__MAIN_TEXT__

Page 1

E.01

A Glimmer of Material and Metallurgy

2020


FIND US!

01


KATA PEMBUKA Rudzi Dikman

Pimpinan Redaksi Majalah METAZINE Assalamualaikum semua, perkenalkan saya Rudzi Dikman selaku ketua pelaksana Majalah METAZINE HIMA TMM ITK, sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada teman-teman panitia majalah, teman-teman HIMA TMM ITK, dan kepada bapak Ainun Zulfikar, S.T.,MT. selaku Ketua Tim Pembina Kemahasiswaan yang telah membantu dalam pelaksanaan pembuatan majalah METAZINE. Besar harapan saya dalam terbitnya majalah ini terhadap terhadap dampak yang baik untuk HIMA TMM ITK dan juga untuk Teknik Material dan Metalurgi, dan saya juga berharap agar terbitnya majalah ini dapat membantu memperkenalkan Teknik Material dan Metalurgi kepada masyarakat luar. Semoga dengan terbitnya Majalah METAZINE ini memberikan manfaat yang baik bagi para pembaca dengan inovasi-inovasi yang ada dan juga dengan informasi penting lainnya mengenai dunia material. Hanya ini yang dapat saya sampaikan, saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

02


DAFTAR ISI

11

RESEP MAKANAN

02

13

KATA PEMBUKA

AKSI DEMO

03

15

DAFTAR ISI

FGD KM ITK

05

17

07

19

09

20

OUR TEAM

PANDANGAN HIMA

“OH GITU” ( edisi kuliah )

MINI GAMES 1 BRANDING LOKATARA

ESENSI KULIAH

03


21

PERKEMBANGAN TMM

23

31

25

35

PENGENALAN HIMA TMM ITK

TEKNOLOGI TMM MINI GAMES 2

PASCA PERKULIAHAN

26

BRANDING YOI

37

MINI GAMES 3

27

EXCITEMENT PERKULIAHAN

29

LIFE HACK UNTUK MAHASISWA

04

39

WISATA DI KALIMANTAN


OUR T

GRAPHICS DESIGNER

Desi Oktavia . Rizkatul Amriah A M Thoriq Atila S . Adhitia Dimas P . Ilham Alfathoni . Nababan, John Stanley

CONTENT

Gilang Ramadhan . Kartika Dwi Yulianada . Noo

Clara Dwi Susanti . Hanifa Noor Eldiana . Khen Niti

05


TEAM PHOTOGRAPHER

Muhammad Auditya . M Dhaifullah Musyaffa . Rama Nasrullah . Muhammad Ilyasin

T WRITER

or Nada Fadillah . Sharon Emmanoela Carissa Sendow

is Fortuna . Abdul Hanin Al Khakam . Rizki Febriyanto

06


Writer : Sharon Emmanoela Carissa Sendow

Fakta Fakta menarik menarik seputar seputar kehidupan kehidupan perkuliahan. perkuliahan.

OH, BEGITU

1. Mahasiswa ‘kupu-kupu’ dan ‘kura-kura’, Apaan sih?

Apasih ‘kupu-kupu’ dan ‘kura-kura’ itu? Eitss, tunggu dulu, yang dimaksud disini bukan hewan yaa..! Kalau kamu sudah jadi mahasiswa, istilah ini sudah tidak asing lagi tentunya. Kupu-kupu alias Kuliah-pulang-Kuliah-pulang dan Kura-kura alias Kuliah-rapat-Kuliah-rapat. Mahasiswa tipe Kupu-kupu cenderung minim berinteraksi dengan teman-temannya, dan berbanding terbalik dengan mahasiswa tipe Kura-kura yang hampir setiap harinya berdiskusi dan berinteraksi dengan orang sekelilingnya. Kamu tinggal pilih, mau jadi yang mana. Tapi perlu diingat, ada plus dan minus nya masing-masing ya!

2. SKS = Sistem Kebut Semalam

= Mahasiswa Abadi

Kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa serba praktis adalah Sistem Kebut Semalam (SKS). Bagi mereka, mungkin hal ini menjadi jalan pintas dikarenakan waktu belajar yang kurang. Padahal, survei membuktikan bahwa Sistem Kebut Semalam tersebut hanya menyebabkan mahasiswa kelelahan karena kurang tidur dan hasil IPnya menurun. Sehingga, menyebabkan proses wisudanya terhambat dan tidak lulus tepat waktu, bisa-bisa jadi mahasiswa abadi, huhu.. gak mau kan? Jadi, jangan dicontoh ya!

07


3. Bisa Berpenampilan ‘Sesuka Hati’ Waktu masih sekolah, mungkin kita pernah membayangkan bagaimana asiknya bisa berpenampilan menarik tanpa menggunakan atribut sekolah. Rambut panjang, menggunakan pakaian modis, bisa pulang cepat, dan lain-lain. Semuanya dapat terwujud saat memasuki masa kuliah. Eits, tapi tetap berpenampilan yang sewajarnya ya, jangan yang berlebihan, karena beberapa kampus juga tetap kasih ketentuan untuk harus tetap menggunakan kemeja atau baju berkerah.

4. Ikut Kegiatan Kampus Ambil bagian dari sebuah kegiatan yang ada di seputaran kampus, bahkan walau hanya jadi peserta. Jangan hanya ikut-ikutan, bahkan jika kita yang merancang dan membuat suatu event pastinnya akan lebih membanggakan. Karena selain pengalaman kerja dan menambah luas lingkup pertemanan, kalau beruntung kalian juga bisa punya teman hidup nantinya. Seru banget, kan?

5. Gagal? Coba lagi! Bukan sesuatu yang aneh dan memalukan bagi mahasiswa ketika mengalami kegagalan. Gagal jadi bagian dari kepanitiaan event kampus, gagal memperoleh nilai yang diinginkan, gagal menyelesaikan tugas tepat waktu, dan kegagalan-kegagalan lainnya. Ada fase dimana kita gagal dan mendapat pelajaran yang berarti dari kegagalan tersebut, jadi jangan pernah malu dan enggan untuk mencoba kembali ya! Ingat, hasil tidak akan mengkhianati proses.

08


Writer : Noor Nada Fadillah

ESENSI KULIAH

09


Mencicipi bangku perkuliahan merupakan sebuah idaman dan impian bagi setiap orang. Terkhusus bagi mereka yang ingin mengembangkan dirinya lebih jauh pada bidang yang diminatinya. Duduk dibangku perkuliahan saat ini bisa dibilang sesuatu yang mewah, megah, dan eksklusif. Karena tidak semua penerus bangsa ini dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Keistimewaan itulah yang seharusnya membuat para mahasiswa menjadi sadar dan syukur bahwa dapat duduk dan menikmati sajian ilmu dari para dosen merupakan sebuah kenikmatan, karena sekali lagi, bahwa tidak semua teman sebaya seperjuangannya dapat mengenyam bangku kuliah.

Salah satu tolak ukur kecerdasan seseorang ialah luasnya wawasan dan pandangannya terhadap suatu hal. Jika ada seseorang yang mengaku pernah atau sedang menduduki bangku kuliah namun ia mudah sekali men-judge pandangan orang lain, dan terkesan berpandangan sempit, mungkin ia belum menemukan makna kuliah yang sesungguhnya.

Kuliah itu tempat orang-orang yang ingin menambah dan memperluas pandangannya. Tempat orang-orang yang ingin mengasah kecerdasannya. Maka dari itu, jika Anda saat ini telah atau sedang duduk di bangku kuliah, maka pastikanlah Anda memahami betul makna kuliah. Karena ketika Anda gagal dalam memahami suatu hal yang amat dasar, yakni makna kuliah, mungkin Anda akan gagal dalam menjalani perkuliahan. Bukan gagal mendapat IPK yang besar. Tetapi gagal dalam memahami makna yang sesungguhnya dari perkuliahan.

Sebenarnya, kuliah tidak hanya menawarkan ilmu dan pengetahuan akademik saja. Kuliah jauh lebih daripada itu. Bangku kuliah menawarkan ilmu, pengetahuan, pengalaman, organisasi, kepemimpinan, juga hal positif lainnya. Tapi, satu hal yang terpenting yang harus diperhatikan setiap mahasiswa ialah: bagaimana caranya agar dirinya lebih mampu berpandangan luas. Karena sejak dulu, masalah manusia itu selalu seperti itu. Selalu merasa lebih benar, selalu merasa pendapatnya lebih kuat, selalu merasa pandangan hidupnya lebih baik, dan seterusnya. Jika orang yang berkuliah namun pandangan hidupnya masih sama seperti ketika ia belum kuliah, maka ia gagal dalam mengambil esensi berkuliah. Kuliah juga berbicara tentang bagaimana kita sebaiknya dalam berpandangan, dalam berpendapat, dalam menyatakan sikap terhadap suatu permasalahan. Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin luas pandangannya.

10


Writer : Sharon Emmanoela Carissa Sendow

Resep Praktis, Enak, dan Ekonomis! Memang beli di luar lebih praktis dan nggak repot, namun untuk kesehatan dan kebersihan belum ada jaminannya. Nah ada baiknya kamu coba untuk memasak sendiri. Selain lebih murah, kamu juga bisa hidup lebih sehat. Nah berikut ini beberapa resep masakan sederhana untuk mahasiswa yang praktis, mudah, ekonomis dan gak perlu banyak tenaga deh, pokoknya.

1. Capcay Goreng

Bumbu:

- Air secukupnya - Garam

- 2 siung bawang putih

- Lada

- 3 butir bawang merah - 1/2 bawang bombai

Bahan-bahan potong:

- 1 sdm saus tiram

- 1 sdt saus Inggris

- 1 ikat sawi ijo

- 1 sdm maizena, campur dengan sedikit air

- 2 buah wortel

- 1 sdt kecap asin

- 1 buah sawi putih

- 1 sdt minyak wijen

- 1 buah kembang kol

Cara memasak:

- Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombai - Masukkan wortel, aduk-aduk sampai setengah matang

- Beri air secukupnya, masukkan saus tiram, kecap Inggris, kecap asin, garam, lada. - Aduk-aduk hingga kuah mendidih masukkan maizena, aduk-aduk - Masukkan sawi, kembang kol, aduk-aduk

- Test rasa, terakhir masukkan minyak wijen. Angkat - Sajikan.

11


2. Jamur Crispy Bahan-bahan:

- Jamur tiram

- 250 gr tepung serbaguna - 3 sdm tepung maizena

Bumbu:

- 4 siung bawang putih (haluskan) - 1 sdt merica bubuk - 1 sdt garam

- 1 sdt kaldu bubuk

Cara memasak:

- Cuci bersih jamur (peras sampai airnya hilang)

- Masukkan bumbu ke dalam wadah yang berisi jamur (aduk-aduk hingga merata), kemudian marinasi sampai 10 menit

- Masukkan jamur ke dalam tepung kering (mix tepung serba guna dan meizena) balut hingga merata

- Goreng jamur hingga golden brown

- Sajikan dengan saus tomat atau cabai.

3. Roti John, Roti Tawar Bahan-bahan:

- Roti tawar

- Chicken luncheon (bisa ganti kornet, sosis, - daging-dagingan)

- Telur kocok lepas (kasih garam merica) - Bawang bombai, cincang - Daun bawang, iris - Keju jika suka - Margarin

Cara membuat:

- Saus tomat

- Lelehkan margarin, tumis luncheon + bombai sampai wangi, tuang telur, taburi

daun bawang + keju, tutup dengan selembar roti tawar, masak sampai matang. Beri saus tomat

- Oles bagian atas roti tawar dengan margarin, balik, panggang sampai garing

kecoklatan. Lipat dua, sajikan. Gimana? Praktis-pratktis dan murah kan? Resep ini bisa kamu pakai untuk menghemat uang jajan kamu karena bisa untuk porsimu selama 2 sampai 3 hari lho! Selamat mencoba!

12


HOT ISSUES

Writer : Kartika Dwi Yulianand

AKSI DEMO BESAR BESARAN MENOLAK OMNIBUS LAW

SELURUH MAHASISWA DAN BURUH SERENTAK MELAKUKAN AKSI

13


da

#tolakomnibuslaw Balikpapan, 09 0ktober 2020 Pengesahan OMNIBUS LAW RUU CIPTAKERJA menimbulkan banyak pro kontra dilingkungan masyarakat Indonesia, terutama pada hak-hak buruh dalam hal ketenagakerjaan. Banyaknya jumlah pasal yang kontroversial, RUU Ciptaker berpotensi melanggang Hak Asasi Manusia(HAM) yang menyangkut hak untuk bekerja dan hak di tempat kerja. Adapun Pasal-Pasal yang bermasalah dalam Omnibus Law RUU Cipta Kerja diantaranya tentang Ketenagakerjaan Pasal 77A, Pasal 88C, Pasal 88D, Pasal 91, dan Pasal 93 Ayat 2; tentang Lingkungan Hidup Pasal 88 dan Pasal 93; tentang Pers Pasal 1 1 dan Pasal 18; tentang Pendidikan Pasal 51 Ayat 1, Pasal 62 Ayat 1 dan Pasal 71. Aliansi Badan Eksekutif Mahasisawa Seluruh Indonesia (BEM SI) Ssepakat untuk melakukan aksi turun ke jalan pada tanggal 8 Oktober 2020 yang merupakan aksi nasional (ungkap Rizky Ramadhan selaku Koordinator Media Aliansi BEM SI). Pada 8 Oktober 2020, terjadi demo besar besaran yang melibatkan seluruh kota besar dan provinsi di Indonesia. Tidak hanya mahasiswa, para Buruh pun ikut ambil alih dalam aksi turun ke jalan pada tanggal 8 Oktober 2020.

14

Sama halnya yang terjadi di Kalimantan Timur, dilansir oleh Kaltimtoday.co. Pada hari kamis terjadi unjuk rasa menolak RUU Ciptaker di berbagai kota di Kalimantan Timur, contohnya Samarinda, Balikpapan, Bontang, dll. Di Balikpapan, ratusan mahasiswa berkumpul di simpang Plaza Balikpapan sejak pukul 10.00 Wita. Mereka berpakaian serba hitam guna menunjukkan mereka turun atas nama rakyat tanpa membawa instansi hasil kesepakatan Konsolidasi BEM Seluruh Balikpapan. Tujuan aksi mereka DPRD Kota Balikpapan. Di sana, mahasiswa melakukan orasi bergantian, membakar ban mobil, dan mendobrak barikade polisi yang menjaga gedung DPRD Balikpapan. Awalnya aksi berjalan damai, berubah menjadi ricuh yang disebabkan adanya provokator yang memulai kericuhan sehingga polisi menembakkan gas air mata. Puluhan mahasiswa diketahui mengalami luka luka karena kejadian tersebut. Tidak berbeda di Samarinda, ribuan peserta aksi mulai dari pelajar, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan serikat buruh. Fokus mendatangi kantor DPRD Kaltim. Dan aparat polisi juga telah disiapkan oleh pemerintah setempat guna melindungi otoriter didaerah tersebut. Sempat berupaya menjebol pintu paga DPRD Kaltim, namun gagal. Unjuk rasa tersebut juga diwarnain oleh kericuhan yang menyebabkan puluhan mahasiswa terluka dan jatuh pingsan. Para aparat kepolisian juga mengamankan peserta aksi yang dianggap sebagai provokator kericuhan berlangsung.


Writer : Kartika Dwi Yuliananda

HOT ISSUES

FORUM GROUP DISSCUSSION KM INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

PENGAMBILAN SIKAP TERKAIT PENGESAHAN RUU OMNIBUS LAW #TOLAKOMNIBUSLAW

15


K

eluarga Mahasiswa Intsitut Teknologi Kalimantan diketahui melakukan Forum Grup Disscusion terkait dengan pengesahan Omnibus Law Ciptaker yang disahkan oleh DPR secara senyap. Ikut menolak pengesahan yang dilakukan akibat banyaknya pasal-pasal yang kontroversial dan melanggar Hak Asasi Manusia(HAM) KM ITK melakukan konsolidasi terkait pengambilan sikap apa yang seharusnya dilakukan oleh KM ITK. Diadakan secara daring (Online), diharapkan seluruh warga KM TMM ITK dapat masuk dan ikut berpendapat didalamnya. Dan pengambilan sikap ini dilakukan setelah adanya FGD yang mengkaji, pasal-pasal kontroversial pada Omnibus Law. Dalam FGD ini, dilakukan pula penyampaian notulensi hasil konsolidasi BEM KM ITK dengan BEM Balikpapan lainnya dihasilkan bahwa BEM Balikpapan akan turun aksi atas nama rakyat tanpa membawa Instansi masing masing dan menduduki Kantor DPRD Balikpapan. Terjadi perdebatan di antar Mahasiswa KM ITK yang menginginkan aksi turun ke jalan maupun melalui observasi keadaan serta survey terlebih dahulu. Banyak perdebatan yang timbul juga diakibatkan oleh rasa keegoisan waga untuk turun ataupun tidak.

1

Menolak tegas pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja yang merugikan masyarakat.

2

Mendesak Pemerintah Pusat (terkhusus Presiden) untuk menerbitkan PERPPU agar UU Omnibus Law Cipta Kerja dibatalkan.

3

Seluruh elemen Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan dapat mengedukasi masyarakat Indonesia terutama Balikpapan mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja.

4

Mengajak seluruh elemen masyarakat Balikpapan untuk menandatangani petisi penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

5

Mendesak DPRD Kota Balikpapan untuk menandatangani MoU penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja dengan tenggat waktu hingga Selasa, 13 Oktober 2020.

16


Writer : Hanifa Noor Eldiana

PANDANGAN HIMA TMM ITK COVID-19 Kendala pertama yaitu komunikasi,sedikit lebih susah untuk menjalin komunikasi yang baik pada masa pandemi seperti ini, kendala yang kedua yaitu menentukan ide ide untuk mengganti konsep proker yang sebelARIQ TMM 17 umnya direncanakan secara offline tetapi karena pandemi harus menjadi online, kendala yang ketiga yaitu kaderisasi tidak bisa berjalan dengan lancar dan tidak maksimal pada masa pandemi ini dan yang terakhir adalah susah nya untuk menjaga semangat berorganisasi ini mungkin dikarenakan kegiatan atau pada saat menjalankan proker terlalu monoton,yang dimaksud monoton disini pelaksanaanya selalu diadakan secara online

Pada desember 2019 dilaporkan bahwa terdapat virus corona jenis baru yakni Covid -19. Virus yang mengganggu saluran pernafasan itu telah menyebar ke seluruh dunia. Melihat penyebaran Melihat sebaran virus corona, organisasi kesehatan dunia WHO telah mendeklarasikan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global. Sebagai upaya penghentian laju penyebaran virus, banyak negara yang menerapkan lockdown untuk menghentikan segala aktivitas keluar maupun yang akan masuk kedalam negeri. Di Indonesia sendiri, meskipun tidak sepenuhnya menerapkan lockdown, namun banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya masing-masing. Masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah. Hal ini berdampak pula bagi mahasiswa terkhusus HIMA TMM ITK, berikut terdapat cuitan keluh kesah dari Pengurus HIMA TMM ITK mengenai kendala saat menjalankan kepengurusan dimasa pandemi.

APA SAJA HARAPAN UNTUK SELURUH PENGURUS HIMA TMM ITK ?

Pandemi ini sangat berdampak terhadap seluruh kegiatan HIMA TMM ITK. Teman-teman pengurus mengalami kendala dimana kami harus mengubah nyaris seluruh konsep dan teknis kegiaARKAN TMM 17 tan selama satu periode kepengurusan agar dapat sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, namun dengan tetap menjaga esensi kegiatan yang dijalankan. Banyak sekali program kerja/agenda yang tertunda dan bahkan diganti atau dibatalkan pelaksanaannya, terutama yang eventual. Sehingga pengurus HIMA TMM ITK harus FEBRI TMM 17 memutar otak kembali agar dapat beradaptasi di situasi dan kondisi sekarang agar proker/agenda tetap berjalan di masa pandemi ini.

Terima kasih banyak karena sudah bertahan di masa-masa sulit seperti ini. Kerja keras kalian sangat luar biasa. Semoga semua yang telah diperjuangkan sama-sama ini akan menjadi batu loncatan untuk kepenguROSSY TMM 17 rusan selanjutnya dan seterusnya. Jangan lupa jaga selalu kondisi tubuh nya. Tetap sehat dan membumi

FAHMA TMM 17

17

Kita semua masing-masing masih mempunyai tujuan kita menjadi pengurus sekarang ini, kita beri kontribusi yang maksimal untuk prodi dan himpunan, serta jangan sering mengeluh dan tetap ceria :))) Ikan hiu makan duren kalian semua keren!!!


UU CIPTA KERJA

Mengenai pro dan kontra sebenarnya dalam hal ini belum terlalu spesifik, namun karena pengesahan sudah dilakukan maka sedikit kontra akan hal itu yang dimana pemangku kebijakan Choliq TMM 17 seakan tergesa-gesa untuk cepat menyelesaikan, yang bahwasanya masyarakat Indonesia masih meminta kejelasan mengenai UU Cipta kerja, karena untuk kondisi sekarang banyak sekali informasi yang masih kurang jelas akan kebenaran seperti halnya draft UU cipta kerja yang diberitakan terdapat 3 draft dengan jumlah halaman yang berbeda, ataupun perihal pesangon, cuti dll. Bila ditekankan pro atau kontra lebih tepatnya lagi kecewa karena kejelasan mengenai hal-hal yang belum jelas belum didapatkan. Maka wajar saja mahasiswa dan setiap elemen masyarakat diberbagai daerah di Indonesia masih melakukan aksi ya bahwasanya hal ini (uu cipta kerja) belum jelas dan menjadi keresahan ya harus terus dipertahankan dan diperjuangkan.

Sebagai mahasiswa yang memiliki peran menjadi social control. Sehingga muncul pertanyaan Mengapa mahasiswa selalu melakukan upaya kontrol terhadap kondisi pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat misalnya? Sebab ini adalah bagian dari peran mahasiswa untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat. Upaya kontrol yang dilakukan mahasiswa tetap harus didasarkan pada nilai-nilai idealisme yang ada. Tidak tergadai dengan iming-iming uang atau kepentingan politik yang mempengaruhinya. “UU Cipta Kerja� merupakan kalimat tak asing di tahun 2020 ini. Banyaknya polemik yang bermunculan dari UU Cipta Kerja ini. Tak mau ketinggalan ada pendapat dari pengurus HIMA TMM ITK mengenai UU Cipta Kerja ini. Seperti ini lah pandangan UU Cipta Kerja dari Pengurus HIMA TMM ITK. Saya kontra dengan uu cipta kerja ini karena dalam prosesnya banyak mengalami problematika serta tidak transparan dan terkesan terburu-buru, dan juga akan memicu terjadinya penguatan oligarki, hal ini karena saya berkaca pada isi yudist TMM 17 ruu ciptaker yang akan banyak merugikan kalangan pekerja menengah kebawah sehingga akan lebih banyak menguatkan kalangan atas dengan berkurangnya hak-hak pekerja (buruh) sehingga akan mudah untuk pemutusan kontrak kerja dan pengurangan jaminan kehidupan bagi pekerja tersebut. Dari sisi Pemerintah bersama DPR, UU Cipta Kerja ini akan menjadi regulasi atau peraturan yang dapat mempermudah dan memperlancar jalannya berbagai kegiatan usaha guna meningkatkan investasi dan memperluas lapangan yisrel TMM 18 pekerjaan dengan kata lain, agar mampu memberikan ruang investasi seluas luasnya, memberikan dampak bagi penyerapan tenaga kerja, dan juga reformasi perizinan yang sederhana dan efisien.Kemudian kalau di lihat dari sisi masyarakat, sebenarnya UU ini memunculkan polemik baru, karena di pandanganku, masyarakat pasti akan melihat bahwa UU ini akan bisa dengan mudah memuluskan investasi yang utamanya akan berpotensi merusak lingkungan dan juga melanggar hak hak buruh.

Berdasarkan pandangan saya, UU Cipta Kerja ini memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Apabila dilihat dari sisi positifnya, UU Cipta Kerja bisa memudahkan untuk berinvestasi dari luar untuk masuk ke negara arie TMM 17 kita namun hal itu juga mengikuti untuk menghasilkan sisi negatifnya dimana investor dari luar bisa dengan mudah membawa pekerja asing yang dapat menyebabkan lapangan kerja untuk tenaga kerja lokal semakin sempit.

18

UU cipta kerja merupakan keputusan kontroversial dari pemerintah. karna uu cipta kerja ini membuat masyarakat khawatir bukannya membuat indonesia menjadi lebih baik, malah sebaliknya. salah satu yang saya Fiqih TMM 17 sorot adalah persoalan mengenai dihapuskannya kewajiban kawasan hutan 30%. hal ini akan membuat kerusakan alam semakin parah. karena perkembangan pembangunan yang meningkat tanpa mementingkan lingkungan maka akan meningkatkan resiko bencana alam.


Writer : Khen Nitis Fortuna

This Puzzle is Your Story With

MINI GAME

Teknik Material

dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan

Raise Your

Spirit

Across

2. Batu mulia yang terbentuk dari unsur karbon karena pengaruh temperatur dan tekanan yang sangat tinggi... 3. Teknik material dan Metalurgi dikenal dengan sebutan... 6. Material keras, tak tembus cahaya, berkilau dan memiliki konduktifitas listrik... 7. Kota yang menjadi letak kampus ITK... 9. Material dengan bentuk rantai molekul Panjang dan berulang disebut... 11. Wadah yang melingkupi seluruh kegiatan mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi ITK...

Down

19

1. Prodi ke-6 di Institut Teknologi Kalimantan adalah Teknik... 3. Material non logam yang memiliki sifat keras dan tahan temparatur tinggi... 4. Coffee shop milik mahasiswa teknik material dan metalurgi angkatan 2016... 5 Dua atau lebih material yang digabungkan dengan tujuan meningkatkan karakteristik materialnya disebut... 8. Perusahaan Jasa Budidaya Perikanan milik alumni TMM... 10. Suatu kerusakan yang dapat dicegah dengan pemberian coating...


Writer : Khen Nitis Fortuna

Jadi Pengusaha di Umur 20-an? S

Di tahun 2020 ini ia tepat berusia 22 tahun, usia yang sangat muda untuk menjadi seorang pengusaha bukan?. Pemilihan Nama LOKATARA ini sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya Luar Biasa. Ia juga sempat bercerita bagaimana ia bisa sampai terpikirkan untuk membuka sebuah coffee shop. Semua berawal pada saat ia pergi Kerja praktek di PT. Pindad (Persero) yang berada di Kota Bandung. Ia berkata “ Ternyata memang disana (Kota Badung) itu keren banget, dari mulai kesenian asli sunda sampai space buat anak mudanya ngedukung banget buat jadi kota se kreatif itu. Jadi aku sebenarnya terpikirkan kalo balik ke Balikpapan, musti buat tempat yang menstimulan creativity dan juga bisa dibuat nongkrong. Dan terpikirkanlah ide untuk membuat sebuah coffee shop. Dengan munculnya LOKATARA ini aku juga bisa stand out karya-karya temenku yang aku pikir semua orang harus melihat hal ini. So that’s why there’s lot of picture, poster, paintings in our backspace” jelasnya. Ia juga menjelaskan bahwa untuk membuat sebuah coffee shop bukanlah hal yang mudah apalagi disaat pandemic COVID-19 seperti saat ini. Banyak kreativitas yang ingin diangkat tetapi memerlukan sumber daya manusia yang banyak, tentu saja hal tersebut tidak dapat dilaksanakan karena harus mematuhi protocol kesehatan. Ia juga berkata “tantangan bikin bisnis di awal itu bukan hanya persoalan modal karena itu sebuah kepastian, tantangan sesungguhnya di saat banyak orang yang ngebikin down mengenai apa yang kita ingin lakukan. Terlebih dengan status kita yang masih seorang mahasiswa. Hal ini tentu saja kembali lagi kediri kita bagaimana kita menanggapi hal negative tersebut menjadi sebuah hal yang positif. Yang jelas kalau mau membuat sebuah bisnis kita harus yakin kalau bisnis kita bisa workout dan diterima orang banyak, karena itu jadi alasan terkuat kita untuk tetap terus presisten sama bisnis yang kita jalanin”.

alah satu dari keinginan seseorang ialah ingin menjadi seorang pengusaha. Namun, untuk menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah mudah. Seorang pengusaha sukses harus berani mengambil resiko besar, mengorbankan waktu bersantai dengan keluarga, mengorbankan budget yang sangat banyak dan masih banyak lagi. Hal tersebut berhasil dibuktikan oleh 2 pengusaha muda Teknik Material dan Metalurgi ITK. Di umur yang bahkan belum menginjak 30 tahun mereka telah terbukti berhasil menjadi pengusaha muda yang sukses. Gimana sudah mulai penasaran siapa mereka? Kalau gitu, yuk kita intip siapa sih mereka?

LOKATARA ATARA Muhammad Fahmi Yudha Santara Kecamatan Balikpapan LOKATARA.

KOK KOK BISA BISA

Yang pertama ada kakak kece pemilik salah satu coffee shop di Kota Balikpapan. Namanya Muhammad Fahmi Yudha Santara, atau yang akrab disapa Yudha, ia adalah owner dari sebuah coffee shop di daerah Klandasan Ilir, Kota yang bernama

LOKATARA

Tips and Tricks dari kak Yudha Mahasiswa angkatan 2016 Teknik Material dan Metalurgi ITK ini kelahiran Balikpapan, 28 April 1998.

20

1. Berani memulai 2. Buat produk yang berbeda “sedikit lebih beda lebih baik dari pada sedikit lebih baik” 3. Hargai proses perlahan-lahan sembari evaluasi dan memperbaiki 4. Harus komitmen


Writer : Gilang Ramadhan & Abdul Hanin Al Khakam

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MATERIAL Ilmu material merupakan ilmu yang sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sejarah mencatat sejak zaman purbakala manusia sudah menggunakan material-material di alam untuk bertahan hidup. Karena keingintahuan manusia yang sangat tinggi, mereka dapat melakukan perubahan yang sangat besar pada dunia dan membuat segala kemudahan dengan ilmu material. Mulai dari penggunaan batu hingga sampai saat ini yang menggunakan teknologi material yang canggih seperti nanomaterial, material superkonduktor dan lain-lain. So, Berikut sejarah perkembangan ilmu material yang sudah mimin rangkum, enjoyf reading sobat metal

ANTIQUITY

(Zaman Purbakala) Pada periode jomon (sekitar tahun 14.500-300 SM), tembikar pertama bernama “Jomon Pottery� dibuat pada masa jepang kuno. Tembikar ini merupakan jenis material keramik yang tertua di dunia. Hiasannya yang menyerupai tali, melambangkan dan sekaligus merepresentasikan kata jomon yang berarti “pola tali�. Tembikar ini pertama kali diproduksi pada tahun 13.000 SM di sekitar Shinonouchi di Nagano yang berupa bejana sederhana. Secara umum, ada 2 jenis tembikar yang diproduksi pada masa itu yaitu, tembikar warna abu-abu tua dengan tepi bersudut dan hiasan garis melengkung serta gagang yang menyerupai bentuk kepala binatang. Jenis kedua yaitu tembikar biasa yang tidak memiliki hiasan sama sekali (Catwright, 2017).

21


1ST MILLENIUM

(Millenial Pertama) Beberapa kemajuan yang paling signifikan dalam ilmu dan teknologi material serta sangat berpengaruh dunia ada di era ini. Hal ini diawali dengan ditemukannya blast furnace sehingga pig iron diproduksi secara luas di china kuno dibawah kepemimpinan dinasti Han (Yuniu, et al., 2019). Kemudian perkembangan material selanjutnya terjadi kembali di china. Pada abad ke-8 (618-907 M), di era dinasti Tang porselen ditemukan. Porselen ini terbuat dari batu cina (batuan feldspathic) yang digiling menjadi bubuk dan dicampur dengan kaolin (tanah liat putih) (Britannica, 2020).

2ND MILLENIUM

(Millenial Kedua)

Pada tahun 1883, sel surya pertama mengunakan wafel selenium semikonduktor dengan lapisan tipis emas untuk membentuk sambungan yang dibuat oleh seorang penemu asal Amerika, Charles Frittis. Efisiensi dari alat itu hanya sekitar 1% (APS News, 2009). Perjalanan perkembangan material selanjutnya terjadi pada tahun 1913, Stainless steel ditemukan dan dikembangkan oleh ilmuwan metalurgi inggris, Harry Brearly. Dia menambahkan unsur Cr ke dalam baja yang diketahui dapat meningkatkna titik leleh material dan pada saat itu dinamakan “rustless steel� (Burngreave, 2007).

22


Writer : Rizki Febriyanto

CAT TEMBOK YANG BISA MEMBERSIHKAN DENGAN SENDIRINYA

Apa itu TiO2? Fungsinya apa?

EMANG ADA?

Menurut J. Zhang pada tahun 2016, Titanium dioksida (TiO2) merupakan material yang memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki sifat optik yang baik, aktivitas fotokatalis yang baik, superhidrofilik, ramah lingkungan serta stabilitas mekanik tinggi. Beberapa tahun terakhir TiO2 hadir sebagai material yang paling dibutuhkan sebagai fotokatalis untuk berbagai potensi seperti pemurnian bahan alam, sterilisasi, self-cleaning dll. Sifat superhidrofilik yang dimiliki oleh TiO2 dapat diaplikasikan untuk material self-cleaning. Ketika cat yang mengandung TiO2 terkena sinar UV dari matahari, TiO2 memiliki kemampuan superhidrofilik atau mengikat air dan juga akan bereaksi secara oksidasi reduksi yang disebabkan

C

at memiliki fungsi untuk memberikan efek keindahan rumah, dan memberikan perlindungan dari debu atau kotoran yang lainnya. Tidak bisa dipungkiri untuk kondisi seperti di lingkungan pedesaan ataupun perkotaan, faktor debu ataupun lumpur sangat dominan. Permukaan lapisan cat yang sudah mengering akan dengan mudah menjadi kotor dan kusam karena debu atau kotoran yang menempel. Faktor cuaca yang kurang menentu di Indonesia menyebabkan munculnya inovasi dirt-free paint, atau cat anti kotor. Dirt-free paint dimaksudkan agar tembok terbebas dari kotoran baik itu debu, lumpur, tanah, lumut dan lainnya. Dirt-free paint adalah kemampuan cat untuk membersihkan sendiri (self-cleaning) dari kotoran melalui reaksi kimia. Dengan adanya teknologi ini maka diharapkan dapat membuat kotoran tidak akan menempel di permukaan dinding serta dapat mempertahankan nilai estetika tembok. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan untuk aplikasi dirt-free paint pada cat adalah dengan memanfaatkan fotokatalisis bahan TiO2.

23


oleh proses fotokatalitik yang terjadi. Sehingga ketika TiO2 mengalami proses fotokatalisis, kotoran organik dapat terurai dengan bantuan sinar UV dari matahari. Dan karena permukaan cat yang mengandung TiO2 bersifat superhidrofilik, ketika diberi air maka kotoran organik yang terurai akan hanyut bersama air atau dalam konteks ini ketika permukaan cat terkena hujan. Jadi, kotoran organik akan terurai dengan sendirinya dan akan terbilas oleh air yang mengenai permukaan cat tersebut. kali digunakan untuk aplikasi cat eksterior atau cat yang digunakan di luar ruangan. Sudah banyak sekali produk-produk cat dirt-free yang tersedia di pasaran, dan juga penggunaannya pun sudah banyak sekali seperti cat eksterior rumah, cat untuk gedung, cat kendaraan, dan lainnya. Pengaplikasian cat dirt-free paling populer pada saat ini yaitu penggunaan pada cat bodi mobil. Karena sifat self-cleaning yang dimilikinya, bodi mobil akan lebih mudah untuk dibersihkan ketika terkena kotoran dibandingkan dengan bodi mobil yang tidak menggunakan cat dirt-free. Dengan begitu, warna pada mobil akan lebih awet dan tidak mudah terdegradasi seiring dengan waktu.

BAGAIMANA SIH CARA MEMBUAT CAT DIRT-FREE DENGAN TIO2 ? Untuk membuat cat dirt-free atau self-cleaning adalah dengan cara mencampurkan beberapa bahan-bahan utama seperti base liquid, pendispersi, pigmen, dan bubuk TiO2. Berdasarkan “How It’s Made : Premier Paint�, proses pembuatan cat dirt-free yaitu mencampurkan base liquid dan pigmen sebagai pemberi warna ke dalam mixer untuk meratakan pigmen warna ke dalam base liquid agar tercampur secara sempurna. Lalu sembari diaduk, bubuk nanoparticle TiO2 dicampurkan ke dalam campuran tersebut. Fungsi dari penambahan TiO2 yaitu sebagai pigmen warna putih yang menjadi dasar warna dalam cat, serta fungsi lainnya yaitu menambahkan sifat self-cleaning pada cat serta membuat cat tersebut tahan terhadap kotoran organik seperti jamur, lumut, dan sebagainya. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Zhang pada tahun 2017, bubuk TiO2 bersifat mengikat satu dengan lainnya ketika dicampurkan, maka bubuk TiO2 dalam campuran tersebut akan cenderung membentuk gumpalan-gumpalan. Hal ini membuat TiO2 tidak tersebar secara sempurna dan menurunkan fungsi dari TiO2 tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pada campuran cat akan diberikan juga zat dispersant atau pendispersi yang fungsinya untuk memecah gumpalan TiO2 pada cat dan juga fungsi lain dari pendispersi yaitu meningkatkan sifat hidrofilik dari TiO2 pada cat yang berperan pada proses fotokatalitis. Dalam produksi cat dirt-free, umumnya zat pendispersi yang digunakan yaitu PEG atau Polyethylene Glycol.

ANCAMAN KESEHATAN CAT DIRT-FREE

PENGGUNAAN CAT DIRT-FREE

Cat dirt-free sendiri sudah digunakan secara luas, karena sifatnya yang mampu membersihkan sendiri serta tahan terhadap kotoran organik seperti lumut, jamur, debu, dan sebagainya maka cat ini sering se-

24

Pada tanggal 18 Februari 2020, organisasi EU (Europe Union) telah mengklasifikasikan bahwa diduga TiO2 dalam bentuk bubuk adalah bahan yang bersifat karsinogenik (kategori 2) atau dapat menyebabkan kanker jika terhirup ke dalam sistem pernapasan manusia. Lalu menurut International Agency for Research on Cancer (IARC) juga menduga kepada hal yang sama dengan menyatakan bahwa zat TiO2 sangat memungkinkan bersifat karsinogenik. Namun hal tersebut masih praduga yang dinyatakan oleh lembaga-lembaga tersebut, dan dalam kasus ini TiO2 yang dimaksud ialah bubuk nanopartikel yang terhirup dengan jumlah yang ekstrim ke dalam sistem pernapasan manusia dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun produk-produk TiO2 terutama cat dirt-free masih tergolong sangatlah aman berdasarkan ratusan tahun penggunaan produk TiO2 tersebut di Eropa. Selama ratusan tahun tersebut juga telah dilakukan beberapa studi mengenai efek kesehatan TiO2 terhadap manusia dan hasilnya menunjukkan bahwa TiO2 bersifat inert atau tidak bereaksi di dalam tubuh manusia dan tidak menunjukkan adanya bahaya yang perlu dicemaskan.


Writer : Khen Nitis Fortuna

MME MATH RIDDLE = 40

= 10

= 25

=4

= .... = .... = 15 ....= 66 25


Writer : Khen Nitis Fortuna

YOI AKUAKULTUR INDONESIA Y

Gimana? Keren dan kece ya! di umur yang masih tergolong muda, mereka telah berhasil membuka usaha dan lapangan pekerjaan untuk orang banyak. Semoga hal tersebut dapat memotivasi kita untuk terus menjadi individu yang kreatif dan berguna bagi masyarakat Indonesia

YOI

Saat ini Yoi Akuakultur telah berhasil menyalurkan permodalan dari masyarakat seluruh Indonesia kepada 10 Petambak di 5 proyek budidaya yang telah berjalan di 3 tempat di balikpapan. Berkolaborasi meningkatkan ekosistem pertambakan yang lebih baik. Saya ingain melalui YOI AKUAKULTUR dapat turut perpartisipasi membangun perekonomian Indonesia mulai dari pesisir dengan semangat kolaborasi”. Untuk menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah. Awalnya ia merupakan seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan meaning support pertambangan dibidang alat berat. Kemudian di tahun 2015 ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan. Keinginan untuk menjadi seorang wirausaha mulai muncul pada saat ia membaca sebuah artikel mengenai Isu Bonus Demografi Indonesia yang mana artikel tersebut menceritakan bahwa di tahun 2030/2045 penduduk produktif di Indonesia jumlahnya lebih dari 60%. Hal itulah yang memotivasinya untuk menjadi seseorang pencipta lapangan pekerjaan bukan sebagai pencari kerja. Untuk melatih mental menjadi seorang wirausaha ia mulai mencoba berdagang nasi kuning, coklat bahkan jasa angkut barang. Hal tersebut tentu saja tidak di jalani dengan mulus dan bahkan sempat merugi belasan juta rupiah. Akan tetapi rintangan tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk menjadi wirausaha, sampai dengan akhirnya ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan bersama teman-temannya dan berhasil mengumpulkan dana ratusan juta rupiah dari seluruh masyarakat Indonesia yang kemudian di salurkan untuk keperluan proyek budidaya yang ia jalani saat ini.

AKUAKULTUR

Zulfadli

uk sekarang kita kenalan dengan kak Zulfadli atau yang akrab di panggil Zul. Ia adalah mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi ITK angkatan 2015. Diumur yang bahkan belum menginjak 30 tahun, laki-laki kelahiran Bontang, 8 Oktober ini memiliki sebuah perusahaan yang bernama YOI AKUAKULTUR INDONESIA. Ditahun 2020 ini YOI AKUAKULTUR Genap berusia 1 Tahun sebagai platform urundana proyek perikanan budidaya atau biasa disebut dengan “Start Up Finansial Teknologi”. Bekerja sama dengan IBT (Inkubator Bisnis Teknologi ITK) YOI AKUAKULTUR memiliki sebuah kantor Utama yang letaknya di Ruang E108 atau ruang tenant IBT. “Melalui YOI AKUAKULTUR kami ingin merubah polabinis pertambakan yang dahulu mengandalkan sistem tengkulak ataupun punggawa dalam bahasa kami disini agar menjadi lebih terbuka untuk akses pendanaan maupun akses pasarnya” Ungkap kak Zulfadli. Ia juga berkata “ YOI AKUAKULTUR berperan dalam membantu akses petambak kecil untuk melakukan percepatan kesejahteraan para petambak tradisional dengan mengubungkan mitra petambak YOI AKUAKULTUR dengan sumber daya dan peluang yang di butuhkan.

Tips & Trick dari kak Zul 1. Membangun goal yang jelas mengapa kita ingin menjadi wirausaha 2. Menciptakan lingkungan yang sesuai dengan goal kita Membuat kurikulum untuk diri sendiri dan tidak lupa 3. mengevaluasi 4. Berfikir Besar, Mulai dari yang kecil, Lincah,..

26


Writer : Noor Nada Fadillah

EXCITEMENT PERKULIAHAN Wisuda Daring Penuh Makna Saat Pandemi Covid-19

Waktu

akan berjalan terus menerus layaknya air yang terus mengalir entah bagaimanapun keadaannya. Sama seperti saat Pandemi Covid-19 ini semua kegiatan perkuliahan harus tetap berjalan. Pandemi Covid-19 membuat mahasiswa harus menjalani kegiatan secara daring (online) dari rumah atau kos. Tak hanya kuliah, ujian, hingga sidang skripsi yang dilakukan secara daring sejak Maret lalu. Salah satu momen sakral yang dinanti-nantikan mahasiswa sebagai puncak perjuangan kuliah sekitar empat tahun yaitu pelaksanaan wisuda.

Prosesi wisuda yang biasanya dibayangkan dengan meriah dan penuh kebahagiaan bersama teman seperjuangan saat ini berganti menjadi acara yang penuh kehangatan bersama keluarga di rumah walaupun tak semua wisudawan berada bersama keluarga karena tertahan oleh covid-19 akan tetapi tetap merasakan kehangatan tersebut bersama orang disekitarnya. Pandemi Covid-19 tak membuat kampus menghilangkan acara wisuda. Saat ini, wisuda daring menjadi pilihan bijaksana. Meski tak meriah, wisuda daring berlangsung penuh makna.

27


Wisudawan Wisudawati

Teknik Material dan Metalurgi

2020

28


Writer : Sharon Emmanoela Carissa Sendow

a w s i s a h a M k u t n

U s k c a Life H

Buat Alarm Lebih Nyaring Kamu tipe orang yang susah bangun pagi? Sudah pasang alarm tapi gak dengar? Tips berikut bisa membantu kamu bangun pagi karena akan membuat suara alarm jadi lebih nyaring. Eitss, jangan lupa pasang alarm kamu berurutan yaa agar alarmnya gak berhenti sebelum kamu bangun hehehe.

Pulpen Warna-Warni Ingat! Sekarang kamu udah mahasiswa nih. Harus sering banget mencatat karena kamu akan banyak belajar sendiri daripada belajar dikelas hehe. Sediakan pulpen warna - warni, karena warna dapat membantu kamu mengingat dan memahami dengan lebih mudah dan cepat, juga catatan kamu akan terlihat lebih rapih dan indah.

Sering Bersihkan Laptopmu Tidak jarang kita jumpai debu - debu menempel pada sela - sela keyboard laptop atau PC, dan akan susah untuk dibersikan menggunakan lap biasa jika kamu tidak memiliki vacum cleaner khusus. Oleh karena itu, tips disamping dapat membantu kamu loh, cukup menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi, dan voilĂ ! Keyboard laptop kamu bersih, deh.

29


Beralih ke Tumbler, Mengapa Tidak? Selain bisa mengurangi penggunaan sampah plastik, kita bisa banget hemat kalau bawa tumbler pribadi kemana-mana lho! Lumayan banget kan buat mahasiswa? Tunggu apalagi? Yuk! Beralih ke tumbler sekarang!

Belajar Memasak di Waktu Luang, Yuk! Manfaatkan waktu luang-mu untuk belajar memasak. Lumayan menghemat uang jajan kamu karena budget memasak lebih kecil dan bisa sekaligus masak untuk 3 hari atau lebih lho! Jadi, jangan cuma jadi kaum rebahan aja dong.. Tapi mulai lah produktif di waktu luang!

Yuk, Beralih ke Catatan Binder! Tinggalkan buku tulis (isi 38 - 58 lembar) dan beralih ke binder sekarang juga! karena satu binder ini bisa dipakai untuk hampir semua mata kuliah lho.. Hanya perlu dibedakan dengan warna kertas catatannya, dan berikan pembatas , and you’re all done! Tas kamu jadi tidak padat dan dijamin gak akan ada buku pelajaran yang tertinggal deh, hehe.. Selamat mencoba, mahasiswa!

Perbanyak Ruang Penyimpanan Pakaian di Lemarimu ! Tinggal di kos? Atau di asrama kampus? Sangat penting mengorganisir barang-barang kamu menjadi lebih rapih. Dimensi kamar di kos atau di asrama kampus terkadang tidak seluas kamar pribadi dirumah kamu. Tips melipat baju ini bisa membuat lemari baju kamu jadi lebih rapih loh!

30


Writer : Clara Dwi Susanti

HIMA TMM INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

H

SEJARAH HIMA TMM

impunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HIMA TMM ITK) merupakan organisasi mahasiswa yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif di lingkungan Keluarga Mahasiswa Teknik Material & Metalurgi ITK (KM TMM ITK). Himpunan Mahasiswa Teknik Material & Metalurgi (HIMA TMM) berkedudukan di Institut Teknologi Kalimantan Balikpapan sejak tanggal 23 Februari 2017. HIMA TMM ITK juga merupakan suatu wadah Mahasiswa Teknik Material & Metalurgi untuk menyampaikan aspirasi dan memfasilitasi setiap kegiatan Mahasiswa TMM.

1. 2. 3. 4.

Gelora Sinergi (2017) Harmoni Alterasi (2018) Ekuilibrium (2019) Satu Karsa (2020)

2020 2020

31

SATUKARSA


BADAN PENGURUS HARIAN KETUA HIMPUNAN

WAKIL KETUA HIMPUNAN

SEKRETARIS UMUM

BENDAHARA UMUM

Nabilla Amalia Putri

Rima Nurhaliza

Ananda Yudistira Assalamualaikum hallo semuanya, perkenalkan saya Ananda Yudistira selaku Ketua Himpunan Teknik Material dan Metalurgi kepengurusan SATUKARSA. Sedikit memperkenalkan HIMA TMM ITK kepengurusan SATUKARSA, kepengurusannya terdiri dari 1 BPH, dengan 5 Divisi, 1 Biro dan 1 BSO. SATUKARSA sendiri mempunyai makna yang berasal dari serapan 2 kata yaitu SATU dan juga KARSA. SATU bermakna kesatuan anggota dalam HIMA TMM ITK sendiri dan KARSA yang berarti keinginan untuk menjadi lebih baik lagi, maknanya SATUKARSA yaitu satu kesatuan asa anggota untuk menjadikan HIMA TMM ITK lebih baik lagi.

Rifqi Aditya Arkan

DIES NATALIS 3 HIMA TMM ITK

DIVISI INTERNAL KEPALA DIVISI KEPALA DEPARTEMEN KESMA

STAF

PROKER

KEPALA DEPARTEMEN

DAGRI

1. Dies Natalis 3 HIMA TMM ITK 2. Internalisasi 3. Syukuran Wisuda

AGENDA

Zulhi Auliya Fahma

Aprina Dewi Rizki

1. Sharing and Discussion 2. Mamet Sport 3. Kesma Foundation Centre 4. Lini Book 5. Jahim Day 6. Apresiasi

Adi Wisaka

PROKER

KEPALA DIVISI KEPALA DEPARTEMEN HUBLU

KEPALA DEPARTEMEN

SOSMAS

Fiqih Aryanma Cipta Yuan

1. Temu Alumni 2. Metallurgist Care 3. Pengmas TMM

AGENDA M Aulia Feryandie

Aulia Dwi Rasky A

32

Ega Tasya Aprilia

Muh. Arun

Muflichah Rizky Fadhillah

Rizka Fitriani

STAF METALLURGIST CARE

DIVISI EKSTERNAL

Bobby Choiril Mufariji

Abyan Daffa Yuspantoro

Clarissa Kristie

Khen Nitis Fortuna

Nanda Ayudya Sundari

Sarfira Fidra Utami

Sharon Emmanoela Carissa Sendow

1. LINA Metalurgist 2. Mamet Greetings 3. Delegasi PM3I


PROKER

Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

KEPALA DIVISI KEPALA DEPARTEMEN PEMETAAN

KEPALA DEPARTEMEN KADERISASI

Ariq Wahyudi

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

P3K EP KPKM Welcome Party Perumusan Teknis Magang Seminar Pasca Kampus Pelatihan Dasar Organisasi Pelatihan Manajemen Organisasi

Hanifa Noor Eldiana

M. Arzil Maulana

Maya Putri Wulandari

Rizky Akbar

AGENDA

Achmad Fikri Febriawan

Dani Pratama

STAF

PELATIHAN DASAR ORGANISASI

DIVISI PSDM

1. Konsolidasi Mahasiswa Baru Yisrel

DIVISI KEPROF

PROKER TUROR PRODI

Keprofesian

KEPALA DIVISI KEPALA DEPARTEMEN RISTEK

STAF

KEPALA DEPARTEMEN AKADEMIK

Arie Mifthahul Rakhmat

1. 2. 3. 4. 5.

Kuliah Tamu Keteknikan Tour Laboratorium Kuliah Lapangan Pelatihan Keprofesian Perpustakaan Keprofesian

AGENDA Ihwal Dian Rifaldi

Nisha Razaq

Normahfuza

Surya Adyatma

1. Tutor Prodi 2. Posko Lomba

Tzamara Atiqah Hazimah

DIVISI MEDFO

STAF

PELATIHAN DESAIN

PROKER

Media Desain dan Informasi

KEPALA DIVISI KEPALA DEPARTEMEN DESAIN

M. Thoriq Atila

KEPALA DEPARTEMEN INFORMASI

1. Galery TMM 2. Pelatihan Desain

Adhitia Dimas Pratama

Clara Dwi Susanti

AGENDA 1. Sosial Media HIMA TMM ITK 2020 2. MametPedia 3. Majalah “Metazine” 4. Reminder Akademik

Rizki Febriyanto

Rama Nasrullah

Rudzi Dikman

33

M. Dhaifullah Musyaffa


PROKER

STAF KEDAI TMM

BIRO DANUS

Dana dan Usaha

KEPALA BIRO KEPALA DEPARTEMEN PENDANAAN USAHA

KEPALA DEPARTEMEN PENGEMBANGAN USAHA

1. Seminar Kewirausahaan 2. TMM Spirit

Arjunita Sijabat

Muhammad Auditya S

AGENDA

Rossyana Agustyawanti

1. TMM Store 2. Kedai TMM

Rohini

Pusparani Dinie Pradypta

Rina Agustiyani Ritonga

BSO MATRIXS

PROKER 1. Pembuatan Alat

Badan Semi Otonom

Perancangan Alat Uji Kapasitas Anoda

KETUA BSO

KEPALA DEPARTEMEN TECHNICAL

BENDAHARA BSO MATRIXS

SEKRETARIS BSO MATRIXS

KEPALA DEPARTEMEN NON TECHNICAL

Muhammad Yanuar Rizal

Shinta Ramadhiani Rizky

Zulfa Fakhrina

Khairum Min Alfi Bethan

Perancangan Alat Uji Kapasitas Anoda

Choliq Hidayah

MECHANICAL

SYSTEM

INTERNAL

EKSTERNAL

DESAIN

Fauzi Meidiansyah Yahya

Desi Oktavia

Muhammad Gunawan

Mokhamad Salman A.F

Indra Hasbullah

Rabiatul Adawiyah

John Stanley, N

Aditian Pardamean Siregar

Flora Stasiyanur

Rizky Vi’atul M

Siti Auliana Rahmawaty

Ade Safril Nugraha

Diah Ayu Lestari Putri

Andi Nurhidayah

Ghozy Romadan

Gilang Ramadhan

Ega Berliana Mawarni

Tegar Argo Kartiko

Gusti Galih Pandhita

Jouprayzer

Ratna Eka Meliani

34


Writer : Noor Nada Fadillah

PASCA PERKULIAHAN Satu hal yang perlu diketahui sebagai mahasiswa baru, bahwa pasca kuliah adalah waktu dimana angka dan huruf dalam nilai sangatlah berharga. Untuk memasukkan lamaran kerja ke perusahaan - perusahaan, syarat IPK minimal 2,75 dan ada yang mematok standar 3,00. Ini jadi tanda bahwa nilai menjadi standar acuan seleksi. Bukan cuma soal lamar melamar, soal melanjutkan sekolah lagi pun butuh angka dan nilai yang bagus serta ada syarat – syarat tertentu. Apalagi pada masa pandemi seperti ini, sangat sulit menemukan pekerjaan dan beasiswa untuk melanjutkan studi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah iklan lowongan kerja di masa pandemi sempat anjlok hingga 75% pada April lalu. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, juga telah menyatakan akan melakukan moratorium penerimaan PNS hingga lima tahun ke depan.

Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan jumlah pengangguran diestimasi dapat mencapai antara 2,9 juta hingga 5,2 juta jiwa akibat pandemi. Melanjutkan studi saat masa pandemi

bisa menjadi salah satu opsi. Namun keinginan untuk melanjutkan studi lagi ini seringkali terganjal biaya. Meskipun sebenarnya, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mencari beasiswa. Akan tetapi untuk mencari beasiswa pada masa pandemi ini juga sangat sulit dikarenakan adanya penundaan seleksi dan penundaan keberangkatan teruntuk yang telah menerima beasiswa.

35


Bagaimana mereka melanjutkannya? Nuraeda Hayya, T. Material dan Metalurgi 2016 “Pada saat pandemi covid-19 seperti ini sebagian besar perusahaan belum buka loker untuk pekerja baru terutama di daerah saya yaitu Sangatta. Dengan begitu selagi menunggu info loker, saya mengikuti webinar-webinar yang lumayan menambah ilmu dan dilakukan secara online yang sangat memudahkan bagi saya. Dan juga saya membuka usaha makanan bersama dengan teman saya.”

Diah Tri Agustiningtyas, T.Material dan Metalurgi 2016 “Setelah lulus kuliah ini saya langsung melanjutkan bekerja di Perusahaan Pulp and Paper pada bagian R&D, dimana bagian Research & Development (R&D) di suatu perusahaan bertanggung jawab untuk segala aktivitas riset dan pengembangan di perusahaan tersebut. Serta memastikan kualitas performansi dalam perusahaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan. Dan saya berencana melanjutkan studi T. Material di ITB 2 tahun lagi.” DILEMA BANGKU KULIAH (Sebuah Bacaan untuk Menapaki Kehidupan Kampus). Azri Yusra. 2020 https://books.google.co.id/books?id=qL_8DwAAQBAJ&pg=PA208&dqpasca+kuliah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjP7abznMvsAh Xd7HMBHX3bCOAQ6AEwAXoECAMQAg#v=onepage &q=pasca%20kuliah&f=false

Madani, T.Material dan Metalurgi 2016 “Saya ingin melanjutkan bekerja dan saat ini masih mencari-cari pekerjaan karena yang telah kita ketahui bahwa sangat sulit mencari pekerjaan disaat pandemi seperti ini, selagi mengisi waktu kosong, saya melakukan pelatihan dan berwirausaha.”

Callistasia Wijaya.2020.” Covid-19: 'Tak juga dapat kerja', 'malu minta duit orang tua', hingga 'survive dengan bisnis sendiri - cerita angkatan 2020”. BBC News Indonesia https://www.bbc.com/indonesia/majalah-53333126

36


GUESS THE

Writer : Noor Nada Fadillah

PICTURE

Clue Intake, exhaust

Clue Mahal, sangat keras

Clue Rantai molekul panjang dan berulang

37


Clue Cetakan pasir

Clue Filler metal

Clue Diagram

38


Writer : Khen Nitis Fortuna

ADA APA SIH DI BUMI ETAM? Hallo teman-teman! gimana ni kuliah onlienya? Mungkin sebagian dari kalian sudah mulai jenuh ya berdiam diri di rumah karena dampak COVID-19. Btw sekarang ini kita sudah boleh pergi berwisata loh, asalkan selalu mematuhi protokol kesehatan. Nah, disini akan ada 3 destinasi pariwisata di bumi ETAM yang tentunya recomemded banget untuk teman-teman kunjungi. SO! ayo kita lihat destinasi pariwisata apa aja sih yang di maksud.

arga W s a t fi i t Ak

2

egarasari S r a g g n a M i ta n a P

1

N

ah teman-teman siapa sih yang tidak tahu Pantai Manggar Segarasari? Pantai dengan pepohonan yang rindang dan luasnya hamparan pasir pantai berwarna cream ini menjadi salah satu tujuan favorit warga terkhususnya kota Balikpapan saat ingin melepas lelah, menghabiskan waktu bersama Teman dan juga Keluarga. Disini pengunjung dapat bersantai menikmati pantai sembari berenang, bermain banana boat menyewa becak mini dan lain-lain. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap loh mulai dari WC, Lamin untuk menggelar sebuah kegiatan, Penyewaan alat renang, berbagai macam pilihan kuliner, Spot foto menarik yang sangat banyak dan masih banyak lagi. Mobilitas menuju ke pantai tersebut terbilang sangat mudah wisatawan dapat mengendarai motor, mobil atau menggunakan transportasi umum yaitu angkutan kota no 7 dengan jarak tempuh 9,5 km dari bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan atau 20 KM dari pusat kota Balikpapan.

Desa Budaya Pampang teman-teman Desa Budaya Pampang ini Jadi merupakan pemukiman dayak terkhususnya

sub-suku dayak Apokayan dan juga Kenyah yang melestarikan kebudayaan asli Borneo. Desa Budaya Pampang ini sendiri terletak di Kelurahan Budaya Pampang Kecamatan Samarinda Utara atau sekitar 23 KM dari pusat kota Samarinda melalui jalan yang menghubungkan Samarinda dan Bontang. Disana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menonton pentas budaya dimana akan di tampilkan sebuah tarian, mempelajari tradisi suku dayak, berfoto di rumah lamin, berfoto dengan menggunakan pakaian Tradisional suku Dayak dan lain-lain.

39

Salah satu Spot Foto


Tempat Bersantai

3

Pulau Derawan

Pulau Kakaban

Pulau Maratua

Pulau i Sangalak

SAAT BERWISATA HARUS BAWA APA AJA SIH?

Kepulau

Saat berwisata tentu saja terdapat beberapa hal yang harus kita persiapkan tergantung dengan destinasi pariwisata yang akan kita kunjungi, nah hal yang umum di siapkan saat berwisata antara lain : 1. Informasi sebanyak mungkin mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi 2. Dana yang lebih 3. Obat-obatan pribadi 4. Pakaian ganti (menyesuaikan destinasi wisatan5. ya) 6. Peralatan untuk mengabadikan momen 7. Transportasi yang memadai 8. Bekal makanan maupun minuman 9. Peralatan Mandi pribadi

an Deraw an

N

ah yang terakhir ada Kepulauan Derawan. Pasti teman-teman sudah sering mendengar tentang kepulauan ini. Kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memilki objek wisata bawah laut yang luar biasa indahnya. Sejatinya terdapat 4 pulau yang sering di kunjungi oleh wisatawan yaitu Pulau Derawan yang sering di jadikan tempat menginap oleh para wisatawan dimana memiliki berbagai macam opsi penginapan dan tempat makan dengan budget yang beragam, penyewaan alat snorkeling serta toko souvenir. Kemudian terdapat Pulau Sangalaki, di pulau ini tidak terdapat perkampungan penduduk melainkan hanya resort eksklusif dan Taman Wisata Alam yang berfungsi untuk melestarikan biota laut terutama Penyu Hijau. Dipulau ini wisatawan dapat melihat proses menetasnya telur penyu dan juga berenang dengan ikan pari manta. Kemudian Pulau Kakaban, pulau tidak berpenghuni ini memiliki danau air payau yang dikelilingi hutan lebat dimana menjadi habitat ubur-ubur. Ubur-ubur di danau Kakaban ini telah berevolusi sehingga tidak dapat menyengat. Dan yang terakhir terdapat Pulau Maratua disini wisatawan dapat mengunjungi Gua Halo Tabung, snorkeling di sekitar dermaga, berenang bersama penyu dan aktivitas seru lainnya.

TURIS CERDAS Pada saat berwisata jangan lupa untuk menjadi turis cerdas ya teman-teman, karena dengan menjadi turis cerdas kita dapat terhindar dari suatu hal yang berbahaya dan yang tidak kita inginkan, entah itu berupa kekerasan, pencurian, salah lokasi destinasi wisata dan lain sebagainya. Kemudian bagaimana sih cara agar menjadi turis cerdas itu? Nah untuk menjadi turis cerdas lakukanlah hal di bawah ini:

40

1. Harus mengetahui kondisi dan situasi tempat wisata yang akan di kunjungi 2. Jangan terlalu memperlihatkan kekayaan 3. Hormati adat istiadat, agama dan juga kebudayaan setempat 4. Patuhi peraturan yang berlaku 5. Jangan membuang sampah sembarangan 6. Jangan merusak ataupun membawa pulang fasilitas yang di sediakan


IG @tmm_itk @himatmmitk . Line @kyz1688Q . FB Material dan Metalurgi Itk https://mme.itk.ac.id . YT Teknik Material dan Metalurgi ITK

HI

Profile for HIMA TMM ITK

METAZINE Edisi 1 HIMA TMM ITK 2020  

METAZINE merupakan majalah yang diterbitkan HIMA TMM ITK 2020 yang menyajikan informasi serta isu-isu terkini seputar perkuliahan, teknologi...

METAZINE Edisi 1 HIMA TMM ITK 2020  

METAZINE merupakan majalah yang diterbitkan HIMA TMM ITK 2020 yang menyajikan informasi serta isu-isu terkini seputar perkuliahan, teknologi...

Advertisement