Page 1


About Us

SALAM REDAKSI Alhamdulillahirabbilalamin, segala puji bagi Allah SWT, atas ridhaNya kami dapat menyelesaikan bulle n Sta s ka edisi Mei 2019. Bule n ini kami beri nama “INFERENSI� yang merupakan singkatan dari Informasi dan Referensi Sta s ka. Dengan maksud agar bule n ini sekiranya dapat menjadi sumber informasi seputar Himasta,Biro serta birokrasi yang ada di Departemen Sta s ka. Kami sadar goresan pena yang kami tuangkan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharap tanggapan berupa kri k dan saran dari para pembaca sekalian. Selamat menikma sajian kami!:)

ALAMAT REDAKSI Alamat Redaksi : Sekretariat Himasta Gedung F Lt.3 FSM Undip Email : Himastase a@gmail.com Line : @kxs9937w Instagram : @himasta_undip Youtube : Himasta Undip

TIM REDAKSI 1. Penanggungjawab 2. Sekretaris 3. Desain Redaksi 4. Editor

5. Reporter

2

: Genisia P.A : Salma Innassuraiya : Diah Aliya : 1. Erysta Risky R 2. Mohammad Ihsan 3. Pravisinnisa Q.A : 1. Dheanisa Widyan 2. Amirul Ikhrom 3. Viona Alliza D.P


Story

Cara Kerja Hitung Cepat (Quick Count) Saat Pemilu Hitung cepat adalah sebuah metode veriďŹ kasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Berbeda dengan survei perilaku pemilih, survei pra-pilkada atau survei exit poll , hitung cepat memberikan gambaran dan akurasi yang lebih nggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden. Selain itu, hitung cepat bisa menerapkan teknik sampling probabilias sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat. Nah, sebenernya Gimana sih cara kerja Quick Count itu? Langkah Pertama, membangun mesin quick count adalah menentukan sampel TPS Makin besar jumlah sampel yang diambil, makin akurat hasil yang didapat. Metode acak (random sampling), terutama mul stage random sampling juga ikut menjadi penentu akurasi selain jumlah sampel. Faktor yang dapat membedakan hasil survei itu adalah penetapan sampel, margin of error (MOE), dan metode penarikan sampel yang ditentukan dari ap lembaga. SMRC misalnya, metode hitung cepat lembaga ini menggunakan metode stra ďŹ ed cluster random sampling dengan margin of error plus minus 1 persen dengan ngkat kepercayaan 99 persen. Langkah Kedua, Merekrut relawan Setelah menentukan sampel TPS. Lembaga survei kemudian mencari relawan yang akan menarik data dari sampel TPS yang sudah ditentukan. Relawan yang direkrut berdasarkan asal kelurahan di mana sampel TPS berada. Dimana relawan ini harus melaporkan data secara kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan.

3


Story Langkah Ke ga, Simulasi quick count Setelah mesin quick count terbentuk, langkah selanjutnya adalah menguji coba apakah mesin tersebut telah bekerja dengan baik. Poltracking melakukan simulasi quick count selama seminggu sebelum pemilu presiden. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan mesin quick count. Dengan demikian, human error dan technical error dak terjadi pada hari-H. , Langkah Keempat, Mengirim rekapitulasi ke pusat data Setelah ke ga proses tersebut selesai dijalankan, maka yang terakhir para relawan yang memantau di se ap TPS akan mengirim data hasil rekapitulasi suara dalam formulir C-1 dengan menggunakan alat telekomunikasi, kalau dulu menggunakan SMS, sekarang dapat menggunakan email ke pusat data. Selain itu di ngkat pusat yang mengakumulasi dan menjemput data di lapangan yang terlambat masuk.

Diku p dari : h ps://www.anakteknik.co.id/a/windawa /Bagaimana-Cara-Kerja-Quick-Count-Pemilu-2019

4


Intermezzo

Pengertian Data Beserta Fungsi Data dan Jenis-Jenis Data Tanpa adanya suatu informasi maka kita dak akan mengetahui info – info terbaru dan dak dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Dan tanpa adanya suatu data yang dicari sebelumnya maka dak akan ada yang namanya informasi dan solusi untuk masalah sehari – hari. Namun sangat disayangkan pada realitasnya banyak orang yang dak menger fungsi dan betapa pen ngnya data bagi kehidupan saat ini. Penger an Data Pada dasarnya data adalah kumpulan informasi atau keterangan – keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh dapat menjadi suatu anggapan atau fakta karena memang belum diolah lebih lanjut. Setelah diolah melalui peneli an atau percobaan maka suatu data dapat menjadi bentuk yang lebih kompleks seper suatu database , informasi atau bahkan solusi untuk masalah tertentu. Dari segi Bahasa kata “data” diambil dari kata “datum” yang dalam Bahasa Romawi diar kan sebagai sesuatu yang diberikan. Oleh karena itu definisi sesungguhnya dari data adalah diberikan bukan memberikan, karena jika memberikan maka data itu sudah menjadi informasi yang baku dan diakui kebenarannya. Is lah data memang lebih banyak ditemui pada bidang komputer atau dalam lingkup suatu peneli an. Fungsi Data Bagi para peneli suatu data dijadikan landasan utama dalam peneli annya. Dalam penggunaan bidang komputer juga hampir selalu melibatkan suatu data yang kemudian diolah untuk memecahkan masalah.Dengan melihat hal diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa suatu data berfungsi untuk membuat keputusan terbaik dalam memecahkan masalah, dapat dijadikan sebagai dasar suatu perencanaan atau peneli an, dijadikan sebagai acuan dalam se ap implementasi suatu kegiatan dan terakhir data juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Suatu data dapat diibaratkan sebagai dasar perencanaan atau riwayat segala ndakan yang sudah dilakukan. Inilah mengapa hampir dalam semua aspek kehidupan melibatkan suatu data.

5


Intermezzo

Jenis – Jenis Data Karena hampir ada di segala aspek kehidupan maka dak mengherankan bahwa suatu data dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Terdapat banyak parameter pengelompokan data namun kebanyakan mungkin dikelompokkan berdasarkan sifatnya, berdasarkan sumber atau darimana data itu berasal, berdasarkan waktu pengambilan dan masih banyak lagi. 1. Berdasarkan sumbernya Sebelumnya sempat dibahas bahwa suatu data itu diperoleh dari cara memperoleh yang berbeda. Perbedaan sumber ini juga dapat mengelompokkan data menjadi beberapa jenis yakni data primer(diperoleh dari sumber – sumber tertentu yang didapat objek peneli an.) dan data sekunder(diperoleh dari sumber – sumber terdahulu seper buku, jurnal dan lain – lain.) 2. Berdasarkan sifat-sifatnya Suatu data juga dapat dibedakan berdasarkan sifat – sifatnya yakni data kualita f (biasanya banyak dijumpai dalam berbentuk pernyataan verbal, gambar atau bahkan simbol.) dan data kuan ta f(lebih mengarah kepada pernyataan secara terbilang atau angka.) 3. Berdasarkan waktu pengambilannya Selanjutnya suatu data juga dapat dikelompokkan berdasarkan waktu pengambilan atau pengumpulannya. Terdapat jenis data yang dikumpulkan secara berkala(survey penduduk) dan data cross sec on(terkumpul dalam waktu tertentu).

6


About Himasta

Diskusi Pakar 2019

Hari Minggu, tanggal 16 Juni 2019 telah dilaksanakan Diskusi Pakar 2019 di Gedung Dekanat lantai 3,Fakultas Sains dan Matema ka. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan Himasta yang merupakan serangkaian kegiatan dari program kerja Himasta bidang Pendidikan dan Peneli an. Pada tahun 2019 ini, Diskusi Pakar memiliki tema yaitu “Peran Data Science dalam Revolusi Industri . 4.0�. Dengan adanya kegiatan Diskusi Pakar ini diharapkan dapat memperluas wawasan mahasiswa Sta s ka tentang peran sta s ka dalam dunia kerja dan memberikan gambaran mahasiswa Sta s ka terhadap dunia kerja nan nya. Bentuk kegiatan ini adalah pemaparan materi dan diskusi dua arah dari mahasiswa terhadap pembicara. Kegiatan ini terlaksana dengan baik,mahasiswa antusias terhadap materi yang diberikan dan semoga dapat memberikan manfaat sesuai yang diharapkan.

7


Profile

GOTTFRIED ACHENWALL (1719-1772) Go ried Achenwall lahir di Elbing, Provinsi Royal Prusia, Polandia, pada tanggal 20 Oktober 1719. Ia kuliah di Universitas Leipzig dan mendapatkan gelar Master pada tahun 1746 pada Fakultas Filsafat Universitas Leipzig. Pada tahun yang sama, ia pergi ke Marburg untuk bekerja sebagai asisten profesor bidang sejarah dan hukum internasional. Pada tahun 1748 ia dipanggil oleh University of Gö ngen untuk menjadi Profesor Luar Biasa bidang Filsafat. Ia juga dianugerahi gelar yang sama namun dalam bidang yang berbeda sebagai Profesor Luar Biasa bidang Hukum juga oleh Universitas yang sama pada tahun 1753. Pada tahun 1765, Achenwall menjadi court counsellor dari Kerajaan Inggris dan Pengadilan Pemilihan Hanover. Ia menjadi terkenal karena menggunakan is lah “Sta s k” untuk pertama kalinya pada karyanya yang berjudul : Staatsverfassung der heu gen vornehmsten Europäischen Reiche und Völker im Grundrisse(Kons tusi Poli k Negara dan Masyarakat Eropa Saat Ini) pada tahun 1749. Dalam karyanya ini, Staatsverfassung der heu gen vornehmsten Europäischen Reiche und Völker im Grundrisse, dia memberikan gambaran tentang kons tusi dari berbagai negara di Eropa dengan menggambarkan kondisi pertanian, manufaktur dan perdagangannya. Ia mendapatkan dukungan finansial dari Raja George III dalam melakukan peneli annya. Dalam bukunya tersebut, ia menggunakan is lah “Sta s k” yang menggandung ar suatu deskripsi komprehensif dari sosial, poli k, dan ekonomi suatu negara. Jadi pada waktu itu, sta s k adalah suatu kegiatan yang berhubungan dalam proses analisis data kenegaraan. Atas jasanya ini, para ekonom Jerman memberi julukan “Bapak Sta s ka”

8


FunFic on

A Late Step “Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN 2019 di Universitas Diponegoro program studi Sta s ka” kalimat itu terpampang di layar laptopku. Ayah dan ibu terlihat sangat senang saat membuka pengumuman bahkan sampai menangis dan berkali-kali bersyukur kepada Tuhan. Sedangkan aku hanya terdiam, saat aku tahu aku diterima di jurusan yang dak kuinginkan. membayangkan empat tahunku akan kulalui dengan mempelajari sesuatu yang dak aku inginkan berhasil membuat kepalaku berat. Tidak terasa,setelah pengumuman ujian lalu, yang tentu saja dilanjutkan dengan tes kesehatan dan verifikasi. Hari ini hari pertama masuk perkuliahan,setelah seminggu diisi oleh orientasi studi kampus Universitas maupun Fakultas. Aku berangkat dengan penuh rasa malas, di otakku hanya terpikir kapan perkuliahan hari ini selesai. Saat masuk ke dalam kelas, aku melihat wajah gembira teman-temanku yang lain, mereka begitu bersemangat mengiku kuliah sta s ka pertama dalam hidup mereka, aku hanya melintas dan memilih duduk paling belakang, memejamkan mata lalu memasangkan headphone ke telingaku, mencoba untuk mengabaikan sekelilingku. Tiba- ba ada seseorang yang duduk disebelahku dan menepuk bahuku

“Binta ya?” Tanyanya, aku membuka headphoneku dan hanya menganggukan kepala sebagai respon atas pertanyaannya. “Kenalin,aku Krystal. kita waktu itu pernah sekelas waktu ospek fakultas,inget aku gak?” Tanya Krystal dengan wajah cerianya. “Enggak.” Jawabku singkat “Gapapa kalo ga inget, aku selalu merha in kamu karena kelihatannya kamu selalu sendiri dan terlihat murung.” Aku hanya tersenyum simpul,lalu menggunakan headphoneku kembali. Sebenarnya aku ingat dia,dia yang dipercayai oleh kakak ngkat untuk jadi ketua kelas saat ospek dulu,tetapi aku purapura dak ingat saja untuk menghindari pembicaraan ini. Tapi tak disangka, Krystal selalu mengajakku berbicara mulai tentang asalku,keluargaku,sekolahku dulu,hobiku, alasan masuk sta s ka, ya pikal mahasiswa baru yang ingin berkenalan. Awalnya memang aku sebal karena diajak untuk mengobrol terus tetapi dilihat-lihat kita punya banyak kesamaan dari genre musik, buku,film dan lain-lain, akhirnya aku terbawa suasana dan mengobrol dari barat ke mur dengan Krystal.

9


FunFic on “Aku masuk sini benerbener dari keinginanku sendiri,kayak udah jatuh cinta banget sama sta s ka, udah dua kali gagal buat masuk sini tapi akhirnya masih dikasih kesempatan buat masuk sta s ka! Semalem sampai gak bisa dur gara gara hari ini pertama kuliah!” Katanya sambil tertawa. “Kalo kamu masuk sini kenapa, Bin?” Tanyanya “Disuruh orangtua, sebenernya aku bener-bener gak mau masuk sta s ka! Eh,taunya malah keterima. mana ini keinginan orangtuaku lagi. Hari ini aku bahkan sempat kepikiran gak mau masuk!” Kataku kesal. Krystal hanya menanggapi dengan menepuk bahuku dan berkata “it's okay Bin,mungkin ini yang terbaik. Aku janji bakalan bantu kamu buat jatuh cinta sama sta s ka! Pelan-pelan yang sabar” jawabnya bercanda.

10

Perkuliahan pun dimulai, hari-hariku dipenuhi dengan mata kuliah Kalkulus I,Metode Sta s ka, Aljabar Linier Elementer dan lainlain yang membuatku muak. Selama perkuliahan aku selalu dur atau dak mendengarkan dosen,kadang dak masuk kelas pada mata kuliah yang membuatku pusing, dak p e r n a h b e l a j a r, m e n g h i n d a r i pertemuan seangkatan, bukan mahasiswa banget deh pokoknya! Krystal selalu memarahiku saat aku jarang masuk kelas dan dak pernah belajar saat ujian. “kalau memang kamu sebenci itu, jangan kayak gini lah, Bin. Seenggaknya masuk kelas kek. Udah bayar mahal-mahal juga!!” Aku hanya tertawa. Sampai suatu hari, Dosen Waliku menghubungiku, kata-kata beliau membuatku bertanya? Hah? Kenapa sih?. Ternyata……… To Be Con nued........


#STATFact

Sejarah Matriks Dalam matema ka, Matriks adalah susunan, bilangan, simbol, atau ekspresi, yang disusun dalam baris dan kolom sehingga membentuk suatu bangun persegi. Matriks berkaitan erat dengan sistem persamaan linier, pada sekitar tahun 200 SM hingga 100 SM Bangsa Cina dalam teks kuno “Jianzhang suah shu” atau “Nine Chapters of The Matema cal Art” telah menyuguhkan berbagai macam soal mengenai sistem persamaan linier, termasuk metode untuk menyelesaikannnya yang dasarnya merupakan metode matriks. Salah satu soal didalam teks kuno tersebut : “ Terdapat ga jenis jagung untuk ga karung jenis pertama ditambah dua karung jenis kedua, dan sekarang jenis ke ga harganya 39. dua karung jenis pertama,ditambah ga karung kedua, dan sekarang jenis ke ga harganya 34.sekarang jenis pertama dan dua karung jenis kedua dan ga karung jenis ke ga harganya 26. berapakah harga jagung keseluruhan bila diambil masing- masing jenis sekarang saja?” Penulis soal kemudian menyusun koefisien-koefisien dalam sistem persamaan yang digambarkan dalam soal di atas, ke dalam sebuah tabel yang sering disebut dengan coun ngboard (papan perhitungan).

Metode pada abad ke-20 (juga kita sekarang) biasanya menulis koefisien ap persamaan menurut arah baris, tetapi metode Cina Kuno di atas menurut arah kolom. Dari sinilah diketahui bahwa ternyata matriks pertama kali ditemukan oleh Bangsa Cina Kuno serta matriks diduga terbentuk karena kebiasaan dari penulisan Bangsa Cina sering dari atas kebawah.

Diku p dari :h ps://www.slideshare.net/an an ka/sejarah-matriks

11


Kuis

KUIS Carilah 6 kata yang menunjukan sta s ka!

C

Z

C

J

U

F

R

A

E

K

D

T

P

L

H

T

Q

M

H

P

I

S

U

B

I

R

T

S

I

D

H

I

P

O

T

E

S

I

S

I

Q

A

P

E

L

U

A

N

G

S

S

K

I

R

T

A

M

F

P

E

T

O

L

P

X

O

B

U

N

R

E

L

Y

C

J

F

C

S

R

G

H

X

D

D

C

N

T

F

H

E

R

D

R

C

Z

G

K

D

P

R

Kirimkan jawabanmu ke OďŹƒcial Account Himasta Undip! Dan dapatkan hadiah!:)

12

Profile for Inferensi

Buletin Inferensi Edisi II 2019  

Buletin Inferensi Edisi II 2019  

Advertisement