Page 1


Bulan Februari Ini adalah bulan yang Istimewa bagi Mahasiswa Fisika, khususnya bagi pengurus HIMASIKA ITS 2013-2014. kenapa? karena pada pada bula inilah diadakan proker terbesar HIMASIKA yaitu Physics Summit Physics Summit kali ini merupakan yang kedua kalinya diadakan setelah 1st Physics Summit diadakan pada tahun lalu. walaupun sebenarnya acara sejenis secara rutin diadakan yahun tahun sebelumnya dengan nama yang berbeda. pada penyelenggaraan physics summit kali ini dibagi menjadi dua sub kegiatan yaitu Open Laboratorium dan Olimpiade Fisika Nasional. Open Laboratorium atau yang biasa disingkat Open Lab mengajak para peserta berkeliling laboratoriumlaboratorium yang ada di jurusan fisika

diantaranya laboratorium fisika dasar, laboratorium Fisika Instrumntasi, laboratorium Fisika bahan, laboratorium fisika madya, serta laboratorium Geofisika. kegiatan yang diikuti oleh sekitar empat ratus peserta ini dilaksanakan pada tanggal 7-8 februari 2014 sebelum diajak berkeliling para peserta diberikan pengenalan terlebih dahulu tentang laboraroriumlaboratorium yang akan dikunjungi agar menambah ketertaikan para peserta. setelah tiba di laboratorium, peserta tidak hanya diberikan penjelasan tentang alat-alat yang ada di laboratorium tersebut, namun peserta juga dapat mencoba langsung perlatan tersebut. bahkan ada beberapa laboratorium dimana peserta dapat melakukan percobaan seperti yang para mahasiswa lakukan.

Olimpiade Fisika Nasional atau yang biasa disebut O F N merupakan salah satu ajang pertarungan bagi para maniak fisika di seluruh indonesia. pada OFN kali ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang tersebar di beberapa rayon. OFN kali ini dibagi dalam beberapa babak, yang diawal dengan babak kualifikasi, kemudian babak semifinal dan babak final babak kualifikasi telah dilaksanakan pada 17 februari kemarin. yang terdiri atas beberapa rayon. pada babak kualifikasi OFN kali ini para peserta diberikan waktu 3 jam untuk SMA dan 2 jam untuk SMP untuk menyelesaikan soal yang diberikan. bagi tim yang lolos ke babak semifinal pada tanggal 22 februari 2013 yang akan dilaksanakan di jurusan Fisika ITS Surabaya. dan kemudian dilanjutkan dengan babak GrandFinal pada tanggal 23 februari 2013.(srm)

penjelasan sebelum berkeliling labortorium

peserta open labsedang mengikuti penjelasan dari instruktur laboratorium

peserta OFN sedang berdiskusi mengerjakan soal


Pada 17 februari 2014 kemarin jurusan Fisika I T S mengadakan Seminar senin yang bertemakan tentang bintang ganda gerhana. dan pembicaranya datang langsung dari ITB Bandung. beliau adalah Pak Hakim L. Malasan. Beliau merupakan dosen Astronomi pada departemen Astronomi ITB. pada seminar senin kemarin Pak Hakim membawakan seminar tentang Bintang ganda gerhana, apa sih bintang ganda gerhana itu? nah, bagi yang gak ikut seminarnya kemarin, saya akan coba mengulas secara umum tantang bintang ganda ini. bintang ganda yang paling awal ditemukan adalah bintang mizar di rasi ursa mayor oleh Riccoli pada tahun 1650. setelah itu herschel pun pada abad ke 18 mengamati hal yang sama. Herschel menemukan bahwa bintang castor di rasi gemini merupakan

bintang ganda. bintang ganda dibagi menjadi empat yaitu bintang ganda visual, buntang ganda spektroskopi, bintang ganda astrometri, dan bintang ganda gerhana. bintang ganda gerhana merupakan pasangan bintang yang gerak orbit salah satu bintang melintasi dan menutupi (menggerhanai) pasangannya secara bergantian. karena ada bagian yang tertutup itu cahaya bintang tampak lebih redup pada saat gerhana, akibatnya, cahaya pasangan ini tampak berubah-ubah secara berkala: redup, terang. contoh pasangan semacam ini adalah algol yang perubahan cahayanya telah diketahui sejak berabad abad lalu.(srm)

Photon edisi 1 ultimate  

Photon merupakan buletin yang diterbitkan oleh Himasika ITS

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you