengunjung untuk merapat dan menyaksikan kelihaian HIN DJ Vixen Ay Claudia maupun DJ Ferrari memutar turntable dengan gaya atraktif.

Hot Import Nights 2012 13


Ketika matahari terbit di Penang International Sports Arena, peserta kontes audio sudah memarkir kendaraan mereka untuk berkompetisi dalam HIN-EMMA Sound&Style. Kontes car audio yang bekerjasama dengan AAA ini merujuk pada regulasi EMMA sebagai standar penilaian. Udara pagi berawan saat itu, dan area kontes sudah siap untuk diisi total 79 peserta kontes secara satu persatu yang sudah mempersiapkan kendaraan terbaiknya. Sebanyak 22 kategori dilombakan dalam kontes audio ini dan dinilai para juri official EMMA yang berasal dari Thailand dan Filipina. Ajang ini menjadi barometer sejumlah toko audio dan importer car audio kenamaan asal Malaysia untuk menunjukan prestasinya merebut yang terbaik dan menjadi juara. HIN Sound&Style semakin meriah saat memperlombakan kelas SQL yang bukan hanya menilai desibel tapi juga keserasian musik dan dancer. Yang luar biasa, suasana di area kontes terasa sangat santai, kekeluargaan, dan menyenangkan, suatu kombinasi yang positif dimana setiap kompetitor dapat merasa nyaman dalam berkompetisi.

14 Hot Import Nights 2012


Di sisi belakang venue PISA, decit ban dan raungan mesin menyambut pengunjung dan peserta untuk menghadapi Drift&Gymkhana Challenge. Meskipun bukan pagi yang cerah, pendaftaran para peserta tidak ikut surut dengan hadirnya puluhan peserta. Dalam acara HIN Motorsport Drift&Gymkhana Challenge Penang yang diselenggarakan atas kerjasama HIN dengan Ultra Racing dan Kuraz Event ini dipertandingkan 5 kelas yaitu : Up to 1000cc, 1001-1300cc, 1301-1600cc, 1601-2000cc, 2001cc & Above, RWD Open,AWD Open, dan juga kategori spesial Penang VS KL Team Award. Pertandingan berjalan dengan seru lewat persaingan sengit di arena kontes seperti dapat anda saksikan foto-fotonya di halaman ini. Antusiasme penonton pun tak surut untuk terus menyaksikan jalannya lomba walaupun sinar matahari panas menyengat.

Hot Import Nights 2012 15


Kehadiran para wanita cantik di event HIN pun harus diberikan apresiasi tersendiri dengan diadakannya pemilihan Miss HIN yang memperebutkan hadiah tunai. Acara ini memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu pada setiap gelaran HIN baik di Indonesia maupun di Malaysia. Puluhan wanita cantik yang tampil sexy di stage berlomba menunjukan kebolehannya untuk menjadi yang paling hot dan sexy dengan gaya dan performance masing-masing. Setelah bersaing dengan sengit akhirnya dipilih tiga yang terbaik untuk tambil menjadi Miss HIN Penang. Untuk posisi kedua diraih gadis berusia 19 tahun bernama Zyris Yen, posisi ketiga tampil Olivia Tham yang berusia 21 tahun, sedangkan untuk title Miss HIN Penang 2012 diraih oleh Syieda yang berusia 23 tahun.

16 Hot Import Nights 2012


Trophy The King of HIN Penang sebagai gelar tertinggi yang diperebutkan oleh lebih dari 100 mobil peserta modifikasi menjadi hal yang dinanti di penghujung event. Setelah disemarakkan oleh pemilihan Miss HIN, HIN Carwash dan fashion show, tibalah saat yang dinanti-nanti. Deretan pemenang yang memperebutkan lebih dari 70 kategori bersiap menaiki panggung utama. Hingga akhirnya tiba pada saat pembacaan dua kendaraan nominasi The King yang salah satunya akan dianugrahi gelar kehormatan sebagai The King of HIN Penang 2012. Nominasi pertama adalah Proton Iswara berwarna kuning yang tampil ekstrim dan sporty lewat ubahan bodi yang menyeluruh berikut pintu gullwing dan engine swap, dilanjutkan dengan Perodua Kancil yang menyuguhkan modifikasi keseluruhan dengan upgrade penampilan yang menyerupai Daihatsu Mira. Walaupun berukuran mini, sisi ekstrim juga ditunjukkan oleh kendaraan ini lewat kabinnya yang sesak oleh perangkat car audio dan permainan lampu LED. Dengan perhitungan poin yang begitu ketat oleh para juri, akhirnya Proton Iswara kuning milik Kaven Lim dari team Venis GT berhasil menyabet gelar The King of HIN Penang 2012.

Hot Import Nights 2012 17


18 Hot Import Nights 2012


Hot Import Nights 2012 19


Hot Import Nights 2012 21


Tak hanya apik mendesain sejumlah kendaraan langganannya, kendaraan kesayangan pun juga menjadi sasaran, hasilnya, titel The King of HIN Penang 2012 pun berhasi diraih. Ini yang dilakukan oleh Kaven Lim selaku punggawa workshop Venis GT di kota Penang, Malaysia. Disela-sela kesibukannya mengatur sejumlah pekerja, Kaven masih menyempatkan diri untuk membangun proyek impiannya. Yup, idenya adalah membuat sebuah kendaraan konsep yang berasal dari pemikiran dan kerja kerasnya.

22 Hot Import Nights 2012


Te xt : Ar ie f Ph ot o: Ad lis al


Untuk mewujudkan impian tersebut, Kaven harus mengorbankan kendaraan Proton Iswara miliknya. Sedan keluaran tahun ’99 ini dirubah total hingga tidak meninggalkan lagi bentuk aslinya. Bodi diubah sesuai dengan konsep awal dengan bukaan pintu mengadopsi model gullwing. Disain bodi dibuat dengan disain garis lebih tegas memakai bahan plat. Sedangkan untuk pilihan warna, pria ramah ini menunjuk warna kuning OEM Lamborghini untuk dilabur pada bagian eksterior. Hampir tiap jengkal kendaraan ini telah terkena sentuhan modifikasi. Termasuk adalah interior dan mesin hingga kaki-kaki. Mesin misalnya, mengandalkan mesin 4G-63 Turbo milik pabrikkan Mitsubishi yang terkenal bandel. Turbo GT35 AR70 pun ikut diselipkan dengan bukaan max boost hingga 1.5 bar. Kaki-kaki juga diperkuat untuk menopang bodi yang kini dibebani sejumlah perangkat tambahan. Maka suspensi mengandalkan merek GAB. Produk Ultra Racing bar juga mengamankan sekeliling bodi. Velg Work berdiameter 18 inci pada depan dan 19 inci untuk belakang dikawinkan dengan system pengereman yang merunut produk bawaan Skyline R32 dan Evo IV. Pengerjaan customized juga dijumpai pada kabin yang tetap menyuguhkan kenyamanan selama berkendara. Informasi seputar kendaraan dapat dipantau dari bagian kokpit lewat berbagai gauges yang terpasang. Tampilan dan performa kendaraan yang diberi nama Concept Zeconic ini pun cukup membanggakan. Termasuk saat disertakan pada lawatan HIN Penang 2012 lalu di PISA dengan membuahkan hasil dan menyabet sejumlah kategori bergengsi, termasuk membawa pulang piala The King of HIN Penang 2012. Bravo.., encik Kaven!!


Tak hanya sekedar mengubah tampilan bodi, hampir setiap detail kendaraan dimodifikasi sesuai dengan konsep yang diinginkan. Posisi prestisius sebagai King Nominee pun berhasil diraih. Dalam melakukan konsep modifikasi yang dikerjakan, pria ini selalu tampil all out. Modifikasi terakhir yang dilakukan dapat dinikmati pada lawatan HIN Magz pada kontes modifikasi HIN Penang 2012 di Malaysia yang lalu. Mengusung sebuah city car yang laris manis penjualannya di negeri jiran, pria ini secara detail mengadopsi tampilan Daihatsu Mira LS Classic pada tunggangannya. Konsep

warna

dibuat

berani

dengan

menggunakan GT green custom diamond untuk melabur bagian bodi. Hasil warna terlihat sangat hidup karena dikawinkan dengan penggunaan berbagai aksesoris dengan finishing chrome. , mulai dari bumper depan & belakang, grill, velg ukuran 15 inci dari Super chrome hingga kompartemen bagian dalam mesin yang nyaris kesemuanya mengaplikasi finishing chrome. Masuk kedalam kabin, penggunaan sejumlah perangkat yang diadopsi dari Daihatsu Mira juga

Text: Arief Photo: Adlisal


terlihat. Mulai dari dashboard, seat belt, jok hingga beberapa perangkat lainnya. Tak hanya itu pengerjaan customized juga dilakukan dengan menambahkan turbo timer HKS, boost meter, volt tem, oil press, oil temp Defi, SAFC Apexi, RSM Black Edition dan lainnya untuk memantau kinerja mesin Daihatsu Mira L2005 650 lengkap dengan turbo. Kelengkapan modifikasi hampir ditiap sektor inilah yang berhasil memikat tim juri untuk menempatkan Perodua Kancil dalam jajaran nominasi The King of HIN Penang 2012.

Hot Import Nights 2012 27


Memang tidak banyak modifikasi yang dilakukan, namun tetap saja ini adalah sebuah DBS yang merupakan salah satu model flagship Aston Martin bermesin V12 5.9L dengan 510 horsepower yang dapat membawa DBS berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 4,3 detik dengan top speed mencapai 307 kpj. Gubahan yang dilakukan Progressive Autosports yang berlokasi di Houston , Texas ini meliputi velg Vellano VKE - Concave, berukuran 20x9 (depan), dan 20x11 inci (belakang) dengan finish brush dan sentuhan sewarna bodi.

30 Hot Import Nights 2012


Belum selesai kehebohan Venom GT yang merupakan versi ‘monster’ dari Lotus Exige lewat penambahan tenaga hingga 1200 horsepower, Hennessey Performance Engineering asal Houston, Texas, Amerika Serikat kembali membuat sensasi dengan meluncurkan 2013 Hennessey VR1200 Twin Turbo, VR1200 ditawarkan dengan harga US$295.000 dan hanya akan diproduksi sebanyak 12 unit. Lupakan istilah ‘ramah lingkungan’ atau ‘irit bahan bakar’, karena VR1200 ditenagai oleh sebuah mesin 7,0L 427CID V8 Aluminium bertenaga, ya seperti sudah bisa ditebak, 1.200 horsepower (atau 1.226 lebih tepatnya). John Hennessey tampaknya memang seorang maniak, karena Cadillac CTS-V yang merupakan basis mobil ini saja sudah memilki mesin 6,2L V8 dengan Supercharger yang bertenaga 556 horsepower, namun nyatanya belumlah cukup bagi John. Mesin yang terdapat di VR1200 sendiri merupakan hasil engine swap dengan mesin 427 CID buatan Chevrolet, namun telah mengalami perombakan di hampir setiap bagiannya seperti Forged Aluminum Pistons, Forged Steel Connecting Rods, Forged Steel Crankshaft, Turbochargers ganda dengan Intercooler, dan masih banyak lagi. Untuk mengimbanginya, terdapat pula seperangkat rem Brembo 8 pot (depan) dan 6 pot (belakang) dengan piringan Carbon Ceramic 15,1 inci. Interiornya dilapis ulang dengan kulit dan Alacantara, sementara pada eksterior terdapat CarbonAero widebody, dan velg Hennessey 20x10 inci (depan) dan 20x13 inci (belakang), yang dibalut Michelin Pilot Super Sport Tires 275/30YR-20 (depan) dan 345/30YR20 (belakang). Hasilnya, akselerasi 0-60mph (96kph) dalam 2,9 detik, dan top speed hingga 390kph!

Hot Import Nights 2012 31


Ditangan Kaven, mobil sport dua pintu ini tampil semakin gahar. Mengambil bentuk modifikasi ala JGTC dan time attack untuk eksterior lewat pemasangan lips spoiler depan yang rendah dikombinasikan

dengan

GT-Wing

dibelakang

untuk mendapatkan efek downforce. Tampilan luar semakin atraktif dengan mengguyur bodi menggunakan warna Red Ferrari yang dipadu cutting stiker. “Biar lebih eye catching dan semakin kuat konsep modifnya,� papar Kaven akan pilihannya. Perombakan di ruang mesin untuk memperoleh hasil

yang

maksimal

dilakukan

lewat

penggunaan Unichip. Sedangkan jalur exhaust didisain ulang dengan meng-custom header dan manifold menggunakan pipa berdiameter 2,2 inci. Memasuki interior, nuansa racing semakin kental, terlihat dari dashboard model custom bergaya

racing

lengkap

dengan

sejumlah

indikator yang tertanam didalamnya. Aura

racing

semakin

terpancar

berkat

penggunaan jok semi bucket Recaro lengkap dengan seat belt 4 titik dari Takata, selain itu juga rolllbar 4 titik juga dipasang pada kabin belakang. Di tempat itu juga ditaruh perangkat NOS. Sedangkan untuk menapaki lintasan, pemilik bengkel Venis GT ini mengganti roda standar

Merombak total sebuah kendaraan sepertinya sudah mendarah daging bagi Kaven Lim. Banyak sudah mobil yang dimodifikasi olehnya, termasuk Honda Prelude keluaran tahun 1996 kepunyaannya.

32 Hot Import Nights 2012


dengan velg BBS berdiameter 17 inci berbalut ban Toyo Proxes T1R 215/45-R17. Walaupun bernuansa racing tapi perangkat hiburan

tak

dilupakan,

Untuk

itu

Kaven

mengganti head unit bawaan dengan Kenwood serta penghasil suara dipilih dari merek yang sama.

Sedangkan

untuk

tetap

menjaga

frekuensi bawah menggunakan subwoofer Q Mobile dan dikawal menggunakan power juga dari merek yang sama. Akhirnya modifikasi yang diinginkan oleh Kaven tercapai, karena selain bisa melaju dengan kecepatan tinggi, Kaven juga masih bisa mendengarkan alunan musik Hip Hop kesukaannya.

Text & Photo: Lucky Savor

Hot Import Nights 2012 33


Meski berukuran mini namun dengan ubahan tepat, mobil ini tetap dapat tampil memikat. Dan ini berkat kejelian Leon Chong yang berhasil melakukan modifikasi pada Perodua Kenari miliknya. Kendaraan city car keluaran tahun 2006 ini tampil sangat atraktif pada gelaran HIN Penang 2012 lalu. Pada event yang dilangsungkan di Pisa Sport Hall Arena beberapa waktu lalu, Perodua yang kini telah di swap sebagian kompartemen menggunakan Daihatsu Move ini berhasil menyabet salah satu trophy bergengsi. Text: Arief Photo: Adlisal

34 Hot Import Nights 2012


Sebelumnya pria berkaca mata ini juga telah mengganti pilihan warna eksterior dengan siraman cat bunglon lima dimensi warna yang dapat berubah dari warna grey to purple. Nah, cat inilah yang mengantarkan Leon untuk meraih trophy The Killer Colour. Sektor eksterior juga tampil memikat setelah spoiler, sunroof serta satu set ornament lain milik Daihatsu Move juga digunakan. Tempelan lampu LED yang menempel disekeliling bodi ikut mempercantik besutan Leon ketika memasuki malam hari. Unsur show off juga dijumpai pada kendaraan pria yang dalam kesehariannya berprofesi sebagai chef handal ini. Satu set suspensi lansiran Bold World dengan pergerakan 4 titik juga disusupi pada bagian kaki-kaki. Tak hanya itu, kolong fender juga disesaki dengan pelek AX berdimensi 16 inchi lengkap dengan ban 165/14R16. Nuansa Daihatsu Move juga kentara dari bagian kabin. Karena sebelumnya Leon telah mengganti dashboard, penadah bokong, gear knob dan lainnya mengambil dari referensi yang sama. Kabin juga terlihat lebih mewah karena berbagai pernik Garson DAD ikut memenuhi interior. Well done bro..!

Hot Import Nights 2012 35


Siapa bilang image elegan ala pejabat yang menempel pada Toyota Camry tak bisa diaplikasikan dengan style dan jiwa muda? Buktinya, Toyota Camry 2005 milik Khairul Anwar mampu disulap lebih stylish namun tetap elegan. Dan soal roh jiwa mudanya, jangan ditanya‌ Terinspirasi dari modifikasi mobil di Jepang, Khairul mencoba untuk mengutak-atik Toyota Camry miliknya. “Saya lebih suka cari referensi dari majalah luar. Kalau sekadar browsing, modelnya nanti pasaran. Saya ingin yang beda,â€? aku Khairul ketika ditemui di bengkel modifikasi Venis GT, Penang, Malaysia. Modifikasi

meliputi

perubahan

bagian

lampu

menggunakan lampu HID Xenon 8000K full DAD. Bodykit custom meniru Fabulous still.

Sedangkan untuk grill

dan air master juga dibuat custom. Kesulitannya dalam membentuk custom body kit karena mobil ini mempunyai bodi yang lebar dan membulat.

Untuk warna mobil

tidak diganti tetap warna asli hitam, namun sebagai pemanis diberikan cutting stiker yang memanjang di sisi kiri dan kanan mobil pabrikan Jepang itu. Merambah ke sisi velg, sang pemilik mengganti bawaan pabrik dengan Fabulous 19 inci dengan ban ukuran 245/35/19, sementara per diganti dengan Eibach Prokit.

36 Hot Import Nights 2012


Karena berpatokan pada aliran VIP elegant, Khairul sangat fokus pada kenyamanan kabin, dimana jok depan dan belakang dicustom dengan bahan dari kulit dan tak lupa untuk dibuat pula bantal empuk dari bludru, sementara dashboard dilapis dengan bahan semi kulit yang dijahit dengan motif wajik. Tak lupa pula untuk melengkapinya dengan minibar yang dibuat secara custom. Beberapa sisi juga mendapat sentuhan karbon kevlar dan juga taburan Kristal Swarovsky. Bukan hanya itu saja, perangkat pemanja telinga juga mendapat sentuhan dengan penggantian ke speaker Mohawk di doortrim, sedangkan bagian bagasi belakang mobil yang lapang ini dijejali dengan subwoofer 12 inci, juga dari Mohawk. Untuk sumber tenaga dipilih power 2 channel dan power monoblok, masih dari Mohawk. Hampir semua modifikasi dilakukan dengan produk pilihan, karena bagi pria yang murah senyum ini totalitaslah yang menjadi pegangan dalam mengutakatik mobilnya. Seperti terbayar, Camry keluaran tahun 2006 yang disulap VIP Elegant ala Jepang ini pertama kali ikut kontes HIN Penang dan berhasil menyabet titel Best Elegant Look dan Best VIP. “Pertama kali ikut

Text & Photo: Lucky Savor

kontes langsung bisa bawa pulang penghargaan, saya betul-betul puas,� ujar Khairul bangga.

Hot Import Nights 2012 37


38 Hot Import Nights 2012


Buat pemuda yang bernama Adrian Lo Dejavu, film Initial D memberi inpirasi untuk merombak mobilnya. Selain itu pemuda yang hobby fotografi ini juga mengidolakan drifter asal Jepang, Keiichi Tsuchiya, yang mempopulerkan aksi ‘ngepot sambil ngebut’ menggunakan Toyota Corolla AE86 Trueno miliknya. Dari situ Adrian bertekad memodifikasi mobilnya, Proton Iswara hingga menyerupai Toyota Corolla AE86 milik idolanya. Agar keinginan tercapai, pemuda yang juga bekerja sebagai hair stylist ini harus memutar otak. Setelah kontak sana sini akhirnya dipilih bengkel Venis GT untuk memodifikasi mobil produksi Malaysia ini. Text & Photo: Lucky Savor

Gayung bersambut, Kaven pun terlihat antusias untuk melakukan modifikasi dengan gaya Toyota Corolla AE86 Trueno. Maka semua bagian mulai body kit, bumper dan bonnet dibuat menyerupai bentuk asli dengan kendaraan pabrikan jepang yang sangat popular di era 80-an tersebut. Selain itu Adrian menyematkan beberapa aksesoris body termasuk grill, spion, spoiler belakang dan bagian detail lain. Termasuk tampilan body yang di cat kombinasi putih hitam sesuai dengan warna asli kendaraan sang idola. Selain menggarap sektor body, sedan hatchback ini juga diberi sentuhan ringan pada sektor mesin. Salah satunya adalah memperbaiki sistem gas buang dengan merombak header menggunakan konfigurasi 4-2.-1 serta

pipa 2 inci

untuk

meningkatkan performa mesin serta mengganti knalpot dengan merek Tanabe. Hasilnnya tarikan terasa lebih responsif, begitu pula dengan akselerasi meningkat saat bermanuver seiring dengan dirubahnya system trasmisi menggunakan merek Exedy pada plat kopling maupun roda gilanya. Tentunya tampilannyamasih kurang pas tanpa ikut merombak bagian penopang body , untuk itu dipilih pelek Watanabe 16 inci dibungkus ban Radial F105 205/45R16. Konsep street racing terlihat daru jok racing Recaro dan seat belt 5 titik keluaran Twe. Sejumlah perangkat dan produk racing lainnya pun ikut memenuhi bagian interior. Agar lebih nyaman Proton Iswara yang telah menjelma menjadi Hachiroku Wannabe ini pun dilengkapi dengan perangkat car audio yang mumpuni, menggunakan head unit Pioneer, speaker G-Mobile dan subwoofer langsiran Mohawk.

Sedangkan untuk power

dipercayakan pada merek Pioneer. Akhirnya impian Adrian untuk dapat mengendarai kendaraan yang mirip-mirip dengan sang idola pun terwujud.

Hot Import Nights 2012 39


Bagi pria sarjana hukum asal Bali bernama Aditya yang juga pemilik Toyota Great Corolla berkelir biru, modifikasi adalah salah satu kegiatan positif penyalur ide kreatifnya. Inspirasi modif street racing menjadi pilihan tepat bagi sedan Jepang kelahiran 1993 ini. Tak sedikit workshop modifikasi di Pulau dewata yang telah disambangi untuk mewujudkan keinginannya. Hasilnya kini terlihat mobil ini tampil begitu spesial dilihat dari berbagai pose. Pada eksteriornya, Great Corolla ini mengaplikasikan pintu model gunting layaknya sport car Lamborghini. Untuk membentuk bukaan pintu seperti ini, Aditya melakukan customization di bengkel kepercayaannya. Namun ketika pintu

40 Hot Import Nights 2012

Text & Photo: Lucky Savor

tertutup, Great Corolla inipun tak kehilangan pesonanya. Perpaduan bumper depan dan side skirt Toyota Great Corolla, wing racing custom semakin membuat sosoknya menjadi lebih agresif dan buas. Ditambah dominasi cutting sticker yang menyelimuti hampir sekujur tubuh membuat lebih sangar. Selain itu, efek bayangan dengan visual abstrak menjadi andalan menemani kekosongan kelir body. Aditya pun terbilang berani pada sektor kaki-


kaki. Velg SSR D5R 18 inci dibalut stiker serta menempelkan adaptor berketebalan 2 cm dijodohkan dengan karet bundar Accelera Forceum/ZR 18 inci. Kaliper rem OEM custom siap mengamankan laju kendaraan saat kecepatan tinggi. Agar kaki-kaki semakin sempurna suspensi diganti dengan KYB coilover. Sektor mesin digarap dengan serius dengan berjibunnya part aftermarket pendongkrak tenaga pada ruang dapur pacunya. Mulai dari exhaust pipe, air filter, intake, strut bar dan masih banyak lagi mengalami pergantian sesuai dengan konsep racing yang diusung. Setali tiga uang dengan eksterior dan mesin, sisi interior juga mendapat ubahan yang signifikan. Terlihat jok replika Bride custom dan seat belt Sparco menjadi persinggahan sang empunya untuk memacu kendaraan. Salah satu yang terlihat istimewa di dalam kabin adalah penggunaan piranti indikator yang kerap dijumpai pada mobil bertema street racing. Untuk memanjakan telinga, Aditya menggunakan head unit Alexis yang langsung disambut oleh pasangan speaker Symbion dan tweeter DVT. Begitu juga untuk penyembur frekuensi rendah yang menggunakan subwoofer Symbion 12 inchi sebanyak dua buah, dilengkapi dengan LCD monitor 19 inci Toshiba dan 7 inch Sentru Vision. Alhasil, saat mengikuti kontes HIN Bali lalu, mobil berkelir biru ini dengan mudah merebut sejumlah trophy bergengsi.

Hot Import Nights 2012 41


Tentu menjadi hal yang spesial ketika memiliki sesuatu yang pribadi. Terlebih jika nama sang pemilik terpatri sebagai identitas diri.

42 Hot Import Nights 2012


Ini yang hendak diperlihatkan oleh Rico yang setiap hari menunggangi kendaraan hatchback Mazda 2. Mobil yang memang menyasar pasar anak muda ini dirasa tepat mewakili keseharian Rico yang aktif dan dinamis. Bahkan saking cintanya, pemuda yang tergabung dalam komunitas Nozzle ini ikut memberikan nomor kendaraan mengikuti namanya; Best Rico (red. B 357 RCO). Tak sampai disitu, sebagai wujud perhatian, Rico memberikan sentuhan pribadi dalam memodifikasi kendaraan dengan tema racing yang menjadi pilihan. Lebih tepatnya adalah street racing yang ditunjukkan dengan tampilan kabin dengan dua bangku Recaro yang diselipkan seat belt Takata untuk faktor safety. Custom roll bar 4 titik serta sejumlah indikator tambahan yang berjajar di atas dasbor ikut menguatkan tema yang dipilih. Dari eksterior, Rico cukup menambahkan tempelan cutting sticker dengan motif simple dan eye catching. Padanan warna gradasi abu-abu dan hitam serta merah menjadi aksen yang setimpal dengan pilihan warna putih sebagai dasarnya. Nuansa racing juga terlihat dibagian eksterior berkat pemakaian custom spoiler, billion air funnel, custom double tailpipe serta kap mesin berbahan karbon. Sejumlah perangkat tambahan di sektor mesin juga ikut dijejalkan Rico. Meski hanya tambahan eksternal tapi Rico telah meraciknya melalui perhitungan yang tepat. Di sisi eksterior terpasang velg jari-jari bergaya concave yang dipasangkan dengan ban model semi slick dari Achilles. Wusshh..!!!

Text: Arief Photo: Adlisal

Hot Import Nights 2012 43


Untuk mengisi halaman ini memang tidak mudah, karena selain harus mempunyai wajah menarik, tentunya harus didukung tubuh sempurna pula. Ini semua dapat dijumpai pada sosok gadis cantik yang kerap disapa Twinkle alias Sylvia dari Penang, Malaysia. Sejak kecil gadis ini memang sangat menyukai dunia otomotif dan merasa senang bila bisa berfoto dengan mobil-mobil eksotis sekelas Ferrari, Lamborghini atau sejenisnya. Namun saat diajak untuk berpose dengan Proton Iswara milik Kaven Lim peraih gelar The King of HIN Penang 2012, tanpa canggung Twinkle dengan luwes langsung bergaya. Dari hasil bidikan HIN Magz, terlihat Twinkle seperti menyatu dengan mobil berwarna kuning ini. Tak hanya sexy, gayanya pun terbilang menantang. An exotic girl and an exotic modified car, what a perfect compliment ...

Photo: Adlisal Rivai

Hot Import Nights 2012 45


4 Hot Import Nights - Driven 2012


Kemeriahan The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 memang telah berakhir, tetapi gaungnya masih tetap terasa sampai saat ini, terutama untuk pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air. Dengan tingginya konsumsi produk otomotif, semakin mendorong produsen otomotif menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan juga mengembangkan industri otomotif Indonesia agar bisa bersaing di pasar internasional. Bayangkan selama 10 hari IIMS mencatat nilai penjualan melebihi Rp. 4,5 triliun, naik dibanding tahun lalu hanya Rp. 3,5 triliun, sedangkan pengunjungnya sendiri diperkirakan mencapai 370.000 orang. Penyelenggaraan IIMS tahun ini diikuti oleh total 310 perusahaan, yang terdiri dari 35 merek kendaraan bermotor (APM) serta 275 perusahaan pendukung. Dari total 35 merek kendaraan bermotor (APM) tersebut terbagi lagi menjadi 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga. Merek kendaraan penumpang yang hadir dalam IIMS 2012, diantaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sedangkan untuk kendaraan niaga yang berkiprah di IIMS 2012 adalah FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks. Yang menarik, selain menampilkan berbagai agen pemegang merek (APM) yang mengedepankan produk-produk terbaru serta kendaraan konsep mereka, gelaran IIMS 2012 kali ini ikut dimeriahkan dengan hadirnya mobilmobil premium. Lihat saja Ivan’s Motor, yang menempati hall semi permanen dengan menampilkan 12 unit mobil CBU seperti Ferrari dan Lamborgini. Industri pendukung otomotif juga turut berpartisipasi, mulai

dari ban,

velg, knalpot, accu, car audio, kaca film, aksesoris eksterior dan interior, dan masih banyak lainnya. Berbagai acara menarik juga disuguhkan baik oleh APM maupun panitia, seperti Indonesia International Automotive Conference (IIAC), Favorite Car & Favorite Booth (pilihan pengunjung), Miss Motor Show 2012, Lomba Penulisan Wartawan, Exotic Car Show, Test Drive, Drift War, Stunt Show, Palm Challenge, Donor Darah IIMS, Tour for Disabled, Student’s Day, dan Kunjungan Anak Yatim. IIMS tahun ini juga mendapat dukungan dari dari kalangan pendidikan serta institusi-institusi lainnya yang turut berpartisipasi untuk memeriahkan penyelenggaraan pameran tahun ini. Pameran yang berakhir pada tanggal 30 September 2012 lalu ini menampilkan sejumlah teknologi terbaru kendaraan, baik teknologi baru yang siap jual maupun teknologi konsep. Mengusung tema besar Eco-Mobility tahun ini IIMS kembali mengajak pesertanya berkomitmen mendukung kelestarian lingkungan. Tema ini menekankan pada cara baru berkendara yang lebih ramah lingkungan dan menghemat penggunaan dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Secara keseluruhan, pameran ini merupakan gambaran umum industri otomotif di tanah air yang terus maju dan berkembang seiring dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia. Akhir kata, sampai jumpa di IIMS ke-21 tahun depan!

Hot Import Nights - Driven 2012 5


Salah satu yang menarik dari perhelatan The 20th Indonesia International Motor Show 2012 adalah persaingan harga jual produk mobil-mobil ekonomis. Hal ini dinilai merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pasar mobil murah dan ramah lingkungan atau “Low Cost and Green Car� (LCGC) di Indonesia. Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) pun terlihat telah mengantisipasi kebijakan pemerintah tersebut dengan menggelontorkan beberapa produk LCGC-nya dengan harga yang ditetapkan pemerintah, yaitu di bawah 100 juta rupiah, dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit dan tingkat emisi rendah. Memasuki IIMS 2012 atmosfir persaingan ini sangat terasa dengan munculnya beberapa mobil baru yang mengadopsi kebijakan tersebut. Salah satu contohnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berkolaborasi dengan PT Astra International Tbk dan Toyota telah siap dengan program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) berwujud Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya. Meski belum resmi diluncurkan karena terhalang oleh regulasi yang belum ditetapkan pemerintah, baik Toyota maupun Daihatsu sudah membuka inden untuk

6 Hot Import Nights - Driven 2012


Agya dan Ayla di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang baru saja dihelat beberapa waktu lalu. Sebetulnya, di pasaran saat ini sudah

tersedia

beberapa produk mobil yang juga sudah mengarah ke program pemerintah low cost and green car tersebut, misalnya Nissan March, KIA Picanto, Hyundai i10, serta Honda Brio dan Mitsubishi Mirage yang baru saja diluncurkan. Hanya saja, harga jual mobil-mobil tersebut memang masih berada diatas 100 juta rupiah. Yang menarik tentunya pendatang baru dari India, Tata Motors, yang datang dengan produk andalannya Tata Nano yang sudah lebih dahulu mendunia. Mobil yang di negeri asalnya dibanderol dengan harga jual hanya sekitar US$2.400 (Rp23,5 juta) per unit itu menurut rencana diluncurkan resmi untuk pasar Indonesia pada Januari 2013. Tata Nano termasuk produk yang mengundang cukup banyak perhatian pengunjung pameran, karena sensasi harga sangat terjangkau dan pemberitaan yang cukup gencar, membuat masyarakat menjadi penasaran kapan produk mobil mungil itu akan dipasarkan secara resmi di Indonesia. Dengan dukungan dan kesiapan sejumlah APM untuk meluncurkan produk andalannya, besar harapan bahwa rencana pemerintah untuk menerapkan program low cost and green car bisa menjadi kenyataan, asalkan didukung dengan kebijakan dan penerapannya tentunya. Kita lihat saja..!

Hot Import Nights - Driven 2012

7


Meski memiliki DNA berbeda, keduanya dapat bertukar tampilan eksterior secara instan. Konsep itulah yang ditampilkan oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan memajang dua mobil konsepnya, Daihatsu D-X dan Daihatsu D-R. Dari segi platform, Daihatsu D-X lebih condong ke arah crossover sementara Daihatsu D-R lebih sporty. Dengan menukar bodi mobil yang terbuat dari bahan resin, keduanya dapat dirubah dan dipasang sesuai dengan selera warna sang pemilik. Prosesnya pun tak sulit dan dapat dilakukan sendiri oleh sang pemilik tanpa harus ke bengkel atau spesialis. Dari sektor mesin keduanya dibekali mesin direct injection 2 silinder DOHC, intercooler turbo 660 cc. Berbekal mesin efisien berkapasitas kecil tersebut, mobil ini cukup mengkonsumsi BBM sebanyak 1 liter bensin untuk 30 km!

Tak hanya memperkenalkan mobil baru, dari stand Daihatsu; PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) memajang sebuah mobil konsep yang disain dan pengembangannya juga melibatkan orang Indonesia. Yup, tak lain adalah Ultra Functional Compact Concept atau disebut UFC Concept, sebagai proyek yang dikembangkan dengan konsep MPV namun memiliki fungsi dan kenyamanan ekstra dibandingkan dengan kendaraan lainnya. UFC Concept terinspirasi dari hewan cheetah yang dibuat lebih panjang dengan desain sesuai untuk pasar Indonesia. Keunikanya adalah mobil ini memiliki sisitem sliding door tanpa pilar yang mempermudah penumpang untuk akses masuk-keluar mobil. Sejumlah inovasi ditampilkan seperti seat arrangement ultra flexible dengan remote, komposisi jok yang bisa memperluas ruang bagasi. Dimensi sebesar 4.050mm x 1.695mm x 1.585mm membuat UFC Concept terasa pas dijalanan, dengan ground clearece jangkung setinggi 190 mm.

Pembukaan IIMS 2012 lalu juga diwarnai dengan hadirnya unit terbaru dari pabrikkan Hyundai yang bertajuk New Santa Fe. Dilengkapi dengan tiga baris duduk penumpang, SUV dengan 7-seater ini masih menyisakan ruang yang terbilang lapang. Line up terbaru ini juga dilengkapi panoramic sunroof yang cukup lebar. Dari sektor mesin, New Santa Fe dibekali mesin 2.2-L Common Rail Diesel Engine (CRDi) yang memiliki tenaga maksimal 194,2-hp / 3.800 rpm dan torsi sebesar 445 Nm pada 1.800 - 2.500 rpm. Sokongan teknologi Variable Geometry Turbo turut menjadikan performa New Santa Fe jauh lebih maksimal. Hadir dalam enam pilihan warna, SUV seharga Rp. 449 juta ini siap untuk Anda pesan.

8 Hot Import Nights - Driven 2012


Setelah sukses dipasarkan untuk pasar domestik Jepang, kini Mazda Biante akan menjajal pasar otomotif Indonesia. Ini yang dilakukan oleh PT. Mazda Motor Indonesia saat perhelatan IIMS 2012 lalu dengan memboyong langsung MPV kelas premium tersebut. Hadir dengan harga yang kompetitif yaitu Rp. 380 juta, Biante hadir dengan 5 varian warna yaitu Clear Water Blue Metallic, Radian Ebony Mica, Alumunium Metallic, Crystal White Pearl Mica dan Briliant Black dan siap meramaikan persaingan di kelas MPV. Dengan harga yang ditawarkan, Biante dijejali beragam fitur menggoda. Mulai dari pintu geser dengan sensor sentuh, susunan kursi yang fleksibel dengan beberapa mode pilihan. Semisal living mode untuk ruang kaki yang maksimal, walkthrough mode untuk kemudahan akses di dalam kabin, sampai dengan Luggage mode untuk menjadikan kabin menjadi luas untuk segala jenis barang bawaan. Masih ada pula ion nano yang disemprotkan melalui AC ruang pengemudi untuk menghilangkan bau udara kabin dan menetralkan bakteri. Sistem pendingin/AC juga memiliki fitur Anti-allergenic Filter yang dapat membungkus dan membuat virus menjadi tidak berbahaya. Penggunaan mesin MZR 2.0 DISI juga memberikan keseimbangan saat torsi tinggi, sehingga bahan bakar pun lebih ekonomis.

Mencatat total penjualan sebanyak 275 unit pada IIMS 2012, PT. Garuda Mataram Motor mantap bergerak dengan meluncurkan dua produk terbarunya, VW New Scirocco R dan VW New Tiguan. Dengan tema “Volkswagen Available for Everyone�, pada kesempatan tersebut memperkenalkan Tiguan, kendaraan pada segmen SUV kompak premium dengan mesin 2.0-liter TSI bertenaga 210 hp dengan akselerasi 0-100 km/ jam dalam 7,9 detik atau 1.4-liter TSI mengusung tenaga 150 bhp dengan torsi 240 Nm. Harga yang ditawarkan adalah Rp.399 juta untuk VW New Tiguan 1.4 TSI dan Rp.640 juta untuk varian 2.0-liter dengan membukukan penjualan sebanyak 78 unit. Pasar mobil sport juga menjadi incaran VW dengan menghadirkan VW New Scirocco R yang juga hadir dalan dua pilihan mesin, 2.0-liter dan 1.4-liter. Mesin sport coupe pada tipe 2.0-L diadopsi dari GT24 yang biasa digunakan untuk balap di lintasan Nurbugring dengan keluaran tenaga 261 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 330 Nm. Tak hanya itu, pada bagian transmisi, New Scirocco R dilengkapi teknologi TSI 7-speed DSG. New Scirocco R ikut menyumbangkan penjualan tertinggi dengan terjual sebanyak 81 unit selama pameran. New Scirocco R ditawarkan seharga Rp.698 juta, sementara New Scirocco 1.4 Rp.429 juta.

PT. General Motor Autoworld Indonesia (GMAI) semakin jeli membaca pasar di tanah air. Ini dibuktikan dengan perkenalan Chevrolet Spin yang nantinya akan diproduksi di Indonesia. Sebagai kendaraan MPV 7-seater, Spin akan dibandrol dengan harga yang kompetitif dengan MPV lain yang lebih dulu hadir di Indonesia. Chevrolet Spin dirancang dan dikembangkan di Sao Caetano do Sul, Sao Paulo, Brazil secara khusus untuk pasar Indonesia dengan dimensi lebih kecil dibanding sang kakak, Chevrolet All New Orlando. Bagian depan Spin mengadopsi tampilan khas Chevrolet dengan front grill lebar yang dikombinasikan emblem bow tie khas Chevrolet. Begitu pula dengan bentuk bumper depan memiliki desain lebih dinamis. Dari samping, disain Spin lahir dari empat tarikan garis yang dinamis menjadikannya sebagai MPV kompak yang didukung dengan pelek berukuran 15 inci berdisain multi spoke. Sayang untuk tampilan interior dan bagian mesin, pihak Chevrolet masih belum memberi bocoran hingga awal tahun 2013 mendatang.


Meramaikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, pemegang merek Peugeot di Indonesia melalui PT Astra International Peugeot ikut memperkenalkan andalan terbarunya untuk pasar otomotif Indonesia, yaitu New Peugeot 208. Rencananya New Peugeot 208 baru akan masuk Indonesia pada kuartal pertama tahun 2013 mendatang. “Pada kesempatan ini kami hanya memamerkan saja, untuk peluncuran resmi baru kita perkenalkan di awal 2013,” kata Chief Executive Officer Peugeot Constantinus Herlijoso. Untuk andalan terbarunya ini, Peugeot akan memasok New Peugeot 208 dengan dua pasokan mesin sebesar 1.2L dan 1.6L dengan kisaran harga jual mulai Rp. 280 juta sampai dengan Rp. 350 juta. Meski sedikit lebih mahal dibanding dengan kompetitor lain yang usdah lebih dulu dipasarkan, tapi pihak Peugeot optimis bahwa andalan terbarunya nanti akan dapat diterima untuk pasar Indonesia.

Dua buah kendaraan anyar juga diperkenalkan oleh PT. Ford Motor Indonesia (FMI) melalui ajang IIMS 2012. Keduanya adalah All New Ford Focus hatchback dan All New Ford Focus Sedan dengan 4 pilihan varian berbeda, yaitu All New Ford Focus Trend 1.6L AT hatchback lima pintu dan sedan 4 pintu, serta All New Ford Focus hatchback Sport 2.0L AT dan All New Ford Focus sedan Titanium 2.0L AT. Sejumlah keunggulan ditawarkan Ford melalui line up barunya ini dengan tetap mengedepankan kualitas, penghematan bahan bakar, keselamatan dan teknologi pintar untuk menjawab keinginan konsumen. Termasuk fitur pintar seperti Active Park Assist yang dapat diaktifkan dengan menekan sebuah tombol dan Active City Stop yang merupakan sistem pencegah tabrakan dalam kecepatan rendah. Harga yang ditawarkan pun cukup menarik dengan kisaran harga mulai dari Rp. 324,9 juta hingga Rp. 369 juta untuk varian tertinggi. Nantinya PT. FMI akan menyediakan All-New Focus ini dalam 6 pilihan warna, yaitu Ingot Silver, Winning Blue, Candy Red, Panther Black, Frozen White dan Lunar Sky.

APM BMW di Indonesia pun tak mau ketinggalan memanfaatkan ajang IIMS 2012 untuk meluncurkan unit terbarunya, All New BMW M6 Coupe. Dipersenjatai mesin V8 4.4L berteknologi Twin Power Turbo sanggup menyemburkan tenaga 560 dk dan torsi 680 Nm. Sistem penggerak dibekali M Double Clutch Transmission 7-speed dengan Drivelogic, Active M Differential yang memungkinkan BMW M6 Coupé mampu melesat dari 0 - 100 km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik. Kelengkapan fitur lain termasuk Comfort Access System, Head-Up Display berwarna dengan data mengemudi, Bang & Olufsen High End Surround Sound System dengan 16 loudspeaker dan output 1200 watt. All New BMW M6 Coupé ini ditawarkan seharga Rp 2,4 miliar off the road Jakarta.


Mengangkat tema “I Like KIA, i Like Eco2 (Ecological and Economical)”, PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) menegaskan perhatiannya terhadap lingkungan serta upaya pelestarian. Hal tersebut tercermin dengan produk-produk KIA yang ramah lingkungan (dengan menghasilkan emisi gas buang yang rendah) serta hemat dalam penggunaan bahan bakar. Konsep booth pun di sesuaikan dengan standar KIA Motor Coorporation yang memajang sejumlah Kia termasuk dua andalan barunya untuk pasar Indonesia, yaitu Kia Sorento dan Kia Rio Sedan. Menyandang lima bintang untuk rating keamanan (safety) dari European New Car Assessment Progam (EURO NCAP) dan juga Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), kini All New Kia Sorento akan menjajal pasar Indonesia. Mid-size crossover SUV generasi kedua ini dilengkapi dua pilihan mesin, yakni Diesel 2.2 L DOHC – CR – TCI dengan tenaga 197 ps pada 3.800 rpm dan max torque 44.5 kg.m pada 1.800 – 2.500 rpm serta mesin bensin Theta II 2.4 L MPI menghasilkan max power 176 ps pada 6.000 rpm dan max torque 23.1 kg.m pada 3.750 rpm. All New Sorento telah dilengkapi ABS, ESC, airbag serta disc brake pada keempat rodanya semakin menyempurnakan system pengereman All New Sorento. PT. KMI Juga memperkenalkan Rio 4 door atau dikenal dengan sebutan Rio sedan hadir dengan mesin Gamma 1.4 L DOHC CVVT yang mampu menghasilkan max power 107 ps pada 6.300 rpm dan juga max torque 13.8 kg.m pada 4.200 rpm. Dengan transmisi otomatis 4 percepatan yang responsive. Audio system pada Rio 4 door telah dilengkapi dengan double din AM/ FM, MP3, USB + AUX + ipod connector, dengan 6 (enam) buah speaker (4 speaker utama dan 2 tweeter), steering remote dan juga bluetooth. Keamanan dalam mengendarai Rio 4 door ini pun diperlengkap dengan adanya dual airbag, back sensor, ABS dan EBD.


Perhelatan akbar IIMS 2012 menjadi momen utama bagi Llumar Indonesia dengan memperkenalkan teknologi terbaru dalam memotong kaca film dihadapan para dealernya. Menggunakan mesin yang dinamakan Precision Cutting System (PCS), kedepannya tiap kendaraan yang akan dipasang menggunakan kaca film akan mendapatkan potongan kaca film yang sesuai dan presisi dengan masingmasing jenis dan tipe mobil. Karena untuk memotong kaca film yang diinginkan cukup dengan memasukkan data yang diinginkan melalui software khusus, selanjutnya mesin PCS hanya tinggal memotong kaca film sesuai dengan pattern. Dalam software yang didevelop khusus oleh Llumar tersimpan lebih dari puluhan ribu database dimensi kaca film dari berbagai merek dan tahun produksi. Llumar Indonesia juga mengadakan Llumar Tinter Competition, yang diadakan untuk memotivasi dan mengasah teknik para teknisi kaca film Indonesia agar dapat berkembang dan terpacu menjadi yang terbaik di tanah air. Llumar Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah Asia Pacific Tinter Competition berskala internasional. Rencananya kompetisi ini akan diikuti oleh perwakilan Llumar Thailand, Taiwan, RRC, Korea, Singapura, Vietnam, Philipina, Australia, Malaysia dan Indonesia sendiri.

Sebagai pabrikkan audio mobil terbesar untuk pasar Indonesia, ajang IIMS 2012 menjadi kesempatan bagi Pioneer untuk memperkenalkan sejumlah produk terbaru yang menawarkan fitur canggih sebagai kelengkapannya. Selain itu, bagi pengguna produk barunya, Pioneer menawarkan fitur Mixtrax dan Advanced Application Mode. Fitur MIxtrax yang bisa dijumpai pada produk AVH-8450BT, DEH-5450SD dan DEH-6450BT, menawarkan kemudahan bagi pecinta music untuk memainkan kembali lagu favorit dengan transisi dan efek layaknya disc jockey. Pengunaan fitur ini juga memungkinkan perpindahan dari satu lagu ke lagu berikutnya tanpa ada jeda. Berikutnya adalah Advanced Application Mode yang ditawarkan pada Pioneer AVH-8450 BT untuk memanfaatkan kekuatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan, konektivitas jaringan dan aplikasi dari iPhone 4/4S atau iPod generasi ke-4 sebagai sumber utamanya. Selain itu diperkenalkan pula speaker Horizontal-Vertical Transforming (HVT) dan TS P.R.O Series yang siap memanjakan telinga pecinta audio di tanah air.


Dengan segudang prestasi yang telah diraihnya, Dominations semakin mantap meramaikan industri car audio tanah air. Maka tak salah jika ajang IIMS 2012 lalu dijadikan wadah yang tepat untuk memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Dominations Buddy. Produk baru ini nantinya akan menambah deretan panjang produk Dominations yang telah lebih dulu dilempar ke pasaran. Selain itu pihak Dominations juga menawarkan beragam paket car audio berkualitas namun dengan harga yang terjangkau terdiri dari 1 set speaker, 1 unit power 4 channel dan 1 unit subwoofer. Kisarannya pun cukup bervariasi mulai dari paket seharga Rp. 3 juta sampai dengan Rp. 20 juta. Tak hanya itu, pengunjung juga akan diberi edukasi seputar pengetahuan car audio lengkap dengan tips dan triknya yang diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk majalah.

Hal senada juga dilakukan oleh PT. Gobic Alca Nessa selaku importer produk car audio merek Skeleton di Indonesia. Memajang berbagai line up produk andalannya, Skeleton juga memperkenalkan beragam produk kepada para pengunjung. Produk head unit double DIN yang telah dilengkapi dengan teknologi built-in GPS, TV tuner. serta berbagai pilihan produk head unit plug n lay model OEM juga dipajang. Masih ada pula varian produk lain berupa speaker, subwoofer dan power yang siap mengisi kabin kendaraan pengunjung. Skeleton juga menawarkan sejumlah paket car audio yang mengusung konsep daily use dan fungsi entertainment yang dapat disesuaikan dengan budget pengunjung. Selama pameran IIMS 2012 tersebut, selain memamerkan produk andalannya, booth Skeleton juga diramaikan acara body painting, dancer, quiz dan beberapa acara menarik lainnya.

Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam tiap gelaran yang diikuti PT. Sumber Sejahtera Audiotama selalu memberikan suguhan yang maksimal. Termasuk menargetkan pencapaian transaksi sebesar Rp. 1 Milyar. Hasil ini akan didapat dari penjualan sejumlah paket car audio yang telah dibuat oleh importer produk Venom ini. Mulai dari paket silver seharga Rp. 11,4 juta, lalu paket Venomous Sound seharga Rp.21,4 juta, paket Venom SQ seharga Rp. 10,65 juta dan paker Silverbolt seharga Rp. 9,6 juta. Selama pameran IIMS 2012 berlangsung, Venom juga menyiapkan deretan acara yang menarik dan pastinya menghibur pengunjung. Diantaranya adalah dengan diselenggarkannya lomba foto yang terbagi dalam 3 kelas, yaitu kelas kamera smartphone, kamera pocket dan kamera SLR. Tersedia pula hadia menarik bagi para pemenang berupa jam tangan dengan biaya pendaftaran gratis.

Memeriahkan gelaran IIMS 2012 lalu, pabrikkan audio ternama Focal juga ikut memamerkan produk paling anyar dengan nuansa elegant dan menarik. Melalui perwakilannya, Focal Indonesia, pabrikkan car audio ini juga menyuguhkan konsep booth yang berkelas. Sejumlah produk baru turut diperkenalkan, termasuk beberapa produk baru untuk home audio dengan pilihan konsep yang trendi dan life style. Selain memanjakan para pengunjung, konsumen setia Focal juga dapat merasakan kualitas suara Focal di mobil layaknya instalasi home audio lewat sebuah mobil demo. Focal Indonesia juga ikut membagi beberapa produk yang terbagi kedalam kelas entry level, mid level hingga high level berkonsep sistem home audio.

Hot Import Nights - Driven 2012 13


Hot Import Nights - Driven 2012 15


Kehadiran Toyota Agya di pasar mobil Indonesia seakan menjawab tantangan terhadap hadirnya mobil murah dan irit bahan bakar berbasis kebijakan pemerintah, Low Cost Green Car (LCGC). ”Agya” diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya ”cepat”, dirancang untuk menjadi sebuah kendaraan lincah, efisien, namun tetap energik. Dengan mengusung konsep kokoh, dinamis, dan gaya sesuai dengan kondisi di Indonesia, Toyota Agya diprediksi akan mampu mengikuti jejak keberhasilan produk-produk Toyota lainnya yang saat ini masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Toyota Agya ditawarkan dengan 3 varian, yakni TRD S, G, dan E, yang digerakkan oleh mesin berkapasitas 998 cc DOHC fuel injection dengan tenaga 65ps pada 6.000 rpm, dan torsi 8,7kgm pada 3.600 rpm. Toyota Agya TRD S dikembangkan atas aspirasi dari TRD, memiliki kelengkapan aerokit (depan, belakang, dan samping), emblem TRD S, dan sticker TRD S untuk memperkuat kesan sporty. Sedangkan Agya type G lebih bermain dalam tampilan eksterior dengan balutan chrome pada grille dan molding pada pelindung samping. Tampilan terasa lebih mewah dengan desain pegangan pintu luar dan spoiler belakang yang lebih terkesan sporty, serta dilengkapi lampu belakang dengan kombinasi desain yang unik, bumper dan front air spats untuk membantu meningkatkan efisiensi aerodinamis dan bahan bakar (kecuali Medium-Grade E). Terpasang pula velg alloy 14 inci yang berpenampilan sporty. Interior Toyota Agya dipenuhi nuansa dinamis, stylish, dan fungsional yang sangat kental, lihat saja desain dashboard dengan lekukan-lekukan tegas, jok yang dibungkus bahan berkualitas, ditambah lagi dengan kapasitas bagasi yang lebar serta dilengkapi dengan pendingin udara, power window dengan auto down untuk pengemudi dan central door lock. Toyota Agya TRD S dan Toyota Agya G menampilkan fitur chrome AC Register, 2 Din audio dengan fasilitas CD/MP3/USB/Aux, chrome list di combination meter, chrome parking shift lever knob dan chrome parking brake knob, serta sistem power steering. Sedangkan Medium-Grade (Toyota Agya E) dilengkapi 1 Din audio CD/MP3/USB/Aux. Karena mobil ini lahir untuk ikut serta dalam program Low Cost and Green Car, varian terendah mobil ini diharapkan nantinya dapat dijual di kisaran harga Rp 90 jutaan.

16 Hot Import Nights - Driven 2012


Walaupun dengan banyaknya gempuran produk serupa di pasar kelas MPV, Toyota Avanza tetap menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia. Di akhir tahun kemarin, Toyota Avanza kembali meluncurkan generasi II dengan jagoan barunya, Veloz, yang berpenampilan paling atraktif dan mewah. Veloz sendiri diambil dari kata Velocity yang secara harafiah berarti kecepatan. Di balik kata tersebut, tersirat arti sebuah kendaraan dinamis yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen akan kecepatan dan juga efisiensi. Tampilan Veloz memancarkan sosok berbeda dari varian lainnya lewat foglamp garnish, spion samping dan velg sporty berdiameter 15 inci. Pada kabinnya, Veloz juga hadir dengan tampilan berbeda lewat fitur cukup lengkap dan mewah dibanding varian lainnya. Paduan 2 warna baru menjadi pembaharuan nuansa interior dan panel meter. Khusus Veloz, tampilan berbeda juga hadir pada setir serta tombol aplikasi yang terintegrasi dengan apik, dimana sektor hiburan juga menjadi penawaran menarik dengan head unit 2DIN yang tertanam di dasbor, lengkap dengan fasilitas CD, koneksi USB dan AUX. Kualitas suara dapat dinikmati dari 6 speaker yang tersebar di area kabin. Di sektor mesin, Veloz menggunakan tipe 1.5-liter yang efisien, sementara transmisi tersedia dalam pilihan otomatis dan manual. Suspensi kini menggunakan Rear MacPherson Multi Link dengan spring upper insulator sehingga mampu meredam guncangan lebih baik dan memberikan kenyamanan lebih. Khusus Veloz, Toyota menyediakan 4 pilihan warna, Silver Mika Metalic, Dark Steel Mica, White dan Black Metallic.

Hot Import Nights - Driven 2012

17


Menawarkan kemewahan dan kelengkapan fitur yang tak dijumpai pada rival sekelas, PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) percaya diri untuk memperkenalkan andalan terbarunya. Hal ini yang ingin disampaikan oleh KMI saat peluncuran KIA Sportage Platinum sebagai andalan baru KIA dikelas compact SUV. Hadir sebagai varian terbaru, termewah, termahal dan terlengkap dari semua varian Sportage, kini Sportage Platinum hadir dengan velg berukuran 18 inci dan sunroof serta panoramic roof untuk penumpang belakang. Interior semakin mewah dengan pemakaian jok kulit bernuansa cerah dan roomy. Begitu pula dengan unsur entertainment dengan tersedianya head unit touchscreen dilengkapi navigasi dan DVD player. Film favorit pun dapat dinikmati melalui monitor head rest untuk penumpang belakang. Fitur yang mendukung pengendaraan juga berlimpah. Electronic Stability Control disertakan demi stabilitas optimal di kecepatan tinggi. Tak hanya itu, Down Hill Brake Control dan Hill Assist Control turut melengkapi fitur Sportage Platinum. Untuk keselamatan, terpasang dua kantung udara, sensor parkir plus kamera, Downhill Brake Control (DBC) dan Hill Assist Control (HAC). Lainnya, auto cruise control dan Anti-lock Braking System (ABS). Mengandalkan mesin Theta II 2.000cc DOHC, Dual CVVT DLI (distributorless Ignition) dan VIS (Variable Induction System), Sportage Platinum disokong tenaga sebesar 166 PS @6.200 rpm dan torsi maksimum 20,1 Nm @4.600 rpm yang dikombinasikan transmisi otomatis 6 percepatan dengan pilihan mode manual dan otomatis. Ditawarkan dalam 4 pilihan warna, bright silver, clear white, mineral silver dan black cherry. KIA Sportage Platinum dilepas dengan harga Rp. 355 juta (OTR Jakarta).

18 Hot Import Nights - Driven 2012


Andalan terbaru PT. Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi diperkenalkan. Hadir dengan berbagai fitur dan desain terbaru, All New Honda CR-V siap meramaikan pasar medium SUV di Indonesia. Dipersembahkan bagi mereka yang mengikuti perkembagan teknologi, memiliki gaya hidup aktif, untuk line up terbarunya kali ini PT. HPM mengambil tag line “everybody’s watching�, seiring dengan tampilan baru yang terlihat semakin modern terlihat dari wajah depan maupun belakang yang mengusung desain baru dengan lampu yang elegan dan memanjang dipadu dengan desain grill yang tegas serta bentuk bumper yang gagah. Bagian belakang juga semakin modern dengan desain lampu belakang yang berani dan dinamis mengikuti tarikan garis bodi. All New Honda CR-V menawarkan dua pilihan mesin, yaitu 2.000 cc SOHC i-VTEC dan 2.400 cc DOHC i-VTEC dengan keluaran tenaga masing-masing 155 PS dan 190 PS, naik 5 PS dan 20 PS dari mesin sebelumnya. Sejumlah fitur pintar ikut ditambahkan, mulai dari ECON Mode yang terdiri dari ECO Assist, berfungsi memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar, serta fitur ECON Button untuk menghemat bahan bakar sekitar 20 pesen. Masih ada pula teknologi Grade Logic Control untuk mengatur perpindahan gigi yang efisien pada tanjakan dan turunan, serta Shift Hold Control untuk meminimalisir pergantian gigi yang berlebihan saat melalui jalan berliku. Perpindahan gigi sendiri dapat dilakukan secara manual dengan Paddle Shift pada lingkar kemudi. Fitur Cruise Control, Hill Start Assist, Motion Adaptive EPS & Vehicle Stability Assist (VSA) serta pilihan fitur lainnya juga disematkan pada SUV yang hadir dalam tiga varian, terdiri dari tipe 2.000 cc manual (Rp 359 juta), tipe 2.000 cc otomatis (Rp 370 juta), dan tipe 2.400 cc otomatis (Rp 404 juta) kesemuanya On the Road Jakarta.

Hot Import Nights - Driven 2012 19


Bermodalkan pengalaman selama bertahun-tahun sebagai instalatur di rumah car audio, beberapa waktu lalu Halim atau biasa dikenal Ahau secara resmi membuka gerai rumah audio atas namanya sendiri, yaitu Ahow Sound Car Audio Specialist. Untuk kantor barunya ini Ahow memilih lokasi di Komplek Pasar Bersih Cengkareng, Blok A Bumi Citra Idaman, Ruko C2No. 7, Cengkareng Timur,Jakarta Barat. Disini Ahow siap melayani para pelanggan setianya yang menginginkan instalasi dan settingan car audio pada kendaraan kesayangannya. Ahow tak mematok secara khusus jenis settingan yang ditangani, namun hampir seluruh macam instalasi dapat dikerjakan disini. Mulai dari simple daily use, elegant, tampilan kosmetik dengan beragam material finishing, mulai dari vynil, fiber sampai akrilik bisa menjadi pilihan. Jadi bagi anda yang berlokasi dikawasan Cengkareng dan sekitarnya, rumah audio ini wajib untuk disambangi.

Gathering yang diihadiri lebih dari puluhan anggotanya yang tergabung dalam SX4 family -Cross Over, Cross Road, dan SX4 Sedan (Neo Baleno), diadakan sebagai pengobat rasa rindu. Sejumlah acara pun telah disiapkan panitia, seperti perbincangan seputar modifikasi audio termasuk coaching clinic didalamnya. “Ini acara coaching clinic kedua yang diadakan serta sebagai bentuk dukungan club terhadap anggota yang ingin turun di kompetisi modif audio tingkat entry level EASCA,� ujar Sri Tunjung Rianto yang menjabat sebagai ketua SXCI. Tersedia pula tiga buah mobil demo, dua diantaranya adalah

SX4

untuk

merasakan

hasil

instalasinya.

�Kedepannya kita ingin semakin mengembangkan sayap lagi, ingin merangkul para pengguna SX4 di seluruh Indonesia,� tutup Pak Tunjung dipenghujung acara. 20 Hot Import Nights - Driven 2012


Siapa yang tidak menginginkan kendaraannya selalu tampil mengkilap? inilah yang hendak ditawarkan oleh Auto Glaze selaku perusahaan yang bergerak dibidang jasa auto detailing dan paint protection. Dibawah payung PT. Jillbert Kreasindo Kurnia, Auto Glaze sudah merambah ke beberapa kota besar di Indonesia. Setelah hadir di Semarang, Pekanbaru dan Bali, kini Auto Glaze juga hadir dikota Medan, bersamaan dengan diresmikannya gerai Auto Glaze pada tanggal 06 Oktober 2012 lalu oleh Presiden Direktur Auto Glaze, Robby Roberthus Kurnia bertempat di Sehat Motor, Jl. M.H. Joni No. 10 yang juga salah satu bengkel terbesar di kota Medan, Sumatera Utara. Menurut penuturan pemilik bengkel Sehat Motor, Harsidi Kosim, Auto Glaze sangat cocok karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dunia seperti Zymol, 3M, Meguiers dan Swisswax. Jadi

tunggu

apalagi,

dapatkan

pelayanan

dan

keuntungan dengan merawat kendaraan kesayangan Anda di Auto Glaze. Harga jual kendaraan pun dipastikan akan lebih tinggi berkat perawatan Auto Glaze.

Jelang dibukanya pameran IIMS 2012, produsen ban Hankook memperkenalkan produk terbaru yang diberi nama Ventus S1 Evo2. Ban dengan performa ultra high performance ini akan dipasarkan untuk pasar Indonesia menggunakan teknologi canggih yang didapat Hankook melalui pengalaman sebagai pemasok resmi ban untuk kejuaraan terkenal kelas dunia untuk balap touring, Deutsche Tourenwagen- Meisterschaft (DTM). Ini diungkapkan oleh Jae Bum Park, Vice President ASEAN-India Marketing & Sales Division Hankook Tire,� Kami selalu berusaha untuk menyediakan konsumen dengan ban dengan kualitas yang sudah terbukti secara global.� Ventus S1 Evo2 siap memberikan keamanan maksimum dan pegangan, serta membuat pengemudi menikmati pengalaman berkendara secara maksimal dengan standar keamanan yang juga maksimal sesuai dengan standar dunia yang biasa digunakan pada seri mobil touring. Ban Ventus S1 evo2 juga berhasil menyabet penghargaan bergengsi untuk bidang Transportasi Desain dari iF Product DesignAward 2012 untuk yang kedua kalinya.


Tak hanya menyuguhkan disain kosmetik menarik, kelengkapan system dan finishing apik berhasil menghantarkan kendaraan ini menyabet thropy The Best I.C.E pada lawatan HIN Penang 2012 lalu. Dilihat dari sisi luar, Perodua Myvi satu ini seperti kebanyakan jenis city car lain yang ada di daratan Malaysia dan sekitarnya. Hanya tampilan modifikasi eksterior ala Bosozoku yang menjadi pembeda mobil yang tergabung dengan komunitas Gravity ini. Perbedaan juga semakin kentara ketika memasuki bagian kabin yang

22 Hot Import Nights - Driven 2012

memang

dipersiapkan

untuk

sebuah

kontes

berskala


nasional diseputaran Malaysia. Nuansa putih menyambut dari dalam kabin yang mengandalkan material fiber putih mulus sebagai kosmetiknya. Warna putih ini diimbangi dengan sound&style yang juga tak kalah ‘mulusnya’. Lantaran untuk main source mengandalkan on dash monitor Phillips yang dikawinkan dengan crossover active Caliber CPE-707A. Menambah fungsi entertainment, system juga dibekali dengan sebuah game console sekelas X-box 360 lengkap dengan wireless joystick. Sejumlah permainan favorit pun bisa dinikmati melalui 2 buah monitor Toshiba berukuran 19 inchi maupun 5 buah monitor lainnya dengan lebar 6 inchi. Tak hanya itu, kelengkapan system berupa speaker split dan coaxial serta dua subwoofer Q Mobile Audio menjadi sarana pengeras suara yang dapat diandalkan. Sedangkan penguat sinyal didapat dari pemakaian dua buah power 4 kanal dari Kicker EX 450.4. Dengan kelengkapan system yang diusungnya maka wajar jika akhirnya kategori The Best I.C.E berhasil dibawa pulang. Congrats..!


Saat digelar event Hot Import Nights Bali terselip sebuah city car mungil nan memiliki kualitas audio mumpuni. Mengambil konsep Sound Quality Loud (SQL) Suzuki Splash ini langsung menarik perhatian pengunjung.

24 Hot Import Nights - Driven 2012


Ketika kita memasuki kabin bagian dalam Suzuki Splash ini

Tatanan suara semakin optimal, dengan tertanamnya dua

terlihat head unit bawaan pabrik telah diganti dengan Kenwood

buah subwoofer Soundstream Tarantula 12 inchi. Untuk itu

double din yang memang sudah mempunyai segudang fitur

juga diperlukan box sebagai tepat aliran suara . Untuk bahan

untuk meningkatkan kualitas suara dengan adanya fasilitas

box digunakan kayu MDF setebal 18 mm, lengkap dengan port

processor yang bisa mengatur keseimbangan suara. Selain itu sang installer juga menyematkan speaker 3-way pada bagian depan dari merek ternama. Sedangkan untuk penyeimbang kualitas suara dikabin belakang dipilih speaker coaxial dari Soundstream. Tentunya untuk mendapatkan kualitas suara didalam kendaraan.

berdiameter 3 inchi. Supply tenaga dipakai power Soundstream Picasso 4 channel yang sudah terkenal dalam mengawal tatanan suara. Agar tidak bosan hanya mendengar suara dengan kualitas prima pada bagian belakang Suzuki Splash ini juga dipasang

Sedangkan midbass tetap bersemayam pada doortrim

perangkat monitor TV 20 inchi merek LG. Jadi tak salah jika

bawaan. Sebelum disematkan, terlebih dulu pintu depan

sepanjang jalannya kontes mobil city car mungil ini menarik

dilapisi peredam untuk mengurangi getaran yang dapat

perhatian buat pengunjung Hot Import Nights Bali.

mengganggu reproduksi suara.

Hot Import Nights - Driven 2012 25


Kota Surabaya tak pernah bosan menyuguhkan parade modifikasi terbaik. Dari kontes modifikasi seri regional Hot Import Nights 2012, compact car ini merupakan salah satunya.


Dijumpai saat meramaikan kontes HIN, Honda New Jazz milik anggota komunitas Stripes ini tampil bersinar. Hal tersebut tak lain berkat bantuan cahaya yang terpancar dari ribuan lampu LED yang menempel disekeliling bodi luar hingga dalam kabin berkelir hitam ini. Hasilnya pun sangat kontras dengan display interior yang dibuat custom mengunakan bahan fiber hingga finishing pada kosmetik audio. Bahkan saat mengikuti kontes ESQL kelas Master, Honda Jazz ini cukup memberikan hasil yang membanggakan. Tak lain berkat settingan serta penggunaan sejumlah piranti sound&style yang mumpuni. Karena untuk keluaran suaranya, pemuda ini menggamit produk sekelas Venom dari seri Intelligent Series; mulai dari speaker split VI.6, power monoblok VI4000.1P maupun power 4 kanal VI80.4P berjumlah 2 buah. Produk dengan slogan I am Venom ini juga dipercaya untuk mensuplai arus listrik melalui pemakaian kaapsitor bank Venom sebanyak 2 buah. Tak hanya memperhatikan factor suara, sang pemilik juga memasukkan unsur entertainment dengan menggunakan sarana display. Mulai dari 2 buah monitor berukuran 7 inchi hingga TV LCD berdimensi 26 inchi ikut diboyong ke dalam kabin. Hasilnya

pun

cukup

efektif.

Sepanjang

pagelaran kontes, Honda Jazz ini menjadi kendaraan yang paling banyak disinggahi lantaran

hasil

suara

lantang

berpadu

pendaran sinar yang sanggup menghipnotis pengunjung.

Hot Import Nights - Driven 2012 27


Karya imajinatif yang dilakukan Jevon Andrean dalam membangun sistem audio di mobil Honda Accord ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Terutama dari sektor audio. Sentralitas

suara

tetap

mempertahankan standar head unit OEM yang dipasangkan dengan processor Alpine PXA-H701. Jevon yang memang suka menikmati hiburan multimedia dengan beragam format yang dapat terintegrasi paduan kedua perangkat tersebut dirasa cukup optimal. Untuk

mengoptimalkan

suara,

pemuda

ramah

ini

membangun beragam treatment serta placement yang kreatif untuk speaker 3 Way Focal Polyglass. Sudut untuk tweeter dibuat langsung ke arah pengemudi, sedangkan midrange ditempatkan pada volume box sebesar 0,6 cu/ ft. Tujuannya tak lain untuk mengejar suara panggung yang lebar dan dalam di atas dashboard. Midbass bersarang di doortrim pintu depan yang diberikan treatment khusus agar bekerja optimal. membuat

Tentunya dengan

dudukan yang kokoh tidak bergoyang saat

kendaraan berjalan selain itu juga ditambahkan peredam sebanyak satu lapis untuk meminimalisir getaran. Kali ini, tantangan yang dihadapi oleh Jevon terhadap Honda Accord berkelir hitam ini yaitu menyiasati penempatan subwoofer

Domination Disturbia sebanyak 2 buah, ini

disebabkan Jevon juga akan mengisi bagasi dengan alat turn table Vestax VCI 300 MK II yang terhubung dengan Mac Book Pro. Untuk mengefisiensi ruang belakang pemiliknya membuat box berjenis sealed. Untuk suppy arus menggunakan power Dimension New Element 4 channel dan power Dimension New Element Monoblock. Masing-masing melayani

pemakaian speaker

set dan subwoofer. Hasilnya layering tertata rapi dengan mendapatkan imej panggung yang juga terasa lebih live.

28 Hot Import Nights - Driven 2012


Head Unit Standar OEM Prosesor Alpine PXA-H701 Speaker 3 Way Focal Polyglass 2 Way Focal Integration (2 Set) Subwoofer Domination Disturbia (2 Set) Power Dimension New Element 4Ch Power Dimension New Element Monoblock DJ Console Vestax VCI 300 MK II, Laptop Macbook Pro Kabel aksesoris RGB Interior & RGB Audio Thanks To : Parents A.Diameita.K, Nozzle Auto Club, Lukito Innovation Car Audio, Hery Project D, Willy Pendawa, Alfred Moon Lightnings, Yopi Rahmat Motor

Hot Import Nights - Driven 2012 29


30 Hot Import Nights - Driven 2012


Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 kali ini bukan hanya menghadirkan jajaran mobil baru dan ramah lingkungan dari para Agen Pemegang Merek (APM) saja, tetapi juga menghadirkan Ivan’s Motor yang merupakan salah satu importir umum terbesar Indonesia dengan memamerkan 12 mobil eksotik.

McLaren MP4-12C asal Inggris yang memilki dapur

Sejumlah

ikut

12 silinder yang menyemburkan tenaga sebesar

dipajang seperti Ferrari FF, Porsche 911 Carrera

563hp/5250rpm, torsi 780 nm/rpm, delapan

S, Lamborghini Aventador LP700-4, Lamborghini

percepatan otomatis, dan top speed 250 km/

Gallardo LP570-4 STS, Aston Martin Virage, Bentley

jam serta akselerasi 0-100 km/h dalam waktu 4,9

Flying Spur Speed, Rolls Royce Ghost, Mclaren

detik. Ada pula Bentley Flying Spur Speed dengan

MP4-12C, Chevrolet Camaro TF3, Range Rover

mesin 12 silinder 6000 cc, tenaga 600 hp/6000

Evoque, Cadillac Escalade Platinum dan Ferrari

rpm, torsi 750nm/5600 rpm, 6 speed automatic

California.

transmission, top speed 322 km/h, dan akselerasi

mobil

dari

merek

ternama

Tentunya kehadiran selusin tunggangan prestisius

34 Hot Import Nights - Driven 2012

pacu delapan silinder dengan kapasitas 3.800 cc yang menyemburkan tenaga 592hp/600 rpm, torsi 601 nm/6000 rpm, tujuh percepatan dualclutch automatic, dan top speed hingga 333 km/ jam serta akselerasi 0-100 km/h dalam waktu 3,3 detik saja. Pabrikan Inggris juga diwakili sedan premium Rolls Royce Ghost dengan mesin berkapasitas 6592 cc

0-100 km/h dalam waktu 4,8 detik.

ini menjadi magnet tersendiri untuk pengunjung.

Bagi pecinta sports car bergengsi terbaru, Ivan’s

Simak saja spesifikasi deretan mobil mobil ‘wah’

Motor memajang Ferrari FF bermesin 12 silnder,

tersebut, mulai dari Lamborghini Aventador

6259 cc, 661 hp 8000 rpm, torsi 683 Nm 6000

LP700-4 yang memiliki mesin berkapasitas 6.498

rpm, tujuh percepatan, F1 dual clutch gearbox

cc, 12 silinder, bertenaga 700 hp/8250rpm, torsi

otomatis, top speed 332 km/h Akselerasi 0-100

690 nm/5500 rpm, transmisi tujuh percepatan

dalam 3,7 detik. Ada pula Ferrari California dengan

ISR automatic. Lalu juga ada Lamborghini Gallardo

dapur pacu 8 silinder, 4297 cc, 489 hp, 7750 rpm,

LP570-4 STS bermesin 10 silinder, 5204 cc,

torsi 505 Nm, 5000 rpm, tujuh speed otomatis

dengan 570 hp pada 8000 rpm dan torsi 540

(dengan Paddle Shift), top speed 310 km/jam,

Nm pada 6500 rpm, transmisi enam percepatan,

akselerasi 0-100 km/jam.

standard robotised sequential e-gear system

Porsche diwakili dengan model 911 Carrera S yang

dengan paddle shift, kecepatan maksimum 320

bermesin 8 silinder, 3800 cc, 400 hp 7800 rpm,

km/h dan akselerasi 3,4 detik. Lawannya adalah

440 Nm, 5600 rpm tujuh percepatan otomatis,

Pabrikkan Jerman


top speed 302 km/h serta akselerasi 0-100 dalam waktu 4,3 detik. Penggemar SUV dihadapkan dengan Cadillac Escalade Platinum yang mempunyai mesin 8 Cilinder, 6200 cc, 403 hp 56 Nm, 6 speed automatic, akselerasi 6,8 detik. Selain itu ada pula Range Rover Evoque yang bermesin 4 silinder, 2000 cc 240 hp 5500 rpmN torsi 340 nm 1750 rpm, transmisi enam percepatan, top speed 217 Km/h akselerasi 0-100 km/h dalam waktu 7,1 detik. Tentunya kehadiran deretan mobil dengan merek papan atas ini menjadi tontonan menarik bagi para pengunjung, apalagi kendaraan ini didampingi oleh gadis-gadis cantik berparas cantik dan berpenampilan menarik.

Hot Import Nights - Driven 2012 35


36 Hot Import Nights - Driven 2012


38 Hot Import Nights - Driven 2012


Putaran kedua Mercedes-Benz “C-Coupe Touring Championship” (CCTC) musim 2012-2013 berjalan sangat ketat di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat dengan diikuti 26 peserta. Sedangkan seri sebelumnya, CCTC hanya diikuti oleh 27 pebalap. Berkurangnya jumlah peserta dikarenakan salah satu pembalapnya, Andre Mamuaya meninggal dunia beberapa waktu lalu akibat kecelakaan sepeda motor di Jakarta. Walau dirundung duka, panasnya atmosfir persaingan tetap terasa, pasalnya Fitra Eri sebagai Juara Umum CCTC musim 2010-2011 menghadapi pesaing terdekatnya, seperti Renaldi Hutasoit dan Anton Widianto. Nama-nama lain, seperti Rudi SL, Hari Goemawidjaya, Andrew Haryanto, pembalap wanita Rally Marina, serta dua legendaris Chandra Alim dan Tinton Soeprapto ikut balap memberikan perlawanan ketat untuk sang juara bertahan Fitra Eri. Kejuaraan yang terbagi dalam tiga kelas, antara lain kelas unggulan (seeded), kelas pemula (novice), dan kelas bukan unggulan (non-seeded). “Ajang ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Mercedes-Benz bisa kembali menggelar seri CCTC di Sentul. Balapan mobil premium ini merupakan bentuk komitmen penuh dari Mercedes-Benz Indonesia terhadap perkembangan otomotif di Tanah Air, khususnya dalam

bidang balap mobil,” ujar President Director Mercedes-Benz Indonesia, Dr. Claus Weidner melalui siaran persnya. CTTC yang sudah terselenggara selama dua musim ini akan menggunakan sedan premium Mercedes-Benz C180 CGI COUPE terbaru yang secara khusus dipesan dari Jerman untuk kejuaraan balap. Mengacu pada regulasi Group N standar FIA, seluruh Mercedes-Benz C-COUPE yang digunakan untuk melalap Sirkuit Sentul ini tidak mengalami perubahan spesifikasi pada komponen mesin, transmisi, dan gardan. Dengan kata lain, mesin C180 CGI merupakan versi standar berkapasitas silinder 1.796cc yang mampu menghasilkan tenaga besar 156 hp. Meski demikian, Mercedes-Benz C-COUPE yang diimpor langsung dari Stuttgart, Jerman ini berbeda dengan unit standar yang dijual untuk publik di Tanah Air. Perbedaan terdapat pada model transmisi yang digunakan, yaitu tipe manual. Untuk penyelenggaraan CCTC musim 2012-2013 PT Mercedes-Benz Indonesia didukung mitra sponsor, di antaranya produsen ban GT Radial, pelumas TOP 1, velg BBS dan helm INK. Hadiah total uang sebesar Rp 70.000.000 dan piala tetap disetiap seri disediakan bagi para pemenang. Sementara untuk juara umum di akhir putaran akan menerima hadiah bergengsi, yaitu satu unit micro-car premium Smart Passion cabrio, dan runner-up juara umum disediakan satu unit sepeda motor.

Teks & Photo: Lucky Savor

Hot Import Nights - Driven 2012 39


Saat bertandang ke kota Penang, Malaysia, September lalu, HIN kedatangan rombongan yang sontak mencuri perhatian pengunjung maupun peserta HIN show. Mereka adalah Blue Jackets, sebuah society yang datang dengan mobil-mobil supercar sekelas Ferrari, Lamborghini, Porsche, Aston Martin, Maserati, dan Nissan GT-R. Yang luar biasa dari society ini adalah mereka tidak hanya memajang atau menyimpan supercar-supercar mereka di garasi, namun seringkali menikmatinya dalam beberapa pengendaraan jarak jauh yang mereka adakan, semisal dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Koh Samui dan Phuket di Thailand yang berjarak ribuan kilometer! Society yang menyebut dirinya sebagai sebuah fraternitas ini juga telah beberapa kali mengadakan kegiatan sosial seperti charity, maupun social visits. Salut . . .

40 Hot Import Nights - Driven 2012


Hot Import Nights - Driven 2012 41


Bertujuan membentuk wadah untuk menampung ide dan kreasi yang dihasilkan oleh para pendirinya, kini Nozzle Auto Club semakin eksis dengan mengikuti berbagai kontes modifikasi. Sebagai salah satu tujuan didirikannya komunitas yang resmi dibentuk pada tanggal 26 November 2010 lalu, saat ini Nozzle sedang giat meramaikan berbagai kontes modifikasi. Hal ini tentu sejalan dengan keinginan dari Mario, Yotto, Billy dan Arga sebagai pendirinya. “Nozzle sangat peduli dengan dunia otomotif, modifikasi khususnya. Dengan rajin mengikuti kontes, selain mengikuti perkembangan, Nozzle juga dapat ikut memberikan memberikan ide dan inovasi baru dibidang modifikasi,� papar Mario yang menjabat sebagai ketua. Ini sesuai dengan filosofi para pendirinya yang memaknai kata Nozzle yang berarti sesuatu yang dahsyat, atau dihasilkannya berbagai ide, karya atau lainnya dalam modifikasi. Selain itu visi dan misi dari Nozzle adalah membina dan membentuk sarana kegiatan social untuk mempererat hubungan dan kerja sama antar sesama penggemar otomotif. Ini dibuktikan dengan partisipasi Nozzle dalam berbagai kontes.,

44 Hot Import Nights - Driven 2012

Text: Arief Photo: Adli sal

mulai dari kontes Esa Unggul, AutoMaxx, West Java Automotive, Gathering Nasional EGCI, Venom Contest Untar, Modificartion Community Gathering, Photo Contest modifikasi.com serta ABT. Terakhir Nozzle turut unjuk gigi dengan merebut sejumlah thropy pada acara DreamCar Contest dan Eagle Modified. Kini secara rutin Nozzle Auto Club melakukan pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang anggotanya setiap dua minggu sekali yang diadakan di Bengawan Solo, PIK dan STC Senayan. Sejumlah cabang juga dibentuk sebagai perwakilan Nozzle di kota Medan, Pontianak, Menado, Padang dan akan terus bertambah sesuai dengan tujuan dari Nozzle, yaitu menjadi komunitas terbesar di Indonesia.


Ketua : Mario Seliang Wakil ketua : Yotto Bendahara : Jeff Valentinus Event organizer : Rico, Marcello, Billy Humas : Devin, Lvin Peralatan : Jemsly Dokumentasi : Joko, Jemsly

Hot Import Nights - Driven 2012 45


46 Hot Import Nights - Driven 2012


Meski menganut aliran modifikasi yang sama, tapi jika dilakukan oleh dua orang yang berbeda kebudayaan tentu hasilnya akan berbeda. Itulah yang dilakukan oleh dua pemuda yang berasal dari Indonesia dan Malaysia terhadap kendaraan kesayangannya. Menariknya lagi, keduanya mengambil tema dan konsep modifkasi yang serupa. Untuk menentukan mana yang lebih unggul dari segi kreatifitas dan kerapihan pengerjaan, HIN Magz membedah keduanya untuk Anda. Text & Photo: Lucky Savor


Dijumpai saat gelaran kontes HIN Surabaya lalu, Kelvin Cahyanto Soetektjo merombak Honda All New Civic kepunyaannya dengan aliran street racing sebagai pilihan. Tak asal rombak, sejumlah jurus rahasia dipersiapkan secara matang agar konsep yang diinginkan bisa diaplikasikan pada kendaraan berkode bodi FD1 ini. Di sektor eksterior, Kelvin melakukan modifikasi dengan mengganti warna bodi dengan blue candy serta body kit dibuatkan custom. Bukaan pintu pun dirubah menjadi pintu gunting serta menempatkan wing dibagian belakang. Begitu juga dengan penambahan sejumlah aksesoris pendukung, “Pokoknya ingin tampil beda aja,” ungkap Kelvin akan rubahannnya. Dapur pacu pun terkena sentuhan modifikasi dengan menjejalkan Turbo Kit FDI R18 dan intercooler Zage. Beberapa aksesoris pendukung sector ini mengambil merek ternama sekelas HKS, Walbro, SARD dan masih banyak lagi. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan performa mesin secara total. Puas

dengan

mesin,

Kelvin

merambah

ke

bagian

interior.

Menyesuaikan konsep yang bertema street racing, Seperangkat jok racing dari Bride tipe low-Max Gias II serta seat belt 5 titik keluaran Takata mengisi bagian kabin. Berbagai perangkat indikator terpasang rapi didashboard, tak lupa rollbar serta perangkat NOS ikut mengisi kabin.

Agar terlihat lebih garang, rollbar dicat pula

dengan warna merah candy. Untuk menopang bobot body, Kelvin memakai velg Rota Grid 19x19.5 yang dibalut ban Accelera 235-35-19, dengan aksen pilihan warna green lemon dan pinky untuk finishingnya. Per dan rem juga diganti dengan produk yang biasa di adopsi dilintasan balap. Dengan modifikasi yang dilakukan, Kelvin mengaku puas dengan tampilan kendaraan yang mengusung mesin berkode R18 ini.

Exterior : Civic Type R Front Bumper + Side Skirt, J’s Racing Type-S Carbon Front Lips + GT Wing, Sun’s Custom Carbon Front Fender, Auto-Version Custom Diffuser Carbon Side Skirt + Carbon Rear Fender + Rear Bumper + Carbon Rear Diffuser + Repaint With Blue Candy Color + Carbon Bracket Billion Air Funnel, Spoon Sports Carbon Side Mirror, Ings Carbon Hood, Akana Rear Carbon Trunk, King’s Custom Scissor Door, Billion Air Funnel, C-One Air Duct, Studio Cutting Shadow Sticker. Interior : BRIDE Low-Max GIAS II + Custom Bracket, BRIDE Second Row Re-Trim, TAKATA Seat Belt 5 Point, Burns Custom Roll-Bar + NOS Bracket, Auto-Version Custom Paint with Red Candy Color, NOS Purge Valve System, Sun’s Carbon Panel Interior, Civic Type R Engine Start, HKS Gear Knob, Mugen FD1 Pedal Set, Esprit Custom Roof Lining Re-trim + Suede Door Panel + Black Carpet, Custom Paint Interior With Black Color, Civic Type R Floor Mat, HKS Turbo Timer + EVC-S Display + Control Unit + Boost Meter Black Limited + Water Temp Meter Black Limited + Oil Press Meter Black Limited, Zoom Custom Bracket Meter. Engine : Zage Turbo Kit + Intercooler, HKS Blow Of Valve, Autobahn Oil Cooler, HKS F-Con iS + EVC-S Boost Controller Module + Oil Cap + Radiator Cap + Silicone Hose + M40I Spark Plug + Circle Earth + DHOB + Muffler, Walbro Fuel Pump, MF Speedworks Custom Return Fuel System + Fuel Rail + Custom Down-Center Pipe, SARD FPR, Civic Type R Injector, Cusco Oil Catch Tank, SAMCO Radiator Hose, Aluminium Radiator, EXEDY Clutch, Billion Super Thermo Wrap + Super Thermo Cloth + Super Taping Thermo Cloth. Under Carriage : ROTA Grid 19x9,5 Inch, Accelera 235/35-R19, TPI Lug Nut, TEIN Super Street, Pro Tune 6 Pot Caliper, Endless Disc Rotor + GTR Disc Rotor, APP Brake Line, MK Brake Pad, J’s Racing Front Tower Bar + Front Lower Arm Bar + Rear Tower Bar + Rear Lower Bar.I-C-E : Pioneer AVH-P1450DVD, Cello Reference 6, Cello Performance 5, Cello Type-S 12, Cello CA12 4-Channel, Gardiner Monoblock, PCL 5F Cap-Bank, Cube Acoustic Speaker Cable, WireWorld RCA Cable, Monster Cable 4 AWG.

48 Hot Import Nights - Driven 2012


Tak mau kalah dengan rivalnya, Aaron Chin Ze Wei yang asal Malaysia juga melakukan gubahan bertema serupa pada Honda Civic miliknya. Gaya street racing direalisasikan Aaron lewat perubahan tampilan pada eksterior, interior hingga performa dapur pacunya. Yang lebih penting, kematangan konsep modifikasinya, yang diwujudkan pada modifikasi eksterior dengan menempelkan cutting stiker bergaya racing berwarna merah pada bodi asli kendaraan yang aslinya berwarna putih. Selain itu body kit semi wide dan spoiler ikut ditambahkan. Spoiler depan dipakai keluaran Mugen tipe RR Advans, sedangkan dibagian buritan memakai J’s Racing Carbon. Penambah ini membuat Honda Civic 2.0 yang bermesin i-VTEC tampil lebih aerodinamis. Velg Advan RS Racing 18 inci yang dibalut ban Federal 595 Evo menjadi pilihan untuk bagian kaki-kaki.

Tak selesai sampai disitu, interior

pun mendapat menu lengkap. Jok dipakai model racing serta seat belt

Aerospeed warna merah, dengan menambahkan perangkat

aksesoris indikator racing pada bagian dashboard. Tak hanya ingin mendengarkan raungan suara knalpot selama perjalanan, Aaron juga menambahkan sistem audio pada Honda Civic ini. Hal teresbut dilakukan dengan meng-up grade perangkat maupun yang digunakan. Head unit standar tetap dipertahankan, tapi speaker diganti

menggunakan MTX

serta subwoofer dari merek serupa.

Sumber tenaga ditunjang dengan power Coustic monoblock. Akhirnya semua kerja keras pemuda penggemar musik hip hop ini dapat terealisasi sesuai dengan harapannya. Bahkan saat mobilnya dilombakan pada lomba HIN Penang bulan awal September lalu berhasil menyabet sejumlah piala. Dengan gubahan yang dilakukan serta sejumlah prestasi yang diraih, pantas rasanya jika HIN Magz memasangkan keduanya sebagai konsep pilihan untuk diterapkan pada kendaraan pembaca setia HIN Magz. Lalu mana yang lebih keren? Pilihan ada ditangan Anda.

Hot Import Nights - Driven 2012 49


Hot Import Nights Magazine issue75  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you